Wednesday, April 8, 2009

Misteri tengkorak kristal

Ada sebuah legenda asli amerika yang menyebutkan adanya 13 tengkorak manusia yang terbuat dari kristal yang dapat berbicara dan bernyanyi. Menurut legenda tersebut, tengkorak kristal tersebut mengandung jawaban atas sejumlah misteri dunia dan kehidupan. Legenda itu juga mengatakan bahwa suatu hari nanti, ketika umat manusia mengalami krisis besar, maka 13 tengkorak tersebut akan ditemukan kembali dan dikumpulkan untuk sekali lagi memberikan pengetahuan dan informasi vital kepada umat manusia.


Ketika pertama kali mendengar legenda diatas, kita membayangkan sebuah film, Indiana Jones, The kingdom of the crystal skull. Namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa film tersebut dibuat berdasarkan legenda nyata. Nyata karena sesungguhnya di Amerika tengah telah ditemukan tengkorak manusia yang terbuat dari kristal.


Tengkorak kristal pertama kali ditemukan di reruntuhan kota Maya dan terkubur jauh didalam hutan lebat. Pada tahun 1924, penjelajah Inggris, Frederick Mitchell-Hedges dan rekan-rekannya sedang berpetualang, berusaha untuk menemukan sisa-sisa kota legenda Atlantis di Belize, Amerika tengah. Suatu hari, ketika mereka sedang berjalan melintasi hutan lebat, mereka menemukan sebuah gundukan bebatuan yang tertutup rumput lebat dan semak-semak. Selebihnya adalah sejarah. Kelompok itu menemukan kota Lubaantun yang telah lama hilang, yang dalam bahasa Maya berarti kota batu yang berjatuhan.


Sepanjang penggalian di situs tersebut, anak angkat Mitchell-Hedges yang bernama Anna mengatakan bahwa ia telah menemukan sebuah tengkorak yang terbuat dari kristal terkubur dibawah altar di salah satu reruntuhan kuil yang berbentuk piramida. Diceritakan, ketika tengkorak tersebut ditemukan, para pekerja bangsa Maya segera dipenuhi dengan lompatan sukacita. Mereka segera menaruh tengkorak tersebut diatas altar, melakukan upacara dan menari mengelilinginya. Sepertinya, sebuah kekuatan kuno dan gaib telah kembali kedalam kehidupan orang-orang tersebut. Tengkorak tersebut sepenuhnya terbuat dari kristal transparan. Ukurannya persis seperti ukuran tengkorak manusia dan sangat akurat secara anatomi yang ditunjukkan dengan tulang rahang yang terpisah.


Anna Mitchell Hedges yang menemukan tengkorak tersebut meninggal pada tahun 2007 pada usia 100 tahun. Ia telah menyimpan tengkorak tersebut seumur hidupnya. Anna percaya bahwa tengkorak tersebut telah memberikan kepadanya kekuatan dan kesehatan hingga ia berumur 100 tahun. Beberapa orang yang pernah menghabiskan waktu bersama tengkorak itu juga mengaku mengalami beberapa pengalaman aneh, seperti terdengarnya suara lembut, seperti sebuah senandung keluar dari tengkorak tersebut. Dan terkadang mereka bisa melihat kilasan-kilasan gambar masa lalu dan masa depan tercermin dari tengkorak tersebut.


Yang mengejutkan, Tengkorak kristal Anna Mitchell Hedges, bukanlah satu-satunya tengkorak kristal yang ditemukan. Sejak penemuan itu, beberapa tengkorak yang lain telah ditemukan – seperti yang diramalkan oleh legenda kuno. Saat ini paling tidak ada enam tengkorak lain yang disimpan di museum-museum ternama dunia.


Semua tengkorak tersebut sampai sekarang masih belum diketahui asal-usulnya. Kebanyakan pemiliknya percaya bahwa tengkorak tersebut berasal dari Amerika tengah, apakah itu dari bangsa Maya, Aztec atau bahkan suku dari masa sebelum bangsa Maya yaitu suku Atlantis yang misterius.


Perspektif Ilmiah

Dr Jane Walsh adalah seorang spesialis MesoAmerican yang terkemuka di dunia yang bekerja untuk Smithsonian Institute. Dan saat ini, ia adalah pemilik dari salah satu tengkorak kristal. Dr Walsh seperti sebagian besar arkeolog yang lain percaya bahwa tengkorak kristal tersebut adalah sebuah tipuan yang cerdas, dan bukan peninggalan bangsa kuno. Ia berteori bahwa tengkorak tersebut kemungkinan dibuat pada abad ke-19 untuk memuaskan permintaan akan barang antik kuno. Namun Dr Walsh sendiri tidak memiliki bukti untuk mendukung teorinya.


