Friday, February 18, 2011

Benarkah ada monster di danau Windermere? Foto makhluk yang dianggap sebagai Bownessie muncul ke publik

Legenda Bownessie kembali muncul ke permukaan seiring dengan didapatkannya foto yang menunjukkan sebuah objek dengan empat punuk di danau Windermer.


Danau Windermere adalah danau alam terbesar di Inggris yang terletak di kota Bowness. Ia memiliki panjang 16 kilometer dengan lebar 1,5 kilometer. Kedalamannya adalah 66 meter. Mencari seekor monster pada danau sedalam itu memang bukan tugas yang mudah.

Namun, Tom Pickles, 24 tahun, seorang lulusan IT, berhasil mendapatkan foto yang mungkin menunjukkan makhluk misterius itu. Ia mengatakan kalau makhluk itu berukuran kira-kira sepanjang tiga mobil dideretkan.

"Sangat mengerikan sehingga kami memutuskan untuk segera kembali ke pantai." Katanya.

"Awalnya kami mengira kalau itu adalah seekor anjing. Namun kami melihat makhluk itu jauh lebih besar dan bergerak dengan sangat cepat, sekitar 16 km/jam. Setiap punuknya bergerak diiringi riakan air."

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, penampakan Tom tercatat sebagai penampakan kedelapan makhluk yang disebut Bownessie ini.

Tom mengaku menyaksikan makhluk itu selama 20 detik. Saat itu kondisi danau sedikit berkabut. Ia menambahkan: "Saya bisa melihat kalau makhluk itu memiliki tubuh yang besar karena bayangannya."

"Kulitnya seperti anjing laut, tetapi bentuknya sangat tidak normal - yang pasti tidak seperti hewan manapun yang pernah kulihat sebelumnya."

Teman Tom yang saat itu bersamanya, Sarah Harrington, 23 tahun, berkata: "Bagi saya, makhluk itu terlihat seperti ular yang sangat besar. Ia membuat kami ketakutan."

"Aku hanya melihatnya untuk beberapa detik, namun yang ada di pikiranku adalah bagaimana kami bisa keluar dari danau itu secepatnya."

Tom dan Sarah adalah pasangan yang bekerja pada CapGemini, sebuah perusahaan IT di Shrewsbery. Mereka sedang berperahu di danau ketika melihat makhluk itu.

Foto yang diambil Tom sesuai dengan deskripsi penampakan tahun 2006 yang dilaporkan oleh jurnalis bernama Steve Burnip.

Steve mengaku senang karena akhirnya ada yang bisa mengkonfirmasi penampakannya. Katanya: "Saya tahu apa yang saya lihat dan itu sangat mengejutkan. Makhluk itu memang memiliki empat punuk. Apa yang saya lihat lima tahun yang lalu dengan makhluk di dalam foto ini memang sangat mirip."

Saksi lain yang pernah menyaksikan monster itu adalah pemilik hotel di Windermere, Thomas Noblett. Ia sedang berenang di danau itu ketika mengalami sesuatu yang aneh.

Thomas mengingat kembali kejadian waktu itu:

"Tiba-tiba aku merasakan ada sesuatu yang menyentuh kakiku, rasanya seperti ikan yang besar. Lalu aku terangkat oleh ombak setinggi 3 meter. Aku benar-benar tidak mengerti apa yang sedang terjadi."

Di lain waktu, sekelompok tim pemburu monster sedang menjelajahi danau itu dengan peralatan sonar. Kemudian, mereka menemukan riak air sepanjang 14 meter, namun tidak bisa menemukan apapun pada layar sonar.

Lalu, pada tahun 2010, seorang kru televisi juga melihat dan merekam riak air misterius di danau itu. Tetapi tidak ada yang bisa memastikan apakah riak itu disebabkan oleh Bownessie atau bukan.


