Wednesday, June 30, 2010

Memahami fenomena matahari kembar Sun Dog dan Parhelic Circle

Ini fenomena alam yang indah lainnya. Matahari terlihat memiliki anak yang banyak. Hmmm....kira-kira apa ya?


Pertanyaan ini masuk ke saya dari seorang pembaca beberapa waktu yang lalu. Kemudian, link videonya diupload di Group Indonesia Mystery Forum di Facebook.

Dalam video itu, matahari sedang bersinar dengan teriknya dan terlihat sebuah garis terang melingkar menembus matahari di kedua sisinya. Tepat di garis melingkar itu terdapat "matahari tambahan" sebanyak empat buah.

Ini video yang sama yang saya temukan di Youtube:



Fenomena apakah yang terlihat di video itu?

Apakah dunia akan segera runtuh dan menimpa kepala kita? Ataukah ada empat planet lain yang sedang bergerak mendekati bumi?

Jawaban atas kedua pertanyaan di atas adalah: Tidak!

Fenomena di atas memang luar biasa dan tentu saja langka. Namun, fenomena ini sebenarnya adalah fenomena atmosferik yang telah dikenal dengan baik di dunia sains. Nama fenomena itu adalah Sun Dog yang terlihat bersamaan dengan Parhelic Circle.

Kadang sering juga disebut dengan fenomena matahari kembar.

Biarkan saya menjelaskannya.

Fenomena Sun Dog (Sundog) yang kadang juga disebut dengan Parhelion adalah sebuah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari. Kadang, kumpulan cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat kita berpikir kalau cahaya ini adalah matahari tambahan.

Harbin City, 14 November 2007 - Sun Dog yang terlihat seperti matahari kembar

Jika kalian melihat foto di atas, tentu kalian mengerti mengapa fenomena ini disebut Sun Dog. "Matahari tambahan" itu terlihat seperti seekor anjing yang duduk manis di sebelah tuannya, sang matahari.

Fenomena ini hanya terjadi pada kondisi atmosferik yang sangat langka. Jadi, jika kalian bisa melihatnya, anggaplah diri kalian sebagai orang yang sangat beruntung.

Lalu, apa yang menyebabkan fenomena ini bisa terjadi?

Saya akui, memang tidak ada cara gampang untuk menjelaskan proses terjadinya sebuah ilusi optik di atmosfer. Karena itu saya tidak akan berpanjang lebar dan menyiksa kalian dengan teori yang panjang.

Begini saja, Sun Dog terjadi ketika cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal yang tersusun secara horizontal di langit yang mengakibatkan cahaya itu dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat.


Proses ini bisa disamakan dengan proses terciptanya pelangi yang terbentuk karena cahaya matahari yang menyinari tetesan air di angkasa.

Fenomena ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Namun, ia akan lebih mudah terlihat ketika matahari berada pada posisi yang lebih rendah di Horizon (saat terbit atau terbenam).

Pada matahari terbit, matahari akan naik semakin tinggi, Sun Dog pun akan bergeser dari sudut 22 derajat. Ketika matahari menjadi lebih tinggi lagi, Sun Dog pun lenyap.

Umumnya Sun Dog berwarna merah ketika ia berada pada jarak terdekat dari matahari. Ketika ia semakin menjauh dari matahari, warnanya akan berubah mengarah ke biru.

Minnesota, 22 Januari 2005

Lalu, apa yang dimaksud dengan Parhelic Circle?

Parhelic Circle adalah garis lengkung berwarna putih yang menembus matahari. Kita bisa melihatnya dengan jelas di rekaman di atas. Walaupun seringkali hanya terlihat sepotong, kadang, garis lengkung ini bisa membentuk sebuah lingkaran sempurna di langit.

Parhelic Circle di atas Laut Mati, 7 Maret 2007 - Parhelic membentuk lingkaran sempurna

Sama seperti Sun Dog, Parhelic Circle juga terbentuk karena cahaya matahari yang dibelokkan oleh es kristal hexagonal. Namun, jika untuk mendapatkan Sun Dog kita harus memiliki es kristal hexagonal yang horizontal, maka untuk mendapatkan Parhelic Circle, es kristal hexagonal tersebut harus berada pada posisi vertikal atau hampir vertikal.


