Thursday, November 26, 2009

Inbox: foto ufo di Jakarta?

Di bawah ini adalah email dari Hendrik kepada blog enigma :

Saya ingin bercerita. ^^ Saya sebut "Mungkinkah itu UFO?"

Jadi begini, malam itu tepatnya Pada 01 November 2009, pukul 18:20, saya sedang berada di balkon rumah saya yang ada di Karang Anyar, Jakarta Pusat tepatnya. Kondisinya waktu itu sepi sekali. Tak ada satu pun yang berlalu-lalang di jalanan. Ketika saya melihat awan yang indah di tengah sore menjelang malam itu, terlihatlah secercah cahaya kecil.


Awalnya saya pikir itu sebuah bintang, tetapi lama kelamaan, yang terlihat adalah bintang tersebut berjalan perlahan bagaikan benda asing yang sering di sebut "UFO". Karena saya terkejut, saya langsung berlari dan mengambil ponsel N70, dengan cepat saya arahkan kamera dari ponsel saya, ke langit yang ada cahayanya, dan hasilnya. seperti itu.


Setelah saya mendapatkan foto itu, saya bertanya kepada kakak saya yang berada di kamar, dia hanya mengatakan kalau saya tidak boleh banyak berkhayal (>_<)

Dan sebagian teman saya yang sudah melihat foto tersebut, hanya menganggap kalau itu sebuah cahaya bulan yang tertutup awan mendung.

Notes :
Foto di atas diambil memang dengan Nokia N70 pada tanggal 01 November 2009 pukul 18:20. Namun ada satu yang menarik dari foto ini sehingga saya memutuskan untuk mempostingnya. Lihat, dibawah ini adalah foto yang saya ubah kontrasnya.


Terlihat adanya dua bulatan lain yang lebih gelap di samping bulatan cahaya. Melihat tiga bulatan tersebut, saya diingatkan dengan ufo berbentuk segitiga yang sering dilaporkan.

Saya tidak percaya bahwa objek itu adalah bulan karena pada saat mendung, umumnya bulan tidak akan terlihat seterang itu. lagipula, saya berasumsi bahwa Hendrik bisa membedakan bulan dengan objek lain.

Oh ya, saya juga tidak mengatakan bahwa foto tersebut adalah sebuah ufo, saya hanya mengatakan bahwa melihat foto tersebut, saya diingatkan tentang ufo segitiga. Saya tidak pernah memastikan sesuatu tanpa bukti kuat dan foto di atas saya anggap bukan sebuah bukti kuat yang menunjukkan adanya sebuah ufo.

Bisa saja dua bulatan gelap tersebut hanyalah bercak pada lensa.
Tapi Jika foto itu memang sebuah pesawat alien, melihat jarak dan proporsinya, maka pastilah ukurannya sangat besar.

Bahkan walaupun kita menghilangkan dua bulatan gelap tersebut, objek cahaya tersebut memang menarik, iya kan ?

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

41 comments:

  1. saya percaya itu ufo

    ReplyDelete
  2. nice.....tapi ko dua bulatan lainnya g seterang yg satunya yah???

    ReplyDelete
  3. serasa saya indiana jones dan anda jadi mulder the x-files....wakakaka....semakin hari...semakin serius kita ngubek-ngubek dunia misteri....

    ReplyDelete
  4. jangan terlalu terobsesi boss,santai aja..

    ReplyDelete
  5. sebenernya UFO ini ada hubungannya ama "blue beam project" nya NASA gak sih ?

    ReplyDelete
  6. "Penampakan UFO di langit Jogja ada juga kan bulan ini? Saya baca di majalah kedirgantaraan yang cukup ternama(maaf, saya tidak beritahukan judulnya, reporter majalah tersebut juga berhasil mengabadikan objek tersebut dengan kameranya saat beliau berada di dalam pesawat. Apakah Mr. Enigma berminat untuk mempostingnya? Terimakasih dan Tuhan berkati karya Anda."

    ReplyDelete
  7. kadang ilmu hitam juga bisa berbentuk seperti itu .... di klimantan itu hal yg cukup biasa, dimana ketika org mengirimkan santet /beradu ilmu hitam, ada hal2 yg aneh di langit .... tapi begitu ada yg secara tdk sengaja melihat dan menunjuk ke atas, benda itu tiba2 pecah dan menghilang. menurut org berilmu sih itu sejenis santet, pulung, tuju .... yang sedang dikirim kepada calon korban. ternyata sebuah jari telunjuk dari seseorg yg tanpa sengaja melihatnya dapat membatalkan tujuan perjalanannya. Mohon mas enigma membahas hal ini nantinya. tq

    ReplyDelete
  8. bang enigma... biar tahu itu poto diambil pke hp apa jam berapa gmn caranya sih? kok bisa tau? Ekarna anda beberapa kali mengatakan bukti keotentikan suatu poto yg dihasilkan dgn detil kamera yg digunakannya... EVILution

    ReplyDelete
  9. UFO.. ayo dong tunjukkan siapa kau sebenernya..
    pesawat alienkah?
    jin kah?
    proyek rahasia amerika kah?
    orang masa depan kah?
    atau hanya imajinasi segelintir orang?
    atau siapa?

    ayo dong jangan jadi pengecut..
    jangan bikin bingung gini ah..
    dah bertahun-tahun misterimu tak terungkap!
    bikin penasaran aja nih si UFO..
    He..he.
    #gambar lucu

    ReplyDelete
  10. waahh....kayak stealth atau aurora punyanya AS ?!?

