Monday, November 30, 2009

Misteri Cahaya Marfa - Terpecahkan ?

Beberapa waktu yang lalu, saya telah menulis mengenai fenomena misterius yang disebut dengungan bumi (earth's hum), yaitu suara frekuensi rendah yang kadang terdengar di beberapa bagian bumi. Ini satu lagi, fenomena misterus serupa yang terjadi di beberapa bagian bumi, yaitu cahaya bumi (earth's light).  

Apabila dengungan bumi yang paling dikenal adalah Taos Hum, maka cahaya bumi yang paling terkenal adalah yang berasal dari wilayah Marfa di Texas, yang kadang disebut Marfa's Light atau cahaya Marfa. Jadi tulisan ini akan lebih memfokuskan pada cahaya marfa.

Selain di Marfa, fenomena serupa juga terjadi beberapa bagian dunia lainnya. Ada Brown Mountain Lights di North Carolina, Hessdalen Light di Norwegia, Paulding Light di Michigan dan Min min light di Australia.

Dari antara semua fenomena tersebut, Cahaya Marfa adalah penampakan yang pertama kali dilaporkan.

Sejarah Cahaya Marfa
Pada tahun 1957, satu artikel di sebuah majalah menceritakan adanya fenomena misterius berupa penampakan bola cahaya aneh pada malam hari di dekat wilayah Marfa, Texas. Ukurannya sebesar bola basket dan terlihat mengapung setinggi bahu ke atas.


Kadang bola cahaya ini terlihat berjumlah lebih dari satu. Beberapa saksi bahkan menyaksikan bola cahaya ini membelah dan bertambah banyak. Biasanya bola-bola cahaya ini berwarna putih, merah, kuning, atau oranye dan bergerak naik turun.

Walaupun fenomena ini pertama kali dipublikasikan pada tahun itu, laporan yang lebih awal bisa ditemukan lewat cerita mulut ke mulut sejak puluhan tahun sebelumnya.

Pada tahun 1883, Seorang penduduk Texas bernama Robert Ellison sedang berkemah di sebelah barat Paisano Pass, Texas. Tak lama kemudian ia mulai menyaksikan cahaya-cahaya aneh berbentuk bola di kejauhan.

Pada mulanya ia mengira kalau cahaya itu adalah sinyal dari suku Indian Apache. Namun setelah memandangnya selama beberapa saat, ia menyadari bahwa cahaya itu bukan seperti yang dipikirkannya. Selama beberapa saat, Ellison melihat bola cahaya aneh itu menari-menari dengan liar di atas permukaan tanah. Penasaran, ia pulang ke rumah dan menceritakan penampakan itu kepada teman-temannya.

Salah seorang dari teman Ellison kemudian mengatakan kepadanya bahwa cahaya itu memang sering terlihat di tempat itu dan tidak ada seorangpun yang tahu darimana asalnya.

Setelah publikasi tahun 1957 mengenai fenomena ini, penampakan bola cahaya tersebut menjadi hal yang sangat biasa di wilayah itu. Para penduduk dapat melihat cahaya Marfa muncul hampir setiap malam.

Mereka yang ingin tahu kemudian mencoba menyelidiki sumber bola cahaya tersebut. Namun mereka tidak menemukan apapun. Tidak ada bangunan, api unggun, aktifitas manusia atau deposit mineral yang mencurigakan.
Saking umumnya fenomena ini, di wilayah Marfa, bahkan disediakan satu tempat dimana para turis dapat melihat cahaya tersebut dengan jelas, yaitu di sisi selatan Highway 90, sekitar 8 mil timur Marfa. Para pemburu cahaya dapat memarkir mobil mereka disitu dan melihat ke arah puncak Chinati. Dan disinilah umumnya mereka bisa melihat bola-bola cahaya aneh menari-nari di udara.

Darimanakah cahaya misterius itu berasal ?

Teori-teori
Ada beberapa teori yang berusaha menjelaskan sumber cahaya aneh tersebut, baik yang bersifat sains atau tidak.

