Tuesday, April 20, 2010

Hollow Earth Theory - Benarkah bumi kita memiliki rongga di dalamnya?

Ada banyak Legenda dari berbagai wilayah di dunia yang menceritakan mengenai adanya dunia lain di dalam perut bumi. Tidak banyak yang menaruh perhatian terhadap legenda-legenda ini sampai seorang ilmuwan ternama mengangkatnya ke dalam forum-forum sains.

Ide kalau bumi kita memiliki rongga sebenarnya bukan sesuatu yang baru.

Legenda dunia bawah tanah

Pada masa Sumeria kuno, dunia bawah tanah sudah pernah disinggung dalam Epic of Gilgamesh. Di Babylonia, ada kisah mengenai turunnya Ishtar ke dunia bawah tanah. Dalam buku Mesir Kuno "Egyptian book of the Dead", dunia di bawah tanah juga disinggung berkali-kali.

Dalam legenda suku Indian Hopi, bahkan ada panduan bagi kita untuk bisa masuk ke dalam perut bumi yang berongga. Menurut suku ini, dunia yang kita diami adalah dunia keempat. Tiga dunia lainnya berada di dalam perut bumi dan salah satu pintunya berada di antara ngarai-ngarai raksasa Colorado.

Mungkin yang paling menarik dari semuanya adalah legenda Tibet mengenai Agharta yang secara harfiah berarti "Kerajaan bawah tanah di pusat bumi dimana raja dunia memerintah".

Menarik, karena masyarakat Tibet menggambarkannya dengan cukup lengkap. Bahkan menurut mereka, kerajaan Shambhala yang misterius juga berada di dalam perut bumi.

Pantas, tidak ada yang bisa menemukannya.

Setelah cukup lama dikenal di dalam legenda-legenda kuno masyarakat dunia, ide bahwa bumi ini memiliki rongga mulai mendapat tempat di dunia sains modern.

Hollow Earth dalam Sains
Lebih dari 2.000 tahun yang lalu, Plato memang telah menyinggung adanya lorong-lorong bawah tanah yang membentuk struktur bumi. Namun, pandangan ini baru mendapatkan perhatian ketika dicetuskan oleh ilmuwan ternama bernama Edmund Halley.

Edmund Halley (1656-1742) adalah seorang astronom Inggris yang secara tepat berhasil mengkalkulasi orbit komet yang melewati bumi setiap 76 tahun. Kita mengenalnya sebagai komet Halley.

Ia mencetuskan ide mengenai hollow earth pada tahun 1692. Menurutnya, di bawah kerak bumi yang setebal 500 kaki, ada ruang berongga yang di dalamnya memiliki atmosfer yang mendukung kehidupan.

Bagi kita yang mendengarnya, mungkin mengira Halley terjebak ke dalam pseudo science yang mendasarkan teorinya pada legenda semata. Namun, ternyata ia punya alasan sains yang cukup masuk akal.

Bahkan ia menuangkannya ke dalam sebuah paper yang memiliki judul cukup panjang, yaitu: "An account of the cause of the change of the variation of the magnetical needle with an hypothesis of the structure of the internal parts of the earth: as it was proposed to the Royal Society in one of their later meetings".

Teori ini diambil oleh Halley karena ia menemukan adanya variasi-variasi di dalam medan magnet bumi. Salah satunya, menurutnya, adalah medan magnet yang berasal dari bola di dalam perut bumi. Ini membuatnya berkesimpulan kalau ada empat bola konsentris berongga di dalam perut bumi. Bola-bola berongga ini memiliki atmosfer yang bisa mendukung kehidupan.


Menurutnya, Aurora borealis yang sering terlihat di kutub sebenarnya adalah gas bercahaya di dalam perut bumi yang berhasil lolos dari lapisan tipis kerak bumi di wilayah kutub.

Teori yang diajukan oleh Halley kemudian diadopsi oleh ilmuwan ternama lainnya, seorang ahli matematika bernama Leonhard Euler (1707-1783) dan John Leslie (1766-1832).

Bedanya, Euler menolak ide adanya beberapa bola konsentris seperti yang diajukan Halley dan menggantikannya dengan satu bola berongga yang memiliki matahari berdiameter 600 mil yang menyediakan cahaya dan panas untuk peradaban luar biasa yang hidup disana.


Di lain pihak, John Leslie memang memiliki pendapat yang mirip dengan Euler. Bedanya, ia percaya kalau matahari yang ada di dalam bola berongga itu ada dua, bukan satu. Ia memberi keduanya nama Pluto dan Proserpine.

Lalu, teori hollow earth kembali diadopsi oleh John Cleves Symmes (1780) yang sampai akhir hayatnya memperjuangkan teori ini tanpa kenal lelah.

Symmes adalah mantan tentara dan pengusaha. Ia juga percaya kalau bumi ini memiliki rongga dan jalan masuk menuju rongga itu berada di kutub utara dan selatan. Ia memperkirakan jalan masuk ini memiliki lebar 4.000 mil dan 6.000 mil.


Perjuangan Symmes bahkan sampai membuatnya berhasil melobi kongres Amerika sehingga presiden Amerika saat, John Quincy Adams, menyetujui pendanaan ekspedisi menuju Antartika. Namun, sebelum sempat dikucurkan, presiden berikutnya, Andrew Jackson, membekukan pendanaan itu.

Ekspedisi mencari pintu Hollow Earth
Setelah kematian Symmes, salah seorang pengikutnya yang bernama Jeremiah Reynolds, berhasil meyakinkan pemerintah Amerika untuk melakukan ekspedisi ke Antartika pada tahun 1838.

Memang para penjelajah tidak menemukan lubang raksasa disana, namun mereka menemukan bukti kalau Antartika bukan cuma sekedar wilayah es, melainkan benua bumi yang ke-7.

Teori Hollow Earth kembali mendapat perhatian pada tahun 1846 karena adanya penemuan bangkai utuh seekor Mammoth di Siberia.

Dalam tubuh mammoth itu ditemukan tanaman yang belum tercerna. Ini menunjukkan kalau hewan ini mati dengan tiba-tiba ketika sedang makan. Beberapa orang percaya kalau makhluk itu awalnya hidup di wilayah hangat di dalam hollow earth. Lalu, tanpa sengaja tersesat keluar lewat lubang di kutub utara. Ketika bertemu dengan wilayah dingin, hewan ini mati seketika.

Tentu saja, ini cuma teori yang tidak bisa dibuktikan. Tapi paling tidak penemuan ini membuat antusiasme mengenai Hollow earth terus berkembang hingga menarik perhatian Jules Verne, seorang penulis fiksi sains.

Pada tahun 1864, ia menerbitkan buku berjudul Journey to the Center of the Earth yang menceritakan mengenai sebuah lubang di Islandia yang menuju ke dalam perut bumi.

Pada tahun 1869, teori Hollow earth mulai berkembang menjadi semakin mengada-ngada.

Cyrus Teed dan Hollow Earth

Cyrus Reed Teed, seorang herbalis dan alkemis, mengaku kalau ia mendapatkan penglihatan mengenai seorang wanita yang memberitahukan kepadanya kalau ia berasal dari dalam rongga di dalam perut bumi.

Penglihatan ini cukup mempengaruhi hidup Teed. Empat puluh tahun berikutnya, ia mempromosikan ide ini ke seluruh dunia. Bahkan ia mendirikan sebuah sekte bernama Koreshans yang pengajarannya berkisar kepada dunia Hollow Earth.

Tidak sampai disitu, Teed kemudian memperkenalkan modifikasi baru dari teori hollow earth yang sering disebut Concave Sphere. Menurutnya, KITA-lah yang sedang hidup di dalam rongga bumi. Jadi, ada manusia lain yang hidup di dunia atas.


Tidak ada Lubang di Kutub
Pada awal abad ke-20, transportasi sangat minim. Wilayah kutub belum terjelajahi dengan sepenuhnya. Karena itu, tentu saja teori Hollow Earth akan menjadi sangat susah dibantah.

