Sunday, March 14, 2010

Cenote Angelita - Sungai di bawah laut? Penjelasan singkat!

Awalnya, saya sama sekali tidak berniat untuk memposting soal ini. Namun sepertinya Cenote Angelita menjadi begitu terkenalnya di Indonesia sehingga saya menerima banyak sekali email yang meminta saya untuk menulis soal ini. Karena itu harap maklum kalau tulisan ini sedikit terlambat.


Saya berusaha mengumpulkan beberapa informasi mengenai Cenote Angelita sehingga kalian bisa mendapatkan informasi yang berbeda dari yang sudah kalian baca, walaupun tidak banyak yang baru. Banyak yang bertanya kepada saya apakah berita ini sebuah hoax atau bukan. Jawabannya, bukan hoax. Tapi ada beberapa hal yang harus diluruskan.

Sebelum masuk ke Cenote Angelita, kita harus mengerti arti "Cenote". Kata "Cenote" itu berasal dari kata suku maya "D'zonot" yang berarti "sebuah lubang/gua bawah tanah yang memiliki air". Sedangkan "Angelita" berarti "malaikat kecil". Jadi Cenote Angelita berarti "Gua Malaikat Kecil".

Istilah Cenote ini digunakan untuk merujuk kepada gua/lubang yang ada di semenanjung Yucatan, Mexico. Selain Cenote Angelita, di semenanjung Yucatan, ada Cenote-Cenote lainnya, seperti Cenote Aktun Ha, Cenote Calavera, Cenote Chac Mool dan lain-lain. Formasi gua-gua ini terhubung dengan laut dan terbentuk sekitar 6.500 tahun yang lalu.


Cenote-cenote ini memiliki sejarah sangat tua. Suku Maya biasa menggunakannya untuk bepergian ke kota lain. Namun baru pada abad ke-20 ketika penyelaman dan penjelajahan gua menjadi populer, Cenote-cenote ini kembali menarik perhatian.

Cenote Angelita yang sedang kita bicarakan ini terletak sekitar 17 kilometer dari Tulum. Ia memiliki diameter lubang sekitar 30 meter dengan kedalaman sekitar 60 meter. Cenote ini berada di wilayah hutan lebat yang memiliki keanekaragaman flora fauna yang cukup kaya. Bahkan Jaguar juga tinggal di hutan ini.

Karena itu sebenarnya kurang tepat kalau menyebut Cenote Angelita sebagai sungai di dasar laut. Cenote Angelita sebenarnya sebuah gua berair di tengah hutan, bukan di laut, walaupun airnya memang terhubung dengan laut.


Jika kita menyelam ke dalam Cenote Angelita, kita akan menemukan air tawar pada kedalaman 30 meter pertama yang kemudian diikuti dengan air asin pada kedalaman 60 meter. Pada kedalaman itu juga kita bisa melihat sungai dan pohon-pohon di dasarnya.

Nah, Sekarang saya akan membahas tiga karakteristik Cenote ini yang banyak membingungkan orang, yaitu :
  1. Mengapa air asin dan air tawar bisa tidak bercampur?
  2. Bagaimana bisa ada sungai di bawah laut?
  3. Bagaimana pohon bisa hidup di dalam air?
Air asin dan air tawar
Dalam deskripsinya mengenai Cenote Angelita, Anatoly Beloschin, seorang fotografer profesional mengatakan :

“We are 30 meters deep, fresh water, then 60 meters deep – salty water and under me I see a river, island and fallen leaves.."

"Di kedalaman 30 meter, air tawar, lalu pada kedalaman 60 meter, air asin, dan dibawah saya melihat sebuah sungai, pulau dan daun-daun yang jatuh."


Dari deskripsi ini, kita bisa menyimpulkan kalau air tawar berada di atas air asin. Bagaimana mungkin air asin dan air tawar tidak bercampur?

Jawabannya adalah karena sebuah fenomena yang disebut Halocline.

Halocline adalah sebuah zona vertikal di dalam laut dimana kadar garam berubah dengan cepat sejalan dengan perubahan kedalaman. Perubahan kadar garam ini akan mempengaruhi kepadatan air sehingga Zona ini kemudian berfungsi sebagai dinding pemisah antara air asin dan air tawar.


Air asin memiliki kepadatan yang lebih besar dibandingkan air tawar. Ini membuat ia memiliki berat jenis yang juga lebih besar. Karena itu wajar kalau air tawar berada di atas air asin. Ketika kedua jenis air ini bertemu, ia akan membuat lapisan halocline yang berfungsi menjadi pemisah antara keduanya. Peristiwa ini tidak terjadi di semua pantai atau bagian di laut, namun cukup umum terjadi di gua-gua air yang terhubung ke laut seperti Cenote.

Perbatasan antara air asin dan air tawar (Halocline) pada Cenote Angelita berada pada kedalaman sekitar 33 meter. Dalam kasus Cenote ini, air tawar di permukaan berasal dari air hujan.

Jika ingin lebih jelas, kalian bisa membuat halocline sendiri di rumah. Caranya, masukkan air asin ke dalam sebuah gelas hingga setengah gelas terisi. Lalu, taruh spon di atas air. Setelah itu, tuangkan air tawar perlahan-lahan ke dalam gelas. Maka lapisan halocline akan tercipta sehingga air tawar yang masuk tidak bercampur dengan air asin yang dibawahnya.

Fenomena air tawar yang terpisah dengan air asin sebenarnya bukan hal yang baru. 2.000 tahun yang lalu, seorang ahli geografi Roma bernama Strabo pernah menulis mengenai para penduduk Latakia, barat Siria, yang mengayuh perahunya sekitar 4 kilometer menjauhi pantai lalu menyelam dengan membawa kantung air dari kulit kambing dan mengambil air segar dari dalamnya untuk persediaan air minum bagi kota mereka. Mereka tahu persis tempat dimana air tawar berkumpul di laut. Hari ini, para penyelam juga bisa melakukan hal yang sama di banyak pantai di dunia.


Sungai di bawah laut
Dalam foto yang bisa kita lihat, Cenote Angelita sepertinya memiliki sungai di dasarnya. Jika benar, tentu saja akan sangat membingungkan!


Namun sebenarnya sungai tersebut hanyalah sebuah ilusi. Deskripsi yang paling tepat untuk menyebutnya, bukan sungai, melainkan kabut/awan, karena lapisan yang terlihat seperti sungai itu adalah lapisan Hidrogen Sulfida. Lapisan ini membentuk kabut/awan tebal yang membuat ilusi sungai.

