Wednesday, October 9, 2013

Perjanjian Green Hilton Memorial Agreement adalah Dokumen Palsu - Analisis

Akhir-akhir ini sebuah dokumen yang disebut Green Hilton Memorial Agreement cukup menimbulkan kehebohan di dunia maya. Dokumen misterius ini menyebutkan bahwa Amerika Serikat memiliki hutang 57.000 ton emas kepada Indonesia. Bahkan disebutkan bahwa dokumen inilah yang menyebabkan CIA ikut menggulingkan Presiden Sukarno. Tapi, sebaiknya kita tidak melihat terlalu jauh. Soalnya ada alasan kuat untuk mengatakan bahwa dokumen ini sesungguhnya adalah dokumen palsu.

Di Indonesia, dokumen ini mungkin baru heboh pada tahun 2013 ini. Namun di Amerika, berita ini sudah beredar sejak tahun 2008 lewat situs bibliotecapleyades.net. Ketika sampai ke Indonesia, beritanya dibuat menjadi lebih bombastis. Misalnya, kalimat pembuka dalam sebuah situs berita memuatnya seperti ini (saya kutip apa adanya):
"Inilah perjanjian yang paling menggemparkan dunia. Inilah perjanjian yang menyebabkan terbunuhnya Presiden Amerika Serikat John Fitzgerald Kennedy (JFK) 22 November 1963. Inilah perjanjian yang kemudian menjadi pemicu dijatuhkannya Bung Karno dari kursi kepresidenan oleh jaringan CIA yang menggunakan ambisi Soeharto. Dan inilah perjanjian yang hingga kini tetap menjadi misteri terbesar dalam sejarah ummat manusia." 

Mengenai isi perjanjian tersebut, saya rasa tidak perlu saya posting seluruhnya. Jika kalian ingin mengetahuinya, kalian bisa membaca berita lengkapnya di situs tersebut.
Bagi mereka yang kurang memahami persoalan ekonomi mungkin akan sedikit kebingungan membacanya. Yang bisa saya tangkap, emas sebesar itu dipinjamkan oleh Sukarno kepada Amerika untuk digunakan sebagai cadangan supaya pihak Amerika bisa mencetak uang dolar.
Singkatnya seperti ini:
1. Sukarno memegang kuasa atas emas-emas (yang disebut sebesar 57.000 ton) tersebut.
2. Lalu Sukarno memindahkan emas itu ke Amerika.
3. Sebagai gantinya, pihak Amerika akan memberikan bunga senilai 2,5 persen dari harga emas.
4. Karena Sukarno tumbang, pembayaran bunga tersebut belum pernah dicairkan sampai sekarang dan emas tersebut lenyap dari pantauan radar.
Mungkin beberapa dari kalian akan bertanya mengapa emas itu digunakan untuk mendukung pencetakan uang dolar. Penjelasannya kurang lebih seperti ini:
Pada tahun 1963, sistem keuangan Amerika masih menggunakan "Gold Standard". Artinya untuk setiap dolar yang dicetak, maka harus ada emas yang dicadangkan. Dengan kata lain, jika memiliki tambahan cadangan emas sebanyak 57.000 ton, maka Amerika bisa mencetak uang dolar sebesar nilai emas tersebut.
Amerika Serikat baru menghentikan sistem Gold Standard pada tahun 1971. Dan pada tahun 2013 ini sudah tidak ada negara yang menggunakan sistem semacam itu.
Jadi kita tahu alasannya sekarang. 
Mungkin di antara kalian ada yang penasaran berapa nilai sebenarnya emas sebanyak 57.000 ton itu. Untuk sekedar informasi, nilainya jelas sangat besar. Saya sudah membuat sedikit perhitungan mengenainya yang bisa kalian lihat pada gambar berikut ini. 

Emas sebesar 57.000 ton itu sama dengan 61.685 Trilyun Rupiah. Sebuah jumlah yang sangat besar. Mungkin kita sukar membayangkannya. Sebagai perbandingan, pada September 2013, jumlah hutang luar negeri Indonesia adalah 2.983 Trilyun. Jadi benar seperti yang diisukan selama ini. Harta karun revolusi Sukarno akan mampu melunasi seluruh hutang Indonesia dan bahkan masih memiliki kelebihan untuk memakmurkan rakyat. Itu pun jikalau emas tersebut memang ada.
Tapi baiklah, cukup dengan hitung-hitungan ekonomi. Seperti yang sudah saya katakan di paragraf pembuka, ada alasan untuk menyebut dokumen tersebut sebagai dokumen palsu sehingga saya rasa saya tidak perlu berbicara lebih lanjut soal harta sebesar itu.
Jika mau menelusuri lebih jauh, saya yakin akan menemukan lebih banyak bukti palsunya dokumen ini. Namun saya berhenti ketika telah mendapatkan beberapa yang saya anggap cukup fatal. Nah, ini adalah bukti-bukti yang saya maksud.
Stempel Kepresidenan Amerika Serikat
Salah satu poin mencurigakan dari dokumen ini adalah stempel kepresidenan Amerika Serikat.

Stempel kepresidenan Amerika ada di sebelah kiri. Pada stempel tersebut tertulis United States of America (Bagian atas) dan The President (Bagian bawah). Masalahnya adalah desain semacam ini tidak pernah digunakan sama sekali.
Memang desain stempel presiden Amerika Serikat beberapa kali mengalami perubahan. Tapi tidak pernah ada yang menyerupai stempel pada dokumen Green Hilton Memorial Agreement tersebut.
Berikut adalah stempel kepresidenan Amerika Serikat.

Pada stempel yang asli, di belakang burung Rajawali terdapat 13 gumpalan awan yang tidak terlihat pada stempel dokumen Green Hilton memorial Agreement. 
Desain stempel semacam ini mulai berlaku sejak executive order 10860 tahun 1960. Pada tahun 1963, seharusnya Kennedy juga menggunakan stempel yang sama.
Lalu bagaimana dengan stempel kepresidenan Republik Indonesia?
Stempel Presiden Sukarno pada dokumen tersebut mirip dengan stempel kepresidenan yang didesain tahun 1950. Jadi saya rasa tidak bermasalah.

Memang, ada kemungkinan bahwa saya salah dalam hal ini. Bisa saja stempel yang digunakan pada perjanjian internasional berbeda dengan versi resmi (Stempel presiden Amerika memiliki beberapa versi tergantung tujuan penggunaan). Namun saya kira kemungkinannya akan sangat kecil. Penggunaaan kata "United States of America" sendiri tidak pernah ada di dalam stempel versi manapun. Yang ada hanya "United States".
Jadi, bukti pertama kita adalah masalah stempel kepresidenan Amerika yang tidak sesuai.
Sekali lagi, mungkin saya salah, mungkin juga tidak. Karena itu untuk menguatkan dugaan saya mengenai palsunya dokumen ini, saya akan memberikan bukti tambahan.
Bekas Cropping Pada Dokumen?
Jika kita melihat dengan baik salah satu screenshot dokumen yang ada, kita bisa melihat logo burung Garuda di atas dokumen sepertinya merupakan hasil sebuah cropping.

Lihat bekas seperti kotak pada burung Garuda tersebut. Apakah itu bekas cropping? Jika iya, maka sepertinya logo itu telah ditempel lewat photoshop.
Selain itu, logo burung Garuda tersebut berbeda dengan stempel resmi kepresidenan RI. Kita tidak pernah melihat ada logo resmi negara dengan sayap Garuda memotong lingkaran.
Desain semacam ini mirip dengan pajangan burung Garuda yang ada di kedutaan besar Republik Indonesia di Washington.
Tapi, ini adalah pajangan. Tentu saja berbeda dengan stempel resmi untuk dokumen. Apakah mungkin sang pemalsu dokumen telah meniru desain pajangan ini karena mengiranya sebagai versi resmi kepresidenan RI?
Nah, untuk yang satu ini, saya pun tidak mengatakan bahwa saya pasti benar. Bisa jadi kertas dokumen tersebut memang memiliki bentuk "kotak" seperti cropping. Dan bisa jadi juga saya salah dalam hal penggunaan logo resmi kepresidenan pada perjanjian internasional.
Untuk itu, saya akan memberikan bukti lainnya.
Tanda Tangan Sukarno

Dari dokumen Green Hilton Memorial tersebut, ada indikasi bahwa tanda tangan Presiden Sukarno berbeda dengan tanda tangan aslinya. Mari kita bandingkan tanda tangan Sukarno pada dokumen tersebut dengan tanda tangan asli yang kita miliki.
Ini adalah tanda tangan Sukarno yang asli yang diambil dari potongan Keppres No.129 tahun 1961 tentang penyederhanaan partai politik. 

Sedangkan ini adalah tanda tangan Sukarno pada dokumen Green Hilton.
Sedikit mengenai tanda tangan. Karena tanda tangan merupakan hasil dari tulisan tangan, maka hampir dipastikan bahwa tidak akan ada tanda tangan yang sama persis, bahkan walaupun yang menandatangani adalah orang yang sama. Kadang, mood yang berbeda bisa menghasilkan tanda tangan yang berbeda pula.

Tapi, ada satu yang selalu sama.
Yang saya maksud adalah cara dia menarik garisnya (stroke).
Tanda tangan sendiri adalah produk dari kebiasaan yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Ketika seseorang membubuhinya di atas sebuah dokumen, ia tidak berpikir. Ia hanya menggoreskan penanya. Semuanya otomatis, sama seperti ketika kalian mengikat tali sepatu. Karena itu, cara dia menarik garis pasti akan sama pada setiap tanda tangan.
Jadi, jika kalian ingin memeriksa keaslian tanda tangan seseorang, periksalah tarikan garisnya. Jika berbeda, maka dipastikan bahwa tanda tangan tersebut telah dipalsukan, walaupun terlihat sangat mirip. 
Dalam kasus dokumen Green Hilton Memorial Agreement ini, jelas arah tarikan garis kedua tanda tangan berbeda.
Saya membuat alur tarikan garis untuk tanda tangan asli dan tanda tangan pada dokumen Green Hilton. kalian bisa melihat keduanya sangat jauh berbeda. Terlihat pada huruf "S", "K" dan "R".

Ini adalah alur tarikan garis pada tanda tangan asli.

Dan ini adalah alur tarikan garis pada dokumen Green Hilton Memorial


Bisakah kalian melihat perbedaannya?
Selain perbedaan pada tiga huruf tersebut, salah satu kesalahan yang paling fatal adalah kurangnya tanda titik dan garis pada tanda tangan Green Hilton Memorial. Kalian bisa memeriksa semua tanda tangan Sukarno. Titik dan garis pada ujung tanda tangan tersebut selalu ada. 
Pada dokumen yang satu lagi, titik dan garis ini muncul. Tapi, tarikan garis pada huruf "S" berbeda dengan yang satunya lagi.

