Sunday, February 1, 2009

Teka-teki dari pembaca - Ayo Pecahkan

Di bawah ini adalah kumpulan teka-teki yang disubmit oleh para pembaca sebagai tantangan. Tentu saja masing-masing teka-teki punya keunikan dan kesulitan tersendiri. Jadi, bagi kalian yang tertarik, ayo pecahkan misterinya. Jika kalian bisa memecahkan teka-teki tertentu, nama kalian beserta linkback blog akan saya tampilkan di postingan ini. Kalian bisa menjawabnya lewat kotak komentar di bawah ini atau email ke saya di kingdom.enigma@gmail.com.




Teka-teki pertama

Teka-teki pertama tersembunyi di dalam header yang dirancang khusus oleh Reactivator untuk blog enigma. Ada unsur merah dan putih yang melambangkan bendera Indonesia. Jika kalian tertarik untuk memecahkannya, maka petunjuknya adalah ini: INDONESIA UNITE.

Terima kasih untuk Reactivator. This is an amazing gift!

Oh ya, mereka yang telah berhasil memecahkan misteri header dari reactivator adalah:

1. Lica Lawliet
2. Nate River
3. Mohammad Reza
4. Koe-Chink
5. Rapsodi Project
6. Lai
7. Eonerd
8. Liends
9. Gigih PS
10. Euniquemissy
11. VHZ
12. Anakkucing
13. Draco
14. Skywatcher
15. Moh. Aris Taufik

Karena sepertinya teka-teki ini terlalu mudah, maka mereka yang berhasil memecahkannya lagi, tidak akan saya cantumkan lagi namanya disini. Maaf bro and sis.



Teka-teki kedua

Nah, satu ini menarik. Di bawah ini adalah teka-teki di dalam header yang berasal dari
Lica Lawliet.

Header ini meyembunyikan dua kata yang merupakan penghargaan dari Lica untuk blog enigma. Jika kalian tertarik memecahkan misteri ini, maka Hint-nya adalah: PRAMUKA.

Jika kalian sudah menerjemahkannya menjadi alphabet, masih ada tantangan terakhir, yaitu, kalian harus menyusunnya menjadi dua kata yang mendeskripsikan pikiran Lica mengenai Blog Enigma. Ini adalah anagram yang sulit. Selamat berpikir...

Thanks to Lica.

Dan mereka yang telah berhasil memecahkan misteri dari header Lica adalah:

1. Liends
2. Nate River
3. Rapsodi Project
4. Eonerd
5. VHZ
6. Anakkucing
7. Draco
8. Chris
9. Avenger
10. Werry
11. Myheart2105
12. Rizal 88
13. rhe
14. Grandong
15. Traitorz
16. Mondy
17. Babaz Azeh
18. Mondy
19. Dolewak
20. Phoenix



Teka-teki ketiga

Teka-teki berikut ini datang dari Linda Tandayu, Di dalam gambar misterius di bawah ini, tersimpan sebuah kalimat rahasia.



Jika kalian ingin memecahkannya, ini petunjuknya:

Langkah I : Hexa decimal
Langkah II : Urutan Alphabet di dalam cermin
Langkah III : Versailles ~Philharmonic Quintet


Mungkin, kalian perlu menyimpan gambar ini terlebih dahulu ke komputer kalian supaya kalian bisa mengatur zoomnya.

Ohya, jika kalian merasa menemui jalan buntu, kalian bisa refreshing dengan memainkan labirin di gambar tersebut. Ok, selamat mencoba!

Dan Mereka yang sudah memecahkan teka-teki dari Linda adalah:
1. Draco
2. Farry

Mudah-mudahan, yang lain menyusul.



Teka-teki keempat

Teka-teki berikutnya juga datang dari Linda Tandayu. Tetapi, tidak tersembunyi di dalam gambar, melainkan dalam angka-angka yang terlihat acak.

1124242511 1111114524 2511111135 1323322244 4552334311
2454111115 3211441514 3311141233 4531113111 4433111522
3314421112 1122334211 1345113111 1135111123 4525324523
1415251414 3111451111 1142451134 1414421443 3144241411

Di dalam angka-angka yang memusingkan ini, tersembunyi SATU KATA. Tugas kalian adalah menemukan kata itu. Petunjuknya adalah Polybius, Kotak Caesar dan ketelitian.

Ohya, sebagai petunjuk tambahan, bacalah komentar-komentar di bawah postingan ini.

Selamat mencoba.

Dan mereka yang telah berhasil memecahkan teka-teki ini adalah:
1. Draco
2. Chris
3. Myheart2105
4. Rizal 88
5. Traitorz




Teka-teki kelima

Teka-teki di bawah ini tidak memusingkan. Tetapi, butuh cara berpikir yang berbeda. Teka-teki ini dikirim oleh anonymous ke enigma.

Ada 3 orang, si bisu, si buta, dan si tuli.
Uang si buta dicuri sama si tuli. Si bisu melihat si tuli mencuri uang si buta. Sekarang, bagaimana caranya si bisu memberi tahu si buta kalo si tuli telah mencuri uangnya?

Tambahan petunjuk:
si buta cuma bisa mendengar dan berbicara
si bisu cuma bisa melihat dan mendengar
si tuli cuma bisa melihat dan berbicara

Petunjuk terakhir:
si bisu melakukan sesuatu yg baik, sehingga si tuli akhirnya bilang sendiri ke si buta kalau dia yang mencuri.

Nah, sekarang pertanyaannya, apa yang telah dilakukan si bisu? dan kepada siapa dia melakukannya?

Untuk teka-teki ini, yang berhasil memecahkannya tidak akan saya cantumkan namanya disini. Ohya, jawaban atas teka-teki ini sebenarnya sederhana. Percaya deh.

Selamat mengasah otak!



Teka-teki keenam

Teka-teki di bawah ini, datang dari Lica Lawliet. Dibutuhkan kecermatan untuk menjawab teka-teki ini. Nah, tugas kalian adalah mengisi titik-titik di pertanyaan di bawah ini:

"Ini adalah sebatang cokelat yang memiliki sembilan bagian. Karena terlalu banyak untuk saya makan sendiri, maka akan saya berikan tujuh bagian lainnya untuk......."

Hint :

  1. Perhatikan pinggiran-pinggiran cokelat itu. Itu adalah petunjuk yang penting.
  2. Setelah ditemukan alphabetnya, susunlah menjadi satu kata saja.
~catatan : Jangan dipedulikan simbol hati dan bintang karena itu cokelat bagian saya. Hahahaha

Selamat mencoba.

Mereka yang telah berhasil memecahkan teka-teki coklat ini adalah:
1. Nate River


Teka-teki ketujuh

Riddle di bawah ini berasal dari KraKen.

Riddle ini membentuk huruf sebanyak 18 buah dan satu tanda koma "," yang jika diterjemahkan dan disusun akan menjadi pendapat Kraken mengenai Blog Enigma, kesemua huruf ini adalah jenis yang digunakan di salah satu Editor Photo pemula. Jika gambar ini terlihat terlalu kecil, kalian bisa menyimpannya terlebih dahulu di komputer kalian.


