Wednesday, February 3, 2010

Oscar - kucing yang berhasil mendeteksi 50 kematian dengan akurat

Seekor kucing bernama Oscar yang tinggal di sebuah panti jompo telah membuat kagum para staf medis yang ada di sana karena telah memprediksi 50 kematian pasien dengan akurat. Ia melakukannya dengan cara menghabiskan waktu bersama pasien di jam-jam terakhir kehidupan mereka. 

Dr. David Dosa, seorang geriatrik (dokter spesialis manula) yang juga asisten profesor di Brown University mengatakan bahwa selama lima tahun, Oscar hampir tidak pernah melakukan kekeliruan. Malah seringkali Oscar membuktikan salahnya prediksi staf medis di panti jompo itu mengenai mana pasien yang akan segera meninggal.

Kucing itu, yang sekarang berumur 5 tahun, dikenal sebagai kucing yang tidak suka bersosialisasi. Sewaktu masih kecil, ia diadopsi oleh Panti Jompo Steere House and Rehabilitation Centre di Providence, Rhode Island, yang khusus merawat orang-orang tua yang mengalami dementia dan Alzheimer. Oscar dipelihara dan tumbuh besar di lantai 3 fasilitas itu.

Dr. Dosa pertama kali mempublikasikan kemampuan Oscar pada sebuah artikel di New England Journal of Medicine di tahun 2007. Sejak itu, Oscar telah berhasil memprediksi kematian dalam jumlah yang lebih banyak. Kemampuan ini juga yang membuat para staf medis di panti jompo itu menjadi yakin.


Oscar biasanya berkeliling dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Jika merasakan ada pasien yang akan meninggal dalam beberapa jam, ia akan segera menghampirinya, melompat ke sisi tempat tidurnya dan berdiam diri di situ untuk beberapa waktu. Ia tidak pernah melakukan ini untuk pasien yang tidak sekarat.


Jika pintu kamar pasien yang akan meninggal tertutup, Oscar akan menggaruk-garuk pintu minta dibukakan.


Pernah suatu hari, para staf medis memperkirakan seorang pasien akan segera meninggal. Jadi, mereka mengambil Oscar dan menempatkannya di samping tempat tidur sang pasien.

Oscar yang tidak merasakan kematian segera berlari keluar dan duduk di kamar pasien lainnya. Penilaian Oscar ternyata lebih akurat dibanding perawat, pasien kedua yang dihampirinya meninggal pada malam harinya. Sedangkan pasien pertama baru meninggal dua hari setelahnya.

Dr. Dosa dan staf lainnya menjadi sangat yakin dengan penilaian Oscar sehingga mereka akan segera memberitahukan keluarga pasien ketika melihat Oscar melompat ke salah satu tempat tidur pasien dan berbaring di situ.


"Perilaku Oscar menunjukkan bahwa ia tidak sedang iseng. Ia bisa saja keluar ruangan selama dua menit untuk mengambil mainannya, tapi setelah itu, ia akan segera kembali ke samping pasien. Sepertinya ia benar-benar menganggapnya sebagai ritual," Tulis Dr.Dosa.

Panti jompo itu juga memelihara lima kucing lainnya. Namun tidak ada satupun yang menunjukkan perilaku yang sama dengan Oscar.

Dalam bukunya yang berjudul,"Making rounds with Oscar : The extraordinary gift of an ordinary cat", Dr Dosa tidak bisa memberikan penjelasan sains yang solid mengenai perilaku Oscar.


Ia hanya menduga bahwa Oscar memiliki kemampuan seperti anjing, yaitu dapat mencium bau Kanker dan mendeteksi Ketones, sejenis biokimia berbau yang keluar dari sel-sel yang mati.

Nicolas Dodman, seorang pakar perilaku hewan di Tufts University Cummings School of Veterinary Medicine menyarankan untuk mendokumentasi perilaku Oscar lebih mendalam lagi untuk mengetahui apakah ia benar-benar merasakan kematian atau hanya sekedar tertarik dengan selimut hangat yang memang sering diberikan untuk pasien yang sekarat.

Daniel Estep, PhD, seorang ahli perilaku hewan di Littleton, Colorado juga punya pendapat mirip. "Satu hal yang terjadi kepada orang-orang yang sekarat adalah kenyataan bahwa mereka tidak banyak bergerak. Mungkin kucing itu melihat fakta bahwa sang pasien sangat tenang sehingga ia tertarik mendekatinya."

Namun, kebanyakan para ahli hewan lainnya setuju dengan teori bahwa Oscar mencium bau ketones.

Peran Oscar ternyata bukan hanya mengetahui saat kematian pasien. Keluarga pasien yang meninggal seringkali mendapatkan penghiburan karena kehadirannya. Dalam iklan kematian di surat kabar, beberapa keluarga bahkan memberikan rasa terima kasih khusus untuk Oscar.

