Monday, April 5, 2010

Misteri piramida-piramida Cina

Selama puluhan tahun, ada sebuah legenda, atau boleh dibilang rumor, yang beredar di dunia barat kalau di sebuah lokasi terpencil di Cina, ada banyak piramida misterius yang bahkan lebih besar dibanding piramida Mesir.


Selama puluhan tahun, pemerintah Cina dan para arkeolognya telah menyangkal keberadaan piramida-piramida ini, dan penyangkalan ini malah membuat dunia barat semakin tertarik untuk menyelidikinya.

Apakah benar ada piramida di Cina?

Apa yang sesungguhnya tersimpan di dalam piramida-piramida ini?

Mengapa pemerintah Cina menyangkal keberadaannya?

Namun, pada masa space imaging dan google earth, sekarang kita bisa tahu kalau piramida-piramida Cina benar-benar ada, bahkan berjumlah hingga 100 buah. Piramida-piramida ini terletak di propinsi Xaanshi di dekat kota kuno Xian.

The Great White Pyramid
Pada tahun 1983, Bruce Cathie, seorang penulis selandia baru mengaku kalau pemerintah Cina telah mengungkapkan kepadanya kalau piramida-piramida itu benar-benar ada. Namun tidak ada yang misterius, piramida-piramida itu hanyalah kuburan para kaisar.

Dalam bukunya yang berjudul The Bridge to Infinity (1983), Cathie menceritakan asal mula piramida Cina ini mulai dikenal di dunia barat. Semuanya bermula dari pengalaman seorang pilot angkatan udara Amerika bernama James Gaussman.

Saat itu, tahun 1945, Gaussman sedang terbang di antara India dan Cina dalam misi rutinnya. Ketika mesin pesawatnya mengalami masalah, ia harus menurunkan ketinggian. Pada saat itulah ia melihat piramida raksasa Cina yang misterius.

Dalam laporannya, ia mengatakan:
"Aku menerbangkan pesawat mengitari sebuah gunung dan kemudian kami masuk ke lembah. Tepat dibawah kami, terlihat sebuah piramida putih raksasa yang seakan-akan muncul dari negeri dongeng. Piramida itu putih gemerlapan. Mungkin terbuat dari logam atau bebatuan jenis tertentu. Seluruh sisinya berwarna putih. Namun yang paling menarik adalah batu di puncak piramida tersebut - sebuah material berharga seperti mutiara. Aku benar-benar takjub dengan kedashyatan bangunan itu."
Saat itu, boleh dibilang kalau piramida hanya identik dengan Mesir. Jadi, seharusnya laporan Gausmann bisa menarik perhatian lebih banyak peneliti di barat. Namun, Laporan Gaussman hanya berakhir di dalam arsip militer Amerika.

Dua tahun setelah laporan Gausmann, piramida Cina kembali muncul ke permukaan. Kolonel Maurice Sheahan, direktur Trans World Airline mengaku kalau ia juga melihat piramida raksasa Cina itu. Kesaksian Sheahan dimuat di harian New York Times pada 28 Maret 1947 dengan judul artikel "Penerbang Amerika melihat piramida raksasa Cina di pegunungan terpencil di barat daya Xian".

Dalam artikel tersebut, Sheahan mengatakan kalau piramida ini memiliki tinggi 300 meter dengan lebar 450 meter. Jika perkiraan ini akurat, maka piramida ini mengalahkan ukuran piramida Mesir yang hanya memiliki tinggi 135 meter.

Sheahan juga mengatakan kalau piramida ini terletak di lembah di kaki gunung Qin Ling sekitar 40 mil barat daya Xian. Di dekat piramida raksasa tersebut, ia melaporkan adanya ratusan gundukan kecil yang juga mirip dengan piramida. Namun kesaksian Sheahan tidak menyebutkan adanya batu seperti mutiara di puncak piramida.

Dua hari setelah artikel itu dimuat di New York Times, Kisah ini dimuat kembali di New York Sunday News. Kali ini mereka menampilkan sebuah foto piramida yang belakangan diketahui sebagai foto yang diambil oleh Gaussman tahun 1945.

Sejak saat itu bangunan ini menjadi objek perdebatan dan spekulasi.

