Tuesday, June 14, 2011

Benarkah UFO telah melancong ke Bali selama satu jam?

Dari dunia maya, berita mengenai UFO Bali muncul ke permukaan. Walaupun tidak cukup untuk membuat efek heboh seperti kemunculan Crop Circle, namun, dalam dua hari, kompas.com menayangkan paling tidak empat berita mengenai peristiwa ini.


Dalam satu minggu ini, beberapa pembaca menanyakan pendapat saya mengenai berita ini. Mungkin dikarenakan sebelumnya telah beredar berita mengenai adanya konvoi ufo yang disebut muncul di Denpasar. Walaupun kisah ini diberitakan oleh media ternama seperti kompas.com, namun saya menemukan cukup alasan untuk meragukan kebenarannya. Paling tidak meragukan foto yang ditampilkannya.

Salah satu berita yang dimuat kompas.com pada tanggal 7 Juni 2011 adalah berita yang berjudul "UFO "Melancong" ke Bali selama satu jam":
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah keluarga di Perumahan Citra Pratama, Kerobokan Kelod, Kuta, Bali, mengaku melihat unidentified flying object (UFO) alias benda terbang misterius. Benda tersebut terlihat sebanyak dua kali.

"Benda itu terlihat sekali pada dua pekan lalu dan terlihat sekali lagi pekan lalu," tutur Rini Wulandari, salah seorang warga, Selasa (7/6/2011).

Saksi mata yang melihat penampakan benda tersebut adalah kakak kandungnya, Diajeng Susilaningrum, dan seorang pembantu rumah tangga. Pada penampakan kedua kalinya, UFO malah sempat disaksikan oleh empat anggota keluarga lainnya.

"Benda itu terlihat seperti pesawat yang diam, tidak bergerak, hanya melayang di udara. Di bagian bawah pesawat ada banyak lampu yang menyala sangat terang," jelas Rini.

Benda tersebut terlihat pada malam hari di lokasi persawahan di sekitar perumahan. Pada penampakan pertama, benda tersebut hanya terlihat selama beberapa menit. Namun, pada penampakan kedua, benda tersebut terlihat melayang lebih lama, yaitu hingga selama satu jam, dan berhasil diabadikan melalui kamera di telepon seluler.

Sayang, peristiwa tersebut terjadi pada malam hari. Gambar yang berhasil diambil hanya memperlihatkan lampu-lampu yang dikatakan berada di bagian bawah UFO tersebut. Sementara badannya sendiri tak terlalu jelas terlihat.
Selain berita tersebut, kompas juga memuat sebuah foto yang disebut diambil oleh saksi.

Ini screen shot dari kompas.com:


Di caption foto sebelah kanan atas tertulis "Rini Wulandari".

Di Caption bawah tengah tertulis: "Penampakan UFO (Unidentified Flying Object) atau benda terbang misterius di persawahan dekat perumahan Citra Pratama, Kerobokan Kelod, Kuta Bali."

Caption ini mengindikasikan kalau foto ini adalah milik Rini Wulandari, yang dengan demikian merupakan foto UFO yang berhasil dipotret olehnya.

Jika kita membaca keempat berita yang ditayangkan oleh kompas.com, kita bisa menemukan inkonsistensi kecil. Misalnya, pada berita yang ditulis sang wartawan, disebutkan: "Sayang, peristiwa tersebut terjadi pada malam hari. Gambar yang berhasil diambil hanya memperlihatkan lampu-lampu yang dikatakan berada di bagian bawah UFO tersebut. Sementara badannya sendiri tak terlalu jelas terlihat."

Kalimat ini mengindikasikan kalau UFO itu berukuran besar dan cahaya-cahaya yang terlihat pada foto di atas adalah lampu-lampu yang berada di bagian bawah UFO.

Namun, deskripsi ini tidak sesuai dengan berita yang dimuat tanggal 8 Juni 2011 yang berjudul: "UFO di Bali berbentuk Bulat bercahaya".

Dalam berita itu disebutkan: "Ia pun menggambarkan bahwa bentuknya bulat dengan pinggir lingkaran terang, tetapi di sekelilingnya terdapat cincin-cincin yang berputar-putar. Baginya itu indah. Karenanya, ia pun sontak menelepon dua pembantunya dan seorang keponakannya. Sayangnya, baterai telepon genggamnya tak bersahabat alias mati. Alat perekam lainnya pun tak ada. Namun, Lasni, pembantunya, memiliki telepon genggam dengan kemampuan foto 2 megapiksel. Hasilnya lumayan karena jika diperbesar, bentuk benda itu bisa terlihat."

Berita pertama menyebutkan kalau foto tersebut hanya memperlihatkan lampu-lampu di bagian bawah UFO. Di berita kedua disebutkan kalau bentuk "benda" tersebut bisa terlihat.

