Friday, January 29, 2010

Kasus Taman Shud - Misteri paling membingungkan dalam sejarah Australia

Indeed, indeed, Repentance oft before. I swore--but was I sober when I swore?
And then and then came Spring, and Rose-in-hand. My thread-bare Penitence a-pieces tore.

The Rubaiyat - Ommar Khayam


01 Desember 1948, Pantai Somerton, Adelaide, Australia.
Pada pukul 6.30 pagi, seorang pria bernama J Lyons menemukan sesosok mayat pria tidak dikenal. Saat itu, Ia tidak menyadari bahwa penemuan ini akan menjadi salah satu kasus paling misterius di Australia.

Misteri ini sering disebut sebagai kasus Taman Shud (Kadang ditulis "Tamam Shud") atau Misteri pria dari Somerton. Dan kasus ini dianggap sebagai salah satu kasus tidak terpecahkan paling aneh didalam sejarah Australia.

Mayat di Somerton
Pada tanggal 30 November 1948, satu hari sebelum penemuan mayat itu, sepasang muda-mudi bernama O'Neill dan Strapps sedang berjalan-jalan di pantai itu. Mereka kemudian melihat mayat itu tergeletak di dekat dinding penahan ombak. Awalnya mereka mengira pria tersebut sedang tertidur atau tidak sadarkan diri karena mabuk.

"Sepertinya aku harus melihatnya, jangan-jangan terjadi apa-apa." Kata O'Neill. Strapps kemudian menimpali,"Jangan terlalu ingin tahu. Siapa tahu ia sudah mati." Katanya sambil bercanda.

Jadi mereka berdua membiarkannya. O'Neill dan Strapps kemudian meneruskan berjalan-jalan di pantai itu selama setengah jam. Dalam rentang waktu tu, mereka melihat pria itu tidak bergerak sama sekali. Lalu, mereka pulang ke rumah.

Esok paginya sekitar pukul 6.30, seorang pria bernama Lyons baru saja selesai berenang bersama teman-temannya. Lalu, matanya tertuju kepada pria yang tergeletak itu.

Ia menjadi curiga dan kemudian mendekatinya. Ia memeriksanya dan menyadari bahwa pria tersebut telah meninggal. Lyons segera menghubungi kantor polisi Brighton dan segera kembali ke tempat penemuan mayat.

Petugas polisi bernama Moss bersama rekannya, Strangway, lalu datang ke lokasi dan menjumpai Lyons disitu. Moss yang memeriksa mayat tersebut tidak menemukan adanya tanda-tanda kekerasan di mayat tersebut. Pakaiannya masih lengkap dan tidak ada tanda-tanda bekas perampokan. Puntung rokok yang baru terbakar sebagian tergeletak di samping kerah kanan jasnya.

Pria itu diperkirakan berusia sekitar 45 tahun dengan kondisi fisik yang sehat. Penampilannya terlihat seperti orang Eropa dan ia mengenakan pakaian yang mahal.

Mayat itu lalu dibawa dengan ambulan polisi ke Rumah Sakit Royal Adelaide. Para dokter yang memeriksa menemukan bahwa pria ini meninggal pada pukul 2 pagi. Mayatnya kemudian dipindahkan ke kamar mayat dan polisi mulai menyelidiki kasus ini.

Karena tidak ada orang yang mengklaim mayat itu, dua hari kemudian, otopsi dilakukan. Dan disinilah sebuah misteri mulai muncul ke permukaan. Petugas otopsi tidak bisa menemukan penyebab kematiannya.

Siapakah dia sebenarnya ?

Mereka memang menemukan tanda-tanda keracunan pada tubuhnya yang terlihat dari banyaknya darah yang berkumpul di perut dan adanya ciri-ciri gagal jantung. Namun anehnya, tidak ditemukan sisa-sisa racun sama sekali di tubuhnya.

Di dalam tubuhnya juga tidak ditemukan bekas luka atau tanda lahir apapun.

Dalam sakunya, ditemukan beberapa benda seperti tiket kereta api menuju pantai Henley yang belum terpakai, sebuah tiket bus menuju Glenelg yang sudah terpakai, dua kotak rokok dengan merek yang berbeda, permen karet dan korek api. Tidak ditemukan adanya uang.

Anehnya, semua merk bajunya telah dihilangkan, sepertinya dilakukan dengan sengaja. Ia juga tidak mengenakan topi yang biasa dipakai oleh pria berjas pada masa itu.

Tangannya halus dengan kuku yang rapi, seakan-akan pria tersebut tidak pernah melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar. Pria ini juga memiliki tubuh yang tinggi dan berbentuk. Bahunya lebar dengan pinggang yang ramping. Telapak kakinya memiliki ciri seperti seorang penari.

Polisi lalu segera melakukan penyelidikan serius atas kasus ini.

Mereka mencetak foto dan sidik jari pria ini dan disebarkan ke seluruh Australia, Selandia Baru dan negara-negara berbahasa Inggris lainnya. Namun, tidak ada satupun informasi memadai atau catatan mengenai pria ini muncul ke permukaan.

Lalu polisi mengawetkan mayat ini pada tanggal 10 Desember 1948 karena tidak biasanya kasus ini.

Sebuah koper misterius di dalam loker

Pada Januari 1949, penyelidikan polisi mulai mendapat titik terang. Petunjuk yang diolah menuntun mereka menemukan adanya sebuah koper yang tersimpan di stasiun kereta Adelaide. Dari identifikasinya, diketahui bahwa koper itu masuk ke loker pada tanggal 30 November. Di dalam koper tersebut ditemukan sepatu, pakaian, piyama, dasi, alat cukur, obeng, sebuah pisau dengan sepasang gunting.

Kondisi koper itu masih baru dan semua merk koper dan tanda-tanda lainnya juga telah dibuang, persis seperti kondisi pakaian mayat. Namun polisi menemukan nama "T Keane" pada sebuah dasi di dalamnya. Lalu nama ini juga ditemukan tertera di kantong laundry yang juga ada di dalam koper tersebut. Polisi percaya bahwa siapapun yang membuang semua merk baju itu telah membiarkan nama itu disitu karena mengetahui bahwa Keane bukan nama pria yang telah menjadi mayat itu.

Kasus ini menjadi semakin misterius karena bahkan media juga tidak bisa menemukan petunjuk yang bisa mengarah ke identitas pria ini.

Siapa dia ? dan apa yang menyebabkan kematiannya ?

Taman Shud yang misterius

Pada bulan April, lima bulan sejak penemuan mayat, sebuah petunjuk lain muncul ke permukaan. Namun petunjuk kecil ini malah membuat kasus ini menjadi semakin misterius. Prof John Burton Cleland yang meneliti pakaian pria tersebut menemukan sebuah potongan kertas dalam kantung kecil yang tersembunyi di celananya.

Kertas itu bertuliskan dua kata, "Taman Shud".

Dua kata ini terdengar asing bagi para petugas kepolisian. Jadi mereka memanggil petugas perpustakaan untuk menerjemahkannya. Petugas itu mengenali kata itu sebagai bagian dari buku puisi "The Rubaiyat" yang ditulis 900 tahun lalu oleh seorang penyair dari Persia bernama Omar Khayyam.

Dua kata ini kemudian menjadi identik dengan nama kasus ini.

Tema puisi Rubaiyat adalah seseorang harus hidup dengan bahagia dan tidak menyesalinya ketika berakhir. Kata "Taman Shud" dapat ditemukan pada akhir buku puisi tersebut yang berarti "Selesai".

Polisi lalu mengarahkan petugasnya untuk mencari buku Rubaiyat dengan halaman akhir yang hilang. Kemudian, apa yang dicari muncul juga. Liputan media yang luas membawa satu petunjuk baru. Seorang dokter yang tinggal di Glenelg datang ke polisi dan menyerahkan buku The Rubaiyat karangan Omar Khayyam. Halaman terakhir buku itu hilang. Polisi segera melakukan pengujian mikroskopis dan menemukan bahwa potongan kertas yang ditemukan di saku pria tersebut memang berasal dari buku tersebut.

Namun, petunjuk berharga ini tidak memberikan jawaban apapun karena dokter tersebut menemukan buku itu tergeletak di kursi depan mobilnya yang sedang diparkir di halaman rumahnya pada tanggal 30 November. Kasus ini menjadi gelap kembali. Namun paling tidak polisi memegang buku yang mungkin bisa menjadi petunjuk.

Empat baris kode yang aneh
Ketika buku ini diteliti, polisi menemukan adanya empat baris tanda yang dibuat dengan pensil di belakang buku tersebut. Namun, penemuan ini kembali membingungkan polisi karena empat baris kata ini hanya berupa deretan kata yang tidak berarti.

Barisan kode ini tidak terpecahkan hinggi kini. Bahkan ketika diserahkan kepada kementrian pertahanan Australia pada tahun 1978, departemen ini juga menyimpulkan bahwa kode-kode ini tidak memiliki arti dan mungkin hanya barisan huruf yang acak. Para ahli matematika dan pemecah kode handal juga tidak dapat menemukan arti dari huruf-huruf ini.

Wanita yang misterius dan Alfred Boxall
Selain kode-kode ini, di halaman belakang buku ini ditemukan adanya sebuah nomor telepon. Ketika dilacak, nomor ini mengarah kepada seorang mantan perawat yang tinggal di Glenelg, dekat dengan lokasi penemuan mayat. Wanita ini mengatakan bahwa ketika ia bekerja di rumah sakit Royal North Shore di Sidney, ia memang memiliki buku The Rubaiyat, namun pada tahun 1944, di sebuah hotel bernama Clifton Gardens, ia memberikannya kepada seorang letnan bernama Alfred Boxall yang bekerja di militer Australia. Ketika ditunjukkan foto mayat pria itu, wanita ini tidak bisa memastikan identitasnya sebagai Boxall.

Polisi semakin yakin bahwa mayat itu adalah Alfred Boxall sendiri sampai suatu hari, Boxall muncul dengan buku The Rubaiyat, lengkap dengan halaman yang berisi kata "Taman Shud".

