Sunday, February 9, 2014

Buku enigma 2 Telah Terbit

Dear readers,  

Bulan Februari ini, blog ini sudah berusia 5 tahun. Pembaca-pembaca blog enigma di awal-awal yang masih SMP sekarang telah duduk di bangku kuliah, yang SMU sedang atau telah menamatkan kuliahnya, yang kuliah telah menikmati pekerjaan barunya di tengah-tengah masyarakat dan yang pasti semuanya bertambah tua dan mulai menjalani kehidupan dengan lebih bijak.

Mereka yang sudah membaca isi blog ini dari awal pasti mengetahui bahwa blog ini berkembang dari tulisan-tulisan yang "kurang serius" menjadi tulisan yang "lebih serius". 

Setelah menulis dengan "lebih serius" selama beberapa lama, banyak orang yang bertanya mengapa saya tidak berniat untuk menjadikan blog ini lebih "serius" atau "profesional" lagi, misalnya dengan menggunakan domain dotcom. 

Saya sendiri memang tidak pernah memiliki niat untuk itu karena saya beranggapan bahwa saya bukanlah seorang blogger atau pengelola media sosial yang serius. Tapi dalam hal menyampaikan sebuah informasi, saya selalu serius. Dan untuk menunjukkan soal "profesional" atau "serius" tersebut, saya mengijinkan blog ini dikonversi menjadi dua buah buku (Saya selalu merasa bahwa sebuah buku fisik terasa lebih "immortal" dibanding sebuah blog). 

Buku pertama telah terbit pada bulan April 2013 yang lalu. Dan sekarang buku yang kedua pun telah terbit.

Awalnya, saya menyiapkan naskah setebal 600-700 halaman karena ingin memberikan informasi yang lebih lengkap dan menyeluruh. Namun karena hal tersebut akan membuat buku tersebut menjadi sangat mahal, maka dengan berbagai pertimbangan, saya dan editor memangkas setengahnya. Dan inilah jadinya.

Buku enigma 2 masih diterbitkan oleh penerbit Tangga Pustaka. Harganya Rp.55.000. Ukurannya 14 x 20 cm dengan tebal 284 halaman yang dibagi ke dalam 5 kategori yang seluruhnya berjumlah 27 bab. 15 Bab diantaranya belum pernah di-publish di blog enigma. Sedangkan bab-bab lainnya adalah topik yang pernah saya publish di blog enigma, namun ditulis ulang dengan memberikan tambahan-tambahan informasi terbaru. 
Semangat buku ini sama dengan blog enigma, yaitu berusaha melihat sisi yang lain dari sebuah kasus misteri yang umumnya akan menuntun kita kepada penjelasan yang lebih ilmiah. Jadi, jika kalian mencari sebuah buku misteri yang bombastis, bukan buku ini yang kalian butuhkan. 

Pada buku pertama, saya hanya memasukkan satu bab yang belum pernah di-publish di blog enigma, yaitu mengenai “UFO” pada karya-karya seni abad pertengahan. Pembahasan ini erat kaitannya dengan teori ancient alien. 
Karena menemukan topik ini cukup menarik dan populer (Thanks to History Channel), maka pada buku kedua ini, saya memasukkan satu kategori khusus mengenai ini. 

Kalian juga akan menemukan banyak tanggapan atas buku Chariots of the Gods yang ditulis oleh Erich von Daniken. Buku ini telah terjual sebanyak 60 juta kopi dan dianggap sebagai buku paling berpengaruh dalam kaitannya dengan teori ancient alien.  
Bahasan seperti UFO, alien, artefak misterius atau situs misterius dan cryptozoology masih menjadi pokok bahasan utama. Berikut beberapa topik spesifik yang bisa kalian jumpai di dalam buku ini:
Peta Piri Reis yang disebut sebagai peta super akurat karena mengetahui keberadaan Benua Antartika. Padahal peta ini dibuat pada tahun 1513 M dan Benua Antartika baru ditemukan pada tahun 1818 M. Apakah alien telah membantu pembuatan peta ini? 
Pada sebuah kuil yang telah berusia 4.250 tahun di Mesir, ditemukan sebuah ukiran yang sepertinya menggambarkan sebuah bola lampu pijar. Apakah ini membuktikan bahwa bangsa Mesir kuno memiliki teknologi listrik yang didapat dari alien? Jika tidak, apakah ada penjelasan lain yang lebih ilmiah? 
Di gua-gua sunyi di Kimberley, Australia, ditemukan banyak lukisan kuno berusia 5.000 tahun dengan bentuk figur-figur misterius, persis seperti alien yang kita tonton di film-film Holywood. Apakah figur-figur tersebut menggambarkan alien? Jika tidak, apa penjelasannya? 
Pada abad ke-19, seorang arkeolog legendaris Inggris yang sedang menggali di reruntuhan kota Assyria menemukan sekeping kaca yang dikemudian hari disebut Lensa Nimrud. Lensa ini sendiri telah berusia 2.700 tahun. Padahal mikroskop dan teleskop baru ditemukan pada abad ke-16. Apakah ini berarti bangsa Assyria kuno telah mampu membuat teleskop? 
Pada awal abad ke-20, para penjarah makam di Columbia menemukan banyak figurin kecil yang terbuat dari emas. Beberapa diantaranya memiliki kemiripan yang sangat luar biasa dengan pesawat terbang. Padahal figurin tersebut diperkirakan telah berusia sekitar 1.000 tahun. Apa penjelasannya? Figurin apakah itu? 
Pada awal abad ke-20, para penyelam di dekat pulau Antikythera menemukan sebuah objek berkarat yang dikemudian hari disebut Antikythera mechanism. Setelah diteliti, benda ini ternyata berfungsi seperti sebuah komputer analog dan planetarium skala kecil. Padahal usianya 2.000 tahun! Benarkah bangsa Yunani kuno mendapatkan ilmu pengetahuan untuk membuat objek tersebut dari alien? 
Pada abad ke-20, di reruntuhan kota kuno Palenque, ditemukan sebuah sarkofagus milik Raja Pakal yang legendaris. Pada permukaannya, terdapat ukiran misterius yang kemudian menjadi topik menarik dalam buku Daniken. Ia menyebut ukiran ini sebagai bukti bahwa manusia masa lampau pernah menggunakan wahana untuk menjelajah angkasa. Bagaimana penjelasannya? 
Apakah UFO pernah mengunjungi Jepang pada abad ke-19? Jika tidak, apa makna ilustrasi yang terdapat pada buku kuno berikut ini? 