Jika kita mencari jalan tengah, kita memang bisa merekonsiliasi kedua kalimat tersebut. Misalnya, mungkin ada lebih dari satu foto dan mereka sedang berbicara mengenai dua foto yang berbeda - tetapi dalam berita ini, sang wartawan tidak memberikan kita petunjuk mengenai itu.

Karena itu saya menyebutnya sebagai inkonsistensi kecil. Tetapi, alasan saya untuk meragukan berita ini bukan karena inkonsistensi tersebut, melainkan karena foto yang ditampilkan.

Jika kita melihat foto ini, memang imajinasi kita bisa membayangkan kalau cahaya-cahaya tersebut adalah lampu-lampu yang berada di bagian bawah UFO.

Seperti biasa, media online umumnya memuat foto dalam ukuran kecil (mungkin untuk menghemat bandwith) sehingga mustahil untuk memeriksa foto itu dengan lebih seksama. Namun, kita bisa mengatur kontras foto tersebut untuk mendapatkan sedikit gambaran mengenai objek yang tertangkap di dalamnya.

Ketika saya mengatur kontrasnya, yang terlihat adalah seperti ini:

Sekarang, apa yang kalian lihat?

Bagi saya, foto itu terlihat seperti sebuah lanskap darat. Di atas tiga cahaya di tengah, kita bisa melihat bagian gelap bersisi rata yang terlihat seperti atap bangunan. Di bagian kiri bawah terlihat adanya garis putih mirip seperti yang ada pada jalan raya.

Selain itu, ruang di bagian kiri atas foto terlihat lebih terang. Ini mengindikasikan kalau sisi kiri foto tersebut adalah langit, bukan objek padat, sehingga tidak sesuai dengan deskripsi saksi yang menyebutkan kalau cahaya-cahaya tersebut adalah lampu di bawah UFO.

Sebagai perbandingan, coba lihat foto lain di bawah ini yang diambil di Arizona, Amerika Serikat:

Apa yang kalian lihat? Lihat juga sisi kiri atas.


Tidak.

Jika kita mengatur kontras dan cahaya pada foto, kita akan mendapatkan ini:

Sebuah lanskap darat!

UFO di kiri atas foto ternyata hanya sebuah lampu jalan.

That's it. Itu pendapat saya mengenai berita kemunculan UFO yang dimuat kompas.com.

Lalu, apa pendapat kalian? apakah kalian melihat objek berbentuk bulat dengan lampu-lampu di bawahnya pada foto tersebut?

Komentar Pilihan

Anonymous said...

Saya dari Denpasar. Saya rasa saksi mata itu mungkin jarang di bali karena sekarang di bali lagi musim layangan yang dipasang lampu. Jangan kira layangannya hanya berukuran 1 x 1 meter karena punya teman saya ukurannya 5 x 3 (tinggi) meter dan diisi lampu. Kalo mau menerbangkannya, ya di sawah, kalo malam ya kaya UFO, dan suara dari gaungan (bagian layangan yang mampu mengeluarkan suara) mirip dengungan lebah/nyamuk yang mungkin sebagian orang akan berpendapat lain mengenai suara itu.

Ada lagi layangan banjar (layangan yang dibuat oleh pemuda RT), besarnya hingga 10 meter lebih, kalo dibawa harus pake truk besar, dan di atas truk itu pun layangannya masih lebih besar dari truknya. Sebagian ada yang diberi lampu, jadi kalo dipatok (layangan yang dibiarkan mengudara semalaman), kesan anehnya terasa.


June 15, 2011 12:36 AM

(wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

125 comments:

  1. Semoga Pertamax .... Maczman..!

    ReplyDelete
  2. Bro Enigma ayo cryptoidnya manaa..
    :D
    by : griffonindra

    ReplyDelete
  3. Kemudian dilanjutkan baca dulu aaaaah... :)
    UFO believer nih om... :p

    ReplyDelete
  4. pertamaxxxxxx

    Andika

    ReplyDelete
  5. Kalah cepat gara-gara nulis nama n URL dulu... -.-"

    ReplyDelete
  6. wow keren bang bro enigma 2 thumbup for enigma :D
    by capriconus

    ReplyDelete
  7. bener banget tuh Bro E, saya juga dah praktekin coba ambil gambar dari kompas.com, atur kontras dan brightness kyk diatas, kok hasilnya jadi keliatan kayak jalanan y?

    ReplyDelete
  8. eittsss...komen dulu... TOP TEN.....