Sebagian orang menyebut cahaya ini adalah cahaya yang berasal dari ufo atau alien. Sebagian lagi mengatakan bahwa cahaya itu adalah arwah yang termanifestasi dalam bentuk orb.

Tentu saja saya tidak akan menghabiskan waktu untuk membahas kedua teori itu. Tapi saya akan membahas teori yang bersifat sains.

Gas Rawa
Satu abad yang lalu, tidak ada cahaya yang lebih terang dibanding lentera atau api unggun. Jadi beberapa peneliti mengusulkan kemungkinan gas yang berasal dari rawa. Gas yang naik dari rawa akan termanifestasi dalam bentuk cahaya-cahaya. Namun masalahnya di wilayah marfa, tidak pernah ada rawa yang ditemukan.

St Elmo's Fire
Teori lainnya adalah St Elmo's Fire, yaitu sebuah fenomena cuaca elektrikal dimana cahaya plasma tercipta oleh pelepasan koronal yang berasal dari objek dekat permukaan tanah yang berada di atmosfer yang dipenuhi oleh medan elektrik.

Stop ! anda mungkin berteriak !

Tenang, saya tahu, definisi di atas terlalu membingungkan. Bahkan saya yang menulisnya sama sekali tidak mengerti artinya.

Jadi saya akan mempermudahnya. St Elmo's fire adalah kilauan yang menyertai pelepasan listrik yang terus menerus dari objek tertentu.

(Jika anda masih belum memahami definisi ini, maka saya tidak tahu harus berkata apa lagi.)

Oh ya, St Elmo's Fire ini juga pernah menjadi teori penjelasan mengenai penampakan ufo di masa lampau seperti foo fighters yang pernah saya tulis sebelumnya.

Fenomena ini sering muncul ketika terjadi petir dan waktu tertentu dimana awan yang mengandung muatan listrik muncul. Namun disinilah kelemahan teori ini. Fenomena ini tidak tercipta apabila syarat di atas tidak terpenuhi.

Pembalikan temperatur
Diantara semua teori mengenai sumber cahaya Marfa, ada satu teori yang dianggap paling tepat sebagai pemecahan kasus ini. Teori ini telah diuji dan dibuktikan, yaitu teori pembalikan temperatur.

Menurut beberapa peneliti, cahaya Marfa sesungguhnya berasal dari lampu mobil yang bertemu dengan fenomena pembalikan temperatur.

Pembalikan temperatur sendiri terjadi ketika udara padat yang dingin terjebak pada lapisan udara hangat di dekat tanah.

Jadi, ketika sebuah mobil lewat di jalan tol, bahkan bermil-mil jauhnya, dan bertemu dengan kondisi pembalikan temperatur, maka cahaya lampu mobil akan menciptakan bola-bola cahaya aneh yang mengapung di udara.

Dalam kasus Marfa, pembalikan temperatur terjadi akibat Iklim puncak Chinati yang hangat bertemu dengan iklim plato Marfa yang lebih dingin.

Oh ya, satu lagi. Teori ini juga dipakai oleh para pejabat militer Amerika dari project blue book untuk menjelaskan fenomena Washington national airport sightings.

Eksperimen pembuktian cahaya Marfa

Teori penyimpangan temperatur ini terbukti pada tahun 2004. Saat itu University of Texas mengirim sekelompok mahasiswa fisika untuk menyelidiki cahaya Marfa. Mereka menemukan bola-bola cahaya ini muncul tepat ketika mobil melewati Highway 67. Dan bukan itu saja, frekuensi kemunculan cahaya ini memiliki korelasi dengan frekuensi lalu lalang kendaraan di Highway 67.

Eksperimen pembuktian cahaya Min min
Kesimpulan para mahasiswa fisika ini juga diteguhkan oleh seorang profesor dari University of Queensland, Australia, yang menyelidiki Cahaya Min min di Australia.

Menurut Prof. Jack Pettigrew, cahaya Min min di Queensland juga tercipta akibat refleksi dari sumber cahaya yang bermil-mil jauhnya. Bahkan menurutnya, ia bisa menciptakan cahaya yang sama dengan fenomena Min min.