    ReplyDelete
  11. i love mistery too.

    ReplyDelete
  12. kenapa seh... orang2 klo foto2 UFO gtu napa gak foto banaykan... masa Cuma 1 doang.... mna bisa percaya... wa.... yg wa percaya itu tuh...
    UFO yg berubah bentuk

    ReplyDelete
  13. Itu beneran UFO (Unidentified Flying Object)..
    Sesuai namanya,belum teridentifikasi..

    ReplyDelete
  14. Karena pada saat itu saya dipanggil oleh ibu saya untuk membantunya. Jadi tidak sempat untuk foto banyak2.





    -Hendrik-

    ReplyDelete
  15. q tgl di semrg
    dlu q jg pnh liat hal spti itu
    yg q liat ada dua cahaya yg berjauhan spti bintang chya itu brgerak perlahan di langit pd saat itu jg pas bulan purnama jd terlihat jelas.
    tp sayang lum smpet kepotret coz pas ambil kamera cahaya tersebut udah keburu hilang

    ReplyDelete
  16. Sudah baca Deception Point-nya Dawn Brown? Kalau belum, coba baca dulu. Ada rahasia UFO di sana.

    ReplyDelete
  17. tahun 40an aja jerman dah bisa bikin piring terbang.
    bbrp tahun belakangan banyak kapal induk / pesawat asing yg mampir ke indonesia.

    makanya penampakan ufo di indonesia meningkat.
    itu cuma pesawat intai tanpa awak.

    ato malah jangan2 itu ternyata layang2 dikasih lampu hahaha

    ReplyDelete
  18. hoalah kapan ya kta bsa tw UFO???
    -koekoe-

    ReplyDelete
  19. untuk tahu informasi dari gambar digital sebenarnya cukup mudah, tinggal buka pakai hexeditor aja lalu lihat isinya, terkadang kalo dibuat pakai pengolah gambar macam GIMP ato Photoshop masih ada komentar yang masih tertinggal disitu(bahwa dibuat menggunakan editor), kalo asli dari kamera digital biasanya komentarnya adalah waktu pengambilan dan juga model kamera

    ReplyDelete
  20. menurut saya.. itu adalah kue donat..

    ReplyDelete
  21. Wah.. untung ada obyek bantu berupa daun, kalo ga ada seperti bulan dibalik awan. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  22. itu lampu jalan...

    ReplyDelete
  23. Serem juga ya..... untung aja yang kefoto ufo bukan makhluk halus..... hii hii hii.....

    ReplyDelete
  24. itu daun apa ya?? sepertinya tinggi dan diambil dari bawah tumbuhan tsb.

    aku rasa itu cuma kunang"/serangga terbang biasa yg suka keluar pada senja hari, mungkin secara kasat mata kita melihatnya seolah" dari kejauhan, padahal hanya di depan mata, hal ini sering jg terjadi bukan??
    cahayanya hanya pantulan lampu sore itu, apalagi cahayanya tidak bulat utuh.

    dan kalau benar ini adalah objek bergerak, mengapa tidak diambil minimal 2 gambar yg berbeda sehingga menguatkan bahwa objek tersebut memang benar" bergerak?

    apakah anda (fotografer)punya alasan yg kuat sehingga anda tidak mengambil dua objek gambar atw lebih? padahal tidak samapi 5 detik anda untuk mengambil gambar baru jika menggunakan hp itu, atau jangan" anda cuma ingin cari sensasi.

    ReplyDelete
  25. Kalo menurut saya, jika cahay itu bergerak dengan kecepatan konstan (tentunya mirip bintang), itu adalah satelit yang sedang mengorbit. Saya melihat itu dua kali, satunya belom lama saya liat dan sempat saya rekam juga, walau hanya pake HP.

    Mungkin rekan2 bisa melihatnya disini : http://www.youtube.com/watch?v=Fb46AK1IKqA
    atau
    http://www.youtube.com/watch?v=Fb46AK1lKqA

    ReplyDelete
  26. saya juga pernah melihat beberapa gumpalan cahaya putih yang sebelumnya saya kita pesawat ...tetapi setelah saya perhatikan mereka terbang lebih rendah dan terlihat berkomunikasi antara satu dengan yang lain... kejadian ini terjadi kira-kira beberapa bulan yang lalu... o ia posisi saya di pondok pinang .. dekat-dekat pondok indah mal

    ReplyDelete
  27. kelihatanya itu seperti kawanan ufo yang mau melihat lihat kondisi bumi,tapi yang tiga sudah bosan melihat bumi he he he.

