Monday, September 27, 2010

Badai matahari 2012 - Perlukah kita kuatir?

Ketika solar minimum terjadi, bintik matahari menghilang dan lidah-lidah api matahari lenyap. Matahari tiba-tiba menjadi sangat tenang, sama seperti suasana tenang yang biasa muncul sebelum badai besar melanda.


Tahun lalu, isu kiamat 2012 yang dikaitkan dengan kalender Maya dan badai matahari menjadi salah satu topik terhangat yang dibicarakan oleh banyak orang. Isu itu mulai mereda ketika banyak ilmuwan, termasuk dari NASA sendiri, mengeluarkan pernyataan yang menolak spekulasi kiamat akibat badai matahari di tahun 2012. Namun, pada bulan Agustus 2010 ini, sebuah jurnal penelitian dari seorang astronom Australia bernama David Reneke kembali mengangkat isu ini. Tiba-tiba, isu badai matahari dan 2012 kembali menjadi isu panas di bulan ini. Haruskah kita kuatir?

Beberapa marketer hari kiamat percaya kalau tahun 2012, badai matahari super akan memanggang bumi dan seisinya. Ini berarti kiamat total bagi bumi seperti yang digambarkan dalam film Knowing. Walaupun prediksi ini dibantah oleh para ilmuwan, termasuk NASA sendiri, namun paling tidak semua sepakat kalau badai matahari yang akan datang kemungkinan bisa membawa kerusakan atas jaringan komunikasi di seluruh dunia.

Kerusakan masif atas sistem telekomunikasi seperti itu sudah pernah terjadi pada tahun 1859 saat terjadinya peristiwa yang dikenal dengan sebutan Carrington event.

Carrington Event
Pada tanggal 1 September 1859, Richard Carrington, astronom matahari kenamaan Inggris yang saat itu baru berusia 33 tahun, sedang berada di observatoriumnya sambil melakukan pengamatan.

Seperti biasanya, Carrington mengamati matahari lewat citra proyeksi pada sebuah layar yang dihasilkan oleh teleskopnya. Dengan teliti ia menggambar bintik matahari yang terlihat.

Tiba-tiba, di hadapan matanya, ia melihat dua titik cahaya putih menyilaukan yang yang muncul di atas bintik hitam matahari. Titik cahaya itu terlihat semakin intens dan segera berubah bentuk menjadi seperti bentuk ginjal.
"Dengan segera saya berlari untuk memanggil orang lain agar turut menyaksikannya. Ketika saya kembali 60 detik kemudian, saya terkejut karena titik itu telah berubah bentuk."
Pemandangan itu hanya berlangsung selama 5 menit. Namun apa yang diakibatkannya terhadap planet bumi akan selalu dikenang sebagai salah satu peristiwa astronomi paling menakjubkan (atau menakutkan) yang pernah terjadi.

Apa yang dilihat Carrington adalah lidah api putih matahari (White solar flare) yang muncul akibat ledakan magnetik matahari. Ledakan ini tidak hanya menghasilkan cahaya yang terlihat oleh mata, namun juga menghasilkan awan partikel super raksasa yang mengeluarkan pusaran magnetik yang dikenal dengan sebutan Coronal Mass Ejection (CME).

CME yang tercipta itu bergerak langsung menuju bumi dan tiba hanya dalam tempo 18 jam. Ini cukup luar biasa, mengingat pada umumnya perjalanan itu akan ditempuh dalam waktu 3 atau 4 hari. Ketika CME itu menghantam bumi, medan magnet yang menyelubungi bumi menjadi terganggu sehingga menciptakan Badai Geomagnetik terbesar yang pernah tercatat di dalam sejarah.

Langit di atas bumi segera dipenuhi dengan Aurora berwarna merah, hijau dan ungu. Cahaya-cahaya itu begitu luar biasa sehingga malam yang gelap terlihat terang benderang seperti siang hari. Luar biasanya, aurora itu bahkan bisa terlihat di wilayah-wilayah tropis seperti Kuba, Bahama, Jamaika dan Hawaii.

Namun, efeknya tidak hanya sampai disitu. Pertunjukan aurora yang indah itu ternyata disertai oleh kerusakan besar pada sistem komunikasi di Eropa dan Amerika.

Tiba-tiba, seluruh sistem telegraf mengalami kekacauan. Percikan api terlihat di mesin-mesin telegraf sehingga mengejutkan operator yang sedang bertugas. Bahkan ketika batere telegraf diputus, arus listrik yang dipicu oleh aurora membuat mesin-mesin tersebut masih bisa mengirimkan pesan.

Peristiwa ini memberikan pengertian baru kepada para astronom mengenai aktifitas matahari dan dampaknya atas kehidupan manusia.

Dalam tempo 2 atau 3 tahun lagi, ada kemungkinan kalau kita bisa menghadapi masalah serupa. Peringatan inilah yang baru-baru ini diberikan oleh David Reneke yang menerbitkan prediksinya dalam Jurnal Australasian Science.

Sekilas mengenai Badai Matahari
Ada banyak kesalahpahaman mengenai fenomena badai matahari ini. Bagi yang tidak mengerti, badai matahari sering dianggap sebagai peristiwa luar biasa yang sangat langka. Padahal tidak demikian adanya.

Matahari mengalami siklus rata-rata 11 tahunan (antara 9-14 tahun) yang bermula dari periode aktifitas rendah, yang disebut Solar Minimum, hingga periode dimana aktifitasnya meningkat, yang disebut Solar Maksimum. Solar maksimum terakhir terjadi pada tahun 2000.

Dengan demikian, badai matahari sesungguhnya bukan peristiwa aneh yang langka. Fenemena ini adalah bagian yang normal dari siklus kehidupan matahari.


Selama periode solar maksimum, muncul Bintik Matahari (sunspot), yaitu titik gelap di permukaan matahari yang disebabkan oleh garis medan magnet yang menerobos permukaan matahari.

Karena matahari bukan objek padat seperti bumi, bagian-bagian yang berbeda dari matahari berotasi dengan kecepatan yang berbeda juga. Ini akan menyebabkan garis medan magnetiknya menjadi kacau balau hingga menyebabkan terbentuknya Solar Flare (Lidah api matahari) yang kadang disertai dengan Coronal Mass Ejection (CME).

Peristiwa inilah yang sering disebut dengan istilah Solar Storm atau Badai Matahari.

Jika CME tersebut bergerak menuju bumi, partikel yang dibawanya akan menghantam magnetosphere bumi yang kemudian akan menciptakan aurora.


Prediksi David Reneke
Kembali kepada prediksi Reneke, menurutnya, badai matahari yang akan terjadi pada tahun 2012 memiliki potensi untuk menghantam bumi dengan kekuatan setara 100 juta bom atom hidrogen. Kekuatan ini dipastikan akan menghancurkan seluruh sistem satelit di seluruh dunia yang dikuatirkan akan membawa bumi kembali ke zaman batu.

