Thursday, March 4, 2010

Inbox: dua objek putih misterius di atas Klaten tertangkap google earth

Saya mendapat pertanyaan menarik. Email di bawah ini berasal dari Rizka Wibowo (middlefinger_slo@yahoo.com). Isinya mengenai objek putih besar yang tertangkap Google Earth melayang di atas kota Klaten.


Hallo bang enigma...
Nama gw Rizka n beberapa hari yang lalu gw nyoba surfing di Google Earth and akhirnya gw menemukan 2 benda yang sangat (bagi Gw) misterius..


Benda ini terlihat seperti terbang diatas kota ini (Klaten- Jateng). Bentuknya agak unik dan aneh, yang satu panjang dan yang satu pendek.


white image 1


White image 2

Persamaan diantara keduanya adalah benda ini sama-sama memantulkan cahaya yang sangat terang apabila dibandingkan dengan pantulan dari benda/bangunan apapun disekitarnya. Kemudian benda ini seperti menuju pada arah yang sama, dan kedua benda ini apabila dizoom sama-sama memiliki bayangan disekitarnya....

Gw bingung n sampai gw liat blog lu..nah, gw pengen sharing ama lu mengenai apa sebenarnya benda ini?


Apalagi benda ini menurut gw BUKAN MERUPAKAN BANGUNAN dan apabila dibandingkan dengan bawahnya, benda ini menimpa dan mengambang di atas bangunan-bangunan lain di kota tersebut.


Kira-kira bisa menjelaskan gak?


Tolong ya bro...n afterall thanks b4...oke


Catatan :

Pertama, screen shot di atas bukan hasil rekayasa. Saya sendiri telah mengkonfirmasinya dengan google earth dan kedua objek putih tersebut memang ada. Kalian juga bisa mengeceknya di kordinat di bawah ini :

White Image 1 : 7°42'19.88"S 110°35'58.15"E

White Image 2 : 7°42'36.10"S 110°36'7.75"E

Objek apakah itu ?

Jika kita membandingkannya dengan rumah di bawah, maka kita bisa menyimpulkan kedua objek tersebut berukuran besar. Melihat dari arah dan susunannya yang tidak beraturan, jelas objek tersebut bukan bagian dari bangunan di darat. Objek itu juga menutupi bangunan di bawahnya sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa objek putih tersebut berada di atas rumah-rumah, atau bisa kita sebut melayang/terbang di atas rumah.

Lalu pertanyaannya adalah, apakah ada dua kapal induk raksasa tidak dikenal sedang terbang di atas kota Klaten ? Saya tidak bisa memastikannya. Tapi saya punya teori.

Sebelumnya, mari kita lihat beberapa fakta menarik mengenai kedua objek di foto itu. Pertama, kita akan melihat persamaan diantara kedua objek tersebut.

Kita tahu bahwa keduanya berwarna putih. Lalu keduanya memiliki lekuk yang mirip walaupun panjangnya berbeda. Keduanya sama-sama memiliki bagian ujung satu yang lebih gelap dibanding ujung lainnya. Keduanya juga memiliki bayangan yang kalau dalam film sci fi seperti perisai medan energi yang melindungi pesawat dari serangan musuh. Dan terakhir. Kedua objek tersebut sama-sama ada di atas Klaten dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Namun, ketika saya melihat dua gambar tersebut, saya merasa kalau itu bukan objek terbang tak dikenal. Jika gambar google earth ini adalah sebuah foto, maka bagi saya, dua objek putih tersebut terlihat seperti tumpahan cat putih.

Perkiraan saya, kedua objek putih tersebut adalah gambar satelit yang rusak.

Saya pernah membaca beberapa kasus dimana terdapat foto google earth yang rusak dan menimbulkan kesalahpahaman. Tapi memang saya tidak pernah tahu ada kasus kerusakan foto yang menyebabkan adanya objek putih seperti foto di atas. Biasanya kerusakan hanya berupa garis patah pada foto, warna yang tidak jelas, blur dan lain-lain.

