Friday, July 31, 2009

Reaktor dan Ledakan nuklir purba - kisah sesungguhnya

Tulisan ini adalah permintaan dari beberapa orang yang meminta saya untuk menulis tentang reaktor nuklir zaman purba. Seperti yang kita ketahui, di internet beredar kisah-kisah mengenai adanya ledakan nuklir zaman purba yang masih menjadi teka-teki. Bukti-bukti dimunculkan, dari sebuah pertambangan di Oklo, kota mati di Mohenjo Daro dan Harappa hingga ke sebuah kawah raksasa di Bombay. Tapi apakah ledakan nuklir zaman purba benar-benar ada ?


Mungkin beberapa dari anda sudah pernah membaca kisah ini sebelumnya. Bagi yang belum, mungkin akan menjadi sedikit membingungkan. Kisahnya begini :

Dikisahkan bahwa para arkeolog menemukan bukti-bukti bahwa pernah terjadi perang nuklir di zaman purba. Jadi, teknologi nuklir sebenarnya sudah dikenal oleh nenek moyang kita. Benarkah demikian ? Beberapa sumber di internet mengutip sebuah paragraf dari kitab yang diklaim sebagai bagian dari kutipan Mahabharata untuk membuktikan adanya perang nuklir pada zaman purba. Namun, masalahnya satu, sebagian besar kisah yang anda baca di internet adalah hoax !

Saya mengatakan "sebagian besar hoax" karena memang tidak semuanya hoax. Saya akan menunjukkan kepada anda yang mana hoax dan yang bukan.

PERBEDAAN REAKTOR DAN LEDAKAN NUKLIR

Pertama, kisah ini harus dibagi menjadi dua bagian, yaitu REAKTOR NUKLIR purba dan LEDAKAN NUKLIR purba. Banyak orang tidak mengetahui perbedaan ini sehingga mereka mencampuradukkan kisah reaktor nuklir purba dengan ledakan nuklir purba.

REAKTOR NUKLIR adalah sebuah fasilitas atau alat dimana reaksi berantai nuklir diinisiasi, dikendalikan dan ditahan dalam kondisi tetap. Sedangkan LEDAKAN NUKLIR adalah sebuah reaksi berantai yang tidak terkontrol yang berasal dari bom nuklir. Jadi sebuah REAKTOR nuklir dapat digunakan untuk menghasilkan BOM nuklir yang dapat menjadi LEDAKAN nuklir. Sangat berbeda kan ?

Nah, untuk mempermudahnya, saya akan mengatakannya begini, Kisah REAKTOR NUKLIR purba, benar adanya. Kisah LEDAKAN NUKLIR purba adalah hoax.

REAKTOR NUKLIR PURBA

Kisah Reaktor nuklir zaman purba bermula pada tahun 1972. Saat itu, di fasilitas pengolahan bahan bakar nuklir Pierrelatte, Ilmuwan Perancis bernama Bougzigues sedang bekerja melakukan analisa rutin terhadap uranium yang telah diekstrak dari biji uranium. kemudian ia menyadari sesuatu yang aneh dari biji uranium yang ditelitinya.

Uranium memiliki tiga isotop yang memiliki massa atom yang berbeda dengan proporsi yang berbeda, yaitu : U 238 sebanyak 99.274%, U 235 sebanyak 0.720% dan U 234 sebanyak 0.005%.

Uranium 235 adalah uranium yang paling dicari diseluruh dunia karena kemampuannya menahan reaksi nuklir dan uranium inilah yang dipakai di reaktor nuklir modern. Dimanapun di bumi ini, atom uranium 235 membentuk 0,720 persen dari total uranium. Namun sampel yang dipegang olehnya hanya memiliki 0,717 persen. Ini menunjukkan bahwa sampel uranium ini pernah mengalami reaksi pelepasan energi (reaksi fisi). Badan tenaga atom Perancis segera bergerak untuk menyelidiki penyebabnya. Sampel itu dilacak hingga ke sebuah pertambangan di Oklo, Gabon, Afrika. Para ilmuwan bergegas ke Oklo. Penelitian lanjutan yang dilakukan menemukan ada enam belas lokasi yang berfungsi sama seperti reaktor nuklir modern dan reaktor purba itu diperkirakan berumur 2 milyar tahun.

Bagaimana Oklo bisa berfungsi seperti reaktor nuklir purba ? Badan tenaga atom Perancis berusaha mencari jawabannya. Dan kemudian mereka mendapatkan jawabannya dari sebuah tulisan tahun 1956 yang dibuat oleh Paul Kazuo Kuroda, seorang ahli kimia dari universitas Arkansas. Kuroda mengatakan apabila jumlah U235 cukup banyak dan ada moderator neutron seperti aliran air tanah, maka reaktor nuklir alami bisa terjadi. Kondisi pertambangan Oklo menyerupai apa yang diprediksi Kuroda.

Misteri reaktor nuklir purba sebenarnya telah terjawab secara ilmiah oleh Paul Kuroda, jadi faktor misterinya boleh dibilang hampir lenyap.

LEDAKAN NUKLIR PURBA

Sekarang kita akan melihat kisah LEDAKAN NUKLIR purba yang adalah hoax. Kisah ini sering digabungkan dengan reaktor Oklo karena ketidaktahuan mengenai perbedaan antara reaktor dengan ledakan nuklir. Kita mulai dari hoax pertama.

