Wednesday, September 16, 2009

Jucelino Nobrega Da Luz - Nostradamus modern ?

Ini adalah kisah seorang guru sekolah berumur 49 tahun dari Brazil yang membangkitkan kembali minat terhadap Nostradamus. Konon katanya ia telah memprediksikan peristiwa bencana dengan akurat selama 15 tahun terakhir. Tulisan ini tidak dibuat untuk menonjolkan ramalannya, namun untuk meneliti klaim sebagian orang bahwa ia adalah Nostradamus modern.


Saya tidak pernah mendengarkan ramalan. Namun ketika diminta untuk menulis mengenai Jucelino, saya memutuskan untuk melihat kisahnya dari dua sudut pandang, sudut open minded dan sudut skeptis.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk diperdebatkan dan disangkutpautkan dengan ideologi karena saya menulisnya dengan cara berpikir yang wajar-wajar saja.

Latar Belakang
Lahir tahun 1960 di Brasil. Ia memiliki seorang istri dan dua anak. Menurutnya ia telah memperoleh kemampuan mendapatkan firasat mengenai masa depan sejak usia 9 tahun. pada usia 19 tahun ia berjumpa dengan peramal terkenal Brasil bernama Franciscoshabiz dan setelah itu kemampuan meramalnya bertambah. Konon sejak itu ia telah meramal 80.000 kasus.

Beberapa ramalan di masa lalu
Ini adalah beberapa ramalan yang konon berhasil diprediksinya dengan akurat :

Pada tanggal 4 maret 1997, ia mengirimkan surat ke putri Diana mengenai rencana pembunuhannya. Dan peristiwa pembunuhannya dapat terjadi sebelum tahun 2000. Kita tahu bersama bahwa putri Diana memang terbunuh pada kecelakaan mobil di Paris tahun 1997.

Tahun 1989, ia mengirim surat ke kedutaan besar Inggris dan presiden Amerika bahwa WTC akan diserang dua kali. Pertama pada tahun 1993. Dan kedua tanggal 11 September 2001. Setelah dua serangan ini, perang di Irak dan Afghanistan akan meletus. Kita juga tahu bahwa peristiwa ini sungguh terjadi.

Ia juga konon memprediksi tempat persembunyian Saddam Husein yang menyebabkan Saddam ditangkap oleh pasukan Amerika.

Yang lebih mengejutkan, ia disebut pernah mengirim surat kepada presiden Suharto pada tahun 1998 mengenai tsunami Aceh yang akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 dan mendapat surat balasan dari kantor kepresidenan.

Untuk mendukung keabsahan ramalannya, Jucelino menunjukkan beberapa dokumen yang telah disahkan oleh notaris yang menunjukkan bahwa ia memang telah meramalkan peristiwa itu sebelumnya. Namun anehnya, ia selalu mengumumkannya setelah peristiwa terjadi dengan menunjukkan surat tersebut.

Dengan melakukan ini, bagi saya ia lebih terlihat seperti Dedy Corbuzier dibanding Nostradamus !

Dapatkah dipercaya ?
Masalahnya satu, dari semua prediksi diatas, klaim bahwa ia sudah meramalkannya sebelumnya hanya datang dari pihak Jucelino dan ia selalu mengumumkannya setelah peristiwa tersebut tejadi. Seperti kita ketahui, apabila sebuah peristiwa besar terjadi, maka para peramal berebut untuk berbicara di TV bahwa mereka sudah meramalkan hal itu sebelumnya.

Setelah ia mengklaim ramalan-ramalan diatas, ia melanjutkan dengan ramalan-ramalan barunya. Ramalan dibawah ini adalah ramalan yang paling banyak dikutip di Blog dan Web:

Tahun 2008

1. Obat penangkal Aids ditemukan

2. 18 Juli akan terjadi gempa besar di philipina dan menewaskan ribuan orang.

3. Empire State Building, New York pada September akan mengalami peristiwa teror.

4. 13 September akan terjadi gempa 9,1 skala Richter di Cina dengan Tsunami setinggi 30 meter, 1 juta orang akan tewas.