Di halaman depan buku itu, wanita yang memberikan buku itu kepada Boxall menulis ayat 70 dari Rubaiyat :

Indeed, indeed, Repentance oft before
I swore--but was I sober when I swore?
And then and then came Spring, and Rose-in-hand
My thread-bare Penitence a-pieces tore.

Ketika ditanya media soal mengapa wanita itu menulis ayat itu, Boxall menolak untuk menjawab.

Wanita ini, yang kemudian dipercaya banyak pihak memiliki keterkaitan dengan kasus ini kemudian meminta polisi untuk merahasiakan namanya karena tidak ingin privacynya terganggu. Ia juga menolak dikait-kaitkan dengan kasus ini. Anehnya, polisi setuju. Wanita ini meninggal tahun 2007 dan nama aslinya yang dianggap bisa jadi merupakan kunci untuk memecahkan kode rahasia itu tetap tidak diketahui oleh publik.

Banyak pertanyaan yang masih menggantung.

Siapakah pria misterius ini ?
Bagaimana ia meninggal ?
Apakah ia dibunuh ?
Lalu mengapa ia seakan-akan ingin identitasnya tidak diketahui ?

Banyak orang yang percaya Boxall adalah intelijen Australia dan Pria Somerton mungkin adalah mata-mata Rusia yang mati dibunuh. Pada saat itu adalah era perang dingin dan Blokade Berlin.

Lagipula, pada April 1947, Intelijen Amerika Serikat menemukan adanya dokumen rahasia yang bocor ke pihak Sovyet dari Canberra. Skandal ini menyebabkan Amerika melarang semua transfer informasi rahasia ke Australia.

Apakah ia adalah seorang mata-mata ?

Here Lies The Unknown Man
Pada 14 Juni 1949, Pria misterius dari Somerton dikuburkan. Beberapa tahun setelah kematiannya, bunga-bunga terlihat di kuburannya. Para saksi mengaku melihat seorang wanita menaruh kembang itu di kuburannya. Namun ketika polisi menanyai wanita itu, ia menyangkal mengenal pria itu.

With them the seed of Wisdom did I sow,
And with mine own hand wrought to make it grow;
And this was all the Harvest that I reap'd--
"I came like Water, and like Wind I go."

Ommar Khayam - The Rubaiyat


(wikipedia, policejournalsa.org.au)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

137 comments:

  1. mas, kayak e ada yang kelupaand! tulisannya, "Tamam Shud" bukan "Taman Shud" yang mas enigma bilank, makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cara bacanya aja dri orang sononya --"

      Delete
  2. Pertamax ?
    Yd bdg
    Hehe

    ReplyDelete
  3. memang tulisannya tamam shud. Tapi, orang yang berbahasa Inggris menyebutnya Taman Shud. Karena saya menggunakan referensi dari bahasa Inggris, saya juga ikut mnggunakan kata Taman Shud. Cek link wikipedia di bawah tulisan.

    ReplyDelete
  4. yah....gagal petromax! Premium pun jadi.....Nice posting om! Lanjut......!!!

    ReplyDelete
  5. wouw...misterius! plus pertamax :D bang... yg di sobekan itu bukannya tamam? dengan huruf a kedua ada coretan pada atasnya.

    Ms.Terry

    ReplyDelete
  6. yaaah...gajadi pertamax! STOLEN! payah... :(

    Ms.Terry

    ReplyDelete
  7. pertamax lah....
    -wayo-

    sungguh kasus yang sangat misterius...
    ampe merek2 pakaian yang dipakai dihilangkan smua...
    atau dari merek pakaian itu identitas mrx dapat diketahui maka oleh sebab itu maka dihilangkan....?

    _

    ReplyDelete
  8. trus???
    mana analisisnya, bang??? -___-

    ReplyDelete
  9. Bro Enigma mengenai nama wanita misterius tsb, bukannya sudah di ketahui dia itu perawat dan tempat r.s nya bekerja ... seharusnya bukan rahasia lagi ya...
    sebenarnya sama ngak wanita (yg adalah perawat yg memberikan buku) dengan wanita yang di rahasiakan itu?

    Sorry yah Bro kalo ada yg gak nyambung..
    Keep posting Bro... :)

    ReplyDelete
  10. Analisis ? wah, orang kasusnya saja tidak terpecahkan selama puluhan tahun sama para penyelidik. apalagi oleh saya. hehe.

    Tapi yang membuat saya bertanya adalah, berapa banyak sih buku rubaiyat yang diberikan ke orang lain oleh wanita perawat itu ?
    Di boxall ada. Di mayat (kertas) ada no telpnya. Jadi mungkin dia bagi2 buku itu ke orang sebagai kunci pemecahan kode rahasia.

    Soal kata Taman Shud, sudah saya klarifikasi di komentar atas.

    ReplyDelete
  11. dia orang yang tidak beruntung !

    ReplyDelete
  12. @Mery Louis : itu juga yang buat saya bingung karena di sumber-sumber saya tidak menemukan nama aslinyanya. Cuma nama samarannya. yaitu Jestin

    ReplyDelete
  13. hmm.. nampaknya ini kasus yg rumit..
    mari kita panggil Sherlock Holmes, dia pasti bisa menemukan jawabannya :)

    ReplyDelete
  14. komen pertama ku d bLog enigma .. haha

    ReplyDelete
  15. dharma the 'blue' ragnarJanuary 29, 2010 at 9:39 PM

    apa mungkin autopsy pada saat itu belum cukup maju bang enigma? makanya jadi ga diketahui penyebab kematiannya apa...coba misalnya sekarang mungkin bisa ketahuan kali.. hehehe..

    ReplyDelete
  16. gw yakin pasti dr pihak australia ada yg tahu tp ga di publikasi krn alasan tertentu.. itu sebabnya kasus ini terus jd misteri

    ReplyDelete
  17. rizal achmad said

    bang enigma, saya penggemar anda tp maaf bgt ini posting saya yg pertama kali, jd klo ada yg salah harap maklum hehe ..

    saya ada beberapa pertanyaan mengenai hal diatas ..
    yg pertama, klo diketahui pria tsb meninggal di dekat dinding penahan ombak seharusnya -minimal- pakaian yg dikenakan kotor oleh tanah yg basah oleh bekas deburan ombak .. klo saya korelasikan dgn foto mayat diatas, mayat tsb menggunakan kemeja putih yg-sama sekali-tidak kotor ataupun lusuh, serta bentuk dasi tidak berubah layaknya org yg tergeletak diatas tanah .. klo ada hipotesa pria tsb kemungkinan meninggal karena gagal jantung kemungkinan jawabannya ya karena jantung tidak memerlukan racun untuk membuatnya gagal ..

    yang kedua, klo memang masih berupa penyelidikan,selain menggali fakta yg ada , -menurut saya- knp tidak dikaitkan dengan isi buku the rubaiyat.. maksudnya, ada kemungkinan kematian pria tsb berdasarkan apa yg ada di dalam buku tsb shg apabila dikorelasikan maka akan cocok benang merahnya .. kemungkinan juga huruf2 yg menyerupai sandi yg belum terpecahkan bisa didapat pemecahannya apabila mengkaji isi buku tsb ..

    oia bang enigma, saya mohon maaf apabila apa yg saya tulis bersifat ngawur karena saya juga ingin memiliki pola pikir seperti bg enigma yg "selalu ada sisi yg lain" hehe

    wassalam

    ReplyDelete
  18. wew kasus yang sangat rumit.....

    ReplyDelete
  19. @dharma : memang kemungkinan karena teknologi belum maju. Tapi kasus ini masih diteliti oleh peneliti independen hingga saat ini, tmsk universitas Adelaide. Jadi kita tggu saja.

    ReplyDelete
  20. @rizal achmad : ucapan kamu sama sekali tidak ngawur. Masuk akal malah. Cuma utk soal foto, saya punya jawabannya. Coba lihat foto itu. Ia terbaring di atas kain. Jadi, artinya foto itu diambil bukan di lokasi penemuan mayat. Soal kemeja yang bersih itu karena ia memakai jas. Sedangkan soal dasi yang lurus, saya rasa itu perbuatan para petugas polisi atau koroner. Jika saya jadi petugas koroner, pasti saya akan meluruskan dasinya.

    Soal buku rubaiyat, saya sependapat. Seperti yang saya katakan di atas. Jika saya yang menyelidiki, maka saya akan mencari kaitannya dengan buku rubayat. Kita pernah lihat kan di film dimana sebuah barisan kode rahasia membutuhkan buku sebagai kuncinya. Seperti di Film National Treasure.

    ReplyDelete
  21. -accank-

    Empat baris kode yang aneh itu coba di kasih sama Detektif Conan Edogawa... Mungkin bisa terpecahkan...

    ReplyDelete
  22. hmm...saya kok yakin tulisan tamam shud di kertas itu untuk menandakan 'akhir' hidup pria tersebut ya? sekedar memanfaatkan dengan mengajak para penemunya berpikir 'ada kaitan dengan buku' meskipun dia hanya mengatakan 'selesai'

    inget kan kisah pembunuhan di detektif shinichi yang heiji dibuat berpikir bahwa korban dibunuh sebelum heiji datang ke rumah korban, padahal sebenarnya korban dibunuh tepat didepan mata heiji hattori? berbagai trik yang ada cuma untuk mengecoh...ah maaf, saya jadi kebanyakan bicara

    ReplyDelete
  23. Menurut saya, mungkin kasus ini adalah kategori KONSPIRASI. Mengingat sebenarnya tidak terlalu sulit (saya rasa) mengetahui identitas wanita (mantan perawat) yg memberikan buku kpd Alfred Boxall, jika data2 identitasnya dari RS tempat dia bekerja dan teman2 kerjanya diinvestigasi...

    Mungkinkah sebenarnya ada yg mengharapkan agar kasus ini berakhir seperti ini--stay misterious 4ever--?? Apakah mgkn ini cuma akting polisi dan pejabat pertahanan Australia?

