Saturday, May 9, 2009

Misteri ukiran Stegosaurus di Kuil Kamboja

Teka-teki Kriptozologi dapat muncul dari tempat yang paling tidak disangka. Kali ini tempat itu adalah negara Kamboja. Salah satu situs paling terkenal di wilayah itu adalah kuil hutan Ta Prohm yang dibangun sekitar 800 tahun yang lalu. Seperti monumen-monumen lain yang berasal dari periode yang sama, maka monumen ini juga dipenuhi oleh ukiran-ukiran bernafaskan mitologi Budha dan Hindu. Namun ada satu ukiran yang membingungkan para arkeolog. Dekat dengan pintu keluar kuil, ditemukan sebuah ukiran makhluk berkepala kecil, berkaki empat dan membawa sirip berbentuk berlian di punggungnya. Gambar yang menyerupai seekor Stegosaurus !

Ta Prohm adalah sebuah kuil yang dibangun oleh peradaban Khmer sekitar tahun 1181 Masehi. Kuil ini ditemukan kembali pada abad ke-16 oleh para misionaris katolik dan penjelajah Portugis.


Untuk diketahui, Stegosaurus adalah makhluk yang tidak dikenal sebelum tahun 1877. Othniel Charles Marsh yang menemukan tulang belulang makhluk itu memberi nama "Stegosaurus" pada makhluk itu. Arti nama itu sendiri adalah kadal atap. Marsh beranggapan bahwa sirip-sirip di punggungnya menyerupai genteng di atap rumah.

Ukiran hewan ini begitu populer di kalangan pemandu wisata yang sering bertanya kepada para turis apakah mereka percaya Dinosaurus masih hidup 800 tahun yang lalu. Lalu mereka akan menunjukkan gambar ini kepada para turis. Apakah mungkin ukiran itu sebuah tipuan modern yang dibuat untuk menipu para turis? ataukah ukiran itu benar-benar sebuah artefak kuno seperti yang lain ? Mungkinkah para pendiri kuil tersebut pernah menyaksikan fosil Stegosaurus, atau bahkan pernah menjumpai makhluk tersebut dalam keadaan hidup ?

Beberapa orang telah mencoba untuk menolak teori bahwa ukiran tersebut adalah Stegosaurus. Mereka mengemukakan teori bahwa ukiran itu adalah ukiran seekor Badak dengan ornamen di pinggir dalam lingkaran sehingga menimbulkan efek Stegosaurus.

Namun saya memiliki teori sendiri. Saya berpendapat bahwa ukiran tersebut adalah benar seekor Stegosaurus. Inilah sebabnya :

Pertama, Saya membandingkan ukiran Stegosaurus tersebut dengan ukiran hewan-hewan lain di kuil itu. Saya menemukan banyak ukiran hewan lain di kuil itu tidak memiliki ornamen di dalam lingkaran. Seperti gambar di bawah ini :

Kemudian, saya menemukan ukiran hewan yang memiliki ornamen seperti sirip punggung stegosaurus. Namun, semua ornamen itu memiliki persamaan, yaitu diukir DI LUAR LINGKARAN. Tidak ada satupun ukiran yang memiliki ornamen DI DALAM LINGKARAN (Ukiran Stegosaurus memiliki juga ornamen di luar lingkaran). Lihat gambar dibawha ini.

Apabila sirip itu adalah sebuah ornamen, Mengapa hanya "Badak" itu yang mempunyai ornamen DIDALAM LINGKARAN ? Jawabannya Jelas ! Itu bukan sebuah ornamen.

Jadi saya berkesimpulan bahwa ukiran tersebut adalah benar-benar ukiran Stegosaurus. Namun ada kemungkinan ukiran itu ditambahkan setelah tahun 1877 oleh tangan jahil dari seseorang yang hendak membuat bingung orang lain. Hal ini terjadi di Katedral Salamanca di Spanyol yang dibangun pada tahun 1102. Pada dinding katedral yang berumur 900 tahun tersebut ditemukan ukiran seseorang dengan baju astronot lengkap. Hal ini memicu diskusi berkepanjangan di internet. Hanya sedikit yang mengetahui bahwa ukiran itu sebenarnya ditambahkan pada tahun 1992 ketika Katedral direstorasi. Bisa saja hal yang sama terjadi di kuil Ta Prohm. Namun sampai saat ini tidak ada informasi bahwa penambahan ukiran itu pernah dilakukan.

Atau mungkin..... Stegosaurus memang pernah berkeliaran di Kamboja 800 tahun yang lalu.