Kita anggap saja beberapa ramalan diatas adalah ramalan yang memang benar diucapkan oleh Jucelino walaupun saya menemukan adanya web yang menyangkal hal itu.

Namun, ramalan manapun yang kita pegang, ternyata tidak terbukti semua. Tahun 2008, ia menimbulkan kepanikan di Jepang karena meramalkan adanya gempa besar. Ketika ramalannya meleset, ia diundang untuk wawancara oleh sebuah stasiun TV :

Ia mengatakan bahwa ia bahagia mimpinya mengenai gempa Jepang tidak terjadi dan ia beranggapan bahwa merupakan hal yang baik jika orang Jepang mendengarkan prediksinya dan menjadi lebih siap dalam menghadapi gempa.

Menurut saya ini kasus klasik peramal yang selalu punya "alasan" untuk gagalnya ramalannya. Alasan lain yang sering dikemukakan para peramal yang meleset adalah : "Namanya juga ramalan, bisa salah bisa benar."

Anda juga sering mendengarnya kan ? Kalimat ini juga bisa ditemukan di websitenya. Ini screenshot websitenya yang saya terjemahkan dengan google translate dari bahasa portugis ke bahasa Inggris.


Inilah bunyi kalimat yang saya lingkari merah :

IT IS A PREDICTION AND CAN AND/ OR NOT HAPPEN....LET US WAIT FOR SOME HUMAN ACTIONS TO CHANGE THE DOOMSDAY,AND DO NOT HAPPEN!!! IT IS A

PREDICTION AND CAN AND / OR NOT HAPPEN .... LET U.S. WAIT FOR SOME HUMAN ACTIONS TO CHANGE THE DOOMSDAY, AND DO NOT HAPPEN!

Menurut saya, ia telah menyiapkan jalan belakangnya dengan baik !

Dokumen-dokumen
Namun, saya sudah mengatakan diatas bahwa saya akan melihatnya dari sudut open minded. Jadi saya tetap memikirkan kemungkinan bahwa ia bukan seorang penipu. Jucelino konon pernah mengirim surat kepada Mustang radio di Indonesia bahwa pesawat militer akan jatuh di Jawa pada tanggal 20 Mei 2009. Ramalan ini terbukti benar.

Tapi sekali lagi, apabila klaim itu datang dari Jucelino, maka kebenarannya akan terus diragukan. inilah kopi surat Jucelino yang diklaimnya pernah diserahkan kepada Mustang Radio :

Entah surat ini benar atau tidak, saya tidak tahu. Mungkin Mustang Radio suatu hari bisa mengkonfirmasinya.

Kemudian ketika saya mencari dokumen mengenai surat kepada presiden Indonesia, saya menemukan bahwa Jucelino pernah memamerkan dokumen yang diklaimnya sebagai surat ucapan terima kasih dari pemerintah Indonesia atas ramalannya mengenai Tsunami Aceh di sebuah acara televisi Jepang.


Tapi aneh, karena di beberapa website yang saya cek, berita yang dimuat mengenai surat ini adalah :

The thanks letter from Meigawadi said “ about the 2004 earthquake and tsunami, to prevent the disaster, we must do a lot of things, but in another hand, we can do nothing”. The thanks letter from Indonesia Embassy said “…..we will send this letter to our government, if you have any update information, please let us know”.

Meigawadi ???

Apakah megawati ? Megawati tidak lagi menjadi presiden pada saat Tsunami Aceh terjadi. Jadi maksudnya apa ?? salah kutip ???

Lagipula saya merasa heran jika pemerintah bersusah payah untuk membalas surat dari seorang peramal.

Saya juga membaca di beberapa web bahwa sebuah stasiun TV di Brazil pernah membongkar kedok Jucelino yang ternyata memalsukan dokumen. Ia membuat sebuah dokumen prediksi, lalu di tempat kejadian dan tanggal dikosongkan, ketika suatu peristiwa terjadi, barulah ia mengisinya dan mengumumkannya setelah itu dengan memamerkan surat tersebut.

Namun, saya tidak bisa menemukan konfirmasi mengenai desas-desus ini.