Fenomena Sun Dog kadang bisa terlihat tanpa Parhelic Circle seperti yang terlihat pada Sun Dog di kota Harbin di atas, tetapi juga bisa terlihat bersama Parhelic Circle seperti yang terekam dalam video di atas.

Jika keduanya bergabung, maka kita mendapatkan sebuah orkestra bisu di langit.

North Dakota, 18 Februari 2009


Sun Dog di atas Kutub Selatan


Sun Dog dan Parhelic Circle di Kutub Selatan - 11 Januari 1999

(islandnet.com, universetoday.com, science.nasa.gov, wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

127 comments:

  1. pertamax kgk ya?

    ReplyDelete
  2. Hardly believe it . I got pertamax

    ReplyDelete
  3. Chupu said
    pertamax..

    Baca dulu ah..

    ReplyDelete
  4. Hardly believe, You are number three!

    ReplyDelete
  5. Hah, Mr.Kraken dari tadi online terus. Luar biasa.

    ReplyDelete
  6. aaarrggghhh!! saya keenam toh??hik hik hik

    inikebetulan aja lagi posting LR.Doty gan..

    ReplyDelete
  7. Fenomena Alam yang mengagumkan,...

    ReplyDelete
  8. kesembilan kah.? haha ^^

    seperti biasa, postingan ny keren ko Enigma :)

    Lica mn yah.?

    By Enigma & Lica Lover

    ReplyDelete
  9. mayan 10 besar xP~

    ReplyDelete
  10. Hooo..ternyata begitu ya. baru tau. nice inpoh mr!
    -Evy-

    ReplyDelete
  11. Subhanallah..
    Sip postingannya bro Enigma
    *mumet jg baca penjelasannya, bukan org IPA + bangun tidur, hehe........

    ReplyDelete
  12. Ohhoohohooo......sama kayak cerita temanku tadi, sampai ketakutan dia coz liad videonya di Youtube ^^

    ReplyDelete
  13. Ijin copy paste om.... OK?!?!?

    ReplyDelete
  14. seperti biasa, postingannya selalu mantap

    perpendek lagi dong bang waktu postingannya, jangan 5 hari sekali

    ReplyDelete
  15. sdah cukup puas berada di posisi 14...
    kemal

    ReplyDelete
  16. Sprti biasa,keren..
    >3<
    Bang,pdhl g ad bola?kok kuat bgadang sii??

    ReplyDelete
  17. saya punya video yang lain Pak..nanti segera saya taruh di grup..artikelnya bagus pak! PAsti terinspirasi soto yang terpantulkan cahaya matahari..hehe

    ReplyDelete
  18. Indah..d(n_n)b..

    ReplyDelete
  19. Megalodon berkata ;

    Mantabh bro E !
    d('__')b
    Tapi yg mbuat saya bingung adalah kenapa fenomena seindah ini tidak pernah dijelaskan secara ilmiah di buku2 sekolah seperti pelangi, aurora, halo, dll ?
    Apakah krna langkanya fenomena ini?

    ReplyDelete
  20. Brother, peristiwa ini ada hubungannya sama halo y?
    ~Bigman~

    ReplyDelete
  21. Nakashima:

    Copas komen luthuna Myheart ah..

    ''Solar! Bensin! Premium!
    Minyak tanah!
    Msh ada lg... Minyak jelantah!
    xixixi...^^ ''

    wkwkwkwk XD
    Ternyata Sweety pintar melawak jg huahahaha XD

    Mantep bro E, br tau sy ada yg spt ini, jd pingin liat scr langsung suatu hari...

    ReplyDelete
  22. Nakashima:

    Mumpung msh anget, oya bro E, itu yg di foto yg tag-nya ''Sun Dog di atas Kutub Selatan''
    #2 bulatan cahaya yg sejajar sm matahari--> sun dog

    #garis cahaya yg menembus matahari--> parhelic circle

    #terus, lingkaran yg mengelilingi matahari, itu apa? Halo matahari y??


    @all:
    Just info, slh 1 keunikan blog enigma ttg jumlah komentar:

    Sampai saat sy menulis komentar ini, cb perhatikan jmlh komentar di postingan Kraken, Kasus mutilasi ternak, Mermaid-Merman, jmlhnya berturut2:
    181, 182, 183 !

