Friday, May 28, 2010

Misteri Philadelphia Experiment

Menurut legenda, pada musim gugur tahun 1943, sebuah kapal perang milik angkatan laut Amerika tanpa sengaja mengalami teleportasi dari Philadelphia ke Norfolk, Virginia, yang berjarak 200 mil jauhnya. Peristiwa ini disebut merupakan efek samping dari sebuah eksperimen yang dikemudian hari disebut Philadelphia Experiment.


Kisah mengenai Philadelphia Experiment umumnya dipercaya sebagai sebuah Hoax. Namun, beberapa aspek dari kisah ini sepertinya memberikan bahan bakar yang cukup untuk para penganut teori konspirasi. Jadi, mari kita mereview kembali peristiwa misterius ini.

Kisah Philadelphia Experiment pertama kali dimulai dua orang, yaitu Morris K Jessup dan Carlos Allende. Carlos Allende yang mengaku sebagai saksi mata eksperimen itu menceritakannya kepada Jessup. Dan selanjutnya, kisah Philadelphia Experiment menyebar hingga menjadi salah satu legenda yang berkembang di Masyarakat.

Kisah ini dilatarbelakangi oleh kondisi dunia pada masa perang dunia.

Unified Field Theory
Pada awal tahun 1930an, Universitas Chicago menyelidiki kemungkinan membuat sebuah objek menjadi tidak tampak (invisible) lewat penggunaan medan listrik. Prinsip di belakang kemungkinan ini adalah Unified Field Theory yang dikemukakan oleh Albert Einstein.

Einstein dan perwira angkatan laut (Princeton, 24 Juli 1943)

Teori ini percaya kalau gravitasi dan elektromagnetik memiliki hubungan, sama seperti hubungan antara massa dan energi. Namun, teori ini dianggap belum terpecahkan karena tidak ada satupun ilmuwan yang bisa mendapatkan persamaan matematis untuk menjelaskannya.

Apabila teori ini dapat diaplikasikan, maka banyak yang percaya kalau kita dapat menggunakan sebuah generator besar untuk membengkokkan cahaya di sekeliling sebuah objek sehingga membuatnya menjadi tidak tampak (invisible).

Tahun 1939, proyek universitas Chicago itu dipindahkan ke Princeton's Institute of Advanced Studies, tidak jauh dari Philadelphia. Di tempat ini, para peneliti mempresentasikan hasil penemuan mereka kepada militer Amerika yang tertarik pada aplikasinya di medan perang.

Saat itu, dunia berada dalam keadaan perang. Tentu saja, militer setiap negara berlomba untuk menciptakan senjata terhebat yang akan digunakan dalam medan perang, termasuk militer Amerika.


Dari konteks situasi dan kondisi inilah, muncul sebuah kisah misterius. Tetapi sebelum masuk ke kisah itu, mari kita lihat apa yang terjadi pada tahun 1957.

Morris Jessup dan ONR

Pada tahun 1957, seorang penulis buku yang bernama Morris K Jessup mendapatkan undangan tak terduga dari US Navy's Office of Naval Research (ONR), sejenis badan penelitian milik angkatan laut Amerika.

Morris K Jessup

Jessup bukan penulis sembarangan. Dalam bukunya yang berjudul "The Case for the UFO", ia menceritakan teorinya mengenai teknologi mesin pendorong yang mungkin digunakan oleh piring terbang. Ia juga menulis kalau teknologi anti gravitasi atau manipulasi elektromagnetis mungkin bertanggung jawab atas cahaya-cahaya aneh yang menyertai penampakan UFO.

Berkaitan dengan teorinya, Jessup percaya kalau Unified Field Theory yang dikemukakan oleh Albert Enstein akan memiliki pengaruh signifikan di masa depan.

Ketika sampai di kantor ONR dan menghadap salah seorang perwira angkatan laut, Jessup menemukan sesuatu yang tidak disangkanya.

Ia melihat buku yang ditulisnya tergeletak di meja sang perwira. Tetapi, di dalam halaman-halaman buku itu, ada catatan-catatan kecil yang sepertinya berusaha menjelaskan isi buku tersebut.

Lalu, perwira tersebut menanyakan kepada Jessup apakah ia yang telah mengirim buku tersebut, atau ia mengetahui siapa yang telah mengirimnya.

Jessup menjawab tidak tahu. Dan memang ia tidak mengetahui apa-apa soal itu. Tetapi, ia teringat dengan sesuatu.

Catatan-catatan kecil pada buku itu mengingatkannya pada seseorang.

Carlos Allende yang Misterius
Dua tahun sebelumnya, pada tahun 1955, Jessup pernah bertemu dengan seseorang yang bernama Carlos Allende yang mengklaim pernah menyaksikan kapal perang USS Eldridge menghilang dan muncul kembali.

Ia mengaku menyaksikannya dari atas kapal SS Andrew Furuseth yang berlabuh di dekat USS Eldridge.

Allende percaya kalau pihak angkatan laut telah mengadakan sebuah eksperimen rahasia yang telah menyebabkan peristiwa misterius itu.

Ia juga mengutip sebuah artikel surat kabar yang menyebutkan mengenai dua pelaut awak USS Eldridge yang pernah terlihat lenyap begitu saja dari pandangan mata di sebuah bar.

Allende ternyata pernah menghadiri salah satu seminar Jessup dan memutuskan untuk mempercayakan kesaksiannya kepadanya. Tetapi, Morris Jessup percaya kalau Allende adalah seorang pembohong.

Jessup pernah meminta Allende untuk membuktikan kesaksiannya. Namun, Allende mengaku tidak dapat memberikan bukti dan hanya menawarkan pengakuan lewat pengaruh hipnotis. Belakangan, diketahui juga kalau nama aslinya bukan Carlos Allende, melainkan Carl.M Allen.

Walaupun tidak dipercaya oleh Jessup, Allende tetap meneruskan niatnya untuk menyebarkan kisah itu. Lalu, ia membuat catatan-catatan kaki pada buku Jessup dan mengkaitkannya dengan eksperimen angkatan laut yang dilakukan di Philadelphia itu. Ia mencetak buku yang telah diberi catatan kakinya sebanyak 100 eksemplar dan buku inilah yang salah satunya jatuh ke tangan angkatan laut Amerika. Dari sinilah kisah Philadelphia Experiment mulai menyebar.


Sekarang, mari kita lihat kisah mengenai Philadelphia Experiment versi Allende.

Philadelphia Experiment
Pada tanggal 22 Juli 1943, sebuah percobaan rahasia disebut dilakukan di atas kapal USS Eldridge yang sedang berlabuh di Philadelphia.

Tujuan eksperimen ini tidak lain adalah untuk menciptakan sebuah medan energi yang dapat membuat kapal tersebut menghilang dari pandangan manusia dan radar.


