Thursday, July 23, 2009

Seorang profesor fisika membuat mesin waktu untuk menolong nyawa ayahnya

Pada tulisan saya yang lalu mengenai Andrew Carlssin - seorang pria yang mengaku berasal dari tahun 2256, saya meyinggung tentang seorang ahli fisika bernama Ronald Mallett yang percaya bahwa dalam tempo sepuluh tahun mesin waktu sudah dapat diciptakan dan beroperasi. Dan saat ini, ia mengaku telah siap untuk mewujudkan sebuah mesin waktu segera setelah dana yang dibutuhkan terkumpul.


Time travel (perjalanan lintas waktu) telah menimbulkan fantasi luar biasa di seluruh dunia. Sejak trilogi Back to the Future, semakin banyak orang yang percaya bahwa hal itu dapat diwujudkan. Termasuk dalam diri seorang ahli fisika dan profesor dari universitas Connecticut bernama Ronald Mallett.

Prof Mallett menciptakan mesin waktu untuk satu tujuan. Untuk mengunjungi ayahnya yang sudah tiada. Cinta terhadap ayahnya ini membuat ia bertekad untuk membengkokkan ruang dan waktu. Ia menyebutnya "Misi seumur hidup". "Saya pikir jika saya dapat membuat sebuah mesin waktu, maka saya dapat kembali ke masa lalu dan menolong nyawa ayah saya." Kata Mallett. Ayahnya meninggal pada saat ia berumur 10 tahun.

Sebelumnya, Mallett tidak pernah menceritakan rencananya untuk membuat mesin waktu kepada orang lain. Ia tidak ingin orang-orang menganggapnya gila. Walaupun sepertinya mustahil, ia tetap percaya bahwa suatu hari ia akan punya cara untuk mewujudkannya.


"Sangat rumit, tapi tidak gila", Itulah pendapat beberapa ilmuwan yang mempelajari ide Mallett. Albert Einstein pernah berteori bahwa ruang dan waktu saling berhubungan dan gravitasi dapat membengkokkan waktu sama seperti ia dapat membengkokkan ruang.


Menurut Mallett, ia akan menciptakan putaran gravitasi yang cukup kuat untuk membengkokkan ruang dan waktu. "Jika saya membengkokkan ruang dengan kekuatan yang cukup, maka waktu akan membengkok membentuk lingkaran." Lanjutnya.




Lingkaran waktu itu seperti sebuah lorong waktu. Mallett percaya ia dapat bergerak maju dan mundur lewat lingkaran itu. Dan untuk membentuk lorong waktu itu, ia akan menggunakan laser yang bersilangan.

Namun mesin waktu ini punya satu kelemahan. Bahkan walaupun mesin ini berhasil bekerja dan membuktikan kebenaran teori Mallett, Mesin ini hanya dapat membawa seseorang kembali ke masa sejak mesin ini dinyalakan. Jadi apabila mesin ini mulai dinyalakan pada tanggal 10 Juli 2009, maka seseorang tidak akan dapat kembali ke waktu sebelum tanggal tersebut. Jadi, Mallett tidak akan pernah punya kesempatan mengunjungi ayahnya yang sudah tiada. Menurut Mallett, paling tidak ini adalah sebuah langkah awal.


Mesin waktu atau time travel sendiri hingga saat ini masih dianggap sebagai fantasi belaka. Terutama dengan adanya teori "grandfather paradox". Teori ini mengatakan jika anda kembali ke masa lalu dan membunuh kakek anda, maka tentu anda akan menghilang dari dunia. Mengubah garis waktu itulah yang disebut paradox. Akibat mengubah susunan waktu, maka dunia akan terbagi kedalam milyaran kemungkinan. Kedengarannya mustahil.


Lagipula, sebagian berpendapat, apabila mesin waktu memang bisa diciptakan, seharusnya dunia ini sudah dipenuhi dengan para time traveler.


Namun seorang astronom ternama benama Dr David Whitehouse berkata bahwa dunia sains memerlukan orang seperti Mallett. "Saya tidak menganggap dia gila. Mungkin teorinya salah, mungkin dia menyimpang. Tapi bukanlah sesuatu yang memalukan bila kita salah. Mengalami kesalahan adalah langkah awal dalam penyelidikan alam semesta"


Apakah ini sebuah rekayasa dan lelucon yang terencana ? biarlah para ahli fisika yang menentukannya.