Tapi bisa saja ini contoh kerusakan yang baru. Bukti lain yang membuat saya semakin yakin adalah : saya juga menemukan dua objek putih mirip di sekitar kota Klaten. Saya beri nama White Image 3 dan White Image 4. Ini kordinatnya :

White Image 3 : 7°42'42.22"S 110°36'43.58"E
White Image 4 : 7°42'36.21"S 110°36'36.87"E


Saya berusaha mengambil screen shot masing-masing image dari jarak dekat, namun sepertinya fotonya blur sehingga kalian harus puas dengan foto jarak jauh tersebut. Tapi kalian bisa mengeceknya sendiri lewat google earth lewat kordinat yang sudah saya berikan di atas.

Jika saya menyatukan keempat objek putih tersebut, maka susunannya akan menjadi sebagai berikut.


Dua objek putih yang saya temukan juga memiliki karakteristik sama, yaitu memiliki bayangan perisai medan energi yang juga dimiliki White Image 1 dan 2. Karena itu saya semakin yakin kalau objek-objek putih tersebut adalah foto yang rusak.

Tapi, ini tentu saja hanya perkiraan. Karena saya tidak mengerti cara kerja google earth menampilkan foto bumi, maka saya tidak bisa memastikannya.

Lalu, saya memutuskan untuk menggunakan cara pemecahan yang lebih akurat.

Yang saya maksud adalah dengan langsung bertanya kepada sang pembuat Google Earth, yaitu Google sendiri. Mereka mengerti seluk beluk software yang mereka buat, pasti mereka lebih mengerti soal ini.

Jadi, pada jam 11 malam kemarin. saya mengirim dua email mengenai persoalan ini. Satu kepada google earth support center, dan satu lagi kepada google earth blog, sebuah blog yang membahas seluk beluk google earth (walaupun tidak terafiliasi langsung dengan goole).

Pagi ini, ketika saya memeriksa inbox email, saya menemukan keduanya telah memberikan email balasan.

Email pertama, datang dari earth.support@google.com

Laporan saya telah diterima dengan nomor laporan #609097673. Tapi, jawaban yang diberikan sepertinya hanya merupakan jawaban standar perusahaan dan diberikan oleh sistem komputer otomatis dengan kalimat yang itu-itu saja. Namun, ada kalimat yang menarik dari jawaban itu, yaitu :

"We're aware that the imagery for some areas may appear blurry, contain cloud coverage, appear slightly discolored or out of focus. We strive to provide the clearest data possible so it's likely that better resolution data is currently unavailable from our data providers. Once it becomes available, we'll surely update our database."

Jadi, google juga menyadari adanya kemungkinan gambar rusak yang dideskripsikannya dengan kata : "blurry, contain cloud coverage, appear slightly discolored or out of focus".

Sedangkan dari Google earth blog, saya mendapatkan jawaban dari Mickey Mellen (mickey@gearthblog.com). Kali ini, yang menjawab memang manusia, bukan sistem komputer.

Ini foto Mickey Mallen. Dalam google earth blog disebutkan bahwa Mickey telah terlibat dalam google earth sejak diluncurkan pertama kali. Ia juga pendiri dari Google Earth Hacks dan Digital Earth Blog. Jadi, paling tidak Mickey cukup mengerti soal Google Earth.


Ini jawaban dari Mickey :

"My best guess that it's just a distorted image of some kind. It might be a bad reflection off of something. It's hard to say for sure..."

"Perkiraan terbaik saya, itu adalah gambar sesuatu yang terganggu, mungkin juga refleksi buruk dari sesuatu. Susah untuk mengatakannya dengan pasti..."

Ternyata Mickey juga tidak yakin. Saya kira Mickey pasti juga kebingungan karena ia menggunakan kata "some kind" dan "something" dalam sebuah kalimat singkat. Mungkin ia memang belum pernah melihat kerusakan foto yang seperti ini.

Tapi, paling tidak, perkiraan Mickey sama dengan saya, yaitu gangguan pada foto/gambar. Walaupun kita berdua tidak bisa memastikan bagaimana kedua gangguan itu bisa tercipta.

Just a theory.

