Wednesday, August 19, 2009

Konspirasi pemanasan global - mempertanyakan motivasi Al Gore

Bukankah menarik bagaimana masalah kita menjadi semakin global : peperangan global terhadap terorisme, krisis ekonomi global, perlunya mata uang tunggal dunia, perdagangan global tanpa batas, dan tentu saja pemanasan global. Sementara para ilmuwan, aktivis lingkungan dan politisi berkumpul untuk membahas isu pemanasan global, dunia bersatu dibawah komando satu orang, Al Gore. Benarkah seluruh dunia bersatu ?


Masalah global membutuhkan solusi global. Demikian yang sering disebut oleh para pemimpin dunia. Dan itu juga yang mereka lakukan ketika berkumpul di Bali pada Desember 2007 untuk membicarakan isu ini. Pada konferensi tersebut yang kelihatannya mencapai keputusan dengan sangat payah, Amerika Serikat dibawah pemerintahan Bush dianggap sebagai anak nakal karena dengan enggan menyetujui resolusi bersama itu. Dan Gore mengecam pemerintahan Bush karenanya.

Saya juga beranggapan seperti itu ketika melihatnya di televisi. Sekarang saya mengetahui mengapa Amerika Serikat bersikap seperti itu. Hal ini dikarenakan adanya perpecahan yang terjadi di antara ilmuwan mengenai penyebab pemanasan global.

Ketika Al Gore merilis film dokumenternya yang berjudul "An Inconvenient Truth" yang mendapat Oscar, seakan-akan kita mengetahui hanya ada satu kebenaran. Manusia adalah oknum dan kambing hitam atas lenyapnya gumpalan-gumpalan es di kutub, atas meningkatnya suhu bumi dan atas bencana-bencana alam yang terjadi.

Namun, tahukah anda bahwa sebagian ilmuwan tidak mempercayai itu ?

Konsensus bersama itu ternyata telah mendapat counter konsensus dari para ilmuwan yang bereputasi tinggi.

Dan sekarang saya akan menceritakan kepada anda apa yang disebut teori konspirasi pemanasan global.

Pemanasan global adalah sebuah hoax, klaim para ilmuwan dari kubu kontra Gore. Suhu bumi sesungguhnya hanya berubah sekitar 1 derajat Fahrenheit dalam tempo satu abad. Plus, planet tercinta ini telah mengalami periode zaman es dan periode hangat tanpa ada campur tangan anda dan saya.

Ilmuwan yang beranggapan seperti ini, salah satunya adalah Steven Milloy yang memiliki gelar dalam bidang Natural Science dan gelar master dalam Biostatistik dari Universitas John Hopkins. Ia adalah salah satu juri bagi American Association for The Advancement of Science Awards dan ia pernah diminta oleh kongres Amerika untuk bersaksi mengenai masalah-masalah lingkungan.

Milloy berkata bahwa pemanasan global adalah "Ibu dari segala ilmu pengetahuan sampah". Ia merujuk kepada perubahan-perubahan suhu bumi yang terjadi secara alamiah tanpa campur tangan manusia.

Ia juga merujuk kepada protokol Kyoto yang dianggapnya sebagai suatu lelucon. Protokol ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas karbon dunia menjadi 8% pada tahun 2012. 8% adalah level emisi pada tahun 1990. Dan kita juga tahu, sekali lagi Amerika (dibawah Bush) menjadi anak nakal yang menolak protokol ini, kali ini ia juga mendapat dukungan negara-negara Eropa.

Well, Tentu saja Amerika dan Eropa akan bersikap seperti itu. Sebuah studi dari Rusia (bukan Amerika) menunjukkan bahwa konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer berada pada level sekitar 370 PPM (Parts per Million) dan bila protokol Kyoto diikuti, maka hal itu hanya akan merubah 1 atau 2 PPM saja pada tahun 2012.

Hmm...kelihatannya memang protokol yang sia-sia.

Dengan menggunakan data yang disediakan oleh mereka yang mempromosikan Protokol Kyoto, jika setiap negara meratifikasi protokol tersebut, temperatur global rata-rata hanya akan berkurang sekitar 0,0015 derajat centigrades. Pada level ini, dibutuhkan 667 tahun dan $100 Trilyun untuk menurunkan suhu bumi sebanyak 1 derajat centrigades.

Hmm...sekali lagi, kelihatannya memang protokol yang sia-sia..

Dan satu lagi, ketika kita, manusia dianggap sebagai kambing hitam penyebab pemanasan global, EPA (Environmental Protection Agency) memperkirakan bahwa 25% emisi gas metana yang dilepas ke Atmosfer berasal dari kotoran ternak.

Ternyata kambing adalah kambing hitam yang sesungguhnya.

Akibat penemuan ini, mungkin anda sudah pernah menerima email yang menganjurkan anda untuk berhenti memakan daging untuk mengurangi pemanasan global, saya sudah pernah menerimanya.

Tidak heran banyak orang yang mengatakan bahwa isu pemanasan global adalah salah satu strategi untuk menghasilkan keuntungan bagi pihak-pihak terkait. Tentu saja bagi mereka, pihak-pihak terkait tersebut adalah Al Gore dan Friends, dan Gore dituding memaksakan terjadinya konspirasi kelas dunia ini.

