Saturday, September 18, 2010

Legenda Spring heeled Jack - Jack si tumit pegas

Penyerang itu bertubuh tinggi, memiliki telinga dan hidung yang ujungnya lancip dengan mata yang terlihat menyala-nyala. Ia mengenakan sebuah tudung di kepalanya. Ketika ia menyerang korban perempuannya, ia mengoyak pakaian dan tubuh mereka dengan cakarnya yang tajam seperti besi. Apabila ia melarikan diri, ia tidak berlari seperti manusia pada umumnya, ia melompat dengan tinggi. Para saksi mata yang melihat figur itu berani bersumpah kalau ia memiliki pegas di kedua tumitnya.


Hampir 200 tahun berlalu sejak makhluk yang dijuluki Spring Heeled Jack (Jack si tumit pegas) meneror kota London. Hingga kini, setiap peneliti yang melihat kembali kepada kisah luar biasa ini hanya bisa berspekulasi mengenai identitasnya yang misterius.

Sepertinya akan sangat sukar untuk menganggap keberadaannya sebagai kebohongan karena penampakan Jack tercatat di seluruh Inggris mulai dari London hingga Liverpool.

Beberapa peneliti menganggap makhluk ini sesungguhnya hanyalah seorang peneror sakit jiwa seperti Jack the Ripper. Namun, sebagian lagi percaya kalau Jack adalah makhluk yang bersifat supranatural, bahkan mungkin ia adalah sang iblis sendiri.

Dalam dunia Cryptozoology, Jack digolongkan ke dalam "Penyerang siluman", sejajar dengan Penyebar gas gila dari Matton dan Badut Siluman. Penyerang siluman sendiri adalah kategori makhluk penyebar teror dengan penampilan seperti manusia namun memiliki kemampuan melebihi manusia pada umumnya.


Tetapi, siapa Jack si tumit pegas sebenarnya?

Laporan penampakan pertama
Jack si tumit pegas pertama kali muncul dari kegelapan pada tahun 1837 di London.

Di tahun itu, pada suatu malam, seorang pria sedang berjalan pulang dari kantornya ketika ia menyaksikan satu makhluk melompati sebuah pagar tinggi di pekuburan dengan mudahnya dan mendarat tepat di jalan di depannya. Makhluk itu kemudian segera menghilang di kegelapan malam.

Perjumpaan selama beberapa detik itu sudah cukup untuk membuatnya bergidik ketakutan.

Apa yang membuat pria itu kaget setengah mati adalah figurnya yang tidak biasa. Tubuhnya terlihat seperti seorang pria berotot dengan mata merah menyala serta telinga dan hidung yang ujungnya lancip.

Peristiwa perjumpaan itu mulai menyebar di kota London. Awalnya hanya terdengar seperti sebuah rumor, namun para penduduk London segera menyadari kalau mungkin mereka memang sedang berhadapan dengan sesuatu yang nyata.

Pada tahun-tahun berikutnya, Jack mulai terkenal karena penyerangan-penyerangan yang dilakukannya terhadap para wanita.

Mary Stevens
Pada bulan Oktober tahun yang sama, seorang perempuan bernama Mary Stevens sedang berjalan menuju lavender Hill.

Ketika ia berjalan melewati Clapham Common, satu makhluk misterius melompat keluar dari gang yang gelap. Makhluk itu segera memegang Mary di kedua lengannya dan menciumi wajahnya. Mary bisa merasakan cakarnya yang dingin merobek kulitnya.

Dalam ketakutan yang luar biasa, Mary berteriak dengan sekuat tenaga sehingga makhluk itu segera melarikan diri.

Hari berikutnya, makhluk itu muncul di dekat rumah Mary. Ia melompat di dekat sebuah kereta yang menyebabkan sang kusir panik dan kehilangan kendali sehingga keretanya terbalik. Menurut mereka, makhluk itu melompat hingga ketinggian sekitar 2,7 meter sambil mengeluarkan suara tertawa yang aneh.

Intensitas laporan yang meningkat membuat media-media di London mulai memberitakannya. Segera, makhluk misterius itu mendapatkan sebuah nama: Spring heeled Jack atau Jack si tumit pegas.

Jane Alsop
Beberapa bulan kemudian, Jack kembali beraksi!

Pada suatu malam pada tanggal 19 Februari 1838, Jane Alsop mendengar suara ketukan di pintunya. Suara yang menyertai ketukan itu menyebutkan kalau dirinya adalah petugas polisi.
"Saya adalah seorang petugas polisi. Demi Tuhan, cepat bawakan sebuah lampu, kami telah berhasil menangkap Jack si tumit pegas di jalan desa."
Mendengar itu, Jane bergegas mengambil sebatang lilin untuk pria tersebut dan kemudian menyadari kalau pria itu mengenakan sebuah tudung di kepalanya. Ketika ia menyodorkan lilin itu, pria itu membuka tudungnya dan memperlihatkan wajahnya yang mengerikan.

Jane melihat pria yang berdiri di hadapannya memiliki mata yang merah menyala. Ia bahkan berani bersumpah kalau ia melihat pria itu mengeluarkan lidah api berwarna biru dan putih dari mulutnya. Selain itu, ia juga terlihat mengenakan sesuatu seperti helm dan pakaian yang ketat.

Tanpa mengucapkan sepatah kata, pria itu segera mencengkeram wanita malang itu dan merobek pakaiannya. Jane berteriak sekuat tenaga dan akhirnya berhasil melepaskan diri dan berlari ke depan rumah. Makhluk itu berhasil menangkapnya kembali dan merobek leher dan lengannya dengan cakarnya yang sepertinya terbuat dari besi.