Pernahkah kalian merasakan "kehadiran makhluk lain" di dalam ruangan dingin yang sunyi? Bagaimana sains menjelaskan fenomena semacam ini?

Pernahkah kalian bertanya mengenai fenomena kerasukan massal? Bagaimana sains menanggapinya?

Bagaimana sains menjawab persoalan "foto hantu" seperti berikut ini?

Bagaimana para peneliti memandang situs Gunung padang di Cianjur dan klaim bahwa Indonesia adalah Atlantis yang hilang seperti yang ditulis oleh Prof. Arysio Nunes dos Santos pada bukunya yang terkenal itu? 
Banyak orang yang percaya bahwa alien telah membantu bangsa Mesir membangun Piramida. Namun tahukah kalian bahwa 2.500 tahun yang lalu, Herodotus, pernah mendeskripsikan teknik konstruksi Piramida di dalam bukunya yang legendaris itu? 
Tahukah kalian bahwa seorang peneliti dari Malaysia pernah meneliti jenglot? Apa kesimpulan ilmiahnya? 
Tahukah kalian bahwa pada abad ke-18, seorang Perancis pernah melaporkan penemuan mermaid di Maluku lengkap dengan ilustrasinya? 
Sementara kalian membaca postingan ini, buku enigma 2 ini sedang didistribusikan ke toko buku di seluruh Indonesia, termasuk Gramedia. Untuk sampai dipajang, mungkin butuh waktu beberapa hari walaupun saat ini di beberapa Gramedia di Jakarta sudah dijual resmi. 

Selain itu kalian juga bisa memesannya secara online lewat situs-situs di bawah ini. Situs-situs tersebut adalah rekomendasi dari penerbit:
  1. bukukita.com/@bukukita, (Rp.46.750), Informasi cara pembelian, klik disini. 
  2. pengenbuku.net/@pengenbuku, (Rp.46.750), Informasi cara pembelian, klik disini. 
  3. bukabuku.com/@bukabuku, (Rp.44.000), Bisa COD untuk wilayah Jakarta. Informasi cara pembelian, klik disini. 
  4. Atau hubungi @Republikbuku
Dan terakhir...
Untuk tetap meneruskan tradisi blog enigma, maka saya telah memasukkan sebuah riddle ke dalam buku tersebut. Bagi kalian yang suka dengan teka-teki, kalian bisa mencari riddle tersebut dan menemukan jawabannya. 

Mungkin kalian terdorong untuk bertanya apakah ada clue atau petunjuk yang akan saya berikan. Tidak ada clue. Kalian yang memahami isi tulisan saya di blog enigma pasti akan mengetahui jalan pikiran saya, saya harap begitu :)))

Untuk mendorong semangat perburuan kalian, saya akan memberikan hadiah untuk dua orang pertama yang bisa menemukan jawabannya. Masing-masing Rp.500.000. Jawaban riddle tersebut beserta penjelasannya harus saya terima lewat email kingdom.enigma@gmail.com (Hanya lewat email ini, dan tidak lewat media sosial lainnya). Bagi yang berhasil, saya akan mengumumkan nama (atau ID FB/Twitter) pemenangnya. 
Selamat membaca dan selamat berburu 


UPDATE - 30 SEPTEMBER 2014

Finally, salah seorang pembaca enigma 2 telah berhasil memecahkan riddle yang ada di dalam buku tersebut. Pembaca tersebut bernama Endang Karyadi. Ia berhasil menemukan titik awal, tahapan-tahapan hingga jawaban akhir dari riddle tersebut. Menurut saya, itu adalah sesuatu yang luar biasa.

Seperti yang telah saya janjikan, reward sebesar Rp.500.000 akan diberikan untuk Endang dan saya masih menantikan satu pembaca lagi untuk memecahkannya.

Selamat mencoba.

UPDATE - 02 OKTOBER 2014

Selain dalam bentuk buku, enigma 1 dan enigma 2 juga sudah tersedia dalam bentuk ebook. Bagi pengguna tablet android, kalian bisa menemukannya di Google Play dengan mengetik keyword "tangga pustaka enigma."



Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

226 comments:

  1. Nunggu bukunya sampai gramed aja deh... Kayaknya buku kedua ini banyak membahas benda-benda yang ditemukan tapi tidak sesuai dengan masa tahunnya ya?

    Wah, nggak sabar.

    ReplyDelete
  2. Minggu Depan Baru Beli Buku nya. Sukses Terus Mr Enigma ^_^

    ReplyDelete
  3. bang, kalo bang e udah nyiapin 600 halaman berarti sisanya bakal jadi buku 3?

    ReplyDelete
  4. hmmm bisa ga ya jawab riddlenya,yg dulu aja mesti di kasih cluenya dulu baru bisa jawab hehehe

    ReplyDelete
  5. Kenapa tidak dijual digital saja dengan harga yg bisa dibayar lewat transfer?

    ReplyDelete
  6. Gramedia Surabaya kapan dateng bang Enigma? Gasabar nih mau beli mumpung ada uang hehe

    ReplyDelete
  7. Selamat bro atas terbit buku ke 2 nya. Tp jgn telantarin blognye donk... update donk bro...update.
    Soalnye buat org kyk gue yg ga pny duit buat beli buku dlm wktu dkt, baca blog bs jd pilihan.

    ReplyDelete
  8. Baru aja kemarin beli yang buku pertama, eeladalah udah ada buku kedua hehehe
    siap-siap dibeli ni hehehe

    ReplyDelete
  9. yuhuuuu bang E hadir lg.. moga bs beli bukunya, untungnya gak mahal2 bgt

    ReplyDelete
  10. ane udah pesen bukunya bang E di BukaBuku.com, buku pertama juga udah beli,,, sekarang tinggal nunggu buku kedua,,, semoga cepet sampai...

    ReplyDelete
  11. Rahasia nya..
    » fadlylp.blogspot.com «
    :D

    ReplyDelete
  12. Selamat atas terbitnya buku kedua. :D
    Kalo boleh usul, halaman yg di-cut, dijadiin buku ketiga aja. hehe

    Dan kenapa pemenang teka-tekinya harus dua orang pertama sih. Kasihan yg tinggalnya di desa dan pedalaman. Distribusi bukunya pasti lebih lambat dari yg di kota donk ya. :v

    Beda cerita kalo hadiahnya buku yg bertanda tanda tangan asli+nomer hape+bio & foto asli Mr. Enigma, pasti bakal banyak yg rebutan tuh, haha. XD

    Sekali lagi, selamat ya Mr. Enigma. :)

    ReplyDelete
  13. kalo di gramedia kpn ya mulai rilis?

