Saturday, May 28, 2011

Petualangan Kapal SS Jesmond dan penemuan Atlantis yang muncul dari dalam laut

Tidak ada yang tahu dimana letak benua Atlantis yang sebenarnya. Benua misterius yang disinggung oleh Plato ini memang tenggelam karena gempa dan saat ini dipercaya berada di dasar laut. Namun, pada tahun 1882, sebuah kapal dagang bernama SS Jesmond menemukan sebuah pulau yang sepertinya baru saja muncul dari dasar laut. Pulau itu dipercaya merupakan sisa-sisa peradaban Atlantis karena artefak-artefak yang ditemukan di atasnya.


Menurut legenda, pada tanggal 1 Maret 1882, kapal dagang Inggris seberat 1495 ton bernama SS Jesmond yang mengangkut buah-buah kering sedang dalam pelayaran rutinnya melintasi Samudera Atlantik. Kapal ini berangkat dari Messina, Sisilia, dengan tujuan New Orleans. Seharusnya pelayaran ini hanya menjadi pelayaran rutin bagi para awak, termasuk sang kapten kapal, David Amory Robson.

Pada saat itu, mereka baru saja melewati selat Gibraltar dan berada sekitar 200 mil sebelah barat Madeira dan di sebelah selatan Azores, kurang lebih pada jarak yang sama.

Kemana pun mereka melemparkan pandangan, hanya samudera yang terlihat. Namun, tidak berapa lama kemudian, mereka melihat sesuatu yang lain di permukaan air.

Tidak seperti biasanya, hari itu lumpur tebal terlihat menutupi permukaan air. Bukan itu saja, kapten Robson juga melihat ikan-ikan mati yang diperkirakan berjumlah setengah juta ton tersebar di area seluas 7.500 mil persegi.

Robson mengira sesuatu sedang terjadi di dalam perairan, tetapi ia tidak bisa memastikannya.

Ia memerintahkan sang juru mudi untuk terus menjalankan kapal, melewati jutaan ikan-ikan mati dan lumpur yang tebal.

Keesokan paginya, sesuatu yang aneh terlihat. SS Jesmond, yang saat itu masih berlayar sesuai dengan arah yang telah ditentukan, menemukan sebuah pulau misterius terbentang di hadapannya. Kapten Robson menyadari kalau pulau ini mungkin baru saja muncul dari dalam laut. Ia sudah biasa melewati jalur ini dan tidak pernah melihatnya sebelumnya. Lagipula, petanya menunjukkan kalau wilayah ini tidak memiliki daratan sama sekali.

Pulau itu berukuran besar, sekitar 30 mil dari utara ke selatan. Di atas pulau tersebut, terlihat adanya sebuah gunung yang mengeluarkan asap.

Pada saat itu, Kapten Robson menerima berita dari stasiun pemantau di Azores dan Canary yang melaporkan adanya letusan kecil gunung api bawah laut. Sekarang Robson yakin kalau aktivitas gunung itu telah menyebabkan kematian jutaan ikan dan munculnya lumpur misterius di atas permukaan laut. Karena itu ia berpikir kalau kemunculan pulau misterius di hadapannya mungkin juga dikarenakan aktivitas gunung berapi itu.

Rasa ingin tahu Robson mulai bangkit. Lalu ia memimpin sebuah tim kecil untuk menyelidiki pulau itu.

Ketika ia menginjakkan kaki di pulau itu, ia menemukan kalau tempat itu didominasi oleh basalt hitam dan sedimen tanah yang terbentuk dengan baik. Di atasnya juga terlihat banyak ikan mati, sama seperti di perairan yang mereka jumpai sebelumnya. Permukaan pulau itu kosong, tidak terdapat tanaman ataupun pantai yang berpasir. Selain itu, banyak terdapat celah-celah alami yang mengeluarkan uap secara konstan.

Tidak berapa lama kemudian, tanpa sengaja seorang awak kapal menemukan sebuah benda yang setelah diperhatikan dengan teliti ternyata sebuah mata anak panah.

Sekarang mereka menjadi lebih antusias.

Lalu mereka mulai menggali secara acak dengan semangat hingga kembali menemukan sejumlah mata anak panah bersama dengan pisau-pisau kecil.

Robson segera kembali ke kapal dan mengambil peralatan yang lebih lengkap. Kali ini ia juga membawa 15 orang sukarelawan. Menjelang malam, mereka telah menemukan artefak-artefak lain yang sangat di luar dugaan.

Mereka menemukan sebuah patung wanita yang dipenuhi oleh lumut. Patung itu diukir pada satu sisi batu dan ukurannya sedikit lebih besar dibanding manusia pada umumnya. Lebih jauh ke tengah pulau, mereka menemukan dua buah dinding batu. Di dekatnya, mereka menemukan sebuah pedang yang terbuat dari logam berwarna kuning yang tidak diketahui jenisnya.

Mereka juga menemukan mata tombak, mata kapak, cincin-cincin logam dan keramik-keramik berbentuk burung dan hewan-hewan lain. Lalu, mereka juga menemukan dua buah toples tanah liat besar yang didalamnya berisi sisa-sisa tulang dengan tengkorak manusia. Yang cukup luar biasa adalah penemuan sebuah sarkofagus dengan mumi di dalamnya.

Robson menyadari kalau mereka telah menemukan sisa-sisa peradaban masa lampau. Dan ini cukup luar biasa karena pulau itu sepertinya baru muncul dari dalam laut.