Tidak banyak yang bisa menyelam sampai kedalaman ini karena lapisan ini terdapat di dasar Cenote Angelita, yaitu di kedalaman sekitar 60 meter.

Lapisan Hidrogen Sulfida ini terbentuk akibat pohon-pohon atau organisme yang membusuk di dasar Cenote. Karena itu lapisan ini memiliki bau yang tidak enak, seperti telur busuk (Mungkin sebagian dari kalian juga tahu kalau kita juga mengeluarkan gas ini ketika kita buang angin). Selain karena aktifitas bakteri pembusukan, gas ini juga bisa dihasilkan oleh aktifitas gunung berapi. Dalam kadar yang tinggi, gas ini berbahaya bagi manusia karena bisa mengganggu beberapa sistem dalam tubuh manusia.

Pohon di bawah laut

Saya banyak mendapat pertanyaan ini dan memang Ini adalah sebuah pertanyaan yang menarik. Dari foto di atas, kita bisa melihat kalau pohon di dasar Cenote Angelita mirip dengan pohon yang ada di darat. Kita tahu kalau pohon membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis. Jadi bagaimana mereka bisa hidup di dasar air yang gelap dan dalam?

Jawabannya atas pertanyaan ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu: Tidak ada pohon yang hidup di dasar Cenote!

Kebanyakan dari kita salah menginterpretasikan kalimat Anatoly Beloschin. Anatoly mengatakan :

“We are 30 meters deep, fresh water, then 60 meters deep – salty water and under me I see a river, island and fallen leaves…"

"Di kedalaman 30 meter, air tawar, lalu pada kedalaman 60 meter, air asin, dan dibawah saya melihat sebuah sungai, pulau dan daun-daun yang jatuh."



Ia hanya mengatakan kalau ia melihat daun-daun yang jatuh.

Ini jelas terlihat dari foto-foto yang diambilnya kalau batang-batang pohon itu adalah pohon-pohon yang mati dan daun yang dimaksud adalah daun yang berserakan di dasar Cenote. Anatoly tidak pernah mengatakan melihat pohon hidup di dasar Cenote.

Saya juga tidak bisa menemukan satu sumber pun yang mengatakan ada pohon hidup di dalam Cenote Angelita. Lagipula, jika memang ada pohon yang hidup, mengapa Anatoly tidak mengambil fotonya?

Lalu pertanyaannya, darimana asalnya batang pohon dan daun-daunan tersebut?

Jawabannya adalah karena Cenote ini terletak di tengah Hutan. Tentu wajar kalau ada batang pohon dan dedaunan yang jatuh ke dalam dasar Cenote.

Penutup
Walaupun tidak misterius (inilah sebabnya saya tidak berniat memposting ini pada awalnya), saya akui Cenote Angelita memang indah. Namun, saya rasa tempat ini cukup berbahaya. Kita tidak tahu apa yang akan kita jumpai di tempat gelap seperti itu kan?

Mungkin kalian akan berkata kepada saya: "Brother enigma, saya adalah orang yang suka menyelam dan berpetualang. Setelah membaca tulisan ini, jiwa petualangan saya memanggil dan saya ingin pergi ke sana untuk menyelam."

Saya akan menjawab: "Tahukah kamu kalau tempat seperti itu berbahaya. Bukankah saya sudah mengatakan kalau ada gas hidrogen sulfida yang bau dan berpotensi bahaya."

"Brother, saya tidak takut dengan gas hidrogen sulfida!"

"Tapi, gua itu dalam dan gelap, Kamu kan tidak tahu bisa berjumpa dengan makhluk apa disana."

"Ah, apa sih yang bisa dijumpai, paling hewan kecil yang tidak berarti."

Baiklah kalau begitu. Jika kalian sudah memutuskan, maka saya tidak akan menahan kalian lagi. Jadi saya ucapkan selamat menyelam!


Kasih-kasih kabar ya...


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

144 comments:

  1. Akhirnya soal ini juga bang enig mau ngulik...udah dtggu bnyk orang pasti...MAngstap..

    ReplyDelete
  2. Pertamax dulu lah...baru baca

    ReplyDelete
  3. pertamaxxx...
    akhirnya di ulas jg sma Brother Enigma...
    trim's

    ReplyDelete
  4. Keren Akhitnya ada oenjelasan juga atas fenomena diatas,,siip

    ReplyDelete
  5. yah ada om buaya, ga jadi deh wkwkwkwkwk

    benar2 sangat indah, dan postingan kali ini seperti nya tidak ada unsur misteri ni enigma? hehe BUT!! ini sangat menambah pengetahuan kita kita bung enigma!
    keep posting brother!!!

    ReplyDelete
  6. saya udah pake mozilla tp ko ttep aja gbrnya ga muncul

    ReplyDelete
  7. Sadap mntap bnget bro,,,gue ska yg gnian.. Nmbah pngetahuan

    ReplyDelete
  8. two thumb for u bang enigma..

    penjelasannya bagus banget, saya nulis di artikel di blog saya cuman dikit dan seadanya karena data-data yang saya dapat dari bang gugel cuman sedikit, tapi bang enigma bisa mengulas secara detail fenomena ini, mantap2!!!!!

    oh satu lagi saya minta izin buat nampilin postingan bang enigma ini di artikel saya sebagai tambahan soalnya cenote angelita ini materi yang sangat menarik, boleh gak?? kalo boleh saya tampilin lengkap dengan alamat sumbernya blog bang enigma.

    ReplyDelete
  9. Anonymous : gambar tidak muncul karena koneksi internet kamu lagi lambat. cobalah beberapa saat lagi.

    @zx182 : boleh

    ReplyDelete
  10. mantap bg enigma, salut...

    ReplyDelete
  11. Jonathar Archer:

    nice post om enigma!! fenomena alam yg menarik.cenote angelita....namanya jg bagus.saran aja ya,tolong d cari informasi lg om,katanya cenote ini biasa d pakai berpergian suku maya,apakah ada orang yg pernah meneliti,mungkin menemukan artifak2 di sepanjang cenote tsb?ataukah sebenarnya cenote angelita tsb merupakan goa biasa,atau goa bekas penambangan,tetapi banjir besar era nabi nuh membuatnya jadi sungai bawah laut/hutan?mmm...misteri yg bikin gk bisa tidur

    ReplyDelete
  12. Gan... sebagai pemula gue masih penasaran ama "daun-daun" yang berserakan... kuq daun2 itu gak hancur (terurai) dan warnanya masih kuning... btw, tulisan & gambar di akhir post ini buat aku ketawa... cuz, cocok buat mbah WARE... hahaha... buat mbah WARE kalau ada CENOTE di indonesia patut dijelajahi... kan mbah WARE maniak EKSPEDISI... over all, KEREN BANG ARTIKELNYA !!!

