Friday, September 25, 2009

Crop Circle - Sejarah, Penjelasan dan Karakteristik

Crop circle merupakan salah satu misteri yang paling menarik di zaman modern ini. mungkin ini adalah satu-satunya misteri yang sejalan dengan seni yang indah.


Crop circle atau yang lebih dikenal dengan sebutan lingkaran ladang gandum adalah sebuah pola yang muncul dalam semalam pada ladang gandum dengan ciri merunduknya batangan gandum tersebut. Pada awalnya, crop circle hanya berbentuk lingkaran-lingkaran sederhana, namun memasuki tahun 1980an, crop circle berkembang hingga memiliki pola yang rumit dan tidak hanya berbentuk lingkaran.

Istilah Crop circle pertamakali diperkenalkan oleh Colin Andrew, salah satu peneliti crop circle ternama di dunia. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui, namun crop circle ternyata tidak hanya muncul di ladang gandum, melainkan juga di ladang jagung, keledai, sawah dan kebun bunga.

Sejarah Crop Circle
Sejarah Crop circle dapat dilacak hingga tahun 1678. Pada abad tersebut, ada sebuah ukiran kayu yang disebut "Mowing Devil" yang menggambarkan iblis sedang menggambar desain oval di sebuah ladang gandum.

Kisahnya mungkin sedikit mistik. Sang petani yang menolak tuntutan pekerjaan sang majikan, mengatakan bahwa lebih baik iblis yang mengerjakan tugasnya. Pada malam itu juga, Ladang gandum tersebut terlihat terbakar oleh api. Paginya lingkaran misterius berbentuk oval muncul di ladang tersebut.

Entahkan ini kisah nyata atau tidak, tidak ada yang bisa mengkonfirmasinya.

Laporan crop circle yang lebih modern dipublikasikan di majalah Nature edisi 29 Juli 1880. Pada tahun itu, seorang peneliti bernama John Rand Capron melaporkan adanya tanaman-tanaman gandum yang merunduk dan membentuk lingkaran sirkular.

Crop Circle - Mendunia
Crop circle mulai mendunia pada tahun 1980-an ketika media melaporkan banyak crop circle muncul di wilayah pedesaan Inggris, terutama di Wiltshire dan Hampshire. Bersamaan dengan kemunculan di Inggris, fenomena yang sama dilaporkan muncul di Australia dan Amerika Serikat.

Hingga saat ini paling tidak ada 12.000 Crop circle yang telah ditemukan di seluruh dunia, seperti Inggris, Rusia, Amerika Serikat, Kanada dan bahkan Jepang.

Crop Circle - tanda kemunculan
Menurut para saksi mata, Sebelum Crop circle muncul, selalu ada tanda-tanda aneh yang mendahului :

1. Adanya lingkaran-lingkaran cahaya aneh yang melayang-layang diatas ladang.



2. Terjadinya badai petir hebat.

3. Benda-benda elektrik tiba-tiba mati dengan sendirinya termasuk mesin mobil.

Karena itu hingga saat ini, teori sains yang paling populer mengenai dugaan penyebab kemunculan crop circle adalah akibat medan elektromagnetik yang berasal dari petir. Namun para ilmuwan belum bisa memecahkan misteri mengapa petir dapat menciptakan pola-pola yang indah.

Crop circle - Hoax atau Nyata ?
Pada tahun 1991, dua pria dari Southampton, Inggris bernama Dave Chorley dan Doug Bower mengaku telah membuat Crop circle sejak tahun 1976. Mereka membuat crop circle tersebut hanya dengan menggunakan sebuah papan, patok dan tali. Menurut mereka, hanya dengan menggunakan alat sederhana itu, mereka dapat membuat sebuah lingkaran dengan diameter 12 meter hanya dalam tempo 15 menit.

Majalah Time edisi 23 September 1991 menyebut pengakuan Chorley dan Bower dengan kutipan seperti ini :

"Pengakuan ini mengakhiri sebuah misteri paling populer yang pernah disaksikan Inggris dan dunia"

Benarkah anggapan majalah Time ? Apakah misteri ini telah terpecahkan?

Memang, banyak dari crop circle adalah buatan manusia, namun para peneliti menemukan karakteristik-karakteristik yang kelihatannya mustahil dapat dibuat oleh manusia.