Setelah itu, makhluk itu menghilang begitu saja. Akhirnya Jane ditemukan dan ditolong oleh kakak perempuannya. Nyawanya berhasil diselamatkan.

Namun, Jack belum selesai. Delapan hari kemudian, ia kembali menyerang.

Lucy Scales
Pada malam tanggal 28 Februari 1838, Lucy Scales yang berusia 18 tahun sedang berjalan melewati distrik Limehouse bersama kakak perempuannya. Ketika mereka melewati jalan Green Dragon, satu figur tinggi dengan jubah terlihat berdiri di hadapan mereka. Tiba-tiba makhluk itu meludah, namun yang keluar dari mulutnya adalah lidah api berwarna biru.

Lidah api itu mengenai wajah Lucy dan membuatnya buta sesaat. Sementara Lucy terkapar di tanah dan mengeluh kesakitan, makhluk itu dengan tenang membalikkan badannya dan menghilang dalam kegelapan malam.

Berita penyerangan itu menyebar dengan cepat dan sekarang rasa panik menyerang kota London!

Jack meneror Inggris
Tidak berapa lama setelah media-media London memberitakan kisah penyerangan Jane Alsop, seorang pria bernama Thomas Millibank muncul ke publik dan mengaku sebagai Jack si tumit pegas. Tanpa buang waktu, polisi segera menangkapnya. Namun ia segera dilepaskan karena Jane bersikeras kalau makhluk yang dilihatnya mengeluarkan nafas yang terlihat seperti lidah api. Thomas mengaku kalau ia tidak bisa melakukan hal itu.

Setelah pengakuan Thomas Millibank, Jack menghilang selama beberapa tahun.

Pada tahun 1840, gelombang penampakan kembali menyapu Inggris. Para saksi mengaku melihat Jack, mulai dari Northamptonshire hingga East Anglia.

Pada tahun 1855, Jack muncul di Black Country. Ia terlihat di Old Hill sedang melompat dari atap sebuah penginapan menuju atap sebuah toko daging di seberang jalan.

Pada tahun itu juga, jejak-jejak kaki misterius, yang sering disebut jejak kaki setan, muncul di Devon. Jack disebut-sebut sebagai makhluk yang meninggalkan jejak tersebut.

Lalu, Jack kembali menghilang selama hampir 20 tahun.

Pada November 1872, harian News of the World melaporkan adanya makhluk misterius yang disebut "Peckham Ghost" yang telah muncul dan menyebar teror di kota Peckham. Banyak yang percaya kalau makhluk itu sesungguhnya adalah Jack si tumit pegas yang kembali beraksi.

Pada April dan Mei 1873, para penduduk Sheffield melaporkan adanya makhluk yang deskripsinya mirip dengan Jack si tumit pegas.

Pada Agustus 1877, Jack muncul di barak perajurit Aldershot. Kemunculannya di tempat ini tercatat sebagai salah satu kisah penampakan Jack yang paling terkenal.

Saat itu seorang prajurit jaga melihat sebuah figur besar sedang berdiri dan membuat suara-suara berisik dengan logam. Prajurit itu menegurnya, namun tidak terdengar adanya jawaban. Lalu, figur itu menghilang selama beberapa saat.

Prajurit itu membalikkan badannya karena ingin kembali ke pos jaga. Tak disangka, figur itu muncul di sebelahnya dan memukul wajahnya. Beberapa prajurit lain yang mendengar keributan itu segera berdatangan ke lokasi. Ketika sampai di tempat kejadian, mereka melihat teman mereka sedang terkapar di tanah dengan satu figur aneh berdiri di dekatnya.

Figur itu lalu melompat tinggi melewati kepala dan mendarat di belakang mereka. Salah seorang prajurit segera menembaknya. Namun ia segera menghilang di semak-semak, terlihat tidak terpengaruh oleh tembakan itu.

Pada musim gugur 1877, Jack terlihat muncul di Newport Arch di Lincolnshire. Di tempat itu, Jack berhasil dikepung oleh para penduduk desa. Namun, ia melompat tinggi dan berhasil lolos.

Pada tahun 1886, Birmingham Post melaporkan penampakan Jack di salah satu edisinya:
"Pertama, seorang perempuan muda, lalu seorang pria, mereka merasakan sebuah tangan yang dingin menyentuh pundak mereka. Ketika mereka membalikkan badan, mereka melihat wajah bercahaya yang mengucapkan selamat malam."
Pada tahun 1888, 51 tahun setelah Jack pertama kali muncul, ia kembali terlihat di Everton, di atas atap gereja Saint Francis Xavier.

Pada tahun 1904, beberapa saksi mengaku melihat Jack di William Henry Street. Ia melompat dari jalan itu menuju atap-atap rumah penduduk.

Penampakan William Henry Street adalah penampakan Jack yang terakhir dilaporkan karena setelah itu Jack seperti menghilang ditelan bumi. Jika makhluk yang terlihat itu benar-benar Jack si Tumit pegas, itu artinya ia telah meneror Inggris selama 67 tahun.

Siapakah Jack si Tumit Pegas sesungguhnya?
Tidak ada yang tahu pasti siapa Jack si tumit pegas sebenarnya. Ini menyebabkan munculnya berbagai teori mengenai identitas makhluk ini sebenarnya.

