Wednesday, May 5, 2010

Twin Connection - Adakah hubungan Telepatik di antara saudara kembar?

Kita sering mendengar adanya hubungan batin yang kuat pada saudara kembar. Jika yang satu sakit, maka yang lain juga akan menjadi sakit. Jika yang satu berada dalam bahaya, maka saudara kembarnya akan merasakan bahaya itu bahkan walaupun ia sedang berada di tempat yang jauh. Karena itu banyak yang percaya kalau pada anak kembar, terdapat hubungan telepatik yang lebih kuat dibanding pada non kembar. Bagaimana sains menjelaskan fenomena ini?


Taiwo dan Kehinde Oyeteju adalah sepasang saudara kembar dari Lagos, Nigeria. Kisah mereka merupakan salah satu contoh kunikan yang terjadi pada saudara kembar.

Taiwo dan Kehinde

Taiwo dan Kehinde lahir dari pasangan Oyeteju. Mereka berdua lahir pada tanggal 26 Maret 1982.
Keluarga dan tetangga yang menyaksikan kehidupan mereka sejak kecil menyimpulkan kalau kehidupan Taiwo dan Kehinde unik dan sukar dijelaskan.

Mereka berdua masuk sekolah yang sama, lulus pada tahun yang sama dan mereka juga sama-sama mengambil jurusan Keuangan dan Perbankan di Universitas Olabisi Onabanjo.

Sampai disini, kisah mereka masih belum terlalu unik.


Namun, kehidupan yang unik mulai terlihat ketika mereka menikah.

Mereka menikah pada hari yang sama. Kemudian
melahirkan bayi pada hari yang sama di rumah sakit yang sama, yaitu pada tanggal 25 November 2009. Yang berbeda hanyalah jam kelahirannya. Kehinde melahirkan pada jam 2:30 pagi, sedangkan Taiwo melahirkan pada pukul 5:30 pagi.

Keduanya sama-sama melahirkan bayi perempuan.


Ini cukup luar biasa. Karena, bahkan kalaupun mereka mengandung pada hari yang sama, waktu kelahiran bisa berbeda plus atau minus 14 hari.


Keunikan Taiwo dan Kehinde ternyata tidak sampai disitu. Tanpa diketahui dan direncanakan bersama, keduanya menamai anak perempuan masing-masing dengan nama depan Elizabeth.


Kisah Taiwo dan Kehinde adalah salah satu contoh dari peristiwa unik yang menyertai saudara kembar lainnya di dunia. Peristiwa-peristiwa ini membuat banyak orang berkesimpulan kalau diantara saudara kembar, ada hubungan yang lebih dalam dibanding sekedar kesamaan wajah.


Kadang, orang menyebutnya dengan nama Twin Connection atau Twin Telephaty


Apakah benar ada hubungan telepati diantara saudara kembar?


Bagaimana sains menjawab fenomena ini?


Eksperimen Pembuktian Telepati

Fenomena Telepati pada saudara kembar sebenarnya cukup menarik perhatian para peneliti. Sejumlah percobaan telah dilakukan untuk membuktikan kebenaran anggapan ini.


Dalam salah satu eksperimen, sepasang saudara kembar dipisahkan dalam ruangan yang berbeda. Satu orang berfungsi sebagai sender (pengirim pesan) dan satu lagi sebagai receiver (penerima pesan).


Lalu, sender diminta untuk memilih satu kartu dari antara satu pak kartu. Kemudian, ia diminta untuk berkonsentrasi pada gambarnya dan mengirimkan bayangannya dengan pikiran kepada saudara kembarnya di ruang sebelah.


Lalu, saudara kembarnya yang berfungsi sebagai receiver di ruangan lainnya juga diminta untuk memilih salah satu kartu dari antara satu pak kartu.


Hasilnya menunjukkan kalau sang receiver memilih kartu yang sama dengan yang dipilih sender dengan kemungkinan 50%.


Hasil ini cukup luar biasa mengingat jumlah kartu berbeda yang cukup banyak di dalam satu pak kartu.


Lalu, eksperimen dilanjutkan, namun kali ini dengan sedikit modifikasi.


Kali ini, yang memilih kartu adalah orang lain, bukan sender. Setelah orang itu memilih satu kartu, ia memperlihatkannya kepada sender. Sender diminta untuk mengingat gambar kartu tersebut dan mengirimkannya dengan pikiran kepada receiver di ruang sebelah.


Kali ini, kesamaan kartu yang dipilih receiver turun menjadi hanya 25%.


Hasil eksperimen ini membuat para peneliti menyimpulkan kalau tidak ada hubungan telepati diantara saudara kembar. Yang ada hanyalah kesamaan preferensi.


Kesamaan Preferensi

Yang dimaksud dengan kesamaan preferensi disini adalah, kedua saudara kembar itu memiliki kesamaan hobi, pemikiran, dan kemauan. Ini menyebabkan mereka memiliki pilihan-pilihan yang sama di dalam hidup.

Jika kedua hasil eksperimen tersebut menunjukkan persentase hasil yang sama, maka mungkin memang ada hubungan telepati diantaranya. Tapi, ternyata tidak.

Kesamaan preferensi ini bisa dihasilkan karena mereka tumbuh bersama, menjalani kehidupan bersama, bermain bersama sehingga mereka mengembangkan sifat-sifat yang sama.

Karena kesamaan yang unik itu, orang-orang akan menyangka ada hubungan telepati diantara mereka.


Dalam kasus eksperimen itu, wajar kalau kedua saudara kembar tersebut tertarik dengan kartu yang sama. Tetapi, ketika orang lain yang memilih kartunya, hasilnya menjadi berbeda karena preferensi pemilih kartu berbeda dengan mereka.


Eksperimen sejenis juga dilakukan oleh peneliti lainnya dan memang menyimpulkan kalau tidak ada hubungan telepati diantara saudara kembar.


Dalam kasus kembar Oyeteju di atas, Ibu mereka mengatakan kalau Taiwo dan Kehinde saling menyayangi dan suka berbagi. Mereka bahkan suka makan dari piring yang sama dan minum dari gelas yang sama. Ikatan ini telah dibentuk sejak mereka lahir sehingga Taiwo mengenal Kehinde dengan baik, dan sebaliknya.


Ini membuat keduanya memiliki hobi, karakter dan kemauan yang sama, dengan kata lain, kesamaan preferensi.


Kesamaan Genetik
Seorang psikolog dari sebuah rumah sakit di Lagos, Dr.Rotimi Coker, memberikan sebuah penjelasan sains mengenai bagaimana kesamaan preferensi bisa berkembang pada saudara kembar. Menurutnya, kesamaan ini bisa berkembang bukan hanya karena mereka tumbuh bersama dalam lingkungan yang sama, melainkan juga karena dipengaruhi oleh faktor genetika.


Menurutnya, ada dua jenis saudara kembar, yaitu kembar Mono-Zygotic dan kembar Di-Zygotic.


Kembar Mono-Zygotic adalah kembar yang berasal dari satu sel telur yang sama. Kembar jenis inilah yang sering disebut kembar identik.


Di lain pihak, kembar Di-Zygotic berasal dari dua sel telur yang berbeda dan kembar ini disebut kembar tidak identik.


Karena berasal dari sel telur yang sama, kembar Mono-Zygotic memiliki kromosom dan gen yang sama. Ini menyebabkan keduanya memiliki sifat-sifat yang mirip yang menyebabkan keduanya memiliki kesamaan preferensi.

Dr. Coker juga mengatakan, karena kembar identik memiliki kromosom tertentu yang sama, maka kemungkinan keduanya mengalami sakit yang sama sangat tinggi, bahkan walaupun mereka tidak tinggal serumah.


Pendapat Dr.Coker juga disetujui oleh Prof. Kayode Oguntuashe dari Universitas Lagos. Menurutnya, kembar identik memang memiliki kumpulan gen yang sama, karena itu mereka akan memiliki pengaturan watak yang sama dalam hal perasaan, pemikiran dan tindakan.


Namun, Prof. Oguntuashe juga tidak menolak kemungkinan terjadinya perbedaan karena faktor lingkungan.

Dr. Lynne Cherkas
, seorang analis genetika di Departemen penelitian anak kembar di King's College, London, adalah salah satu peneliti yang telah menghabiskan bertahun-tahun lamanya untuk memecahkan misteri anak kembar.

Dr. Cherkas sendiri adalah kembar non identik.


Menurut survei yang dilakukannya, perasaan saling terhubung ternyata lebih kuat pada kembar identik dibanding kembar non identik. Temuan ini sepertinya mengkonfirmasi kesimpulan Dr. Coker.