Percobaan ini konon berhasil membuat kapal itu hampir menghilang. Namun, eksperimen ini membawa efek samping terhadap para awak kapal. Beberapa awak kapal mengaku mengalami pusing dan mual. Bahkan, sebuah kisah aneh muncul dari salah seorang awak kapal yang disebut berpindah tempat secara ajaib ke bagian bawah kapal dengan satu tangannya masuk ke dalam rangka baja kapal.

Setelah peristiwa aneh ini, pihak angkatan laut meminta eksperimen ini diubah, bukan lagi supaya kapal dapat menghilang dari pandangan mata, tetapi hanya menghilang dari pantauan radar.

Pada tanggal 28 Oktober 1943, Eksperimen lanjutan dilakukan kembali di atas USS Eldridge.

Eksperimen ini disaksikan oleh banyak orang di atas kapal. Lalu, generator mulai dinyalakan. Saklar mulai digerakkan. Dengan segera, kapal itu menghilang dari pandangan mata dan semuanya terlihat berjalan lancar.

Kapal itu disebut lenyap selama 4 jam sebelum akhirnya muncul kembali di tempatnya semula. Terlihat ada kabut kehijauan misterius menggantung di dek kapal.

Kemanakah kapal itu menghilang selama 4 jam?

Beberapa saksi menyebutkan kalau kapal itu terlihat di pelabuhan Norfolk yang berjarak lebih dari 200 mil dari Philadelphia.

Inilah asal usul berkembangnya legenda yang menyebutkan kalau kapal itu tanpa sengaja mengalami teleportasi.

Ketika kapal itu terlihat kembali di tempatnya semula, sepertinya eksperimen ini telah berjalan dengan sukses. Tetapi, ada sesuatu yang tidak beres. Di atas kapal, terlihat sebuah pemandangan yang mengerikan.

Horor di atas USS Eldridge
Beberapa awak kapal berteriak karena tubuh mereka terbakar, awak yang lain terlihat seperti orang gila. Sebagian lagi terlihat sakit dan sejumlah lainnya tewas di tempat.

Tetapi, yang paling misterius adalah adanya awak kapal yang menghilang begitu saja dari pandangan mata.

USS Eldridge Destroyer Escort 173

Peristiwa ini begitu luar biasa sehingga banyak orang meragukan kesaksian Allende. Karena itu, banyak yang berpendapat kalau kisah ini hanyalah hoax semata.


Philadelphia experiment - Hoax?

Walaupun Allende menyebutkan kalau peristiwa ini disaksikan oleh banyak orang, namun, angkatan laut Amerika menyangkal keberadaannya. Dengan kata lain, Philadelphia Experiment tidak pernah terjadi.

Bahkan angkatan laut mengklaim kalau tidak ada satupun saksi atau bukti yang pernah ditemukan terkait eksperimen Philadelphia.

Misalnya, catatan pelayaran USS Eldridge menunjukkan kalau pada Oktober 1943, kapal itu sedang berada di New York, bukan di Philadelphia.

Lalu, The Office on Naval Research (ONR) terbentuk tahun 1946. Sehingga pada saat eksperimen Philadelphia diadakan, badan ini sama sekali belum ada.

Pada tahun 1999, para veteran yang pernah bertugas di atas USS Eldridge mengatakan kalau kapal itu tidak pernah berlabuh di Philadelphia.

Dengan tegas, pihak angkatan laut beranggapan kalau legenda Philadelphia experiment hanyalah sebuah science fiction yang tersebar lewat seorang hoaxer, tentu saja yang dimaksud adalah Allende.

Tahun 1980, Robert Goerman menulis dalam Fate magazine kalau Carlos Allende yang menyebarkan kisah Philadelphia Experiment sebenarnya memiliki sejarah gangguan psikologi yang mungkin telah menyebabkannya mengarang cerita mengenai Philadelphia Experiment.

Memang, angkatan laut menyangkal adanya peristiwa itu. Catatan-catatan mengenai kapal tersebut juga tidak menunjukkan kalau di atas USS Eldridge pernah diadakan eksperimen mematikan itu. Namun, sebagian orang percaya kalau Philadelphia Experiment benar-benar terjadi dan pemerintah dengan segala upayanya berusaha menutupi peristiwa itu.


Buktinya adalah kematian Morris Jessup yang mencurigakan.

Kematian Morris Jessup

Setelah bertahun-tahun sejak buku pertamanya terbit, Jessup mempublikasikan buku keduanya. Namun buku ini tidak terlalu laris di pasaran dan penerbitnya menolak untuk menerbitkan buku-buku berikutnya.

Pada tahun 1958, istrinya menceraikannya. Teman-temannya mulai melihat Jessup menjadi depresi dan lebih labil. Tidak berapa lama kemudian, ia mengalami kecelakaan lalu lintas yang proses penyembuhannya cukup lama.

Tragedi yang terus menerus ini, sepertinya membuat ia menjadi patah semangat. Pada tanggal 20 April 1959, ia mengakhiri nyawanya dengan mengunci diri di dalam mobil menyala dan mengalirkan karbon monoksida ke dalamnya.

Walaupun terlihat wajar, namun banyak orang percaya kalau kematian ini berhubungan dengan usaha pemerintah untuk menutupi eksperimen Philadelphia.

Contohnya, otopsi terhadap mayat Jessup tidak pernah dilakukan. Ini bertentangan dengan hukum negara bagian saat itu. Sersan Obenclain, yang tiba di tempat kejadian bunuh diri mengatakan off the record:

"Semuanya terlihat terlalu profesional".

Apakah pemerintah Amerika telah membunuh Jessup?

Teori Konspirasi Philadelphia Experiment
Selain kematian Jessup, ada teori lain yang berhubungan dengan teori konspirasi di balik Philadelphia Experiment, yaitu adanya kemungkinan kalau pemerintah Amerika telah berhasil menguasai teknologi yang berasal dari Unifield Field Theory.

Einstein disebut tidak pernah memecahkan misteri Unified Field Theory. Namun, penulis bernama William Moore percaya kalau Einstein sebenarnya telah memecahkan persamaan matematikanya yang kemudian dihancurkan sendiri olehnya sebelum ia meninggal.

Selain Einstein, Nikola Tesla disebut pernah mengaku kalau ia telah berhasil memecahkan misteri Unified Field Theory sebelum kematiannya di tahun 1943. Menurut anggota keluarga Tesla, FBI datang tidak lama setelah Tesla meninggal dan menyita seluruh catatan-catatan penelitiannya.

Salah satu bukti yang menguatkannya adalah: eksperimen Philadelphia dilakukan tidak lama setelah Tesla meninggal.