Sebagian percaya kalau Jack adalah makhluk ekstra terestrial dengan mata merah retro reflektif dan nafas fosfor. Sebagian lagi percaya kalau Jack adalah Iblis yang diundang oleh para pelaku okultis.

Namun, menurut mereka yang skeptis, laporan penampakan Jack hanyalah sebuah histeria massa yang dipicu oleh kepercayaan adanya bogeyman atau iblis yang dipercaya banyak orang di abad ke-19. Tentu saja, ini adalah jawaban yang paling mudah. Namun, bagi peneliti lainnya, ada jawaban yang lebih masuk akal.

Beberapa penulis percaya kalau Jack sesungguhnya hanyalah seorang manusia dengan peralatan yang aksinya kemudian ditiru oleh orang lain pada tahun-tahun berikutnya.

Salah satu yang percaya dengan teori ini adalah Sir John Cowan, walikota London pada saat Jack meneror kota itu. Ia percaya kalau sekelompok anak-anak muda kaya yang iseng mungkin telah bertanggung jawab menciptakan karakter Jack.

Sebuah rumor populer yang beredar pada tahun 1840 menyebutkan kalau Jack sebenarnya adalah seorang bangsawan Irlandia bernama Henry de la Poer Beresford III, The Marquess of Waterford.

Tuduhan ini muncul karena bangsawan itu terkenal karena kesukaannya akan humor kasar, vandalisme dan perilaku buruknya terhadap wanita. Perilaku buruk Ini membuatnya dijuluki "Mad Marquess".

Pada tahun 1880, penulis E. Cobham Brewer juga menuduh Marquess Waterford sebagai Jack Spring Heeled. Menurutnya:
"Marquess biasa menghibur dirinya dengan mengejutkan para pejalan kaki, ia biasa menakut-nakuti mereka, dan dari waktu ke waktu orang-orang selalu mengikuti perilakunya."

Henry de la poer Beresford III
Marquess of Waterford meninggal pada tahun 1859. Brewer percaya, kalau sepeninggalnya, keisengan sang Marquess telah ditiru oleh orang lain.

Penulis buku "The legend and Bizarre Crimes of Spring Heeled Jack" bernama Peter Haining juga percaya dengan teori ini. Menurut Haining, Marquess mungkin telah meminta temannya untuk menciptakan peralatan yang memungkinkannya melompat tinggi dan menyemburkan nafas api.

Argumen lainnya yang cukup menguatkan teori ini adalah keberadaan Marquess yang sesuai dengan munculnya serangan-serangan Jack.

Sebagai tambahan bukti, Haining mengatakan kalau seorang bocah yang pernah melihat Jack mengaku menyaksikan adanya huruf W pada tudung yang dikenakannya. Ini bisa jadi merupakan inisial dari "Waterford".

Namun menariknya, jika sang bangsawan itu adalah Jack, peralatan macam apa yang digunakannya?

Selama perang dunia II, para prajurit Jerman dilaporkan pernah menggunakan pegas pada sepatu mereka. Ketika mereka menggunakannya, yang didapat adalah kaki dan tumit yang patah.

Jika Marquess of Waterford adalah Jack, maka pastilah ia memiliki peralatan yang sangat menarik.

Walaupun mungkin kita tidak akan pernah tahu identitas makhluk ini sebenarnya, namun, mungkin saja suatu hari dari kegelapan malam yang pekat, Jack si tumit pegas akan muncul dan melompat kembali.

(wikipedia, spookystuff.co.uk)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

108 comments:

  1. PERTAMAXXXX GAN
    Ttd FEddy

    ReplyDelete
  2. pertamaaax!!!!!!!!!!wooow crypto yg ini dan badut siluman jg belum perna saya dengar

    ReplyDelete
  3. nice posting Bro..

    legend spt ini kan exist di daerah lain (luar negeri) lengkap dg detail nama korban, waktu kejadian, dll... bisa enggak hal semacam ini disamakan dengan legen yg ada di sekitar kita seperti misal: kolor ijo, banas pati dll yang sayangnya jika kehadirannya ditemui di Indonesia, maka si saksi mata disangka memiliki kelainan mental.... pisss...just wondering aja..

    ReplyDelete
  4. Bang enigma koq makluk yg mirip manusia
    bisa mengeluarkan api dari mulutny
    kan ga masuk akal
    api gas lg yg warna biru jgn" dia sebenarny
    orang yg jail dgn peralatan canggih
    TTd Feddy

    ReplyDelete
  5. prototype superhero ni tampaknya ^^

    ReplyDelete
  6. @Indah: ya, penyerang siluman di indonesia memang salah satu contohnya adalah kolor ijo. Haha, ternyata kolor ijo melekat di hati banyak orang ya.

    @Feddy: kemungkinan dia memang orang jail dengan peralatan canggih.

    ReplyDelete
  7. wew..
    jack si tumit pegas

    ReplyDelete
  8. ya kemungkinan dia Mad Marquess memang tinggi
    karena dia memiliki banyak dana kan bangsawan
    sehingga punya dana utk membuat peralatan peralatan seperti sepatu dgn pegas itu


    Feddy

    ReplyDelete
  9. 20 besaaaarr...!! ^0^

    ReplyDelete
  10. Baca dulu ya om :)))

    -lanny

    ReplyDelete
  11. ikut comment ah... hohohoho

    baca dulu...

    ReplyDelete
  12. "Kolor ijo, bukanlah siluman, kolor ijo manusia biasa..."

