Monday, September 28, 2009

Misteri Tengu - Setan terbang dari Jepang

Di Jepang, ada legenda mengenai seekor makhluk angkasa yang misterius, yaitu makhluk yang dianggap sebagai Iblis dan digambarkan memiliki tubuh separuh burung dan separuh manusia. Makhluk ini disebut dengan nama Tengu. Luar biasanya, satu mumi Tengu tersimpan dengan rapi di Perfektur Aomori.


Museum Hachinohe di Aomori, Jepang utara, adalah rumah bagi Mumi Tengu yang konon pada awalnya dimiliki oleh Nambu Nobuyori, pemimpin klan Nambu yang memerintah Hachinohe di pertengahan abad ke-18.


Mumi itu memiliki kepala manusia, namun memiliki kaki dan sayap berbulu seperti burung. Tengu yang telah menjadi mumi ini dipercaya berasal dari kota Nobeoka (perfektur Miyazaki) di Jepang Selatan. Beberapa teori menyebut bahwa mumi ini sampai ke Jepang utara setelah diwariskan ke beberapa anggota keluarga Samurai yang memerintah Jepang, hingga akhirnya sampai ke Museum Hachinohe di Aomori.

Mitologi Tengu bermula dari sekitar abad ke-6 Masehi sejalan dengan tibanya agama Budha ke Jepang dari Cina. Tengu dianggap sebagai goblin yang tinggal di hutan dan gunung. Mereka disebut memiliki kekuatan supranatural seperti dapat berubah bentuk menjadi manusia atau hewan, dapat berbicara kepada manusia tanpa membuka mulut dan mampu pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat menggunakan sayapnya.

Kata Tengu sebenarnya berarti "Anjing langit". Dalam mitologi Cina, makhluk ini juga memiliki tempat tersendiri dengan nama Tien Kou (Tiangou) yang artinya juga anjing langit. Nama ini sebenarnya tidak sesuai dengan deskripsi Tengu. Makhluk ini tidak memiliki rupa anjing, melainkan lebih mirip seekor burung.

Buku Nihon Shoki, catatan kuno yang dianggap paling pertama menyebut Tengu, yang ditulis pada tahun 720 Masehi, menyebutkan bahwa pada abad itu sebuah meteor melintasi langit Jepang dan meteor itu disebut oleh seorang rahib Budha sebagai Anjing Langit (Tengu). Namun bagaimana Tengu berevolusi dari sebuah meteor menjadi makhluk terbang tidak diketahui dengan pasti.

Secara umum, Tengu memiliki dua bentuk fisik. Yang pertama disebut Karasu tengu yang memiliki kepala dan paruh seperti burung. Yang kedua adalah Konoha Tengu yang memiliki bentuk seperti manusia namun memiliki sayap dan hidung yang panjang (kadang disebut Yamabushi Tengu)

Menurut Legenda, sewaktu masih bocah, perajurit legendaris Jepang bernama Minamoto no Yoshitsune yang hidup pada tahun 1159-1189 pernah berlatih ilmu pedang dengan raja Tengu Soujoubou dekat Kuramadera di gunung utara Kyoto.

Tidak ada keterangan dan informasi lebih lanjut mengenai mumi yang dipajang di museum Hachinohe . Apakah ini sungguh mumi setan, makhluk Cryptozoology atau sebuah karya seni palsu dari abad lampau. Beberapa peneliti percaya bahwa mumi itu adalah sebuah karya seni buatan manusia, tapi belum ada bukti pasti yang disediakan untuk mendukung teori tersebut.


(wikipedia, pinktentacle.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

44 comments:

  1. pertamaxx... hehehe...

    postingannya keren...

    oiya, om enigma kalo ada crop circle lagi, kasih koordinatnya dong.. biar bisa dicari di google earth... makasih...

    ReplyDelete
  2. Tengu bukannya nama bapaknya MADARA UCHIHA YA...^^

    ReplyDelete
  3. kayaknya beneran ya...
    nggak kebayang deh kalo ni makhluk beneran hidup dijaman ni...
    kira-kira ni makhluk kenal ma kenshin himura nggak...kan sama-sama hidup di abad 18-an...he.he...

    ReplyDelete
  4. kk enigma, makasih dah beritau ni makhluk... tengu kan salah satu makhluk yang masih dipertanyakan, banyak legendanya kuq...


    ulas ttg orang koma tapi masih bisa jalan kemana2, mpe tau keadaan saat dia koma dunk... hehe... makasih ya infonya...^^

    ReplyDelete
  5. Apa mungkin ini sebenarnya makhluk purba yang udah punah ?

    ReplyDelete
  6. grrr... jadi merinding dah..

    rada eneg juga pas liat tuh gambar,, hiiiii...

    ReplyDelete
  7. Jangan2 superman jaman baheula?

    ReplyDelete
  8. Wah! Apa gk ada legenda ato cerita2nya gitu?

    ReplyDelete
  9. Kyk hoax y? ap prasaan q ja?

    sourceny mna om enigma?

    ReplyDelete
  10. Saya sering main game Red Alert 3, disitu ada unit yang bisa berubah menjadi robot darat (Mecha Tengu) atau jet (Jet Tengu). Ternyata dari situ to namanya

    ReplyDelete
  11. manusia burung ya..?? apa gak kayak mothman tuh mister enigma atau kayak Quetzalcoatl bangsa maya,atau jatayu "king of vulture" dalam kisah ramayana yang berkelahi dengan rahwana saat membawa lari sintha,eeehmm banyak juga legenda manusia burung,lama juga gak posting cryptid mister enigma..?apa lagi sibuk bro...?

