Sunday, July 17, 2011

Inbox: Cahaya aneh misterius terlihat di Jabodetabek - Penjelasan

Pada tanggal 14 Juli 2011, banyak orang di wilayah Jabodetabek melihat cahaya aneh berwarna oranye terang. Termasuk dua orang pembaca enigma yang telah mengirim foto-foto hasil jepretan mereka. Pada postingan ini, kita juga akan mencoba mengidentifikasi identitas objek misterius tersebut.


Berikut foto-foto yang dikirim oleh Ekie (apaajacampur.blogspot.com) yang diambil dari Bekasi.


Dan berikut foto-foto dari Togoe PS yang diambil dari wilayah Brawijaya, Jakarta.

Penampakan tersebut dilihat oleh banyak orang di wilayah Jabodetabek sehingga sempat diberitakan oleh beberapa media. Salah seorang user youtube juga mengupload video penampakan tersebut seperti yang bisa kalian saksikan di bawah ini:


Nah, sekarang, apakah identitas objek yang terlihat pada foto-foto dan rekaman tersebut? Apakah meteor?

Saya sendiri pernah menyaksikan jejak-jejak seperti itu beberapa kali. Kadang terlihat bercahaya terang, kadang tidak. Kadang terlihat horizontal dan kadang terlihat vertikal. Pada foto-foto di atas, jejak api terlihat seperti menurun (jatuh) sehingga kita akan segera menyimpulkan kalau kita sedang melihat sebuah objek angkasa yang jatuh seperti sampah angkasa ataupun meteorit.

Namun, sebenarnya tidak harus demikian.

Ketika Prof.Thomas Jamaluddin dari LAPAN ditanya oleh wartawan Vivanews mengenai identitas objek ini, ia berkata kalau jejak itu adalah "Jejak kondensasi dari pesawat tempur yang memunculkan asap putih".

Dalam hal ini, saya setuju 100 persen dengan Prof.Djamaluddin, walaupun menurut saya jejak kondensasi tersebut tidak harus berasal dari pesawat tempur. Pesawat komersil pun sering menghasilkan jejak semacam itu.

Bukti lain kalau jejak itu ditimbulkan oleh pesawat terlihat pada dua foto yang dikirim oleh Ekie di atas. Jejak tersebut terlihat seperti berbelok dan tidak bergerak dalam arah yang lurus. Ini adalah bukti lain kalau jejak tersebut tercipta oleh sebuah pesawat, bukan meteor, karena meteor tidak bisa mengubah arah pergerakannya.

Pesawat yang menciptakan jejak kondensasi tersebut tidak terlihat karena posisinya yang cukup jauh dan kualitas kamera yang digunakan tidak memadai.

Istilah yang lebih populer untuk jejak kondensasi tersebut adalah contrail. Ketika gas buangan yang panas dari pesawat menjadi dingin, butiran es atau butiran kristal mikroskopis akan tercipta. Ini menyebabkan jejak gas buangan tersebut bisa terlihat dengan mata telanjang.

Contoh contrail bisa terlihat pada foto di bawah ini.

Pesawat jenis yang berbeda bisa menghasilkan contrail yang berbeda pula. Tidak harus berupa empat jalur seperti pada foto di atas. Beberapa jenis pesawat bisa menciptakan contrail yang panjang, sedangkan yang lainnya menghasilkan contrail yang pendek (Short Contrail). Dalam kasus penampakan 14 Juli, contrail yang dihasilkan adalah contrail pendek.

Selanjutnya, pasti akan ada dua pertanyaan yang pasti akan muncul di dalam benak kalian.

Pertanyaan pertama adalah: Mengapa jejak yang muncul pada tanggal 14 Juli terlihat seperti jejak api?

Dan pertanyaan kedua adalah: Mengapa jejak itu terlihat seperti sedang menuju ke bumi alias jatuh?

Saya akan menjawab pertanyaan pertama terlebih dahulu.

Jawaban atas pertanyaan pertama adalah karena iluminasi dari sinar matahari.

Seperti yang kita ketahui, jejak "api" misterius tersebut muncul pada sore hari. Pada foto yang dikirim oleh Ekie, terlihat pada time stamp kalau foto itu diambil pada pukul 17:57. Ini adalah saat matahari mulai tenggelam di ufuk barat.