Saya tidak akan heran dengan hal ini. Mereka yang meniru tanda tangan pasti hanya akan memiripkan tanda tangan tanpa peduli dengan alur tarikannya.
Selain masalah tarikan. Ada satu lagi yang menarik. Jika kalian teliti, pasti kalian sudah bisa menemukan perbedaan lainnya dari tanda tangan yang asli dan tidak.
Perhatikan kembali gambar tanda tangan asli dan tanda tangan pada Green Hilton Memorial. Bisakah kalian melihat perbedaannya?
Perbedaannya adalah pada nama penandatangan. Pada tanda tangan asli ditulis "Sukarno". Pada tanda tangan palsu ditulis "Soekarno". Sebuah kesalahan kecil yang dilupakan oleh sang pemalsu.
Soal ejaan ini, ada ceritanya.
Dalam buku Bung Karno penyambung lidah rakyat karya Cindy Adams yang terbit tahun 1965, disebutkan bahwa Presiden Sukarno sendirilah yang meminta namanya ditulis dengan "Sukarno" dan bukan "Soekarno". Ini dikarenakan pada tahun 1947, Indonesia sudah resmi menggunakan Ejaan Soewandi  yang salah satu cirinya adalah mengganti "OE" dengan "U". Jadi Sukarno ingin konsisten dengan perubahan itu.
Sang pemalsu tanda tangan mungkin melihat tanda tangannya dan membaca "Soekarno" sehingga ia ikut memberikan nama itu pada dokumen.
Masih kurang kuatkah buktinya?
Kalau begitu, saya berikan bukti yang terakhir.
Keberadaan Presiden Sukarno dan Kennedy
Sebuah dokumen resmi negara tidak boleh salah dalam pemberian tanggal. Dalam surat kelurahan, mungkin masih bisa. Tapi jelas tidak untuk perjanjian sekaliber Green Hilton Memorial ini.

Pada kasus Green Hilton Memorial, disebutkan bahwa dokumen tersebut ditandatangani pada tanggal 14 November 1963 di Jenewa, Swiss.

Kita bisa memeriksa keabsahannya dengan cara melacak keberadaan sang penandatangan. Dalam hal ini Presiden Sukarno dan Kennedy.

Lalu dimana Sukarno pada tanggal tersebut?

Memang susah melacak keberadaan Sukarno. Soalnya dokumentasi kita tidak cukup memadai. Namun ada indikasi kuat bahwa Sukarno tidak berada di Swiss.
Tahun 1960-an adalah tahun yang cukup rumit bagi Indonesia. Tahun 1962, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games ke-4. Karena Indonesia menjalin hubungan baik dengan Cina dan Palestina, maka Indonesia menolak keikutsertaan Taiwan dan Israel. Ini menyebabkan komite Olimpiade Internasional memberi sanksi kepada Indonesia.
Sukarno menjadi marah. Lalu ia memutuskan untuk menciptakan event tandingan semacam Olimpiade yang disebut Ganefo (Games of the New Emerging Forces). Sambil membawa semangat yang juga dibawa oleh gerakan non blok, Sukarno menekankan kekuatan Ganefo sebagai simbol pemberontakan terhadap kekuatan adidaya.
Nah, Ganefo pertama diadakan pada tanggal 10-22 November 1963. Acara tersebut dibuka langsung oleh Presiden Sukarno. Jadi pada tanggal 10 November, Sukarno masih ada di Jakarta. Tidak ada catatan mengenai keberadaannya pada tanggal 14 November.
Tapi pertanyaannya adalah: "Apakah dalam masa penyelenggaraan event yang dianggapnya sebagai simbol kekuatan negara-negara berkembang itu Sukarno mau pergi ke Swiss?
Saya rasa tidak.
Jadi, saya menduga bahwa Sukarno tidak berada di Swiss pada tanggal itu. Saya pun tidak bisa menemukan catatan perjalanannya ke Swiss pada tanggal tersebut.
Mungkin kalian masih belum puas dengan jawaban ini. Tunggu dulu. Masih ada Kennedy.
Sebenarnya pemalsu dokumen ini kurang teliti. Seharusnya mereka tahu bahwa gerak-gerik presiden Amerika dicatat dengan teliti dan didokumentasikan dengan sangat baik. Bahkan 50 tahun setelah itu, kita masih bisa melacaknya.
Dalam kasus ini mereka telah memilih tanggal yang salah. Dan ini fatal.
Pada tanggal 14 November 1963, Kennedy ternyata sedang berada di Washington, Amerika Serikat, dan tidak berada di Swiss. Saat itu ia memberikan konferensi pers dan menjawab pertanyaan berbagai wartawan. Kalian bisa melihatnya di situs JFK Library atau kalian juga bisa melihat rekamannya di link youtube berikut ini. 

Masih belum puas?
Baiklah, saya lanjutkan.
Pada tanggal 15 November 1963, Kennedy juga tidak ada di Swiss karena ia menghadiri konferensi AFL CIO di New York. AFL CIO adalah salah satu organisasi serikat buruh di Amerika.
Tapi tunggu dulu. Mungkin di antara kalian ada yang tidak puas lalu bertanya, "Bro enigma, apa yang dilakukan Kennedy sebelum ia konferensi pers pada tanggal 14 November?"
Pertanyaan bagus. Pada tanggal 13 November, Kennedy masih ada di Washington, menghadari acara dengan Resimen Black Watch of the Royal Highlanders. Kalian bisa melihat rekaman youtubenya disini.

Bagaimana? bukankah ini membuktikan bahwa pada tanggal 13,14 dan 15 November 1963 Kennedy tidak berada di Swiss? Jadi bagaimana caranya ia menandatangani dokumen Green Hilton Memorial tersebut?
Indikasi stempel kepresidenan Amerika yang palsu, kemungkinan cropping pada dokumen, tanda tangan Sukarno yang juga terindikasi dipalsukan dan Presiden Kennedy yang jelas tidak berada di Swiss pada tanggal ditandatanganinya dokumen itu. Apakah bukti-bukti ini masih kurang kuat?

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

424 comments:

  1. hihihi akhirnya selesai jg nulisnya bro.. :3

    ReplyDelete
  2. I knew it. akhir2 ini berita ini "naik" lagi via sosmed. tp kerasa ada yg janggal. thx for the clue, enigma.

    ReplyDelete
  3. nice bung E, lanjutkan :)

    ReplyDelete
  4. Menjelaskan dengan sejelas-jelasnya bro E

    ReplyDelete
  5. Yaaay! saya baru tahu kalau ada dokumen seperti itu Mr. E :))
    bagus sekali..

    ReplyDelete
  6. You are great bang e...
    mantap. @Yutama_on7

    ReplyDelete
  7. Wow.. Saya rasa buktinya cukup kuat..

    hahaha ga masuk akal lah kalo Amerika yang punya hutang sebanyak itu ke Indonesia. walaupun pasti ada beberapa orang penganut teori konspirasi yang masih mempercayainya. Namun saya pikir, terlalu bodoh juga kalau Indonesia mau saja menderita kemiskinan begini sedangkan Amerika bisa maju dari hasil peminjaman emas Indonesia bahkan sampai 50 tahun .

    ReplyDelete
  8. Deep on details, Razor-sharp.

    Seperti Bang E yang ane kenal selama ini #mantap

    ReplyDelete
  9. Hal2 kecil yg terkadang dianggap remeh dan tidak diperhatikan malah justru jd pembuktian
    luarbiasa

    ReplyDelete
  10. Bang E buat saya adl pria paling seksi!

    ReplyDelete
  11. Wah...mantap sekali tulisannya :D
    Sayang semua ini cuma palsu, coba kalo utang tersebut bener...
    Ada tiga pilihan, pertama dilupakan, kedua kita dapet duit, ketiga perang atas nama duit...

    ReplyDelete
  12. kereen. thanks y request q dibahas juga ternyata.
    oh iya tambahan, sempet baca komen di web juga kalau dokumen ini dipakai juga untuk penipuan yg modusnya mirip nigerian scaming.

    ReplyDelete
  13. Kalau dipikir2 msuk akal jga sih indonesia memberi pinjaman, krna Saat itu ekonomi amerika sdang kacau setelah pd2 dan ekonomi indonesia trus membaik bahkan indonesia smpat mnjadi macan asia..

    Tapi skg? Dari tahun 2008 s/d skg "Hampir" sluruh negara didunia mengalami kkacauan ekonomi, jadi ga menutup kmungkinan kalo amrik sngaja memunculkn dokumen yg sudah dipalsukan.. Who know??

    Apa lagi sjak taun 2008 amerika mengalami kbangkrutan luar biasa dimulai sejak permasalahan kegagalan pembayaran kredit perumahan (subprime mortgage default) dan trus mnjalar mnjadi krisis global hingga skg smakin parah,,,

    Didunia yg nyata ini..
    "MISTERI MEMANG MISTERI"

    Btw nice post

    By: Mr.sixa

    ReplyDelete
  14. Wah om Enigma posting lagi, sip dah ^_^

    Eh iya, saya mau tanya, memangnya om Enigma lumayan jago ya dalam membedakan asli atau palsunya tanda tangan seseorang?

    Soalnya jujur aja, waktu saya kelas 2 SMP, saya pernah memalsukan tanda tangan orang tua saya di kertas ulangan, soalnya waktu itu nilai saya jelek, takut ketahuan orang tua saya, hehehe :D

    Terus pas saya palsukan, ternyata guru saya ya gak curiga sama sekali, wakakakakak

    Nah, bagaimana menurut om Enigma? Seandainya anda jadi guru, terus nyuruh murid anda buat minta tanda tangan ortu, apakah anda bisa mengecek kira2 itu tanda tangan asli ortunya atau direkayasa murid tsb? :)

    ReplyDelete
  15. Mantap analisisnya... saya share ke yg lain ya...

    ReplyDelete
  16. seperti biasa analisis Mr.E luar biasa...
    padahal sebagai rakyat biasa saya berharap emas itu benar-benar ada..

    ReplyDelete
  17. Cara malsunya masih amatiran, kalo ane yang kerjain photoshopnya pasti agan ga bakalan bisa bedain sama yang asli ha ha ha ...

    ReplyDelete
  18. akhirnya ad postingan baru lg,,asyiiik : )

    ReplyDelete
  19. menarik...hehe...

    ReplyDelete
  20. menarik artikelnya, hehe.btw, pertamak pertamakan dah agak berkurang ya?, baguslah, udah pada gede kayanya pembacanya...hihi.

    ReplyDelete
  21. buseet udah subscribe masih aja gagal pertamax siaal...hahaha, nice article as usual Bung E' , mana buku kedua nie!! haha

    R.Joe

    ReplyDelete
  22. Selalu mengajari kita untuk kritis bukan skeptis..loved it

    ReplyDelete
  23. gilaaaa... Bacanya ampe perih nih mata gara2 ga kedip... Mantapz bro E...