Dr.Dosa berkata,"Keluarga yang ditinggalkan mengalami penghiburan yang luar biasa karena menyadari Oscar ada disisi orang yang mereka cintai ketika mereka tidak dapat hadir."


Inilah yang membuat Oscar menjadi spesial.

(telegraph.co.uk)


Komentar Pilihan

Sony said...


"Anjing saya, Pinky, juga memiliki kemampuan mendeteksi orang2 yg akan meninggal, namun dia tidak sprti Oscar, yg selalu menghampiri orang yg akan meninggal. Pinky selalu melolong disiang bolong(lolongannya terdengar sangat memilukn, berbeda jika dia melolong krn melihat setan) jika ada seseorang yg akan meninggal di sekitar tempat kami tinggal dan menurut pengamatan kami terhadap lolongan Pinky, baru berjumlah 10 orang yg diketahui meninggal. Sayangnya, Pinky tidak bisa berbicara dalam bahasa manusia, seandainya aja bisa, kami mungkin bisa berbuat sesuatu. Setidaknya kami tahu siapa yg akan dipanggil Tuhan, entahkah itu kami, ataupun tetangga kami."

February 6, 2010 7:40 PM

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

120 comments:

  1. PERTAMAX kah??

    -mrcostello-

    ReplyDelete
  2. PERTAMAX.....................................
    HUEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

    posting unik bro..

    ReplyDelete
  3. pertamaxxx
    waaa keren kucingnya..
    -shad

    ReplyDelete
  4. saya sih tak mau dekat-dekat kucingnya deh...

    ReplyDelete
  5. wah, bkn pertamax deh...ga pa2...yg penting dpt peringkat kedua hehe..
    Kucingnya lucu bgt bang, wah aku suka bgt ama kucing...
    nanti kucing aku tak kasih nama oscar deh...
    :)

    ReplyDelete
  6. kucingnya lucu.....

    mau tanya, yang dimaksud ketones di sini itu ketones yang jenis apa ya?

    soalnya senyawa ketones banyak jenisnya. Aseton juga termasuk ketones.

    Thx bgt Mr. Enigma.... pstingnya sangat menarik.


    -Fmblwntr-

    ReplyDelete
  7. hehehe kucingnya serem..bang bahas jg ya simpanse yg katanya mirip manusia..saya pernah baca artikelnya tp lupa dmn..disitu tertulis dia lebih tertarik kpd manusia perempuan ketimbang simpanse betina..dya jg berjalan tegak ga kyk simpanse yg lbh sering pke tangan buat jalan..tq bang
    (ufobeliever)

    ReplyDelete
  8. Di sumbernya tidak disebut. Hanya ketones. jadi saya tidak tahu jenisnya.

    ReplyDelete
  9. maap ni mr enigma yang saya hormati,tp postingan ni ak sudah baca di blog sebelah,walaupun ya ga seakurat mr enigma postingin...tp menurut aku ( org ngelantur )mungkin saja oscar tu memiliki hal yang spesial,ato mungkin juga dia memang petanda bagi sang pasien dan keluarganya hahahaha...
    tapi klo aku lebih seneg anjing mastif yang bisa bunuh diri jika dia merasa malu ato martabat nya di rendahkan tuan nya,klo simpanse yang mirip manusia itu boleh juga...
    from : N.O

    ReplyDelete
  10. wow...
    artikel yang menarik....
    saya juga suka dng kucing nya, lucu sih.....
    tapi gambar kucing yang matanya terbuka kok serem ya....

    ReplyDelete
  11. @N.O : Tentu saja, saya yakin pasti kisah ini juga dimuat di blog sebelah. Tapi saya berpikir, mungkin di antara pembaca enigma ada yang belum pernah baca blog sebelah. Jadi saya posting juga :)

    ReplyDelete
  12. oke lah klo begitoe....

    ReplyDelete
  13. slam sejahtera,,,

    ak prnah baca artikel tentang perahu nabi nuh yang katanya terdampar di gunung tertinggi di luar negeri, tolong carikan sumbernya donk...
    apa itu benar.....