(Penyebutan Nama dan Email Rizka Wibowo sudah atas seijin yang bersangkutan)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

75 comments:

  1. Selamat mlam bang enigma,tmben komen2 dpstingan sblmnya jrng dbls?he..he but i'm glad u back.bc dlu aahh!

    ReplyDelete
  2. pertamax...
    even mickey himself's not quite sure about the objects lol. but in my opinion it is not a thing, or something because if it is something surely the resident of Klaten could see the objects clearly from below and if the objects can be seen via google earth even now, it mean that they are stationary and i never heard of a stationary UFO....

    my best guess is that the object is the result of some software malfunction in google earth

    ReplyDelete
  3. mantap banget....^^ w msih mengira bahwa itu adalah UFO XD

    braw enigma, w bru nih di dunia per-blog-an,, saya minta izin ya tuk 'mengambil' beberapa artikel dari blog anda yang amat sangat menarik ini,, ya pastinya saya juga akan menyertakan link balik ke blog anda ini^^v....

    btw,saya selalu mengikuti perkembangan dari blog anda, artikel pertama yang saya baca dari blog anda adalah yang mengenai Langit biru di planet Mars sekitar bulan Oktober tahun lalu, sampai sekarang saya sudah membaca semua artikel anda....Luar Biasa!!itu ekspresi pertama saya untuk menggambarkan blog anda ini.

    Keep up the good work!!^^
    Salam blogger

    ReplyDelete
  4. Its okay brother. No problem. :)

    ReplyDelete
  5. Memang hbat bang enigma,mpe mlm2 knfirmasi k google,salut dah.Ttg ftonya,mnrt sy mmg sftwre malfnction sprti yg dktkan anonymous diats..smple aja sh lgikanya,klo emg ad obyek sbesar i2,mdia2 d indnesia psti udh hboh dan sgera mnybar brtanya..
    Google earth jg mnusia yg bt,wjar lah klo ad yg slh
    Oya, @myheart,maaf klo sy slh mnybtkan nick,mklum,ni jmpol ngtiknya ska ngwur,he..he

    ReplyDelete
  6. Sebagai salah seorang anggota Google Earth Hacks, saya bisa juga memberi sedikit masukan...gambar yang didapat yang juga ditampilkan bukan semuanya hasil satelit,kadang dari pemotretan udara menggunakan pesawat terbang yang dikonversi, dan tidak semua ditampilkan vulgar....ada gambar yang memang "sengaja" dikaburkan dengan alasan privacy,fasilitas rahasia negara,military base,bahkan kalau anda tidak setuju rumah anda ditampilkan karena takut privacy anda tertanggu anda bisa juga meminta koordinat rumah anda dikaburkan...saya pernah melihat yang seperti ini kalau tidak salah di Inggris..object berbentuk bulat terang..cuma saya lupa koordinasinya...ehmm...mungkin nanti saya posting sedikit tentang hal2 aneh yang bisa ditemui di GE...hehehehe

    ReplyDelete
  7. Betul sekali mbah ware. memang bukan semuanya satelit. saya baru tahu kalo mbah anggota google earth hacks. Pantesan suka menjelajah dunia lewat GE.

    ReplyDelete
  8. awalnya saya kurang percaya dngn nmnya ufo, alien, dan sbangsanya,, tapi, baru beberapa hari sya membuka blog ini trnyata, ada bnyk bgt isteri tentang planet luar, khidupan luar, ufo, alien dan sebangsanya,,
    ketika melihat post blog yg ini jga saya lngsung fokus mmbaca artikelnya.
    hmmff,, bg enigma, ak pengen tau.
    kmu kan sudah sering banget memposting artikel yg berhubungan dengan dunia luar, nah, apa kmu percaya dengan kehidupan luar bg?
    dengan ufo, alien, dan makhluk2 aneh lainnya??

    mkasihh

    ReplyDelete
  9. wewhehehehe...seru juga baca hasil pemeriksaan bang enigma...yah..ternyata sebagian besar menyimpulkan kalo ini adalah gangguan foto yak,padahal gw berharap ini adalah UFO,dengan warna putih mengkilat,tanpa suara dan invisible apabila diliat oleh mata manusia(ngarep mode:on)karena gw pernah nonton di youtube ttg Giant UFO by UFO Hunters, yang mendapatkan kesaksian kalo UFO yang gedenya 6x pesawat boeing 737 itu bisa menjadi tembus pandang ketka mendekat/didekati dengan psawat Boeing ituhhh....hehehehe..NOBODY KNOWS..hmmm,hayooo2, mungkin yang lain punya pendapat berbeda..share aja disini..thenkyuu!

    ReplyDelete
  10. Bagi yg belum tahu, rizka rebels ini sama dgn rizka wibowo yg mengirim email di atas.

