Monday, May 25, 2009

Tengkorak "Vampir" abad pertengahan ditemukan di Italia

Ini bukan salah satu episode dari film drakula atau vampire penghisap darah, namun kelihatannya Van Helsing abad pertengahan yang mencoba untuk menyelamatkan kita dari para vampir tidak menggunakan potongan kayu tajam, mereka menggunakan sebuah batu bata.

Baru-baru ini seorang antropolog dari universitas Florence bernama Matteo Borini menemukan sebuah tengkorak perempuan dengan batu-bata yang ditancapkan di mulutnya di sebuah kuburan masal di pulau Lazzaretto Nuovo, dekat Venice, Italia. Kuburan itu digunakan untuk mengubur para korban Black Death yang terjadi pada tahun 1576, yaitu wabah penyakit yang menyerang Italia dan memakan korban sekitar 150.000 nyawa.

Penemuan yang luar biasa ini menunjukkan bagaimana masyarakat abad pertengahan memiliki pandangan mereka sendiri tentang takhayul yang menyangkut vampir penghisap darah.


Kain kafan yang digunakan untuk menutupi wajah mayat umumnya menjadi lapuk karena bakteri yang keluar dari mulut mayat dan akhirnya menunjukkan gigi-gigi mayat. Namun proses ini disalahartikan oleh masyarakat abad pertengahan. Hal ini diindikasikan dengan adanya manuskrip kuno abad pertengahan yang menyatakan bahwa mayat mendapatkan kembali kehidupan dengan memakan kain kafan dan menghirup sisa-sisa kehidupan dari mayat yang lain hingga mereka mendapat cukup kekuatan untuk kembali bangkit dari kematian. Karena itu pada abad pertengahan vampire dikenal juga dengan sebutan "pemakan kafan"

"Untuk membunuh Vampire tersebut, anda harus menyingkirkan kafan itu dari mulutnya dan kemudian menaruh sesuatu yang tidak bisa dimakan sebagai gantinya. Karena itu batu bata lah yang digunakan" Kata Mr Borrini. "Ada kemungkinan mayat lain juga memiliki batu bata seperti ini di mulutnya, namun inilah tengkorak pertama yang kita temukan dalam kondisi seperti ini." Lanjutnya.

Takhayul vampire telah menjadi bagian dari kultur Eropa ketika wabah penyakit dashyat itu menyerbu keseluruhan benua. Ketidakmengertian tentang tahap alami dekomposisi tubuh mayat kemungkinan telah memicu penyebaran mitos ini. "Sukar diinterpretasikan apakah batu bata yang ditancapkan di mulut mayat bersumber dari ketakutan yang dalam akan vampir atau hanya tindakan berjaga-jaga dalam masa sulit." Kata Borrini.
Figur vampire modern kita kenal lewat novel Bram Stoker, Dracula yang ditulis pada tahun 1897.

Namun, Umumnya takhayul yang tersebar luas juga muncul karena adanya peristiwa nyata. Mungkinkah vampir penghisap darah benar-benar ada pada abad pertengahan ?

(news.nationalgeographic.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

18 comments:

  1. Saya suka dengan tulisan-tulisan Anda.

    ReplyDelete
  2. Hebat...saya suka tulisan anda.

    ReplyDelete
  3. maju terus bro....saya jg suka tulisan serta pandangan anda..

    ReplyDelete
  4. saya tiadak yakin tentang adanya vampir kecuali di film twilight dan saganya

    ReplyDelete
  5. mas..mank bneran ga siy vampire itu nyata? (menurut anda?)
    soalnya aku br dgr rumor ktnya di mamuju,sulawesi barat ada drakula/vampire gitu..lg IN banged brta nya..dgr dr tmenku yg asal nya dr sana..
    ktnya siy korbannya uda ada 4org n diotopsi dokter ada bekas gigitannya gitu..tp pas aku cari dgoogle ga ada brta nya..pdhl ktnya gempar banged di mamuju..
    jd bingungg..
    klo dpt brta nya dposting donk.. :)

    ReplyDelete
  6. Yang paling populer adalah kelelawar vampir yang minum darah hewan. Kalaupun ada berita vampir di indonesia, mungkin itu adalah praktisi ilmu hitam.