    ReplyDelete
  14. first, thankz buat bang enigma dah mampir ke blog saya (maaf, baru liat di shout box. Sudah jarang bgt update)

    menurutku, kucing itu memang diberi kemampuan tersendiri dalam hubungannya dengan orang yang mau mati.
    Pendapat yang mengatakan bahwa kucing tersebut tertarik pada selimut hangat dan tenangnya pasien yang sekarat menjadi tidak berlaku lagi, bila kita membaca kalimat ini

    "Jika pintu kamar pasien yang akan meninggal tertutup, Oscar akan menggaruk-garuk pintu minta dibukakan."
    bukankah itu menunjukkan oscar tidak melihat orang tsb atau selimut hangatnya?

    kemudian bila dikatakan oscar mempunyai kemampuan untuk mencium bau kanker dan ketones(hasil oksidasi asam lemak yang tidak sempurna biasanya berhubungan dengan diabetes dan ketidakseimbangan hormon insulin),maka sebenarnya hal tersebut juga tidak dapat menjelaskan apapun mengenai kelebihan Oscar.
    1. Ada 5 kucing lainnya di panti tsb. Hanya Oscar yang mempunyai kemampuan untuk mendeteksi.
    2. Seharusnya diujicobakan juga seekor anjing di situ, apakah dia juga mempunyai kemampuan yang sama dalam hal mendeteksi kematian seseorang. kemampuan membaui kanker seharusnya, menjadikan Oscar sebagai hewan yang mampu mendeteksi penyakit kanker dan bukan mendeteksi kematian. Setahu saya memang ada anjing yang terlatih untuk mendeteksi kanker yang diderita seseorang, namun tidak mendeteksi kematian.

    ReplyDelete
  15. aduh, susah juga komen make hp.
    Tadi gw udh denger nih berita di radio jam 5. Dapat ide dari situ ya?
    Te o pe be ge te bang!
    Ditunggu nih penjelasan sleepwalking.

    Bang tio

    ReplyDelete
  16. enigma skrg tancap gas, postingan baru terus....mantep dah.
    btw tuh dokternya selalu berbuat jahat ya? untung bukan Dr David Laknat
    nyeh nyeh nyeh

    ReplyDelete
  17. OSCAR>>

    Love you..
    yuk kita buat Oscar funsclub..

    dari cerita di atas..
    saya sangat suka bagian terkhirnya..
    bahwa oscar hadir menghibur keluarga yang ditinggalkan..cool bgt..
    thanks bro..

    ReplyDelete
  18. wah memang saya dulu pernah dengar cerita ini, tp saya baru tau semuanya sekarang hehehe, memang berita ini sedang banyak dimuat di berbagai media dunia seperti yahoo dll. tp memang kalo saya pribadi kucing ini punya kemampuan, saya ga akan percaya teori sains ato teori apapun untuk kemampuan kucing oscar ini, ini murni kemampuan si oscar (menurut saya), saya dulu juga punya kucing yg tau kalo saya ato keluarga saya ingin pulang ke rumah pasti kucing saya tau dan sudah nunggu didepan pagar, memang binatang jgn dipandang sebelah mata, hewan/binatang punya kemampuan yg sangat luar biasa yg kita tidak tahu, pernah dengar binatang bisa merasakan bencana seprti gempa kan? itulah contohnya, nice posting enigma

    ReplyDelete
  19. Oscar lucu....!!
    Tapi aku akan sedih banget kalau Oscar menghampiri salah satu keluargaku :-(

    ReplyDelete
  20. wonderful story mr.enigma....
    mudah2an ini bisa menjadi referensi untuk rumah sakit/panti jompo yang ada d indonesia untuk pelihara kucing... ya barangkali ada oscar2 yang lainnya... :D
    nice post !!!!

    ReplyDelete
  21. Sleep walking atau sleep walker?? Kyknya blh dibahas tu bro enigma.. Termasuk 'anomali' tdr tuh. Anyway, sweet article, oscar :)

    ReplyDelete
  22. from : N.O
    klo kata2 saya menyinggung mr enigma ,
    saya memhon maaf sebesar2 nya,
    karna saya sudah terlanjur cinta ma blog ni,
    oh ia mr.katanya sudah ada di tes kucing selaing oscar tapi kucing itu ga ada respon sama sekali apalagi aktif kesana-sini,mondar-mandir kayak oscar

    ReplyDelete
  23. Mantaff Bin Laziz.. wkwkwkwkw keren bro, keep posting..

    ReplyDelete
  24. Brazil-Pada tahun 1994, telah terjadi suatu kasus kriminal yang paling membingungkan yang belum pernah terjadi dalam sejarah manusia. Seorang pria telah dibunuh dengan dimutilasi. Yang membuat kasus ini menjadi misteri adalah korban telah dimutilasi secara sistematis. Ini adalah kasus mutilasi sistematis pertama yang pernah terjadi. (HUMAN MUTILATION CASE)

    om tolong bahas dong tentang kasus ini.. :D

    PEACE!!!!!!!

    ReplyDelete
  25. @abzalom : mutilation case itu "very-very scary". Foto-fotonya "very-very disturbing". haha. nanti coba saya cek dulu apakah bisa ditulis ya.

    ReplyDelete
  26. @N.O : sama sekali tidak tersinggung. Jangan salah paham. hehe. Saya bisa membaca maksud dan motivasi orang. Jadi jangan kuatir bro. Trust me. padahal saya jg sdh berusaha menghindari kesalah pahaman ini dengan menambah tanda " :) " di belakang reply saya kan. Oh, ya saya buang deh komen saya yang bikin kamu merasa bersalah.

