Monday, June 1, 2009

Jembatan tertua di dunia ditemukan di India - mengkonfirmasi kitab Ramayana

Pesawat ulang-alik NASA telah berhasil menemukan sebuah jembatan purba yang menghubungkan India dan Sri Lanka. Jembatan itu diperkirakan telah berumur 1.750.000 tahun dan sekaligus meneguhkan catatan yang terdapat dalam kitab kuno Ramayana.

Untuk saat ini, jembatan itu diberi nama Jembatan Adam. Jembatan misterius itu terbuat dari sekumpulan beting laut sepanjang 30 km di selat Palk antara India dan Sri Lanka. Dari bentuk dan komposisinya, para ahli menyimpulkan bahwa jembatan itu dibuat oleh manusia dan bukan terjadi karena sebab alam. Legenda dan juga arkeologi menunjukkan bahwa manusia sudah mendiami Sri Lanka sejak 1.750.000 tahun yang lalu, sama dengan perkiraan umur jembatan itu.

Penemuan jembatan ini juga merupakan aspek krusial bagi peneguhan legenda misterius yang disebut Ramayana yang diperkirakan terjadi pada zaman Tredha Yuga, lebih dari 1.700.000 tahun yang lalu. Di dalam epik Ramayana, disebutkan bahwa sebuah jembatan dibangun antara Rameshwaram (India) dan pantai Srilanka dibawah pengawasan Rama yang merupakan inkarnasi ke-18 dari Krisna.


Informasi ini mungkin tidak begitu penting bagi para arkeolog, namun paling tidak dapat membuka gerbang spiritual bagi masyarakat dunia yang ingin mengetahui sejarah yang terkait dengan mitologi India.

(rense.com)


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

46 comments:

  1. Replies
    1. Jangan dikit subanalah iri ya .... h ha ha

      Delete
  2. memang cerita ini benar adanya, jembatan ini bentuknya gundukan batu yg jumlahnya mungkin bisa ratus ribuan, jutaan, dan di bangun oleh siapa saya lupa....tapi dalam epos ramayana jembatan ini dibangun oleh anak buah hanoman, dibantu jin, dan manusia, yang konon katanya jembatan ini hanya membutuhkan waktu 1 hari saja...saya tidak terlalu tahu ttg berita tersebut

    ReplyDelete
  3. hebat bgt ya....jaman dulu kuno tapi udah pintar n canggih, tapi jaman sekarang modern tapi belum maju2...hmmm...

    ReplyDelete
  4. Hebat.
    Sangat menambah wawasan...
    Semoga bisa memberikan artikel-artikel yang lebih lagi...
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. angka tahunnya yg kudunya dikritisi, dalam buku "maping human history: gen, ras dan sejarah manusia" steve olson, seorang ahli genetika, menyatakan bahwa spesies homo sapiens baru ada di bumi antara 600-300 ribu tahun yl. thx.

    ReplyDelete
  6. homosapiens belum ada, yg bangun jembatan hanoman dan anak buahnya yg kera itu.

    ReplyDelete
  7. Sun Go Kong?? May be??

    ReplyDelete
  8. jaman dulu manusia pake jin, hebat2...
    jaman skrg jin dah pada pensiun..
    diganti ama mesin.
    so?
    hebatan mana mesin ama jin?

    ReplyDelete
  9. Homosapiens?gw kok dari dulu sampe sekarang ga percara sama teori evolusi..

    Malahan menurut imajinasi gw, bisa aja pada satu jutaan tahun yang lalu pernah ada peradaban manusia super canggih dari sekarang lalu mereka musnah oleh ulah mereka sendiri hingga tersisa hanya beberapa manusia dan kembali ke masa pra sejarah dan membangun ulang peradaban sampai seperti sekarang, hingga suatu saat nanti peradaban ini juga akan musnah karena ulah perusakan manusia sendiri, dan kembali lagi ke jaman pra sejarah, begitu seterusnya..