Pada jam-jam tersebut, matahari memang sudah mulai tenggelam. Namun cahayanya masih menyinari bagian langit yang lebih tinggi. Ketika sebuah pesawat lewat, contrail yang dihasilkannya akan terkena cahaya ini dan menyebabkannya berubah warna menjadi oranye terang seperti api.

Contohnya seperti pada foto di bawah ini.

Jadi, jejak yang terlihat seperti api itu sesungguhnya adalah jejak contrail yang terkena cahaya matahari.

Jika lain kali penampakan cahaya seperti ini kembali muncul, maka saya yakin saat itu adalah sore hari ketika matahari mulai terbenam.

Lalu, untuk pertanyaan kedua soal mengapa contrail itu terlihat mengarah ke bawah.

Jawaban atas pertanyaan ini adalah karena ilusi optik.

Jejak itu tidak sedang memperlihatkan sebuah pesawat atau meteor yang sedang jatuh.

Jejak itu sesungguhnya tercipta oleh sebuah pesawat yang terbang dengan normal. Ia terlihat mengarah ke bawah karena pesawat itu sedang terbang menuju (atau menjauhi) pemegang kamera.

Walaupun kedengaran agak sukar dipercaya, namun sebenarnya sangat bisa diterima oleh logika. Contrail itu selalu horizontal (karena pesawat terbang horizontal). Namun, posisi pesawat dan pengamat akan menentukan ilusi yang tercipta.

Lihat contoh foto-foto di bawah ini:

Pesawat dan contrail yang terlihat seperti sedang mengarah ke bumi
(Lihatlah betapa miripnya contrail ini dengan penampakan 14 Juli - hanya di foto ini kita bisa melihat dengan jelas pesawatnya)


Pesawat dan contrail yang terlihat seperti sedang naik terbang menuju angkasa. Terlihat seperti rudal.

Ini adalah contrail yang tercipta akibat pesawat yang bergerak sejajar dengan pemegang kamera, bukan jejak jatuhnya komet

Foto ini menunjukkan contrail di Jerman yang terlihat mirip meteor. Pesawat yang menciptakannya hanya terlihat samar-samar

Ini adalah contrail nyaris vertikal yang diciptakan Airbus A340-600. Sama seperti foto di atas, pesawat yang menciptakannya juga terlihat samar-samar

Ilusi optik semacam ini juga pernah menciptakan kehebohan belum lama ini. Jika kalian ingat, pada tanggal 8 November 2010, jejak contrail nyaris vertikal terlihat dari Los Angeles yang memicu spekulasi kalau ada rudal rahasia yang sedang diluncurkan.

Spekulasi ini muncul karena jejak tersebut mengarah ke atas sehingga sangat mirip seperti rudal yang baru saja diluncurkan.

Namun, akhirnya misteri ini dipecahkan oleh seorang blogger bernama Liem Bahneman yang menemukan kalau jejak itu sebenarnya ditimbulkan oleh pesawat komersil America West nomor penerbangan 808. Ia bahkan berhasil menemukan sebuah rekaman yang memperlihatkan kalau pesawat itu juga menghasilkan jejak yang sama 24 jam kemudian.

Foto di sebelah kanan adalah foto yang dikira rudal. Sedangkan foto yang disebelah kiri adalah contrail yang diciptakan oleh pesawat America West 24 jam kemudian

Begitulah ilusi optik. Bahkan ketika kita mengetahui penjelasannya, pikiran kita masih belum bisa menerimanya sepenuhnya.

Namun saya pribadi menganggap kasus ini sebagai kasus contrail biasa dan bukan sesuatu yang misterius.

By the way, penjelasan yang saya berikan hari ini juga saya tujukan sebagai alternatif untuk menjawab postingan inbox saya sebelumnya mengenai jejak vertikal di Cilegon dan Balikpapan.

Untuk informasi tambahan mengenai contrail, kalian bisa mengunjungi lifeonpearth.com dan contrailscience.com.

(wikipedia, foxnews.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

150 comments:

  1. Wahh akhr'a enigma come back. :D
    Wahh akhr'a enigma come back. :D

    ReplyDelete
  2. haha chacky pertama

    ReplyDelete
  3. knp bukan beneran rudal seh...kan seru tuh kl beneran rudal...