Pada tahun 2006, Al Gore terbang (dengan pesawat pribadi) dari rumah megahnya di Tennesse ke Hollywood dan kemudian berkeliling dengan limosin dimana dia menerima Oscar untuk film dokumenternya "An Inconvenient Truth" yang memperingati bahaya pemanasan global dan bahaya pemakaian berlebihan bahan bakar fosil.

Kita yang awam, melihat film itu dan berkata Wow...saya baru tahu soal itu. Tapi kelihatannya para ilmuwan yang jeli menemukan banyak kebohongan dari film itu. Gore secara sederhana menyatakan bahwa manusialah penyebab pemanasan global. Padahal seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, sekelompok ilmuwan bereputasi tinggi di dunia menolak teori tersebut (termasuk Edwin Aldrin, manusia kedua yang berjalan di bulan).

Oh ya..belakangan ternyata diketahui para ilmuwan yang setuju dengan Gore adalah ilmuwan-ilmuwan yang menerima donasi besar dari pemerintahan Clinton (ketika Gore menjadi wakil presiden).


Entahkah mereka setuju dengan Gore karena didanai Gore atau Gore hanya mendanai ilmuwan yang sepaham dengannya, masih tidak jelas.

Contoh kebohongan dari film Gore adalah klaim bahwa Pemanasan global akan menaikkan permukaan laut setinggi 20 kaki (6,09 meter), padahal sebenarnya hanyalah 23 Inci (58,42 cm). Ia juga mengklaim bahwa beruang kutub sedang berada dalam bahaya. Padahal tidak demikian sebenarnya.

Film itu juga menunjukkan foto-foto glasier yang berkurang, namun ia tidak menyebut glasier-glasier lain yang terus bertambah. Gore juga menyebut Glasier Kilimanjaro yang terus berkurang akibat pemanasan global. Tapi ia tidak mengatakan bahwa Glasier Kilimanjaro telah berkurang sejak 1880, jauh sebelum kadar CO2 meningkat di bumi.

Gore juga mengklaim bahwa peningkatan kadar karbondioksida di atmosfer telah meningkatkan suhu global. Anehnya pada tahun 2005, sebuh studi oleh Journal Science menemukan sebaliknya. Peningkatan suhu bumilah yang telah memicu peningkatan kadar karbondioksida.

Bahkan tamparan yang paling memalukan bagi Gore datang dari ABC News yang menemukan salah satu cuplikan dalam film dokumenter tersebut adalah potongan film "The Day after Tomorrow".

Bukan hanya itu, para ilmuwan kemudian menemukan bahwa perubahan suhu bumi ternyata disebabkan oleh peningkatan aktifitas badai matahari, peningkatan aktivitas gunung api bawah laut, dan sistem arus laut yang kompleks.

Hal ini diperkuat oleh temuan NASA baru-baru ini bahwa perubahan suhu bumi dalam beberapa dekade ini ternyata diakibatkan oleh peningkatan aktivitas badai matahari, bukan karena anda tidak mencabut charger HP anda dari stop kontak ketika sudah selesai menggunakannya.

Plus, sesungguhnya ada trend penurunan suhu global sejak 1998. (Ya..anda tidak salah baca). Data terbaru Juni 2009 menunjukkan Suhu bumi mengalami penurunan sebanyak 74 derajat Fahrenheit sejak Gore merilis "An Inconvenient Truth" pada tahun 2006.

Gore, yang telah menjadi panglima utama dalam gerakan pemanasan global sendiri memiliki rumah seluas 10.000 kaki persegi di Nashville yang memiliki 20 kamar tidur dan 8 kamar mandi. Sementara menyarankan orang lain untuk menghemat energi, Gore menghabiskan 221.000 kilowatt jam pada tahun 2006 untuk rumah mewahnya. Rata-rata penggunaan satu rumah tangga di Amerika pada tahun itu adalah 10.656 kilowatt jam.

Tapi Gore tidak perlu merasa bersalah. Bukankah dunia sudah mengatur sebuah sistem yang disebut kredit karbon ?

Apa yang dimaksud dengan kredit karbon ?

Ketika Gore menerbangkan pesawatnya yang menghabiskan banyak bahan bakar, ia membeli kredit karbon dari broker-broker (seperti saham). Sebagai imbalannya, mereka yang menjual kredit karbon itu akan menerima reward yang bisa digunakan untuk proyek-proyek lingkungan hidup. Nah, pembeli kredit karbon itu, dalam hal ini Gore, akan disebut "Carbon Neutral" karena walaupun ia melepas banyak karbon ke udara, ia menciptakan keseimbangan antara melepas dan mengurangi karbon. Brilian kan ?

Ya..sangat brilian...karena Gore membeli kredit karbonnya dari Generation Investment Management LLP, sebuah perusahaan yang didirikan tahun 2004. Gore adalah pendiri dan Chairman dari perusahaan itu.

Hmmm...

Dengan kata lain..Gore bisa tetap menjalani hidup mewahnya, menjadi pujaan aktivis, menerima Nobel dan kaya raya.

Penjualan kredit karbon di dunia meningkat dari $6 juta di tahun 2004 menjadi $110 juta pada tahun 2006.

Jadi pertanyaannya adalah apabila teori ini mendapat tantangan dari banyak ilmuwan dunia yang bereputasi tinggi, mengapa pemerintah-pemerintah dunia sepakat dengan Gore ?

Jawabannya adalah pajak pendapatan !