    ReplyDelete
  14. mantabs bro SAM...sudah ditunggu-tunggu nih buku keduanya, segera ke Gramed deh.. ditunggu juga untuk buku ketiganya bro..

    ReplyDelete
  15. MANTAAB Bung E' lsng mesen nie hehe,

    R.Joe

    ReplyDelete
  16. Wah.... nulis buku lagi ya. Pantes udah lama gak posting. Jempol buat ENIGMA. :D

    ReplyDelete
  17. waaaaa kakak E..... pengen beliiii

    ReplyDelete
  18. harus beli iniii, cuss ke gramedia :DD - emillia

    ReplyDelete
  19. Siap siap berburu buku

    ReplyDelete
  20. Iya bung, saya saat 2010 baca blog ini masih SMK, sekarang udah mau lulus kuliah :)
    Selamat atas diluncurkannya buku ke-2 ini. *brb ke gramed matraman*

    ReplyDelete
  21. Hahaha, kasus Columbia mah gampang kayaknya. Alih-alih mikirin jauh pada kapal luar angkasa macem Challenger, menurut ane model dari pernak-pernik itu adalah ikan terbang :v

    Btw, ane juga menunggu bukunya Om E, mungkin ntar siang baru bisa ke toko buku :D

    ReplyDelete
  22. Haha,,,nunggu bukunya nyampe,udah dipesan,lebih keren buku Enigma 2 keliatannya dari Enigma 1,moga2 yg ke-3 lebih keren lagi.

    ReplyDelete
  23. Di Gramedia Solo ada kah?

    ReplyDelete
  24. jd nasib blogmu gimana bro? apakah skrg jd lebih suka nulis di buku?

    ReplyDelete
  25. Keren bro ud buku ke 2 aja. Saya wktu prtama baca blog ini akhir2 SMA, dan skarang saya udh bekerja. Wktu kuliah stres,baca blog ini bwt hiburan dan menambah wawasan. Bgitu jg skrg stelah saya sdh bekerja. Jd bro jgn ditelantarin blog nya,jgn tinggalkan pembaca2 setia bro enigma. Smoga sukses bro,smoga trbit buku sekuel2 nya yg lain.

    ReplyDelete
  26. Bung.E.....ntu blog jangan d telantarin dooonkk!!!

    ReplyDelete
  27. Pingin beli...Coba pesan Online dulu..Moga aja dapat bukunya.
    Keep post brother
    salam filmmediafire.com

    ReplyDelete
  28. di gramedia pontianak ada tidak ya?

    ReplyDelete
  29. Wah akhirnya bro E ngeluncurin buku kedua nih
    Asyik , kalo sempet ke toko buku beli deh

    http://www.marketglory.com/register/DeathSky

    ReplyDelete
  30. asik asik asik... ditunggu di Surabaya nih

    ReplyDelete
  31. saya sangat berharap postingan artikel artikel baru di blog ini tetap berlanjut, karena saya adalah pembaca setianya

    ReplyDelete
  32. kemaren nyari bukunya bang sam di gramedia kota malang tapi belum ada :'(
    semoga minggu depan udah ada

    ReplyDelete
  33. Wah ada buku ke2
    Nasib blog enigma tamat sudah kah ?

    ReplyDelete
  34. Wah ada buku ke2
    Blog enigma tamat clo keluar buku trz :(
    Update donk enigma sekali" diblog ini,biar hidup lg,jngn dibiarkan mati suri, blog enigma yg udah terknl bngt didunia maya :)

    ReplyDelete
  35. 100 besar yeah(semoga).Udh terbit blm ya di toko buku terdekat?

    ReplyDelete
  36. Bung e kalau d gramedia ,ini buku di bagian apa ya ? (Biar gak susah nyari,buku pertama kemarin gak ketemu :(

    ReplyDelete
  37. Pantesan lama ga update.. ternyata lagi fokus ke buku.. bukunya udah selesai sekarang blognya diapdet dong bung E

    ReplyDelete
  38. Semoga artikel2 di blog ini terus bertambah tambah bung E.

    ReplyDelete
  39. Di blog kga ada pemasukannya, makanya admin dah bosen. :D

    ReplyDelete
  40. nice post kawan. saya akan sering berkunjung kemari menggali ilmu. thanks banget.

    ReplyDelete
  41. Bung e di makassar bukux belum ada

    ReplyDelete
  42. Bang,,mau dong hadiahnya dapet buku bertandatangan asli,,tapi bukan cuma buat 2 pemenang pertama bang

    ReplyDelete
  43. jadi semangat kalau hadiahnya tanda tangan asli+nomer hape+bio & foto asli Mr. Enigma
    :)

    ReplyDelete
  44. ane tau nama MR. enigma yang sebenar nya :)

    nama : MAGENI

    ReplyDelete
  45. Selamat Bro E atas terbitnya buku ke 2 :) semoga blog ini juga jaya terus

    ReplyDelete
  46. Tepat dugaanku Mimin EnegMma gak update nyaris satu semester , pasti lagi bikin buku !

    ReplyDelete
  47. Gw udah beli nih, seru juga bukunya.... Thanks! :)

    ReplyDelete
  48. Aku udah beli.. hehehe

    ReplyDelete
  49. update update update

    ReplyDelete
  50. yah blognya gmn ???

    tp selamat yah :)

    ReplyDelete
  51. saya sudah beli..
    mantap bung..

    ReplyDelete
  52. ud beli dan baca bukunya, mantap skali!
    d tunggu buku ketiganya bung E, jgn lupa blog nya d update biar pd sabar nunggu buku yg baru

    ReplyDelete
  53. DI GRAMD UDAH KELUAR BLM GAN????
    PENGEN NAMBAH WAWASAN LAGHI TENTANG BENDA2 KUNO LEWAT BKU ENIGMA....
    LANJUTKAN BROOO...
    MANTAP BGT...!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  54. update dong bang E

    ReplyDelete
  55. sangat brbeda
    enigma sebelumnya tidak mau dan tidak ingin membahas tentang agama ataupun makhluk gaib(hantu).........

    aneh....