Ia ingin terus melanjutkan pancarian, namun cuaca mulai tidak mendukung sehingga ia memutuskan untuk kembali ke kapal dengan membawa semua artefak yang ditemukannya. Namun, ia berniat untuk kembali lagi. Jadi ia menandai posisi pulau tersebut di catatannya, yaitu 31° 25′ N, 28° 40′ W.

Ia memerintahkan untuk mengangkat jangkar dan melanjutkan perjalanan. SS Jesmond tiba di New Orleans pada tanggal 31 Maret.

Setelah tiba di New Orleans, penemuan pulau dan artefak-artefak misterius tersebut mulai terdengar oleh media. Lalu, sebuah koran lokal memberitakannya hingga kemudian menyebar ke seluruh negara.

Wartawan dari harian New Orleans Times Picayune yang mewawancari Robson menulis kalau ia telah diperlihatkan artefak-artefak yang ditemukan dan tidak merasa kalau benda-benda itu palsu. Wartawan itu juga mengatakan kalau kapten Robson berniat menyumbangkan semua artefak tersebut kepada museum Inggris.

Namun, kemudian semuanya menjadi misteri.

Pada tanggal 19 Mei, Robson diketahui kembali ke Inggris tanpa membawa penemuannya.

Sejak itu pula, keberadaan artefak-artefak tersebut tidak diketahui lagi.

Pada tahun 1940, kantor perusahaan pengapalan yang menaungi SS Jesmond, yaitu Watts, Watts and Company di Inggris, mengalami pengeboman oleh pasukan Jerman sehingga catatan perjalanan kapal SS Jesmond ikut hancur bersamanya. Jadi, para peneliti yang kemudian mencoba untuk menyelidiki klaim Robson tidak bisa menemukan apa-apa lagi. Selain itu, juga tidak ditemukan adanya catatan donasi dari Robson kepada museum Inggris.

Apa yang terjadi sebenarnya? Apakah kisah penemuan itu hanya rekayasa Robson?

Lawrence Hill yang pernah meneliti mengenai misteri ini cukup percaya dengan kisah Robson. Ia punya teori mengapa artefak tersebut tidak pernah terlihat lagi.

Menurutnya, nama logam kuning pada pedang yang ditemukan oleh Robson adalah Tumbaga, yaitu logam campuran yang terdiri dari 80% emas dan 20% tembaga. Logam jenis ini disebut Plato sebagai Orichalcum yang menurutnya banyak terdapat di Atlantis. Hill juga menyebutkan kalau Robson telah melebur pedang tersebut untuk mengambil emasnya. Ada kemungkinan kalau Robson telah mengurungkan niatnya untuk menyumbangkan penemuannya tersebut. Karena itu artefak-artefak tersebut tidak dapat ditemukan kembali.

Selain itu, pulau misterius yang dilihat oleh Kapten Robson sepertinya juga dilihat oleh Kapten James Newdick, kapten kapal The Westbourne. Saat itu, Kapten Newdick sedang berlayar dari Marseilles menuju New York. Namun, ia mencatat posisi pulau tersebut pada 5º 30′ N, 24º W, tidak terlalu jauh dari lokasi sebelumnya. Ini mengindikasikan kalau pulau itu mengapung atau memang ada dua pulau berbeda yang baru muncul dari dalam laut.

Lalu, peneguhan yang lain datang dari para awak kapal lain yang kurang lebih pada waktu yang sama berlayar melewati wilayah itu. Mereka juga melihat ikan-ikan mati di atas lautan. Kesaksian mereka mengenai ikan-ikan mati itu juga diberitakan di harian-harian lokal.

Jadi, ada beberapa aspek dari kesaksian Robson yang bisa dikonfirmasi.

Mengenai munculnya sebuah pulau dari dalam laut, itu pun bukan sesuatu yang aneh. Peristiwa geologi semacam ini sesungguhnya telah terobservasi beberapa kali. Misalnya, belum lama ini, sebuah pulau tiba-tiba muncul dari dalam laut di lepas pantai Pakistan. Para nelayan setempat melaporkan peristiwa ini pada tanggal 26 November 2010.

Di bawah ini adalah foto-foto satelit dari earthobservatory.nasa.gov yang menunjukkan sebelum dan sesudah kemunculan pulau tersebut.


Di bawah ini adalah screenshot dari permukaan pulau yang diambil oleh para nelayan Pakistan yang sempat mampir ke pulau tersebut.

Menurut NASA, pulau semacam ini memang biasa muncul dan kemudian segera menghilang karena tertelan ombak.

Jadi, kesaksian Kapten Robson mengenai perjumpaannya dengan pulau yang muncul dari dalam laut juga bukan sesuatu yang mustahil. Namun, apakah benar dia telah menemukan sisa-sisa peradaban manusia di dalamnya? Soal ini memang tidak bisa dikonfirmasi oleh bukti lain selain kesaksian Robson dan wartawan yang mewawancarainya.

Klaim mengenai Atlantis sendiri datang dari Plato dalam bukunya Timaeus dan Critias.

Jika Atlantis benar-benar ada dan bukan hanya karangan Plato, maka lokasi yang paling mungkin memang tempat dimana SS Jesmond melihat pulau misterius tersebut. Menurut Plato, Atlantis terletak di seberang Pilar-Pilar Herkules yang merupakan sebutan kuno untuk Selat Gibraltar.

