Thursday, June 3, 2010

The Black Dahlia Murder - Kisah pembunuhan Elizabeth Short

Dalam sejarah Los Angeles, ada satu pembunuhan yang menarik perhatian begitu luas. Bahkan setelah 60 tahun berlalu, kasus ini secara resmi dianggap sebagai tidak terpecahkan. Korbannya cuma satu orang, namun karakteristik pembunuhan ini begitu keji sehingga kasus ini mendapat tempat khusus di media. Kasus ini disebut pembunuhan Black Dahlia.


(Warning: Tulisan ini memiliki deskripsi yang kurang menyenangkan dan saya juga minta maaf kalau tulisan ini terlalu panjang)

Mayat terpotong di lahan kosong
15 Januari 1947, Betty Bersinger berjalan keluar dari rumahnya di Los Angeles sambil membawa anak perempuannya yang masih berusia 3 tahun menuju sebuah toko sepatu. Ketika sampai di Leimert Park di dekat sudut Norton 39th, Betty dan putrinya melewati beberapa bidang lahan kosong yang ditumbuhi semak-semak.

Tidak berapa lama kemudian, mata Betty terpaku pada sesuatu berwarna putih di dekat semak-semak. Benda itu terlihat seperti sebuah manekin dari departemen store yang telah terpotong dua. Dipenuhi rasa ingin tahu, Betty mendekati objek itu. Sesaat kemudian, ia terkesiap menyaksikan apa yang disangkanya manekin ternyata mayat seorang wanita berkulit putih yang telah terpotong dua.

Polisi segera dihubungi dan beberapa waktu kemudian, dua orang polisi bernama Frank Perkins dan Will Fitzgerald tiba di lokasi.

Kondisi Mayat
Mayat wanita itu terbaring telentang dengan lengan yang terangkat di atas bahunya. Kedua kakinya terbuka lebar dalam pose yang vulgar. Luka robek dan lecet memenuhi seluruh tubuhnya. Mulutnya disobek sehingga senyumnya melebar dari telinga satu ke telinga yang lain. Pada pergelangan tangan, pergelangan kaki dan lehernya, terlihat adanya bekas jeratan tali sehingga para penyelidik menyimpulkan kalau ia telah diikat dan disiksa selama beberapa hari.

Namun, apa yang paling mengerikan dari mayat ini adalah kenyataan kalau tubuhnya telah disembelih dengan rapi di atas pinggang sehingga terbelah dua.

Polisi menyimpulkan kalau ia telah dibunuh di suatu tempat dan mayatnya dibuang ke tempat itu pada malam hari. Ini terlihat dari tidak adanya darah pada tanah dan mayat itu. Sang pembunuh mungkin telah membersihkan mayat itu sebelum dibuang ke tanah kosong.

Kasus mutilasi mengerikan ini dengan segera menjadi prioritas utama kepolisian Los Angeles (LAPD) yang kemudian menugaskan detektif Harry Hansen dan partnernya Finis Brown untuk segera menyelidiki kasus itu.

Ketika kedua detektif itu tiba di lokasi, mereka menemukan tempat kejadian perkara telah dipenuhi oleh pejalan kaki dan reporter yang meliput. Hansen segera membubarkan massa untuk mengamankan barang bukti yang mungkin tercecer di tempat itu.

Tetapi, di lokasi itu, mereka tidak menemukan adanya senjata pembunuh ataupun jejak kaki.

Situasi Leimert Park ketika mayat ditemukan

Setelah selesai diperiksa di tempat, mayat wanita itu segera dibawa ke kamar mayat. Sidik jarinya dikirim ke kantor FBI di Washington untuk diidentifikasi. Sementara menunggu hasil pemeriksaan FBI, petugas otopsi memeriksa mayat itu dan mereka kembali menemukan beberapa detail mengerikan lainnya.

Pada mayat itu ditemukan banyak cabikan di wajah, kepala dan tubuhnya. Lalu, terlihat adanya tanda-tanda sodomi dan pemerkosaan walaupun tidak ditemukan adanya sperma di dalam tubuhnya.

Begitu mengerikannya kondisi mayat ini sehingga bahkan dokter dan detektif yang paling tabah sekalipun dibuat syok olehnya.

Tidak berapa lama kemudian, hasil pemeriksaan FBI terhadap sidik jari mayat itu tiba di kantor LAPD. Perempuan yang dibunuh itu ternyata bernama Elizabeth Short, 22 tahun, yang berasal dari Massachusetts.

Setelah identitas korban diketahui, para detektif segera mengerahkan upayanya untuk menggali informasi mengenai perempuan ini supaya dapat menemukan petunjuk yang mungkin bisa mengarah kepada sang pembunuh.

Namun, mereka tidak menyangka kalau apa yang akan ditemukan berikutnya ternyata malah menjadi teka-teki yang membingungkan.

Siapa Elizabeth Short
Elizabeth Short lahir tanggal 29 Juli 1924 di Hydepark, Massachusetts. Beth yang masih muda kemudian pindah ke Hollywod untuk mengejar karir di bidang perfilman.

Ia dikenal sebagai perempuan yang gampang bergaul dan memiliki banyak kenalan. Wajahnya yang cantik membuatnya sering menarik perhatian para pria, bahkan di Holywood sekalipun dimana kecantikan adalah hal yang biasa.

Di Hollywood, Beth mulai berkenalan dengan banyak orang dari kalangan sosialita kelas atas. Salah satu pria yang kemudian menjadi teman baiknya adalah Mark hansen, seorang pemilik klub malam dan teater.

Hansen lalu mengajak Beth pindah ke rumahnya bersama sejumlah artis lainnya. Kadang para artis ini menjadi penghibur bagi tamu-tamu yang datang ke klub Hansen. Dengan segera, Beth menjadi bagian yang tetap dalam kelompok Hansen. Kondisi ini cukup menguntungkan baginya karena karirnya di film tidak berkembang.

Pada masa itu, film "The Blue Dahlia" yang diperankan Veronica Lake dan Alan Ladd beredar di masyarakat. Beberapa teman Beth mulai memanggilnya dengan sebutan Black Dahlia karena rambut hitamnya kesukaannya mengenakan pakaian hitam.

Siapa yang membunuh Beth?
Setelah kasus pembunuhan Beth tersebar luas di media, ada sekitar 60 pria dan wanita maju ke publik dan mengaku sebagai pembunuh sebenarnya. Namun, pengakuan-pengakuan ini tidak disertai oleh bukti yang bisa diverifikasi oleh pihak kepolisian sehingga semua pengakuan ini dianggap hanya sebagai usaha mencari sensasi.

Pada masa itu, kasus pembunuhan Black Dahlia adalah kasus penyelidikan kriminal terbesar yang pernah dilakukan LAPD sejak kasus pembunuhan Marion Parker yang terjadi pada tahun 1927. Karena besarnya skala penyelidikan ini, LAPD mendapatkan bantuan ratusan petugas dari badan lainnya.

Beberapa hari setelah penemuan mayat mayat Beth, polisi mendapatkan sebuah paket misterius yang mungkin berasal dari sang pembunuh sendiri.

Paket itu tiba di kantor harian Los Angeles Examiner yang segera diteruskan ke polisi. Di dalamnya ditemukan sebuah catatan yang terbuat dari guntingan-guntingan koran yang bertuliskan "Ini adalah barang-barang kepunyaan Dahlia...surat akan menyusul".


Di dalam kotak itu juga ditemukan kartu jaminan sosial kepunyaan Beth, akte kelahiran, foto Beth dengan rekan-rekannya, kartu nama dan nota klaim untuk koper yang tertinggal di depot bus. Barang lain yang cukup menarik adalah buku alamat milik Mark hansen yang beberapa halamannya telah hilang.

Polisi mencoba untuk mencari sidik jari dari kotak dan barang-barang yang ada di dalamnya, namun ternyata semua barang tersebut telah dicuci dengan minyak tanah untuk membersihkannya dari sidik jari.

Para detektif lalu memulai tugas berat untuk menyelidiki semua nama yang ada di buku alamat Hansen. Surat menyusul yang dijanjikan sang pembunuh memang tiba, namun tanpa petunjuk yang berarti.

Karena kompleksnya kasus ini, para detektif memulai penyelidikan ini dengan menganggap setiap orang yang mengenal Beth sebagai tersangka pembunuhan. Ratusan orang masuk ke dalam daftar tersangka dan ribuan orang diwawancarai untuk mencari petunjuk yang bisa mengarah kepada pembunuh sadis itu.

Jika melihat kondisi mayat yang mengerikan, ada dua kemungkinan mengenai sang pembunuh.

Pertama, sang pembunuh adalah orang yang mengenal Beth dan mungkin telah membunuhnya karena dendam. Memang, pada kasus pembunuhan dimana mayat korban dirusak dengan kejam, pada umumnya, pelakunya memang orang yang mengenal korban.

Karena itu, orang-orang yang mengenal Beth seperti Mark Hansen diperiksa satu persatu. Namun, mereka tidak menemukan bukti yang bisa mengarah kepada pelaku pembunuhan.

Sedangkan kemungkinan kedua adalah pembunuh berantai. Teori pembunuh berantai memang teori yang paling populer dan dalam 60 tahun terakhir ini, beberapa peneliti independen telah mencoba melakukan penyelidikannya sendiri dan menghasilkan beberapa kesimpulan yang cukup kuat.