Tapi, semuanya berubah ketika penerbang Richard E.Byrd (1888-1957) berhasil melakukan penerbangan melintasi kutub utara dan selatan. Ia tidak menemukan adanya lubang raksasa seperti yang dipercaya para penganut teori Hollow earth.

Pada abad 20. kutub utara dan selatan bukan lagi wilayah yang misterius. Transportasi yang lebih maju dan satelit yang secara teratur menghasilkan citra bumi dari luar angkasa sebenarnya sudah bisa menjelaskan kalau di kutub utara dan selatan, tidak terdapat lubang menuju Hollow Earth.

Hollow Earth dan UFO

Walaupun begitu, teori ini masih saja menarik perhatian banyak orang. Bahkan, mereka mulai mengaitkannya dengan fenomena UFO. Contohnya Ernst Zundel yang menulis buku berjudul UFOs - Nazi Secret Weapons?.

Ia mengklaim kalau Hitler dan batalyon terakhirnya berhasil lari ke Argentina dengan sebuah kapal selam, lalu mendirikan sebuah markas untuk piring terbang di sebuah lubang di kutub selatan yang mengarah ke dalam perut bumi. Zundel juga percaya kalau Nazi berasal dari ras terpisah yang berasal dari dalam perut bumi. Sepertinya Zundel memiliki pandangan yang sama dengan Hitler.

Pandangan ini mungkin muncul karena pada tahun 1940an, Hitler yang menjadi sangat tertarik dengan ide mengenai Hollow Earth disebut pernah mengirim ekspedisi menuju Rugen, salah satu pulau di Baltic, walaupun tidak membawa hasil.

Ray Palmer adalah penulis lain yang mengkaitkan antara Hollow earth dengan piring terbang. Pada tahun 1940an, bersama Richard Shaver, ia berspekulasi: 'Karena UFO sering terlihat di langit bumi sepanjang sejarah, maka pastilah UFO-UFO tersebut berasal dari bumi'.

Jadi, menurut mereka, UFO tersebut sebenarnya berasal dari dalam perut bumi yang berongga. Shaver bahkan mengaku pernah tinggal bersama orang-orang dari dalam perut bumi. Pandangan ini membuat keduanya dikenal sebagai bapak gerakan ufology modern. Tentu saja teori ini akan sangat sulit dibuktikan. Tetapi, tetap saja banyak orang lain yang masih percaya adanya rongga di dalam perut bumi.

Beberapa bahkan mengaku pernah masuk kedalamnya. Ada yang bilang kalau mereka mencapai rongga di dalam perut bumi lewat gua-gua purba atau lubang pertambangan kuno. Ada lagi yang berteori kalau segitiga bermuda adalah jalan masuk menuju rongga di dalam perut bumi.

Sebagian percaya kalau pintu masuk yang sebenarnya bukan di wilayah kutub, melainkan di wilayah lainnya di dunia seperti Gunung Shasta di California, Gua Mammoth di Kentucky atau pegunungan Himalaya di Tibet.

Gunung Shasta

Pada tahun 1993, Katharina Wilson menulis sebuah buku berjudul The Alien Jigsaw. Dalam bukunya, ia menceritakan mengenai pengalamannya diculik oleh alien dan dibawa ke dunia bawah tanah. Buku serupa juga pernah ditulis tahun 1995 oleh Timothy Good yang menceritakan pengalamannya dibawa ke markas UFO di dalam tanah.

Ketika Halley dan Euler merumuskan teori Hollow Earth, tidak ada yang menganggapnya mengada-ngada. Soalnya, para ilmuwan itu hidup di abad ke-17 dimana ilmu pengetahuan mengenai struktur bumi belum sempurna. Lagipula, banyak wilayah bumi yang belum terjelajahi. Tapi, ketika sains modern mulai berkembang, kitapun tahu kalau bumi ini tidak berongga.

Struktur Bumi yang Sebenarnya
Bagaimana kita bisa yakin kalau bumi ini tidak berongga?

Ada beberapa argumen, misalnya, walaupun kita tidak pernah melihat isi perut bumi, namun kita bisa "melihatnya" dengan menggunakan vibrasi (umumnya lewat gempa bumi) yang bergerak dari ujung bumi yang satu ke yang lain. Dengan menggunakan metode ini, para geologis bisa menggambarkan kondisi struktur bumi yang sebenarnya. Dari sini kita tahu kalau bumi ini memiliki inti dan kerak bumi, tanpa rongga tentu saja.


Jika bumi ini berongga, maka ia akan memberikan hasil yang berbeda dalam pengamatan seismik.

Lalu, kita juga tahu kalau di bawah kerak bumi, terdapat batu-batuan panas cair yang bernama magma. Ini bisa terjadi karena suhu akan menjadi semakin tinggi sesuai dengan kedalaman. Pada kedalaman sekitar 100 kilometer, suhu di dalam perut bumi diperkirakan sebesar 1.200 derajat celcius.

Magma ini bisa keluar menuju permukaan bumi lewat gunung-gunung api di seluruh dunia. Magma yang keluar dari perut bumi disebut dengan Lava. Kalau ada rongga di dalam perut bumi, Bagaimana menjelaskan pengaruh suhu yang tinggi ini terhadap rongga tersebut?

Struktur bumi yang kita kenal sekarang juga terlihat ketika manusia membuat lubang ke dalam perut bumi. Lubang terdalam yang dibuat oleh manusia saat ini adalah lubang yang terdapat di Sovyet. Dalamnya 12,3 kilometer. Sampai sejauh ini apa yang diamati dari pengeboran itu masih sesuai dengan ilmu geologi yang dikenal saat ini.

Jadi, kita tidak pernah menemukan lubang raksasa di kutub. Kita juga tidak punya bukti kalau bumi ini berongga dan ada matahari yang menyertainya. Sekarang, bahkan dengan mudah kita dapat mengakses google earth dan melihat sendiri kondisi di kutub atau tempat-tempat lain di dunia.

Karena itu, boleh dibilang, setelah hampir 400 tahun sejak diajukan oleh Halley, teori Hollow Earth telah berpindah tempat dari dunia sains menuju dunia pseudo sains.

(wikipedia, unmuseum.org, hollowearththeory.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

160 comments:

  1. Pertamanya......
    By Devy D.

    ReplyDelete
  2. pertamaxxx

    baca dlu ahhh

    ReplyDelete
  3. Tumben dibahas dua kali :), tetap bernas..

    ReplyDelete
  4. Dear Bang Enigma,
    Thanks atas infonya, menarik dan enak dibaca.
    (akhirnya bisa juga jadi pertama dan keduanya).

    ReplyDelete
  5. antonny kid

    PETAMAXXXX!!!!

    ReplyDelete
  6. ...hmmmm....mari kita mengesamppingkan fakta utk sejenak...
    kalo Antartika sbg "welcome" dan kutub lain sbg "back door"...so, Bermuda sbg "welcome"...tp back door-nya dimana yah??? (^_^m)

    ReplyDelete
  7. @Aw3eng: kalau Jakarta sebagai Welcome, tebak, dimana backdoornya?

    ReplyDelete
  8. antonny kid

    sekedar tambahan, Jules Verne pembuat novel sains fiksi "journey to the center of the earth" benar2 melukiskan perjalanan ke pusat bumi yang membawa pembaca seakan2 perjalanan tersebut benar2 terjadi. film 3Dnya seru banget tuh. dari film itu juga gw tw kalo di masanya, bahkan ada kelompok pengagum verne yang percaya bahwa novel verne adalah catatan dari perjalanan yang benar2 nyata.

    ReplyDelete
  9. sains baheula vs sains modern???

    ReplyDelete
  10. Bang...

    Kalo soal Mammoth beku mah itu mungkin karena Mammothnya tuh tenggelam kali...

    Atu mungkin dia terjelembab di es sehingga hanya sebagian badannya yang tenggelam tetapi sebagiannya lagi nggak...

    Makenye die membeku sempurna.

