Thursday, April 8, 2010

Fulcanelli - Alchemist yang misterius

"Salah satu kisah paling aneh yang pernah muncul dari awan misteri yang menyelimuti ilmu kuno alchemy adalah kisah yang menyangkut master modernnya, Fulcanelli"

---Kenneth Johnson, 1992---


Alchemy adalah sebuah ilmu pengetahuan kuno yang berfokus pada usaha untuk mengubah logam dasar menjadi emas (transmutasi), penelitian mengenai Elixir of Life (ramuan hidup abadi) dan pencapaian hikmat tingkat tinggi. Praktek ini telah dilakukan oleh penduduk masa purba, mulai dari Mesir, India, Mesopotamia, Eropa hingga Cina dan Jepang.


Salah satu aspek yang terpenting dari ilmu Alchemy adalah Philospher's Stone, sebuah substansi yang dipercaya mampu mengubah logam dasar menjadi emas. Substansi ini telah dicari oleh para alchemist selama ribuan tahun tanpa hasil.

Selama ini, Alchemy masih digolongkan kedalam Pseudo Science karena dianggap tidak mengikuti kaidah sains yang baku dan tidak ada bukti ilmiah yang dihasilkan. Bahkan Isaac Newton yang pernah menulis beberapa bahasan soal alchemy juga tidak berhasil memecahkan misteri Philospher's Stone atau Elixir of Life. Tentu saja, ini membuat ilmu alchemy tergantung-gantung diantara fiksi dan realita.

Namun, pada awal abad ke-20, di Paris, beredar sebuah rumor kalau di kota itu tinggal seorang alchemist yang hidup secara rahasia dan telah berhasil memecahkan rahasia kuno transmutasi, dengan kata lain, rahasia Philosopher's Stone sendiri. Alchemist ini dikenal dengan nama Fulcanelli.

Fulcanelli Muncul
Rumor ini berasal dari Eugene Leon Canseliet (1899-1982) dan sahabatnya Jean-Julien Champagne (1877-1932) yang mengaku sebagai murid langsung dari Fulcanelli. Kedua orang ini juga pendiri dari kelompok esoterik rahasia Perancis bernama Les Freres d'Heliopolis atau The Brotherhood of Heliopolis.

Eugene Canseliet

Jean-Julien Champagne

Fulcanelli yang berarti "The Fire of the Sun" disebut sebagai master yang memimpin kelompok kecil tersebut.

Menurut Canseliet, Fulcanelli adalah seorang pria yang sudah berumur, kaya raya dan memiliki pengetahuan yang luar biasa dalam seni, arsitektur dan bahasa. Ia juga disebut sebagai alchemist sejati yang telah memperoleh pengetahuan mengenai rahasia Philosopher's Stone. Namun, identitas pria misterius ini masih dirahasiakan dari anggota perkumpulan lainnya. Hanya Canseliet dan Champagne yang pernah bertemu muka dengannya.

Para anggota yang tidak pernah berjumpa dengan master alchemist ini mulai meragukan keberadaannya, sampai suatu hari, sebuah buku misterius muncul.

Buku itu muncul di Paris pada tahun 1926 dengan judul "Le Mystere des Cathedrales" atau 'The Mystery of Cathedrals" dan hanya dicetak sebanyak 300 eksemplar.

Konon, siapa saja yang membaca buku itu dengan cara yang tepat akan mengetahui rahasia transmutasi seperti mengubah timah menjadi emas. Nama pengarang yang tercantum di sampul depan buku itu hanya satu kata, Fulcanelli.

36 Ilustrasi pada buku itu dibuat oleh Jean Julien Champagne dan kata pengantarnya ditulis oleh Eugene Canseliet. Canseliet mengaku telah mengatur penerbitan buku itu atas permintaan pribadi dari Fulcanelli.

Dengan terbitnya buku ini, keraguan akan keberadaan tokoh misterius itu sirna karena buku itu mengandung tingkat intelektualitas yang luar biasa.

Buku ini berisi topik mengenai interpretasi simbol pada berbagai katedral Gothic dan bangunan lain di Eropa. Menurut isi buku ini, bangunan-bangunan Gothic tersebut menyembunyikan instruksi alchemy dalam simbol-simbol yang terukir di bangunan itu.

Walaupun topik ini sudah pernah disinggung oleh banyak penulis sebelumnya, namun tidak pernah ada orang yang menulis dengan cara yang begitu jelas dan spesifik. Dengan demikian Fulcanelli mulai menjadi pusat perhatian di kalangan para alchemist dan okultis di paris.

Pada tahun 1930, buku kedua kembali muncul. Judulnya "Les Demeures Philosophales" atau 'The Dwellings of the Philosophers". Sekali lagi, Canseliet menulis kata pengantarnya dan Champagne membuat ilustrasinya.

Canseliet mengaku kalau Fulcanelli sebenarnya juga telah membuat buku ketiga yang berjudul "Finis Gloria Mundi" atau "The End of Worldly Glory". Namun, entah mengapa, Fulcanelli memerintahkan untuk menghancurkan naskahnya sebelum diterbitkan.

Menurut Canseliet, Fulcanelli pernah memberikan kepadanya sejumlah bubuk alchemy yang disebut "powder of projection" pada tahun 1922. Dengan bubuk ini, Fulcanelli mengijinkan Canseliet mengubah empat ons timah menjadi emas.

Transmutasi
Kesaksian Canseliet mengenai kemampuan Fulcanelli mengubah logam menjadi emas diteguhkan oleh Albertus Spagyricus.

Dalam bukunya yang berjudul "The Alchemist of the Rocky Mountains", ia mengatakan kalau Fulcanelli pernah mengubah setengah pon timah menjadi emas dan mengubah empat ons perak menjadi uranium di tahun 1937.

Peristiwa transmutasi ini terjadi di Castel de Lere, dekat Borges dan disebut-sebut disaksikan oleh Pierre de Lesseps bersama dua ahli fisika, seorang ahli kimia dan seorang ahli geologi.

Albertus berkata:
"Ketika Fulcanelli menambahkan substansi tak dikenal kedalam setengah pon timah cair, timah itu berubah menjadi emas dengan berat yang sama. Fulcanelli melakukan hal yang sama dengan perak yang kemudian segera berubah menjadi Uranium. Ketika ditanya nama substansinya, ia hanya mengatakan kalau substansi itu berasal dari Ferrous Pyrite."
Tentu saja, jika peristiwa ini benar terjadi, maka tidak diragukan lagi, Fulcanelli mungkin adalah satu-satunya alchemist abad 20 yang berhasil melakukan transmutasi.

Selain kemampuannya melakukan transmutasi, Fulcanelli juga dipercaya memiliki pengetahuan yang jauh lebih maju dibanding jamannya. Kesaksian mengenai ini datang dari seorang ahli kimia yang juga jurnalis bernama Jacques Bergier.

Pertemuan dengan Jacques Bergier
Pada Juni 1937, Bergier mengaku pernah didatangi oleh seorang pria misterius yang memintanya untuk menyampaikan pesan kepada ilmuwan fisika Andre Helboner. Pria misterius itu berkata kalau ia merasa berkewajiban memperingatkan mereka akan bahaya yang bisa ditimbulkan dari usaha memanipulasi energi nuklir. Saat itu, bom atom belum tercipta. Ini berarti pria misterius tersebut memiliki pengetahuan yang belum dikenal luas di dunia sains saat itu. Bergier yakin kalau pria itu adalah Fulcanelli.

Jacques Bergier

Yang lebih aneh lagi adalah, setelah kunjungan ke Bergier, American Office for Strategic Services (Cikal bakal CIA) mulai mengadakan penelitian yang ekstensif mengenai sosok Fulcanelli hingga akhir perang dunia II. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan semua ilmuwan yang memiliki pengetahuan awal mengenai nuklir untuk mencegah pembelotan kepada pihak musuh. Tetapi Fulcanelli tidak pernah ditemukan.

Pertemuan Terakhir Canseliet dan Fulcanelli
Dalam kesaksiannya puluhan tahun kemudian, Canseliet mengaku berjumpa lagi dengan Fulcanelli pada tahun 1954 dimana ia melihat Fulcanelli tidak bertambah tua. Ini menunjukkan kalau ia juga berhasil menemukan rahasia Elixir of Life.
"Master sudah sangat tua, namun 80 tahun seperti biasa saja baginya. 30 tahun kemudian, aku kembali melihatnya dan ia terlihat seperti seseorang yang berusia 50 tahun. Ia tidak terlihat lebih tua dibandingkan saya."
Saat itu Canseliet mengadakan perjalanan ke Seville, Spanyol, dimana ia dibawa melewati jalan yang berliku-liku menuju sebuah kastil besar yang berada di antara pegunungan. Setibanya disana, ia disambut oleh Fulcanelli sendiri.

Di dalam kastil, Canseliet mengaku melihat ada wanita dan anak-anak berpakaian seperti abad pertengahan. Lalu, Fulcanelli membawanya ke sebuah laboratorium dan mengijnkannya untuk melakukan eksperimen. Setelah perjumpaan itu, ia tidak pernah bertemu dengan Fulcanelli lagi.

Sosok Fulcanelli tidak pernah muncul lagi ke permukaan. Canseliet juga mengatakan kalau tahun itu adalah tahun terakhir perjumpaannya dengan tokoh misterius itu.

Jadi, disinilah misterinya berada. Apakah Fulcanelli benar-benar ada?

Siapa Fulcanelli Sebenarnya
Sejak kemunculannya, tokoh misterius ini telah menghantui para penganut alchemy dan okultisme di seluruh dunia hingga hari ini. Identitasnya yang tersembunyi membuat Fulcanelli dikultuskan oleh banyak kelompok alchemy di seluruh dunia.

Ada teori kalau Fulcanelli sebenarnya adalah anggota terakhir keluarga kerajaan Perancis, The Valois. Keluarga ini memang sejak lama telah tertarik dengan hal-hal magis dan mistik. Walaupun seluruh keluarga ini telah dibasmi oleh raja Henri III pada tahun 1589, namun ada keturunannya yang masih bertahan hingga tahun 1615.

Ada lagi teori yang mengatakan kalau Fulcanelli adalah penjual buku okultis, Pierre Dujols. Namun, Dujols diketahui bukan seorang alchemist sejati.

Yang lain percaya kalau Fulcanelli adalah salah satu dari tiga alchemist yang hidup di Perancis saat itu yang menggunakan pseudonim Auriger, Faugerons dan Dr.Jaubert. Namun, argumen melawan teori ini cukup masuk akal. Jika Fulcanelli adalah salah seorang dari mereka, mengapa menggunakan lebih dari satu nama alias?

Lalu, sebagian lagi mencurigai Pierre de Lesseps. Lambang keluarga Lesseps adalah kuda laut. Lambang Fulcanelli yang ditemukan di buku pertamanya juga kuda laut.


Patrick Riviere, murid Canseliet, punya pendapat berbeda. Ia percaya kalau Fulcanelli adalah Jules Violle, ahli fisika terkenal Perancis.

Jules Violle
Violle adalah seorang ahli fisika yang meneliti radiasi matahari dan penyerapannya oleh atmosfer.