Penjelasan Alternatif
Jadi, ada dua pendapat berbeda mengenai Philadelphia Experiment. Di satu pihak, kisah itu dianggap sebagai sebuah hoax. Di pihak lain, eksperimen itu dipercaya benar-benar terjadi walaupun disangkal oleh pemerintah Amerika.

Menariknya, di tengah dua pendapat ini, ada satu pendapat yang sepertinya bisa menjadi jalan tengah. Pendapat ini datang dari penulis bernama Jacques Valle yang juga seorang peneliti UFO.

Ia percaya kalau kisah itu bukan hoax, melainkan hanya sebuah salah tafsir.


Menurut Vallee, pada tahun 1943, kapal angkatan laut yang bernama USS Engstrom, tempat Allende menyaksikan menghilangnya USS Eldridge, memang berlabuh di dekat USS Eldridge.

Nah, di atas kapal USS Engstrom, sebuah prosedur dilakukan untuk menghasilkan medan elektromagnetik yang kuat untuk membuat kapal itu tidak bisa terdeteksi oleh ranjau dan torpedo yang dipicu secara magnetis. Tetapi, proses ini tidak membuat kapal menjadi invisible bagi mata atau radar.

Proses ini disebut degaussing dan diciptakan oleh imuwan Kanada dan Inggris dan biasa digunakan pada perang dunia II. Bahkan proses ini masih digunakan hingga sekarang.

Menurut Vallee, mungkin proses degaussing di Engstrom dibesar-besarkan oleh sebagian orang sehingga menghasilkan kisah Philadelphia Experiment.

Masih menurut Vallee, seorang veteran yang pernah bertugas di atas Engstrom mengatakan kalau USS Eldridge bisa saja berlayar dari Philadelphia ke Norfolk dan kembali lagi hanya dalam waktu sehari dengan melewati Kanal Chesapeake dan Delaware. Pada tahun itu, kanal ini tertutup bagi kapal umum dan hanya boleh dilewati oleh kapal militer.

Ini mungkin menjelaskan kesaksian orang yang melihat USS Eldridge di Norfolk pada hari yang sama dengan dilakukannya Philadelphia Experiment. Pada saat itu, penggunaan kanal itu dirahasiakan dari publik sehingga publik tidak akan mengerti bagaimana caranya USS Eldridge bisa ada di dua tempat yang berjauhan dalam satu hari.

Lalu, salah tafsir lain yang dipercaya oleh Valle adalah mengenai kutipan surat kabar yang menceritakan adanya dua awak kapal USS Eldridge yang lenyap dari pandangan mata di bar.

Seorang veteran pernah mengaku kalau ia adalah awak kapal yang "lenyap dari pandangan mata" di bar. Menurutnya, saat itu terjadi perkelahian di bar. Seorang pelayan bar yang baik hati segera mengeluarkannya lewat pintu belakang sebelum polisi tiba karena saat itu ia masih di bawah umur. Jadi, tidak benar kisah yang mengatakan kalau ia lenyap begitu saja di udara.

Semuanya terdengar masuk akal.

Nah, sekarang kita punya tiga pendapat yang berbeda. Yang manakah yang lebih masuk akal?

Saya serahkan kepada pandangan kalian masing-masing.

Tetapi, sebelum saya tutup, ada satu pertanyaan yang cukup mengganggu pikiran saya. Jika Philadelphia Experiment adalah sebuah Hoax dan tidak pernah terjadi, mengapa pada tahun 1957, pihak angkatan laut Amerika sampai merasa perlu mengundang Morris Jessup untuk megklarifikasi bukunya?

Mengapa tidak mengacuhkannya? bukankah itu cuma science fiction?

(wikipedia, history.navy.mil, crystalinks.com, skepdic.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

107 comments:

  1. Pertamax kah??

    Baca dulu ah..

    Peace^^V

    ReplyDelete
  2. pertamax.. nice posting

    ReplyDelete
  3. Keduax....
    Baca dolo, mungkin bgs... ^^

    ReplyDelete
  4. wadhuw' pertamaxx.....
    baca baca dulu


    juni bukan juli^_~

    ReplyDelete
  5. Aaaaaargh....!!! gagal pertamax...
    Baca dulu gan,,

    -accank-

    ReplyDelete
  6. pertamax premium!! jarang-jarang nih!

    cool!
    konspirasi bgt. amrik emang pinter nutup2in peristiwa penting. jadi konspirasi tambah misterius. gk kyk indonesia, kurng cerdas tuh!

    ReplyDelete
  7. ckck
    kelimax
    wolfboy

    ReplyDelete
  8. sepertinya teori konspirasi terlahir dari kecurigaan yang berlebihan...

    ReplyDelete
  9. ketujuxx...
    wkwkwk..
    ijin nyimak dolo gan ^__^

    ReplyDelete
  10. wah....sekarang braderku yang mulai terinfeksi teori konspirasi...wakakakakakaka

    ReplyDelete
  11. mantaff artikelnya bung....
    kalau saya sih percaya sama para pendukung teori konspirasi atas kasus ini

    ReplyDelete
  12. Om enigma, kok pemerintah selalu berusaha menutup-nutupi hal2 seperti itu sih?
    Memangnya kenapa kalau masyarakat luas tau?

    ReplyDelete
  13. @Fajar: belum tentu lho Philadelphia experiment beneran terjadi dan ditutup2i. Tapi menurut saya pemerintah memang harus menutupi beberapa hal yang bisa membawa dampak buruk yang tidak penting. Tujuannya untuk kebaikan juga.

    ReplyDelete
  14. di tunggu komen dan analisis cerdas dari hawkson, vahn ryu, bah ware, u-tell, MyHeart, Ms. Terry, terutama chris.

    ReplyDelete
  15. mayan urutan ke 15....jarang jarang..
    om enigma mantap2 tulisannya....4 jempol deh..

    ReplyDelete
  16. kalau einstein benar2 memecahkan unified field theory , sungguh keputusan yg bijaksana menghancurkannya sebelum kematiannya ...
    kalau soal cahaya dan elektromagnetik adalah suatu yang make sense ,
    sayangnya kalau ini bukan hoax , percobaan macam apapun kalau makan korban manusia emang tidak manusiawi .. :P

    nice post! :D

    ReplyDelete
  17. ...ada hal yg menggelitik ane ;
    Jika Philadelphia Experiment adalah sebuah Hoax dan tidak pernah terjadi, mengapa pada tahun 1957, pihak angkatan laut Amerika sampai merasa perlu mengundang Morris Jessup untuk megklarifikasi bukunya?...nice words bro En...

    @Fajar: mnurut ane wajar klo pmrintah nutup2in hal spt itu ; aplg di masa perang...jaman skr aja gt kok...
    klo g salah inget, dgn alasan "menjaga agar tidak tercipta kepanikan massal"
    ...hehehee (^_^m)
    outstanding bro...!!!