Dr. Cherkas berkata:


"Anak kembar yang dibesarkan bersama akan mengalami pengalaman sosial yang sama.
Gen pastilah memiliki peranan penting dalam pengalaman "telepatik" itu. Kalau tidak, pengalaman "telepatik" pada kembar non identik seharusnya sama banyaknya dengan kembar identik."


Dengan kesimpulan ini, apakah sains sudah bisa menjawab fenomena "telepatik" pada saudara kembar? Mungkin tidak. Tapi paling tidak kita memiliki sedikit gambaran mengenai fenomena ini.

Twin Connection

Menarik untuk mendengarkan pendapat Prof. Chris French, kepala peneliti psikologi anomalistik di Universitas London, mengenai fenomena hubungan batin ini. Ia memberikan
penjelasan yang lebih prosaik:

"Orang akan selalu memiliki perhatian dan kepedulian terhadap orang yang mereka kasihi. Karena itu, pada suatu titik, perasaan itu akan saling mengikat sehingga ketika mereka merasakan sesuatu, maka perasaan itupun akan menjadi kenyataan."


Dengan kata lain, ikatan batin yang ada pada saudara kembar bukan hanya dimiliki oleh mereka yang memiliki kesamaan wajah. Ketika kita memiliki perasaan yang saling terhubung, pada suatu titik, perasaan itu akan saling mengikat. Dengan demikian, kitapun menjadi saudara kembar bagi yang lainnya.


(
punchng.com, associatedcontent.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

142 comments:

  1. Wah . . . :D
    Mantap . !

    ReplyDelete
  2. Menarik sekali,,keep posting mas ^^V

    ReplyDelete
  3. br 1x posting..huehuhe

    menarik om postingannya.. hehhe

    aku punya temen kembar
    tapi wajah beda, sifatpun juga beda..
    berarti itu kembar non idntik ya om?
    hehe

    keep posting ya om :)

    -L8-

    ReplyDelete
  4. BaMbz
    page one (first try)
    ijin menyimak dulu

    ReplyDelete
  5. nice posting! i really like this~~ ! >.<
    apalagi paragraf terakhir. kata2nya.... bagus!
    setuju deh, ngga selalu yg punya ikatan batin tuh kembar doang. org yg bukan kembar, bahkan berada di tempat yg jauh pun bisa punya ikatan batin. hohoho ^^

    ngomong2, pertamanya saya pikir Taiwo dan Kehinde itu nama org cina. ternyata bukan. ahahahahhaa!! *malu* >.<

    ReplyDelete
  6. keduax!!!! ya gak sih?

    mantabs bang enigma!, keep posting

    abee

    ReplyDelete
  7. "Dengan kata lain, ikatan batin yang ada pada saudara kembar bukan hanya dimiliki oleh mereka yang memiliki kesamaan wajah. Ketika kita memiliki perasaan yang saling terhubung, pada suatu titik, perasaan itu akan saling mengikat. Dengan demikian, kitapun menjadi saudara kembar bagi yang lainnya."

    Berarti kalo sepasang kekasih juga bisa bang...?? =D

    ReplyDelete
  8. baru kali ini ada gambar sooo cute di blog misteri!!!! :) gambar babynya lucuuu...cukup menghibur aku yg baru selesai nangis.....huks....

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  9. @Ms Terry: Baru selesai nangis?

    ReplyDelete
  10. Dea.
    Hmm keren kta2 trakhir.a !
    Main tebak2an ah , pasti kalo kak Chris comment nanti bersambung , soal.a ini ada hubungan.a ama kdokteran . Ayo kak Chris , dtunggu comment.a . .
    @ka Enigma : ka , Crop Circle.a yah . . Oia kak , kmaren dea dkasi tugas bikin karya tulis , trus dea bkin.a ttg crop circle n ada yg copas dr postingan kka , gpp yah ? Di daftar pustaka.a dah dea tulis blog kka kok :) thx bgt ya kkaaa :D

    ReplyDelete
  11. @Dea: tidak masalah. Mudah2an nilai tugasnya tinggi.

    ReplyDelete
  12. Dea .
    Hehehe , iyaaa amin amin , thanks bgt ya kak :) . . Hmm soal.a itu bwt nilai ujian praktek . . Hehehe :D

    ReplyDelete
  13. ups... that was me mas....
    Ms. Terry

    ReplyDelete
  14. @ mas enigma...

    iya...tadi sih baru selesai nangis.... sekarang sih udah lumayan tenang.... *ada yg mau hibur aku? i need a shoulder to cry.....huweeeeee!!! T_T*

    mencoba mengalihkan pikiran dengan gentayangan d blog mu... :) makasih banyak ya mas, dah bikin blog sebagus ini yg "maksa" kita buat fokus n konsen jadi membuat ga sempet mikirin hal lain :D

    ReplyDelete
  15. @Ms Terry: Yang namanya Badai, pasti akan segera berlalu. Jadi, yang perlu kita lakukan hanyalah bertahan dan bersabar.

    ReplyDelete
  16. :D Mr. E (E for enigma) jadi kayak the late om chrisye...
    makasih banyak Mr. E .... :)
    ya, saya yakin, selalu akan ada pelangin pemandangan syahdu(menenangkan) dan langit yang cerah setelah badai hebat :)

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  17. dharma 'the blue ragnar'May 5, 2010 at 10:07 PM

    bro enigma, gmn soal tabrakan misterius yg terjadi di rumah sekitar duren sawit kemarin?
    kira2 benda apa yg menabrak rumah tersebut? ^^

    ReplyDelete
  18. Dea .
    Nah stuju bgt ma ka Enigma n Ms.Terry ! Badai segede apa juga tetep cuma badai yg bkal selesai n akan ada sswatu yg jauh lebih indah dr sblum.a . Kayak lagu.a ari lasso-badai pasti berlalu ama buku.a R.A Kartini - Habis Gelap Terbitlah Terang . .
    Hehehe maap nih ikut nimbrung hehe :D
    jgn nangis lg ya Ms.Terry . .
    :)

    ReplyDelete
  19. Ketika kita memiliki perasaan yang saling terhubung, pada suatu titik, perasaan itu akan saling mengikat. Dengan demikian, kitapun menjadi saudara kembar bagi yang lainnya.

    ini betul!

    ReplyDelete
  20. @Ms.Terry : *ada yg mau hibur aku? i need a shoulder to cry.....huweeeeee!!! T_T*

    saya bisa bantu hibur anda. tp di dalam doa. karena (saya yakin) kita jauh. :)

    ReplyDelete
  21. @ Dea: makasih banyak sist.... :) udah ga nangis lagi kok..... sekarang lagi gentayangan d blog ini, review baca makhluk2 misterius n anomali makhluk hidup... :)
    Kalo nilai tugasnya dah keluar, pasang pengumuman d blog ini ya :D wkwkwkwk

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  22. nice posting,.....thx FYI...:thumbs up!

    ReplyDelete
  23. Twin Connection pernah dibahas pada salah satu acara di Metro TV.
    Tapi karena TV ku bermasalah jadi gak jelas deh Channelnya.
    Setelah baca postingan Bang E. ngerti deh misteri Twin Connection....

    Thanks for d information....

    V(^_^)V

    ReplyDelete
  24. Sekarang dibuat kategori baru fenomena tubuh manusia Sejak kapan dibuatnya bro enigma?

    ReplyDelete
  25. Tambahin yang misteri lagi donk Om..

    ReplyDelete
  26. @anonymous:kategori ini br dibuat. Cm memindahkan bbrp postingan spy lbh pas.

    ReplyDelete
  27. hmmm...bang kalau pada pasangan suami istri gimana ya.ada lho yang pas istrinya hamil dan hampir melahirkan ternyata suaminya ikud merasakan sakitnya.tuh sama gag yah dengan pendapat Prof. Chris French, "Orang akan selalu memiliki perhatian dan kepedulian terhadap orang yang mereka kasihi"?
    ato itu hanya karena ikud gugup aja kali ya...:)
    by: viona bonita

    ReplyDelete
  28. ^;^
    nothing to say.. NICE..

    sedikit yang gw ketahui : Mau belajar TELEPATI??? gampang banget.. PERKUAT dan SERING2lah PERGUNAKAN NURANImu yang secara langsung CONNECTED dengan ALAM BAWAH SADAR..
    contoh : Saat kita MELIHAT seseorang yang sedang MENANGIS.. itu si MUDAH semua orang juga tau kalo tu orang lagi SEDIH.. TAPI mungkin anda pernah MENGALAMI peristiwa dimana ada SESEORANG yang sedang TERTAWA tapi anda tahu bahwa itu bukan TERTAWA (yang bermakna BAHAGIA) tapi merupakan sebuah KESEDIHAN yang berusaha DISEMBUYIKAN.. Jika anda pernah mengalaminya maka ITU yang disebut MENERIMA GETARAN PERASAAN seseorang secara TIDAK LANGSUNG melalui indera TELINGA/MATA dan BODY LANGUAGE.. dan banyak contoh besar lain yang MENGENA..

    xixixixiix.. kalo gw keliatan sok tau.. maka MUNGKIN sebenarnya TIDAK seperti yang ANDA KIRA.. xixixixixix..

    wat BANG Enig Ma.. Thanks.. NICE.. GBU..