Tentu saja prediksi ini bukan sesuatu yang baru karena peristiwa serupa pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, yang dikuatirkan oleh Reneke adalah potensi kekuatannya.

"Umumnya, para astronom sepakat kalau solar maksimum yang akan datang akan menjadi yang paling kuat dalam 100 tahun terakhir." Kata Reneke.

"Sebagian percaya kalau peristiwa ini akan mempengaruhi perusahaan penerbangan, perusahaan telekomunikasi dan siapapun yang bekerja dengan sistem GPS modern. Badai ini mampu mematikan satelit yang sedang mengorbit."
Tambahnya.

Lalu bagaimana tanggapan astronom lainnya?

NASA sendiri tidak terlalu mengkuatirkan peristiwa ini, namun mereka memang telah mengantisipasi badai ini sejak tahun 2006. Mereka juga memperkirakan kalau badai ini mampu mempengaruhi pembangkit listrik di berbagai tempat sehingga bukan hanya industri telekomunikasi atau penerbangan yang terganggu, melainkan juga industri lainnya seperti perbankan dan yang berkaitan dengannya.

Badai itu diperkirakan akan terjadi pada tahun 2012 akhir. Namun mereka pun mengakui kalau tidak akan ada yang pernah bisa tahu pasti berapa besar efek kerusakan yang bisa ditimbulkannya.

National Academy of Sciences Amerika pernah memperkirakan kalau kerusakan yang mungkin terjadi bisa membawa kerugian sekitar 1 hingga 2 triliun dolar Amerika dan membutuhkan waktu hingga 10 tahun untuk pulih sepenuhnya.

Badai matahari dalam skala yang cukup besar pernah terjadi juga pada tahun 1989 dan menyebabkan blackout di seluruh Quebec, Kanada. Pada badai matahari tahun 2003, Swedia dan Afrika Selatan juga mengalami nasib serupa.

Lalu, sebuah pertanyaan sederhana yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Jika benar badai matahari super terjadi pada tahun 2012, apakah badai itu akan menghasilkan lidah api yang bisa menghanguskan seluruh bumi dan seisinya seperti di film Knowing?

Jawabannya adalah: Tidak!

Apa yang akan terjadi?
Walaupun terdengar begitu chaos, sesungguhnya manusia dan makhluk hidup lainnya terlindung dengan aman di bumi. Pada saat terjadinya badai-badai matahari sebelumnya, makhluk hidup di bumi sama sekali tidak terpengaruh. Namun, teknologi yang kita miliki memang rentan terhadap fenomena ini.

Sama seperti yang terjadi pada tahun 1859, atau tahun ketika Quebec, Swedia dan Afrika Selatan dibuat blackout, badai matahari yang akan datang bisa merontokkan sistem komunikasi kita.

Mengingat sangat tergantungnya infrastruktur kita terhadap jaringan telekomunikasi, maka peristiwa lumpuhnya telekomunikasi mungkin akan membawa kelumpuhan pada sistem lainnya, seperti keuangan dan transportasi.

Sebuah semburan badai matahari yang kuat bisa membawa kerusakan dengan mengintervensi sumber listrik dan jalur komunikasi kita. Ini akan menyebabkan sistem menjadi overload dan akhirnya mengalami kerusakan.

Menurut salah satu laporan yang dikeluarkan oleh National Academy of Science Amerika Serikat, apabila badai itu terjadi, sekitar 300 pembangkit listrik di Amerika bisa lumpuh hanya dalam tempo 90 detik. Ini akan memutuskan persediaan listrik untuk 130 juta penduduk.

Setelah jaringan listrik terputus, persediaan air pun akan ikut terputus. Tanpa adanya listrik dan persediaan air, maka perekonomian akan menjadi lumpuh. Tidak ada aktifitas perkantoran dan transportasi seperti pesawat terbang atau kereta api. Bahkan fasilitas vital seperti markas militer atau rumah sakit juga akan ikut lumpuh. Dengan kata lain Chaos!

Tetapi, itu adalah skenario terburuknya.

Kabar baiknya adalah, manusia telah belajar dari masa lalu.

NASA dan badan antariksa negara-negara lain di dunia telah mengetahui dengan jelas kalau solar flare bisa melumpuhkan sistem satelit. Karena itu sejak lama, NASA telah mengirim beberapa wahana untuk mengawasi aktifitas matahari. Saat ini, wahana-wahana tersebut, seperti ACE atau SOHO, masih rajin mengawasi perubahan-perubahan aktifitas yang terjadi pada matahari.


Jika wahana itu mendeteksi adanya CME, maka sensornya akan segera menghasilkan peringatan yang memberikan cukup waktu bagi manusia bumi (kita) untuk mengambil langkah antisipasi, seperti mengubah sistem satelit kita menjadi "safe mode". Dengan demikian, kerusakan yang ditimbulkannya akan menjadi sangat minimal. Antisipasi yang sama juga telah dilakukan terhadap infrastruktur dan sumber pembangkit listrik lainnya.

Yup, kita memang telah belajar. Sama seperti kita telah belajar mengantisipasi Millenium Bug Y2K 10 tahun yang lalu.

Karena itu pendapat David Reneke juga mendapat cukup banyak kritikan. Misalnya, dari rekannya sesama astronom Australia bernama Dr. Phil Wilkinson dari Bureu of Meteorology Ionospheric Prediction Service.

Menurutnya, kerusakan pada satelit akan sangat minimal. Bahkan ia menolak anggapan kalau badai matahari yang akan terjadi merupakan yang terkuat dalam 100 tahun terakhir.

"Semua pernyataan-pernyataan ini memang menjual, namun saya yakin semuanya terlalu berlebihan." Katanya. "Pesan yang benar adalah, badai matahari yang akan datang sama saja bahayanya dengan badai-badai matahari sebelumnya."

Dr. Wilkinson juga mengatakan kalaupun sistem komunikasi terganggu, maka sifatnya hanya akan sementara dan lokal. Selain itu, ia punya alasan lain. Menurut pemantauan para astronom, aktifitas matahari dalam siklus kali ini ternyata tidak sekuat seperti yang diperkirakan sebelumnya. Ini membuat para astronom matahari percaya kalau matahari mungkin bisa memasuki masa "little ice age". Pengamatan ini berbanding terbalik dengan prediksi Reneke.

Jadi, tidak perlu kuatir.

Disaster Plan
Baiklah, sekarang, anggaplah kalian masih kuatir dengan badai matahari tahun 2012, kalian mungkin bertanya: "Bagaimana kalau David Reneke yang benar? Lalu apa yang harus saya lakukan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana ini?"

Federal Emergency Management Agency (FEMA), sejenis badan penanggulangan bencana di Amerika, punya jawaban atas pertanyaan ini. Sejak lama mereka juga telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerusakan infrastruktur akibat fenomena ini.

Menurut Craig Fugate, administrator FEMA, paling tidak, efek badai matahari ini mungkin kurang lebih sama dengan efek terjadinya bencana alam seperti topan, banjir atau gempa bumi. Jadi, menurutnya, persiapan standar sudah mencukupi. Seperti menyimpan persediaan air, makanan, peralatan P3K, batere cadangan dan senter serta peralatan memasak.