Selama 60 tahun terakhir ini, paling tidak ada 24 tersangka yang dianggap paling mungkin melakukan pembunuhan Black Dahlia, namun, saya hanya akan membahas beberapa nama yang paling populer.

Cleveland Torso Murder
Pada tahun 1930an, sebelum pembunuhan Beth, ada seorang pembunuh berantai yang meneror Cleveland. Pembunuh itu dikenal dengan julukan "Mad Butcher of Kingsbury Run". Julukan terhadap kasusnya adalah "Cleveland Torso Killer". Julukan ini didapatkan karena seluruh korban dimutilasi dengan sayatan yang rapi, persis seperti Beth.

Kasus pembunuhan ini ditangani langsung oleh Elliot Ness yang legendaris. Ness dikenal sebagai aparat yang berhasil menangkap dan memenjarakan mafia kelas kakap Al Capone.

Walaupun ditangani secara langsung oleh Ness, kasus pembunuhan Cleveland tetap tidak bisa dipecahkan. Jadi, wajar jika banyak orang percaya kalau pelaku pembunuhan dalam kedua kasus ini dilakukan oleh orang yang sama.

Mungkinkah pembunuh dari Cleveland itu pindah ke California dan membunuh Beth?

George Knowlton
Pada tahun 1995, seorang penulis bernama Janice Knowlton menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Daddy was the Black Dahlia Killer".

Dalam bukunya, ia memiliki teori kalau ayahnya yang bernama George Knowlton adalah sang pembunuh Black Dahlia. Namun, para penyelidik menolak teorinya karena mereka menganggap Janice hanya mengeluarkan teorinya berdasarkan ingatan yang depresi, mengingat ayahnya suka menganiayanya secara seksual sejak kecil.

George Hodel
Selain Janice Knowlton, ada satu orang lagi yang juga menulis buku yang menuduh ayahnya sebagai Black Dahlia Killer. Ia adalah Steve Hodel, seorang detektif bagian pembunuhan di LAPD.

Buku yang ditulisnya berjudul "Black Dahlia Avenger" dan terbit tahun 2003. Di dalamnya ia menuduh sang ayah, Dr.George Hodel, yang juga seorang ahli bedah, sebagai pembunuh Black Dahlia.

"Apa yang saya mengejutkan saya adalah adanya kemungkinan kalau pembunuhnya adalah seorang dokter bedah." Kata Steve. "Bukan sekedar pemotong daging, bukan tukang jagal hewan, melainkan seorang ahli bedah yang terampil."

Dr. Mark Wallack, seorang ahli bedah di Rumah sakit St Vincent di New York, yang melihat foto kondisi mayat Beth sebelum dan sesudah otopsi, juga percaya dengan pendapat Steve.

"Ketrampilan seperti ini hanya bisa dimiliki oleh mereka yang memiliki pengalaman dalam pembedahan." Kata Wallack. Ia juga percaya kalau pembunuhnya adalah seorang dokter.

Selain itu, Steve juga menemukan kalau ayahnya ternyata pengidap kelainan seksual Sadistic misogynist yang telah melakukan hubungan incest dengan anaknya sendiri, Tamar, saudara tiri Steve.

Steve juga percaya kalau beberapa kasus pembunuhan yang tidak terpecahkan lainnya mungkin dilakukan oleh ayahnya, seperti "Red Lipstick Murder", yaitu pembunuhan terhadap Jeanne French yang mayatnya ditemukan satu bulan setelah Beth dengan huruf BD tertulis dengan lipstik merah di tubuhnya. Mayat French juga ditemukan di lahan kosong.

Namun, mungkin yang paling luar biasa adalah teori Steve kalau ayahnya juga adalah Zodiac Killer yang legendaris. Zodiac Killer adalah pembunuh berantai yang beroperasi di California pada tahun 1960an. Jumlah korbannya yang bisa diverifikasi adalah 7 orang, walaupun Zodiac sendiri mengaku telah membunuh 37 orang. Kasus Zodiac juga termasuk ke dalam kategori Tidak Terpecahkan.

Teori Steve ini cukup luar biasa, tetapi sepertinya ia punya dasar yang cukup kuat. Foto George Hodel ternyata sangat mirip dengan sketsa wajah Zodiac Killer yang dirilis oleh pihak kepolisian pada tahun 1960an.

Teori Hodel belum mendapat pengakuan dari LAPD dan bahkan dianggap mengada-ngada oleh banyak pihak. Walaupun begitu, teorinya cukup mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak, seperti deputi jaksa wilayah, Steve Kay, dan penulis buku mengenai Black Dahlia bernama James Ellroy.

Jika pembunuh Black Dahlia, Red Lipstick Murder dan Zodiac Killer ternyata orang yang sama, maka bukan tidak mungkin kalau pengakuan Zodiac mengenai jumlah korbannya benar adanya.

Arnold Smith
Pada tahun 1981, puluhan tahun setelah pembunuhan itu terjadi, ada satu petunjuk penting mengenai kasus ini muncul ke permukaan. Waktu itu, seorang detektif LAPD bernama John St.John menerima informasi mengenai kasus Black Dahlia dari seorang informan.

St.John dikenal sebagai detektif hebat yang telah menangani banyak kasus pembunuhan. Bahkan kisah hidupnya telah menjadi inspirasi bagi buku dan film seri di televisi.

Suatu hari, seorang informan datang kepadanya dan memberikan sebuah rekaman pengakuan dari seseorang yang bisa jadi sang pembunuh Black Dahlia sendiri. Pria di dalam rekaman itu juga menunjukkan kepada sang informan beberapa foto dan barang-barang pribadi yang diklaimnya sebagai milik Beth.

Pria itu bernama Arnold Smith. Dalam rekaman itu, Smith mengklaim kalau rekannya yang bernama Al Morrison yang juga seorang pelaku kejahatan seksual telah membunuh dan memutilasi Beth.

Arnold Smith

St.John percaya kalau Arnold Smith dan Al Morrison adalah pria yang sama.

Selain pengakuan, rekaman itu juga menceritakan detail bagaimana Beth dibunuh. Smith bercerita kalau Beth datang ke kamar Al Morrison di Hollywood karena ia tidak punya tempat untuk menginap. Morrison lalu membawa Beth ke sebuah rumah di East 31st dekat San pedro dan mengajaknya berhubungan seks yang kemudian ditolak oleh Beth.

Morrison menjadi marah dan menganiaya Beth yang kemudian berujung pada pembunuhan dan mutilasi terhadap Beth.

Informasi ini bocor ke pers. Media dihebohkan dengan kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus Black Dahlia. Akibatnya, Arnold Smith malah menghilang dan tidak bisa dihubungi, mungkin karena ketakutan. Informan St.John tidak mengetahui dimana ia tinggal, namun ia meninggalkan beberapa pesan untuk Smith supaya bisa bertemu. Akhirnya pesan itu dibalas dan Smith bersedia bertemu.

Namun, pertemuan yang mungkin bisa menjadi kunci pemecahan kasus itu tidak pernah terjadi.

Beberapa hari sebelum pertemuan itu, Smith ditemukan tewas dengan kondisi mengerikan di atas tempat tidurnya di Holland Hotel. Smith diduga merokok ketika ia tertidur sehingga tubuhnya terbakar habis bersama tempat tidurnya dan dokumen-dokumen lainnya yang diduga milik Beth.

Kematian Smith memang agak mencurigakan, namun polisi tidak menemukan bukti adanya kejahatan di dalam peristiwa itu. Misteri di dalam misteri.

Dengan kematian Smith, salah satu kunci yang mungkin bisa memecahkan misteri Black Dahlia lenyap untuk selama-lamanya.

Mungkinkah Arnold Smith pembunuh Black Dahlia yang sesungguhnya?

Sayang kita tidak bisa mengetahuinya.

Walaupun banyak petunjuk dan teori baru bermunculan, setelah lebih dari 60 tahun, pihak LAPD masih mengkategorikan kasus ini sebagai "Unsolved - tidak terpecahkan". Namun, kasus ini masih menarik perhatian para peneliti independen. Mungkin dalam tahun-tahun berikutnya, kita akan mendengar teori-teori baru lainnya.

(wikipedia, bethshort.com, cbsnews.com, latimes.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

133 comments:

  1. aditya said :
    pertamax...

    baca dulu ah...

    ReplyDelete
  2. Ketigax euy....

    ReplyDelete
  3. Myheart2105 berkata...

    Bensin, solar, premium! ^0^

    xixixi...yg request2! Psti dah djingkrak2 requestx dkabulin...
    Baca dulu ah...

    ReplyDelete
  4. WAW....nih blog dah kayak forum sebelah aja, berlomba2 pertamax.emang mas enigma mantab bahasannya

    ReplyDelete
  5. @aprian
    kelimaxxx wae yg gagal pertamax msh ada minyak jelantah hehe

    ReplyDelete
  6. Wah...Seremm.... =|
    Sadis banget...