    ^;^mindhack^;^

    ReplyDelete
  29. @viona: saya rasa kebanyakan krn gugup kali. : )

    ReplyDelete
  30. Bung enigma..thanks udah update blognya..saya tunggu update selanjutnya..Ok

    ReplyDelete
  31. Bang,aku kn kembar..kdg emang bsa gtu sih..
    Nice posting bang..
    (='3'=)

    ReplyDelete
  32. Saya pernah merasakan gelisah mikirin cewe saya tanpa sebab, langsung saya telp deh cewe saya. Ternyata dia lg ada masalah di tempat kerjanya.
    kalo yg beginian termasuk ga bang Enigma??

    Btw thanx ya krn selalu menerbitkan postingan yg berkualitas.

    ReplyDelete
  33. Kadang ak bs connected jg lho sm pasanganku hehe.
    Auw..bayiny lutchu skali!! Jd pngn cpt2 pny bayi T_T

    ReplyDelete
  34. @juan & deelabelle: memang, perasaan kalian tergambar pada paragraf terakhir yg saya tulis di atas. Artinya, kalian memang dekat dgn pasangan masing2.

    ReplyDelete
  35. Dea .
    Aduh , baru dtinggal semalem aja comment.a udah 35 . .
    @Ms.Terry : hohoho boleh2 kalo ka Enigma ga kbratan , hahaha :P

    ReplyDelete
  36. Mr.E, always TOP artikel nih, sering buka blog ini otw home by BB, kenapa gak bisa post comment ya pake BB?

    TuaDiJalan

    ReplyDelete
  37. @Tuadijalan: haha. Aduh, sy ketawa baca nick kamu. Soal BB, sy tdk ngerti krn tdk pernah pake BB. Tapi kalau pake opera mini, hrsnya bisa komen.

    ReplyDelete
  38. bang ane punya saudara kembar tapi dia meninggal gara-gara ketabrak kereta api november lalu,tapi kok saya nggak ngrasain kaya dia ya kalo ngrasain kan artinya ane juga ikut mati kan

    ReplyDelete
  39. Maaf bang kalo gak nyambung
    tolong dong berita tentang tokek ampe 64 kg tuh bener gak atau cuma hoax dong, solanya kalo diliat fotonya koq sedikit aneh ya.... (atau perasaan aja)
    ni linknya http://www.tribunkaltim.co.id/read/artikel/56352

    ReplyDelete
  40. @ace: karena memang tdk semua saudara kembar punya hubungan itu.

    ReplyDelete
  41. by:agus
    saya setuju dg bro enigma, kalo dua orang memiliki ikatan yg kuat maka akan terjadi ikatan antara batin kedua orang tersebut, dimana ikatan batin tidak terbatas pada fisik dan ruang. manusia selain memiliki jasad juga memiliki ruh yg memiliki kepekaan tinggi.

    ReplyDelete
  42. Bang E, trus gmn ttg cerita bayi kembar yg terpisah dr lahir, yg satu sama lain sewaktu2 merasakan hal2 yg d alami kembaranya?
    hm.. bayi kembar dempet yg lucu. hehe..

    ReplyDelete
  43. Hub batin bkn milik sikembar,bisa ortu-anak,adik-kakak,pasutri dll.Dulu aq mantep nikah ama suamiku ini juga krn banyak kejadian bahkan pikiran yg sama, pd hal gak ada rencana sebllmnya.Salah satunya mimpi pd mlm yg sama kejadiannya persis sama,tokoh2 dlm mimpi sama!(Ini sebelum kami menikah,aq di Jkt dia dilain kota lho!)Mungkin ini jg jwban doaku dr Allah SWT,kalo jodohku adlh dia/suamiku saat ini.

    ReplyDelete
  44. twin connection kayaknya mirip2 ma hubungan emosional ibu dan anak kali ya...bener ya enigma...

    ReplyDelete
  45. bgmana dengan kisah si kmbar Jmes dr Ohio yang dipisahkan sejak lahir, dan diadopsi oleh keluarga yang berbeda.

    Tidak mengenal satu sama lain, kedua keluarga menamai mereka dengan nama yang sama, James. Kedua James tumbuh tanpa mengenal satu sama lain, namun keduanya menjalani pelatihan pelaksana-hukum, tertarik pada mechanical drawing dan pertukangan, dan menikahi wanita dengan nama Linda.

    Keduanya memiliki anak laki2 yang diberi nama James Alan. Keduanya juga menceraikan istrinya dan menikahi wanita lain, keduanya memiliki nama Betty. Dan keduanya memiliki anjing dengan nama Toy. saya pernah baca tp lupa drmana ==a

    ReplyDelete
  46. lala said,,
    wah ketinggalan lg dh,,
    BTW, Bang enigma ngasih label baru y??
    ada kepercayaan di masyarakat kalo anak kembar cewe cowo itu harus dipisah dari lahir karena mereka berjodoh,, apa bener,, bang???
    terus gimana dunk fenomena sepasang suami istri [yang katanya memang berjodoh] yang mukanya mirip jadi kaya saudara kandung gitu??
    tx ya brother...!!

    ReplyDelete
  47. @Jemon: Fenomena itu adalah salah satu yang memang belum bisa dijelaskan. Tapi saya yakin memang ada fenomena seperti itu.

    @Yuliasty: bahkan bukan cuma ibu dan anak, tapi juga antara kakak adik dan teman.

    @Fai: Mungkin faktor genetik menyebabkan mereka memiliki preferensi sama walaupun terpisah jauh.

    @Lala: memang saya tambahin label supaya lebih pas dengan isi postingan. Soal kembar cewek cowok, mungkin itu cuma kepercayaan tradisional. Tapi, menurut saya tidak harus seperti itu.
    Kalau soal suami istri muka mirip itu karena keseringan bersama sehingga ekspresi wajahnya jadi sama.

    ReplyDelete
  48. bang, ELIZABETH SHORT nya mn ??
    penasaran nih . ..
    heheheh

    [ wahyenx666 ]

    ReplyDelete
  49. Myheart2105 berkata...

    Waah,, pstngan yg qereen.. a_a
    Iya, bener tuh, kontak batin memg gk mesti dialami org kmbar aja, tp jg anak-ibu. N kykx gk sluruh org kmbar pnya kntak spt ini ya..

    Owh bgtu, jd msalx yg 1 sakit n kmbaran yg lain jg bs sakit krn ksamaan genetik yach??
    Sama2 rntan ma mkanan ato kuman trtntu??
    N kesukaan yg sm jg krn fktor gnetik??

    Tp om Enig, q pnya tmen kmbr idntik yg sifat n kelakuanx beda siang-malam,, so kykx gk msti bener ya kalo sifat ato hobi krn ksamaan gnetik??

    Sori om bnyk nanya,, stu lg, jd ksimpulanx telepati tu gk da yach pd org kmbar??

    Ini prtnyaan bleh djwb ma syapa aja... D tggu jwbnx.. ^_^

    ReplyDelete
  50. Dewa-krisna said...

    Telepati pd org kmbar? Mksudx yg sprti apa bro En?

    Jd gak ada ya telepati diantara org2 kmbr?

    ReplyDelete
  51. wahhh,,, tanggal lahir Taiwo dan Kehinde sma kyk akuu,,
    tapi tahunnya beda,, (ya iyalahh)

    ReplyDelete
  52. Thanks buat infonya yach, tulisannya mantap2 :-). Btw, Enigma udah pernah bahas ttg UFO nabrak wind turbine di South Lincolnshire apa belum, aku cari koq gak ada yach di arsip. Menurut Enigma ini beneran UFO atau bukan : http://www.youtube.com/watch?v=u-V9lcQeze4 oh ya, tolong link balik yach mas, makasih ^_^

    ReplyDelete
  53. @dewa khrisna: sebenarnya kalau dibilang pd saudara kembar ada hubungan telepati, maka jawabannya tidak. Kalaupun ada pada saudara kembar tertentu, maka kasus itu blh dibilang khusus dan tdk menggambarkan kembar secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  54. @bang enigma : tadi saya ngeliat info tokek yg beratnya nyampe 64 kg..tuh hoax apa ga bang? soalnya gede bgt
    tq

    ufo believer

    ReplyDelete
  55. aw aw aw......

    jadi tambah pengen punya anak kembar oom enigma...heuheu...

    posting juga donk gimana caranya biar punya anak kembar...hihi...