    ReplyDelete
  11. Memang bisa jadi. wajar kok kalau bisa membeku sempurna di wilayah es.

    ReplyDelete
  12. ...emmmm...maap, ane lg rada tulalit ni...heheheee....
    btw, ane g s7 bro, klo jakarta mah bkn welome...dia jd back door ajah lah...coz Surabaya tata kota lbh bagus jd welcome, lbh mnarik prhatian...
    tp klo prtanyaan nya Jakarta jd welcome...back door-nyaaaaa......(mikir...)
    Bali? hahahaakkk....

    ReplyDelete
  13. Kalau tulalit, saya ganti pertanyaannya. Kalau kita gali lubang dari jakarta sampai tembus ke bumi sisi lainnya, kita muncul dimana?

    ReplyDelete
  14. Bang Enigma.

    Tolong bahas tentang Werewolf Donk...

    By *--Black_Jack--*

    ReplyDelete
  15. waahh.. salut buat bro enigma.. setiap posting pembahasan yg sangat menarik sekali.. ngmng2 soal tempat misterius, bro enigma sendiri berada dimana? syapa penulis blogger enigma ini?? bro enigma diulas saja di oknum misterius.. hehe.. penasaran aja bro.. hehehe.. ^3^ -taufik-

    ReplyDelete
  16. @taufik said...

    "bro enigma sendiri berada dimana?"

    ----Saya ada di jakarta.

    "syapa penulis blogger enigma ini??"

    ----Saya

    ReplyDelete
  17. Wah menarik sekali yang satu ini. Kita juga bisa membandingkan cerita ini dengan khayalan Fujiko F. Fujio dimana Nobita bertualang ke dunia bawah tanah. Haha..
    1. Tentang Penculikan oleh Alien
    Sepertinya Zundel juga penganut teori Nietzsche yang disalah pahamkan seperti Hitler. Hitler sendiri sangat berambisi menguasai dunia. Saya sangsi bahwa mereka yang diculik Alien, sebenarnya hanyalah diculik oleh oknum tertentu dan dicuci otak, dengan maksud meenghamburkan fakta yang sebenarnya terhadap suatu rencana besar. Atau hal-hal seperti itu hanyalah propaganda saja untuk menjaga "kekuasaan" orang-orang tertentu. Pendapat saya didasarai atas ketidak adanya kaitan antara Alien dan UFO secara live (baik berupa foto alien keluar dari ufo, atau videonya).

    2. Tentang Sun center
    Nah, jika ada yang beranggapan bahwa Bumi ada mataharinya didalamnya, kenapa matahari yang kita lihat sekarang tidak berubah menjadi bentukkan planet yang maha besar?
    Tentang Symmes, saya berpendapat: Besar kemungkinan, paham tersebut hanyalah paham yang digunakan untuk meruntuhkan keyakinan manusia terhadap agama yang sedang berkembang: Tentang adanya Surga dan Neraka didalam bumi. Dan jika kita sedikit bernostalgia, paham ini sebenarnya juga pernah muncul di tahun.......ah saya lupa, tentang isu kemunculan makhluk Neraka dari lubang di Siberia, yang ternyata belakangan diketahui hanyalah hoax.

    3. Mau tahu isi perut Bumi, lihatlah Tragedi Lapindo di Sidoarjo.

    ReplyDelete
  18. @bang enig: Antipodes jakarta kalo ga salah Colombia ya? antara kota bucaramanga dan sogarso.

    Mungkin ada kaitannya legenda itu dengan kepercayaan bahwa neraka itu dekat dengan kerak bumi?

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  19. @Mohammad Reza: Oh iya, Lapindo. hehe. baru ingat. Benar, itu juga jeroannya bumi.

    @Ms Terry: Kamu benar sekali. memang "pintu belakang" Jakarta ada di Columbia. Oh ya, isi perut bumi yang berisi lava memang sering dikaitkan dengan neraka. Karena itu mereka menyebutnya "Turun ke neraka".

    ReplyDelete
  20. wadhuw'

    jadi maksudnya bang enigma percaya kalo segitiga bermuda ada di indonesia??

    ^_~

    ReplyDelete
  21. Tambahan, mas Enig : "Ada yang mengkalkulasi bahwa luapan lumpur tersebut akan membuat Sidaorjo tenggelam" Ynag artinya, hilang dari peta

    Hmm..menakutkan...atau sekedar isu? hahaha..

    ReplyDelete
  22. rasanya hal ini sudah d bahas d blog rensen pelawi deh

    ReplyDelete
  23. @ Mohammad Reza & bang enigma: hihihi...jeroan...kesannya kayak apa y? konotatif.... kalo bumi ini diibaratkan makhluk hidup, n sumur lapindo jeroannya berarti bumi lg mencret2 ato muntah2.... :( Our world is unwell.... Bumi kita sakit.

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  24. Iya, betul. Topik ini memang sudah pernah ditulis oleh rensen.

    @Juni bukan Juli: Nggak seperti itu maksudnya. :)

    ReplyDelete
  25. @ Ms. Terry: Wah kalau soal jeroan, kayaknya ketahuan sekali Brother Enigma suka makan dengan lauk jeroan.. haha..

    ReplyDelete
  26. @Moh Reza: haha. itu cuma kata pengganti.

    ReplyDelete
  27. Saya suka kok jeroan, apalagi babat n paru asam manis :) uwenaaaak :) Tapi lebih suka jeroan dompet...wkwkwkwkw.

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  28. maap bro, maksud ane tulalit coz disini g ada globe, aplg GM...barusan aja ke toko sblah, pjm atlas...hahahaakkk... (halah, alesan...)
    btw, gr8 thx to Ms. Terry 4 antipodes....heheheeeee...

    @Mohammad Reza: klo ttg lapindo, klo g salah (wkt lg hot-nya dibahas tmn2 media) prnah dgr salah satu ahli (maap lagi, lupa dari negara mana...) yg bilang klo dulu prnah ada kasus serupa disana, dan tidak ditemukan solusi...so, tunggu aja smp smua lumpur keluar ; wlpun butuh brtahun2...smtr buat warga cm bisa di relokasi...

    ReplyDelete
  29. Betul gan, masak bumi berongga. Apa gak panas..

    Gan, gw baru buat blogg tolong beri saran, perlu titambah apa lagi blognya. Ini blog saya:
    www.billy-vista.blogspot.com
    Thx

    :D

    ReplyDelete
  30. ketauan enigma suka cari bahan dr blog lain wkwkwk

    ReplyDelete
  31. @WELLCOME: Yang penting tidak Copas. wkwkwk.

    ReplyDelete
  32. @WELLCOME: itu namanya mencari inspirasi untuk dijadikan bahan tulisan. Sama seperti ini: jika ada sebuah grup band yang lagunya rata-rata tentang perselingkuhan, pasti orang itu terinspirasi tren pasar musik yang lagi ngetrennya lagu perselingkuhan, atau memang itu dari pengalaman seseorang. Saya rasa tidak masalah mau dicari lewat jalur apa aja yang penting tidak asal copas tanpa menguasai topik. Tiap nasi goreng selalu mempunyai bumbu dasar yang sama, tapi rasa pasti berbeda.

    ReplyDelete
  33. Artikel menarik... ,,, Siapa aja tolong ceritain dikit donk tentang adanya goa di dalam samudera(lupa) yang goa nya sendiri seluas samudera dan di isi penuh oleh air... Apa ada ikannya? monster ato aliennya? (Cgit)

    ReplyDelete
  34. @Cgit: Ah kamu kan.............(tiiiit...kalimat disensor, khawatir ada yang protes lagi..hehehe)

    ReplyDelete
  35. @Mohammad Reza: Kamu ini memang seorang pembaca yang suportif. Sebenarnya, Hollow Earth theory adalah topik yang sangat banyak direquest lewat email. Jadi, pasti akan saya tulis. Sewaktu mau nulis, saya membaca beberapa tulisan di blog Indonesia, termasuk rensen, supaya saya tahu apa yang sudah dibahas dan apa yang belum.