Pertama kali Prof Pettigrew melihat cahaya Min min, ia juga kebingungan dibuatnya. Namun setelah melakukan penelitian yang mendalam, ia menyadari bahwa pada saat ia menyaksikan bola cahaya itu, ada sebuah mobil yang sedang lewat di dekat situ.

Sama seperti para mahasiswa fisika dari University of texas, Prof Pettigrew juga mengadakan uji coba. Ia mengendarai mobilnya melewati jalan tertentu di Queensland dan enam pengamat yang berdiri di tempat lain menyaksikan sebuah bola cahaya mengapung di udara, Cahaya Min min.

Kesimpulan akhir
Ok...sekarang kita tahu bahwa cahaya bumi seperti cahaya Marfa misalnya disebabkan oleh adanya lampu mobil yang bertemu dengan pembalikan temperatur.

Tapi, bagaimana dengan penampakan Robert Ellison pada tahun 1883. Henry Ford baru menciptakan mobil pertamanya tahun 1896.

Para peneliti yang menganggap misteri ini telah terpecahkan berpikir sangat sederhana. Mereka menyimpulkan bahwa tidak ada bukti bahwa Robert Ellison pernah menyaksikan cahaya Marfa. Jadi mereka beranggapan bahwa penampakan cahaya sebelum mobil lalu lalang di Marfa adalah laporan palsu.

Nah, disinilah saya memiliki perbedaan pendapat dengan para peneliti. Menurut saya kebetulan yang aneh kalau cerita turun temurun kemudian "kebetulan" termanifestasi di wilayah yang sama puluhan tahun kemudian.

Tapi apa boleh buat. Apabila di pengadilan, untuk membuktikan seseorang bersalah atau tidak bersalah, dibutuhkan Saksi dan Bukti.

Mengenai penampakan Ellison, saksinya sudah lama menjadi tanah. Sedangkan mengenai bukti, sayang, saat itu Ellison tidak membawa kamera. Tapi kita tidak bisa menyalahkannya bukan ?

Apakah misteri cahaya Marfa sudah terpecahkan ? Saya rasa saya akan menganggapnya benar-benar terpecahkan jika penampakan Ellison bisa dijelaskan.

(wikipedia, senioryears.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

43 comments:

  1. Pertamaxxx??
    Kalo di indonesia cahaya seperti itu pasti dikira makhluk gaib...

    ReplyDelete
  2. benar2 membingungkan ya fenomena Cahaya marfa...
    Kira bisa d bawa pulang gk ya??? hehe

    ReplyDelete
  3. mirip dgn cerita tentang gendaru atau pulung di tanah jawa,dimana muncul cahaya berbentuk bola dan muncul di mlm hari,beberapa jenis yg saya tau,pulung,warnanya putih sebagai derajat alias keprabon untuk raja/pemimpin,gendaru merah,sejenis makhluk halus utk teluh dan santet,ada lg yg warnanya ungu/biru,perwujudan dari benda pusaka yg berpindah tmpt,lepas dari sisi mistis,fenomena semacam ini juga terjadi di indonesia.....sygny belum ada yg mau meneliti scr ilmiah

    ReplyDelete
  4. Heemm...kalau cahaya seperti ini banyak juga di tanah Jawa...siapa tahu dalam ekspedisi saya selanjutnya menemukan juga cahaya-cahaya seperti itu...

    ReplyDelete
  5. ternyata hampir smua fenomena ada penjelasan ilmiahny, ini yg ak suka dr blog ini, kejadian2 aneh dijelaskan secara ilmiah.
    Tolong bahas ttg orbs dong mas.

    ReplyDelete
  6. kalo dijawa penomena seperti itu muncul tidak setiap malam dan tempatnya pun berbada2. satu lagi setau saya (ini kejadian dikampung saya) penomena ini terjadinya diwaktu dulu, waktu listrik belum masuk kampung. tapi semenjak ada listrik kayaknya penomena ini tidak ada lagi. tapi ini dikampungku lho ya. btw kalo pendapat saya sih penomena yang terjadi dijawa lebih deket kearah mistis, tau sendiri jaman dulu aroma mistis dalam kehidupan sehari2 lebih kental.