Jika pulau yang dilihat Robson memang bagian dari peradaban Atlantis, mungkinkah suatu hari ia kembali muncul dan menjawab seluruh keraguan kita?

Baca juga: Legenda Atlantis yang sesungguhnya menurut Timaeus dan Critias.

(the atlantis encyclopedia, atlantisonline.smfforfree2.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

126 comments:

  1. pertamax bukan ya? hehe :p

    ReplyDelete
  2. Wah berarti bisa ketemu sama Aquaman dan Aquanus ya :)

    ReplyDelete
  3. Wew, kirain udah paling cepet.. ternyata cepet bgt ya responnya..

    ukay, baca dulu!!

    ReplyDelete
  4. yes! Sepuluh besar XDDD ,jd tmbah penasaran ma benua 1 nie bang. Ckckck

    ReplyDelete
  5. hmmm memang kemungkinan pulau itu adalah atlantis, karena artefaknya merupakan senjata senjata perang primitif dan juga kemungkinan patung dan tembikar-tembikar itu bekas-bekas ritus keyakinan mereka, namun yang saya kaget ya penemuan Orichalcum dalam bentuk pedang, belum pernah saya mendengar ada pedang yang terbuat dari bahan yang begitu unik, waw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut para ilmuan Atlantis adalah peradaban yang sangat maju mulai teknologi, budaya dan kepintaran orang-orangnya. Atlantis bukan primitif seperti yang anda pikirkan.

      Delete
  6. Wowww..... Good posting bro,

    run-now

    ReplyDelete
  7. apa penyebat pulau itu muncul ya? apa mungkin naik begitu saja atau karena air laut waktu sedang surut? wah bang Enigma pinter kalo buat postingan. . .heu

    ReplyDelete
  8. Inspirasi Plato dari mana ya sampe bisa membuat sebuah legenda Atlantis??

    ReplyDelete
  9. 10besarrr
    ::wira::

    ReplyDelete
  10. om e kok skr g d selidiki sih bawah laut tempat di temukan ny pulau tsb siapa tau pulau itu saat di tinggal kan tenggelam lagi.

    by.zombie

    ReplyDelete
  11. Keep posting... :)
    Oh ya, bagaimana mengenai pendapat sebagian orang dan peneliti yang menyatakan bahwa Indonesia mungkin adalah bagian dari Atlantis yang hilang?
    Menurut Bang E, apakah ini merupakan satu argumen yang lemah atau kurang berdasar?

    ReplyDelete
  12. apa penyebab munculnya pulau tersebut y? apa muncul gitu aja? apa karena air laut tengah surut waktu itu?
    bang enigma artikel'nya slalu menarik uy. . .

    ReplyDelete
  13. @Taufiq Bashori: Menurut saya pribadi, itu memang argumen yang lemah karena mengabaikan lokasi Atlantis menurut Plato, yaitu di seberang Pilar-pilar Herkules yang sejak abad ke 3 SM telah merujuk kepada Selat Gibraltar. Lagipula, tidak ada catatan kalau penduduk Indonesia kuno menyembah dewa Poseidon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah Plato orang yg bisa dipercaya?

      Delete
  14. misteri meamng membingungkan

    ReplyDelete
  15. dapat ilmu baru lagi nih bang E

    rastaman

    ReplyDelete
  16. Weleh.. cuman 25 besar..

    ReplyDelete
  17. menarik banget bang, saya baru tahu ada pulau terapung semacam itu.

    tetap semangat bang :)


    ufo believer

    ReplyDelete
  18. wah kyk Water 7 d one piece neh...nic post bang e


    _silentisme_

    ReplyDelete
  19. ah..itu mah ngarang aja kaptennya..mungkin bener dia nemuin pulau baru, tp kalo nemuin sisa2 peradabannya..? Kalo emang bener pasti pada berebut tuh anak buah kapalnya yg pastinya jumlahnya ga sedikit,kenapa ga ditanyain juga abk nya..? mungkin aja kaptennya pernah baca bukunya plato..

    ReplyDelete
  20. Bang, itu pulau bisa muncul karena mengapung atau emang itu pulau ada di dasar laut, jadi bisa muncul saat air surut? Kalo begitu kenapa tidak ada penyelidikan di dasar laut sesuai lokasi peta yang ditunjukkan?

    ReplyDelete
  21. keyakinan yang awalnya menakjubkan namun di akhir cerita berubah menjadi HOAX.
    saya yakin ini cerita emang kejadian sebenarnya yg di alami oleh kapten kapal tsb namun nggk sepenuhnya benar, yg lain aku yakin cuman karangan.

    ReplyDelete
  22. wow,,,
    postingan yg sangat menarik Bang E,,
    ane suka banget ma peradaban Atlantis ini nih -goodjob-

    Pokoknya ulasan-ulasan Bang E paling mantabzz.

    Btw,, Bang E barusan nonton Barcelona vs MU nggak yaa ?? XD

    junglemount

    ReplyDelete
  23. mungkin kaptennya cuma membesar-besarkan ceritanya saja, seandainya memang benar dia menemukan artefak-artefak itu, pasti sudah di publikasinya kepada media, teori yang dikemukakan oleh lawrence hill itu sangat tidak mendukung, untuk apa meleburnya menjadi emas, menemukan sebuah artefak kuno apalagi diyakini dari benua atlantis yang saat ini masih misteri, pasti lebih mendatangkan banyak uang daripada meleburnya..