    ReplyDelete
  36. @Mohammad Reza: lah, gw baca artikel ini kan nge klik dari link yg lu kasih di fb.. (Cgit)

    ReplyDelete
  37. Pembaca suportif itu apa Bro? Saya cuma menumpang menjawab komentar. Eh ternyata diposting. Ya saya cuma mau menambahin saja, siapa tahu bisa berguna buat orang lain. Supaya orang lain tidak berpikir pada satu fokus, tetapi juga dari percabangan fokus itu. Dari situ bisa ditarik kesimpulan yang bijak. Wah saya belajar banyak dari novel Sherlock Holmes.

    ReplyDelete
  38. Wah... kalo gitu apa kabarnya request yang indigo child bang? :)

    sowlie...cuma sekedar mengingatkan...
    abis penasaran bang.... :)

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  39. hmm kalau memang ada rongga besar di dalam bumi, jika terjadi gempa bumi maka rongga tersebut bisa runtuh dan menimbun peradaban yang ada di dalamnya & membuat lubang besar di atas kerak bumi.... sperti jika kita menginjak perangkap
    dan saya belum pernah menbaca berita tentang itu...

    ReplyDelete
  40. @Cgit: Oh itu ulah si Hawkson..hahaha..saya nggak bisa nge link. Link di Enigmania n My hawkson cuma bisa dilakukan oleh admin, saya cuma member

    ReplyDelete
  41. @Mohammad Reza: Pembaca yang suportif artinya adalah pembaca yang selalu mendukung dan menopang. Bukan menjatuhkan.

    @Ms Terry: Hutang saya memang banyak sekali. Indigo Child sudah pernah saya cari informasinya. Tapi kebanyakan yang saya temui berbau pseudo sehingga saya belum menulisnya.

    ReplyDelete
  42. Oh begitu? Ya, banyak orang yang ingin menjatuhkan atau mencela tanpa berpikir. Sherlock said to Watson,"Kita sudah biasa melihat manusia memandang rendah apa yang tidak dia ketahui."

    ReplyDelete
  43. yah...sabar bang...jangan cuma nyicil hutang sampai lunas. tapi kalo bisa tuntaskan sampai bunga nya. jangan cuma nulis asal demi pemenuhan request yg penting tulisan mas enigma tetep berkualitas :)

    keep the spirit mas enigma!!!

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  44. cuma ada satu kata buat bang enigma : "TOP!!!!"

    ReplyDelete
  45. nandar say:

    lama d tunggu2,akhir nya keluar juga...
    si bro, dah sempet posting skrg ternyata,hehehe..

    pembahasan nya cukup variatif.

    sekedar komen, dulu juga banyak faham2 yg aneh2,seperti bahwa dunia ini datar. trus faham yg menyatakan bahwa matahari mengelilingi bumi. dan faham2 lain. klo brother berkenan,tolong bahas juga yg itu,hehe.. ( ya buat bacaan ringan lah ^^, dr pada kosong, lbh baik posting yg ringan2. )

    btw,overall, nice posting...

    ReplyDelete
  46. Mm..akhirnya bisa berkunjung lagi :)

    Hollow earth?
    Saya tidak pernah menganggapnya misteri, tapi cuma dongeng saja. Common sense, sains modern dan teknologi sekarang telah cukup menghilangkan validitas Hollow earth. Bang Enigma sudah menjelaskannya dengan gamblang.

    Btw, saya merasakan ada yang berbeda. Hmm..suasananya. Lebih akrab dan komentar-komentarnya semakin berbobot... :)

    ReplyDelete
  47. @Enigma
    Kebanyakan hutang mas?mw dbntu nglunasi?xixixixi

    ReplyDelete
  48. Mungkin saja alien atau semacamnya berasal dari rongga bumi. Bukankah alien sering digambarkn bertubuh kecil dgn warna kulit hijau. Seperti kekurangan vitamin D utk pertumbuhan tulang (tubuh kecil) dan juga kekurangan cahaya matahari (warna kulit hijau).

    Sedangkan utk rongga buminya mungkin sebuah gua bawah tanah raksasa (lebih masuk akal) yg cukup sbg tempat tinggal dgn menggunakan fosfor utk penerangan atau yg lainnya.


    Salam damai
    maniac

    ReplyDelete
  49. Ke empat dlapanxxx!!
    (=>3<=)
    Nice post bang,g ad yg bsa ngalahin abang mpe kpn jga.

    ReplyDelete
  50. Myheart2105 berkata...

    hollow earth!
    akhirx tggal kenangan... brarti ni sm kyk anggapn zmn dulu kalo bumi ini datar yach??
    sejak q bljr lpisan2 bumi di geografi smp,, q gk prcya bumi tu brongga..pa lg da mataharix sgala...wkwkwkwk...

    @maniac: hi maniac! :D
    brarti km msh prcya dunks kalo bumi qt ini brongga?
    kalo da alien yg kulitx ijo, kalo mnrtq aq sich tu kn cm imajinasi aja.. lgian kalo hdp di tmpt yg bnyk fosforx bukanx bracun tuch..bs mati dunks..

    @chris: hi Chris!
    @om Enig: hi om Enig!
    dmana om tnggal?? --di Jakarta
    syapa pnulis blog ini? --saya

    wkwkwkwk... ^0^v

    ReplyDelete
  51. Mantap postingannya Bg E!!
    Katrok tu ah org yg msh prcy klo bumi berongga, sama aja mcm org yg prcy klo bulan trbuat dr keju, ada2 aja!

    ReplyDelete
  52. Setuju sama Chris, blog ini tidak hanya jadi media inspirasi dan pengetahuan, tapi juga keakraban.

    @Maniac: Wah saya jadi ingat cerita komik Kindaichi bab Raja Bunker yang kekurangan vitamin D!
    Penggambaran makhluk-makhluk oleh kebanyakan media, bisa jadi digunakan sebagai ajang "mempertahankan prinsip atau sesuatu yang menutupi kebenaran". Seperti ini: Meskipun kita kebanyakan tidak percaya dengan teori evolusi manusia, dan banyaknya para tokoh dunia yang membantah teori evolusi Darwin, namun masih saja kita jumpai di beberapa saluran dokumenter, buku anak, poster-poster pelajaran, atau media lain yang menggambarkan bahwa tubuh manusia jaman dulu berbulu lebat, berjalan layaknya kera, dan ngomong "nguuk nguuk ngiik ngiik" dengan sesama. Jadi, soal alien itu bertubuh kecil, bewarna abu-abu, bermata besar, atau mungkin berkebaya, sebaiknya perlu diselidiki dulu kebenarannya. Khawatir kalau pendeskripsian itu akan menjadi doktrin di kepala kita, padahal!? Mungkin belum tentu seperti itu. Dan padahal!? Ternyata alien itu........berwujud seperti Pikkolo. Hehe. Salam Damai

    ReplyDelete
  53. @Myheart 2105: Hahaha..Iya lucu juga kalau lihat pertanyaan dan jawaban yang singkat.

    Bung Enigma ada fotonya?--Ada
    Kok cuma separo?--Biarin
    Bung posting monster danau dong, jangan UFO melulu!--Pucing deh

    ReplyDelete
  54. Stuju sm chris, komentatorny makin akrab, gimana kl kita adain gathering! ^_^

    ReplyDelete
  55. Muantabbb, kl Abang Enigma Cewex, bisa jatuh cinta lagi ane !!! (isteri baca blog ini ga ya?)

    ReplyDelete
  56. gimana caranya ingat penggemar enigma ada d sluruh indonesia

    ReplyDelete
  57. Kok tidak dimasukkan dalam kategori hoax atau lain-lain?Tulisan tentang batu melayang dan mayat yang tidak membusuk(femomena keagamaan)dipindah atau sudah dihapus bung Enigma?