    Amazing!!

    ReplyDelete
  23. wow!

    saya temasuk orang yg beruntung!

    dulu bgt pernah jadi saksi fenomena alam ini, pas sore hari, tapi susah diamati karena sangat menyilaukan mata, dan waktu itu blm punya ponsel berkamera.

    foto yg North Dakota itu bener2 mengingatkan kejadian waktu itu, tp waktu itu langitnya lebih ke oranye gitu...

    dulu kupikir itu ufo, tp aneh jg kenapa ufonya diem terus, dan terang bgt. ternyata oh ternyata bukan ufo ya bung... hehehehe..

    terima kasih bung! :D

    ReplyDelete
  24. Dear bang Enigma,
    Thanks atas infonya..
    (20 besar..yes)....

    ReplyDelete
  25. Subhanallah, Beautiful view.
    Pernah terlihat di daerah indonesia nggak?

    Doegal.

    ReplyDelete
  26. wow keren mataharinya...
    berharap bisa jadi org beruntung untuk melihat kembali kejadian alam sperti itu.

    -wiLLiam-

    ReplyDelete
  27. TYrips here...

    wah, keren.., tulisannya berhubungan dengan IPA sih, tapi disajikan keren sama bro Enigma (TYrips memiliki pengalaman buruk dengan IPA soalnya)...
    TYrips boleh tanya gak bro?? pasti boleh dong, bro Enigma kan orangnya baik..,hihihihi (Tanya sendiri, jawab sendiro...hohoho)

    Fenomena diatas apakah memiliki siklus waktu (karna disebutkan sangat langka) dan tempat(apakah diindonesia bisa terlihat fenomena ini?) saat terjadi gak ya??

    ReplyDelete
  28. Myhead 5012 said :

    haha...

    masih 1000 besarrrrrr... lumayann

    alangkah kerennya fenomena alam tersebut...
    berharap suatu saat dapat melihatnya dengan mata kaki eh... mata kepala sendiri... ><'

    hahaha....

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  29. beautiful..coba kalau muncul di indonesia.

    ReplyDelete
  30. kalo aku sih pasti menunggu stiap postingan terbaru bung enigma. n yg lama2 dah dibabas abis kubaca. walau aku jarang koment, tpi aku slalu ngikutin. aku sih gak terlalu harus koment diposisi 3, 5, ataw 10 besar. yg pnting aku puas bacanya hehehehe. at least congratulations bung. keep posting ya. ntar kapan2 aku request. ok

    ReplyDelete
  31. saya pernah menyaksikan fenomena alam ini jg di indonesia. beneran. sore hari.

    yg saya heran ,kenapa pada waktu itu orang2 tidak aware terhadap perisitwa ini.

    esok harinya saya tunggu2 di tv / koran juga ga ada beritanya.

    ReplyDelete
  32. Dea .
    Horee sun dogs ! Dea pernah baca di buku , tp ga ngerti , penjelasan.nya dikit banget , tp skg uda ngerti makasi kaaa . .
    Ada gak ya crop circle yg bentuk.nya kayak sun dogs ? Hehehe

    ReplyDelete
  33. Funtastic.. Nice post and nice blog. I love it

    - T. Siregar -

    ReplyDelete
  34. Bung Enigma makin mantaph ajah nih nulis blognya, hohohohoho, 3 jempol dah

    ReplyDelete
  35. Myheart2105 berkata...

    Selamat pagi dunia...^0^

    Indahx...^_^
    Postingan hr ini mnambah indah hari2q...^_^

    @Nakashima:
    hehe,,bs aja km^_^ jd malu.. ::blushing:: tp q bkan pelawak loch..^_^

    Hahh...sdh 1 Juli, Chris blm mncul jg...-_-
    I hope you reappear someday.... ~_~..

    ReplyDelete
  36. virgo..
    mr. enig. bedanya Parhelic Circle sama halo itu apa sih?
    err, mungkin dak kalo fenomena ini terjadi sama bulan? habisnya kalo halo kan di bulan juga bisa?