    ReplyDelete
  11. @rob: maksud km, kehidupan di planet lain? Utk itu, saya bth bukti yg lbh konkret. Kalau soal makhluk misterius spt monste danau, tdk perlu bukti pun tetap bs diterima karena tdk bertentangan dgn sains. Tp ini cm pendapat pribadi, saya tdk mau maksain ke org lain. Setiap org blh percaya dgn apapun kan?

    ReplyDelete
  12. iyah bg, maksud sya gitu..
    atau paling tidak ufo itu benran ada ngk sih??

    =)

    ReplyDelete
  13. mantab.. skali2 post dr hsl ekspedisi ky mbah ware donk gan.. biar lbh seru.. jgn kalah sm mbah ware.. tp gw ttp angkat topi bwt lu gan.. ni blog ptama yg wajib gw buka tiap hari..

    ReplyDelete
  14. iya itu sepertinya hanya gambar yg error
    oiya enigma, udh pernah bahas stonehenge?

    ReplyDelete
  15. @Anonymous :wakakaka....siapa bilang Enigma gak pernah ekspedisi...? sering malah...aku aja kalah...cuman Enigma belum pernah gabung ekspedisi sama aku...barangkali nunggu liburan...ya kan bro...??
    Tunggu aja...entar juga Enigma ekspedisi bareng Mbah Ware, ....wakakakaka

    ReplyDelete
  16. Memg tdk terlihat seperti objek 3 dimensi. Sptnya betul kerusakan gambar.

    ReplyDelete
  17. Nice post. Cuma sepertinya sekarang tidak ada hal yang privasi lagi ya

    ReplyDelete
  18. udah dicek belum tempat yang tertutupi itu objek? itu tempat apaan? kali aja ada yg lagi ngadain fest layangan wkwkwk.

    ReplyDelete
  19. Lala said...
    nice posting...
    menarik juga...
    posting tiap hri dunk bang enigma..!

    ReplyDelete
  20. @lala: wah, belum sanggup posting tiap hari. Rencananya 2 hari sekali. Nulis itu bth waktu dan pikiran soalnya. Jd saya msh kepengen santai juga :)

    ReplyDelete
  21. Irma bilang...

    Sepertinya memang kerusakan gambar. Kalau aku bilang sih, kayak foto kena tumpahan kecil tip-ex secara nggak sengaja. XD

    ReplyDelete
  22. Boss Enigma, kan boss suka hal2 konspirasi nih... Udah pernah denger yang namanya "DANA REVOLUSI" (banyak namanya, bisa dana amanah, bisa dana soebandrio)... Ini salah satu konspirasi tertinggi di Indonesia... Beritanya simpang siur dan banyak versi, intinya sih sama... Indonesia ternyata memiliki kekayaan terpendam yang disimpan di bank2 luar negri (saking besarnya, kabarnya 1/3 uang yang berputar di dunia merupakan hak dari Indonesia). Kejadian bisa ditarik ke kerajaan2 dahulu di Nusantara yang menghibahkan harta2nya ke pemerintah dengan orang kunci Pak Soekarno sendiri. Versi lain juga menyatakan ini adalah dana Indonesia yang dirampas dari VOC...

    Berniat dibahas gak kira2? hehehehe...
    berita di bawah "mungkin" berkaitan dengan dana2 itu:

    http://www.detiknews.com/read/2010/03/04/034151/1310755/10/wow-keluarga-keraton-hibahkan-harta-karun-rp-13-t-untuk-tni?991102605

    ReplyDelete
  23. @topazo: sebenarnya, saya bukan penganut teori konspirasi. Cuma sering baca saja. Soal dana revolusi sdh pernah dibantah oleh guruh sukarno putra. Tp para penganut teori konspirasi pasti akan menganggap guruh berbohong. Hehe.

    ReplyDelete
  24. salut abis ya sama mas Enigma...

    ReplyDelete
  25. putihnya terang banget dan ga ada gradasi warnanya, terlalu polos. memang kerusakan foto.