Crop Circle - Karakteristik
Karakteristik yang ditemukan pada crop circle yang asli adalah sebagai berikut :

Batang gandum tidak patah
Pada crop circle yang asli, tanaman gandum tidak patah. Ia hanya merunduk seperti sebuah sendok plastik yang dipanaskan. Menurut para peneliti, hal ini bisa diakibatkan oleh semburan elektromagnetik yang deras kearah tanaman gandum hingga menambah kelembaban batang gandum yang memungkinkannya untuk merunduk tanpa patah.


Lubang-lubang kecil pada batang gandum
Ciri lainnya adalah ditemukan lubang-lubang kecil di batang gandum. Para peneliti menduga bahwa lubang ini tercipta akibat adanya semburan gelombang mikro yang terus-menerus yang menyebabkan kelembaban batang gandum berubah menjadi uap panas yang kemudian mencari jalan keluar dari batang gandum.


Pola Rumit
Memang, manusia yang berusaha membuat crop circle mampu membuat pola yang rumit, namun tidak dalam semalam. Crop circle asli terkadang memiliki pola geometri yang asing bagi kebanyakan orang. Salah satunya adalah pola Phi yang hanya berhasil dipecahkan oleh seorang ahli astrofisika !



Partikel Besi Mikro bermagnet
Ciri lain yang hampir mustahil ditiru oleh manusia adalah adanya Partikel Besi bermagnet yang ditemukan pertama kali oleh para peneliti dari BLT Institute. Partikel besi bermagnet tersebut memiliki diameter 10-50 mikrometer dan terdistribusi secara merata dan linear di perimeter Crop Circle. Menurut para peneliti, partikel besi ini mungkin muncul karena terciptanya kolom udara yang terionisasi (Plasma Vortex).



Perubahan struktur Kristalin batang gandum
Ciri lainnya adalah adanya perubahan struktur Kristalin pada tanaman gandum. Karakter ini hampir dipastikan tidak dapat ditiru oleh orang lain.

Perubahan komposisi kimiawi tanah
Peneliti lainnya juga menemukan pada beberapa kasus terjadi perubahan komposisi kimiawi tanah tempat terciptanya Crop circle.

Timbulnya medan magnet misterius di lokasi
Pada crop circle yang asli, umumnya terdapat medan magnet yang sangat kuat di dalam lingkaran formasinya. Medan magnet ini dapat mematikan peralatan elektrik. Ciri ini tidak ditemukan pada crop circle buatan manusia.

Crop Circle - Tantangan Sains
Pada tahun 2002, Discovery Channel menugaskan 5 insinyur aeronautic dan austronautic dari MIT untuk membuat Crop Circle. Syaratnya mereka harus membuat Crop circle yang paling tidak memiliki 3 ciri, yaitu :

1. Batang gandum yang tidak patah
2. Ada lubang-lubang uap pada batang gandum
3. Adanya partikel besi berdiameter 10-50 mikrometer yang tersebar merata secara linear di formasi Crop circle.

Tim tersebut kemudian membuat sebuah crop circle, lalu berusaha memasukkan 3 karakter diatas. Mereka menggunakan microwave emitter untuk meningkatkan suhu batang gandum hingga berubah menjadi uap. Mereka lalu menggunakan flamethrower untuk menyemprot partikel besi. Namun ternyata peralatan tersebut memakan terlalu banyak waktu dan tidak efektif sehingga mereka terpaksa menggunakan pyrotechnic untuk menyebarkan partikel besi secara merata.

Dengan seluruh teknologi canggih yang digunakan, para insinyur MIT hanya dapat menghasilkan 2 ciri dengan sempurna. Ciri ketiga, yaitu partikel besi tersebar tidak dengan merata.

Lagipula menurut peneliti Crop circle, para tim tersebut menggunakan ilmu pengetahuan dan peralatan canggih yang jelas diluar jangkauan para Hoaxer lainnya.

Bukan hanya di Inggris, Percobaan mereproduksi Crop circle ternyata pernah dilakukan oleh seorang peneliti Jepang bernama Y. Ohtsuki (Crop circle pernah muncul di sawah padi di Jepang).