Seorang fotografer bernama Linden Adams, 35 tahun, juga pernah memotret objek gelap di dalam air. Adams sedang berjalan-jalan di tepi danau bersama istrinya ketika ia melihat objek gelap itu. Ia memperkirakan objek itu memiliki panjang sekitar 15 meter.

Jadi, foto yang didapat Tom Pickles adalah foto terbaru makhluk misterius itu. Menurut banyak orang, foto Tom adalah foto Bownessie yang terbaik yang pernah didapatkan.

Ketika dimintai pendapatnya, ahli fotografi dari Lancaster, David Farnell, mengatakan bahwa ia tidak bisa menyatakan dengan pasti kalau foto ini adalah sebuah hoax. Ia mengatakan kalau foto ini adalah foto Bownessie dengan kualitas terbaik yang pernah ia lihat.

Namun, ia juga mengekspresikan sedikit keraguan.

"Foto itu tidak terlihat seperti foto yang nyata karena diambil menggunakan ponsel. Ukuran filenya terlalu kecil sehingga sulit untuk menentukan apakah foto itu telah direkayasa atau tidak."

Paling tidak foto yang didapat Tom telah membangkitkan gairah para pemburu monster untuk kembali menjelajahi danau Windermer.

Namun, banyak juga yang skeptis. Misalnya
Dr.Ian Winfield, seorang ahli ekologi dari Universitas Lancaster. Menurutnya hewan dengan ukuran tiga mobil tidak akan bisa bertahan di danau Windermere.

"Ada kemungkinan kalau yang dilihat hanyalah seekor ikan lele besar dari Eropa Timur dan orang-orang telah salah menilai ukurannya."

Nigel Wilkinson, direktur Windermere Lake Cruises, juga setuju. Ia mengatakan kalau perusahaannya telah melayani turis-turis yang ingin menjelajahi danau Windermer selama lebih dari 100 tahun dan mereka belum pernah melihat ada satu hal pun yang aneh di danau itu.

"Kami telah mengangkut 1,3 juta orang - itu sama dengan 2,6 juta bola mata - dan tidak ada satupun dari mereka yang pernah menyinggung mengenai Bownessie."

Pernyataan ini cukup menarik karena umumnya perusahaan yang bergerak dalam bidang pariwisata akan senang dengan publisitas seperti ini.

Ellis Butcher dari dewan pariwisata Cumbria mengatakan sesuatu yang senada dengan Mr.Wilkinson. Namun ia menanggapinya dengan sedikit lebih positif.

"Kenyataannya Windermere dan Bowness adalah tujuan wisata yang sangat populer dan kami tidak butuh tipu muslihat untuk menarik kunjungan wisatawan."

"Namun, ketika musim wisata sudah dimulai pada tahun ini, saya kira, industri pariwisata kita tidak akan dirugikan oleh berita semacam ini."

Baca juga: Misteri monster danau Cameron.

(dailymail.co.uk, news.sky.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

68 comments:

  1. pertamax om

    waah,namanya kom mirip2 nessie ya,hehe

    ReplyDelete
  2. a12g4p5 pertamax gan

    ReplyDelete
  3. err... kelima nih?

    #mintapenyihir

    ReplyDelete
  4. wah...lagi2 foto buram...


    Ms. Terry

    ReplyDelete
  5. pake eror segala, jd ga pertamax, kapan ya bnr2 di ketemukan makhluk raksasa yg masih hidup, dinosaurus yg masih bertahan gitu..., bukan cm foto yg bikin heboh sesaat

    ReplyDelete
  6. masuk sepuluh besar :)

    saatnya baca dulu.


    by:
    Eris-Wald

    ReplyDelete
  7. Ini hanya pendapat saya bung. Sepertinya setelah saya melihat gmbar monster berpunuk 4 tu lebih mirip mndekati naga sebab seperti yg saya lihat pada gambar plenosaurus itu tdk memiliki punuk. Ato mungkin saja itu kayu yag sdg mengambang. Dulu kan pernah ada identifikasi foto yg menyatakan gambar yg hmpis sama tau2 hanyalah sebuah bongkahan kayu saja.