    ReplyDelete
  7. another quality posting dari mas enigma,,saya pengikut setia setiap postingan nya nih, kok ada aja waktu tiap hari bikin postingan keren gini, hehe..

    ReplyDelete
  8. bisa ajah ada cahaya gituan, mungkin UFO kali yah?^^






    -Hendrik-

    ReplyDelete
  9. Masalah Ellison, dari paparan di atas yang dibutuhkan untuk menghasilkan fenomena ini kan cahaya terang... bukan mobilnya... so lampu mobil bisa diganti dengan objek lain yang bercahaya terang seperti lampu mobil... misteri terpecahkan...
    Gimana mas Enigma ?

    ReplyDelete
  10. Nice Info,
    Btw di Vietnam, pada tanggal dan bulan tertentu akan muncul bola - bola api dalam jumlah banyak dari dalam sungai, fenomena aneh ini menjadi tontonan masyarakt di Vietnam, sudah banyak diliput TV sih.

    Mungkin Bang Enigma bisa membahasnya, juga tenatang Jersey Devil dan Piramida2 di China, Eropa, Afrika, Asia, Amerika dan katanya juga di Australia.

    Thanx

    ReplyDelete
  11. bagus kk enigma...
    semua terpecahkan secara ilmiah..
    tapi kalo yang masalah ellison itu kayanya karena cahaya obor... hehehe nebak doank sihi :P

    ReplyDelete
  12. @ojir : ya, saya setuju dengan teori pembalikan temperatur. Tapi saya tidak setuju menganggap laporan ellison sebagai palsu. Jadi menurut saya ellison juga melihat cahaya marfa, tapi dari sumber yang berbeda.

    ReplyDelete
  13. keep posting kk enigma.. saya suka blog kk..
    kenalkan saya efan.. boleh request posting k?
    katanya setiap orang di dunia ini punya kembaran yah..
    tolong selidiki yah..
    saya bakalan ngikutin blog ini terus..
    4 thumbs up for your blog..!

    ReplyDelete
  14. ya, setahu saya setiap manusia punya sekitar 7-9 orang di dunia yang mirip dengannya. menarik juga. ntar saya cariin infonya.

    ReplyDelete
  15. Ditunggu kk aq jg suka info soal Doppelganger

    ReplyDelete
  16. Baru tau ttg info cahaya aneh itu. Keren banget. Mengenai "kembaran". Perlu cri tau secepatx mas. Soalx kata temen2q. Wajahku ada yg blg mirip pacarx,temenx,sodarax dll. Stidakx 5 org yg blg. Jd malu pny wajah pasaran. Embeeer.

    ReplyDelete
  17. gokil.
    baca teori pmbalikan berasa baca argumennya conan.ya,stuju,mngkn sumbr dr chy yng diliat ellison itu lampu petromak ato obor, dll.
    bang, mau dong bahasan project blue book nya as. tengs

    ReplyDelete
  18. untuk pastinya, mungkin hanya waktu yang dapat menjelaskanya

    ReplyDelete
  19. bang enigma, bahas masalah tuyul yang di bogor dong... kayakny seru...

    ReplyDelete
  20. wow..maaf bro/sis. soalnya blog enigma tidak membahas hantu, tuyul, jin atau yang lain :)

    ReplyDelete
  21. enigma, bukan bermaksud menghina science atau merendahkannya, tidak. tetapi klo boleh saya kasih saran, tidak semua hal bisa dipecahkan dengan cara science. otak kita yang mini size ini (walaupun kapasitas memorinya bisa milyunan terrabyte), tidak bisa mengkaji semuanya yang terjadi. kenapa sih kita ga coba sekali2 menikmati fenomena2 itu dengan menjadikan bukti bahwa Tuhan itu Yang Maha Kuasa dan mampu menciptakan apa saja...? peace ya bro enigma.

    ReplyDelete
  22. Saya setuju tidak semua hal tdk bisa dipecahkan dengan science. Tapi apabila sudah bisa dipecahkan oleh science, maka kita tidak perlu menganggapnya sebagai fenomena mistik lagi. Bukankah manusia bisa memiliki teknologi setinggi ini karena selalu berusaha mencari tahu ?