Siapa yang membangunnya?

Untuk apa bangunan itu dibuat?

Tidak ada yang benar-benar tahu pasti karena saat itu, Cina menutup diri dari dunia luar.

Terobosan pertama baru datang beberapa puluh tahun kemudian dari seorang penulis Jerman bernama Hartwig Hausdorf. Dalam bukunya yang terbit tahun 1994 berjudul Die Weisse Pyramide (The white pyramid), ia menampilkan banyak foto piramida-piramida Cina. Hausdorf mengaku kalau ia telah diijinkan oleh pemerintah Cina untuk mengunjungi beberapa lokasi yang dahulunya terlarang untuk mengambil foto-foto tersebut.


Sekarang, piramida-piramida Cina sudah bukan rahasia lagi. Kita bisa melihat piramida-piramida ini dari google earth dan bahkan kita bisa mengunjungi langsung lokasi tersebut.

Berbeda dengan piramida Mesir yang terbuat dari batu-batu besar, piramida Cina boleh dibilang terbuat dari gundukan tanah yang dipadatkan yang dibuat sebagai kuburan para kaisar. Dua diantara piramida yang terbesar dan paling terkenal adalah Qin Shi Huang Mausoleum dan Maoling Mausoleum.

Qin Shi Huang Mausoleum
Mausoleum ini adalah piramida Cina yang terbesar. Tinggi awalnya adalah 76 meter, namun seiring dengan berjalannya waktu, piramida ini terkikis sehingga tinggal 47 meter. Dasarnya memiliki ukuran 357 meter X 354 meter.


Tempat ini adalah peristirahatan terakhir kaisar Qin Shi huang, raja pertama dinasti Qin yang membangun tembok cina dan menyatukan seluruh Cina pada tahun 221 SM.


Di dekat piramida ini juga, pada tahun 1974, tiga orang petani yang ingin membuat sumur tanpa sengaja menemukan parit-parit berisi patung-patung teracotta yang sekarang merupakan salah satu lokasi arkeologi paling termahsyur di dunia.


Menurut buku "Records of the Historian: Biography of Qin Shi Huang", sejarawan Sima Qian (145-90 SM) menyebutkan kalau mausoleum ini memiliki ruangan-ruangan yang berisi miniatur-miniatur istana dan paviliun dengan kolam air raksa yang mengalir di bawah langit-langit bertahtahkan permata yang membentuk gambar matahari, bulan dan bintang.

Dengan kata lain, isi mausoleum ini menunjukkan replika dari kerajaan sang kaisar lengkap dengan lima gunung suci di dalamnya.


Para peneliti Cina yang meneliti kandungan tanah di sekitar mausoleum memang menemukan adanya kandungan raksa yang cukup tinggi. Ini mengkonfirmasi kredibiltas tulisan Sima Qian. Menurut catatan Sima Qian, makam ini dibangun ketika Qin Shi Huang masih berusia 13 tahun. Pengerjaannya menggunakan hingga 700.000 pekerja dan diselesaikan dalam 20 tahun.

Para pekerja memindahkan tanah hingga sama tinggi dengan level air di dalam tanah, lalu lantainya dilapisi dengan perunggu cair yang kemudian ditimpa dengan batu sarkofagus. Ketika pengerjaannya selesai, seluruh pekerja yang mengetahui jalan masuk ke makam ini dibunuh untuk menjaga kerahasiaannya.

Hingga hari ini, piramida ini masih menyimpan rahasianya karena pemerintah Cina belum membongkarnya dengan alasan takut merusak beberapa bagian berharga dari kuburan itu.

Maoling Mausoleum
Mausoleum ini, yang kadang disebut piramida putih besar, memiliki ukuran dasar 222 meter X 217 meter. ini membuatnya menjadi piramida terbesar kedua di Cina.

Piramida ini adalah piramida yang fotonya terpampang di surat kabar New York Sunday news tahun 1947. Dengan kata lain, piramida inilah yang telah dilihat oleh Sheahan, dan mungkin juga oleh Gaussman. Namun, sepertinya Sheahan telah keliru memperkirakan tingginya karena piramida ini ternyata hanya memiliki tinggi sekitar 45 meter.