    ReplyDelete
  8. keberapaks ajax ga papaxs.... di indonesia ada ga seh monster laut model kya gini?

    ReplyDelete
  9. nigel terlalu percaya diri, hehe, di danau sebesar itu bisa menampung apa saja, pernah melihat atau tidak, cuma masalah keberuntungan

    nice post bang


    ufo believer

    ReplyDelete
  10. @Blog Doodey: naga? itu teori yang sangat radikal.

    ReplyDelete
  11. Si nessie lagi bosan di Loch-ness deh kayaknya bro ,makanya dia nyari angin ke danau lain...hihihihi

    ReplyDelete
  12. Bownessie, mermaid, kraken, monster bawah laut, segitiga bermuda, merupakan sebagian kecil dari misteri perairan. karena perairan dibumi lebih besar dibanding kan daratan, 70% : 30%. dan hanya 0,5% yang telah terjamah manusia. ada banyak hal yang belum diketahui manusia tentang perairan dan makhluk-makhluk didalamnya,
    namun terkadang misteri seperti ini justru kadang dibesar-besarkan oleh manusia yang mencari sensasi, dengan membuat foto atau keterangan palsu. nah ini dia yang bikin repot, ya kan Mr.E
    well, kalau menurut aku sih mungkin aja ada sejenis hewan yang mendiami Danau Windermere itu. ingat kan ada pepatah yang mengatakan "tidak ada asap jika tidak ada api" (kalau ngga salah sih gitu pepatahnya, hehehe)

    ReplyDelete
  13. kalau itu hanya sebuah danau, maka bisa di riset lebih mudah dg detektor sampai batas kedalaman danau atau pun dg para/mesin penyelam. jika tidak diketemukan jg maka hewan aneh tersebut hanya ilusi optik saja. itu menurut saya ka Enigma

    blogenigma

    ReplyDelete
  14. Hhm.. D danau Toba ada gk yha..?
    Hha

    ReplyDelete
  15. molotoft

    msh lum pertamaxxx


    bca dlu ah...

    ReplyDelete
  16. meskipun takut tp kdg2 pgn juga pny pengalaman liat hal2 aneh ky monster gni..hehehe

    debby

    ReplyDelete
  17. kesimpulannya gimana bang.E??
    sedikit dari saya bang,
    pada pernyataan Tom
    "Awalnya kami mengira kalau itu adalah seekor anjing. Namun kami melihat makhluk itu jauh lebih besar dan bergerak dengan sangat cepat, sekitar 16 km/jam. Setiap punuknya bergerak diiringi riakan air."
    tetapi sarah mengatakan.
    "Bagi saya, makhluk itu terlihat seperti ular yang sangat besar. Ia membuat kami ketakutan."

    mereka melihatnya secara besamaan, apakah penglihatan mereka berbeda? sampai mereka mempunyai pernyataan yang berbeda pula?
    CMIWW

    ReplyDelete
  18. molotoft


    klo dilihat, kyk ny ga mgkin itu bongkahan kayu... mslahnya ada riak air yg mnjukan seolah2 objek bergerak. kcuali klo itu bongkhan kayu yg di tarik pake tali.

    saya stuju foto di atas di ktakan lbih mirip sperti seekor ikan yang besar. bisa jadi ada ikan besar yg blum di ketahui jenis nya, yg kbetulan mempunyai 4 punuk.....
    tapi ada seswtu yg jdi prtnyaan bgi sya...
    background foto nya knpa kyk bnyak asap gitu ya.... kyk nya sperti foto di kawah gunung merapi gtu.... trus, klo dia ngliat slama 20 detik... knpa cuma 1x foto.... minimal dia bisa jepreet 5x...

    hmmmm.....