    ReplyDelete
  9. misi numpang lwat ane anak bru bro tp mungkn yg anda ktkn bnar itu memang jlan wlpun bg2 cma lhat titik plng ats diantra dua phon mungkin itu yg ingin di perlhatkan sbg ufo tsb tp krna memang dlm kndisi glap jdi mungkin kmra tsb tdk dpt memfocuskanya jdi terksn sprti bnyak ufo pdhal hnya 1
    tp ane msh newbie jdi mungkn bnyak slahnya

    ReplyDelete
  10. dari dulu sampai sekarang tetap tak berubah, analisis bung enigma selalu menarik, dengan cara2 yg sngat kreatif :)

    ReplyDelete
  11. cuma lampu jalan doang ternyata :hammer:

    ReplyDelete
  12. selesai sudah kontroversi mengenai arak-arakan ufo dibali yang ternyata hanya tipuan gambar, yang disesalkan kenapa kompas.com tidak mengkompimasi berita dulu sebelum menerbitkan, ya paling nggak tanyalah kepada ahlinya bang enigma bukan begitu bang.

    ReplyDelete
  13. Ini yang saya tunggu bro E.
    analisa yang bagus, saya sampe gak kepikiran...

    ReplyDelete
  14. Tidak cukup bukti untuk langsung memvonis itu UFO. Pertama gambar yang kurang jelas (mungkin lebih baik jika diambil video sekalian). Yang kedua biasanya UFO itu bergerak, lha ini malah diam statis. Di berita juga tidak menyebutkan kalo UFO itu akhirnya menghilang. Biasanya kalo ada yang melihat penampakan seperti itu diselipkan dengan kata-kata "akhirnya menghilang". Mungkin ini adalah kesaksian yang mengada-ada, atau bermotif mencari ketenaran mungkin.......

    ReplyDelete
  15. hmm analisa bang enigma kayaknya udah cukup mewakili pertanyaan kita mengenai penampakan ufo di bali...salud bang.
    kalau ada waktu, sekali2lah bang enigma mau berkunjung diblog aku sekalian kasih nasehat.(hehe ngarep)

    ReplyDelete
  16. Salam kenal Bro :)

    jadi inget berita "hoax" tentang china yg mau meledakkan bulan. Semakin lama kualitas berita kompas semakin "memprihatinkan".

    Atau mungkin ini hanya strategi promosi wisata Bali yah?

    ReplyDelete
  17. satu lagi berita yang membuat saya cukup sebal, foto size kecil dan kata2 yang tidak konsisten :( bagi saya masih menggantungkan rasa penasaran.

    ufo believer

    ReplyDelete
  18. saya dari Denpasar, saya rasa saksi mata itu mungkin jarang di bali. Karena sekarang di bali lagi musim layangan yg di pasang lampu, jangan kira layangnnya berukuran 1 x 1 meter, karena punya teman saya ukurannya 5 x 3(tinggi) meter dan diisi lampu. Kalo mau menerbangkannya ya di sawah, kalo malam ya kaya UFO dan suara dari guangan (bagian layanngan yg mampu mengeluarkan suara) mirip dengungan lebah/nyamuk yg mungkin sebagian orang berpendapan lain akan suara itu. Ada lagi layangan banjar (layang yg dibuat oleh pemuda RT) besarnya hingga 10 meter lebih, kalo bawa harus pake truk besar dan diatas truk itupun layangan masih lebih besar dari truknya. Sebagian ada yg diberi lampu, jadi kalo dipatok (layangngn yg dibiarkan mengudara semaaman) kesan anehnya terasa.

    ReplyDelete
  19. wakakakaka...
    paling konyol di bagian Bang E bilang "arak-arakan UFO??"
    #sakitperutngebacanya

    keep posting ya Bang!
    junglemount

    ReplyDelete
  20. itu mah strategi pak jero wacik (menbudpar) biar bali rame. Kan udah musim liburan.
    Haha, ngaco saya.

    Kompas memuat berita tdk berbobot, pd gak teliti editornya.
    Lampu jalan dibilang UFO.

    -Decky chan- MITW

    ReplyDelete
  21. kalau menurut saya sejak awal itu adalah lampu pada rumah yang berada di pinggir sawah bro memang lampu-lampu rumah jika dilihat di kejauhan apalagi ada di daerah persawahan bisa terlihat seperti itu dan bisa saja orang yang melihat itu jarang datang ke daerah tersebut makanya dia terkejut melihat yang seperti itu.

    ReplyDelete
  22. desta bluedyst (lupa kasih nama coment tentang lampu rumah)

    ReplyDelete
  23. wah bisa bangkrut kompas beritakan palsu gitu

    ato emg sengaja? biar blog beritakan terus jd terkenal kompas ~_~

    ReplyDelete
  24. lagi2 cari sensasii , dan blm lagi kompas.com langsung memasang berita tanpa memeriksa kebenaran info yg di dapatnya .

    Numpang tenar bung E .

    -lockerb00y-

    ReplyDelete
  25. bang enigma, konspirasi lagi dong!