Selamat berpikir.

Mereka yang telah berhasil memecahkan teka-teki ini adalah:
1. Myheart2105



Teka-teki kedelapan

Teka-teki berikut ini datang dari Nyong Grandong Sheba.

Cluenya adalah:
1. Anda butuh 35 bukan 36 atau 33
2. Gambar di bawah ini merupakan kata kunci



Selamat berpikir!

Mereka yang telah berhasil memecahkan teka-teki kedelapan ini adalah:
1. Keong Racun


Teka-teki kesembilan


Teka-teki ini juga datang dari Nyong Grandong Sheba. Begini pertanyaannya:

Anda tahu kartu remi? kartu remi merupakan kartu yang di susun menggunakan angka angka yang entah kebetulan atau tidak-sangatlah cantik.
  • 2 Warna (Hitam dan Merah): Melambangkan siang dan malam.
  • 4 Jenis (Sekop, Hati, Keriting, Diamond): Melambangkan 4 musim dalam setahun.
  • 13 Kartu tiap jenis(A-K): Melambangkan zodiak (sejak dulu memang sudah ada 13 zodiak)
  • 52 Jumlah seluruh kartu: Melambangkan banyaknya minggu dalam 1 tahun
Berdasarkan info di atas, pecahkan teka teki berikut:

Clue: jawaban atas riddle ini tidak bisa dibaca, karena itu adalah petunjuk, yang mengarahkan anda pada jawaban yang sesungguhnya, selamat berpikir.



Teka-teki kesepuluh

Teka-teki rumit berikut ini disubmit oleh Aditya Purwa Avaga. Jika kalian merasa gambar ini terlalu kecil, kalian bisa mengkliknya dan memperbesarnya.

Selamat berpikir..


Teka-teki kesebelas

Teka-teki di bawah ini datang dari Bimo 4411.

Clue dari teka-teki ini adalah: kode dan sandi international

Jika gambarnya kekecilan, kalian bisa menyimpannya terlebih dahulu ke komputer kalian.

Selamat berpikir.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

494 comments:

  1. maaf ralat: blm semuanya sy baca... yg sy maksud semua artikel dlm recently post... dan nantinya tentu saja akan semuanya sy baca tuntas :) ...terimakasih sdh membangkitkan kembali gairah membaca sy stlh lama berkutat dgn angka2 dan grafik..

    ReplyDelete
  2. bung enigma, terima kasih ya. :)

    ReplyDelete
  3. wah.... saya penasaran dengan teka-teki header itu.... apa tidak ada clue lain selain INDONESIA UNITE?

    ReplyDelete
  4. Lica, clue itu sudah sangat cukup. Haha. Sy sdh memecahkannya. Hayo, kamu coba juga.

    ReplyDelete
  5. ah! saya sudah tau jawabannya mr.enigma! hahahaha!
    sesuai dugaan awal saya. kemarin saya berpikir "apa ini ya jawabannya?" tp masih ragu. sekarang saya benar2 sudah yakin jawaban saya pasti benar! hahahaha! :D

    apa saya langsung berikan jawabannya disini? :)

    ReplyDelete
  6. Wah, hebat...Iya, tidak apa2 disini dikasih tahu jawabannya. ayo, saya pengen tahu.

    ReplyDelete
  7. Benar sekali Lica yang cerdas. hehe

    ReplyDelete
  8. saya memang cerdas. huahahaha! :D
    ngomong2, makasih untuk kesedian menaruh award saya disini. hehe :)

    ReplyDelete
  9. sy udah transLate ke aLphabet, tp give me cLue dunk, is it in indonesian or engLish.. pLzzz

    ReplyDelete
  10. Haha, menurut Lica, kalau dikasih tahu Inggris atau Indonesia, akan menjadi gampang. Nih, saya akan kasih tahu caranya. lihat alphabet-alphabetnya. apakah itu kelihatan seperti susunan alphabet Inggris atau Indo?

    ReplyDelete
  11. hehehe....
    @liends : klo anda sudah tau itu pake bahasa apa, jd ngga seru lg :)

    ReplyDelete
  12. @lica: huahahaha, hampir nemu nih, bikin melek malem2
    @enigma: tampaknya lbh ke bahasa planet :P

    ReplyDelete
  13. @liends : waw, rajin ya. Saya jd terharu anda bela2in melek malem2 buat mecahin itu. Hehe :)

    ReplyDelete
  14. sy nemu nih, tp gak yakin ini jawabannya.... gmn ya.. kalo bener mah asyik, kalo salah, ntar ketauan ama temen2 yg lain alphabetnya, gimana dunk.. boleh PM dulu gak?

    ReplyDelete
  15. Apaan tuh PM? Tdk apa2, kamu ksh tahu jawabannya di ktk komentar. Kalo bener akan saya sensor spy seru utk yg lain, tapi akn sy kasih tahu di ktk komentar kalo km telah berhasil. Hehe.

    ReplyDelete
  16. @mr.enigma : PM = Private Message. maksudnya kirim di inbox dulu gitu.

    @liends : percaya & yakin aja jawaban anda benar. hehehe ;)

    ReplyDelete
  17. Iya. Kalo gt PM jg tdk apa2. Kalo bener jawbannya, saya umumin. Kalo salah, tdk bakal saya ksh tahu ke org lain. Hehe.

    ReplyDelete
  18. hee?? sudah dijawab kah? >.<

    ayo, mba liends jangan menyerah! saya yakin, anda pasti bisa. hehe :)

    ReplyDelete
  19. @liends : klo bener, saya kasih hadiah. ucapan selamat yg tulus dr saya. gimana? jd makin bersemangat? hehehehe :P

    ReplyDelete
  20. @lica: duh nyerah deh.... kasih alphabetnya aja deh hihihi
    @enigma: 1 alphabet yg salah tuh yang mana ya? sy ulang beberapa kali tetep segitu keluarnya...

    ReplyDelete
  21. Liend, salahnya bkn cuma 1. Kalo dilihat dr sebagian besar yg benar, saya rasa kamu sdh tahu kamusnya. Saya rasa, kamu krg teliti saja. Coba pelan2 saja ceknya. Hehe. Soal hintnya, kt tunggu tanggapan lica.

    ReplyDelete
  22. Liend, Haha, akhirnya berhasil jg ya. Jawabannya benar. hadiahnya adalah rasa senang yg didapat setelah 2 hari capek2. Hehe.