    ReplyDelete
  18. Halo boz
    Bahas tentang Sai Baba dong, akhir2 ni dia lagi ngetren. Katanya dia bisa membuat emas, menghidupkan orang mati dll. Apakah dia juga alkemis seperti Fulcanelli?
    Tolong bahas ya...
    Nuwun

    ReplyDelete
  19. sama kayak Rainbow Project ya....

    ReplyDelete
  20. selamat malam bang enigma..saya syarif.another great conspiracy teory..hehe..bang enigma bahas lagi donk tentang 2012,karena saya baru lihat di situs inilah.com.disana di bahas tentang misteri 2012 yang terkini,dan diinfokan bahwa NASA juga menyakini di situsnya akan adanya bencana yang akan memusnahkan 1/3 umat manusia.dan banyak juga fakta terbaru tentang 2012..bahas lagi ya ttg 2012..ok!

    ReplyDelete
  21. bagus nih....

    ReplyDelete
  22. waduh,, jangan2 bro Enigma mulai tertarik jadi penganut Teori Konspirasi seperti saia,, hehehehehe,, :D

    postingannya mantab!!

    ReplyDelete
  23. hmmm.. kasus yg penuh dg konspirasi..
    menantang dan membuat penasaran..

    ReplyDelete
  24. Mungkin pada buku tersebut ada hitungan yang harus dibenarkan,,haha

    ReplyDelete
  25. Eksperimen bisa saja dilakukan,tentu saja ada bagian2 degaussing yg tidak dimengerti awam,terlalu dibesar2kan aja nih....pendapat yang ketiga lebih masuk akal,...andai saja amrik punya Stealth Ship pd masa itu,..gk mungkin Stiletto Stealth Ship baru ditemukan 50tahun kemudian.

    KraKen

    ReplyDelete
  26. unified field theory keknya menarik deh.ah seharusnya aq masuk jurusan fisika ajah kemarin biar bisa ngerti yg beginian.haha...

    ReplyDelete
  27. pertanyaan akhir yang selalu bikin kita terhenyak...
    mantabh bung enigma... ^^

    ReplyDelete
  28. Saya rasa kisah ini bukan hoax bro, mengingat kisahnya yang begitu mendetail, sampai kematian sang saksi mata yang misterius. Mungkin AS tidak ingin publik mengetahui bahwa mereka telah mengembangkan suatu alat yang canggih.
    Yang menarik adalah, jika pada tahun itu saja Amerika mampu membuat sebuah alat teleportasi, apakah saat ini Amerika menyembunyikan teknologi ini kepada publik ?

    ReplyDelete
  29. Emang deh kl yg bhs bang enigma tu bda..
    (='3'=)
    I
    Love
    This
    Blog!
    Long live enigma..

    ReplyDelete
  30. bahas ini dong Bang "Philip Schneider Alien Agenda" banyak loh di youtube & google, sampe-sampe dia bawa material logam 'yang katanya' Alien Greys punya sewaktu dia gawe di fasilitas rahasia di bawah tanah di tanah air-nya paman sam

    Vakeh elfa b

    ReplyDelete
  31. wah, ngeri bgt y om klo emh bsa gtu, kyk d game2 aj bsa cloaking,...

    kykny om prnh posting yg sama dh, atw mgkn d blog laen awak kapal USS Eldridge terpotong2 tp g lengkap nulisnya,..

    ReplyDelete
  32. Kok ada beberapa paragraf yang meenggunakan "Sudut Pandang Orang Ke-3, Tahu segalanya" ya?...

    hmmm jadi ragu akan artikel ini...

    ReplyDelete
  33. misteri itu indah brother..

    ps: pak dhe enigma,jangan terlalu sering post konspirasi.,ntar didatengin M.I.B lho..

    ReplyDelete
  34. moco sek ah... isuk isuk mangkat kantor,mbuka pertama yo blog gone kang enigma.. seeeep kang!! posting sing apik2 yooo

    ReplyDelete
  35. @subbuahpakdulundip: padahal saya nggak bilang Philadelphia experiment itu konspirasi lho. Haha. saya cuma bertanya saja di akhir tulisan. hehe.

    ReplyDelete
  36. enigma said...

    @Fajar: belum tentu lho Philadelphia experiment beneran terjadi dan ditutup2i. Tapi menurut saya pemerintah memang harus menutupi beberapa hal yang bisa membawa dampak buruk yang tidak penting. Tujuannya untuk kebaikan juga.

    hehee... kalo saling menutupi yang terjadi di indonesia apa tujuannya buat kebaikan juga bang? seperti kasus century n kasus komjen susno dalam polri?

    ReplyDelete
  37. Harus bisa dibedakan mana yang untuk kepentingan publik dan mana yang bukan. Kalau menutupi sesuatu untuk kepentingan publik, memang boleh dilakukan.

    Soal kasus yang kamu singgung di atas, saya menolak untuk berkomentar karena saya hanya tahu kasus ini dari media.

    Sata tidak pernah baca BAP nya, tidak pernah meneliti bukti dan tidak pernah menyelidikinya secara langsung, jadi setiap penilaian dan komentar saya akan menjadi komentar yang tidak akurat.

    Orang jahat bisa melakukan yang baik dan orang baikpun bisa melakukan yang jahat. Jadi, soal kasus itu saya serahkan saja ke pengadilan. Saya tidak mau menghakimi siapa yang salah atau benar.

    ReplyDelete
  38. enigma said...

    Harus bisa dibedakan mana yang untuk kepentingan publik dan mana yang bukan. Kalau menutupi sesuatu untuk kepentingan publik, memang wajib.

    Soal kasus susno dan century, saya menolak untuk berkomentar karena saya tidak pernah baca BAP, tidak pernah meneliti bukti dan tidak pernah menyelidikinya secara langsung, jadi setiap komentar saya akan menjadi komentar yang tidak akurat.

    hum.. jadi yang itu tadi termasuk dalam konspirasi indonesia utk menutupi apa yng sebenarnya terjadi.. wah negara kita kq lama2 jd kayak amerika, rajin bikin konspirasi...

    ReplyDelete
  39. Haha, saya bukan penganut teori konspirasi. Jadi, saya tidak memikirkan soal itu.

    ReplyDelete
  40. enigma said...

    Haha, saya bukan penganut teori konspirasi. Jadi, saya tidak memikirkan soal itu.

    Tp bikin penasaran kan bang??? hahaa... keep posting bang, nice comment, thats what i need to know about u... kirain penganut teori konspirasi.. walo sering posting ttg konspirasi, tp enigma tetep independen n ga terpengaruh dgn konspirasi yg terjadi.. salut..
    tp tetep cari tau apa yg sebenarnya terjadi. kebenaran pada akhirnya akan terungkap..
    tul ga bang??

