Monday, December 7, 2009

Misteri bola api naga Nong Khai - fenomena misterius sungai Mekong

Setiap tahun, penduduk Thailand berkumpul di sepanjang sungai Mekong di propinsi Nong Khai untuk menyaksikan sebuah fenomena misterius berupa naiknya bola-bola cahaya misterius dari permukaan sungai. Para penduduk lokal menyebutnya Bung fai paya nak atau bola-bola api naga. 

Pada malam, tanggal 4 Oktober 2009 kemarin, para penduduk dan turis berdiri berjejer di pinggir sungai Mekong di propinsi Nong Khai. Mereka sedang menunggu fenomena yang disebut bola api naga.

Tidak berapa lama kemudian, dari permukaan sungai, puluhan bola-bola cahaya berwarna merah jambu menyembur dengan indah seperti sebuah orkestra yang dipimpin oleh seorang konduktor. Semua mulai bersorak kegirangan dan bertepuk tangan dengan keras.

Bola-bola cahaya tersebut menggantung di udara selama beberapa saat sebelum kemudian lenyap dalam kegelapan malam. Beberapa menit kemudian, peristiwa serupa kembali terjadi. Bola-bola api lainnya kembali terbang dari permukaan sungai yang kembali diiringi dengan teriakan sukacita.


 
Fenomena luar biasa ini hanya muncul 1-3 hari dalam setahun tepat di akhir masa retret umat Budha Thailand yang biasanya jatuh di bulan Oktober. Bola api itu muncul begitu saja tanpa suara dan asap . Terkadang warnanya merah, merah jambu atau putih dan bisa menyembur hingga setinggi 100 meter dari permukaan sungai. Biasanya ukurannya hanya sebesar telur ayam, bergantung di udara selama beberapa menit sebelum akhirnya lenyap. Umumnya bola api ini hanya dapat terlihat pada malam hari.

Legenda penduduk lokal menyebutkan bahwa bola-bola api ini datang dari seekor naga yang berdiam di dalam sungai.

"Aku telah melihat bola-bola api ini sejak kecil," Kata Pang Butamee, 70 tahun, yang tinggal di sebuah pondok di ujung sungai. Di dekat kediamannya, terdapat Wat Paa Luang, sebuah kuil elegan yang telah berumur 450 tahun dan merupakan salah satu tempat terpopuler untuk menyaksikan bola-bola api tersebut.

"Aku melihatnya muncul dari sungai dan dari kanal," Katanya lagi. "Ayah ibuku juga menyaksikannya, begitu juga ayah dan ibu mereka. Dan bukan itu saja, aku bahkan pernah melihat naga dengan mata kepalaku sendiri ketika aku berumur 13 tahun. Bentuknya seperti ular besar berwarna perak. Aku melihatnya sedang berenang di sungai."Walaupun legenda mengenai naga Mekong sudah berakar begitu kuat, tidak semua penduduk Thailand mempercayainya. Bagi para ilmuwan, bola-bola api ini sebenarnya hanyalah sebuah fenomena alam yang dapat dijelaskan oleh sains. Menurut mereka, bola api tersebut muncul akibat pembakaran gas alam.

Seorang dokter bernama Manas Kanoksin telah menghabiskan 11 tahun untuk meneliti fenomena ini. Dengan kegigihan yang luar biasa, ia berusaha membuktikan teorinya bahwa bola-bola api ini adalah sebuah fenomena alam yang disebabkan oleh endapan gas Metana yang naik dari dasar sungai.

Menurutnya, akhir dari masa retret umat Budha sama persis dengan periode dimana bumi berada dalam jarak terdekat dengan matahari. Gravitasi matahari yang dikombinasikan dengan peningkatan kadar ultraviolet telah meningkatkan konsentrasi dan volatilitas oksigen di permukaan bumi. Hal ini menyebabkan gas metana yang berhasil lepas dari dasar sungai mulai menyala dan terlihat seperti bola api. Bahkan menurutnya, fenomena ini tidak hanya terjadi pada bulan Oktober, namun juga pada bulan Mei ketika bumi kembali mendekati matahari.

Kementerian sains Thailand punya pendapat yang sedikit berbeda. Namun mereka setuju bahwa fenomena ini disebabkan oleh gas alam. Menurut mereka, fenomena ini muncul akibat pembakaran gas Phosphine.