    ReplyDelete
  23. Bang Enigma,

    kayaknya semakin lama saya makin jatuh cinta sama abang deh. Jam pacaran aja saya sampe ngebelain liat postingan baru abang, sampe2 co q jadi agak jealous..

    ANYWAAAAYYY...

    Sepertinya hampir semua fenomena yang terjadi yang abang tulis tu dari luar negri iah. Gimana kalo sekali2 abang posting ttg keanehan2 di Indonesia? Kata teman saya, di Papua dan Kalimantan fenomena ini banyak terjadi, lebih dekat. Sayngnya karena minim pengalaman sains, ga ada yg mengabadikan..

    keep posting bang..

    ReplyDelete
  24. haha. masa pacaran masih sempet2nya baca kisah misteri.

    ReplyDelete
  25. mungkin penampakan cahaya yg di tahun 1883 itu berasal dari DeLorean milik Dr. Emmet Brown yg sedang mencoba balik ke masa depan..
    *kebanyakan nonton Back To The Future :P

    ReplyDelete
  26. maksih yaa infonyaa..saya seneng banget bisa baca + copy paste k notes fb saya, saya suka dengan penggabungan ilmiah mistik^^..ilmu buat temen2 juga di fb..terus update yaa

    ReplyDelete
  27. jelasin tentang jerseydevil sama mothman donk

    ReplyDelete
  28. mothman sudah pernah diposting. ini linknya :

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/06/mothman-manusia-ngengat-dari-point.html

    ReplyDelete
  29. baru tau namanya cahaya marfa ya...soalnya chya yg sama juga pernah keliatan di kota saya, yg sya liat warnanya putih, ada banyak kyk bola casper, wktu itu warga satu kota pada ribut tp yg berkembang malahan cerita horor, ufo atau dikirain lampu pesta atau cahaya dri gunung...heheh..sya g percaya, maknya nyoba2 browsing eh nemunya disini..sptnya bnr2 perlu penjelasan ilmiah nih...soalnya tmbah penasaran

    ReplyDelete
  30. Oh? jadi ini yg namanya cahaya marfa..saya juga (sepertinya) melihat yg beginian waktu kecil di kediri.
    Reza

    ReplyDelete
  31. Anu, tentang penampakan cahaya tahun 1883 oleh Ellison, mungkin jaman itu belum ada mobil, tapi cahaya kan tidak cuma berasal dr lampu mobil.
    Bisa saja, dari api misalnya?
    Tapi, membaca blog ini, aku ampe merinding, ternyata masih banyak misteri yang tersimpan di bumi Tuhan ini. Banyak ahli yang belum bisa menjawab begitu banyak fenomena alam yang terjadi. Alam begitu menakjubkan. CiptaanNya saja begini hebatnya, gimana dengan Penciptanya?

    ReplyDelete
  32. misi bang enig,mo numpang ngomong sedikit,hehe

    kayanya di atas tadi saya melihat sesuatu yg menggelitik,sebuah kontradiksi ketika seseorang berkata :
    "kenapa sih kita gak sesekali melihat sesuatu sebagai bukti kebesaran Tuhan?"*kurang lebih seperti itu,maap kalo salah*

    jujur saya sama sekali tidak menemukan sedikitpun tulisan bro enigma yg menyatakan bahwa ia mampu menemukan fakta yg membuat Tuhan terlihat logis dan dapat di uraikan layaknya substansi konkret(saya percaya tak seorangpun sanggup memasukkan Tuhan ke dalam konteks logis yg valid)

    dan sekali lagi...Sepertinya lebih indah melihat kebesaran Tuhan ketika menciptakan manusia dengan intelijensi yg tak terbayangkan DAN MELIHAT CIPTAANNYA MENGGUNAKAN OTAK DAN LOGIKAnya ketika memandang sesuatu(masa cuma memandang kebesaran Tuhan..Lalu?? Udah deh,selesai.Titik.).
    Pemikiran yg sempitkah? Mungkin saya harus klarifikasi bahwa saya percaya banyak hal yg tidak dapat dijelaskan dengan logika,seperti makhluk2 yg disebut dengan nama2 yg berbeda di tiap tempat(termasuk UFO),percaya atau tidak(sayangnya anda lebih baik percaya),makhluk2 tersebut ada..Whatever La yah...