Dengan kata lain, apa yang perlu kita persiapkan sama saja dengan persiapan menghadapi bencana alam pada umumnya.

Karena itu, tidak perlu kuatir sama sekali. Jika sistem telekomunikasi kita lumpuh, memang kita tidak bisa menggunakan handphone, blackberry atau facebook. Tetapi, saya percaya kita akan tetap bisa bertahan hidup.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

164 comments:

  1. Pertamax...!!
    Solar...!!
    Premium...!!
    Baca dolo ah... ^^

    ReplyDelete
  2. tak perlu khawatir bung. tinggal sedia payung sebelum badai. :D piss...

    ReplyDelete
  3. Iya, yang penting siap. Kalaupun kiamat, juga harus siap. Nice psot bro.

    ReplyDelete
  4. Aneh, masa isunya bisa muncul lagi. Apa kurang kerjaan tuh orang. Sdh dibantah sana sini.

    ReplyDelete
  5. Nah, akhirnya. kayknya sdh lama nggak nulis kategori 2012. sekarang baru lanjutannya. sy tunggu tulisan soal perpindahan kutubnya. Hehe.

    ReplyDelete
  6. Nice post bung enigma,,coba org2 pada rajin baca artikel beginian di internet..pasti pada paham apa yang akan terjadi di tahun 2012.

    ReplyDelete
  7. Bahas juga soal Millenium Bug Y2K donk bro, jadi penasaran setelah anda menyinggungnya tadi, hehe

    ReplyDelete
  8. Dea .
    Halo kakaak ! Yay bisa balik lg k rmh ! :D

    ReplyDelete
  9. @Vahn: masa masih pengen denger soal milenium bug? hehe.

    @Dea: welcome home!

    ReplyDelete
  10. Ironis...
    Teknologi tinggi ciptaan manusia seperti satelit dan sebagainya ternyata malah menjadi yang paling rentan terkena dampak badai matahari...
    Benar-benar indah kekuatan alam...
    Seakan alam selalu menemukan cara untuk menunjukkan bahwa kita manusia sama sekali bukan apa-apa, hanya secuil bagian kecil alam semesta, tidak peduli setinggi apapun teknologi yang telah dicapai manusia...

    *Dark666

    ReplyDelete
  11. Dea .
    Kak , sip bgt posting.nya !
    Oia , ada saran2 gak dr ka enigma bwt ngadepin badai matahari kalo sampe resiko terburuk yg trjdi ? Hehehe

    ReplyDelete
  12. dari Tresna Asti

    Mimih.!
    Ga pernah dpt pertamax saya.!!
    Hahaa
    =,="
    baca dolo...

    ReplyDelete
  13. @Dea: saran saya sama deh dengan FEMA. :)

    ReplyDelete
  14. werlington
    lumayan....
    kecolongan nih...padahal dari tadi sy jalan2 di blog enigma

    ReplyDelete
  15. dari Tresna Asti

    y2k??? Milenium bug y2k? Apa itu Kak?
    ~,~a

    hmm..
    Brarti ada jeda ga bisa akses internet ya Kak selama badai matahari?? Kalo telpun rumah bisa dipake ga kak?

    @dea: hallo..
    ^,^

    ReplyDelete
  16. werlington
    kalo emang benar badai matahari nanti memberikan efek yg besar seperti itu.itu menjadikan pelajaran berharga bagi kita betapa ketergantungannya kita terhadap teknologi elektronik.dan alam mungkin ingin menunjukan bahwa teknologi yang sekarang kita miliki masih primitif dan rentan untuk tetap survive...
    salah satu peneliti ahli dari LAPAN : "badai matahari memang bakal memberikan efek negatif,tapi kita jangan menanggapinya dengan berlebihan"
    thanx bozzz enigma...semoga postingan bozzz bisa meluruskan pemahaman yg salah...

    ReplyDelete
  17. Milenium bug? Wah sudah hampir sepuluh tahun yang lalu saya mendengarnya.. kalau tidak salah, diantara foto empat matahari, yang terakhir itu bukannya foto UFO silinder? Kalau tidak salah saya pernah lihat videonya..persis seperti gambar keempat...

    Tapi mungkin saya keliru..

    Maklum saya ini masih muda tapi suka pikun..hehe..

    Nah, jika pehamanan ini sudah diluruskan, kita tinggal menunggu mereka yang menjadi korban infotaiment dengan berita yang berlebihan membaca berita ini...mungkin saja ada salah satu selebriti kita yang membaca blog ini..

    ReplyDelete
  18. Kiamat 2012 hoax:D
    isu kiamat 2012 hanya mnguntung perusahaan film

    ReplyDelete
  19. Ali aswar felayadi said: kita tidak boleh mendahului tuhan....

    Karena hal kecil ini, kita menjadi berdebat, padahal badai tersebut trjadi karena atas izin tuhan....

    Toh meskipun badai tsb trjadi,tapi tuhan menyelamatkan kita.
    Seyogyanya lah kita sadar bahwasayanya masih ada lingkungan yg harus kita jaga bersama.....

    Kiamat sudah dekat dan tanda kecilx sudah kelihatan......

    ReplyDelete
  20. Dear MR.E,

    Two Thumps up for you. Now i understand, thanks.

    meemee

    ReplyDelete
  21. bang, bahas tentang Millenium Bug Y2K ya...
    jadi penasaran, itu tuh apaan?? :D

    ReplyDelete
  22. kalau benar dampak terburuk yang terjadi saya pulang ke desa aaaahh....
    Air ngambil dari sumur atau sungai, sayuran ambil di kebun, masak pakai kayu bakar, penerangan pake lampu teplok, hehe...

    Kalaupun kiamat, ya sudah.. Berarti sudah waktunya..
    Persiapan batin aja, bekal buat nanti di akhirat..

    ReplyDelete
  23. Waaah.. 2 Tahun lg Internet Bakalan Kacau,
    Tdak bisa Facebook, Tdak bisa Nonton Tv,
    Tdak bisa Nelpon,
    Tdak bisa SMS,
    Dan Paling Menyedihkn Tdak bisa Buka Postingan kak enigma lg...
    Huhuhu

    by.sinz

    ReplyDelete
  24. Coba smua org baca blog ini biar pd pinter, jd ga bs lg dibodoh2in sm berita infotainment yg lebay -_-

    ReplyDelete
  25. dari Tresna Asti

    waaah pengen ngelike komen2 yg ada jadinya nih..
    Hahaha

    ooohh.. Tapi kenapa hal spt itu bs heboh y Kak? (y2k ny)
    =,=
    kykny musti mengubekubek mbah google dulu nii..
    >,<

    ReplyDelete
  26. @phenomena: Setuju banget ! Maunya blog ini di share ke infotainment, jadi masyarakat bisa dapat informasi yang lebih benar ... Gimana bung Enigma, setuju ? Mana tau ada kompensasinya lho brot ... He he he ...