    ReplyDelete
  13. gak ada satupun ikannya....daun juga gak ada yang jatuh gitu. jangan2 hoax nih

    ReplyDelete
  14. Daun-daun itu ada karena cenote ini terletak di tengah hutan. wajar saja ada daun yang masuk ke danau.

    ReplyDelete
  15. "Tapi, gua itu dalam dan gelap, Kamu kan tidak tahu bisa berjumpa dengan makhluk apa disana."(dibawahnya ada gambar buaya)


    Hahahaha....... liat gitu jadi ngeri sendiri. Bung enigma ternyata punya selera humor juga ya.


    -JV-

    ReplyDelete
  16. Nice!!
    artikel yg sangat menarik dan edukatif.....
    emang bner keren banget pemandangan di dalam lubang sumur itu ya....
    Like this.^^

    ReplyDelete
  17. heheheh
    sekarang post ilmu hidrobiologi....
    post yg lain napa om!! ada banyak misteri di luar sana yg menanti untuk di share.

    nih kabar sungai bawah laut udah lama beredar, kok baru booming sekarang kenapa ya???

    -jakass-

    ReplyDelete
  18. Ok Jakass, misteri lain menyusul.

    ReplyDelete
  19. finally, di-post juga bro...
    klo baca dari post, ane "cukup mengerti" dgn ke-engganan bro En buat post Cen-Ang ini...heheheeee.....
    tp walo bagaimanapun, buat kesekian kalinya, kaya'nya kita musti ngakuin klo alam sudah "berkreasi" dgn luar biasa...
    btw, pic terakhir bagus...final warning yak...????
    ^_^

    ReplyDelete
  20. Gda misterinya y ttg cenote ini,mgkn ddalam guany trdpt msteri bsar,who knows..
    Bang enigma prnah dngr msteri danau tengkorak roopkund g?sy udh tnyakan bro ben,bliau jg blm prnh dngr rpanya..
    Mgkn bang enigma th soal ini

    ReplyDelete
  21. nice post,petromaxs..

    ReplyDelete
  22. @vahn saryu:Roopkund sepertinya seru tuh. saya sudah baca sekilas di google. tapi kaskus sudah pernah bahas ini juga.

    ReplyDelete
  23. jadi nambah ilmu nih tentang kelautan...
    tp emg disana bnr2 indah, pertanyaannya adlh apakah indonesia punya tempat seperti Cenote Angelita??

    ReplyDelete
  24. [OIIIIO] Willys :
    @ -JV- : betul-betul-betul, jadi ngeri sendiri. yang nyelam kyknya lagi nahan napas, krn dia liat buaya yg lebih besar di belakang fotografer.
    Brother Enigma, mereka berdua sudah ga bs ngasih kabar lagi. yg ketemu cm kameranya doang.
    hihihi....!

    ReplyDelete
  25. bang tompel....

    bos enigma.....
    itu buaya beneran ada di cenote angelita...?????

    hmmmm alligator tuh atau kaiman...???
    yang pasti bukan crocodile.....

    hehehe

    cenotenya sama kayak di kakaban tapi yang di kakaban air asin semua trus goanya kecil.....

    ReplyDelete
  26. akhirnya di angkat juga hehehehehe

    ReplyDelete
  27. wkwkwkwkw...bang enigma nucapin salam perpisahan wat yg mau nyelam disana ya...xixixixixi

    - don quixote doflamingo -

    ReplyDelete
  28. Lihat gambar terakhir niat menyelam jadi hilang deh hehehe :D

    mantapa om, sebenarnya sih..fenomena ini tdk teralalu menarik. di tempat saya di merauke papua, banyak tuh dananau air asin dan air tawar yang menyatu. tapi kalo udah di bahas begini jadi puas deh..! :D

    maw request ni om enigma, tetang fenomenah eartlight ataw cahaya-cahaya gempa. katanya sih waktu gempa di chili kemarin cahaya-cahaya ini muncul

    PEACE!!!!!!!!! :D

    ReplyDelete
  29. UYA : waaahh artkel nya maantttapp dh....
    tp,sya msh rgu tntang hal ini,pakh ie jg trmsuk k'ajaiban dunia????
    maybe yez maybe no...
    huhuu...
    hanya tuhan ja yg tw....
    piizzz

    ReplyDelete
  30. Akhirnya diposting juga, thks banget ya bang enigma...

    ReplyDelete
  31. Akhirnya bang Enigma mengulas Cenote Angelita juga :)
    Ditulis dengan lengkap dan berimbang, bahkan jauh lebih tajam daripada infoteinment yang mengklaim dirinya lebih tajam dalam mengulas daripada 'pisau cukur' :)

    Posting ini mempunyai nilai tersendiri bagi saya, karena ini:

    ''Baiklah kalau begitu. Jika kalian sudah memutuskan, maka saya tidak akan menahan kalian lagi. Jadi saya ucapkan selamat menyelam!
    Kasih-kasih kabar ya...''

    Hahaha... tawa saya meledak. Ternyata bang Enigma punya sense of humor yang bagus ya ^o^

    Oya mau menanggapi mengenai pohon dan dedaunan di dasar cenote. Saya setuju dengan bang Enigma bahwa memang tidak ada tumbuhan di sana. Kenapa?
    Perhatikan gambar pohon dan dedaunan:
    1. Mereka terlihat tidak hidup. Pohon tidak berdaun, dedaunan menguning dan coklat.
    2. Dari gambar dapat kita ketahui bahwa pohon-pohon itu adalah tumbuhan darat. Tumbuhan dalam air tidak seperti itu, tidak ada daun, ranting, dahan dan batang :). Tumbuhan dalam air dengan kedalaman 60 m biasanya adalah jenis ganggang/alga.
    3. Kalau anda berkata: '' tapi, bisa saja kan mereka awalnya hidup dengan beradaptasi?''
    Saya rasa tidak. Dengan bentuk seperti itu tidak terlihat adanya adaptasi morfologi. Lagipula kadar garam yang tinggi tidak memungkinkan pohon-pohon itu hidup. Karena akan terjadi osmosis, maksudnya terjadi perpindahan cairan dalam sel tumbuhan ke air asin. Selain itu, kadar garam yang tinggi akan menyebabkan kelarutan CO2 menjadi rendah, sedangkan CO2 harus ada dan mencukupi untuk fotosintesis.
    Pohon-pohon, ranting-ranting dan dedaunan itu jatuh dari hutan ke dasar cenote. Hal ini sangat jelas. Perhatikan ranting ini:
    2.bp.blogspot.com/_ziPJWp4LX_o/S5yU9XBa3vI/AAAAAAAAD9k/c4qYCq2ks1o/s1600-h/c1.jpg
    Terlihat jelas hanya ada ranting saja kan? Jadi ranting itu ada di sana karena jatuh ke dasar cenote.