    ReplyDelete
  56. baru saja dapet sore lalu, dah baca bab 1, eh keinget buku pertama, yang sempet kebanjiran, dan beruntung sudah kering ....
    senang ada artikel yang menyangkut misteri di pelosok nusantara ini ...

    ReplyDelete
  57. kajaknya bakal sulit nemuin posting misteri terbaru seperti tempo doeloe dari Mr.E...skrg uda rada2 kapitalis.Mau cerita misteri,beli bukunya ^^v

    ReplyDelete
  58. Kecewa, blognya bung E dibiarkan terlelap tidur, biasanya bisa baca-baca di ruang tunggu, sekarang....? Hiks... Ngak ada yang bisa dibaca lagi

    ReplyDelete
  59. Masbroo..
    Di toko buku KHARISMA ada gak..?

    ReplyDelete
  60. Hehehe salam kenal semua, bagus ni sudah 13 % misteri dunia terpecahkan, hehehehe tapi masih tersisa sangat banyak bung, saya akan menyampaikan 1 kata kunci untuk anda, "di ujung utara ada sesuatu yang tahu segalanya dari awal". "Di ujung utara muncul warna-warna yang belum terpecahkan". "Di ujung utara telah beberapa orang melihat lengkap sejarah". "Di ujung utara pertanyaan sejarah apapun bisa diputar ulang." Kata kunci ini semoga bisa memberi pancingan

    Salam RA

    ReplyDelete
  61. sebelumnya maaf ya gan, Anonymous 67,FlatHeart 66 emang menurut kalian memecahkan mistery tidak susah?ngetik tidak cape kah? maklum kalo Mr.E Fokus bikin buku dan Harga bukunya ga terlalu mahal kok sangat terjangkau 45rb-60rb

    ReplyDelete
  62. Bosan menunggu....

    ReplyDelete
  63. bung E mau tanya nih, apakah buku yg pertama masih diterbitkan ya??
    soalnya ane kemarin-kemarin nyari kok kelihatannya habis stok..

    ReplyDelete
  64. Udh 5 tahun ya ternyata umur blog ini.... Dlu waktu smp sekitar tahun 2010-2011 sering nongkrong di blog ini...*hiks jadi terharu* Gk terasa udh lama ya dan ane udh semakin tua aja haha....
    Btw ane udh beli bukuya bro E, tp belum dbaca semua sih hehe...

    DCD

    ReplyDelete
  65. ane setuju sama agan Xiao an... hehehehehe

    gimana kalo jumlah pemenangnya ditambah jadi 10 orang?
    trus hadiahnya diganti dg bio asli pemilik akun enigma.
    dg syarat & ketentuan: pemenang ga boleh ngebocorin identitas enigma. Perjanjiannya pake materai gitu. XD

    ngarepdotcom

    ReplyDelete
  66. sudah beli bukunya especially yang kedua n worth it every penny, wa wa waaa aku mau dong kalo isinya kayak buku Enigma 2 dan 600 halaman? masih disimpan filenya? aku mau beli!!

    buat fans enigma yg lain : belilah buku enigma 2, isinya 15 post dijadikan satu buku cuma 55 ribu. Dapat pengetahuan ga usah google, neliti, ngartiin sendiri. Bener bener bagus.

    ReplyDelete
  67. Dea.
    Wah iya ya pertama kali baca blog ini jaman smp waktu itu krna ada tugas bikin tulisa dan sy baca dr blog ini..smp skg udh kuliah jadi addicted pengen baca terus..

    Blm ada nih buku 2nya di kota sy.. buku pertama udh beli dan...seru bacanya, byk hal yg blm pernah sy baca di mana2..

    ReplyDelete
  68. Hai Mr. E :)
    apa kabar ?
    lagi apa nih ?
    jgn blg klo lagi duduk2 saja atau lagi tidak mengerjakan sesuatu. haha

    lama kita ga ngobrol.. Mr. E >_< saya dulu ingat sering bertanya macam2..
    mermaid, alien, ufo dll. sampai nyamuk pernah saya tanyakan juga haha :D
    Mr. E udah kaya om Google :))

    uummm...
    saya pengen ngobrol lagi sama Mr. E, cuma saya takut kalau Mr. E lagi sibuk. (bgt)
    coz saya liat aktif bgt di twitter, apalagi skrg buku nambah lagi.. :))
    ya saya tau ga mungkin klo Mr. E mau PM saya duluan..
    hehe

    ouh yaa gmn kabarnya misteri Ilyas Karim gmn Mr. E ?
    klaim Ilyas Karim yang mengatakan bahwa ia adalah salah satu pengibar bendera saat proklamasi kemerdekaan 1945.
    sudah ketemu kah ?
    hihii

    uum dah cukup kayanya dah terlalu panjang nih comment..
    malah kaya curhat . . ehh

    em.. ok Mr. E, sekian.. semoga sukses, sehat, bahagia sentosa (kaya nama bis ^^') dan jangan kebanyakan begadang :))

    makasih

    ReplyDelete
  69. Hmmh ... , berarti setengah dari 700 naskah itu bakal jadi buku ketiga Bos X-Enigma , enak deh jadi pembuat buku , tapi butuh kecermatan seperti detektif !
    @itsmedianah
    Itu untuk Bos X terbitkan buku ketiga (aset).

    ReplyDelete
  70. @Anonymous 78: Saya sedang duduk di depan laptop dan saya tidak sesibuk itu. Haha. Akhir-akhir ini memang tidak ada misteri yang menarik. Soal pengibar bendera, tinggal sedikit lagi. Mungkin tunggu saya mampir ke perpustakaan nasional.

    Jangan suka begadang juga, semoga sukses dan sehat selalu juga :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halow mas enigma saya kemarin sempat nonton on the spot tentang desa yg hilang di cina dan penduduk 1 desa hilang si selandia baru. Mas enigma pernah bahas ini atau belum ya,kalo udah dibuku jilid berapa, coz saya bner2 penasaran nyari2 di mbah google malah ketemu blog ini gax bisa keluar dari blog ini ha3 top bgt pembahasan n nalarnya. Tp saya masih tetap kepikiran tentang desa dan penduduk yg hilang apa itu hoax apa beneran dan kalo beneran bagaimana bisa seperti itu. Thanxs y mas enigma, klo berkenan mudah2an dijawab dan dikupas tuntas :-)

      Delete
  71. Wah mau deh... Cari ah di Gramed :q

    ReplyDelete
  72. bang enigma minta jelasin tentang chronovisor dong...