    ReplyDelete
  19. Itu Nessie? Somehow aku percaya memang ada.
    (aku nggak punya bukti, ini cuma komentar bodoh, lol).

    ReplyDelete
  20. @fauzieuy: Kesimpulannya belum ada bro. Soal perbedaan Sarah dan Tom, menurut saya itu bukan karena penglihatan yang berbeda, melainkan persepsi yang berbeda.

    @molotoft: benar sekali. backgroundnya seperti berasap karena kondisi danau yang berkabut. informasi ini sudah saya tambahkan ke tulisan di atas.

    ReplyDelete
  21. gambar pertama (4 punuk) kok ky ekor buaya ya? mungkin krn keadaanny berkabut jd sesuatu yg letakny ddekat jd terasa jauh & kliatan besar

    ReplyDelete
  22. kok ga dapet alert email ya buat yang ini..?

    ReplyDelete
  23. Mr.E ane pnggemar blok anda.ngbaca blok anda+komen2 pnikmat blok anda mmbuat ane lbih mgetahui bnyak ilmu,biologi,fisika,sejarah n many more
    Ane mo tnya ne.plis djawab bgi yg mengetahui y..
    Simple j kok.knapa kecoak klo mati misalny kna rcun,dll(kcuali diinjek) kok matiny trbaring tdur trus sih..
    Sory klo prtnyaany g' brbobot

    ReplyDelete
  24. @anonymous 26: itu karena saya mempostingnya setelah jam alert. Kamu akan mendapatkan alertnya hari ini.

    @anonymous 27: sebenarnya bukan hanya pada kecoa, tetapi pada banyak serangga lainnya juga. Itu terjadi karena rigor mortis. Ketika menjelang ajal, otot kakinya akan menjadi kaku dan menyamping. Dalam kondisi kaki seperti itu, kecoa tersebut akan otomatis telentang.

    ReplyDelete
  25. Saya cuma lihat riak air itu tidak normal,...jarang ada ikan yang muncul dan berenang dipermukaan dalam satu garis lurus.cmiiw.

    Ikan lumba lumba besar misalnya, selalu timbul tenggelam dalam jarak 5-10 meter.

    But anyway, berita ini bisa menaikkan rating kunjungan turis ke danau Windermere.

    ReplyDelete
  26. namanya mirip nessie..........
    hmmm. . .
    ini penemuan yg baru bukan??atau udh lm?
    maav saya blum baca........
    baca dlu ahh

    ReplyDelete
  27. "Ada kemungkinan kalau yang dilihat hanyalah seekor ikan lele besar dari Eropa Timur dan orang-orang telah salah menilai ukurannya."

    kalo itu memang ikan lele, mana mungkin ikan lele mempunyai punduk seperti itu??
    atau memang ada ikan lele yg mempunyai punnduk seperti itu..
    tapi setau saya ikan lele tidak ada yang seperti itu (So tau MOde ON)
    trus kenapa tidak diteliti llebih lanjut aja ea?!

    ReplyDelete
  28. ini topik yg ku suka. Crypto!

    apa mungkin monster ini saudara mudanya nessie?

    ReplyDelete
  29. Ummz, yg pls sy curigai justru status 'lulusan IT' hahah..
    Apalagi tom dan sarah sama2 bekerja di perusahaan IT...
    Skeptis mode: on hahah
    Hoshihime

    ReplyDelete
  30. Om Enigma, kalau di twitter ko' informasi update blognya terlambat, beda sama di FB?

    uwais

    ReplyDelete
  31. apakah benar2 ada makhluk seperti itu,ko penampakannya cuma seperti itu, apakah tidak ada yang tahu/melihat ketika naik ke darat ?

    ReplyDelete
  32. yang memotonya orang lulusan IT...
    ap gk sedikit mencurigakan...
    klo orang IT kan pintar membuat foto editan/HOAX..
    gmn menurutmu enigma..??