    ReplyDelete
  56. @ms terry, cup cup cupm jangan nangis lagi ya.. sini sini.. *hugs*

    @ace, "...kalo ngrasain kan artinya ane juga ikut mati kan"
    sepertinya koneksi yang ada tidak sampai seperti itu.. ketika hal itu terjadi, saya rasa koneksi yg terjadi mungkin hanya sekedar perasaan tidak enak, tidak nyaman, gelisah atau sedih tanpa sebab.. CMIIW

    ReplyDelete
  57. elizabeth short please . .
    hiks.hiks. .

    wahyenx666

    ReplyDelete
  58. Haha..saya ketinggalan lagi.

    Saya setuju dengan tulisan Mr.Enigma.
    Twin connection sepertinya mempunyai interpretasi yang jamak.

    1. Telepati.
    Melalui tes yang diatur sedemikian rupa, didapati hasil yang tidak mendukung adanya telepati. Itu jika telepati diartikan sebagai 'transmisi isi pikiran/perasaan jarak jauh tanpa peralatan teknis apapun'.

    Tapi, mungkin tingkat keakuratan eksperimen ini bisa lebih representatif jika subjek yang diuji (saudara kembar), jumlahnya diperbanyak, dari berbagai ras, dan meliputi 2 kelompok kembar: monozigotik dan dizigotik.
    Dan mungkin sebaiknya bentuk uji/perlakuan yang dikerjakan bisa ditambah. Misalnya, kata/benda apa yang terpikir saat diperlihatkan suatu foto peristiwa, dsb.

    Dengan adanya modifikasi seperti di atas, bisa didapatkan kesimpulan yang lebih akurat dan lebih representatif. Misalnya (ini cuma contoh saja):

    1. Dari 100 orang saudara kembar didapatkan kesimpulan tidak ada bukti telepati pada mereka, karena rentang keakuratan menebak kartu dengan benar (seperti pada tes) adalah 20 persen sampai 50 persen.

    2. Didapatkan tidak ada pengaruh ras dalam aktivitas pengujian telepati.

    3. Ternyata saudara kembar monozigotik memiliki persentase yang lebih tinggi daripada kembar dizigotik dalam menebak gambar atau berpikir hal/benda yang sama saat diperlihatkan foto suatu peristiwa.

    Kemudian, mungkin bisa dicari penjelasannya dari sudut pandang sains.


    2. Kemungkinan kedua, PREFERENSI.
    Ini juga bisa merupakan bentuk dari twin connection.
    Hal ini telah dibuktikan oleh Profesor Chris French dengan memodifikasi perlakuan: jika kartu dipilih orang lain, persentase keakuratan menebak kartu menurun.
    Hal ini menunjukkan adanya kesamaan pilihan/kesukaan/hobi terhadap sesuatu.

    3. Bentuk-bentuk lain yang kemungkinan besar juga exist, tapi bersifat khusus pada saudara kembar tertentu.
    Hal ini seperti telepati dengan definisi seperti yang telah sebutkan sebelumnya, firasat, dan extrasensory pain transmission (ini istilah yang saya pakai untuk fenomena rasa sakit yang sepertinya dirasakan oleh kembar yang lain, di saat saudara kembar menderita nyeri di bagian tubuh tertentu). Yang terakhir ini, jangan terlalu diambil pusing, karena saya menulisnya hanya berdasarkan cerita/pengakuan yang pernah saya baca.

    Kembali ke topik, jadi (saya sependapat) bahwa secara umum, saudara kembar tidak memiliki hubungan telepatik, tetapi lebih pada kesamaan preferensi, dengan harapan bahwa eksperimen ini dapat dilakukan dengan modifikasi untuk memperoleh keakuratan yang lebih baik.

    Tapi, secara khusus, tidak menutup kemungkinan bahwa telepati antar saudara kembar exist. Jika ada, saya rasa itu karena Tuhan menghendaki demikian.

    ReplyDelete
  59. Bang enigma sudah taukah ada perahu ditemukan di daerah pegunungan turki. Sebagian orang mengatakan kalau itu adalah perahu Nabi Nuh. Bisakah enigma meluruskan berita ini apakah hoax atau hanya perahu yang memang mirip dengan Nabi Nuh? Anehnya kenapa perahu ada dipuncak pegunungan.

    Thanks

    ReplyDelete
  60. tulisan bro enigma kali ini menarik seperti biasa :)

    btw bro enigma sudah lihat ini? http://www.arkdiscovery.com/noah%27s_ark.htm

    bagaimana kalau bro enigma membahas ini juga?

    ReplyDelete
  61. Siip cak keep creative n' don't give up until your last blood

    ReplyDelete
  62. @Lica Lawliet: wah...thanks :) syukur deh bisa dapet banyak saudara dari blog ini :)

    @Dea: Aku rasa Mr.E ga keberata.... :) asal nilainya buat yg punya blog :D bukan begitu bang??? (jwb Mr.E mungkin: BUKAAAAAAN!!!!! ;p )

    @Mr.E (ini dilakukan utk menyngkat mengetik nama mu bang :D): sepertinya banyak yg request noah's ark.... mau tu kenapa? karena menurut saya, walau blog2 lain dah bahas, kalau blm baca postingan Mr.E rasanya kok blm mantep gt ya...?!?! wkwkwkwkwkw

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  63. uda saya tunggu postingannya mas

    ReplyDelete
  64. @bung enigma
    another nice job, bung enigma. saya dari dulu juga punya pertanyaan tentang misteri kembar n di sini sudah lumayan banyak diberi penjelasan. terima kasih ya bung.

    @myheart2105
    saya juga punya teman kembar identik yang bener2 beda banget sifatnya. pas saya tanya makanan yang sering mereka makan, ternyata makanan yang sering dimakan antara saudara kembar ini beda. saya jadi ingat ilmu nutrisi yang namanya nutrigenomik (semoga gak salah nulis), yang bilang makanan yang kita makan mempengaruhi sifat gen dalam tubuh kita, n nantinya juga bisa mempengaruhi sifat kita. Saya juga gak tahu ini bener apa gak, tapi saran saya, coba kamu tanya makanan yang sering mereka makan. Yah, ini baru pendapat saya saja sih. Tolong dikoreksi kalau salah.

    Btw, kayaknya banyak yang request elizabeth short nih. Pada suka pembunuhan sadis misterius ya? Gak masalah sih. Saya mah ayo aja <-- maksudnya? :)

    u-tell

    ReplyDelete
  65. @Dea: main tebak-tebakan? Boleh :)
    Dan kenapa Dea juga berpikir saya mahasiswa kedokteran?

    @Myheart2105: hi Myheart!
    Karena pertanyaan kamu terbuka bagi siapa saja, saya mau berpartisipasi ya :)

    Pertanyaan kamu:

    ''Owh bgtu, jd msalx yg 1 sakit n kmbaran yg lain jg bs sakit krn ksamaan genetik yach??
    Sama2 rntan ma mkanan ato kuman trtntu??''

    Ya, bisa begitu. Misalnya alergi makanan, debu, serbuk bunga, dsb. Hal ini diturunkan (genetik), maka alergi terhadap makanan tertentu seperti kacang, udang, dsb, dapat dialami kedua saudara kembar, apalagi yang monozigotik, karena mempunyai kemiripan gen yang sangat tinggi, disebabkan berasal dari pembelahan 1 buah zigot (sel ovum yang telah dibuahi spermatozoa). Begitu pula dengan alergi terhadap debu, serbuk bunga atau bahkan alergi terhadap obat seperti penisilin, dan alergen lainnya. Ini (kecuali alergi obat) dapat menimbulkan penyakit asma pada kedua saudara kembar.

    Kebanyakan yang menyangkut penyakit yang sama atau sama-sama sakit karena sesuatu adalah karena faktor genetiknya.
    Selebihnya ditentukan oleh faktor status gizi, higiene pribadi, sanitasi lingkungan dan agen penyakit.


    Pertanyaan kamu berikutnya:

    ''Tp om Enig, q pnya tmen kmbr idntik yg sifat n kelakuanx beda siang-malam,, so kykx gk msti bener ya kalo sifat ato hobi krn ksamaan gnetik??''