    ReplyDelete
  73. Hai om Enigma, bagaimana kabarnya? :D

    Jadi....tidak ada misteri yang menarik lagi untuk dibahas? :)

    Kalau begitu, mungkin saya bisa bantu untuk mencarikan misteri yang menarik untuk dibahas?

    Misalnya.....

    Ada orang yang mau "dikirim" ke Matahari?

    Haha, tapi paling ini bohongan. Siapa orang gila yang mau mendarat di Matahari? Bosan hidup kali ya? XD

    http://waterfordwhispersnews.com/2014/01/21/north-korea-lands-first-ever-man-on-the-sun-confirms-central-news-agency/

    ReplyDelete
  74. adakah buku mr enigma bisa di peroleh di malaysia?

    ReplyDelete
  75. dear bg E...plis jgn terlantarkan blog&pembaca setiamu yg telah menghantarkan pencapaian dirimu sejauh ini.disamping nulis buku mhn luangkan jg wktu & buah tulisanny.klopun bobot kualitas misterinya d blog ini d bwh buku pun gk apa2 (mmelas bgt mode on :).kami yakin,dunia ini gk akn prnah sepi dari misteri brang satu hari pun...

    ReplyDelete
  76. Tadi iseng browsing, ternyata malah buku enigma 2 ini sudah ada di book gogle
    http://books.google.co.id/books?id=I8fpAgAAQBAJ&pg=PA94&lpg=PA94&dq=misteri+Lensa+Nimrud&source=bl&ots=yyzM6KmyD5&sig=PaddNpP1d71QxC3_zQmtkNBzrXM&hl=en&sa=X&ei=j_IeU9O3GIOLrQf99IDYCw&redir_esc=y#v=onepage&q=misteri%20Lensa%20Nimrud&f=false

    ReplyDelete
  77. gara2 baca Buku Enigma 2 di books google yang gak komplit malah jadi penasaran, akhirnya pesen di BukaBuku.com
    Tinggal nunggu dikirim, sayangnya lumayan lama 3-5 hari kerja.

    ReplyDelete
  78. mas enigma, sy baru beli nihh. tp mas jgn lupain tulis di blog yaaa soalnya pembaca yg lain pingin juga pikiranya kritis dan terbuka. sukses terus mas smoga makin bnyak misteri yg muncul jadi bisa terus baca karya mas enigma haha. btw mas udh bahas ttg Lady Toxic blm yaa

    ReplyDelete
  79. ya bang enigma...

    tulis juga dong di blog...

    pengen baca tapi g da Y E N O M ni... hadah...

    ReplyDelete
  80. Hahaha... Bro enigma tau aja sekarang saya udah kuliah... Udah 5 tahun sejak saya pertama kali mengunjungi blog ini....oh y mas, saya mau request unsolved cases lagi atau kejadian2 aneh yg gk bisa dijelaskan kayak yang dulu2... serasa jadi kayak detektif, yg sekarang perasaan terlalu banyak membahas tentang ufo.... And update blognya lebih sering lagi please, paling gak tiap 2 minggu sekali... <(__)>

    ReplyDelete
  81. 4jam dlm sehari saya slalu baca"dblog ini.. bru 1bln jadi pnggemar blog ini.. maklum d kosan saya g ad tv ,hehe curhat,. kalo bisa lebih sering lagi bang E mengungkap misterinya.. 10hari sekali gtu lho :3 .. saya sgt tertarik sekali dengan cara analisis anda.. makasih :D

    ReplyDelete
  82. ini bukunya belum beredar di gramed yaa...
    anyway..congrat bung E atas diterbitkan cerita misteri ini dalam bentuk buku phisik. Tapi seperti yang lain, saya berharap juga ada update di blog ini....
    Hampir setiap hari di sela2 waktu rutinitas pekerjaan saya sempatkan untuk mengunjugi blog anda karena kagum & tertarik dengan cara mengungkapan & analisisnya..
    thanks bung Enigma:)

    ReplyDelete
  83. Pesen buku ini sejak tanggal 11 maret 2014 di bukabuku.com, sampai hari ini 20 maret 2014 belum sampai juga. Dah pengen baca bukunya. Penasaran... Dan saya cek di bukabuku.com ternyata statusnya mash on delivery dan baru dikirim kemarin tgl 19 maret 2014. Katanya 3 sd 5 hari sampai.. ha ha ha udah 9 hari gak kunjung sampai juga.
    Berarti 3 sd 5 hari itu dihitung ketika sudah dikirim (on delivery), bukan sejak pesanan dan transfer di konfirm.

    ReplyDelete
  84. Iya , saya setuju dengan usulan agar dijual digital saja buku enigma ke 3.
    Kita transfer, dikonfirmasi terus dikasih pasword donlod bukunya. Kan cepet bung E. Daripada pesen online malah ini sudag 9 hari belum kunjung tiba pesenanya.

    ReplyDelete
  85. Galau jadi pengen beli ini, tapi ada buku lain yg juga bikin kesengsem :/

    ReplyDelete
  86. usul usut hilangx pesawat MH370. mgkn om E punya analisa yg brbeda.. :)

    ReplyDelete
  87. Uwooooooh!!! \(>///<)/
    buku kedua bang E nih.... mw beli tp ga punya duit hueeee... TT_TT
    Trus bang E update blog-nya dong... aku kangen ma tulisan bang E di blog...