    ReplyDelete
  27. http://www.indralasmana.co.cc/

    Susah Bersaing nih am ni blog
    qeqeq
    salam Kenal Dtunggu Visitnya y...
    Fenomena Dunia

    ReplyDelete
  28. @deelabelle
    setuju sis.. Makanya saya ga doyan sama yang namanya infotaiment.
    Untungnya ada blog ini, jadi info-info saya dapat dari sini dan internet tentunya. Tapi dipilah-pilah juga. Media kan ada yang lebay dalam memberitakan sesuatu..
    Bersyukur saya hidup damai tanpa takut dengan isu-isu yang belum jelas kebenarannya, maklum saya ga punya TV, hehehe..

    @bro enig
    Komen jawaban untuk tresna ati itu bro enig yang menulis? Kok mata saya aneh melihatnya. Seperti bukan bro enig ya?? Ada yang perlu dikoreksi tuh bro hurufnya.

    ReplyDelete
  29. Memang benar apa yang pernah dikatakan orang tua kita dulu ... " Eling lan waspodo " ... kenyataannya yang masih relevan

    ReplyDelete
  30. kalo mo mati ga usah tunggu kiamat kali bos...
    siapin aja buat bekal di akhirat nanti
    so simple !!!

    ReplyDelete
  31. @myeyes0125: betul, setelah saya baca kembali, ternyata memang kacau balau. Jd komennya saya hapus. Plg tidak si tresna sudah ngerti.

    ReplyDelete
  32. Muke_Gile said....

    Saya selalu percaya bhwa dlm setiap aspek kehidupan tak akan pernah lepas dari yg namanya siklus,,jd saya prcaya bhwa Qta tak akan pernah lepas dari ancaman kehancuran,baik skala besar maupun kecil....
    Dan saya pikir adanya ancaman dr luar angkasa yg maha luas ini bukanlah fenomena yg luar biasa,,justru keberadaan bumi yg msh brtahan sampai sejauh inilah yg saya anggap luar biasa,mengingat posisi bumi sbgai planet yg sangat riskan ditengah anomali pergerakan jutaan benda2 langit yg seringkali bergerak acak & menebar ancaman sewaktu2...
    Saya jg mengingatkan bhwa jgn trlalu prcaya dgn release status aman (revisi) yg dikeluarkan oleh badan2 yg kredibel sekalipun,,karena Qta tau bhwa control media seringkali dimanipulasi untuk kepentingan2 tertentu,dgn dalih mencegah histeria massa,minimalisasi chaos,dn beraneka nuansa2 politis lainnya....
    Watch your back and Keep an eye_

    ReplyDelete
  33. " Tetapi, saya percaya kita akan tetap bisa bertahan hidup."

    Like this... Hahahaha :D

    -lanny-

    ReplyDelete
  34. posting posting bro E memang paling seru tapi yg paling mantap adalah ulasannya bro...
    nice post

    ReplyDelete
  35. wah kotak komennya jadi ganteng,,haha..(ketauan lama nggak buka lewat pc)
    kayaknya pernah baca dimana..gitu, tapi awal2nya aja..
    buat persiapan biasakan aja berangkat kantor/kemana-mana pake sepeda..hehe...

    ReplyDelete
  36. @muke_gile

    Anda co apa ce? Gaya penulisan anda mengingatkan saya pada saudari saya, hehe.. Salam kenal ya..

    ReplyDelete
  37. yang haus yang haus yang haus.
    kacangnya kacang kacang duaribu aja, sayang anak sayang anak.

    ReplyDelete
  38. Teman2 pembaca Enigma bener, Infotainment suka berlebihan kalo bahas masalah fenomena, terus yang dikonfirmasi dan dimintai pendapat malah para pemain sinetron yang lebih banyak baca skenario fiksi daripada baca artikel ilmiah. Tambah simpang-siur jadinya. Mestinya yang di-interview kan bung Enigma.
    Sepertinya kita sudah jadi seperti Nobita yang terlalu tegantung sama Doraemon, sebelum ada Doraemon, Nobita juga kan bisa hidup sama seperti yang lain, tapi kalau tiba2 Doraemon pamit mau pergi, kayaknya Nobita bakal nangis guling2 tuh. (waduh ngelantur, nih... sorry)
    Ada untungnya juga saya hidup di pedesaan, mati lampu udah biasa, nonton TV jarang (karena chanelnya juga terbatas), nelpon/sms/internetan ga terlalu sering, nggak kenal pesawat terbang atau kereta listrik, jadi kalau nanti mahluk2 canggih pada lumpuh, nggak terlalu syok.
    Sebenarnya tanpa disodori paradigma2 menyeramkan sedahsyat kiamat pun, saya sering merasa kuatir dalam kehidupan ini, takut sakit, takut kecelakaan, takut mati nggak jelas, takut masuk neraka, hiiiyy.....
    So, daripada dipikirin dalem2, mendingan dilupain, dan jalani hidup apa adanya. Toh yang namanya bencana dan maut, kalo emang sudah bagian kita, mau gimana lagi? .

    ReplyDelete
  39. Muke_Gile said....

    @ My eyes : Eitt,,anda belum beruntung.....
    Saya tau siapa yg km mksud,tp sayangnya saya bukan dy...
    :p
    Anyway salam kenal jg yaaa....
    ^_^

    ReplyDelete
  40. sebelum baca dan berkomentar, saya mau mendukung bang enigma dulu!

    saya mendukung bang enigma yang tidak memposting apapun yang menyangkut religi/agama walau sedikitpun. karena hal itu bisa memicu perpecahan.

    mari bersatu dalam balutan misteri!!!

    ReplyDelete
  41. hehe.. tanya sama para Traveling Time aja Bro E.. mungkin mereka punya cerita2 menarik untuk tahun 2012...

    ReplyDelete
  42. Bagi saya, kiamat, kematian adalah sesuatu yang diinginkan dan tinggal tunggu waktunya saja. Jadi, jika belum ingin mati ya nggak akan mati.

    misal, ada orang kebut2an di jalan, kemudian tabrakan, lalu mati, itu artinya dia menginginkan kematiannya meski secara tidak langsung.

    jadi, bro and sis gak usah kawatir dengan isu kiamat, semua akan terjadi jika sudah diinginkan dan sudah pada waktunya!

    ReplyDelete
  43. hoooooooo..............ternyata begitu ya....

    everything will be ok!

    -effi-

    ReplyDelete
  44. Bung, jika fenomena badai matahari ini terjadi nanti, kejadiannya akan terjadi berapa lama ? Apa seperti gempa bumi, yg hanya terjadi dlm htungan menit ?

    ReplyDelete
  45. nice post Mr. E
    I like it

    aku sering baca2 postingian di sini, ilmiah dan gak mengada2, apa adanya.

    sedikit curhat nih :)

    kemaren2 waktu heboh hujan darah, dan dilihat matahari ada 4, bbrap teman, rada parno, mengangap terjadi hal mistis, kiamat dan de el el..

    aku suruh baca artikel tersebut dimari, biar melek informasi dan ilmu pengetahuan.
    gak tau dah tuh orang udah ngerti apa blm :)
    he he he he e....

    thanks

    ReplyDelete
  46. -indra nur revolusi- Nggak perlu takut. Ahahahaha, comment pertama lewat hp.

