Wednesday, July 1, 2009

Rekayasa foto ular raksasa Borneo

Februari 2009, sebuah foto diserahkan oleh seorang tidak dikenal ke surat kabar Telegraph di London. Ia mengaku bahwa ia adalah seorang anggota tim SAR dan sedang memantau wilayah banjir di Malaysia dengan helikopter, ia melihat seekor ular raksasa sedang berenang di sungai Baleh dan segera memotretnya. Lalu pada tanggal 20 Februari 2009, Telegraph mempublikasikan foto tersebut dengan judul "Photograph shows 'giant snake' lurking in Borneo River". Foto tersebut dengan cepat beredar di internet dengan kehebohan yang luar biasa. Tidak banyak yang mengetahui bahwa foto tersebut ternyata adalah sebuah tipuan yang cerdas. Saya sebut cerdas karena London's Telegraph pun tertipu begitu saja.



Pertama-tama, Sebuah foto dapat disebut hoax apabila memenuhi dua unsur. Yang pertama adalah apabila ada seseorang yang mengakui perbuatannya memalsukan foto tersebut. Yang kedua adalah apabila ditemukan bukti yang jelas bahwa foto tersebut dipalsukan. Apabila kita hanya menyebut sebuah foto sebagai hoax tanpa ada dasar yang jelas, maka itu adalah sebuah asumsi. Selama dua unsur diatas tidak terpenuhi, maka sebuah foto akan selalu terbuka untuk diperdebatkan.

Kembali ke soal foto, Telegraph hanya mempublikasikan foto pertama. Foto kedua dipublikasikan oleh Daily Mail, salah satu media ternama di Inggris, menyusul publikasi dari Telegraph. Asal-usulnya tidak disebutkan. Dua foto tersebut sama-sama menunjukkan adanya seekor ular raksasa, namun diambil pada dua lokasi yang berbeda. Foto pertama diambil dari sebuah helikopter, menampakkan seekor ular yang sedang berenang di sepanjang sungai yang dikelilingi hutan.

Sedangkan foto kedua menunjukkan ular tersebut sedang berenang mendekati pemukiman warga. Kedua foto tersebut dianggap diambil di sungai yang sama dan menampakkan ular yang sama.


Sebenarnya tidak butuh seorang ahli untuk mengetahui keaslian foto tersebut. banyak kejanggalan-kejanggalan yang terlihat. Ketika pertama kali dipublikasikan, pertanyaan pun segera dilontarkan oleh mereka yang mencurigai keasliannya. Mengapa hanya ada 1 foto dari atas helikopter ? Apabila seekor ular terlihat dari sebuah helikopter, maka saya akan mengambil 100 foto, bukan 1 foto. Hal yang sama juga berlaku untuk foto kedua. Lalu, mengapa orang yang menyerahkan foto itu tidak ingin diketahui identitasnya ? Apabila foto itu asli, maka bisa dipastikan pemotretnya akan menjadi terkenal dalam arti positif. Lalu kenapa menolak untuk menyebutkan identitasnya ? Jawabannya karena foto tersebut adalah hoax.

Keanehan yang lain adalah, coba bandingkan kedua foto tersebut. Kedua foto tersebut dianggap diambil di sungai yang sama dan menampakkan ular yang sama. Ada sesuatu yang terasa janggal. Pernahkah kalian bermain mencari perbedaan dari kedua gambar yang mirip ? Coba lihat foto tersebut. Kejanggalannya adalah WARNA AIR SUNGAI. Foto pertama menunjukkan air sungai yang berwarna hitam atau hijau gelap. Foto kedua menunjukkan warna sungai yang coklat berlumpur. Hal ini menunjukkan Kedua foto tersebut diambil di DUA SUNGAI YANG BERBEDA.

Karena kisah yang menyertai foto tersebut adalah seekor ular raksasa di sungai Baleh, maka saya kemudian menjelajah google untuk mencari foto sungai baleh yang difoto dari atas. Setelah masuk ke beberapa halaman google, saya menemukannya. Inilah foto sungai baleh dari atas. Kelokannya sama, pohon-pohonnya mirip, tetapi warna airnya berbeda.


Namun, sebuah bukti lain cukup untuk menutup kasus ini untuk selamanya. Sebuah foto original dari foto yang direkayasa ditemukan berada di sebuah website dari Kongo, Afrika. Inilah fotonya. Sebuah aliran sungai tanpa ular didalamnya.


Hal ini mengkonfirmasi kemungkinan bahwa foto pertama bukan foto sungai Baleh. Foto diatas adalah foto sungai Kongo di Afrika. Sedangkan foto kedua, kemungkinan memang diambil di sungai Baleh, yang kemudian direkayasa.

Dan inilah pukulan terakhir bagi Daily Mail. Foto kedua yang diterbitkan oleh Daily Mail adalah salah satu finalis sebuah kontes photoshop tahun 2002 yang bernama "Cryptozoo 2" yang dikirim oleh seseorang dengan nama "SilkenFairy". Judul foto tersebut adalah "Snake!"

Sampai sekarang, orang yang menyerahkan foto tersebut masih belum diketahui identitasnya. Namun foto ini memenuhi unsur hoax karena ada bukti yang jelas ditemukan.

Sebenarnya saya cukup Heran karena London's Telegraph dan Daily Mail bisa tertipu, Ketika pertama kali melihat foto tersebut, saya hanya melihat sebuah rekayasa photoshop yang tidak profesional, saya pernah melihat foto hasil photoshop yang jauh lebih baik dari kedua foto tersebut.