(cryptomundo.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

19 comments:

  1. mas, kalau nulis "di" untuk kata depan, di depan sebuah tempat, misal, di luar, di dalam, itu dipisah. tapi kalau "di" itu untuk awalan, misal dipalu, dipakai, maka digabung.. sayang sekali postingan mas yang luar biasa ini, tidak nyaman karena hal-hal kecil.. :)

    ReplyDelete
  2. pmbimbing skripsi y mas/mba? emng shrsnya sesuai EYD.hoho
    bkn brarti ga stuju itu gbr stego, tp mnrt sy d pic yg trahir itu jlas bgt ad ornamen d skitar binatang rusa or kbo or apapun

    ReplyDelete
  3. hmm,,menurut saya itu asli,,karena relief pada sirip Stegosaurus agak menonjol keluar,itu berarti tidak ad penambahan atau perubahan pada relief...
    kalaupun ada penambahan pasti posisi sirip agak tenggelam dan tidak sejajar dengan posisi badan Stegosaurus,karena penambahan dilakukan pada bidang sisa ukiran...
    kalaupun itu asli,ada kemungkinan juga bukan Stegosaurus,tapi hewan sejenis yang pada masa itu hidup dan menyerupai Stegosaurus..

    ReplyDelete
  4. menurut saya, ukiran itu benar seekor stegosaurus. Bukan berarti stegosaurus idup 800 tahun yang lalu, tetapi mungkin orang2 di waktu itu juga kebetulan menemukan fosil stegosaurus ketika melakukan penggalian2, lalu diabadikan. Sama halnya ketika orang2 di masa depan menemukan catatan2 tentang stegosaurus dari tulisan abad 20.

    ReplyDelete
  5. Lebih baik berusaha dulu baru mengkritik,

    ReplyDelete
  6. -antonnyKID-

    saya juga yakin itu mungkin ukiran stegosaurus...
    tapi kemungkinan orang2 800 tahun lalu menemukan fosil stegosaurus yg dterangkan mas sonic diatas, saya kurang sependapat...
    mereka(para pembuat kuil) membuat ukiran dr bintang asli di dinding kuil..
    aneh jika membuat ukiran binatang yg hanya dketahui tulangnya saja, jika bnar mereka menemukan fosil stegosaurus..
    apa lagi, stegosaurus sendiri pada awal ditemukannya mengundang kontroversi, karena bentuk tulang berbaris dipunggungnya yg membingunkan...
    semua sudah sepakat, seperti itulah bentuk tulang punggung stegosaurus dgn mempertimbangkan fungsinya yg paling ideal...
    namun, bagaimana dgn mereka(pembuat kuil) yg mungkin saja menemukannya?
    jelas sulit bagi mereka untuk menerima fosil2 aneh tersebut sebagai binatang.. sehingga mereka mungkin akan menganggap itu sebagai sekumpulan tulang berantakan, sehingga mereka tdk akan menambahkan fosil tsb dalam ukiran yg berisi binatang semua...
    tapi kembali ke pendapat masing2

    ReplyDelete
  7. wooow... keren!

    ReplyDelete
  8. Klo menurut aye, itu ukiran biasa saja. Lha di Gereja2 di Eropa banyak kok ukiran-ukiran makhluk2 yang aneh2, klo nanti taun 2150 misalnya ditemukan makhluk prasejarah mirip ukiran di Gereja tersebut, kan artinya ukiran tersebut hanya "kebetulan" saja mirip.
    Logika lagi, bila ukiran tersebut Stegosaurus, taruhlah si pengukir bisa melewati lorong waktu, lalu kenapa dinosaurus lain dia tidak lukis???
    Ngefans berat ya sama Stegosaurus heheheh..

    ReplyDelete
  9. ornamen bentuk berlian dapat ditemukan pada hampir semua ukiran binatang, ornamen motif berlian tsb sy yakin dimaksudkan utk mewakili unsur hutan. suatu kebetulan apabila ukiran kudanil/badak tsb menjadi mirip seekor stegosaurus.

    ReplyDelete
  10. menurut saya sih itu badak, karena kalau dilihat lihat (silahkan google stegosaurus) stegosaurus memiliki kepala yang kecil (seperti kadal) memanjang sedikit kedepan. sdgkan yg ada di kuil terlihat jelas bahwa kepala "stegosaurus" berukuran besar, lebih mirip kuda nil atau badak ketimbang stegosaurus.

    ReplyDelete
  11. harusnya diteliti lebih dahulu di daerah itu apakah ada fosil stegosaurus jika memang benar ada kemungkinannya 70% para pendiri kuil itu melihatnya atau mungkin sampai sekarang masih ada stegosaurus yang hidup di hutan kamboja

    ReplyDelete
  12. Menurut saya,itu kudanil...Cuma berlatarkan kelopak bunga,,jd kudanil di atas bunga,,maybe..

    ReplyDelete
  13. menurut saya itu hanyalah sebuah ukiran biasa xD
    *ngaco

    ReplyDelete
  14. sketsa stegosaurus diatas itu salah setauku semua stegosaurus di sketsa di buku dan internet ekornya keatas atau lurus dengan punggungnya bukanya kebawah

    ReplyDelete
  15. Antara landak atau iguana...

    ReplyDelete
  16. Itu bukan ornamen lingkaran, tp Badak berbunga. Whahaha. Gua blm pernah baca2 blog seantusias ini sebelumya, artikel2nya menarik bung E, salam buat semua pembaca blog ini, khususnya yg cantik2. Hee

    ReplyDelete
  17. ini kan kuil tempat syuting film LARA CROFT TOMB RAIDER bung E

    ReplyDelete
  18. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    ReplyDelete