    ReplyDelete
  23. @liends : waw.... selamat ya mba liends! akhirnya selesai juga. saya senang liat anda senang. hehehe :)
    hadiahnya? hmm.... ucapan selamat yg tulus dari lubuk hati yg terdalam dari saya. ahahahaha!
    "SELAMAT DAN SUKSES" (ngga nyambung ya?)
    anyway, selamat untuk keberhasilannya. :)

    ReplyDelete
  24. @Liend dan Lica: Untuk mereka yang telah berhasil memecahkan misteri dua header diatas, namanya saya masukkan ke postingan, coba cek saja. setiap ada yang memecahkannya, saya tambahkan nama mereka ke dalamnya. oh ya, postingan komentar yang berhubungan dengan jawaban sudah saya hapus supaya lebih seru untuk yang lain. hehe

    ReplyDelete
  25. @nate river: jawaban kamu benar. Nama kamu akan saya masukin ke postingan atas. Kamu pnya blog? Kalau ada akan sy pasang linknya.

    ReplyDelete
  26. @lica: whuah curang, udah 2 malem nih begadang, ampe gak bisa tidur *halagh lebay, padahal mah emang krn salah kunci :P
    btw blogmu bagus say, aku suka mampir ke situ, cerita2nya enak

    @enigma: kayaknya seru deh kalo dibikin kontes, tp ada hadiahnya yaa *matreMODEon, hahahaha

    ReplyDelete
  27. @liends : maaf deh, gara2 saya anda jd begadang. tp asik kan nebaknya? hehehehe :D
    hah? serius? kyaa~~
    saya.... senang sekali.... sungguhan loh, ini saya cengar-cengir sendiri.... hehehe. senangnyaa~~ >.<
    tunggu ya, bakal ada beberapa postingan baru. ;)

    ReplyDelete
  28. @om enigma : Wah!!ternyata bnr!
    tidak, saya tidak punya blog. haha.

    @lica lawliet : nice, i really enjoyed it :)

    ReplyDelete
  29. @lica : ur welcome.

    ReplyDelete
  30. @nate river: jawaban km utk header reactivator jg benar. Jd nama km akn sy tambahkan lagi.

    ReplyDelete
  31. @nate : wow.... nama kamu tercantum 2X, sedangkan saya 1X.... ngga terimaaa~~~ aaaa~~~ >.<

    ReplyDelete
  32. @om enigma : wah!!benar!hahaha...

    @lica : hahaha. kan kamu buat teka-teki, jadi sudah pasti nama kamu hanya tercantum 1 kali. hahaha :D

    ReplyDelete
  33. @koe-chink: memang benar jawabannya. tapi kamu juga harus kasih tahu saya cara menemukan kata itu.

    ReplyDelete
  34. @Koe-Chink: kamu benar, nama kamu sdh masuk. soal header Lica, memang tantangan terberat adalah menyusunnya menjadi dua kata. kamu tidak tahu dimana pemisahannya katanya dan bahasa apa yang dipakai. haha. selamat mencari.

    ReplyDelete
  35. @enigma : thanks atas motivasi'a, mungkin akan mkn waktu lama tpi m'nyenangkan jga nyari" n nebak" kyk gini.

    Koe-Chink

    ReplyDelete
  36. @koe-chink : ganbatte ne! berjuanglah. u can do it! ;)

    ReplyDelete
  37. thx mbak lica. Btw itu dpt ide dri mana bwat bkn anagram tanpa ad p'tunjuk bhs? ap mbak kuliah jurusan sastra?

    ReplyDelete
  38. @kk lawliet_ anagram itu gimana sih kak? setelah dtranslate saya justru berasa pengen minum bodrex.. hehehe.. pusiang

    ReplyDelete
  39. @koe-ching: memang benar, sekarang tggl disusun

    ReplyDelete
  40. @anonymous : idenya? saya dapat saat saya ilg jawab headernya reactivator. hehehe :)
    saya, hanyalah manusia biasa. :)

    @Rapsodi project : anagram itu, kamu harus menyusun huruf2 yg sudah kamu translate jd 2 buah kata. :)
    wah.... tidak sulit koq. hehehe :)

    ReplyDelete
  41. @lica : oh dri situ ide'a. ngomong" yg mbak mksd anonymous itu saya (Koe-Chink). maaf lupa ksh nama pas comment.

    ReplyDelete
  42. @enigma n Lica : please, ksh taw p'tunjuk laen'a.
    klo bhs slama p'tunjuk'a kurang malah dpt kata" yg aneh. Masa dpt'a malah kata" -SETTING BIG ROLE- jelas" itu 3 kata. mana arti'a aneh lgi --"

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  43. @koe-chink : ahahaha! Sebelumnya sy ucapkan bnyk terima kasih buat jawaban km itu. Because ur answer make me start my day with smile. Hahahaha! ;)
    Memang bukan itu jawabannya. Tp sy yakin sebentar lg km bakal dapat jawabannya. :)

    ReplyDelete
  44. @koe-chink: jawabannya salah. Haha. Sepertinya jawaban km msh tdk pas dgn alphabetnya. Tp km hebat krn sdh 3 hr msh bertahan ngerjain ini. Hehe.

    ReplyDelete
  45. pliss bang, kasih p'tunjuk laen soal'a ribed nyusun'a drpd salah kata lgi ..

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  46. @koe-chink : nih, hint buat kamu. coba susun menggunakan macam2 bahasa. jgn cuma patokan 1 bahasa. hohohoho ^0^

    ReplyDelete
  47. bro, hmmmm.....really interesting (the puzzles)
    yang pertama saya ga mengalami kesulitan berarti karena petunjuknya relatif jelas....Jawabannya
    "sensor)" kan? karena indonesia (merah putih) bersatu....
    Nah, sekarang yang kedua, what the h$%# is this???
    hehehehehe, pardon the language....saya ga ngerti....another hint maybe...??
    @lica, nice one.....

    ReplyDelete
  48. Oya, bro En, saya nemu abjadnya sih jadi gini nih:
    JLEBJLOVABOANF.....ini bener ga sih? hehehe....

    ReplyDelete
  49. Lai, memang benar, jawaban header 1 memang itu. saya akan taruh nama kamu diatas. soal header kedua, abjadnya salah semua. haha. Jadi, ayo berusaha lebih giat lagi. saya tunggu jawabannya.

    ReplyDelete
  50. @Lai : ahahahaha! saya rasa hintnya sdh ngga bisa ditambah lg. hehehehe :)
    gampang koq Lai. klo dicoba dgn tekun. hahahaha! :D

    good luck! ^^v

    ReplyDelete
  51. Mas saya coba jawab kata yg tersembunyi dari header Reactivator. satu kata ya? jawabnya:(sensor)

    Thanks

    ReplyDelete
  52. Jawabannya benar. memang itu. cuma kamu juga harus kasih tahu saya cara ketemunya. haha. kalau kamu kasih nama, maka nama kamu akan saya pasang di atas.

    ReplyDelete
  53. @Liends dan Eonerd:
    Jawaban kalian benar. Jadi, nama kalian sudah saya tambahkan di postingan atas. thanks ya.

    ReplyDelete
  54. wah.... teka-teki saya ngga laku.... >.<

    ReplyDelete
  55. bkannya g laku, kk lawliet.. susaah.. hahaha..

    ReplyDelete
  56. @Lica
    "wah.... teka-teki saya ngga laku.... >.<"

    Izinkan saya jawab ya? thanks before.