    ReplyDelete
  41. Iya. Memang bikin penasaran. Tp sy mencoba berpikir yang wajar2 saja.

    ReplyDelete
  42. Nice artikel bang...
    zodiac killer

    Pliiissss... ^-^

    ReplyDelete
  43. wow, kalo smua itu bnr, dgn mdhnya kita bs menghilangkan objek yg besar...
    hmmm... jd inget pesulap David..

    ReplyDelete
  44. Bang masukkin lintas berita atau infogue nih,kayaknya menarik

    ReplyDelete
  45. top markotop .........

    ReplyDelete
  46. secara tidak sengaja tengah malam saya pernah nonton film (yang ternyata belakangan saya tahu berkaitan dengan Philadelphia Exp.) judul saya tidak tahu krn saya nonton tidak dari awal. pemeran utamanya Michael Pare (koq yg ini mlh inget ya?), seorg kadet di uss elderidge. di sana diceritakan tentang 6 generator tesla yg dinyalakan secara bersamaan yang menciptakan kabut ungu kehijauan tipis sehingga kapal jd invisible. ada juga cerita ttg teleportasi, lebih serunya bukan hanya berpindah ke dermaga lain. medan e.magnet mengakibatkan sebuah kota (dari tahun yg berbeda) juga ikut teleported. dan keduanya btemu di lorong waktu. dibumbui kisah cinta tokoh kita yg bertemu dgn seorg wanita dr kota td, dosq memilih u/ menetap di kota ketibang balik ke kapal (suntuk kali gajinya kecil) setelah berhasil menghancurkan ke6 generator tesla.
    ketika e.magnet beraksi, smua kru kapal dapat berlari dan berjalan menembus dinding kapal. agar mrk tdk nyemplung k laut, lantai kapal dilapis materi anti-e.magnet. setelah generator dihancurkan n tokoh kita loncat balik ke kota menemui wanitanya, kapal kembali tampak. hasilnya sebagian besar kru kapal tertanam atau terjebak dalam dinding, ada yang mati ada yg masih teriak2 minta tulung-tulung.
    semoga ada yg nonton jg. klo saya salah mohon koreksinya
    Thx

    ReplyDelete
  47. frans:
    wah ini kisah favorit saya, kalau baca ini selalu teringat akan game red alert 2 dengan senjata pamungkas teleport ma weather storm hehe

    ReplyDelete
  48. derek aditya:

    o ya saya yg nonton film td
    he7 ada yg lupa ...
    fyi saya nonton film ini 6 thn lalu (november 2003) n filmnya jadul bgt kya thn 70an akhir ato 80an awal, judulnya mgkn ya Phill.Exp...
    sy tau klo ada cerita ttg Phill.Exp. dr seorg tmn yg konspirasilogist, ufologist, religionologist smpe urologist (piiiz man)
    ya bkn berarti ada filmnya jd legitimate klo ini cerita bnr. like bung Enigma said "Saya serahkan kepada pandangan kalian masing-masing"

    thx postingku dimuat

    ReplyDelete
  49. satu hal yg baru saya sadari itu adalah:
    eksperimen Philadelphia dilakukan tidak lama setelah Tesla meninggal.

    barusan saya cek tanggal, bulan dan tahunnya. hehehehe...

    nice info, bung enigma! :)

    ReplyDelete
  50. btw kalo ada yg doyan sama kisah Philadelphia Exp. ini, bolehlah mampir ke:
    www.kaskus.us/showthread.php?t=1601397&page=2

    dan bagi yg mengidolakan nikola tesla seperti saya ini, bolehlah download video demo alat2 temuannya yg disimpan di museum, dijamin keren mampus :
    www.newvisionsociety.com/videos/genius.wmv (48Mb)

    syiplah!
    terima kasih utk bung enigma dan utk diri saya sendiri. hehehehe...

    ReplyDelete
  51. bujanjah nama carl m.allen terdengar familiar? kayaknya saya pernah baca nama itu d salah satu artikel bang enig yg lain. n kayaknya Mr.E menulis ttg Philadelphia experiment 2x y? apa hanya d perbarui?

    btw saya pernah baca n lihat video pengakuan kalo teknologi mason telah melampaui 25 tahun dari teknologi kita sekarang (saya simpan videonya, d youtube jg ada kok tp mgkn sdh d remove). jd saya c percaya2 aja, teleportasi bukan tidak mungkin dilakukan kok.....

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  52. saya lupa d mana baca carl m. allen atau carlos allende, tp kalo g salah yg artikelnya ada kisah ttg "nmenerima surat pengakuan atau apa gt dari org yg mengaku bernama carlos allende yg tenyata nama itu fiktif n nama aslinya carl m.allende....duh...saya lupaaaaa!!!!

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  53. eh bg enigma.....

    itu kok philadelpia experiment kok yg kayak di the triangle ya
    katanya sih waktu itu dipasang semacam chip kecil yg katanya UsNAVY amerika pengen membuat pesawat jet tempur yg tak kasat mata sama kapal selam invisible cuman katanya waktu itu mengalami suatu kecelakaan aneh...... katanya mengalami kebocoan dimensi waktu..
    dan kesimpulan dari film the triangle itu adalah ternyata segitiga bermuda itu adalah suatu tempat dimana mengalami kebocoran dimensi waktu & ruang...
    itu beneran loh...

    ReplyDelete
  54. kok kaya di film triangle y?

    hige

    ReplyDelete
  55. Misteri baru nih. Aq juga misterius. Good job Enigma!

    ReplyDelete
  56. Sepertinya cuma hoax aja deh..kalo misalnya emang beneran ada, pasti udah banyak pengakuan dari para saksi mata..

    Mana Chris, u-tell, Myheart, anakkucing?

    Gak sabar nunggu apa komen mereka...
    Kira2 sama gk ya ma pndapatku??

    ReplyDelete
  57. wah, postingnya bagus sekali bung enigma.....

    ternyata lama tidak berkunjung, banyak hal yang tertinggal hahaha.....

    oh ya, kalau tidak salah, LHC milik CERN itu tujuannya untuk menguji teori Abdus Salam yang mencoba membuat pendekatan untuk pemecahan GUT atau UFT ini.

    Nikola Tesla adalah orang yang berhasil membuat korelasi (hubungan) antara teori medan magnet dan listrik yang dikemukakan Maxwell. Di bidang fisika teoritis, 2 orang ini dianggap berjasa dalam membuat model matematika teori medan.