    ReplyDelete
  10. tul sekali yang namanya sejarah akan terulang kembali

    ReplyDelete
  11. betul, betul.. 1.750.000 tahun kayanya belum ada manusia deh. mungkin jaman itu ada makhluk2 cerdas sbelum manusia. jenis2 pithecantropus kali ya? yang mirip2 hanuman (anoman) atau sun wu kong (son go ku)

    ReplyDelete
  12. kata orang pinter sih kalau seandainya terjadi perang dunia ke empat pasti dilakukan dengan batu dan kayu.

    ReplyDelete
  13. ni gue lihat dari google map,tampaknya itu bukan jembatan tapi gugusan kepulauan
    linkmya :

    http://maps.google.com/maps?f=q&source=s_q&hl=en&geocode=&q=palk&vps=2&sll=9.535749,80.804443&sspn=4.506033,9.876709&ie=UTF8&hq=palk&hnear=

    ReplyDelete
  14. Ramayana ya...
    konon jembatan itu dibangun untuk mengambil shita dari tangan rahwana yang berdiam di srilanka (rahwana adalah raksasa dan di srilanka pernah ditemukan kerangka manusia raksasa yang diperkirakan hidup di periode zaman Satya (Satya Yuga). Memiliki postur tubuh jangkung dengan ketinggian sekitar 60 hasta atau setinggi pohon kelapa)
    ,dan jembatan itu dibangun oleh ribuan kera di bawah perintah hanuman...
    saya membaca lengkap buku ramayana yang tebal itu, tapi agak lupa deskripsi tepatnya bagaimana jembatan itu dibangun...
    kayanya mesti baca ulang lagi
    hehehe...

    ReplyDelete
  15. teori evolusi dah mati, dimatiin ma harun yahya n byk lg.. Kita org2 beragama mestinya dah pada tau cerita mulai jaman nabi adam ampe skr (meski ga detail).
    Aq setuju sama salah satu komen di atas. Sejarah itu berulang, dr jadul ampe canggih trus krn perbuatan mrk ato seleksi alam ato jg hkm Allah, mrk dimusnahkan. Begitu seterusnya.. Lg pula jelas2 Allah menciptakan satu makhluk yg berbeda dan sempurna drpd makhluk lain yaitu kita ini Manusia. Dan jelas2 ga mungkin manusia hsl evolusi kera. Manusia pertama nabi adam, bgm penciptaan nabi adam ga perlu dijelasin pasti dah pd tau.
    Jd bs jd jembatan itu bener dibangun manusia 1,7jt thn yll. Aq sangat percaya titik

    ReplyDelete
  16. Masa sih 1.750.000 tahun yang lalu?
    apa g salah kutip tuh?
    kok kayakny g mungkin bgd y?
    Mohon penjelasan...

    ReplyDelete
  17. dari Tresna Asti

    Hare Krishna..!
    Acah.. He
    Wah! Kq bisa ketingGalan aku baca yg ini ya?? Hohoho
    kak Enigma, stlh bc ini,, saya semakin yakin kalo beneran ada peradaban yang jauh lebih maju daripada qt sekarang ini.. Lagipula ada juga ahli yg memperkirakan kalo Baratayudha itu perangnya pake nukLir loh!
    >___<
    ga kebayang..

    Ini bener" keren Kak! Thanks info ny ini y kakak..
    ^___~

    ReplyDelete
  18. Ketika Allah berfirman kepada malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah, padahal kami sentiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?. Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya. (Surat Al Baqarah: 30)

    "...hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah,..."

    pertanyaan : dari mana para malaikat tahu kalo khalifah yang akan diciptakan akan membuat bencana dan menumpahkan darah??

    jawaban : karena malaikat tahu, sebelumnya (sebelum adam) telah diciptakan pula manusia, dan mereka membuat bencana dan menumpahkan darah