Hoax Pertama
Di internet, beredar paragraf yang diakui berasal dari kitab Mahabharata yang dikatakan mendeskripsikan dan membuktikan adanya perang (ledakan) nuklir di zaman purba. Saya menemukan paragraf ini dikutip banyak web atau blog yang membahas reaktor nuklir purba. Saya menerjemahkannya dan inilah bunyi paragraf itu :

"Gurkha, menerbangkan vimana (pesawat) yang kuat dan cepat melontarkan sebuah proyektil (rudal) yang diisi dengan kekuatan alam semesta (nuklir). pijaran tiang api dan asap sama terangnya dengan cahaya 10.000 matahari bangkit dengan seluruh kemegahannya. Itu adalah senjata yang tidak dikenal, sebuah petir besi, raksasa pembawa pesan kematian yang menjadikan seluruh suku Vrishnis dan Andhakas menjadi abu. Mayat-mayat menjadi begitu hangus hingga tidak dapat dikenali lagi. Rambut dan kuku berjatuhan, keramik tanah liat pecah tanpa sebab yang jelas dan burung-burung berubah menjadi putih...setelah beberapa jam, semua bahan makanan tercemar (radiasi)...untuk menyelamatkan diri dari api ini, para tentara melompat kedalam arus air untuk membersihkan diri mereka dan peralatannya. (Mahabharata - 6.500 SM? )

Nah, masalahnya adalah kitab Mahabharata tidak pernah memuat paragraf itu di dalamnya. Anda boleh mencarinya di internet lewat google.

Hoax kedua - Mohenjodaro, Harappa dan Rajashtan
Disebut bahwa di kota Mohenjodaro dan Harappa, para ilmuwan menemukan kota-kota kuno dengan kerangka yang berserakan di jalan-jalan, kebanyakan terlihat berpegangan tangan dijalan-jalan, ini menunjukkan kematian mendatangi mereka dengan tiba-tiba. Dan umur kerangka ini ribuan tahun. Dan kerangka-kerangka ini memiliki kadar radioaktif tinggi yang sama dengan korban bom Hiroshima Nagasaki.

Sedangkan di Rajasthan disebut bahwa telah ditemukan lapisan debu radioaktif yang meliputi area seluas tiga mil persegi di sepuluh mil sebelah barat Jodhpur. Penelitian yang menemukan Radioaktif ini dilakukan setelah para peneliti melihat adanya tingkat cacat yang tinggi pada bayi yang baru lahir di wilayah itu dan banyaknya penduduk lokal yang menderita kanker. Level radiasi di tempat itu sangat tinggi sehingga peneliti meminta pemerintah india mengisolasi wilayah itu.

Jika anda menelusuri website-website pemerintah atau website swasta di mohenjodaro, Harappa dan Rajashtan, tidak ada satupun yang pernah menyebut adanya penemuan-penemuan kerangka tersebut. Website-website arkeologi juga tidak pernah menyebut hasil penemuan ini. Kisah "penemuan" ini hanya beredar di website di luar India. Bahkan orang-orang India yang tinggal di wilayah Jodhpur mengaku bahwa ia tidak pernah tahu ada penemuan-penemuan itu. Memang ada beberapa tempat di India yang mengandung radiasi, namun itu adalah akibat percobaan nuklir India di masa modern ini. Seorang India pernah menulis bahwa kisah-kisah ledakan ini tidak layak beredar di India.

Hoax ketiga - kawah raksasa Bombay
Disebut bahwa kawah raksasa di Bombay yang bernama kawah Lonar adalah bukti ledakan nuklir purba. Kawah itu terbentuk dari lapisan batu basalt setebal 600-700 meter. Diameter kawah itu sekitar 2.154 meter dan dalamnya sekitar 150 meter, berlokasi di sekitar 400 kilometer timur laut Bombay. Kawah tersebut diperkirakan berumur 50.000 tahun

Belakangan, para ilmuwan menemukan bahwa kawah itu diakibatkan oleh sebuah komet, bukan ledakan nuklir. (Sebenarnya ini tidak bisa disebut hoax, karena kawah tersebut memang ada, tapi saya memasukkannya untuk mempermudah pembahasan).

KESIMPULAN

REAKTOR NUKLIR purba memang ada dan bisa dijelaskan secara ilmiah. Sedangkan LEDAKAN NUKLIR purba adalah hoax yang beredar di internet entah untuk tujuan apa. Oh ya, satu lagi, jika anda mencari di wikipedia dengan kata kunci "natural nuclear fission reactor" maka anda akan menemukan kisah tentang oklo, tapi tidak tentang mohenjo Daro dan kawan-kawan. Wikipedia is right !!!!

(twitscope.wordpress.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

69 comments:

  1. wah, makasih mas enigma..
    rsa pnsrannya udah ilang,
    walopun sdikit kcwa sh...
    (soalnya trnyta ldakannya hoax)
    oia, yg reaktor nuklir itu, trbntuk alami y?
    bukan buatan manusia?
    1 lg nh,hoax it sngktn dr apa y?
    heheh..
    mksh bnyk ttg artikelnya y...

    ReplyDelete
  2. ah...semua sanggahan terhadap artikel yang anda anggap hoax itu juga sama tidak relevannya seperti hoax tersebut....
    menurut saya, anda terlalu skeptis dengan fakta adanya kebudayaan yang lebih maju di masa silam...
    kalau cara anda menyanggah artikel-artikel hoax itu dengan memperlihatkan bukti dari artikel lainnya,, itu sama gobloknya! hahaha
    saya punya artikel yang dapat memperkuat bukti adanya perang nuklir dan kebudayaan masa silam yang lebih maju.. itu ada di Al-Qur'an!!..cari aja!! pasti ada!!..saya sudah pernah baca..tapi lupa surat apa..haha..
    pokoknya disitu disebutkan bahwa sesungguhnya mereka itu(yang terdahulu dari kita) lebih dari pada kita sekarang...namun karena suatu alasan, maka Allah menimpakan azab kepada mereka, sehingga peradaban yang maju itu kembali ke titik nol....

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda juga sama gobloknya,,memberikan bukti di alquran,tp g tau ayatnya

      Delete
    2. Ente itu bocah goblok malah goblokin orang lain

      Delete
    3. Hah jadi goblog dan mengoblogkan nih berarti semua goblog dan yang pinter tuh tuhan yang maha esa ha ha ha

      Delete
  3. tolong tulis mengenai asal-usul the amytiville house ya... aku masih belum ngerti itu cuma film atau benar2 ada... trus, makasih dah beri info mengenai hal-hal seputar dunia ini... Ur info is better than others, lah... hehe...

