Wednesday, May 20, 2009

Pola Crop Circle paling rumit di Inggris terpecahkan !

Sebuah lingkaran ladang gandum (Crop Circle) yang muncul di pinggiran kota Wroughton, Wiltshire di Inggris telah lama membuat para peneliti menghabiskan waktu untuk menyingkap misterinya. Namun kali ini, pola crop circle yang paling rumit di Inggris itu telah dipecahkan oleh seorang ahli astrofisika. entah siapa yang membuatnya, yang jelas pembuatnya mengerti matematika dengan baik.


Lingkaran yang berdiameter 46 meter itu adalah satu dari ratusan lingkaran yang muncul secara tiba-tiba selama dua dekade ini dan dianggap sebagai pola lingkaran yang paling rumit dari seluruh lingkaran gandum yang ada di Inggris. Pada pandangan pertama, pola yang ada pada lingkaran tersebut hanya terlihat seperti sebuah seni modern, namun seorang ahli astrofisika dari North Carolina, Amerika bernama Michael Reed menyatakan bahwa ia telah berhasil memecahkan pola rumit itu.

Reed menggambar garis-garis radial di lingkaran itu dan membaginya menjadi 10 potongan yang sama besar. Dari situ, segala sesuatunya menjadi lebih mudah. Reed menjelaskan,"Ambil pola tersebut lalu gambarlah garis radial dari tengah lingkaran. Lalu ambillah sudut sektor yang terkecil dan sebutlah sudut itu dengan kode 1. Lalu bandingkan dengan 9 sektor lain yang mengandung sudut yang terkecil, lalu pilihlah satu digit yang paling dekat dengan rasio tersebut. Maka hasilnya adalah angka 3,141592654."


Sebagaimana yang kita ketahui, angka diatas adalah 10 angka pertama dari Pi, sebuah angka yang kita kenal sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Reed mengatakan bahwa 10 digit yang didapat dari pola lingkaran gandum tersebut bahkan telah dibulatkan ke atas dengan benar. Titik di dekat tengah lingkaran adalah desimal.

Hal ini akhirnya memicu spekulasi lanjutan bahwa memang makhluk ekstra terestrial cerdaslah yang membuat lingkaran ladang gandum tersebut. Namun para ilmuwan serta merta menolaknya dengan mengatakan bahwa setiap jago matematika dapat membuat lingkaran itu dengan mudah.

Kode matematika dan pola geometri adalah kunci yang penting dalam formasi lingkaran ladang gandum. Salah satu lingkaran ladang gandum yang paling terkenal adalah lingkaran yang dijuluki The Julia Set yang muncul di dekat Stonehenge 12 tahun yang lalu yang menunjukkan gambar lingkaran dengan sebuah kelompok fraktal yang sangat kompleks.


(foxnews.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

16 comments:

  1. aihhh...rumit bro...nga ngerti jadinya....

    ReplyDelete
  2. the julia set yang mana? ko ga ad?

    ReplyDelete
  3. ngerti banget........tapi aga bertentangan dikit

    ReplyDelete
  4. waduh...belum mangkas gandumnya, ngitungnya aja sudah masuk rumah sakit duluan @_@"

    ReplyDelete
  5. setuju dengan mbak aida...
    Im believer, Im a hunter,,,

    Salam

    ReplyDelete
  6. aloha mbah ware..
    salam kenal.. nama saya linda, saya penggemar baru di blog bro enigma, dan akhir2 ini sering juga mampir kemari, dan saya juga merupakan fans baru juga nih di blog mbah.. abis analisa mbah jempolan bgt.. saya mesti banyak belajar dari mbah nih..hehehehe.. ^^v

    eniwei, ttg crop circle dan matematika ini, cukup menggelitik saya dengan beribu pertanyaan bro..menurut saya kok jadi makin misterius yah? i mean, JIKALAU DIMISALKAN APABILA SEANDAINYA memang crop circle ini dibuat oleh makhluk bukan makhluk bumi atau katakanlah alien atau mungkin setan, bukankah menjadi semakin aneh?
    menurut pemahaman saya, crop circle yg dibuat alien/ setan dan berhubungan dengan matematika ini, berarti teknologi mereka juga didasarkan pada matematika..atau apabila memang seperti itu cara mereka mencoba berkomunikasi dgn kita, apakah bisa berarti bahasa yg mereka gunakan adalah matematika? terlebih matematika yg digunakan bukan matematika sembarangan, melainkan matematika yg bisa dibilang advance..

    well, dengan mereka menggunakan itu, saya merasa kok sepertinya kita ras manusia sedang diolok2 yah.. hehehehe..

    saya jadi semakin bertanya2, matematika bukan hanya sekedar ilmu hitung2an biasa tp jangan2 memang matematika itu sendiri yg memang misterius..ada apakah dengan matematika??

    jujur saja, yg saya harapkan dari alien adalah benar2 sesuatu yg baru dan sama sekali asing di bumi.. saya pikir, wajar saja saya mengharapkan seperti itu, karena mereka kan benar2 dari luar bumi kita (karena itu saya akan skeptis sekali menonton film ttg alien yg bisa berbahasa inggris)..

    atau

    mungkinkah benar teori yg diajukan oleh salah satu ilmuwan yg mengatakan manusia adl keturunan ras alien? (well, saya pribadi tidak percaya ini.. :p)

    atau

    mungkinkah benar waktu dulu alien memang pernah mendarat di bumi dan meninggalkan sedikit ilmu pengetahuan yaitu matematika?

    hmm...