Baca juga tulisan sebelumnya : Andrew Carlssin - pria yang mengaku berasal dari tahun 2256.


(assosiatedcontent.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

69 comments:

  1. wah jhon titor apa dia yang bener yaa

    ReplyDelete
  2. kita tunggu aja ia,, hahha,,,
    saya suka banget baca blog ini,, uda semuanya saya baca dan semuanya menarik hoho
    Keep Posting ia...

    ReplyDelete
  3. hmmm....klo bener2 ada mesin waktu, kejahatan bisa diantisipasi terlebih dahulu deh...hehehe...

    ReplyDelete
  4. bagaimana kalau kita melawan tuhan?
    bukankah dengan mesin waktu kita bisa mengetahui kapan kiamat tiba?-bukankah TIDAK seorangpun yg mengetahuinya?
    itu hanya sebuah pemikiran.
    jadi bukan hanya kejahatan terantisipasi, ngintip orang mandipun-trus dipoto-pasti bisa.

    ReplyDelete
  5. wah, bom yang mengguncang indonesia bisa di cegah ya... hahahaha... nice post bro...

    ReplyDelete
  6. wah2 ahli fisika,, klo ada btul, kta bsa k msa llu seenaknya...

    ReplyDelete
  7. menurut sy teori grandfather paradox tidak benar, karena dunia ini pararel, jadi tidak akan mempengaruhi masa depan/sekarang,, setiadknya begitulah kata john titor :) ,, sekali-kali tolong bahas soal john titor ya

    ReplyDelete
  8. Ngawur..idenya mungkin blm terbukti benar atau salah, tp dari kata2nya, dia cuma cari sensasi. Konsep tahun itu buatan manusia, alam ga kenal 2009, 2008, 2000 atau 1000 tahun sebelum masehi-pun. Knp kalau alat ini dinyalakan pada tahun 2009 maka dia akan cuma kembali ke masa lalu tetap di tahun 2009? non sense. Bahkan bila cuma bisa mundur satu hari aja, pada 1 januari 2010, maka akan kembali ke 31 desember 2009.

    ReplyDelete
  9. wah, enak bgt kalo bisa kembali ke masa lalu ya
    coba bayangin aja, dengan kemampuan yang kita miliki sekarang, truz kita balik ke masa sekolah dulu
    wah, pasti dapet juara 1 terus dah
    dan efeknya pasti kita bakal jadi rebutan para cewe'2 di sekolah. wakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
    atau gini aja
    kita rampok aja duit dari bank sebanyak 6 karung, abis itu pasti kita jadi buronan kan.naaaaaaaaaaaaaaaaah
    kagak perlu kuatir, ya kita balik aja ke masa lalu (pake mesin waktu) sambil bawa tuh duit 6 karung,
    ada lg yang lebih gila
    kita cuci mata di mall atau dimana kek, abis itu kalo liat cewe' cakep, langsung aja kita ajak kenalan trus di ajak begituan, kalo dia nolak ya terpaksa kita paksa, setelah puas, kagak ada yang perlu ditakutin. kita balik aja ke masa lalu, trus kalo ketemu lg kita garap lg, truz balik lg, garap lg, balik lg. wakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
    hidup ini mamang indah

    kesimpulannya : mungkinkah mesin waktu bisa di ciptakan..???

    ReplyDelete
  10. Tapi bila memang mesin waktu dapat di cip takan.... saya yang akan pertamakali menghancurkannya.... perputaran waktu kehidupan semua sudah digariskan tapi bila mesin waktu di cip takan dan di miliki oleh manusia yang sebagian besar memiliki sifat serakah maka waktu akan menjadi kacau.... kiamat semakin dekat.... kita sering lupa akan kehadirannya kebesarannya..... waktu adalah harta setiap yang telah terjadi di masa lalu biarkan terkubur untuk kita jadikan sejarah dan pelajaran yang harus kita gali perlahan2 tanpa harus melalui jalan pintas.... begi tupun kematin.... semua sudah di gariskan bila selakali sajah kau berusaha mengingkari kematin maka kau pun telah mengingkari kebesaran yang maha kuasa....