    Itu tadi penggalan lagunya dari film Kolor Ijo..hehe.. wah artikel ini membuat saya teringat masa kecil..

    ReplyDelete
  13. om enigma ,,itu penampakanny dari 1840-1904
    kalau 1840 kira kira msh 30 lbh umurny
    1904 udh 90 lbh jd pst peralatanny di wariskan
    atau ad yg meniruny dengan memakai perlatan yg sm??????

    feddy

    ReplyDelete
  14. @phenomena:
    Trauma dengan 'kolor ijo'....?

    ReplyDelete
  15. Iya....tapi pada kemunculan jack yang pertama,peralatan apa canggih apa yang dia pakai?padahal itu kan masih taon 1837?kalo emank dia bisa bikin pasti keren bgt tuh orang....
    btw kalo jaman sekarang emank ada ya peralatan yang bisa bikin orang melompat kayak pegas gitu...hehe...aku gag tau soalnya....

    -effi-

    ReplyDelete
  16. dari Tresna Asti

    aih aih... Siang siang lagi kak..
    =,="
    bace duyu ahh..
    ^,^b

    ReplyDelete
  17. wah mas E posting siang !!mau tanya kenapa jack ya ??jack the riper sekarang Spring Heeled Jack pusing aku, gimana mas???

    ReplyDelete
  18. Menurut saya Spring Heeled Jack (Jack si tumit pegas) lebih pantas disebut sebagai Hominid Cryptid daripada cryptozoology seperti Greening Man (laki2 yang menyeringai)yang disebut sebagai hominid cryptid. dikarenakan Mengingat morfologinya seperti manusia.

    Berikut alasan saya. Crypto adalah sebutan untuk makhluk yang belum diketahui kebenarannya.

    Cryptozoology : Hewan yang belum diketahui kebenarannya.

    Cryptobotany : Tumbuhan yang belum diketahui kebenarannya.

    Humanoid Cryptid : kayaknya untuk manusia heheh. Coba lihat deh

    http://en.wikipedia.org/wiki/The_Grinning_Man

    disana greening man dsbt sebagai hominid cryptid :).

    ReplyDelete
  19. bang enigma bhas tentang penyebar gas gila dri matton dong, pasti seru

    ReplyDelete
  20. Makhluk yang Misterius. .
    Bung Enigma, Apa tidak ada foto penampakannya ?

    ReplyDelete
  21. kayak drakula figurnya ya?

    ReplyDelete
  22. gan ga ada bannernya yah... biar bisa ditampilin dalam blog ku... follownya juga ga ada...
    maaf commentnya jadi ga nyambung sama artikel nya...

    ReplyDelete
  23. werlington
    lumayan meski bukan pertamax juga...hahahaha...

    ReplyDelete
  24. werlington
    boss knp bahas orang2 psykopat ?????
    mending ngebahas ufo,hewan or apa aja...coz kalau misteri kaya gini mah kalo di indonesia deket bngt ama yang namanya mistis...ampir sama kan ama "kolor ijo" "genderewo"...
    kayanya aga kurang efek pengetahuannya,kalo pun ada lebih condong ke "hantu" daripada krypto
    tambah lagi postingannya bozzzzz.....

    ReplyDelete
  25. radiares
    masih hebat jack the ripper kyaknya

    ReplyDelete
  26. @werlington: justru psikopat tdk pernah dikaitkan dgn mistik. Org lbh cenderung mengkaitkan ufo dan makhluk misterius dgn mistik.

    ReplyDelete
  27. Bisa jadi kalo si tumit pegas itu si bangsawan tadi . Tapi yang bikin ane heran .. Kalo tentang pegas itu saya yakin pasti ada alat nya .. Tapi gimana caranya tuh bisa mengeluar nafas api biru ? .. Di zaman seperti itu saya yakin tak akan ada teknologi seperti itu .. Saya lebih cenderung bahwa si tumit pegas itu adalah seorang vampire yang beda dari lainnya ..

    ReplyDelete
  28. Kalo kolor ijo menurut bung Enigma bagaimana? :p

    ReplyDelete
  29. OM enigma ,bahas tentang konspirasi lg plzz


    feddy

    ReplyDelete
  30. Sedikit koreksi bro, pada paragraf ke 4 Jane Aslop, "Ia bahkan berani berani bersumpah...."
    Saya juga sependapat, Jack sesungguhnya hanyalah seorang manusia dengan peralatan, psikopat yang 'doyan' wanita. Yang aksinya kemudian ditiru oleh orang lain pada tahun-tahun berikutnya.
    Dan lagi seandainya memang makhluk cryptid, dengan kemampuan yang dimilikinya kenapa harus lari saat korban berteriak?
    Ohya, sepertinya motifnya hanya menyerang dan menakut-nakuti, tidak pernah ada korban yang benar-benar terbunuh.

    ReplyDelete
  31. dz ka said....

    salam hangat semuanya, terutama buat sang empunya blog bg enigma^^

    sekarang postingnya siang ya bg enigma..^^

    ummm....

    jangan2 spring Heeled Jack ini terpengaruh /terinspirasi dari jack the ripper?!
    tapi kenapa selalu di ingris ya?
    memangnya ada apa di inggris pada zaman itu??

    eh sekarang kok , keluarga "my" , kak lica,kak anak kucing, kak nakashima, kak Linus Tua,kak cris dan para senior yang manis and ganteng2 g muncul ya??(^o^)?