    ReplyDelete
  88. Bung E
    ane sudah dapet buku yang kedua, baru kali ini, senengnya minta ampun dapet buku, hahah, keinget bung E pernah email ketika saya nanya maslah video orang yang tibatiba ilang pas di tabrak mobil yangg ternyata video buatan. haha,
    , oh ya bung E saya mau tanya tolong carikan, saya pernah nyusun materi sejarah yang mengulas tentang penyusunan pancasila sebagai dasar negara. nah itukan para tokoh ngusulin rancangan dasar negara tuh . nah saat itu kan namanya belum pancasila. . Dari setiap buku yang saya baca , nama pancasila itu katanya didapat dari usulan seseorang yang /teman yang saat itu ada di dekat soekarno.
    Pertanyaanya:
    itu orang siapa ?, soalnya saya googling kok tertulis teman Ir. soekarno , seperti itu. tolong bantu

    #maaf nanya di sini, soalnya sekalian ikut koment
    Toro KLATEN BERSINAR

    ReplyDelete
  89. Bung E, minatkah membahas ttg manusia kerdil di way kambas? http://www.beritalingkungan.com/2013/03/polhut-memergoki-belasan-manusia-kerdil.html

    ReplyDelete
  90. Bro enigma, terkait sama Artefak Maya milik pemerintah Meksiko (Mexican Government’s Maya Artifacts) yang katanya menunjukkan figur mirip alien itu, hoax apa benar? jiak buka hoax, apa ada kebuadayaan Maya yang memang memuja figur mirip alien pada periode tersebut?
    Luthfi

    ReplyDelete
  91. Kok ga pernah buat artikel lagi sih bung E??
    Emang sesibuk apasih bung E sekarang?

    ReplyDelete
  92. Bung E tentang penampkan fto hntu bkanya udh di bhas di blog misteri hawkson klo it cma rekayasa ,dan jg tntang gambar "ufo yg mengunjungi jepang" it kyaknya bkn ufo deh melainkan tmpat pengukusan mkanan secara org jepangkan ska mkanan yg dikukus gt . . Ha ha it sih feeling gw aj . .

    ReplyDelete
  93. Sekarang sibuk jualan buku ga akan update lagi

    ReplyDelete
  94. Buat apa update blog kalo ga ada duitnya. Mending bikin buku jual dapet banyak duit. Bener ga bos

    ReplyDelete
  95. Nanti juga terbit lagi buku ke 3. Blog ini hanya jadi media promosi doang. Good job bos!

    ReplyDelete
  96. Kalo udah dpt duit banyak idealisme yg dulu hanya mau berbagi jadi hilang.

    ReplyDelete
  97. kenapa mh370 tidak dibahas?

    ReplyDelete
  98. Uihhh kerennn, mesti wajib beli nieeee

    ReplyDelete
  99. hihihi Mr. E di cariin banyak orang, saya ngbaca komen2 di atas jadi ikut cekikian sndiri.
    duh duuh..

    hayoo ntar ga bisa tidur lho Mr. E
    ..... Mr. E menanggung beban kerinduan para pembaca.
    hahaha :))

    ReplyDelete
  100. Lebih baik tanya via surel saja. Saya tanya ke bro Enigma juga lewat surel, dan dijawab. Membuat posting itu lumayan ribet, sepertinya. Kekurangannya, jika lewat surel jawabannya cenderung ringkas, tidak panjang lebar. Tapi, menurut saya justru memicu kita mencari detail dan referensi dari argumen bro Enigma.

    ReplyDelete
  101. tulisan bang enigma sekarang dijual. ga bisa diakses di blog ini lagi :( :( :(

    ReplyDelete
  102. Mr. e. Knapa ga pernah update artikel lagi? Sibuk banget ya?.
    Uda ga sabar sma tulisan2 Mr. E.

    ReplyDelete
  103. terima kasih sudah share buku enigma 2 nya...

    ReplyDelete
  104. ak jd ngga update gara2 bung enigma ngga update di blog..

    ReplyDelete
  105. Hilang dari peredaran......hehehhee...ntar tiba2 gosip bung e meninggal lagi hahahhaah..

    ReplyDelete
  106. akhirnya muncul juga buku ini. selalu jadi fans Bung E sejak saya masih SMA. Dan sampai skrg tetap ga bosen baca blog dan buku beliau, kadang perlu baca berulang kali supaya bisa paham dengan analisis Bung E ini :)

    ReplyDelete
  107. MyHead 5012

    Dear Bro E,

    It's good to have you back Bro!
    setelah sekian lama pergi akhirnya anda kembali lagi ke tempat di mana anda seharusnya berada :D
    Saya sendiri hampir kehilangan harapan kalo Bro akan balik lagi
    saya sudah membaca semua postingan-postingan Bro yg baru, still as sharp as ever ya Bro
    saya juga sudah membeli bukunya Bro yg pertama, tinggal nuggu yang kedua. it's a "must have book for mysteries lovers"

    Semoga semua keluarga-keluarga blog ini segera kembali lagi Bro :D

    Si imut Lica Lawliet dan Dea
    Si cerdas MyHeart 2015, Anakkucing aka Linda, Nakasima (Nakamura?), dan Master Chris tentunya

    dan keluarga-keluarga yang ahli dalam menganalisis dan komen-komen yang keren

    I think that's all Bro
    Looking forward for your next post!

    MyHead 5012

    ReplyDelete
  108. kok lama ga update ni bang E?....lagi sibuk nyiapin Enigma 3 ya??

    ReplyDelete
  109. wah makin keren nih bro E, sempat2in ke toko buku nih :)

    ReplyDelete
  110. blog yg membesarkan nama enigma sekarang ditinggalkan begitu saja setelah ada yg baru ada duitnya lagi. . .kasihan

    ReplyDelete
  111. bagus banget tampilan dan makasih infonya gan

    ReplyDelete
  112. Sudah terbit ya buku keduanya.. selamat buat enigma

    ReplyDelete
  113. Nice bung E..
    Tapi blognya juga tetap diupdate dong :D

    ReplyDelete
  114. sudah pesan bukunya, semoga cepat sampai! penasaran krn sebagian besar isinya blm di post di blog bung E. Kangen sih tiap buka blog nungguin postingan baru nggak ada,, heheh

    ReplyDelete
  115. original post by Anonymous123
    blog yg membesarkan nama enigma sekarang ditinggalkan begitu saja setelah ada yg baru ada duitnya lagi. . .kasihan


    setuju gan, udah gak konsisten, gak semenarik dan membuat penasaran kayak dulu, kalo dulu, dikit-dikit pegang internet langsung buka ini blog, sekarang malah berasa goblog mampir ke ini blog cuma buat liat buku dijual dan blog yang terlantar.