    ReplyDelete
  24. menyelidiki laut lebih susah daripada menyelidiki hutan belantara, btw apa laut di sekitar tempat itu dangkal? ato emang itu berupa gunung laut?

    ReplyDelete
  25. Yang masih menjadi misteri pada saat ini adalah siapakah bro E sebenarnya. Mungkinkah Bro E adalah alien dari galaksi lain? Hehehe

    bmf

    ReplyDelete
  26. itu pulau es di komik pendekar super sakti(suma han) kho ping hoo., hahahaha JK., Intermezzo bung e.

    ReplyDelete
  27. Angulus Ludovici:
    Apakah ada kemungkinan Robson memalsukan ceritanya demi mendapatkan uang perjalanan lebih dari pemerintah?

    Ditengah lautan seorang diri dan tidak ada siapapun yang bisa dijadikan saksi dan dimintai keterangan kecuali awak kapal, sangat mudah bagi seseorang untuk memulai cerita-cerita mistis guna memperoleh keuntungan lebih banyak bukan?

    Kalau Robson memang betul dipercaya, mengapa tidak ada tindak lanjut dari ilmuwan untuk mengobservasi keadaan laut dalam dari tempat yang ditandai Robson? Bukankah suatu hal yang mudah saja dijaman sekarng ini untuk menggunakan robot laut seperti Nautica?

    Saya curiga Robson berbohong Bro...

    ReplyDelete
  28. atlantis....
    akhirna muncul lg perkembangan atlantis dari bung e :D

    bung E,koment dari saudara bashori yg anda jawab tentang indonesia adalah pulau atlantis yg hilang.
    "...Lagipula, tidak ada catatan kalau penduduk Indonesia kuno menyembah dewa Poseidon".

    sy kira poseidon adalah mytologi yunani kuno asal plato?
    memangnya apa atlantis juga menyembah dewa poseidon?
    apa plato juga penduduk atlantis? plato kn juga menyembah poseidon.

    hehehe mohon petunjuknya bung E

    meiouse

    ReplyDelete
  29. Kalau terdapat ditemukan pulau2 baru, saya masih percaya. Karena penyebab munculnya pulau2 baru tersebut diakibatkan oleh desakan perut bumi dari bawah laut. Karena lempengan tektonik di bawah laut yang bergerak tidak beraturan menyebabkan kedua lempengan saling bertabrakan dan biasanya membentuk sebuah pulau yang terdapat gunung berapi aktif. Tentunya hal tersebut ditandai dengan gempa dan tsunami di tempat dimana terjadinya pulau baru tersebut.
    Dan menurut saya, pulau yang ditemukan oleh Robson itu bukan Atlantis. Karena setelah ribuan tahun berlalu, seharusnya mumi tersebut sudah menjadi fosil bahkan sudah hilang dimakan waktu atau pengurai. Mengenai benda2 yang ditemukan,saya rasa sebelum ny pulau itu sudah lama di tempati sebelumnya dan penduduk sekitar hilang akibat tsunami atau gunung berapi. Karena pulau2 kecil di dekat samudra sangat rawan dengan bencana alam tersebut.
    Saya rasa penjelasan alamiah ny seperti itu. Bagaimana menurut anda bung enigma?

    By : Nacha

    ReplyDelete
  30. @meiouse: poseidon itu bukan cuma legenda. Maksud saya para penduduk yunani kuno dan romawi juga menyembah dan mendirikan kuil baginya. Plato bukan penduduk atlantis. Dia adalah warga yunani yang menulis mengenai atlantis. Menurut plato, poseidonlah yang membentuk atlantis dan penduduk atlantis menyembahnya.

    ReplyDelete
  31. iya ya betul juga apa kata @nacha (37)
    apakah sebelum kemunculan pulau itu ada gempa yang menyebabkannya?

    ReplyDelete
  32. "Menurut legenda, pada tanggal 1 Maret 1882, kapal dagang Inggris seberat 1495 ton bernama SS Jesmond yang mengangkut buah-buah kering sedang dalam pelayaran rutinnya melintasi Samudera Atlantik....."

    kok menurut legenda si bro? klo cuma legenda itu hanya sekadar cerita turun temurun aja bro!

    Dengan kata lain waktu pasti kapal belayar tersbut tidak jelas donk karena berdasarkan legenda semata!! Dari pada masalah pulau, kapal dagang inggris tersebut tidak lebih dari legenda juga dong bro enigma, kalo begitu??

    ReplyDelete
  33. nice post Bang...

    atlantis memang penuh misteri

    ReplyDelete
  34. @Nacha: Waktu puluhan ribu tahun belum tentu mengubah sebuah kerangka menjadi fosil lho.

    @Dasril Iteza: Saya sudah menduga kalau akan ada yang menanyakan soal ini. Haha. Legenda itu bukan berarti cerita turun temurun yang tidak punya unsur kebenaran bro. Legenda itu adalah sebuah peristiwa yang disampaikan berdasarkan persepsi sang storyteller. Kisah yang disampaikan ini bisa saja ditambah-tambahkan, namun tidak berarti hanya berupa sebuah dongeng yang dikarang. Misal, legenda si pitung yang jelas merupakan tokoh sejarah yang benar-benar pernah ada.

    Saya menyebut kisah SS Jesmond ini sebagai legenda karena ada unsur yang bisa dianggap benar dan ada unsur yang meragukan.