    @ all salam kenal yaa, aq udah 'langganan' baca enigma dah lama, tapi comment bru skarang

    ReplyDelete
  37. Akhirnnya masuk 50 besar,wkwkwk...lumayan heheheh
    fenomena yang sangat indah untuk dilihat...

    ReplyDelete
  38. @virgo: kalau halo, lingkarannya mengelilingi matahari. Kalau parhelic circle, garis lingkarannya terlihat menembus matahari. Dan ya, fenomena ini juga bisa terjadi pada bulan.

    ReplyDelete
  39. Myheart2105 berkata...

    @Dea:
    Dea pnya blog yach? ^^
    Yg kmen jam sgini:
    July 1, 2010 8:32 AM
    Itu Dea?

    ReplyDelete
  40. @tyrips: fenomena ini tdk punya siklus waktu dan ia bisa muncul dimana saja. Si reactivator di atas pernah menyaksikannya di indonesia. Sayang saya nggak punya fotonya.

    ReplyDelete
  41. yg di Harbin City matahari'a gede bgt ya..?!

    ReplyDelete
  42. ommE SunDog khn trjd apabila es hexagonal membentuk posisi horizontal, sedangkan Parhelic Circle jika posisi'a vertikal....
    jd misalkan SunDog terlihat bersamaan dg parhelic circle, apakah es itu ada pada posisi horizontal dan verikal scara bersamaan..???

    ReplyDelete
  43. Jumlah es kristal itu sangat banyak di langit. Ada yg berposisi horizontal dan ada yg vertikal gabungan keduanya membuat fenomena itu tampak bersamaan. Jd yang saya maksud bukan es yg sama yg vertikal sekaligus horizontal (??), melainkan es kristal yg berbeda2.

    ReplyDelete
  44. Dea .
    @kak MyHeart2105 : dea emg punya blog , tp yg diatas itu bukan dea kak . Itu org lain yg kbetulan nma.a sama , hehehe . .
    :)

    ReplyDelete
  45. Myheart2105 berkata...

    @Om Enig n All:

    Oya aq ktemu gmbar skematik ato ilustrasi ttg sundog ato parhelic circle, silakan, smga brmanfaat ^_^ :

    science.nasa.gov/media/medialibrary/2002/10/17/24oct_sunrings_resources/parheliccircle_diagram300_3_127KB1.jpg

    www.atoptics.co.uk/halo/images1/pc22.jpg

    @Dea:
    Owh, bgtu yach,, anytime you wanna share it with us, we will be so happy dear^_^

    ReplyDelete
  46. Dea .
    @myheart : hehehe , dea jarang banget ngeblog ka , jd ga pnah dbuka lg deh , hehehe . .

    ReplyDelete
  47. walah ketinggalan info



    Aprian sevenfoldism

    ReplyDelete
  48. Wondergirls eh salah.... Wonderful!!!! satu lagi bonus atraksi yang diberikan alam...
    kayaknya lebih misterius foto yang di kutub selatan deh, tu bangunan apa ya hehehe

    ReplyDelete
  49. dari Tresna Asti

    huwwaaaaaahh...!!!
    Keren! TOP! Tp sayang lom pernah liat secara langsung..
    ='(
    Hmm, kalo bulan yg dikelilingi lingkaran baru saya pernah liat.. Itu halo juga namany y Kak? Ato parhelic circleny bulan??

    Oy Kak Enigma, kok sekarang jarang nampilin artikel ttg crop circle?? Kangen sama artikel ttg cc.. Soalny dulu, pertama kali ngeh sama cc y dari sini.. Hee
    ^___^

    ReplyDelete
  50. mymunah triasari indriati said...
    minyak oplosan!!!gpp tetep hepi,g hrs pertamax ato jelantah!xixixi
    keren bgt!!!om enigma teope begete
    @dea,ae dea lam knl z..
    @myheart,tante myheart lam knl jg,kmrn q bc yg tntg kraken trus liat komen tante,ternyata tante smart jg..,mymunah kagum nich,xixixi

    ReplyDelete
  51. phenona alam yg luar biasa,,,!!!

    ReplyDelete
  52. mistery itu indah brotha...

    inilah yang kita sebut dengan ke ajaiban alam..

    sungguh besar kuasa-NYA..are u whit me?