    ReplyDelete
  19. sdikit ralat bang,,
    urutan reinkarnasi dewa wianu :
    1.Matsya awatara = ikan
    2.kurma awatara = kura2
    3.Waraha awatara = babi hutan
    4.Narasingha murti awatara = manusia berkepala singa
    5.Wamana awatara = orang kerdil
    6.Parasu Rama awatara = rama dengan senjata kapak
    7.Rama awatara = sang Rama
    8.khrsna awatara = sang krshna
    9.budha awatara = sang budha
    10.kalki awatara = petarung dengan pedang terhunus dan mengendarai kuda putih (dperkirakan muncul saat dunia akan kiamat)

    hheheheheee

    ReplyDelete
  20. Ini benar-benar informasi yang luar biasa bro. Thanks ya. :D

    ReplyDelete
  21. Kelanjutannya ketemu di blog lain

    http://anotherpaths.blogspot.com/2010/07/adam-bridge-kebenaran-info-wikipedia.html

    masih misteri nih.

    ReplyDelete
  22. Mas, mas janji mau jawab komen pada tulisan lama. sao saya beranikan bertanya nih:
    Di tulisan bro di atas jelas mengatakan NASA yang menemukan jembatan bersangkutan(dan menyatakan buatan manusia??)
    Tetapi kenapa di blog2 lain malah lebih mengklaim NASA malah yang menyatakan kalau jembatan ini adalah buatan alam? yang mana pernyataan NASA yang benar? Bisakah bro menyelidiki perkembangan terkininya dari situs2 terpercaya? dan tolong buktikan apakah yang sebenarnya NASA katakan, apakah buatan alam/manusia??
    trims bro sebelumnya, semoga bener2 dijawab.
    Dalam hati yang paling dalam saya berharap ini benar buatan manusia. Tapi saya akan lebih percaya apa yang bro katakan nanti.
    peace

    Rahwana

    ReplyDelete
  23. Maaf mr Rahwana. Saya baru bisa jawab karena baru pegang komputer. Sebenarnya saya tidak pernah mengatakan kalau NASA menyebut jembatan ini dibuat oleh manusia. ahli lainnya yang menyebut kalau jembatan ini dibuat oleh manusia. Perbedaan seperti ini wajar saja dalam dunia sains.
    Oke deh, nanti saya cari info tambahannya ya.

    ReplyDelete
  24. Mohon Maap ya..
    Yang Saya Tau Sih Dari Web ini..
    http://www.evolutiondeceit.com/indonesian/keruntuhan9.php
    Dari Update Terbaru ..
    Homo Sapiens Juga Sudah Ada Pada Berjuta2 Tahun Yang Lalu..
    Kalo Menurut Aku..
    Itu Bukti Nyata ??
    Kalo Menurut Anda Iya ya Percaya..
    Kalo Menurut Anda Ga ya Cari Buktinya..
    ^^
    Usahakan Jgn Dilihat Dari Salah Satu Segi saja..

    Kalo Bisa Kita Mencoba ja Berpikir Begini..
    Tidak Semua Yang Kita Lihat Itu Benar..
    Tidak Semua Yang Kita Dengar Itu Benar..
    Tidak Semua Yang Kita Tahu itu benar..
    Tidak Semua Yang Ditulis itu Benar..

    Lebih Baik Dicari Info , DiTeliti Dan Buktikan..
    Bukan Datang Dan Percaya..
    Tetapi Datang , Lihat , Buktikan, > Semua Terserah Anda ^^...

    Salut Buat Bro Enigma..
    4 jempol de (plus tambahan 2 dari kaki)
    hehe

    ReplyDelete
  25. Citra dari Rama Brige sendiri sangat mudah terlihat dari atas permukaan air laut karena letaknya yang tidak terlalu dalam,yaitu hanya tergenang sedalam kira-kira 1,2 meter (jika air laut sedang surut).

    ReplyDelete
  26. Umat hindu meyakini Jembatan Adam berkaitan erat dengan Epik Ramayana di mana disebutkan jembatan tersebut dibangun oleh Rama dan sekutunya, para manusia kera, yang dibantu para Dewa untuk membantu Rama menjangkau Srilanka guna menyelamatkan istrinya, Shinta, dari raja raksasa, Rahwana.