    ReplyDelete
  11. Gw percaya klo mesin waktu swtu saat bs d ciptain...Hnya perlu mnunggu waktu...Mungkinkah tahun 2012 yang d ramalkan sebagai "Kiamat" adalah karena d temukannya Mesin Waktu..??Bisa aja khan..??Karena bnyak gw baca klo d jaman dulu bnyak d temukan artefak yg aneh skaligus bs d blang canggih...Kmungkinan para Penjelajah Waktu kembali ke masa lalu untuk "Menambang" kekayaan alam untuk kebutuhan d masa mereka yang d perkirakan sudah sngt maju tapi alamnya hancur......Skarng kehancuran alam sudah bisa kita rasakan...

    ReplyDelete
  12. wah kaya film time traveler ya! tp di film itu seorang ahli fisika membuat mesin waktu untuk menemui pacarnya yang sudah meninggal, ketika dia sudah berhasil kembali untuk menemui pacarnya, dia tidak mendapat apa yg dia inginkan,takdir pacarnya sudah meninggal pada saat itu...
    jd intinya, takdir tidak bisa di rubah,sekalipun kita menggunakan mesin waktu!hehe...
    nice post bro..

    ReplyDelete
  13. Bener juga ya kalo mesin waktu bisa di buat pasti sekarang udah banyak orang2 yang dateng dari masa depan, teori grandfather paradox juga membingunkan, misalnya kalo dia kembali ke masa lalu berarti dia bisa bertemu dengan diri dia sendiri, trus kalo dia bunuh diri dia sendiri kenapa dia bisa hidup di masa depan trus kalo kembali ke masa lalu trus bunuh ayah nya yang aslinya di tahun depan ayah nya masih hidup kan jadi aneh ceritanya, misalnya lagi dia berhasil menggagal kan runtuh nya gediung wtc tahun 2001 nah berarti di tahun selanjutnya bisa ada bisa juga gak ada, kalo menurut gw mesin waktu 0,001 % bisa di ciptakan

    ReplyDelete
  14. @hakam

    kenapa begitu? karena jelas2 beda dimensi..

    itu juga klo dunia paralel

    ReplyDelete
  15. http://qarrobin.wordpress.com/2009/07/18/mekanisme-penjelajahan-waktu/

    [...]
    ...sebenarnya telah ada yang datang dari masa depan untuk mengubah sejarah.

    Sebuah resimen Inggris merupakan suatu kekuatan penting yang akan melewati Selat Çanakkale. Seperti kapal yang dibolongi Khıdır. Jika kapal tersebut tidak dibolongi, raja yang kejam akan menang dengan perbedaan dari kapal tersebut. Sebuah resimen Inggris akan mengalahkan Atatürk, tetapi polisi-waktu(Dzu al qarnayn) datang dengan 1N dan membawa resimen tersebut ke masa depan dengan sejenis dari medan elektromagnetik Bermuda. Oleh karena itu seperti Khidir melobangi kapal tersebut, resimen Inggris tersebut menghilang. Orang-orang itu tidak dibunuh. Mereka hanya dilempar ke depan dalam waktu. Tempat di mana orang-orang pergi di badai elektromagnetik adalah setelah 300 tahun di badai Segitiga Bermuda. Sangat lucu, mereka bertemu di sana dan situasi itu dijelaskan kepada mereka. Radiasi Elektromagnetik selalu terjadi 300+9 tahun. Orang yang pergi pada tahun 2001 ada di 2310. Sekarang mengingat al Kahfi-Gua. Uang ‘7 yang dibekukan’ menjadi antik setelah 309 tahun. Tetapi mereka tidur adalah seperti 8 jam bagi mereka. Jika 8 jam=300+9 tahun, 24 jam setara dengan 927 tahun. Sebutlah sekitar 1000 tahun. Dalam Quran, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru ada tertulis bahwa 1 hari=1000 tahun. Selain itu ada juga ayat dimana 1 hari=50.000 tahun. Berarti bahwa seseorang yang hilang sekarang, setelah 8 jam, dengan uangnya sekarang, bahkan dengan surat kabar-nya, akan pergi ke 8 jam=setelah 300+9. Resimen yang hilang di 1915 sekarang di 2224. Mereka punya sterling, penny di kantong mereka, mungkin mereka memiliki surat kabar di hari itu bersama mereka. Tetapi pada tahun dimana mereka pergi, uang itu menjadi antik dan surat kabar milik 309 tahun ke depan. Tidak peduli terhadap orang yang mengutuk Atatürk dan menyebutnya seorang Dajjal. Allah memilih dia. Ada ayat: Jika anda ingat, saya menulis sebagai ‘kami menguasai atas setiap kaum’. Bahkan ayat ini berbau Atatürk. Jika tidak ada dia, kami akan dikelola oleh sebuah manajemen Taliban di wilayah yang sangat kecil.