    ReplyDelete
  26. Myheart2105 berkata...
    Q s7 ni adlah kerusakan foto:
    1. Warnax terlalu putih, bukan jg spt pantulan cahaya.
    2. Bentukx mirip2
    3. Terlalu kontras dgn ltr belakang rumah2
    4. Cb prhtkn posisi ke4 objek putih, sepertinya 2 objek yg dikiri spt proyeksi/dilatasi dari 2 objek di kanan. Q rasa mgkn ni ada hubunganx dgn pemrosesan gambar digital. Mgkn lho.
    5. Blm/gak ada laporan UFO oleh msyrkt dsana. Kalo memang UFO, knapa gak da laporan dr masyrkt? Apalagi ukuranx kan guede banggetz!

    Yap. Intix q s7 ni bukan ufo apalagi pswt alien, cm cacat foto dgital aja... ^_^

    ReplyDelete
  27. to : topazo...bro saya juga suka teori konspirasi,tp yang dana amanah blom bro,klo harta soekarno udah bosen baca dr blog yang copas ke blog doank,ga ada bukti kongkret...indonesia negara yang besar wajar klo banyak konspirasi nya,bahkan menurut saya kasus pada bank x. sekarang merupakan konspirasi yang sangat blak-blakan,menurut saya tapi karna mahasiswa yang demo ricuh dan anarkis membuat para aktor di belakang layar secara tidak langsung bersorak girang bahagia,bahkan dana 6,7 T lari kemana gak jelas ???...dengan ber alibi ke luar negeri saat pengucuran dana tersebut yang merupakan aktor penting dalam terjadi nya konpirasi ( bukan skandal ) pada bank .x. tersebut.ini hanya contoh sedikit dari sekian banyak TE-KON yang saya lihat.
    (nb)MODE ON : ngelantur

    from : N.O

    ReplyDelete
  28. bang enigma... mo tanya, mohon jwbanya... menurut bang enigma, alien itu ada ga?... trus apa ada bukti riil akan keberadaannya?...

    ReplyDelete
  29. Bukankah sdh saya jawab di komentar atas?

    ReplyDelete
  30. klo saya blng itu cuma k'rusakan kamera.

    bukti p'rtama : gambar putih itu lumayan besar dan s'perti m'layang t'tapi knapa gg ad org yg sadar. t'tapi klo benda itu ngilang dan g. earth bisa ngeliat laen lgi cerita'a

    bukti k'dua : gambar rumah" d "white image 1 & 2" tampak agak blur, tpi gambar putih'a lumayan jelas. Klo kyk gtu b'rarti cuma ad 2 k'mungkinan'a =
    1. kamera'a mank rusak.
    2. objek putih itu dket dgn satelit, t'tapi kecil s'hingga gg ad yg ngliat ap itu ..

    t'tapi sekali lgi ini cuma hipothesis doank ..

    ReplyDelete
  31. kedua benda tsb kalo menurut saya bukan UFO atau semacamny, karena apabila benda sebesar itu terbang di pemukiman pasti akan banyak berita diTV yang menayangkannya, lain cerita kalo itu UFO yang melakukan stealth, namun dapat terbaca bila difoto

    ReplyDelete
  32. bentuknya kayak pesawat digame R-TYPE

    ReplyDelete
  33. ayoo lagi dunk updatenya...!

    ReplyDelete
  34. setelah membaca semua artikel bang enigma....baru saya tahu kalo bang enigma adalah saudaranya si sherlock holmes......keren analisisnya....

    setuju???

    ReplyDelete
  35. Mantapz om...!!
    Benar-benar lugas. Maju trus Om Enigma...!

    PEACE!!!!!!!!! :D

    ReplyDelete
  36. Bro saya punya saran, untuk bacaan akhir pekan sebaiknya posting nya jgn terlalu panjang. dan jujur saya kurang suka temanya.... peace mas, hanya kasih saran untuk kemajuan blog ini, HIDUP BLOG MISTERI ENIGMA,,,,,,, :)

    ReplyDelete
  37. Kamu adl org pertama yg usul spy tulisan saya jangan panjang. Biasanya saya malah dikomplain kalo tulisan sy tdk panjang. Ada yg maunya ufo tdk usah dibhs. Ada yg bosan sama monster. Ada yg benci sama tulisan yg menyentuh sains. Ada yg mau saya posting tiap hari, ada yg mau sy posting 3 hr sekali. Bagaimana mnrt kamu, keinginan siapa yg hrs saya penuhi? :)