    ReplyDelete
  4. keknya post kali ini kok agak lebay ya bang
    banyakin cerita konspirasi dong

    :beer:

    ReplyDelete
  5. kereennnn!!!! keep it up mas bro!

    ReplyDelete
  6. pertanyaanya adalah apakah saat itu ada pesawat yg lewat?

    ReplyDelete
  7. memang bisa dicurigai kalo deket bandara biasa terjadi spt itu!!!pertamaxx je!!

    ReplyDelete
  8. keren & mantab bro...

    ReplyDelete
  9. contrail itu ya yang dicurigai sebagai chemtrail/chemist trail?

    ReplyDelete
  10. yihaaaaaaaa..!!!!!!!! 10 besar..!!!!

    tolong bang enigma.. ini jadiin 10 besar ya..
    masak saya dah teriak 10besar tapi ngga jadi 10 besar, kan ngga lucu.. :P

    btw ilmu baru lagi saya dapatkan dari sini..
    seprti biasa.. well done mr enigma..!

    ReplyDelete
  11. lalu yang menjadi pertanyaan pesawat jet siapakah itu? dan bila melihat dari ketinggiannya sepertinya pesawat itu terbangnya tinggi sekali (bila dibandingkan dengan pesawat yang muncul dari kanan pada detik ke 15) juga sepertinya sedang dalam kecepatan tinggi, apakah pesawat tni au sedang latihan atau apa? kalaupun latihan kenapa sendiri? coz biasanya kalau latihan tni rame2, dan pertanyaan lainnya kalaupun latihan kenapa harus sore hari dan bila dilihat di berita di yahoo :

    http://id.berita.yahoo.com/jejak-api-di-langit-bekasi.html

    dan di fotonya :

    http://id.berita.yahoo.com/foto/jejak-api-di-langit-bekasi-1310746586-slideshow/#crsl=

    terlihat di foto itu garis cahaya itu bisa terlihat seperti berbelok dengan cepat, yg jd pertanyaan lg kalaupun latihan dgn kecepatan dan manuver seperti itu mengapa harus di tengah keramaian dimana hal itu sama saja dengan tidak menghiraukan keselamatan para warga kota bila pesawat itu terjatuh karena suatu hal.

    ReplyDelete
  12. molotof


    10 besar....!!!


    wah.... seru nih.... om e ga kalah up date sma yg laennya...

    ReplyDelete
  13. belakangan ini postingannya ringan-ringan melulu ya bro?

    ReplyDelete
  14. paling2... -pesawat tempur Amerika- lagi dgn santainya lewat wilayah indonesia, sedangkan kita cuma bengong+gak terdeteksi radar TNI + gak bisa dikejar pesawat kita....!!

    ReplyDelete
  15. konspisasi. Cri gambar di google bundaran hi dan iluminati. Apakah ada kaitan ny :Dkonspisasi. Cri gambar di google bundaran hi dan iluminati. Apakah ada kaitan ny :D

    ReplyDelete
  16. pertanyaan bang enigma. maskapai apakah yg ada di gambar. Atau jenis pesawat ny??

    ReplyDelete
  17. ini dia yg ditunggu. Makasih penjelasannya om E :)

    ReplyDelete
  18. Finally, Mr. E muncul lagi.
    Nape bang, kok postingnya lama?
    Pertama coment nih.
    Oh ya, request tntang pradaban2 masa lalu yg msh misterius tknologinya.
    Lagi pula kan gak harus bisa dipecahkn.
    Just Let it be mistery if you have no clue to explain.
    From Meitantei Conanment nih.
    Oh ya, request tntang pradaban2 masa lalu yg msh misterius tknologinya.
    Lagi pula kan gak harus bisa dipecahkn.
    Just Let it be mistery if you have no clue to explain.
    From Meitantei Conan

    ReplyDelete
  19. ehm...good post brow makasih atas penjelasannya :)

    ReplyDelete
  20. kenapa udah lama vakum bro e ?

    ReplyDelete
  21. mangstab.....bang enigma, trims ya udah dibahas. jadi ngga penasaran nich....

    ReplyDelete
  22. lumayan, 10 besar... thanks buat penjelasannya bung Enigma...

    ReplyDelete
  23. Penjelasan yg sempurna... ternyata gak beda jauh dgn perkiraan sy sebelumnny...