    Department of Archaeology - Sri Lanka telah mengeluarkan suatu statment yang menyebutkan usia Rama Bridge mungkin berkisar diantara 1.000.000 hingga 2.000.000 tahun,namun apakah jembatan ini benar-benar terbentuk secara alami ataukah merupakan suatu mahakarya manusia hal itu belum bisa mereka terangkan.

    ReplyDelete
  27. wow,, bagi saya itu bukannya tidak penting, tapi penambah pengetahuan! artikelnya bagus lho,, thanks ya!

    ReplyDelete
  28. peradaban jaman dahulu kala memang hebat..nabi nuh aj bisa bikin kapal yg super besar..bukan tidak mungkin jaman segitu memang sudah ada manusia..tetapi karena bencana alam yang besar,memusnahkan mereka smua..

    ReplyDelete
  29. hindhu adalah ibu pilsafat. Semua agama terlahir darinya. Hindhu ttap tegar biarpn anaknya banyak yang durhaka.

    ReplyDelete
  30. saya baru tau klo ternyata jembatan yg dicerita ramayana itu ada

    ReplyDelete
  31. dari angka tahun yang sangat sulit disebutkan oleh siapapun, ini membuktikan bahwa Weda itu merupakan suatu kebenaran yang bersifat anandi-ananta (tiada awal dan tiada akhir)

    ReplyDelete
  32. Semoga semua mahluk berbahagia ... om shanti shanti shanti om.

    ReplyDelete
  33. Berarti kisah Ramayana ;
    Perang antara rama dan rahwana dalam memperebutkan dewi Sinta dalam pewayangan itu ada benarnya ya ......
    Bukan hanya mitos, jika jembatannya ada apa itu mitos namanya ?

    ReplyDelete
  34. Benar apa tidaknya harus kita syukuri, zaman dahulu kala manusia sudah mampu membuat jembatan sepanjang itu.

    ReplyDelete
  35. Ya bisa saja itu buatan alam dan pengarang ramayana tinggal menyesuaikan saja.

    Seperti ada gunung mirip perahu, baru dibuatkan ceritanya.

    ReplyDelete
  36. Ah ono ono wae, wong di nusantara
    Pun surga prasejarah bagi arkeolog. kenapa bingung NASA melihatnya dari angkasa jembatan yg belum jelas bentuknya. Mending urusi kebanggaan negri sendiri sebab harta prasejarah nusantara selalu di lupakan dunia dan tidak pernah mencuat sebagai negri filsafat karena kebudayaannya yang berkembang pesat. Galilah setebal debu vulkanik maka kedalaman akan berbicara sejauh kau mengenal moyangmu!

    ReplyDelete
  37. may be sun go kong tapi kagak sendiri, nyang pasti nye bareng ame sun go MBAL he3

    ReplyDelete
  38. wkwkwkkw gombes gak ketulungan, mosok 1,700,000 thn yg lalu emang udah ada manusia, yg memerintahkan kan katanya rama , lha mosok rama nya bukan manusia wkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau kurang percaya atau gimana.. janganlah bilang kalau ini itu benar" tidak nyata.. percaya tidak percaya jika memang terjadi. Mau di apakan? Kan ini kepercayaan dari ibu agama. Yaitu Hindu

      Delete
  39. Kitab suci Hindu (WEDA) yang bersifat Anadi-ananta ( tidak berawal dan juga tidak akan berakhir ) memang sungguh dahsyat. Inilah salah satu dari kebenaran Hindu yg tak terhitung "Ibu Semua Agama" . Seorang ibu yg sangat sabar melihat KLAIMER dari anak"a seperti komen2 diatas.

    ReplyDelete
  40. Hm, menurutku itu biasa aja. Karena nabi adam diturunkan 5000 SM, jadi jika ada bukti peradaban maju sebelum 5000 SM itu adalah peradaban jin di masa lalu.

    ReplyDelete