Beberapa waktu yang lalu, kementerian ini mengutus beberapa penelitinya untuk mengamati dan mencari sumber bola-bola api ini. Mereka kemudian memasang sebuah thermo scanner di dekat tepi sungai di subdistrik Rattana Wapee. Lalu lima kelompok peneliti ditempatkan di berbagai titik di tepi sungai termasuk di kuil distrik Phon Phisai.

Persis sesaat sebelum bola-bola api itu muncul, peralatan mereka menangkap adanya pergerakan dari aliran gas yang mengapung di atas permukaan sungai. Ini menunjukkan bahwa bola api tersebut dipicu oleh gas alam yang menyala.

Lalu mengapa peristiwa ini hanya terjadi pada saat berakhirnya masa puasa umat Budha di sekitar bulan Oktober ?

Menurut kementerian sains Thailand, jawabannya adalah karena akumulasi gas di dasar sungai mencapai puncak pada bulan Oktober. Karena sudah mencapai puncak, maka gas yang telah terkumpul akan menyembur ke atas membentuk bola-bola cahaya yang misterius itu.

Tidak peduli apapun penyebabnya, bagi penduduk lokal dan turis, festival ini tetap dianggap sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan dan sebuah kesempatan untuk merayakan hari raya keagamaan dengan khidmat.

"Peristiwa ini sangat ganjil dan kami tidak tahu pasti apa yang menyebabkannya. Namun apapun itu, saya percaya bahwa peristiwa luar biasa ini dapat membuat Nong Khai cukup untuk diterima sebagai salah satu keajaiban dunia." Kata Manas Anuraksa, seorang penduduk lokal.Setiap tahun, paling tidak, 300.000 orang, baik turis lokal ataupun mancanegara datang berbondong-bondong ke Nong Khai untuk menyaksikan fenomena ini.

Jika suatu hari kalian memutuskan untuk jalan-jalan ke Thailand dan memutuskan untuk melihat sendiri bola-bola api naga, maka ada beberapa lokasi di sepanjang sungai Mekong di propinsi Nong Khai yang paling tepat untuk menyaksikannya, yaitu desa Pha Tang di distrik Sangkhom, Hin Mak Peng, Kuil di distrik Si Chiangmai, distrik Pak Khat dan distrik Rattana Wapee.

Para penduduk lokal bahkan menyediakan penyewaan sepeda motor untuk dipakai mengendarai sepanjang sungai dari distrik Muang hingga Phon Phisai dan Rattana wapee. Di tempat itu, selain dapat menyaksikan bola-bola naga api, kalian juga akan disuguhi dengan atraksi kembang api dan lomba kapal cepat.

Jadi, para backpackers, bersiaplah untuk festival tahun depan ! Mungkin bola api naga dapat sedikit mencerahkan harimu.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

32 comments:

  1. Ternyata banyak hal yang aneh tapi akhirnya ada penjelasan yang masuk akal juga, tapi mungkin jawabannya setelah ratusan tahun kemudian. mungkin nanti masalah crop cycle atau ufo juga bakal ada jawabannya, ternyata cm fenomena alam biasa. kenapa gak bahas tentang John Titor, kan menarik juga tuh? Btw, orangnya masih ada ato udah pindah waktu ya, he-he.

    ReplyDelete
  2. drpd pusing nyari teori knp apinya muncul mending cari duit bwt ke sana. . . hehe

    ReplyDelete
  3. pertaMAX bro.... !

    ReplyDelete
  4. akhirnya di posting jg req gw,.makasih buat kk enigma..hehehe..saya masih bingung dgn pernyataan di atas antara benar ato tidaknya penjelasan di atas,..seperti ini :
    "sudah waktunya kita menyaksikan bola-bola naga ke arah sungai"
    bagaimana bisa seorang di sana bisa mengetahui kapan bola api itu muncul se'akan2 telah di atur sebelumnya.
    namun itu lah mistery ,,bukan lah sebuah misteri jika sesuatu itu telah di ketahui..thx kk enigma..

    ReplyDelete
  5. Irit pas hari raya g perlu repot2 beli kembang api bwt ngerayain ny hehe :D

    ReplyDelete
  6. @kingofjail : saya sudah merevisi kalimat di atas supaya tidak salah paham. haha. kamu cerdas juga ya.

    ReplyDelete
  7. bikin aq tambah seneng ma blog ini bang.....sip artikel mistery nya...maju terus....oh ya bang....saya ikutan Djarum Black Blog Competition Vol.2 mohon supportnya yua....