    ReplyDelete
  38. @Enigma, mas nyantai aja,soal gaya dan waktu penulisan blog misteri yang mulai legendaris ini,wkwkwkwk,saya usulkan sesuai dengan hati mas enigma saja, cz namanya ide,ilham n mood serta informasi datangnya juga ngga terduga,bisa kapan saja,bahkan bisa waktu lagi di toilet sekalipun :D

    ReplyDelete
  39. Bang enigma..
    mohon bahas dong tentang Rainbow Project (Amerika) yang di usung ma albert einstein...
    ide percobaan nya sih bagus menurut ane.. tapi wew gagal total gitu

    ReplyDelete
  40. apa itu Gan??
    aneh bgt??
    hoax ato beneran sich?? :D

    ReplyDelete
  41. kedua benda ini apabila dizoom sama-sama memiliki bayangan disekitarnya....

    mungkin itu hanyalah awan,,,,,awannya terlihat seperti kapal induk karena efek pareidolia,,,,

    ReplyDelete
  42. wah bener2 blog yang menarik nih,baca judul2nya aja udah penasaran ingin terus baca2.thanks bgt info2nya

    ReplyDelete
  43. @enigma ya itulah manusia saya hanya memberi saran tdk usah dituruti ,saya tdk tersinggung kok.saya juga tau susahnya ngebuat tulisan buat bacaan di blog sprti anda :).(anonymous yg komen sebelumnya)

    ReplyDelete
  44. Sama. Saya jg tdk marah atau tersinggung dgn usul. Soalnya setau saya, org yg usul adl org yg peduli dgn blog ini. Cuma karena para pembaca pnya karakter, hobby dan cara berpikir yang berbeda2, maka saya tdk mungkin menuruti keinginan satu individu saja. Jd saya rasa para pembaca hrs mau mengalah dgn pembaca lainnya. :)

    ReplyDelete
  45. paling asik baca blog beginian...ada lagi yang mirip2 ga? selain blog mbah ware tentu...

    ReplyDelete
  46. Lihat di sidebar tengah, di bagian blog misteri.

    ReplyDelete
  47. kita juga harus percaya dg Al-Qur'an yang menyatakan bahwa di langit ada hewan melata.... ini merupakan salah satu tantangan sains utk menjawab Al_Quran...
    numpang link... manusia kebal asala indonesia
    http://kipotlea.blogspot.com/2010/03/wooow.html

    ReplyDelete
  48. i'm back....gile.....ngobrol ma mickey....

    tinggal dilacak ah..kali aja identitas bang enigma terkuak...^o^

    -don quixote doflamingo -

    ReplyDelete
  49. gambar2 yg kita liat di google earth tu real-time ga? postingan ini kan ditulis tgl 4, sementara sy di tanggal 7 masih bisa liat 'objek' tsb..

    gimana?

    ReplyDelete
  50. kirain ufo beneran ampe kaget plus penasaran...

    ReplyDelete
  51. @arisu: yg real time cuma google earth yg berbayar. Kalo yg free tdk. Malah foto ini berasal dr thn 2008. Google updatenya lama.

    ReplyDelete
  52. Aku yakin itu bukan pesawat alien! Paling kerusakan gambar aja.
    Kalo memang pswt alien, kok gak ada laporan dr penduduk setempat ya? Kalo dikatakan pswt aliennya lg mode stealth, knapa bs tampak di Google Earth???

    Misteri2 spt ini mengajak kita utk berpikir logis dan positif.

    @bang Enigma: request John titor donk.

    ReplyDelete
  53. Ariel 10 said...
    Om,Om enigma tahu fenomena blue moon kan?itu lho fenomena bulan yang ada cincinya dan hanya terjadi 19 tahun sekali.Nah begini om waktu tanggal 31 Des 2009 menjelang tahun baru 2010 terjadi fenomena blue moon.Aku dan Papa mencoba memfoto dengan HP foto yang pertama sih bagus2 saja dan normal blue moon tapi foto yang kedua foto bulanya merah!!!Aku sih mau kasih fotonya om tapi... aku ndak tahu cara masukin foto ke blog ini. *_*

    ReplyDelete
  54. brother enigma,td gw liat brita globlal tv,trz ada pnemuan bunker bwah tnah d bwah toilet stasiun krta api jkarta...
    lupa lg gw nma stasiun ny..
    d prkirakan bunker tsbt tmbus k musium fatahilah,..
    gmna pndapat anda brother ?