    ReplyDelete
  4. Menjawab anonymous diatas :
    1. anda menulis, "..menurut saya, anda terlalu skeptis dengan fakta adanya kebudayaan lebih maju di masa silam..."

    Saya tidak pernah mengatakan itu. coba baca tulisan2 saya lainnya di blog ini. saya banyak menunjukkan bukti adanya kebudayaan maju dimasa silam.

    2. kemudian anda menulis, "Kalau cara anda menyanggah artikel-artikel hoax itu dengan memperlihatkan bukti dari artikel lainnya,,itu sama gobloknya."

    kemudian dibawah anda menjawab .."hahaha, saya punya artikel yang dapat memperkuat bukti adanya perang nuklir..."

    Wah, anda bilang cara saya menyanggah dengan bukti artikel lainnya adalah goblok. Nah, kok anda malah mau menyanggah tulisan saya dengan memperlihatkan artikel lain juga..????? berarti...

    Begini lho bro...saya suka dengan perdebatan (tentu saja yang sopan dan beradab) yang didasarkan atas fakta dan bukti ilmiah. Saya tidak mengatakan bahwa saya tidak percaya adanya peradaban maju. Yang saya bilang hoax adalah : potongan paragraf Mahabharata diatas, penemuan kota mati mohenjodaro, harappa, rajashtan dan kawah bombay. itu saja. Apabila memang tidak ada penemuan arkeologi diatas, apakah saya harus bilang ada. saya pembohong dong.

    Saya menulis apa adanya. Apabila memang ada ledakan nuklir purba di mohenjodaro dkk, maka harusnya ada bukti yang memang ada dan ditemukan. dengan demikian sah secara ilmiah.

    Bisa saja lho ada ledakan nuklir purba. Anda sendiri bilang di Alquran ada. Di kitab Ramayana dan alkitab juga ada beberapa referensi yang merujuk ke nuklir.

    Oh ya, satu lagi, menyanggah atau menulis dengan referensi artikel lain itu sama sekali tidak goblok asalkan sumber referensi terpercaya. Yang goblok adalah menyanggah atau menulis dengan mereferensi artikel yang tidak akurat dan tidak reliable. Para jurnalis kita juga seperti itu. apabila detik.com melaporkan ada dmonstratsi di Iran, tidak berarti wartawan detik.com meliput ke Iran. Mereka merujuk kepada sumber lain yang terpercaya.

    contoh lain: dimanakah patung liberty berada ? jawabannya New York. Pernahkah anda ke New York. tidak !! tapi anda percaya ada di new york karena anda baca buku atau nonton TV. sama saja kan dengan menulis atau menyanggah dengan referensi artikel terpercaya. tidak perlu melihat sendiri.

    oh ya...thanks man, saya suka diskusi ini.

    Kemudian menjawab dyanto,
    ya,reaktor nuklir oklo terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia.

    kemudian hoax itu bukan singkatan, tapi kata bahasa inggris yang artinya bohong atau olok-olokan. (coba lihat di kamus). Dan hoax sekarang sering dipakai untuk merujuk kepada kisah-kisah bohong yang beredar luas.

    ReplyDelete
  5. hohohooh..
    thx bgd mas enigma!
    kren2!
    wa tgu artikel2 berikutnya..
    (oia,masukin ancient egypt jg donk...kan kren,,,oia 1 lg, ktanya d dlm piramid it ada smacam "healing-energy" yg kyk di stonehenge[gini ya tulisannya?] ya? iy g sh?)

    ReplyDelete
  6. boleh, ntar saya tulis. stonehenge tulisannya memang gitu.

    ReplyDelete
  7. wah makasih keterangannya ya Enigma, mungkinkah reaktor itu hasil dari perjalanan Dzu al qarnayn ke masa lalu?
    just intermezzo

    @Enigma and @All, berkunjung di malam qadr ya:
    ada posting baru tuh di qarrobin.wordpress.com

    ReplyDelete
  8. sangat menarik mas, ditunggu artikel selanjutnya.

    ReplyDelete
  9. wew..tambah artikel soal kejadian misterius dan makhluk2nya ya..
    thank's Enigma

    ReplyDelete
  10. You believe what you choose to believe, apart from the other options available.

    ReplyDelete
  11. sebenar nya patung liberti ada di brazil (nah ni baru sama bohong nya)

    ReplyDelete
  12. BERITA MENGENAI REAKOR NUKLIR PURBALAH ATAU SEJENISNYA..MASIHLAH BELUM ADA, ATAU TIDAK TERJADI, JD PARA PENELITI YG MENGATAKAN PERNAH TERJADI PERANG NUKLIR ITU BOHONG, KALAU PUN ADA REAKSI KIMIANYA PASTI MASIH ADA, DAN TEKNOLOGI DULU BELUM TERLALU MAJU MENGENAI PENGAYAAN URANIUM....MENGENAI LUBANG2/KAWAH2 ITU MERUPAKAN HASL TUMBUKAN METEOR/ASTEROID.....YG DATANG KE BUMI....

    ReplyDelete
  13. enigma, ada gak artikel tentang ALAM SEMESTA INI ADA BATASNYA gak??

    ReplyDelete
  14. mas enigma! klo buka wikipedia suka yg Indonesia apa Inggris?

    ReplyDelete
  15. inggris, karena lebih lengkap dan akurat. Yang bhs indonesia juga biasanya terjemahan dari inggris.

    ReplyDelete
  16. Bisa g mas meliput Pantai selatan yg melegenda itu. Tp bkn diliat dr segi mitos ato kepercayaan org2.(sory ya. Aq bingung mau tanya kaya' apa. Bahasaq g sempurna kali). Tp kuharap ngerti maksudq. Walo bnyk yg menyangga artikel mas enigma. Nurut aq. Dia sbenerx suka baca blog ini. Buktix. Tulisan2 ini disangga. Iya kan. Yg jelas blog enigma. Keren abisss. Sungguh kebahagian tersendiri aq temukan blog ini.