    ReplyDelete
  24. kepala saya five thousand and twelve said :

    yg semangaat bro Enigma ^0^

    kepala saya five thousand and twelve

    ReplyDelete
  25. PERTAMAX DIAMANKAN !!

    by the way, lama bgt sih bung E updatenya..
    Sampai sy cek blognya tiap hari tp ga kunjung2 update :(
    skalinya update malah topiknya ringan gini :(
    bahas ttg misteri2 yg ga bs trpecahkn donk...

    Salam Enigmers.

    ReplyDelete
  26. wah lama ditunggu-tunggu akhirnya tulisan bang enigma muncul lagi hehehe...

    ReplyDelete
  27. PREMIUM.........!!!!!!!!! Rp7.000.
    Kirain sampah satelit palapa jatuh :D

    ReplyDelete
  28. Nice,,
    Optic illusion,,
    Love it,,

    ReplyDelete
  29. Ane liat gan wkt pulang kerja, posisi ane di pancoran. sempet moto en ngambil videonya juga.

    ReplyDelete
  30. komen lg gan, yang aneh kok itu juga bisa di lihat di bali. Kalo itu pesawat kok bisa sampe sejauh itu.

    ReplyDelete
  31. beberapa tahun yg lalu jg Saya prnh mlihat yg seperti itu ddaerah pancoran tp tdk ad yg menyadari, cm Saya & teman Saya yg heboh sendiri akhirny Kami memutuskan utk diam saja, anggap angin lalu hehe

    DeeLaBeLLe

    ReplyDelete
  32. Zigma E,11
    akhirnya saya mendapat penjelasan yang akurat.Om Enigma hebat,penjelasannya bagus. ^_^

    ReplyDelete
  33. ini dia yg kutunggu2. sedooooooot.... :D

    ReplyDelete
  34. tapi kok kepalanya ada yang ke bawah ya?? ape pesawat jatoh gan?? kan ga ada beritanya tuh pesawat jatoh

    ReplyDelete
  35. Penjelasannya mantap, kira-kira itu jejak dari pesawat jenis apa?

    ReplyDelete
  36. wiii... h! keren penjelasannya. enigma, selalu di depan :-)

    ReplyDelete
  37. Kemaren sempet baca beritanya di yah** news. Ternyata uda ada penjelasan lengkap disini. Thanks ya bang enigma atas sharingnya

    ReplyDelete
  38. Tau nggak Bang E,, pas pertama baca ini berita di koran online,,
    Yang pertama kepikiran adalah "Gimana ya kalo menurut Bang Enigma ??"
    Dan terjawab sudah misteri pertanyaan ane :D
    As always,, goodjob Bang E.

    junglemount

    ReplyDelete
  39. Bro, bisa ga jelasin soal CC Sleman? Heboh lho, kok ga dibahas? Hehe..

    ReplyDelete
  40. om Enigma cemerlang dengan penjelasannya
    nice post om..

    ReplyDelete
  41. efek iluminasi tersebut dapat terjadi karea asap dari pesawat merupakan koloid.(campuran antara zat padat dalam gas).Sehingga cahaya matahari dibiaskan oleh partikel padatan dlm asap. Dalam kimia biasanya disebut dengan efek tyndal

    ReplyDelete
  42. @Fadli: Apakah menurut kamu pesawat dari jakarta tidak bisa sampai ke bali?
    Lagipula, tidak harus pesawat yang sama kok. penampakan cahaya itu sendiri bukan sesuatu yang langka. Cuma, karena heboh dan diberitakan oleh media, orang-orang jadi lebih memperhatikan langit dan mulai melihat cahaya seperti itu dimana-mana.

    @Anonymous 41: Kamu belum membaca postingan di atas?