    Albert Einstein merupakan orang yang membuka jalan bagi pemecahan teori medan dengan pendekatan GUT atau UFT yang mengasumsikan adanya medan lemah (weak force) dan medan kuat (strong force) yang bekerja pada tiap partikel elementer. sayangnya, sampai akhir hidupnya, Einstein belum berhasil membuktikan (secara empiris) sebuah partikel yang mampu menyebabkan medan2 tersebut bersatu, namanya partikel 'graviton'

    maaf kalo kepanjangan dan ruwet. saya memang suka objek studi ini, disamping ini memang menjadi objek studi yang sedang saya tekuni.

    Thx for attention bung.

    TTD:Aeshnir

    ReplyDelete
  58. artikelnya bagus.... aQ kepikiran klo aku tinggal di masa tersebut gimana yaa??

    ReplyDelete
  59. kayaknya kalo soal kekuatan teknologi militer,ditutup2i agar lawan perang tidak tahu teknologi yang dipakai.tau2 kalah gitu deh
    -fand

    ReplyDelete
  60. Anonymous said....
    om enigma tolong informasi tentang godzilla dong

    ReplyDelete
  61. piladelphia experiment bukannya teory konspirasi ya? Soalnya menurut wikipedia gitu.

    ReplyDelete
  62. "Wiliam Moore percaya kalau Einstein sebenarnya telah memecahkan persamaan matematikanya yang kemodian dihancurkan sendiri olehnya sebelum ia meninggal"
    kak, mau tanya,, kira2 kenapa Einstein memusnahkannya?, apa bliau ngrasa Unified field Theory sama bahayanya seperti Bom atom?

    kak,, inoshi dah ga sering muncul lagi yah??,,(ga maksud apa2 cuma nyanya aja....)

    ReplyDelete
  63. Dea .
    lah kak Chris ama My Heart 2105 blm mncul jga yaa ??

    ReplyDelete
  64. My Name is Tresna Asti

    Tumben ga ada debat disini..
    *bengong*
    keren Kak Enigma! TOP!
    *senyum"*
    aku rutin buka blog ini lewat hape.. Uda aku baca semuanya.. Tapi sampai saat ini, cuma bisa jadi penyimak yg baik saja.. Blom bisa komen, ilmunya belom nyampe.. Hahaha
    kakak, kapan" bahas yg berhubungan dg dunia kesehatan y Kak.. Penyakit" misterius.. Penemuan" yg hoax ato tidak.. Kadang soalny aku mikir, belum tentu hasil temuan org barat itu benar 100%.. Bisa aja mereka berkoNspirasi, biar kaum mereka keliatan paling cerdas sedunia.. Hee
    rada skeptis y..
    Tp.. EniGma emg TOP! Top! Top! Tak tUnggu artikel yg laenny Kak.. Yuhuu..
    \(^o^ )/

    ReplyDelete
  65. Mysteri & Conspiracy LoversMay 30, 2010 at 3:35 PM

    Bang Enigma.
    saya ingin bertanya sesuatu.
    tetapi jauh dari masalah artikel ini.

    pertama, saya sangat prihatin dan sedikit sedih krn bang Ben (The Noock) mengundurkan diri.

    sebelumnya saya meminta maaf.
    begini bang, saya ingin menanyakan sesuatu tentang bang Ben (The Noock).

    begini.. saya sudah membaca semua artikel2nya, terutama masalah "pengunduran diri". saya masih bingung dgn alasan beliau mengundurkan diri (blognya) dari dunia konspirasi & misteri.. saya sudah membaca alasan dari blognya, tetapi....

    sepertinya ada sesuatu yg memaksa beliau utk berhenti, bukan sekedar penyesalan yg beliau ungkapkan. Mungkin ada masalah lain di luar itu. seperti: beliau mengetahui rahasia besar & konspirasi tingkat tinggi yg memaksa beliau meninggalkan ini dan merasakan katakutan.

    saya melihat dari kata2 beliau, d paragraf terakhirnya, yaitu, :

    "Di luar sana, di tengah-tengah brankas dokumen para negara-negara pengendali dunia, terdapat sesuatu yang benar-benar disembunyikan dari dunia luar. Sesuatu yang tidak akan anda pahami dengan penjelasan teori manapun.. Sesuatu yang sanggup mengguncang peradaban dunia ketika diangkat ke publik, sesuatu yang tidak akan membuat anda tidur nyenyak di malam hari ketika mengetahui kebohongan macam apa sebenarnya yang sedang terjadi di dunia ini."

    sepertinya beliau mengetahui sesuatu itu.. tapi entah apa.. saya semakin penasaran.. apa yg sebenarnya terjadi dgn The Noock/bang ben? dan apa maksud kalimat d atas??

    maaf bang..
    sebenarnya saya ingin menanyakannya langsung dgn beliau, tapi sepertinya percuma.. jadi saya lebih baik menanyakan ini pada bang Enigma, yg beteman dkt dgn Bang Ben (mungkin).. dan berharap semoga dapat d jawab..

    mungkinkah ini "konspirasi the noock"
    hehehehehe

    Terima Kasih

    (fans of Enigma, The Noock, and all blog mysteri)

    ReplyDelete
  66. 4 jam = 4 tahun (klo menembus ruang waktu)
    tu udah di tag foto yg baru ^___^
    have fun yaaaa... gmna tesisnya?

    Ayie

    ReplyDelete
  67. Bang Enigma seeplah........

    ReplyDelete
  68. Gak mau komen ttg misteri ini, let it be a mystery..let it adorn the world!

    Dea: si chris? Haha, I am the Watcher, hr Jumat liburan kmaren, dia komen bnyak..bc aja d postingan2 yg trbaru, trus jg ngejawb teka-teki di bgn 'ridlles' di hr yg sama..haha..

    ~The Watcher~

    ReplyDelete
  69. coba buka alamat link ini( ane tau ini keren cuman susah di baca alias berbahasa inggris)
    isinya keren2 kok mbah enigma......(misteri2 gitu deh)
    nih dia linknya.............dikunjungi ya......!!!!!!
    http://www.prairieghosts.com/unex_america.html

    ReplyDelete
  70. "Namun, Allende mengaku tidak dapat memberikan bukti dan hanya menawarkan pengakuan lewat pengaruh hipnotis."

    Saya suka menonton Hypnotis by Rommy Rafael di TV, maupun yang versi konyol ala Uya Kuya. Menurut saya, kalau memang ingin pembuktian dari Mr. Allende, mengapa tidak mencoba cara ini? Apakah memang ingin menutupi sesuatu?
    Amerika jagonya!!

    ReplyDelete
  71. lala said,,
    sebenernya aq ga ngerti deh artikel di atas,,
    tapi good job deh buat brother,,
    qu tunggu postingan selanjutnya ya!!!

    ReplyDelete
  72. Saya sudah pernah denger kisah ini mas....

    ReplyDelete
  73. not bad @ all
    Thanks.
    (eri)

    ReplyDelete
  74. mas enigma, link blognya uda saya taruh di blog saya..
    link balik yaa..
    hho..
    terima kasih yow..