    ReplyDelete
  58. om enigma udah baca seri novel tunnel, deeper, n freefall?
    isinya tentang dunia bawah tanah juga tu, ada hollow earth nya,
    tambah paham setelah baca ulasan di blog ini :D

    ReplyDelete
  59. jadi inget sama film the city of ember yg orng"nya tinggal dalem perut bumi.. ixixi

    ReplyDelete
  60. Bro,

    Kayaknya nulis ini di sertai emosi yang mendalam... dan agak jengkel ( dilihat dair semua gaya tulisanmu sebelumnya ). Soale emosinya jadi nular ke aku setelah membaca ini...

    Keep up the good work ya !
    Rachel

    ReplyDelete
  61. wew, bang enigma akhirnya request saya di kabulkan, terima kasih bang !!!

    Jayalah enigma

    ReplyDelete
  62. @rachel: haha. Saya tdk jengkel kok waktu menulisnya. Saya minta maaf kalau kamu jadi terjangkit rasa jengkel stlh membaca ini.

    ReplyDelete
  63. @anonymous: teori yg mengada2 berbeda dgn hoax. Jd sy tdk memasukkannya ke kategori hoax. Kategori lain2, cocok jg. Cm kemaren kepikirnya kategori tempat misterius. Soal kategori fenomena keagamaan, memang sdh saya hapus.

    ReplyDelete
  64. @oeul: saya belum baca novel itu.

    ReplyDelete
  65. kereeeeeennnnnn..................

    ReplyDelete
  66. by:agus
    wah, sudah pada absen. :)
    kalau soal mammoth jadi inget film "the day after tomorrow", mammoth nya mati karena eye of storm, mata badai, sehingga suhunya langsung minus n langsung beku.

    ReplyDelete
  67. wah, uda banyak aja komennya dan saya selalu telat komen.. >.<

    kl dipikir2, knp org mesti cape2 nyari pintu menuju perut bumi?
    sebenarnya pintunya kan uda jelas, yaitu kawah gunung berapi..
    tp yaaa itu, kita ngga bisa masuk krn panas.. hehehehe..

    setuju ama chris juga, suasananya makin akrab n komennya makin berbobot..
    makin seru ajah nongkrong disini..

    bro enigma, usulan deelabelle ngadain gathering bole juga dipertimbangkan.. pasti seru.. ^^

    ReplyDelete
  68. alien??? emmmm...jd inget tmn yg dgn ngotot br-opini, klo alien tuh kita jg dr masa dpan...bntuk yg beda krn reduksi (bnr g nih???) kan skr aja dh banyak gambarannya...duduk trus dpan kompi, lupa makan-minum...yg kpake kpala (maksud ane otak) coz buat mikir mo komen aplg di xfile-enigma, sm jari tangan yg ngetik...jujur aja, wlpun ane dl s4 "mahir" 10 jari, tp nyatanya lbih cofort dgn "mengetik 6 jari"...hahahahaakkkk...

    @agus: inget day aftr tmrw???
    klo ane mlh inget komik lifetime of gober bebek...mamotnya digambar gede, putih, msh banyak tombaknya dan msh utuh...hahahaakkk....
    (^_^m)

    ReplyDelete
  69. ANDIKA

    ada tuh pintu menuju dunia lain.pintu tetangga sebelah gua....he...he...

    ReplyDelete
  70. dunia lain di bawah tanah???

    bang enigma coba cek ttg sijjin,,,

    joe

    ReplyDelete
  71. nice posting mister,,
    Sy lbh percaya kl bumi ini makin padat&panas.
    Sy yakin bhw Bumi kita ini semakin membesar dari waktu ke waktu...

    Btw, bang tau ngga alasan orang autis mukanya seperti ngga berkembang (malah sepintas mirip semua)?
    maaf kalau prtanyaan nya d luar konteks.

    Keep posting..

    ReplyDelete
  72. kaya cerita di doraemon petualangan. tapi di cerita itu yg hidup revolusi dari dinosaurus. hahahaha :)

    ReplyDelete
  73. kalo gitu wajib baca tu om enigma,
    novelnya bagus banget.....
    ato mau dikadoin?
    kapan ultah? ;p

    ReplyDelete
  74. @oeul: wah, terima kasih. Tapi tdk pelu repot2. Niat baik kamu saya terima. Nanti saya cari deh novelnya ya. :)

    ReplyDelete
  75. @jemon: itu karena ada hubungan antara perkembangan otak dgn perkembangan wajah. Yng satu tergganggu, yang lain jg akan terganggu.

    ReplyDelete
  76. waah, saya kok kurang setuju ama komennya jemon..

    anak autis ngga sama semua kok wajahnya.. jika yg kamu maksud adalah anak (maaf) idiot, saya setuju..
    tp anak autis dan anak (maaf lagi) idiot sangat berbeda, walopun sepintas perilaku mereka mirip yaitu sama2 ngga peduli keadaan sekitar..
    cmiiw.. ^^v

    ReplyDelete
  77. kalo Hollow Earth nggak ada..
    lalu UFO munculnya dari mana donk?
    apa dari Hollow Mars..??

    ReplyDelete
  78. apakah tdk ad pembktian scra ilmiah tentang ini (bumi yg berongg-red),ato jga tidk ad sanggahan berupa penelitian intensif ato paper yg d ajukan dalam rapat sains slruh dunia? bknya dgn bgini hollow earth akan jadi paradikma yang akan tertanam jauh dalam otak kita kalau bumi berongga. harus d adakan jumpa PERS untuk meluruskan hal ini...SPARTAN...hahu..hahu...

    ReplyDelete
  79. tapi kan ada buaannnyyaaakk bgt legenda bangsa2 kuno di dunia ini tentang hoolow earth masak bisa terbantahkan oleh teori bang enigma aja....

    ReplyDelete
  80. sesuai janji anda mau menyiapkan posting panjang,terbukti sdh ......MANTAB ASLI bung!tengkyu.....

    ReplyDelete
  81. andre,
    yupsss sangat menarik postingannya hhe..
    ka request dong blue beam project.

    ReplyDelete
  82. andre,
    pseudo science memang menarik.
    ka enig request dong: blue beam project penasaran soalnya hhe..

    ReplyDelete
  83. dunia bawah ada tuh....dunia orang mati yg berdosa campur sama setan...hiiiiiiiii!!!!!

    ReplyDelete
  84. waahh , jangan-jangan tempat masuk hollow earth itu gua yg dibangun d kutub itu ?? hahaa

    ReplyDelete
  85. lala said,,
    wah ini baru tipe postingan yg aq suka,,
    gimana y kalo bener ada kehidupan lain di perut bumi???
    yah bumi emang masih banyak menyimpan misteri..
    who know!!!!!!

    ReplyDelete
  86. Myheart2105 berkata...

    wow...kmenx dah bnyak jg...jgn2 lbh dr 100 kmen lg.. :D

    @anonymous yg blg 'hollow earth masak trbntahkan sama teori bg enigma saja?'

    loh, bukanx dgn pemaparan om Enig dah jelas kalo hollow earth tu gak da??
    s7 ma chris, common sense + sains mdern + tknologi ngebuktiin kalo bumi yg brongga tu gk da..

    dr common sense:

    1. teori ttg hollow earth berbeda2 vrsix di sluruh dunia,, org2 yg mnyebut dirix 'ahli' jg brbda teori2x ttg hollow earth... brarti hollow earth kan bnar2 imajinasi,,
    kalo soal legenda2 ttg hollow earth,, namax jg lgenda.. dr imajinasi.. sm kyk anggapn org2 dulu bhwa bumi ini datar,, langit ditopang pake tiang,, bumi adlh pusat alm smesta,, de el el, msuk jglah lgenda kalo bumi ni brongga..hihi..

    2. mtahari dlm bumi??
    asal bnget neyh,, bs gsong dunks qt yg dkerak bumi..

    3. kalo bumi brongga, so bumi rapuh dunx,, dah dr dulu kalee bumi kita remuk dihajar ma meteor2..

    4. trus kalo bumi brongga, dah dr dulu jg bumi qt remuk krn gempa2 bumi dahsyat..

    5. kalo bumi brongga, kok yg keluar dr lapindo adlah lumpr panas?? koq gak habis2?