    ReplyDelete
  43. LENDU :

    Pagi bang Enigma,wah ternyata gitu to penjelasaannya.
    Kenapa sekarang postingan ringan terus bang? Agak berat dikit dong? Aku adalah penggemar lama sejak november 2010,ini komen q yang pertama n perdana he he ..-sejak pertama membaca blog ini aq merasa terlihat kerdil dengan pengetahuan q,dirimu adalah guru q di dunia maya bang e jika aq lagi suntuk ato marah terus langsung aja buka Enigma pikiran langsung fresh lagi...terima kasih blog ini telah menjadikan obat mujarab dalam suka maupun dukaku.jelasaannya.
    Kenapa sekarang postingan ringan terus bang? Agak berat dikit dong? Aku adalah penggemar lama sejak november 2010,ini komen q yang pertama n perdana he he ..-sejak pertama membaca blog ini aq merasa terlihat kerdil dengan pengetahuan q,dirimu adalah guru q di dunia maya bang e jika aq lagi suntuk ato marah terus langsung aja buka Enigma pikiran langsung fresh lagi...terima kasih blog ini telah menjadikan obat mujarab dalam suka maupun dukaku.

    ReplyDelete
  44. bang enigma memang hebat,,,

    ReplyDelete
  45. bang enigma ..

    posting soal hoax ato oknum mestirius donk :D

    ReplyDelete
  46. Saya juga nganggapnya itu paling sebatas awan atau jejak pesawat, cuma warnanya aja yg kekuningan sehingga jadi keliatan kayak komet

    ReplyDelete
  47. Lama baru posting lagi mr :)

    ReplyDelete
  48. bang E postinganny jangan tentang ufo mulu dong..
    jenuh bang..
    By.Rocket

    ReplyDelete
  49. Saya sudah membaca blog ini sejak awal berdiri yaitu sekitar tahun 2009.. Tapi jujur, saya baru kali ini memberi komentar.. Ini adalah blog yang paling berkualitas (di Indonesia) menurut saya.. Selain bahasan yang bagus, Anda juga mampu menyedot komentator yang jumlahnya selalu mendekati 100 komen bahkan lebih.. Walaupun, akhir-akhir ini komentator berkualitas sudah jarang terlihat. Yang menarik dari blog anda bukan hanya informasi dan wawasan yang luas yang anda miliki(walopun menurut anda, anda mencarinya via googling) tapi juga penjelasan dan analisis yang lugas serta jelas.

    Selain apresiasi diatas, Saya juga ingin memberikan saran tambahan sebagai pembaca setia. Dalam beberapa bulan terakhir ini, saya mulai kehilangan topik-topik yang membuat saya takjub seperti topik-topik yang biasanya anda sajikan. Oleh karena itu, tolong berikan lagi ya topik-topik bacaan yang mungkin penjelasannya hanya ada disini saja, seperti judul-judul sebelumnya..

    Mungkin jika anda membaca komentar ini, anda pasti sebenarnya merasa pernah mengenal saya. Bisakah anda tahu apakah saya jujur, bahwa saya memang baru pertama kali berkomentar disini atau belum? Jika menurut anda saya berbohong,bisakah anda tahu siapakah saya? Klunya Tamam Shud...

    Good job Mr. Enigma.. Anda MEMANG YANG TERDEPAN.

    ReplyDelete
  50. Anonymous 58: dari gaya menulis komentar sekarang, saya tidak bisa mengenali kamu karena sepertinya kamu memang suka mengubah gaya komentar. Ketika kamu meminta saya untuk menilai apakah kamu berbohong atau tidak, kamu telah menunjukkan kalau kamu pernah berkomentar sebelumnya. Dari saran yang kamu berikan, terlihat kalau kamu memiliki kecerdasan karena kamu beranggapan kalau yang kurang dari blog ini akhir2 ini adalah "topik yang menarik bagi kamu", Tapi sayangnya, kamu tidak menyebutkan topik yang kamu sukai. Atau, mungkin kamu suka dengan topik misteri yang tidak terpecahkan supaya bisa menganalisisnya?

    ReplyDelete
  51. eh saya rasa bnr itu pesawat deh, cb liat pas gambar nya di zoom ma bang enigma

    http://3.bp.blogspot.com/-UXWtZY6ECMI/TiL1_EBemgI/AAAAAAAAF-Q/1LDThKw6PCQ/s400/contrail5.jpg

    bisa di liat di pangkalnya, kayak ada semacam item2, sedikit kontras dg skelilingnya

    by -neox-

    ReplyDelete
  52. mo usul Agan Enigma, topik yg agak berat klo blh usul ttg Misteri Ring of Fire coz klo qt amati dr Peru-Sulawesi Utara, smua Gunung itu mlai pd aktif dan tekanan erupsinya itu cenderung kuat.. Ada apa ya kira2..?? sy sdg curiga dg Ring ini. tx Gan..!