Lalu, sebagian lagi percaya kalau Fulcanelli adalah F Jolivet Castelot, presiden dari Alchemist's Society of France tahun 1914.
Pria ini juga merupakan anggota dari Ordo Kabalistik de la Rose-Croix yang legendaris. Kesimpulan ini diambil karena pada sampul belakang buku kedua Fulcanelli yang berjudul "Les Demeures Philosophales" terdapat lambang perisai Dom Robert Jollivet, seorang biarawan abad ke-13 yang juga mempelajari alchemy. Jadi, wajar kalau orang mengira Fulcanelli adalah keturunan langsung dari Castelot.

Yang lain, mencoba mengambil jalan tengah. Menurut mereka, Fulcanelli bukan pseudonim dari satu orang, melainkan merujuk kepada The Brotherhood of Heliopolis yang didirikan oleh Champagne dan Cansaliet.

Namun, dari semua dugaan tersebut, dugaan paling populer selalu berkisar kepada dua tokoh yang memperkenalkan Fulcanelli ke publik untuk pertama kalinya, Yaitu Canseliet dan Champagne. Kedua orang inilah yang terlibat langsung dengan buku Fulcanelli dan mengaku mengenal Fulcanelli secara pribadi.

Canseliet dan Champagne yang misterius
Apakah Canseliet adalah tokoh dibalik nama Fulcanelli?

Ada beberapa keberatan mengenai teori ini. Saat buku pertama Fulcanelli terbit, usia Canseliet masih 20an tahun. Ia dianggap masih terlalu muda untuk memperoleh pengetahuan luas mengenai subjek alchemy yang rumit. Lagipula, penelitian terhadap gaya bahasanya pada kata pengantar menunjukkan adanya perbedaan dengan gaya bahasa pada isi buku tersebut.

Karena itu, mata orangpun tertuju kepada Champagne, sang ilustrator buku Fulcanelli. saat buku itu terbit, umurya sudah 50 tahun lebih.

Penerbit buku Fulcanelli bernama Jean Schemit percaya kalau Champagne adalah Fulcanelli karena pada beberapa kesempatan Canseliet menyebut Champagne sebagai masternya. Champagne lahir tahun 1877 dan sudah mempelajari alchemy sejak usia 16 tahun. Tahun 1916. Ia bertemu Canseliet yang berusia 17 tahun dan mengangkatnya sebagai murid.

Menurut beberapa orang, Champagne pernah mengakui kepada mereka kalau ia adalah Fulcanelli. Menariknya, di buku Le Mystere des Cathedrales, ada moto yang tertulis: UBER CAMPA AGNA. Bunyi kalimat ini memiliki kesamaan fonetik dengan nama lengkap Champagne, Jean-Julien Hubert Champagne.

Argumen ini diperkuat dengan fakta kalau Champagne adalah sosok dibalik pendirian perkumpulan Freres d'Heliopolis.

Namun, ada beberapa hal yang membuat orang menolak teori ini, yaitu karakter Champagne yang sepertinya tidak sesuai dengan kriteria seorang master alchemist.

Champagne adalah seorang pembual. ia juga suka berkelakar, suka bersilat lidah dan juga sering mabuk. Jadi, wajar saja kalau ia kadang suka mengaku sebagai Fulcanelli. Ia meninggal tahun 1932 akibat infeksi yang parah. Jempol kakinya bahkan sampai lepas dengan sendirinya. Sangat tragis untuk seorang master alchemist sejati.

Sepeninggal Champagne, Eugene Canseliet terus melakukan penelitian di bidang alchemy hingga meninggal pada tahun 1982. Sebelum kematiannya, ia mengakui kalau ia gagal memecahkan rahasia Philosopher's Stone ataupun Elixir of Life.

Dengan demikian, identitas Fulcanelli yang misterius ikut terkubur bersama dengan kematiannya.

(wikipedia, cassiopaea.org, allexperts.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

163 comments:

  1. apa istilah alchemist disini sama dengan yang di harry potter 1?? yang membuat sorcere's stone itu bro??

    ReplyDelete
  2. oh iya jadi ingat dengan 9 orang misterius........

    disebutkna bahwa salah satu ilmu pengetahuan dapat mengubah logam jadi emas

    _wayo_

    ReplyDelete
  3. Istilah alchemist dimana-mana sama saja bro.

    ReplyDelete
  4. wah ....jadi ini sumber inspirasinya Full Metal Alchemist (komik Jepang)Jangan2 Fulcanelli itu Homonculus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga bro, dia mungkin van hoehem

      Delete
    2. kita cari yuk mungkin masih hidub han homonculus

      Delete
  5. pertamaxxxxxxxxxxxxx wkwkkwkwkkw fulcanelli kalaw gk salah kan juga bilang bahwa orang zaman2 kuno dulu sudah "biasa" menggunakan bom atom

    ReplyDelete
  6. halah bung robben kebawa cerita full metal alchemist.
    Dia bukan homonculust, dia si envy yang lagi nyamar (sama aja -__-)

    Misteri yang aneh

    ReplyDelete
  7. MANTAP BRO....!!!

    lanjutkan trus berkarya



    from : N.0

    ReplyDelete
  8. jadi inget sama nicholas flamel.

    ReplyDelete
  9. Thank's brother enigma...
    Ngomong2 knp ya fulcanelli tidak pernah disinggung di buku2 pelajaran kimia sekolah..haha Glory Glory

    ReplyDelete
  10. mungkin Fulcanelli belum meninggal.kan dia punya ramuan Elixir of Life.

    ReplyDelete
  11. salam bang enigma..saya syarif...kalau menurut ak segala sesuatu yang disebut pengetahuan atau science adalah efek nyata dan ada hukkum sebab akibat yang saling berkaitan..kalau alchemist itu berarti bukan termasuk dalam science atau pengetahun betul ngga...balas ya bang enigma.thanx

    ReplyDelete
  12. @Syarif: betul, karena itu alchemy masuk ke dalam pseudo science.

    ReplyDelete
  13. Dea .
    Wah , stuju bgt ma anonymous diatas , ,
    pas dea baca dari awal , langsung keingetan sama Harry Potter and The Philosopher's Stone sama Nicholas Flamel . . .
    :D

    ReplyDelete
  14. Dea .
    Ka , pseudo science tuh apa ?
    Maaf ga ngertii . .
    =)

    ReplyDelete
  15. saya skeptis dengan alchemy seperti ini :P
    kalaupun transmutasi timah ke emas itu mungkin, butuh energi yang tinggi dan peralatan canggih, bukan cuma bubuk misterius

    btw bro enigma ada rencana bahas St. Germain?

    ReplyDelete
  16. Myheart2105 berkata...waaaw...qeren..ni bakalan rame+seru lagi neyh! :D

    om Enig, q rncnax mau nulis kmen analisis postingan ini..gak tau deh, gmana hslx nanti,, q takut analisisq dbwh stndar,, gk kyk analisis mantap+qeren om Enig ma Chris,, ini aq mo cb nulis lg,, stlh momen mengharukan+tak trlupakan prhanggan yg bkin q mlayang k lngt,,waktu trplh jd kmentr pilihan d postingan SS ourang medan,,hikz ;) (lebay mode: on :p)
    q jd trmtivasi nglihat kelinchan om enig dlm mnganalisis,, trmtvasi jg sm komen2 analisis si chris yg gak kalah mantap!
    trus terang..q jg mau kyk gt om..gmana carax ya??
    @om enig: tolong bales kmenq ya..

    q mo mulai bc2 dulu deh...

    ReplyDelete
  17. memang gimana caranya ngubah logam menjadi emas???

    klo begitu mungkin fulcanelli merupakan salah satu orang terpinter yg ad d dunia

    ReplyDelete
  18. kalo dlm komik fullmetal philospher's stone ama elxir of life di buat oleh hasil transmutasi manusia yg masih hidup tapi bukan hanya satu melainkan ratusan bahkan ribuan apa mungkin bisa seperti gk om ?

    ReplyDelete
  19. Bro enigma, sekedar tambahan dari Mas Wiki :

    In 1980, he transmuted several thousand atoms of bismuth into gold at the Lawrence Berkeley Laboratory.[21] His experimental technique, using nuclear physics, was able to remove protons and neutrons from the bismuth atoms. Seaborg's technique would have been far too expensive to enable routine manufacturing of gold, but his work is the closest to the mythical Philosopher's Stone.

    So basically, percobaan untuk merubah suatu logam menjadi emas sudah pernah berhasil dilakukan :)

    ReplyDelete
  20. andre,
    ka perbedaan antara pseudo science sama fringe science itu apa?

    ReplyDelete
  21. @Dea: pseudo science itu ilmu yang seakan-akan seperti sains, tapi tidak mengikuti kaidah sains dan tidak ada bukti sains yang benar-benar nyata. yang termasuk kedalam pseudo sains (menurut orang barat lho ya) adalah alchemy, astrology, horoscop dll.

    @Fang: St German boleh juga

    @Myheart2105: Yang penting selalu melihat kepada sisi yang lain. hehe

    ReplyDelete
  22. @Idiotevil: Thanks untuk tambahannya. memang percobaan seaborg mendekati alchemy, walaupun bukan menggunakan substansi misterius.

    @Zumaidil: saya belum pernah baca komik itu. Saya kira mungkin itu hasil imajinasi dari pengarangnya.

    @Andre: Pseudo science adalah bagian dari Fringe science. Tapi menyamakan kedua istilah itu juga tidak salah.

    ReplyDelete
  23. apakah metode alchemist ini ada kesamaan dengan metode nano teknologi yang dapat merubah sifat material?
    misal : merubah plastik jadi sekeras baja (fakta)

    ReplyDelete
  24. waw
    bener2 kayak Full Metal Alchemist

    ReplyDelete
  25. @anonymous: alchemy mengubah unsur dasar logam. Jadi sy rasa beda dgn sekedar mengubah sifat material.

    ReplyDelete
  26. @zumaidil:

    yg kamu baca tu fullmetal alchemist?
    btw....saya suka pesan yg tertanam dalam komik itu tentang "harga". semakin besar yg ingin kita dapat, semakin banyak yg harus kita korbankan. tapi sepertinya kalau elixir of life didapat dari pengorbanan manusia2 hidup....wah....bisa2 banyak laporan org hilang d jaman eyang fulcanelli....

    @bang enigma: i just wonder....apa ada hubungannya sama nine unknownable man?

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  27. Bang, kl opa bnrn bsa bkn timah jd emas knp g dya patenin aj?
    Apa dya malu?apa malah itu kebohongan eugene ma jean?
    Ada bktinyakah?
    (='3'=)?

    ReplyDelete
  28. Scott berkata...

    wah...seperti nonton film sci-fi...seruuu!!!!!!!

    ReplyDelete
  29. Enigma banget,ini referensi langka, Bro ! Sip !
    The Alchemist(1993)by:Paulo Coelho.