    _dz ka_

    ReplyDelete
  32. @myeyes0125: thanks bro atas koreksinya. Sdh diberesin.:-)

    ReplyDelete
  33. aq baru skarang nie tw yg namanya jack si tumit pegas, wow, nice posting bang enigma!

    ReplyDelete
  34. KiRei.

    wah ini dia yg saya suka..

    thanx bung E.. izin copas yap bwt notes, hny unt diingat2. psti link backny dicntumin..

    kbnykan psikopat psti mnyerang wanita, bhkan didaerah saya dukun AS mnyerang n mmbunuh 42 wanita.
    mgapa bgitu ya ?
    sbb psikologis kah?
    sbgitu racunnya kah wanita ?

    ReplyDelete
  35. a.waHyu.s said...

    Waduh skrng siank nich postng'a..
    Jd telat dech saya..

    Nma psikopat'a d inggrs jack truz x yha..
    Haha..

    Ni ky yg d film onepiece..
    Ada mnusia pegas..
    Haha..

    Hhm.. Pzty ni alat hbt bngt..
    Tntara jrman ja gk bsa bwt..
    Pa tu pke tongkt maenan yg bwt lompt2 yha.. (lupa nma'a)hhe..

    a.waHyu.s

    ReplyDelete
  36. mantaap . .
    udah lama saya cari informasi ttg Jack Bertumit Pegas . . .
    akhirnya ktemunya dsini . . .
    thanks bang enigma . . .

    ReplyDelete
  37. Nice info bro..Bahas tentang peradaban atau makhluk mitologi yunani dunk.

    ReplyDelete
  38. wah - wah mantap oei.....
    semua peneror misterius bernama JACK.
    setelah Jack The Ripper, kini Spring Heeled Jack, kira - kira besok apa ya...
    mudah - mudahan gak akan pernah muncul di Indonesia....
    Hehehehehe.....

    ReplyDelete
  39. sayang sekali kejadiannya sdh lama banget ya bro, di tahun 1800an. walaopun data2nya lengkap bgt tp kita ttp saja tidak tahu akan kebenaran data tersebut.
    wiro sableng 212

    ReplyDelete
  40. Cupazz said :
    Wah bener kata "Peter" semua peneror bernama jack.. aneh...

    ReplyDelete
  41. yahhhh......

    gagal pertamax dah....

    atas ane koneksi dewa....

    ReplyDelete
  42. Dimulai dari jack the ripper, kemudian jack si tumit pegas, lalu "jack" apa lagi yg akan muncul setelahnya?

    Sepertinya kehidupan di Inggris, khususnya London, begitu buruk shg org2nya jadi sinting dan melakukan hal2 gila.

    ReplyDelete
  43. di Indonesia jg ad,,namanya "Sorry-sorry Jek" ^^
    heheehehehehehe maap intermezzo

    Wah baru tau saya ada yg namanya Jack Si Tumit Pegas,,,tp jd penasaran jg soal si "Penyerang Siluman" yg lain di atas...kpn2 dibahas jg Bang E.
    I Hope So hhe...

    -Eagle Wing-

    ReplyDelete
  44. dari Tresna Asti

    iya ya.. Mana kak myheart? Dea, mbak Dee, anak kucing, kraken, myhead, mybrain, kak nakashima, kak chris, lica, sapa lg y, ms.terry, mbah ware, dwiero, hmm, perasaan banyak.. Kemana?? Kemana??? KEMANNAAA AA A..???
    *efek gaung

    pasti pada sibuk..
    =,=a

    iya Kak Enigma.. Sama kyk komen diatas.. Kenapa ya 'JACK'?? Kenapa ga Darwin, William, ato Tompel aja namany? Apa Jack si tumit pegas itu inspirasi Jack the ripper? Yg mana duluan?
    Haih.. Haih.. Semoga di Indonesia ga ad yg kyk gne..

    ReplyDelete
  45. @ kirei: mencoba menjawab, kenapa korbannya wanita? secara psikologis, di tahun kejadian ini terjadi, atau di tempat dukun AS beraksi, posisi wanita belum sekuat sekarang dikota-kota besar, mereka banyak yang belum dibekali pengetahuan baik, untuk mempertahankan diri maupun untuk berekasi terhadap penipuan dan pelecehan, makanya tindak kriminal korbannya lebih banyak perempuan
    1. mereka tidak bisa mempertahankan diri, gampang kaget, mudah panik, apalagi karena sudah beredar cerita sebelumnya --> ini yang disukai jack si tumit pegas, karena maksudnya tampaknya memang cuman menakut-nakuti
    2. kalo korban melawan, gampang melumpuhkan karena fisik wanita dianggap lebih lemah dan biasanya tidak dibekali dengan kemampuan bela diri yang baik. Coba terjadi dengan pria, paling tidak pria jaman dulu selain memiliki fisik kuat, biasanya malah memiliki senjata
    gimana Mr.E? :)

    ReplyDelete
  46. kok critanya mirip wolverine ya ???? hidung dan telinga mancung , menyerang di malam hari , dapat meloncat tinggi . wew .

    hha .

    mantap bro

    ReplyDelete
  47. nice info Bro Enigma !!!

    knp saya g prnah comment 30 besar ??

    ReplyDelete
  48. Seandainya si Jack ini manusia bukan makhluk misteri kenapa ya di jaman modern ini belum ada yang menemukan sepatu pegas yang bisa di pake dg sempurna untuk melarikan diri dr kepungan kan bisa di patent kan tuh HI..HI..HI

    ReplyDelete
  49. si jack ternyata orang jail dengan peralatan canggih.. masuk akal juga tu teori
    bro bahas konspirasi lagi dong..