    ReplyDelete
  27. @Inoshi : as usual, you have a very sharp mind.Argumentasi kamu masuk akal semua. Tmsk penjelasan kamu soal ketones.

    ReplyDelete
  28. Aku suka sekali dengan kucing.....btw si kucing ini seperti jucelino ya bang hehe.....ada juga cerita lain tentang kucing yang intinya mengatakan mereka adalah penghubung antara manusia dan jin......tapi kebenaran teori supranatural itu belum sempat baca lebih lanjut aq.....

    ReplyDelete
  29. Bang, diatas ditulis "Oscar hampir tidak pernah melakukan kekeliruan." berarti oscar pernah salah donk dlm memprediksi kmatian, walaupun cuma 1X bner gag??

    ReplyDelete
  30. orcar-nya lucuuu!! cakep banget.<3<3<3 sebenernya udah baca sedikit soal ini di detik.com juga sih. tp poto-poto-nya dikit. banyakan disini. thx om enigma ^^

    ReplyDelete
  31. Artikel ini sdh lama sy baca di majalah dan koran tapi tetap saja kalau enigma yg tulis jadi lebih menarik

    ReplyDelete
  32. Truskan mr enigma!!saya slalu menunggu tulisan2 terbaru anda!
    Nice w0rk!!

    ReplyDelete
  33. Very touching, nice post mr. enigma

    ReplyDelete
  34. kiyut banget kucing nya bro...
    gemezzz jadinya hehehe....

    ReplyDelete
  35. this is good..Two Thumbs Up Brader

    ReplyDelete
  36. Bang, postingannya bagus, tapi kurang "oke", habis postingannya sdh pernah dibahas media lain, jadinya sdh nggak "eksklusif", mungkin postingan lainnya kalo bisa yang blom pernah dibahas, gitu, ok, saya tetap penggemar setia mu

    ReplyDelete
  37. kucingnya lucu deh,
    artikel yang menarik dan menggelitik. suka deh baca-baca di sini

    ReplyDelete
  38. hewannya lucu tapi hewannya lucu bgt haha

    ReplyDelete
  39. bung enigma...kok Corp Circle ngak ada postingan baru???,apa belum musim tanam ya...
    andika.

    ReplyDelete
  40. hiks....aku terharu, bukan cuma sama kepedulian si oscar, tapi oscar sangat miriiiiiip bgt sama kucingku yg dah meninggaaaahahahahahahallll.... *meratap mode on*

    Ms.Terry

    ReplyDelete
  41. kucing memang mempunyai kaitan yang sedikit banyak dengan dunia gaib,sejarah membuktikan kucing telah banyak dikaitkan / dijadikan simbol untuk hal-hal yang berkaitan dengan dunia gaib.

    dan saya percaya, bahwa binatang memang punya kemampuan yang lebih daripada manusia untuk merasakan hal2 gaib karena indra mereka lebih kuat..kucing saya juga begitu, suka ribut kalau lagi ada yang aneh2. kebetulan saya juga punya sixth sense, jadi sedikit nyambung :)

    btw, itu kucing lucu banget, gendut lagi

    ReplyDelete
  42. he's cute,
    he's cool,
    he's gifted. . .

    hahaha. itu fakta yang manis menurutku,.

    sekali-sekaLi kita yang sudah terlalu tenggelam dalam rasio juga harus ngeliat bukti2 "kuasa Tuhan"...

    ReplyDelete
  43. cute kitty, i luv it..

    ReplyDelete
  44. ini hoax ato beneran ??

    ReplyDelete
  45. oscar lucu bin ganteng..hehe sepertinya mr.enigma baru posting artikel dengan pic lucu bin ganteng gini ya..biasanya kan gambar2 penuh misteri..hihihi..mm..itu mungkin kucing yg punya sixth sense kali ya..kyk manusia gitu..
    artikel bagusss..

    -indah-

    ReplyDelete
  46. waduuuuwww....oscar lucu buanget seeeehhh....gendut bgt.lucunya....
    aku seneng karna oscar disayangi di sana,karna meskipun yang didekati akan segera meninggal namun mereka tidak menyalahkan oscar karna mereka paham bahwa itu adalah murni kemampuan oscar dan bahkan berterima kasih pada oscar.
    gag kayak di Indonesia,kalo ada kucing seperti itu pasti langsung di bunuh karna dianggap sebagai sumber malapetaka ato mungkin disebut kucing kutukan.padahal kucing itu kan hanya ingin memperingatkan keluarganya dan menemani orang yang akan meninggal tersebut karna aku yakin dia juga sedih karna itulah dia datang.