Ia memang berhasil menciptakan karakter asli crop circle yaitu dengan cara menjatuhkan bola api plasma ke sebuah piringan yang ditaburi debu alumunium. Ya, karakteristik yang sederhana-pun membutuhkan ilmu pengetahuan yang cukup rumit.

Pernah suatu hari, para peneliti yang berusaha menciptakan kembali Crop circle dengan segala karakteristiknya menggunakan derek seberat 40 ton hanya untuk memasang penerangan agar mereka dapat bekerja pada malam hari. Atraksi itu menarik banyak penonton yang ingin tahu.

Crop circle asli muncul tanpa adanya atraksi dan keramaian seperti itu. mereka hanya muncul dengan tiba-tiba. Jadi sains modern masih belum bisa menjelaskan dengan sempurna fenomena ini.

Adakah penjelasan lain yang ditawarkan ?

Crop Circle - Penjelasan Lainnya
Bagi yang lain, ketika sains gagal mengungkap rahasia crop circle, mereka sampai kepada penjelasan alternatif, Yaitu crop circle adalah buatan alien.

Pada tahun 1966 terjadi laporan yang luar biasa aneh. Di sebuah kota kecil di Tully, Queensland, Australia, seorang petani tebu melaporkan adanya sebuah UFO yang terbang dari alang-alang. Ketika ia menyelidiki lokasi terbangnya UFO tersebut, ia melihat alang-alang diatas air rawa ditempat itu merunduk dalam pola lingkaran searah jarum jam. Luar biasanya, jalinan yang tercipta dari alang-alang tersebut mampu menahan berat 10 pria dewasa.

Di Inggris, beberapa saksi mata pernah melihat objek terbang tak dikenal pada malam munculnya Crop circle.

Saya pernah menyinggung soal ini di postingan saya yang berjudul : Crop circle bermotif suku maya muncul di Sillbury Hill.

Dalam postingan itu, saya menyinggung mengenai kesaksian seorang polisi yang melihat tiga pria tinggi sedang mengamati ladang gandum. Ketika petugas polisi menghampiri mereka, mereka lari dan menghilang. Dengan segera polisi tersebut mendengar suara berdengung statik yang aneh, dan ia menyaksikan batang-batang gandum mulai merunduk mengiringi suara dengungan itu. Malam itu juga disekitar situ seorang saksi berhasil memotret objek terbang tidak dikenal.

Apakah Crop circle adalah jejak UFO yang tertinggal ? Ataukah kode rahasia yang ingin disampaikan kepada umat manusia ? tentu saja tidak ada yang bisa memastikannya.

Namun dugaan ini dibuat semakin panas akibat adanya pengakuan seorang mantan sersan polisi di Inggris yang mengaku bahwa para petani di Inggris dibayar oleh pihak militer untuk segera membuldoser crop circle segera setelah mereka muncul.

Apakah militer Inggris mengetahui sesuatu yang tidak boleh diungkapkan ?

Saya rasa, bertentangan dengan anggapan majalah Time. Misteri ini akan tetap hidup di abad modern ini sampai kita benar-benar mendapatkan bukti sains yang solid dan masuk akal. Atau, apakah mowing devil benar? Mungkinkah crop circle memang dibuat oleh setan sendiri ?


(wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

57 comments:

  1. bagaimana mihael keehl ?
    hehe. sudah saya bela-belain nulis ini. Crop circle belum ada yang baru, jadi saya tulis sejarahnya saja.

    ReplyDelete
  2. Infony mntep, mnurut saya crop circle lebih ke pesan untuk manusia daripada bekas pendaratan UFO.

    tapi emangny Ada y lubang-lubang uap pada batang gandum di crop circle yg asli?

    ReplyDelete
  3. uwaaaa~~~ bagus banget enigma!!!!!!!!!!! wawawa~ makasih! makasih bgt! informasi yg bagus!!!!!!

    *THANK YOU FOR ENIGMA*

    ReplyDelete
  4. siip banget deh enigma postingannya...
    keep posting ya and keep down to earth

    ReplyDelete
  5. hmmmmmm. mantap!!!!!