    Saya rasa tidak ada salahnya mengasumsikan bahwa si unknown man adalah seorang mata2/intelijen musuh blok Amerika, dan si unknown man ini berhasil mendapatkan informasi yg sangat sensitif, sementara si unknown man ini masih dlm proses kontak dgn orang2nya (Uni Soviet?) dimana mereka mengawasi pergerakan si unknow man.
    Tapi sayang, ia ketahuan dan dibunuh oleh intelijen blok sekutu (bisa jadi Intelijen Australia atau AS). Semua benda yg mendukung identitasnya dihilangkan (seperti merk jas,merk dasi, merk kemeja, pakaian, kartu identitas,dll), dan dgn sengaja meninggalkan tulisan 'T Keane' di dasi yg ditemukan dlm koper yg DIASUMSIKAN milik korban, utk membingungkan,mengelabui..Sepertinya polisi meyakini itu adalah koper milik korban. Hal ini akan menggiring opini publik. Sayangnya mgkn kebanyakan orang akan dgn mudah menganggap 'T Keane' adalah BUKAN nama korban dgn logika ini..

    Saya percaya buku 'The Rubaiyat' itu tidak hanya ada satu, lbh dari satu, kalau memang bukunya dicetak dan dijual.
    Dan ini pointnya, saya rasa buku The Rubaiyat ini TIDAK RELEVAN sama sekali. Buku ini hanya sebagai 'bumbu' cerita, yang mengopinikan (seolah-olah) buku itu adalah kunci penyelesaian kasus, apalagi kemisteriusannya ditambah dgn kode2 huruf acak yg mengundang spekulasi..

    Buku itu diletakkan dgn SENGAJA di atas kursi depan mobil seorang dokter , setelah bagian kertas bertuliskan 'Tamàm Shud' dirobek.Robekan itu diselipkan ke dalam saku celana korban. Mgkn si pelaku ingin mengatakan: misi 'Tamàm Shud'--misi selesai.

    Mengenai nomor telepon si wanita mantan perawat di buku The Rubaiyat itu, mgkn sudah diatur untuk 'membumbui' cerita agar kemisteriusannya dan kerumitannya bertambah. Mgkn si wanita diminta/diperintahkan utk tutup mulut dan diperintahkan utk meminta polisi agar merahasiakan namanya agar privasinya tak terganggu.. Dan ajaibnya polisi menerima permintaan itu dan (dari tulisan Bang Enigma) sepertinya polisi Australia sendiri tdk berniat utk melakukan investigasi lebih jauh.(cont'd)

    ReplyDelete
  24. Hmm... kasus yg sangat menarik. Jika saya seorang detektif, saya akan memulai penyelidikan di persia utk mempelajari lbh jauh tentang sosok sang penyair... Mungkin ada jawaban utk teka teki 4 baris kode disana...

    ReplyDelete
  25. Dan Alfred Boxall memang menerima buku itu dari si wanita..terbukti dari klarifikasinya di kemudian hari.
    Rasanya sulit memalsukan tokoh Alfred Boxall, karena ia telah muncul ke publik utk mengklarifikasi dan menunjukkan buku pemberian si wanita lengkap dgn tulisan ayat 70 The Rubaiyat di depannya(walaupun sepertinya agak telat), dan juga karena orang2 akan dgn mudah mengidentifikasi Alfred Boxall, setidaknya orang2 yg mengenalnya.

    Selanjutnya, mengenai liputan media yang luas, yang juga tidak membuahkan hasil mengenai identitas si unknown man, memberikan gambaran kepada kita betapa misteriusnya si unknown man ini sampai2 negara2 yg berbahasa Inggris tidak ada yg mengklaim itu warga negaranya. Ini memberikan kita peluang bahwa si unknown man diduga kuat bukan berasal dari negara2 berbahasa Inggris. Jika mempertimbangkan kondisi waktu itu, seperti yg diutarakan Bang Enigma, ditambah lagi perebutan pengaruh yg sengit antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, jg akan memberi peluang bagi kita utk mengasumsikan si unknown man adalah intelijen Uni Soviet (bukan Rusia, karena waktu itu Uni Soviet belum runtuh). Mengapa intelijen/mata2? Karena biasanya orang yg bekerja sbg intelijen/mata2 identitas asli-nya sangat rahasia. Bukan tidak mungkin jika orang awam di Uni Soviet melihat wajah korban, tapi tidak mengenalinya.

    Sepertinya dari asumsi2 ini, polisi, pejabat keamanan Australia cukup lihai dalam bersandiwara agar semuanya terlihat sebagai INVESTIGASI YANG NORMAL.
    Satu lagi,polisi Australia sepertinya sangat taat sekali pada yang namanya privasi pribadi ya ^0^
    Dan ditambah lagi, mengapa polisi YAKIN SEKALI, petunjuk kasus ini ada pada buku The Rubaiyat itu, sampai2 mengarahkan petugasnya utk mencarinya? Dan benar saja, beberapa waktu kemudian si dokter datang menyerahkan buku itu yg katanya tiba2 saja berada di kursi depan mobilnya pd tgl 30 november 1948.
    Aneh ya, knapa polisi begitu yakin bahwa buku itu dapat ditemukan dan seolah2 buku itu pasti ditemukan di Australia? Bisa saja kan buku itu sudah hancur,atau berada di luar Australia.

    Oya, menurut saya, kematian si unknown man adalah karena embolus udara di otak. Caranya? Cukup suntikkan jarum suntik berjarum halus yg kosong (berisi udara) ke pembuluh darah yg tersembunyi, misalnya di arteri brachialis atau arteri axillaris di ketiak. Jejak suntikan akan SANGAT MINIMAL.
    (continued.. maaf komentar saya terpotong-potong, karena pakai hp)

    ReplyDelete
  26. (sambungan..)

    Embolus udara dlm beberapa saat dapat menyumbat pembuluh kapiler otak yang menyebabkan asfiksia otak atau jika terjadi pecah pembuluh darah otak dapat menyebabkan stroke akut. Jika asfiksia atau pecah pembuluh darah terjadi di medulla oblongata (yg merupakan pusat pengaturan sirkulasi darah dan respirasi), dapat terjadi gagal jantung akut. Kematian berlangsung cepat tanpa meninggalkan cyanosis/kebiruan di kulit.

    Oya, posisi mayat dalam keadaan berdiri, akan menyebabkan darah terkumpul di bagian bawah tubuh, termasuk di abdomen (perut).
    Jadi, saya kira itulah mengapa tim dokter forensik pada era itu sulit mengidentifikasi penyebab kematiannya. Dan itulah sebabnya perkiraan waktu kematian jadi meleset (dari hasil forensik diperkirakan pukul 2 pagi hari itu, sedangkan pasangan muda-mudi O'Neill dan Strapps mengaku mencurigainya telah mati hari sebelumnya yg paling tidak sudah 12 jam dan bukan 4,5 jam, jika dihitung dari jam penemuan korban oleh J. Lyons ).

    Sekarang, kenapa polisi dan pejabat keamanan Australia harus REPOT2 melakukan semua sandiwara ini? Bukankah sebenarnya cukup dibunuh dan dilenyapkan saja mayatnya ??

    Sepertinya pihak Intelijen Australia tidak mau gegabah membunuhnya begitu saja, karena mempertimbangkan bahwa si unknown man ini dalam kontak dgn orang2nya.. Australia khawatir akan menimbulkan kecurigaan Uni Soviet jika terjadi lost contact begitu saja. Mgkn sebelumnya Intelijen Australia telah mengetahui bahwa si unknown man ini adalah single agent dgn tugas tertentu...
    Apakah Australia bahkan memanfaatkan identitas si unknown man utk mencuri informasi dari Uni Soviet dgn kelihaian Intelejennya, sehingga seolah2 si unknown man masih hidup di mata Uni Soviet? Maybe..

    Saya jadi curiga, apa benar polisi Australia menyebarkan foto dan sidik jari ASLI si unknown man? Seharusnya tidak... Karena akan memungkinkan Uni Soviet mengetahui kematian agennya.

    Saya berasumsi, penemuan mayat si unknown man oleh J. Lyons di pantai Somerton itu adalah DI LUAR SKENARIO Intelijen Australia. Penemuan mayat yang ditemukan oleh warga SIPIL akan segera mengundang reaksi media di negara sekelas Australia, sehingga polisi Australia TIDAK BISA MENGABAIKANNYA begitu saja..
    Kejadian dlm operasi intelijen yg TIDAK DIHARAPKAN? Ya, saya tahu, ini juga titik lemah teori ini. Mgkn satu2nya penjelasan, adalah si unknown man berhasil menyelamatkan diri beberapa saat sebelum tewas.

    (bersambung..)

    ReplyDelete
  27. (sambungan...)
    Embolus udara dalam teorinya dapat membunuh seseorang dalam beberapa saat atau bahkan juga dalam waktu yg lbh panjang, tergantung dari berbagai faktor, termasuk diantaranya ukuran emboli, profil lipid darah dan sebagainya..

    Aku tau ini cuma
    teori aja dari seorang penghayal gila, wkwkwkwk..
    udah malam nih, mau bobok dulu...(3_3)zZZ

    ReplyDelete
  28. mantap bener ni blog....keren abis. by the way, bisa request gak kisah tentang kstria Templar. penasaran tuh ama mereka. juga kisah batu dropa di himalaya. thanks bung enigma. keep ur good work;)

    ReplyDelete
  29. kapan tulisan manusia pendek dari sumatera dilanjutin? juga tentang mahkluh2 aneh. cz saya tertarik tentang mahkluk2 misterius.

    ReplyDelete
  30. Ini baru nih, ciri khasnya enigma yg asli,"still misterius" kalo yg kemaren sih saya g terlalu suka tuch.. bikin ribut...
    bang, terus posting yg misterius aja y..

    ReplyDelete
  31. kasus itu udah ditutup apa belum?apa masih diselidiki sampe skrg?
    setuju ma rizal achmad,knp ga dikaji buku itu lebih dalam.siapa tau ada udang di balik buku itu?hehe.sapa tau ada motif yg nyebabin dia mati gitu.biasanya kan orang itu,ataupun si pembunuh terobsesi sama apa yg ada di buku itu ...:p

    -don quixote doflamingo-

    ReplyDelete
  32. Saya tidak tahu apakah polisi masih membuka kasus ini. Tapi setahu saya kasus ini sdh masuk kategori coldcase. Tapi banyak peneliti masih menyelidiki kasus ini.