    ADy "Editor" Inbox

    ReplyDelete
  7. saya lebih yakin dokter yang ngebunuh.
    Ya memang karena pemotongannya yang rapi

    Atau yang lain. Tapi gw sih yakinan si dokter

    ReplyDelete
  8. Saya penasaran, apa zodiac killer memang seorang pembunuh legendaris, tapi apakah korban - korbannya dimutilasi bro ? kalau tidak salah, ada beberapa korban yang berhasil selamat dari serangan zodiac killer...

    ReplyDelete
  9. kq postingannya jd 3hari om enigma?
    Krna bnyk amat ya?
    Tp cool mameen...

    ReplyDelete
  10. BloodyNamedBoy said:
    Premium ah, ,

    ReplyDelete
  11. @Crew-pock-a-lot: Nggak, nulis soal black dahlia cukup mudah kok, nggak butuh 3 hari. Kalau 3 hari itu karena lagi nggak mood nulis, sibuk atau nggak ada ide yang menarik hati.

    @Vahn Saryu: Memang ada yang selamat dr zodiac. Korbannya tidak dimutilasi, tapi bisa saja pola pembunuhannya berubah setelah 20 tahun.

    ReplyDelete
  12. G pnah prtamax..
    T3T
    Wah,abang trnyta moody y..

    ReplyDelete
  13. bang enigma, udah pernah nulis tentang Mata Hari?
    aku request dong. soalnya ada yang bilang kematiannya kerena konspirasi tingkat tinggi.

    salam damai

    maniac

    ReplyDelete
  14. @maniac: saya belum pernah nulis soal matahari. Tapi, kalau menurut saya, wajar saja kalau kematiannya akibat konspirasi tingkat tinggi. soalnya Dia kan mata-mata tingkat tinggi juga.

    ReplyDelete
  15. saya denger2 ... ada informasi bahwa si elizabeth short ini sebenarnya tidak pernah dijuluki the black dahlia oleh kawan2nya , tetapi setelah kematiannya justru ada wartawan yang mencantumkan namanya sbg black dahlia . any comment , bro?

    ReplyDelete
  16. makin panjang artikelnya, makin asyik dibacanya..

    ReplyDelete
  17. maniac datang lagi

    maksud saya, kemungkinan Mata Hari adalah korban dari suatu konspirasi (dia tidak tahu apa2, hanya korban).

    thank's

    maniac

    ReplyDelete
  18. wah banyak banget ya pembunuh serial killer di amerika.mungkin terlalu banyak baca novel agatha kristie tuh.haha...

    ReplyDelete
  19. @anonymous: Benar sekali, cerita ini beredar dalam beberapa versi. Dalam salah satu versi, julukan black dahlia disebut diberikan oleh teman2nya. sedangkan satu Versi yang lain menyebutkan julukan itu diberikan oleh reporter Bevo Means dari Los Angeles Herald Express.

    Karena saya tidak menganggap hal itu sebagai bagian yang penting, saya memutuskan tanpa rasa bersalah menggunakan satu versi yang saya inginkan (yang saya ambil dari bethshort.com)

    Bahkan sebenarnya ada satu versi yang menyebutkan kalau Beth adalah seorang pelacur. Sedangkan versi lainnya menyebutkan kalau ia bukan pelacur. Melainkan hanya sebagai penghibur (dalam artian bukan pelacur) seperti yang saya gunakan di atas.

    ReplyDelete
  20. wah.. bener-bener sadis..

    ReplyDelete
  21. nice posting,bro.. :)
    cuma ada yg ngganjal di hati..

    "Setelah kasus pembunuhan Beth tersebar luas di media, ada sekitar 60 pria dan wanita maju ke publik dan mengaku sebagai pembunuh sebenarnya."

    koq kedengarannya rancu banget ya,bro?
    bodo amat mo ngakuin pembunuhan?niat amat tuh orang2 mo dtangkep polisi..hihihi..

    ReplyDelete
  22. @Anonymous: Soal 60 pria wanita yang mengaku2, saya tidak mengarangnya. Pengakuan itu ada dalam catatan arsip kepolisian Los Angeles. Nama-namanya pun bisa kamu temukan dengan mudah di sumber-sumber mengenai Black Dahlia. Di dunia ini banyak orang aneh kok, percaya deh.

    ReplyDelete
  23. Aduh..Ga tahan sya ngebayanginx..Apalgi bang enigma jg ksi fto korbanx..Bahas cryptozoology atw ufo lg donk bang..

    ufobeliever

    ReplyDelete
  24. @ufobeliever: sebenarnya ada foto mayatnya. Tapi, saya menolak untuk memasangnya. Kalau mau lihat masuk saja ke link bethshort.com di bawah tulisan.

    ReplyDelete
  25. wow, keren juga tuh mutilasinya....
    hahaha....

    ReplyDelete
  26. Sya ga tahan liat fto2 gore bang..Ampun dh liat fto Beth aja dh merinding..Cntk sh tp yg terbayang pas dya dmutilasi..Lemes lutut sya..Hehehehe..

    ufobeliever

    ReplyDelete
  27. Ni John Doe,
    Sepertinya misteri pembunuhan seperti ini banyak terjadi. Karakteristik pembunuhan spt apa yang membuat cerita ini layak dimuat di blog ini?
    Saya rasa pembunuhan dengan memutilasi & menguliti korbannya spt yg terjadi tahun lalu di jakarta (bus mayasari?), lebih mengerikan.

    ReplyDelete
  28. Kurang menarik... Saya rasa cerita di atas cuma kasus mutilasi biasa yang pelakunya belum ditemukan,, mungkin di luar sana masih banyak kasus-kasus serupa...

    btw keep posting :)

    -accank-

    ReplyDelete
  29. @John doe: Bukan kekejaman kisah pembunuhannya yang menjadi fokus, melainkan misteri pelakunya yang belum pernah tertangkap. Lagipula, pelaku yang di mayasari tertangkap kan?

    Kisah Black Dahlia ini saya tulis atas request pembaca. Karena saya pikir kisah ini cukup melegenda, maka saya tulis.

    ReplyDelete
  30. Setuju dgn John Doe, ini cuma kasus biasa, gak ada misterinya...

    Yg menarik cuma kengerian dan kesadisan cara pembunuhannya., anyway di dunia kedokteran, mayat2 beginian sudah lazim ditemui..

    -accank-

    ReplyDelete
  31. ahirnya bisa ikutan ngetik di sini.....hehehehe

    ReplyDelete
  32. saya rasa keputusan bung enigma tadak menampilan gambar elizabeth short yg termutilasi ckup tepat.
    Setelah saya melihat potret korban (tentu saja melalui link back yg anda cantumkam) saya merasa itu cukup kejam dan membuat saya mual (sungguh tidak penting, hehehe).
    nice post and keep posting with your great analyze.

    *_-_*

    ReplyDelete
  33. JustAnotherReader said:
    what the hell?! where is the mystery???? out there, so many murder case where the killer have not been found!!

    ReplyDelete
  34. R.:Ryuzaki..berkata..

    pemecahan masalah untuk versi ini.....menurut saya...sang pembunuh sengaja membuang mayat korban dsisi jalan agar d temukan oleh polisi..lalu sipembunuh mengirim surat dari sambungan potongan koran2..yg berisi tentang..akan terkirimnya barang2 korban...

    question..:mengapa si pembunuh sengaja meletakan mayat korban dsisi jalan?
    :mengapa spembunuh mengirim barang korban..?

    sekarang coba renungkan semuan menuju ke bagian arnold smith...bagian ini menunjukan si informan memberikan suatu rekaman...

    hei TGG dketerangan datas tidak ada petunjuk yg pasti si informan mendapatkan rekaman itu dari siapa?

    ya,..kita lansung saja To poin O.k....liahat kaliamat ini"Informan St.John tidak mengetahui dimana ia tinggal, namun ia meninggalkan beberapa pesan untuk Smith supaya bisa bertemu. Akhirnya pesan itu dibalas dan Smith bersedia bertemu."ya..memang si informan tdk tau keberadaannya tapi mungkin si informan telah bertemu dgn si smith dan ia meminta smith untuk mengajak ke rumah si smith dan...mungkin anda juga tahu jawabannya.ya menurut saya sih dari awal pesan singkat itu menunjuk ke si pembunuh yaitu si penyewa informan tsb.

    yah..sekian dri saya berpendapat..wasalam.

    ReplyDelete
  35. akhirnyaaaaa. . . ... .. . ^_^
    makasih bang .. .

    baca dulu ahhh . .
    meskipun gak pertamax, yg pnting akhirnya diposting juga .. .

    good.good.good. . .

    ReplyDelete
  36. Bung Enigma, sekali-kali juga boleh menampilkan misteri kriminal asal Indonesia seperti menghilangnya Supriyadi atau pembunuhan tak terpecahkan polisi RI..

    ReplyDelete
  37. tadi barusan beli bubur buat sarapan,Gan. rencananya sarapan sambil baca postingan terbaru. tapi pas baca deskripsi victim,waduh,Gan. langsung kebayang di otak, jadi ga minat sarapan lagi,kesian ane. hihihi. harusnya pakai warning kyk di postingan toraja,Gan. walopun ga pake foto,deskripsinya itu Gan, langsung ke otak ane. ane mo ke warung dulu Gan,beli kopi. sapa tau bisa ngilangin nyang masuk ke otak tadi. nitip apa,Gan? :)

    ReplyDelete
  38. Wah, maaf bro. Tp bukankah sdh sy kasih warning di atas?