    ReplyDelete
  55. @Ariel10 : attach saja fotonya dan email ke saya.

    @Anonymous : soal bunker, saya belum tahu. Tapi menurut saya wajar saja. soalnya disitu kan kompleks kuno peninggalan belanda.

    ReplyDelete
  56. coba bandingkan dengan foto masjid di kota makkah yaitu masjidil haram, di google earth juga tampak putih. ordinatnya 21°25'21"U 39°49'34"T

    ReplyDelete
  57. kpn nih ekspedisi? byk yg nunggu bos..

    ReplyDelete
  58. kalo menurut gw si, itu cuman error di gugel ert nya doang, lihat aja objek putihnya jaggies/pixelated gitu...

    ReplyDelete
  59. itu sih salah satu fasilitas nuklir nya LAPAN, cmn sedang terbengkalai.

    ReplyDelete
  60. bos, klo yang image 1 tuh kayak pabrik atau apa gitu. tapi seinget saya, disekitar situ ga ada pabrik yang gentengnya putih. (saya masuk sma n 1 klaten tahun 2005 dan pendapat saya diatas berdasarkan pengalaman selama 3 tahun sekolah dsana) Allahu alam

    ReplyDelete
  61. Mangsetab abis...

    Nyang paling mangsetab, karena Boss Enigma selalu berusaha kasih perspektif yang 'obyektif', tidak asal 'gumunan' dan 'sensasional' belaka...

    Dalam kasus ini beliau perlu 'menggali' informasi seakurat mungkin (sampe 'sowan' e-mail ke Ki Joko Google-nya langsung)
    Salut!

    Pesan sponsor selalu:
    Keep up t'good work, seperti yang selama ini selalu coba dijaga oleh Bang Enigma (agar orang tidak mudah termakan 'sensasi', tetapi tergugah untuk selalu 'meneliti'...)

    Pls, as always, educate us with scientific reasons (if possible), not just 'indulging' "sensationalism" opinions...

    Sukses selalu, maju jaya Boss Enigma...

    ReplyDelete
  62. gambar2 itu jam berapa diambilnya? kalo pagi, mungkin para malaikat pembawa rejeki lagi mencari manusia / sekelompok manusia yang sedang beribadah ;)

    ReplyDelete
  63. aduh maaf ya semuanya, waktu itu saya lupa mematikan "ray-shield" sepeda saya ... sekali lagi maaf :)

    ReplyDelete
  64. menurut saya sih itu bangunan dengan atap seng sehingga waktu satelit mengambil gambar ada pantulan cahaya sehingga keliatan putih...

    ReplyDelete
  65. nggak ada tuh ku udah cari di baikal lake

    ReplyDelete
  66. bang enigma, cahaya putih itu memang hasil dari pencitraan kamera yang rusak. Karena saya juga pernah melihat yang kayak gitu di daerah jogjakarta....

    ReplyDelete
  67. benerkan, ga pernah setengah2..
    sebenarnya kalo negara ini mau mempekerjakan bang enigma utuk mengupas organized crime yg tak terungkap, pasti akan ada hasil yang memuaskan.. atau setidaknya mengusut kasus2 korupsi lah..
    Salut buat bang enigma..

    ReplyDelete
  68. seep bro,keren abisss

    ReplyDelete
  69. itu alamatnya mana ya tolong di tambah kan kalau ada

    ReplyDelete
  70. Kota saya ini bang , BTW ini didaerah mana ya? Soalnya saya pernah pointing pake google earth tapi ga nemuin gambar yg kaya gini?

    ReplyDelete
  71. Itu...memang bner ada.... Bukan awan semata... Dulu pas gw kecil gw di panggil pembantu gw pagi pagi karena dia ketakutan ngeliat putih" terbang gitu.... Dan gw ngeliat sendiri gw juga ketakutan... Gw ke atas genteng ngeliatnya... Putih putih samar samar di bagian hulunya seperti lampu menyala badan nya seperti kain yang samar samar terbang lebih cpt.dari kecepatan burung merpati hanya terlihat lebih besar... Lumayan.besar... Saya masih belum tahu itu namanya apa

    ReplyDelete
  72. Coba dilihat Penampakan Tak Lazim di Google Earth tgl 24 Nov. 2014 di Bandung-Indonesia =
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=417175971769840&set=o.472515366105878&type=1

    ReplyDelete