Tapi ada satu hal yang menarik perhatian saya. Yaitu surat yang diklaimnya berupa ucapan terima kasih dari presiden Indonesia dan ditunjukkannya di TV Jepang.


Lihat logo garuda di atas surat. Saya membandingkannya dengan logo garuda yang ada di surat kepresidenan lainnya. Menurut saya agak mencurigakan. Lihat panjang pita di bawah kaki garuda. Lihat lebar sayap garuda. Agak tidak match sepertinya.

Apakah dokumen yang dipamerkannya palsu. Saya tidak tahu.

Jadi siapakah Jucelino ?
Mereka yang telah curiga dengan Jucelino kembali diperkuat ketika Reuters memuat berita bahwa Jucelino menuntut hadiah 25 juta dolar dari Amerika karena ia berhasil memprediksi lokasi persembunyian Saddam Husein yang menyebabkan Saddam dapat ditangkap oleh Amerika. Namun Pengadilan Brazil menolak Kasusnya. namun paling tidak dari kepopulerannya, Jucelino telah menjadi kaya raya dari hasil menulis buku dan undangan untuk berbicara.

Memang agak sukar menentukan identitas Jucelino yang sebenarnya. Segala informasi mengenai Jucelino sangat simpang siur. Tapi ini kesimpulan yang saya ambil :

Saya tidak mengatakan bahwa ia adalah seorang penipu, soalnya saya memang tidak bisa menemukan bukti kuat bahwa ia penipu. Namun saya juga tidak mengatakan bahwa ia adalah Nostradamus modern.

Jika ia adalah seorang peramal, maka saya beranggapan ia adalah peramal yang sering meleset.

Saran saya, lupakan Jucelino, lanjutkan hidupmu. Hidup tidak akan menarik jika kita mengetahui masa depan kita dengan spesifik.

Tapi ini cuma saran. Jika anda memilih untuk tetap percaya kepadanya, silahkan pegang apa yang anda percayai, saya tidak akan mendebatnya.



1 Januari, di studio sebuah stasiun TV....

Reporter TV :
"Kira-kira memasuki tahun yang baru ini, apa yang akan terjadi atas Indonesia ?"

Peramal cerdik:
"Tahun ini akan terjadi banyak bencana alam, kecelakaan dimana-mana, banyak artis yang bercerai, dan ada artis senior (tua) yang meninggal."

Reporter TV:
"Bencana apa, Kecelakaan apa, siapa artis yang bercerai dan meninggal ? kapan semuanya akan terjadi ?"

Peramal cerdik:
"Saya tidak bisa membongkar rahasia Tuhan !"

Reporter TV :
"Wow, ramalan yang luar biasa. Tahun depan anda akan kami undang lagi !"

1 Januari Tahun berikutnya..di sebuah studio stasiun TV yang sama...

Reporter TV :
"Ramalan anda sangat akurat, tahun kemarin memang banyak terjadi bencana dan kecelakaan. Artis-artis banyak yang bercerai dan memang ada artis senior (tua) yang mati. Menurut anda, untuk tahun ini apa yang akan terjadi pada Indonesia ?"

Peramal cerdik:
"Tahun ini tidak akan lebih baik dibanding tahun lalu. Akan terjadi banyak bencana alam, kecelakaan dimana-mana, banyak artis yang cerai, dan ada artis senior (tua) yang meninggal."

Reporter TV:
"Bencana apa, Kecelakaan apa, siapa artis yang bercerai dan meninggal ? kapan semuanya akan terjadi ?"

Peramal cerdik:
"Saya tidak bisa membongkar rahasia Tuhan !"

..........................