    ReplyDelete
  33. @yulfan: tidak salah juga pendapat anda,, namun bila memang seperti itu mungkin orang itu memang sengaja dibayar , jadi urusannya hanya untuk viral marketing

    @enigma: om, viral marketing ini menurut saya, atau memang ada dinosaurus yg masih hidup di danau itu,hahaha



    52

    ReplyDelete
  34. Bang E. Saya mau tanya. Kmrn2 saya smpet buka2 youtube. Trus disitu da 1 video yang ingin saya tahu kebenarannya. Cba nanti klo bang E. da wktu luang tlong di liat.
    Jdul videonya "Ufo or something". Sbelumnya trima kasih.

    ReplyDelete
  35. masih banyak makhluk yang belum diketahui manusia atau bisa dibuktikan, tetapi saya percaya makhluk2 seperti ini memang ada.

    ReplyDelete
  36. molotoft

    bleh request ga om.
    kangeen sama tulisan om e ttg fenomena tubuh manusia. Random Event Gernerator kurang kental sama fenomena tubuh manusia. lebih mengarah ke lain2.

    ReplyDelete
  37. dear mr E. saya request tentang penyihir. sincerely, bener2 penasaran.

    ReplyDelete
  38. mungkin Leviathan lagi berenang :p

    ReplyDelete
  39. wah kalo dapet di goreng enak monster goreng

    ReplyDelete
  40. ada beberapa hal yang aneh didalam foto: 1)kejelasan gambar padahal di foto dgn camera hp dan dari jarak jauh 2) kedetail-an foto padahal objek bergeak dengan kecepatan tinggi 3) pergerakan objek yang stagnan atau tetap

    ReplyDelete
  41. boro boro menemukan kehidupan lain.., wong dunianya sendiri aja masih banyak yg belum ketemu.., haduh haduh...!

    ReplyDelete
  42. mantap...percaya aja deh...haha..

    ReplyDelete
  43. @uwais: saya share ke twitter duluan lho.

    @Bisma: ok

    @molotoft: ok

    ReplyDelete
  44. molotoft


    om e. confirm ya fb sya...
    biar bisa pertamaxxx.

    ReplyDelete
  45. werlington
    buayaaaa !!!!!
    hahahahahahahahaaaa
    aneh boz monster2 ky gini kok ga pernah ada terungkap yah?padahal zaman sekarang teknologi canggih2.jangankan monster yg gede,cari ikan teri yg kecil di lautan aja gampang di ditect (pake fishfinder).ini yg membuat ane sulit buat percaya boz...
    thanx boz enigma

    ReplyDelete
  46. cadborosaurus maybe ????

    ReplyDelete
  47. Sepertinya postingan ini kurang populer ya? masak udah 4 hari komentarnya (saat sy nulis) baru 51?

    Oooooiiii Wilhelmina, Oiiii Danial Made, kemana kalian? Komen2 kalian bermutu menurut sy

    ReplyDelete
  48. hmmm... jgn2 itu anaconda.. atau.. tsuchinoko raksasa.. ahahaha!!

    -U-

    ReplyDelete
  49. Jawaban pertanyaan postingan ini: TIDAK BENAR.

    case closed.