    ReplyDelete
  17. goblokin orang kok mlah keliatan goblok.
    bilang di Al Qur'an ada tapi kok suruh cari sendiri.
    gak punya bukti kok malah maki-maki.
    memalukan....

    ReplyDelete
  18. Untuk anonymous diatas :
    Saya sangat percaya Al Qur'an itu firman Alloh SWT. Tapi kalo ada ayat yang masih butuh penafsiran oleh ahlinya, kita yang awam tidak boleh sok tau. Bener kata enigma, anda mengejek dia karena mengambil dari artikel lain, tapi anda sendiri juga membaca artikel lain, sudah merasa benar (kelihatan malah merendahkan diri anda sendiri). Maaf ini bukannya saya sama sekali menyalahkan Al Qur'an, tapi penafsiran dari artikel yang anda baca kalo bahwa sesungguhnya mereka itu (yang terdahulu dari kita) lebih dari pada kita sekarang...namun karena suatu alasan, maka Allah menimpakan azab kepada mereka, sehingga peradaban yang maju itu kembali ke titik nol...., apakah lebih dari kita sekarang itu benar2 dijelaskan lebih dari sisi teknologi (misal nuklir) atau yang lain ? kan tidak. Itu kan penafsiran yang membuat artikel, apakah yang membuat artikel itu memang seorang ahli tafsir? jgn2 anda jg tdk tau, tapi langsung percaya dan pede nyalahin orang, kasihan ya, orang2 seperti ini nih malah yang gampang kena hoax. Yang saya yakin Al Qur'an tidak bertentangan dengan iptek, mungkin kalo penafsiran kita salah justru membuat seolah-olah Al Qur'an tidak sesuai dengan iptek, kita jadi malah merendahkan Al Qur'an. Saya tidak suka pernyataan anda : saya punya artikel yang dapat memperkuat bukti adanya perang nuklir dan kebudayaan masa silam yang lebih maju.. itu ada di Al-Qur'an!!..cari aja!! Seolah-olah di Al Qur'an itu sudah jelas mengatakan bahwa orang2 terdahulu sudah lebih maju ilmu pengetahuannya tentang nuklir, padahal kita tidak akan pernah menemukan kata2 seperti itu, yang ada mereka lebih dari kita sekarang, maka tugas ahli tafsir lah yang bisa memberi penjelasan apakah lebih dari kita itu dari sisi ilmu pengetahuan tentang nuklir atau ilmu pengetahuan yang lain. Yang jelas sikap ulama2 arif, kalo ada perbedaan penafsiran, mereka tidak saling menyalahkan.

    ReplyDelete
  19. namanya aja juga kemungkinan....
    * di indramayu ada pabrik mercon
    * kemudian ada berita tentang ledakan mercon
    = masih masuk akal juga kan ( walaupun bukti ledakannya sudah tidak ada )

    ReplyDelete
  20. enigma,saya mau tanya,
    setau saya reaktor nuklir ini diperkirakan berusia 2 milyar tahun,
    lalu saya ingin tahu,kapan ya pertama kali manusia itu muncul?
    pada zaman apa?
    setahu saya perabadan manusia yg sekarang itu baru berusia ratusan ribu tahun yang lalu,
    kalau begitu,siapakah yang membuat reaktor itu???
    apa ada penjelasan ilmiah?

    ReplyDelete
  21. Jawabannya, reaktor tersebut tercipta secara alamiah. tidak ada manusia yang membuatnya.

    ReplyDelete
  22. wah ..padahal saya sempet percaya ama Perang nuklir yang terjadi pas jaman mahabaratha..!!ternyata palsu ya!!saya kecewa ma mas Enigma yang guanteng!! gara2 mas enigma kepercayaan saya seaakan runtuh..HAHAHAHAHa^^v

    Mantab Bozz..Sering2 kasih Pencerahan ya..!!

    ReplyDelete
  23. Halo mas. Saya sangat suka blog anda. Bahasa yang anda gunakan sangat nyaman untuk dibaca. seperti membaca buku ilmiah.
    Di tulisan ini ada penanya dari pembaca anda mengenai batas alam semesta. Saya mengundang dengan hormat kepada anda dan pembaca anda untuk mengunjungi blog saya yang banyak mengulas tentang Alam semesta, dari manusia hingga tuhan, dengan landasan ilmiah.
    jika berkenan. Silahkan ke www.human-earth.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. mas...mau request boleh kan??? hehehehehehe..gw penasaran sama batu ngambang yg di irak ato iran ( maap, lupa )....legendanya sih batu itu prn mau ikut rasullullah waktu mi'raj tp ga diajak, wekekekek.....thx atas pengetahuannya yak....keep on moving bro

    ReplyDelete
  25. terima ksh dengan informasi tentang pendapat profesor kuroda yang meyakinkan bahwa bisa saja terjadi reaktor nuklir secara alami, semulanya saya hampir percaya manusia purba bisa membangun rektor nuklir tetapi kenapa bisa di afrika yang sisa kebudayaan majunya kok tak ada hingga sekarang, ini yang meragukan. enigma hebat mas....

    ReplyDelete
  26. saya mau kutip surat al mukmin ayat 21 yg artinya
    "tidakkah mereka menjelajah dibumi, lalu mereka memperhatikan bagaimana akibat orang - orang yang ada sebelum mereka, yang kekuatannya lebih hebat dari mereka, yang mendirikan benteng - benteng diatas bumi, kemudian Allah membinasakan orang - orang itu karena dosa - dosanya" (QS 40:21)

    ReplyDelete
  27. saya kutip surat al mukmin ayat 21
    "Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi, lalu memperhatikan betapa kesudahan orang - orang yang sebelum mereka. Mereka itu lebih hebat kekuatannya dari mereka dan lebih banyak bekas - bekas mereka di muka bumi. Allah mengazab mereka disebabkan dosa - dosa mereka dan sekali - kali mereka tidak mempunyai pelindung dari azab Allah" (QS 40:21)

    ReplyDelete
  28. sblmnya saya di asa238@live.com

    ada beberapa hal yg msh janggal menurut saya, pertama: Uranium bkn unsur asli bumi
    kedua: bagaimana prosesnya reaktor nuklir alami dpt mndukung reaksi fisi karena reaksi ini menghasilkan suhu yg sangat tinggi
    ketiga: untuk terjadinya reaksi fisi (pembelahan) diperlukan pemicu terlebih dulu, tentu saja dlm hal ini pemicunya adl ledakan. lalu bagaimana ledakannya dpt sesuai, karena jk krg tdk akn terjadi reaksi dan jk berlebih akn terjadi ledakan yg besar?
    menurut analisis saya, sangat kecil kemungkinannya reaktor tsb terjadi scr alami, krn selama ini blm pernah ditemukan reaksi fisi yg terjadi scr alami yg ada scr alami adl reaksi fusi. Bagaimana penjelasan bung enigma?!