Mausoleum ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Kaisar Wu yang bernama Liu Che (atau Wu Di) yang memerintah dari tahun 157-87 SM. Ini berarti piramida tersebut telah berusia 2.000 tahun lebih.

Sejarah mencatat kalau dibutuhkan waktu hingga 53 tahun untuk menyelesaikan bangunan ini dan di dalamnya tersimpan banyak objek berharga. Berbeda dengan mausoleum Qin Shi Huang, mausoleum ini telah diekskavasi dan sebagian artefak berharganya disimpan di museum dan dipamerkan.

Walaupun telah diketahui kalau piramida ini sama dengan piramida di foto yang muncul tahun 1947, banyak peneliti masih dibingungkan dengan satu misteri. Menurut Gaussman, ia mengaku melihat adanya material seperti mutiara di puncak piramida itu. Namun, kita dapat melihat kalau puncak piramida ini ternyata datar, seperti terpotong.

Apakah Gausmann berbohong?

Atau, apakah seseorang telah memindahkan puncak piramida tersebut?

Atau mungkin, di suatu tempat di Cina masih ada piramida putih raksasa setinggi 300 meter dengan puncak berkilau yang belum ditemukan?

(wikipedia, cultural-china.com, unexplainedearth.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

90 comments:

  1. pertamax
    baca dulu ah...
    wkwkwkkwkwkw

    ReplyDelete
  2. yay, i'm the first..
    viva enigma...
    :)

    ReplyDelete
  3. baru tau ternyata kalo di cina ada piramida....

    ampir sama kaya punden berundak


    -jakass-

    ReplyDelete
  4. Yah cuma ketiga nih..haha..Brother, saya juga pernah dengar di Jepang ada piramida nya. Tapi deep blue sea.

    ReplyDelete
  5. wow china punya priamida? Indonesia juga punya, Candi Sukuh di Surakarta juga piramida terpotong, tapi kita tidah heboh.. betul bang Enigma?

    ReplyDelete
  6. wah...
    keren, bung enigma...
    ga nyangka china juga punya piramida seperti di mesir, walaupun ujungnya terpotong, sih..
    tapi saya masih penasaran, mutiaranya ada di mana, ya? kayaknya ada yang ngambil tuh..:)

    ReplyDelete
  7. Kagum sm ptung terracottanya,konon ktanya tiap patung tsb brbeda2,baik mimik wjah,pkaian,dan dtil2nya.Peradaban Cina memang menakjubkan,g heran ada pepatah 'carilah ilmu smpai k negeri Cina',he..he.Btw,sy jd rjin browse google earth nih,sp thu nemu piramida lainya di Cina,bosen liat lngit,UFOnya g muncul2,hi..hi..hi

    ReplyDelete
  8. keren coy..
    nice kak enigma..

    ReplyDelete
  9. trus bang,..
    tolong juga posting piramida yang didalam laut dunk bang,...

    ReplyDelete
  10. gagal lagi jadi pertamax huufft......kenapa saya selalu sial teruussss

    ReplyDelete
  11. Ini link piramida Yonaguni yang dilaut:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/piramida-yonaguni-struktur-bebatuan.html

    ReplyDelete
  12. yuhuu.. aq fans om enigma!! baca dulu yahh.
    piramida itu dibantu alien yah?

    ditunggunggu konspirasi tingkat tingginya

    ReplyDelete
  13. Myheart2105 berkata...

    waaah,, msh ttg china ya om, ternyata d china jg da piramida...untuk makam raja ya..
    tapi kenapa kurang populer y dbndgkan piramida mesir? apa krn dibngun dari gundukan tanah??
    oya om, yg jd misterix tu pngakuan adax mutiara ato bnda brharga di pncak piramida y?
    kalo aq jg msh pnasaran gmana ya crx org2 cina pd zmn itu mmbuat makam spt piramida dari gundukn tanah??

    nice post om!