    ReplyDelete
  57. @Eonerd: jawabannya benar. nama kamu sdh saya masukkan ke postingan di atas.

    ReplyDelete
  58. @ryan : hahahaha ! gampang koq, klo kamu teliti. :)

    @eonerd : silahkan. :)
    wow! kamu bisa! gampang kan? hehehe :)

    ReplyDelete
  59. @Lica: iya tuh saya sdh berhasil memecahkan misteri kata di header yg kamu buat :)
    gampang? heheh iya sebenarnya hanya butuh konsentrasi dan ketelitian saja :)
    thanks Lica

    ReplyDelete
  60. @eonerd : yup! makasih yah *nangis tersedu-sedu* hehehe
    iya, harus teliti. itu saja kuncinya. :)

    ReplyDelete
  61. mas enigma. saya pertama kali ni maen ke blog ini. nemu maenan baru. hehe. saya nebak-nebak itu teka-teki, baru bisa jawab yg kesatu (yg reactivator) tapi itu jg g tau bener ato salah.

    hiks, mba lica, yg satu lagi ora ngerti aku T.T

    ReplyDelete
  62. @euniquemissy : hehehehehe.... sebenernya, jawabannya simpel & gampang loh mba/mas.... :)

    ReplyDelete
  63. mba lica, hehe.. aku mba-mba kok, mba..

    @kak enigma aku mau jawab yg pertama boleh ga? langsung disini aja kan?
    kalo g pemikiran aku ga salah, jawabannya "(xxxxxx)" iya bukan? kan indonesia unite! kalo salah jangan dimarahin.

    ReplyDelete
  64. Iya, jawabannya benar. nama kamu sudah saya masukkan ke postingan di atas. nah, sekarang, tinggal header kedua ya :P

    ReplyDelete
  65. hehe. makasih kak.
    aku akan berjuang memecahkan yg satu lagi.hahaha. :D

    ReplyDelete
  66. @VHZ: Jawaban kamu yang pertama benar. Jadi nama kamu sdh saya masukkan di postingan atas. Di header kedua, abjad yang kamu dapatkan juga benar. Sekarang tinggal menyusunnya jadi dua kata. Selamat memecahkan :P

    ReplyDelete
  67. ahahaha senang.
    ternyta benar. :D


    bwt yg kdua. masi blm nemu it kata ap.
    padahal uda seharian nyari.
    huhu..

    vhz

    ReplyDelete
  68. @euniquemissy: abjadnya benar. Skrg tggl disusun ya jadi 2 kata.

    ReplyDelete
  69. @vhz: iya betul. Jawabannya benar. Berarti nama kamu akan saya masukkan ke header 2. Nanti malam ya masukinnya. Hebat jg kamu :p

    ReplyDelete
  70. @euniquemissy : wow.... semangat yah! :D

    @vhz : wow! congrats! hehehehehe

    (senangnyaaa~~~ nama pemecah header saya ketambah) >.<

    ReplyDelete
  71. @ka enigma : haha ternyta bnar. snangny :D
    saya mmng hebat :p

    @lica : iy mksi :D

    vhz

    ReplyDelete
  72. mas enigma, ni pertama kalinya saya meminta request tukeran link. biasanya diminta duluan. ini karena saya salut dengan kekayaan wawasanmu. artikel boleh saja serupa, tapi kamu mengolahnya menjadi sesuatu yang spesial.... Saya tunggu ya... kalo mampir silakan mas liat di bagian link teman, saya taruh dengan NIckname ENIGMA, saya mohon pake nickname WAHW33D ya mas... trima kasih...

    ReplyDelete
  73. O.o

    niatnya mo ngadain penelitian ttg bro enigma karena terinspirasi postingan mbah ware soal bro enigma.. >.<
    jadi buka2 posting pengenalan bro enigma, baru tau ada yg beginian.. (*kemana aja sayaaaa*)

    hehehehehe.. uhm.. ada tebak2annya sepertinya menarik.. baiklah, saya akan coba memecahkannya..
    haik, ganbarimasu.. ^0^

    ReplyDelete
  74. oke, ini jawaban saya bro..
    tebakan pertama dari reactivator.. jawabannya adalah (xxxx)..
    clue adalah indonesia unite, yg bisa diasumsikan indonesia bersatu..

    untuk tebakan dari mba lica, clue adalah pramuka..
    kode tersebut dikonversikan ke huruf romawi menjadi XXXXXXXXXXXX.. clue selanjutnya adalah 2 kata dan pendapat mba lica terhadap blog enigma.. saya melihat ada huruf XXXXXXX disitu, jadi saya yakin salah satu kata adalah blog.. dan kemudian sisa huruf adalah XXXXXXX.. kalau disusun akan membentuk kata XXXXXXX.. jadi jawabannya menurut saya adalah XXXXXXX. bener ngga bro? CMIIW.. ^^

    ReplyDelete
  75. Betul sekali Linda. Kamu memang cerdas. Biasanya org cuma bisa memecahkan yang pertama.Yang kedua biasanya butuh waktu lebih lama. haha. jadi, nama kamu saya masukkan ke postingan atas.

    ReplyDelete
  76. wow.... btw, jawabannya bukan XXXXXXX tp ZZZZZZZ wkwkwkwkwkwkwkwk!
    mba Linda jago.... :D
    thanks buat partisipasinya mecahin header saya.... >.<

    ReplyDelete
  77. oh beneran betul??? uwaaahh.. senangnyaaaa.. ^0^
    lebih senang lagi karena bro enigma memanggil nama sayaa.. *jingkrak-jingkrak*
    hehe, tadi malem setelah ksi jawaban saya lgsg offlen, takut kalau2 jawaban saya salah.. hehehehe

    @lica lawliet, sama2 mba lica.. seru.. seru.. jadi pengen bikin juga, cuma ngga ngerti caranya ngasi award.. >.<

    ReplyDelete
  78. mas enigma tukeran link dong...diletakan di sidebar blog non misteri aja.
    link : http://our-your-pict.blogspot.com/
    title: Media Pengetahuan
    Terima Kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  79. .... masih ga ngerti juga... tpi seru juga baca komen2nya..

    jdi kepikiran Usul nih..

    biar blog ini tambah rame gimana klo dibikin postingan berkala yang isinya teka-teki kaya gini..

    teka-tekinya bisa dari bang enigma atau pembaca juga.. yang musti jawab para pembacanya lewat komen kya gini..

    seru pasti tuh... gmna..?

    ReplyDelete
  80. Jawabannya XXXX ya Bro? Hintnya jelas banget.. unite.. Hahaha.. Keren ni blog..

    Coba yang dari Lica ah...

    [I'm dreaming that someday there'll be a hard evidence that makes you believe that we are not alone in this universe..]

    Peace ^^V

    Draco The Martians..

    ReplyDelete
  81. Benar sekali draco. nama kamu sdh saya taruh di potingan di atas. haha. I will wait for the hard evidence.