    .pufu.

    ReplyDelete
  50. kok kayaknya hampir sama dengan mothman ya?

    ReplyDelete
  51. waktu si jack gk muncul 20 tahun pasti waktu di saat pemakai aslinya sakid atau mati ..
    dan muncul lagi jack tersebut .. mngkin di selang waktu itu , barang jack di terus kan oleh seseorang yg pnya ikatan dengan pemeran asli dari jack .. mngkinkah di telusuri mati dimana dan tahun berapa ..

    ReplyDelete
  52. killer kangaroo on the prawl

    ReplyDelete
  53. ...Tiba-tiba makhluk itu meludah, namun yang keluar dari mulutnya adalah lidah api berwarna biru...

    kok mndadak ane inget Trio Detektif yah, tp lupa judulnya...heheheee....
    imajinasi ane makhluknya ky yg di Jeepr Creepr, tp kakinya ky di film alien, aliennya tyt si bocah...maap, lupa lagi judulnya; klo g salah yg maen Will Smith...

    ReplyDelete
  54. cuma buat nakut - nakutin? biar eksis kali ya...
    terbukti ampuh!

    ReplyDelete
  55. keren banget postingan nya..
    saya suka yg begini
    singgihsatch

    ReplyDelete
  56. Sebelumnya, jack the ripper, kemudian jack si tumit pegas, lalu "jack" apalagi yg akan muncul?

    Sepertinya kehidupan di Inggris, khususnya di London, begitu buruk shg membuat penghuninya jadi sinting dan melakukan hal2 gila.

    ReplyDelete
  57. mantab bro E...
    wah.. postingan2 punya editor tersendiri ya, maksudnya dari para reader..
    tapi ko' aku ga' pernah dapet pertamax ya Bro.. biasanya postingan di upload kapan siy bro E..
    Trims...

    ReplyDelete
  58. Ini label post favorit saya, very nice, dan terima kasih atas link nya bro

    ReplyDelete
  59. Ngarep PERTAMAXX... tp di comment 60 an .. Haha..
    tp lumayan mejeng di Pejwan ..

    Paling juga orang yg punya kemampuan lompat tinggi aj .., lagian di jepang juga banyak yg bisa lomat tinggi, di Indonesia juga dari dulu banyak buktinya ada kebuadayaan lompat batu di nias.,

    ReplyDelete
  60. saya si lebih sependapat sama perspektif soal histeria massa kaya kolor ijo..

    yang patut diperhatikan, ada peristiwa sosial apa yang sedaqng mewarnai kota london pada periode itu.. biasanya histeria massa semacam kolor ijo, santet, dll terkait erat dengan kecemasan sosial masyarakat..

    ReplyDelete
  61. Tadi siapin aja jala ama jebakan laen, biar begitu lompat, dia ketangkep

    ReplyDelete
  62. @ibnu nadzir
    bener juga pendapat kamu
    bisa jadi ada kejadian yang menyebabkan histeria masa pada tahun 1837 (penampakan pertama)
    setelah ngubek2 google ketemunya tahun itu charles darwin buat buku..
    ada hubungannya gak???

    ReplyDelete
  63. Muke_Gile said....

    Saya sangat2 setuju bahwa kasus diatas murni merupakan ulah oknum MANUSIA BIASA,jd sama sekali bukan Cryptid ataupun sebangsanya,,,
    Salah satu indikator yg paling mencolok adalah adanya JEJAK2 PERALATAN MEKANIS oleh pelaku (Para Cryptid tdk prnah menggunakan bantuan alat apapun dlm aksinya)...
    Yg sedikit mengecoh sebagian dari kita adalah adanya paham bhwa pd jaman2 dahulu kemajuan sains msh susah menciptakan fenomena2 tersebut,,pdhl pandangan itu SALAH BESAR,cz kemajuan ilmu alkimia dari jaman dahulu pun tak perlu diragukan lg adanya,sbgai contoh :
    Untuk membuat semburan api biru sangatlah mudah,tinggal menambah unsur Cessium komposisi tertentu pd elemen api maka akan dihasilkan efek warna biru dgn mudahnya,,begitupun untuk memanipulasi api mnjadi warna2 lain :
    Lithium (Li) : Merah tua
    Kalium (K) : Ungu
    Kalsium (Ca) :Jungga Merah
    Natrium (Na) : Kuning
    Barium (Ba) : Hijau
    Rubidium (Rb) : Merah-biru
    Srontium (Sr) : merah bata
    Cesium (Cs) : Biru
    Dan saya yakin untuk kemampuan2 khusus lainnya pun akan bisa dibedah dgn metode & sudut pandang sains yg tepat...
    The point is : Qta tdk boleh memandang rendah kemajuan ilmu pengetahuan/sains hnya dgn menggunakan waktu kejadian sbgai acuannya (bhkan yg dulu dianggap sihir pun trnyata G lebih dari manipulasi sains)....

    Yahhh,,paling engga itu dr sudut pandang saya...
    (-_-) Zzzz.....zzz...

    ReplyDelete
  64. Muke_Gile said....