    Dalam genetika, sifat-sifat yang diturunkan adalah sifat-sifat fisik. Tetapi ada juga beberapa pendapat yang mengatakan sifat-sifat psikis juga diturunkan, yaitu melalui regulasi/interaksi yang khas dari substansi biokimia otak, seperti dopamin, adrenalin, asetilkolin,dsb.

    Mengenai perbedaan sifat (karakter), hal itu bisa terjadi. Karena pembentukan karakter dipengaruhi multifaktor. Genetik, asuhan, pendidikan, lingkungan. Perbedaan dalam ketiga aspek terakhir dapat menyebabkan perbedaan karakter dari saudara kembar.

    Next:

    ''Sori om bnyk nanya,, stu lg, jd ksimpulanx telepati tu gk da yach pd org kmbar??''

    Secara umum, telepati pada saudara kembar tidak ada. Yang ada lebih cenderung pada kesamaan preferensi.
    Secara khusus, telepati antar saudara kembar tidak menutup kemungkinan juga ada.

    ReplyDelete
  66. Nice info.Jadi ingat acara the master di rcti.Enigma, tulis tentang mentalist dong.Saya masih penasaran ma dedy corbuzier yg nebak pikiran orang.Itu triknya gmn ya.

    ReplyDelete
  67. intrupsi bang! Kayaknya saya pernah baca artikel "manusia tertua di cina" deh?? Kayaknya bulan2 lalu, tapi kok saya cari2 ga ada ya bang?Apa bukan di blog ini ya?

    ReplyDelete
  68. @Thekrim: ini linknya:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/05/legenda-li-chung-yun-manusia-yang.html

    ReplyDelete
  69. syarif :: menurut ak kembar identik memang sudah ada ikatan batin.ikatan batin tercipta dalam hati manusia,isi hati manusia itu tidak dapat di teliti dan dipelajari karena itu rahasia Tuhan.biarlah itu menjadi rahasia Yang Maha Kuasa.bukan begitu bang Enigma.mohon tanggapannya..

    ReplyDelete
  70. @Syarif: Memang hanya Tuhan yang mengetahui isi hati manusia.

    ReplyDelete
  71. Dea . (dea dri td nyoba comment dr hp tp ga bisa2 pdahal dah pke opera mini)
    @ Ms.Terry : ehehehe , nilai.a bagi 2 aja ah ama ka Enigna . . ;)
    @ kak Chris : hehehe sbener.nya dea ga nganggep kka mahasiswa kedokteran lho :)*nyengir* umm , bisa aja bidang lain yg ada hubungan.a ama kdokteran n ksehatan , alesan.a yaaa krna kka slalu nganalisis postingan ka Enigma yg ada hubungan.a ama kdokteran , ksehatan pkok.a ttg tbuh manusia deh :) . .
    Hehehe , btw tebakan dea bener :D kka bkal nganalisis di postingan ini yaa tp ga bersambung sih , hehehehe :D
    kak , ayo dong kasi tau kta2 , sbner.a kka tuh apa ? Bener mhs kdokteran ? Lg co ass ? Ato udah dokter ? Ato malah mhs jurusan lain ? Ato udah krja ?
    Hehehe , ayo dong ka . . :D :D ato cepet.nya aja , kka ada fb ga ?? Hehehehe . .
    Maaf kbanyakan nanya n kluar dr konteks :D . .

    ReplyDelete
  72. @chris: hmm, berarti kasusnya anak kembar identik yang diasuh dalam lingkungan, asuhan, dan pendidikan yang sama tapi perangainya beda sama sekali, intinya ada di genetiknya ya? Ada faktor lain yang mungkin gak?

    u-tell

    ReplyDelete
  73. Makasih bang, ow tahun 2009, perasaan kok bulan lalu diposkan ya, emang pikun, rencana mau saya sebarkan bang, tapi so pasti linkback ke sini, ijin dulu gt, hehe

    ReplyDelete
  74. comment dulu baru baca.
    Oh ya,bro Enigma kenapa sekarang postingannya jarang2 sih?

    ReplyDelete
  75. @dea:
    Dear Dea, saya rasa apa yang Dea ingin percayai tentang saya adalah lebih baik bagi hubungan persahabatan enigmania di blog misteri ini :)

    Biarlah saya tetap menjadi bagian dari misteri blog misteri ini...dan mohon Dea jangan berkecil hati ya.. atau pun berubah sikap, karena siapa pun saya, saya hanya seorang Chris, penggemar blog misteri ini.

    Mengenai facebook, saya tidak punya...

    Dea tidak kecewa kan? :)

    ReplyDelete
  76. @Ms. Terry : sama2. :)
    Blog ini bkin nambah ilmu & nambah teman.

    Special thanks to Mr.E! ;)

    @ichabodCRANE : maybe he was busy, or tired.
    Tp klo kita adalah pembaca yg baik, tentu saja kita akan menanti dgn sabar postingan2 mr.E selanjutnya. :)

    ReplyDelete
  77. @u-tell: ada 2 kemungkinan yang mesti dicermati saya rasa.

    1. Apakah memang asuhan, pendidikan, dan lingkungan yang mempengaruhi mereka sama. Saya menduga dalam kehidupan sehari-hari, ketiga faktor itu tidak bisa diatur seketat mungkin agar menjadi sama. Dalam kehidupan sehari-hari semuanya berjalan secara alami, sehingga asuhan, pendidikan dan lingkungan mereka bisa terdapat variasi.

    2. Genetik. Ya, bisa terdapat perbedaan di antara kembar identik. Saya rasa tidak ada manusia di dunia yang benar-benar memiliki kemiripin gen 100 persen, bahkan untuk kembar monozigotik sekalipun. Karena suatu peristiwa yang disebut ''crossing over'' pada kromosom di saat mitosis sel-sel di awal kehidupan. Crossing-over dapat menimbulkan variasi dan genetik yang khas untuk masing-masing individu.

    Bisa jadi potensi genetik yang berbeda ini pada saudara kembar jika diekspos dengan pendidikan (di sekolah, tempat kursus,dsb), ataupun faktor lingkungan yang berbeda, walaupun asuhan, kasih sayang yang diberikan sama, dapat menimbulkan perbedaan sifat/karakter yang mencolok.

    ReplyDelete
  78. Myheart2105 berkata...

    Waaah,, chris.. q dah nebak kalo km bkalan ikutan komen n jwb prtnyaan aq...
    Oh.. I c..i c.. :D
    Thx yach...
    Baidewei, extrasensory pain transmission..q tringat filmx jackie chan yg kembr itu loh...

    @dea: he?? Dea gk prcya kalo si chris mhs kdokteran??
    Tp dr kata2x dea, ''alesan.a yaaa krna kka slalu nganalisis postingan ka
    Enigma yg ada hubungan.a
    ama kdokteran , ksehatan pkok.a ttg tbuh manusia
    deh :) . .'' bukanx yg plg cocok emg dokter??


    @u-tell: kalo nurut aq seyh bs aja koq.. Kan di dunia ni gk ada org yg bner2 sama 100%... Kalo yg bner2 sm itu kloning bukan??

    ReplyDelete
  79. @myheart2105, "Ini prtnyaan bleh djwb ma syapa aja... D tggu jwbnx.. ^_^"
    hehehe, ntah kenapa dari kemaren saya merasa, ini memang sengaja dibuat agar chris menanggapi.. cmiiw.. hehehehehe..

    ReplyDelete
  80. nice post again om..

    btw,bisa ngecek foto di kaskus ini om?hoax gak?soalnya aneh bener,tokek 64kg.

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4039376

    ReplyDelete
  81. Myheart2105 berkata...

    S7 ma Dea,,
    Chris, pliiss ksh tau dunks km tu mhs apa? Udah krja pa blm? Klu blm Mhs apa? kdokten khan?? Kuliah dmana??
    Pliisss...
    (*Smbh sujud m(_ _)m *)

    ReplyDelete
  82. emang ane juga ada perasaan nggak enak gitu pas dia ketabrak,soalnya ane jadi susah bernafas untuk beberapa menit,mungkin juga itu twin connection ya.

    bang ane tanya nih tokek yg beratnya 64KG itu hoax apa nggak ya?

    ReplyDelete
  83. Sekali lagi pengetahuan bertambah..,
    gw juga mau share bro, tetanggaku ada juga yang kembar, cowok dua - duanya. Trus beberapa tahun kemudian ortu mereka JUGA kembali ngelahirin anak kembar lagi, kedua - duanya juga anak kembar!!!
    Kira - kira itu fenomena apa ya bro??? atau sekedar kebetulan aja???