    Arman "Fast Comp" said...
    Gan... sebagai pemula gue masih penasaran ama "daun-daun" yang berserakan... kuq
    daun2 itu gak hancur (terurai)
    dan warnanya masih kuning...''

    Hmm..saya minta izin menanggapi ini ya bang Enigma. Menurut saya, ini karena kadar garam yang tinggi, yang menekan proses pembusukan oleh bakteri-bakteri pembusuk. Banyak dari bakteri ini yang tidak aktif dalam keadaan kadar garam tinggi. Ingat teknik pengawetan ikan laut dengan cara pengasinan, ikan asin??

    ''izummate said...
    gak ada satupun
    ikannya....daun juga gak ada yang jatuh gitu. jangan2 hoax nih''
    Ini bukan hoax karena dapa dibuktikan adanya. Ada videonya. Juga bisa dikonfirmasi, kalau ada yang mau menyelam lagi ke Cenote Angelita.
    Ikan-ikan tidak ada di sana, mungkin karena adanya gas beracun H2S.


    Alam benar-benar indah ya dengan segala keunikannya.. :)

    ReplyDelete
  32. wawawawa...q terlambaat! Udah ada 32 komen? Q yg ke-tigapuluhtigax??
    Ulasanx mantap! Q puas, beda ma yg lain dah itu ja ^^v
    Om Enig, request missing day dunks ^.^

    ReplyDelete
  33. "brother, saya tidak pernah dengan asam sulfida" ... kalimat ini hendak mengatakan apa? "tidak pernah" = tidak takut, tidak alergi, tidak sentimen, dll ???

    tq bro!

    ReplyDelete
  34. akh..selalu terlambatx gak pernah pertamax...gakpapalah pokoknya ada yang baru tuk dibacax....
    bravo bung...tulisan anda selalu lebih lengkap, di Indonesia yang kayak beginian ada gak ya ? sebenarnya pingin cari tahu tapi gambar terakhir anda mencegah saya.....hik....

    ReplyDelete
  35. @myheart1978: sdh saya koreksi.

    ReplyDelete
  36. LOL @ "kasih-kasih kabar ya"

    ReplyDelete
  37. hahaha.. i like ur style, brother.. real fresh.. nice post..

    ReplyDelete
  38. Myheart2105 berkata...
    Eh trnyata ada yang punya nick 'myheart' juga?
    Lam kenal myheart1978 :)

    ReplyDelete
  39. bang , di indo ada cenote ga ? ada dmn ?

    ReplyDelete
  40. Mantab bang Enigma... explaining-nya educated banget... ga seperti penjelasan di web-web lain.. terlalu mengada-ada... unreasonable... thanks a lot..

    ReplyDelete
  41. memang indah sekali, saya pernah baca di beberapa blog kalau gas hihrogen sulfida tidak bebahaya bagi manusia tetapi berbehhaya bagi biota laut, apa itu benar kak enigma?

    ReplyDelete
  42. Hidrogen sulfida itu berbahaya dlm kadar tertentu. Tanya saja sama pendaki gunung, mereka tahu persis kalo hidrogen sulfida bisa membunuh pendaki. Soe hok gie kalo tdk salah tewas krn gas itu.

    ReplyDelete
  43. tapi kenapa pohonnya bisa tenggelam????
    daun-daunnya juga ada di dasar??
    bukannya daun biasanya terapung di air???
    kayu kan juga terapung di air.
    tapi kenapa itu bisa ada di dasar lautnya??

    ReplyDelete
  44. Dini, kayu dan daun bisa tenggelam dgn kondisi yang tepat. Sama seperti kantung teh.

    ReplyDelete
  45. pertamaxxx...
    akhirnya di ulas jg sma Brother Enigma...
    trim's

    BOLEH REQUEST NGGAK MAS ENIGMA, UNTUK BAHTERA NABI NUH, TRIMS

    - UNANG -

    ReplyDelete
  46. baca bagian akhir artikel, aq benar2 nggak berhenti ketwa...ada2 aja nih bung enigma...kocak juga orangnya......
    aq memang mendapatkan informasi yang berbeda dari baca di blog2 lain meneganai ini...mantaph Bung....^_^
    >Achel<

    ReplyDelete
  47. itu buaya beneran, atau hanya ilustrasi?

    ReplyDelete
  48. Percaya atau tidak, Itu foto beneran diambil di cenote angelita.

    ReplyDelete
  49. @dini: menurut saya itu karena massa jenis (massa dibagi volume, m/v). Jika massa jenis suatu zat lebih kecil daripada air, maka dia akan mengapung di air. Begitu sebaliknya.

    Kalau kita perhatikan daun dan pohon pada awalnya memang terapung. Tapi beberapa waktu kemudian bisa tenggelam karena massa jenisnya menjadi lebih besar daripada massa jenis air ataupun air garam. Kenapa? Hal ini disebabkan oleh masuknya air ke dalam pori-pori atau rongga-rongga batang. Secara miskropkopis, hal itu karena adanya osmosis. Yaitu masuknya air dari yang konsentrasi rendah (banyak air) dari air tawar ke konsentrasi tinggi (sedikit air) di dalam sel tumbuhan melalui membran semipermiabel. Akibatnya massa kayu atau daun bertambah, sehingga massa jenisnya juga bertambah, dan akhirnya menyebabkan kayu dan daun-daun itu tenggelam karena massa jenisnya lebih besar daripada massa jenis air ataupun massa jenis air garam.

    ReplyDelete
  50. meskipun saya sudah baca beberapa kali artikel tentang ini tetapi selalu saja menarik jika dibahas oleh brother enigma.. salam kenal ya brother..

    sakura falls--

    ReplyDelete
  51. Buat yang mau nyelam di sana,
    gw nitip salam aja deh ama buayanya... asyik banget kayaknya nyemplung-nyemplung di sana..
    Jangan-jangan itu buaya adalah titisan leluhur bangsa maya yang bertugas menjaga Cenote tersebut..

    Nais artikel, gan!

    ReplyDelete
  52. wah, padahal 2 hari yang lalu saya sudah berniat untuk posting ttg cenote angelita soalnya lg heboh di tv2, ternyata keduluan bro "master misteri" enigma, mesti diulur dulu deh niat postingnya!! hha...