    ReplyDelete
  8. mas...request tentang mutasi gen manusia dong..isu nya sekarang banyak lahir "anak-anak super" yang tidak bisa sakit,dll karna gen mereka sudah bermutasi, kayak film2 mutant.trims

    ReplyDelete
  9. hahahah..kk enigma bs aj...udah 2 thn ini q jg ikut ngamatin perkembngn masalah2 semua mistery dunia..q biasanyanya liat di history.com kk..tp[ jg tiap jam buka forum am baca2 berita online..pantau terus mistery dunia..

    ReplyDelete
  10. Thanx Bro !!
    Nice Post :D

    ReplyDelete
  11. WOW... INFO MENARIK, MUNGKIN BOLA API YANG ADA HEADER TEMPLATENYA ITU JUGA BOLA API YANG MUNCUL DI SUNGAI MEKONG YA? HEHEHEHE
    SALAM KENAL YA

    ReplyDelete
  12. wow keren.. i like it!
    nice post!






    -Hendrik-

    ReplyDelete
  13. efan said:

    wah keren kk enigma...
    semua yang berbau misteri ternyata bisa terpecahkan dengan sains yah.. haha..
    oh yah kk enigma..
    posting req saya yang ttg kembaran itu gmn kk??
    hehehe.. saya penasaran sekali apa emank bener di dunia ini kita punya kembaran masing2 meski beda ortu... thx kk enig

    ReplyDelete
  14. seneng banget nih bisa gabung lagi di blog ni...
    udah lama rasanya nggak baca postingan enigma dengan foto yang lebih jelas and lengkap...

    enigma thanks ya udah buatin aku wap blog enigma...
    at least enigma nggak perlu lagi repot-repot bales email aku...he.he...

    pengen liat deh bola api nya tuh...kapan yah...

    ReplyDelete
  15. kk enigma. request all about QUASAR dunkz
    thanks ya

    ReplyDelete
  16. semua orang yg berani menyelam di perairairan itu akan menemukan jawabannya!

    ReplyDelete
  17. @efan : soal kembaran ternyata lebih susah dicari sumber beritanya. jadi kamu harus bersabar ya :)

    ReplyDelete
  18. mngkn "naga" yg diliat pang butamee itu oarfish yg tempo hari dibahas disini.
    kok d indonesia ngga ada gas yg nyembur2 bntuk bole gt y? pdhl d sini lumayan kaya gas alam.
    kren bgt fenomena + infonya

    ReplyDelete
  19. Om muat artikel tentang kisah nyata Paranormal Activity dong! hoax bukan sih? makasih yaa

    ReplyDelete
  20. itu mah asal usul "DRAGON BALL" atuh...
    he..he..he...
    tapi serius mode on'
    naga = kekuatan, api, dewa
    jadi di dasar sungai tsb ada
    semacam kolam vulkanik
    yg sesuai siklus tertentu
    nyemburin gas ke atas
    dan tersulut api dari
    sesembahan warga...
    mirip kaya kita kalo kentut di dalam air bos..
    prettt,,,blukuthuq...blukutuq... :^)

    ReplyDelete
  21. Hebring nian berita - beritanya jg ulasan pemecahannya....lanjut bro enigma, numpang baca.

    ReplyDelete
  22. hmmmm....jangan-jangan itu naga lagi sendawa ya??

    ReplyDelete
  23. Kang Enigma!

    Nicely done! Tapi saya penasaran tentang naga, apakah benar ada? Soalnya di koran Pikiran Rakyat edisi 1 April 2010, ada suatu tulisan berjudul 'Fosil Naga Asli Ditemukan'
    Mohon ionfo lebih lanjut bwt request ini. We love your blog!

    Jajat, Lembang

    ReplyDelete
  24. SPMD

    Wow,...asyik ya bisa bikin fireball kayak gitu...uiiih seruu....

    lanjut enigma...

    Simbol naga juga dipake ama Bruce Lee lho

    ReplyDelete
  25. banyak hal misterius ternyata di sungai mekong...
    jd pengen tahu tempatnya.

    ReplyDelete
  26. wahh bola naga diwaktu malam unik kok. kayaknya tiada lagi yang bisa rungkain rahsia ni

    ReplyDelete
  27. itu gelembung2 gas yang akan terbakar ketika terkena oksigen...
    asalnya dari retakkan2 di dalam bumi...
    berkala karena adanya gempa setiap setahun sekali...

    ReplyDelete
  28. di depok jawa barat juga ada fenomena seperti ini,,bola api akan muncul saat pergantian tahun masehi,,,tepatnya di daerah sawangan:-)

    ReplyDelete