    ReplyDelete
  30. selamat pagi, kaka Enig!
    merubah timah menjadi emas = pseudo science?
    katanya sekarang intan sudah bisa dibuat dari karbon dalam ruang bertekanan tinggi, kaka Enig. kalau benar, berarti kejadian ini dulunya dianggap "pseudo science" dong, kaka.
    kalau timah bisa jadi emas, trus cara membuatnya disebarkan, bisa rusak pasaran emas dunia.
    wah... rugi saya, kaka Enig.
    hihihi..... [ga mau rugi abis, Kaka]

    note : Kaka Enig, jangan coba-coba bikin emas dari timah ya, -BAHAYA- !
    hihihi...

    ReplyDelete
  31. di tembak juga mokad walo udah minum elixir of life.
    kan cuma hidup abadi bukan tidak bisa mati.

    betul ga?

    ReplyDelete
  32. Wah, pagi-pagi ternyata juga ada yang main ke sini...

    Interesting...kisah ini sepertinya sangat jarang ditulis dalam bahasa Indonesia, apalagi yang asli ditulis sendiri..hehe..

    Oya, sepertinya Myheart2105 mau menulis komentar analisis ya..wah, seru tuh. Saya jadi tidak sabar membacanya...

    @Myheart2105: hehe..kamu terlalu berlebihan menilai saya :)
    Saya yakin kamu pun bisa melakukannya...semangat! :)

    ReplyDelete
  33. Full Metal Alchemist khan sumbernya emang dari sini. Nama Van Hohenheim, ayah dr Edward dan Alphonse sendiri aja sebenarnya nama alchemist dr abad pertengahan.
    Kalo ngga salah sih, aslinya alchemy itu dr Arab. Ada di internet mengenai agama Islam. Lupa ada di mana, tapi saya masih ingat cderitanya. Dulu,sekitar abad pertengahan ( kalo saya nggak salah ingat abad ke- 13 ), daerah Arab memang lagi gencar2xnya memperluas ilmu pengetahuan. Salah satunya ilmu kimia. Nah, di masy. Arab, kimia ini dipanggilnya al-kimia. Karena pada masa itu pengetahuan mengenai logam- logam dan kimia masih terbatas, mereka mempelajari struktur logam dan segala sesuatu yang bersifat kimiawi. Nah, Al-kimia ini kemudian dibawa ke Eropa, mengalami perubahan nama. Al-kimia kemudian disebut sebagai alchemy. Selanjutnya, seperti yang kita tahu. :)

    Irma

    ReplyDelete
  34. @idiotevil :
    hi idiotevil...!!!

    virya

    ReplyDelete
  35. satu2ny alchemist yg saya tau cuma Nicholas Flamel :P pernah baca novel tentang hidupny soalny :D

    ReplyDelete
  36. wahwahh, jd inget fullmetal alchemist

    ReplyDelete
  37. MANTABS BANG...!!! ANE KIRIM CENDOL BUAT ABANG....
    EMANG NIH BLOG TIADA DUANYAAAAA...!!!
    KEEP POSTING..!!!!

    ReplyDelete
  38. wahwahh.. jd inget fullmetal alchemist. refrensinya dr kisah ne mgkn yaa. mas enigma tw fullmetal alchemist gag?
    hehe

    ReplyDelete
  39. Land Lord lawie said ;
    sudah lama ga nulis di blog ini,

    bung enigma tambah hebat aja, kisah sang alkemist Nicholas Flamel itu kisah nyata lo boss, di paris rumahnya pun masih ada, ada juga novel menarih mahakarya paulo cuelho tentang alkemist.

    di kisah2 arab kuno sendiri alkemist sendiri bukan hanya perubahan material, juga hal2 substansial lain lo ...

    coba cari kitab2 kuno arab tentang alkemist, lebih bagus dari yg eropa lo ...

    boss, bisa bahas tentang atlantis = asia tenggara ga ???

    thanks yoo..

    ReplyDelete
  40. tolong muat tentang cerita rakyat !
    ato jati diri tuhan.,diantara banyak tuhan,,manakah tuhan yang paling benar?

    ReplyDelete
  41. kayaknya perusahaan minyak indonesia yang namanya Per****** juga alchemist. mereka mampu merubah minyak menjadi emas. dulu lambangnya kuda laut juga.
    haha..

    ReplyDelete
  42. bro enigma.. jelasin tentang nicholas flamel juga donk yang katanya alchemist yang hidup abadi...

    ReplyDelete
  43. @wira : kalau buku yang itu sih mengulas tentang transmutasi kehendak manusia. bukan usaha merubah logam dasar menjadi emas. xixixixi....
    tapi kalau dicermati, ada juga persamaannya. yaitu:semangatnya! apabila kita mempunyai keinginan kuat, maka semesta akan berkonspirasi untuk mewujudkannya.

    ReplyDelete
  44. lala said,,,
    postingan begini nih yang aq suka,,
    tapi emang bener y kata yang lain.. jd inget tokoh nicholas flamel di kisah harry potter.
    aq tunggu postingan brikutnya..:D

    ReplyDelete
  45. @anis : Abang Enigma belum on line. mending buat ane aja cendolnya...
    Bang Enigma, cendol yang dari anis buat ane yaaa...
    anis baek kok, bang! tar dikasih cendol lagi.
    hah haaaayyyyy....!

    ReplyDelete
  46. kalau bahas nicholas flamel, jangan-jangan Voltus juga dibahas. Hoax dah jadinya. hahaha...................!

    ReplyDelete
  47. hanya satu kata...........mmmmantabbbbbbbbbb!!!!!!!!!!!!1

    ReplyDelete
  48. By:agus
    Wah, bagus bener nih, bisa bikin emas dengan menambahkan bubuk.
    padahal perubahan suatu unsur menjadi unsur yg lain merupakan perubahan yg melibatkan inti atom, artinya untuk merubah suatu unsur menjadi unsur yg lain diperlukan energi yg sangat besar. Sebesar energi nuklir.
    Dalam reaksi kimia biasa yg berubah hanyalah jumlah elektronnya disekitar inti, bukan inti atomnya.
    Ilmuwan saat ini bisa saja membuat unsur baru dari unsur yg lain tapi dengan energi yg sangat besar, menggunakan pemercepat partikel atau namanya sinkroton.
    pertanyaannya: kenapa Fulcanelli tidak mau memberikan ilmu ini?
    Karena ini merupakan ilmu yg sangat berbahaya apabila jatuh ke tangan orang yg jahat, bila uranium dapat diperoleh dengan mudah, maka dunia ini akan berada dalam ambang kehancuran.
    Demikian terimakasih.
    Bila kepanjangan tolong diedit.

    ReplyDelete
  49. kyak cerita di komik donald bebek adek gue ..yg tentang "batu filsuf" yg dpat mentransformasi logam menjadi emas...

    ..ternyata crita itu diambil dri kisah ini rupanya ..ckckckck ^_^

    ReplyDelete
  50. wah aku mau jadi alchemist biar populer kaya fulcanelli ! (ditampar)
    blog ini akan terus memuaat misteri kan? kalo menurut om (hauhaua gak tau manggilnya) enigma, kalo misteri itu terpecahkan masih menarik gak? :3

    ReplyDelete
  51. mungkin aja ilmu ini dulu benar2 ada tapi karna sangat berbahayanya mungkin alchemist jaman dulu memusnahkan sisa pengetahuan mereka bayangkan jika semua oran bisa bikin emas dari timah dan teroris bisa mendapatkan uranium dgn mudah bisa hancur dunia

    ReplyDelete
  52. kk bhs homunculus dong itu benar2 ada gk? soalnya pernah liat ada comen di blog ini yg nyebutin homunculus

    ReplyDelete
  53. @keehl: misteri yang terpecahkan, tentu saja masih menarik. Tetapi ia sudah tidak bisa dikategorikan misteri lagi.

    ReplyDelete
  54. suka bgt ama artikel yg ini..
    mantep bang!

    ReplyDelete
  55. sebenerny saya juga ingin tahu cara ngebuat emas secara alami, mungkin saja fulcanelli tahu cara pembuatan emas alami dan menemukan hal yang tidak kita ketahui, karena hal yang tidak kita ketahui bukan berarti tidak ada kan?

    ReplyDelete
  56. bung enigma , tuh buku masih ada ? kira2 bisa di download ebooknya gak?? :P siapa tau ada yg punya copy nya terus dijual/di fotokopi ?? (jadi malu , ketawan deh pengen cepet kaya)


    Jean

    ReplyDelete
  57. Jean, tentu saja Kamu bisa mencarinya di google dan mendownloadnya. Banyak kok. :) tapi isinya mungkin tidak seperti yang kamu bayangkan.

    ReplyDelete
  58. tumben si chris gak komen, apa lg ngasih ksempatan ma myheart ya bwt nganalisis??

    ReplyDelete
  59. Bro Enigma,
    sorry mau nanya dong...
    saya ada yg kurang ngerti nich hhahaha
    Di bagian atas kan ditulis Eugene Leon Canseliet dan sahabatnya Jean-Julien Champagne (murid langsung dari Fulcanelli)..

    Tapi di bagian bawah, Canseliet yang jadi murid, dan CHampagne yg jadi masternya, maksudnya itu adalah dugaaan orang orang yah bro ?...

    ReplyDelete
  60. Mery. Maksudnya, sblm bertemu fulcaneli, canseliet adl murid champagne. Setelah bertemu fulcanelli, keduanya menjadi pengikut atau murid sang master. Istilah gampangnya, sama2 belajar lagi.

    ReplyDelete
  61. bro enigma liat blog saya ya !! di http://flooradmin-myblog.blogspot.com/

    kalo bro enigma make template apa di blog ini ?

    ReplyDelete
  62. @floor blog: Template dr blogger, tapi diedit htmlnya. Ok. Ntar saya mampir ke blog kamu.

    ReplyDelete
  63. Weleh,seminggu gak baca sudah ketiggalan banyak nih........
    Baca Dulu aahh...

    ReplyDelete
  64. Afuera AlexanderApril 9, 2010 at 7:27 PM

    masa fullmetal alchemist dibawa-bawa??
    1 ngga ada hubungannya, kalo baca buku seri tokoh dunia, disitu ada juga satu scene dimana timah hitam jadi emas
    2 toh juga fullmetal alchemist itu lebih parah dari pada bikin emas, mereka bikin ancur negaranya sendiri
    3 kalo cuma buat sekedar inget doang sih, ngga apa-apa

    ReplyDelete
  65. bang, bisa bahas misteri kartu remi gak? penasaran nih. soalnya udah banyak dibahas di website lain tapi isinya sama aja. trus misterinya juga gak begitu terselesaikan. thanks anyway

    ReplyDelete
  66. "Yang lain percaya kalau Fulcanelli adalah salah satu dari tiga alkemis yang hidup di Perancis saat itu yang menggunakan pseudonim Auriger, Faugerons dan Dr.Jaubert. Namun, argumen melawan teori ini cukup masuk akal. mengapa harus menggunakan lebih dari satu nama alias?"
    Ada kata kata yang salah mas

    ReplyDelete
  67. Myheart2105 berkata...

    Om Enig, ini analisisq,,kalo jelek jgn dktwain ya..