    ReplyDelete
  39. pembunuhan yang legendaris....mirip jack the ripper...

    ReplyDelete
  40. Bang enigma..udah baca buku the diary of dajjal blm,?yg Penulisnya Noriagaa & Archenar..saya sdh baca buku tsb,sangat menarik cerita konspirasi'y tp kok rada2 gmn gitu tulisan'y..
    menurut bang enigma bagaimana isi buku tsb,?tlg bikin ulasan ttg buku tsb donk..?

    ReplyDelete
  41. maklum gan,ane pake opera mini,jadi tulisannya mini2 juga.kayaknya ane kebut2an antara sarapan ama baca postingan,Gan.ampe ga liat ada tulisan nyang merah2 ntu. mohon maaf,Gan ini semua salah ane,main sosor lampu merah. kalo Juragan ini pulisi,ane pasti kena tilang dah. hehe maaf Gan, maaf. :) jadi malu ndiri ane...

    ReplyDelete
  42. ZETTA's opinion
    "MYSTERIOUS CASE"
    -barang buktinya aja sulit dilacak, trus barang2x si Beth aja kagak bekas sidik jari dari sang pembunuh("Apakah ada clue tersembunyi yg tidak diketahui/terlewati saat itu???")
    -lokasi yang dibilang 'aman' tapi kok dipinggir jalan raya ya? kemungkinan terlihat agak besar.
    -apakah ada suatu konspirasi yang berkaitan dengan pekerjaan si Beth("klo iya, seharusnya penyelidikan juga dicek ke tempat Beth kerja")
    -The murderer is one of the smart people

    "GrEaT 4 EnIgMA"

    ReplyDelete
  43. manteb gan....tapi ngeri juga yah...

    ReplyDelete
  44. wah,sadis Bro...

    ReplyDelete
  45. Myheart2105 berkata...

    Pnjg jg yach critax..
    N baidewei, knapa suspectx cm 2 mcm? Org2 dkat n pmbunuh brantai? Ats dsar apa ini diajukan?? Pa gk da yg lain?? Msalx introgasi dgn tmn2 si Beth kalo dia punya musuh ato mslh yg bs bkin nyawax trancam??
    Apa pnyelidkan k smua tman2 dkatx dah maximal?? Pa buku harianx Beth (kalo pnya) dah diteliti??

    Kalo cr ngirisx super rapi bgitu,, pa ndk da kcurigaan k arah plaku yg profsional, dgn ltr blkg yg mndkg kyk dkter, prawat, pkerja forensik, ato tman2x yg pnya rwayat pnddkn ato platihan anatomi-medis ato bedah gt??

    Hmm..misteri..kykx si plaku brniat 'mempermalukan' LAPD dgn ksus ini...

    ReplyDelete
  46. sungguh sadis dan tragis.heran ya para pembunuh yang belum bisa terungkap itu bener-bener pintar dan lihai.bisa sembunyi sampai bertahun-tahun bahkan bisa 1 abad lebih lagi.kok bisa ya gak merasa bersalah gitu.benar-benar psikopat.mengerikan..

    ReplyDelete
  47. sad is amat ntuw pembunuhan......................

    ReplyDelete
  48. Saya udah liat foto2nya tadi, menyeramkan. Untung udah selesai makan siang . Berarti Pembunuhnya sangat berpengalaman dan teliti. Dilihat dari cara bagaimana dia membersihkan mayatnya sebelumnya meletakkanya di lokasi pembuangan.

    ReplyDelete
  49. lala said,,
    mantabzz brother..
    aq seneng neeh postingan ky begini..
    emang ngeri jg y bacanya,, ampe merinding sendiri deh.. berarti ampe skg blm ketauan dunk pembunuhnya..
    Seandainya pembunuhnya ketauan apa masih bisa ditangkap??? secara kejadiannya udah lebih dari 60 tahun yg lalu!!

    ReplyDelete
  50. Masbro,,, request dong tentang Voynicht Manuscript
    Simsimterimakasim yah...

    ReplyDelete
  51. hiiihhhh..........sebenernya pengen liat fotonya tapi takuuuuuttttttt.....ntar malem malah gag bisa tidur n jadi gag napsu makan.hmmmm sebenernya malah gag papa sih bang,malah sekalian diet.hehehe...
    tapi kasian sekali cewek itu ya.....kok tega bgt sih pembunuhnya.kasian...
    -Effi Ajjah-

    ReplyDelete
  52. yup,
    teori saya.
    *cerdas
    *psikopat
    *lemah syahwat

    masak, ndak menemukan petunjuk, apa perlu manggil COnan Edogawa.

    ReplyDelete
  53. @miko: voynich man, sudah pernah sy tulis. Kamu bisa cari di arsip kategori manuskrip misterius.

    ReplyDelete
  54. @bung enigma : tadi siang saya sudah membaca postingan ini, tpi sepertinya sekarang ada bbrapa bgian yg menghilang... Apakah bung enigma mengedit ulang postingan ini?

    ReplyDelete
  55. Canggihan endonesa dong krn slalu bs nemuin pelaku2 mutilasi ky gt :P

    ReplyDelete
  56. @anonymous: saya memang telah mengedit tulisan di atas krn saya menerima masukan dr pembaca utk menghilangkan kalimat yg mendeskripsikan kekerasan spy tdk jadi inspirasi bg org utk melakukan kekerasan itu. Jd saya buang bbrp paragraf dr tulisan di atas.

    ReplyDelete
  57. Yg dihapus yg ttg tato yg bro en (ak malas baca lg, pnjg bgt :P). Untung ud bc versi lengkapny ^.^

    ReplyDelete
  58. @dee: iya. Yang tatto dan yang deskripsi kejahatan oleh arnold smith. Hehe. Jd skrg sdh tdk terlalu panjang lg.

    ReplyDelete
  59. @bung enigma : tapi menurut saya bagian tntang tato itu mengandung informasi yg cukup penting, lho,, misalnya alasan mengapa si pelaku memasukkan potongan kulit bertato n rumput k tubuh korban.... Apakah korban smpat meninggalkan pesan kematian d tato itu? Ataukah tato itu memiliki sesuatu yg bisa membongkar identitas si pelaku?
    Lalu mengapa harus d dalam tubuh korban?
    Kalau saya pelakunya sih tentu saja saya justru lebih memilih untuk memusnahkannya...
    Apalagi jika pelakunya seorang ahli forensik, bukankah harusnya dia tahu kalau tato itu pasti akan ditemukan?
    Lalu tentang bkas pemerkosaan n sodomi dimana tidak dtemukn adanya sperma, tidakkah kita berfikir kalau pelakunya seorang wanita?
    Bsa saja dia menciptakan bekas itu d tubuh korban dngan alat tertentu agar kta mengira kalau pelakunya laki2...!

    d'Darkspades

    ReplyDelete
  60. OH, YAA..! Saya jadi punya feeling, bisa saja justru si korban sendirilah yg menoreh kulitnya sendiri, mencabuti rumput, lalu memasukkan k tubuhnya sendiri, sambil brharap ketika ia mati n tubuhnya ditemukan, polisi bsa menemukan kedua obyek itu d dlam tubuhnya...
    Jdi, jika bnar tato n rumput itu adalah pesan kematian dari korban yg mengarah kepada si pelaku, lebih baik kita membahas mengenai dua obyek ini untuk menebak siapa si pelaku...

    d'Darkspades

    ReplyDelete
  61. setahu saya black dahlia murder itu nama band death metal hahaha

    ReplyDelete
  62. knapa kisah p'mbunuhan sadis yg lebih gila dari ini yg t'rjadi (hmpr) setiap saat di indonesia tdk d publikasikan??

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  63. Bro Enigma, apa kabar ? Semoga sehat sehat dan happy happy saja yach :)

    Oh ya, saya mau tanya dong ... yg ini maksudnya gimana ya :

    "Pada masa itu, film "The Blue Dahlia" yang diperankan Veronica Lake dan Alan Ladd beredar di masyarakat. Beberapa teman Beth mulai memanggilnya dengan sebutan Black Dahlia karena rambut hitamnya kesukaannya mengenakan pakaian hitam."

    Hmm.. hubungan film dengan beth itu apa yah bro.. veronica itu beth atau gimana?..
    sorry nich, tapi kok saya jadi bingung .. heheheheheheh.....

    thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
  64. Enigma wrote : "terlihat adanya bekas jeratan tali sehingga para penyelidik menyimpulkan kalau ia telah diikat dan disiksa selama beberapa hari." then confession of A.Smith : "Morrison menjadi marah dan menganiaya Beth yang kemudian berujung pada pembunuhan dan mutilasi terhadap Beth."
    Plus beberapa bagian yg sudah dihilangkan Enigma, keliatannya bkn A.Smith deh, kl dari kata2 pertama, keliatan pelaku punya cukup waktu untuk melakukan penyiksaan dsb, kl pengakuan A.Smith, dia melakukannya secara spontan karena ajakannya ditolak, pembunuhan spontan, gak mungkin menghasilkan hasil yg begitu rapi, ditambah ada proses pengeringan yg hanya butuh waktu 1 malam, A.Smith terlihat berbohong disini :)

    ReplyDelete
  65. @Mery Louis: Saya sehat dan tetap heppy.
    Soal Blue dahlia, beth tidak ada hubungannya. itu cuma julukan yang diberikan saja oleh teman-temannya. Ilustrasinya seperti ini, misalnya ketika film Harry Potter sedang populernya, mungkin kita punya teman yang berkacamata dan terlihat seperti harry potter. Maka kita akan memanggilnya dengan sebutan harry potter.