    ReplyDelete
  29. @Mr asa238 : soal bagaimana alam bisa menjadi reaktor nuklir alam, sudah dijelaskan oleh Paul Kuroda.

    Kemudian mengenai kalimat :
    "untuk terjadinya reaksi fisi (pembelahan) diperlukan pemicu terlebih dulu, tentu saja dlm hal ini pemicunya adl ledakan."

    Ledakan bukan pemicu reaksi fisi, melainkan HASIL dari reaksi fisi.

    Lalu, apakah kamu yakin kalau uranium itu bukan unsur asli bumi ?

    ReplyDelete
  30. saya kurang setuju dengan kata-kata pada hoax nomor pertama om, karena data yang menjadi pembanding serta data yang dibandingkan adalah "KITAB" yang sudah diterjemahkan oleh pihak Google ataupun pihak lainnya.
    saya sudah mendengar dari awal sampai akhir Kisah Mahabrata pada tahun 1982 (saya tidak tahu apakah sudah diterjemahkan atau belum). Dan pada tahun 90'an kisah Mahabrata pernah di putar sebagai serial di TPI atau RCTI.
    Jadi kalo ada kata-kata "Kitab Mahabrata Tidak Pernah Memuat Paragraf Itu" darimana anda yakin bahwa Mahabrata berbentuk KITAB ? sehingga bisa mengatakan bahwa paragraf tersebut tidak ada ?
    Mahabrata berupa kumpulan Sloka-sloka suci, bukan kitab :)

    Saya juga heran, darimana orang2 yang memposting paragraf tersebut di blog-blog mereka. Darimana mereka membaca kata-kata tersebut. Yang pasti hanya mengutip dari terjemahan orang2 yang belum tentu benar menerjemahkannya.
    Bahasa yang digunakan dalam sloka-sloka Mahabrata adalah bahasa Sanskerta, dimana bahasa Sanskerta tidak memiliki Kosa Kata selengkap Bahasa Inggris ataupun bahasa dunia sekarang.
    Penyampaiannya dalam bentuk sanjak-sanjak maupun wahyu keagamaan (Kidung-kidung suci).
    Dan saya yakin, terjemahannya banyak yang di HILANGKAN ataupun kebalikannya bisa juga di TAMBAHKAN.

    Adalah Kakek saya yang menceritakan kisah-kisah Mahabrata kepada saya waktu kecil (sekali lagi ttg Legenda purbakala). Kata-kata pertama yang masih teringat sampai sekarang dari kisah Mahabrata adalah :
    "WAKTU ADALAH BENIH DARI BUANA AGUNG DAN BUANA ALIT"
    sekarang baru saya tahu bahwa yang dimaksud dgn buana agung adalah Macro cosmos dan buana alit adalah Micro cosmos berdasarkan ajaran Hindu.

    tetapi apa yang ditulis oleh Erich Von Daniken di bukunya ttg Mahabrata ? "Waktu adalah Benih dari Alam Semesta"

    Sama ? ya dari sisi ilmu pengetahuan sekarang memang sama. Tapi dari sisi keaslian ataupun sisi kerohanian jelas berbeda karena Macro cosmos memang alam semesta, tapi Micro cosmos berhubungan dengan kejiwaan/kebatinan, dimana oleh Erich Von Daniken unsur tersebut di tiadakan :)

    Perlu saya perjelas sedikit, BENIH bukan berarti PEMBUAT :) Kita bisa menanam benih padi, tapi bukan kita yang memberikan kehidupan terhadap padi tersebut.

    Jadi intinya, bukan protes ttg hoax nya lho om :D
    cuma memperjelas saja :)
    keep fighting om ,thx

    ReplyDelete
  31. mungkin para pembaca kurang mengerti dengan istilah REAKTOR nuklir..., jadi banyak perebatan.

    dalam sebuah reaktor nuklir memang di perlukan banyak air mengalir ... sehingga sangat memungkin kan jika ada rektor nuklir alami seperti itu walau aga berbeda dengan reaktor nuklir modern...

    semangat om enigma Ungkap kebenaran dengan kebenaran juga ..

    ReplyDelete
  32. halo bung enigma...saya penggemar baru blog Anda, bagus2 isinya dan analisanya tajam (mungkin anda cocok jadi pengamat sepakbola, hehehe just kidding)
    saya paling menyukai cerita kepahlawanan mahabharat dan ramayana, tapi tidak pernah tau ada cerita2 alat terbang. satu2nya yang saya tau bisa terbang adalah gatotkaca dengan pusaka Kotang Ontokusumo (namanya memang seperti itu). karena penasaran, saya nyari di kisah ramayana versi inggris by googling, link-nya dibawah. dikisahkan rama dkk berperang dgn rahwana dengan menggunakan senjata2 "aneh" tapi tidak disebutkan nama2 senjata itu.
    yang jelas ada kata2 "missile" disana. maaf saya tidak terlalu menguasai bahasa inggris :-)
    saya tidak tahu itu hanya perkara perbedaan terjemahan bebas atau tidak, tapi ada satu senjata yang digambarkan sangat menyilaukan dan mengeluarkan banyak api.
    mungkin itu hanya imajinasi seseorang yang membukukan epik tsb, tapi juga tidak menutup kemungkinan jaman dulu memang sudah ada senjata2 yang memanfaatkan ledakan.
    menurut bung jovi di atas, kisah2 tsb diceritakan turun-temurun. itu memang benar, saya juga mengalami dongeng dari simbah. sebagian besar berupa kidung/senandung dalam bahasa yang tidak saya mengerti (saya dari jawa tengah, dan selama saya hidup, tidak mengenal bahasa semacam itu) mungkin bahasa kawi yang hampir punah. jadi ada juga kemungkinan epik tersebut terhenti/berubah isi pada satu generasi karena kepunahan bahasa asli.
    Sebagai tambahan, di situs national geographic disebutkan bahwa tidak ada bukti peristiwa alam (banjir) yang telah mengakhiri peradaban tsb (link-nya juga di bawah)