    ReplyDelete
  53. aneh pada rebutan pertamax??
    klo mau di pertamina ada tuh!

    ReplyDelete
  54. Dea .
    Halo ka mymunah , lm knal jg :)
    itu nma asli bkan ka ? Yg blakan.a ?

    ReplyDelete
  55. bang enig, gua request dong tentang pembunuh yang bernama " JOHN WAYNE GACY " dong ??

    sang badut pembunuh itu..

    pliessss.....

    ~wahyenx666~

    ReplyDelete
  56. Myhead 5012 said :

    haha...

    pertamax, premium, solar, minyak jelantah, minyak ikan kod, minyak makan, minyak rambut, de el el dah...

    Mymunah : Miras oplosan ada kagak???
    kalo ada saya mau dech 3 botol

    great blog... keep posting brother...

    haha...

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  57. Nakashima:

    @Myheart:
    Sweety, km mau ngapain aja sy tetep suka n kagum sm km XD

    @subbuahpakdulUNDIP:
    I'm with u sir! hahaha...

    @Myhead:
    Minyak urut msh ada tuh. Ada yg mau? wkwkwkwk XD

    ReplyDelete
  58. semuanya cek blog misteri gua yah..

    www.leftthinkers.blogspot.com

    ReplyDelete
  59. Nakashima:

    @Myheart:
    Sweety, km mau ngapain aja sy tetep suka n kagum sm km XD

    @subbuahpakdulUNDIP:
    I'm with u sir! hahaha...

    @Myhead:
    Minyak urut msh ada tuh. Ada yg mau? wkwkwkwk XD

    ReplyDelete
  60. mantap..gan posting'nya
    sya udah ngikutin blog neh dari 3bln yg lalu...
    jadi pnya niat bkin blog...jga deh...

    kalo ada waktu sempetin,liat blog sya gan...
    poeplesays.blogspot.com

    ReplyDelete
  61. bung enigma posting siip bgt...!

    bwat aku kagum linkaran sempurna d atas laut mati..
    tuhan memang maha segalanya kebesaranya membuat kita terkagum-kagum :O ...

    ReplyDelete
  62. Megalodon berkata ;

    @Nakashima : Salah tuh! Coba liat baik2,, yg bner urutan jumlah komentarnya: 191 - 182 - 183

    ReplyDelete
  63. Nakashima:

    @Megalodon:

    Bener, skrg emg udh segitu.
    Cb perhatikan lg yg sy tulis:

    ''Sampai saat sy menulis komentar ini, cb perhatikan jmlh komentar di postingan Kraken, Kasus mutilasi ternak, Mermaid-Merman, jmlhnya berturut2: 181, 182, 183 ! ''

    Yg sy maksud dgn ''Sampai saat sy menulis komentar ini..''
    Adalah jam segini:
    July 1, 2010 7:40 AM

    ReplyDelete
  64. North Dakota, 18 Februari 2009 <--- beautiful... amazing... wonderful... pretty... dsb, dll, dst... >.<v

    ReplyDelete
  65. its totally AMAZING

    ReplyDelete
  66. penjelasan yg sangat bagus,
    kata2nya bagus,
    enak ngebacanya n mudah di mengerti.
    ini yg bkin qt tiep saat ngupdate cek blog ne p udh da tlsn bru p g bt di bc, skalian nambah pengetahuan.
    good job bang enigma! ^_^

    ReplyDelete
  67. Waww..
    Hehe..
    Eh tadi aku ngirim E-mail Ke bang Enigma..
    Ada yang Mau Aku Tanya, hehe

    ReplyDelete
  68. bang, john wayne gacy dong ??

    ReplyDelete
  69. Mas Enigma, Bahas tentang Helikopter Hitam donk mas. Thanks
    -Faboulus-

    ReplyDelete
  70. bang, coba buka link ini deh. http://www.youtube.com/watch?v=GLaWeKbPO-A&feature=player_embedded

    ReplyDelete
  71. beberapa hari yang lalu saya sempat bermimpi mengenai fenomena tersebut...astagfirullah ternyata benar2 ada toh n terjadi secara nyata...