    ReplyDelete
  24. nice analys, Bung E. Walau mungkin simple namun sangat mengena. Coba nanti kita lihat di salah satu acara TV (O*****S***t) pasti akan dibahas dokumen tsb dan dibuat seolah-olah heboh...hehehehehe (maklum media, membutuhkan sesuatu yg menarik, yang tidak menarik akan dikemas menarik pula)

    ReplyDelete
  25. Sudah kuduga brow hahaha....thks da dikupas secara tuntas :D
    ditunggu ya topik yg itu tuhhh....hehehh

    ReplyDelete
  26. sekarang misteri nya adalah, siapa yang membuat dokumen palsu tersebut, karena awal dari posting green hilton itu, dokumen itu tidak ada! tolong cek ya bro situs yang pertama kali posting dokumen palsu ini!!

    ReplyDelete
  27. konspirasi hati, konspirasi hati Indonesia.....

    ReplyDelete
  28. mantap mas bro...di tunggu nongol juga..E bukunya ada di gramedia ga..baru nieh

    ReplyDelete
  29. pertamax dari ujung.
    WkWKWKWKWKWK.
    Haah telat um ahh. Tp gk apa dah absen ajj dlu gan. Hehe.
    Hadir n lngsung duduk.
    Hehe.
    Salam bloger buat smuanya.
    Mga agan2 sllu dlm keadaan sht n sukss sllu.
    Amiin.
    Mksh gan..

    ReplyDelete
  30. Jujur aja, melihat judulnya sungguh ga menarik.. karena dengan membaca judulnya jg udah terasa aroma Hoax mengenai dokumen ini..

    Tp sy suka sama metode penyelidikan yang selalu dilakukan mr.E, makanya sy baca sampai habis.. :D

    No.2 mengenai Cropping itu yang paling fatal.. Pemalsu lupa convert gambar ke file gif/png.. hahahaha...

    Brava...Mr. E.!!!..
    Sering-sering dong update cerita baru... :D

    ReplyDelete
  31. Akhirnya. Sudah curiga dokumen itu palsu. Sempat pengen request bung Enigma untuk menganalisanya, ternyata sudah.
    Yang kemudian menjadi penasaran, kenapa harus membuat dokumen palsu itu? Tapi bukan masalah besar sepertinya.

    ReplyDelete
  32. analisa yg sangat bagus bung E, namun masih ada sedikit pemikiran yg menggelitik,
    bagaimana jika skenario'y seperti ini:

    # sebenernya isi perjanjian dan dokumen itu adalah nyata, namun dibuat demi keuntungan kepentingan (kekuatan gelap tertentu).
    # yang dipalsukan hanya tanda tangan pemimpin negara masing2, untuk kemudian emas2 tersebut digunakan untuk kepentingan (kekuatan gelap tertentu).
    # (Point Penting!!!) lalu dokumen tersebut dibuat "tanda-tanda" kejanggalan seperti yang bro E analisa, sehingga jikalau suatu saat terbongkar dunia pun, org akan menganggap kalu dokumen itu adalah HOAX. namun sebenarnyakonteks dalam dokumen tsb adalah nyata adanya. 8-)

    ReplyDelete
  33. Saya dari dulu udah menganggap kalau dokumen Green Hilton adalah dokumen karangan semata. Pertama jelas, karena jumlah emas sebanyak itu mustahil dimiliki oleh Nusantara yang notabene di masa lalu nggak pernah dilanda fenomena gold rush

    Kedua, dalam artikel-artikel soal Green Hilton, disebutkan kalau yang menjadi saksi penanda tanganan perjanjiannya adalah seorang Swiss bernama Wiliam Vouker. Tapi selain artikel-artikel soal Green Hilton, gak ada lagi informasi yang memadai soal dirinya

    ReplyDelete
  34. Ha ha haa...
    Perkenalkan nama saya Boenyamin Koetang, seorang pengamat ekonomi keturunan Yahudi anggota Freemasonry. Saya adalah pemilik dokumen asli "The Green Hilton Memorial Agreement". Agar kalian tau, dokumen palsu yang sedang kalian bahas ini adalah buatan saya. Dokumen itu sengaja saya sebarkan ke publik bersama dengan kisah2nya. Saya ingin agar kalian sadar bahwa kalian semua sudah kami tipu ber puluh2 tahun lamanya. Saya juga ingin kalian sadar bahwa betapa bodohnya kalian. Ha ha ha... Kisah2 itu akan membakar api permusuhan kalian terhadap kami, dan kami selalu menunggu ditabuhnya genderang perang yang akan menghancurkan kalian sendiri.
    Saya tau persis, dokumen palsu yg saya sebarkan itu akan sampai kepada orang2 seperti Enigma, yang akan dengan mudah membuktikan kepalsuannya. Dengan begitu, sementara amarah kalian belum reda, kalian sudah menganggap persoalan ini sudah selesai, "Ah kisah itu ternyata tidak pernah terjadi, sudahlah, lupakan..", kemudian kalian melanjutkan hari2 kalian bersama dengan amarah2 kalian kepada kami.
    Sudahlah... ikhlaskan saja harta kerajaan nenek moyang kalian kepada kami. Ha ha ha....

    Just kidding, hanya melihat dari sisi yang lain, dan tanpa bukti tentunya, wkwkwk... Great posting Mr. E

    -s0-

    ReplyDelete
  35. ini baruuuu artikel yang keren dan berbobot, semoga banyak masyarakat yg terbuka pikirannya, xixixixiixixii maju terus broooo...

    ReplyDelete
  36. nah,jadi tambah jelas deh,bisa mengurangin keraguan ane soal kebenaran dokumen yg ane anggap bombastis tsb..
    tambahan lagi,dlm artikel yg tersebut ada kata(Malah jika ada yang mengaku bahwa dialah yang dipercaya Bung Karno untuk mencairkan harta, maka dijamin orang tersebut bohong, kecuali ada tanda-tanda khusus berupa dokumen penting yang tidak tahu siapa yang menyimpan hingga kini.) trus,dari mana dia dpt gmbar copian dokuen2 tsb??..

    tapi yg yang masih jadi bikin galau ane itu ya yg dokumen yg dilampirin di artikel2 yg mempost bocoran ini sebelumnya yg terdiri dr 8 lembaran,koq halaman 1-2 rapi banget,6 halaman berikutnya seperti bener2 dokumen lama jadi kemungkinannya menurut ane:

    1. itu dokumen sepenuhnya palsu,keliatan dari halaman 1-2 yg terkesan di buat2,(di tempat tanda tangan ke tiga pelaku di dokumen ke.1 juga ada tanda cropping jgkalo di liatin lbh cermat,6 halaman berikutnya bisa jadi memang sengaja dibuat lebih dramatis mungkin dgn bantuan photoshop yg lebih detail.

    2. membingungkan,di lain pihak 2 halaman pertama sangat rapi dan terkesan palsu,tapi 6 lembar berikutnya terkesan asli,dan berbeda resolusi gambarnya(ukuran gbr 1-2 lebih besar)apa gambar tsb di dpt dari sumber berbeda.

    3. bisa jadi asli, dikarenakan mungkin penulis tersebut mendapatkan copian dokumen asli,tapi dia berusaha menguatkan dokumen tersebut dgn menambahkan 2 halaman pembuka dan bertanda tangan palsu,terlihat jelas juga 6 halaman berikutnya sukarno tidak mau pake stempel,kok di 2 hal pertama ada stempelnya.

    mengenai tulisan soekarno,kenapa bukan sukarno,bisa jadi ada kemungkinan karena dokumen itu di ketik di swiss dan dari pihak sana belum mengetahui ejaan yang baru.

    mengenai keberadaan ke duanya sewaktu hari penanda tanganan dokumen tsb bisa jadi pihak2 yg berkepentingan hadir dan berlangsung sangat cepat gak pake acara nginep2 segala mengingat juga perjanjian tsb kemugkinan bersifat tertutup/rahasia,karena dari penulis sebelumnya juga meyelipkan kalimat "Hanya saja, ketakutan akan muncul pemimpinan yang korup di Indonesia, maka pembayaran fee tersebut tidak bersifat terbuka. Artinya hak kewenangan pencairan fee tersebut tidak berada pada Presiden RI siapa pun, tetapi ada pada sistem perbankkan yang sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga pencairannya bukan hal mudah, termasuk bagi Presiden AS sendiri".

    benar apa enggak kalo duwit hasil peminjaman tersebut akhirnya di nikmati amerika,bisa jadi: karena yg bikin ane curigation ya kenapa amerika pasca perang dunia2 perekonomiannya masih bisa survive,bahkan sampai lanjut ke perang dingin,mereka makin membusungkan dada,uni soviet aja ambruk total,yang ada amerika makin adidaya,emang dulu apa sih yang di andalin amerika,perusahaan apa sih yg menonjol di amerika.

    kalo di bandingin amerika jaman milenium sekarang,dimana amerika makin menguasai internet,perusahaan amrik juga makin ber ekspansi ke luar negri,buat nyerang negara sekecil irak aja dampaknya langsung besar ke perekonomian mereka,ini yang baru2 lagi,baru mau niat nyerang suriah aja kemaren pemerintahan kena shutdown,itu pertanda kalo perang itu butuh dana yg tdk sedikit.

    memang dari dulu sih amerika sudah terkenal sbg negara industri yg kuat,tapi yg bikin aneh ya mengapa pasca PD2 dan berlanjut ke perang dingin perang vietnam smpai ke awal perang teluk perekonomian amerika masih adem ayem,padahal amerika jadi pemeran utama dlm perang2 tsb,apakah sanggup dia bayarin perang2 itu sendirian,di dukung jg hutang2 amerika pra rosevelt(kalo kalian sudi sibuk baca2 hutang2 amerika per pemerintahan turun temurun)yang cuma berkisar 2trilyunan dollar,sampai jaman milenium era bush+obatmah yang langsung melonjak jd 16trilyunan dollar,padahal jaman milenium ini perusahaan2 amerika makin ber ekspansi ke luar,kalian analisa sendiri lah.

    ada lagi neh,koq di hal ke2 di bawah ada tulisan 3 of 15,(kalo kata jaja miharja "apaan tuuh!!!"),halaman sotosop,apa memang ada lebih banyak lagi dokumen yg tidak ter publikasi.apa malah cuma daftar pustaka sama pesan dan kesan pembaca doank(cape dee)..

    makin pada bingung kan..

    ReplyDelete
  37. Gw demen deh.. hahahahah \m/
    Mantapppp Bung E....

    ReplyDelete
  38. such a brilliant analysis..
    menurut saya,kemampuan anda dalam menganalisa sebuah misteri harus digunakan dengan lebih bermanfaat lagi..bukan berarti dengan anda membuat sebuah buku dan blog misteri yang paling menarik di indonesia ini tidak bermanfaat...

    ReplyDelete
  39. tp bukannya memang 1 hari setelah bertemu bung karno kejadian penembakan presiden As JFK 19063,dan Suharto naik 1966,G30 s pki 1965,,,ya semua kemungkinan bisa jd toh,tp klo pic yg di tampilkan dari scan foto sampul perjanjian saya kira memang hasil foto shop lg dapat dari mana dokumen asli tersebut bisa di scan jika memang benar ada pasti sangat rapat penjagaan nya atau mungkin sudah di bakar atau lenyap dokumennya,,mungkin si penulis hanya ingin menguatkan isi berita...jd foto2 dokumen itu hanya ilustrasi nya,,..kan penulis juga tidak menyampaikan kalo itu foto dokumen yg asli.....semua kemungkinan masih bisa jd kenyataan..