Dr Walsh berusaha mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap tengkorak tersebut untuk mengetahui asal-usulnya. Salah satu kendala yang dihadapinya adalah kristal tidak memiliki karbon, karena itu mustahil melacak usia tengkorak tersebut dengan metode karbon. Salah satu cara yang tersisa adalah melihat dengan teliti permukaan kristal dan berusaha untuk menemukan jejak peralatan yang digunakan untuk membuat kristal tersebut. Apabila ditemukan jejak peralatan tangan, maka kemungkinan tengkorak tersebut memang berasal dari peradaban kuno. Dan apabila ditemukan jejak peralatan mekanik, maka kemungkinan usia tengkorak tersebut lebih modern, yang berarti bisa berasal dari zaman Columbus hingga abad ke-20.


Sebelumnya, pada tahun 1970-an Anna Mitchell Hedges juga menyerahkan tengkorak tersebut kepada tim dari Hewlett Packard untuk diteliti. Hewlett Packard sebagai ahli dalam bidang komputer dan peralatan elektronik tentu juga ahli dalam bidang kristal.


Apa yang ditemukan oleh tim dari Hewlett Packard sangat mengejutkan. Mereka menemukan bahwa bahan dasar kristal tengkorak tersebut adalah sama seperti yang digunakan di industri elektronik saat ini, bahan tersebut bernama piezo electric silicon dioxide, yang banyak dipakai karena kemampuannya menyimpan data. Mikroprosesor modern dibuat dari bahan ini.


Dengan menggunakan metode polarisasi cahaya, satu lagi penemuan yang mengejutkan terungkap. Tempurung atas kepala tersebut ternyata pernah menempel pada struktur bebatuan kristal yang keras. Mereka sungguh terkejut dengan penemuan ini. Karena bahan dasar tengkorak ini adalah batu terkeras nomor dua di dunia setelah permata. Belum ada peralatan yang mampu untuk memecah kristal tersebut. Apabila mesin mekanik yang dipaksa digunakan untuk memahat tengkorak itu, maka kristal tersebut pasti akan hancur menjadi pecahan-pecahan kecil. Akhirnya tim Hewlett Packard menyimpulkan bahwa tengkorak tersebut dibuat menggunakan tangan.


Namun kesimpulan ini membawa kepada kesimpulan lain yang lebih mengejutkan. Menurut perhitungan para ilmuwan, apabila tengkorak itu dibuat dengan tangan, maka dibutuhkan waktu selama ratusan tahun untuk menyelesaikan satu tengkorak mengingat struktur kristal yang luar biasa keras. Hewlett Packard memperkirakan waktu yang dibutuhkan adalah 300 tahun. Para ilmuwan kemudian menaruh tengkorak tersebut dibawah mikroskop, berusaha untuk mencari tahu alat yang digunakan untuk membuatnya. Dan mereka tidak dapat menemukan satupun jejak peralatan baik kuno maupun modern. Mengenai ini, seorang ilmuwan berkomentar “Tengkorak ini harusnya tidak pernah ada”.


Penelitian ilmiah tidak berhenti disitu. Pada tahun 1996, British Museum bekerja sama dengan Dr Walsh dan Smithsonian meneliti semua tengkorak kristal yang ada dengan membawanya ke British Museum Research Laboratory. Enam tengkorak mulai diperiksa pada bulan April 1996, dan untuk alasan yang tidak diketahui, British Museum tidak pernah mau mempublikasikan hasilnya.


Perspektif suku asli

Bagi ilmuwan, tengkorak tersebut mungkin adalah sebuah misteri yang belum terpecahkan. Namun bagi suku-suku asli di Amerika, tengkorak itu bukanlah misteri. Dari hasil wawancara dengan para tua-tua suku asli di Amerika, terungkap sebuah kebijaksanaan kuno. Menurut mereka, Tengkorak tersebut tidak akan dapat dimengerti dengan menempatkannya dibawah mikroskop. Tengkorak tersebut dimaksudkan untuk membawa tantangan fundamental kepada pikiran kita yang rasional dan cara kita memandang dunia ini.


Bagi para shaman atau dukun dari suku-suku di Amerika tengah, tengkorak tersebut adalah sebuah medium atau pintu kepada dimensi roh yang lain. Banyak dari antara mereka berkata bahwa tengkorak tersebut membuka pintu kepada dunia paralel yang ada, dimensi lain dari dunia ini. Mereka juga percaya bahwa roh manusia dapat berjalan dan masuk ke dunia itu lewat tengkorak kristal. Selain itu, tengkorak tersebut juga dapat digunakan untuk menuntun kita kepada level yang lebih tinggi dari kesadaran kita, sesuatu yang sudah lama kita lupakan.