    @enghuni60: saya juga tidak suka posting tulisan yang bikin ribut. haha.

    ReplyDelete
  33. @anonymous : Batu dropa sdh pernah ditulis. ini linknya :
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/12/lempeng-lolladoff-dan-batu-dropa-bukti.html

    ReplyDelete
  34. @Chris : Great Bro. analisa yang bagus. Soal embolus, saya baru tahu itu. haha. analisa sebelum tidur.

    ReplyDelete
  35. @chris : edan, keren juga analisa lo...sebelum gue baca komen lo, gue baru ngerasa bahwa misteri terbesar dari kasus ini adalah penyebab kematian nya...kalau orang bisa membunuh dengan sesuatu yang tidak terdeteksi, itu lah senjata paling ampuh. soal kenapa dia dibunuh dan pelaku, pasti ada sejuta kemungkinan, tergantung situasi dan kondisi. sedangkan cara membunuh itu lah yang bisa di tiru oleh orang2 lain

    @enigma : keep posting misteri2 yang ga umum seperti ini bro, im one of your biggest fan,,dan gue banyak nge racunin temen2 buat baca blog ini..

    ReplyDelete
  36. wah, di blog ini banyak hal yang bertentanan dengan apa yang terjadi secara umum, ngmg2, Di enigma ada berapa orang Admin ya??

    ReplyDelete
  37. menurutku si pria itu adalah intelejen,dri crany mati dengan menghilangkan semua tanda,persis kaya peraturan para intelejen.....

    ReplyDelete
  38. kapan nih artikel "The Ice Ship" di WW II ditulis,...

    untuk artikel "the unknown men",menurut gw sih,..ntu Agen Rahasia/Mata Mata aja,..toh semua identitas mata mata musti "tetap rahasia" meskipun setelah mati(kalau gk gtu mah bukan Agen Rahasia namanyaaa..)keep posting gan...

    ReplyDelete
  39. @chris: emang bener sih, soal teori embolinya, sama kayak proses terjadinya stroke... embolinya bisa berupa lemak ato juga thrombus. Tapi kan katanya di perut itu orang ada darah, nah gimana tuh? apa hubungannya dgn emboli d otak?
    =D

    ReplyDelete
  40. Ariel 10 said...
    Om enigma kenapa kasus ini disebut kasus "taman shud" padahal kan tulisanya kan "tamam shud"(sebagai anak kelas 4 SD saya pasti bertanya).Masih ingat sama Ariel.Tolong dijawab ya om.^_^

    ReplyDelete
  41. wow,,,keren bang


    btw ,ikut kopas

    ReplyDelete
  42. bagus banyakin soal naga,alien dan ufo ya!!

    ReplyDelete
  43. @Ojan : Its only me.

    @Ariel10 :Itu mungkin cuma masalah dialek dan penyebutan. Bahasa itu dari Persia, ketika diinggriskan jadi Taman Shud. Mungkin lho.

    ReplyDelete
  44. coba ada sherlock holmes ga susah tu,,,
    ato mr enigma ada di waktu dan masa pada saat kejadian,pasti ga bakal jd misteri ni..
    from : N.O

    ReplyDelete
  45. shud town aja kalo selesai :)

    ReplyDelete
  46. @Lalitis: ya, saya mengajukan teori embolus (gumpalan) udara untuk penyebab kematian si unknown man. Yang disuntikkan adalah suntikan (syringe) kosong yg berisi berudara, karena inilah yg dilakukan sengaja dan ditujukan utk membunuh korban. Sedangkan untuk thrombus (gumpalan padat) lemak atau trombosit memang bisa juga menyebabkan kematian, tapi tidak bisa direkayasa utk membunuh pasien melalui suntikan, karena ini adalah proses abnormal yg berlangsung dlm tubuh.

    Apa hubungan emboli udara di otak dgn perdarahan?
    Emboli udara seperti yg saya tulis, merupakan teori yg saya gunakan utk menerangkan kematian korban akibat gagal jantung akut. Nah, pada saat jantung berhenti berdetak, itu artinya tidak ada lagi yg dpt memompa/mendorong darah dlm pembuluh darah, sehingga aliran darah terhenti. Mayoritas dari darah yg bersirkulasi di distribusikan ke bagian bawah tubuh, seperti organ2 dalam abdomen (hati, usus, limpa, ginjal, kandung kemih, organ genital internal), organ genital eksternal, dan tungkai. Darah yg bersirkulasi dari tubuh bagian bawah akan balik menuju jantung dalam pembuluh darah vena, yang merupakan 'reservoir' darah, karena memerlukan dorongan dari bilik kiri jantung utk masuk ke serambi kanan jantung. Nah, dgn tidak adanya dorongan ini, maka darah akan 'menumpuk' di tubuh bagian bawah, termasuk di dalamnya perut (abdomen). 'Penumpukan' ini terjadi dlm pembuluh darah, BUKAN diluar pembuluh darah. Jika diluar pembuluh darah, maka disebut 'perdarahan' (hemorrhage). Bagaimana menilai adanya penumpukan/pengumpulan darah di perut (abdomen)? Dokter forensik akan mendapati tanda hiperemia (kemerahan) pada organ dalam perut, seperti usus. Jika mayat sudah lama tergeletak, maka akan berwarna kebiruan (warna darah vena akibat hemoglobin yg tdk tersaturasi oleh O2). Tanda2 pengumpulan darah ini akan semakin jelas terlihat jika mayat ditemukan dalam keadaan 'ortho' yaitu, tlg punggung vertikal thdp lantai (bisa dlm posisi berdiri atau terduduk).
    Nah, saya mencurigai bahwa mr.X kita sebelum tergeletak (berbaring) dia dlm posisi setidaknya duduk.
    Mengenai kerancuan kata 'terkumpul darah dalam perut', saya tidak mengambil makna awam yg menduga dalam perutnya ada darah yg menggenang, yg artinya darah keluar dari pembuluh darah, yg artinya ini adalah PERDARAHAN INTERNAL. Saya tidak mendukung asumsi ini karena prdarahan internal akan diikuti oleh adanya tanda2 kekerasan: tusukan, lebam, memar,dsb. Sdgkn pd mr.X tdk didapati tnda kekerasan.

    ReplyDelete
  47. wew... keren bang....

    haha...

    tp tetep aja.. masih misterius. blum terpecahkan...

    haha...

    keep posting bro..

    ReplyDelete
  48. btw... 1 pertanyan..
    itu yang ada di dalam baju na itu kan katanya ada
    tiket bus ke halney yah???
    itu dai belom mo pergi kan.... kan di tiket na pasti tertulis dong ada tulisan tggl, bln Keberakagatnya....
    mungkin aja itu bisa ngebantu

    ReplyDelete
  49. WEDEW....dilanjut lagi...comentnya chris...
    I have 1 suggestion for u Chris...
    bikin blog sendiri aja...top abis dah bakalan,saingan ma bang enigma pastinya...
    kasian kalo nulis hipotesa disini..g skalian tulis trus kirim ke pemerentah australi?
    hehehe...becanda bro...

    -don quixote doflamingo-

    ReplyDelete
  50. saya pernah mendengar tentang kasus ini. yang menurut saya kasus ini sebenarnya adalah pembunuhan berenca. di lihat dari ciri2 korban yang sengaja ingin di hilangkan identitasnya dan beberapa saksi yang menurt saya sangat kurang jelas. saya rasa kasus ini melibatkan orang2 yang bukan orang2 biasa. sepertinya mereka adalah orang yang berpengalaman seperti agen2 atw intelejen.

    PEACE!!!!!

    ReplyDelete
  51. @crist: wah...di lihat dari posting kamu saya rasa anda orang yang paham betul soal organ2 tubuh manusia. anda pasti seorang Dokter atw mahasiswa kedokteran? salut saya dengan analisa anda yang sangat luar biasa.

    PEACE!!!!!!!!

    ReplyDelete
  52. wah.,.,.,keren bro tulisannya....keep posting aja...

    ReplyDelete
  53. hwah bang..saya sangat menanti kasus ini terungkap..
    saya tunggu perkembangan dari kasus ini ya..
    jika sudah ada kabar..mohon id posting kembali..
    arigatou..

    ReplyDelete
  54. wah,,,keren bro postnya
    tapi, kalo blh tau dari mana bang enigma nentuin topik artikel yang jarang sekali d bahas(langka) ?

    ReplyDelete
  55. nice info mas . .

    btw mas bisa posting g ttg tradisi bambu gila yang ada di maluku ?

    itu gimana ceritanya mas ampe bisa gitu ?
    apa ada teknik-teknik nya ?

    ReplyDelete
  56. Senpai Enigma, udah pernah bahas leys belom?
    itu looh, garis energi bumi......
    kalo belom, nitip yah.......

    ReplyDelete
  57. Anonymous said...tapi, kalo blh tau dari mana bang enigma nentuin topik artikel yang jarang sekali d bahas(langka) ?

    Cuma yang kepikiran saja bro. yang informasinya cukup, bisa ditulis.

    @Azianzari : bambu gila tidak dibahas disini bro. Setahu saya (mungkin salah) itu hubungannya dengan tenaga dalam.

    @Inferno : ley line belum. boleh juga ntar saya tulis.

    ReplyDelete
  58. merinding nih
    oh,iya...
    mas,tolong dong bahas kasus Mantell yg kt'a korban pertama alien,soal'a sya msih pnasaran....
    trims....

    ReplyDelete
  59. Mr. Enigma, mohon dibahas soal batu - batu Inca dari Peru yang bergambar manusia hidup berdampingan dengan manusia, apakah ini benar adanya atau hanya hoax belaka, soalnya sumber2 dari web di nusantara kebanyakan isinya sama walaupun tidak persis, bahkan dari batu ini juga sudah dubuatkan bukunya dan juga film dokumenternya juga oleh sineas dari barat sono....

    Ditunggu postingnya.........
    Terima Kasih sekali............