(jucelinodaluz.com.br)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

44 comments:

  1. wakakakaka.......finnnnaaaalllyyyy.....saya juga gak pernah percaya ramalan mister enigma(meski saya juga mempelajari clairvoyance dan sering mengalami dejavu,yang akhirnya toh sering terjadi)...kenapa anda tertarik memposting tentang jucelino juga akhirnya...anyway menurut saya pribadi memang ada orang yang bisa melihat masa depan dan kadang hal itu memang terjadi dan ada hal yang sebetulnya memang terlihat dalam visi tetapi tidak terjadi dikarenakan memang Tuhan tidak menginginkan hal itu terjadi,because it's a secret....btw seperti comment saya kemaren...apa salahnya kita prepare...keep posting bro...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. "saya juga gak pernah percaya ramalan mister enigma"

      enigma ga pernal meramal :v

      "kenapa anda tertarik memposting tentang jucelino juga akhirnya"

      itu pertanyaan apa pernyataan? :v

      "anyway menurut saya pribadi memang ada orang yang bisa melihat masa depan dan kadang hal itu memang terjadi dan ada hal yang sebetulnya memang terlihat dalam visi tetapi tidak terjadi dikarenakan memang Tuhan tidak menginginkan hal itu terjadi"

      kalo Tuhan tidak menginginkan sesuatu terjadi ya memang ga terjadi, darimana orang yang dapat premonition bisa tau kalo itu bakal terjadi kalo ga terjadi? :v

      Delete
  2. Pembahasannya lengkap bgt bro, saya malah ga kepikiran masukin dokumen dari jucelino untuk indonesia di artikel saya (kykny msti lbih bnyk blajar sma om enigma nie)^^...

    Saya jg ga percaya ramalan (walaupun banyak yg pnya six sense dan t'bukti benar), tapi ga ad salahnya utk jaga2 jadi kewaspadaan lebih tinggi, "betul tidak??"

    ReplyDelete
  3. hahahah...betul tuh bro, mending jalanin hidup ini, ramalan bole didengar, tapi jgn terlalu dipercaya, hanya TUHAN yg tahu....keep posting !!!

    ReplyDelete
  4. posting tentang ramalan ya...
    menarik juga...
    saya setuyju juga tuh ma yang comment pertama...
    tapi apapun itu, yang namanya ramalan ya tetap ramalan, kalaupun terbukti itu hanya kebetulan saja, kalau nggak terbukti toh ujung-ujungnya cuma comment "namanya juga ramalan"..
    kita nggak akan pernah bisa menduga apa yang akan terjadi beso atau dimasa depan...
    jadi....
    kalau mau..kita bisa ubah masa depan dari sekarang...
    nggak percaya???
    caranya..
    semua itu ada di impian kita masing-masing kok...

    ReplyDelete
  5. enigma, mantap anlisa lo,,, kmren2 jg pernah dengar tntang ni orang,,, tp ngga cari informasi2 tntang kbnran ramalan2nya...
    ------------------------------------
    blog lo tmbah ciamik aj....
    gali terus misteri dunia ya...
    ad PR buat lo ni dari yos..
    tolong bahas tentang freemason atau illumination dunk...
    pasti seru tuh...
    ditunggu ya....

    ReplyDelete
  6. hahaha.....
    mau ramalan yg akurat?!
    tanya ama flying Dutchman or Davy Jones....
    nyiahahah.....

    he's said:
    KraKen will Come.....

    jhahahaggz.....


    CAYO-CHAYO PROF.....

    GBU

    ReplyDelete
  7. Reinhazen VlatzkovitchSeptember 19, 2009 at 10:27 PM

    waw... tentang posting saya yang bernamakan anonimus di post... aduh saya lupa judulnya yang menceritakan ttg "tengkorak bergerak cepat di langit2 rumah setiap mati lampu"
    ternyata itu adalah teman saya yang ingin diajak berbicara...
    tidak di Bulan Ramadhan maupun bulan2 biasa, dia seringkali ku ajak berbicara dengan posisi tubuh yang tidak kelihatan dan hanya kakinya saja yang terlihat dari langit2 dia berkata " hey fuad, kamu kenapa tidak menghadiri pemakaman gue di Jakarta 5 tahun yang lalu?? padahal lo adalah teman terbaik yang saya bisa miliki seumur hidup sampai kejadian tersebut terjadi..."
    lalu saya menjawab " maafkan saya temanku... gw pada waktu itu mengalami kejadian yang sangat mengerikan, pada malam itu saya seperti dikejar2 mayat mayatnya tidak seperti kamu tetapi berwarna hitam kelam dan mengatakan saya harus melakukan bla3x [saya merahasiakan catatan ini] jikalau tidak engkau akan mendapatkan kabar buruk esok hari... lalu sayapun pergi ke rumah warga setempat, ketika saya melintasi jalan awal yang saya lewati.. spirit tsb. menghilang tanpa jejak... begitulah yang saya alami ketika paginya engkau meninggal karena tertabrak bis.. kawan ku "
    "o.. jadi begitu... terimakasih, saya bisa hidup tenang di alam baka setelah mendengar ceritamu tadi... asal kamu tau, badan saya tidak ada gara2 yang tersisa dari tubuh saya adalah kaki2 ini.., dan saya meminta maaf kepada kakak-mu yang saya takuti setiap mati lampu.. "