Pada waktu sekitar konser Live Earth Concert 7/7/7 yang diselenggarakan oleh keluarga Rothschild, Al Gore mengumumkan akan ada pajak karbon dalam skala Global untuk memerangi pemanasan global. Bagi pemerintah dunia, pemasukan tambahan. Bukankah menyenangkan apabila pemerintahan mendapat pemasukan tambahan ? Ya..Namun bagi kita akan ada pajak tambahan bagi bahan bakar yang anda beli.

Sekarang anda tahu bahwa isu pemanasan global mungkin tidak seperti yang anda kira. Jika anda membaca ini, bacalah dalam perspektif sains, bukan ideologi.

Para aktivis lingkungan mungkin tidak suka dengan tulisan ini, tapi saya hanya ingin melaporkan bahwa para ilmuwan terbelah dua dalam soal pemanasan global dan saya ingin mengajak kita untuk melihat sisi lain dari suatu persoalan.

Lagipula bukankah dengan mengetahui hal ini kita menjadi lebih berwawasan ?

Akhirnya, inilah pendapat saya, Isu pemanasan global akan menjadi "teori evolusi" lainnya. Para ilmuwan akan terus berdebat mengenai penyebab dan dampaknya.

Secara pribadi saya tidak keberatan apabila kita menggunakan bahan bakar yang lebih ramah dan menghemat penggunaan listrik. Bahkan saya menganjurkan untuk mempensiunkan kendaraan yang mengeluarkan banyak asap. Karena dengan melakukan itu, kita belajar menjadi manusia yang bersih dan sehat.

Sambil menantikan datangnya kata sepakat dari para ilmuwan (jika kata sepakat itu memang dapat tercapai),

Saya akan menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar.
Saya akan menggunakan charger HP secukupnya.
Saya akan menghemat penggunaan listrik.
Saya akan menanam pohon-pohon di rumah saya.
Namun saya akan tetap mengkonsumsi daging hewan.

Tidak ada salahnya mencintai bumi kita kan ?

Baca juga Seorang ilmuwan pro pemanasan global akhirnya mengakui tidak ada bukti adanya pemanasan global. dan Seorang hacker menemukan bukti adanya manipulasi pada data pemanasan global.

Lalu baca juga : Fakta sebenarnya mengenai populasi beruang kutub, es arktik dan antartika.

(wikipedia, foxnews.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

52 comments:

  1. wow...mantap bro....cerita beginian neh yg aku suka....konspirasi tingkat tinggi...jadinya kita2 pada tau smua hanya konspirasi belaka....
    good job bro...!!!

    ReplyDelete
  2. Mr. I Like This BlogAugust 19, 2009 at 11:18 AM

    Ya, mungkin memang ada konspirasi, karena di tempat lain ada informasi mengenai "Planet X (Nibiru)yang massanya 100 x lipat dari bumi, telah memasuki galaksi bima sakti dan ditemukan sejak tahun 2003, yang kemungkian besar akan mendekati bahkan mungkin menabrak bumi. Pengaruh planet inilah yang sebenarnya sedang terjadi dibumi.Inti magnetisnya yang sedemikian dahsyat kekuatannya bertabrakan dengan medan-medan magnet planet lain dalam tata surya. Akibatnya gempa-gempa bumi terkuat dalam sejarah manusia modern telah dan akan terjadi di seluruh dunia.Gunung es di kutub Antartika membelah dan mencair, menimbulkan gelombang pasang yang dahsyat, membawa hanyut apa saja yang disapunya. Gelombang tsunami menjadi monster abad ini...
    Dan terjadilah kiamat...
    Namun sayangnya, masyarakat luas dibiarkan begitu saja tanpa informasi, dibiarkan terlena dengan kehidupan sehari-hari, tanpa punya kesempatan untuk menyiapkan diri menghadapi bencana ini." ......
    Jadi... mungkin saja 'global warming' adalah konspirasi untuk menutupi 'kedatangan planet X' agar masyarakat tidak terlalu panik.

    Allah sajalah yang Maha Tahu.

    ReplyDelete
  3. salut sama Kang Enigma, pasti banyak baca2 buku dan baca mbah gugel.

    Sangat menambah wawasan

    ReplyDelete
  4. mmm, very good .i like it.

    ReplyDelete
  5. banyak juga tulisan nya tapi gak bikin males kalo blog misteri lain tulisan nya banyak tapi tulisan nya kecil kecil udah gitu tipis warnanya jadi males baca nya kalo enigma salut deh.

    ReplyDelete
  6. hebat konspirasinya. tapi tetap saja bumi akan hancur dangan sebab yang sudah kita ketahui atau tidak. waktunya pun tidak ada yang tahu.

    ReplyDelete
  7. @icang69 : udah banyak yang tau loh orang2 kapan waktunya mungkin 21 des. 2012

    ReplyDelete
  8. ya Tuhan ku yang mahakuasa ya Allahku, omg.. kalo gitu yang aku presentasiin di sekolah and yang dipelajari sampah dong!!!!