    ReplyDelete
  47. bang enigma saya request tentang tenaga dalam^^.thank's

    ReplyDelete
  48. PENEMBAK BATU HITAM (bahasa inggris nya apa hayo???)February 4, 2010 at 2:53 PM

    kusabar menunggu CROP CIRLE......

    ReplyDelete
  49. hehe, aq juga...
    sabar menunggu CROP CIRCLE...

    ReplyDelete
  50. wah....

    bg, tolong dong posting ttg "the flying dutchman",
    yg misteri 'mpe skrg..
    -Walter-..

    ReplyDelete
  51. kereeeennn.........

    bg enigma, tolong dong bahas ttg "the flying dutchman" yg katanya misterius itu..
    thx"

    ReplyDelete
  52. kucing aneh, tapi seram juga kalau dia deket ama aku

    ReplyDelete
  53. Ariel 10 said...
    Wah wah wah "SUPERCAT" wah wajahnya Oscar adalah wajah pemberani(*_*).Dirumah Kakek Saya juga pelihara kucing (sayang tidak punya kekuatan super)(namanya Bello).o.... iya Om Enigma kenapa sekarang jarang posting yang tentang UFO kalau ada informasi tolong di posting yang tentang UFO ya om.^_^.

    ReplyDelete
  54. Blog sebelah . ?
    Boleh tau bang . . ?
    Hehe

    ReplyDelete
  55. btw keep posting bung enigma, saya bkn penggemar misteri namun cuma tertarik melihat fenomena alam dr sisi berbagai sisi

    ReplyDelete
  56. kakak sekalian blog ku sepi mampir yaa kucing nya jangan di bawa nanti blog ku mati deh

    ReplyDelete
  57. Pengen banget Oscar jadi peliharaan, lucu banget. Jadi, teringat kucing piaraan yg udah mati, hiks.. hiks..

    Ini membuktikan kucing itu lebih lucu, lebih perasa, lebih lebih dari anjing.
    Kucing emang bikin gemes.. lucu banget..

    ReplyDelete
  58. bang enigma yang mantap abis artikel2nya
    kalo gak salah saya pernah baca artikel ini sekitar 2-3 tahun yg lalu kalo ga salah di majalah percikan iman, apa bang enigma dapet ini dari situ ????????

    ReplyDelete
  59. Very good question. Kisah ini memang sudah beredar sejak 2007. Tapi tanggal 3 feb kemaren, Telegraph.co.uk mengangkatnya kembali dan akhirnya diberitakan juga (pada tanggal 3 juga) di kompas.com, vivanews.com, detikcom. dua tahun yang lalu, prediksi oscar belum mencapai 50. Jadi saya mengambilnya dari Telegraph. Lihat link sumber di bawah tulisan.

    ReplyDelete
  60. kk enigma dari pagi buka internet sampe malem selalu online kayak nya

    ReplyDelete
  61. Dalam sebuah kegiatan pengajian di Kota Saya (Sumedang,Jawa Barat) sekitar awal tahun 2006, Ustadz membawa satu keping CD yang akan diputar dihadapan jamaah pengajian.

    Isinya kata Ustadz tersebut adalah suara yang terekam (entah dengan alat apa) oleh para pengebor tambang, yang mirip tentang jeritan-jeritan siksa kubur.

    Suara itu (masih kata Ustadz) dipublikasikan oleh Stasiun radio BBC, entah sekitar tahun berapa. Jadi ceritanya, ada beberapa penambang yang sampai kedalaman tertentu di bawah permukaan bumi, mendengar jeritan-jeritan suara manusia yang mirip dengan SIKSA KUBUR...

    Barangkali mas bisa menyelidikinya...

    ReplyDelete
  62. atau jangan2 si oscar itu yang beracun.. dan racun ini hanya berefek pada orang yang sudah berumur tua.. pas dia deketin si pasien, trus pasien tsb terkena racunnya (mngkn bulu atau baunya gt), n ga brp lama, meninggal dehhhh..
    hohoho.. joking la yaaaa..
    I love this spot! =D

    ReplyDelete
  63. wew.... seru2...

    mo tanya bang, apakah sampe skr oscar masih meramalkan kematian tersebut?
    truz, skr oscarnya skr masih idup? masalahnya, tadi gw baca tu umur oscar uda 5 tahun, berita itu thun 2007, jadi kurang lebih umur oscar 8 tahun'an..
    haha...


    tapi, satu hal yang penting..

    oscarnya lucu abiez....
    hehe..
    maklum.. pecinta kucing..

    ReplyDelete
  64. Lucu pisan kucingnya jadi pngn ngelus2 kucingnya...
    Kisah nya bikin terharu...
    NICE POST..