    demikian cerita nyata dan baru terjadi kemarin malam...
    cerita ini tidak direkayasa...
    wassalam

    ReplyDelete
  8. ramalan?? ok2 saja, ambil positifnya...
    keep posting ^^

    ReplyDelete
  9. Ni jhon doe,
    Saya suka gaya penjelasan bung enigma.
    Manusia memang diwajibkan untuk menggunakan akalnya dalam mencerna suatu hal. Thanks.

    ReplyDelete
  10. Ni john doe (joedhon69@yahoo.com),
    Kalo menurut buku "berdialog dgn jin" (saya lupa nama pengarangnya), bahwa ramalan2 yang jelas2 disampaikan sebelumnya dan terbukti, kadang hal itu ada. Hal itu terjadi karena manusia peramal itu mendapatkan informasi ttg masa depan dari jin yang "nakal". Jin itu "mencuri dengar" berita dari langit, yaitu mencuri2 dengar perbincangan para malaikat yang akan "mengeksekusi" takdir Tuhan.
    Misalnya hujan atau kematian. Mungkin para malaikat yang bertugas menurunkan hujan atau mencabut nyawa sedang ngobrol di langit sana, trus jin2 nakal tsb sengaja menguping untuk mendptkan kabar hal tsb. Tentu saja hal ini tidak diperbolehkan, kalo ketahuan nguping, jin2 tsb akan diburu dengan "api langit" hingga jin tsb bisa celaka (atau bahkan mati).
    Kenapa jin melakukan hal itu? jin2 nakal melakukan itu untuk mendptkan upah dari manusia yang dibantunya, mungkin upahnya bukan secara fisik, tapi manusia itu harus menjual keimanannya. Begitulah dari yang saya baca.
    Soal arwah, itu juga ulah jin. Iman saya mewajibkan saya percaya bahwa setelah mati, arwah ya di "kunci" di alam kubur sampai kelak dibangkitkan lagi, nah jin2 yg nakal suka mengaku2 bahwa dia adalah arwah si "itu" dan bisa menceritakan detail ttg si "itu" yg diakuinya. Knp? krn sepanjang hayat manusia, dia selalu diikuti oleh jin pendamping. Nah, mungkin jin2 nakal mengorek info dari si jin pendamping, jadi dia bisa tau segala hal ttg si "itu", trus mengaku2 sbg arwah si "itu". Sesungguhnya Tuhan yg Maha Tahu.

    ReplyDelete
  11. wah...wah...mau nyaingin si mama lauren agaknya ^^

    ReplyDelete
  12. Gw gk percaya.. Gw sbelumnya sempat rada ngeri liat surat2 yang ditulis ama dia, tp pas liat lambang burung Garuda, gw agk sangsi ama dia.. Wkakaka.. Bro Enigma emng pinter cari bukti! Top!

    ReplyDelete
  13. saya yang mungkin paling terdepan yang mengatakan bahwa saya tidak percaya sama ramalan...sama sekali, oh iya kata2 yang terakhir itu mengenai peramal cerdik itu mirip MAMA LAUREN (benar ya), ha...ha.....

    ReplyDelete
  14. gut bang enigma.teliti banget.akuntan ap ditektip?
    btw bang,ngga brminat utk bahas misteriusmen dlm negri y?supriyadi misalnya?kurang mnarik y?d tv sering d bahas,tp analisa yg d buat berasa ada tendensi.kl lg mut dn trnyt minat,d tnggu analisanya

    ReplyDelete
  15. COba kalian pikir matang2 apabila seorang peramal menyebutkan nama orang itu...
    orang yang diberitahu akan meninggal itu jadinya gimana? perasaanya gmn?