    ReplyDelete
  84. @richard r: kembar itu keturunan. Kalau satu org punya bakat kembar, memang keturunannya bs pnya anak kembar kembali.

    ReplyDelete
  85. pada inget nga filmnya JACKIE chan yang twin effect ??//

    ReplyDelete
  86. @chris: i see. thanks buat penjelasannya ya bung. masuk akal dan sangat mudah dimengerti :)

    @myheart2105: hehe bener juga sih. gak bakal mungkin ada 2 orang yang persis sama di dunia ini, walau kembar sekalipun.

    ngomong2, apa cuma saya saja ya yang gak pingin tahu chris itu siapa? (clingak clinguk cari teman) Saya suka komen2 dia dan menikmati misteri tentang siapa dia. Kalau nanti tiba2 BUM! identitasnya nongol, saya justru khawatir saya jadi gak menikmatinya lagi <-- hehe, egois banget ya? Ini cuma pendapat saya saja sih.

    Yah, ini kan blog misteri. Nambah 1 misteri lagi juga gak masalah kan? Malah seru :)

    u-tell

    ReplyDelete
  87. makanya kalo mau punya anak kembar, kawin sama cowo yang punya kembaran ato keturunan kembar. tapi yang aku liat kalo lahir kembar itu giliran gituh. kalo neneknya kembar, ibunya enggak, ibunya enggak, cucunya kembar gituh. mungkin cuma masalah peluang kali yah?????

    mari pendapatnya om chris???

    (@_@)

    ReplyDelete
  88. wow! pingin deh punya kembaran.
    tapi ada juga tuh kembar itu giliran... ibunya kembar, anaknya enggak, terus anaknya lagi kembar, giliran gitu..
    masalah peluang kali yah..

    om chris, om Enig, genetik gitu lebih ke peluang juga khan?

    ReplyDelete
  89. ketinggalan banyak nih saya....T-T

    saya sering mengataka hal yang sama dengan kk saya....hahahaha...apa itu ada hubungan batinnya ya?tapi saya dengan kakak saya bukan kembar...walaupun banyak yang bilang muka kami mirip (aneh, padah tidak mirip samse saya rasa)XD

    nice posting om!

    ReplyDelete
  90. @u-tell : sy jg tidak trtarik dgn identitas chris. Hehe :)
    Biarkanlah dy sprt itu. Suatu saat, jika dy ingin mmbritahu drinya yg sesungguhnya dy pst yg akn blg sendiri. Just wait :)

    @anonymous : i think so. Soalnya, kakek sy kembar. Mama sy ga dpt ank kembar. Jd, tnggal sy & saudara sy. Dpt ngga yaaa?? Hehe :)
    Tp mungkin ga ya krn faktor keberuntungan juga?

    @nate : sy jg gitu sm ade sy. Hehe ;)

    ReplyDelete
  91. IIn

    Komen Perdana..... keren Om Blognya...

    ReplyDelete
  92. Dea .
    @ Kak Chris : hmm iya deh , gapapa kok :) dea cuma penasaran aja :) hehehehe nyantai aja kak :))
    Jujur nih ya , Dea udah seneng kok comment dea dibales ama kka , hehehe prcya ato engga kka udah jd artis di blog ini (selain ka Enigma)hehehhehe
    (maaf bwt temen2 yang kurang stuju ma pendapat dea)

    @ Kak MyHeart2105: hmm bukannya dea gak percaya kak , tapi maksudnya gak menutup kemungkinan kalo kak Chris itu mhs jurusan lain yg juga berhubungan ma kdokteran (perawat misalnya)iya sih emang paling cocok kedokteran hehehehe , tp ttp ga nutup kemungkinan jg sbelum ada knofrmasi dr kak Chris heheheheehehe :DDDD
    Peace . .
    Btw kka tuh cewek ato cowok ??

    ReplyDelete
  93. Dea .
    @ U-Tell and Lica Lawliet : hehehe iya juga sih :)

    ReplyDelete
  94. @dea : tp ngga ada salahnya klo mo tau. semua org kan punya rs ingin tau. jd, yg td itu cuma pendapat saya saja. hehehehe :)

    btw, salam kenal ya Dea :)
    kelas 2 SMA bukan?

    ReplyDelete
  95. hmmm......dea pengggemar berat chris bih kayaknya....:)
    U-Tell : aku setuju pendapat kamu.

    -Viona Bonita-

    ReplyDelete
  96. wuuuoaaah!!!! penggemar chris akhir2 ini membludak :) bengong aku..... :) wow...jgn2 nanti fungsi blog ini jadi nambah satu lagi: ajang cari jodoh!!! wkwkwkwk.... it is ok bang enig?

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  97. @Ms Terry: Tentu saja tidak masalah. Sesuatu yang baik tidak boleh dilarang.

    ReplyDelete
  98. ini adalah slah satu blig yg tidak pernah saya lewatkan setiap minggunya...

    tentang saudara kembar saya juga mempunyai kisah unik, teman saya kuliah dulu seorang saudara kembar identik, selalu memakai stelan baju yg sama hingga sepatu dan aksesoris walaupun mereka tidak pernah merencanakannya dan keduanya tidak tahu sama lain memiliki baju yang sama, mereka baru menyadari memakai stelan yg sama ketika menghadiri suatu event tertentu, biasanya salah satu dari mereka mengalah untuk pulang dan mengganti pakaian, karena malu memakai pakain yg sama...

    pernah juga suatu waktu ketika mereka hendak mengunjungi pacar masing2, mereka berdua berangkat bersama2 dan akhirnya sampai di tujuan yg sama, saudara kembar itu saling curiga apakah mereka memacari 1 wanita yg sama tanpa mereka sadari, ketika mereka berdua akhirnya memutuskan untuk sama2 memastikan apakah pacarnya adlah orang yg sama, ternyata wanita yg mereka pacari merupakan seorang saudara kembar juga yg keempatnya memang seorang pasangan, teman twins saya yg tertua memacari wanita kembar yg tertua begitu juga dengan adiknya dan adik wanita itu, dan masing2 dari mereka tidak tahu pasangannya memiliki saudara kembar...

    kejadian dilakukan mereka tanpa mereka sadari dan disengajakan, mereka berdua pun berusaha untuk berusaha tampil beda dan tidak mau tampil mirip satu sama lain tetapi entah kesamaan selera atau genetis yg membuat mereka selalu tampil kembar...

    dika

    ReplyDelete
  99. Dea .
    @ kak Lica Lawliet : hehehehe , iya ngerti kok ka . . . :) hehe
    iya salam knal jg yaa :D
    hehe , wew ko bisa nebak klas 2 SMA ? drmna kak ? Ada analisisnya ga? Hehehe ;) peace

    @all : hmm kayak.a kalo dibilang penggemar berat mah enggak deh , cm seneng aja comment dea di bls sama slah stu analis blog Enigma , hehehe . . :)

    @ka Enigma : kak , nganalisis lg dong , udah lama nih ga baca analisa kka yg keren . . Hehehe oia , jgn lupa Crop Circle ya kaa :) makasih :)

    ReplyDelete
  100. Hmmm....kalo aku lebih suka blog ini untuk membahas misteri,bukan ajang cari jodoh :)
    .difokuskan pada fungsi awalnya.Itu pendapatku.

    -Viona Bonita-

    ReplyDelete
  101. @Viona: haha, ms terry dgn saya cuma sekedar intermezzo, jgn dianggap serius.

    ReplyDelete
  102. @anonymous yang bertanya tentang fenomena kembar hubungannya dengan genetik:

    ''mari pendapatnya om chris???''

    ''om chris, om Enig, genetik gitu lebih ke peluang juga khan?''


    Waduh, saya dipanggil om?? Hehe..mungkin kamu belum pantas menyebut saya 'om', kecuali kamu berumur 4 atau 5 tahun..hehe..kidding :)


    Mengenai pertanyaan kamu, pendapat saya, itu memang berhubungan dengan faktor genetik.
    Jumlah kembar dizigotik lebih banyak daripada kembar monozigotik.
    Mengenai kembar dizigotik, hal ini sampai sekarang masih menganut teori genetik. Kembar dizigotik berasal dari 2 ovum (sel telur) yang matang (ovulasi) secara bersamaan, yaitu dari ovarium kanan dan ovarium kiri. Keduanya kemudian dibuahi oleh spermatozoa, masing-masing membentuk zigot, yang akhirnya nanti membentuk kembar dizigotik.
    Nah, letak peran faktor genetik di sini adalah pada wanita, bukan pada pria. Hal ini berhubungan dengan kadar hormon estrogen. Kadar estrogen dalam jumlah tertentu dapat merangsang pematangan (ovulasi) secara bersamaan dari ovarium kiri maupun kanan. Nah, gen yang mengatur sifat kadar estrogen yang merangsang ovulasi secara bersamaan, hanya diwarisi oleh wanita-wanita tertentu saja. Oleh karena itu faktor genetik berperan pada lahirnya anak kembar dizigotik.