    ReplyDelete
  72. Halo Bang Enigma....sekadar info saja, sampai dengan saat ini, kristal es itu memang selalu hexagonal Bang, di uraian Abang Enigma tadi kok seperti ada kesan tidak melulu hexagonal.

    ReplyDelete
  73. @budi: es kristal tidak selalu hexagonal. Ada yg dendritic dan ada jg yg diamond dust.

    ReplyDelete
  74. ha..ha..PERTAmir (pertamax terakhir)....boss Katanya di Nunukan di temukan Tokek seberat 64 Kg...dan terjual hampir 100 m..benar ngak ya?...
    andika P.

    ReplyDelete
  75. pak mohon di cek penampakan UFO di jembatan Suramadu...thx

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4505534

    ReplyDelete
  76. Myeyes0125..

    Mantaaab.. Nice..

    *biasa komen pake anonymous. Skr pake nick ini aja, biar bs smart spt myheart2105.

    @salam kenal semuaaa... Ijin gabung jd enigma's families

    ReplyDelete
  77. mgkn kl mncul di indonesia...psti diartikan macem2 ato dhubung2in sm hal2 klenik....pertanda inilah itulah dll....he he

    bro en...es kan kl kena panas psti cair..jd air deh...trus menguap....masak iya sih partikel es di atmosfer (partikel pasti kuecil ya) bs tahan thd panas mtahari....banyak lg....seberapa besar sih ukuran partikel es tsb?

    Crop circlenya blm ada yg baru ya?.....kangen nih...

    ReplyDelete
  78. Subhanallah, Maha Suci Tuhan yang membuat orkestra alam ini begitu indah

    ReplyDelete
  79. Salam..

    Baru pertamax koment dsini, abis malu sama Komentator2 yg sering bahas secara spesifik.. Sedangkan sejauh ini blm ada yg bisa saya komentari kyk gitu.

    Dari Investigasi2 yg dilakukan Mr.E, Saya merasa dejavu melihat blog ini.. Fox Mulder & Scully beraksi lagi di Indo ?? :p
    Investigasi nya bener2 bikin saya betah update artikel disini..
    Ijin Copy ke HDD yah om, buat referensi.

    Satu yg kurang, knapa misteri yg disekitar Indonesia jarang diungkap ? kurang datanya ya om?
    Sayangnya rata2 Indonesia kurang suka mengarsip yah. Pdhl siapa tau di Indonesia jg pernah muncul Crop Circle or penampakan UFO, etc.

    Keep Post ya om..

    ReplyDelete
  80. di artikel lain kayaknya disebut sebagai Halo kalo nggak salah.atau fenomena yg berbeda

    ReplyDelete
  81. nice nature phenomenon...sptnya chris betul2 menghilang dari blog ini, dwiero

    ReplyDelete
  82. @ask google: Fenomena Halo itu lingkarannya mengelilingi matahari tanpa ada matahari tambahan. sedangkan Parhelic circle TIDAK mengelilingi matahari.

    ReplyDelete
  83. Myhead 5012 said :

    haha...

    @Myeyes0125 : selamat datang saudara...

    @Dwiero : haha... sebenarnya Chris itu tidak pernah pergi kok

    haha...

    ReplyDelete
  84. Nakashima:

    @Myhead:
    Sepertinya Enigma jg blg hal yg sama, bhkan dgn kata2 yg sama...

    ''enigma said...
    @myhead5012: haha. Sebenarnya chris itu tdk pernah pergi kok.
    June 25, 2010 7:35 PM ''

    Sangat mirip dgn apa yg kamu katakan di atas:

    ''@Dwiero : haha... sebenarnya
    Chris itu tidak pernah pergi
    kok''

    Howcome??
    Apakah km Enigma itu sendiri??
    Chris msh di sini??
    Knapa dia tdk pernah muncul??

    @Chris: if you here, PLEASE REVEAL YOURSELF!!
    C'mon boy!

    ReplyDelete
  85. Blogna keren. . .baru tau ada yg kek gini. . artikelna asik'' hee. . . n_n
    Ka enig aq pake operamini tp knapa srg gagal komen yah?. . .mo nanya nih, chris itu siapa? Aq dah bc postingn dari mermaid sampe yg ini kok pd ngomongin chris?. . tp aq ndak liat ada komen dia. . .maaf yah kakak, chris itu nama aslina ka enigma yah? maaf klo salah. . .