    ReplyDelete
  35. Kak Enigma, pernah baca buku tebal yang temanya Atlantis sesungguhnya adalah Indonesia? Apa ada hubungannya dgn. ini ya? :D

    ReplyDelete
  36. @incredible 8i: saya belum baca bukunya, tapi websitenya sudah. Dia bahas soal teori mengenai lokasi atlantis di indonesia dan tidak ada hubungan dengan SS Jesmond.

    ReplyDelete
  37. Bang Enigma, sdh pernah bahas Ashtar blm?

    ReplyDelete
  38. heranya yang diwawancara kok cuma kapten kapal, dia kan ngambil artefak itu, bersama timnya?????

    ReplyDelete
  39. yang dimaksud kota atlantis apa benua atlantis, setahu saya dari baca-baca kalau kota atlantis kurang lebih di daerah spanyol tapi kalau benua atlantis katanya indonesia bagian dari benua itu (atlantis)

    ReplyDelete
  40. Helo , Mas Enigma
    Setelah saya baca post tsb, saya cari di google earth dan benar ada pegunungan berapi di wilayah tsb pada koordinat pertama, tapi yg ke 2 saya tdk menemukan apa", menurut mas Enigma bagaimana? Thx Before

    ReplyDelete
  41. Bro, sudah baca semua info di atlantis online? Ckckck..hebat.. hebat b^.^d

    ReplyDelete
  42. kalo boleh tahu bro bukannya atlantis itu memang lokasinya di sekitar situ ya ? so kemungkinan besar itu hanyalah dataran tinggi atlantis pada masa lampau dan dataran rendah yg lainnya belum muncul

    ReplyDelete
  43. Dear Kang Enigma, ada pertanyaan dikit neeh, ada g seeh peneliti yg secara profesional melanjutkan penelitian dari catatan perjalanan kapal-kapal itu? Apakah hanya karena penemuan pedang (artefak) & kata2 plato sehingga anda bisa menghubungkannya dgn atlantis?

    ReplyDelete
  44. kok dekat lokasi ini ( 31°23'14.66"U 24°33'37.16"B )ya?????

    ReplyDelete
  45. Bro Enigma.. boleh tkeran link ?

    Link blog anda sudah saya pasang di http://more-infox.blogspot.com

    ReplyDelete
  46. Kalau pulau misterius yang muncul lalu hilang, itu mungkin semacam kura-kura raksasa hingga cangkangnya berbentuk sebuah pulau dan bisa bergerak. Seperti pada One Piece dan Avatar The Last Airbender... :P

    -- Penyuka Film Kartun --

    ReplyDelete
  47. om E, yang benar itu orichalum apa orichalcum? coba lihat lagi paragraf 30,.. maaf koreksi,.. hehe

    ReplyDelete
  48. -Apakah setelah itu pulau tsb lenyap lagi ?? (G dijelaskan)
    -Koordinatnya kn udh jelas,,tdk adakah penjelajah masa kini yg berusaha melacaknya lg ? klo memang daratan itu prnh muncul,walopun stlh itu tenggelam lg seharusnya lokasi koordinatnya tetep sama kn ?? hrsnya jika dilakukan penyelaman daratan itu msh ada smpai skrng dong di bwh laut ?? CMIIW



    Tahu Gejrot_

    ReplyDelete
  49. Kalo ngebahas atlantis ga ada habisnya, seru sih

    ReplyDelete
  50. bg Enigma sudah pernah nge-post tentang harta terpendam Nazi gak?
    Isunya sudah ditemukan,, betul gk bg??

    ReplyDelete
  51. bro Enig,, bisa gak bro cerita tentang tulisan rahasia pada firefox yang isinya
    "Mammon slept. And the beast reborn spread over the earth and its numbers grew legion. And they proclaimed the times and sacrificed crops unto the fire, with the cunning of foxes. And they built a new world in their own image as promised by the sacred words, and spoke of the beast with their children. Mammon awoke, and lo! it was naught but a follower.


    from The Book of Mozilla, 11:9
    (10th Edition)

    ReplyDelete
  52. good post bro E... tapiiii... gw tuh pngen tau, banyak orng yg post an nya gni... "PERTAMAXXX" maksudnya apa?
    perusahaan minyak?? apa yg bilang pertamaxxx dpet hadiah??? girang bgt deh kyanya... moga2 aja gw last post... gw mau bilang... LASTXXX
    thx bro E... klo soal postingan bro E mah... jempol sluruh warga indonesia gw acungin... KUEREEEEENN... gw lom nemu blog yg gtu perfect kya blog ini... keep ur good work bro E... thx b4...

    -FayZ4HonZ-

    ReplyDelete
  53. hmm,....

    legenda adalah cerita yg berdasarkn kenyataan?
    "Legenda itu bukan berarti cerita turun temurun yang tidak punya unsur kebenaran bro. Legenda itu adalah sebuah peristiwa yang disampaikan berdasarkan persepsi sang storyteller".

    dan kata anda poseidon adalah legenda?

    wow,jadi menurut anda poseidon memang ada dulu?ato bhkan sekarang msh ada?