    (to be continued y gan..hehe..)

    ReplyDelete
  7. (sambungan lagi..^^;)

    well, sebaliknya..
    beribu pertanyaan juga hinggap di kepala saya kl seandainya yg buat crop circle ini adalah manusia, mengingat tingkat kesulitan dan presisi gambar yg dihasilkan.. tp bukankah suku manusia jaman dahulu dapat membangun suatu peradaban dgn ilmu pengetahuan dengan tingkat kesulitan dan presisi yg luar biasa? siapa tau ada sekelompok suku rahasia dengan tingkat ilmu pengetahuan yg luar biasa pula..

    totally still a mystery..
    cmiiw.. ^^v

    ReplyDelete
  8. (sambungannya disini..)

    okeh, memang ada beberapa crop circle yg tidak berhubungan dengan matematika.. seperti yg berbentuk binatang dsb..
    bagi saya, itu hanya menambah pertanyaan di kepala saya..sungguh suatu keganjilan..

    contoh, crop circle yg berbentuk phoenix..katakanlah itu memang phoenix yg sering kita artikan sebagai "awal yg baru" atau "kelahiran kembali"..
    tapiiiii, sekali lagi, yg mengatakan phoenix itu berarti kelahiran kembali adalah manusia..mosok alien/ setan juga mengartikannya sebagai kelahiran kembali? lagipula, phoenix itu kan hanya mitos, bukan emg bener2 ada wujudnya.. jadi darimana si alien/ setan yg membuat crop circle itu tau ttg phoenix? apakah doski mengubek2 mitos dan legenda mahkluk bumi? oh, cmon.. ada berapa makhluk mitos yg bisa berarti kelahiran kembali? saya yakin bukan hanya phoenix.. :)
    jadi kalau memang mau membuat manusia bingung, kan lebih bagus cari simbol kelahiran kembali yg tidak seterkenal phoenix.. hehehehe..

    oke, anggaplah si alien/ setan yg berusaha berkomunikasi dgn manusia mempelajari budaya manusia sehingga menggambar simbol2 yg berarti buat manusia..
    justru semakin banyak pertanyaan yg muncul di kepala saya..hehehe..
    well, knp si alien mesti repot2 belajar legenda ato rumus matematika manusia sih? kl memang mereka segitu pintarnya, mereka ngga akan sulit mempelajari salah satu bahasa manusia..dan dapat berkomunikasi dengan kita selayaknya manusia..dan kita pun ngga pusing2 mikirin apa arti dari crop circle itu..
    oke, mungkin si alien/ setan punya cita rasa seni dan keindahan serta ilmu pengetahuan.. karena itu alien membuatnya melalui simbol2..
    (well, apakah yg manusia anggap indah, maka alien/ setan juga menganggapnya indah? apakah yg manusia rasa sebagai seni, alien/ setan juga menganggapnya sebagai seni?)

    ReplyDelete
  9. @anakkucing,,
    "mungkinkah benar teori yg diajukan oleh salah satu ilmuwan yg mengatakan manusia adl keturunan ras alien? (well, saya pribadi tidak percaya ini.. :p)" << hm,, saya sendiri ada pemikiran seperti ini,, JIKA, bagi kita (umat manusia) alien itu mahkluk asing yang berbahaya atau apapun yang diimajinasikan oleh manusia, bagaimana dengan pihak alien itu sendiri? bisa jadi mereka juga menganggap kita para manusia di bumi ni juga merupakan mahluk yang asing atau bahsa kerenna alien di sudut pandang mereka . ingat, manusia MAHLUK PlANET. dan alien juga MAKHLUK PLANET. :)

    "well, dengan mereka menggunakan itu, saya merasa kok sepertinya kita ras manusia sedang diolok2 yah.. hehehehe... " << pemikiran setiap orang berbeda, apalagi mahkluk asing yang berada di luar bumi, budaya dan peradaban yang berbeda pasti menyebabkan pemikiran yang berbeda juga, bisa jadi mereka tidak bermaksud mengolok2,.