    tetep semangat bung enigma! tulisan2 anda paling mak nyuss!

    >>ibe

    http://books.google.co.id/books?id=3hSDivPrOcYC&pg=PA339&dq=ramayana+online+reading&cd=4#v=onepage&q&f=false

    http://www.nationalgeographic.com/history/ancient/mohenjo-daro.html

    ReplyDelete
  33. Bang Enigma ni Professor IT ya?

    ReplyDelete
  34. @Hans yg bilang...
    Bang Enigma ni Professor IT ya?

    bukan. tp mr.enigma itu detektif penerus Holmes.
    huahahahaha! peace mr.enigma! :P

    ReplyDelete
  35. tapi wktu aku bca artikel"LEDAKAN TUNGUSKA"ktanya kmet tidak bisa mnimbulkan kwah?

    ReplyDelete
  36. sepertinya hampir terkuak konspirasi terbesar yang menyebabkan the nock berhenti menulis tentang konspirasi.
    saya tertarik dengan kekuatan sebuah do'a (suara-suara), orang bisa mengubah bentuk molekul air seperti penelitian dari jepang sehingga air tersebut bisa digunakan sebagai penyembuhan.
    dari sini saya berpikir dari orang biasa aja bisa seperti itu kemungkinan orang pada masa itu bisa mengubah molekul yang ada di alam sekitar menjadi hal yang diinginkan seperti kisah para yogi di india. demikian juga vimana yang detail dipahat di angkorvat thailand. kemungkinan juga bisa terjadi dengan reaktor nuklir tersebut, hanya saja kita yang selalu berpatokan dengan kehidupan masa sekarang. seperti ditemukan batrey di baghdad dan kita mulai bertanya kabelnya dimana? saklarnya dimana? jaman dulu kan belum tentu seperti itu.
    so setiap kemungkinan pasti selalu ada (atau selalu ada sisi yang lain hehehe)
    o ya sebagai tambahan... mahabharata dan ramayan a hanya bagian dari weda yaitu pada bagian itihasa.
    dan bro enigma pasti tahu dengan konspirasi yang saya singgung tadi. keep on the good work bro, selamat berkarya. from surya.

    ReplyDelete
  37. menarik,sangat menarik. hampir senada dengan bung surya diatas,kita manusia yg hidup pada masa sekarang.kita punya keterbatasan yang sangat fatal dlm menentukan teory2 kebenaran kita.apalagi teory ttg kejadian yg terjadi pada masa lalu.jauh bgt di masa lalu.tentunya bnyak faktor yg menjadi beberapa pertimbangan kita dlm menentukan teory kita.entah dari artikel,ato dari mana aja.namun kembali lagi,kita ga tau apa yg terjadi dulu.bisa aj memang bnr trjadi perang nuklir,bisa juga ga.sapa yg tau kn??? meskipun kita selidiki dan berteory atau bahkan hanya berspekulasi.tp kita ga tau yg sebenarny trjadi. tp manusia pnya akal utk memperkaya imajinasinya dg pikirannya.yg percaya ya silakan,yg ga percaya y silakan...
    bung e,posting anda bener2 menarik...terus berkarya bung,..

    ReplyDelete
  38. saya akan segera memberikan dan memberikan saran perbaikan untuk bro enigma

    to be continued

    ReplyDelete
  39. Oooo... pantes saya ga nemu di mahabarat xD

    ReplyDelete
  40. Kalo dicari dari Al-Qur'an pasti ditemukan fakta bahwa kalau umat terdahulu lebih maju dan lebih pintar serta teknologinya lebih modern.....

    ReplyDelete
  41. Saya percaya kalau manusia jauh di jaman dahilu pernah sangat moderen dalam hal pengetahuan... tetapi semua hancur karena pengetahuan yang sangat maju itu sendiri...

    dan sekarang setelah sekian lama manusia kembali mengalami kemajuan yang sangat hebat dalam ilmu pengetahuan, dan mungkin saja akan kembali mengalami kehancuran karena kemajuan itu sendiri...

    dan saya yakin semua itu akan terus terulang sampai saat kiamat datang, yang kita semua tentu tidak ada yang tau kapan datangnya...

    dan bukan tidak mungkin, terjadinya kiamat itu karena kemajuan pengetahuan manusia itu sendiri yang disalah gunakan....

    ReplyDelete
  42. xixixixixixixi

    "Saya percaya kalau manusia jauh di jaman dahilu pernah sangat moderen dalam hal pengetahuan... tetapi semua hancur karena pengetahuan yang sangat maju itu sendiri..."

    jika anda percaya bahwa periode manusia yg menghuni bumi terjadi dalam beberapa periode yang hancur oleh ulah kemajuan manusia itu sendiri,lalu manusia mulai lg dari nol membangun kemajuan tersebut,lalu akan hancur "lagi" oleh kemajuan tersebut,jadi....

    kehidupan manusia adalah permainan tuhan :p

    supergirl

    ReplyDelete
  43. sekedar intermezzo, barangkali Enigma pernah nonton Book of Eli (Denzel Washington) ceritanya memang nggak ada hubungan ama postingan Anda. Tapi imajinasi pasti berkembang, setelah (hanya) 30 tahun kehancuran dunia, sangat sedikit orang yang bisa baca-tulis, bahkan hanya orang-orang tua yang tahu kehidupan sebelum kehancuran.
    Generasi selanjutnya benar-benar dimulai dari masa primitif. Itu baru 30 tahun, apalagi setelah ribuan tahun! Wow, mungkin modernitas jaman sekarang hanya dianggap dongeng sebelum tidur. Sangat mungkin kita berimajinasi jaman sekarang adalah jaman puncak setelah dulu pernah mengalami kejatuhan peradaban.