    ReplyDelete
  40. Hebat, saya kagum sama analisis bro enigma yang sangat teliti. Tapi kemungkinan masih ada, mungkin amerika tidak berhutang sebanyak itu ke Indonesia dan tidak pada Green Hilton Agreement. Kita tinggal mencari bukti bukti lain kok..

    ReplyDelete
  41. @my story: Memang kebanyakan untuk penipuan semacam itu.

    @persephone: Caranya sama saja. :))

    @Deny Kurniawan: Yang memalsukan tidak tahu. Tapi katanya saat ini dokumen itu ada di Neil Keenan, seorang fanatik Iluminati juga.

    @bushtonk13: Kalau lari ke teori konspirasi, pasti jadinya berputar-putar saja.

    @anoymous 10 Okt 11:30 AM: Amerika bisa survive pasca perang karena industri persenjataan. Memang ironi. Soal shutdown, itu bukan karena ingin menyerang suriah, tapi karena ketidaksepakatan soal anggaran jaminan kesehatan. Soal hutang Amerika, itu tidak ada kaitannya sama ekspansi perusahaan swasta.

    ReplyDelete
  42. ampe dikaskus heboh, yah memang masih bnyak orang awam sih, tapi nice infonya bung.e hehe

    ReplyDelete
  43. analisanya sekelas sherlock holmes.
    membuat hati berdebar-debar ketika membacanya
    sekalian jadi detektif aja bro E
    haha..

    ReplyDelete
  44. analsis yang sangat luar biasa...

    ReplyDelete
  45. jadi ragu sama tandatangan sendiri :I

    ReplyDelete
  46. maaf bung bro E,
    saya ga bilang kalo apa menurut saya hal tsb merupakan konspirasi,,, hanya saja jikalau ini smw cuma hoax atau ke isengan salah seorang graphic desain freelancer, agak sedikit rancu saja, knapa ga bikin hoax yg lg booming skrg aja,,, atau tokoh yg lg boom skrgg2.

    soalnya ngeri aja kalo sekedar ISENG tapi gunain emblem suatu negara apalagi ttd mantan petinggi negara! heuuu maaf bro,,, haduh entah kenapa kok saya berasa ada yg janggal yah!?

    ReplyDelete
  47. Analisisnya bagus seperti biasa bang E, baru tau deh ada dokumen itu, tapi bukti2 bang E sudah memperjelas kalau dokumen itu palsu..
    Luar biasa, keep posting bang E

    ReplyDelete
  48. Terima Kasih telah menulis artikel yang sangat menarik ini bung

    ReplyDelete
  49. Amerika setelah perang dunia usai tidak benar""mengalami kerugian yg amat besar,,mereka msih bisa survive dibanding negara eropa peserta perang dunia lainnya..
    Betul..
    Penjualan senjata menjadi slah satu cara amerika survive..
    Bahkan belanda pun saat WWII mempunyai hutang atas penggunaan senjata produk USA..
    Yg pling kena biaya mahal adalah pasukan angkatan laut dan marinir belanda yg memang dilatih dan dipersenjatai dri USA,,berbeda dgn pasukan darat mereka yg lebih berkiblat pada inggris..
    Makanya tidak heran,,senjata rampasan perang TKR bnyak made in USA..
    Disaat krisis seperti itu saja USA mampu mengadakan sbuah program Marshall Plan..
    Lalu,,
    Untuk indonesia,,apakah bisa pnya emas sebanyak itu??
    Jawabanya : ya..
    Sumber emas di indonesia itu banyak,,jaman kerajaan sebelum terbentuk indnesia pun sudah banyak emas,,blum lg hasil perdagangan kerajaan jaman dahulu dgn kerajaan luar nusantara..
    Perbandingan selanjutnya,,lihat freeport,,dri awal era soeharto hingga sekarang,,analogikan,,apakah kita pnya emas banyak??
    Krisis USA baru""ini yg menyebabkan pemerintah shutdown,,itu krena program kesehatan obama yg membutuhkan hutang baru,,hutang era obama jauh lebih besar dibanding era bush dgn perang irak..
    Padahal saat ini pihak swasta pun akan kesulitan untuk memberikan utang kepada obama,,why??
    Saat utang yg ditumpuk bush 8th,,itu hanya 8T.but,,ktika obama mulai bekerja,,utang USA bertambah menjadi 10T dan skarang kurang lebih skitar 16T..lalu,,ingin meminjam lg?? Meminjam antar negara ( seperti china ) akan sulit disanggupi,,apalagi swasta..terlalu besar..
    Satu yg bisa dilakukan obama dgn politiknya,,print the money,,dan efeknya tw kan?? Inflasi,,maka jgn pada berbangga jika USA bangkrut,,siap""dolar melonjak naik,,siap""smw hutang negara kita dgn USA ditarik secepatnya ( tentu jika kita tidak bisa bayar,,maka akan ada konsekuensinya ),,dan siap""dgn kekacauan global jika smw cara gagal..



    Soal perang berlanjut seperti WWII => perang dingin dan perang vietnam dan perang korea => perang irak dan keinginan perang suriah,,itu bkan krena pnya duit banyak,,tp smw tentang politik,,bkan hanya perhitungan rugi untung,,tp da yg bermain dibalik itu smw..

    Dan,,
    Soal emas ke negara ni,,dulu da kok sebuah perjanjian beberapa harta kekayaan soekarno ( seperti emas ) yg diserahkan kepada negara ni..

    ReplyDelete
  50. Mantap bang E, awalnya ane kira tu beneran liat disalah satu forum. ternyata palsu tu dokumen, tapi kalo itu beneran hebat banget yaa indonesia bisa punya puluhan ton emas

    http://fullalbummusik.blogspot.com/

    ReplyDelete
  51. Ooo ya,,
    Buat. AnonymousOctober 10, 2013 at 10:44 AM

    Saya suka komentarnya ..
    Hahahaha..
    But,,if you know,, we are watching and we are scouting...
    Sebab,,da yg sedang diincar di wilayah negara ini yg nasibnya jika lolos,,akan seperti freeport..
    Buat smwnya,,
    Jgn biarkan mereka menjamah tanah ini lg..
    Sebisa mungkin jika da perusahaan pertambangan dri luar negeri terutama emas,,didemo sekeras""nya..kecuali yg mengelola pemerintah atau anak negeri ini..
    Krena,,
    Jika kita bisa,,disaat mereka krisis,,kita akan bangun..
    Salah satu renungan soekarno..kita harus sejajar dgn bangsa barat..jgn mw di injak"".
    Jgn sampai terjadi seperti dipapua..
    Bahkan TNI sang penjaga rakyat pun,,disupport peralatannya oleh freeport..
    TNI itu pnya RI,,bkan pnya freeport,,maka yg support harus RI,,bkan freeport..

    ReplyDelete
  52. Alhamdulillah bung E aktif nulis lagi, teruskan bung E saya fans setiamu...wkwkwk

    ReplyDelete
  53. Bro Enigma, Sementara saya masih yakin dan percaya bahwasanya Emas indonesia itu ada dan jumlahnya luar biasa besar, tapi yang jadi pertanyaan terbesar saya dan merupakan obsesi terpendam saya adalah untuk mengetahui keberadaannya dimana? (tanpa ada rasa ingin memiliki lho ya..) Menurut informasi dari ortu saya, memang ada beberapa orang yang memiliki pengaruh di negri ini (militer) pernah membicarakan bahwa harta tersebut 'sebagian' ada di swiss, tanpa ada penjelasan apa dan kenapa berada di swiss, dan juga kemana 'sebagian' yg lainnya, dan ada juga yg bilang bahwasanya harta tersebut berada aman terpendam di salah satu gunung di daerah jawa barat,dan tidak bisa di ambil hingga saatnya tepat baru bisa dikeluarkan untuk kebaikan rakyat (klenik lagi deh)..
    Akhirnya sampe sekarang cuma bisa bergumam just another conspiracy theory..

    ReplyDelete
  54. mungkin soekarno sngaja mengadakan Seagames di negeri kita pada tanggal segitu, untuk mengalihkan perhatian. pada tengah perhatian masyarakat yg fokus ke meriahan seagames di indonesia, soekarno diam" terbang ke swiss. F. kennedy mungkin hmpir sama...

    ReplyDelete
  55. keren banget nih... syp c penulisnya???

    ReplyDelete
  56. bro E. telusuri makam bung karno dong, apakah bener bung karno udah mati, lalu makamnya dimana,? di blitar.? sya sudah bnyak menemui orang2 tua, dan sudah bnyak orang tua bilang, bahwa Bung karno "MASIH" hidup. lalu bagaimana tanggapan bro E. soal "JAS MERAH" lalu, minta diselidiki bro E. syapa ketua/pimpinan dan wakil pimpinan "PBB" perserikatan bangsa2.. makasih bro E. hehe,, sorry banyak pertanyaan.. :-D mantap buat bro E. sekian lama mengikuti blogg ini baru x ini ngisi kotak komenntar.. hehe, mohon dimaafkan segala kesalahan. :-D

    ReplyDelete
  57. SAYA BERHARAP AMERIKA MEMANG PUNYA HUTANG 57.000 TON EMAS KE INDONESIA.

    TAPI GAK PERLU PAKE RIBA

    ReplyDelete
  58. bro E. cocok ya kalo jadi analis apalagi analis misteri
    hehe :)
    nuhun, tukeran link ya bro, link enigma udah saya pasang kok.


    REGARDS

    ReplyDelete
  59. thesteno.blogspot.com

    nice post, bro E
    maaf kelupaan :)

    ReplyDelete
  60. _@_27 07 09 09 26 October 10, 2013 at
    7:31 PM
    salah tuh bro, kalo amerika nyetak bnyak uang. Mereka sndiri yg akan rugi karna trjadi defaluasi (menurunnya nilai mata uang).

    ReplyDelete
  61. wah, kehebohan apa lagi ini Bro?
    Izin mantau aja deh....

    ReplyDelete
  62. Postingan yg lagi booming nih..

    Soal benar tidaknya perjanjian itu, saya harap hutang indonesia sm amerika cpet lunas deh..

    *Thnks buat infonya Bro.E

    ReplyDelete
  63. analisis yang tidak pernah berhenti membuat saya kagum

    ReplyDelete
  64. ulasannya mantap....tanpa ulasan itu saja sebenarnya kita dah harus tau kalau itu berita hoax. Amerika saat itu sudah jauh lebih maju dari Indonesia dalam segala hal , sedangkan kehidupan kita saat itu masih amburadul....buta huruf , kemiskinan , penyakit dll merajalela di seantero negeri . Darimana emas segitu banyaknya itu ? apa iya rakyat sendiri kehidupannya susah terus kita mau ngutangin orang ? opo tumon toh kangmas.....wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  65. Sayang sekali... Padahal saya sangat berharap isu ini benar ada nya.. Hahahaha

    ReplyDelete
  66. lawie said :
    "nice post ... like always ..., tapi bagaimana bila itu maunya US Gov. agar kita (masy. luas) hanya dapat sebagian dari dokumen tersebut yang telah sengaja di ubah2, agar kita beranggapan bahwa Doc. tersebut adalah palsu ...??? so they have no obligation to pay the debt ...."