    ReplyDelete
  66. Mas, mau tanya aj.. Yg rekaman ufo di kendari itu asli g??

    ReplyDelete
  67. bang pernah denger kasus mutilasi di brazil yg katanya dilakukan oleh alien...

    request itu dong...

    ReplyDelete
  68. mnurut saya seh kmungkinan pembunuhnya ada 2, yaitu bsa jadi informannya yg mengaku klo dy hanyalah informan atau teman smith Al Morrison,,,
    nah, si smith mmang mmbunuh Beth, nmun yg memutilasinya itu Morrison nd' jga mngkin Smith yg ingin mnjadi saksi ats pmbnuhan beth di bunuh lagi oleh Morrison, soal Smith di bakar itu mngkin karena si Smith di kasih obat tdur trus d'bkar hdup2 deh d'atas tmpat tdurnya,,,
    huahuhuuhuhuhu,,

    ReplyDelete
  69. wah...keren bos! Bahas juga dong unsolved case di Indonesia!

    ReplyDelete
  70. OHhhHHhHHhHhhhhhh... I see I see...

    ha ha ha jadi malu...
    thanks atas penjelasannya...

    keep posting Bro

    ReplyDelete
  71. Saking terkenalnya sampe dibikin film dan dijadikan nama band.

    ReplyDelete
  72. analisa yang menarik kk enigma,.lama nih ga koment di blognya kk enigma..q jd pengen dengar analisa kk enigma ttg pembunuh berantai zodiac nih...kmrn pernh buka jg ttg zodiac.tp kurang info jdnya kurang menarik unuk di simak..mohon kk enigma pertimbangkan untuk menulias ttg zodiac.

    ReplyDelete
  73. kalo mau liat foto2 black dahlia yg gak di sensor,,cari aja di rotten.com!!

    by.The Killer

    ReplyDelete
  74. Ad yg tau knp dsbt zodiak murder, ap krn dia membunuh berdasarkan zodiak? (oon mode: on hehe)

    ReplyDelete
  75. nandar:

    mantabs... ^^

    seru juga baca ny,hehehe... good posting.

    ReplyDelete
  76. @Mr. Enigma: pukul berapa mayatnya ditemukan?

    @Myheart2105:
    Saya tertarik membaca pertanyaanmu:

    ''N baidewei, knapa suspectx cm 2 mcm? Org2 dkat n pmbunuh brantai? Ats dsar apa ini diajukan?? Pa gk da yg lain?? Msalx introgasi dgn tmn2 si Beth kalo dia punya musuh ato mslh yg bs bkin nyawax trancam??
    Apa pnyelidkan k smua tman2 dkatx dah maximal?? Pa buku harianx Beth (kalo pnya) dah diteliti??
    Kalo cr ngirisx super rapi
    bgitu,, pa ndk da kcurigaan k arah plaku yg profsional, dgn
    ltr blkg yg mndkg kyk dkter, prawat, pkerja forensik, ato tman2x yg pnya rwayat pnddkn ato platihan anatomi-medis ato bedah gt??''

    Hmm...sebenarnya kemungkinan lain ada, seperti orang yang baru dia kenal yang sadistic, yang mungkin hanya Beth sendiri yang mengenalnya. Beth melakukan hal yang membuat dia marah dan menggelapkan otaknya untuk membunuh Beth.

    Jika melihat pola irisan yang begitu rapi, kecurigaan saya tertuju kepada dokter bedah atau yang berkemungkinan untuk memiliki kemampuan bedah.
    Hmm..saat ditemukan mayat tidak berdarah..di artikel disebutkan kalau polisi mengatakan dia 'dibagi 2' di tempat lain. Hmm..memotong tubuh menjadi 2 bagian, mau tidak mau darah pasti memancar! Karena arteri abdominalis terpotong.
    Jika keadaan korban saat dipotong sudah meninggal, saya rasa darah beku masih akan mengalir keluar berbentuk bekuan dari pembuluh darah..dan ini tentu membuat mayat berlumuran darah. Jika dibersihkan pun akan tercium bau amis darah dari bekas luka.

    Hmm..jika pengerjaan dilakukan dengan teknik yang rendah (asal-asalan), luka akan menjadi compang-camping, atau jika dipotong dengan pedang tajam, organ seperti hati dan usus akan putus, jika usus terputus, maka feses (kotoran) akan keluar, dan tentu saja bau.

    Dari foto di rotten.com, saya tidak melihat ada usus yang terburai. Saya rasa ususnya sudah 'diamankan' di suatu tempat. Teknik pengerjaannya rapi.
    Saya rasa, setelah disiksa, korban dibunuh terlebih dahulu dengan obat pembeku darah, atau kalsium dosis tinggi. Setelah mati, korban dimutilasi dengan memotong kulit dan otot bagian perut secara melingkar dengan peralatan khusus. Darah tidak akan memancar/mengalir karena sudah dibekukan. Luka-luka iris lain sepertinya dibuat dengan teknik yang bagus.
    Kesemuanya itu membuat saya berpikir kemungkinan pembunuhnya adalah seorang ahli(dokter) bedah.

    Hmm..sepertinya George Hodel bisa menjadi kandidat terkuat.

    Jika ini dikaitkan dengan pembunuh berantai, apakah korban-korbannya sebelumnya juga dimutilasi dengan teknik yang bagus?
    Jika tidak, kemungkinan Black Dahlia dibunuh oleh serial killer kemungkinannya lebih kecil.

    ReplyDelete
  77. mas ada gk artikel tenteng zodiak killer???

    ReplyDelete
  78. waduuhhh... bingung mo koment apaan... ya sudah lah,biarlah mitery tetap menjadi mistery...

    ReplyDelete
  79. wah.... finally request ku jadi kenyataan... hanya saja yg ini lebig oke lagi. lebih detil n lengkap. wah thanks bro.... so professional. so enigma

    ReplyDelete
  80. Myheart2105 berkata...

    happy..happy...^O^
    Q lihat pagi sngguh indah, esok pun pasti cerah...^O^ (ost. Atashin chi..^O^)...

    Hahaha..q lg GR ^O^

    ReplyDelete
  81. wow, psikopat! saya sangat suka cerita ttg psikopat..
    dan ini termasuk pembunuhan yg cukup sadis..
    sebelumnya, saya juga mau kasih warning, karena pendapat saya di bawah ini mungkin mengandung deskripsi yg sedikit vulgar dan imajinasi yg sedikit liar..
    dan saya mohon maaf untuk itu ya.. ^^

    saya punya anggapan, yg membunuh mungkin salah satu dari penggemar fanatiknya, dan yg pasti sering menguntit beth kemana2 dan mengamati semua gerakan dan aktivitasnya..
    saya berkesimpulan begitu karena pembunuhnya memiliki beberapa barang beth, bahkan termasuk yg pribadi yaitu akte kelahiran, yg mungkin dicuri olehnya dari t4 tinggal beth..
    sayangnya, setelah saya mengunjungi TKP pun, tidak ada penjelasan mengenai kondisi organ dalamnya.. (eh, atau saya yg kurang jeli yah? hehehe..)
    menurut saya, itu bisa menjadi petunjuk penting, karena apabila organ dalamnya rusak tersayat tanpa sengaja ketika si pelaku memotong perutnya, berarti pelakunya bukan ahli bedah dan tidak memiliki pengetahuan yg baik mengenai anatomi tubuh manusia..
    berbeda dengan seorang ahli bedah yg tau seberapa dalam tusukan yg diperlukan untuk memotong kulit dan daging perut tanpa merusak organ dalam perut..
    atau walaupun bukan ahli bedah, mungkin saja pelakunya adalah org yang memiliki pengetahuan yg baik ttg anatomi tubuh manusia, misalnya perawat, ahli forensik, dll..
    terlepas pelakunya dokter bedah atau bukan, saya yakin pisau yg digunakan adalah pisau bedah, ga mungkin parang.. hehehehe..
    dari penganiayaan yg dilakukan cukup tidak biasa, menurut saya adalah bukan karena beth menolak sesuatu sehingga membuat gelap mata atau kalap, tp lebih kepada sifat pembunuhnya yg sadistis..
    terlihat dengan sangat jelas, terutama pada kulit bekas tattoo yg sengaja dimasukkan ke dalam tubuh dan robekan panjang dari telinga yg satu melewati mulut kemudian sampai ke telinga yg lain.. wow, bagi saya, itu merupakan pemikiran brilian dari seorang psikopat.. jelas dia melakukan itu hanya untuk melihat beth "tersenyum".. ^^;
    oh ya, selain psikopat, pembunuhnya juga seorang necrophilia..
    ini terbukti dengan adanya bekas sodomi yg dilakukan setelah beth meninggal..

    hmm.. ttg suspect pembunuhnya, sepertinya masih banyak potongan puzzle yg belum lengkap ya..
    dan beberapa benang merah terputus.. seru sih..
    bro enigma, saya penasaran dengan cleveland torso murder, apakah korban2nya memang dibunuh dengan modus dan karakteristik yg sama persis? karena biasanya pembunuh berantai memiliki kesamaan antara ciri2 korban dan metode pembunuhan..apakah ada informasi ttg itu dan kaitannya dengan kasus black dahlia ini? saya sudah cari tp ngga ketemu..

    bersambung..