    ReplyDelete
  44. wah mas, ane blum percaya ama analisis mas, cz sumber yang dikata mas cuma dari om google doang,, bukan hasil penelitian yg sesungguhnya..

    Tapi ane juga blum percaya dgn adanya penemuan ledakan nuklir purba itu,, cz ane blm pernah baca langsung jurnal/paper ilmiah mengenai hal tsb..

    Nb : Dimohon penulis jangan menuliskan sebuah analisis yang mematahkan pendapat orang lain tanpa adanya penelitian yang mendalam.. Cz hanya dari literatur website saja belum dapat diuji kebenarannya.. Salam Peneliti.

    ReplyDelete
  45. @mas ian : penelitian disanggah penelitian, pendapat disanggah pendapat, sangat relevan....
    kami pun juga menggunakan pendapat pakar yang terpercaya sebagai rujukan melalui web....
    belum tentu literatur pada web belum teruji.....
    kami pernah meneliti dengan rujukan 100% web dan jurnal dalam web.
    permasalahan pada posting di atas bukanlah sebuah hasil penelitian ilmiah sebagaimana sebuah jurnal atau teori melainkan suatu pendapat yang berkembang......
    jika hendak diteliti secara ilmiah adalah suatu hal yang bagus...
    "bung e tidak memposting sanggahan terhadap suatu karya ilmiah"
    wassalam

    ReplyDelete
  46. dan "bung e tidak memposting sebuah karya ilmiah"

    ReplyDelete
  47. Bekas reaktor nuklir di gabon itu memang alami, tapi alami disini maksudnya ramah lingkungan, bukan terbentuk secara alami, artinya konstruksi reaktor nuklir di Oklo tersebut dirancang dengan menggunakan teknologi yang jauh lebih maju dan efisien daripada yang kini digunakan, termasuk dalam proses pengolahan (yang memanfaatkan air) dan pembuangan limbahnya (dapat dibuang di lokasi itu juga secara aman). Karena itu kemudian menjadi bahan kajian bagi para ahli dalam mendayagunakan teknologi nuklir masa kini.

    ReplyDelete
  48. Tulisan2an di bog ini mmg cukup menarik aplg buat org awam. Tapi sy krg respect dg profile Mata Satu Bung Enigma.

    ReplyDelete
  49. Senang berkunjung disini, banyak pengetahuan yang bisa didapati.

    ReplyDelete
  50. ARTIKEL yang sangat bagus.
    Sepertinya saya bisa menyimpulkan adanya konspirasi dalam penyebaran berita hoax ini.
    Salah satu tujuannya adalah menyesatkan pemikiran para pemeluk agama. Terutama islam.

    Dan menyebarkan pemahaman menyesatkan tentang sejarah nenek moyang kita, yang pada akhirnya manusia akan kebingungan dengan kebenaran agamanya.

    Dan pada akhirnya berpaling dari agama.

    ReplyDelete
  51. aku nyimak az ach.. hehe

    ReplyDelete
  52. yg baru nich ...
    waaahhh , bung Enigma memang hebat. artikel ini memang objektif ... ternyata ap yg slm ini diberitakan di berbagai blog mengenai "PERANG NUKLIR PURBA" atau yg lainnya ternyata HOAX saja .
    saya waktu itu memercayai hal itu, tp trnyata hny imajinasi bg org2 yg mungkin aj terinspirasi dr brbagai novel fiksi sejarah . trus dibawa-bawa ke dunia nyata dgn menulis artikel2 spt itu .....

    Saya suka itu !

    ReplyDelete
  53. Hufft masih pnasaran.. Tapi aku yakin seyakin yakinya... Allah pernah menciptakan manusia lebih modern dari kita.. Tapi.. Telah di musnahkan.. Dan kembali dari awal.. Makanya ayooo cari fakta riil.. Lagi tentang kemajuan mnusia purba yg canggih itu...

    ReplyDelete
  54. bumi bgitu tua, pasti ad jaman dimana kemajuan teknologi dan pengetahuan yang jauh melebihi kita pada jaman ini. contoh paling nyata yg masih kita jumpai sekarang. tentara sekarang perlu baju anti peluru untuk perang, orang jaman dulu baju nya berasal dari dalam diri seperti ilmu kekebalan tubuh (mungkin jaman dulu ilmunya lbh hebat, hehe). reaktor nuklir ataupun ledakan nuklir orang jaman dulu mungkin berbeda cara penggunaanya, mengingat banyak literatur2 jaman dulu yg menceritkan ttg itu, jadi perlu diteliti lbih dalam tanpa maksud apapun, spt agama dll. murni untuk mengungkap kebenaran. peneliti seharusnya oarang yg bnr2 murni untuk mengungkap kebenaran, tanpa ad kepentingan pribadi atopun kelompok. sapa tau dgn penelitian yg lbh mendalam ttg ilmu pengetahuan masa lalu kita bisa menemukan teknologi baru yg lebih ramah lingkungan demi kebaikan kita semua.. hehe.