    ReplyDelete
  53. Anonimous 58 Jangan-jangan bang Enigma sendiri, he he he, soalnya lagi kesel, yang komentar pertama cuman nulis PERTAMAX... Emang bener yang komen sekarang banyak yang kurang berkualitas sih.

    Oh ya selain karena knalpot jet bisa juga ya karena penurunan tekanan udara ya? (wikipedia) berarti pesawat yang ga pake jet bisa juga ngeluarin contrail, semacam UFO atau Superman barangkali, asalkan kecepatannya cukup tinggi sehingga bisa membuat vakum udara dibelakang pesawat.

    ReplyDelete
  54. @om enigma : Yang ane baca di internet cahaya yang kelihatan sampai di bali itu hari yang sama, waktunya sama persis dengan yang ane liat gan? arah yang sama di atas langit jakarta. En bentuk apinya sama gan awalnya menukik lurus ke bawah trus belok ke kanan.. ::bingung::

    ReplyDelete
  55. itu kaum decepticon yg mo pres converence flm transformer 3

    ReplyDelete
  56. yang nomer 58 tu siapa yg dimaksud?

    bang enig, kok di videonya gak ada suara pesawatnya?????

    ReplyDelete
  57. @Anonymous 65: Suara pesawat hanya bisa terdengar kalau ia terbang rendah.

    ReplyDelete
  58. @Anonymous no 58: dulu juga pernah ada, komentator yang menanyakan pertanyaan "siapakah saya" ke Mr. E. jangan2 anda org yg sama? :D

    walaupun komentar2 disini menurut anda kurang berkualitas, bukan berarti blog ini kehilangan pembaca2 terdahulunya loh.... buktinya saya eksis. hehehehe.

    pemikiran manusia bisa berkembang, bisa jadi komentator2 newbie blog ini bisa lebih kritis dari komen2 nenek moyangnya. jaman kan berputar, sekarang yg newbie yg berkasi. kita lihat aja nanti perkembangannya (berasa jadi nenek/kakek yg mengawasi cucunya dari jauh....kekeke).

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  59. sorry gan.. kemaren ane terbang di daerah situ.. jd nimbulin jejak dah :D

    ~Superman~

    ReplyDelete
  60. Hooo....gitu, terima kasih atas pejelasannya

    ReplyDelete
  61. Wah, menarik :)
    Oh iya, saya juga ternyata punya foto 'jejak api' seperti ini :D.

    Salam kenal
    -EP-

    ReplyDelete
  62. ternyata jejak pesawat yah? kalo meteor pasti kenceng banget lajunya, tapi kalo asap emg masuk akal, cuma diem ajah.

    @ms. Terry: betul, gak semuanya yg menghilang, tapi emang rasanya ada yg kurang ajah, gak se-hot dulu ya? Tapi gak papa, buat bang tetap semangat dan berkarya!!!

    ReplyDelete
  63. dari cara penulisan dan kosakata yang jelas serta muatan bahasa yang baik dan kalimat yang panjang keliatannya si anonymous 58 itu si chris..??

    lagipula chris suka hal yang bersifat theory conspiracy like tamam shud ..

    welcome back bang chris hehe

    -RA-

    ReplyDelete
  64. @anonymous 74:
    gimana ya ngomongnya? menurutku anonim 58 bukan bang chris. Rasanya ada yg beda. Anonym 58 kayaknya emg orang lama, tau banget perkembangan blog ini. Si chris emg pertama kali muncul di thread itu. Tapi aku mencurigai kalo si chris bermanifestasi (halah :p) dlm beberapa personal. Kadang aku kepikiran kalo bang enigma itu adalah chris itu sendiri.

    @chris: kalo kamu membaca komentarku ini tlg dibalas! I miss your brilliant comments.

    @anonymus 58: Jujur ya, apakah kamu chris? Buktikan dong kalo kamu itu si chris the enigma's legend!!!!

    ReplyDelete
  65. coba tanya ke seluruh nagara!! apakah ada yg meluncur kan pesawat dekat daerah indo!! kaya gitu!! kalo ga ad, berarti cahay misterius!!