    ReplyDelete
  82. sambungan..

    @chris, bro, maksudnya ususnya "diamankan" di suatu tempat itu oleh pelaku kan?
    uhm, memang sih di foto manapun tidak ada foto usus terburai, tp saya rasa kalau ada organ tubuh yg hilang, polisi pasti sudah menyelidikinya dan itu akan menjadi petunjuk penting.. satu lagi, pasti termasuk ke dalam berita bahwa ususnya hilang..
    tp saya tidak bisa menemukan berita ttg itu dalam kasus black dahlia, maka kemungkinan besar ususnya tetap berada di tempatnya..

    @bro enigma, ngga kepanjangan kok bro..malah menurut saya kurang panjang, dan banyak informasi yg masi belum tersampaikan..
    yaaah, sebenarnya saya sedikit menyayangkan pengeditan itu bro, karena memang sebenarnya itu cukup penting..
    untung saya uda sempet baca yg full version, walopun baru kasi komennya sekarang.. hehehehe..
    tp saya tetep menghormati keputusan bro enigma, dan langkah bro menghapus "paragraf deskriptif" menurut saya juga memang itu yg terbaik bagi pembaca blog ini.. ^^

    @john doe, banyak terjadi? hehehehe, tidak semua kasus mutilasi dilakukan oleh psikopat.. dan tidak semua psikopat memutilasi korbannya..
    jadi tidak semua kasus mutilasi bisa disamakan.. perbedaan kejadian ini dengan kejadian bus mayasari adalah alasan pelaku kejadian bus mayasari memutilasi korban karena takut ketahuan, jadi pelaku memotong2 korban untuk menghilangkan jejak.. kl kasus ini, terlihat jelas bahwa pelaku seperti senang melakukannya.. dan dia punya cukup waktu untuk bersenang2 dengan korban terlebih dahulu sebelum akhirnya bersenang2 dengan polisi..

    @accank, yups, cara pembunuhannya memang sangat menarik.. suatu kreativitas yg lahir dari pemikiran brilian seorang psikopat..

    @d'Darkspades, "bisa saja justru si korban sendirilah yg menoreh kulitnya sendiri, mencabuti rumput, lalu memasukkan k tubuhnya sendiri, sambil brharap ketika ia mati n tubuhnya ditemukan, polisi bsa menemukan kedua obyek itu d dlam tubuhnya... "
    saya pikir itu mustahil.. karena ditemukan bekas jeratan pada pergelangan tangan.. itu artinya tangan beth diikat..bagaimana mungkin tangannya yg terikat bisa mencabuti rumput dan memasukkannya ke dalam tubuhnya?
    tp saya jadi kepikiran, apakah rumput yg ada di dalam tubuh korban adalah merupakan rumput dr lokasi ditemukannya beth atau ngga ya? hehehe, bro enigma, untuk pertanyaan rumput saya itu ada penjelasannya ngga? kl ngga, berarti saya harus bongkar2 file LAPD untuk cari tau sejauh mana investigasinya.. wakakakaka..

    @koe-chink, eniwei, darimana km tau kl ada pembunuhan yg lebih sadis dari ini di indonesia sementara itu tidak pernah dipublikasikan?

    CMIIW.. ^^v

    ReplyDelete
  83. Myheart2105 berkata...

    @anakkucing: miaw..miiiaaw (artix: halo..gmana kbrmu?^^)

    Baidewei buswei, lama2 km mirip kyk chris yach...q jg ska kmen2 km ^^

    Psikopat yach, pnggemar fanatikx?? Oya bner, tu adlh kmgknan lain yg diajukan ma chris saat q nanya pa hnya cm 2 mcm tu suspect pmbnuh yg dcurigai..

    Iya ya, snyumx bs krn ulah kreatif si psikopat fnatik ituh, oya kalo sayatan luka yg kyk snyum lbr gtuh, tu namax glasgow grin...

    N baidewei,, kalo dia nguntit brg2 pribdix Beth,, bs2 aja seyh..tp kykx msh krg mgkn kalo yg nglekauinx doktr bdah kyk George Hodel..
    Knapa?
    Kalo nurut aq,, kalo si psikopat fnatik nguntit brang2 prbdix Beth agk krg sreg, soalx khan Beth tggal di tmpat yg rame, tnggal sm2 dgn org2 lain (di rmhx Mark Hansen), so khan sharusx bs mncurigakan tuch ato mnimal ada pngakuan/crita dr org2 d rmah itu kalo ada org yg mncurigakan yg gk familiar yg mgkn ngaku sbg tamux Beth,, dtang brkali-kali..knapa dblg gk fmiliar? Krna ksanx seyh dr tulisan om Enig,, yg dtg k rmah Mark Hansen itu adlh para kenalanx aja, n bkan ORANG ASING...lgian, rasax FBI ato polisi pastilah udh mnanyakan ada gk org yg mncrigakn yg dtg k rmh itu slgi Beth msh dsana..? N trnyta gk da khan info ttg ini...

    Kalo nganggep pmbunuhx adlh George Hodel, bs juga, krn dia seorg ahli bdah, dsebut sadistic,, n bs aja khan barng2 pribdix Beth itu dkrmkan olh dia (Hodel), krn dia mendptkanx dr DALAM TAS (TANGAN) Beth..q rasa, bnda2 itu bs brada dlm tas. Mngenai akte klahiran bs aja dbwa2 olh Beth, nurut aq seyh,,krn dia bs aja mmrlukanx saat mlamar krja..hehe..

    Tntg rmput no cmment dl dech,,..

    ReplyDelete
  84. @myheart2105.. meooong.. ^^ (artinya, kabar baik, hehehe..)

    oo..nama istilahnya glasgow grin ya? thx for the info, saya ngga tau.. ^^
    dan waaaah, makasih lagi untuk pujiannya.. dibilang mirip chris, saya merasa tersanjung.. ~^0^~
    hehehehe, soalnya chris kan pinter..

    mengenai hodel, memang bisa jadi juga hodel adalah pembunuhnya.. dan memang ada kemungkinan itu..apalagi beth dikenal sebagai salah seorang kekasih dr. hodel, dengan hubungan ini, sangat gampang bagi hodel mengambil barang2 pribadi beth..
    dan mereka juga sama2 tinggal di los angeles..
    saya tidak bilang bukan hodel pelakunya.. dan bisa jadi juga hodel adalah penggemar fanatik beth yg kebetulan seorang dokter bedah plus juga sisi lain dari seorang psikopat sadis.. (oh my, saya suka sekali cerita seperti ini..)
    tapi sayangnya hodel memiliki alibi dari sejumlah saksi yg menguatkan dia bukanlah pembunuhnya.. tp saya tidak tau persis alibinya seperti apa..
    dan juga, sayangnya saya tidak bisa mengambil kesimpulan pelakunya dokter bedah atau bukan karena keterangan detil mengenai luka sayatan seperti yg saya sampaikan sebelumnya belum jelas..

    tp kl pembunuhnya bukan hodel, melainkan org lain yg merupakan fans fanatiknya..
    mengenai kemungkinan penguntitan dan pencurian akte kelahiran serta barang2 pribadi beth lainnya, itu mungkin saja terjadi..
    karena beth tidak selamanya tinggal di kediaman mark hansen..
    sekitar 6 bulan sebelum kematiannya, beth suka berpindah2 t4 tinggal baik di hotel, apartemen, kost2an dan rumah pribadi kenalannya dan tidak pernah menetap lebih dari 2 minggu..
    kalau dia mengamati gerak gerik beth dan mengikuti kemana pun beth pergi, hal ini menguntungkan bagi penguntitnya..
    knp? karena seperti yg km bilang.. kalau saja beth tinggal di ruma kenalannya, dan tidak berpindah2, akan gampang mencurigai orang yg tidak dikenal berada di sekitar rumah..
    tp karena beth berpindah2 t4 tinggal dengan waktu yg singkat, kemungkinan beth bersosialisasi dengan tetangganya kecil.. jadi kl ada org asing masuk ke t4 tinggalnya tidak dicurigai..

    oh ya, saya senang dgn tanggapan km.. kritis bgt..^^
    dan saya ngga nyangka km suka sama komen2 saya yg suka ngawur.. hehehehe.. makasiiih.. ^^

    ReplyDelete
  85. Myheart2105 berkata...

    @anakkucing: miaw...miaaaw..^^
    Hehe..emg km pinter...^^

    Sbnerx bnar jg seyh,, kalo teori penggemar fanatik yg psikopat jd trsngka pmbnuhx...q s7 aja deh.. Emg bs2 aja, soalx khan Beth nomaden gtuh,,xixixi^^ gk prnah mnetap d swatu tmpt lbh dr 2 mggu...n dtmbh lg kalo gk da yg tau apa yg trjdi ma si Beth 1 mggu sblm kmtianx (missing week),,bner2 lost contact..n bs aja selama missing week itu:
    ''Hmm...sebenarnya
    kemungkinan lain ada, seperti orang yang baru dia kenal yang sadistic, yang mungkin hanya Beth sendiri yang mengenalnya.''