Seorang sesepuh bangsa Maya bernama Hunbatz Men pernah berkata bahwa tengkorak kristal pernah digunakan di upacara keagamaan di seluruh dunia. Ia percaya bahwa ada tengkorak kristal di situs-situs keagamaan di seluruh dunia, termasuk Stonehenge di Inggris. Menurut Hunbatz Men, sudah saatnya ke-13 tengkorak bersatu kembali untuk menyelamatkan umat manusia.


(wikipedia)


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

32 comments:

  1. Mungkin sebenarnya tengkorak2 itu adalah kunci peradaban modern masa lalu yg ditinggalkan para alien. Fungsinya ya kayak flash drive, nyimpen data. Makanya kalo smuanya disatuin maka akan ada ilmu pengetahuan yg bnr2 baru yg bikin qt percaya pd Tuhan...

    ReplyDelete
  2. kYk di film indiana jones ya

    ReplyDelete
  3. Ketika umat manusia berada dalam bahaya,ke-13 artifact akan mengeluarkan sinarnya,bersamaan dengan itu 13 titik energy bumi juga akan mengeluarkan cahaya,dan pada saat itu seluruh artifact harus ditempatkan pada tiap titik sesuai dengan symbolnya masing-masing..

    ReplyDelete
  4. kayak ngumpulin dragonball..
    klo kekumpul.. jd apa ya?????
    data2nya keluar?

    ReplyDelete
  5. wah semakin mistery aja nih, mungkin seperti film the fifth element

    ReplyDelete
  6. setelah berkumpul semua Tengkorak kristalnya mungkin kita bisa meminta permohonan..... Ayo mudah2an segera terkumpul semua.. jadi kita bisa ngungkapin permohonan kita..""""

    ReplyDelete
  7. munkin kaya dragon ball kumpulin bloa dapat satu permintaan tapi kalau ini kumpulin tengkorak

    ReplyDelete
  8. he....1 juta persen saya tidak percaya..tidak mungkin sebuah tengkorak bila dikumpulkan bs berbicara menceritakan kejadian yg akan datang...kalau emang iya pasti dunia ini akan berlomba-lomba utk mendapatkannya..bisa perang dunia 3,4,5 dst...

    ReplyDelete
  9. bAGI MEREKA YANG PERCYA DENAGAN ROH..DAN HAL2 MISTIK LAINNYA..MUNGKIN PERCAYA,,TAPI KLU AKU C GA PERCAYA TUH,,SAMA HAL YANG BEGITUAN,,,YANG BELUM JLAS KEBENARANYA ,,IA TOH..

    ReplyDelete
  10. yo wes ane percaya az
    yg jelas gmn cr bikin-nya ya?
    keren tuh

    ReplyDelete
  11. misteri yang menarik...
    coba dikumpulin 13 biji, mungkin ntar akan keluar image hologram tentang misteri dunia ini A__A

    ReplyDelete
  12. mirip dragon ball aja dikumpulin dulu ;D

    ReplyDelete
  13. dunia mistis sudah tidak diherankan lagi...lagian mengapa paranormal juga bs mengetahui masa depan...
    saya percaya hal ini kemungkinan besar adalah real, karena di dunia ini ada banyak roh...
    tp tdk untuk diimani =)

    ReplyDelete
  14. Blog yang keren mas enigma, lanjut terus ya, jgn lupa kl ada tengkorak lg segera diposting disni. saya udah ngikutin blog ini sejak seminggu yang lalu. udah hampir 50%artikelnya saya baca, dan penilaian saya, BRAVO! Mantap.

    ReplyDelete
  15. haha...yang jadi misteri so pasti gimana cara bikinnya...
    Soal yang lainnya ga terlalu misterius

    ReplyDelete
  16. itu gimana bikinnya ya? setau aku ngiris permata tuh bukannya harus pake permata lagi? (diamond cut diamond)

    ReplyDelete
  17. "Yg jls tu buatannya alien. Pake mesin CNC juga gk bakaln serapih n sehalus itu n lagian mata pisau apa yg bisa membelah kristal? Ok lah dgn gerinda, tapi sampai brp lama prosesnya n zmn dulu apa sudah ada grinda listrik? Terus lubang matanya dibor dgn apa? Yg psti itu bukan hsil krya mnusia bumi.."