    ReplyDelete
  6. mungkin teory ku salah pada postingan sebelumnya

    ReplyDelete
  7. GREEEAAAAATTTT.......MISTER ENIGMA anda kali ini genius....!!! postingan anda betul-betul seperti yang saya harapkan...perlu research berapa hari tuh,hehehe....btw thanx untuk postingan yang bermutu ini...

    ReplyDelete
  8. Saya waktu kecil sering ke sawah bersama bapak.Kalau padi udah berbuah lagi menunggu menguning,sering terjadi padi yang tegak, besoknya pada merunduk,karena yang terkena luas sekali jadi kita ga bisa melihat bentuknya,mungkin kalau dilihat dari atas akan membentuk seperti crop circle.kalau yang gini masuk kategori ga yach?

    ReplyDelete
  9. mas enigma...
    saya punya postingan bagus tentang astral projection..
    yang membuat tubuh kita menjadi 2..
    tolong di posting disini..
    gak mungkin repost karna itu langsung dari om saya yang ahli sekali astral projection..
    http://keunikan-dunia.blogspot.com/2009/09/cara-melakukan-astral-projectionmembuat.html

    ReplyDelete
  10. oh ya kk enigma saya pernah denger tentang kejanggalan kematian michael jackson, coba deh di posting tentang itu terus tanggapan enigma sendiri, kan udah jarang tuh memposting hal hal seperti itu.:)

    ReplyDelete
  11. Thank you.Informasinya akurat dan keren.

    ReplyDelete
  12. BOS !!!! post tentang kabut orange yang di australia baru baru ini donk! seperti kiamat! sangat menarik untuk dibaca..

    www.kompas.com

    ReplyDelete
  13. Artikelnya bagus, bro Enigma, tp masih kurang puas.. :S

    ReplyDelete
  14. Muuuuaaaaaannnnttttaaabbbbb!!!! gila ni informasi bgs bgedz.. thanks enigma..

    ReplyDelete
  15. crop circle memang misterius ya.
    Sy coba googling dan dapat sebuah koordinat crop circle di UK (45°7'26"N 123°6'48"W).
    Kemudian dengan Google Earth sy lihat crop circle itu berbentuk lambang mozilla firefox.
    Apakah itu asli?

    ReplyDelete
  16. it's GREAT.....
    COOL... it's a fact??

    ReplyDelete
  17. sip dah, enigma...
    saya selalu membaca artikel2 anda dan beberapa artikel saya forward jg ke teman-teman saya di milis, dengan mencantumkan link asli anda tentunya...

    @ ziaur,
    blog anda koq tidak bisa dibuka yah?

    ReplyDelete
  18. @ ical saya udah liat di google earth emang ada lho crop circle bentuk firefox tuh asli apa gak sih bung enigma??

    ReplyDelete
  19. oh my god..awesome >.<
    terus posting ya^^ semangaat~

    ReplyDelete
  20. ukh betah :-D

    artikel yg sangat menarik ^-^
    fufu....
    makasih ya .....
    seneng bgt bisa mampir ke sini...
    boleh ya sering mampir2 hehehe ^*^

    ReplyDelete
  21. Bro...tolong di cari tahu...setelah kemunculan crop circle, ada gak bencana alam yg dahsyat or peperangan or something happen yg lainnya...mungkin CC itu, tanda2nya kalee...seperti film "Knowing" Nicolas cage...gitu loh.Trims Bro.

    ReplyDelete
  22. Bro...kayaknya ada yang aneh deh di setiap kejadian crop circle, masa berpuluh-puluh tahun di beberapa ladang gandum di dunia masa gada yang berfikir tuk naro kamera CCTV, radar, dll. Kayaknya pemerintah setempat, tentara, polisi, badan intelejen, ma para petani disana kompakkan tuk bikin rekayasa kyk begini(crop circle). Dan satu yang aneh, kenapa crop circle kbanyakan cuma nongol di negara2 G7 (negara maju), misi Zionis apalagi ini????????