    ReplyDelete
  60. mungkin orang yng ninggalin kertas trsebut ingin menantang kepolisian hehe

    ReplyDelete
  61. Klo menurut analisa gue knp it merk pakaian dll dhilangkan krna it merupakan merk dagang dr negara tertentu misalny made in indonesia dan hanya ad di indonesia . .
    Mgkn krna it pelaku membuang semua merk tersebut . .
    Krna it merupakan petunjuk pntng asal negara korban . .
    Pelaku ini jelas bkn org biasa dan org yg dbunuh ini saya kira jg bkn org biasa krna terlalu hebat tuk org awam yg melakukan it . . .
    Selain it mengenai kata tamam shud yg ad dbuku tersebut cb perhatikan kertas yg dtemukan d celana krban tersebut tdk rusak sama sekali ktika dtemukan pdhl mayat it sudah jauh hari meninggal kmudian diawetkan . .
    Ini yg janggal tak mgkn polisi lupa mengidentifikasi hal it . . .

    Satu yg saya curigai . .
    Kertas it hny jebakan semata utk memperumit kasus tsb

    ReplyDelete
  62. Klo menurut analisa gue knp it merk pakaian dll dhilangkan krna it merupakan merk dagang dr negara tertentu misalny made in indonesia dan hanya ad di indonesia . .
    Mgkn krna it pelaku membuang semua merk tersebut . .
    Krna it merupakan petunjuk pntng asal negara korban . .
    Pelaku ini jelas bkn org biasa dan org yg dbunuh ini saya kira jg bkn org biasa krna terlalu hebat tuk org awam yg melakukan it . . .
    Selain it mengenai kata tamam shud yg ad dbuku tersebut cb perhatikan kertas yg dtemukan d celana krban tersebut tdk rusak sama sekali ktika dtemukan pdhl mayat it sudah jauh hari meninggal kmudian diawetkan . .
    Ini yg janggal tak mgkn polisi lupa mengidentifikasi hal it . . .

    Satu yg saya curigai . .
    Kertas it hny jebakan semata utk memperumit kasus tsb.

    ReplyDelete
  63. LAND LORD LAWIE SAID :
    "Wow..., sori telat komen, menarik banget neh ... apalagi sampe Sherlock or conan ikut campur, but in my opinion, Hercule Poirot is the best ,...
    back to case, soal merk pakaian yg dihilangkan, kalau bang enigma pernah ke pasar senen, banyak dijual baju mahal bermerek yg merk nya digunting, dan itu sudah jadi kebiasaan dari jaman dulu, untuk barang cacat or ga jadi dirilis karna banyak hal, tapi dijual kepasar oleh pegawai2nya,
    mungkin bisa jadi clue...,
    mengenai kemeja yg ga kotor karna pakai jas,itu ga bisa jd jawaban, soalnya sifat air itu mengikuti bentuk, pasti pasir or kotoran lainnya masuk melalui celah jas, so it still weird
    harusnya tuh polisi telusuri darimana dokter itu dapet buku yg hal terakhir tersobek ....,
    nice post bro.

    ReplyDelete
  64. Siapa yang bilang mayatnya kena air ?
    Di tulisan atas, saya menyebutkan bahwa mayatnya ditemukan di DEKAT DINDING PENAHAN OMBAK. artinya bisa dua kemungkinan, apakah dinding luar yang mengarah ke pantai atau dinding bagian dalam. Jika di dinding bagian dalam, bukankah mayatnya tidak akan kena air ?

    ReplyDelete
  65. tubuh ga ada tanda Lahir ato pun Luka???
    utk org yg sudah dewasa, seperti na hampir mustahiL ga ada bekas Luka...
    (apaLg sempet diduga kLo dia mata2..)

    tangan haLus kuku rapi, kaki seperti penari..??
    gay?
    ato org yg benar2 rapi?

    ReplyDelete
  66. ikutan aah. puntung rokok yg ditemuin keesokan harinya sejak muda2i ngeliat pertamakali itu agak spooky d. mayatnya ngerokok sblm ditemuin. hiii. hahah. bcanda. artikel yg seru!

    ReplyDelete
  67. saya tidak mau menjustifikasi kematianya karena ada banyak hal yang tidak bisa kita ketahui dr peristiwa ini, ada banyak hal yang meragukan, diantaranya pesan-pesan dari sobekan buku itu ..apakah itu bisa berarti kode rahasia yang hanya dipahami oleh pihak tertentu? mugnkin benar ada keterkaitan dgn KGB, sebab saya cermati kode itu mirip dgn huruf cyrilc russia, atau mungkin saja memang pria itu tidak ada hubungannya dgn dinas intelejen karena dia memang hanya penggila sastra yg terobsesi dgn karya sang pujangga.
    tapi hal yg paling meragukan saya adalah kenapa tidak dilakukan tes DNA?

    ReplyDelete
  68. Sebenarnya sdh pernah dites DNA nya, tapi percuma kalau tidak ada DNA pembanding. Jadi masih gelap.

    ReplyDelete
  69. Izin copas di blog saya ya mas... Postingnya keren-keren dan sangat mendetail ^_^

    ReplyDelete
  70. myheart2105 said...
    I absolutely like this blog!
    @alvi: tapi sepertinya gak ada tuch huruf rusia di kertas itu, terlihat seperti huruf alfabet yg biasa aja. Lagipula kan kalau huruf rusia ada huruf2 aneh gitu kayak huruf N terbalik atau atau R terbalik, or so yg bisa jd ciri khas..

    @Mr. Enigma: oya om, emang iya ya si mr X udah pernah di tes DNA nya? Tahun berapa om? Setau aq, kalau gak salah DNA baru ditemukan tahun 1948 oleh James Watson. Tapi kayaknya disekitar tahun itu belum ditemukan tes DNA. Apa ada bagian dari tubuh mr X yg disimpan utk dijadikan sampel di kemudian hari?

    ReplyDelete
  71. Tes DNA nya baru-baru ini kok, tahun 2000an, bukan tahun 1948. kalau mau tahu lebih lengkap, lihat link sumber wikipedia di bawah tulisan.

    ReplyDelete
  72. EVILution said...

    hm... aku jg suka nih yg bgini2an haha... btw kmrn2 sempet iseng nyocokin anagram yg biasa aku pke sama kode2 ini... dan hasilnya...

    WRGOABABD
    HIIADI
    NTBIIMDAKETD
    HLIABO AIAQC
    TTMTSAMSTGAR
    M SAMSGAR

    jdi...

    WAR GO BAD B
    I HAD II
    TEAM I DID NBK
    HALIBO CIA QA
    MASS GRAM TTTT
    M GRAM SAS

    baca...

    War is going bad go to plan B
    i had 2 team, team 1 did NBK in Halibo
    Question and answer bout CIA
    Mass gram TTTT (is it TNT?) founded, gram SAS

    haha cuman iseng kok... tpi mgkn kah ad bom yg tersimpan d halibo? (timor timur) pd saat itu? lalu tujuannya apa? klo ad robert langdon psti lbih gampang hihi... :D

    ReplyDelete
  73. to EVILution, apa bener tuh kode pake bahasa inggris??? bisa jadi pake bahasa daerah asing kan....
    Truzz.. klo penyelidik disana mau menyelidikikan harusnya selidiki yang ada hubungannya, jelas2 tuh cewe ada hubungan kuat ama sang mayat.. tapi kok kesannya tuh cewe kyk di biarin aja..
    jadi om enigma slain pertanyaan diatas, harusnya juga ada, kenapa penyidik seakan2 tidak ingin menyangkutbaut kan tuh cewe lebih dalam terhadap kasus sang mayat..

    ReplyDelete
  74. EVILution said...
    hm... kan saya hanya nebak2 doang hehe... sekedar hobby ngebuat anagram... dan ngebongkar pola anagram yg dibikin org lain... makany trakhir saya ksih statement "munkinkah?" :)

    ReplyDelete
  75. bunuh diri atau di bunuh?? jika bunuh diri mungkin dia adalah 'pemuja rahasia' si perempuan.. jika dibunuh mungkin...? ..si perempuan dan si boxall mungkin hanya sebagai pengecoh... wallohualam. yg pasti 'taman shud' (akhir yg misteri/misteri yg tak berakhir)

    ReplyDelete
  76. mengapa jika menggunakan internet explorer sering gagal mengirim komentar??? itu merupakan misteri yg harus di ungkap...

    ReplyDelete
  77. ~cHii said...

    karna itu hanya rekayasa...

    pikirkan dengan Logika...

    terLaLu banyak kejanggaLan yang dibuat disini...

    maLu dah baLu baca...>_<

    ReplyDelete
  78. uknown man kenalan dari perawat tersebut tp kecemburuan boxall mebuat boxall membunuh nya, buat apa si perawat ke hotel cuma untuk memberikan buku, knp juga buku itu mendadak ada di kursi depan karen dia ingin pembunuhan nya terungkap karena saat itu ia di kejar2 boxall, karena kelihaian boxall dalam membunuh karena dilatih dalm ketentaraan membuat seolah mayat tidak ada luka setelah di bunuh, simple.