    @anonymous 59 : di firefox ada mammon????
    boleh tau cara liatnya gimana bro?
    hehehe,syjd penasaran jg :P
    seperti yg sy ketahui mammon adalah nama iblis dari 7 iblis yg mewakili dosa manusia,menurut legenda yunani tentunya :p

    dan mammon adalah iblis yg paling keji,karena dia mewakili kejahatan.dan nama mammon di sebut di firefox. kyk di film2 aja

    tolong infonya bro anonymous 59,cara liatnya gimna tuh,
    heheheh maklum sy copo :p

    meiouse

    ReplyDelete
  54. Si suntuk said...
    Saya pernah mengalami sesuatu disekeliling saya menjadi cepat seperti film yang sedang FF (dipercepat). Saya mengalami sekitar tiga detik dan satu kali pengalaman saja.
    Apa benar itu disebut Chronokinesis?

    ReplyDelete
  55. anonymous 59

    cara liatnya ketik di firefox anda about:mozilla..
    trus muncul deh ntah apa..
    hehehe...
    seperti tulisan mamon tuh..

    ReplyDelete
  56. @anonymous 45: belum pernah.

    @Anonymous 47: Tidak juga bro. Istilah "benua" Atlantis itu sebenarnya banyak dianggap merujuk ke "pulau" sebenarnya. Jadi, apakah benua atlantis atau pulau atlantis, sama saja.

    @ErwinR: Soal apanya bro?

    @Anonymous no.51: Di masa modern ini, saya belum pernah dengar ada peneliti yang melanjutkan meneliti kasus ini. Sebenarnya bukan saya yang menghubungkannya dengan atlantis, melainkan para penulis sebelum saya bro.

    @Anonymous no.55: Benar sekali. Yang benar memang orichalcum. Sudah saya koreksi. Thanks ya.

    @Tahu Gejrot: Kalau lihat dari foto satelit yang saya tampilkan, artinya pulau itu memang lenyap kan?
    Saya belum dengar ada peneliti yang meneliti lokasi itu dalam hubungan dengan kapal SS Jesmond. Tapi kalau dalam hubungan dengan pilar herkules, ada.

    @Anonymous no.58: harta karun Nazi yang mana bro? banyak lho harta karun nazi. saya sudah pernah memposting salah satunya:

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/12/teka-teki-harta-karun-nazi-di-danau.html

    @Anonymous no.59: Nanti saya lihat ya.

    @FayZ4Honz: Pertamax itu artinya "pertama". Kalau ada yang nyebut "Pertamax", artinya dia merasa sebagai orang pertama yang memberikan komentar.

    @Meiouse: Saya tidak pernah mengatakan kalau Poseidon adalah Legenda.

    @Si suntuk: Bisa saja saat itu kesehatan kamu lagi bermasalah bro.

    ReplyDelete
  57. anonymous 58
    nih linknya bg.
    http://sains.kompas.com/read/2010/11/11/09161514/Patung.Terlarang.Zaman.Nazi.Ditemukan

    ReplyDelete
  58. Keren, mime :top:

    ReplyDelete
  59. Mampir bung..
    Lam kenal.. :D
    Saya mampir untuk membaca tulisan2 menarik anda sekaligus ingin tukeran link.
    Mohon dipasang ya dengan nama Kumpulan Tutorial Menarik.. :D
    Link blog ini sudah saya pasang.
    Thanks.. :D

    ReplyDelete
  60. Atlantis itu ada,

    ada dlm hayalan plato :D

    Kok postingan ini dingin2 aja ya? Oh, ternyata tombol 'heat' nya blm dipencet. Kwekwekwek. . .

    Mind provoking:

    1. Kalau emg atlantis ada, knapa cuma plato yg bilang?

    2. Kenapa bs maju sendiri? Ilmu dari mana tuh? Alien yg ngajarin kali ya.

    3. Kenapa gak ada catatan dari peradaban maju yg kita kenal yg blg ttg atlantis? Mesir, Aztec, Babilonia, bla bla etc gk ada menyinggung soal atlantis. (CMIIW)

    4. Apakah atlantis kalau bner2 ada, gak ada kontak dgn dunia luar? Why? Terisolir di tengah laut. Bukankah mereka maju? Jd gak masalah kan? Atau menutup diri? Why?

    5. Gak ada bukti2 kuat ttg keberadaan atlantis (CMIIW)

    6. Kalau mereka maju, kenapa bs tiba2 hilang? Ditelan bumi? Kena tsunami? Wabah penyakit mematikan? Kalau mereka emg maju, apakah teknologi mereka kurang maju utk menaklukkan masalah itu semua?

    7. Dari sisi psikologis, wajar jika seorang pemikir spt Plato sangat mendambakan peradaban yg jauh lbh maju. Impiannya dituangkannya dlm tulisannya. Bisa gak kalau tulisan dia ditujukan sbg metafora saja, sebuah utopia, sbg motivasi dlm mengembangkan daya pikir dan sains?? (Bisa banget!)

    Kwekwekwek. . .

    ReplyDelete
  61. Jika yg diatas berebut minum pertamax, saya sangat puas jika paling akhir membaca setiap artikel baru, kenapa??
    Karena dgn baca artikel enigma wawasan saya bertambah, namun jika ditambah dgn komentar2 pembaca itu baru namanya pintar ;)
    kayaknya masih ada yg kurang komentarnya dari chris, myheart, lica, ms. Terry dtt utk artikel ini, saya masih tunggu analisisnya ;)

    ReplyDelete
  62. Enigma, selamat kenaikan Isa Almasih ya.