    ReplyDelete
  9. fakta ini saya tahu pertama kali dalam novel state of fear-nya michael crichton. dari tabel di beberapa tempat bahkan ada kecenderungan suhu justru menurun. cuma ya itu, saya si setuju sama enigma. ga ada salahnya kita hidup hemat energi, karena saya yakin walau mungkin akibatnya bukan pemanasan global, pasti ada dampak lain yang muncul jika kita tetap semena2 terhadap alam

    ReplyDelete
  10. tapi nggak ada salahnya buat nurunin emisi gas,,,
    ditambah penghijauan lahan kembali...
    moga kita dapat hikmah dari protokol yang [mungkin] sia-sia...
    nice post,, teruskanlah

    ReplyDelete
  11. makasi kk enigma.. qu minta ijin copy paste yg ini ke halaman fesbuq gw yuach.. biar tmn2 bisa baca2, berguna buat pengetahuan tentang misteri dunia.. ^__^ apa bener pmanasan globe itu hoax? hhhehehe.. (baca ~ baca ~ & baca ~)

    ReplyDelete
  12. Aku copas ya, tak kasih sumber nya kok

    ReplyDelete
  13. bagus nih ,seperti (The Day after Tomorrow) indonesia tedak terllu terkena dampak ha......ha....ha......ha i love indonesia

    ReplyDelete
  14. yihaa...!!! nice post..!

    ReplyDelete
  15. Tapi mas,dapet sumbernya darimana..??
    Coz q punya buku yg persis membicarakan tentang ide2 Al Gore,..Dalam buku tu d katakan Media2 dunia seperti CNN,NBC,MSNBC,REUTERS,GEOGRAPHIC CHANNEL,dll juga mulai khawatir Es kutub akan mencair pada musim panas 2013,tolong d tanggapi mas...Yg bner yg mana..?

    ReplyDelete
  16. Namanya juga teori konspirasi, kita tidak akan bisa tahu mana yang benar dan salah. masing2 memegang pendapat sendiri.Sama seperti teori evolusi. Kalo CNN, MSNBC, Reuters dll yang kuatir, wajar, mereka kan bukan ilmuwan. Jadi pengetahuannya soal iklim meragukan. he..he..saya simpan beberapa sumber, tapi banyak, kalo kamu mau, kasih email kamu, ntar saya email. ok

    ReplyDelete
  17. Mas,emailq axell.lynx@gmail.com
    Kalo perlu facebookq juga itu emailnya...

    ReplyDelete
  18. benar mas enigma, teori konspirasi bisa benar bisa salah, yang penting kita bijak menghadapinya.

    Gimana dengan rokok mas...., kira-kira ada teori konspirasi bahwa rokok itu berbahaya bagi kesehatan ga?

    ReplyDelete
  19. mas enigma, aku mau copas nih di fesbuk,,,ini tulisan yang cerdas banget, membuat kita berpikir dan jelas bertindak. Tengna ajah mas, aku kasih link nya okeh hehehehe.

    thank before yah

    ReplyDelete
  20. wow, sangat menginspirasi, tapi data penelitian penyebab utama pemanasan global datang dari industri peternakan dan hewan tetap menjadi prioritas saat ini bagi negara2 di dunia

    ReplyDelete
  21. wah... btul2 ga nyangka nieh,,
    hebat bener nih al gore...
    pdhl gw dah cpek2ny mnyuarakan stop pmanasan global...tp ga pa2lah skaligus bwt antisipasi ajah...
    GREAT!!

    ReplyDelete
  22. menyegarkan sekali infonya trims..
    memang kalo diliat sekarang tema pemanasan global mampu menggerakan roda ekonomi dunia.. bahkan setiap pemerintahan dapat untung lagi dari pajak.. manusia umum hanya pangsa pasar ...

    ReplyDelete
  23. Berita2na menarik, tapi penampilanna z di but lebih menarik agar yang yang ngeliat blog nie tertarik.Tapi yang jelas blog nie bagus kx

    ReplyDelete
  24. very good. salut deh kepada penulis yg telah ngumpulkan data. anyway seperti yg penulis bilang : tidak ada salahnya menyayangi bumi kita. mari kita jaga. jangan lupa bahwa kita adalah khalifah bagi bumi tempat kita berpijak.

    ReplyDelete
  25. Boss Enigma, saya termasuk aktivis lingkungan yang terbelalak dan tertohok membaca artikel ini... Saya minta sumber2 dari Boss Enigma dong tentang kontra pemanasan global... kalau bisa juga sekaligus buku yang bisa dibeli di toko buku...

    kalau bersedia, ini email saya: topaz.emerald@gmail.com

    thanx sebelumnya... And Very Good Blog!!

    ReplyDelete
  26. Kak enigma.. aku kasih link dr FB ku ke sini ya! Smga mkin banyak orang yg trbuka wawasannya stelah membaca blog kk..

    ReplyDelete
  27. bagus bener deh infonya. jgn tllu phobia sama global warming,, tp jgn pula memperlakukan alam dengan sembrono. two thumbs up!

    ReplyDelete
  28. tulisan yg bagus .

    tpi aku rasa, lama kelamaan enigma bsa jadi meracuni pkiran orang bnyak . mgkin ini yg disebut sugesti y . ..

    krna bnyak artikel dsni yg dicari2 para pemikir . yg jdi mslah adlah apbila pembaca yg budiman dgn gampngny mmpercayai tulisan2 ini ... :?

    jika benar global warming adlh sebuah konspirasi tingkat tinggi ..,
    yeah, its okay ..

    tpi ak sangat menolak anggapan, bhwa pmnasan global bukan krna campur tangan manusia ...
    masak yg disalahin kambing ????
    aku prnah baca dri sbuah booklet vegetarian bhwa ternak mnyumbang emisi lebih besar dari yg brasal dri kendaraan brmotor ..

    nah yang membuat peternakan itu ada kan manusia jga ...
    kita membuat peternakan yg mengeluarkan kotoran hewan yg menghasilkan 25% dari gas metana di atmosfer bumi ..
    dan hewan-hewan itu; kambing, ayam, sapi, babi, dll. dipelihara dan kmudian dibunuh hanya untuk membuat kita merasa puas dan kenyang dengan dalih kesehatan??? bukankah ini juga semacam konspirasi ...


    apapun pendapat kita,harus kita akui kenyataan bahwa gaya hidup kita turut mempercepat terjadinya pemanasan global ,..

    go green , back to the mother earth ..