    ReplyDelete
  16. Kalo dibandingkan dengan peramal Indonesia yaitu si mama Loren gimana yak? Kalo si Dedy C. kan memang entertain, jd bukan meramal...

    ReplyDelete
  17. knp gak sekalian ditanyain ke radio mustang?
    knp gak di chek ke kbri brazil?
    tanggung amat sih..

    ReplyDelete
  18. d'bandingkan yg lain,cerita yg 1 nie tidak menarik,,,

    :P

    ReplyDelete
  19. wah, saya suka banget nih kisahnya...
    memandang "isu" dari sisi fakta dan logika..
    tidak mudah terpengaruh dari satu pemahaman, mencari bukti dan mengungkap sisi kekurangannya yang belum terkuak...
    Lebih keren dari acara televisi, "silet"
    :)

    ReplyDelete
  20. Mantep nih tipsnya mas sangat bermanfaat, apalagi buat newbie seperti saya ini.

    O ya salam kenal ya mas,,,Blogger newbie

    ReplyDelete
  21. kalau cuma meramal sih saya juga paling jago contoh:
    1. saya meramalkan bahwa blog ini akan tetap ramai di kunjungi dalam beberpa bulan kedepandgn syarat pemilik blog tetap memposting artikel yahud dan bermutu seperti selama ini.
    2. tahun ini bakan banyak anak SMA yang lulus,dan saya memprediksi bahw yang tidak lulus akan banyak yang menangis
    3. ini adalah ramalan saya yang paling sakti : Bahwa keadaan indonesia tidaka akan beubah sedikit pun indonesia tetpa akan berada di kawasan tropis dgn 2 musimnya yaitu kemarau dan hujan.

    demikian prediksi dan ramalan saya pada tahun 2010 ini, silahkan dipercaya

    hahahahahha..^^v

    ReplyDelete
  22. hahah
    saya suka gaya bung menjelaskan tentang ini..., keren mamen..., memang kita tidak boleh percaya dulu tentang suatu info sebelum kita menyelidiki kebenarannya

    ReplyDelete
  23. mangstap gan..dtunggu lg tulisan2 ente...

    ReplyDelete
  24. Kebetulan sya termasuk org yg telat baca tentang jucelino.Sy coba search di google hmpir smw sama alias copas.Tapi enigma ada bedanya coz ada klarifikasi n ga asal percya.Enigma kritis.Salut deh.

    ReplyDelete
  25. selain ramalan rasulullah emang perlu diragukan bro..
    Eh, btw ada satu nama yg cukup familiar bagi org jawa Ronggo warsito yg meramalkan jaman edan. As long as know lumayan terbukti. Dibahas jg mau bro, gmn? Ditunggu

    ReplyDelete
  26. analisis yg cerdas brother haha... memang peramal tdk dpt kita katakan sebagai tukang tipu namanya juga ramalan kan hny prediksi . tapi sya sngt suka dgn analisa brother enigma mereka itu "pintar " ya sy lebih suka kata pintar mrk semua kbnykn pintar "ngeles" tai chi ciat ...... kalau sdh slh kan namanya juga cuma prediksi haha

    ReplyDelete
  27. hmmm...
    sebenernya ad sebgoian orang yang diberi karunia
    itu(meramal/melihat masa depan) oleh TUHAN.
    tapi sering kali mreka terlalu memberikan kabar yang gamblang, coba lihat ramalan jayabaya
    walau kabur, kebnyakan terwujud, dan hidupnya lama-ngerti maksud saya?-, sehingga dapat memberi pratanda" untuk umat manusia...

    ReplyDelete
  28. Bahkan, satu satunya Ramalan alm. Mama lauren yang saya yakini benar adalah soal Dewi Perssik yang akan meroket mengantikan Inul.. :P

    -melao

    ReplyDelete
  29. loh, tapi yang di situs aslinya itu dia meramalkan bencana gempa padang dengan tepat????itu bagaimana mr. Enigma??