    6. om enig dah buktikan bhwa bhwa lubang trdalam di dunia adlah yg di rusia, dgn kdalaman 12,3 km..
    nah tu khan lumayan dalam,, koq gak da ktemu rongga bumi?? kalo mang bner bumi tu brongga harusx dah ktemu tuch..


    dari segi sains: ilmu geografi mjelaskan bhwa bumi kt gak brongga, tp brlapis2..dan inti d tngahx cair kayak lava gt..n mngandung besi yg bnyk,, makax bs trbntuk medan magnet bumi,, hehe..gt kira2 kalo gak slh plajaran geografi di smp dulu... gak mgkn bohong khan ttg ini? soalx para ahli sdunia spakat ma ini..

    dr segi tknologi:
    pnjelajahan trhdp kutub utara n selatan, dgn pswt n citra satlit,, gak da tuch ktemu lubang bsar yg katax mnghubungkan dgn rongga bumi..
    ato yg plg gmpangx pke google earth aja..

    so, dr bukti2 tu emang bner bumi gak brongga...

    ReplyDelete
  87. d dlm bumi memang ada penghuninya bung yaitu fosil2 bung kwawkkaw

    ReplyDelete
  88. Mas, sekedar interupsi...
    Hitler gak melarikan diri ke Argentina, itu cuman teori.Menurut Geographic Channel yang q liat d Metro TV pada hari Sabtu 17 April 2010, Hitler udah terbukti tewas di bunkernya dengan cara minum Sianida, tapi karena terlalu lama dia akhirnya menembak kepalanya sendiri.Setelah itu dia dikremasi sama bawahannya....
    Mayatnya berhasil didientifikasi dari hasil analisa terhadap giginya...

    ReplyDelete
  89. Bro Enigma, udah liat berita tentang time-travel yang keambil gambarnya di vivanews.com belom? Itu beneran gak sih, Bro? http://dunia.vivanews.com/news/read/145733-bukti__time_traveler__di_foto_koleksi_museum_

    ReplyDelete
  90. bang enigma tadi saya liat di vivanews ada foto time traveler yg terlihat.foto nya diambil pas jaman dulu dan baju time travelernya paling aneh.yg lain memakai jas dan pakaian jaman dulu.dan time travelernya bawa kamera dan pakai kacamata.jaman dulu kan kamera canggih belum ada.

    ReplyDelete
  91. Bang Enigma, saya mau tanya tentang masalah Foto.
    Waktu saya baca, foto ini katanya dari 40-an, di foto itu, diperlihatkan orang orang zaman dulu, tapi diantara orang orang itu, ada satu orang yg terlihat berebda, ia memakai kacamata hitam dan kaos yg dibalut sweater, saya mau bertanya apakah foto itu benar atau HOAX, kalau belum jelas, ini link-nya....

    http://dunia.vivanews.com/news/read/145733-bukti__time_traveler__di_foto_koleksi_museum_

    makasih......

    ReplyDelete
  92. Bang, setahoe saja jang mengisi rongga di bawah kerak boemi toeh asthenosfer, boekan lava. Lava terbentoek akibat 2 lempeng boemi bertabrakan, dan melelehkan batoennja.

    Kalo masalah foto time traveler, oedah dibahas sama Mas Hawkson, tapi nggak masalah sih kalo Bang Enigma djoega maoe menjampaikan pendapatnja...

    ReplyDelete
  93. buat anymous yg ngomong "Muantabbb, kl Abang Enigma Cewex, bisa jatuh cinta lagi ane !!! (isteri baca blog ini ga ya?)"---> lah..kontradiktif lho kata-kata nya....?! :)

    kalopun ada gathering, saya rasa bang enig bisa dengan cepat mengenali siapa si siapa melalui analisis2nya...ekekekeke....

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  94. @Kirishma Sho: Asthenosfer memang satu diantara unsur pembentuk bumi. Tapi, saya tidak bicara istilah teknisnya. Oh, ya, saya salah menggunakan kata Lava, yang benar adalah magma. kalau magma keluar dari perut bumi, baru namanya Lava. sudah saya koreksi. Magma ini terdapat di bawah kerak bumi karena suhu yang semakin tinggi sesuai kedalaman.

    ReplyDelete
  95. telat komen.
    @all enigmania : "Haiiiiiiiiiiiiii...!!!!!!!!!!!"

    di blog-blog lain sudah bahas ini, malah lebih duluan. di blog ini juga dibahas, tapi baru sekarang.

    tapi ada yang lain, MADE BY HEART. ditulis dengan sepenuh hati. setiap detilnya bernyawa, termasuk komen teman-teman.

    sama seperti bubur Menado, banyak yang jual. tapi kalau buatan Ibu sendiri? Hmmmm, ada yang beda tentunya.

    senang rasanya baca komen teman-teman. gontok-gontokan argumen, tapi masih dalam koridor logika dan sains. Salut!

    Bro Enig, tau ngga teori "Habis Gelap, Terbitlah Terang"?
    xixixixixi....... :D

    ReplyDelete
  96. @Mohammad Reza:
    Mohammad Reza said...
    "Oh itu ulah si Hawkson..hahaha..saya nggak bisa nge link. Link di Enigmania n My hawkson cuma bisa dilakukan oleh admin, saya cuma member"
    saya awalnya bukan termasuk admin di group itu, saya hanya diajak oleh creatornya..terima kasih.

    ReplyDelete
  97. ane ada bukunya... Bernard R.W - The Hollow Earth...

    klo dsitu sih seakan2 nyata bgt, ama gambaran isi dlm nya jg ada... udah lama bgt sih..

    ReplyDelete
  98. gw suka dengan postingan bang enigma yang ini. puas gw bacanya.......

    ReplyDelete
  99. Gali ajtuh bumi!
    Ntar lama2 nongol di kutub...

    ReplyDelete
  100. @ mas Editor: kok buat ane rd ngganjel yah...
    ...
    tapi karena terlalu lama dia akhirnya menembak kepalanya sendiri.Setelah itu dia dikremasi sama bawahannya....
    Mayatnya berhasil diidentifikasi dari hasil analisa terhadap giginya...

    ...maap bgt yah kawan2...emang klo kremasi tuh msh ada "sisa" yah???? bukannya tbakar habis smua, jd abu??? tlg ane ksh pnjlasan dong...blm prnah liat sih, aplg ngalamin... (^_^m)

    ReplyDelete
  101. ke SratusEnamXXX,..

    akhirnya setelah request berkali2 di setiap komen di tulis juga,...(saya sangat terharu)

    saya sangat percaya kalo hollowearth tuh ada(sebagai sebuah legenda), ga terasa udah stgh taun ngikuti blog ini,..makin lama makin oke,..

    ayok gathering lho,sebagai para pakar enigmalogy mania....^^v

    ReplyDelete
  102. Habis nonton film "DESCENT", jgn2 mahluk yg mendiami perut bumi buas buas kaya difilm itu, mending ga usah digali dan cari hollow earthnya. (kebanyakan nonton film....bajakan lagi >_<)

    ReplyDelete
  103. teori mengenai hollow earth ini sampai dibikin film layar lebar,judulnya "Journey to the Center of the Earth ",,mungkin diambil dari buku karangannya Jules Verne.ceritanya,jalan masuk ke hollow earth itu lewat sebuah gua.

    ReplyDelete
  104. brother enigma ini kerja dimana kok tiap dua hari sekali posting tulisannya... apa everyday searching terus kok bisa membuat tulisan yang begitu bagus dalam waktu yang relatif cepat disertai penjelasan yang tentunya membutuhkan data yang tidak mudah mencarinya... hmm.. luar biasa... salut deh pokoke...

    ReplyDelete
  105. Bang enig...