    ReplyDelete
  23. cuma skedar teori logika orang awam sperti saya (imajinasi prtbadi aja):
    #coba bayangkan apa yg akan kita lakukan jika untuk pertama kalinya kita berhasil menginjakan kaki di bulan??menancapkan bendera sbagai "sign" lalu berfoto.
    #nah jika seandainya bulan itu kita ganti menjadi sebuah tempat/planet yang berpenghuni??
    sebelum menjawab pertanyaan tsb mari kita ambil contoh sederhana....
    "Pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.setelah itu hingga saat ini pulau tsb menjadi taman nasional dan habitat komodo dilestarikan/dilindungi, dijadikan pula sbg tmpt wisata dan untuk penelitian".
    ufo telah terlihat sejak zaman purba, artinya mereka telah meneliti kita sejak dulu(dngan adanya pnculikan trhdp manusia oleh ufo), dan sekarang tugas mereka hanya melestarikan kita layak nya seperti kita yang melestarikan "komodo".
    dengan kata lain planet bumi adalah "taman nasional" bagi mereka, boleh berkunjung tapi dilarang mengganggu habitatnya, dan mereka pun sadar bahwa manusia memiliki kemampuan berfikir dan sensitif juga berbahaya, so jika mereka meninggalkan sign berupa "bendera" tentunya akan mudah bagi kita untuk melacak jejak mereka, tentunya jika komodo mampu berfikir selayaknya kita manusia, perlakuan kita terhadap mereka pun pastinya berbeda tdk sprti skarang ini.
    jadi menurut saya simbol2 tsb adalah lambang "negara" mereka, bsa jg gugusan bintang, galaksi tmpt asal mreka....itu pun untuk alien yg pertama kali berkunjung (bsa jadi krna tmpat asal alien berbeda beda, sperti USA yg mnancapkan bendera di bulan,lalu disusul negara lainnya)nah jika sudah sering berkunjung apakah mereka akan "menancapkan bendera" berulang ulang??tentunya tidak, lalu??bsa jadi itu adalah pesan2 dari mereka kpd kita untuk menjaga dan melestarikan planet kita yg juga merupakan "taman nasional" bagi mereka.
    #bagaimana cara mereka membuat sign/mengirim pesan tanpa meninggalkan jejak selain sign/pesan itu sendiri???
    -tidak mengunakan materi lain selain yg tlah tersedia
    -jangan/sdikit mungkin terlihat manusia/saksi, karena itu mereka lebih memilih malam hari
    *walapun knyataan nya mereka meninggalkan jejak berupa efek samping dari teknologi yg mreka gunakan seperti Partikel Besi Mikro bermagnet, Perubahan struktur Kristalin batang gandum, etc
    *kilatan??seorang seniman ketika berhasil menciptakan karya seni yg tak mampu bertahan lama(sprti patung dri coklat, balok es, hiasan2 festival parade) akan mengabadikan karya tsb melalui sebuah foto, karena malam gelap maka harus memakai blitz (ngrang he he he he)...lalu gelombang listrik/petir???itu mungkin berasal dari efek kehadiran ufo itu sendiri atau "alat" yg mereka bawa untuk membuat crop circle
    *lingkaran2 cahaya aneh yg melayang2 di udara???
    sepertinya memang ufo itu sendiri, karena teori khayalan ini sejak awal sudah percaya bahwa ufo lah yg membuat crop circle tsb....
    ...bersambung........
    cuma skedar berkhayal........
    irmansyah.ruli@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk akal ente gan, tapi apa manusia bisa gitu aja dijabarkan sederhana seperti itu dengan komodo?

      Delete
  24. kayaknya microburst, deh. tapi yang ini microburst-nya elektro-magnetik. atau apalah itu... hihi
    http://en.wikipedia.org/wiki/Microburst

    ReplyDelete
  25. seru juga... masing2 orang punya teori sendiri jadi lebih baik tetap pada pendirian sj sebelum smuanya terbukti

    ReplyDelete
  26. klo menurut saya, itu tanda checkpoint ufo, titik koordinat mereka ketika mereka masuk ke bumi ini. yg saya takutkan kpn tanda2 itu akan berarti?apakah mereka akan mendatangi kita di titik2 yg telh mereka buat itu secara serempak atau bertahap????tapi kenapa mereka memilih di luar negeri saja? kenapa tidak di asia?asia tenggara?afrika barangkali?apa ufo hny menyukai lahan orang kaukasoid?????