    ReplyDelete
  67. Bro, menurut saya dokumen ini memang secara kasat mata mudah sekali di ketahui validitas atau tidaknya. Tapi justru itu yg jadi pertanyaan, kok terlalu mudah, terlalu gampang, bahkan , "terlalu kelihatan"?
    Kalau dokumen ini dicetak di era modern, paling tidak kesalahan2 kecil ini tentu gampang diperbaiki jika yang membuat benar2 berniat memalsukan. Apalagi didukung adanya teknologi sekelas scanner, printer dan internet. Seolah2 dokumen ini dibuat sengaja agar terlihat palsu dan mudah diketahui..
    Apa sekedar iseng? pengalihan isu? penghibur rakyat? atau kemungkinan lain seperti yang lain bilang, sengaja dipalsukan dengan amat gampang terlihat palsu agar mudah juga dilupakan? tidak adakah kemungkinan lain?

    *masih berharap amerika benar2 punya utang ke indonesia biar cuma seribu... :p

    ReplyDelete
  68. dokumen yang tersebar itu pasti palsu. tapi tak akan ada api kalau tidak ada asap. mungkin sebenarnya perjanjian tersebut benar-benar ada. hanya saja tersebar dari mulut ke mulut tanpa bukti otentik...
    roy...

    ReplyDelete
  69. BTW, inget ga beberapa tahun yang lalu ada heboh ditemukan emas batangan bergambar Sukarno -> http://regional.kompas.com/read/2009/10/25/20280886/emas.batangan.bergambar.soekarno.ditemukan.warga -> http://komisikepolisianindonesia.com/sekilas/read/4640/penipuan-berkedok-emas-bung-karno.html mungkin emas itu kali yang dipenjemin. Hehe.. :-D. Gan, ente agen CIA yang ditugasin di INDONESIA yah?

    ReplyDelete
  70. Untuk komentar Anonymous October 10, 2013 at 1:34 AM

    Anda coba baca2 lagi, kisah ini di tahun 63. Indonesia jadi Macan Asia saat kesuksesan swasembada pangan era orba, sementara tahun 60-65 adalah masa2 krisis karena indonesia sedang dlam agresi pembebasan Irian Barat. Supaya tdk campur aduk jadi saya bantu jelaskan :)

    Btw di tahun 64 cmiiw, indonesia dapat bantuan dari amerika yaitu; beli 10an hercules dgn biaya ringan, dapat bantuan 37.000 ton beras (saya curiga angka 57ribu ton emas dari angka ini yg sedikit diplesetkan) dan jg bantuan uang dan senjata? Cmiiw. Kenapa? Karena ada 2hal;
    1. Agenda CIA di Irian barat ketauan
    Karena pesawat pemberontak yg diterbangkan pilot amrik brhasil dtembak jauh dan dtawan indo. Indo dgn Soekarno diajak nego oleh amrik. JFK lantas saat itu naik jadi presiden dan paham btul dgn negosiasi Soekarno shingga, bantuan tsb dberikan utk indonesia agar pilot tsb dbebaskan.
    2. Agenda Freeport
    Yg ini masih misteri, tapi opini yg brkembang mengarah ke sana; jfk dtembak mati krna trlalu dkat soekarno, soekarno dgulingkan, lalu soeharto (yg blakngn ini trungkap sepertinya dalang g30s) naik tahta, stelah dia naik tahta freeport pun bisa masuk dgn bagi hasil yg tdk adil.

    Jadi soal tahun 63 indo tdk lbih baik keadaannya dari amrik, jadi isu emas utk amrik trlalu berlebihan.

    Yah walau kemarin smpat ketipu jg tapi tlah dcerahkan analisa bung E :D

    Salam

    Senang bila ikut dikoreksi bung E pendapat saya di atas.

    ReplyDelete
  71. wah ,,, bisa di tangkep KPK kalo kaya gini .. wkakakak

    ReplyDelete
  72. Untuk komentar dari Anonymous October 10, 2013 at 1:34 AM

    Saya cuma mau meluruskan karena komentar kamu mencampur aduk sejarah.
    Indonesia dijuluki Macan Asia ketika sukses swasembada pangan di era Orde Baru, sementara ini katanya terjadi tahun 1963.
    Indonesia periode 60 - 65 dalam masa sulit karena sedang pembebasan Irian Barat (miskin malah).

    Lalu soal amrik lebih kesulitan krna dalam proses pemulihan pasca PD2, itu jg kurang tepat karena indonesia tdk lbih baik kondisinya :)

    Utk catatan saat itu kedekatan JFK dgn Bung Karno karena JFK sedang dalam proses nego dgn Bung Karno ygmana indonesia brhasil mnembak jatuh psawat pmberontak irian / maluku cmiiw yg ternyata pilotnya CIA.
    Agenda trselubung amrik mlalui CIA yg ingin mengacaukan indonesia jelas terbongkar, bung karno pun mmanfaatkan keadaan ini utk meminta amrik mbantu indo yg sedang resesi.
    Oh ya di masa ini, Soekarno jg nyetak byk rupiah yg mengakibatkan inflasi parah.
    Hasil nego Soekarno dgn JFK;
    Embargo amrik atas indo dcabut, beli 10 hercules dgn mudah, dana cash, dan 37ribu ton beras (saya rasa angka ini yg dplesetkan jadi 57ribu ton emas di green hilton agreement ini).

    Lalu soal kdekatan JFK dan Bung Karno, selanjutnyaseperti semua tau; JFK dtembak, Soekarno digulingkan dgn isu G30S yg belakangan ini ramai dikatakan bahwa Soeharto dalangnya (bukan di sini utk bahas itu) lalu freeport masuk dan berbagai spekulan lainnya.

    Senang bila Bung E mengoreksi ksalahan di komentar saya ini, trims.

    ReplyDelete
  73. Artiklenya cukup bermanfaat bung E,terutama di bagian cara membedakan tanda tangan itu loh :D

    dan sekali lagi ,anda berhasil menghancurkan angan-angan dari para penganut teori konspirasi :D

    Schmelzer

    ReplyDelete
  74. Yah..kagak jadi dapat emas deh...ihik ihik

    ReplyDelete
  75. Wow.. ulasan yang benar-benar menarik dan sangat memuaskan... :D Love you bung e..

    ReplyDelete
  76. Terlalu sederhana menyimpulkan..... Apakah terpikirkan oleh sdr. Enigma dokumen yg dipublish tersebut adalah dokumen yg sudah dipalsukan dengan tujuan tertentu. Kalau dokumen tersebut original, apakah mungkin disebarkan begitu saja. Apakah mungkin dokumen yang sangat penting disebar luaskan ke publik.? Berdasarkan kejadian yg pernah saya alami, dokumen yg asli yg pernah saya lihat jumlah halamannya lebih banyak dari pada yg dipublikasikan selama ini, dan tanggal kejadiaannya, tanda tangan, stempel dan lain lainnya juga berbeda..!

    ReplyDelete
  77. Saya salut dengan ketelitian Enigma.

    Sebagian orang mungkin menerima segala sesuatunya begitu saja.
    Tapi ada yang tidak. Mungkin karena prekonsepsi yang berbeda, atau cuma sekedar mengkitisinya.
    Atau cenderung suka pada teori konspirasi. Tak ada salahnya memang dan tak ada
    yang melarang.

    Tapi saya rasa semua kritikan itu sebaiknya dipandang sebagai
    penguji kekuatan argumen.

    Pembuktian dari Enigma bisa jadi ditolak oleh sebagian orang,
    di samping Enigma sediri juga menyiratkan ketidakabsolutan pembuktiannya.

    Sejauh ini pembuktian Enigma bisa ditolak dengan bantahan bernada pro teori konspirasi,
    yang menyatakan DOKUMEN ITU ASLI atau BENAR-BENAR ADA, yang bisa disimak pada komentar-komentar sebelumnya.

    1. Bagian pembuktian kejanggalan dokumen seperti:
    * "Tanda Tangan Sukarno, Stempel Kepresidenan Amerika Serikat, Bekas Cropping Pada Dokumen":
    Itu bukan kecerobohan pemalsu, tapi SENGAJA dibuat begitu untuk mengesankan
    seolah-olah itu palsu, sehingga dokumen itu pun dilupakan orang.
    ATAU itu memang bukan tanda tangan asli, tapi tiruan untuk memudahkan ilustrasi dan sebagai pelengkap saja.
    Mungkin halaman yang ada tanda tangan Sukarno hilang.

    Jika ada yang mau membantah teori konspirasi di atas, kemungkinan begini:

    1. Jika memang tujuannya agar tak diketahui publik dan agar selalu
    menjadi rahasia, mengapa REPOT-REPOT menampilkannya ke publik? Cukup diam saja,
    dan tanpa bukti apapun, tuduhan/dugaan cuma tinggal teori saja.

    2. Jika itu pelengkap atau ilustrasi saja, mengapa dicantumkan?
    Bukankah itu membuat publik semakin berpikir itu tak asli?

    Dll.

    Tapi apapun bantahannya, saya bisa bayangkan bantahan apa
    yang bisa diberikan oleh pro teori konspirasi atas bantahan di atas.
    Bisakah kalain bayangkan?


    * Kejanggalan penulisan nama Soekarno.

    Enigma: Seharusnya "Sukarno", bukan "Soekarno". Alasannya sudah disebutkan.

    Bantahan yang muncul: Bisa saja saat itu Swiss tidak mengetahui
    mengenai perubahan sistem ejaan di Indonesia.

    Bantahan atas bantahan di atas bisa jadi:
    "Oh ya? Masa even tingkat internasional bisa seceroboh itu?
    Tak ada "check and re-check"-kah??", dll.


    2. Keberadaan Presiden Sukarno dan Kennedy

    Meskipun Enigma sudah menunjukkan kemustahilan Sukarno
    dan Kennedy bertolak ke Swiss, namun tetap ada bantahan seperti:
    - "Namanya juga pertemuan rahasia, Bro, dilakukannya juga rahasia,
    dan gak akan tercatat di catatan sejarah."

    - "Bisa jadi kan, yang menhadiri pertemuan itu
    hanya wakil Kennedy dan Sukarno saja? Yang jelas pertemuan itu terjadi."

    Dan lain sebagainya.

    Dan kemungkinan bantahan untuk bantahan di atas:

    "Ah, masa sih di pihak A.S tak ada catatannya sama sekali?
    Peristiwa sepenting itu tentu akan didokumentasikan Amerika."

    atau, "Kamu kira dekat A.S - Swiss? Seharian kan belum bisa
    sampai di sana, apalagi untuk melakukan pertemuan dan
    besoknya sudah harus berada di lagi di A.S. Tanpa disorot kamera
    atau pers lagi."