    ReplyDelete
  65. http://regional.kompas.com/read/2010/02/05/10034445/Sepasang.Naga.Gemparkan.Warga.Kubar

    Udah jelas Photoshop kok bisa nyangkut diberita nasional kayak gini,

    Saya tunggu analisis Bang Enigma

    ReplyDelete
  66. Kucing Pencabut nyawa mungkin????

    ReplyDelete
  67. kucingnya top ya...
    untung aja bukan Macan yg bisa ngedeteksi, kalo gk orang sehat pasti mati d tempat itu..
    hahaha

    Keren Bung enigma!! Baca Dikoran ane kurang lengkap...

    ReplyDelete
  68. Kucing-nya fotogenik banget. Bikin pengen ngelus-elus.
    BTW ini mengingatkan saya mengenai serial film di ANTV dulu. Ceritanya mengenai kucing oranye yang selalu membawa surat kabar masa depan (Terbit satu hari lebih dulu) ke pemiliknya.

    ReplyDelete
  69. Wah ini dia bintang lagu kucing garong...si Oscar kucing jantan pendeteksi kematian.....Oscar udah kawin sama berapa banyak kucing betina ya :D
    Menurut saya,kucing dan anjing(khususnya) punya indera khusus yang bisa mendeteksi keberadaan makhluk halus. bukan rahasia umum kalo indera penciuman mereka berpuluh kali lipat dibanding indera manusia.mungkin si Oscar lihat "malaikat maut" jadi memperingatkan pasien disitu. Kalau soal Oscar kucing yang penyendiri,memang kebanyakan manusia atau hewan yang punya bakat "prophetic",biasanya agak "aneh" n gak suka bersosialisasi....ya nggak semuanya sih..tapi mostly like that...

    ReplyDelete
  70. bang...aleksa nya 66 ribu...luar biasa...satu2nya blog temen yang aleksanya mencapai segitu tinggi....wuihhhhh

    ReplyDelete
  71. Mas enigma thank you very much for your kindness :D,ehm...saya mau usul,coba mas enigma bahas soal tarot,maksudnya ramalan tarot atas takdir hidup seseorang,rada mistis memang,saya ngga sepenuhnya percaya tapi kalau saya pikir,ada sedikit benarnya juga. Lambang tarot saya "the prophet" atau kalau dalam tarot disebut "IX - The Hermit",memang saya orangnya agak tertutup n penyendiri alias introvert n sedikit ada kemampuan clairvoyant(yang ini sudah pernah dibahas belum di blog mas enigma?).

    ReplyDelete
  72. clairvoyant belum pernah dibahas. Tarot mungkin tidak. soalnya blog ini tidak membahas ramalan. maaf ya :)

    ReplyDelete
  73. kucingnya lucu mas . .
    haha

    ReplyDelete
  74. @walz : oscar tahun 2010 ini baru 5 tahun. soalnya saya menggunakan referensi artikel yang terbit tgl 2 feb 2010. Tahun 2007 lalu berita oscar sdh pernah diceritakan oleh media. waktu itu ia masih 3 tahun. Jadi, oscar masih hidup, sehat dan masih memprediksi.

    ReplyDelete
  75. wih 72 koemnt dalam waktu singkat....
    bagus bgt yah...
    jadi iri...
    mas yg punya blog ini....
    do'akan saya yah...
    semoga blog saya bisa menjadi blog yg sukses seperti anda....
    ^_^
    http://zona-ketawa-kita.blogspot.com/

    ReplyDelete
  76. Senpai Enigma, tolong buktikan kehoaxan berita ini:
    http://regional.kompas.com/read/2010/02/05/10563421/Toni.Imang:.Naga.Raksasa.Itu.Memang.Ada

    ReplyDelete
  77. apakah oscar juga bisa mendeteksi orang yang akan meninggal karena kecelakaan ya?? klo dari bukti yang bang enigma paparkan, oscar hanya bisa memprediksi orang yang meninggal dengan normal atau karena penyakit..bukan karena kecelakaan..
    bagaimana menurut anda bung??

    ReplyDelete
  78. wahhhhh kucingnya lucuuuuuuuuuuuu,gw suka kucing..hebat ya nih kucing!!!

    ReplyDelete
  79. mas enigma...
    keren postingannya...
    mas,, bsa bahas tentang alien hand syndrome gag???
    msh pnasaran sm yg namanya AHS tu...

    ReplyDelete
  80. @Inferno : itu sangat susah dibuktikan walaupun saya 100 persen percaya foto itu adalah hasil photoshop. hehe.