    Ituh kutipan kata2 si Chris, n sprtix 'ramalan' dia tu cocok dgn teori psikopat fanatik km..hnya sj kata2 'mngenal' d atas lbh tepatx dganti dgn 'brkontak', (halah..bner gk seyh?? Jngan2 slh..jd malu..xixixi :p)

    Oya, yg alibix si Hodel, kykx krg diexplor ma Om Enig, q br tau loch kalo mmg da alibix..tp kalo nurut aq qt gk bs prcya 100 prsen ma alibix si Hodel,, krn bs aja dia dh nyusun rncana bwt alibi yg sbagus2x..n trkesan alami,,mgkn bs direkayasa/nyogok/de el el, xixixi..krn kalo pke argumenx si Chris,, smua data2 sngt cocok n mngarah k dia (Hodel),,so 'benteng' dia satu2x adlh ALIBI YG PERFECT! Alibi dia ni jg shrsx diexplore seoptimal mgkn...ato kalo alibix trkesan TERLALU PERFECT,, nah tu khan bs jg dcurigai kalo tu emg sngaja ada upaya rekayasa...n kasus ni, sygx alibi thdp msg2 trsangka yg bs dtangkap masa itu, kyk Tn Hodel, gk diexplor dgn baik...
    Eh,,bukanx pd wktu itu pihak brwenang kyk polisi ato FBI GAK MENCURIGAI George Hodel sm sekali??
    Justru teorix mncuat brtahun2 sesudah kasusx trjdi,, yg justru diungkap olh anakx sndiri!! Wew!

    Prtnyaanx,, knapa FBI ato polisi bs luput thdp kmgknan George Hodel sbg pmbunuhx?? Bkankah kt anakkucing dia pnya alibi yg bgus?? So, sbnrx mgkn GEORGE HODEL SUDAH DISELIDIKI olh yg brwenang??
    Tp kok lolos? Pdhal alibix msh dprtnyakan kevalidanx (knapa ttg alibi Hodel ini gk trlalu diexpos k mdia massa?),,gak ada bnggtz tuch website yg nynggung mslh itu (sejauh yg q bc seyh..xixixi^^v, tp q prcya ma anakkucing, so jdix: JARANG bnggtz ada yg nyggung ttg alibi Hodel ituh),,..
    N smua tu JANGAN2 krna ada KONGKALINGKONG antara George Hodel ma 'mafia' pihak brwenang...hehehe..teoriq mkin menggila...

    Tp kalo pun Hodel pmbunuhx,, kykx dia dah mati dech,, yach..mnimal qt jd tau syapa the real murderer of Black Dahlia..and case cold..n happy dech...(halah..gayaq..:p)

    Sori kpanjangan...soalx lg smangat2x neyh..soalx sisa2 pujian dr Chris n Om Enig msh ada..to fuel my day...
    I luv monday!! ^O^

    ReplyDelete
  86. @myheart2105..
    hehehe, bg saya sih ngga kepanjangan, tp ngga tau bagi pembaca lain dan buat bro enigma sendiri..
    mudah2an justru memperkaya postingan ini, as bro enigma said to me.. ^^

    oh ya, mengenai hodel, alibi hodel selain dari dia sendiri, polisi juga mencari dari keterangan beberapa orang saksi..
    dan polisi sepertinya sudah mencurigai hodel, bukan karena steve hodel juga baru polisi menyelidikinya..
    ini terbukti dari adanya pengawasan yg dilakukan pada tahun 1950 - 1951 thd dr. hodel, sementara steve hodel mempublikasikan bukunya pada 2003 (cmiiw..)
    selain itu, walaupun mantan istrinya mengatakan hodel tidak berada di ruma pada malam pembunuhan, namun banyak saksi mengatakan kalau mereka tidak pernah melihat hodel bersama dengan korban pada hari2 menjelang pembunuhan.. mungkin itu karena memang beth sudah menghilang seminggu sebelumnya..
    dan benar, mungkin hodel sudah menyiapkan alibinya, karena dia berkata pada istrinya kalau polisi tidak akan bisa membuktikan dialah pembunuhnya..
    saya tidak tau apakah saksi2 yg diinterogasi polisi tsb dibayar oleh hodel atau tidak, tp saya rasa, hodel tidak akan tau siapa2 saja yg menjadi saksi kan..
    dari keterangan yg saya baca, menurut saya, polisi yg mencari dan mendatangi saksi, bukan direkomendasikan oleh hodel..
    banyak keterangan para saksi yg menguatkan alibi hodel, mungkin karena itu hodel dihapus dari kemungkinan tersangka pembunuhan..
    oh ya, mengenai sumber, kamu bisa liat di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/Black_Dahlia_suspects

    bagian george hodel, di situ ada catatan dari salah seorang polisi yg menyelidiki hodel..

    mengenai ini, ''Hmm...sebenarnya
    kemungkinan lain ada, seperti orang yang baru dia kenal yang sadistic, yang mungkin hanya Beth sendiri yang mengenalnya.''
    Ituh kutipan kata2 si Chris, n sprtix 'ramalan' dia tu cocok dgn teori psikopat fanatik km..hnya sj kata2 'mngenal' d atas lbh tepatx dganti dgn 'brkontak', (halah..bner gk seyh?? Jngan2 slh..jd malu..xixixi :p)

    berkontak bisa saja, mungkin pura2 menawarkan pekerjaan untuk beth.. dan kemudian menculiknya..
    atau malah ada kemungkinan lain yaitu beth sama sekali tidak mengenal si pelaku.. bisa jadi saja menurut saya..
    si pelaku langsung menculik beth dan menyekapnya di t4nya serta melakukan penyiksaan dan pembunuhan..
    who knows.. namanya juga psikopat..
    terlalu banyak kemungkinan dan missing link.. karena itu kasus ini masih misteri dan unclosed kan..
    seru sekali sebenarnya.. i love psycho story like this! ^0^

    ReplyDelete
  87. Myheart2105 berkata...

    @anakkucing: aq dah bc artikel d wikipedia ituh,, n thx yach 4 the link ^^
    Tp q nemuin kjanggalan:

    1. Kalo d wikipdia dblg George Hodel adlh
    ''a physician specializing in public health and sexually transmitted diseases'', n gk dblg sbg ''surgeon''.
    Om Enig nulis bhwa dia seorang dokter bedah. So kykx da sdkt kntradiksi..tp prnyataan wikipedia itu gk da citationx (referensix)..so bs aja slh..

    2. Trnyata dktr George Hodel jg prnh pnya kasus kriminal, pelecehan sxual trhd putrix sndiri d thn n di-charge thn 1949

    3. Stlh q bc2,, q gk mnemukan alibi dkter George Hodel yg bner2 bs djadikan alasan yg kuat utk brhnti mncurigaix..(CMIIW), q gk mnemukan KESAKSIAN yg menytakan bhwa dia (saksi) MELIHAT (tnpa ragu2, pasti) dktr George Hodel di TEMPAT LAIN atw bhkan jstru BERSAMA dktr G. Hodel PADA MALAM PEMBUNUHAN ato PADA RENTANG WKTU YG DICURIGAI TRJADIX PMBUNUHAN...

    4. Eh trnyata jg dpasang pnyadap d rmhx ya...tp bs aja khan dktr Hodel slm 3 mggu itu GAK MEMBICARAKAN HAL ITU (PMBUNUHAN yg dicurigai dlakukanx), apalg MENGAKU k klrgax kalo dia tlh mlakukan pmbnuhan,,..psikopat biasax pndai nyembunyiin pmbunuhn yg dlakukanx...n tdk mnggapx sbg swatu mslh yg bsar, yg mana org nrmal smpai2 TIDAK AKAN BS TIDUR..ato bhkn dlanda KCEMASAN TNGKAT TINGGI..xixixi ..bhasaqu..^^

    N q s7 ma km kalo dlm ksus ini msh bnyk missing lyric,, eh missing linkx...hehe..^^
    N dr artikl wkipdia itu, kykx dtektif yg skrg mnangani ksus Black Dahlia (Brian Carr), udh ''capek deh..capek deh..capek deh..'' ya ^^ (xixixi..jd kpngin nyanyi lgx project pop..^^)

    ReplyDelete
  88. @myheart2105,
    hehehehe.. link yg saya cantumkan memang hanya merupakan keterangan dari para saksi saja..karena km td nanya soal itu..
    oh ya, mengenai kongkalikong, memang dr hodel memilki backing yg lumayan di LAPD.. tp saya rasa, untuk kasus sebesar ini, bekingnya pasti angkat tangan kl dr hodel memang benar adalah pelakunya..

    mengenai no. 1, km bisa liat di link yg dikasi bro enigma, yaitu bethshort.com.. kl km males ngubek2 situsnya dan mau langsung, bisa ke sini: http://www.bethshort.com/bd/2006/09/15/george-hodel/

    disitu ada disebutkan kl dr george hodel adalah seorang ahli bedah.. dan keterangan itu didapat dari anak dr hodel sendiri..

    utk yg no. 2..
    hehehe, iya.. dan sepertinya yg menjadikan polisi curiga kepada george hodel adalah karena latar belakang seksualnya, baru diketahui kl ternyata org yg terlihat sempurna memiliki kelainan.. maka dari itu, penyelidikan kepada dr hodel baru dimulai thn 1949.. setelah putrinya melaporkan ke polisi kl dr hodel mengidap kelainan seksual..

    no. 3, sama dengan kamu, saya juga tidak bisa menemukan persisnya alibi hodel seperti apa.. makanya saya tidak bisa mengambil kesimpulan bahwa dr hodel adalah pembunuhnya atau bukan pembunuhnya.. tp penyelidikan yg mengatakan dia bukanlah pembunuhnya..dan karena saya tidak turun langsung ke lapangan, yaa saya mau tidak mau untuk sekarang ini terima saja dengan kesimpulan detektif itu..

    no. 4, huahuahuahua.. i couldnt agree more.. saya juga beranggapan sama.. rata2 psikopat adalah penderita MPD dan akting mereka juga bisa jauh lebih canggih daripada aktor dan aktris pemenang oscar..
    saya selalu menganggap kemampuan itu luar biasa, dan penganiayaan yg mereka lakukan biasanya juga sangat impresif.. sungguh jenius dan brilian bukan?
    karena itu saya sangat suka cerita ttg psikopat..^^
    oh ya, kl km juga suka, saya sarankan untuk menonton se7en..