    ReplyDelete
  12. hmm, ga nyangka Tengu itu beneran ada...kirain cuma makhluk mitos Jepang.

    ReplyDelete
  13. kalau menerut isu yang di jepang tengu ini masih ada dia mendiami suatu pegunungan terluar dari jepang, tengu ini sebenarnya baik dan tidak pernah menggangu manusia, bahkan legenda yang memang benar2 terjadi yaitu dimana minamoto seoarang pahlawan jepang dan panglima perang pernah dilatih oleh oleh guru perangnya para tengu....

    ReplyDelete
  14. hebat samapi ada bukti mumminya.....
    mummi kan mengalami perubahan wujud...kali aja itu kaki tapi karena sudah bertahun2 makanya mengkerut menyerupai cakar..sapa tau....

    ReplyDelete
  15. cocok tuh masuk karakter samurai shodown

    ReplyDelete
  16. kok kurus ya.....@aj.com

    ReplyDelete
  17. like deh ma om enigma !!

    ReplyDelete
  18. bro...
    ada yang ambil artikel ini & taruh di kaskus.us..
    tanggal 4 Oktober 2009,
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2521107.
    =)

    3xuLtriZ-

    ReplyDelete
  19. yah bro. sudah sering banget artikel di blog ini dimasukkan kemana2. hehe. tidak apa kok asal kasih sumber. tapi kalo tidak kasih sumber juga ya udahlah. tdk bisa dicegah.

    ReplyDelete
  20. kaka.. cari info up to date info-info nya dari mana sih ?????

    ReplyDelete
  21. kalo lagi baca berita terus ada info mengenai yang sdh ditulis, ya diupdate. kalo kayak tulisan diatas, karena ada yang bilang kurang lengkap. jadi cari info di google lalu tambahin deh. percaya deh, kalo mau cari info di google atau wikipedia banyak.

    ReplyDelete
  22. enigma one of my fav. blog
    tengu itu kya siluman burung kalo d cina mah..hehe

    ReplyDelete
  23. om enigma...
    post tentang karakter-karakter mitos dunia dong... kayak Phoenix, Naga, Unicorn, Dwarf, Pegaus, dll...

    ReplyDelete
  24. Semua yg ada dsitus ini adalah hoax. . .
    www.museumofhoaxes.com

    ReplyDelete
  25. apakah kamu sudah membaca SEMUA isi blog ini ?
    Dan apakah kamu sudah membaca SEMUA isi museumofhoaxes.com ?

    ReplyDelete
  26. wuih!!!konoha tengu kayak.na seperti di pilm naruto!!!!!!!!!hohoohohoh,,,,

    ReplyDelete
  27. Iya bener bro,ini seperti legenda di film Naruto,klan Uchiha yang punya alur genetis dari makhluk Tengu....thanks postingannya bro enigma

    ReplyDelete
  28. Kalo klan Uchiha yg punya SHARINGAN keturunan tengu brarti tengu punya SHARINGAN jg donk... Hehehe...

    ReplyDelete
  29. kkaa ,, pngennn mintaa info" tenntanggg UFO duunk ,
    :D

    ReplyDelete
  30. kkaa ,,
    mintaa info" UFO dunkkk ,, eheheh :D

    ReplyDelete
  31. bukan nya' tangu ada d permainan fb' yaitu
    ninja saga' dan karakternya sangat kuat' dari yg laen hehehe'

    ReplyDelete
  32. bro enig, tengu ini dianggap iblis, lalu berbahaya ga kemanusianya atau hewan, seperti misalnya chupacabra?saya cari inpo nya lom ktmu

    ReplyDelete
  33. aq mau berteman dengannya,,,lumayan bisa ngasih pesen ma tuhan and beliin barang belanjaan...wkwkw canda

    ReplyDelete
  34. Baru2 ini, saya baca buku ttg sejarah supranatural Jepang, tapi saya lupa judul dan pengarangnya. Di buku itu tertulis bahwa Tengu itu adl Yesus Kristus yg pd awalnya, di usia 32 thn belajar agama ke Jepang, lalu Ia kembali ke Yudea, dan pd usia 33 thn, Ia akan disalibkan. Namun, Yesus kabur ke Jepang. Di sana Ia bersembunyi, lalu entah knp Yesus mjd botak dan berhidung panjang, dan dkenal sbg Tengu.
    Saya sgt tdk setuju dgn legenda ini, tapi saya msh penasaran, adakah tman2 skalian yg mengetahui legenda ini lebih mendalam?Baru2 ini, saya baca buku ttg sejarah supranatural Jepang, tapi saya lupa judul dan pengarangnya. Di buku itu tertulis bahwa Tengu itu adl Yesus Kristus yg pd awalnya, di usia 32 thn belajar agama ke Jepang, lalu Ia kembali ke Yudea, dan pd usia 33 thn, Ia akan disalibkan. Namun, Yesus kabur ke Jepang. Di sana Ia bersembunyi, lalu entah knp Yesus mjd botak dan berhidung panjang, dan dkenal sbg Tengu.
    Saya sgt tdk setuju dgn legenda ini, tapi saya msh penasaran, adakah tman2 skalian yg mengetahui legenda ini lebih mendalam?

    ReplyDelete
  35. itu cuma legenda mas bro....jgn d kaitkan dengan tuhan....gak nyambung namanya !!!!

    ReplyDelete
  36. sbenarnya tengu itu anjing langit atau manusia burung sih

    ReplyDelete
  37. madara bukan keturunan tengu,tapi keturunan rikudou sennin.

    ReplyDelete
  38. Mungkin bisa nonton film 47rhonin,disitu tengu juga dibahas..

    ReplyDelete