    Berikutnya Qta beralih ke MOTIF...
    Salah satu metode pengungkapan sebuah motif peristiwa (Khususnya peristiwa berantai) adlh dgn cara mempelajari PROFIL KORBAN,,kalau diantara sebagian besar korban terdapat keterkaitan yg terpola,maka investigasi lanjutan bisa mulai diterapkan untuk kemudian mengungkap Siapa Pelakunya (PROFIL KORBAN & PELAKU BIASANYA SALING MENGUNGKAP)...
    Tapi kalau Profil korban2 tersebut benar2 RANDOM,,maka kemungkinan terbesar adlh pengalihan issue (walaupun msh ada kemungkinan lain),,,untuk itu bisa dicari ruang lingkup (Scope) dari efek histeria yg ditimbulkan,,kalau efeknya beredar terlalu luas maka biasanya merupakan pengalihan opini publik atas sebuah issue nasional,dgn skala lbh kecil maka hnya peristiwa "lokal" lah yg ingin dialihkan....

    Sekian teori ala detektif ngasal saya,,jika bnyk salahnya mohon dimaafkan,yg pnting jgn dilempar sendal,,,
    Ada yg mau menambahkan ??

    ^_^

    ReplyDelete
  65. salam misteri bung enigma, keluar dari topik nih, btw mau tanya komentar bung enigma terhadap berita dan photo ular naga di sungai mahakam kutai barat....hoax banget ya? trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  66. Oryza Sativa said.....
    gag banged deh nge"rape" pake cara begituan....
    bener-bener makhluk yang sama tidak bagusnya dengan kolor ijo...
    ilmiah dan iptek dipake buat hal tidak bagus sementara kolor ijo hanya untuk dapat ilmu hitam....
    100 jari tengah untuk keduanya....

    murka mode on.....

    ReplyDelete
  67. bang enig lagi sibuk ya ??

    ko keknya aga lama y kluar artikel yg baru...

    ato prasaan aku aja ya...hmm..selalu g sabar klo nggu postingan dr bang enig nih

    cah jogja

    ReplyDelete
  68. Yuhuuu Bang Enig Ma, bagaimana pendapat anda tentang komentar saya di Nomor 25 itu :)))))


    T-T Salam Misteri

    ReplyDelete
  69. @MJ: kynya g berlebihan klo trkesan melulu "Jack"...org2 Inggris sptnya trbiasa dgn Jack, sbgmana org2 betawi dgn Bang, org Jawa dgn Mas etc...bendera aja Union JACK...
    cmiiw...
    (maap, numpang pake...heheheee...)

    ReplyDelete
  70. bos E! ko dr hape ga bsa coment seh? pdhal gw dr dulu pembaca setia blog u.. n bersemangat bgt tuk bisa coment! cm berhubung bukanya lwat hp jd ga bisa coment...


    babazzz

    ReplyDelete
  71. Bro En, gambar tong sampah d stiap akhir comment fungsiny utk ap?

    ReplyDelete
  72. @dee: fungsinya utk menghapus komen yg sdh dipublish. Tp kalau km klik, yg hilang cm isi komen (digantikan dgn tulisan: this comment has been removed by its author - krg lbh spt itu), sdngkan nama kamu tetap ada.

    ReplyDelete
  73. cocok jadi musuhnya Batman!! hahaha..
    nice posting bro!!

    ReplyDelete
  74. klo jaman sekarang mah udah alat tumit pegas.
    banyak dijual di tv media.hehehe

    ReplyDelete
  75. jadi mau niru biar jadi spring heeled indonesia

    ReplyDelete
  76. BRO TOLONG TULIS KONFIRMASI TENTENG KEMATIAN PASTOR BOB OLD DONG , APA ITU BENERAN ATAU CUMAN HOAX

    ReplyDelete
  77. wah, aku baru tau soal crita ini bang...jd gak bs komen nih...
    serem jg sih..

    ReplyDelete
  78. @Andika: Dengan menyebut nama hominid CRYPTID, artinya kamu juga memasukkannya ke dalam dunia Cryptozoology. Istilah hominid juga sering merujuk kepada makhluk cryptid berjalan tegak seperti bigfoot. Menurut saya, Jack ini lebih masuk ke manusia iseng biasa, bukan cryptid. Karena itu saya memasukkannya ke label oknum misterius, bukan makhluk misterius.

    ReplyDelete
  79. Woow..mungkin Jack merupakan pemain PARKOUR pertama di Dunia

    ReplyDelete
  80. bro En: smua komentator punya otoritas buat ngapus komen? kok skrg ud ga da tong sampahny? :P

    ReplyDelete
  81. Kamu hrs menggunakan browser yg sama dgn waktu km komen. Kalau nggak muncul jg, mungkin hrs direfresh.

    ReplyDelete
  82. My Brain atau my mind bertanya :

    Bung En...apa mksd dr kata bung e diatas ttg :
    "Argumen lainnya yang cukup menguatkan teori ini adalah keberadaan Marquess yang sesuai dengan munculnya serangan-serangan Jack". apakah pada saat org2 sedang mengejar2 si jack tiba2 si marquess jg slalu muncul dkt situ gitu ya?

    ReplyDelete
  83. Mas enigma, mana update tentang Andrew Carlssin? S

    ReplyDelete
  84. @mybrain atau mymind: maksudnya pada saat terjadi serangan di sebuah kota, pada tanggal itu, marquess jg sedang berada di kota itu.

    ReplyDelete
  85. @1234: saya percaya carlssin cuma tokoh fiktif. Sumber kisahnya tdk reliable. Tp memang agak susah membuktikannya.