    oya om tolong dslidiki brita ini ya, soalx q pnasaran bngtz,, q br puas kalo om yg mengulas:

    www.misterialam.co.cc/2009/12/makhluk-kerdil-aneh.html

    www.misterialam.co.cc/2009/12/makhluk-raksasa-di-jebal-barez.html

    ReplyDelete
  14. selamat malam bang enigma,saya syarif..menurut saya misteri ini sudah sering di posting di beberapa situs..yang membingungkan disini adalah kehebatan dan kecerdasan manusia di zaman dulu membuat struktur bangunan yang indah ini..yang belum tentu dapat diikuti oleh ilmuwan zaman sekarang..dan kenapa selalu struktur piramida yang dipilih? dan masing-2 piramida di seluruh dunia ada keterkaitan dan kemiripan..tolong donk di jelaskan bang enigma..apakah mungkin ini petunjuk nenek moyang kepada kita?

    ReplyDelete
  15. Bukan mutiara, tapi material 'seperti' mutiara. Bukankah lebih tepat disebut Giok

    ReplyDelete
  16. wah, saya tidak kepikiran dengan giok. good thinking!

    ReplyDelete
  17. teracota??? ktnya mrk itu tntara bnran yg dikutuk... (^_^m)
    hmmmm...jd inget Jacky Chan...

    ReplyDelete
  18. nife post mas

    bwt fungsi piramid di china itu emang buat apa ?

    ReplyDelete
  19. mirip gunung di belakang rumah gue bro hehehehe ^_^

    ReplyDelete
  20. galeh yang sesungguhnyaApril 6, 2010 at 7:31 AM

    bikinan decepticon tu, rencana B
    setelah mesin d mesir dihancurkan,
    the fallen will rise again,
    (ngaco mode "on")

    ReplyDelete
  21. "Atau mungkin, di suatu tempat di Cina masih ada piramida putih raksasa setinggi 300 meter dengan puncak berkilau yang belum ditemukan?"


    cari pakai google earth yuuuu...k...

    Nice post enigma...

    Tuing...

    ReplyDelete
  22. tadi pagi aku nonton berita tentang lubang disalah satu persawahan milik warga di Jabar (kalau tidak salah)...lubang yg cukup besar dan sangat dalam...

    tolong dicariin infonya yah enigma...
    meteorit kah???

    i hope so...

    ReplyDelete
  23. kereeen banget, ke china yuk bang..
    (='3'=)

    ReplyDelete
  24. andika
    iya mas sepertinya ujungnya terpotong atau sengaja di potong ya...kan ngak mungkin rata masa buat pendaratan helikopter..he..he..

    ReplyDelete
  25. pasti pemerintah mungkin aj gaussman salah ngeliat permata di puncak piramida tersebut.bisa aj tu efek pantulan matahari gaussman kan liatnya dari pesawat

    ReplyDelete
  26. Brother, apakah sudah pernah memposting tentang manusia2 yang mempunyai kemampuan khusus? Tapi tidak pada kaidah gaib lo bro

    ReplyDelete
  27. Bro Enigma bisa disebutkan pada koordinat brp pyramida tsb di google earth? Tks

    ReplyDelete
  28. lala said,,,
    hmm lumayan deh!!!
    tapi aq butuh yang lebih spektakuler..
    ditunggu postingan selanjutnya ya brother!!!

    ReplyDelete
  29. Kalau mau lihat di google earth, pada kolom fly to, masukkan saja "xian".

    ReplyDelete
  30. bung enigma,tulis soal satelit misterius yg namanya black knight dong! Baru baca dkaskus soalnya,tp keknya bakal lebih mantep klo bung enigma jg nulis soal ni

    ReplyDelete
  31. apa ada piramida di indonesia?

    ReplyDelete
  32. Pernah nonton liputannya, nih. Lupa di Discovery Channel atau National Geographic, gitu. Diceritakan lengkap, termasuk adanya sungai air raksa yang dipercaya memiliki daya magis oleh kaisar China waktu itu.

    Tapi tetap, Mr. Enigma told the same story in different way... I like it... bd

    ReplyDelete
  33. NAMA YG ANEH....April 6, 2010 at 3:33 PM

    HMMMM.......
    PERTAMAXXX AHH.......
    NAIS POST BRO......

    ReplyDelete
  34. Paman enigma... ada yg aneh dari kata2 si bang gaussman...