    Aq bikin poin2 aja ya:

    1. Alchemy klhtnx adlh ilmu yg tdk nyata,,krn tdk bs dbuktikan kbnaranx scr ilmiah atwpun akal sehat. Cb liat ruang lgkup alchemy, brkutat pd ngubah logam dasar jd emas dan pnelitian ttg ramuan abadi (elixir of life). Q brtnya: apakah hdp ini bisa abadi? Tidak mati-mati? Kykx gak deh, krn gak masuk akal, gk sesuai ma knyataan sbenarx. Setiap manusia pasti mati.
    So, jk alchemy ini sj tdk nyata, gmana si fulcanelli bs nyata jg? Apkah dia lbh suka brkhayal?

    2. Kalo soal ngubah logam jd emas,, (q prnh bc tp lp dimana :p),,kalo gk slh, itu prlu tknologi tnggi buat mengubah susunan elektron atom2 logam agar jd susunan elektron atom2 emas,, tp proses ini rumit, krn kalo gk slh katax akn trlepas energi yg luar biasa yg bs stara dgn bom atom! Wow..gk kbyg dh,,.. eh, sprtix udh ada yg njelasin ini ya? Oya si agus di ats..
    Kalo si fulcanelli malah cm ngasih serbuk ajaib aja utk ngubah logam jd emas. Kykx gak mgkn bngtz. Kyk cerita film doraemon ato harpot sj..hehe..

    3. Kykx pikiran qt DIGIRING ato apo ya tepatx? Dimanipulasi mgkn? Utk mmprcayai bhwa si fulcanelli benar2 ada. Tp apa bkti yg mneguhkan kbradaan fulcanelli??? Stlh q pkr2 (semalaman..hehe) kykx gak da deh, krn:

    1.Cb pikir dr siapa info ttg kbradaan fulcanelli itu brasal? Dari 2 org yg mngaku prnh mlht dan brkontak dgnx yaitu si Champagne n si Canseliet. Mrka mngaku fulcanelli adlh guru mrka. Gak da bkti2 myakinkan ttg kbradaan fulcanelli. Lagian dlm postingan om Enig dbilang: 'Hanya Canseliet dan Champagne yg prnh brtemu muka dgnnya'

    2. Bhkn anggota2 Brotherhood of Heliopolis pun gk tahu ato gk prnh liat si fulcanelli..aneh jg kan? Apkah bgtu misteriusx si fulcanelli ini bhkan smpai2 klmpk rahasia ini gk kenal masterx sndiri, n bhkan meragukan kbradaanx?? Ini aneh bngtz..

    Brsmbg..

    ReplyDelete
  68. Smbungan...

    3. Q nemu keanehan pd prnyataan ini, yg brusaha 'menipu' pikiran pmbaca, q copy aja, yg ini:

    ''Konon, siapa saja yang membaca buku itu dengan cara yang tepat akan mengetahui rahasia transmutasi seperti mengubah timah menjadi emas. Nama pengarang
    yang tercantum di sampul depan buku itu hanya satu kata, Fulcanelli.
    36 Ilustrasi pada buku itu dibuat oleh Jean Julien Champagne dan kata pengantarnya ditulis oleh Eugene Canseliet. Canseliet mengaku telah mengatur penerbitan
    buku itu atas permintaan pribadi dari Fulcanelli.
    Dengan terbitnya buku ini, keraguan akan
    keberadaan tokoh
    misterius itu sirna karena buku itu mengandung tingkat intelektualitas yang luar biasa.''

    Pertanyaanq (cielah,, niru2 gayax chris..hehe.. :p)

    1. KONON?? kalo gt crta gak pasti dukz,, bs ja cm bohongan..
    2. Apkah dah ada yg brhsl 'mmbca bku itu dgn cr yg tpat' shg brhsl mlakukan transmutasi? Kok kykx gak ada yach,, kalo ada, psti dah heboh tuch! Kalo ada, psti ada infox, wlwpun awlx rhs, tp lma2 kan bs trungkap jg..

    3. Kok bs ya, org yg bkin ilustrasi n bikin kt pngantr (Champagne n Canseliet) buku itu, bhkan gak bs juga buat logam jd emas? Apa mreka bodoh? Hehe..kan aneh tuch..

    4. Keraguan akan fulcanelli SIRNA krn adax buku itu??
    Bs aja kan bk itu cm rkayasa si Champagne n Canseliet.

    5.''...karena buku itu mengandung tingkat intelektualitas yg luar biasa.''
    Q ykn ni klaim yg mmpengaruhi opini pmbaca! Dari mana tau/apa dasar mgtkan buku itu mngandung INTELEKTUALITAS yg tnggi???
    Kalo klaim ini bnar,, tntulah bnyk ilmuwan yg akan mnjdikan buku ini sbg rujukan,, tp kok ilmuwan2 pd gak ngelirik ni buku?? Kan aneh bngtz...

    6. Dibilang buku itu mngenai intrpretasi smbol di katedral gotik yg mnymbunyikan instruksi2 alchemy...
    Tp klaim ni q pkir gak bs dianggap bnar,,krn brarti ni dah ada konspirasi bsar mnymbunyikan alchemy, bhkn smpai k simbol2 greja. Brarti stdkx pd era sblmx transmutasi sdh BISA dilakukan oleh org lain, sblum fulcanelli, krn pnymbunyian instruksi2 alchemy itu di greja2 n bngunan lain d sluruh Eropa, akan MELIBATKAN bnyak orang. Smkn bnyk yg trlbt, kmgknan yg tau ttg transmutasi tu mkn bsar,, (bnar gak ya?)
    Lah, ini knyataanx yg trknal k publik (itupun scr misterius) cm fulcanelli. Lah kan sharusx ahli alchemy yg mngtahui transmutasi jg ada rumorx,,kok ini tidak?? Aneh kan?

    7. Trdpt crita tmbhan ttg buku kdua n ktiga si fulcanelli yg keduax jg brsumbr cuma dari si Champagne n Canseliet.


    Brsmbung...

    ReplyDelete
  69. ...sengaja nyari trakhiran...heheheee...
    mo komen ni bro...

    Anonymous said...

    tolong muat tentang cerita rakyat !
    ato jati diri tuhan.,diantara banyak tuhan,,manakah tuhan yang paling benar?
    April 9, 2010 10:40 AM

    ...mohon maaf, klo boleh mewakili...
    setau ane, sains blm pernah bs sejalan sm "religi" ; mgk contoh yg plg gampang adl asal-usul manusia...
    sains bilang dgn banyak teori, trmasuk asamamino ; tp religi bilang Nabi Adam...titik...
    blom lagi se-abreg hal2 yg laen...lagian jg ane yakin, bro En g bakal posting coz ini bukan blog religi...(au deh klo bro En brubah pikiran...heheheeee....)
    klo ttg posting...hmmm....full metal, nichls flamel, donal bebek, cendol...(lah, g nyambung...) ...nambahin satu...Raja Midas...heheheee....

    ReplyDelete
  70. Memang benar aw3eng. You know me well.

    ReplyDelete
  71. Smbungan...

    8. Canseliet bilang kalo dia prnh dberi bubuk 'ajaib' yg bs ngubah timah jd emas. Tp lgi2 ini gak da bukti, atau saksi2 lain. So, ksaksianx gak kuat, gak bisa lgsg dprcaya.

    9. 'Ksaksian Canseliet ttg kemampuan Fulcanelli mengubah logam jd emas dteguhkan oleh Albertus Spagyricus.'

    Ni yg q suka..(q ngamati chris memanfaatkn google scr maximal :D)
    Q google jg. Ktik keyword 'albertus spagyricus', bnyk hsl yg muncul, plg atas adlh wikipedia. Tp d wikipdia gk da tuh disinggung ttg transmutation atw fulcanelli. Q jg googling wbsite yg lain,, q nemukan kalo Albertus nulis buku The Alchemist's Handbook, dkeluarkan dbwh Paracelsus Research Society, gak da tuh disinggung ttg transmutation n fulcanelli...ni linkx: www.weiserantiquarian.com/cgi-bin/wab455/32579
    Emang bner sih si Albertus nulis buku The Alchemist of the rocky mountain, q nemu dsini: www.fieldsbooks.com/cgi-bin/fields/10639.html
    Tp q gak nemuin dskripsi ttg transmutation atw fulcanelli. Kan dua ini hal yg pntg bngtz?? Koq gak da dskripsix??
    Q jg gugling utk download/bc online bukux si Albertus ini, tp gak ktemu,, di Google books jg gak da preview-nya..jd gak/belum da bukti2 fisikx,, cm klaim sj, bhwa si Albrtus mgtkn dlm bukux bhwa dia prnh liat fulcanelli ngubah stgh pon timah jd emas.. Shg,, crita ttg peristiwa itu dliat oleh saksi lain, si Pierre de Lessep brsma 2 ahli fsika n 1 ahli kimia, tdk bs lgsg dprcaya, krn bs aja cerita fktif aja.
    Lgpula si Albertus Spagyricus ini, adlh Paracelsus Research Society yg sprtix tdk brhubungan dgn transmutation (ngubah logam jd emas) ato bhkn dgn elixir of life, n bhkan jg gak nyinggung2 soal fulcanelli..q bc ini dr wikipedia n bbrp wbsite lain. Jd kykx itu cm crta fiktif aja kalo si albertus ngliat fulcanelli.

    Bersambung k bgn trakhir... (fiuh,, kelar jg :D)

    ReplyDelete
  72. wih, gw kira alchemist itu boongan, ternyata beneran ada ya. nice post bro.

    ReplyDelete
  73. Myheart2105 berkata...

    fiuh~ ...ni yg trakhir:

    10. Brikutx ada crita tmbhan ttg prtemuan Canseliet dgn fulcanelli, di sbtah kstil d spanyol.
    Sumbernya?? Lagi2 klaim si Canseliet,,gak da bukti..


    Dari poin2 di atas (yg amburadul nomor2x..hehe :p) Q mnyimpulkn bhwa fulcanelli adlah TOKOH FIKTIF. maav jk da yg salah,, maklum msh pemula,,hehe.. :p

    @om enig: ksh kmentar dunks...q pasrah deh,,

    ReplyDelete
  74. Hoho. Aq Aji mw ikud kmen dikid.
    sebenarx mrbh timah jd logam mulia kea emas bsa aja. Asal qt bsa ngvtak ngatik konf elektronnya. N bner yg dktain d ats low utk mlepaskan proton, bth energy yg luar byasa bsar. Bhkn menghsilkan bom atom. Tpi, low bom atom ndri brasal dri gol Aktinida klo g Lantanida yg notabene material yg ckup mmliki nmr atom yg bsar.
    Kmbli lg k timah, selain pke energy yg bsar, jga dbthkan suhu n tkanan yg ckup bwt merubahx jd emas.
    N menanggapi masalah manusia yg bsa mti ato g, Allah SWT emg uda brfrman, Kullu nafsin daiqotul maut. Tp, g mntp kmgknan seseorg bs hdp mpe hri kiamat. Kn Allah yg ngatur sgalanya. Bner g?
    Reply y Bang Enigma. Thx

    ReplyDelete
  75. @myheart: knp mst fiktif? knpg branggapan aja klo dia itu "membuat karakter dibalik karakter"...
    @bro En : nope bro, just seeing (maksude baca sekian banyak postingan anda...heheheee...)
    coz seeing makes believing...(iklan g sih?? klo iya diedit ajah... ^_^m)

    ReplyDelete
  76. @Myheart2105: Betul, memang bisa dibilang seperti itu. Keberadaan Fulcanelli hanya dipercaya di kalangan Alchemist atau kelompok esoteris lainnya. dengan kata lain, hanya ada saksi, tapi tidak ada bukti adanya elixir of life atau philosopher's stone. Dengan demikian, keberadaan Fulcanelli wajar kalau diragukan. Tapi ini yang membuat semakin penasaran. Benarkah Fulcanelli tokoh fiktif?atau Alchemy hanya sebuah pseudo science?