    ReplyDelete
  55. tulisan tentang reaktor nuklir purba ini bisa dilihat di : http://en.wikipedia.org/wiki/Natural_nuclear_fission_reactor

    intinya itu reaktor alam, bukan Man made

    ReplyDelete
  56. ini baru cerdas....!!
    :D
    bener mas saya dari dulu slalu berfikir sangat tidak mungkin ada reaktor nuklir berumur 2 milyar tahun yang dibangun oleh manusia..2 milyar tahun yg lalu (masa proterozoikum) dinosaurus aja belom bisa ngunyah kali ya mas..hihihihihihihi..macih dicuapin cama emak..
    :D
    buat yg ngga suka sama artikel mas enigma mending baca2 lagi jgn cuma di blog lokal sekali kali berselancarlah ke tetangga sbelah, walaupun bahasanya berbeda, kan skrg ada mbah translate..kalo masalah ilmiah keq gnie coba tanya ahlinya, kalo nda, buka ensiklopedia tentang fisika..bukunya tebel gileee, cocok buat nimpuk maho dah tu buku..
    :D
    myahahahahahahaha

    ditunggu artikel yg lainnya mas..

    ReplyDelete
  57. bolaeh tanya bagaimana dengan fenomena banuljaan ( makhluk yang diturunkan sebelum adam?) karna mereka dikatakan musnah karena kepandaian mereka yang luar biasa?

    ReplyDelete
  58. Hipotesa yg bagus, tp bukan berarti pendapat Anda juga benar kan? :) Betul hipotesa di lawan dengan hipotesa lagi.

    ReplyDelete
  59. Anda jg hoax. Alquran itu pembeda antara hak benar dan batil salah. Alquran itu huddalil muttaqin petunjuk bagi orang yg bertaqwa

    ReplyDelete
  60. Awal mulanya Tuhan YME ciptakan alam semesta (teori big bang) kemudian bumi dihidupkan dgn kehidupan hingga manusia menghuninya. Awalnya manusia percaya satu tuhan. Karena keingkaran dan memperturutkan hawa nafsu serta dipengaruhi iblis,manusia mengadakan perwujudan lain selain Tuhan YME.Kalau diteliti lebih jauh ada kemiripan ajaran pagan penyembah berhala termasuk di sini hindu satu sama lain. Karna Tuhan membinasakan umat pagan namun ajaran pagan ini dibawa atau sdh tersebar bersama perdagangan dan penyebaran suku peradaban keseluruh penjuru. Ada kemiripan fisik, bahasa antara India dan Iran iran Makanya ajaran trimurti jg dikenal dalam agama kuno babilonia di irak dan iran. Trimurti ini jg disahkan oleh vatikan dalam ajaran kristen padahal nabi Isa tdk memerintahkan kepada murid dan pengikutnya untuk menyembah Isa/yesus. Begitulah manusia selalu ingkar. Saya suka penulis mengungkap hoax walaupun dengan kutipan singkat. Saya pikir penulis berusaha tuk ilmiah dan logis. Tetap semangat menulis dan logis ya

    ReplyDelete
  61. Kenapa ya agama selalu dijelek2an pdhl ajaran semua agama itu sama yaitu mengajarkan kebaikan kepada seluruh manusia....tolong kalo pembahasan yang materinya tentang ilmu pengetahuan jangan pernah menjelek2an agama apapun...itu sangat sensitif...apakah anda tidak suka damai???

    ReplyDelete
  62. maaf.. begitu lama postingan ini dibuat, tapi saya baru membacanya. ada sedikit yang membuat saya tertawa, bukan karena lucu tapi ingin tertawa aja.

    "Gurkha, menerbangkan vimana (pesawat) yang kuat dan cepat melontarkan sebuah proyektil (rudal) yang diisi dengan kekuatan alam semesta (nuklir). pijaran tiang api dan asap sama terangnya dengan cahaya 10.000 matahari bangkit dengan seluruh kemegahannya. Itu adalah senjata yang tidak dikenal, sebuah petir besi, raksasa pembawa pesan kematian yang menjadikan seluruh suku Vrishnis dan Andhakas menjadi abu. Mayat-mayat menjadi begitu hangus hingga tidak dapat dikenali lagi. Rambut dan kuku berjatuhan, keramik tanah liat pecah tanpa sebab yang jelas dan burung-burung berubah menjadi putih...setelah beberapa jam, semua bahan makanan tercemar (radiasi)...untuk menyelamatkan diri dari api ini, para tentara melompat kedalam arus air untuk membersihkan diri mereka dan peralatannya. (Mahabharata - 6.500 SM? )"
    Nah, masalahnya adalah kitab Mahabharata tidak pernah memuat paragraf itu di dalamnya. Anda boleh mencarinya di internet lewat google."

    mungkin sebaiknya anda membaca buku mahabarata bukan malah mencarinya di Internet, bila perlu kitab yang asli. cerita-cerita dasyatnya ledakan2 senjata di kitab mahabarata sangat banyak, bukan hanya senjata milik arjuna, tapi senjata milik kesatria lainya.. dsana benar-benar diceritakan bagaimana sebah senjata bisa meledak hebat dan membakar ribuan prajurit. ada sebuah senjata kramat yang bernama Brahmastra. sejata itu digambarkan sangat dasyat bahkan saat senjata itu digunakan, maka wiayah ledakan itu akan tandus dan tidak bisa dihuni lagi... tolong di baca dari buku ya mas

    ReplyDelete
  63. Mohon penjelasannya lagi om, trs reaktor nuklir purba itu d gunakan atau bertujuan untuk apa klo tidak untuk mnciptakan tenaga nuklir, praktisnya untuk menciptakan senjata nuklir gitu lah, trs klo reaktor nuklir itu gagal sistem atau apalah kan juga bisa meledak, jadi ledakan nuklir purba bisa terjadi juga kan? Ledakan nuklir ini tidak hanya diartikan perang nuklir loh. Mohon beri penjelasannya lagi ya om, nakasih...

    ReplyDelete
  64. ditunggu kelanjutan artikel yg baru mR. E
    kalau boleh permintaan nie, tolong cari donk artikel mengenai aliran Freemansonry di Indonesia mR.E dan mengenai aliran tsb dgn politik di Indonesia sekarang ini..

    #sharing #Peace

    ReplyDelete
  65. Terimakasih, saya banyak dpt pelajaran dari membaca postingan ini, salam kenal dari saya theresia admin blog Honorer

    ReplyDelete