    "Aku menerbangkan pesawat mengitari sebuah gunung dan kemudian kami masuk ke lembah. Tepat dibawah kami, terlihat sebuah piramida putih raksasa yang seakan-akan muncul dari negeri dongeng. Piramida itu putih gemerlapan. Mungkin terbuat dari logam atau bebatuan jenis tertentu. Seluruh sisinya berwarna putih. Namun yang paling menarik adalah batu di puncak piramida tersebut - sebuah material berharga seperti mutiara. Aku benar-benar takjub dengan kedashyatan bangunan itu."

    ada yg aneh

    "Aku menerbangkan pesawat mengitari sebuah gunung dan kemudian kami masuk ke lembah. Tepat dibawah kami"

    masuk ke lembah... tapi di foto2 di atas gambarannya kyk di ladang2 sawah tidak ada menujunkan adanya lembah tapi datar semua ladang...

    kita tau lah bentuk ladang

    Lembah dapat terbentuk dari beberapa proses geologis. Lembah gletser yang umumnya berbentuk-U terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu akibat erosi gletser. Selain berbentuk-U, lembah juga dapat berbentuk-V. { WIKI }

    nah bukanya aneh.. apakah masih ada tempat laen di daerah cina yg ada piramid

    ReplyDelete
  35. Fungsi piramid itu buat apa?Penjelasan yang bawah kuburan trus yang diatas bilangnya miniatur istana bingung.Sampai sore Kok dikit yang komen biasanya dah banyak

    ReplyDelete
  36. Hmm..ada yang aneh dengan tulisan kali ini, saat saya buka blog ini, di bawah review posting ini jumlah komentarnya ini tertulis 33. Tapi setelah saya buka full posting ini 'kok' hanya ada 16 komentar? Kemana 17 komentar lagi?
    Dan satu lagi, komentar pertama diposting pukul 11.01 pm (pukul 23.01), sedangkan tulisan ini diposting pukul 20.20. Saya sangat yakin tulisan ini pasti mendapat komentar hampir seketika, karena pembacanya banyak.

    Pertanyaannya, kemana perginya 17 komentar pertama??
    Apakah ke-17 komentar itu melanggar aturan berkomentar Blog Misteri Enigma?
    Saya rasa tidak.


    @Mr. Enigma: apakah ini murni kesalahan teknis??
    Btw, nice post :)

    ReplyDelete
  37. 700.000 budak mengerjakan pembuatan piramid ini selama puluhan tahun, hanya untuk dibunuh pada akhirnya. pathetic.

    ReplyDelete
  38. @anonymous yang panggil saya paman: kamu jeli. Nah, krn itu sebagian percaya kalo msh ada piramida lain. Sebagian ngganggap gaussman berkhayal atau berbohong.

    ReplyDelete
  39. @anonymous: piramida itu adl mausoleum yg artinya bngnan utk meyimpan jasad. Jadi, di dalam piramida, ada peti mati, patung, kolam raksa dan miniatur istana. Kalo kamu sdh nonton film the myth jackie chan, mungkin kamu lbh bs ngerti.

    ReplyDelete
  40. @anonymous yg lain lg: blm tentu 700rb org dibunuh utk jaga rahasia. Yg saya tulis adalah pekerja yg tau pintu masuk menuju makam.

    ReplyDelete
  41. @chris: kamu benar. Semua komentar sblm jam 11 malam hilang. Tdk saya hapus. Sepertinya blogger lg error.

    ReplyDelete
  42. bang enigma request bang soal sulap gt aq pny banyak video sulap rahasia sulap david coperfield
    aq mw nulis di blog masih kurang ilmu analisaku jadi takut g pas ntar

    ReplyDelete
  43. @apri: sulap? Percaya deh, kalau saya posting soal sulap, pasti saya akan dikomplain krn keluar pakem. Hehe. Menulis blog, tdk harus menganalisa kan. Buat yg informatif saja. Saya dukung.

    ReplyDelete
  44. kata kata terakhir oom enigma makin bikin saya penasaran..hehe good post mr enigma.>!!

    sakura falls--

    ReplyDelete
  45. Ka Enigma ... Tolong selidikin tentang Kasus Domba2 di Inggris yg katanya di serang oleh Alien Apakah itu benar atau cuma HOAX ??