    Mengenai peluang, tentu saja genetik berbicara tentang peluang. Jika pernah mempelajari persilangan Mendel, atau kemungkinan golongan darah, maka hal ini akan jelas terlihat. Pola-pola genetik dapat mengikuti teori peluang. Begitu juga seharusnya nantinya dengan kembar dizigotik, pola/kemungkinannya dapat diramalkan jika gen pembawa sifat kembar dizigotik (gen yang mengatur kadar estrogen sehingga memungkinkan pelepasan 2 ovum sekaligus dari ovarium yang berbeda) telah teridentifikasi.

    ReplyDelete
  103. @Myheart2105: aduh Myheart2105, sepertinya kamu terlalu melebih-lebihkan mengekspos tentang saya..saya juga tidak enak jadi bahan pembicaraan di sini...peace :)

    Sembah sujud? Tidak perlu. Kalau kamu mau tahu, baiklah...

    Saya seorang laki-laki, usia 22 tahun, masih mahasiswa, seorang Muslim :)

    Saya rasa cukup ya..

    ReplyDelete
  104. Mengenai tokek raksasa 64kg saya yakin om enigma sedang menganalisa fotonya apakah itu hoax apa bukan. Kebetulan loakasi tokek itu terjadi di dekat daerah saya yaitu di sekitar Seimenggaris,Kab. Nunukan, Kaltim di sekitar perbatasan Indonesia-Malaysia. Berita tentang tokek tsb dimuat di Tribun Kaltim dan menimbulkan kehebohan di kalangan pembaca. Fotonya juga dimuat besar di koran tsb tapi teknik pengambilannya jarak dekat shg menimbulkan kecurigaan apakah itu hoax atau bukan seperti rekaman buaya raksasa yg dimuat di blog ini juga. Informasinya di koran tsb juga minim shg menimbulkan dugaan macam-macam. Berita terahir yg saya pantau tokek tsb udah laku dijual seharga 169 Milyar.

    ReplyDelete
  105. Hati2 bro Chris,ntar anda bisa di culik sama myheart2105.....:)
    hehehehe peace.....:)

    ReplyDelete
  106. yang beli tokeknya siapa bro Velver....?

    ReplyDelete
  107. @lica lawliet & viona bonita:

    ternyata saya tidak sendirian ya. Syukurlah :)


    @chris:

    wah wah... saya baru mau komen tentang peluang, sudah dijawab duluan ya sama anda. Saya tambahin sedikit aja ya.

    Kembar dizigotik dan kembar monozigotik memiliki penyebab/faktor pemberi kontribusi yang berbeda. Kembar monozigotik masih diklaim sebagai KEJADIAN ACAK (kebetulan), dan faktor genetik (keturunan) MEMANG berperan sebagai penyebabnya, tapi sampai sekarang faktor ini masih belum dapat diidentifikasi secara pasti. Kembar dizigotik, seperti kata bung chris, terjadi karena keluarnya lebih dari satu sel telur dalam sekali ovulasi. Faktor yang memberi kontribusi pada kejadian kembar dizigotik misalnya usia ibu saat melahirkan. Penelitian menunjukkan bahwa semakin tua usia melahirkan maka kejadian kembar semakin banyak (tapi tentu saja resikonya juga semakin besar).
    Beberapa faktor lain yang 'mendukung' meningkatnya peluang anak kembar misalnya makanan yang dikonsumsi ibu (banyak mengandung estrogen dan insulin growth factor, seperti susu, kurma, telur), 'kemampuan' sperma ayah untuk membuahi lebih dari 1 sel telur, dsb. Ada juga faktor keberuntungan. Tapi tentu saja faktor keturunan tetap jadi faktor paling dominan.

    Kalau ada yang salah tolong dikoreksi ya bung.

    wah wah (lagi)... ada apa bung, mendadak bikin 'pengakuan' di jam 3 pagi? :D
    Yah, dengan begini setidaknya saya tidak salah ya memanggil anda "bung chris". Salam kenal ya bung chris :)

    Btw, seperti biasa saya suka komen anda :)


    @all:

    pertanyaan terbuka aja ya. Ada yang bisa tolong jelaskan tentang penyebab terjadinya kembar 6? Pretty please?

    u-tell

    ReplyDelete
  108. @-Viona Bonita-: tul...tul...saya cuma intermezzo...kalo kita serius terus menganalisa n menghadapi semua hal, bisa sutris nanti :)
    lagipula, saya senang menggoda Dea n My Heart yg kayaknya rebutan (menarik perhatian) Chris.... wkwkwkwkwkwkwkw :D

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  109. oya...tentang Chris yang sitebak2 adalah seorang MAHASISWA kedokteran, menurut saya sih bukan... saya lebih curiga jangan2 dia MALAH SUDAH JADI DOKTER. wkwkwkwkwkwk

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  110. Sir enigma, jangankan orang yang kembar (yang jelas2 dari awal turun ke dunia udah sama2, terbentuk dan berbagi sel telur yang sama) kita yang brsdra bukan kembar aja pasti ada sibling's connectionnya. Contohnya saya dan kakak saya, melalui lirikan mata atau senyum saja saya atau dia sudah tau apa yg masing2 maksudkn. Atau saya sedang teringat abang saya lagi main suatu game padahal ia sedang di suatu tempat yg jauh, sewaktu saya sms atau telpon dia memang benar2 lg main game itu. Ada juga kesamaan selera musik, warna kesukaan, bahkan siklus haid yg sama. Jadi memang pepatah jadul itu ada benarnya 'Darah itu lebih kental dari air', hubungan batin antar anggota keluarga itu sangat kuat, mungkin bisa disebabkan krn kita berbagi rahim yg sama, pola hidup yg sama, didikan yg sama, atau hal yang laing yang tidak bisa diungkapkan dengan kalimat saja.

    ReplyDelete
  111. @u-tell : u r not alone bro/sis. (Kaya lagunya MJ) :)

    Klo soal kembar 6, setahu sy 1 sperma tuh bs membuahi lbh dr 1 sel telur sekaligus. Jd kemungkinan kembar 6 (bahkan sy pernah lht ada kembar 12, ga kebayang gmn mengandung & lahirinnya) itu bs. Itu setahu sy, klo salah, maaf. Hehe :)

    ReplyDelete
  112. @Myheart2105 berkata...

    WAaaaaa... Chris, akhirx..akhirx.. Trnyata bner km msh 22 thn.. Itu jg adlh jwbn soal mtk yg km brikan dpstngan 'danau baikal'.. Q prcya kalo km ngmong jujur... ^0^
    Mngenai km mhs, slamax q kan prcya kalo km adlh mhs kdoktran,.. Q tau km gk bkalan jwb krn jk km jwb km mhs kdoktran, q bs analisis n lacak BP km, n q bs mngetahui idntitas km..om google psti ngbntu bnyak.... ^_^v

    Salut bwt kberanian km! Bravo chris! ^0^


    @dea: kalo gt q jg mau jd bgn dr misteri blog msteri enigma ini...xixixi..(ngutip kata2x chris):
    ''Biarlah saya tetap menjadi bagian dari misteri blog misteri ini...''

    (Halah..ditabok, gk kreatif,,huhuhu T_Tv)

    ReplyDelete
  113. @u-tell: haha..tadi malam tumben mata saya tidak mau diajak kompromi, belum bisa tidur maksudnya. Kemudian saya buka blog ini, baca-baca. Tergelitik dengan 'request' Myheart, dan tidak tega membaca 'sembah sujud'. Haha..

    Mengenai mengapa bisa terjadi kembar 6, saya rasa itu berhubungan dengan ovulasi ovum secara serentak. Jika biasanya hanya ada 1 ovum yang ovulasi dari tiap ovarium, maka pada kondisi kembar 6, ovulasi tiap ovarium dapat lebih dari 1. Apa yang menyebabkan hal ini? Saya rasa ini berhubungan dengan kadar Follicle Stimulating Hormone (FSH) yang unik pada wanita yang melahirkan kembar 6. Keunikan ini saya rasa masih berhubungan dengan genetik juga. Terdapat gen spesifik yang mengatur ekspresi FSH unik ini. 'Unik' yang saya maksud kemungkinan besar adalah peningkatan kadar hormon FSH.