    ReplyDelete
  75. Ariel 10 said...
    Wah.. teleportasi ya? Om belum ada postingan UFO ya om, 2 minggu yang lalu saya melihat jejak asap yang turun ke bawah ,saya sempat mengambil gambar tapi sayang gambarnya kurang sempurna (karena saya sedang naik mobil ) saya mencurigainya sebagai meteor? tolong di jawab ya om! *_^

    ReplyDelete
  76. Saya salah seorang yg pernah minta Om Enigma mengulas Philadelphia Exp. ini, tadinya saya mengharapkan adanya sesuatu yg baru, tapi ternyata semua yg diulas disini sudah pernah saya baca semua sebelumnya. Tapi hebatnya Om Enigma bisa menyusun ulasannya sedemikian rupa jadi enak dibaca.

    ReplyDelete
  77. Eksperimen philadelphia ini aku prnah baca disebuah majalah yg khusus membahas teknologi dan ruang angkasa. Dalam artikel itu dijelaskan bahwa unified field theory dipersamakan dg peristiwa segitiga brmuda. Dikatakan bhw secara tdk sngaja Angkatan Laut AS menemukan praktek penyatuan medan ini ktika mengadakan percobaan rahasia disebuah kapal perusak thn 1943. Ketika eksperimen mulai dijalankan, tampak suatu sinar kehijauan samar2.perlu diketahui,bhw laporan dr org yg selama dr segitiga bermuda mengatakan menyaksikan kabut kehijauan. Peristiwa yg trjadi ialah seluruh kapal kmudian trselimuti kabut hijau dan kapal brsama dg awaknya menghilang dr pandangan pengamat dan hanya garis prmukaan laut yg kelihatan.kapal itu tampak dan menghilang lg,tampak dan menghilang lg didaerah norfolk.dikatakan bhw prcobaan itu sesuai dg teori unified field.
    Menurut bekas awak kapal itu,prcobaan brhasil.mrk brhasil mnciptakan "ruang wkt"brbntuk spiral dg radius sampai 100 yard atau 91 meter dr pusat pancaran magnetik yg artinya setiap benda, manusia bila berada dlm radius itu akan lenyap dr pandangan,tp msh mgk dpt diraba. Ketika kapal itu lenyap dr pemandangan, hanya lekukan kapal pd permukaan air yg trtindih kapal itu yg kelihatan. Semakin diperkuat gaya medan magnetik mengakibatkan manusiapun turut lenyap. Dan utk dpt diketemukan harus dg jalan rabaan.mrk baru tampak kmbali stelah keluar dr medan magnetik itu.
    Seperti yg disampaikan enigma, prcobaan itu tdk sdikit memakan korban.dg prcobaan ini, skaligus diketemukan sebab2 kecelakaan di segitiga brmuda dan pembuktian teori Einstein trnyata benar. Dikatakan pula bhw para ilmuwan tdk lg meragukan. Percobaan ini jg mengingatkan kita pd piring trbang yg menghilang bila sedang trbang.inipun antara lain dsebabkan adanya medan magnetik yg brasal dr piring trbng itu,tntunya tnpa membawa akibat apa2 bg awaknya.

    Capek nulisnya,kpanjangan.
    Menurut enigma isi artikel itu gmn?

    Aku penasaran.

    ReplyDelete
  78. mas enigma,,sprtinya ada yg kurang ngerti saya
    prtanyaan terakhir itu spertinya sedikit membingungkan,mksdnya pnjelasan diatas dgn prtanyaan mas itu spertinya sdkit tidak nyambung..mungkin pnjelasan mas ttg pemanggilan jessup mngkin yg kurang lengkap,jd saya bingung aja knp jatohnya k prtanyaan itu..
    trus yg saya tw dr pnjelasan mas,bku jessup itu kn gak secara lgsg ngmong ttg ekperimen itu.benar kah??
    yah walaupun allende yg menambahkan,,wajar aja AL memanggil jessup krn yg tertulis disitu tentu penulis aslinya.....
    mungkin Al mengira jessup telah menebarkan kebohongan melalui bukunya.....

    yg ingin saya tanyakan justru knp bukan allende yg dipanggil??..jessup kn sbenarnya gak ada kaitannya dgn dugaan adanya eksperimen itu..

    by restu

    ReplyDelete
  79. Myheart2105 berkata...

    Wew..artikel n ksahx sm2 cnggih ^^
    Jd intix, dserahkan kpd pmbaca y? Udah ada pilihanx, ada 3, n tnggal milih aja...
    Yawdah.. Q milih pnjelasan yg prtngahan aja ah,, pndapatx Jacques Valle,,
    Kisah ini emg 'too good to be true', tp misintrpretasi+imajinasi n harapan tgkt tnggi kykx mang bs bikin seswatu yg biasa aja jd ruaarrr biasaa..! (Wkwkwk.. :D )

    Knapa milih yg itu??

    1. Kalo mang bner teknologi bwt bikin INVISIBLE dah ada sjak dulu (thn 1950an),, kykx dah dr dulu dech America brhsl ngancurin musuh2x..kyk irak, iran, korut, dll, ya pke teknologi itu..

    2. Crita 'lebay' si Allende yg katax mlihat da awak kapal USS Eldrigdge yg bgn tbuhx 'trtanam' di dndg kapal,,gak ada dukungan ksaksian dr org lain...kalo msalx mang bneran, n katax dsaksikan bnyak org,, pasti SULIT tuch bwt MEMBUNGKAM mulut org sbnyak itu..n artix suatu saat PASTI bocor jg...xixixixi...

    Oya, om Enig nanya, kalo tu bneran cm science fiction ajah knapa Jessup msh dpanggil jg??
    Mm..mgkin krn phak militer mau pnjelasan lbh rinci mngenai teori2 yg diajukan Jessup..Mgkn phk militer sdg melakukan sesuatu yg brhubungan dgn antigravitasi, dll, who knows?
    N phak militer mrasa trganggu ats buku Jessup itu..so, dia dipnggil bwt 'dijinakkan' (emgx hwan liar?? xixixi..bahasaqu...)