    ReplyDelete
  63. Menurutku hanya peristiwa geologi biasa. Pergerakan lempeng dan aktivitas vulkanik menyebabkan tinggi kerak bumi berubah-ubah. Seperti di P. Simelueh, Aceh (Maaf jika salah tulis nama pulaunya)

    ReplyDelete
  64. Kk Enigma, saya mau nanya:
    1. Gmn cranya mengganti icon blogger?
    2. Gmn cranya membuat tulisan menjadi berwarna biru
    dan bisa diklik k linknya langsung?
    3. Gmn cra adain "anonymous" di pilihan kotak "comment
    as" ?

    Saya ini blogger baru. Jadi tolong bantuannya, ya^^

    ReplyDelete
  65. Menurut bang-E... berapa persen kemungkinan seseorang untuk menemukan artefak Atlantis itu... bila didasarkan pada faktor-faktor yang bang E tau....?

    ReplyDelete
  66. biasa aja cabang ilmu pengetahuan semu

    banyak panelitiannya banyak bukti gak jelas. menarik memang

    tp hanya akan jadi ilmu semu seperti penelitian tentang UFO

    ReplyDelete
  67. Emang Atlantis itu ada apa!
    Atau itu hanya dongengnya Plato/Pluto?
    -HaBe(. _ ?)

    ReplyDelete
  68. wah udah lama nih nungguin tulisan baru dari mas E,akhirnya muncul juga,,,izin baca dulu bang enigma :)

    ReplyDelete
  69. Bang Eni kok pas moto wajah sendiri hanya matanya doank yg terphoto. Mungkin kameranya dizoom sih makanya terlihat hanya matanya doank. Kok ngak photo ulang lagi?
    kehabisan memory mungkin-ya?
    -HaBe

    ReplyDelete
  70. @Anonymous 73: 1%

    @Habe: Itu pertanyaan yang sangat baik.

    ReplyDelete
  71. izin baca dlu bang enigma,,lama tidak mampir ke blog misteri kesayangan saya ini ..
    hehe

    ReplyDelete
  72. ternyata banyak juga tempat yang belum kita kegtahui...

    ReplyDelete
  73. kpan posting lagi...????
    #udah g sabar

    selama belon 0% kemungkinan bang E msih mngharap atlantis d temuin..
    :D

    ReplyDelete
  74. Atlantis the Lost Island, hahaha sangat suka cerita begini...

    ReplyDelete
  75. wow, fantastic!! saya gak bs berkata apa2 bang..

    ReplyDelete
  76. aku saiank blog ini ...


    d'loovely

    ReplyDelete
  77. Menurut saya, kisah tentang Atlantis ini bisa dibilang mencurigkan. Kesatu, pencetus nama Atlantis pertama kali adalah seorang filsuf. Perlu diketahui, seorang filsuf terkenal gemar menggunakan beragam istilah yg terdengar 'asing' dan puitis. Terlebih lagi, di zaman itu meupakan zaman di mana di mana pengetahuan mengenai peta dan struktur bumi masih belum banyak diketahui dan masih dianggap sebagai misteri besar.

    Dalam hal ini, kemungkinan Atlantis hanyalah bagian dari sebuah syair untuk mereferensikan lokasi.

    Mengenai jumlah lokasinya, bisa jadi lebih dari satu.Misalnya ada beberapa tempat di dunia ini yang ternyata memiliki tingkat kemakmuran yg sama dan memiliki unsur budaya yg mirip. Semua itu disepakati dalam masyarakat dgn sebutan 'Atlantis'. Karena, orang-orang cenderung memakai sebutan yg sama pada sesuatu yg mengingatkan kembali akan sesuatu yg serupa.

    Baru2 ini ada sebuah buku yg menjelaskan bahwa Atlantis sebenarnya-atau mungkin, salah satunya-adalah bagian dari Daratan Sunda (Sundaland) yg tenggelam karena letusan Krakatau ribuan tahun lalu. Bukankah Atlantis adalah sebuah daratan yg tenggelam setelah tejadinya sebuah bencana besar?

    ReplyDelete
  78. beberapa waktu lalu, saya sempet liat buku di gramedia yang isinya adalah penelitian bahwa indonesia itu sebenernya bagian dari atlantis. penulis bukunya jg seorang profesor atau peneliti gt. naahh ada yg sempet baca buku itu ?

    cm fyi aja sih hehe...

    ReplyDelete
  79. atlantis ^^ knapa ga buat/bahas tentang tandingan Atlantis? Benua MU ato bangsa Lemuria.. setelah tau profile mereka [dikit bgt lagian yg tau >,<] luna yakin klo atlantis letakna sama kayak tulisan ini [persis sama penjabaran MU juga] dan luna yakin klo Indonesia bagian dari MU [benua MU / bangsa Lemuria]

    ada tanggapan kk??
    --luna--

    ReplyDelete
  80. kerennnnnnnnnn.....minta izin share ya gan......

    ReplyDelete
  81. SF: IKUT NIMBRUNG
    sekedar wawasan bahwa di buku pasang srut memang ada pasang bintang dan surut bintang. tp tdk terjd tiap hari> jd untuk pulau yang klihatan waktu surut itu bsa terjadi. untuk kpl tonase 1495(1500) gross registered tonnage> mempunyai draught rata2 4 s/d 5 meter,jd kemunkunan berita tersebut benar meskipun memeng hrus mengecek d lintng bjur trsbt kdlman laut bsa mencpai 500meter bahkn 1000mtr.
    referensi: tide table
    map coast station
    sea fighter

    ReplyDelete
  82. "Pada saat itu, Kapten Robson menerima berita dari stasiun pemantau di Azores dan Canary yang melaporkan adanya letusan kecil gunung api bawah laut. "

    jaman segitu sudah ad telepon y?