    ReplyDelete
  66. wah misterius juga nih.. menarik buat yg suka sama misteri.. kunjungan balik d tunggu gan

    ReplyDelete
  67. bro tolong dibahas tentang fenomena tokek yang beberapa waktu lalu begitu heboh. apa benar ukurannya sangat besar & harganya begitu mahal. terima kasih. untuk yg sering comment pertamax n lain-lain kayanya kurang pas kalau kalian nulis2 pertamax-pertamax. di sini forum ilmu pengetahuan, hal yg serius bukan sedikit-dikit nulis pertamax-pertamax. ma kasih

    ReplyDelete
  68. SOORY BARU MBACA, TAPI MUNGKINKAH TERADI KONDENSASI SAAT MATAHARI TERBENAM, BUKANNYA KONDENSASI HANYA TERJADI DI SIANG HARI DAN PAGI HARI SAJA, MISALNYA CAHAYA YANG BERKILAUAN SEPERTI KEADIAN HALO MATAHARI KAN TERJADI SIANG HARI DAN PAGI HARI SAAJA. MAAF BROTHER ENIGMA GAK BERMAKSUD MNYINGGUNG YAWWW

    ReplyDelete
  69. wah.., infonya seru-seru. betah nih bacanya...

    ReplyDelete
  70. orang kita mah apa aja jadi misterius . itu pesawat sist gan sekalian

    ReplyDelete
  71. lagipula chris suka hal yang bersifat theory conspiracy like tamam shud ..

    ReplyDelete
  72. saya kebetulan melihat sendiri, persisnya jam pulang kerja waktu kejebak macet. Lokasi saya di bandung, dan objek itu terlihat dengan sangat jelas. awalnya saya kira itu meteor atau benda akngkasa yang jatuh. tapi setelah saya perhatikan itu memang pesawat, tapi ukurannya besar. mungkin lebih besar dari pesawat hercules(?). karena kebetulan arah rumah saya searah dengan pesawat itu terbang mondar mandir keluar masuk awan. jadi sepanjang perjalanan saya kerumah saya terus memantau benda itu, dan ya itu memang pesawat

    ReplyDelete
  73. owhh...
    begitu toh..
    ternyata ada penjelasan secar ilmiahnya...

    ReplyDelete
  74. Apa itu ya kira kira, kok gak tau seh..

    ReplyDelete
  75. Om Enigma, Bisa tolong bahas mengenai Segitiga Masalembo g' ? yang katanya Segitiga Masalembo itu mirip dengan segitiga bermuda yang ada di bahama .... mohon penjelasannya Om...

    ReplyDelete
  76. owh ternyata kya gtu yaa. . .
    infonya menarik sekali nich. . .

    ReplyDelete
  77. percaya.. enggak percaya.. enggak percaya.. enggak percaya.. enggak.. bngung ah..

    ReplyDelete
  78. wah padahal saya tinggal di depok tapi kok ga kedengeran beritanya.

    ReplyDelete
  79. Bru tau aq,,, ad misteri kyak gtu,, kira" makluk itu msih ad tmennya nggk ya?

    ReplyDelete
  80. wah hampir mirip yg gw dulu gan..tapi beda.. waktu itu siang hari tiba2 dar langit ada bola api jatuh miring,,,gw langsung beri tahu ke adik..dia jg lihat kemudian tiba2 bersama jatuhnya benda tadi suara mengglegar gan haha..ngeri meteornya

    ReplyDelete
  81. Sippp bosss

    Http://scorpionkris.blogspot.com

    ReplyDelete
  82. saya tau om enigma masih aktif,,,
    krna y' menyetujui semua komentar adalah om enigma,,,
    jd, kami semua penggemar blog ini keheranan dengan peristiwa semua ini,, bnyax komentar kami y' tidak om enigma jawab,,,
    jd, apa y' sebenar'a terjadi dengan om enigma,,,,???

    ReplyDelete
  83. Om enigma uda ga update webnya yah?

    ReplyDelete
  84. kunjungan hangat.. kunjung balik ya. jangan lupa follownya.. :D

    ReplyDelete
  85. keren..argumen dengan basic ilmiah...salut :-)

    ReplyDelete
  86. Hmmmmmmm,...

    Semoga saya salah....Big Hug from kraken!

    ReplyDelete
  87. keren nie.... salam!

    ReplyDelete
  88. Andai saja itu adalah rudal nuklir..apa yg terjadi ya..?? Btw mantabb abis.....