    "jujur saja, yg saya harapkan dari alien adalah benar2 sesuatu yg baru dan sama sekali asing di bumi.. saya pikir, wajar saja saya mengharapkan seperti itu, karena mereka kan benar2 dari luar bumi kita (karena itu saya akan skeptis sekali menonton film ttg alien yg bisa berbahasa inggris).." << jika hari ini anda berharap akan terjadi hujan di tempat anda, tetapi nyatanya tidak terjadi sesuai dengan apa yang anda inginkan, apa yang akan anda lakukan? memaki2 kah? lucu bukan? nah, bisa jadi gambar2 seperti phoenix , capung, ubur2 maupun gambar2 lain yang di cetak di ladang2 itu merupakan wujud kekaguman alien terhadap kehidupan2 yang ada di planet bumi ini .

    itu hanya pendapat saya aja seh,, saya sendiri tidak begitu mengerti circle cop >____<
    cuma pernah beberapa kali baca artikel2 na aja.

    ReplyDelete
  10. bro, yg buat crop cirle bisa sapa aja, tp yg jelas pembuatnya sesuatu yg berada diluar pemahaman kita dalam artian bukannya kita nga bisa memahami tp belum mampu, kecerdasan kita dan pengetahuan kita begitu rendah alias terbelakang dibandingkan mereka, ibaratnya kita manusia batu mereka manusia modern so mungkin dibutuhkan ribuan tahun bahkan mungkin jutaan tahun untuk mencapai pengetahuan yg setara, reaksi kita pada saat melihat ufo mungkin sama seperti manusia batu liat pesawat jet. klo ada yg bilang kenapa mereka nga turun aja buat nyapa kita ato menyampaikan pesan secara langsung saya rasa jawabannya sama aja seperti kita turun dari pesawat jet buat nyapa org jaman batu, kita mungkin di tangkap diikat dibawa kegoa ditelanjangin ato parahnya kita malah dibunuh, yg kedua buat apa mereka nyapa kita ? apa untungya ? apa manusia jaman batu ngerti bhs inggris ? apa kita ngerti bhs alien ? lagian klo aliennya bilank bumi akan terjadi pemusnahaan masal seluruh populasi akan berkurang 75% apa otak primitif kita percaya ? kenapa ? sarana komunikasi kita nga canggih yg membuat kita nga bisa dengan cepat mengakses seluruh informasi yg ada didunia lagian usaha ini butuh bertahun2 apalagi banyak informasi yg ditutupin alias rahasia, yg kedua setelah berhasil mengumpulkan semua informasi yg ada masih harus disortir soalnya banyak hoax plus konspirasi, yg ketiga dibutuhkan pengetahun dan analisis yg tinggi untuk menarik sebuah kesimpulan mis : dunia akan kiamat tahun 2012, yg keempat walaupun berdasarkan fakta bukti dan kesimpulan yg luar biasa semuanya nga bakal berarti klo nga ada yg mempercayainya, seperti kasus galileo. jd berkomunikasi dgn kita cuma kerjaan sia2 menurut para alien, trus klo pun kita disapa alien apa kita ngerti kata2 mereka dan apa mereka ngerti bhs ing. menurut para ahli satu2nya bahasa yg dapat digunakan cuma matematika tp saya rasa percuma, klo kalkulus ada levelnya level kita cuman 5 alien mungkin diatas 50, ibaratnya kita ngebahas teori kuantum sama anak SD yg baru ngerti matematika dasar, cape deh kata aliennya. mungkin itulah alasan crop circle ada hubungannya dgn matematika, saya rasa setiap crop circle yg ada digunakan untuk melihat sampe sejauh mana pengetahuan kita terhadap matematika mungkin untuk menyamakan persepi, saya rasa klo pun corp circle buatan alien itu pun bukan karna iseng, apa kita menempuh jutaan tahun cahaya cuman untuk iseng ? sesuatu itu ada karna emang ada nga peduli kita percaya ato nga mis : tentang keberadaan ghost/hantu sebagian orang nga percaya klo keberadaannya ada mungkin karna nga pernah liat tp itu ada, sama dgn keberadaan Tuhan klo kita ditanya tentu kita akan menjawab ada kita percaya tp apa kita pernah liat :) jd percaya nga percaya itu relative. pertanyaan seharusnya apa alien itu ada ? manusia biasanya menyangkal sesuatu karena belum mengerti ato memahami sesuatu itu

    ReplyDelete
  11. crop circle inikan logonya openminds.tv

    ReplyDelete
  12. Masa makhluk yg mondar mandir gak kliatan ama ngegambar di ladang gandum karna gak punya kertas dianggap hebat? Sapatau cuma itu aja bisa nya.. Mreka mungkin nyari sesuatu yg belum ada di asal mreka, cwe cakep misalnya...

    ReplyDelete
  13. itu buatan makhluk halus kali...

    ReplyDelete
  14. bzlandito

    sipp...
    ijin share copy paste gan...
    sedia highlight sepakbola terbaru
    www.bzlspot.com

    ReplyDelete