    ReplyDelete
  18. bang, mengenai kristal ini, saya setuju dengan Dr. Jane Walsh. Pembahasan mengenai kemungkinan kepalsuannya, dibeberkan secara ilmiah di
    http://dsc.discovery.com/news/2008/07/09/crystal-skull-fake.html
    semoga bisa diupdate untuk lebih memberikan kejelasan

    ReplyDelete
  19. lala said,,,
    emang mirip dragonball ya!!!
    tapi keren juga buat pajangan rumah,, apalagi kalo ada lampu di dlmnya,, pasti bagus bgt dh!!
    hehe just my imajinations!!!

    ReplyDelete
  20. artikel yang menarik... mmm kalo tidak salah Discovery chanel bulan februari 2010 udah keluar rilis terbarunya tentang tengkorak tersebut, dan hasilnya 100 % HOAX , persis spt diceritakan oleh dr Walsh, istilahnya hanya untuk memenuhi keinginan kolektor benda2 antik, o ya tengkorak tersebut memang Mahakarya seorang seniman yang hampir tanpa cela membuat tengkorak tersebut, harus diakui meski saat itu belum ada bor listrik, alat pahat yg modern, dia bisa membuatnya sangat detail kalo tidak salah dibuat sekitar awal abad ke 19, oleh seorang pematung dan di discovery chanel tsb dikisahkan bahwa ternya Anna Mitchell sama sekali tidak pernah mendapatkan tengkorak itu bersama dengan ayahnya yg sperti dia kisahkan ke banyak media, namun dia membelinya dari seorang makelar barang anti... disana juga dijelaskan tentang proses pembuatannnya secara detail, bagi yg sempat merekam Film tsb boleh donk di share di sini... buat ENIGMA... bravoo!!! andalah yang terbaik untuk urusan yang "satu" ini...analisa dan ulasan teori2 realistis gampang dicerna serta bermanfaat.... salam Afree

    ReplyDelete
  21. ini beneran??

    ReplyDelete
  22. tulisan ini tertanggal Wednesday, April 8, 2009
    menurut Vahn Saryu misteri tengkorak kristal sudah terpecahkan sejak 2008.
    ini backlinknya http://vahn-saryu1.blogspot.com/2010/08/misteri-crystal-skull-terpecahkan.html

    weleh.weleh.bang enigma kok bisa kecolongan

    ReplyDelete
  23. misteri tengkorat kristal sudah terpecahkan ya. 100% hoax ternyata.

    ReplyDelete
  24. nih baru saja di national geography menjelaskan ttg crystall skull legend, ternyata smua tengkorak kristal buatan manusia (tengkorak paris,london,dll. yang tengkrak bang e gambar institute smith di atas buatan manusia stlah d teliti ada silikon karbon, yang mana berasal dari hasil proses gerinda sjk tahun 1950. yang paling tenar, skull of doom nya anna hedges ternyata juga buatan dan cerita anna hanya bualan katanya. silahkan bang e lihat di natgeo, mungkin di gugel ada vid atau dari website nat geonya.

    ReplyDelete
  25. Bener tuh, Ky dragonball...
    Kumpulin dulu ke 13 buah'y...
    terus disatuin biar kluar naga....
    trus minta dah biar dunia jadi damai...

    ntar paling naganya cuma bilang 1 kata kalo orang minta dunia jadi damai, "NGIMPI"....
    gakgakgak...

    ReplyDelete
  26. sudah terbukti hoax kok masih dipasang di artefak misterius?

    ReplyDelete
  27. ini pertama sekali saya tonton di film phantom....

    ReplyDelete
  28. gw setuju klo semua misteri ini blom terungkap.
    dan cenderung diungkap dengan penjelasan yang mengada2 dan terlalu dipaksakan.
    penjelasan "mungkin bisa dibuat dengan waktu 300 tahun" karena bahan hampir sekeras berlian.
    coba para ilmuwan itu suruh buat dan kasih hasilnya.

    ReplyDelete
  29. Percaya ga percaya tergantung dr konteks nya kl mnurut saya...
    Kl dr konteks perkembangan teknologi jaman sekarang sudah pasti hasilnya adalah ini 100% palsu..alesannya sederhana, mana mungkin manusia jaman kuno, yg perang aj msh pke pedang bisa bikin tengkorak sekeren ini...perusahaan gede macam hp aja nyerah...
    Tp kl kita liat konteks sejarah,filsafat,(mau percaya apa engga terserah) sudah disepakati para ilmuwan2 dr bidang kelautan,geografi,dan apa lg saya lupa, bahwa dahulu memang pernah ada daratan yg luas seperti yg plato critakan dlm kisahnya, yg dimana tenggelam ke dasar lautan...bukti2 dan saksi mata yg melihat sisa2 reruntuhan udh bnyak jg (walaupun pst akan disanggah kebenarannya dg alasan "perkembangan teknologi" jaman dahulu yg tdk mgkin secanggih ini)..

    ReplyDelete