    Mau uang tambahan di forex ? klik !!! http://www.forexbelajar.com/?id=yogiwirasuta

    ReplyDelete
  89. Blogwalking Sob, saya dari Semar Bingung's Weblog. Salam kenal, salam persahabatan, dan bila berkenan silakan berkunjung ke blog saya yang masih newbie. Oh ya, btw artikelnya unik-unik. Thank.

    ReplyDelete
  90. aneh juga yaaa. apaan itu yaa????

    ReplyDelete
  91. betul, belum tentu juga itu pesawat... beh,,, namnya juga misterius, hehehe bagus ni blog... Support (@) Jempol...

    ReplyDelete
  92. iya aku juga pernah liat pesawat ngluarin itu

    ReplyDelete
  93. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi .,.
    jangan pernah mengeluh dengan apapun .,.
    tetaplah semangat dan nikmati semua.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  94. komentar no.113 kayaknya karna asap pesawat

    ReplyDelete
  95. wualah, yang ga tau tentang hal ini, bisa di anggap UFO itu. Mari kita selalu sharing. Sip Sip.

    ReplyDelete
  96. Owh begitu ternyata ya ga.. tapi kira kira itu disengaja apa gak ya? menurut ane itu disengaja biar pada heboh

    ReplyDelete
  97. Oh begitu ya.... semuanya sangat misterius...

    ReplyDelete
  98. pengennya sih ada isu lebih heboh tapi ternyata cuma biasa aja ya

    ReplyDelete
  99. keren mas bro.... tambah lagi infonya.... ^_^

    ReplyDelete
  100. betul, belum tentu juga itu pesawat... beh,,, namnya juga misterius, hehehe bagus ni blog... Support (@) Jempol...

    ReplyDelete
  101. Banyak dugaan benda langit ini,,
    bisa juga pesawat awak yg melintas...

    "Get Your Financial Freedom Now
    http://gimme-my10dollars.co.cc/"

    ReplyDelete
  102. emang gak mungkin sih meteor bisa ngubah jalur jatuhnya. oh iya satu lagi, (kalo gasalah) buntut meteor itu lebih panjang, kalo foto diatas buntutnya lebih kecil

    ReplyDelete
  103. semoga bisa jd inspirasi bagi orang lain..sukses ya

    ReplyDelete
  104. berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
    trimakasih

    ReplyDelete
  105. berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
    trimakasih


    ReplyDelete
  106. Makasih yah gan untuk artikelnya
    _ oiya saya akan berterima kasih bila agan mempersilakan saya untuk terus berkunjung ke blog ini walaupun dengan status saya yang sbagai spammers.
    sebelumnya kami mhon maaf ya.

    ReplyDelete
  107. wah seru juga gan menyimaknya . .
    makasih yah untuk artikelnya ..

    ReplyDelete
  108. bagus bgt blog nya, kapan nie update artikel barunya :D

    ReplyDelete
  109. haaii bung, =) udh lama ngga nulis ya ^^

    ReplyDelete
  110. ahay ntu mah ane sering liat gan.....

    ReplyDelete
  111. wahhh ini penjelasan yang sangat menarik dan hebat,,, dapat mengupas segala keraguan dgn memberikan fakta yg sebenarnya... sipp gan
    Silahkan kunjungi Stasiun Antariksa.

    ReplyDelete
  112. sia kamana wae kehed??

    ReplyDelete
  113. Setuju, itu bisa saja sebuah jejak dari pesawat

    ReplyDelete
  114. eh tapi kalau dilihat secara kasat mata kayak meteor beneran y?

    ReplyDelete
  115. wah ane juga ngeliat nih di daerah tangerang, sempet ane foto tapi hasilnya kaya foto2 di atas, ane liat pakai mata telanjang bentuknya itu kaya gumpalan asap memanjang, terus di ujungnya kok gak keliatan pesawatnya yah, malah hitam gelap gitu

    ReplyDelete
  116. bagaimana dgn konspirasi yg menyebutkan anggota New world order sedang mencananglan proyek depopulasi manusia? yg konon hanya ingin membuat bumi dihidupi 500 juta manusia saja..yg slh satu caranya yaitu menyebarkan Chemtrail ke kota2 besar dunia...termasuk Jakarta..?

    ReplyDelete