    ReplyDelete
  27. baru tw kalo mangekyou sharingan d naruto berasal dari crop circle -______-"

    -eky-

    ReplyDelete
  28. thankz buat sejarah crop circle nya saya sudah mengerti.. dan memang mungkin ini akan menjadi misteri dunia

    ReplyDelete
  29. ga ada alien, yang ada generasi manusia bebearapa abad mendatang yang datang ke zaman sekarang dengan menggunakan mesin waktu yang disebut oleh kita adalah ufo.
    mereka ga pernah ngeganggu kita mereka hanya ingin melihat sejarah umat manusia (mempelajari kehidupan manusia purba seperti kita).
    dan crop circle adalah jejak dimana ufo dari tempat yang sama namun dari waktu yang berbeda.

    ReplyDelete
  30. analisanya menarik...dan masuk akal. makasih ya infornya...nggak seperti blog lain yang cuma copas dan deretan fotonya aaja di rubah2. Thanks a lot.

    ReplyDelete
  31. Tulisan yg luar biasa... membuka wawasan...
    Lanjutkan, mr E...
    (tapi koq commentnya cuma 35 ya ?? mungkin krn termasuk tulisan lama?? Tulisan2 baru mr E selalu tembus 100 comments...) :lol:

    ReplyDelete
  32. yg di indonesia gmn ceritanya tuh mr. Enigma? :)

    ReplyDelete
  33. mantap infonya

    trims

    ReplyDelete
  34. mr. enigma, kalo soal yang crop circle yang di Jogja itu crop circle asli bukan?

    ReplyDelete
  35. ijin kopas gan...

    ReplyDelete
  36. meski telat tapi blog bang enigma mantepna 100%...bagi linknya ya bang..n copypaste..d tunggu penjelasan tentang crop circle di sleman jogjakarta

    ReplyDelete
  37. mr. enigma.
    ada crop circle baru yg muncul di sleman yogyakarta tuh...
    bahas dong. aku penasaran dgn bentuk visualnya kalo dilihat tepat diatas ketinggian. selama ini koran2, dan media lainnya cuma nampikin dari ketinggian yg nanggung, jadi pola crop circlenya kurang jelas.
    oiya, kemunculan di sleman itu hari minggu tgl 23 januari 2011 kemaren

    ReplyDelete
  38. Kayaknya bUng Enigma lagi ke Lokasi, untuk penyelidikan Crop circle Sleman.
    Jangan kalah sama LAPAN bung...gw yakin, investasi Bung Enigma bisa menghasilkan kesimpulan yang lebih Akurat.
    Gw tunggu hasilnya...Bravo Enigma.

    ReplyDelete
  39. selain di sleman ada di magelang juga, jadi pengen tau hasil analisa mas enigma

    ReplyDelete
  40. Makasih article nya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  41. Info yang sangat menarik gan, semoga kebenaran misteri ini dapat cepat terungkap.

    ReplyDelete
  42. misteri yang masih menjadi misteri yah kang... kira2 kapan yah org itu sadar kalo tidak hidup sendiri.... ada ayam..kebo..sapi...halah... :D

    ReplyDelete
  43. Kalo menurut saya crop circle dibuat oleh alien karena bentuk crop circle memiliki makna yang rumit

    ReplyDelete
  44. Salam kenal agan. Saya Marlon Alamo. Baru menemukan Blog "Enigma - Selalu ada sisi yang lain". Dan saya langsung menyukai blog sobat ini.

    Menurut Saya: Crop Circle adalah Seni yang di buat oleh Alam. (Atas kehendak Tuhan Yang Maha Seni, tentunya). Untuk itu kita hendaknya banyak belajar dan belajar seni dari Alam.

    Just a comment sir.

    Oh ya gan, Mohon Ijin, saya mau Re-Post Artikel agan Crop Circle ini.
    Thank B 4 IT.

    ReplyDelete
  45. Makasih gan udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete
  46. informasinya sangat bermanfaat
    mantap

    ReplyDelete
  47. kenapa selalu disawah? "crop circle" kan nama sebutan manusia, karna kejadiannya selalu disawah.
    mesti nya seluruh sawah dikasih cctv yg anti gelombang elektromagnetik, biar terekam hehe. #sesat #gausahdibaca

    ReplyDelete
  48. Bg, ijin minjam artikel2nya buat hebohin mading ya :)

    ReplyDelete