    ReplyDelete
  86. Ya pokoknya intinya adalah pantulan sinar yang menyebabkan matahari terlihat banyak, betul ga?

    ReplyDelete
  87. Myhead 5012 said :

    haha...

    @Master : sangat mirip dengan yang saya katakan???
    saya memang mengutip apa yang dikatakan brother enigma...

    itu lah yang dikatakan oleh brother E... kemungkinan dy tahu identitas Chris

    dan kalo yang dikatakan brother Enigma itu benar... mungkin seseorang yang membaca comment2 saya bakal senyum2 sendiri...

    "Chris msh di sini??
    Knapa dia tdk pernah muncul??"

    mungkin dy akan muncul kalo ada postingan tentang CC...

    haha...

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  88. Nakashima:

    @Myhead:
    arrghh... skrg giliran kepala yg senut2..haha XD
    Blog ini sngguh luar biasa. Smakin menarik sj.
    Jd apa pendapatmu ttg komen the wathcer yg stlh dia komen, bro E menutup kotak komentar, yg ini:

    ''Numpang pendapat nih.
    Chris ya Chris, Myheart ya
    Myheart, Nakashima ya Nakashima, Mbah ware ya
    Mbah ware, n of course lah
    Enigma ya Enigma.
    Ini smua gara2 anda2 smua
    salah tafsir atas ucapan Enigma:
    ''Sebenarnya chris itu tdk
    pernah pergi kok.''
    Chris emang gak pernah pergi!
    Dia ADA DALAM HATI n PIKIRAN anda masing2.
    Buktinya?
    Walaupun dia gak pernah
    komen/muncul lg, toh namanya selalu disebut2, n selalu diperbincangkan!
    Gara2 salah tafsir itu, udah
    bikin saling curiga antar
    sesama Enigma Lovers! Jd
    sebeell gw!!!
    Lagian, Enigma jg bilang dia
    gak pernah bilang Nakashima=Chris
    Ttg kata SISI LAIN, gw setuju
    kalo setiap org punya sisi lain.
    N gw jg stuju dgn yg dblg
    nakashima, kalo nakashima
    adlh sisi lainnya yg di dunia
    nyata.
    Sudah2! Back to topic!
    Salam dr gw,
    -The Watcher-
    June 26, 2010 8:55 PM ''

    Haha..sy jd GR jg bacanya...XD
    Menurut km gimana?

    ReplyDelete
  89. Myhead 5012 said :

    haha...

    @Master : bagaimana menurut saya???

    yaa... saya setuju aja dengan pendapatnya... setiap orang kan bebas memberikan pendapat... apa yang harus dipikirkan???


    Oya brother Enigma juga bilang :
    "Memang, bukan cuma Chris, Tapi, Nakashima juga adalah SISI LAIN. Bukankah begitu Nakashima?"

    kalo seperti yang Master bilang... berarti semua orang yang Comment di blog tercinta ini adalah sisi lain...


    Oya menurut saya nih :

    Nakashima = Chris

    .............
    .............
    .............
    .............

    eeehh... yang sama adalah "kehebatannya" kalo orangnya sih belum tentu...(wkwkwkwk haha)

    haha...

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  90. Nakashima:

    @Myhead:

    ''kalo seperti yang Master
    bilang... berarti semua orang
    yang Comment di blog tercinta ini adalah sisi lain...''

    menurut sy sih gitu, soalnya yg komen disini kan pake nick semua, eh maksudnya hampir semua...
    Jd apa yg dibilang bro E sbnernya jg bener.haha..pusing sendiri :p

    Masa sy dbilang mbah ware gara2 sy suka ngopi+ngesusu wakakakakaka...XD

    ''Oya menurut saya nih :
    Nakashima = Chris ''

    Whattt??! ><' #@&%¿!

    ''.............
    eeehh... yang sama adalah
    "kehebatannya" kalo orangnya sih belum tentu...
    (wkwkwkwk haha)''

    ya sudah, sy gk jd marah wakakakaka...XD XD

    ReplyDelete
  91. Myhead 5012 said :

    haha...