    ReplyDelete
  82. @draco:abjadnya ada yg salah. Hampir benar. Sy rasa km cm krg teliti sj.

    ReplyDelete
  83. Halah bro, udah abis empat batang marlboro lights ni.. jawabannya blog terlistening bukan ya? kalo bukan lanjut besok pagi bro.. bisa kena paru-paru basah gue, malem-malem ngeroko mikirin teka-teki keren ini (Lica Keren!!!).. hahaha..

    Thanks Bro..

    Keep Writing ya...
    Blog paling keren nih..

    Peace ^^V..

    ReplyDelete
  84. @draco: jawaban kamu benar. Haha. 4 btg rokok nggak sia2. Ntar pas sy pegng komp, nama kamu sy masukkan.

    ReplyDelete
  85. Bro draco. Yang dari linda itu br sy terima dan sy jg blm memecahkannya. Skrg lg sy kerjain kok. Hehe. Ayo lomba.

    ReplyDelete
  86. Bro.. Udah ada titik terang? Buntu saya sih.. Coba ntar malem dipikirin lagi.. Kalo ada cluw yang penting share ke saya ya Bro..

    Jangan kelupaan posting misteri baru gara-gara mecahin teka-teki ini ya Bro.. Hahaha..

    Peace ^^V

    ReplyDelete
  87. Hahaha. Bro draco, kamu sepertinya jd terobsesi. Jgn lupa tidur. Ngantor soalnya. Ohya, saya jg mentok sampai langkah 2. Nih, menurut linda, langkah 3 itu, kamu harus mencari hubungan antara grup itu dgn blog enigma. Masih menurut linda lagi, hubungannya mungkin sdkt tersembunyi dgn makna yg sedikit puitis. Tuh, sdh saya kasih lg clue tambahan. Ayo, lomba lagi, siapa yg duluan dapat.

    ReplyDelete
  88. oh, waaaaahh, sudah dipajang! sudah dipajang! sudah dipajang! ^_____^
    baru sadar..
    soalnya saya malah baru maen ke sini lagi setelah imel yg barusan bro.. hehehehehe..
    gimana bro, soal bakso? hehehehehe.. XD

    @draco, ayo lebih berusaha.. bro enigma sudah dapet tuh.. beliau emg canggih bgt orangnya yaa.. hehehehehe..

    btw, makasih banyak bro, award saya dipajang.. jadi miau.. ^w^

    ReplyDelete
  89. @draco:jawaban kamu benar 100%. Setelah saya liat jam komentar km, kamu lbh dulu memecahkannya. Jd kamu menang. You rock man. Ohya, berarti baksonya minta sm mbak linda. Hehe.

    ReplyDelete
  90. Bro anakkucing..

    Bro dikau udah pecahin yang Linda lum? Kalo yang Lica saya udah koq.. Cuma belum dipajang sama Bro Enigma..

    Yang Linda agak rumit Bro.. Tapi saya udah jawab.. Gak tau bener apa engga..

    Hahaha...

    Peace ^^V

    ReplyDelete
  91. @draco: haha. Bro, tau nggak, anakkucing itu adl linda sendiri. Hahaha. Salut bro. Kamu hebat. Nama kamu akn sy pasang malam nanti tggu sy pegang komp.

    ReplyDelete
  92. Horeeeeee.....

    Tapi sedih juga karena belum ada teka-teki yang baru...

    Padahal lumayan buat manas-manasin otak yang jarang dipake kerja keras akhir-akhir ini..

    Ayo Bro bikin juga teka-teki begini, kalau dikau yang bikin pasti ga sembarangan orang yang bisa jawab. That's for sure.. You're still the best!


    Peace ^^V..

    ReplyDelete
  93. wuaaaaaaaaaaaaahhh.. selamat kepada draco! ^0^
    gampang kan? hehehehehe..

    @bro enigma, wakakakakakaka.. ngga suka bakso y bro? :p

    ReplyDelete
  94. @Draco: Kamu benar2 teka-teki maniak. haha. memang mengasyikkan berlomba dng kamu. hahaha.

    @Linda: suka juga kok bakso.

    ReplyDelete
  95. Sis anakkucing...

    Thanks.. Susah lho... Kemaren tidur jam 2 pagi saya... Hahaha...

    Bikin lagi juga donk...

    Peace ^^V

    ReplyDelete
  96. wah seru nih, ada yg baru... tp sy agak bingung dengan langkah ke 3... hmmm

    ReplyDelete
  97. @draco : wah.... makasih dah bersedia jawab teka-teki saya.... -u,u-
    gampang banget kan? hehehehe >.<

    ReplyDelete
  98. NYERAH !!
    blom dpt jawaban kedua udh dtng lg yg ketiga. --"

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  99. @draco, hehehehe.. justru seharusnya saya yg berterima kasih.. ^^
    selamat yah.. kamu memang hebaaaat.. keren euy keren! sugooooi..
    tp saya jadi merasa bersalah kamu sampe tidur jam 2 pagi.. ^^;
    bikin lagi? mau aja sih, tp janji dulu jangan tidur jam 2 pagi lagi gara2 ngerjain itu.. wakakakakaaa..

    @liends, ayo yg semangat.. dikit lagi.. ^^

    @koe-chink, wah nick kita mirip yah.. hehehehe..
    jangan nyerah dunks.. ayo, semangat.. teka-teki mba lica itu emg butuh ketelitian tingkat tinggi sih.. >.<
    mba lica keren! ^0^

    ReplyDelete
  100. Sis anakkucing...

    Wah ga isa janji nih... abisnya teka-teki bikinan dikau pastinya akan betul-betul menantang... (jadi gak sabar nunggu versi barunya nih)... And punya teman seperti Bro Enigma yang sama-sama berusaha mecahin teka-teki, tambah bikin semangat...

    Sis anakkucing, setuju gak sama saya, kalo Bro Enigma bikin teka-teki pasti kita-kita ga gampang mecahinnya... Bro Enigma kan kemampuan analisisnya tinggi, pasti kalo kita harus analisa teka-teki buatannya, kelimpungan...

    Sis anakkucing juga pandai banget lho... Gak mudah bikin teka-teki kayak gini... Hebat!!!


    Peace ^^V

    ReplyDelete
  101. wakakakaa.. sepertinya bro draco berniat menjadi seorang kriptografer eh? kereenn.. kereenn.. ^^

    @draco, iya bro.. saya setuju, kl brother enigma yg bikin, walopun uda bertapa 7 hari 7 malam di 7 gunung dan mandi di 7 empang menggunakan 7 ember dengan ramuan kembang 7 rupa, tetep aja kelimpungan.. wakakakakaka..

    wotre deh, ini saya kasi satu lagi:
    1124242511 1111114524 2511111135 1323322244 4552334311 2454111115 3211441514 3311141233 4531113111 4433111522 3314421112 1122334211 1345113111 1135111123 4525324523 1415251414 3111451111 1142451134 1414421443 3144241411

    (berhubung ngga bisa pake simbol, jadi angka2 saja lagi ya.. hehehehe.. ^^;)

    dan yg ini sengaja saya bikin jauh lebih gampang dr yg pertama, jadi ngga akan sampe jam 2 pagi.. ^^

    cluenya adalah polybius, kotak caesar, dan ketelitian.. hehehehehe..
    oh ya, jawaban hanya satu kata ya..
    ^^

    ReplyDelete
  102. @skywatcher: jawban yg reactivator benar. Sdngkan yg pnya si linda, sdh benar cuma belum selesai. Nanti mlm nama kamu akan saya pasang.