    ReplyDelete
  80. jadi inget tentang film tahun 90-an (dengan judul yang sama) ceritanya mirip tapi kapal induk yang buat percoban terlempar ke masa saat Jepang mo nyerbu Pearl harbor, pesawat F-15 sempat nyikat beberapa pesawat Jepang bahkan ada rencana mo nyerbu ke Jepang tapi oleh kapten kapal dicegah karena akan merubah sejarah, akhirnya mereka bisa kembali lagi ke tahun 90-an

    ReplyDelete
  81. gile bung,
    1 lagi nweh yg mmbwat ane jadi smakin suka sma teori konpirasi,,,

    klo mnurut ane seh alat 'INVICIBLE' gk mngkin ada cz sangat sulit bagi sebuah benda untuk tidak terkena cahaya sama sekali atau 'Tidak Terlihat'.
    gyan stiap bnda yg da d'muka bumi nie pzti trkna cahaya, krna cahaya bersifat menyeluruh sperti udara yg ada dimana2.

    nd' mengenai klo masalah Albert Enstein dah bsa m'mecahkan msalah 'Tidak Terlihat' dan langsung menghancurkannya tadi, mngkin sja bnar tuh cz dy jga pzti berpikiran klo temuan itu bsa dijadikan alat mutakhir tuk berperang shingga mmbwat dunia jadi hancur...

    tp klo ada lgi Ilmuwan yg bsa mecahin msalah 'Tidak Terlihat' tsb dan d'ambil olh FBI, pzti i2 cman 'Tidak Terlihat' dalam radar aj cz sekarang kn udah bnyak Pesawat maupun Kapal perang dengan 'Stealth' mode,,,,

    huahuhuhuhuuu,,,,,

    ReplyDelete
  82. Saya udah pernah baca ceritanya dari Betaufo...

    ReplyDelete
  83. pecaya 100% ...

    http://www.alienshift.com/id39.html

    ReplyDelete
  84. Hmm..sepertinya teori ketiga masuk akal.

    Jika percobaan ini bermaksud membuat benda tidak terlihat dengan mengeksplor unified field theory, bukankah sebaiknya dilakukan dalam laboratorium, dan dilakukan terhadap benda, (bukan manusia)??

    Logikanya jadi aneh, karena projek yang dilakukan tergolong luar biasa dan kemungkinan besar tergolong rahasia, tetapi dilakukan di kapal militer dan di ruang terbuka (pelabuhan).

    Unified field theory mencoba menghubungkan gravitasi dan elektromagnetisme, tapi mungkin ini baru sebatas teori saja.

    Efek invisible dengan membelokkan cahaya di sekitar objek dengan peralatan tertentu memang terdengar mengagumkan. Tetapi bukankah agak aneh? Jika cahaya dibelokkan sebelum mengenai objek, berarti tidak ada cahaya yang mengenai benda, berarti tidak ada cahaya yang dipantulkan dari objek, sehingga objek tidak terlihat. Tapi bagian ruang yang tidak menerima cahaya di mana objek berada, tentu akan TERLIHAT GELAP bukan?
    Dan GELAP tidak sama dengan 'tidak terlihat' bukan??

    ReplyDelete
  85. wew...

    it's hard to believe..

    ReplyDelete
  86. Om, req Mell's Hole donk, yg katanya lubang tanpa dasar itu.

    ReplyDelete
  87. wiihh keren kalo bener2 bisa menghilang tapi sayangnya masih banyak kendalanya..semoga ada eksperimen2 selanjutnya..^_^

    ReplyDelete
  88. ga pertamax yang penting ilmunya

    ReplyDelete
  89. Disini ada sedikit catatan tentang Carlos Miguel Allende

    http://qarrobin.wordpress.com/2010/07/15/pseudonym-of-carlos-miguel-allende/

    ReplyDelete
  90. dan salah satu band indie di Indonesia membuat lagu dengan judul dan tema yang sama "Philadelphia Experiment". Band tersebut bernama Project Cyrios, coba dengarkan di www.myspace.com/projectcyrios :)

    ReplyDelete
  91. coba baca buku steward swerdlow di sana ada semua tentang philadelphia experiment.

    ReplyDelete
  92. just a simple question,
    Kalau benar ada eksperimen tersebut(dan teori teknologi super canggih dan alien lainnya), kenapa teknologi steath amrik cuma baru sebatas radar saja ??
    dan produk tercanggih dan termahalnya F22 sekedar perkembangan dari teknologi 80an. dengan biaya brigijilliunan dollar cuma jadi pesawat begitu doang.

    ReplyDelete
  93. Hoax...Hoax...hoax...

    ReplyDelete
  94. menurut saya perjalanan menembus waktu memang suatu kenyataan, tapi pelakunya bukan kebanyakan dari kita (manusia) karena resikonya besar dan ini hanya dilakukan oleh manusia khusus yang memang butuh pengorbanan luar biasa, yang biasa melakukan ini adalah sejenis manusia (makhluk) extra dimensional, dan sudah pernah melakukan kontak dengan militer amerika, dan mengutarakan maksud kedatangan mereka, sampai tabir terkuak tidak akan ada satupun bocoran mengenai hal ini ke khalayak umum.

    ReplyDelete
  95. kalau melihat sekarang amerika mampu menciptakan stealth apa mungkin itu pengambangan dari unified field theory ? tapi proses stealth sepertinya berbeda dengan UFT. Seru nih, sayang baru buka2 sekarang....

    ReplyDelete
  96. memang bukan HOAX gan....di sebelah, ane baca tentang fakta UFO yang ternyata itu adalah buatan manusia... memang sulit diterima oleh akal sehat
    tapi memang begitu adanya
    seperti proyek HANEBU I dan II milik HITLER yang bisa menempuh kecepatan supersonic
    dan pihak2 terkait sering menutupi
    dan selama ini kita telah ditipu oleh mereka
    padahal mereka sendiri yang merancang teknologi seperti itu....tapi mengapa harus ditutupi
    mungkin karena "NEW WORLD ORDER"

    ReplyDelete
  97. ini jelas hoax. karena jika experiment itu benar dan bisa mengakibatkan teleportasi yang begitu hebat, tak perlulah nasa mengirimkan robot ke mars dalam jangka waktu perjalanan yang begitu lam.

    ReplyDelete
  98. Wah jadi ngeri sendiri liat amerika. Sadis ya

    ReplyDelete
  99. masa pak enigma gak nyadar ada yang aneh di artikel diatas?, masak percobaan begituan dilakuin diatas kapal yang didalamnya masih ada awak kapal?, masak ilmuwan gak memperhitungkan kalo itu bahaya?, kenapa gak di kapal yang dikosongkan?. kenapa pak morris di undang utk klarifikasi bisa aja karena pihak militer merasa risih, merasa difitnah gitu, karena dibukunya digambarkan militer ngebikin beberapa awak kapal kena dampak negatif percobaan berbahaya yang sebetulnya gak ada. gimana menurut pak enigma?.

    ReplyDelete
  100. Om ijin copas ya di trit kaskus ane, ane cantumkan sumbernya om

    ReplyDelete
  101. maaf ane newbie, blog bang ben itu url blognya apa ya ? hehe :|

    ReplyDelete
  102. Sangat menginspirasi....mhn izin copy-paste. Matur nuwun.

    ReplyDelete