    ReplyDelete
  114. @lica lawliet & chris:

    terima kasih untuk jawaban2nya :)

    Yang bikin saya bingung, seperti yang dikatakan bung chris, biasanya tiap ovarium menghasilkan 1 ovum. Tapi di kehidupan nyata (saya lupa baca di mana) malah ada kasus single mother yang melahirkan bayi kembar 8 setelah sebelumnya melahirkan bayi kembar 6 (yes, what a super mother). Mungkin sampai sekarang memang faktor genetik yang paling bisa menjelaskan semuanya...

    u-tell

    ReplyDelete
  115. Setuju sama mindhack... jika seseorang sering memperhatikan bahasa tubuh orang lain secara mendetail, maka akan kelihatan apa yang sebenarnya dia pikirkan, apa perasaannya, dll.

    Yang penting memeperhatikan hal-hal kecil, yang sering terlewatkan. Jika sudah terlatih, kita bahkan bisa membaca pikiran seseorang lewat bahasa tubuhnya saja (kaya Sherlock Holmes)...

    ReplyDelete
  116. @dea : hmmm.... itu murni tebakan doang koq. saya pikir kamu kelas 1/2 SMA. hehehehe
    saya ga bisa analisis kaya k chris.... hehehehe :)

    ReplyDelete
  117. Dea .
    @ kak Lica : oh hehehe, dea bru lulus smp , skg mw sma kak . .
    Hehehehe :D

    ReplyDelete
  118. @dea : bener ternyata. Awalnya sy pikir km kls 3 smp. Krn kmu sempet blg 'buat tugas praktek.'
    Selain itu, cr bicara km trkesan 'manis & childish' jd ga mungkin SMA. Haha! :)
    Tp sy ragu, jd iseng2 nyebut 2 SMA.
    (Mau cb analisis dikit. :P)

    Btw, selamat atas kelulusannya yah dea. Semoga msuk SMA yg km inginkan. :)

    ReplyDelete
  119. @ kak Lica : hehehehe bagus kok ka analisisnya , hehehehe , sgla sesuatu.nya kan hurus dimulai dr yg sederhana :)

    Iyaaa , makasih ya kak . . Amiiinnnn :)

    seneng bis dpt temen baru dr blog ini . . :D

    Big Thanks for Mr.Enigma :))))))

    ReplyDelete
  120. @dea : hahaha! Makasih dea. :)

    Iya, big thx 4 mr.enigma! *hug* >.<v

    Btw, ada fb ga dea?

    ReplyDelete
  121. Ada Dea Avion Bright , add ya kaa . .
    Fb kka apa ?

    ReplyDelete
  122. oww.... ok, nih saya add. :)
    nama fb saya, ntar saya bilangin di fb. hehehehehe ^^v

    ReplyDelete
  123. VIC said . . .
    mantap . . .

    ReplyDelete
  124. @lila(lica lawliet...itu nama panggilan kamu...wkwkwkwk!!!gapapa kan?) : ha?sama dong...hahahaha....:D

    ReplyDelete
  125. @nate : wew.... 'lila = nama tokoh di cerita baru saya.' ;)
    iyalah sama, masa beda? :P

    ReplyDelete
  126. wah bagus bgt nih bang enigma .. cocok utk bahan artikel yg saya butuhkan ..
    bang bisa request gak ? saya mau request tentang pengertian dari syncronicity . karena artikel ini penting utk bahan artikel saya yg lain

    by : u.named

    ReplyDelete
  127. Ariel 10 said...
    O.... benar juga ya... he he he

    ReplyDelete
  128. saya tidak athu
    tapi saya lebih setuju karena adanya minat g sama, tumbuh bersama, atau persamaan persepsi

    ReplyDelete
  129. senengnya ada yg bahas tentang anak kembar, post ini bikin saya ingin menaruh komentar, menurut saya yg jg anak kembar non identik(perempuan & laki-laki), menurut saya ada hubungan / conection antar saudara kembar yg ga bisa dijelaskan. klo yg saya alami lebih ke perasaan. pernah saudara kembara saya kecelakaan n saya langsung tau begitu saja tanpa ada kabar sebelumnya.pas ditelp ternyata itu kejadian..

    ReplyDelete
  130. Bukan maksud buat spam cuma kenalin blogku
    http://zona-orang-gila.blogspot.com
    Apa aja ada disini

    dan juga
    http://diary-gila-ronney.blogspot.com

    Kalo ada waktu singgah yah

    ReplyDelete
  131. mnarik..
    wah.. maaf masuk nyelonong aja
    Rei Pembaca baru d blog abg enigma..
    mohon bimbingannya ^^

    ReplyDelete
  132. wah menarik mas sekali bung E.

    saya juga pernah membaca, kalau sebenernya saudara kembar adalah 1 orang. maksudnya, karena kembar itu kemungkinan besar 1 sel yg menjadi 2 individu, maka rasanya ga terlalu aneh kalau kembaran kita bisa memlih hal yg sama.

    lalu kalau kasus kenapa ada kembaran yg berbeda 180, saya pernah baca, linknya

    http://www.cracked.com/article_18404_6-shockingly-evil-things-babies-are-capable-of_p2.html

    ReplyDelete
  133. saya punya saudara perempuan yg jauh lebih muda tp pemikiran sering sama, padahal tipe sifat kita beda jauh
    saya jg heran
    contoh kejadian : saya di rumah sedang nyanyi2 tiba pengen nyanyi lagu korea, ya nyanyi korea meski ngga hafal judulnya, ketika adik saya pulang sekolah, saya yg bukain pintu dan adik saya nyanyi lagu yg sama (ini sering meski dengan kejadian dan tempat berbeda)

    misalnya ada iklan atau sebuah film, biasanya kita komentar barengan dan sama, atau misalnya adik saya yg ngomong duluan, saya jg mikir yg sama dalam hati

    yah tapi mungkin ini jg kebetulan karena memang ngga selalu sama. mungkin ikatan saudara jg berpengaruh

    ReplyDelete
  134. SPMD

    Telepati itu kuno...yang lebih modern adalah transporter yaitu hadirnya bayangan seseorang dihadapan kita dan kita bisa berbicara dengannya secara langsung mirip sebuah hologram dan kita bisa berbicara dengan pikiran atau dengan mulut seperti percakapan biasa. Dan suatu saat nanti bukan hanya bayangan yg muncul tapi satu tubuh secara keseluruhan dan nggak perlu ditutupi kayak pesulap juga nggak perlu alat bantu Kayak Startrek yg harus masuk ruangan khusus.

    ReplyDelete
  135. om.E,gw pnya ttga yg kmbar.
    kalo pas lagi maen bola,mreka sllu lincah oper2an nya,tim favrit nya jg sma2 juventus,nasionalnya timnas itali,sd,smp,sma sama,sama2 g' trtrik bwt pcaran(mksudnya males mau pcaran2,bkan homo),tulisan tgnnya sma persis,skrang 22nya sma2 kuliah di jogya,pkknya smua sft2nya sma.
    kjadian yg pling srg trjadi pas maen bola,klo yg satu kakinya luka(kadang maennya g' pke spatu)g' lama,satunya lagi kakinya luka.
    wktu masih sma,plgnya g' bareng,stunya pke mtor sndrian,stunya lagi nebeng ma tmennya ktanya ada urusan.trus yang bwak mtor sndrian kclakaan,satunya lagi yg sma tmennya jg kclkaan.lukanya sama2 di tangan kiri.
    mmang mukanya g' mirip2 bgt,apa mereka bisa telepati ya om.E???
    -HeruE

    ReplyDelete
  136. berguna banget! thanks infonya!

    ReplyDelete
  137. *numpang komen* :D

    dulu sih q pernah liat acara d TV yg mengulas twin connection, dg percobaan anak kembar d tempat yg berbeda, yg 1 dikagetin, yg 1 cuma ditempelin alat yg nampilin kecepatan detak jantungny(g tau namanya). nah di saat yg sama saat anak yg 1 dikagetin, kecepatan detak jantung anak yg pake alat tu (lagi bengong) bertambah layaknya orang kaget.
    gmn tuh? :)


    oia, q jg setuju adanya ikatan batin seseorang siapapun itu yg sgt dekat dg kita, terutama antara ibu-anak :)

    ReplyDelete
  138. mau tanya, kakak saya kan kembar non identik (cowok-cewek)
    nah, kakak2 saya ini sering kalau yang satu sakit, yang satunya ikut sakit padahal mereka ada di tempat yg berbeda
    apa itu karena gen juga makanya bisa berbarengan? atau ada hal lain

    - Dana -

    ReplyDelete