    ReplyDelete
  103. @mba linda : "teka-teki mba lica itu emg butuh ketelitian tingkat tinggi sih.. >.<
    mba lica keren! ^0^"

    wah.... saya jd malu + minder.... soalnya teka-teki mba linda jauh lebih susah.... malu jadinya.... hehehehe -u,u-

    ReplyDelete
  104. @Skywatcher: yang teka-teki Lica, petunjuknya cuma itu, tidak blh dikasih tahu bahasa apa.
    Yang linda, baca komen2 diatas. haha. maaf ya bro.

    ReplyDelete
  105. @Draco: jawabannya salah. hahaha. kamu akan kaget kalau tahu jawabannya.

    ReplyDelete
  106. @draco: jawbannya benar. Hehe. Nama km bsk br sy pasang ya. Soalnya sdh nggak pegang komp. Oya, komen kamu yg luar biasa itu sdh sy forward ke email linda.

    ReplyDelete
  107. Kali ini saya kalah cepat sama Bro Enigma, baru liat tadi Bro...

    Lain kali kita lomba lagi...

    Hahaha...


    Peace ^^V

    ReplyDelete
  108. Sebenarnya sy nggak lbh cepet kok. Soalnya kan sy yg lihat duluan teka-tekinya. Haha. hebat kamu, bs jg dipecahkan artinya. Sdh, tidur gih, bsk kerja.

    ReplyDelete
  109. yang seperti labirin itu kalau dilihat sekilas terlihat seperti ENIGMA, jadi saya coba, jawabannya ENIGMA

    ReplyDelete
  110. tunggu "Versailles ~Philharmonic Quintet" itu kan Band dari Jepang

    apa hubungannya Versailles ~Philharmonic Quintet dengan enigma??

    ReplyDelete
  111. @m aris taufik: jawaban yg pertama benar. Nanti nama km akan saya pasng disitu. Utk yg labirin, jawabannya salah. Ayo coba lagi.

    ReplyDelete
  112. @draco, maaf bro, yg kali ini teka-tekinya kurang menantang.. hehe.. dan makasih bro komennya.. it makes me starting my day with a very big smile..
    ^___________________________^

    @lica, hehehe.. beneran mbak, teka-teki mbak lica itu butuh kecermatan dan ketelitian bgt.. kl ngga cermat dan ngga teliti, susah sekali.. >.<
    teka-teki linda ngga sulit kok mbak.. coba deh.. kl mbak lica mah, linda yakin pasti bisa.. ^^

    ReplyDelete
  113. @mba linda : hehehe.... dipuji gini, saya jd malu sendiri.... -u,u- *geer mode*
    klo teka-teki mba linda, saya sdh tau jawabannya. hehehehe -n,n-

    ReplyDelete
  114. om enigma, ap maksud'a Hexa decimal, Versailles ~Philharmonic Quintet, Polybius n Kotak Caesar?

    pliss kasi taw, saya masi SMA klas 1 ..

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  115. @Koe-Chink: soal itu terlalu panjang. Tapi kamu bisa mencarinya di google.

    @Pahlawan bertopeng: jawaban kamu memang benar.

    ReplyDelete
  116. walah2.. Teka teki laennya gw gak ngerti.. Yg pramuka,ment0k di alfabet...
    Pertanyaan gw sama ama si kucing...
    0ke.. Gw liat2 g0gle d0l0..h0h0h0..

    Pahlawan_Bertopeng

    ReplyDelete
  117. Mas Enigma itu yakin kode dari Linda Tandayu cuman menghasilkan satu kata??
    sya dah coba decode pke cara polybus trus caesar box..
    yang didapet malah kumpulan kata2 acak...

    bingung euy....

    ReplyDelete
  118. @Saiko: ada jawaban di dalam jawaban. Ms.Linda tidak mau mempermudahnya. haha.

    ReplyDelete
  119. teka teki yg ketiga itu tulisan ENIGMA

    ReplyDelete
  120. @rafly: teka-teki ketiga, jawabannya bukan enigma.

    ReplyDelete
  121. bang enigma, yg teka-teki ke-3 dari mba linda tandayu ko ada angka kecil?
    apa ada hubungannya?

    --pangeran kodok--

    ReplyDelete
  122. @Pangeran kodok: Kamu harus mengira-ngira sendiri. Yang bisa saya kasih tahu hanyalah, labirin itu bukan teka-tekinya. hehe

    ReplyDelete
  123. yg sandi kotak, gelzgeibnzyinor=
    Bronzy Elegizing, ?? dapatnya bgn..., salahkah?

    ReplyDelete
  124. Bro... Belum ada teka-teki baru nih?
    Sis Linda?
    Sis Lica?
    Please.......
    Sambil nunggu postingan terbaru Bro Enigma nih..
    Btw, postingan Mbah Ware tentang misteri identitas Bro Enigma menarik juga lho...

    Peace ^^V

    ReplyDelete
  125. @Moh Aris Taufik: Jawabannya juga salah

    ReplyDelete
  126. @bang enigma: itu yang labirin benar tidak itu labirin berbentuk tulisan "enigma"..??

    ReplyDelete
  127. @bang enigma: yang labirin benar tidak itu labirin berbentuk tulisan "enigma"..???

    ReplyDelete
  128. Yang labirin itu bukan teka-tekinya. hahaha

    ReplyDelete
  129. by:agus
    untuk yg bisu tuli dan buta,
    si bisu pura2 ngomong sama si buta sehingga si tuli karena ndak denger trus mengaku.

    ReplyDelete
  130. @Agus: yang soal si buta itu, bisa juga, tapi kurang pas deh. haha.

    ReplyDelete
  131. @Agus: Yang punya lica, masih salah. hahaha. ayo berusaha lagi.

    ReplyDelete
  132. @Moh Aris Taufik: salah juga. soal yang terakhir, kamu harus tahu caranya.

    ReplyDelete
  133. @Beruang: Kamu jawab teka-teki yang mana nih?

    @Agus: masih salah.

    ReplyDelete
  134. @asterix arthur: jawabannya memang benar

    ReplyDelete
  135. Bang, yang gambar dari Linda saya tau jawabannya..!! =D
    ENIGMA
    Ya kan..?? =D

    ReplyDelete
  136. @Moh Aris Taufik: jawabannya benar, tapi kasih tahu saya caranya. baru nama kamu saya masukkan. hahaha. Ohya, kamu boleh submit ke email saya teka-teki kamu.