    ReplyDelete
  116. SAYANG UNTUK BAGIAN YANG BERGAMBAR TIDAK DIBUAT BERWARNA YA. TAPI SAYA SUDAH COBA PRINT GAMBAR YANG BERWARNA, DI SELOTIF, TRUS DITEMPEL DI BUKU ENIGMA 2. JADI LEBIH BAGUS DAN JELAS....
    ROY

    ReplyDelete
  117. semua orang butuh uang

    ReplyDelete
  118. bang E, kenapa ga dibuat buku yang isinya bener-bener ga ada di blog ini jadi isinya eksklusif.. biar saya beli :DD

    ReplyDelete
  119. Mantapp buku nya gan , harga nya juga sepantaran yaaaa

    ReplyDelete
  120. kak en nama saya haris
    langsung saja, akhir2 ini di media maya saya sering baca tentang JokoWi, Rotary Club dan Freemasonry seperti yang di tulis http://www.arrahmah.com/read/2013/01/26/26315-pengamat-intelijen-jokowi-dikendalikan-zionis.html
    apakah itu benar?dan sumbernya dari mana sih?
    terima kasih sebelumnya kak en

    ReplyDelete
  121. yuhuuu....dimana bisa beli nih ? yg pertama maupun yang kedua !!!!

    ReplyDelete
  122. Om, kok lama ga updet... Ditunggu artikel terbarunya ya.
    Sekalian mau tukeran link. Punya om sudah saya pasang di blog. Thanks.
    http://misteri-dunia.blogspot.com/

    ReplyDelete
  123. pernah liat buku ini di Gramed.
    eh, gak disangka aq nemu blog-nya. hehe

    menyenangkan sekali bisa menguak misteri, apalagi sampai terpecahkan. serasa dapet jackpot durian runtuh. :D

    semangat buat bro Enigma dlm menyusun karya2 selanjutnya.

    ^ulpie^

    ReplyDelete
  124. Mana nih gan gak pernah update, tampaknya semua misteri sudah di bahas tak bersisa bung,,

    ReplyDelete
  125. di kategori apa yah ni buku??

    ReplyDelete
  126. Kok sekarang jarang posting bang?

    ReplyDelete
  127. Kayaknya bang enigma ga kayak dulu lagi. Atau mungkin bukan enigma yg dulu lagi ya??? Sekarang jadi jarang bikin artikel dan cuma jualan buku. Sdh beralih ke bisnis rupanya.

    ReplyDelete
  128. aku udah beli bukunya. yang paling menarik buatku bab 15 utsuro bune. pas baca mendadak jadi terinspirasi buat nulis cerpen.seorang wanita berbaju merah, berambut merah keluar dari sebuah benda seperti ufo sembari membawa kotak berisi kepala manusia

    ReplyDelete
  129. Mr. E lebih singkat hiatusnya untuk penulisan buku ini, dibanding dengan yang sebelumnya.

    Selamat atas penerbitan buku ke-2 :) semoga sukses dan dapat memperkenalkan sudut pandang baru pada para pencinta misteri.

    Diam-diam saya takut Mr. E bakal jadi penulis buku misteri full time dan saya nggak akan bisa baca gratis di blog ini lagi. Hehe.
    *scroll comment*
    Ternyata saya tidak sendiri...

    -NaN
    A/Jm4

    ReplyDelete
  130. Mr. E saya minta apk buku Enigma 1 donk. . hhehe
    please (sambil pasang muka melas)
    kata Mr. E dulu kalau niatnya tulus beneran mau di jawab. +dikasih :))
    #maksa

    ReplyDelete
  131. komenku yang ini tadi masuk ga yah . . lupa udah di pencet publish apa blom +.+
    Mr. E saya minta apk buku Enigma 1 donk. . hhehe
    please (sambil pasang muka melas)
    kata Mr. E dulu kalau niatnya tulus beneran mau di jawab. +dikasih :))
    #maksa

    ReplyDelete
  132. maaf kalau sampai 3x post. coz koneksi inet saya lemot Mr. E

    Mr. E saya minta apk buku Enigma 1 donk. . hhehe
    please (sambil pasang muka melas)
    kata Mr. E dulu kalau niatnya tulus beneran mau di jawab. +dikasih :))
    #maksa

    ReplyDelete
  133. yeeaayy akhirnya dapet juga bukunya >_< tinggal yang buku pertamanya nih :)

    ReplyDelete
  134. kemaren saya lihat d gramed :D ,, ngumpulin uang dlu ah buat blinya,, tp cuman ada enigma 2 yg 1 gk ad

    ReplyDelete
  135. Rocket: Bang E kapan update lagi kelihatannya sudah bosan ya? ditunggu secepatnya.

    ReplyDelete
  136. Cukup lama sudah tunggunya, tapi di daerah ane belum ada mulu.

    ReplyDelete
  137. bro E,update di blog lg dong jgn cuma lwt buku

    ReplyDelete
  138. Om, saya pembaca baru di blog anda. Saya berharap anda memposting artikel mengenai hilangnya Richey Edwards hingga ia dinyatakan meninggal. Trim's.

    ReplyDelete
  139. Sayang sekali ketebalan naskah yang menurut bung E memuat info yang lebih komprehensif itu harus mengalah pada alasan komersial...., akan lebih baik menurut saya jika bila takut buku-nya mahal dibuat lagi saja seri berikutnya, bagaimanapun kebenaran lebih penting daripada uang bukan begitu Bung E? he he mohon maaf tidak bermaksud sotoy lho ya.

    ReplyDelete
  140. Kangen sama uraian materinya bro Enigma ^^

    ReplyDelete
  141. wah hrus beli nih,,cek dulu buku kita ah :D

    ReplyDelete
  142. Bung.E maaf saya numpang nanya, iseng2 saya nyari di google kabar tntang bung.E krna lama dah g kliatan, eh saya malah dpet kabar bung.E telah wafat alias death gitu hehehe, maaf ya bang cma verifikasi aja, soalnya saya termasuk fans yg biasanya cma bca doank g komen, tpi saya suka smua postingan yg bung E buat, salute :)
    Btw ni link yang mengabarkan bung.E telah meninggal http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2012/02/titik-terang-menghilangnya-enigma.html?m=1
    Mohon tanggapannya ya Bung.E n sukses trus buat blog misteri enigma

    ReplyDelete
  143. Bung E, sudah terlalu lama nih, masih banyak misteri yang harus dipecahkan heheh,

    ReplyDelete
  144. Sekarang jarang pposting ya bang?

    ReplyDelete
  145. udah 5 bulan terakhir buka blog ini,, setelah dua bulan sejak terakhir om. E posting,, gw sesering mungkin trus ngebuka blog ini cuma ngarep bakal ada postingan lanjutannya,, ternyata hanya beberapa koment aja yang bertambah,, blog?? Blogger?? Tersisa buku dan seorang penulis... Makasih untuk hari-hari anda sebagai blogger dahulu..