    ReplyDelete
  47. @muke_gile

    Naaahh.. Ketauan.. Anda pasti orang lama dengan nick baru. Kenapa? Karena kemunculan anda saat orang-orang lama hilang dan anda bisa menebak siapa saudari yang saya maksud. It's ok, selama anda nyaman. Walaupun sebenarnya saya punya 'tersangka' lain tentang anda, hehe...

    Senang berkenalan kembali dengan anda..

    ReplyDelete
  48. Muke_Gile said....

    @ My eyes : uwaaaaaa...ketauaaan...
    Ah yg beneeeerrr,
    ini nick saya yg ketiga lho,msh yakin bisa nebak siapa saya ?? :)
    nah lo,bingung kan kamu..

    ReplyDelete
  49. Sekarang sudah hampir dipenghujung September. Ah, hampir saja..
    Salam buat semua keluarga Enigma tersayang :)

    Tulisan ini hendaknya menjadi rujukan bagi mereka yang dilanda anxietas terhadap fenomena 2012. Saya yakin blog ini sangat positif sebagai media klarifikasi pemberitaan media yang berlebihan dan tidak berimbang.

    Saya tertarik membaca komentar saudara Muke_Gile #36.
    ''Dan saya pikir adanya
    ancaman dr luar angkasa yg maha luas ini bukanlah fenomena yg luar biasa,,justru keberadaan bumi yg msh brtahan sampai sejauh inilah.''

    Dan tulisan artikel Bang Enigma:
    ''Walaupun terdengar begitu chaos, manusia sesungguhnya terlindung dengan aman di bumi.''

    Kata-kata kalian, mengingatkan saya untuk selalu bersyukur kepada-Nya...
    Dia menyayangi hamba-Nya :)

    Ah, Sabuk Van Allen ciptaan-Nya sungguh luar biasa...

    ReplyDelete
  50. terima kasih udah posting ini bung.
    tp ada bbrp hal yg masih aku khawatirkeun.

    "safe mode" macam apa yg disiapkan mereka itu ya? hmmm... semoga metode itu bs berhasil deh. *daripada pesimis

    trus data digital yg kita simpan di berbagai media penyimpanan, kira2 gmn nasibnya yaaa? hmmm...

    karena Disaster Plan nya FEMA memang lebih ke arah survival kit sih ya.

    ReplyDelete
  51. apa efek badai matahari itu bisa membuat suhu bumi jadi kayak kompor om?

    ReplyDelete
  52. anaktataumalu:
    lumayan bikin ketir2...^_^

    ReplyDelete
  53. Bro E, mo tanya...

    ini selain sarana untuk komentar, jd sarana untuk nostalgia kawan2 ya bro E... hehehe.. page silaturahim gitu ya Bro..

    ReplyDelete
  54. sekedar menyapa ya bro enig

    @chris
    Welcome home bro, bagaimana dinasnya? Lancar dan terkendalikan?

    @muke_gile
    Emmm.. Kasih tau tidak ya.. Hehe..
    bro chris sudah datang lagi tuh, akankah anda kembali ke nick anda yang dulu?

    ReplyDelete
  55. Zigma'E 10
    Berarti mati listrik selama beberapa hari/tahun ? semoga tdk terjadi.

    ReplyDelete
  56. @thementalrealm: carrington event berlangsung selama 2 hr. Jd badai matahari 2012 pun kemungkinan hanya 1 atau 2 hr. Soal berapa lama terjadi gangguan elektronik, itu tergantung kesiapan infrastruktur kt pd thn itu.

    ReplyDelete
  57. @Myeyes
    Aku tau.. Aku tau.. Si muke_gile bukannya si nakashima? Nakashima itu kan nick ke 2

    @Muke_gile
    Sorry bruurr... ^_^v

    ReplyDelete
  58. dz_ka said:

    salam hangat semuanya^^

    bg enigma , kalau terjadi hal di atas apa tanaman dan hewan dapat bertahan hidup?
    percuma donk kalu pun kita mempersiapkan smua kalau bahan makanannya g ada??
    kalaupun ada makanan instan ,apa pabrik nya masih jalan??

    terimakasih atas jawaban bg enigma ...
    saya sudah banyak merepotkan v(^_^)v


    wah kak cris kembali^^ salam kenal kak^^
    penghuni baru ni^^

    tapi kak my heart2105 dimana ya??

    salam
    dz_ka^^

    ReplyDelete
  59. kenapa banyak bencana yg diprediksi bwat 2012 ya? tapi kalo dimasa sekarang kgk bisa pake teknologi kita beneran balik ke jaman batu lagi, ayo latian kirim surat pake merpati wkwkwk

    ReplyDelete
  60. keren om...

    jd pengen bikin blog jg! cm ga bisa buat menganalisa nya...

    ReplyDelete
  61. Anoymous no.57: tentu saja solar storm tidak akan menyebabkan suhu bumi naik menjadi sama seperti kompor panas.

    @Zigma'E 10: semuanya tergantung kesiapan infrastruktur kita pada tahun itu.

    @dz_ka: solar storm tidak berpengaruh terhadap makhluk hidup, termasuk tanaman. Apakah pabrik bisa berjalan? tergantung kesiapan pabrik tersebut.

    ReplyDelete
  62. dz_ka said

    oow..gitu ya bg...thx bgt jawabannya^^

    sekarang saya bisa tenang^^

    kak myheart2105...dimanakah dirimu??

    udah di ubekubek blum mbah google nya kak tresna asti??..hehe salam kenal^^

    dz_ka

    ReplyDelete
  63. TELAT!!!! saya telat berkunjung...

    tapi ko akhir - akhir ini enigma sepi ya? mana kaka senior - seniorku??? apa lagi UTS...???

    het, belom baca juga... baca dulu ah...

    ReplyDelete
  64. dz_ka said

    halow kak dewi shinta...salam kenal...^^

    dz_ka

    ReplyDelete
  65. ckckckck.... haduuh haduuuuh... pada ga tau Y2K??? heran... jgn2 cuma aku aja yang tua disini... (jaman smu an tuh...kekekeke), gosipnya gede bgt jaman itu..hehehehe

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  66. justru yg buat prihatin adalah cueknya pemerintah kita atas kemungkinan2 musibah global seperti ini. sy tidak tau pasti, apakah memang pemerintah kita terlalu gaptek, atau memang masih terlalu sibuk bermain politik dan makan uang rakyat.