    ReplyDelete
  137. @Beruang: benar. memang itu jawabannya.

    ReplyDelete
  138. @Moh Aris Taufik: cara kamu menebaknya salah. Bukan begitu logikanya. Kalau seperti itu, maka saya rasa kamu cuma untung2an. hehehe

    ReplyDelete
  139. @adi< itu yg kita cri adlah sebual kalimat, klau kata "ENIGMA" saya sudah nmu dri tadi... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  140. @Chris: jawaban kamu benar semua, kecuali teka-teki ketiga. Memang teka-teki itu yang paling sulit.

    ReplyDelete
  141. oomE bisa kasih tw gak ?
    bwat soal no.3 kotak caesar itu apa sih ?

    ReplyDelete
  142. Beruang, penjelasannya panjang. Haha. Saya sarankan km cari di google.

    ReplyDelete
  143. Saya sih kurang suka teka-teki ke 5 karena hanya murni permainan logika, dan logika saya buruk..

    Tapi mungkin, si Bisu berusaha keras memberitahu si Buta bahwa si Tuli mencuri uangnnya dengan suara kas orang bisu yang seadanya itu.

    Bayangin aja pastinya si Buta ga bakal ngerti-ngerti karena suara si Bisu pastinya ga bakal jelas dan si Buta ga bisa liat gerakan tangan atau isyarat dari si Bisu. Tapi si Bisu dengan pantang menyerah berusaha terus memberitahu si Buta (sampai berjam-jam... hahaha... lebay...)

    Si Tuli lama-lama capek dan kasian ngeliat usaha si Bisu itu dan dia balikin uangnya si Buta. Dari pada kelamaan nungguin si Buta sampe ngerti apa yang dimaksud sama si Bisu itu.

    Hahaha...

    Peace ^^V..

    ReplyDelete
  144. Moh. Aris TaufikMay 29, 2010 at 1:48 PM

    @Draco.

    wkwkwkwkw...
    lucu banget jawaban kamu...

    kenapa sulit-sulit, si bisu kan baik hati.. jadi si bisu memberikan sebagian uangnya kepada si tuli. akhirnya si tuli bertobat dan mengembalikan uang si buta.. selesai kan..

    hehehehe..

    ReplyDelete
  145. Moh. Aris TaufikMay 29, 2010 at 2:00 PM

    @Draco
    saya punya teka-teki, tapi teka-teki ini sebenarnya sebuah tebakan yang saya modifikasi sendiri..

    ada 3 orang Biksu yang terjebak disebuah pulau bersama 3 orang siluman, 3 orang siluman ini ingin sekali memakan si biksu (karena kelaparan terjebak di pulau itu), tapi mereka tidak berani jika jumlah mereka sama (3 lawan 3 atau 2 lawan 2, atau 1 lawan 1) karena jika siluman itu melawan mereka akan kalah dan mati. Tapi jika jumlahnya berbeda (3 siluman melawan 2 biksu, atau 2 siluman melawan 1 biksu) maka Siluman itu akan menang dan memakan biksu-biksu itu dengan kata lain jika main keroyok siluman itu akan menang.

    lalu ada sebuah perahu, tapi perahu itu hanya bisa digunakan untuk memuat 2 orang saja.

    Bagaimanakah caranya agar para biksu dan siluman itu dapat sampai diseberang, tanpa adanya korban.

    ReplyDelete
  146. @ Moh aris taufik
    penasaran waktu dlu pernah main kaya gtu
    klo g salah ada 3 level tuh game
    level 1 yg ada domba, rumput sama srigala
    level 2 yg ada alien sama orang
    level 3 yg lewatin jembatan
    itu bkn? maap klo salah

    --pangeran kodok--

    ReplyDelete
  147. @moh aris taufik : saya blh pecahin riddlenya?
    1. Siluman & siluman ke seberang, yg 1 lg balik
    2. siluman & siluman ke seberang, yg 1 lg balik
    3. Biksu & biksu ke seberang, biksu & siluman balik
    4. Biksu & biksu ke seberang, 1 siluman balik
    5. Siluman & siluman ke seberang, 1 siluman balik
    6. Siluman & siluman ke seberang

    Well? Bner ga nih moh aris taufik? :)

    ReplyDelete
  148. @ Bro M. Aris Taufik:

    Hahaha thank you bro... Nostalgia nih saya.. waktu 1 SMP 20an tahun lalu(udah tua saya.. hiks..)udah pernah saya jawab dengan sukses.. Jawabannya sama dengan Sis Lica.. Sis Lica is the best...

    Anyway thanks for the riddle bro.. Ada lagi gak Bro? Mudah2an kita bisa jadi temen baik in this remarkable blog...

    Peace ^^V..

    ReplyDelete
  149. Bro Moh Aris Taufik,
    Jawaban kamu di teka-teki kelima masuk akal banget!!! Hebat!!! Itu petanda logika kamu sangat bagus.. Kalo saya sih emang parah logikanya.. Hahaha.. Peace ^^V..

    ReplyDelete
  150. Draco, kalau nggak malam ini, besok sdh ada teka-teki baru kok.

    ReplyDelete
  151. Wew... Harus stay tuned and sering2 ngerefresh dunk.. Hahaha.. Bro Enigma ini sih lebih kejam dari pembunuhan.. Bisa-bisa semaleman gak tidur nungguin postingan teka-teki dari dikau... Wow I'm so excited...

    Peace ^^V dan Thank You...

    ReplyDelete
  152. @draco : wah, saya kebetulan sempat main game puzzle yg seperti itu bentuknya. jd sdh tau jawabannya. hehehehe :P

    ReplyDelete
  153. jawab no.6

    6 dri 7 di berikan kpda teman karna gak da yg doyan saya tidak jdi memberi lgi yng stunya..
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
  154. @mr.bear : wahahahahaha! jawaban yg unik.... dan terlihat putus asanya.... wkwkwkwkwk! XD

    ReplyDelete
  155. nyoba nebak teka teki ke 5:
    si Bisu pura-pura ngomong ke si Buta, bahwa si Tuli nyuri uangnya.
    si Tuli lgs marah, trus bilang ke si Bisu,
    "eh, kamu bilang2 yah kalo aku yang nyuri uangnya si Buta?" karena dia gak bisa dengar apa yang dia omongin, dia pikir si buta juga gak akan dengar.

    ReplyDelete
  156. @danu pratama: memang benar, itu jawabannya.

    ReplyDelete
  157. Moh. Aris TaufikMay 30, 2010 at 9:17 PM

    @Lica Lawliet:
    memang seperti itu jawabannya, 100 buat kamu..
    wkkwwkwk..

    @Draco:
    iya bro, itu memang teka-teki waktu SMP dulu..
    wkwkwkwk..

    aku tw jawaban pertanyaan no.6
    soalnya kan seperti ini..
    "Ini adalah sebatang cokelat yang memiliki sembilan bagian. Karena terlalu banyak untuk saya makan sendiri, maka akan saya berikan tujuh bagian lainnya untuk ....."

    ya dimakan dong masa' di buang, kan mubadzir namanya..
    wkwkwkwwk..