    ReplyDelete
  26. Mungkin UFO-nya lg pergi liburan ke Bali
    -Ha Be

    ReplyDelete
  27. werlington
    boz di vivanews.com jg ada yg ngebahas kaya gini.cuma gambarnya aja yg beda
    thank boz

    ReplyDelete
  28. muncul lg nih postingan analisis bro e yg ditunggu2 org2.. :D

    ReplyDelete
  29. dari awal juga saya pikir "fotonya kok kayak di ambil dari arah samping ke samping bukan dari bawah ke atas" ternyata benar, itu cuma foto dari arah samping. . . . .haha. . . Hebat mas bro enig ma. . .

    ReplyDelete
  30. cuma salah lihat dan penafsiran ajah ternyata,
    mungkin juga banyak berita tentang UFO yang disalah-artikan gara-gara sebab-sebab kayak gini,

    mohon maaf jika kata2nya gak berkenan,
    maklumlah,masih newbie.

    by:zurix D'spada

    ReplyDelete
  31. Khasus sudah terpecahkan..hehehe nice job Bang E

    ReplyDelete
  32. aku rasa sih itu lampu mobil, dan dia foto pas lagi di jalan, karena tadi aku ngeliat ada zebra crossnya,,, meybe..,

    salut buat bro enigma.

    ReplyDelete
  33. kangen nih sama cryptoid nya, kak enigma, cari artikel lagi dong

    ReplyDelete
  34. wew...another good analysist by enigma,,,,,nice job bro

    ReplyDelete
  35. kompas.com tulis berita ufo supaya ratingnya naik dan akhbarnya laku. gitu aja. hehehe

    ReplyDelete
  36. analisis yang bagus..., kita memang seharusnya tidak mudah percaya pada sesuatu sebelum menganalisis sendiri :)

    ReplyDelete
  37. wee post pertamaq nih.... hehehe... nice info Bang.... btw kmren q sempat pas browsing-browsing ga jelas nemu brita konvoi UFO di Bali juga.. tp beda sumber...
    http://www.beta-ufo.org/ufo-sighting/laporan-sighting/278-foto-foto-konvoi-ufo-denpasar-bali-04-juni-2011

    itu.... gmn tu kalo yg itu Bang E...??

    ReplyDelete
  38. weleh

    UFO ,...

    UFo adalah, y UFO,..wekekekeke

    meiouse

    ReplyDelete
  39. sy gx nyangka
    ternyta lampu jalan :s

    yoanna

    ReplyDelete
  40. gimana bisa dapat Foto yg ada lampunya?

    ReplyDelete
  41. Penjelasan dan pembahasan yang luar biasa. Saya hanya geleng2 kepala sambil Merenung "Betapa jeniusnya Sang penulis"....

    Ow ya, jangan luba di link back ya gan, konfirmasi sudah Saya kirim private. Thanks muah...

    ReplyDelete
  42. Saya sudah menyangka kalau itu lampu jalan.
    Hehehe. . .

    ReplyDelete
  43. Koq linkQ belum di pasang gan????

    Please your quick respond...

    ReplyDelete
  44. Aneh aneh aja..... Klau di kontrasnya gelap seperti ufo... di terangin jadi lampu jalanan... Haha

    ReplyDelete
  45. Wahhhh, menarik bngt buat gw baca bro..
    kamsia posting'na..

    ReplyDelete
  46. Great post, bung enigma. Ternyata cukup simpel pembuktiannya, tinggal bermain-main sedikit dengan brightness & jadilah ufo daratan, hehehe...

    ReplyDelete
  47. bang E emang top...
    analisanya selalu unik & keren

    ReplyDelete
  48. hihihi.., mau koment yg gak da kaitannya ma artikel di atas.
    Ternyata link di blog non misteri yg 404 - Page not found, masih ada yaa..
    ku pikir bener2 tdk ada. Malah jadi nge-klick tu link.
    Kreatif bgt, bro E, apa yg punya blog minta link nya dikasi nama spt tu???

    ReplyDelete
  49. setelah di kontras gambarnya, lgsg kpikiran itu tuh pesawat....


    thx bang ENIGMA!!!hentikan pembodohan public!yes!

    ReplyDelete
  50. Keren! Analisis yg mengagumkan!
    Kenapa ga jadi detektif aja bang??
    Aku jd pingin memastikan,mungkin pmilik blog ini adl seorang jurnalis/wartawan!
    Anyway keren!
    Bintang 5 buat abang!

    ReplyDelete
  51. Bro, minta analisa tentang konvoi UFO Denpasar dari hasil jepretan Maestro UFO.
    http://www.beta-ufo.org/ufo-sighting/laporan-sighting/278-foto-foto-konvoi-ufo-denpasar-bali-04-juni-2011

    ReplyDelete
  52. bro, dulu waktu tahun 2006 sy inget wktu mlem-mlem mau kerumah temen, ada cahaya warnaa biru lagi terbang cepet banget,, bolak balik kearah selatan terus keutara, habis tu ilang deh, klu psawat gk mungkin, soalya rumah saya deket bnget sma bndara, malahan pas psawatnya landing suaranya knceng bnget, mnurut bro E itu apa yachh..........