    ReplyDelete
  89. @myheart2105,
    you are really good at arguing.. very clever.. ^^
    sungguh menyenangkan berdiskusi dengan kamu..

    ReplyDelete
  90. Myheart2105 berkata...

    ::blushing:: ::blushing::

    Wedew...q trsnjung...^^
    MPD? Multiple Personality Disorder?

    hmm..dtektif,,serial killer..ada brad pritt yach..kykx bgus..^^

    ReplyDelete
  91. Myheart2105 berkata...

    Komen ke-100! Yuhuuu ^0^

    N baidewei,, anakkucing, nice to disccuss with u too...^^

    ReplyDelete
  92. Wah saya pembaca baru nih, baru tau ada blog keren ini. Yang komentar juga kayanya detektif semua. Saya ikutin deh blognya.

    BTW tadinya saya cuma tahu Black Dahlia Murder yang nama band, baru sekarang baca kasus aslinya. Thanks bro!

    ReplyDelete
  93. sebenarnya, saya malah baru tau kl ada band yg namanya the black dahlia.. -_-
    (kemana aja saya selama iniiiii?? maafkan kekuperan saya ya.. >.<)

    ReplyDelete
  94. saya pux sedikit tambahan...
    1. tidak ada perkiraan waktu kematian korban. Ini menyulitkan qt untuk mengetahui kapan korban dibunuh. Padahal kalo mayat diotopsi pasti dijelaskan juga oleh dokter forensik kapan kira2 waktu kematian korban

    2. Tidak adanya jejak kaki. terdapat 2 kemungkinan. Kemungkinan 1 pada malam hari sebelum korban ditemukan terjadi hujan deras yang menghapus jejak kaki pelaku. Ini tentu menguntungkan si pelaku. Kedua, jejak kaki si pelaku terhapus oleh jejak kaki orang lain. Ini bisa dimaklumi, mengingat pada waktu penemuan mayat, orang2 pasti berduyun2 datang ke lokasi dan ingin tahu kondisi korban.. Jejak kaki mereka saling tumpang tindih dan menghapus jejak kaki si pelaku

    Itu cuman sekedar pikiran saya lo mas enigma

    ReplyDelete
  95. uw.
    ternyata Black Dahlia Murder dapet inspirasi dari sini.
    i knew2/

    ReplyDelete
  96. busyeettt sadis amat..si amat aja gak sadis..

    nice article..keep sharing

    ReplyDelete
  97. bagus bgt yah blog nya....sya suka bgt ma blog ini.....

    ReplyDelete
  98. enak enak lanjot enig cr yg seru lg

    ReplyDelete
  99. saya masih sangat penasaran bagaimana para detektif dapat menyelesaikan kasus seperti ini

    ReplyDelete
  100. Ini koment pertama saya ^^
    pembunuhan yg sangat keji dan tentu saja misterius.....

    ReplyDelete
  101. Wah rumit banget, xlo menurut analisa saya masih ada pelaku lain selain Arnold smith,, dan kemungkinan yang membunuh arnold smith itu juga pelaku lain itu juga.... Wah seru juga ceritanya..

    ReplyDelete
  102. Tentang Arnold Smith apakah penyebab kematiannya adalah terbakar sama seperti kasus misteri terbakarnya manusia? Seperti artikel yang ditulis oleh bung Enigma sebelumnya.

    ReplyDelete
  103. ada filmya juga loh bang.. judlnya zodiac jg.. tonton deh, kuereeennn... :D

    ReplyDelete
  104. wow another unsolved cases
    bung enigma bisa kupas tuntas tentang zodiac killer ?
    thx

    -riza

    ReplyDelete
  105. maksihh ia infonyaa,,,,
    sngat2 rinci dan lengkap...
    saya sangat2 tertarik dengan kasus ini,,, saya juga memasang foto mutilasiny pada blog saya...
    sx lagi terima ksihh,,,,

    ReplyDelete
  106. @vais
    mas enigma bleh nayak tentang cerita@ jack the ripper? sebener@ tu cerita asli pa gak? alias bener pa gak? al@ aq penasaran banget ma tu cerita, dah nyarik referensi@ tapi gak nemu2. makasih sebelum@

    ReplyDelete
  107. it was very interesting story,,,I think he is know beth ,,,coz he has her identity.n may be the actors are psychopaths and he's been accustomed to kill before. really cruel,,,

    ReplyDelete
  108. bang E numpang copas y,
    tenang sya masukin koq alamat web anda sebagai informasi,
    mohon izin nya y

    ReplyDelete
  109. kayaknya gini deh...
    pembunuuhnya mungkin hanya 1 orang, tetapi sebnarnya 2 orang...
    bila memang dia telah diperkosa dan disodomi....
    apa mungkin dia juga ingin membedahnya dengan rapi??
    berikut kesimpulan dari saya...
    1. seseorang memang membunuhnya dan memperkosa dan menyodominya...
    2. setelah dibunuh dan diperkosa, seseorang mungkin telah menemukan mayat itu(alias dokter bedah sndiri), yg ingin tahu kenapa dia dibunuh...
    lalu di mebedahnya dengan terpisah, mulut jga...
    mungkin dia telah menemukan bahwa wanita ini telah diperkosa...
    3. karena dia tidak ingin dituduh sebagai pembunuh, dia memindahkan mayat ke tempaat sepi...
    4. pembunuh pertama ialah lelaki paling dekat dan bukan perempuan...
    5. pembunuh mengetahui foto teman" dan identitas sebenarnya, itu berarti dia adalah orang yang mengajak dia bekerja...
    6. dia(lelaki yg membunuhnya)tidak mungkin dia adalah orang lain, intinya dia membunuhnya di gelap malam...
    7. lelaki ini memang sengaja membunuhnya agar tidak melaporkan ke polisi sebagai tuduhan pemerkosaan...
    yg paling membingungkan adalah, mengapa LAPD tidak memeriksa tempat kerjanya, dan dokter bedah yg mengenalnya?

    maaf klo kepanjangan...

    ReplyDelete
  110. cadass bro ...ga jauh beda ama band'y....

    ReplyDelete
  111. saran : http://lanoire.wikia.com/

    ReplyDelete
  112. Pelakunya itu seorang chef

    ReplyDelete
  113. bung enigma, setelah saya teliti kasus ini selama 3 taun, akhirnya saya tau siapa yg layak bertanggung jawab atas kasus ini. trima kasih atas informasinya. :)

    ReplyDelete
  114. ini copy paste dari crime library dot com kan

    ReplyDelete
  115. Itu sepertinya ada seseorang yang tidak diketahui identitasnya yang mengancam Arnold Smith melewati pesan atau surat yang berisi ancaman untuk membunuh Elizabeth Short dan apa penyabab kematian Arnold Smith di tempat tidurnya di holland hotel ? Menurut saya itu karena si pengirim surat tahu kalau smith dan informan st. John akan bertemu dan takut kalau identitasnya diketahui karena smith memberi tahu hal yang sebenarnya terjadi.
    Itu adalah jawaban dari sudut pandang saya, walaupun masih belum memecahkan :
    Siapakah pengirim surat itu ?
    Apakah dia dan Elizabeth Short saling mengenal ?
    Kenapa dia memilih Arnold Smith ?
    Untuk apa dia melakukan itu ?

    ReplyDelete
  116. Wah..klo di indo mah....kasusnya bukan "TAK TERPECAHKAN" tapi memang "DI PETI ES KAN" kale..! , banyak kasus yg di angkat tapi ujungnya nga jelas gitu..! Kaya kasus Marsinah...

    ReplyDelete
  117. Bung request tentang Sodder's Children yg hilang dong, kayaknya cukup menarik kalo dibahas si blog ini... Terimakasih, sukses terus bung, and makin rajin ngepost

    ReplyDelete
  118. Bung, request tentang Sodder's Children yg hilang dong, kayaknya cukup menarik kalo dibahas di blog ini.. Terimakasih. Sukses terus bung, and makin rajin ngepost...

    ReplyDelete