    Kembali ke topik,fenomena alam seperti yg dijelaskan bro enigma adalah sesuatu yg logis dan sangat jelas dapat diuraikan dalam ruang lingkup science.

    Jika manusia dihadapkan dgn pilihan untuk melihat sesuatu sebagai bagian dari tantangan dan celah baru bagi ilmu pengetahuan..Atau sebagai bagian dari kebesaran pencipta...Lihat pilihan bro enigma yg mengambil 2 opsi sekaligus,Menjelaskan sebuah fenomena alam melalui konteks ilmu pengetahuan secara parsial BUKAN BERARTI manusia HARUS MENGUBAH PEMIKIRAN secara menyeluruh dan mengingkari keberadaan "Ia/pencipta/whoever" dibalik semua tindakan.

    Seorang pemikir besar pernah mengeluarkan pernyataan yg menarik
    "Tuhan tidak bermain dadu dengan semesta"
    mungkin anda tahu Tuhan tidak menciptakan sesuatu asal2an(saya abstain),tentunya ada hal yg diciptakan di luar kajian otak manusia,tapi diluar konteks tersebut,BANYAK HAL DICIPTAKAN DENGAN PENJELASAN bagi manusia yang sanggup dijelaskan sejelas2nya dengan sudut pandang paling jelas dari yg terjelas,(hampir) SEMUA HAL DICIPTAKAN ("diciptakan"bagi orang filsafat agak kontroversial) dengan presisi mutlak dan perhitungan yg sempurna sehingga anda masih dapat termenung di depan LCD dan bukannya sibuk mengetahui planet2 saling berlalu lalang tanpa orbit dan hanya perlu menunggu waktu hingga bumi berbenturan dengan planet lain..

    Intinya..Kita ngebongkar fenomena alam pake science kan gak lantas bilang "Tuhan cuma bisa begini?"...Science dan ***ma sering bertentangan,tapi dalam kasus normal,science muncul untuk mengangkat manusia dari dangkalnya kemalasan untuk berpikir dan melimpahkan semua hal lalu bersukacita..
    *kalo kepanjangan di edit aja bro,maap y ngejunk,huahuahua*
    ~ FreeSpeak !!~

    ReplyDelete
  33. hmmm baru tahu ada enigma, ternyata sip juga.

    sama gak ya mas dengan penampakan banaspati indonesia dengan cahaya marfa? hehehe. dulu orang tua bilang ada bola api, tapi syarat biar ngilang harus bawa jarum ma benang trus ditancapkan di tanah gitu

    ReplyDelete
  34. yang lebih tanda tanya, fenomena ini juga terjadi di Indonesia, nenek saya pernah menyaksikan hal ini dan menceritakan kepada saya, pada saat ia mengalami hal tsb, ia berumur 20an jadi sekitar tahun 1940an, apakah di tahun tersebut di daerah lamongan sudah ada mobil..??

    ReplyDelete
  35. sekitar tahun 80an sekitar desaku yang terpencil banyak muncul cahaya yang berjalan dan pecah menjadi ribuan mas..aku sendiri dulu sering melihat itu dg bapak saya...orang tua di desa saya menyebutnya cahaya itu dengan sebutan "bergejil"...gk tahu artinya itu..

    ReplyDelete
  36. akang tolong bahas soal doppelganger dong
    penasaran banget soalnya

    ReplyDelete
  37. Soal doppelganger sudah pernah saya tulis disini:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/01/fenomena-doppelganger-kembaran-yang.html

    ReplyDelete
  38. Bang, masalah paulding light udah ada jawabannya? Penasaran ama berita ini. :)

    ReplyDelete
  39. trllu sulit dmngerti pnjelasannya bos..

    ReplyDelete
  40. di kampung saya juga ada waktu belum masuk listrik, tapi bola cahayanya melayang diatas permukaan air danau.

    ReplyDelete