    ReplyDelete
  53. Bang E saya baru baca di blog Misteri Hawkson tentang Formasi Misterius Melintas Langit Bali,tp di blog Hawkson gambar penampakan UFO nya berbeda dengan gambar yg ada di Enigma,Apa itu peristiwa yang sama atau beda?Mohon penjelasannya.Trim's

    ReplyDelete
  54. bang e, yang di betaufo soal bali bukan itu fotonya.. ini linknya : http://www.beta-ufo.org/ufo-sighting/laporan-sighting/278-foto-foto-konvoi-ufo-denpasar-bali-04-juni-2011

    coba dianalisa deh..

    ReplyDelete
  55. A2T : harus ada yang mengkonfirmasi ini ke kompas,supaya bisa dipertimbangkannya artikel bro E ini!apa ada yang mau?buat bro E... maju terus!!

    ReplyDelete
  56. mantap bang enigma saya kagum sama semua yang bang E tulis, maju terus bang

    ReplyDelete
  57. hanya satu kata......enigma memang mantabb!!!

    ReplyDelete
  58. bang e kunjungin blog q ya..http://wwwnatural-geographic.blogspot.com/

    ReplyDelete
  59. oh iya kok, waktu ke Bali juga pernah liat layangan yang tinggi nya bukan main malem2. saya nanya penjaga hotelnya karena saya pikir itu UFO, karena seperti cahaya pesawat yang bundar dan tidak bergerak. tapi katanya itu layangan emang yang sering ada disana.

    ReplyDelete
  60. Si Suntuk Said...
    Adakah dari kalian yang tidak merasakan suatu keanehan. Film-film tahun sekarang banyak bercerita tentang UFO atau makhluk E.T
    Apakah jangan-jangan ini suatu rancangan untuk mempersiapkan manusia untuk bertemu dengan makhluk E.T?
    Jangan-jangan ramalan kiamat 21-12-2012 bukan tentang kehancuran bumi tapi penyerangan makhluk E.T
    (Mungkin saya terlalu banyak berimajinasi)

    ReplyDelete
  61. Saya jug orng bali bro enigma, saya setuju dengan komentar bli anonim yg dijadikan komentar pilihan di atas. Klo bro enigma mampir ke bali, tepatnya malem2 bro bisa melihat layangan yg berisi lampu sebagaimana dikatakan pd komentar anonim di atas. Saya dulu juga pernah terkecoh (wktu saya kecil dan tdk tw apa2). Saya mengundang bnyak teman2 saya karena saya melihat hal yg sama seperti ini, setelah semua teman saya terkumpul, salah satu dr teman saya itu mengatakan klo itu hnya sebuah layangan biasa yg diikatkan disebuah tiang pd malam hri damn diberi lampu, tujuannya supaya tetap termonitor layangan tsb jikalau mau putus atau hilang. Analisa bro enigma memang menarik. Soal kompas.com, sungguh mengecewakan!

    ReplyDelete
  62. jadi itu cm layangan toh...
    kalo dari foto sih, udh jls itu cm cahaya lampu, yg mrip dengan foto yg paling bwh

    ReplyDelete
  63. sepertinya saya lebih condong setuju dgn pendapat bro enigma, mulai dari ketidaksesuaian deskripsi dalam berita serta anehnya foto yang dijadikan bukti melancongnya UFO di bali, hehee . .
    kalo ada berita lengkapnya di-update ya bro, menarik utk dibuktikan bersama :)

    ReplyDelete
  64. tau gan itukn gw waktu jalan2 pake pesawat babeh gue.... hehe

    ReplyDelete
  65. ing kalian nawang layangan di BALI nak memang TOP !!!!
    nii baru isi lampu..bsok -bsok bisa diisin mesin remot control sama pemuda BALI...hahaha

    ReplyDelete
  66. Saya orang Bali..
    dan layangan itu namanya lanyangan JANGGAR..sebuah layangan yang berbentuk panjang seprti Naga..yang mengambil mitologi dari cerita rakyat bali...hehehe

    ReplyDelete
  67. hehehehe dugaan ku dari awal liat tuh photo bener! SOalnya sejak dulu aku sering memfoto rumah rumah di desa pas malem! lagian kalo ufo lampunya gak mungkin berbentuk begitu....