    ReplyDelete
  50. mngkin it adlh white sturgeon yg ukurannya bsar

    ReplyDelete
  51. cara jitu cari tahu tuh monster ato bukan sederhana,di pancing aja,pake mata kail yg agak gede trus kasi umpan,buat beberapa buah- karena variasi umpan,bisa ikan,cumi2 bahkan lumut XD (emank ikan nila hee.hhee)tapi gak ketutup kemungkinan kalo mahluknya herbivora,nah trus pasang aja pelampung yg gede dan berlampu kalo bisa tambah tag-RFID(chip buat bisa dipantau pake gps),trus biarin aja di dalem danao sampe beberapa hari kalo bisa sampe ada hasil.kata saksi mata di atas,liatnya pas ada kabut,bisa jadi sore hari ato pagi hari sblm jam 9,tuh jam2/waktu bagi ikan nyari makan pada umumnya dan tak sedikit yg sering ke permukaan,bahkan loncat,yg sering loncat ama kepermukaan biasanya ikan yg karnivora ngejar magsa kecil yg sering ada dipermukaan,biasa udang atao ikan kecil.dari sini menurutku tuh mahluk bisa dipancing XD,kalo bisa buat riak gitu dan bersirip yg nongol dipermukaan (sesuai foto di atas)tuh mahluk mmg dan pasti besar,soalnya bandeng ukuran kurang dr 80cm bisa buat riakan kek gt.maklum saya ini pancing maniak.nah kalo sudah ada yg teliti tuh danao tp gak ada hasil juga/tak tertangkap di sonar,jawabnya alternatif saya,kalo itu bukan sepenuhnya mahluk air,bisa jadi reptil,krn ada sirip atas-iguana air yg kek di galapagos bisa saja atau saja buaya.ya tentu saja tdk masuk akal XD,tp itu pendapat saya,kalo aja ku ada duit buat kesana da ku pancing dah.alternatif lain tuh hoax ^^ klo aku tinggal dekat sana dah ku buat kapal selam mainan. seharusnya tuh peneliti pake kapal selam mini aja yg bersonar-bila perlu pake lampu ama kamera,cemplungin ke danau,kalo juga gak nemu uda pasti hoax.demikian juga kasus neesie..XD maaf komen saya kepanjangan..ty enigma
    request/tanya dunk mas enigma, apakah ada hubungan fremason ama kembali nya org yahudi ke palestina setelah PD II,ama six days war.

    ReplyDelete
  52. bro enigma, kok foto punuk diatas mirip banget ya ama punuk Cadborosaurus di danau cameron.. liat deh foto Cadborosaurus di artikel tsb, ada punuk juga di leher belakangna...

    ReplyDelete
  53. cuma mau share link ini

    http://www.tempointeraktif.com/hg/sains/2011/03/06/brk,20110306-317937,id.html

    ReplyDelete
  54. Alloh maha besar apapun yang terjadi atas kehendaknya

    ReplyDelete
  55. Klo dilihat dari ekor ny seh rasanya mirip buaya y... (Mungkin cm perasaaan aq aj kali y??) :)
    Tp rasany ad yg aneh dg pernyataan thomas..
    Pada teks diatas terdapat kalimat
    "Saksi lain yang pernah menyaksikan monster itu adalah pemilik hotel di Windermere, Thomas Noblett. Ia sedang berenang di danau itu ketika mengalami sesuatu yang aneh.
    Thomas mengingat kembali kejadian waktu itu:
    "Tiba-tiba aku merasakan ada sesuatu yang menyentuh kakiku, rasanya seperti ikan yang besar. Lalu aku terangkat oleh ombak setinggi 3 meter. Aku benar-benar tidak mengerti apa yang sedang terjadi."
    kalau thomas benar2 menyaksikan monster itu, paling tidak dia bisa menggambarkan keadaan monster itu.
    Lagi pula, mau apa dia berenang sendirian di danau itu?? paling tidak, dia mengajak beberapa teman.
    Atau mungkin cerita dari thomas itu cuma hoax y bung enigma??

    by : Nacha

    ReplyDelete
  56. lloe smua kga tau apa "
    gua psti prcaya bnget di dunia ini pasti ada binatang misterius yg kita blom prnah temui hanya saja mreka takut pda kita .. (^_^)

    ReplyDelete
  57. wah itu itu pasti hantu...:D
    kalau menurut aku sih itu mungkin sebangsa Reptil serumpun sama buaya,,kalau dijawa namanya Nyambik bentuknya mirip buaya namun lebih kecil...

    ReplyDelete
  58. bro E.... coba anda samakan ama punggung buaya yg lagi berenang..... hampir sama....

    ReplyDelete