    ReplyDelete
  29. thanks...
    seharusnya kita ga perlu melihat dan menimbang perkataan orang lain mengenai "global warming",,
    sepertinya kalo kita rasa-rasakan ya memang dunia kita ini bertambah panas... jauh lebih panas ketika saya kecil dulu... saya rasa itu bukan suatu bukti tetapi suatu keadaan yang memang kita hadapi sekarang.... hehe,,,, _Keep_world_green_

    ReplyDelete
  30. Boleh juga bro...itu pendapat anda tapi akan lebih baik komentar anda didasarkan fakta dan support science yang memadai jadi bukan asal tidak setuju atau setuju. Memberikan komentar jauh lebih mudah daripada membuktikan. Contohnya kalau masalah polar bear itu "tidak benar adanya"...berarti semua channel televisi mulai dari metro TV, Animal planet, National Geographic dan lain2 semua itu mereka adalah PEMBOHONG??
    Ada beberapa hal yang perlu dicatat, Ternak dan pertanian sumber kehidupan manusia. Terlalu banyak pasti memberikan efek negatif bukan hanya kepada alam tapi juga kepada manusia. Saat ini kenapa ternak dijadikan sasaran? karena memang manusia tidak ditakdirkan untuk mengkonsumsi ternak dalam jumlah besar selain memakan lahan yang banyak juga rawan terjadinya penyebaran virus. Satu yang pasti Vegetarian mempunyai umur yang lebih panjang daripada non Vegetarian. Ini sudah terbukti karena tidak ada yang namanya Flue Kangkung, Flue Bayam, dll. Intinya seperti seperti domino efek yang memberikan dampak berantai. So please make it balance. Go Green is a Must

    ReplyDelete
  31. @Anonymous :

    Kamu berkata :

    "Boleh juga bro...itu pendapat anda tapi akan lebih baik komentar anda didasarkan fakta dan support science yang memadai jadi bukan asal tidak setuju atau setuju."

    Apakah kamu pernah menyelidiki soal sains global warming versi al gore dan membandingkannya dengan ilmuwan kontra al gore ?

    "Contohnya kalau masalah polar bear itu tidak benar adanya...berarti semua channel televisi mulai dari metro TV, Animal planet, National Geographic dan lain2 semua itu mereka adalah PEMBOHONG??"

    Sudah pernahkah kamu mengecek masalah populasi polar bear yang sebenarnya dan mengkrosceknya dengan tayangan semua stasiun televisi yang kamu sebutkan tadi ?

    "Satu yang pasti Vegetarian mempunyai umur yang lebih panjang daripada non Vegetarian"

    Apakah kamu punya bukti ilmiah untuk mendukung pernyataan ini ? karena menurut WHO, umur yang panjang itu dipengaruhi oleh dua faktor (internal dan eksternal). Faktor eksternal contohnya seperti polusi dll. Faktor internal ada empat (makan, olahraga, istirahat dan pikiran positif). makanan hanya salah satu dari sekian faktor itu.

    Rata-rata penduduk yang berumur panjang adalah dari okinawa, Jepang dan mereka bukan vegetarian

    "So please make it balance. Go Green is a Must"

    Justru saya sedang membuat balance pemberitaan. karena selama ini media berpihak kepada global warming versi al gore. tulisan ini adalah penyimbang.

    Terakhir, of course, go green is a must.

    ReplyDelete
  32. Bagian dari langkah mencintai tanah airku indonesia. Go Green & Clean Indonesia,http://www.facebook.com/group.php?gid=225951154899

    ReplyDelete
  33. gila bro, ini tulisan berkualitas sangat.
    ini baru yang namanya analisa tingkat tinggi.

    ASELI BUKAN ABAL-ABAL.
    Mantaps...!!!

    LANJUTKAN...!!

    ReplyDelete
  34. waduh jadi bingung neh. buktinya donkkkkkk maneeeee? dari tadi kan katanye si A ame si B. pasang bukti otentik donk biar pembaca percaya bro.

    ReplyDelete
  35. terus kenapa ya, saya merasa jakarta yang saya tinggali ini makin panas, dan kemarin ada genangan rob di gunung sahari, lalu saya pergi ke bogor dan puncak, kenapa tidak sedingin dulu waktu saya kecil mengunjungi kedua tempat tadi? ini apa yang saya rasakan, walaupun algore tidak pernah ada saya merasakan rumah, lingkungan, kota yang saya tinggali semakin panas dan saya setuju bahwa pemanasan global telah terjadi...