    @Aji:Setuju!

    ReplyDelete
  77. @aw3ng: ("...klo ttg posting...hmmm....full metal, nichls flamel, donal bebek, cendol...(lah, g nyambung...) ...nambahin satu...Raja Midas...heheheee....")

    hihihihi.....walaupun kadang ga nyambung, yang penting kita-kita BETAH di blog enigma.

    oh, iya lupa menyapa awe3ng.
    Hi, Awe3ng...!

    ReplyDelete
  78. hmmmm..... misterius...

    ReplyDelete
  79. Myheart2105 berkata...
    oya om trnyata msh da yg ktinggalan...

    Diceritakan bhwa seorang ahli kmia, Jacques Bergier, mberikan ksaksian bhwa fulcanelli mmpunyai pngtahuan yg lbh mju dbndg jamanx.
    Apa alasan mngatakan ini? Apkah krn Jacques mndpt knjungan seorang yg misterius yg mmprngtkn tntg bom atom?
    Bisa aja khan org misterius tu org lain?? Tp kalo mslx bnar,, q rasa pngetahuan teoritis ttg bom atom pd thn 1937 sdh dikenal. Albert Einstein, Enrico Fermi, Otto Hahn, Lisé Meitner, adlh ilmuwan yg sdh mngenal teori bom atom. Experimentx thn 1938, tp q ykn pngetahuan ttg bom atom sdh diplajari brtahun2 sblm itu..q bc dr bbrp website, trutama yg ni:
    www.3rd1000.com/nuclear/cruc18.htm
    So, org msterius yg mdatangi Bergier itu bs siapa sj kan? Tp, ini dihbung2kan dgn fulcanelli..


    @aw3ng: karakter d blk karakter?? brarti ada 2 krakter yg brbda dlm 1 org yg sm dunks? kalo gt,, kan tetep aja, fulcanelli itu sbnrx gak ada,,maxudq fulcanelli si alchemist yg msterius,,yg bs ngubh logam jd emas n brhsl bkin elixir of life,, knapa?? krn pd khdpn nyata,, kykx gk ada org yg memerankn fulcanelli yg bs ngubh lgam jd emas ato yg kliatan pnjg umur,, tnpa ada tnda2 penuaan yg brarti,, kalo ada wah pasti hbohkan?? krn psti ciri2 kyk gn bs teramati oleh publik..tp knyataanx gak da kan?? rmorx jg gak,, yg ada publik cm nebak2: 'siapa ya kira2 si fulcanelli ini' n kmdn muncullah teori2 yg mnrtq gk memuaskan...hehe...

    oya, ttg elixir of life, om enig blg 'ramuan hidup abadi' khan?? kalo mnurut aq seyh,, 'hidup abadi' ma 'brumur pnjang' itu artix BEDA,, kalo abadi artix gk mati2,, (kyk Tuhan aja,, hehe..) kalo 'brumur pnjg' itu ya usiax panjaaang bngtz,, tp ttap ja bs mati,,

    kalo aq sih ykin kalo fulcanelli yg bs transmutation n bs bikin elixir of life tu gak ada. Kykx ini cm cerita PENYEMANGAT bwt para pnggemar ato anggota prkmpulan alchemy biar mreka tdk PUTUS ASA, biar gak pesimis, biar GAK NINGGALIN ALCHEMY,, krn trmotivasi n pnasaran oleh tokoh yg namax fulcanelli...

    q prnh bc ttg pnjg umur,, scr ilmiah,, tp pnjg n ribet bngtz pnjlasnx..pokokx da hubunganx ma fktor gnetik,,radikal bebas,, teori2 biokimia de el el,, tp ksimpulan aq itu multifaktor,, bukan krn CUMA minum 'ramuan ajaib' lalu..sim salabim..brumur pnjg! haha...kyk film doraemon dunkz...
    1 lg,, klo gt, fulcanelli sbg seorng alchemist kan slalu brhbngan ma logam, kmgkn bsar pasti bs trpapar ma radioaktif,, nah kn itu bkanx bs bkin cpet mati? mgkn krn kanker??
    baidewei, ni cm opini aq aja

    ReplyDelete
  80. Myheart2105 berkata...
    om q mo mnanggapi kmenx om,, om blg ''dngn kata lain, hanya ada saksi, tp tidak adanya elixir of life atau philosopher's stone.''

    syapa yg om maxud dgn sksix? Champagne n Canseliet?? kalo aq seyh gak ykin mreka itu saksi, q ykn mreka itu cm mengaku2 sj mnyksikan prtmuanx dgn fulcanelli,, lah rumor ttg si fulcanelli asalx kan dr mreka...

    ato pierre de lessep? stlh q gugling, q gak nemu 1 pun info ttg pierre de lessep,, kalo bneran ada, gak dirkayasa namax,, q ykn bngtz psti stdkx ada yg mngulas ttg pierre de lessep dari sudut pndg yg brbeda,, krn kbradaan dia khan pntg dlm rumor si fulcanelli, yaitu sbg saksi slain Champagne n Canseliet...

    tp kdang2 kt mmg btuh msteri btw rfreshing..hehe.. ^_^/~

    ReplyDelete
  81. By:Agus
    Tuk Aji, Untuk merubah timah menjadi emas yg perlu dirubah bukan hanya konfigurasi elektronnya melainkan proton dan neutronnya yg terletak di inti atom. Yg dilakukan dengan menembakkan material atomik misalnya sinar alfa(muatan +, mungkin proton) yg dipercepat dengan alat pemercepat partikel sehingga kecepatannya mendekati kecepatan cahaya. Sehingga tumbukan antara partikel alfa dengan inti atom akan merubah inti sehingga terbentuk inti yg baru dan atom yg baru.
    kalau merubah konfigurasi elektron saja maka yg dihasilkan adalah ion2. sedangkan unsurnya tetap.

    ReplyDelete
  82. keren Om
    hahaha, gw newbie di comment nie, salam

    ReplyDelete
  83. By:Agus
    Nambahin,
    Setuju dengan Myheart2105
    cuma ada saksi tidak ada barang bukti, dan semua percobaan2 juga tidak ada yg dimuka umum, maka kesimpulannya, itu adalah sebuah kebohongan.
    Minta pendapat soal website "wakeupproject.com" disana diulas jawaban berbagai misteri di blog ini dengan video berseri.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  84. Rha..

    Good job,ka Enigma!!

    ReplyDelete
  85. kalo kuliah ngambil jurusan Alchemy, ntar gelarnya S.Pseu-Si. (Sarjana Pseudo sains) dunk hehe..

    ReplyDelete
  86. teyus klo yang ktna diaer laut ada emasnay gemana??

    justru nilai berhaganya barang kan dari seberapa langkanya barabg tsb. lagian kalo tuh ilmuwam ditangkep ma org macem hiter gemana?

    ReplyDelete
  87. ini orang yang suka dituduh sebagai penyihir abad pertengahan itu ya!?

    ReplyDelete
  88. alkimia lebih menarik lagi dalam pembahasan dan brown di racikan terbarunya,-the lost symbol-berbarengan dengan ilmu noetic. ilmu noetic yang sangat luar biasa maju. hingga akhirnya secara jelas menyimpulkan penghitungan kuantitatif jiwa kala seseorang meninggal, hanya saya jiwa belum diketahui kemana perginya..!

    alchemy juga racikan dasar ilmuwan arab!

    therefore very great blog!i am really fond of reading yours!

    ReplyDelete
  89. @Myheart2105: bravo Myheart2105! Kamu menganalisis dengan sepenuh hati :)
    Ternyata kamu juga bisa kan? Siapa saja bisa, kalau mau melakukannya sepenuh hati...

    Secara umum saya pribadi setuju dengan argumen-argumen kamu. Bahkan ada beberapa poin yang tidak sempat terpikirkan oleh saya..hehe..

    Saya hanya mau menekankan beberapa poin:

    1. Sumber cerita: dari Champagne dan Canseliet. Keterbatasan jumlah sumber membuat kita tidak bisa meng-cross check kebenaran ceritanya...Sehingga tidak ada yang bisa memastikan, dan membuat cerita ini masuk dalam kategori 'meragukan'.

    2. Saksi-saksi.
    Setidaknya saya mencermati ada beberapa orang, yaitu orang-orang yang diklaim bertatap muka langsung dengan Fulcanelli: Champagne, Canseliet, Pierre de Lessep, Albertus Spagyricus, 2 orang ahli fisika tak dikenal, 1 orang ahli kimia tak dikenal, dan orang-orang di kastil tempat kediaman Fulcanelli di Spanyol. Ada pun Jacques Bergier tidak bisa digolongkan sebagai saksi, karena berdasarkan cerita, dia hanya diduga bertemu dengan Fulcanelli.
    Champagne dan Canseliet, tidak bisa dipastikan sebagai saksi yang sebenarnya, mereka hanya diduga sebagai saksi, sebab tidak ada bukti konkret yang menyatakan mereka sebagai saksi, tak ada pengakuan dari orang lain. Sebab jika ternyata Fulcanelli hanya tokoh fiktif saja, maka kesaksian mereka tertolak. Di samping itu, kita tidak bisa percaya begitu saja status mereka benar-benar sebagai saksi, karena merekalah sumber rumor tentang Fulcanelli berasal.
    Pierre de Lessep, tidak ada yang bisa mengkonfirmasi identitasnya dan kesertaannya melihat Fulcanelli melakukan transmutasi di Castel de Lere. Begitu juga dengan 2 ahli fisika dan 1 ahli kimia tak dikenal, kita juga tidak bisa meng-cross checknya dengan Pierre de Lessep, atau pun mengkonfirmasi identitas dan kehadiran mereka di Castel de Lere. Satu-satunya yang 'diharapkan' informasinya adalah orang yang menceritakan peristiwa di Castel de Lere ini. Siapa dia? Berdasarkan tulisan Mr. Enigma, dia adalah Albertus Spagyricus. Siapa dia? Myheart2105 menemukan bahwa dia adalah ketua Paracelcus Research Society (wikipedia) dan sepertinya memang Albertus Spagyricus tidak berhubungan dengan transmutasi atau pun Fulcanelli. Tapi, mari kita pikirkan kemungkinan yang lain: bisa saja kan ada upaya 'konspirasi' menyembunyikan kenyataan yang sebenarnya agar rahasia Fulcanelli tidak terbuka. Ya, bisa saja dan anggaplah begitu. Dengan jawaban ini, akan menimbulkan banyak pertanyaan baru yang sepertinya tak berjawaban, misal: 'siapa yang melakukan konspirasi itu?'