    ReplyDelete
  146. Blogger? Itu mah dulu..sekarang urusannya ya perut mas bro...

    ReplyDelete
  147. Udah 6 bulan gak ada postingan baru nih, gak fokus bikin artikel lagi bang E .
    Padahal blog ini blog yg udah banyak ngasih ilmu buat ane .

    ReplyDelete
  148. Capek bolak-balik ga ada updatenya. Kayanya emang udah TAMAT.

    ReplyDelete
  149. tlah kuputuskan kebersamaan kita yg tlah berjalan 4 tahun harus berakhir disini.

    #bosan nunggu update-an.
    jadi brasa tolol.
    :-D

    ReplyDelete
  150. penasaran banget mas, pengen beli juga kalau sudah ada di kota ku :)

    ReplyDelete
  151. saya udah beli bukunya tapi gak ada ridlenya

    ReplyDelete
  152. Tak Terasa sdh 5 thn mengekor dimari haha2, utk yg riddle2 an nyerah deh saya dah bulak balikin buku kaga ngerti yg mana riddle ha2, jadi pembaca setia aja deh. Bang E' buku ke 3 booking ya dan seperti biasa formatnya plus tanda tangan yak hehe

    R.Joe (Guru Pemburu Hantu) hehe

    ReplyDelete
  153. Ahh sudah hampir 5 thn mengekor di blog ini, untuk riddle2 an sy nyerah deh dah dibulak-balik kaga ngerti apaan riddlenya ha2 ga bakat emang. Bang E' buku ke 3 booking ya dan seperti biasa formatnya plus tanda tangan hehe, thanks.

    R.Joe

    ReplyDelete
  154. Bang enigma, aku baca dari semenjak lulus kuliah sekitar 4 tahun yang lalu. Suka sih dijadikan buku, jadi lebih rapi tapi ituloh.
    1. Layoutnya nggak suka bingit (kurang keren dan terkesan so simple) dan bang Enigma seharusnya bikin logo hingga bisa jadi brand. Sama promonya kok nggak kerasa ya bang? Padahal semua isi buku bermutu dan saya yakin kalau promonya bagus bisa best seller.

    2. sama ini bang Enigma bikin meet and greet donk, sekalian TTD buku. Penasaran aja bertahun-tahun baca nggak liat orangnya.

    ReplyDelete
  155. Sudah 6 bulan...
    dan aku masih menunggu blog ini di-update... =(

    ReplyDelete
  156. lawie said :
    "kecewa pada bung e-sam .... saya tidak akan beli buku anda kalau anda lebih memilih komersialitas dibandingkan loyalitas penggemar anda"

    ReplyDelete
  157. Bung Sam,
    Pada tanggal 29 september 2014, saya sempatkan mampir ke gunung padang.tanpa sengaja saya menemukan sesuatu mirip 'artefak batu'. saya temukan di bawah pohon besar yang ada di teras dua. awalnya batu itu kotor oleh tanah. saya tertarik dengan bentuknya yang seperti kerang. sampai dirumah dan saya cuci bentuknya jadi seperti mata pisau dari batu. saya ingin mengirim foto artefak itu ke bung sam. klu berkenan bung bisa add pin saya 76a448a4
    roy

    ReplyDelete
  158. kayaknya jarang posting karena lebih fokus eksis di twitter deh..atau ada alasan lain?

    mungkin sudah saatnya apra komentator blog ini nggak cuma ngeluh, tapi coba dong bikin tulisan kalian sendiri, nggak cuma sekedar baca dan komen :)

    ReplyDelete
  159. Gan..ga ada mystery baru lagi ya....kangen analisa agan

    ReplyDelete
  160. Wah, ane paling suka teka teki gan...mantaplah

    ReplyDelete
  161. well, saya sangat senang ketika anda masih menjadi seorang blogger...

    ReplyDelete
  162. Bung E, are you really left this earth??? somebody, please tell us...

    ReplyDelete
  163. Saya mmpercaya adanya alien tp tdk mnganggap x sprti makhluk yg slama ini dihebohk hebohkan bnyk org ttg alien n ufo x tdk lain adalh bangsa jin.jika anda beragama tentu anda prcaya akn hal ini :)
    Kdg tdk semua bisa kita nalarkan mlainkan itu diluar dri jangkau an akal yg terbatas

    ReplyDelete
  164. sayya telat deh..kangen dah ma postingan terbaru nya..

    ReplyDelete
  165. kita yang berada Di antha berantha pesan na gimana?

    ReplyDelete
  166. Wah udah ada yang solve, aku ketinggalan
    ....

    ReplyDelete
  167. pgen beliiiiiii ahhh salut karya bangsa

    ReplyDelete
  168. ga akan update lagi di Blog.. orang si Mas E lagi susun buku ke 3.

    Rugi lah orang yang baca diblog sama yang beli buku nya..

    ReplyDelete
  169. suka komen ini: ==> kajaknya bakal sulit nemuin posting misteri terbaru seperti tempo doeloe dari Mr.E...skrg uda rada2 kapitalis.Mau cerita misteri,beli bukunya ^^v

    ReplyDelete
  170. kayanya blog ini dah tamat....


    sebagai comment terakhir gua ucapkan "terima kasih buat selama ini bung enigma,moga-moga buku yang ke-3 cepat terbit...

    enigma blog............THE END....

    ReplyDelete
  171. sukses ya, baru tahu nih kalo nerbitin buku. masih ada ga bukunya ? http://heroesncharacter.wordpress.com/

    ReplyDelete
  172. Rangga sama Cinta aja ternyata masih ada kelanjutannya..bahkan setelah 12 tahun..
    Jadi ya, aku akan selalu setia menanti...:#tsahhh
    will miss you, as always.
    -Melao

    ReplyDelete
  173. Akhir Tahun 2014 dan Bung E tak membuat posting lagi...resolusi 2015 moga bung E bisa posting di blog lagi

    ReplyDelete
  174. Bung E saya punya permintaan, kalo bung E memang udah gak ada waktu buat posting artikel tolong kalo bisa buat sebuah artikel misteri terakhir yang sekaligus berisi pengumuman kalo bung E tidak akan buat postingan lagi.ini agar supaya gak ada yang nungguin artikel baru.trims
    by.YuiAzu

    ReplyDelete