    "Kalau gak hadir secara langsung, siapa yang menandatangani?
    Kan harus ada tanda tangan keduanya. Kalau tidak, ya tidak sah.
    Apalagi untuk even sepenting ini, masak diwakilkan?"

    Dsb, dsb. Yang tentu saja masih bisa dibantah lagi.


    Enigma telah melakukan pekerjaan yang bagus dengan
    meneliti dan membeberkan bukti-bukti yang dianggapnya akurat.

    Sedangkan posisi teori konspirasi adalah sebagai pembantah,
    meski TANPA bukti-bukti dan hanya berandai-andai atau membayangkan kemungkinan saja.

    Anggap saja itu sebagai batu ujian untuk argumen Enigma.

    ReplyDelete
  78. Beberapa komentar saya untuk Enigma:

    1. Menurut saya JUDUL yang Enigma angkat bisa menimbulkan
    PERBEDAAN PENAFSIRAN atau AMBIGU.

    "Perjanjian Green Hilton Memorial Agreement adalah Dokumen Palsu - Analisis"

    Mungkin bisa ditepahami dari sudut pandang teori konspirasi berikut:

    Apa yang PALSU? Dokumennya-kah ataukah PERJANJIANnya juga palsu?
    Jika dokumennya palsu, BELUM TENTU perjanjiannya juga palsu (maksudnya tak terjadi, fiktif).

    Jadi ada 2 hal yang disorot dalam kasus ini: dokumen dan perjanjiannya.

    LOGIKA Enigma: Dokumen palsu = Perjanjian palsu ( fiktif, tak terjadi)

    LOGIKA pro teori konspirasi:

    Dokumen palsu BELUM TENTU perjanjiannya palsu (fiktif, tidak terjadi)


    2. Saya rasa Enigma perlu sebuah ARGUMEN yang setidaknya
    agak mustahil rasanya dibantah untuk menguatkan pembuktiannya.


    Teori konspirasi dalam hal ini mengambil posisi sebagai
    pembantah argumen, berarti, mereka mengaggap dokumen itu asli
    ataupun menganggap perjanjian Green Hilton Memorial bukan fiktif.

    Nah logika seperti ini sebenarnya punya TITIK LEMAH
    yang besar yaitu merendahkan atau menihilkan PATRIOTISME atau KEINDONESIAAN Sukarno.

    Logikanya sederhana: "Mungkinkah Sukarno akan melakukan perjanjian ini SECARA RAHASIA?"

    Jika dia lakukan secara rahasia, yang rugi adalah Indonesia.
    Apakah Sukarno tega membuat Indonesia merugi?
    Emas sebanyak 57 ribu ton bisa lenyap tak bersisa, Amerika bisa mungkir dari janjinya.
    Terlebih lagi even sebesar ini mungkinkah akan dirahasiakan Sukarno dari pejabat
    pemerintahan Indonesia lainnya? Mustahil. Mustahil jika hanya Sukarno yang tahu.
    Jika pejabat lainnya ada yang tahu soal ini, bukankah hutang Indonesia sekarang
    sudah lenyap? Mustahil hal sepenting ini hilang dari radar Indonesia.

    ReplyDelete
  79. @Sang Pangeran: Seperti yang sudah saya katakan, saya tidak mau masuk ke teori konspirasi karena nanti hanya akan berputar-putar. Dalam berita mengenai Green Hilton TIDAK disebutkan bahwa dokumen itu hanya ilustrasi. Jadi, saya anggap jika dokumennya palsu, maka seluruh isu soal perjanjian juga palsu.

    The burden of proof is on those who claim. Jadi yang mengklaim bahwa pernah ada perjanjian Green Hilton Memorial, silahkan membuktikannya.

    Dalam kasus ini, sang sumber yang pertama kali mengklaim adanya perjanjian Green Hilton Memorial MEMBERIKAN BUKTINYA dengan dokumen ini. Saya membantah dokumennya, jadi ia harus kembali membuktikannya. Jika nanti ia muncul dengan dokumen baru, saya akan koreksi judulnya.

    ReplyDelete
  80. @Enigma:
    "The burden of proof is on those who claim"

    Benar.

    Itulah (salah satu) kelemahan teori konspirasi, yaitu prasangka dan prasangka, tanpa disertai bukti (sering).

    Fair enough, berdasarkan logika Enigma, memang sepertinya tak perlu direvisi. Bagi sebagian orang memang kalimat itu tak ambigu, karena sudah menebak dokumen itu palsu. Tapi bagi yang pro teori konspirasi itu masih menyisakan keraguan. Keraguan yang muncul dari imajinasi walau tanpa bukti.

    Dan ya, saya bisa mengerti, mengapa harus mengubah judul tersebut hanya demi melayani sebuah prasangka?

    ReplyDelete
  81. Kira2 apa motivasi terbesar dari sang pemalsu bro? kira2 yg malsuin dan bikin isue ini orang Indonesia?

    ReplyDelete
  82. Tapi bwat saya sendiri nggak ragu bung E, kalo di Indonesia ini kaya akan mas, apalagi di pulau Jawa, ada mas parman, mas yono, mas wanto dll. Thx bung E, analisa yg sangat2 bagus.

    ReplyDelete
  83. ENIGMA! YOU ARE NEXT !!!

    ReplyDelete
  84. terus, kalo emang hoax, kenapa isu ini dimunculkan?

    ReplyDelete
  85. trus maksud isu ini apa ya gan? hadehhh
    kenapa paman sapi masih menjajah papua?
    banyak sekali koboy amerika di ibupertiwiku... :(

    ReplyDelete
  86. analisa yg bagus & teliti...
    mungkin benar dokumen ini palsu...
    Sepengetahuan sy emas yg dimaksud adalah harta2 kerajaan nusantara berupa deposit, yg dibawa VOC ke belanda tampa sepengetahuan para raja/sultan...
    ketika PD II, emas dibawa ke jerman oleh NAZI, setelah jerman kalah perang emas dibawa ke amerika, konon jumlahnya lebih 100.000 Ton...
    Bung Karno tau hal ini, melalui proses bla... Bla... Bla... Terjadi deal dgn JFK, emas dibagi 50 : 50...
    Jumlah 1/2 itu 57.000 Ton... Dijaminkan kpd amerika...
    pertanyaannya
    Knp soebandrio tdk dieksekusi oleh soeharto ?
    Jk soebandrio tdk bermanfaat pastilah dia sdh mati spt tokoh PKI yg lain
    Mengenai harta karun peninggalan Bung Karno konon bnyk yg sengaja disimpan di indo... Banyak yg mengaku menemukan emas batangan atau koin emas bergambar Soekarno ditempat yg tdk masuk akal, spt di sungai, kuburan, laut, ditengah sawah yg hijau...
    Konon harta itu dijaga oleh juru kunci/kuncen yg ditunjuk secara acak dr golongan rakyat biasa yg utk makan sehari~hari saja susah spt tukang gali, petani penggarap, tukang sapu jalan dsb...
    Konon para kuncen tdk saling mengenal & mengetahui satu sama lainnya... & para kuncen tdk mengetahui siapa penerusnya...
    Konon itulah salah 1 taktik Bung Karno melindungi harta kerajaan nusantara smp tiba saatnya harta itu cair, ketika negeri ini dipimpin oleh seorang dr golongan rakyat biasa...
    Entahlah benar tdk nya... Namanya juga obrolan warung kopi...
    Klo ngomongin Bung Karno pasti ga ada akhirnya...

    ReplyDelete
  87. Yang nulis artikel ini pasti agen CIA...

    ReplyDelete
  88. Om Enigma, saya mau tanya nih.

    Kan katanya isu bahwa Amerika punya hutang 57000 ton emas kepada Indonesia itu hoax, ya kan?

    Nah menurut om Enigma sendiri, apa Amerika pernah punya hutang ke Indonesia walau jumlahnya tidak sebesar itu? @_@

    ReplyDelete
  89. haha dari awal saya baca artikel ini emang udh keliatan Hoax dari awal, kentara banget tulisannya terlalu melebih-lebihkan, makanya gak saya baca sampe abis haha...
    belum lagi warna kertas surat perjanjian tersebut, terlihat gak alami warna coklatnya, saya sering liat surat-surat yang udh lama, pudarnya gak seperti itu, makasih mas enigma udh posting hal ini dan meluruskannya :D saya kira mungkin orang yang membuat itu agak sentimen dengan amerika, jika kita mengingat Freeport yang puluhan tahun dikuasi oleh negara itu, mungkin sedikit ada benarnya juga jika negara tersebut memiliki hutang emas kepada indonesia, walaupun jumlahnya tidak sebanyak itu
    By Desy Selviany

    ReplyDelete
  90. setelah 1 bulan lebih saya kecewa karena tidak ada postingan yang baru
    saya datang ke sini sekarang and i'm noe even dissapinted

    ReplyDelete
  91. Kalo boleh request tolong di bahas dong bung E tentang vimana dan vailixi yang konon adalah teknologi atlantis dan lemuria di jaman pubakala. Thank you... :D

    ReplyDelete
  92. peratmania bun g enigmaQ!!!!!!!!
    boleh requeeest gak bung ?????/

    ReplyDelete
  93. Akhirnya ada postingan barunya bung e...ane cuma mo bilang "brafo!"...ane sih bukan ahli sejarah tapi buat harta karunya bung Karno memang sampai saat ini masih menjadi misteri yg ga pernah terungkap sepanjang massa sudah banyal lembaga2 yang menyelidiki harta bung Karno dari era Soerharto- Sby tapi belum berhasil, dengan berbagai dalih untuk melunasi hutang2 bangsa ini sampai mensejeterahkan rakyat bumi pertiwi ini, dari membongkar makam sampai mengerahkan para normal, yang hasilnya Nol...tapi saya juga percaya harta peninggalan bung Karno ada,konon katanya beliau adalah orangyang di percaya memegang amanah dari para raja2 di negeri nusantara sebelum terbentuknya negara kesatuan indonesia,mungkin apabila ada pemimpin negara ini yang bisa di percaya dan berkeperbadian luhur seperti beliau baru bisa di berikan harta tersebut, hooknow..
    Btw nice post.

    ReplyDelete
  94. tolong bahas urantia book dong bung E

    ReplyDelete
  95. Anda bilang:

    "Perbedaannya adalah pada nama penandatangan. Pada tanda tangan asli ditulis "Sukarno". Pada tanda tangan palsu ditulis "Soekarno". Sebuah kesalahan kecil yang dilupakan oleh sang pemalsu."

    Terus gw liat lagi gambarnya. Tanda tangan asli namanya sama koq: "Soekarno"

    Gimana sih? Jadi bingung...

    ReplyDelete
  96. Jadi mirip tanda tamgan soeharto

    ReplyDelete
  97. Nice Posting Mr.E
    Tolong ulaskan tentang Frankestein dong! ..^.^..