    (Bersambung)

    ReplyDelete
  90. (Sambungan...part 2)

    Mari kita tinggalkan polemik itu dengan menganggap apa yang ditulis Albertus benar, fulcanelli melakukan transmutasi di Castel de Lere di hadapan beberapa orang seperti yang ditulisnya. Pertanyaannya: bisakah kita mengkonfirmasi ceritanya? Saya rasa dia tidak mempunyai foto peristiwa itu, padahal pada sekitar tahun itu sudah ada teknik foto, walau pun sepertinya masih sederhana dan kurang praktis. Seharusnya jika Albertus berniat menulis buku yang bagus, dia seharusnya menyediakan foto peristiwa transmutasi di Castel de Lere itu, agar publik dan ilmuwan tidak memandang skeptik pada pengakuannya dalam bukunya itu. Kecuali ia lebih suka orang-orang memandang skeptis pada bukunya...
    Nah, ini cukup kontradiktif bukan jika kita menerima begitu saja pengakuan Albertus tentang kejadian di Castel de Lere, sementara informasi yang tersedia berbicara lain?
    Hmm..sejauh ini, memang tidak ada yang pantas disebut sebagai saksi yang sebenarnya.

    3. Tidak ada barang bukti? Berdasarkan tulisan Mr.Enigma seharusnya ADA! Coba perhatikan kembali dengan tulisan di atas dengan cermat:

    ''Menurut Canseliet, Fulcanelli pernah memberikan kepadanya sejumlah bubuk alchemy yang disebut "powder of projection" pada tahun 1922. Dengan bubuk ini, Fulcanelli mengijinkan Canseliet mengubah empat ons timah menjadi emas.''

    Mari kita abaikan dulu siapa yang menceritakan informasi ini pada awalnya, konfirmasinya, dsb. Anggaplah ini memang benar. Pertanyaannya:
    1. Di mana bubuk ini sekarang?
    2. Apakah bubuk ini dipakai semuanya oleh Canseliet untuk mengubah empat ons timah menjadi emas?
    3. Mengapa dia tidak menyisakan sedikit saja untuk diteliti?
    4. Mengapa Canseliet tidak pernah berhasil mengungkap rahasia bubuk misterius itu? Artinya, Canseliet tidak pernah bisa mengubah logam menjadi emas, mengapa?
    5. Mengapa tidak terdengar ada ilmuwan yang kelihatan 'aware' atau antusias terhadap fakta ini??
    6. Mengapa tidak terdengar ada orang yang berusaha menemukan 'bubuk ajaib' ini dari Canseliet?
    7. Bla..bla..bla..pertanyaan yang lain bisa muncul bertubi-tubi..

    Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah sekedar membantu memahami apa yang seharusnya terjadi dan realitas keanehan klaim itu JIKA klaim yang saya kutip itu adalah FAKTA.
    Dari sana jelas tergambar hampir tidak mungkin itu fakta.(98 persen..hehe) Klaim itu adalah sepertinya hanya fiktif saja.

    4. Subjek Alchemy: transmutasi dan elixir of life. Transmutasi berdasarkan sains modern dimungkinkan. Bro Agus sudah menerangkannya. Menurut pengakuan Albertus Spagyricus, Fulcanelli menambahkan substansi tak dikenal ke dalam 1/2 pon timah cair kemudian dengan massa yang sama, semua timah cair menjadi emas. Ada hal yang janggal, yang tertolak mentah-mentah oleh sains, yang menjadikan peristiwa ini seperti 'dongeng/sihir':
    1. Peristiwa transmutasi melepaskan energi yang luar biasa, radiasi yang luar biasa, memerlukan alat akselarator dan pelindung radiasi yang canggih, bukan seperti 'membuat adonan kue' hehe.. :)
    2. Peristiwa transmutasi akan mengubah konfigurasi elektron, dan jumlah proton pada inti atom, dimana jumlah proton berbanding lurus dengan massa atom. Jika demikian, terjadi perubahan massa timah sesudah transmutasi, karena jumlah proton atom emas berbeda dengan timah.

    Mengenai elixir of life, saya sepedapat dengan Myheart. Jika yang dimaksud 'hidup abadi' adalah tidak mati, maka tidak ada manusia yang tidak mati. Jika yang dimaksud adalah berumur panjang, maka itu adalah kombinasi dari berbagai faktor: gizi yang baik, imunitas yang baik, keselamatan kerja, terhindar dari segala faktor predisposisi penyakit, tidak stress, terhindar dari radiasi, oksidan/radikal bebas, kesehatan psikis yang baik, aktivitas otak dan mental yang baik dan sebagainya.

    Untuk poin yang lain seperti tentang Jacques Bergier, mengapa tidak berlaku 'karakter di balik karakter', dsb, saya setuju dengan Myheart2105.

    Dari hal-hal di atas, saya cenderung berpendapat yang sama, bahwa Fulcanelli tidak pernah ada.

    ReplyDelete
  91. @agus. Thx ud ngngtin. Aq dkid lp gr2 ngbhs elektrnx doank. Aq mpe lpa ma proton n neutronx. Thx bgt.
    @ mas enigma, bhs ttg daerah Abbys donk yg bnyak ikan2 anehnya. Hehe.

    ReplyDelete
  92. Om enig analisis si chris dong..wkwkwk...bisa gak??

    From: myheart2105

    ReplyDelete
  93. Waduh pusing ane bacanya...he"...banyak konklusi" yang berbeda"...sulit emang memecahkan misteri itu ya...he"...mending minta jawabannya ntar aja ah di akhirat ke Allah kalo ane mau masuk surga..Amien..he".

    Karena pada dsarnya manusia memliki akal, perasaan dan pikiran. Oleh karena itu,maka manusia memliki keingintahuan yang lebih besar dibanding makhluk lainnya bahkan cenderung tidak pernah puas akan sebuah jawaban...apalagi masalah misteri...kalo tidak ada bukti atau sangkut paut yang logis terhadap misteri yang sedang dipecahkan maka sulit bagi kita untuk menelisiknya...apalagi banyak miss link-nya dengan kata lain kurang informasi yang menyangkut misteri itu...wah tambah puyeng yang mecahin :D...kita bisa mecahin sesuatu kan karena banyaknya informasi yang menyangkut apa yang akan kita pecahin itu...

    kalo menurutku soal merubah timah menjadi emas, kemungkinan bisa saja..karena alam ini masih menyimpan misteri yang belum terpecahkan saat ini termasuk mengenai perlogaman atau apalah kaga ngerti :)...teknologi manusia saat ini mungkin tidak bisa membuat timah jadi logam emas tapi mungkin beberapa tahun lagi atau kapanlah ntah manusia bisa mencapainya...sapa tau!!!

    kalo untuk menelisik kebenaran mr. fulcanelli ane kaga ngerti...komeng" diatas analisisnya dah keren" tuh....soalnya dalam menceritakan sesuatu kadang orang" menambah"kan sesuatu yang wah biar ceritanya makin seru atau didengar orang...yang penting dapet perhatian...ya mungkin misteri tentang kebenaran mr. fulcanelli juga seperti itu banyak cerita" tambahan yang dibumbui agar ceritanya menarik atau mungkin juga hanya sekedar cerita yang dibuat" bagi para alchemist oleh yang ngaku muridnya si mr. fulcanelli itu.sapa tau!!!

    Fuih...kaga ngerti ah..he"...baca aja ane mah..

    yang penting brother enigma terus memecahkan misteri dengan sisi lainya..he"..BRAVO

    ReplyDelete
  94. Mengenai logam dasar yang diubah menjadi emas. itu juga pernah ada dalam cerita Leonardo Da Vinci, Ketika Da Vinci berda di istana Keluarga Il Moro(medici) seseorang tukang sulap emas datang ke istana tersebut dan melakukan praktik membuat emas dari logam dasar berupa tongkat, namun setelah Leonardo Da vinci, mengamati hal tersebut, leonardo menemukan kejanggalan bahwa tonggkat tersebut memiliki sumbat dan ketika di celupkan kedalam larutan(plumbum) si tukang sulap, otomatis sumbat tersebut akan mencair dan emas didalamnya akan mengalir. Jadi menurut saya Ilmu Alchemist hanya teori dari orang-orang Midle Age yang mepercayai ilmu sihir yang di Intrikskan dalam pengetahuan.

    :D, baru belajar comment.........

    ReplyDelete
  95. mantap om...!

    lama tidak akses lagi ke blog ini saya jadi ktinggalan banyak informasih nie..! tapi its oke om sdh saya baca semuanya.

    BTW I'm back :D

    PEACE!!!!!!!!! :D

    ReplyDelete
  96. Anonymous said...
    Om enig analisis si chris dong..wkwkwk...bisa gak??
    From: myheart2105


    Hmm..kamu pasti bukan Myheart2105, hehe..

    Myheart2105 selalu mengawali komentarnya dengan 'Myheart2105 berkata...', pakai huruf M besar, bukan 'myheart2105', tidak pernah menyebut kata 'dong' tapi 'dunks', dan feeling saya bilang cara bicara kamu beda dengan Myheart2105...

    Hehe..mengapa harus memakai identitas orang lain kalau mau tahu tentang saya? Hehe...

    ReplyDelete
  97. Myheart2105 berkata...

    alamakjaaaank...q melayang..bagaikan...terbang ke awaaan...(UNGU: melayang :D) huehehehe...trims Chris! ^O^

    Q ngerjain smua ni krn trmotivasi, pengen bngtz bs nganalisis kyk om enig n kyk kamu..makax analisisq br jd sehari kmdn,,soalx q mikir dulu seharian..hwehehehe...thx ya utk apresiasix,, q gk nyangka kalo km jg s7 ma pndapt aq...hikz T_T..
    wlwpun bgtu analisisq blm sbgus km n om enig,, q gak kpikiran ttg bubuk ajaib yg sm Canseliet itu..iya ya, itu kn bs jd brg buktix kalo mmg crtax bnar..hehe..q msti bnyk blajar lg..

    ReplyDelete
  98. nina.
    om enigma, sy penasaran mati suri itu sebenernya apa sih? lain kesempatan tolong dibahas om ya.
    thanks before.
    ^^,

    ReplyDelete
  99. Myheart2105 berkata...

    Ai ai,, ada yg ngaku2 pakai nick aq, hehe...

    tp, requestx boleh jg,, q malah s7 :D

    andaikn tiba2 suatu hr om Enig bkn posting yg jdulx: 'Chris - penjelasan singkat!'
    haha...mimpi kalee yach :p

    @om Enig: mgkn gak yach???