    ReplyDelete
  67. dari Tresna Asti

    @kak Enigma + myeyes: waaah! Kok saya kurang ngeh y dg komen itu? Anehnya dimana? Hmm.. Tapi emang siy saya agak bingung bacanya...
    =,="

    @muke_gile: hayoo ngaku sapa kamu..
    >,<

    @dz_ka: hallo.. ^,^
    uda tak ubekubek.. Tapi tetep j ga ngarti.. Sy memang agak lemot kali ya kalo masalah perkomputeran.. Masih ga ngerti, knp penanggalan bs bikin masalah.. Ehehe
    ^^

    @ms. Terry: maklum mbak, jaman itu sy msh sd.. Ingusan, masih demen maen petak umpet..(hihihi, ga nyambung niy)
    Jadi ga tau apa itu hape, komputer, apalagi internet.. Jadi sama sekali ga tau krn blm brsentuhan sama yg begituan.. Hahaha
    ^,^b

    ReplyDelete
  68. Kabar baiknya adalah, manusia telah belajar dari masa lalu. <== unyil like this!!

    gw percaya kok, orang2 NASA sono uda punya cara untuk mengantisipasi hal ini, jadi tenang aja...
    kalaupun bener kiamat, bagus juga.. mengajarkan manusia menjadi semakin taqwa kepadaNya. :p

    ReplyDelete
  69. haha... Manusia tu dari zaman duulu ampe sekarang berprasangka buruk ama Tuhan , padahal kalo Tuhan mau ngancurin bumi tentu ga ada mahluk yg bisa mencegahnya.., akhirnya manusia bikin macem2 senjata dengan dalih untuk menjaga keselamatan bumi padahal ujung2 nya kebanyakan dipakai untuk menghancurnkan sesamanya...,
    yah Itu lah Manusia!! Sombong dengan Ilmunya yg cuman sedikit ..
    BTW Bravo BUng Enigma Posting trus .., kalo gwa punya Duit sy Donasi deh.. haha..

    ReplyDelete
  70. @tresna asti
    Gaya penulisannya seperti bukan tulisan bro enigma, terlalu banyak singkatan. Maklum mata ini terbiasa dengan tulisan lengkap minim singkatan. Pelajaran bahasa Indonesia saya dapat 9 lho.. Hehe.. :p

    @mybody
    Ini siapa lagi ya?

    @bro enigma
    Maaf bro, setelah saya lihat kembali ternyata saya memegang rekor komentator terbanyak. Padahal komen-komennya ga penting.. Maap.. Maap..

    ReplyDelete
  71. Muke_Gile said...

    @ Chris : Welcome back buddy,we're missing you so much... :)
    You keep your promise bro,and I appreciate that.
    When september ends_
    And for you guys,I'm not Mr Nakashima Anyway.
    :p
    Any better idea?
    oohh please..Can anybody call myheart? cz her princes is already here,
    :)

    ReplyDelete
  72. bro apa yg terjadi dengan blog dark side misteri??????
    Ana

    ReplyDelete
  73. tulisannya mengasikkan ,terima kasih

    ReplyDelete
  74. eriko said :

    bagaimana jadinya dengan blog ini bila hal itu terjadi.... gak ada yang bisa di baca n comment dunk

    ReplyDelete
  75. @Ana: sepertinya memang ada masalah dengan blognya. saya akan cari tahu dulu ya. untuk sementara linknya saya cabut dulu.

    ReplyDelete
  76. Bang e, magnetospere itu lapisan magnet bumi? Kok bisa melindungi bumi?
    Wohoho cris udah kembali rupanya. Kayaknya sih myheart gak kesini karena nakashima dan cris gak muncul2 juga, kayaknya mungkin, (mungkin ya), dia kesepian. (Sok mode: on)

    ReplyDelete
  77. Astaga..
    Apa apaan lagi ne..
    Sodara Muke_Gile, anda mau menambah daftar penggemar Myheart2105?? Ato anda myheart? Ato mybrain? Ahh, myhead? Cappe deeeh..

    Myeyes bukan mbah ware kan?
    Hahaha

    maaf ngejunk Kak Enigma.. ^^


    Purplehollic

    ReplyDelete
  78. @Anonymous no.82: tentu saja magnetosphere melindungi bumi. kalau tidak ada ituu, kehidupan di bumi mungkin sudah musnah karena aktifitas angkasa seperti solar wind misalnya.

    ReplyDelete
  79. hmm according to LAPAN prediction, the solar storm will occur for about 3 years, which in year 2012 to 2015. here is the link http://www.detiknews.com/read/2010/03/05/025519/1311635/10/lapan-badai-matahari-terjadi-antara-2012-2015

    out of topic, y2k is a programme, or people used to call it as a "bug" that threatened the computer programmes, it was not too chaotic for personal user, but it reflected mostly for bank or finance corporations. it became problematic logical error since the computer programme read four digits year by altering it into two digits only. on the other theory of millenium bug y2k, there was a conspiracy to strike down the giant company microsoft, which in that year, microsoft became so in power to dominate almost all the computer programme in the world.
    but i dont know for sure :)

    vampprincess
    -dark is not to be feared, it is to be loved-

    ReplyDelete
  80. @muke_gile
    Bukan si naka ya?
    Kalau bro hariyadi also known kraken?
    Bukan juga??

    Yang jelas anda memang mirip dengan mereka.

    Ya sudah, kalau anda lebih nyaman dengan nick ini, saya menghargai dan saya tidak akan bertanya lagi. Peace ya bro..

    @purpleholic
    Hehe.. Saya bukan mbah ware, cuma salah satu pembaca blognya, hehe..

    ReplyDelete
  81. yang penting berdoa saja sama Yang Maha Kuasa saja.Nice posting broo.Thx

    ReplyDelete
  82. yg pnting kita harus ingat kepada Tuhan kita, dan selalu berdoa, agar kita diberi perlindungan. . .
    Amin. . .

    nice info gan. . . :D

    ReplyDelete
  83. hmmm... yg saya takut justru bukan efek dari badai matahari.. tapi adanya sekumpulan org yg memanfaatkan situasi disaat efek dari badai matahari tsbt menimpa bumi...

    ReplyDelete
  84. Waahh..jadi ga sabar menuggu 2012. Jadi kayak apa ntar ya hehe..

    ReplyDelete
  85. kata Dr. A "bla.. bla.."
    tapi kata B: "bla..bla.."

    Semoga mereka nggak cuma all-talk ;)

    ReplyDelete
  86. kayaknya harus merubah kebiasaan! soalnya selama ini enggak lengkap kalo enggak buka internet, pasti rasanya geli - geli gelisah gimanaaaa gitu. SMSan? enggak terlalu suka ah...

    ReplyDelete
  87. ANA

    semoga blog Dark Side cepat sembuh.
    Trus gimana katanya kak? pa dy blng sswtu?

    ReplyDelete
  88. Tidak, saya belum bisa menghubunginya. :-)

    ReplyDelete
  89. Bro enigma, tadi saya baru aja ke http://zfilepiece.blogspot.com ato anything you must know, owner webnya copas artikel bro enigma yang the nine unknown man isinya sama persis

    ReplyDelete
  90. jangan bicara soal kiamat.
    kita disini bicara soal bencana.
    kiamat,malaikatpun tidakada yang tahu.
    bicara pada batasnya.