    Coba tolong bikin topik khusus pembahasan "Pseudosains" spt teleportasi, IHC, parallel world etc. kayak di film FRINGE itu lho..spertinya menarik deh..(FA)

    ReplyDelete
  106. haha... Hollow Earth dipercaya... kalau memang ada lubang di kutub utara... mengapa air di kutub utara tidak habis...? jika memang dalam bumi ada mahkluk hidup, bagaimana dengan gravitasi... matahari di hollow earth ada di tengah, mengapa mereka bisa ada dibalik kerak, mengapa mereka tak terhisap matahari di tengah hollow earth.... If you know what I mean... can you answer those questions..??


    _isaax_

    ReplyDelete
  107. @Hawkson: sebetulnya menyebut "ulah" kurang tepat juga ya..jadi kayak gimana begitu..Hehe..maaf..

    tapi memang link di grup itu dari kamu lo..hahaha..Tapi biasanya kan si John yang ngelink dari Enigma. Ada apa gerangan dengan John? Mungkin sedang lelah.

    ReplyDelete
  108. -mysterious boy-
    mas enigma, menurut saya mungkin hollow earth ada kaitannya dgn the hum (dengungan bumi), coz misalkan ada sebuah benda berongga seperti tong yg kosong (berongga)jika ada getaran sedikit aja udah bsa mnimbulkan dengungan, tpi klw tong itu berisi (tidak berongga) kemungkinan menimbulkan dengungan sedikit.Begitu juga bumi, jika ada the hum, berarti ada kemungkinan hollow earth itu benar ada..

    ReplyDelete
  109. mr. enigma, request indigo child dong please.... >.<
    (pengen banget jd indigo child) hehe :D

    ReplyDelete
  110. pernah baca juga artikel seperti ini, malah ada yang menunjukan bukti ilmiah juga kalau bumi ini berongga. yaitu dengan mengukur cepat rambat gelombang suara dengan menggunakan frekuensi tertentu. mereka mengukut cepat rambat gelombang suara di permukaan bumi (kerak bumi) dan yang merambat lurus menembus inti bumi. jika benar bumi ini berisi, seharusnya gelombang suara yang merambat lurus melaluli inti bumi bisa dideteksi, tapi pada kenyataan nya hanya gelombang yang dipermukaan bumi saja yang terbaca. sedangkan gelombang yang diharapkan muncul melaluli perambatan lurus melewati inti bumi tidak muncul. hal ini yang memperkuat teori tentang hollow earth..

    dangseu_tea.... :)

    ReplyDelete
  111. jadi kesimpulannya Hollow Earth apa mas....??? blognya mas ini nerangkan tentang misteri yg tak terpecahkan, yg masih gantung, ato yg udah mas pecahkan?? kayaknya beda bgt ama yg dulu y...

    ReplyDelete
  112. Jadi, Hollow earth theory ada sebuah teori yang tidak bisa /belum dibuktikan kebenarannya. Bukankah sudah saya tulis di atas?

    Blog enigma adalah blog yang membahas misteri yang tak terpecahkan, yg masih gantung dan yang sudah saya pecahkan.

    Tidak berbeda, dulu juga gitu kok.

    Contohnya:
    Ini yang tidak terpecahkan - 28 April 2009
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/04/little-doug-bangkai-misterius-dari.html

    Ini yang masih gantung - 21 Mei 2009
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/05/lingkaran-energi-misterius-di-swiss.html

    Ini yang sudah saya pecahkan - 1 juli 2009
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/rekayasa-foto-ular-raksasa-borneo.html

    Sama kan dengan sekarang ???

    ReplyDelete
  113. emmm klo dlu kan enak mas banyak analisa n pemecahan masalah, tapi menurut saya postingan2 barunya kebanyakan malah yg gantung semua nih... :(

    ReplyDelete
  114. Tidak, total postingan di blog ini ada 300 lebih. kategori hoax cuma ada 19 postingan. Jadi, banyak yang mana? yang saya analisa dan pecahkan? atau yang tidak saya analisa dan pecahkan?

    Sebenarnya di paragraf terakhir postingan ini, sudah saya jelaskan kalau teori hollow earth tidak masuk akal. jadi saya sudah memberikan opini saya.

    Tahu tidak, malah dulu banyak yang protes karena saya terlalu sering menganalisa dan membuat kategori hoax. Menurut mereka saya harus berfokus pada misteri yang tidak terpecahkan saja. Ini membuat saya merubah deskripsi blog ini dari "Misteri dunia yang belum terpecahkan" menjadi "selalu ada sisi lain".

    kesukaan kamu ternyata bertentangan dengan mereka. Jadi, saya harus ikutin yang mana ya? hmmmm :)

    ReplyDelete
  115. analisa kan boleh mas tapi gak musti kita ngebenerin analisa kita itu sendiri, apa lagi kalo dapat fakta ato bukti2 cuma dari google. tapi kan bagus kalo ada sedikit usaha lebih, daripd cuma ngopi n translate dari tulisan orang. mereka yg bertentangan sepertinya kurang menyukai tantangan dan seni,

    ReplyDelete
  116. ~cHii said...

    waduh,baru oL Lg ni saya...ternyata uda ketinggaLan...

    apaan maksudnya pintu bLakang?

    oiya om,kok skrang Lapindo uda ga diberitain Lg ya...apa karna uda ngerasa biasa adja? kira kira ampe kapan Lapindo trus kLuar? kapan berenti nya ya om...uda gitu kan daLemanya bumi terus terusan keLuar kan tuh...kenapa ga bikin tanah disana ambruk?

    ReplyDelete
  117. Iya, soalnya sudah biasa. Menurut sebagian orang, ada yang bisa sampe 11 tahun, ada juga yang bilang sampe 30 tahun. Sebenarnya tanah di sidoarjo sudah turun kok. tapi untuk ambruk, tidak segampang itu karena struktur bumi tidak serapuh itu.

    ReplyDelete
  118. mkasih dah mau jelasin tentang hollow earth y om...
    keren bgt postingannya....
    keep your posting y....

    ReplyDelete
  119. total postingan di blog ini ada 300 lebih.

    waoow....! ngga kurang dikit tuh?! kapan yah, postingan saya sampe segitu? keburu botak duluan saya mikirin cerita2nya. hehehehe :)

    ReplyDelete
  120. nice info ...
    posting terus gan !!

    oya, kalo untuk kerajaan shambala
    saya pernah baca di sebuah blog, kalo itu cuma sebuah dongeng saja
    sebuah legenda tentang kerajaan yg seperti sebuah surga.
    dan keberadaannya banyak yg mengisahkan ada di pegunungan himalaya
    dan yeti pun katanya juga berasal dari kerajaan shambala
    namun sampai sekarang, belum ada satu orang pun yang bisa membuktikan keberadaan kerajaan itu
    itu setahu saya, kalo masih salah mohon diluruskan
    hehe
    :)

    ReplyDelete
  121. dulu emang bumi kita nggak berongga..tp sekarang udah...butinya...udah berongga disebabkan lapindo

    ReplyDelete
  122. ntah lah bung enigma......... misteri adalah hal yang takan pernah terungkap......dan analisis anda dikemas secara menarik..........analisis anda laku.....dan saya suka itu....saya suka artikel ini....(bukan memuji....tapi say memang suka)

    ReplyDelete
  123. Setuju bumi ga punya rongga.Wajar,zaman dulu meskpun banyak pemikir ulung tpi masyarakat jga tau jauh dari namanya dongen :). Nice blog!