    Kemudian dari Walhalla District of World, Alois Hiedler, ayahnya Hitler. Ia menghalangi Alias Adler untuk menguasai Inggris, Dan Alias Adler dibekukan di Rusia. Karena Perang-waktu ini, maka terjadi Time-Quake pada 26 Agustus 2001...
    [...]

    ReplyDelete
  16. Sangat menarik... luar biasa....

    ReplyDelete
  17. Menarik sekali, saya berharap keinginannya bisa terwujud!

    ReplyDelete
  18. Perhitungkan juga butterfly effect yang ditimbulkan dengan masuknya kita pada suatu masa di masa lampau...
    Pasti masa depan dari masa lampau yang dimasuki akan berbeda total dari masa depan dimana orang itu berasal. Walaupun dalam perjalanan waktu itu orang itu hampir tidak melakukan kegiatan mencolok..
    Tanya saja Andrew Calssin! Apa dia pernah membaca koran lama dimana diberitakan ada seseorang bernama sama seperti dirinya pernah ditangkap FBI??

    ReplyDelete
  19. Cara kerja mesin wkt g gitu kali. Qta bisa pergi ke masa yg qta inginkan. Tp qta g bisa merubah peristiwa masa itu menjadi lebih baik. Qta hny bisa terlibat sbg obyek saja. Bukan sbg subyek. Misalnya. Qta pergi ke jamanx Dinosaurs. Dulu kan g ada senjata. Tp qta membawax dr masa skrg. Wkt qta dikejar-kejar si Dino. Senjata qta g mempan ktika ditembakkan. Hingga qta lari tunggang langgang. Apapun di terobos. Hingga qta terjatuh dan jatuh dr ranjang dgn clana basah. Jd kembali dech ke masa skrg scr otomatis. Hilang dech dinox. He...3x. (sbnarx aq suka konsep mengunjungi dunia mimpi dgn scra sadar. Seperti keinginan org2 cina).

    ReplyDelete
  20. bhas john titor jugaa dong,...

    ReplyDelete
  21. mantab dah. impossible is nothing. impian bukanlah kegilaan!

    ReplyDelete
  22. terkadang Sebuah teori seperti inilah yg dapat mnjadi kenyataan suatu hari nanti,,,

    ReplyDelete
  23. Arioks(Sampang)said...
    kalau seandainya tuh mesin bisa diciptakan:saya akan menyarankan kpada bpk presiden untuk minjem tuh alat sebagai media sarana untuk menjemput MAK LAMPIR & GRANDONG dan menjadikan mereka sebagai pembantu anggota militer untuk menghajar ANGGORO cs. he3

    ReplyDelete
  24. mesin waktu ke masa lalu = ga mungkin.
    krn dia barang habis terpakai.

    kalau pun berhasil, hanyalah perjalan waktu ke masa depan. karena "waktunya" belum terpakai.


    contohnya kan ada tuh cerita misteri kapal / pesawat yg hilang waktu PD II tau2 muncul di jaman sekarang dengan kondisi masih persis waktu dia hilang.

    ReplyDelete
  25. coba dia balik ke masa dia masih di kandungan, terus dia bunuh ibunya sendiri, Paradoks apa yang bakal terjadi.