    ReplyDelete
  79. aslmkm,.
    ney blog paling mantab buat ngupas misteri..
    maaf br kasih komen, cz baru ketemu m blognya,
    jadi pgn tau segalanya,.ney,.

    lam kenal,.
    lanjutkan ajah deh,.

    leeya,

    ReplyDelete
  80. Kanz said…
    Mas enigma, ini ad teori sy sndri ttg misteri Taman Shud..Yah, bs dblang ini pikiran org ngelantur yg krg kerjaan krn sy mmg tdk bxk kerjaan akhir2 ni..
    Sy berasumsi bhw teori dr mas Chris benar bhw si pria yg terbunuh(sy sbut mr.x) emg kena embolus udara. Dn sy jg beracsumsi klo teori dr EVIlution bhw 4 baris kode tsb berisi perintah ke plan B n ada sangkut pautnya ma CIA. Sy jg menganggap mr.x adl mata2 uni sovyet. Dr sni sy mlai mmkrkan ide gila ttg sp az yg bs jd pembunuhx?
    Teori 1:
    Wanita mantan perawat i2lah pembunuhx… Krn ia sbnrx bkan perawat yg jg pux pkerja2n sbg agen rhsia Australia. Mgkn si mr.x tahu si wanita adl agen rhasia shg ia mlai mndktix.. Txt mrka sma2 ska ma puisi The Rubaiyat, jd si wanita i2 mmnjmix.. Nah, txt d dlm bku i2 ada kode2 rhsia dr intelijen australia ttg CIA, gmpg bngt bwt mr.x u/ mngtaui isix krn ia mata2 trltih, ia jg mmnta no.telp wanita i2 agr bs ditelp kpn az jd ia nulis no.telp wanita d blkg bku i2. Si wanita truz sdr klo ad kode2 rhsia d bku i2, truz ia nyuruh mr.x ngmbaliin bku i2 d rmhx d Glenelg skalian ia ngrencanain pmbnhan ats mr.x. I2 mnjlaskan knp ad tket bus yg kepake yg mnju Glenelg krn mr.x emg mw ktmu wanita i2. Nah, mgkn si wanita ngajak mr.x jln2 ke pantai krn klo ia bunuh d rmhx n pura2 ia gag knl or gag tw knp tuh myat ad dstu, polisi pzti ttp curiga. Jd ia bnh mr.x d pntai dkt rmhx..(btw jrk pantai n Glenelg ckp dkt). Krn ia seorg perawat yg pztix sgt phm bag.tubuh manusia, tdk slit bagix bnh si mr.x dgn cr menusukkan jrm suntik tpt d arteri brachialis/axillaris. Wkt i2 mgkn si wanita mmaksa krban u/ nyrahin bkux. Tp mr.x gag lsg mti n ia msh smpt nyobek hal. Yg da tlsan “Tamam Shud” n nyimpen d sku clanax, mgkn ia brhrp jk polisi nemu sobekan i2 mreka akn nyari bku puisi i2 yg sobek di hal trakhir. Nah, krn tw ada bag yg d sobek mr.x, si wanita kbingungan, ia lalu mencri cra mghlngkan brg bkti.. Ia naruh bku i2 d kursi dpn mobil seorg dokter yg mgkn tetanggax..(Si dokter i2 jg kbtlan tinggal d Glenelg). So, ia mrasa tlh bebas dr tuduhan apapun. Sy rs tdk ada org yg mngenali si wanita n mr.x d dkt pantai i2 krn hr sdh gelap. Menurut wiki, sepasang muda-mudi yg liat mr.x trbaring d stu pd jam 7.30-8.00 malam.
    (bersambung)

    ReplyDelete
  81. Kanz said...
    Teori 2:
    Sy jg mrasa bhw si dokter jg bs d anggap sbg pembunuhx..Knp? Krn ia mengaku nemuin tuh bku d kursi dpn mobilx yg lg dprkir.Tp apkah ad saksi lain yg liat sp yg naruh bk i2? Apkah ad saksi lain yg mnguatkan ket si dokter?? Tdk ada kan?? Jd bs sj stlh mmbnuh, si dokter menaruh bku i2 d krsi mobilx, truz bbrp hri kmd ia mngarang crta n dgn polosx ngaku2 bhw ia mnemukan bku i2 bgtu sj d mobilx n stlh dsldki txt potongan krtas i2 brsal dr bku yg d brkan dokter. Jd ad kmgknan si dokterlah pembunuhx. Tp knp? Mgkn si dokter ini cemburu ma mr.x krn ia sllu mndkati si wanita perawat. Ya, bs az kn mrka 1 rmh skit, tetanggaan lg(rmhx brdkatan). Org tdk akn mmbnh klo ia tdk knl atw tdk brhubngan ma si korban. Dlm ksus ni, mgkn si dokter tw klo mr.x udh mnjm bku yg da kodex. Jd ia mnmui mr.x yg lg sendrian di pantai (skenario jln2 mr.x n si wanita d pantai gag brlku dsni), trz krn ia dokter ia jg pzti phm mslh kshtan, ia suntik deh si mr.x. Si dokter brsaha ngrebut bku yg dbwa mr.x tp mr.x msh smpt nyobek secuil hal. dr bku n ni bikin s dokter ngrncanain aksi pura2 nemuin bku d mobilx.
    (bersambung)

    ReplyDelete
  82. Kanz said...
    Teori 3:
    Alfred Boxall adl pmbunuhx!! Motif boxall mgkn ud jlz, dy pgn melenyapkan si mata2 krn mata2 i2 tw rhsia mrka. Drmn ia tw klo ia gag memegang bkux?? Boxall mgkn ingin mmastikn apkh info dr AS bcor ke uni sovyet. Truz ia cari2 mata2 i2. Dlm teori ni sy rs mr.x dpt bku the rubaiyat yg da kode2x dr tman ssma mta2. Nah, boxall mngatur prtmuan mrka di pantai n mr.x prcya2 az krn ia mgkn blm knl ma boxall. Si mr.x ni mgkn bw bku i2 kmana2. Truz bgitu tw bku i2 d tgn mr.x, boxall lsg mmbnuhx. Ia org militer jd kmgknan bsr tw bgmn cr suntikan mmatikn i2(emboli udara). Sobekan krtas i2 mgkn udh dsbek mr.x sblmx n ktka boxall mmriksa bku 2 ia mndpati bhw tulisan taman shud tlh d sobek. U/ hndari kecurga2n polisi, ia nekat naruh bku i2 d slh stu mbil yg kbtulan dparkir.
    (bersambung)

    ReplyDelete
  83. Kanz said...
    Teori 4:
    Ni teori konspirasi gbungan dr teori2 1-3. EVIlution mnduga isi kode i2 dlm bhs inggris yg klo dtrjmhkan k bhs.ind jd.. “Perang bertambah buruk, jalankan rencana B. Aq pux 2 tim, 1 tim lakukan NBK di Halibo (timor-timur). Pertanyaan n jwban ttg CIA. Massa jenis TTTT ditemukan, gram SAS.” Sy mnduga bhw isi kode i2 adl 1 pemimpin yg memimpin 2 tim yg bklan jlanin rncana B krn perang smkin gwt. Nah, sy mnduga alfred boxall adl pemmpinx n si perawat n dokter adl anggta 2 tim. Boxall ud tw klo mr.x adl mta2 uni sovyet tp klo ia ingin mmbnuh mr.x tnpa jejak, ia bth bntuan tnga medis yg pux solusi bgmn mmbnuh krban dgn cra misterius. Kbtlan ad anggota timx yg perawat n dokter. Jd ia mmnta bntuan mrka. Jd si mr.x dpancing o/ perawat u/membaca bku i2 (ni dlkukan agr mrka ykin mr.x bnr2 mta2 uni sovyet krn hax mta2 yg cerdas yg bklan tw kode2 i2. Stlh ykn si mr.x adl mta2, mrka berkomplot mmbnhx. Prtama, si perawat ngajak mr.x ktmuan d pantai dgn bw bku i2 n si dokter mngkuti mrka dgn bkl jrum suntik. Si perawat mlmbaikan tgnx k arah mr.x, otomatis mr.x melambaikan tgn jg. Nah saat i2lah si dokter mnusuk ketiak mr.x dgn jrum sntik yg mngkbtkan emboli udara. Mr. x bklan terhuyung2 krn alran drh yg brhnti. Ktka mrka mncoba mrbut bku i2, mr.x msh smpt merobekx. N dokter n prwat mkrin rncna slnjutx bgmn mghlngkan kcuriga2n polisi pd mrka, jd mrka mngtur aksi pura2 dokter yg sy jlskn d teori 2. Stlh i2, si wanita i2 mgkn mengaku k polisi bhw ia pux buku the rubaiyat. Ia lalu brtmu dgn boxall bhw polisi nemuin robekan krtas n txt co2k ma bku yg dbw si dokter. I2 mnjlaskan knp ia menulis ayat k-70 the rubaiyat yg klo dterjmahin ke bhs. Ind jd:
    Tentu, tentu saja
    Penyesalan seringkali sblm aku brsumpah
    Lalu dan lalu dtg musim semi
    Dan mawar ad dlm genggaman
    Benang merahku (ceritaku) terbuka
    Penyesalan sebuah bag.tercabik

    Mgkn mksudx ia ud nyesel brsumpah(sblm mngku ke polisi atw d dpn pngdlan para saksi pzti dsmpah, kyk di Indonesia) k polisi n nyesel jg ad bag. Yg btlskan “Tamam Shud” yg robek. Boxall tentu tw arti brisan klmt ni jd ia nolak beri ketrngn k media. N bku the rubaiyat yg dbwa boxall k polisi mgkn adl bku yg bru dbrikan o/ si wanita (bkn thn 1944) u/ mntupi kcriga2n bhw boxall adl pmbnhx. Pkokx mrka brkomplot stu sma lain jgn smpe ad yg ktngkep polisi. I2 jg mgkn sbabx polisi tdk mmberikan identtas si wanita n si dokter krn mrka tw klo mrka b2 adl mata2 australia n mgkn mrka jg ud tw bhw pmbnhx adl mrka b2+boxall.
    (bersambung)

    ReplyDelete
  84. Kanz said...
    Teori 5:
    Teori ni mnyangkal teori2 lainx krn sy rs sgt mgkn pmbnhx adl org lain/pmbnuh byaran. Pmbnuh i2 mgkn sdh djanjiin uang gede bgt ma CIA u/ bnh si mata2 alias mr.x asal ia tu2p mlut n gag mncul k publik. Jd mgkn sj pmbnuh i2 msh hidup dgn tenang smpe skrg..hehhehe..ngaco bgt.

    Dr k5 teori d ats sy cndrung prcya teori 4 krn i2 bs mnjlaskn ktrlbtan k3 org i2 n mngpa mrka muncul k publik. Tp ad 1000 kmgknan yg bs trjd dlm kasus ni n sy tdk mengganggap teori sy yg plg bnar, krn baxk khayalanx..hehehhe.. Klo ad kritik/saran/tanggapan, slhkn sj. Atw mgkn mas enigma yg menanggapix??
    Thx be4 for mas enigma yg ngijinin brkmbangx teori2 aneh kyk d ats.