    ReplyDelete
  100. ...beuh, hd bad sector, jd absen dl smtr...heheee...
    @myheart+chris: ...pfffhhh...kaya'nya "divonis" fiktif yak??? kata orang, kebenaran adalah satu hal yg diyakini benar oleh banyak orang...heheheee (^_^m)... btw, bro En bs kstau g, tu buku isinya cetakan or tulis tangan?? wlopun covernya kynya cetakan...pretty sure u know what d point...klo tulisan tangan - wlopun ane yakin seyakin2nya bkl susah bgt - kan bs cross-check sm mr.Fulcan...(teteeepp..penasaran jg...)

    ...alow jg mr/ms X.... (anonymous sih...heheee..)

    ReplyDelete
  101. Saya tidak tahu pasti. Tapi saya rasa buku itu tidak dibuat dengan tulisan tangan. Tentu saja orang akan segera menelitinya kalau benar tulisan tangan.

    ReplyDelete
  102. Myheart2105 berkata...

    OMG, chris trnyta diam2 km jg menganalisis aq ya?? wow...

    @om enig: maav yach om kalo kmentrx udah jd kyk chatbox..hehe..

    ReplyDelete
  103. ...ya udah deh...pasrah...

    ...emmm...request dong bro...sm ky Myheart2105 nulis diatas...hahahaaakkk...

    tp, requestx boleh jg,, q malah s7 :D

    andaikn tiba2 suatu hr om Enig bkn posting yg jdulx: 'Chris - penjelasan singkat!'
    haha...mimpi kalee yach :p

    @om Enig: mgkn gak yach???

    (nulisnya Myheart dibenerin, takut diomelin chris...heheheee...)

    ReplyDelete
  104. Myheart2105 berkata...

    @aw3ng: buku yg km maksud Le Mystere des Cathedrales?
    kykx memang dcetak deh..ada di artikel:

    ''Buku itu muncul di Paris pada tahun 1926 dengan judul "Le Mystere des Cathedrales" atau 'The Mystery of Cathedrals"
    dan hanya dicetak sebanyak 300 eksemplar.''

    ReplyDelete
  105. Myheart2105 berkata...

    @aw3ng: oya ktggalan dbaca,, q ykn kbnaran brdri sndri gak trgntg ma org yg meyakinix,,hehe mnrtq fulcanelli cm tokoh fiktif, n aku dah sebutin argumen2 aq..bs slh bs bnar..n kbetulan si chris jg brpndapt sama,, itu ja,, klu om enig,, atw yg tman2 lainx q gk tau psti..hehe..

    ReplyDelete
  106. kok repot......!!! kalau mau belajar transmutasi dari kunyit jadi emas saya bisa ngajarin....wakakakaka......mau hidup abadi kayak highlander...saya juga bisa ngajarin.....gitu aja kok repot...wakakakaka

    ReplyDelete
  107. wuah,,,
    Mnurut Saya,Alchemist sperti merubah logam mnjadi emas seh mungkin bsa d'lkukan cz stiap bnda itu memiliki partikel" kecil yg bsa d'tambahkn k'Partikel itu sndiri, trlebih lagi jika dikasih sebuah 'pengantar reaksi' dmn 'pengantar reaksi' tsb bisa mempercepat transformasi dri bnda yg ingin d'transformasikan,,,
    but, the truth is out here,,!!!

    ReplyDelete
  108. brother, artikel ini dapat ilham dari the lost symbols yg brother download di blog ku ya?? :) ini cuma tebakan aja.. hehe.. emang keren banget tu novel, Musa yg sempat kita bahas ternyata ada juga dibahas disitu ama Bellamy dan om Langdon.. wuiihh, gak sabar novel Dan Brown berikutnya.. :)

    ReplyDelete
  109. lebih misteriusan mana sama nicholas flamel ka?????

    ReplyDelete
  110. Enigma, tolong dikarifikasi kebenaran prosesi mayat berjalan di tanah toraja, Penasaran nih

    ReplyDelete
  111. ~cHii said...

    hemh...spicLes dah...
    dari awaL saya juga ngerasa kaLo banyak kejanggaLan dari cerita di atas...-,-

    oiya om,numpang nanya...
    ada apa dengan ST.German?
    (baLes ya om!)

    @chriss : hemh...ternyata emang beda ya cara nganaLisis masing masing orang...
    dimuLai dari saya meratiin she om yang nganaLisis,trus km,trus she myheart...
    jadi kek punya konsep masing masing...
    ngeLiat dari perbedaan gitu, brarti kita emang harus beLajar duLu ya bwat nganaLisis sesuatu...
    ga bisa Langsung asaL ngomong doang...
    saya juga yakin she myheart uda abis"an bwat nuLis komenan diatas...
    tapi tetep adja gaya bicara dan sbg nya masi dibawah chris ama she om...

    nah,yang mau saya tanyain...
    apa yang bisa bikin kita bisa ngomong,nganaLisis,berwibawa tapi keren dan menarik buat dibaca?
    apakah karna terbiasa?
    ataukah harus banyak baca dan beLajar nuLis?

    tengkyu...>_<

    ReplyDelete
  112. @chii: st german adl orang yang asal usulnya misterius.

    ReplyDelete
  113. ~cHii said...

    emh,bntar...
    jadi st german tu maksudnya singkatan ato apa om?
    aq pikir maksudnya german street...ahahahhaha...saLah ya...

    eh om, ni saya baru adja bikin bLog...
    tapi ga ngerti...

    kok keknya ga secanggih bLog ini ya?
    pengen tampiLan yang kek dipinggir punya om gimana caranya ya om?

    ada ikLan ada bLog bLog Laen yang dituLis juga...
    gmana caranya om?

    ReplyDelete
  114. Ajii


    Woww...... semua analisisnya great. Fbolous......
    Hmmm. om enigma, bahas ttg 20000 liga bawah laut dund

    ReplyDelete
  115. wuih.. baru baca lagi nih enigma nih.. eh tau tau ada pembahasan ttg alchemist.. jujur bang.. aku suka banget ama cerita ttg alchemist.. tapi kalo belajar kimia males juga -_-'a
    hehehe...

    kangen bang pengen baca2 lagi.. ahh.. tapi misteri orang2 kembar di dunia belum di post yah bang? wahahha gpp dah..

    ReplyDelete
  116. hmm BTW di dunia ini homonculus itu ada ga sih???

    ReplyDelete
  117. Andika,
    @Leedhea, St. itu adalah singkatan dari Saint atau Santa, Jadi kalau St.German itu adalah "Saint German". Benar gak Enigma


    Peace Enigma cuma Klarifikasi.........

    ReplyDelete
  118. tapi rasanya kok aneh yah.. cerita-cerita misteri seperti ini, biasanya saling berhubungan antara cerita yg satu dengan yg cerita yg lain..

    di cerita The Nine Unknown Men, juga disebutkan adanya orang yg ahli di bidang alkemi, dan disebutkan jelas kalau di bisa mengubah logam menjadi emas..

    yah fulcanelli yang ada cerita misteri ini juga bisa mengubah logam menjadi emas, nah loh

    terlepas, dari ada tidaknya sosok fulcanelli, jangan2 memang benar ada orang di luar sana yg bisa mengubah logam jadi emas..

    lah, kenapa tidak muncul? kok malah sembunyi loh mas?
    kalian, pernah melihat film spiderman kan..

    "seiring adanya kekuatan yang hebat, akan datang tanggung jawab yang besar"

    karena itulah, sampai saat ini saya selalu menyembunyikan identitas saya :D

    ReplyDelete
  119. wahahaha.. Waktu baca judul artikel ini,gw langsung inget full metal alchemist.. Wkwkwk. Trnyata tuh komik nyolong2 inspirasi jg.. Gw kira murni karya buatan pengarangnya...

    ReplyDelete
  120. Dari mana anda mendapatkan info ini?
    dan ini kok persis kayak FULL METAL ALCHEMIST...

    ReplyDelete
  121. Pertanyaan kamu harus diubah menjadi: Dari mana FULL METAL ALCHEMIST mendapatkan ide ceritanya?

    ReplyDelete
  122. ini memang misteri, elixir of life mungkin lebh seperti obat awaet muda. Sperti kosmetik gitu, kulit kencang, tetep cantik tanpa kerutan tapi umur terus berkurang. Hanya merubah penampilan saja, jadi kalau ada orang yang sudah 100 tahun tapi badannya masih segar bugar seperti 20-30 tahunan mungkin bisa dicurigai sebagai Fulcaneli. Masalah umur, dengan atau tanpa elixr of life, jatah umurnya tidak bertambah atau berkurang.

    Jika seandainya Fulcaneli itu panjang umur, dan setelah 100 tahun masih terbalut badan mudanya, saya yakin dia tidak akan mengaku umurnya 100 tahun. Itu untuk melindungi berbagai rahasia dalam ilmunya. Jadi belum tentu akan terkenal di media kalau tidak ketauan.

    Anggap saja teman2 seangkatannya udah pada meninggal jadi tidak ada yang bisa memastikan bahwa "orang muda" tersebut adalah Fulcaneli.

    Kita aja umur 40 sudah keliatan keriput tetep aja banyak yang ngaku 30 tahun. Apalagi Fulcaneli yang tidak kelihatan keriput.

    ReplyDelete
  123. Salam kenal
    Seneng deh nemu blog ini, jadi nambah wawasan.
    Tentang posting yang ini, saya jadi ingat Nicholas Flamel, ceritanya mirip abis, jangan-jangan mereka orang yang sama?
    Baru aja sy mau minta ditampilin investigasi ttg Nicholas Flamel ini...

    ReplyDelete
  124. Fulcanelli said : "Kesalahan kalian yg paling mendasar adalah selalu beranggapan bhwa teknologi skrng PASTI lebih maju drpd teknologi masa lampau,dn SELALU menggunakan asumsi keliru itu untuk menyanggah smua jejak2 peradaban maju di masa lalu...
    pdhl ada kalanya kemajuan ilmu/teknologi yg skrng bknlah DICIPTAKAN melainkan hnya DITEMUKAN KEMBALI..
    Kadangkala seorang ilmuwan muncul/terlahir diantara bangsa/kaum yg kalian anggap bodoh/terbelakang..
    karena pd hakikatnya sebuah PENCARIAN tak akn pernah terbatas RUANG DAN WAKTU..."
    STOP JUDGING,,DO SOMETHING !!!
    salam...

    ReplyDelete
  125. Fulcanelli said:
    "Kesalahan kalian yg paling mendasar adalah selalu beranggapan
    bhwa teknologi skrng PASTI lebih maju drpd teknologi masa lampau,dn SELALU menggunakan asumsi keliru itu untuk menyanggah smua jejak2 peradaban maju di masa lalu...''


    Saya pribadi percaya bahwa sejarah peradaban manusia tidak linier. Saya percaya pada zaman dahulu peradaban manusia ada yang maju dengan tingkat peradaban yang luar biasa untuk ukuran zaman itu atau pun zaman kita. Tapi peradaban mereka sepertinya ditakdirkan lenyap dari muka bumi.

    Tapi mengenai perihal Fulcanelli, alasan-alasan rasional dan logika yang dipakai menunjukkan kelemahan eksistensi Fulcanelli.