    ReplyDelete
  26. semoga bs terwujud...pengen nyoba jg ke masa lalu. pengen ketemu mama lg. krn beliau baru aja meninggal

    ReplyDelete
  27. Oh iya, apakah mungkin, banyak time traveler, tetapi menggunakan ufo supaya susah dilihat? Mungkin saja aturan masa depan seperti ini :'Manusia dapat ke masa lalu dengan catatan tidak menggangu manusia masa lalu/terlihat seminimal mungkin'. Yah, mungkin agak konyol, tapi bisa saja kan? Mungkin saja ufo2 yang ada di bumi ini adalah manusia masa depan yang ingin melihat masa lalu?

    ReplyDelete
  28. ikut copy-paste artikelnya....makasih

    ReplyDelete
  29. time travel is nonsens.

    ReplyDelete
  30. tidak ada yg tidakmungkin di muka bumi ini....
    pengetahuan manusia secara umum mungkin masih belum bisa menerimanya.....
    akan tetapi saya bisa memakluminya.....
    tidak aneh jika hal2 yg mustahil terjadi di dunia ini.....sebagai contoh : dlu saya pernah melihat trick magic seseorang menembus candi borobudur dari satu ke sisi lain, dan diperlihatkan secara Live....jika dipikir secara logika hal itu adalah sebuah kemustahilan..karena orang tersebut telah berhasil menembus ruang dan waktu, partikel/benda keras berupa candi yang notabene lebih besar dan lebih padat dari tubuhnya sendiri....mungkin barang kali ada yang bilang, ahh...itu hanya magic, pasti ada ilusi atau caranya.....tetapi saya yakin, tidak semua orang bisa melakukannya...dan itu hanya bisa dilakukan oleh orang2 tertentu dengan kemampuan tertentu....saya pun yakin suatu saat nanti barang kali penemuan tentang mesin waktu akan muncul...semua di dunia ini ada misterinya.....

    Hai kelompok jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidaj akan sanggup menembusnya kecuali dengan sulthan (QS.Ar Rohman : 33)

    ReplyDelete
  31. jikakakak kagak bakal tuh bisa kembali ke masa lampao pastinya bakal nyasar ke alam jin jikakakakak

    ReplyDelete
  32. bukannya grandfather paradox itu teori bahwa bila kita membunuh kakek kita di masa lalu, di masa depan kita akan tetap eksis namun di masa depannya dari masa di mana kakek kita terbunuh itulah kita tdk akan eksis. perbedaan dimensi, gitu lah. iya kan? yg dibilang sama john titor itu kan?

    ReplyDelete
  33. hmm.. sangat menarik...

    ReplyDelete
  34. saya senang sekali membaca ENIGMA, nah untuk bapak ENIGMA, saya ada pertanyaan ato uneg2 sedikit, ini pemikiran saya sejak kecil....

    "APAKAH MUNGKIN 'BENDA-BENDA ATAU BARANG-BARANG MASA LALU YG TIDAK MUNGKIN DICIPTAKAN PADA ZAMAN ITU' ADALAH KERJAAN SEORANG TIME TRAVELER YG MENYAMAR pd ZAMAN TERSEBUT?"

    mohon dijawab pertanyaan saya yg terpendam sejak kecil sampai saya berumur 22 tahun belum ada yg menjawab dan belum ada yg mau mendengarkan,,terimakasih :D

    ReplyDelete
  35. Jika ditemukan barang yang sepertinya tidak mungkin diciptakan pada masa itu, maka ada dua jawaban:
    1. Kita terlalu menganggap teknologi masa itu. Padahal bisa saja barang itu sebenarnya sdh bisa dibuat masa itu.

    2. Kita salah menghitung soal umur benda yang ditemukan. itu biasa terjadi, apalagi dengan carbon dating.

    Jadi, soal Time traveller, mungkin tidak.

    ReplyDelete
  36. Abirama Vindra , Jogja .
    putaran ruang dan waktu bukan hanya keatas , tapi pasti ada juga yang kebawah seperti hal" yang pernah kita alami. jadi nggak mungkin kalau cuma bisa kembali ke masa dimana mesin itu pertama kali dinyalakan karena WAKTU ITU MUTLAK .
    jadi saya nggak percaya kalau hanya bisa kembali ke saat dimana mesin itu pertama dinyalakan .

    ReplyDelete
  37. pinjem dong om.. bentarrr ajah. cuma pengen balik 3 bulan yg lalu kok..