    Ini memang bukan sebuah misteri tetapi merupakan salah satu keajaiban dan keindahan alam yang menakjubkan. sayangnya tidak bisa dijadikan objek wisata karena tingkat bahayanya besar.

    Klo ga salah di Indonesia juga ada yang seperti ini. Coba kalau yang di Indonesia ada yang meninggal pas menyelam karena kebanyakan menghirup hidrogen sulfida, pasti dibilang diculik "siluman danau" sama warga setempat.. ckckck

    oiya, bro enigma, saya minta rekomendasi situs2 informasi misteri yg update boleh g?! saya suka bingung mo nulis apa (mana mood mosting susah bgt ketemuny) hhe...

    thanks.. sukses selalu..

    ReplyDelete
  53. @rensen: Unexplained-mysteries.com, forteantimes.com, cryptomundo.com, ufocasebook.com.

    ReplyDelete
  54. lala said,,
    dari foto-fotonya sih emang kesannya tempat itu indah banget brother (apa ada rekayasa fotografi???),, tapi tetep aja menurutku angker,, aq pasti merinding kalo masuk ke situ,,
    Oy,, brother...
    daun2 ma ranting yang ada di sana ap ga busuk ya???apa itu baru jatuh dari atas?? kliatannya fresh gitu,, mungkin ad yang bisa jelasin?? cz aq belum tau nih ilmunya... teruzz,, ada monster gag ya di sana???
    udah deh unek-uneknya,,, thx y brother,, aq tunggu postingan selanjutnya!!!!

    ReplyDelete
  55. mantap sekali brotha enigma.. ternyata memang bukan misteri.

    ReplyDelete
  56. kang,, nerima masukan/sumbangan artikel ga?
    maksudnya,, kalo saya punya artikel, apa kang enigma mau postingin?
    trims sebelumnya...

    ReplyDelete
  57. Brother Enigma numpang ambil artikelnya ya? sumbernya pasti dicantumin, kalau boleh tau e-mail, bro Enigma apa ya? :D

    ReplyDelete
  58. wow,,keren masnih mas enigma,,

    dtunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  59. @anonymous: tentu saja saya menerima sumbangan tulisan. Jika menarik, akan saya posting.

    ReplyDelete
  60. buaya tsb agak mencurigakan tampak seperti hoax

    ReplyDelete
  61. Maksud nya ap Sih dibawah Laut ada Sungai????
    Kok ad Org Lagi Mancing?? Maksudnya ap?
    dia ad di dalem air kok bisa mancing duduk di sebatang kayu Pula??
    klo tempat ky gini bwat syuting film horror bagus tuh!!'

    ReplyDelete
  62. Maksudnya sukun maya biasa menggunakannya untuk bepergian kekota lain, itu apa bro ?

    ReplyDelete
  63. coba deh bang enigma liat bagian tangan penyelam yang terkena sinar, kok gak da bayangan buayanya, trus ada gitu orang yang mw difoto deket buaya liar gitu kalo saya sih pasti dah lari duluan kalo sbg juru fotonya

    ReplyDelete
  64. Benar benar ulasan yang berbeda,...disitu ada buaya loh...ttdj buat yang mau pergi nyelam....kabar2nya ya...

    ReplyDelete
  65. Yah bang enigma, kayak ngga tahu aja. Kebanyakkan, petualang jaman sekarang khan emang udah ngga ada takut- takutnya. XD Mau akhirnya sekarat juga, kalaupun udah sembuh mau bertualang ke tempat- tempat yang kadang berbahaya. Hanya aja, untuk kasus yg satu ini saya juga nggak tahu. Mudah-mudahan aja ngga ada ya, bang enigma.

    ReplyDelete
  66. @Anonymous: maksudnya suku Maya menggunakan jalur sungai di dalam gua untuk bepergian ke kota lain. Yang saya maksud disitu bukan cenote angelita, melainkan cenote-cenote lain yang berupa gua dengan sungai, jadi bukan cuma lobang berair.

    @Anonymous: Saya yakin, buaya itu bukan hasil photoshop. klik sumber saya di candlepowerforums.com di atas.

    ReplyDelete
  67. Mohon ijin taro link page ini di FB

    ReplyDelete
  68. wokwokwk ahir nyah Keluar Juga Mkasih Bang Enigma.... By Mahran mj

    ReplyDelete
  69. makasii yah kk.!!
    hehe, di tunggu postingan lainnya.!!...>,<

    ReplyDelete
  70. kk dpt kbr berita ini dari mana sih k???
    soalnya tmenku ada yg nyari postingan ini tpi kta dia, dia dpt dri laptopnya terus pas ke warnet ada yg buka postingan ttng itu jg. aku jdi bingung dia boong apa ga??? truz pas malem ini aku bka blog kk eh ternyata dpt ttng yg tdi tmen aku cari?? aku jdi bingung semua org pda nyari di internet ttng sungai dibawah laut. tmen ku boobng apa ga ya k????
    tlong di jwb. makasih

    ReplyDelete
  71. itu buaya toh ?
    tak kirain iguana >.<

    btw nice post bro ... hhe

    ReplyDelete
  72. @novi: soal cenote ini memang lg beken di indo. Ditayangkan di tv, silet, blog, web dll. Jd saya diminta utk nulis soal ini jg.

    ReplyDelete
  73. weeww...
    still going on and on...

    nice post >~</

    ReplyDelete
  74. Cari2 di bah google lihat2 blog misteri

    eh dan eh trnyata blog ini plg manteb
    hehehe

    pengemar baru nih
    bang anigme
    mau kome lewat opmin kok gak bisa
    emag ada apa...??

    Ini aku komen pake aplikasi bolt
    hehehe
    lam kenal za bos

    ReplyDelete
  75. @k enigma: ooo... gitu.. aku ketinggalan informasi nih hee.... :*

    ReplyDelete
  76. Bos kok mau comen pake opmin gak bisa...!??

    terpaksa pake bolt

    ReplyDelete
  77. Memang, opera mini bisa gagal komen. Biasanya percobaan kedua atau ketiga bisa. Bolt alternatif yg ok juga.

    ReplyDelete
  78. Bang, kok jadi jarang posting?

    ReplyDelete
  79. sesuai dengan apa yang ada di dalam Al-Qur'an, surat Al Furqan ayat 53, yang berbunyi "“Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain masin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.”

    ReplyDelete
  80. senaaaaaaaaaang.... ^o^
    akhirnya kak enigma posting tentang sungai bawah laut juga.
    habis (klo gak salah) ak dah komen 2 kali.
    minta buat kak enigma posting ini.

    puas rasanya klo udah baca postinngan kak enigma.
    thanks ^^

    ReplyDelete
  81. Mas, penutupnya bikin merinding tuch...
    Tau2 ada buayanya, tapi ngomong2 buayanya asli apa cuma hasil potoshop tu...??