    Saya pernah melihat di salah 1 blog berbahasa indonesia, dan membaca dengan mata kepala saya sendiri SEBELUM bencana padang terjadi...dia meramalkan ada BENCANA gempa bumi di padang

    Banyak comment juga menghina dia.
    Setelah 3 bulan ke depan betulan terjadi bencana dan seluruh pembaca blog itu terkejut!!!

    Bagaimana penjelasan ada sir?thanks

    ReplyDelete
  30. Saya jg sangat tidak percaya ramalan, tpi mau menanggapi Surat Tsunami ke Presiden Megawati itu tertanggal berapa? Tsunami terjadi Pada awal Pemerintahan SBY, bisa jadi waktu Surat itu terkirim masih Megawati yg menjabat. Klo sama Ramalan. Ramalan cuma sebuah perkiraan, gak wajib dipercayai. Ada yg lebih berkuasa atas terjadi nya sesuatu

    ReplyDelete
  31. SPMD

    Fortune teller make me scared, I dont like it
    I saw DP, she is not my type
    I saw JP, she is not my type
    and the result is... they are fighting each other..because I don't like their appearance on tv, they are too....you know...when they speak...sounds like they forcing something, their will is against social value.
    If you want to know me, drop it! ok.
    I am beyond your knowledge.
    I am unpredictable

    Just be proud, that you have me was born here in Indonesia

    ReplyDelete
  32. B4K50T1KU5.......

    dear enigma yg paling cakep sejagat.
    salah satu ramalannya terbukti oleh jucelino....mengenai gempa jepang....yg diprediksinya pada tahun 2008...ternyata di bulan maret 2011 gempa itu terbukti...gempa yg berkekuatan 9 SR...yang berpengaruh terhadap kecepatan rotasi bumi...gempa dengan intensitas tinggi yang hanya bisa terjadi setiap 1000tahun...pulau honshu pun bergeser 2,4 meter....
    saya penggemar blog ini dan hampir 100 persen posting enigma...udah saya baca....
    pasti setiap orang ada yg mempunyai kelebihan bisa meramalkan sesuatu...
    duh salah satu contoh seorang nabi yusuf yg tampan ...bisa meramalkan dengan mimpinya [maaf membawa agama dll] bisa baca kisah mimpinya di salah satu ayat di alquran....
    bagi kalain yg tetap tidak percaya...itu terserah kalian.....
    tapi setidaknya kewarasan anda mesti setidaknya sedikit di koreksi...dari hanya bisa mengatakan tidak terhadap sebuah ramalan...

    ReplyDelete
  33. @B4KSO T1KU5: jucelino meramalkan gempa itu akan terjadi tanggal 13 sept 2008 bro. Apakah itu artinya ramalannya akurat? Kalau ramalan ini disebut akurat, maka setiap orang di dunia ini bisa meramal dengan akurat.
    Tentu saja ada orang-orang tertentu yang diberikan penglihatan mengenai masa depan. Namun, pada masa israel kuno, jika ada seseorang bernubuat mengenai masa depan dan meleset satu kali saja, mereka akan segera dirajam sampai mati. Berbeda kan dengan paranormal jaman sekarang?

    ReplyDelete
  34. B4K50T1KU5......

    au au au au...dapat pertanyaan dari sang detektif jenius neh....hehehehehehehe
    tidak akurat...kan tahunnya aja udah beda...seperti yg udah saya sebutin di atas
    beda dong...kalau paranormal jaman sekarang kan bisa pasang iklan..dan promosi...pakai reg spasi ramal kirim ke 6876..heheheheheh..
    sekedar tambahan aja...melalui teknologi juga belum bisa meramalkan gempa dgn akurat...
    saya setuju mengenai ada orang2 tertentu yg diberikan penglihatan mengenai masa depan...
    dan juga nabi yusuf yg kusebutin di atas...juga hidup di zaman israel kuno....bisa di katakan nabi yusuf mempunyai ayah nabi yaqub yg mempunyai nama lain israel...tapi sayangnya ramalam nabi yusuf selalu benar di masa itu...