    ReplyDelete
  98. Menambahkan Bung E..
    ada lagi satu tanda kepalsuan yg sepertnya Bung E lewatkan.
    Mohon bandingkan stempel Indonesia, Swiss, dan USA.
    Yang namanya stempel dimana-mana pasti memiliki warna yg sama (misal klw stempel Walikota Surabaya diberi bantalan stempel biru makan stempelnya juga keluar biru klw merah ya kluarnya jg merah, gak mungkin warna-warni).
    Dlm stempel tersebut, stempel Indonesia konsisten dgn warna merah, Swiss konsisten dgn biru, tp USA....????
    Dominan hitam tp coba perhatikan bagian tengah burung elangnya Amerika, kok ada warna merah...?????
    Masak sih ada stempel yg dicelup ke bantalan stempel yg hitam tp ada merahnya..????
    Demikian penjelasan dari saya terima kasih.
    Jika saya salah mohon diluruskan

    From: Fisma

    ReplyDelete
  99. Lucu. Pertama kali lihat dokumen bertanda tangan ini, saya pun langsung curiga dengan tanda tangan Bung Karno.
    Alasannya? Saya memakai baju kesayangan saya, yaitu kaus hitam bertuliskan tanda tangan Soekarno yang saya beli di Blitar, tempat makam beliau berada.

    Jika kita mau hutang-hutang kita lunas, sepertinya kita tak bisa hanya berharap harta karun peninggalan pemimpin2 kita yang sudah meninggal, ya.

    ReplyDelete
  100. K Enigma kalo bisa bulan depan tentang project blue beam tapi materinya jangan dari wiki karena banyak yg berspekulasi bahwa itu palsu

    ReplyDelete
  101. Dokumen Green Hilton diatas sudah pasti palsu. Tapi apa dokumen Green Hilton memang benar-benar ada ? Saya kira hanya Sukarno dan JFK saja yang tahu.

    ReplyDelete
  102. Sejarah memang penuh dengan misteri.

    ReplyDelete
  103. Sesuatu yang sangat dipersiapkan bisa jadi itu sesuatu yang menipu gan.. termasuk catatan kepresidenan AS sendiri dll ! Perencanaan yang dipersiapakan dari jauh hari. Informasi(refrensi) yg sampai ke kta terbatas & dikontrol penuh hanya beberapa saja yang lolos dari pantauan, sehingga kita memiliki cara pandang yang sama dengan para 'Z', Tp tulisan anda cukup menarik..keep doing gan. Kunjungi>> sykeh imron husain.youtobe

    ReplyDelete
  104. tulisan yg menarik gan, tp sesuatu yang sangat direncanakan sangat mengundang tanda tanya besar gan,, kunjungi sykeh imbron husain youtobe, untuk tambahan refrensi terhadap perkembangan dunia saat ini gan. 100% menarik. berkata,”Cobalah dulu,baru cerita. Pahamilah dulu,baru menjawab. Pikirlah dulu,baru berkata.Dengarlah dulu,baru beri penilaian .Bekerjalah dulu,baru berharap"

    ReplyDelete
  105. https://docs.google.com/document/d/1_MdHCFg_VbGuKwat0scckImmK_mehLgikPk5iTqQM2E/edit?pli=1

    ReplyDelete
  106. Waahhh, Om Enigma blognya aktif lagi.
    Entah udah berapa banyak artikel yg terlewat semenjak ini blog vakum. Dulu mah rutin bacanya.. hehehe

    Numpang salam kenal dulu deh.
    Ijin mau baca2 yg lainnya lagi.. :)

    ReplyDelete
  107. kalo mw request kasus lewat mana ???
    lewat komen atau lewat email ???

    saya ada kasus yg cukup menarik
    "Hinterkaifeck Murder"
    yg misterius adalah oknum pembunuhnya yg diyakini tinggal bersama korban selama 1 minggu

    tolong dibahas bang.

    btw, belum ada website / blog indonesia yg ngebahas

    ReplyDelete
  108. Memang kopi tersebut palsu, namun isinya dan cerita itu benar, beredar skr kopi yang asli. Soal ttg Soekarno dalam urusan asset ada 3 macem, dan GHM sendiri bukan Soekarno yang ttg namun pake nama beliau. Soal bhs dll biasa ada kesalahan sehingga gampang di sebut nga mungkin asli.....

    ReplyDelete
  109. akhirnya post terbaru
    ini ada hubungannya sama harta karun VOC itu ya ?

    ReplyDelete
  110. Ckckck,,Hebat..Harusnya CIA merekrut anda, jangan mau kalo BIN yg merekrut, percuma.., Pokokx mantap.dah..

    ReplyDelete
  111. sebenernya ini berita udah pernah saya dengar sekitar 2tahun lalu,dan saya pun ikut menelusuri keberadaannya.. cm pertanyaan nya untuk apa surat palsu ini di keluarkan lagi? apa untung dan rugi bagi pihak pemerintahan amerika maupun indonesia? cm satu yg saya tau pasti cukup sudah amerika berarogansi seakan akan memerintahkan dunia,sudah mulai saatnya indonesia bangkit dari penjajahan amerika (freeport dan kawan2). mari saudara2ku semua kita bangkitkan kembali INDONESIA RAYA tercinta kita ini.. Salam Kebangkitan..

    ReplyDelete
  112. Great as always Bang E. Ditunggu analisis yg lainnya ^^

    ReplyDelete
  113. Bisa gak ngangkat tentang legenda slenderman? memang sudah basi mungkin, tapi saya ingin membaca opini dari bung enigma sendiri...

    ReplyDelete
  114. bukan menyangkal, cm aneh aja youtube pny video per tanggal tersebut... sengajakah supaya dijadiin alibi ???

    ReplyDelete
  115. Anonymous said... 120
    https://docs.google.com/document/d/1_MdHCFg_VbGuKwat0scckImmK_mehLgikPk5iTqQM2E/edit?pli=1

    Link diatas sepertinya memiliki pandangan berbeda mengenai asal muasal emas tersebut. konspirasi dalam konspirasi, money laundry tingkat dewa...

    ReplyDelete
  116. Artikelnya di copas ke kaskus nih masbro E, tanpa mencantumkan sumber.
    Just info. :)

    ReplyDelete
  117. Nice story bang E, tp menurut cerita untuk masalah hutang itu konon ada benarnya karena beberapa sumber menyatakan mempunyai bukti yang kuat dan konon katanya lagi soeharto pernah mencairkan dana tersebut .. namun kelanjutan ceritanyae telah hilang dari peredaran dan hanya orang" tertentulah yang masih meyakini jika kekayaan bangsa Indonesia masih ada diluar sana ..

    ReplyDelete
  118. wah2 ini to yang jd kedok sebuah yayasan dulu untuk menipu korbannya?
    klo gg salah namanya yayasan amalillah..
    haha

    ReplyDelete
  119. sedari awal ane juga emang dah ragu klo dgn keaslian dokumen ini, keep post bro, bongkar semua kehoaxan selama ini.

    ReplyDelete
  120. Wah.. mantap banget bro E! trus update yg sperti ini ya.. :D

    ReplyDelete
  121. mantap bro ane dapet ilmu baru....

    ReplyDelete
  122. Analisa yang detail dan menarik,
    Kemungkinan terjadi jg sangat kecil, karena pada prinsipnya Soekarno memiliki kecondongan ke negara2 sosialis, seperti Rusia, yang merupakan rival abadi Amerika,,
    Nice post broo,,

    ReplyDelete
  123. Anonymous 132 : kan dah dijelasin sama bro E
    quote : Seharusnya mereka tahu bahwa gerak-gerik presiden Amerika dicatat dengan teliti dan didokumentasikan dengan sangat baik. Bahkan 50 tahun setelah itu, kita masih bisa melacaknya.

    jdi wjar klo ada video itu diyoutube karena grak-grik prsiden amrik dicatat dgn tliti :D

    ReplyDelete
  124. lawie said :
    "nice like always, for next agenda, mr. E-Sam, please, will u review 'the DEPOPULATION CONSPIRACY THEORY'
    it have been stated on lots of papers ..., but the last Dan Brown's novel (Inferno) was the latest one. thanks yooo "

    ReplyDelete
  125. sampeyan jadi auditor aja deh....cocok banget....salut

    ReplyDelete
  126. nah, sekarang pertanyaannya siapa yang bikin dokumen palsu itu, pasti tambah seru nih kalau dilanjutin :D

    ReplyDelete
  127. Ini pasti ulah Yahudi dan AS...!!!!

    ReplyDelete
  128. nice
    wah, gak jadi lunas dong hutang indonesia,.....

    ReplyDelete
  129. Analisis hebat bung E, tapi sekarang masalahnya siapa dan untuk apa dia bikin dokumen palsu "Green Hilton Memorial" semacam ini?
    Seandainya yang bikin orang indonesia, apa dia bener" ga tega sama keadaan ekonomi kita sampe bikin yang kayak gini biar utang indonesia lunas. Tapi apa dia ga mikir yang kayak gini bisa masuk jenis penipuan antar negara yang parahnya lagi bisa jadi perang dunia.
    Seandainya yang bikin orang amerika, buat apa tapinya? Buat seneng" atau bikin kehebohan saja kah?
    Seandainya yang bikin itu orang diluar indonesia dan amerika, kenapa 2 negara ini yang dipilih? Kalo alesannya buat bercanda, candaan mereka bisa bikin perang dunia seandainya ada pihak amerika yg ga terima sama ini.

    Tapi saya mulai mikir soal stempel garuda yg sayapnya keluar lingkaran itu. Katanya gambar kayak gitu cuma ada di pajangan di kedutaan indonesia di Washington, berarti pelakunya antara orang amerika sendiri dan orang luar karena ga mungkin ada orang indonesia yang kerja di bagian kedutaan RI di luar negeri tapi gatau bentuk stempel yang dipake RI bahkan 50 tahun yang lalu. Tapi sekali lagi, candaan mereka cukup berbahaya.

    Mr.Y

    ReplyDelete
  130. tapi anda sendiri kurang teliti bro ... memangnya Pa Sukarno itu orangnya satu he.. he... (lihat wajahnya untuk urusan luar negeri dan urusan dalam negeri ) dan Pa Suharto masa Orde Lama dan orde baru ... lain orang Bro... dan anda pikir yang ditembak itu Kennedy yang asli ... he..he..

    oh ya sekedar info Bukan hanya GANEFO gedung MPR-DPR sekarang awalnya dibangun untuk menyaingi PBB (Asia Africa)

    ReplyDelete
  131. Wah andai ada ya??
    Request Mbah Enigma!!!
    Penampakan pada Masih didunialain atau mr Tukul jln jln itu nyata atau Sotoshop??
    Atau Photoshop???.