    ReplyDelete
  68. ada2 aja sensasi kompas...kenapa kompas terburu2 menyimpulkan itu ufo?padahal kru kompas kan ga cuma satuu.kalah ni kompas ama bung enig :)

    ReplyDelete
  69. oh... Iya.. Saya pernah ke kantor pusatnya kompas beberapa bulan yg lalu(buat ekskul sekolah) plus tempat percetakannya., saya juga sempat ketemu dengan wartawan kompas yg khusus membuat berita online (sebenar.y ada beberapa orang, cuma rada kepentok jadwal) teman saya nanya: kalo berita kayak gini (citizen/online) memang.y kompas tidak mengecek langsung mengenai kebenaran berita?
    Wartawan: alhamdulillah selama ini kami belum pernah mendapatkan berita bohong... (pertanyaan.y lain.. Jawaban.y lain)

    bisa mengerti maksud percakapan diatas, kan? Waktu itu sya tidak mengerti maksud sebenarnya..

    IIn

    ReplyDelete
  70. Komentar Pilihan,
    akankah diadakan lagi seperti dulu, bro Enigma?

    ReplyDelete
  71. gumatat gumitit gumi Bali e patut suksmayang :)

    ReplyDelete
  72. berita di kompas srg kali hoaxxx....

    ReplyDelete
  73. Kapan UFO bisa jadi IFO (Identified Flying Object) ya?
    Hahahaha..
    Just kid..

    ReplyDelete
  74. berarti ufo beneran ada ya mas..........

    ReplyDelete
  75. ..maaf, tapi saya kurang setuju kl disebut layangan berlampu..
    knp? karena setelah pengaturan kontras dilakukan, tidak mengindikasikan bahwa bayangan di atas lampu berbentuk seperti layang-layang..

    lagipula, kalau layang2, bukankah seharusny melayang2 dalam artinya bergerak2? naik turun kesana kemari..
    setau saya, ketika dulu saya bermain layangan, layangan tidak akan diam saja, melainkan bergerak naik-turun ke kanan-ke kiri karena tertiup angin..
    bukan diam tidak bergerak seperti keterangan para saksi..

    saya sudah mengunjungi kompas.com yang memuat berita tersebut, dan (maaf sekali kepada kompas.com) sepertinya ada beberapa informasi yang diedit demi tujuan komersil..
    memang sih, saya tidak memaksakan saksi mata untuk mengecek ada apa besoknya di daerah situ ketika siang..
    tp kalau saya yang melihat, saya akan memastikan besoknya di siang hari, ada apakah di arah (yang katanya) langit itu.. apakah memang betul terjadinya di atas persawahan? karena rasa penasaran terhadap ufo biasanya akan memancing orang2 mengecek ulang kebenarannya..

    lucu juga kl disebut akhirnya menghilang.. menghilangnya seperti apa?
    kita misalkan memang benar itu adalah layang2, maka caranya terlihat menghilang ada 3, yaitu:
    1. tiba2 cahayanya lenyap, karena habis baterai. tapi perlu ditanyakan lagi, apakah menghilangnya terjadi pada semua cahaya yang terlihat atau hanya satu? dan apakah hilangnya lampu itu satu persatu atau sekaligus? apabila hilangnya sekaligus, maka sumber energi pada lampu layang2 tersebut hanya satu baterai.. sehingga ketika tenaga baterainya habis, semua lampu ikut menghilang..
    2. ketika si empunya layangan sudah bosan, dan menurunkannya, maka cahaya tersebut seharusnya menghilang ke bawah, karena ditarik oleh si empunya layangan..
    3. tali layangannya tanpa sengaja putus maka, cahaya tersebut akan terlihat semakin lama semakin ke atas..
    (nah, hal ini yang tidak dijelaskan oleh para saksi mata atau mungkin tidak disebutkan di dalam artikel di kompas.com, yang tentu saja, berita itu hanya intermezzo di kompas.com..)


    tp kalo diikatkan pada tiang listrik? hmmm.. yg diikatkan apanya? layang2nya kah atau tali layang2nya?
    aneh saja kalau layang2nya diikatkan di tiang listrik.. tujuannya hanya supaya tidak hilang atau putus? apa gunanya main layang2 kalau hanya diikatkan di tiang listrik.. maaf, tp agak kurang masuk akal menurut saya..
    kalo tali layang2nya yang diikatkan, bagaimanakah layang2 tersebut bisa terbang? karena setau saya, layang2 itu harus ditarik-ulur untuk menyesuaikannya dengan tekanan dan arah angin.. tidak bisa hanya diam saja, maka dia akan jatuh..


    oh ya, kejanggalan kedua, dikatakan bahwa cahaya tersebut terlihat selama kurang lebih satu jam..
    agak aneh bukan kl satu jam, mereka hanya berdiam diri melihat..
    hape saksi pertama mungkin lobet, dan hape si pembokat mgkn tidak bisa merekam..
    lalu ada saksi lain yaitu kakaknya, apakah hapenya juga lobet? atau hapenya juga tidak ada aplikasi utk merekam?
    kita katakan pada saat itu sedang tidak pegang hape, tp bukankah waktu satu jam cukup untuknya mengambil alat lain untuk merekam? mengambil hape kakaknya, pinjam hape tetangga, masih banyak cara yg bisa dilakukan untuk merekam kalau memang mereka niat merekam..