    ReplyDelete
  46. Dimana2 pyramid utk makam ya....kiraen base Army juga....salut ulasannya...gw sllu pantau google earth dn sdh menandai pyramid china ....tpi baru kali ini tau kisahnya....mantaplah gan

    ReplyDelete
  47. wah, keren postingannya bang..
    kalo boleh minta request, tampilin foto kebakaran pasar kebayoran lama ya, ane mau tau ap hoax atau bukan..
    thx bang enigma..

    ReplyDelete
  48. Bro Topazo, akhirnya permintaan Anda diposting juga sama Bro Enigma. Like old time, Bro Enigma selalu tepati janjinya. :)
    Saya aja kaget Bro, waktu liat di G-Earth! ternyata ada yang duluan kaget, yaitu Mr.Gausmann dan Kolonel Maurice Sheahan yang liat dengan mata kepala sendiri.
    comment-nya hilang? ada 17? waduh,Bro. Apakah untuk mengetahui misteri, selalu diiringi oleh misteri lain?
    YM Kaisar Qin Shi Huang dan para leluhur, mohon diizinkan Bro Enigma memposting dan menganalisa peninggalan Kaisar, untuk kebaikan seluruh umat manusia.

    blog yang penuh misteri.............. :)

    ReplyDelete
  49. wah bang enigma lihat tuh gambar yg ada kerbau.
    di sisix ada bentuk tengkorak knp bisa begitu.

    dari anak mks

    ReplyDelete
  50. Pareidolia. Menurut saya nggak mirip tengkorak. matanya kegedean.

    ReplyDelete
  51. apa artinya parelodia?

    dari anak mks

    ReplyDelete
  52. oh iya bang bisa nggak bahas tentang werewolf

    dari anak mks

    ReplyDelete
  53. Preidolia itu fenomena psikologis seperti kamu lihat awan yang berbentuk kucing, api yang berbentuk muka orang dll.

    Werewolf boleh juga sepertinya.

    ReplyDelete
  54. udjo42@yahoo.co.id
    gw suka kata2 terakhirnya, walaupun tulisan ini menjelaskan fakta sebuah misteri, tapi tetep di akhir tulisan ada kata-kata yang bikin tulisan ini tetep jadi misteri yang belum terpecahkan, mangstabb

    ReplyDelete
  55. Myheart2105 berkata...

    he???? (episode: keheranan di tengah malam..wkwkwk :o )
    kmenq yg prtma khapus..?!?
    ooo..lg error yach?

    @om Enigma: gmana carax mmbgn piramida yg d dlmx itu ada makam? kan piramidax dr gundukan tanah?? msh misteri nih..

    trus knapa kykx piramida cina ini krg populer dbndg piramida d mesir? apa krn prmda msir lbh rumit, krn trbuat dr susunan batu? kalo gk salah, kan jg sama2 makam raja??


    oya om request ini dunk om, tlg dikupas tntas y, soalx q br puas kalo om enig yg ngebahas. ini linkx:

    www.misterialam.co.cc/2009/12/makhluk-kerdil-aneh.html

    www.misterialam.co.cc/2009/12/makhluk-raksasa-di-jebal-barez.html

    ReplyDelete
  56. Maafin saya boss Enigma... Udah lama di luar kota n gak liat blog ini, permohonan saya dimuat juga... Makasih berat ya boss...

    ReplyDelete
  57. letak pastinya di google earth dimana, saya cari kok g ada.

    ReplyDelete
  58. Saya sdg tdk online, jd tdk bs kasih kordinat. Tp kalau km search di google dgn memasukan keyword"china pyramid+google earth coordinat", saya yakin kamu akan menemukannya.

    ReplyDelete
  59. Bung Enigma, posting "Terracotta" nya dong, buat apa patung2 itu dibuat, piramidanya kan udah.....oke. Makasih banyak

    ReplyDelete
  60. mirip film seri the myth, dimana dalam makam tersebut memuat semua miniaturnya.

    ReplyDelete
  61. Mau request the knight templar donk om. . .