    ReplyDelete
  36. Apakah pemanasan global terjadi atau tidak sudah semakin banyak orang Indonesia yang ingin menggunakan AC dirumahnya!! Pada waktu lahir dan besar nggak pernah pake AC setelah dewasa dan mapan ingin pake AC. Semakin panas bumu akibat pemanasan global maka pabrik AC tambah laris manis dan kalau perlu bangun lagi pabrik AC sembari membuka lapangan kerja!! Jadi pada aspek lain pemanasan global menimbulkan manfaat ekonomi juga akhirnya.

    Naufal Bahreisy

    ReplyDelete
  37. Dear Mr. Enigma,

    Salam kenal... Ada yang mau saya tanyakan nih:
    Quote : "Contoh kebohongan dari film Gore adalah klaim bahwa Pemanasan global akan menaikkan permukaan laut setinggi 20 kaki (6,09 meter), padahal sebenarnya hanyalah 23 Inci (58,42 cm)."

    Mohon infonya ya 23 inch ini sebenarnya mr. enig dapat dari mana ya? apakah mr.enig sudah cukup merasa yakin dengan kebenaran info ini??

    Oya mr. enig sendiri berkeyakinan bahwa global warming terjadi atau tidak sih? Memang kita patut untuk kritis terhadap berbagai hal termasuk isu global warming ini, tapi ketika kita menyatakan bahwa global warming tidak terjadi, pernah ga sih mr. enig merasa takut salah terhadap penilaian / analisa yang telah dilakukan?? karena saya terkadang merasa begitu, ketika kita menentang apa yang sepertinya sudah menjadi keyakinan massa, saya tidak cukup pede atau percaya diri......

    Oya, mohon ijinnya juga ya saya akan bawa beberapa materi dari blog mr. enig ini ke sharing saya ke beberapa temen. Tentu saja saya akan cantumkan blog mr. enig sebagai salah satu sumber saya.... Mohon responnya, thnks... Good job, love your blog... GBU.

    ReplyDelete
  38. Saya menulis artikel ini agustus 2009. Pada saat itu semuanya terlihat meragukan. Tp dlm 3 bln terakhir ini IPCC dan al gore sdh mengakui kalau klaim mereka tdk akurat. PBB bhkan sdh membuat badan independen utk mereview laporan ipcc. Kantor lingkungan hidup inggris mereview ulang data 3 thn. Makanya glob warm sdh jarang disinggung sekarang. Kamu bisa membaca info tambahan di postingan saya mengenai fakta beruang kutub yg linknya ada di bwh tulisan ini.

    ReplyDelete
  39. Dear Mr. Enig,

    Trims ya dah dibalas.....
    tapi sepertinya pertanyaan saya belum dibalas....Quote : "Mohon infonya ya 23 inch ini sebenarnya mr. enig dapat dari mana ya? apakah mr.enig sudah cukup merasa yakin dengan kebenaran info ini??"

    kalau boleh, bisa ga ya saya minta referensi yang mengatakan "kenaikan permukaan laut setinggi 23 inch." ini??? supaya meyakinkan ketika saya present ke rekan2 saya....Trims ya... GBU..
    btw, i've read your post about polar bear, even before you ask it....in fact, i think i've read almost all of your posts....they're great.....

    ReplyDelete
  40. Ini linknya:
    http://en.wikipedia.org/wiki/IPCC_Fourth_Assessment_Report

    ReplyDelete
  41. Gw sih percaya klo Global warming ada campur tangan dri manusia, klo bilang gk ada campur tangan dri manusia sama skali itu baru munafik namanya..!!
    Biasalah manusia bnyak yg tdk mw mengakui kesalahan yg telah dibuat'y trhdap alam..
    Ingat proses fotosintesiskn? udah tak terhitung bnyaknya pohon yg ditebang oleh manusia sedangkan semakin hari semakin bnyak aja kendaraan yg terjual dipasaran n pabrik2 yg didirikan..
    Pdahal kita semua tw klo gas CO2 n karbonmonoksida yg berlebih tidak baik untuk alam n manusia..
    Selain mengikis lapisan ozon yg berakibat buruk utk kondisi atmosfer, yg jelas menekan massa oksigen di udara..
    Logikanya berkurang'y tanaman dgn bertambahnya pabrik2 n alat transportasi yg membuang emisi gas buang dri fosil sangatlah tidak berimbang.!!
    Kalau mw bilang imbang mohon dipikirkan lebih dahulu gan..
    STOP GLOBAL WARMING !!itu bukanlah kata yg salah,jujur saya tdk pernah merasa rugi mengucapkan itu sambil mempresentasiknnya di depan kelas..
    Mungkin saudara Enigma beranggapan bahwa global warming adalah proses yg wajar diBumi ini..
    Benar saya tdk mnyalahkn pendapat tersebut, tpi saya merasa sangat yakin bahwa tangan manusia inilah yg mempercepat trjadinya proses global warming..^^
    Karna sbnarnya proses GlobalWarming itu trs trjadi tanpa adanya campur tangan manusia, tapi manusialah yg mmpercepat proses trjadinya..