    ReplyDelete
  38. Tentang Einstein dan mesin waktu memang menarik. Ruang, waktu dan gravitasi merupakan tiga hal yang tidak dapat dipisahkan. Dengan gravitasi yang teramat besar, maka ruang waktu dapat dibengkokkan. Tapi ada kendala berkaitan dengan mesin waktu ini:
    1. Menciptakan gravitasi yang demikian besar diatas bumi ini, saya rasa bukan hal yang mudah. Gravitasi yang teramat besar sampai-sampai membengkokan sinar yang lewat hanya ada pada lubang hitam. Banyak bintang dan galaksi "tewas" tertelan lubang hitam dan muncul entah di dimensi mana. Diyakini, benda-benda yang masuk lubang hitam akan melewati perjalanan waktu melalui lubang cacing (worm-hole).
    2. Seperti saya singgung di atas, benda-benda yang masuk ke dalam lubang hitam akan hancur berantakan, partikel2 nya terlepas entah bagaimana lagi bentuknya. Tidak terbayangkan. Karena dalam lubang hitam itu sendiri, tidak ada lagi satu teori fisika pun yang dapat dipakai ("luluh" nya teori2 fisika ini disebut sebagai "singularitas"), maka membayangkan bagaimana bentuk geometri benda yang telah masuk dalam lubang hitam menjadi absurd. Nah... coba bayangkan, bagaimana bentuk manusia yang masuk ke lubang hitam... apa bisa selamat?

    Saya percaya time-travel memang ada, tapi membayangkan bagaimana suatu makhluk hidup bisa masuk ke sana dan keluar hidup2 rasanya sulit.

    -Angulus Ludovici-

    ReplyDelete
  39. Angulus Ludovici:
    (tambahan lagi)
    Time Travel artinya kita harus mempunyai gravitasi mahabesar untuk membelokan waktu lalu kembali ke masa lalu. Seperti kata saya diatas, kayaknya tidak mungkin bagi makhluk hidup untuk keluar hidup-hidup dari sedotan gravitasi mahabesar.

    Tapi... kalau memperlambat jalannya waktu, mungkin saja! Gini, aneh apa nggak sih, dari lukisan UFO yang ada di dinding goa batu, sampai saksi-saksi diabad 21 ini, bentuk pesawat UFO tidak berubah (masih berbentuk piring terbang!). Apa gak aneh? Klo Alien memang makhluk luarbiasa pandai, maka mestinya bentuk pesawatnya pun mengalami perubahan drastis. Lihat saja handphone dan laptop kita, gak sampe 5 tahun udah berubah, apalagi pesawat ditangan makhluk superpinter??? Maka dari itu.. saya kemudian berpikir, mungkin saja si Alien ini telah memperlambat laju waktu diri mereka sendiri! Hal ini dapat dimungkinkan dengan laju pesawat UFO yang luarbiasa cepat, mendekati kecepatan cahaya, maka waktu dalam pesawat mereka lebih lambat dibandingkan waktu di bumi (hal ini juga dapat terjadi bila kita berdiam pada orbit sebuah planet yang gravitasinya besar!). Maka, bila waktu dalam pesawat mereka 1 hari, bisa saja waktu dibumi adalah 100 tahun. Ingat teori Einstein tentang dua anak kembar, satu menunggu di bumi dan satu terbang dengan roket dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya... anak yang terbang dengan roket akan mengalami "perlambatan umur". Karena itulah kita manusia bumi selalu melihat bentuk pesawat UFO tidak pernah berubah dari masa ke masa!
    Dan dari situ juga kita bisa prediksi... kalo benar ada, maka si Alien ini pastilah dari galaksi yang jaraknya jauh sekali. Tidak mungkin dari Mars atau Venus yang transportasinya 'hanya' butuh puluhan tahun.

    :p

    ReplyDelete
  40. hai bro, angulius..
    gw tertarik ama argument lo bro..
    beradu argument yuk, kyknya cocok nie
    ama gw yah..

    ReplyDelete
  41. Kenapa tidak ada time traveler yg tiba saat ini mungkin karena seperti yg dijelaskan diatas, mesin waktu butuh pengirim dan penerima seperti radio, jadi selama penerimanya belum bisa dibuat ya ga ada yg bisa datang ke masa itu.