    Then, q juga mau nagih artikel tentang konspirasi pmanasan global yg dulu dah q kasih sumbernya.Q nunggu analisisnya lho mas...Klo bisa segera d posting mas..!!^^

    ReplyDelete
  82. Reyra
    ka , makasih banget nih udah posting , saya lg seneng2nya cari info tentang ini . .
    :)
    ka , usul dong . tambahin 1 kategori lagi buat INBOX :) hehehehhe
    oia , kok udah jarang brita ttg Crop Circle ? sy lagi bikin makalah ilmiah (atau apa gitu , sayalupa) ttg Crop Circle, ntar kalo ada brita ttg Crop Circle , cepet posting ya kaa . .
    hehehehe , maaf panjang bgt komennya . .
    :

    ReplyDelete
  83. Bung Enigma ada 1 mistery yang bikin seluruh dunia penasaran yaitu tentang "THE ARK OF THE COVENANT" atau Tabut Perjanjiannya orang yahudi, saya baca di beberapa blog dan potongan video clipnya National Geographic di You Tube ia begitu mengerikan (bisa membakar semua orang yang menyentuhnya, bisa terbang, mengeluarkan halilintar, meruntuhkan benteng kota, dll), saya berharap Bang Enigma berkenan membahasnya secara "ngilmiah" tentunya, makasih sebelumnya tak tunggu lho bahasannya. Salam

    ReplyDelete
  84. mantap abiiiiiiiiiiiiisss..^0^
    its such a very beautiful silent but deadly paradise on earth..

    ReplyDelete
  85. request cepekan 91 dunk,buat sy tu msh misteri.karena duit yg ada lambang negara drusak n dibikin cincin.thx
    -sniffchulapiz-

    ReplyDelete
  86. br0 eniqma' hidr0gen sulfida ini apa ga bs hilang krn air asin?

    ReplyDelete
  87. Sepertinya tidak hilang. Masih ada. dan saya rasa juga tidak bisa hilang dengan gampang.

    ReplyDelete
  88. @Reyra: saya sudah tambahkan kategori inbox.

    ReplyDelete
  89. *clingak clinguk* wah ketinggalan ni gw..

    ReplyDelete
  90. emang kalo udah baca dari blog Enigma rasa penasaranku berkurang.... wah ternyata memang kejadian biasa... kadang orang suka melebih-lebihkan... hahahahaha... thanks enigma...

    ReplyDelete
  91. nice post bang enigma...
    bisa buat nambah pengetahuan..
    dr pd nonton di tv..
    kata"x di ulang" mulu..bosen dengernya..



    -william-

    ReplyDelete
  92. apaan cerita kayak gini dimasukin k blogspot enigma kok mau2nya sih posting cerita ini udh tau biasa aja malah dimasukin k blog misteri terbaik kyknya blog ini udah gak lgi jd yng terbaik!!

    ReplyDelete
  93. penjelasan secara ilmiahnya cukup membantu sekali buat kita(org2 yg awam). Nice Post, two thumbs up...ijin buat jadi source link ya brother...:)

    ReplyDelete
  94. ah bro enig, ga lucu ah poto terakhir, seharusnya poto terakhir dimasukin megalodon atau nessie, biar jadi yahud
    wakakka

    ReplyDelete
  95. anak mks said:
    bang cpt2 ya post tentang area 51nya

    ReplyDelete
  96. Wah ini yang ku tunggu-tunggu
    Akhirnya ada penjelasan ilmiahnya...
    Mas saya izin Posting ke LINTAS BERITA ya...
    Biar Masyarakat tau yang sebenarnya ....

    ReplyDelete
  97. Rha said,,
    udh Lama pengin posting koment ke Blognya bang enigma skrng bru ksampean.. soalnya selama ini aku baca artike2'y lwt Hp tp kagk ngrti cra'y bwt koment... yah,maklum saya gaptek!

    soal postingan kali ini aku ksh 10 jempol,deh!! Keren bgt!!! apalg foto buaya'y..aku smpe ngkak sendiri ngliatnya!!

    keep posting,bung!!

    ReplyDelete
  98. salam bg enigma
    wah baru tau klo misteri selama sepekan ini yg banyak di bicarakan orang2 ternYATA sebaB AKIBATNYA SEPERTI ITU LOh......
    thanks ya...enigma
    salam kenal

    ReplyDelete
  99. bos enigma emg g asal comment kl ada fenomena/misteri2 yg menarik u/ dibhs!!well done brother!!kl fenomena unik danau tolire gmn bos??kykny blm ada penjelasan ilmiahny deh..boleh dong share something with us kl bro enigma tertarik bwt ngebahas!!thx..

    ReplyDelete
  100. krennn bgt pnjlasanx
    g jdi deh deg2gan kiamatx
    oh yda gmbar yg g mncul

    ReplyDelete
  101. ini baru bikin puas rasa penasaranku ttg sungai bawah laut.artikel yg oke bro, ditunggu trus tulisannya :)

    ReplyDelete
  102. Reyra
    wew , thanks banget ya ka . . :D
    Oia sy uda lma bgt baca enigma , bbrp waktu yg lalu sy ksi tw tmn2 yg pada suka misteri gitu , eh skg temen2 (hampir sekelas) sy jadi suka bca blog ini , , kalo kumpul2 pasti ngebahas postingan2 kaka . . Hehehehe . .
    Jgn lupa crop cirlcle nya ya kak . .

    ReplyDelete
  103. kalo lu nonton pelem documenter blue planet (gw lupa episode berape) disitu ada tuh yang ngomongin under water river ... walopun sebenernya gak bener2 river .... cek deh

    ReplyDelete
  104. ini dia yang ditunggu, akhirnya dapat penjelasan yang lebih baik...thanks buat bung enigma.

    ReplyDelete
  105. ahh tolong saya mas enigma.....!!

    ReplyDelete
  106. Keren enigma,hanya enigma yg bisa menjelaskan dengan logis dan tdk di lebih lebihkan

    ReplyDelete
  107. Ariel 10 said...
    Hah... finaly I found this secret for this mystery.O........ yeah(Hah akhirnya aku menemukan rahasia misteri ini).

    ReplyDelete
  108. oh, jadi itu kayak danau di tengah hutan yg super duper wuper belantara
    wah, saya tertipu....

    ReplyDelete
  109. rets

    : penjelasanya singkat ya...?