    ReplyDelete
  81. "Anjing saya, Pinky, juga memiliki kemampuan mendeteksi orang2 yg akan meninggal, namun dia tidak sprti Oscar, yg selalu menghampiri orang yg akan meninggal. Pinky selalu melolong disiang bolong(lolongannya terdengar sangat memilukn, berbeda jika dia melolong krn melihat setan) jika ada seseorang yg akan meninggal di sekitar tempat kami tinggal dan menurut pengamatan kami terhadap lolongan Pinky, baru berjumlah 10 orang yg diketahui meninggal. Sayangnya, Pinky tidak bisa berbicara dalam bahasa manusia, seandainya aja bisa, kami mungkin bisa berbuat sesuatu. Setidaknya kami tahu siapa yg akan dipanggil Tuhan, entahkah itu kami, ataupun tetangga kami."

    ReplyDelete
  82. foto yg kedua itu lucu bgt, seperti meratapi nasibnya xD

    ReplyDelete
  83. waw, keren ni kucing....
    tapi kalo tiba2 dideketin ngeri jg ya....
    haha....

    ReplyDelete
  84. ngomong2 kematian...bahas juga donk gan, berat nyawa yg mitosnya katanya berat nyawa manusia itu cuman 21 gram...kira2 hoax ato bukan? thx

    ReplyDelete
  85. pertamax....pertamax...apan cie.....dari tadi qu liat comment kya gitu.....
    mending pake premium aja ahh....buat pengiritan dikit......hie...hie....hie....

    ReplyDelete
  86. kisah kayak gini pernah ada di tv serial berjudul house.
    Dr.gregory house(tokoh utamanya )menjelaskan bahwa kucing yang seperti ini bertindak seperti selimut panas yang mempercepat kematian orang yang sekarat.
    dia juga menjelaskan bahwa dia menghampiri orang sakit secara acak(bukan karena dia akan meninggak dalam waktu dekat).

    ReplyDelete
  87. Kucing Hebat!
    Pengen Ketemu ma Kucing ne!
    bisa gak y? caranya gimana?
    tu tepatnya di daerah mana y?

    ReplyDelete
  88. disini juga suka ada burung yang bersuara di dekat rumah jika ada yang mau meninggal, meskipun mungkin cuma "kebetulan" tapi banyak yang percaya (sekarang lebh banyak yang tidak percaya).

    ReplyDelete
  89. wow..kucingnya lucu ya..
    nice post deh..

    om enigma bisa bahas tentang machu pichu ga? yang katanya klo qta putar gambar machu pichu 90' ke kiri jadinya bentuk siluet wajah manusia..
    Penasaran banget nih..

    ^^LiZa^^

    ReplyDelete
  90. Itu memang benar. bahkan bukan cuma siluet, tapi benar2 membentuk wajah manusia dari samping. hehe. Soal posting, ntar saya baca-baca dulu ya.

    ReplyDelete
  91. saya mo nanya nih k enigma.... emang bener yah klo kucing tuh punya 9 nyawa???
    soalnya, ada kejadian suatu hari ayahku mengendarai mobil & tiba2 dy menabrak seekor kucing.... ayahku berhenti untuk melihat kondisi sang kucing, tiba2 kucingnya jalan2 lagi seperti biasa.... walau agak linglung kaya org mabok.... hehehehehehe.... :)

    oh yah, machu pichu itu apa??? baru kali ini aq denger....

    ReplyDelete
  92. Kucing pnya 9 nyawa itu cuma mitos. Haha. Setiap makhluk cuma punya kesempatan hidup sekali. Kalo machu pichu itu kota kuno peninggalan suku inca di peru.

    ReplyDelete
  93. oh.... saya pikir machu pichu itu nama makhluk hidup.... hehehehehe.... maklum, ga tau apa-apa.... *malu*

    ReplyDelete
  94. dejavu..! 04 feb 2010 gw udh kasih komen????masa'....waaaah..ini pasti ada yg login pake akun google gw nih,..atw pake laptop gw ya??hahahaaaa.....asem
    :-P....nice post again....

    ReplyDelete
  95. kucing tetangga saya katanya dpt mlihat arwah..
    wkwk,, apakh itu bnar kucing dpt mlihat yg spt itu?

    ReplyDelete
  96. ada satu mitos di china,entah di jepang,,katanya kalo org mati dilangkahin kucing,org mati tsb bisa idup lg,,

    ReplyDelete
  97. kalo itu sih cm permainan kata ambigu...
    "mayat dilangkahi kucing hidup", coba baca dg bbrp cara baca yg berbeda...

    ReplyDelete
  98. sy punya pengalaman yang mirip dgn oscar, cuma ini terjd pd kucing di rumah dgn ayah saya, beliau sngt sayang pd kucing sampe punya 13 ekor,ketika ayah sy sakit di usia 66 thn, pd suatu hari salah satu kucingnya berada di tmpt tidur tidak beranjak dari ujung kaki ayah sy sampai keesokan harinya beliau menghembuskan nafas terakhir, dan dua hari kemudian kucing tsb mati.