    ReplyDelete
  91. kalo gak bisa bb-an ato facebook sih ga papa.tapi
    kalo ga bisa abca blog enigma gawat tuh!

    ReplyDelete
  92. .pufu.

    wah menarik sekali ntar taon 2012.. apakah ada hub bencana ini dengan planet x.. soalnya saya masih bingung.. ga tau mau komen apa

    .pufu.

    ReplyDelete
  93. dari Rama.
    kalau badai yang akan terjadi sama saja, mengapa badai tahun 2012 lebih sering dibicarakan dan satu2nya yang tercatat di kalender suku maya?

    ReplyDelete
  94. LUAR BIASA, hanya itu saja

    kalau ada font ukuran 100 saya akan menganti "LUAR BIASA" dengan ukuran 100

    ReplyDelete
  95. @Rama: kalender maya tidak pernah mencatat adanya badai matahari. yang lebih banyak dibicarakan awalnya adalah kalender maya, lalu badai matahri nyusul karena orang-orang melihat kebetulan badai matahari itu bisa jatuh pada tahun 2012.

    ReplyDelete
  96. het, maaf kalo kurang teliti mbaca, tapi kalo terjadi kerusakan, butuh berapa waktu buat pulih seperti semula? kan kalo badai mataharinya 2 hari, efeknya bertaun - taun juga enggak banget...

    ReplyDelete
  97. @Dewi shinta: itu tergantung kesiapan infrastruktur kita. kalau kita sudah siap menghadapinya, maka saya rasa efeknya paling cuma beberapa jam.

    ReplyDelete
  98. wah musti buru buru nikah neh.....

    dangseu_tea

    ReplyDelete
  99. keburu enggak buat memperbaiki infrastuktur yang ada, buat menghadapi 2012? @ka enigma

    ReplyDelete
  100. kalo badai matahari kan kemungkinan alat komunikasi rusak seperti handphone dsb . kira-kira laptop rusak juga ngga ya ?

    ReplyDelete
  101. bagaimana dengan teori kalau tatasurya kita yang bergerak melewati inti dari galaksi

    kemudian inti dari galaksi tersebut akan menyemburkan sinar gamma ke arah tatasurya kita?

    saya baca teori ini di satu buku di gramedia tp lupa judulnya gan :shy: nanti saya cari tau dulu, serem juga saya baca buku itu seolah2 emang kiamat lah 2012 nanti sampe dibilang matahari akan memuai dan merkurius/venus musnah.

    ReplyDelete
  102. kalo memang akan terjadi sesui prediksi, kita tidak bisa menginggalkan planet bumi ini dalam keadaan hidup2! khawatir c boleh aja namun jangan sampai kita terjebak seperti dalam kata pepatah "kelinci di padang savana ketakutan dengan ubur2 dilaut lepas"!

    ReplyDelete
  103. saya salut dengan blog ini, setiap posting slalu banyak yang coment, maju terus....

    ReplyDelete
  104. kalau memang kejadian, ayo rame rame bikin diari terus dikumpulkan di blog ini lagi kalo jaringannya udah hidup lagi hahaha :D

    ReplyDelete
  105. Hai semuanya! :)
    nice bro enigma.
    Wah, wah.. Setelah beberapa bulan membaca artikel2 blog ini, akhirnya bisa comment juga.
    Oh ya, salam kenal semuanya.

    .whitebluez.

    ReplyDelete
  106. NICE blog gan
    gini agan enigma, ane mo nanya masalah Babushka Lady minta dibahas donk
    makasih sebelumnya

    Deedon

    ReplyDelete
  107. Saya sudah pernah menulisnya disini:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/03/siapakah-babushka-lady-sebenarnya.html

    ReplyDelete
  108. Dea .
    Weeheey seneng bgt d ucapin Welcome Home ama kak Enigma ! !
    Halo juga Ka Tresna Asti !
    Asli deh , bbrp dtk sblm baca blog ini , dea masih puyeng total ama plajaran2 , tp skg seger lg ! Wehehe . . . .
    Kak Chris !! Horee balik lg ! Halo kakaaaa :))
    Kak MyHeart ? Where are youuuu ??? Your prince is hereee ;)
    Kak Naka ? Sini dong . . .
    Kok kayaknya pada ngilang ya ? Hehehe ..
    Oia Halo kakak2 semuanyaaaa ! :D salam kenal yaaaa :) kak Muke Gile jugaa , :)

    ReplyDelete
  109. jadi harus mempersiapkan diri dari sekrang ni . agar tidak kecolongan .

    ReplyDelete
  110. jika benar akibatnya seluruh sistem komunikasi terganggu sehingga kita tidak bisa menggunakan handphone, blackberry atau facebook, berarti enigma harus melanjutkan blog ini menjadi versi buku atau majalah. ide yg menarik kan? :)

    senang bisa baca postingan baru setelah sekian lama ga kesini.

    thx, enigma.

    ReplyDelete
  111. weleh....
    keren beud!!!
    baca dulu aah

    ReplyDelete
  112. hueheh ngeri juga ya..ntar ga bisa kerja saya...
    tapi kalo bener terjadi kan kita menghadapinya bersama - sama ... ngga sendirian.... dan bukannya manusia (dalam segala keterbatasannya) diciptakan dengan segala macam kelebihan...kecerdasan..kekuatan... .. buktinya ras yang satu ini bisa tetap bertahan sampai hari ini (tahun 2010) apapun yang terjadi saya yakin kita bisa menghadapinya....

    ReplyDelete
  113. @Dewi Shinta: tentu saja keburu.

    @Anonymous no.106: laptop will be fine.

    @edelwies gent: soal millenium bug, baca komen no.85

    ReplyDelete
  114. Wooooiii...
    kok ga ada crop circle seehhh...
    Skarang oktober..
    Hampir musim dingin looo..
    alien ga ada yang dateng tah?

    ReplyDelete
  115. @Yuii: aliennya hibernasi....

    @Tresna Asti: wahahaha...makanya aku bilang kayaknya aku doang yg tua disini yak..?!?!?

    @ Mr.E aku pernah baca, kalender maya ga nyebutin kiamat d 2012. tp cuma bilang katanya akan muncul dunia baru d 2010. NWO? who knows...?
    Mr. E maap kalo agak OOT, udah baca komik 20th century boys? Bagus, full konspirasi....sampe akhir cerita saya bingung siapa itu "sahabat". kalo dikondisikan sama teori konspirasi, nyangkut bgt.... scary.

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  116. mau nanya nih om.
    gatau ini udah ditanyain ato blom, soalny sy males bacain atu" comment d atas.

    Yg mungkin bkalan kena efeknya d indonesia apa aja ya?
    Misalnya peralatan elektronik apa aj yg bisa lumpuh?

    thx b4

    ReplyDelete
  117. Oryza Sativa bilang....
    Kemana senpai2 q yg laen????
    Mas Chris.....

    ReplyDelete
  118. Muke_Gile said...