    ReplyDelete
  158. @Koe-Chink: ayo berusaha terus. saya tidak boleh kasih petunjuk.

    ReplyDelete
  159. Hai semua...aku baru nih lam kenal. Bang Enigma keren2 artikelnya. Btw mengenai teka teki ni, sumpah aku ga ada yang mudeng. Hahah...kalian semua hebat ya, salut...Kalo bisa bahas donk satu teka teki aja.. hahah :D

    -Weasley-

    ReplyDelete
  160. kalau mau ngirim soal caranya g mna y?

    --Pangeran kodok--

    ReplyDelete
  161. bung. mau nanya dong.
    jawaban yg teka-teki kedua kata yg terbentuknya ga aneh2 kan? misalnya lucu jadi uculz? haha pertanyaan yg aneh

    -killua-

    ReplyDelete
  162. @kilua: semua jawabannya msk akal kok.

    ReplyDelete
  163. wah, baru tahu ada menu seperti ini. telat banget ya saya ini ahahaha.....

    mau nyoba yang ketiga.... sepertinya tulisan ENIGMA ya?

    kapan-kapan nyoba lagi ah.......

    TOP banget bung....


    TTD:Aeshnir

    ReplyDelete
  164. teka teki 6..........
    clue gigitan coklat
    jawaban nya Few kah???

    prinny dood a.k.a shin

    ReplyDelete
  165. @prinny dood: jawabannya salah.

    @Avenger: jawabannya benar. nama kamu sdh saya masukkan ke dalam postingan di atas.

    ReplyDelete
  166. teka teki si bisu, tuli, dan si buta :
    si bisu nulis sesuatu buat si tuli pake kertas, isinya : "tolongin gw dong! gw pengen ngomong ke si buta ni. bisa nggak?"
    terus si tuli ngomong: "oke"
    si bisu nulis lagi, isinya :" but, uang lo gw curi ya. udah gw ambil ni."
    terus si tuli ngomong sesuai dengan yg ditulis si bisu, ke si buta. Nah dgn gitu si buta tau kalo uangnya dicuri si tuli.

    Wgwgwgwgwg tu jawaban keinspirasi dari ide konyolku waktu pertama baca riddle ini XD

    by BMW

    ReplyDelete
  167. @Fahry: memang itu jawabannya. nama kamu sudah saya pasang. hebat lho. Karena yang memecahkannya baru dua orang. hehe

    ReplyDelete
  168. thankz bro enigma... tp koreksi ya:)) nama saya farry.. hehehe

    ReplyDelete
  169. @Werry: jawabannya benar. Nama kamu sudah saya masukkan.

    ReplyDelete
  170. teka-teki ke4 neh bro Enigma...
    susunan angka 4531113111 diconvert ke polybius didpt ULALA truz convert lg pake ceasar = XODOD.
    Disini saya ketemu 2 suku kata yg membentuk 1 kata benda OX ODD. Kalo pake google translate artinya SAPI ANEH.
    Maaf kalo jawaban saya masih salah bro

    ReplyDelete
  171. bang enigma, teka-teki yang ke-6 itu anagram apa bukan ya ?

    ReplyDelete
  172. Soal itu, tidak bisa saya kasih tahu. maaf ya. hehe

    ReplyDelete
  173. kalo posting saya dimasukin semua berarti gag ada satu pun yg benar... wkwkkwkwk
    apa rumus yg dipake salah iah?
    rasanya rambut saya rontok sendiri... wdw!

    ReplyDelete
  174. mr.enigma teka teki nomor 2 itu, disebut sandi apa ya?

    ReplyDelete
  175. Myheart2105 berkata...

    Oh My G.O.D!!
    Knapa br kliatan?? Wedew,, pdhal blog ni q pelototin tiap hari..O_Ov..koq bisa kelewat yach??

    Mangstabz abiezz neyh..quereen...tp q mikir dl yach om Enig..kykx sulit2 n mnantang...^^

    ReplyDelete
  176. Mr.Enigma yg keempat bikin bingung @_@ tolong ni
    saya menemukan nya begini setelah di polybius dan di kotak caesar terus huruf nya saya pilah2 (apakah dipilah pilah?@_@), jadilah seperti ini : DTYWXPSLIVKJFAKNZQO
    apakah itu benar? kalo salah kasitau caranya yg mr.enigma ke email saya d47a@aol.com (di privat ya email saya)

    ReplyDelete
  177. @Myheart2105: jawabannya benar.

    ReplyDelete
  178. Myheart2105 berkata...

    Kyaa...^0^
    Gak nyangka...

    Om Enig, jwbnq yg si buta cs tu gmana??

    ReplyDelete
  179. Nah, kalau itu, kamu harus menebaknya, ayo berpikir. hehe.

    ReplyDelete
  180. waduh ga ditanggapin benar atau tidak @_@ adios dah

    ReplyDelete
  181. Sori fox, lupa. Jawabannya masih salah.

    ReplyDelete
  182. @myheart2105: yg soal bisu tuli memang itu jawabannya.

    ReplyDelete
  183. Myheart2105 berkata...

    Hurraaaay!!^0^

    ReplyDelete
  184. @ilmal yakin: jawabannya benar.

    ReplyDelete
  185. buat teka teki kelima : emm si bisu belaga aja pura2 ngomong sm si buta kalo dompet nya diambil sm si tuli, kan si tuli gatau tu kalo si bisu ga bisa ngomong, namanya jg tuli :D

    ReplyDelete
  186. teka teki bisu??wedew

    si bisu nulis,..tak laporke ke polisi yo,kowe nyolong!!,..si tuli balas nulis..ampuuuuun..duete tak baleke iki.....ojo lapor polisi yo..

    ngono gan??mbuh ra weroh aku
    KraKen

    ReplyDelete
  187. rizal achmad ..

    haha, saya baru liat kalo ada teka teki ini bang hehe .. kalo boleh jawab teka teki ke enam jawabannya lawliet ..

    buat teka teki yang laen jawabannya menyusul bang hehe..

    oiya mau nanya buat teka teki ke empat itu udah saya cocokin sama polybius dan caesar box tp kok masih belum ketemu jawabannya bang, ada clue lain..??

    thanx ..

    ReplyDelete
  188. RA ..

    haha, kalo dimunculin gini brarti jawabannya salah hehe .. ok bang, i'll try again hehe ..

    ReplyDelete
  189. @solana: yang no.6 salah. Yang lain benar.

    ReplyDelete
  190. ups, masih salah ya?
    #6 jwbannya : ADE ato kalo gak DEA

    -Solana-

    ReplyDelete
  191. @Rizal 88: jawabannya benar. nama kamu sudah saya masukkin. soal teka-teki Linda, saya sarankan kamu mensave gambar itu ke komputer kamu. Memang agak susah kalau pke HP.

    ReplyDelete