    Dan yg terakhir soal protokol Kyoto itu bukanlah suatu yg sia2 buat saya, walau efeknya sdikit tapi itu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan.. Belajarlah mencintai lingkungan ini karna tugas manusia adalah merawat bumi kita trcinta.. Mungkin jika bnyak orang yg mendukung gerakan trsebut maka tdk menutup kemungkinan muncul2'y gerakan2 laen yg sejenis dgn nama yg berbeda2 tetapi mempunyai satu tujuan yg sam n positif.. Ingatlah segala sesuatu yg positif itu tdklah ada yg sia2 walau dampaknya tdk bgitu besar.. Ingat pepatah sedikit demi sedikit lama mnjadi bukitkan?? ^_^

    Wajarlah amerika dan negara2 Eropa tdk setuju dgn kata STOP GLOBAL WARMING !! dan menyangkalnya dgn hal2 yg ilmiah yg dilontarkan oleh para ilmuwan mereka yg terkenal dan pandai berkata2 itu.. Ibarat tajamnya lidah itu lebih berbahaya dri tajamnya pedang..
    Lihat saja sudah seberapa parah kerusakan alam yg ditimbulkan oleh negara2 barat..
    Skrng pertanyaanya, Apakah mereka bisa memperbaiki kerusakan lingkungan tsb??
    Kalaupun bisa itu akan memakan waktu yg sangat lama dan Melemahkn Perekonomian mereka..
    Klo dikait-kaitkan dri brbagai aspek yg jelas kata STOP GLOBAL WARMING itu sangatlah merugikan bagi negara2 barat..
    "Manusia itu hnya bisa memakai tanpa tau cara mengembalikan'y seperti semula"
    Jikalau kita menemukan suatu planet baru dgn sumber daya yg melimpah ruah suatu saat juga akan habis dan kita akan mencari lagi yg baru..
    Ingat film AVATAR?? mungkin itulah yg cocok utk menggambarkan watak manusia, menyedot habis SDA alam tanpa tw cara utk memperbaikinya n jikapun tw pasti tdk bnyak yg akan diperbuat..
    Jika ada yg memperjuangkn seperti protokol kyoto contohnya, pasti pihak yg dirugikan akan menentang habis2an dgn cara apapun..!!

    STOP GLOBAL WARMING !! itu hanya sebuah ungkapan keras trhdap dunia atas keprihatinan kita trhadap alam ini.. Sebenarnya pemanasan global tdk bisa dihentikan karna itu adalah kejadian alam yg wajar tetapi hanya bisa diperlambat saja proses trjadinya..

    Jujur saya merasa sangat prihatin melihat tanaman yg ditebang satu persatu dan pencemaran udara yg berlebihan..

    _Keep_world_green_

    Artikel ini sangat menarik karna dpt membuat orang utk brpikir lebih kritis trhdp lingkungan ini^^

    Go green is a must.!! Okay :)

    FB : x_cool09@yahoo.com
    Add ya bro Enigma..^^

    ReplyDelete
  42. Saya juga beranggapan kalau presentasi kamu menarik. Dan saya jg kagum dgn cara kamu menanggapi perbedaan pendapat di antara kita. Sangat dewasa dan membuktikan kalau kamu pnya IQ dan EQ yg tggi. teruslah presentasi krn memang ada sisi lain jg yg hrs diperhatikan.

    ReplyDelete
  43. mana Allahu'alam bishawab nya ?

    ReplyDelete
  44. tulisan yang sangat bagus gan, saya kagum.

    tapi, 1. klo boleh saran, tolong tuliskan referensi tulisannya dari mana.. jujur, soalnya saya takut dasar materi dari tulisan ini bukan dari buku2 riset, karya ilmiah, publikasi ilmiah ato paling enggak situs2 yang isinya bisa di pertanggung-jawabkanlah, malah dasar tulisanya dari informasi / isu2 yang beredar mudah di internet dan kebenarannya sangat simpang siur (karena semua orang bisa nulis, ngutip dan berpendapat terserah udelle di internet...) banyak artikel2 di internet yang dicantumkan referensi kok dan mereka fine2 aj..

    2. klo saya boleh komentar sih jujur, saya kurang sependapat dengan tulisan anda terutama pada kalimat "MANUSIA, tidak ada campur tangan sama sekali terhadap GLOBAL WARMING". kita tau bahwa bumi adalah sebuah biosfer yang didalamnya terdapat keseimbangam sangatlah tersusun rapi, dalam hal komposisi maupun interaksi(dasar pengetahuan dari ekologi), ibarat mata rantai yang tersusun melingkar sempurna. sesekali terjadi fenomena alam yang mengakibatkan mencembungnya / melengkungnya susunan matarantai tersebut tapi ingat,,, bumi memiliki sistem recovery yang sangat baik jika!!!, jika fenomena yang timbul alami berasal dari bumi dan / pada taraf toleransi. hutan terguyur lahar > terjadi suksesi pada lahan tadi sehingga ekologi menjadi stabil kembali. musim hujan berkepanjangan sehingga produsen melimpah > populasi konsumen melimpah dan setelahnya terjadi banyak kematian individu, dll. jika kita ubah kata "terguyur lahar" dengan "ditebas habis manusia" maka yang terjadi > lahan hutan dikonversi menjadi lahan tambang / industri / pemukiman (syukur2 klo jadi lahan pertanian), ekologi rusak pasokan oksigen menipis dan kadar karbondioksida membabibuta pada udara...
    kita telah banyak menjumpai didalam literatur bahwa komposisi udara sudah ditentukan kadarnya (oleh ALLAH pastinya). nitrogen 77%, oksigen 21%, karbondioksida 1% dan gas2 lain. kita sudah tau, bahwa karbondioksida memiliki sifat panas dan sepertinya kita pun telah tau bahwa terjadi sebuah revolusi industri yang membuat kadar karbondioksida meninggat drastis. tidak usah dijelaskan lagi selanjutnya sepertinya karena saya yakin semua yang membaca adalah kaum intelektual.
    saya setuju bahwa global warming adalah gejala alam (seperti zaman es ato yg laenny) yang memang pasti terjadi walaupun manusia tidak ngapai2in dibumi. dan saya pun setuju bahwa manusia adalah makhluk yang mempercepat proses global warming...
    Wallahu'alam (g ketinggalan ^^)