    ReplyDelete
  7. Vampire itu nyata.

    ReplyDelete
  8. "Mengenai vampire, warlock, werewolf dan kwn2nya tu emg ada. Di eropah n amerika ada kelompok2 pemujaan setan, contohnya The Brotherhood. Mrk ini adlh orang2 yg telah menjual jiwanya kpd iblis dan mereka mampu merubah wujudnya menjadi makhluk2 tersebut. Tugas mereka adlh menjaga pada saat upacara, menghabisi para korban yg meloloskn diri utk dijadikn korcn. Di Alkitab ada dijelaskn tentang soal makhluk2 buas ini."

    ReplyDelete
  9. bedanya vampire n drakula it apa sih?kapan it smw berawal?dari mana mrk brasal?apa dari wanita yg kawin m kelelawar, trus ankx kembar..jd 1 rahim beda rumah sakit..yg satu jd vampir yg satux lg jd drakula..

    ReplyDelete
  10. teruskan bung... keep posting

    ReplyDelete
  11. vampir bo'ongan darkula tuh beneran,namanya Count Dracul terkenal sadis dan bengis dalam memasung lawannya yang masih hidup, mati, ato sekarat di di tancapkan menembus mulut dan tubuh di tiang2 tinggi di pekarangan rumahnya (kalo ga salah sih)

    ReplyDelete
  12. -antonnyKID-

    Count dracula itu salah satu raja didaratan eropa (lupa dimana), mungkin ada yg bisa konfirmasi tepatnya dmana..
    dy diangkat jadi raja menggantikan ayahnya yang meniggal secara tragis oleh orang lain (kemungkinan besar oleh oknum yg tidak senang..
    setelah dy jadi raja, dy suka melakukan penghakiman dgn cara bengis (sudah disebutkan caranya oleh yazied diatas)...
    namun bkn sembrang orang, melainkan orang2 dgn catatan kriminal...
    setelah beberapa lama, ia mengumpulkan selruh pencuri, pembunuh, dsb dsebuah lapangan dan deksekusi..
    menrut para ahli dy menjadi beringas begitu karena riwayat kematian ayahnya yg tragis...
    namun, ada yg mengaitkan pribadi dy dgn setan karna, dlm bahasa setempat 'dracula' berarti 'anak setan'...
    itulah yg membuat bram stoker mengangkat kisahnya sebagai novel (dgn sedikit bumbu yg berbeda, membuat cerita lbh menarik)...
    mungkin ada yg salah atau kurang, isa dtambahkan..
    trims...

    ReplyDelete
  13. mas antonnyKID,,

    bukannya count dracula itu tokoh ciptaan'y Bram Stoker ya?
    Count Dracula itu seorang bangsawan yang tinggal di rusia kan??
    itu lo yang ada pilem'y (kira2 rilis tahun 1992) yg maen Winona Ryder gtu deh ama Keanu Reeeves..

    ReplyDelete
  14. mantap emang tulisan2mu bro..
    kesanna gak murahan....

    ReplyDelete
  15. Kalo emng vampire ato dracula makhluk penghisap darah manusia memang adha
    Mana bukti kongrit nya
    Kejadian yang mendekati masa sekarang ini..
    Beri bukti poto ataupun vodeo nya..
    Makasi..

    Icha

    ReplyDelete
  16. sebenarnya sejarah tentang dracula ini bisa kita baca dalam Sejarah islam. dacula (sang penyula)

    ReplyDelete
  17. ini pertanyaan buat admin yang menuis ini.
    Apakah vampire itu benar-benar ada di dunia nyata ini....

    ReplyDelete