    ReplyDelete
  85. om 4 baris kode aneh itu
    sepertinya semacem anagram y?

    ReplyDelete
  86. terus terang.. saya ga bisa menemukan uniknya kasus ini. Kalo soal identitas yang tidak bisa ditemukan... why not? mgkn saja dia orang asing yg kebetulan jalan2 di sana.

    Soal kematiannya? ada kemungkinan kena serangan jantung.... beres!!

    ReplyDelete
  87. ney blog paling mantab buat ngupas misteri..
    maaf br kasih komen, cz baru ketemu m blognya,
    jadi pgn tau segalanya,.ney,.

    lam kenal,.
    lanjutkan ajah deh....

    ReplyDelete
  88. mungkin aja dia punya penyakin penyumbatan pembuluh darah? dan booom, bisa aja meledak, hehehe :D


    seperti yang bung enigma bilang: "percaya deh, di dunia ini banyak orang aneh"

    dia juga mungkin seorang yang melankolis, suka yang sendu2 termasuk buku tsb
    (enggk ada kolerasinya sih, cuma pengen ngoment aja :D) *run*

    ReplyDelete
  89. terus terang.. saya ga bisa menemukan uniknya kasus ini. Kalo soal identitas yang tidak bisa ditemukan... why not? mgkn saja dia orang asing yg kebetulan jalan2 di sana.

    ReplyDelete
  90. Bang E saya copy postingnya di blog ku yah . . .
    Makasih lagi neh . . .
    silahkan mampir
    http://clever.blog.com/2010/08/13/kasus-taman-shud-misteri-paling-membingungkan-dalam-sejarah-australia/

    ReplyDelete
  91. aku hampir menemukan bagaimana cara kematiannya,tpi aku msih ragu

    ReplyDelete
  92. wah kayaknya kenak serangan jantung tuh mas

    ReplyDelete
  93. entah kenapa sense yang saya dapat , malah seperti cerita romantis lol

    ReplyDelete
  94. Kalau udah mengenai mayat, saya paling takut, untung sekarang pagi hari, makanya berani saya baca..artikelnya sangat detail, terima kasih udah sharing.

    ReplyDelete
  95. Pusing sudah saya baca komen-komen di atas... Apalagi saya baru sadar sudah lebih dari 2 jam saya nongkrongin nih blog...komen sana-sini.

    Saya ikutan komen di sini karena komen ke-96 ditulis saat umur saya resmi dipotong 19 tahun (masehi) :)

    ReplyDelete
  96. Ajaile said....

    Waahh...
    Coba dong...
    Blh request nggak?
    request potingan tentang buku The Rubaiyat nya....

    ReplyDelete
  97. ~~~
    Saya ga ingin mengungkap keseluruhan kasus ini karena misterinya terlalu banyak dan saya juga ga tau siapa pelaku sebenarnya, tapi saya ingin sedikit membahas tentang mayat...

    "Dalam sakunya, ditemukan beberapa benda seperti tiket kereta api menuju pantai Henley yang belum terpakai, sebuah tiket bus menuju Glenelg yang sudah terpakai, dua kotak rokok dengan merek yang berbeda, permen karet dan korek api.Tidak ditemukan adanya uang."

    Ada beberapa barang mencurigakan dari kasus diatas... puntung rokok yang masih tersisa setengah... sebuah kertas di kantong... dua buah tiket... dua kotak rokok beda jenis,permen karet, korek...

    1. puntung rokok...
    Tidakkah kalian berpikir dia dibunuh? jika dia bunuh diri kenapa ada rokok disampingnya? dan puntungnya itu masih setengah... jika dia memutuskan untuk merokok sebelum mati knapa tidak menghabiskan dulu rokoknya? jika saya, saya pasti akan menghabiskan dulu rokoknya karna itu adalah hal terakhir yang saya lakukan... knapa dia buru2 pingin mati?

    2.Tamam Shud...
    Ada garis kecil diatas huruf "a"... apakah itu menandakan aksen/cara membaca? dan bermakna "berakhir" yang berarti akhir dari sesuatu... bisa jadi akhir dari hidup si "unknown man" atau akhir dari sebuah misi/kasus... entahlah...tidak banyak yang bisa saya jelaskan disini... Mungkin sebuah kode?

    3.Dua tiket...
    1 tlah terpakai, dan 1 lagi belum... jadi bisa dipastikan bahwa dia tidak bunuh diri karena 1 tiket lagi belum terpakai... adakah orang yang ingin bunuh diri terlebih dahulu membeli tiket? atau itu bunuh diri secara mendadak karena terdesak atau suatu sebab? dia ingin pergi ke pantai henley... dia juga ditemukan tewas di pantai... dan kalau saya tidak salah "Glenelg" yang pernah dikunjunginya juga terkenal akan wisata pantainya... jadi jelas ada hubungannya antara pantai dan si "unknown man"

    4.Dua jenis...?
    Ditemukan dua buah jenis rokok dan sebuah korek api di sakunya, jadi bisa dipastikan dia seorang perokok... yang jadi pertanyaan kenapa 2 jenis yang berbeda? apakah rokok cadangan? sangat mungkin...

    5.Korek...
    Bukankah hanya perokok yang membawa korek? atau dia selalu membawanya untuk berjaga2 jika dibutuhkan untuk membakar sesuatu?

    6.Permen karet....
    Ga heran... hey, siapa yang ga suka permen karet :P

    7.What The...?
    Dan yang paling mengherankan adalah tidak ditemukannya uang sedikitpun dari tubuh korban...
    sedikitpun? Bukankah dia berpindah2 kemana mana? dan bukankah dia memakai pakaian mahal? sulit dipercaya bahwa dia memang sengaja tidak membawa uang... jadi dugaan saya uang tersebut diambil dari si korban... tidak tahu entah siapa... si pembunuh atau perampok...

    Bersambung~

    ReplyDelete
  98. ~~~
    Sambungan~

    Dan tidak ditemukan bekas luka ditubuh korban... bukankah dia telah dewasa? pasti pernah terluka... jarinya bersih dan tidak terlihat tanda2 melakukan pekerjaan berat...dan kakinya terlihat seperti kaki seorang penari... jadi sangat mungkin dia seorang agen profesional atau mata2 yang tidak pernah terlibat perkelahian (Pemain dibalik layar) atau dia cuma seorang cowok feminim/gay yang ga ada hububungnya dengan "agen" atau "pemerintahan"? (tapi ga mungkin kayanya -.-")

    Kematiannya terlalu misterius... dan yang paling misterius adalah dibuangnnya merek baju juga koper... for what? untuk mencegahnya dilacak? apakah bisa melacak seseorang hanya dengan melihat distributor baju atau koper? apakah mungkin kita bisa mengetahui nama seseorang hanya karna mengetahui merek motornya yamaha? bukankah merek tersebut dipakai jutaan orang?

    Dan kesimpulan dari tulisan saya diatas adalah... dia dibunuh...Oleh profesional kelihatannya dia terlibat sesuatu yang bersifat "Confidental" dan menurut saya kronologisnya adalah...

    "Seorang pria dengan baju mahal (Unknown Man) sedang merokok sambil menunggu orang untk mlakukan suatu transaksi... Orang tersebut tiba... dan mereka melakukan perbincangan, ketika Si Unknown Man lengah, dia dibius... lalu baru kemudian dibunuh dengan sangat terencana, si pembunuh juga mengambil dompet Unknown Man yang berisi Uang serta Kartu identitas, Agar tidak ada orang yang mengetahui identitasnya, si plaku juga mencabut merk baju si Unknown Man untuk membuyarkan perhatian penyelidik dan terakhir dia meletakkan kertas "Tamam Shud" yang berarti "berakhir" dengan tujuan...
    1. Membuyarkan penyelidikan.
    2. Menaruhnya sebagai suatu "Kode" seperti di film "The God Father" yaitu sebuah rompi peluru dan sebuah ikan yang berarti "sleeping with the fish" yang maksudnya untuk memberitahukan bahwa si pemilik rompi sudah mati...
    3. Menaruhnya untuk menunjukkan suatu ekspressi, seperti di film-film entah apa tujuannya... (ga penting deh... -.-")
    dan selanjutnya dia berniat menghilangkan semua barang bukti tentang korban lalu dia melacaknya dan menemukan sebuah koper... dia kembali menghilangkan merk barang yang tujuannya mungkin salah satu dari 3 yang diatas... dan menurut saya "T Keane" itu mungkin sebagai penanda cucian Laundry atau si pelaku sengaja meletakkannya... entahlah... dan kasus selesai, si Unknown Man mati dengan sempurna dan kasusnya tidak terbongkar sampai saat ini... dan kelihatannya usaha si plaku untuk mengalihkan perhatian penyelidik sukses... semakin banyak jalan orang akan semakin tersesat bukan :) dan saya bisa pastikan bahwa si perawat dan om Boxall terlibat...
    Motif dan cara membunuh? Entahlah... Asumsi amatir saya ini memang agak ngawur... karna inilah yang terlintas pertama kali ketika membaca tulisan anda di atas... Maaf jika ngawur... saya hanya ingin berbagi pendapat... siapa tahu bisa membantu... ^_^ (walaupun mungkin hanya akan menghasilkan pendapat baru) Toh kasus ini tidak akan pernah terkuak... si pembunuh juga mungkin udah meninggal... bukti udah hampir smua hilang... terlalu Impossible... Hanya Tuhan yang tahu semuanya... ;)

    Sekian Dari Saya...
    Salam
    Tyr L. Almert

    ReplyDelete
  99. bang enigma, kok di kompi ku ga kliatan gambarnya..?

    saya pake google chorme buka lewat mosilla juga ga kebuka tu(windows 7).. :(

    ReplyDelete
  100. Masalahnya bukan pada browser kamu bro. sudah saya beresin tuh. thanks ya atas infonya :)

    ReplyDelete
  101. waduh,keren nyn blog ny,
    Sambil ngangap b aq bco ny,
    Lanjutkan mas enigma,
    i'm your fan since i know this blog

    ReplyDelete
  102. Greats post... numpang nyimak + Iseng2 memecahkan kode di belakang sampul ;D

    sejauh ini kata2 itu kata kuncinya di huruf depan W/M terus gue utak atik ketemu kata2 ini... ( bener/salah ga tau juga )

    " road, 10 tint mail, mail a cap 90, sit saw bag " silahkan di acak2 lagi ga jago bhs inggris ;b

    ReplyDelete
  103. Refisi kodenya nemu lagi heee... heee... " a road 9 B, 10 mail, be tint map, mail a cap 1910, saw sit bag "

    ReplyDelete
  104. mungkin sebuah kepercayaan yg menjadikan buku rubaiyat sbg kitab nya..

    dan jalan hidupnya ditetntukan buku itu..

    pake jas tapi tdk pake topi????
    orang mati yg didandani,setelan jas,tangan halus,kuku rapi,mungkin juga rambutnya rapi tapi jadi rusak gara2 tertiup angin pantai...

    seperti ada yg mengurus mayatnya...