    Bro Angulus itu teori relatifitas khusus einstein, selain itu juga ada teori relatifitas umum. Klo masalah Piring terbang berbentuk piring itu biasa, kalo bentuk nya kotak nanti namanya bukan piring terbang tapi lemari terbang :D

    ReplyDelete
  42. nothing impossible

    ReplyDelete
  43. mas enigma bisa ga dibahas tentang fenomena john titor, khususnya tentang many world interpretation theory (Everett theory) yang diklaim oleh john titor sebagai dasar mesin waktunya? saya uda membaca penjelasan di beberapa blog termasuk versi inggrisnya...cuma masi rada bingung. terima kasih

    ReplyDelete
  44. Mungkin teoeri lorong waktu bisa jadi benar. Hanya saja si orang yang menjelajahi waktu itu tidak bisa kontak (berbicara apalagi bersentuhan, hanya melihat saja )dengan orang-orang yang ada pada masa itu.
    Karena saya ingat dalam agama Islam istilah menjelajah waktu sudah ada hanya tidak disebut seperti itu. Contoh saat nabi Muhammad Isra Mi'raj sudah diberi gamabaran (secara visual) oleh Allah suasana di Neraka, padahal Neraka belum diciptakan.

    ReplyDelete
  45. Jadi inget John Titor ya
    tapi kalau ada teorinya, pasti bisa dilaksanakan
    dulu belum di film2 berimajinasi ada handphone/laptop dan sekarang jaman ini, 2 benda itu bisa diciptakan, jadi saya yakin kalau teori mesin waktu bisa disempurnakan walau memakan waktu puluhan tahun.

    Itu sih pendapat saya heheh

    ReplyDelete
  46. lha klo mesin waktu sdh/bs ada...
    emg ia kan hrsnya byk time traveler...
    tp knyataannya...???

    ReplyDelete
  47. gile bro disini banyak setannya ... hiiiy

    ReplyDelete
  48. buagusss....kya the X-files...i like this blog.....keep exist...klo bisa misteri kasus dlam negeri donk...khan kta jg punya bnyk kasus yg gk terungkap..ato mungkin dipaksain....dasar polisi indonesia...O'On semua....

    ReplyDelete
  49. manusia terlalu pintar sehingga mempunyai imajinasi yang tinggi.
    tidak akan pernah bisa manusia melakukan perjalanan waktu karena itu menentang hukum alam.
    seandainya suatu saat manusia bisa mengarungi waktu, tentulah kematian bukan lagi menjadi hal yang rahasia.
    ex :
    ronald pergi ke tahun 2012,dia melihat dirinya sendiri masih ada.

    ronald pergi ke tahun 2015,dia tidak menemukan dirinya.dia melihat adanya buku Yaasin dirumanya dimasa itu dimana namanya tertera disana dan sudah ada embel2 Alm.
    lalu ronald menemukan tanggal kematiannya di buku itu (ex : 1 maret 2013)

    ronald pergi ke tahun 2013, tepat pada hari kematiannya tanggal 1 maret 2013.bahkan dia menyaksikan pemakamannya sendiri sambil menangis tersedu - sedu.

    ronald tidak kemana - mana lagi,dia tetap pada masanya sekarang.
    karena dia tahu umurnya tinggal 1 tahun lagi.
    dia bertobat dan bersiap - siap menghadapi kematiannya tahun depan.

    apa ini masuk akal???

    sejak dilahirkan manusia sudah mempunyai mesin waktunya sendiri.
    mesin waktu menuju masa lampau adalah kenangan, dan mesin waktu menuju masa depan adalah impian.

    -herue

    ReplyDelete
  50. ingatlah hadis Nabi Muhammad SAW: Segala sesuatu yang menimpa kita adalah takdir dan tidak dapat dicegah, jadi, segala sesuatu yang telah ditakdirkan tidak dapat dicegah meskipun dengan mesin waktu

    ReplyDelete
  51. fenomena lubang cacing katanya bisan menembus galaksi dan waktu karena lubang hitam adalah gravitasi yang saangat kuat

    ReplyDelete
  52. klo pergi ke masa lalu sih kayanya masih mungkin tp klo ke masa depan kaya nya ga akan bisa deh..karena masa depan itu adalah misteri yang belum kita ketahui.