    hardly believe such credible online newspaper had a lame story like this..

    and bro enigma, as usual.. you're great! =D

    ReplyDelete
  76. saya setuju dengan komentar pilihan bro enig..
    saya orang asli bali dan belakangan ini memang sedang musimnya layang-layang, apalagi di daerah kuta (saya tinggal di perumahan dalung permai, kecamatan kuta utara, kabupaten badung). saat musim layang-layang ini biasanya kondisi angin sedang stabil dari siang sampai malam hari sehingga tidak jarang layang-layang tersebut dibiarkan mengudara semalaman. Nah seiring perkembangan teknologi, masyarakat pencinta layang-layang di bali pun banyak yang menambahkan asesoris pada layangannya, dan yang paling lumrah adalah menambahkan lampu pada layangannya sehingga pada waktu malam akan terlihat sangat indah. jadi menurut saya yang dilihat oleh narasumber tersebut memang LAYANG-LAYANG bukan UFO seperti yang diberitakan.
    sekian penjelasan dari saya bro ENIG,,terima kasih..

    ReplyDelete
  77. @anakkucing: kalau soal foto, saya juga tidak percaya kalau itu foto layang-layang. Saya tetap yakin kalau itu adalah foto lanskap daratan. Menurut saya penjelasan layang-layang itu masuk akal untuk menjawab deskripsi saksi di artikel kompas (yang tentu saja sudah diedit supaya lebih komersil). Mengenai foto, menurut saya, sang wartawan telah secara asal memasang foto pedesaan di malam hari untuk memperkuat isi berita. Yang pasti menyesatkan. Atau, kemungkinan kedua, saksi mata telah menipu wartawan dengan memberikan foto palsu.

    ReplyDelete
  78. wadoh mana nie monsternya, dah jarang posting y,
    boleh gx ku bantu2 ngurus blog ini, hehehe bcanda, jackberlin59@yahoo.com

    ReplyDelete
  79. ...maap, lama g mampir bro...
    btw, brbicara ttg ufo di bali, kbtulan ane sempet iseng2 jepret2...sp tau bisa jd tambah anget...
    ntar ane imel...
    salam buat tmn2 smua... ^_^m

    ReplyDelete
  80. nambahin opsi ke imaginasi... :D
    itu sejenis pesawat stealth tanpa suara yg mampu melayang vertikal.. jika paginya terlihat awan bergaris.. maka memang pesawat yg menyemprotkan virus... UFO alien masih menggunakan lampu? bwat apa??... pemerintahan di bumi juga punya UFO....

    ReplyDelete
  81. pembuatan layangan di bali itu sangatlah detail dan teliti,,,sehingga layangan tersebut akan diam tak bergerak saat di udara,,apalagi di sesuaikan dengan ukuran layangan tersebut,yg ukurannya bisa sampai melebihi ukuran rumah 4 lantai...

    hebat kan gan !!!!!!

    ReplyDelete
  82. mas enig ngatur brigh/contras nya photoshop ya...
    kalo iya,yg versbi brapa mas..
    aku pake cs3 sama cs5 hasilnya g'kayak trlalu kliatan mas,g; kayak fto2 di atas.

    ReplyDelete
  83. Saya menggunakan cs2. Tetapi, saya menggunakan Curve. bukan brightness contrass.

    ReplyDelete
  84. Saya dari bali, kalo api melayang sendiri di bali udah biasa. apalagi kepala mlayang hehe... salam kenal.

    ReplyDelete
  85. Prataaaaaaaaaamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkk...SIiip!

    ReplyDelete
  86. bang E, boleh minta software/cara gimana contrast foto ngga? tapi contrast foto terakhir (yang foto lampu jalan)

    ReplyDelete
  87. gila smua orang dah gila ma ufo.....ufo itu dongeng...pada thun 1974

    ReplyDelete
  88. yang foto bohong bgt alias goblok

    ReplyDelete
  89. hahahaha...
    harusnya semua dicapture dengan resolusi foto dan kualitas foto yang tinggi, agar bisa diselidiki secara digital forensic...

    ReplyDelete
  90. kayaknya itu cuma efek cahaya dari salah satu rumah di situ dah

    ReplyDelete
  91. analisa luar biasa.....

    ReplyDelete
  92. Wih! Analisanya keren banget!
    Ro* Su*yo mah lewat!!!! hahahaha
    jangan lupa mampir ke Aqiqah Murah ya :)

    ReplyDelete
  93. saya pernah melihat hal seperti itu saat saya masih kelas 5 SD..tapi saya hanya melihat 3 lampu(merah putih dan biru)yang berputar semakin ke atas semakin kecil dan hilang di balik bintang yang paling terang(klo liat langit yang ada di tengah)itu terjadi tahun 1995.saya pikir itu pesawat terbang jadi saya lihatin terus tapi yang aneh adalah saat geraknya melewati bintang cahaya itu hilang.