    ReplyDelete
  86. mmm...bagus, bagus..buat tambah pengetahuan...

    oh ya, bang enigma, Minta tolong dong untuk penjelasan tentang malaikat di atas kabah. Maaf kalo ini agak berbau agama... Setidaknya ada penjelasan yang lebih tentang hal ini. Saya pernah membaca di artikel orang lain, bahwa itu hoax, tapi tdk ada penjelasan yg lbh mendalam. Klo ini bener hoax, penjelasannya seperti apa, dan klo ini bener, penjelsannya spt apa.

    Thx.

    ReplyDelete
  87. I think I'm fall in love to u...:))

    ReplyDelete
  88. Oryza sativa ngomong...
    Msalahnya klo bang, mas ato uwak bahkan om itu kan SEBUTAN ato PANGGILAN yg kmudian diikuti dengan nama orangnya
    Smentara kata JACK itu merujuk pada sebuah NAMA (y gak si?)
    Yg kasian klo punya nama JACK beneran, namanya udh dibandrol bt nama penjahat
    Trus tingkah Jack si tumit pegas yg mgkn mmbnuh tdk ktauan,shg dianggap ulah Jack the ripper...


    horas bah

    ReplyDelete
  89. memang jack si tumit pegas itu bner bner ada apa ya?
    gw seneng bahas bahas ky gini nich..

    ReplyDelete
  90. wah da ''spring heeled jack'' prnh baca komik barat di perpus tentang itu..,tpi kisahnya orngny baik...

    ReplyDelete
  91. Hem.. disitu dikatakan jack ditembak dan tidak berpengaruh... jdi dia jga pake baju anti peluru yah ..?

    ReplyDelete
  92. bangsawan + peralatan aneh = si (sori-sori) jack

    sepintas terdengar seperti batman.
    mungkin yg bikin batman terinsirasi dari si jack.
    mungkin.

    thx, for the good post, enigma.

    ReplyDelete
  93. hmm, sepatu berpegas emang bisa dibuat pada waktu itu..tapi, bagaimana cara mereka membuat lidah api n mata berwarna merah yg menyala ya? teknologi zaman dulu kan belum secanggih sekarang..

    haha, just wondering
    ~the lonely wolf~

    ReplyDelete
  94. @Anonymous no.95: bisa juga berarti tembakan itu tidak mengena.

    ReplyDelete
  95. ijin share maz.. ^^
    bagi2 pengetahuan sm temen2 hehehe

    Keep Posting Mr. E!!! b^O^d

    ReplyDelete
  96. enigma klo jawab jgn pilih2 duonk,ketahuan bgt ilmu lo cetek.masa yg dijawab cm pertanyaan yg ecek2 tp pertanyaan yg bnr2 bagus gak dijawab..?!

    ReplyDelete
  97. Bang enigma, ad yg ngganggu pikiran saya nih..
    bisa gga tampilin artikel tentang Penyebar gas gila dari Matton ataw Badut Siluman..

    kyk'a seru tuh cerita'a..
    thx before..

    By : Koe-Chink

    ReplyDelete
  98. menarik ada sebuah cerita lama, disekitar perbatasan kalimantan timur bagian utara, khususnya dikawasan sekitar wilayah bulungan, (termasuk sekitar kawasan kabupaten tanah tidung, malinau dan nunukan sebelum pecah dari bulungan0, saya pernah mendengar beberapa cerita orang tua dulu.

    bahwa ada beberapa kejadian ganjil, tentang kegiatan "head hunting", menariknya, menurut informasi, pelakunya bukanlah orang2 dayak, -karena mereka sudah lama meninggalkan hal itu- melainkan orang-orang bertubuh besar, berkulit putih.

    dalam setiap kejadian, sipelaku membunuh korban untuk mendapatkan bagian "Head" korban, tidak dengan parang, melainkan sebilah gunting besar, biasanya si korban disergab dalam keadaan sendirian di jalan, didahului dengan sorotan sinar senter, anehnya siapapun yang mengenai sorotan itu, tubuhnya kaku tidak bergerak, saat itulah si pelaku melakukan aksinya. menariknya menurut cerita2 yang ada, sipelaku berlari tidak seperti orang biasa, karena sepatunya dilengkapi semacam per atau pegas, pernah kejadian naas mengenai sipelaku yang hampir menagkap seorang gadis dayak disekitar pinggiran sungai, namun sigadis selamat karena menjerit, dan jeritan itu didengar orang kampung, sipelaku hampir lolos, andaikata, sepatu yang diguanakannya ternyata nyangkut dilupur. maka khatamlah nyawa sipelaku.

    cerita ini saya dengar dari beberapa orang tua yang saya kenal, khususnya dulu terjadi disekitar kawasan tidung pala dan sekitarnya.

    by zaky

    ReplyDelete
  99. wah dari deskripsi ceritanya peralatan yang dipake si jack mirip kek sepatu 'powerskip'. Mungkin ide pembuatan sepatu powerskip berasal dari cerita ini ya?
    sekarang udah banyak yang pake sepatu gitu, kalo yang udah jago makenya keren loh.

    ReplyDelete
  100. kalo emang bener Jack bisa buat alat semacam sepatu powerskip, ujung sepatu nya kecil, jadi bisa jadi jejak kaki di devon emang bener ulah dari spring heeled jack. hmm menarik juga.

    ReplyDelete
  101. Selama perang dunia II, para prajurit Jerman dilaporkan pernah menggunakan pegas pada sepatu mereka. Ketika mereka menggunakannya, yang didapat adalah kaki dan tumit yang patah.

    :D
    hahaha

    ReplyDelete