    ReplyDelete
  53. wow ternyata ada juga yah mesin waktu, percaya ga percaya sih soalnya bukan aku yang buat..

    ReplyDelete
  54. tapi kalo pas kita pake mesin waktu itu buat pergi kemasa lalu berarti di masa lalu itu juga kita harus bikin mesin waktu lagi ya buat balik lagi ke waktu kita yang sekarang?

    ReplyDelete
  55. klo mesin waktu beneran ada sejarah bisa ancur...

    dan klo dunia paralel... maka ga akan ada bukti kaya "john titor".. karena yang mereka masuki dimensi yang berbeda bukan sejarah sebenarnya dan ga pernah ada di sejarah yang asli...

    ReplyDelete
  56. @enigma :trus skarang gimana?

    ReplyDelete
  57. Imposibility is a beggining of something NEW
    Future is Shadowy and unknown
    mungkin saja ini bisa terjadi seperti impian manusia ke bulan yg mustahil dimata orang zaman dulu dan juga WARP DRIVE dizaman sekarang

    ReplyDelete
  58. baaaahdah laruuuut_larut!.

    ReplyDelete
  59. Dengan adanya mesin anti gravitasi. mesin waktu dapat diciptakan, hanya saja kita bisa ke masa depan tanpa bisa kembali. contoh. jika kita mempunyai mobil yg tidak terpengaruh oleh gravitasi, sehingga dapat melaju melebihi kecepatan cahaya. maka kita dapat pergi kemasa depan. saya belum bisa menemukan caranya untuk kembali kemasa dimana mesin waktu pertama kali di nyalakan ataupun ke masa lalu.

    ReplyDelete
  60. Masa tidak mampu diputar semula. tetapi mungkin manusia atau makhluk yang mengetahui caranya mampu kembali ke masa lalu. Masa terus bergerak ke depan tidak akan mengundur semula tetapi jejak masa itu masih ada dan kekal untuk tempoh tertentu. hanya dengan ILMU maka ia akan dapat diatasi. mungkin betul dari segi akal .. tetapi akal terbatas!

    Tuhan seluruh alam berfirman... : Demi masa. (QS. 103:1)
    Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, (QS. 103:2)
    kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. (QS. 103:3)

    kalau Pencipta Ruang dan Masa sudah mengatakan begitu.. maka kita sebagai manusia apakh terus mahu dibuai oleh impain yang mustahil?

    ReplyDelete
  61. Mustahil!


    Demi masa. (QS. 103:1)
    Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, (QS. 103:2)
    kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. (QS. 103:3)
    masa akan terus bergerak ke depan tanpa jejak..

    ReplyDelete
  62. Kalo sudah menjadi hobby dan bisa membuat sendiri, bisa jadi bisnis jual mesin gan :D

    ReplyDelete
  63. Kalo bener bisa aku mau perbaiki hidupku. Menjadi hidup yang kuinginkan. Setidaknya aku bisa pintar di usia yang gak masuk akal 😊😂

    ReplyDelete
  64. Ngebahas "Mesin Waktu" dijaman ini sama seperti ngebahas "Telepon Seluler" di tahun 1900an, sama-sama dianggap "Gila",,

    Coba di tahun 1900an kalian bicara dengan teman kalian kalau suatu saat bisa berkomunikasi tanpa harus bertemu dan bertatap wajah, pasti teman kalian akan tertawa dan menganggap anda gila.

    ReplyDelete
  65. Betul Adham Mujammil. mngkn 1000 thn yg lalu, barang-barang spt handphone, pswt televisi, atau aplikasi vidio panggil pasti dianggap manusia sbg hal yg mustahil. Dan yg bisa lakukan mengirim suara atau gambar, atau berhubungan jarak jauh, pastilah dianggabnya sbg org sakti atau sbg org gila atau pembual. Mengirim suara, gambar bahkan emosi bisa ketempat lain dalam waktu bersamaan, mungkin juga suatu saat ada alat yg mampu mengirim tubuh kita melintas waktu kemanapun jaman yg dituju. Meski skrg masih jadi hal yg kontroversial, aneh, ngawur, gila atau dianggap bualan dan ocehan orang tidak waras.

    ReplyDelete