    ReplyDelete
  83. Kalau menurut agan, atlantis itu ada gak?

    ReplyDelete
  84. ATLANTIS memang ada koq, tapi seluruh benuanya tenggelam. Sekarang keturunan ATLANTIS adalah orang barat, bukan Indonesia. Sekali lagi ATLANTIS bukan INDONESIA, INDONESIA itu keturunan bangsa LEMURIAN.

    ReplyDelete
  85. Keren!! Postingan luar biasa.. senang bisa membacanya!

    ReplyDelete
  86. Maybe, Kota Hilang Atlantis Peninggalan Makhluk Time Traveller

    ReplyDelete
  87. misteri banget atlantis tuh, aq penasaran bgt dng keberadaan dan kebenaran atlantis. ngga kebayang jaman dulu ada peradaban yg bgitu maju. apalagi nenek moyang atlantis bangsa lemurian Lemuria/MU. yg kabarnya lebih maju dari segi peradabannya.
    malah sempet di sebut2 atlantis tuh ada di indonesia, makin penasaran plus bingung jdinya. sbenernya atlantis tuh dongeng apa beneran ada? hmmm...

    ReplyDelete
  88. kirain atlantis tu cuma dongeng

    ReplyDelete
  89. bang nanya lagi mohon di jawab.Menurut robson itu kan pulau yang baru muncul tadi ada di 31° 25′ N, 28° 40′ W.klo di selidiki sampe dasar laut gimana bang,apa hasilnya seperti yang di liat robson?

    ReplyDelete
  90. Map Atlantis rabun pun di Google Map telah di hapus, sepertinya benar adanya. dan kordinat yang ditunjukin di atas benar.
    Cari articel tentang google map atlantis.

    Di tutup-tutupi agar tidak terjadi pencarian harta besar-besaran.

    ReplyDelete
  91. Bung Enigma, boleh keluar topik dikit, bagaimana dengan relief-reliaf di candi panataran dan candi chetu yang bentuknya bukan profil orang orang jawa pada masa itu tapi lebih mirip dengan orang Sumeria..padahal menurut peneliti candi itu lebih tua dari masa Borobudur atau Prambanan..?

    ReplyDelete
  92. AKU YANG AKAN MENEMUKAN ATLANTIS..........HEHEHE

    ReplyDelete
  93. Masih perlu penelitian yang lebih serius untuk membuktikan Atlantis itu ada atau tidak.

    ReplyDelete
  94. izin share ke fb. menarik. tks info2nya

    ReplyDelete
  95. masih mnjadi sebuah mistery ternyata saudara saudara,,,

    ReplyDelete
  96. Kota Atlantis yang hilang...Seandainya memang ada di antara pulau Jawa dan Pulau Sumatera (menurut penelitian ahli dari Brazil) maka peradaban bangsa Mesir dan bangsa China yang dianggap sudah maju akan sirna dengan adanya Atlantis yang berada di Indonesia....

    ReplyDelete
  97. Salam perkenalan,

    Saya pernah baca terjemahan alquran entah surat ayat ke berapa. Peradaban masa jahiliyah kurang dari 1/10 dari peradaban zaman dulu.
    menurut saya peradaban dunia yang terbesar dan tertinggi terjadi pada masa Nabi Sulaiman AS yang multi dimensi

    ReplyDelete
  98. Amazing...
    cita-cita ane pengen berlayar sob...
    kayanya keren banget ya....

    ReplyDelete
  99. sejarah diindonesia, terutama jawa mengenal penguasa laut selatan..nyi roro kidul...apakah ada hubungan dengan poseidon???

    ReplyDelete
  100. selalu menarik ulasannya...ayo bro E nulis lagi, klau saya udah pindah hobi, motret aja bisanya hahahaha

    ReplyDelete
  101. 1. Ada banyak ikan mati 7500 mil persegi? Terlalu dikarang kayanya, sejauh mata memandang di laut saja hanya 9 mil maksimal,kapal jaman dulu paling cepat hanya 10 knots, dalam 1 hari cuma dapat 240 mil,jadi benarkah keterangan tersebut?
    2.jarak koordinat 1 dan 2 yang ditemukan oleh ke 2 pelaut tidak dekat,itu sangat jauh sekitar 1600 mil,padahal pulau pertama punya luas sekitar 30 mil, jadi pasti mereka menemukan 2 tempat yang berbeda

    ReplyDelete
  102. Atlantis? Bukannya Atlantis itu indonesia?

    nih buktinya :P baca ya =D

    http://atlan.org/


    :P

    ReplyDelete
  103. Menurut saya, cerita ini yang bohong. Dikatakan kapten Robson menerima berita dari stasiun pemantau di Azores dan Canary yang melaporkan adanya letusan kecil gunung api bawah laut...
    Nah, disini bohongnya. Morse saja atau bahkan radio,,,itu baru dipakai pertama kali pada tahun 1901 pada perang tsushima jepang. Dan stasiun pemantau itu dapat kabar dari mana bisa tau ada gunung meletus di laut dalam waktu yang secepat itu pada tahun 1882? mari kita berfikir bersama....

    ReplyDelete
  104. kalo diliat di google maps sih emang tampak kaya ada pulau2 kecil melingkar diantara afrika dan amerika. itukah atlantis? atau cuma gugus karang biasa?

    ReplyDelete