    @Master :

    "menurut sy sih gitu, soalnya yg komen disini kan pake nick semua, eh maksudnya hampir semua...
    Jd apa yg dibilang bro E sbnernya jg bener.haha..pusing sendiri :p"

    betul master, lihat aja apa kata brother Enigma pada banner d atas "selalu ada sisi yang lain"

    "Masa sy dbilang mbah ware gara2 sy suka ngopi+ngesusu wakakakakaka...XD"

    kalo menurut saya itu sih sah - sah saja... itu kan pendapat mereka...

    haha...

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  92. hmm i dont really give a darn of your identities, guys
    neither the owner and the reader would has the other side
    and i bet you guys know each other
    haha

    in this fake cyber world, joker is always right
    "why so serious?"

    -dark is not to be feared, it is to be loved-
    vampprincess

    ReplyDelete
  93. Myhead 5012 said :

    haha

    @vampprincess : haha... saya suka dengan kesimpulan kamu

    haha

    Myhead 5012

    ReplyDelete
  94. Dilangit Pulau Belitung saya pernah melihat phenomena ini bro Enigma, bahkan saya sempat mengabadikannya dengan kamera hape saya, namun sayangnya telah saya hapus... tk disangka penjelasannya ada pada blog bro Enigma.... awalnya seh mau cari2 sendiri gt di Google.... photo yg di North Dakota, 18 Februari 2009, matahari bahkan terlihat menjadi 3, yag saya liat tempo hari mataharinya menjadi "dua".

    ReplyDelete
  95. Gan, tolong dong artikel illuminati di sepakbola dunia....

    ReplyDelete
  96. Itu video bener apa engx si.,.,.
    mudah2an aja beneran . . .

    ReplyDelete
  97. itu bnran jenas..

    ReplyDelete
  98. Video teh araraneh...GARARAUL...

    ReplyDelete
  99. sebenernya dilihat dari videonya pun sudah ketahuan kalo cuma 1 matahri yg muncul di video itu...yaitu yg paling bersinar di langit.

    ReplyDelete
  100. ijin copas ya brother... matur tengkyu

    ReplyDelete
  101. walau ga ngerti ilmunya tapi saya suka lihat fenomena alam ini. ijin copas ya. thanks.

    ReplyDelete
  102. ini kan sun dog. nah kalo baby sun yg katanya taun-taun yg akan datang bakal kejadian gimana itu kak?

    ReplyDelete
  103. wah... thanks penjelasannya. Ada hoax di bbm katanya mau kiamat :)

    ReplyDelete
  104. penjelasan yang bagus, mudah-mudahan tidak terjerumus pada hal-hal yang berbau mistis karena ini peristiwa ilmiah. mantab.

    ReplyDelete
  105. oke menurut kalian para saintis semua itu di sebabkan oleh kristal es hexagonal,...maka yang menjadi pertanyaan terbesar sekarang adalah...."bagaimana proses terbentuknya kristal es tersebut di udara ato pada atmosfer yang sangat cerah tanpa sedikitpun adanya awan yang menjadi sumber dari unsur air yang memungkinkan terjadinya kristal es tersebut.....?"coba perhatikan videonya dengan seksama

    ReplyDelete
  106. wow, bagus bgt thu fenomenanya..btw, thu gk boleh dilihat mata scr lngsung ya??

    ReplyDelete
  107. gela mister
    nih info bagus banget
    pasti dapet nilai a melulu ya di universitas hahhahahahahah
    bercanda jgn marah

    ReplyDelete
  108. artinya matahari terbit ketimur tenggelam 40 derjat ketimur...
    cool

    ReplyDelete
  109. hahahaha yang buAT matahari nya adalah pedang matahari satria baja hitam

    ReplyDelete
  110. Linus ijin link posting sun dog ini di wiki ya, Prof?
    boleh?
    Prof.Enigma lagi Natalan ya... :)

    ReplyDelete
  111. keren euy, mataharinya ada banyak. mulai sekarang kalo gambar pemandandangan mataharinya dikasih 7 aja hahahaha....
    salam kenal gan :)

    ReplyDelete
  112. nah.kaya gini nih maunya klo andaikan legenda nyi roro kdl dibahas Uncle E.. haha, maksa ya!!?

    ReplyDelete