    -herue

    ReplyDelete
  105. Saya paling suka blog ini!, Semuanya main yuk ke click-mind.blogspot.com

    ReplyDelete
  106. pertanyaan dasar klo mereka ato ia pelakunya bisa menyingkirkan merek di koper yang ditinggal di stasiun kereta api kenapa ga sekalian membawa pergi kopernya kan udah buka kopernya dan membuang merek bajunya ?
    kecuali klo memang pelakunya udah ga bisa membuang koper itu ke tempat lain ? T . Keane hilang kan ? ato dia sudah ditemukan ?

    sebuah GAUN ???

    ReplyDelete
  107. Eh, saya pernah baca di blog misteri hawkson, ada gambar struktur aneh di google maps. Posisinya di gurun gobi, china. Apa itu kesalahan gambar juga ? miripyang di google earth ?

    ReplyDelete
  108. biasanya kalo agen rahasia / intel itu dimusnahkan dengan dibakar jadi abu dan dibuang.. Biar nggak ketahuan identitasnya..

    ReplyDelete
  109. itu mungkin adalah code" yg berkaitan dengan nama orang" yg dikenalnya...
    mungkin jga ode" itu adalah pencarian nama dirinya...
    karena mayat itu tidak dikenal namanya...
    apakah iya? lalu, unuk apa dia meninggalkan koper di dalam kereta api?
    dan, apa yg dia lakukan dengan tulisan "Tamam Shud" dan buku "The Rubaiyat" ??
    sebuah petunjuk pasti ada di buku itu, dan jga....
    di tempat" dmn dia meninggalkan sbuah benda yg tidak mungkin seseorang tinggalkan...

    ReplyDelete
  110. gimana cr nya buku yg d miliki alfred boxall bs d sobek sm si "mata-mata rusia" tu? apa mreka ad hubungan rhsia?

    ReplyDelete
  111. Does your site have a contact page? I'm having trouble locating it but, I'd like to shoot you an email.
    I've got some creative ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it develop over time.

    Also visit my site ... ati

    ReplyDelete
  112. Merk yg hilang di kerah baju dengan sengaja kan biasa.kalian juga pasti menyingkirkan merk baju kalian yang biasanya bikin gatel.

    Mungkin orang itu pengemar Omar Khayýam.dan 'Rubaiyat'adalah buku yang paling dia sukai. Sesuai dengan judulnya 'Rubaiyat' yang berarti empat baris,rubaiyat berisikan sajak2empat baris(sumber wikipedia).dia mencoba menulis sajak empat baris yang dapat menyerupai tulisan Omar.mungkin dia sudah tau akhir hidupnya makanya dia membawa kertas itu kemana2

    Pantai tempat dia ditemukan mungkin memiliki ikatan batin yang sangat dalam. Mungkin dia pernah datang ke pantai ini bersama seseorang yang dikasihinya.

    Tiket kereta mungkin dibeli dengan sengaja agar pihak tertentu tidak curiga(teman,keluarga atau orang dekat)


    Yah ini sih cuma perkiraan ku saja sih tapi lalo bener jahat amat temenya masa mayat nya gak diakui sih?

    ReplyDelete
  113. Ada yg aneh pada orang itu......
    Pertamax deh gan
    Ada sesuatu di buku rubaiyat
    Dia memegang tulisan taman shud betul?
    Berarti dia mati setelah membaca buku rubaiyat
    Yg seharus nya di periksa itu buku nya dan liat baik2 code nya
    Disitu terdapat berapa garis2 aneh
    Menunjukan arti sos jika dilihat baik2.
    Itu analisis ane
    Sorry agak ngawur n gak dimengerti heheheeh^^

    ReplyDelete
  114. di artikel dibilang 4 baris kode yang aneh tidak bisa dipecahakan,tetapi saya teliti itu sebuah Anagram...

    ReplyDelete
  115. seru dan menegangkan. mhn ijin copy ya

    ReplyDelete
  116. kode dalam buku,
    ada bbrapa clue,
    1. barisan huruf M L I A diulang 2x, dan keduanya di barisan depan
    2. penulis tidak konsisten dalam menulis bentuk huruf 'M', padahal dalam huruf lain seperti T atau S terlihat bentuknya identik.
    3. jika memang mengacu pada b.ing, tidak ada huruf Y, U. padahal dua huruf itu sangat byk dipakai dalam kata b.ing.

    jadi, clue diatas sepertinya benar" sebuah pesan tersembunyi, dan bukannya 'hanya' deretan huruf tak bermakna..

    ReplyDelete
  117. 1 hal yang tidak kumengerti. Bagaimana bisa no telp perawatnya ditemukan di buku Rubaiyat yang halaman belakangnya sobek, sementara Alfred Boxall, orang yang dikasihkan buku Rubaiyat oleh perawat wanita itu masih punya bukunya yang lain.

    ReplyDelete
  118. gan...mohon langsung tanggapi, kok wajahnya mirip sama orang hilang Mr. Jimmi Hofa ya??
    http://rengkodriders.wordpress.com/2012/01/15/9-misteri-terbesar-di-dunia-yang-belum-terpecahkan/
    apakah ada indikasi time travel??? (film looper)

    ReplyDelete
  119. Barangkali kasus ini memang erat kaitannya dengan dunia intelijen internasional, yang memang pada waktu itu situasi antar Negara blok timur dan barat masih cukup kuat. Sehingga walaupun sebenarnya kasus ini sudah dipecahkan, namun tetap ditutup2pi kebenarannya dari public. Saya jadi ingat sebuah frase di dunia intel ''Misi berhasil tak ada yang memuji, misi gagal, mati, mayat tak ada yang mengakui''. Nampaknya frase tersebut cocok untuk sang the anknown man.

    Mengenai masalah buku dan kalimat ''Tamam Shud'' barangkali waktu itu dunia intelijen masih menggunakan manuskrip sastra lama sebagai sarana komunikasi rahasianya ... entah teknologi yang masih belum memadai ataupun menghindari penyadapan.

    DAN.. satuhal yang ingin saya ungkapkan disini... tepat hari ini setelah saya membeca artikel ini, saya menjadi tertarik terhadap tokoh Omar kayam beserta karya sastranya... yang ternyata juga hari ini, kebetulan hari meninggalnya...

    74

    Ah, Moon of my Delight who know'st no wane,

    The Moon of Heav'n is rising once again:

    How oft hereafter rising shall she look

    Through this same Garden after me - in vain!



    75

    And when Thyself with shining Foot shall pass

    Among the Guests Star-scatter'd on the Grass,

    And in thy joyous Errand reach the Spot

    Where I made one - turn down an empty Glass !



    TAMAM SHUD

    Memperingati Wafatnya ‘Umar Khayyām (18 Mei 1048 – 4 Desember 1131) Seorang Ilmuan, penyair, sufi, dan tentunya muslim.... walau ia sempat menuai kontroversi juga, dijamannya.

    M.G.S

    ReplyDelete
  120. Ini ada petunjuk baru kasus Taman Shud...

    http://news.liputan6.com/read/640703/petunjuk-baru-misteri-kasus-teraneh-di-australia-taman-shud

    ReplyDelete
  121. Dilihat dari postur tubuh yg berdada bidang, bahu berotot dan pinggang ramping, ciri seorg agen, si agen tahu dia mw dibunuh, jd dia sobek kertas yg bertulisan tamam shud, pdhl mksdnya krn ada nomer telp si perawat itu, dia sembunyikan disaku rahasia, takut diambil si pembunuh, dgn harapan polisi akan menemukan pembunuhnya ,,

    ReplyDelete
  122. Ad updatean trakhir yg mgkin bsa mmbantu
    http://m.liputan6.com/news/read/640703/petunjuk-baru-misteri-kasus-teraneh-di-australia-taman-shud

    ReplyDelete
  123. sampai sekarang enigma masih menjadi misteri

    ReplyDelete
  124. Soal kode yg itu harusnya dicari dari halaman berapa atau bab berapa jadi bisa merujuk ke kematiannya. Kaya di film2,mungkin aja jaman dulu teknologi otopsi belom canggih yak? Sayangnya mayatnya udah dikubur jadinya gabisa dilakukan otopsi dengan teknologi lebih lanjut

    ReplyDelete
  125. Sangat menarik untuk di jadikan film ceritanya ini

    ReplyDelete
  126. Saya rasa semua argumen boleh saja berkembang...tapi kita tetap tidak dapt menyimpulkan tanpa melihat fakta yang ada secara langsung...sehingga semua pemecahan masalah yang ada hanyalah argumen

    ReplyDelete
  127. kalo menurut gue sih, bisa aja dia itu bener2 intel rusia yang di bunuh, bisa aja bukan dia yang menghilangkan identitasnya, bisa intel rusia lainnya ato pihak australianya,,, soal kaitan sama cewek itu, kalo emang bener tulisan tamam shud itu di ambil dari buku yang di temuin sama seorang dokter, kalo memungkinkan scan sidik jari bisa aja ketemu,,, apalagi buku kayak gitu mungkin cuma beberapa orang yang punya dan cuma pindah tangan beberapa kali aja... sebenernya menurut gue ga ada jawaban belom tentu misterius.

    ReplyDelete
  128. jangan-jangan tewas karena di racun ya gan, seperti sianida gitu

    ReplyDelete