    ReplyDelete
  35. B4K50T1KU5......


    hai Mr enigma..yg paling cakep sejagat...

    neh gue copas dari kompas...

    PRIA ini diejek para ilmuwan setelah ia mengaku sudah memprediksi gempa bumi di Christchurch, Selandia Baru, Februari lalu. Namun ia telah dengan tepat memprediksi sebuah gempa yang lain.

    Ken Ring, nama pria itu, memperingatkan bahwa gempa susulan akan mengguncang Christchurch hari Minggu (20/3/2011), demikian diberitakan The Telegraph, Rabu. Para ilmuwan pun membuat taruhan terbuka bahwa hal itu tidak akan terjadi. Namun, mereka terkejut ketika kota itu benar-benar terguncang gempa susulan terbesar sejak gempa Februari lalu yang menewaskan lebih dari 182 orang.

    Ring telah menjadi sumber perdebatan sengit di Selandia Baru dalam beberapa pekan terakhir karena prediksi gempanya. Ia mendasarkan prediksinya pada keyakinan bahwa gempa disebabkan oleh tarikan gravitasi bulan pada lempeng tektonik bumi.

    Para seismolog telah menolak teori tersebut. Namun hal itu telah terlanjur mendapat perhatian di negara itu saat kabar menyebar bahwa Ring, yang dijuluki "Manusia Bulan" (Moon Man), tampaknya telah secara tepat memprediksi gempa pada September tahun lalu dan Februari tahun ini.

    Ketika Ring memperingatkan bahwa pada 20 Maret 2011 pagi, saat bulan berada sangat dekat dengan bumi, gempa lain akan mengguncang, sebagian warga Christchurch percaya padanya dan memutuskan untuk keluar dari kota itu. Namun Ring dilecehkan oleh sebagian media, politisi, dan kalangan ilmuwan.

    Maka, pada hari Minggu itu, demi membuktikan pendapat mereka, sekelompok ahli geologi, insinyur, dan menteri kabinet bergelar PhD dalam bidang geoteknik mengadakan makan siang di salah satu gedung tua dan tertinggi di Christchurch, tepat pada saat gempa diperkirakan akan terjadi.

    Makan siang mereka sama sekali tidak terganggu, tetapi pada pukul 21.47 kota itu terguncang gempa susulan berkekuatan 5,1. Meski kurang kuat sebagaimana diprakiraan Ring, gempa benar-benar terjadi dan 10 jam terlambat. Gempa itu merupakan gempa susulan terbesar sejak bulan Februari, yang membuat sejumlah orang mengklaim bahwa "Moon Man" benar.

    Namun para ilmuwan tetap mengabaikan teori Ring. Dr Mark Quigley, seorang dosen pada bidang tektonik aktif dan geomorfologi, berkata, "Kutipan tidak jelas tentang kisaran hari terjadinya peningkatan aktivitas (gempa), tanpa besaran kekuatan, lokasi, dan waktu yang tepat bukan merupakan prediksi......


    keng ring termasuk apa yaaaa......

    ReplyDelete
  36. saya pernah baca di suatu web site, kata'ny si Jucelino ini bisa meramalkan kejadian sampai thn 2043, waktu saya baca, mlh jd takut sendiri aq, tp optimis itu ramalan yg slh.

    ReplyDelete
  37. ada juga yg bahas Jucelino..
    bener banget mr. Enigma "Hidup tidak akan menarik jika kita mengetahui masa depan kita dengan spesifik"

    Cukup tahu umumnya saja..
    tapi iseng2 suka pengen tahu sih spesfik akan sutau hal..

    Dasar manusia,,dilingkupi dengan rasa Penasaran bahkan berlebihan...hehe

    ReplyDelete
  38. "Jika kau memerlihatkan kepada seseorang tentang masa depan dirinya, maka orang itu tak punya masa depan lagi."
    -Michael Jennings-
    (film Paycheck)

    ReplyDelete
  39. ramalan hanya menjadi landasan agar kita berhati-hati

    ReplyDelete
  40. rigan baleharjo 2 pacitanAugust 3, 2013 at 1:13 PM

    bung E tolong dong artikel hoax nya ditambahin ya

    ReplyDelete