    Di samping itu, dari perkataan anda yang saya kutip, justru berimplikasi pada poin yang anda tuju. Berarti anda juga SEDANG BERASUMSI, bahwa peradaban sekarang ini tidak lebih maju dari pada peradaban zaman dulu. Secara umum mungkin bisa benar, tetapi asumsi ini jelas tidak mempunyai dukungan bukti yang memadai jika diterapkan pada Fulcanelli.
    Agar mencapai peradaban/teknologi yang maju, bukanlah aktivitas yang INSTAN, yang langsung muncul begitu saja, tetapi melalui perkembangan bertahap menuju penyempurnaan teknologi dari waktu ke waktu.
    Inilah yang tidak terdapat pada kisah Fulcanelli. Ia dikisahkan tiba-tiba muncul dengan kemampuan mengubah logam menjadi emas dan klaim penemuan elixir of life.

    Poin berikutnya, tidak ada salahnya membuka kemungkinan bahwa teknologi modern di zaman kita lebih maju dari pada di zaman Fulcanelli, yang hanya kurang lebih berbeda 1 abad. Dan memang sepertinya begitu. Karena dengan mencermati kisah Fulcanelli dengan menganggapnya exist, banyak ditemukan kejanggalan/keanehan atau ketidaklogisan yang mencolok, yang pada akhirnya, wajar jika kita sampai pada kesimpulan bahwa Fulcanelli adalah tokoh fiktif.
    Saya rasa, kita boleh berasumsi apa saja, asal didukung oleh bukti atau alasan yang rasional.

    ReplyDelete
  126. Fulcanelli said : "Jgn lupa bhwa #SEJARAH HANYALAH TENTANG KESEPAKATAN#,,cz sejatinya G akn prnah ada seorang saksi hidup yg HIDUP ABADI hingga memiliki penjelasan tentang suatu kejadian dari wktu ke waktu SECARA UTUH..
    yg Qta temui hnyalah potongan literatur/jejak2 kabur petunjuk masa lampau...
    Jgn sampai karena ada beberapa keping bagian yg hilang maka sebuah puzzle dianggap tdk terselesaikan bhkn dianggap tdk ada...
    cz *DALAM SEJARAH SELALU ADA MATA RANTAI YG HILANG*"
    salam..

    ReplyDelete
  127. Mengubah suatu atom menjadi atom emas bisa dilakukan asalkan jumlah elektron, proton, dan netronnya sama, menyamakan jumlah elektron membutuhkan banyak energi, apalagi menyamakan jumlah netron dan proton, lebih besar lagi energinya.

    ReplyDelete
  128. ke.... kerueeenn!! >0<
    pengen deh punya bubuk misterius itu, biar bisa buka toko emas dengan untung yg buanyakk! trus bisa capai cita2 saya. tp kayanya hidup bakal jadi ngga menyenangkan kalo semudah itu. hehe ;)

    ReplyDelete
  129. wah gambar pertama kayak hohenheim FMA, terus flask didepannya homonculus.

    ReplyDelete
  130. uda lama g buka ne situs lama bgt malah sangat exited leat byk artikel keren tapi agk kcewa request q g dikabulin tp great job bang . . .

    ReplyDelete
  131. antonny kid

    kalo gx salah da yg nanya, "gmana neh kaitan'y dengan Nine Unknown Men" yg menjaga ilmu pengetahuan menakjubkan. apa mungkin mereka juga mengetahui pengetahuan para alchemist untuk mengubah logam menjadi emas????
    sekedar teori saja.
    lalu menurut k2 murid fulcaneli pernah mengubah emas, pa emas tersebut dipublikasikan dan diteliti??
    mungkin emas yang diubah alchemist dengan emas murni ada yang berbeda kandungannya????

    ReplyDelete
  132. bang enig menurut saya sebenarnya fulcaneli adalah time treveller,berikut beberapa hal yg menguatkan perkiraan saya bahwa dia adalah time traveller yaitu:

    1.Dia kok bisa tahu tentang atom melebihi ilmuwan masa itu
    2.Tdk bertambah tua
    3.dan katanya eugene canseliet dia melihat wanita dan anak-anak mengenakan pakaian abad pertengahan di kastilnya dan setelah itu dia tdk pernah terlihat lagi,menurut saya dia kembali ke jamannya lagi.

    ReplyDelete
  133. bahas tentang nicholas flamel juga dong
    katanya smp sekarang masih terlihat penampakan suami istri flamel d seluruh Eropa
    makasih :)

    ReplyDelete
  134. ada hal yang menarik dari Alchemist ini :
    1). Jika Anda pernah melihat film kartun FullMetal : Alchemist, film ini juga mengikut
    berdasarkan pencarian philosopher's stone. Ntah saya tidak begitu paham buat apa itu ?
    tetapi menurut actor utama animasi film ini, dia bisa membangkitkan makhluk hidup yang telah mati dengan
    menggunakan batu phillosoper dan dengan mantra.Lihat filmnya lebih jelas.

    2). Substansi dari Ferrous Pyrite. Jika saya search di wikipedia, Ferrous = Fe (dalam nama kimia) = besi.
    sedangkan Pyrite memiliki unsur kimia FeS2 = Besi Sulfida,
    sebagai bahan dasar eksperimen alchemist tersebut. Pirit ternyata memiliki kandungan emas, hanya saja sedikit. Bahkan terkadang bersama dengan arsen.
    Jika kita berpikir logis, alchemist mungkin sudah ada disekitar kita ? Mau Tahu ? Silahkan Anda bertanya para
    pembuat emas di Toko Emas... hehehe

    3) Pierre de Lesseps. Adakah hubungan keluarga dengan Ferdinand De Lessepe ? si Pembuat Terusan Aswan (kedua). mengapa
    saya sebut kedua ? sebenarnya Pembuat Aswan pertama dicanangkan oleh Muslim (lupa namanya), akhirnya karena adanya penjajahan di mesir oleh Perancis,
    ya tau sendiri deh....kelanjutannya.

    ReplyDelete
  135. sepertinya anggota2 fullcaneli itu telah menemukan ilmu pengetahuan dari masa depan atau jangan2 pendiri fullcaneli itu maklhuk dari angkasa luar atau bisa time traveler tetapi mereka tak pernah mengaku sebagai orang dari masa depan.HMMH atau teori saya ini salah ya hehe

    ReplyDelete
  136. philosopher's stone ya?yg di harry potter itu? :-)

    ReplyDelete
  137. wew...banyak sudut pandanng disini...salute plus mumet..mumet drpd mbahas politik

    ReplyDelete
  138. Anonim, comment 32: bukan dibuat dari karbon, intan itu karbon murni, hanya susunan molekulnya saja yang membuatnya berbeda dengan grafit atau karbon yang kita kenal sebagai hangusan hasil pembakaran. <---yang lain udah pada dijawab, tinggal yang ini hehe

    >>peace!<<

    ReplyDelete
  139. Comment 140 betul, daripada mbahas politik atau urusan cinta yang kelam ya mending bahasa yang "ginian"...hehe

    Jika betul "ada" yang mampu mengubah logam non-emas jadi emas, apakah ada yang bisa mengubah non-logam jadi emas...bung E.? (jadi inget raja midas hehe)

    ReplyDelete
  140. ooohh mungkinkah dia ayah dari homunculus yaitu belahan darti van hoenheim (menurut cerita fullmetal alchemist ayah homunculuslah yang menyebarkan philosoper stone ke seluruh dunia dan dia yang menciptakan philosoper stone itu)

    ReplyDelete
  141. Hanya ingin memberi saran untuk myheart.
    Jika membuat analisis, mohon menggunakan bahasa yang baku (dari tulisan anda yang paling mengganggu adalah singkatan-singkatan kata). pusing boo baca singkatannya.. hehe.. no offense ya.

    ReplyDelete
  142. KALAU SAYA PRIBADI LEBIH MEMANDANG DARI ILMU AGAMA , SUDAH JELAS JELAS DI KATAKAN DALAM ALKURAN KALAU SESUATU YANG BERASAL DARI TANAH "manusia" AKAN KEMBALI KE TANAH "MATI" jadi ELIXIR OF LIFE ITU GAG ADA .KALO LOGAM JADI EMAS SAYA KURANG TAHU BENER NGGA NYA

    ReplyDelete
  143. jangan2 Fulcanelli itu Count St. Germain ???

    ReplyDelete
  144. sepertinya agak mustahil deh kalau mengubah suatu logam dasar menjadi emas, karena logam dasar dan emas merupakan elemen dasar. Elemen adalah dasar dari semua material/zat, jadi mustahil untuk MENGUBAH suatu elemen menjadi elemen yg lain. Jika yg di-transmutasikan itu logam campuran, itu sudah beda kasus. (saya sedang ada di SMP kl. 1, jadi saya menggunakan pelajaran kimia di sekolah, hehehehe...)

    ReplyDelete
  145. ngemeng2 soal alchemy, gan. udah neliti ni website? entah occult ato apalah. tp mreka nge-claim lg pada bikin philosopher's stone. mungkin tertarik? tapi menurut gw, kalo kita bs bikin emas secara massal. bayangin, kerikil bakal jd jauh lebih berharga daripada emas. makanya d anime FMA mpe dibikin tabu bt gold transmuting (hahaha)

    http://www.thebookofaquarius.com/

    -sho-

    ReplyDelete
  146. bro enigma, ada ndak pembahasan tentang codex seraphianus?? thx...

    ReplyDelete
  147. Gan,kok sekarang ga pernah update???
    padahal saya kagum banget ma blognya agan punya..Isi nya keren2, tapi sayang g prnah update sekarang..kapan ni updatenya????
    thx u

    ReplyDelete
  148. cuma menyimak saja ya bang Enigma..

    saya juga setuju ama bang Erwin,
    tulisan Myheart sangatlah mengganggu, perlu @L4y decoder untuk menerjemahkannya...

    ReplyDelete
  149. UPDATE BLOG NYA DUNK OM
    PALAGI TENTANG PERADABAN KUNO

    ReplyDelete
  150. Sejarah .. -_-'

    tapi kayaknya masih ada kemungkinan buat transmutasi timah jadi emas ...

    toh alam semesta dulu awalnya satu padu, trus terpisah-pisah hingga seperti sekarang ...
    ada kemungkinan dong , karena mereka berasal dari satu bentuk yang sama ..

    ReplyDelete
  151. apa fulcanelli masih bsa hidup sampai skarang karena di menemukan elixir of life

    klo smakin lama smakin muda brarti lama-lama bsa menjadi bayi

    ReplyDelete
  152. nuklir... bisa merubah atom, artinya memang mungkin merubah atom-atom lain menjadi logam mulia, termasuk emas

    ReplyDelete
  153. Harry potter.-..!?
    Nonton holywood mulu-ini beda
    bro..
    Ada novelnya-lho,
    penu misteri...

    ReplyDelete
  154. Fulcanelli itu Alkemis yang terkenal pada abad pertengahan, apa bukan?

    ReplyDelete
  155. Jangan2 Fulcanelli itu homunculus :v

    ReplyDelete
  156. artikel yang bagus, saya Re-write ya Mr. E :)


    blog: indtruth.blogspot.co.id

    ReplyDelete