Catatan Enigma
Legenda ular raksasa memang ada diantara para penduduk sekitar sungai Baleh. Rekayasa foto diatas tidak berarti membuktikan bahwa Ular raksasa legendaris itu tidak ada.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

37 comments:

  1. Weleh, photoshop ternyata mampu menipu media sebesar itu yah...

    ReplyDelete
  2. haha,. dah jelas bgt perbedaannya,. org awam jga pasti bsa membedakannya,. mantap analisanya bro,. gw tunggu artikel berikutnya,. kalo boleh gw mw req artikel tentang penerbangan ke bulan oleh NASA yg ktanya bohong,. thx,.

    ReplyDelete
  3. klo mo buat gituan sih mestinya ada tambahan efek2 khusus biar ga keliatan bohongnya (mungkin yang buat kurang professional).

    ReplyDelete
  4. Wah...lengkap penjelasannya nih. Mantap

    ReplyDelete
  5. Bisa tolong jelaskan, bagaimana cara mengetahui langsung kedua foto pertama merupakan editan software pemroses gambar (photoshop is a brand?)?

    ReplyDelete
  6. wah ntu sih akal2annya malasya biar dipandang ma dunia(pariwisatanya),,sama kayak nurdin n ashari,,kmungkinan mreka intelegennya malasya yang berusaha menghancurkan pariwisata serta kepercayaan dunia kpada indonesia sbagai ngara aman,,,

    eh,,bro tw gak brapa kira2 ngeluarin biaya lok mo lburan di skotlandia,,,,gua pnya tabungan 220 juta ne,,,niat mau cari nesie di lochnes.

    ReplyDelete
  7. hah, serius ? ke eropa mungkin cuma 5 juta. tapi masalahnya kamu mau nunggu sampe berapa lama dipinggir lochness.

    ReplyDelete
  8. kalo sungainya kering blom tentu ada kan....:D

    yang bener tuh lochness di svenska apa di skotland sih ?

    ReplyDelete
  9. foto tersebut mungkin memang benar adalah sebuah hoax. . .

    tp kalo cerita ttg ular besar yg sering muncul di sungai pedalaman kalimantan madalah benar..!!!
    karena sewaktu saya kecil, saya sendiri pernah mengalami hal tersebut. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bener penulis sok tau. Menganalisa terllu dlam" dah ngala2hin jamesbon. Inikan alibi kita bukan plaku dn saksi matapun nggak. Analogi ente seakan dh diatas propesor eropa.
      Propesor kita aja lum ada yg go intrnasional.
      Dlm islam dkenal namanya khusnudzon(berbaik sangka)
      Yaah klo ntu bnran subhanallah itu kebesarnAllahswt
      Agan'' pasti pernah liat bukti"kbsarn ALLah di youtube. Slah satunya buaya raksasa itu daerah ane gan. Thank all

      Delete
  10. Bagaimana dengan berita terbaru ini?
    http://regional.kompas.com/read/2010/02/05/10034445/Sepasang.Naga.Gemparkan.Kutai.Barat

    ReplyDelete
  11. Ijin Komentar di Postingan Pertamanya enigma :)

    Keep Share yo bro . . .

    ReplyDelete
  12. Emang pada kreatif tu bikin sensasi

    ReplyDelete
  13. bener apa tidaknya fotonya kurang jelas y?

    ReplyDelete
  14. tp mungkin bisa aja ada ular segede itu

    ReplyDelete
  15. Ijin comment di postingan pertama untuk comment yang pertama
    -HaBe

    ReplyDelete
  16. tak pernah bosan nih baca artikel dari bang enigma,
    meski udah berkali kali baca tp tetep seru

    ReplyDelete
  17. Yg bnr murah amir k eropa cm 5jt,gmn crax tu?

    ReplyDelete
  18. Wah dipostingan pertama tgl 1 juli sama dong dengan HUT saya 1 Juli juga.

    ReplyDelete
  19. untuk mengetahui foto trsbut asli apa tidak, buka aja fotonya pakai notepad, jika palsu coba teliti tulisan karakter tersebut pasti terdapat tulisan 'adobe'

    ReplyDelete
  20. PENULIS SOK TAU!!!!!!!!

    ReplyDelete
  21. wah saya juga punya tuh photoshop saya aja mengubah palak kucing jadi palak ayam wkwkwkwk

    ReplyDelete
  22. dari gambar ke 2 bro.. penampakan ularnya memang janggal.. knp ada ular yg berenang diatas air?? bukannya berenang didalam air??

    ReplyDelete
  23. yg bilang sok tau lah yg bener2 sok tau..
    wkwkkwkwkwkw

    ReplyDelete
  24. Lol, di foto kedua ularnya tampak seprti sedang terapung dan tidak bergerak sama sekali karena tidak ada riaknya.

    ReplyDelete
  25. wah kalau itu benar,sangat di sayangkan sekali ya.

    ReplyDelete
  26. Nice info gan, jadi lebih tahu tentang cara mengenal photo2 hoax yang banyak beredar di dunia maya...

    ReplyDelete
  27. Biarlah hoax apa tidak, yg penting populasi hewan lain jg sampe punah kya harimau jawa dan bali.

    ReplyDelete
  28. menurut saya, photo itu sudah diketaui hoax, ttpi tetap djadikan berita, untuk bear rame dikunjungi pembaca saja...

    ReplyDelete