    ReplyDelete
  94. mungkin UFO tertarik dengan keindahan pulau bali

    ReplyDelete
  95. Apakah UFO itu benar2 ada ?
    Dan apakah yang dikatakan media itu benar kalau UFO itu adalah alat transport dari makhluk mars atau Luar angkasa lain yang biasa disebut dengan Alien itu ada ?
    Apa sudah ada orang yang menemukan Alien ?
    Dan bagaimana pula Alien itu bisa sampai ke Bumi ? Apakah mereka mempunyai tujuan tersendiri ?

    ReplyDelete
  96. aq pernah lihat benda maju seperti bintang di daerah saya mlhan bentuk dan chnya na mirip sekli sama bintang..tapi yg bikin heran itu benda maju nya sangat pelan ga seperti helikopter atau kpal pada mlam hari dan lama kelamaan benda itu meredup dan menghilang...
    tolong kasih penjelasan ke saya tentang benda itu>>>

    ReplyDelete
  97. wkwkwkw, ckckckc.. buat yg bikin tipuan image murahan, coba pake visual efek cgi!!, biar lbh kerenn tipuannya..

    ReplyDelete
  98. wkwkwkw, ckckckc.. buat yg bikin tipuan image murahan, coba pake visual efek cgi!!, biar lbh kerenn tipuannya..

    ReplyDelete
  99. pada umunya kasus2 ufo tu klo bukan hoax, ya salah persepsi dari suatu penampakan..
    penampakan yang bener2 real dan ga terbantahkan sampe sekarang kayaknya memang belom ada...
    :D

    ReplyDelete
  100. betul tu bro cinderelas.....belum ada yang benar benar real...semua bukti bukti selalu terbantahkan, sepertinya semua hanya mencari sensasi bin hoax.....
    mungkin UFO memang ga ada kali ya...?

    ReplyDelete
  101. keren bos enigma is the best :D

    ReplyDelete
  102. kecanggihan zaman sekarang yg sering meipu mereka yg masih awam, bagus bgt om penjelasanya...
    salam sahabat

    ReplyDelete
  103. Teman2...
    UFO memang benar2 ada dan REAL..!! Td barusan sy pulang kemalaman, istri sy murka dan ufo ufo alias piring terbangpun beterbangan dari dapur hampir mengenai sy yg kabur tunggang langgang (maklum lah namanya jg susis).. Untunglah di jln sy nemu warnet bwt menceritakan pengalaman ini..

    BTW bung enigma.. you're genius, I salute you :)

    ReplyDelete
  104. Bener sobz,setelah aku atur contrasnya di Photoshop 7 ternyata itu sebuah perkampungan/perumahan belaka dan itu diambil didekat jalan raya... :D Anehnya lagi masak UFO bentuknya Panjang (^_^)

    ReplyDelete
  105. rigan baleharjo 2 pacitanAugust 6, 2013 at 8:33 PM

    keren

    ReplyDelete
  106. klo layangan berarti g bakal ilang dlm wktu lama dong..

    ReplyDelete
  107. Barusan saya liat pesawat ato apa ya, malam terang bulan, jelas bgt.. Lampu nya ada 4 putih di tengah merah trus dkat lampu yg 4 td ada lg berkedip secara gantian, jd dia keliatan sprt berputar , jk itu pesawat , knp suara nya tdk ada.. Trus jalur pesawat mgkn tdk ada di atas rumah saya.. Kira2 itu apa ya ?

    ReplyDelete
  108. Tapi saya percaya kok dengan Alien 60%, mereka itu ras binatang melata, makanya kebanyakan film yang mengambil latar ttg UFO, aliennya digambarkan mirip2 dengan kadal, baik dari kulit, mata, maupun ciri fisik lainnya.

    Saya rasa tidak mungkin Tuhan hanya menciptakan manusia saja di alam semesta yang seluas ini, masih banyak kehidupan luar yang ekstrim bebas yang belum pernah kita lihat diangkasa. Bima Sakti hanya dipisahkan jarak jutaan cahaya, masih banyak kok galaksi-galaksi lain diluar sana yang belum diketahui, yang bintangnya hampir sama kayak kita di Bima Sakti yakni matahari.

    ReplyDelete
  109. ealah udah baca tegang'' ternyata itu lampu :v

    ReplyDelete
  110. suatu malam pas hari raya nyepi, sekitar jam 9 malam, saya duduk diluar rumah melihat isi langit, tiba tiba sebuah benda putih terang jatuh tegak lurus dg bumi, anehnya dalam beberapa saat kemudian benda terang tersebut kembali naik dengan kecepatan sangat tinggi, belum pernah ada pesawat buatan manusia bumi dalam ketinggian seperti itu, mempunyai kecepatan seperti itu,

    ReplyDelete