    ReplyDelete
  124. mungkin dibawah esnya †

    ReplyDelete
  125. pernah ditemuin ama ilmuwan NGC, mungkinkah ini jalan masuk menuju rongga itu? sayang di videonya terlalu singkat. http://natgeotv.com/asia/big-melt/galleries/extreme-ice-greenland/18
    http://natgeotv.com/asia/big-melt/galleries/extreme-ice-greenland/17
    http://natgeotv.com/asia/big-melt/galleries/extreme-ice-greenland/13
    http://natgeotv.com/asia/big-melt/videos/extreme-ice

    ReplyDelete
  126. Abirama Vindra , Jogja .
    PERTAMA : saya pernah denger lupa dari siapa kalau ada wilayah di sekitar pegunungan indonesia yang nggak bisa dilihat dengan jelas menggunakan satelit seperti di JAM atau diapain gitu . jadi kesimpulan saya , jika bermuda sebagai welcome , back doornya adalah wilayah itu dan tempat itulah satu"nya wilayah di permukaan kita yang sudah terbuka . mungkin bung enigma bisa cari sendiri wilayahnya .
    KEDUA : saya tahu jika bung enigma mengerti tentang atmosfer yang melindungi bumi dari panasnya matahari , maka jika di bawah permukaan tanah ada peradaban , pastilah mereka juga memiliki atmosfer yang melindungi dari panasnya matahari . sedangkan magma hanyalah cairan panas tyang mengendap karena panasnya tanah dan bebatuan di bawah bumi .
    KETIGA : mungkin kita bukanlah PERADABAN yang berada di permukaan bumi . makhluk di bawah permukaan kita semakin kecil , dan makhluk diatas kita semakin besar , hal itu menyebabkan kita tak mungkin mencapai ujung angkasa karena saking kecilnya kita . dan saya yakin jika BLACK HOLE diatas kita adalah welcome atau backdoor dari permukaan diatas kita , dengan kesimpulan kedua bahwa black hole BUKAN HANYA SATU .
    KEEMPAT : mari kita gali halaman rumah kita masing" dan temukan lubang menuju wilayah di bawah permukaan kita .

    ReplyDelete
  127. Abirama Vindra , jogja .
    tambahan :
    jika bermuda menyedot benda yang melewatinya(welcome dunia bawah - pintu keluar dari permukaan kita dan keluar di permukaan bawah) , maka black hole juga melakukan hal yang sama(welcome dunia atas - pintu keluar dari dunia kita dan keluar di permukaan atas) .

    ReplyDelete
  128. kalo emang bumi itu ada rongganya apa enggak roboh om?

    ReplyDelete
  129. rongga d dalemnya isinya lampur lapindo.. :D

    ReplyDelete
  130. Hai bung enigma, saya pembaca baru di sini.
    Sepertinya nemu lagi blog yang bermutu dan inspiratif :D

    Apakah bung enig pernah membahas soal akashiku record? Trims

    ReplyDelete
  131. tlong bang posting yg peradaban2 hlang kyak lemuria/mu,atlantis gtu pkoknya buat enigma top lah trimz..:~)

    ReplyDelete
  132. wah, itu dibuatnya sebelum ada geofisika kali ya?

    sekarang udah jelas banget klo lapisan bumi itu adalah padat n cair..

    ReplyDelete
  133. Mas Enigma, bagaimana dengan lubang misterius di Guatemala? bukankah itu membuktikan kalau bumi memiliki rongga?

    ReplyDelete
  134. Banyak goa-goa alami didalam tanah dan panjang, dan suhu didalamnya juga tidak panas, itu sdh dibuktikan pada tempat2 wisata yang ada didunia ini, dan nyatanya bumi ini tidak rapuh, jadi mungkinkan bahwa bumi ini berongga?

    ReplyDelete
  135. SARAN BWT PENULIS. PERNAH DENGAR TENTANG LUBANG YANG TIDAK BERUJUNG DI AUSTRALIA MGKN BISA MEMBANTU DLM PENULISAN DI ARTICLE InI.

    ReplyDelete
  136. hepf...

    aq yakin bumi ini menyimpan sebuah rahasia besar.

    hehee

    ReplyDelete
  137. Dengan makin majunya teknologi, emang makin sulit membuktikan kebenaran bumi berongga ini karena kalau penelitian & perhitungan yg dilakukan pada bumi semuanya mengarah pada kesimpulan bahwa bumi adalah planet yg padat dengan inti yg panas

    ReplyDelete
  138. semakin memusingkan

    http://serbakulit.weebly.com/hubungi.html

    ReplyDelete
  139. g' prcaya....mustahil...
    masa mataharinya di tengah2 gitu,jadi g' ada siang-malemnya deh...
    keren banget artikel yg ini,analisisnya kena bgt...
    mantep deh pkoknya..
    -HeruE

    ReplyDelete
  140. Hahahahahay cool man..... :)

    ReplyDelete
  141. klo tidak berongga gmn dengan kejadian amblesnya tanah yg secara tiba2? apa itu bukan karna bumi berongga?

    ReplyDelete
  142. Doraemon Petualangan di Dunia Serangga mengambil teori dari Leonhard Euler's Theory :D

    ReplyDelete
  143. thanks atas infox,, asiikkk

    ReplyDelete
  144. Mungkin, dunia bawah tanah adalah dimensi lain atau versi lain dari semesta, dan rongga untuk memasukinya itu dikenal sebagai wormhole yang bisa saja berada di bawah tanah.

    ReplyDelete
  145. ijin copas ya bang E

    ReplyDelete
  146. bagaimana kalau struktur bumi yang kita pelajari di sekolah dulu merupakan sebuah konspirasi ???

    ReplyDelete
  147. Kalo menurut saya (alibi), Teori ini di ajukan untuk menjelaskan bagaimana Nabi Adam di teleportasi dari Surga (Planet raksasa yang luasnya seluas langit ditambah bumi, ada juga yang mengyebutnya nibiru) ke inti alam semesta melewati langit yang bulat tanpa retak. tapi mereka tidak ingin dikonsumsi oleh manusia lain (mereka menyembunyikan kebenaran setelah memahaminya, demikian itulah karakter sebagian para pemuka orang yahudi di Qur'an) dan boleh jadi mereka bermaksud agar suatu saat menjadi dongeng.

    Note : Pemuka Yahudi (Bani Israel) yang beriman adalah Nabi Yaqub, Yusuf, Musa, Harun, Daud, Sulaiman, Ayub, Yunus (kata sebagian sumber), Imran, Maryam, Isa, Zakaria, Yahya. Itu yang disebut di Qur'an.

    Sekarang yang bukan nabi tapi ilmuwan, Einstein, Tesla, Hawking, Sigmund Freud, Charles Darwin, Newton, dsb. cari sendiri. Semuanya para penentu (biang) peradaban kita sekarang

    ReplyDelete
  148. Alice and Wonderful Land....

    ReplyDelete
  149. mari kita bertanya pada tikus dan orong-orong,
    benarkah ada matahari di dalam bumi?

    ReplyDelete
  150. Bung Enigma, artikel mu bagus sekali, saya ada request as geologis, saat ini kita masih menganut teori tektonik lempeng, namun disebut teori bukan hukum karena hal tersebut bukanlah ilmu pasti, ada teori yang menarik yang sempat dikemukakan oleh rusia dan jepang mengenai teori pembentukan lempeng yang lainnya, bisakah anda bahas ? tapi bukan yang teori pengerutan (sudah terpatahkan) saya sendiri kesulitan mencarinya, hanya ada di jurnal2 rusia dan yang lainnya yaitu komik "jepang tenggelam", mungkin bisa dibahas ??

    teori abiogenesis dan biogenesis pembentukan minyak bumi boleh juga tuh dibahas....

    masih banyak nih dalam dunia pergeologian yang belum bisa fully terpecahkan...

    -Barz-

    ReplyDelete
  151. Pernah liat dari link lain yang menceritakan isi bumi, dan akhirnya tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam bumi dengan keadaan modern sekarang ini. Memang rongga sebenernya ada tapi hanya goa2 yang tersusun dan akan buntu atau tembus kembali keatas. Benar pula semakin kedalam bumi maka akan semakin panas.. karena adanya cairan magma yang terus bergerak.

    ReplyDelete
  152. Halo bung negma, masih exsiskah? catatan yg bagus, tapi saya masih penasaran soal bumi berongga soalnya masih ada satu bukti otentik lagi (menurut saya) kalau bumi berongga, yaitu foto dari satelit ESSA-7 milik USa yg di ambil tgl 23 nov 68 di atas kutub utara saat langit tnpa awan, ada komentar ?

    ReplyDelete
  153. baru tahu saya ternyata gravitasi bumi bukan pada inti buminya

    ReplyDelete