    @ Dea : Salam kenal jg dea,,mohon bimbingannya ya,kakak kn orang baru disini.. :)

    ReplyDelete
  119. oh, ya ka, aku lupa!
    soal e-mail aku itu, nama kelompok guru aku, kalo ga salah "UFONESIA", tau ga ka?

    ReplyDelete
  120. @dewi shinta: tentu sj tahu. Tuh, yg komen di no.116 diatas.

    ReplyDelete
  121. jd gak usah khawatir ya???
    :D
    kalo gak bs akses facebook sama aja gak bs posting blogger donk bang..

    ReplyDelete
  122. Federal Emergency Management Agency (FEMA) itu kan di Amerika. Terus kita yg di Indonesia nasibnya gmn, kang...?

    ReplyDelete
  123. kira-kira badainya itu berlangsung berapa lama ya? sama kaya badai matahri sebelumnya atau ga? ngeri juga kalo kelamaan

    ReplyDelete
  124. jika badai matahari terjadi bersamaan banyak nya gunung2 meletus (gunung yg 100th pasif pun sudah byk yg meletus), gempa bumi ,menaiknya permukaan air laut yg kesemuanya BISA TERJADI dan tanda2 itu sudah ada sekarang... apakah kita tetap tenang2 saja? maka dari itu bertaubatlah sekarang....

    ReplyDelete
  125. Aku paling suka baca postingan tentang masalah luar angkasa atau alien dan ufo,sangat menarik.
    Menurut ku kalo terjadi sun flare di tahun 2013 tidak akan terlalu berpengaruh pada manusia dan semoga saja begitu,karena peristiwa ledakan matahari terjadi 100 tahun sekali jadi bumi sudah berpengalaman menghadapinya.
    www.herrywow.blogspot.com

    ReplyDelete
  126. entah alah yang pasti waspada adalah sebuah keharusan buat saya. Bukan karena panik atau bagaimana tapi saya yakin memang bahwa suatu saat keadaan bumi tidak akan seindah sekarang. Bisa lebih buruk tapi bisa juga lebih indah...
    siapa tau...

    oia dulu denger2 isu kiamat karena badai matahari itu taun 2012 sekarang kok diundur ya? apa saya salah info..

    ReplyDelete
  127. kita g tau apa itu benar atau tidak tapi yang pasti itu rahasia Allah.

    ReplyDelete
  128. tlg bung enigma juga membahas alasan / sebab kenapa teknologi komunikasi qt rentan dg masalah gelombang elektromagnetik yg dipancarkan oleh matahari. apakah karna interferensi? ato sebab lainnya.

    ReplyDelete
  129. Bro ijin copas ya.
    link ga ketinggalan koq...
    makasih banyak ya..

    ReplyDelete
  130. Memang benar apa yang di katakan bung Enigma, alat telekomunikasi, listrik dll yang menguntungkan bagi manusia. Itu semua akan lumpuh, karena kita sudah melupakan kekuatan alam dan melupakan kepada-Nya. Ingat itu adalah hari pembersihan hati dari umat manusia.

    ReplyDelete
  131. Allhamdulilah..
    ^^

    yu ahh bertahan ce'es..
    perbanyak ibadah jja..

    siap ga siap kita siapkan sajah!!

    ReplyDelete
  132. memang tak perlu cemas

    ReplyDelete
  133. iya dunk ttg milenium bug...
    kan ga ada yang basi klo menyangkut ilmu pengetahuannn

    ReplyDelete
  134. hmmm....nice wad bang enigma,,,!
    g masalah klo g bsa liat tipi ato fb.an...

    kita kn bisa hidup ala jaman purba.... XD

    ReplyDelete
  135. Ya badainya kan ada di matahari, jadi untuk sementara ga usah khawatir

    ReplyDelete
  136. jngn khawatir............

    ReplyDelete
  137. Menarik juga membahas potensi2 kiamat di bumi, request donk artikel2 tentang potensi2 apa saja atau kejadian apa saja yg bisa bikin kiamat, seperti meteor jatuh, bulan jatuh, kembali ke jaman ice age, atau mungkin kiamat yg kita bikin sendiri kayak micro blackhole atau malah penyalahgunaan nuklir...

    ReplyDelete
  138. Perlu sedia HT ne untuk komunikasi jika hanphone trgnggu dg kejadian trsbut...pertanyaanya pa komunikasi radio jg terganggu dengan terjadinya hal tersebut??

    ReplyDelete
  139. Memang seh gw sempat kuatir, namun seiring berlalunya waktu kekhawatiran berlalu.
    Lagian kalau memang kiamat, kita bisa apa? Mendiing keep in piece perbanyak ibadah.
    Thank's atas ilmunya bos...

    ReplyDelete
  140. jika memang terjadi seperti itu.. apakah ada tingkat radiasi yang akan merusak otak manusia??? maaf klo pertanyaannya ngaco..

    ReplyDelete
  141. KLO KITA INDONESIA SIAP NGAYA ?

    ReplyDelete
  142. "Karena itu, tidak perlu kuatir sama sekali. Jika sistem telekomunikasi kita lumpuh, memang kita tidak bisa menggunakan handphone, blackberry atau facebook. Tetapi, saya percaya kita akan tetap bisa bertahan hidup."

    Ending yang bagus mas...

    ReplyDelete
  143. IH SERU DEH KLO MATAHARI MELEDAK......

    ReplyDelete
  144. sekedar ingin bertanya...
    ada gak efek solar flare ke sistem elektrik & navigasi pesawat terbang?
    Kalo ada, brarti harus ada antisipasi dari perusahaan penerbangan kalo ga pengen ada kejadian pesawat jatuh..
    terima kasih..

    ReplyDelete
  145. badai matahari,emangnya matahari ada berapa ampe bikin badai segala

    ReplyDelete
  146. Harus gmana lg???jika udah kehendakNya pasti smw bisa terjadi...kita harus siap,dunia n akhirat...

    ReplyDelete
  147. badai matahari sudah terjadi ketika saya menulis comment ini, huahahaha........

    ga ada yang spesial..... ga ada apa-apa, cuman cuaca kacau, paling akibat terburuknya masuk angin.......

    ReplyDelete
  148. desembeer 2012... ane sundul gan nih artikel....

    ReplyDelete
  149. yaahh... bagi anda yg muslim jangan percaya sama yg kayak ginian... ingat! ga ada yg tau kapan kiamat itu terjadi!
    Kalian juga dah tau kan tanda2 kiamat qubro itu kyk gimana, sedangkan sampe sekarang aja belum ada tanda2 kiamat seperti hewan2 yg berbicara, turunnyya dajjal, dll.
    ini mah cuman fenomena alam yang ga terlalu besar efeknya

    ReplyDelete
  150. Sekarang sudah menjelang akhir tahun 2013
    Si kutil

    ReplyDelete
  151. sepertinya badai matahari saat ini hanyalah isapan jempol dan sepertinya tidak akan ada yang tahu kapan kiamat terjadi karena yang tahu hanyalah sang penciptanya sendiri

    ReplyDelete