    ReplyDelete
  62. mugkin laporan Gausmann nggak disebarkan karena ada yang merasa berkepentingan dengan 'mutiara' di puncak piramida. wah, maaf, jadi sok berhipotesisi :D

    ReplyDelete
  63. borobudur pun macam piramid pula. ha, di borobudur ada gambar kapal, bang. itu hoax apa semacamnya, bang?

    ReplyDelete
  64. beritanya di up date terus dun bang..............
    seru bgt critanya......

    ReplyDelete
  65. atung teracotta mirip yg ada di film The Mummy Return 3. yg terbuat dr tanah liat itu. keren.... hehehehe :)

    ReplyDelete
  66. yups... kayaknya emang ada air raksa, di sekitar pyramida, terbukti dengan kandungan merkuri yg begitu tinggi di sekitar pyramida tersebut (sumber dari NG),mngkin itu juga yg dilihat oleh gussman

    ReplyDelete
  67. Mas,tloNg doNk jlazin ge tntang sgitiga bermuda.q mzh bingung tntang kemisteriusanya.

    ReplyDelete
  68. kanz
    dear mas enigma, sy penggemar bru ni situs.. coz gila artikelnya pd keren2..
    Mas, sy req donkz..sy pernah baca majalah lama ttg hantu d istana versailles, prancis. Ad 2 guru inggris yg bersaksi mreka tuh kyk dbw k abad k 18 n ktmu ma marie antoinette, istrinya raja louis XVI.. Tlg dbahas donkz mas enigma.tuh brita bnran pa hoax???
    mkasih

    ReplyDelete
  69. Bung enigma,,,sprtinya ada kekeliruan trhadap data anda mas tntang piramida ini,,,dan memungkinkan piramida ini adalah hal yang TIDAK PERNAH ADA,,saya kutip tulisan anda..

    "Walaupun telah diketahui kalau piramida ini sama dengan piramida di foto yang muncul tahun 1947, banyak peneliti masih dibingungkan dengan satu misteri. Menurut Gaussman, ia mengaku melihat adanya material seperti mutiara di puncak piramida itu. Namun, kita dapat melihat kalau puncak piramida ini ternyata datar, seperti terpotong."

    dan dari sumber anda

    "Sheahan places the location of the pyramid at the end of a long inaccessible valley at the foot of the Qin Ling Mountains about 40 miles southwest of Xi'an (LETAK GUNUNG LINGHSAN). Near the main structure, he describes a smaller pyramid and at the near end of the valley are hundreds of small burial mounds visible from the Longhai railroad (INILAH MAKAM KAISAR SEBENARNYA). In describing the structure he says, "I was impressed by its perfect PYRAMIDAL FORM (BERBENTUK PIRAMIDA, BUKAN PIRAMIDA ITU SENDIRI) and its great size." However, nowhere in the article does Sheehan describe the pyramid as being white, nor does he mention a crystalline capstone(IA TIDAK MENDESKRIPSIKAN WARNA, KARENA IA MENGANGGAP ITU BATU PUTIH BIASA)

    dari sini saya tambahkan bahwa yang dilihat Gausmann adalah bukan "White Pyramid" melainkan Gunung Liangshan karena dari deskripsi Gausmann dan Sheahan tntng "pyramid" trsbut sangat sama persis dengan gunung tersebut. sprti
    1.Ukuran Pyramid....300x450 m
    2.Ukuran Liangshan....300x500m
    3.nama "white pyramid" karena dilihat dari ktinggian dan Liangshan memiliki bebatuan yang solid dan brbntuk plat yang brwana putih.
    4.Liangshan memiliki teras tangga seperti piramid.
    5.Deskripsi letak, warna dan ukuran sama persis
    6.memiliki warna alami putih dan akan berubah warna dari sudut pandang penglihatan

    namun Pyramid yang asli di cina memang berbentuk sprti itu (trpotong d tengah) hnya saja tidak berkilauan sprti ada logam,,

