Thursday, May 28, 2009

Astronot mengidentifikasi lingkaran es misterius di danau Baikal

April 2009, para astronot yang sedang berada di stasiun antariksa internasional melihat adanya lingkaran es misterius di Danau Baikal, Rusia, yang juga dikenal sebagai danau terdalam didunia. Dan luar biasanya, bukan hanya satu lingkaran yang teridentifikasi, melainkan dua.

Walaupun lingkaran itu lebih mungkin disebabkan oleh sebab-sebab alami dibanding Ekstra terestrial, namun beberapa aspek dari munculnya lingkaran itu menjungkirbalikkan logika.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa dua lingkaran itu disebabkan oleh pecahnya es di danau dan menyebabkan arus hangat masuk ke dalam celah-celahnya yang biasa terjadi sekitar bulan Juni. Warna gelap pada lingkaran menandakan penipisan lapisan es.

Lingkaran-lingkaran seperti itu sebelumnya juga pernah terlihat pada tahun 1985 dan 1994 di danau itu, namun lokasi lingkaran yang berada di selatan danau dimana airnya relatif dalam dan dingin telah membuat para ilmuwan kebingungan. Beberapa Ufolog berspekulasi bahwa fenomena itu adalah "Crop Circle" yang dibuat didasar lautan oleh para ekstra terestrial.

Danau Baikal sendiri adalah sebuah danau yang penuh dengan keanehan. Danau itu adalah danau dengan volume air terbesar di dunia dan memiliki kedalaman 5370 kaki, yang menjadikannya danau terdalam di dunia. Diperkirakan usianya telah mencapai 25 juta tahun yang juga menjadikannya danau tertua di dunia.

Foto pertama diatas diambil oleh astronot dari stasiun antariksa internasional. Sedangkan foto kedua diambil oleh satelit MODIS milik NASA (lingkaran es itu adalah dua titik kecil di kiri bawah dan kanan atas foto).

UPDATE - 3 Juni 2009
Setelah pemberitaan mengenai penemuan lingkaran es misterius oleh astronot di danau Baikal pada April 2009, tanggal 1 Juni 2009, Pemerintah Rusia mengeluarkan sebuah press release yang menyatakan bahwa mereka memiliki penjelasan mengenai sebab terjadinya lingkaran itu, yaitu GAS METANA YANG NAIK DARI DASAR DANAU.

Emisi gas Metana dapat menciptakan kenaikan massa air hangat yang kemudian akan mulai membentuk lingkaran air karena sebuah gaya yang disebut Gaya Coriolos atau fenomena yang disebabkan oleh rotasi bumi yang juga menyebabkan angin siklon.


"Ketika massa air mencapai bagian bawah es di permukaan danau, air hangat akan mencairkan es dalam bentuk lingkaran," Kata Marianne Moore, seorang ahli ekologi kelautan di Wellesley College di Massachusetts yang menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari danau Baikal.

"Yang menarik adalah lingkaran ini menyebabkan terdapatnya emisi gas metana dalam jumlah yang tinggi dan akan muncul ke permukaan sekitar musim panas sehingga membawa risiko yang berbahaya bagi kapal" Kata Moore.

Fenomena ini bukan hal yang baru bagi pemerintah Rusia. Menurut mereka, fenomena ini sudah pernah terlihat sebelumnya pada tahun 1985 dan 1994 dan terdokumentasi dengan baik di kementerian Sumber Alam Rusia.


(wired.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

11 comments:

  1. ngeri kalo mencair, mungkin ^^

    ReplyDelete
  2. lala said,,
    menarik juga brother!!!

    ReplyDelete
  3. Lagi-lagi gara2 Gas Metana..
    Emang seberapa besar sih efek gas Metana yg tersembur dari dasar laut utk benda2 diatas'y seperti kapal yg melintas n mengapa bisa begitu??
    Tolong jelaskan ya bro..
    Gk seru ah.. Alien donk sekali2..

    ReplyDelete
  4. nanagringer said :

    mas tolong bhas soal laut merah sama air yang katanya kadar garamnya tinggi banget, jadi gak ada mahluk yang bisa hidup disana
    oyaa satu lagi, sama yang soal danau es yang disana hidup mahluk hidup yang misterius, aku lupa banget namanya apa, tapi kalo bisa tolong cari infonya yaa, aku penasaran soalnya ><

    ReplyDelete
  5. danau baikal memang penuh kontroversi dan keanehan
    sya juga mau agar segitiga bermuda juga di posting update berita terbarunya yya..
    terima kasih

    ReplyDelete
  6. 10 besar yah,

    saya pernah lihat di google gas metana adalah gas yg juga ada di segitiga bermuda,yang membuat benda diatasnya seperti tertarik kelaut oleh magnet

    maaf kalo salah informasi diatas,

    by:Rafly Setya PB

    I LOVE PB

    I LOVE SURABAYA

    I LOVE BLOG ENIGMA

    ReplyDelete