    ReplyDelete
  110. Brother, Enigma kalau bisa dalm satu hari postingannya diperbanyak

    ReplyDelete
  111. keren bgt penjelasannya...cuma sory gw cuma kasih pendapat...semua fenomena yang ada di bumi ini selalu dibahas secara logika sm kita smua,sehingga semua hal pasti ada jawabannya. nanti klo ga ada jawaban pastinya/ragu, kita pasti bilang "ok kita tunggu research lebih lanjut, untuk melihat hoax atau bukan, atau penjelasan yg lebih dalam"...gw cuma mau tau, bisa ga sekali2 kita melihat itu sebagai sebuah keajaiban Tuhan dan membesarkan Dia sebagai Sang Pencipta yang Menguasai alam? kayanya semakin kita mau coba kuras otak kaya berusaha buktiin bahwa keajaiban Tuhan itu ga ada. thank u and peace.

    ReplyDelete
  112. Myheart2105 berkata...
    Wadow! Q gak rela da 'debu nempel' di blog ksayanganq ini.

    Om Enig, tlg diremove kmentar 'sopan' si 'g' yg tanggalnya ini: March 18, 2010 11:29 AM

    ReplyDelete
  113. Hah?emang artinya apa? Tp sdh saya buang. Hehe.

    ReplyDelete
  114. Myheart2105 berkata...
    Awalx q jg gak tau, tp akhirx q tau tu kata2 kotor dlm bhs Jawa...
    Kok ada ya yg tega ngomong gt??! Q jd gusar! >_<

    ReplyDelete
  115. Wah ktinggalan nfo neh.....br bbrapa hr g bk sdh bnyk postingan,bro Enigma mmg hbt,salut.
    Tp ada ssuatu yg mngganggu sy...dsbutkan tdk ada ikan hdup di Cenote angelita krn Hidrogen Sulfida, tp ko ada buaya jln2 dsna..lha trs buayanya mkn apa? apa mgkn buaya cr mkn naik ke darat ke hutan.

    Pertanyaan kedua...apa ada kawanan buaya hdup dsana krn biasanya buaya hdup berkoloni....atau mgkn ada sungai dskitar Cenote sbg habitat buaya.krn yg terlihat dgmbar cm satu...kl cm satu ekor jd aneh,drmna tuh datangnya buaya.

    Pertanyaan ketiga...apa mgkin gas Hidrogen sulfida bs naik ke permukaan air atau hnya terdapat di lapisan dalam Cenote? mengingat buaya bs bertahan hdup dsna sdgkan ikan tdk...atau mgkn dlm kadar trtentu buaya mmg bs tahan trhadap Hdrogen sulfida sdg ikan tdk.

    Trims...bravo brother Enigma keep posting.

    ReplyDelete
  116. setuju sama bang enigma,

    pada saat denger salah satu acara tv indonesia yang memuat ini, saya sampai ngakak denger presenter nya ngomong bahwa goa ini ada di bawah laut...
    trus komentar-komentar sok tau...
    apalagi yang bawa agama-agama...

    ReplyDelete
  117. Ini dia sebenar'a yg jd pemecah masalah ada sungai di bwh laut..
    semua'a uda jelas kl tdk ada sungai di bwh laut!!!

    ReplyDelete
  118. omm permisi untuk ane posting kan di website ane

    ReplyDelete
  119. thx bwt pncrahannya itu smkn mnguatkan ayat dlm al-quran ” Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain masin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” (Q.S Al Furqan:53)
    jika ayat ini dihubkan dgn analogi anda "Halocline adalah sebuah zona vertikal di dalam laut dimana kadar garam berubah dengan cepat sejalan dengan perubahan kedalaman. Perubahan kadar garam ini akan mempengaruhi kepadatan air sehingga Zona ini kemudian berfungsi sebagai dinding pemisah antara air asin dan air tawar.
    "cukup jls kn..subhanallah..
    maaf tp sy blm mngrti apa bs batang dan daun pohon yg tgglam smpai kdlman 30m ato 60m?stau sy sbrat2nya batang dan daun pohon jg pst mngambang kl dmsukin kdlm air..?

    ReplyDelete
  120. Tapi, "gua itu dalam dan gelap, Kamu kan tidak tahu bisa berjumpa dengan makhluk apa disana."

    jawaban saya: so sebaiknya saya berjumpa "makhluk apa???" itu, supaya bisa menjadi bahan teka - teki baru buat kita

    doakan saya

    ReplyDelete
  121. kerEn aBIzzZ gaAn

    ReplyDelete
  122. @anonymous: soal daun dan kayu yang tenggelam itu sudah dijelaskan oleh chris di komentar atas.

    ReplyDelete
  123. Bravo dech Buat Bang Enig ... Jujur pertama kali berita itu keluar aku udah gak percaya karena Kakek ku pernah Cerita dalam kitap Suci kami pun sebutin kemungkinan hal ini terjadi ... Salam Buat Buaya nya ajha Bang Enig ..

    ReplyDelete
  124. Analisis yang bagus.
    Pada dasarnya memang ini fenomena goa-goa doline, walaupun tidak terhubung dengan daratan tetap memungkikan berair tawar.

    ReplyDelete
  125. Semua bicara tentang satu kitab suci..
    aneh.. karena yg mereka baca dari kecil cuma satu kitab suci, padahal kitab suci saya juga memuat tentang ini... ::P

    ReplyDelete
  126. Fenomena sungai2 bawah tanah di daerah Gunung Kidul dijelaskan juga dong...

    ReplyDelete
  127. itu semua adalah kebesaran Allah subhanahuwata'ala.....di dalam Al-Qur'an semua fenomena alam yang terjadi baik di muka bumi ataupun di langit telah dijelaskan didalamnya....dan tinggal bagaimana manusia itu mempelajari dari kejadian tsb...

    ReplyDelete
  128. ada arti di Al-Qur'an punyaku : 'Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir(berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus'

    ReplyDelete
  129. ini bukan'a ad video'a ..??