    ReplyDelete
  99. jika ia bisa bicara.., akan kutanyakan padanya bagaimana cara ia memandang dunia... NGI..

    ReplyDelete
  100. ayame said:

    kucingnya lucuuuuu... pengen meluuukk.

    ReplyDelete
  101. Lucu tapi bisa ngeramal. Paranormal kecil gitu loh!
    ^_^

    ReplyDelete
  102. SPMD

    OLa En,
    Saya dulu suka ama kucing, tapi sekarang enggak.
    dulu kalo malem saya nggak bisa tidur, pasti besoknya ada yang meninggal.
    Dan sekarang beda, masih ingat khan En komen saya tentang bagaimana para selebritis dunia dan tanah air meninggal,... jauh hari sebelumnya saya bercakap dengan mereka dalam imajinasi saya dan beberapa saat kemudian mereka meninggal. Di kampung dimana saya tinggal sering sekali ada orang meninggal, Sekarang Ada baru lagi, beberapa minggu yang lalu tiba-tiba saya pingin sekali surfing tentang berita duka para selebritis eeeeee....sejumlah selebritis dan orang penting di tanah air meninggal.... juga kerabat atau orang tua selebritis meninggal..
    Lucunya En, sekarang Dedy Corbuzier ganti Make Up jadi saya sulit mengingat wajah barunya...yang teringat selalu wajah/make up lamanya...kayak kaisar Ming di film Flash Gordon,...dan anehnya kenapa Acara Pencarian The Master kok tidak diputar Ya.....hihihi...lucu deh....Apakah saya Fenomena En....Kalo saya fenomena bahas dong tentang saya....sebelum terlambat dan saya bosan.
    Hampir semua manusia berada di kegelapan, Saya berada diantara gelap dan terang, saya bisa menyaksikan bagaimana mereka berusaha masuk ke wilayah terang dan mereka semua berusaha membujuk saya supaya bisa masuk ke wilayah terang. Sayang nya En, Hanya orang-orang tertentu yang bisa saya bantu. Mungkin yang berada diwilayah gelap itu termasuk anda En.

    ReplyDelete
  103. Katanya kucing emang bisa merasakan kematian sih, ngak cuma kucing. Semua binatang juga bisa.

    ReplyDelete
  104. kucingnya cantik dan lucu banget.... tp memang binatang kadang bisa ngerti sesuatu yg gak kita duga dia bgerti.. kaya kucingnya temenku yg selalu bangunin dia tepat jam 5:00 pagi di hari kerja (dgn cara jilatin jidatnya temenku itu), tp kalo di hari libur (sabtu minggu) kucingnya sama sekali nggak pernah bangunin dia.. kucingku juga dulu kalo pagi bangunin aku,,duduk di dadaku dan cium2in idungku..hehe jadi kangen sama dia

    ReplyDelete
  105. gak perlu jam weker lagi tuh
    wkwkwkwwk

    ReplyDelete
  106. kucingnya lucu bgt. apalagi aku suka bgt sama kucing :))

    ReplyDelete
  107. saya pernah dengar bahwa hewan atau kucing bisa saja menyadari kehadiran roh/dimensi lain di sekitarnya , namun nampaknya ini perlu untuk di konfirmasi lagi, karena saya mendapatkannya hanya dari cerita2 klenik/hantu saja

    ReplyDelete
  108. bang enigma,,ijin copas and share di note FB ya :D aku cantumin sumbernya kok,,makasih :)

    ReplyDelete
  109. ihhhh,,, lucu bgd kucing ny,,, gemes deh,,,
    oh iya oscar itu kan kucing belang 3 kata mitos org tua dulu,,kucing belang 3 itu pny kesaktian,, itu juga kalau jenis kelaminny jantan,,, jarang2 tuh ada kucing belang 3 jenis kelamin jantan,, barangkali om enigma pny penjelasan kenapa kucing belang 3 yg jenis jantan belum pernah saya liat seumur hidup saya,,? apa ada yg pernah liat mohon d kasih tau yah!!



    thnxx

    dannu

    ReplyDelete
  110. Wah.. B'arti si Oscar sdh sngt
    brjasa yah?? Menemani org
    yg uda mao meninggal,dimana
    klurga yg akn mnggl tdk dpt
    hadir...hehe

    br tao klo ada kucing yg kek
    gitu.
    Thank's mr.enigma.

    Salam manis,hehe

    ReplyDelete
  111. ito sih bukan kucing biasa!!malah kucing kayak punya perasaan kayak manusia lagi!!amazing!!!!

    ReplyDelete
  112. Keren! Tapi saya gak mau deket2 sama si Oscar deh, hehe.
    Bang Enigma, saya numpang share post ini di blog saya, ya meriharlidagoblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  113. mantep bang e..
    ijin copas ya bang..
    kelupas.com

    ReplyDelete