    ReplyDelete
  132. hmm ini udah lama beredar baru tenar lg sekarang

    ReplyDelete
  133. Jujur bro E gw agak kecewa sama bro
    Gw udah penggemar ini blog dari 2010 cuma seumur-umur silent reader . Waktu itu sempet menghilang bro E,jujur gw tiap hari selalu cek ini blog . Sekarang sudah kembali syukurlah.
    Lalu pas bro E udh aktif pake twitternya sekarang.Pertama kali gw mention ,terus mention lagi berapa kali ga dibales sedangkan yg lain dibales agak kecewa sih :( it's ok tapi...

    ReplyDelete
  134. ijin share ya biar semua orang gak ngarep2 amerika bayar utang...

    ReplyDelete
  135. mantap bang E, sebelumnya saya percaya kalo dokumen ini asli, karena saya pikir bila harta kerajaan2 yg ada di Indonesia dikumpulkan bagi saya msh masuk akal ada jumlah emas sebanyak itu.

    ReplyDelete
  136. itu gan : request yg urban legeng mickey mouse

    ReplyDelete
  137. mr. E tolong dong share tentang konspirasi kemakmuran dong

    ReplyDelete
  138. Salut Bro..., namun ada yg janggal. Dengan kasat mata tampak sekali 'kepalsuannya'... apakah kita juga tidak berfikir bahwa ada yg dengan sengaja membuat dokumen tersebut agar kita menganggap bahwa cerita ini juga palsu? Who knows!

    ReplyDelete
  139. Bung Enigma kenapa tidak sekalian dipecahkan apa motif si pembuat dokumen palsu ini, adakah konspirasi besar didalamnya.

    ReplyDelete
  140. mantap gan, mudahan rame terus blog nya, salam blogger..

    ReplyDelete
  141. tp emas indonesia yg berton ton itu ada kan benarnya.. cuman disimpan siapa nggak tau, dan perjanjiannya udh nggak pake surat lg kali, mungkin account rekening bank swiss , tinggal minta atm aja atau minta transfer ke rek bersaama aja atau atm bersama biar mudah mendapatkanyya

    ReplyDelete
  142. Kepikir ngak..., jika anda ingin orang lain percaya... maka anda akan berusaha membuat dokumen sebaik/seteliti mungkin..., tetapi jika anda menginginkan orang lain tidak percaya... maka anda akan berusaha membuat dokumen yang 'sembrono'.
    Pertanyaannya:
    1. Apakah ceritanya benar, sehingga dibutuhkan dokumen 'sembrono' agar jadi tidak benar?
    2. Apakah ceritanya tidak benar, sehingga dokumen sebaik apapun jadi tak berguna?

    ReplyDelete
  143. ini yang katanya memalsukan bukannya harus jago photoshop ya? Kok bekas cropnya jelas banget? Ini sengaja atau.. apa sih maksudnya? Haha :o

    IIn

    ReplyDelete
  144. Jd ky baca novelnya Dan Brown...
    Benar ada atau tidak nya perjanjian itu, who knows ?

    ReplyDelete
  145. Itu yg bkin orang sini,,, -_- ..punya I'd kaskus jg malah -_- ...

    ReplyDelete
  146. enigma, di wiki ane nemu nih informasinya

    http://en.wikipedia.org/wiki/1963

    John F. Kennedy signs Green Hilton Memorial Agreement

    ReplyDelete
  147. Ada perbedaan pendapat di sini, Perjanjian The Green Hilton Memorial Agreement Geneva dibuat dan ditandatangani pada 21 November 1963 di hotel Hilton Geneva.

    menurut saya foto yang anda analisa diatas memang salinan perjanjian buatan orang biasa.
    kalau mau cari ada kok di gugel foto perjanjian aslinya.

    Overall mantap analisanya.

    ReplyDelete
  148. sepertimya ini ulah alien :D

    ReplyDelete
  149. Bro, yang saya tahu harta itu bukan dipinjamkan ke amerika. saat itu zaman penjajahan, belanda menjajah indonesia lalu mengeruk kekayaan indonesia (Emas dan kekayaan alam ) untuk di bawa ke belanda, saat perang dunia II belanda kalah oleh jerman, lalu harta itu pindah ketangan jerman. setelah itu jerman kalah perang melawan amerika, lalu harta itu berpindah lagi ke amerika. Presiden Sukarno berusaha mengembalikan harta itu ke indonesia, tetapi oleh JFK, karena emas itu sudah di ambil amerika, emas itu pun dibagi dua ke dua negara itu. Amerika perlu emas itu untuk memperbaiki kestabilan ekonomi, harta itu diperjuangkan oleh presiden Sukarno

    ReplyDelete
  150. Dokumen yg dipaparkan memang bisa jadi palsu utk mengangkat kembali apa yang selaman ini disembunyikan oleh Amerika, tapi mengenai emas yang dipinjam oleh Amerika dan belum dikembalikan dan hubungannya dengan kematian john F. kennedy dan digulingkannya Soekarno itu benar!!!

    ReplyDelete
  151. mantab bung!

    cepet posting lagi yaa

    ReplyDelete
  152. tapi bagaimana jika sebenrnya perjanjian itu memang benar2 terjadi, dan salinan document tersebut dibuat versi palsunya dengan membedakan tgl, dan tanda tangan dgan tujuan untuk membuat masyarakat mengira bhwa perjanjian itu tidak pernah ada,

    ReplyDelete
  153. tapi bagaimana jika sebenrnya perjanjian itu memang benar2 terjadi, dan salinan document tersebut dibuat versi palsunya dengan membedakan tgl, dan tanda tangan dgan tujuan untuk membuat masyarakat mengira bhwa perjanjian itu tidak pernah ada,

    ReplyDelete
  154. sepertinya dokumen tersebut memang palsu , tapi kalau mengenai harta peninggalan bangsa ini dari pak soekarno memang ada namun ada dialam lain, berupa emas batangan dan uang bergambar presiden soekarno. tapi jadi ngelantur kalo membahas hal nyata dengan hal yg ghaib. penjelasan mas enigma memang sempurna sekali diatas.semoga tidak ada kesalahan lagi untuk yg masih berfikir itu dokumen asli

    maaf sudilah kiranya mampir ke blog saya jika berminat :

    pesugihan-ghoib.blogspot.com

    ReplyDelete
  155. penjelasan yang sangat luar biasa, hebat sekali bung E,

    ReplyDelete
  156. kalo ada lomba bikin esai, lo ikutan deh cla, eh bro E ;p

    ReplyDelete
  157. Good, very deep, you provides facts, thumbs up

    ReplyDelete
  158. asem baru tau klo ada blog keren kaya gini, ini juga baru tau pas ada review dari thread di kaskus , mantab

    ReplyDelete
  159. sudah kuat bukti palsunya bro,
    mantap ulasannya

    ReplyDelete
  160. Bagaimana jika semua catatan keneddy di palsukan tanggalnya ?
    agr kasus ini terbukti palsu?
    Mungkin kan

    ReplyDelete
  161. banyak pemalsu dokumen antik bersejarah karena saksi hidup sudah tidak ada, mampir juga dong di blog saya www.goocap.com

    ReplyDelete
  162. green hilton memorial itu sendiri isi sebenarnya apa y???

    ReplyDelete
  163. Sepertinya yang bikin orang Indonesia. Kalau saya lihat dari stample nya sepertinya dia hanya mengambil patokan dari stample Indonesia. Epic fail..

    ReplyDelete
  164. loh,.. saya jadi bingung,...! logikanya begini, kalau dokumen Green Hilton itu isinya " ada hutang Amerika kepada Indonesia sebesar 57.000 ton emas " trus setelah dianalisa ternyata ternyata dokumennya palsu, so,,.. whatt?? kenapa dibesar-besarkan?? itu artinya kan PERJANJIAN dan HUTANG AMERIKA ITU MEMANG TIDAK ADA.... :D

    ReplyDelete
  165. Bro enigma, ada kemungkinan ga kalo sebenarnya dokumen ini memang sengaja di palsukan untuk menutupi kebenaran yang sesungguhnya. Tahun 1965 muncul gerakan G 30 S/PKI yang menurut beberapa artikel ada keterlibatan CIA di dalamnya. Mungkinkah peristiwa ini juga dirancang untuk menggiring opini dunia, bahwa tidak mungkin negara yang pro komunis (waktu itu Soekarno dianggap dekat dengan PKI) memberikan pinjaman kepada Amerika sebagai musuh besar Rusia.

    ReplyDelete
  166. Terimakasih analisisnya mas Enigma, anda memang luar biasa. Nah pertanyaanya :
    1. Apakah memang ada yang sengaja membuat dokumen palsu untuk menggiring opini publik bahwa dokumen ini memang tidak pernah ada?
    2. Kenapa si pembuat dokumen palsu membuat kesalahan ditempat yang mudah terlihat (croping dan logo Garuda pada bekas tanda crop) padahal untuk tanda tangan dan yang lain sudah hampir sempurna, apakah ini untuk memudahkan agar orang awan menyadari kalau dokumen itu memang palsu?
    3. Kenapa dokumen lengkap kasus pembunuhan JF Kennedy masih dirahasiakan bahkan setelah 5 dekade kemudian? http://www.tempo.co/read/news/2013/08/18/116505305/CIA-Masih-Rahasiakan-File-Pembunuhan-Kennedy.
    4. Apakah dokumentasi berupa vidio dll yang berkaitan dengan kegiatan JFK sengaja dipalsukan karena CIA tahu bahwa dokumentasi kegiatan Presiden Soekarno tidak lengkap?
    5. Apakah Ganefo juga bagian dari pengalihan publik atas keberadaan President Soekarno? karena akan sangat mencurigakan kalau publik tahu bahwa President Soekarno sedang berada di Swiss tanpa alasan yang jelas.
    6. Apakah mungkin CIA merancang peristiwa G 30 S PKI untuk semakin membentuk opini publik bahwa Presiden Soekarno yang pada waktu itu dianggap pro PKI tidak mungkin memberikan bantuan kepada Amerika yang notabene adalah musuh besar Rusia (negara komunis terbesar)?
    7. CIA menggunakan peristiwa G 30 S PKI untuk melakukan aksi sapu bersih kepada siapa saja yang mengetahui adanya perjanjian ini, CIA bisa langsung menghabisi target mereka tanpa perlu adanya peradilan dengan meng embel"i target sebagai anggota PKI.

    ReplyDelete
  167. KAJIAN AKADEMIC TUAN AMAT BAGUS , SYABAS. TAPI MGKINKAH PERJANJIAN YG ADA PADA TUAN ITU YANG SUDAH DIPALSUKAN OLEH POLITICIAN TUAN. UTK MEMBUKTIKAN KITA TUNGGU BEBERAPA GUNUNG BERAPI MELETUS DISANA SEPERTI HAIYAN HARI INI MEMULIAKAN FILIPINA.

    ReplyDelete
  168. Mana postingan barunya bro

    ReplyDelete
  169. bro ditunggu postingan barunya

    ReplyDelete
  170. Saya ragu dengan sang penulis sekarang apakah sama dengan yang dulu. Soalnya ada perbedaan gaya bhasa dan analisa. Semoga tidak benar sih kecurigaan saya. Hehe

    ReplyDelete