    ReplyDelete
  45. Kawan, ak agak risih mendengar protokol kyoto dianggap hal yang sia-sia, tolong lihatnya lebih ke maknanya. Walaupun mungkin resultnya tidak besar, itu merupakan wujud suatu kepedulian dari manusia akan buminya. Bahwa kita adalah makhluk yang tahu balas budi, bukan cuma yang kacang lupa sama kulitnya. Bumi cinta kita, dan kita sudah selayaknya cinta bumi.

    Memang global warming adalah gejala alam, tapi isu stop global warming itu bukan hal yang sia-sia juga, ga peduli siapa yang mengemukakan , al gore kah, madam theresa kah. Bayangkan jika isu global warming tidak di terbitkan, saya yakin manusia masih tutup mata terhadap bumi tercinta ini, kita masih pada tingkah laku lama, acuh terhadap sampah, tidak tahu apa tentang LH yang penting hidup senang, menebang pohon, meguras laut, mengeruk tanah semaksimal mungkin. Tapi dengan isu ini, kita memilikki suatu fungsi kontrol baru, suatu hal baru yang membuka mata kita tentang lingkungan hidup itu ada, oleh kita, untuk kita, dari kita juga. Sedikit kepedulian saja kok yang diminta terhadap bumi ini, sedikit saja, setelah apa yang di berikan bumi ini kepada kita.


    Dan apabila global warming karena manusia itu benar-benar bohong, saya yakin kita ga sia-sia kok meneriakkan Stop Global warming! Kita ga sia-sia kok menunjukkan kepedulian kita kepada bumi, Kita ga sia-sia kok menjaganya sekuat hati, dan kita ga sia-sia kok memperjuangkan apa yang kita milikki. Dan jika memang akhirnya bumi ini hancur karena memang gejala alam, kita berani menegakkan kepala bahwa kita telah berjuang sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya, bahwa kita Cinta Ibu kita ini,

    Kawan, saran saya tulis referensi nya, dan jika bisa sumbernya lebih ilmiah karena diatas kawan mengutip kata-kata ilmuwan. Dan sebaiknya jangan dari wikipedia karena kurang ilmiah dan tidak bisa dipertanggung jawabkan referensinya. Sebaiknya dari jurnal-jurnal ilmiah atau paper-paper ilmiah jika ingin melakukan kontra argumen.


    Only after the last tree has been cut down
    Only after the last fish has been caught
    Only after the last river has been poisoned Only then will you realize that money cannot be eaten

    ReplyDelete
  46. tulisan anda cukup membuka wawasan dan membuat kita berpikir lebih kritis, namun perlu diperhatikan karena bisa saja ada orang2 yg membaca tulisan anda dan langsung terjerumus karena bbrp data yang belum dapat dipertanggung jawabkan.

    sebenarnya apa yg anda permasalahkan? Al Gore yang mendapatkan keuntungan banyak dari kampanyenya itu? atau global warming itu sendiri?

    Menurut pandangan saya, apakah global warming terjadi atau tidak, langkah2 yang di kampanyekan Al Gore itu bagus untuk kita lakukan, bukan hanya untuk mencegah semakin parahnya global warming, tetapi jg memperbaiki gaya hidup manusia zaman sekarang yg cenderung sembarangan dan tidak mempedulikan lingkungan.

    terlepas dari apakah global warming itu adalah sebuah konspirasi atau tidak, tips2 yg diberikan Al Gore adalah demi kelangsungan hidup kita semua di bumi. demi kesehatan kita, demi lingkungan, demi bumi ini. bukan suatu masalah dong kalau dia mengkampanyekan itu dan mendapatkan untung besar?

    dan dari tulisan2 anda ttg kekayaan Al Gore, anda memberi indikasi bahwa Al Gore seperti meraup keuntungan banyak dari filmnya yg menurut anda adalah sebuah konspirasi besar. Mengapa harus anda permasalahkan berapa kamar tidur dan berapa kamar mandi dia? Menurut saya itu memang bonus yang dia dapatkan, toh dia bekerja keras untuk itu. terlepas dari apa yang dia usahakan adalah sebuah konspirasi atau tidak, kampanye dia telah membuat kita lebih aware terhadap lingkungan dan itu adalah hal yang baik.

    terimakasih :)

    ReplyDelete
  47. @anonymous di atas : al gore juga ga perlu berbohong untuk sekedar memberi tips2 ato kesadaran akan lingkungan . pasti ada sesuatu yang membuat dia sampai bohong kpd publik . saya curiga dengan tujuannya yang menyuruh kita "menyelamatkan" padahal yang terlihat kita secara tidak langsung disuruh "berhemat" energi . sumber energi terbesar sampai saat ini adlh limited resource yang anda sendiri tau resource ini dah lama jadi rebutan..
    intinya sama kyk prinsip game yang sering saya mainkan..yang menguasai resource dialah pemenangnya..apapun caranya

    ufobeliever

    ReplyDelete