    ReplyDelete
  130. misi bang enigma,mo ngomong dikit,hehe

    buat yg merasa bilang bahwa manusia seakan2 gak mau mengakui kebesaran pencipta,coba dipikir,manusia dikasih otak buat apa?
    Pencipta maha besar? Ya,begitu hebatnya ia membuat berbagai kreasi yg luar biasa,tapi banyak hasil kreasinya yg dapat dijelaskan dgn logika.
    Kalau memang sebuah fenomena dapat dijelaskan dengan logis,kenapa tidak?
    toh penjelasan logis tidak akan membuat manusia mengingkari sebuah entitas yg diakui sebagai pencipta.
    Anda bisa menjadi seorang yg logis dan kritis tanpa harus menjadi Atheis,dan itu adalah sesuatu yg jauh lebih baik dibanding manusia yg berpikir bahwa SETIAP fenomena yg tidak biasa adalah hal yg tidak bisa dijelaskan,lalu hanya berpaling pada agama,dan setelah itu?..."wah! Hebat,maha besar Ia",dan? Yasudah,selesailah kapasitas orang itu
    Jika sejak dahulu kala semua org berpikir dan bertindak seperti itu(mengalihkan semua pada agama),maka sekarang ini manusia masih berburu seperti zaman purba,dan anda hanya sedang tertegun setiap hari ketika anda melihat api untuk pertama kalinya..dan..tertegun pula keesokan harinya..dan esoknya..dan seterusnya.
    Pemikiran seperti itu tak ubahnya seperti orang desa yg melihat live streaming via webcam dan berpikir "Tuhan hebat sekali"
    Congrats!
    Bayangkan semua orang berpikir seperti orang desa itu,akankah muncul seorang ilmuwan? Arkeolog?
    Programmer? Dokter? Arsitek?
    Jawabnya TIDAK!
    yah karena asal ada sesuatu yg hebat,lalu tertegun,takjub,berdoa,dan..Yasuuudah...Selesai,maka tamatlah riwayat semua pencapaian, mimpi, dan ilmu pengetahuan manusia di tangan pemikiran seperti itu
    hehe..Peace gan,hehehe

    thx om enig
    FreeSpeak..

    ReplyDelete
  131. andaikan daun itu adalah daun yang jatuh dari permukaan yang terdapat hutan, bukankah daun itu seharusnya mengapung di atas permukaan air?
    kecuali kalau bolong haha mohon di pertimbangkan

    ReplyDelete
  132. salah satu keajaiban dunia neh..walaupun gak ajaib-ajaib banget,he..

    ReplyDelete
  133. Wakakakakaka!!!!
    Ane sepihak ma Agan "June 8, 2010 12:06 PM" selain Master Enigma, kamu orang kedua yg bisa bikin aku manggut2 gan!!!

    "...seperti orang desa yg melihat live streaming via webcam dan berpikir "Tuhan hebat sekali"

    hehehe... salam kenal

    ReplyDelete
  134. qra2 kadar H2S'a sebesar aph ya..??
    cZ klo terlalu bsar bahaya khn buat mnusia..

    Tingkat H2S (PPM)| Efek pada manusia
    0.13 | Bau minimal yang masih terasa
    4.6 | Mudah dideteksi, bau yang sedang
    10 | Permulaan iritasi mata dan mulai
    | berair
    27 | Bau yang tidak enak dan tidak
    | dapat ditoleransi lagi.
    100 | Batuk-batuk, iritasi mata dan
    | indera penciuman sudah tidak
    | berfungsi
    200 - 300 | Pembengkakan mata dan rasa
    | kekeringan di
    | tenggorokan
    500 - 700 | Kehilangan kesadaran dan bisa
    | mematikan
    | dalam waktu 30 - 1 jam
    Lebih dari 700 | Kehilangan kesadaran dengan cepat
    | dan berlanjut kematian

    -=Henry=-

    ReplyDelete
  135. Jika Cenote Angelita merupakan goa yang dialiri oleh air sungai seperti yang bung Enigma sampaikan di atas, tentu saja berbeda jauh dengan fenomena sungai di bawah laut, karena sesuai namanya, sungai bawah laut merupakan suatu aliran air tawar (sungai) yang berada di kedalaman laut. Letak terjadinya kedua fenomena ini berbeda, Cenote terjadi di darat, sementara sungai bawah laut terjadi di laut.
    Fenomena pemisahan kedua massa air pun berbeda. Di Cenote Angelita air tawar berada di atas air asin yang dipisahkan oleh air payau, sementara pada sungai bawah laut air asinlah yang berada di atas air tawar. Hal ini juga tidak dapat dijelaskan oleh fenomena haloklin karena massa jenis air tawar lebih rendah daripada air laut sehingga seharusnya keduanya bercampur dalam tekanan kedalaman laut yang sedemikian kuat.
    Tolong dijelaskan lebih lanjut, dong, bung Enigma. Karena saya bingung membaca posting Anda.
    Terima kasih ^_^

    ReplyDelete
  136. Widya, Sebenarnya kamu mencampuradukkan antara cenote angelita dengan sungai bawah laut. Saya belum pernah mendengar ada sungai di bawah laut, karena itu judulnya saya beri tanda tanya di belakang kata "sungai di bawah laut".
    Soal sungai bawah laut, no comment karena fenomena itu setahu saya memang tidak ada.

    Jadi hilangkan istilah "sungai bawah laut" dari pikiran kamu. Pada tulisan di atas, saya jelas mengatakan kalau cenote bukan sungai di bawah laut.

    Soal Cenote, sesuai seperti perkataan kamu. Massa air tawar lebih rendah, karena itu ia berada di atas air asin. Dan fenomena ini bisa dijelaskan dengan haloklin.

    ReplyDelete
  137. didalam kitab AL-qur'an udah diterangkan hal ini..
    dan teori yang sekarank ini bisa dibilang plagiat ama ayat di al-qur'an yang udah 1400-an tahun yang lalu..

    ReplyDelete
  138. "Anonymous said...
    didalam kitab AL-qur'an udah diterangkan hal ini.. dan teori yang sekarank ini bisa dibilang plagiat ama ayat di al-qur'an yang udah 1400-an tahun yang lalu..
    June 23, 2010 8:12 PM"

    1400-an tahun yang lalu?
    "Fenomena air tawar yang terpisah dengan air asin sebenarnya bukan hal yang baru. 2.000 tahun yang lalu..."
    Lalu ini apa? Sudah dibaca baik2 belum artikel di atas?

    Om Beloschin juga kalo ngomong yang jelas, om.
    Masyarakat zaman sekarang PALING DEMEN mencaplok satu dua poin penting terus dikarang2 jadi cerita ngawur. Baca berita saja bisa salah baca, apalagi kalo diminta "interpretation", bakal ditambah2i bumbu.

    Menanggapi segala sesuatu yang bisa dan telah dapat dijelaskan secara logis, TOLONG JANGAN BAWA-BAWA LAGI AGAMA-AGAMANYA, ALKITAB-ALKITABNYA, DAN KEPERCAYAAN-KEPERCAYAANYA. Sudah sering dikatakan itu isu yang sensitif, tapi masih demen banget diungkit2. Ntar debat sedikit, runyam! Marah, ribut, perang!

    Ibarat luka yang sedang diperban, rentan tapi masih juga sengaja disodor-sodorkan lukanya.

    ReplyDelete