    dari ref. saya www.bosnian-pyramid.com ini sangat kredibel, karena peneliti melakukan research langsung ke tempat dan terdapat fotonya di situs trsbut, peneliti juga bekerja sama dengan Dr.Aly Abdullah Barakat Ahli Geologi di Cairo...namun jika SAJA Gausmann mendeskripsikan nya lebih jelas dan valid,,MUNGKIN ia memang melihat "white pyramid" yang asli karena 90% pyramid di Cina masih belum di verifikasi,,namun karena deskprisi Gausmann sprti itu maka ya,,,"white Pyramid" itu Liangshan Mt...itulah hasil penilitan yang dilakukan 2008 dan d posting tahun 2009,,,,sprtinya Bung Enigma kali ini trpeleset "HOAX" nh hehe,,,

    ohya tmbahan Liangshan trnyata trdapat campur tangan manusia dalam pengolahan nya lho,,,ini di lihat dari Liangshan trdapat jejak2 penggunaan perkakas,mungkin gunung ini dulu blum bntuk pyramid,,trus d bntuk pyramid kali ya dengan memotong2 batu2nya,,mungkin sprti itu hehe,,,

    salut dengan tulisan anda,,,saya malah jarang mnulis2 hehe

    ReplyDelete
  70. tetep kerenan piramida di mesir yaa..amazing

    ReplyDelete
  71. Bung Enigma, piramid di Cina pernah di bahasa di National Geographhic. Mengenai piramid kaisar Wu yang tidak ada puncaknya, hal itu terjadi karena adanya perang pergantian kekuasaan. Rakyat dipaksa bekerja keras untuk menyelesaikan piramid, yang akhirnya mengadakan revolusi. Raja-raja aetelah itu juga masih membuat piramid untuk makamnya, yang sekalian dibuat sebagai benteng pertahanan di perbatasan negara. Yang terbesar dan tidak pernah dibuka adalah piramid yang dibuat di dalam sebuah gunung.

    ReplyDelete
  72. satelah saya membaca buku karangan prof. Santos tentang Atlantis di Indonesia, beliau memiliki hipotesis sendiri tentang piramid.

    menurut dia piramid adalah bangunan yg didirikan menyerupai gunung atlan. atlan adalah gunung raksasa meletus pada saat peristiwa tenggelamnya atlantis. gunung tersebut (menurut prof. santos) adalah gunung krakatau.

    para penduduk atlantis yang selamat pada waktu itu mengungsi dan menyebar keseluruh dunia, menciptakan berbagai kebudayaan yang bervariasi. untuk tetap mengingat tentang "kampung halaman" beserta "gunung"-nya yang besar, mereka membangun piramid. karena itulah banyak ditemukan bangunan mirip piramid di seluruh dunia seperti di mesir, indonesia, aztec dll.

    ReplyDelete
  73. baca dulu ya...
    http://serbakulit.weebly.com/hubungi.html

    ReplyDelete
  74. Kalo udah ngomongin China..... Hati gw berdebar-debar...... karena disana tersimpan banyak sekali misteri...

    ReplyDelete
  75. anda benar-benar pengungkap mistery yg hebat

    ReplyDelete
  76. di indonesia juga di temukan piramida2 yang masih di rahasiakan oleh pemerintah.. thn 2011 ini pemerintah indonesia secara rahasia meminjam alat bantu ke jepang dengan harga 8miliar/jam untuk mencari piramida di laut indonesia..
    bisa tolong dicari tahu lebih rinci?? beberapa gunung di daerah garut juga ada yang mengatakan tersembunyi piramida yang besar... menurut kabar, indonesia dulunya adalah lemurian, dan di dalam piramida2 yang masih di cari pemerintah terdapat banyak harta peninggalan bangsa lemurian.. indonesia adalah lemurian dan atlantis ada di dekat benua eropa...

    ReplyDelete
  77. @vera: dpt info dr mana indonesia itu lemuria, kl bener hebat donk..lemuria kan jauh lebih tua dari atlantis...
    tp yg jd pertanyaan kl gak slh lemuria kan cinta damai beda sama atlantis yg doyan perang dan kbr angin menyebutkan peradaban lemuria hilang krn diserang atlantis.
    kira2 indonesia miripan yg mana??

    ReplyDelete
  78. Piramida, Piramida everywhere haha.... postingan yang menarik, visit juga www.ipb.ac.id

    ReplyDelete
  79. Udah hampir 8 bulan nih belum posting2 artikel baru lagi bang enigma

    ReplyDelete