    ReplyDelete
  28. Tanggal 27 Nov 2009 lalu, saya jmelihat cahaya merah pada jam 7 malam, diatas seputaran Ciracas dan Cibubur.
    Awal yang melihat adalah Anak pertama saya yg memberitahu ke saya ada apaan itu, setelah melihat ada kesimpulan mungkin kan itu UFO, Diperkirakan Cahaya Merah itu lebih dari 9, yg bergerak dari arah Utara menuju Selatan.
    Cahaya merah itu terbang pelan, tanpa terdengar suara gemuruh khasnya pesawat.
    Mereka Terbang dengan Formasi terbang 2 cahaya - 2 cahaya, yg kemudian terakhir 1 cahaya. Masing masing Cahaya didepan dan dibelakang cukup lumayan jauh (kalau pandangan saya dari bumi sekitar 50 - 100 cm, kalau diatas nggak tau deh tuh jaraknya berapa).
    Ternyata bukan saya saja yg melihat tetapi beberapa tetangga saya jg melihat kejadian tersebut.
    Saya sempat mengambil gambar 2 cahaya yg terbelakang (yg paling terang warnanya).
    Ternyata di WEB BETAUFO, ada yg melihat formasi yg saya liat jam 8, didaerah cileduk (mungkinkan cahaya tersebut yg saya lihat, karena memang waktu itu mengarah kearah selatan.

    ReplyDelete
  29. maaf teman2 semua klo waktu itu jet pribadi sy lg lewat ya.

    makasih.

    ReplyDelete
  30. mas enigma tlg kupas ttg UFO palembang donk...itu bneran ato gak sih...soalnya beberapa thn lalu prnah heboh...katanya jg terlihat di Malaysia.ok
    Masih di palembang tp UFO yg laen...dl ktka msh dsby tmn sekos saya yg org plembang asli cerita ktanya pernah liat cahaya aneh melintas smpe keadaan sktar situ terang spt siang hr padahal kjadiannya sktr jm 4 subuh.ktanya org skampug pd liat.sptnya dia jujur soalnya smpe sumpah2.tlg cariin infonya ya.ok.Mr Enigma is the best

    ReplyDelete
  31. "Saya jga prnah lihat UFO,,,,,
    tpi saya jga belum yakin bhwa itu UFO,,,,,
    wktu tiu sdng thun baru 2010 saya prgi kluar rumah,,,,,
    trus saya mlhat kapal brbntuk sgitiga dan mempunyai cahaya 8 macam warna ,,,,
    tpi saya lum yakin bhwa itu UFO asli,,,,,

    ReplyDelete
  32. jk obj3k ini brgerak lamban? seharuzny mungkin adlh pesawat!

    ReplyDelete
  33. Jonathan archer says:
    hi semuanya,gw prnah beberapa x liat ufo langsung,and gw mw ksh sdikit pnjelasan kpd yg blm bgitu tw ttng ufo:
    1.knp stiap penampakan ufo,gambar rata2 hanya 1?
    Jawab:krn kecepatan ufo macam2,ada yg lambat,ada pula yg seperti hujan meteor,jd terlihat hanya beberapa detik,so dapat satu gambar aja uda hebat banget
    2.knpa gambar ufo buram?
    Jawab:krn jarak dan fokus dari kamera dan objek itu sendiri.silahkan anda test,foto pesawat penumpang biasa yg kbetulan lewat atas anda,apakah anda bisa dpt gambar yg jelas??tidak mungkin,krn saya asumsikan rata2 foto yg diambil kebanyakan menggunakan kamera hp...anda ingin gambar jelas,pakai kamera 20mp,dgn lensa tele,harga minimum 30jt...itupun sdikit buram,krn anda hrus menyeting fokus and follow the plane,pesawat biasa saja susah difoto,apalg ufo?

    tambahan:jika anda pemakai kamera hp,pasti stelah ambil 1 foto,dy loading dulu,br bisa ambil gambar berikutnya (alasan mengapa foto ufo rata2 1),and kamera hp itu adalah kamera khusus jarak dekat

    ReplyDelete
  34. Tentu aja itu ufo, ufo kan artinya Unidentified Flying object, benda terbang yang tak di kenal, benda itu tak di kenal kan????? jadi sama saja ufo. Ufo kan bukan selalu merujuk pada pesawat alien atau piring terbang...

    ReplyDelete
  35. Nice blog...

    Asyik juga, kalau 'skeptisme' tetap mendapat tempat di blog ini, biar tetap obyektif Om Enigma...

    Seperti yang selama ini selalu coba dijaga oleh Bang Enigma (agar orang tidak mudah termakan 'sensasi', tetapi tergugah untuk selalu 'meneliti'...)

    Pls, as always, educate us with scientific reasons (if possible), not just 'indulging' "sensationalism" opinions...

    Sukses selalu, maju jaya Boss Enigma...

    ReplyDelete
  36. kunang - kunang? kereeeennnn.....

    ReplyDelete
  37. Emm baru tahu... terima kasih atas infonya :)

    ReplyDelete
  38. banyak...saya sering liat kek gtuh....
    uem....tapi ga aku peduliin...


    ufo datang?kasi biskuit ama teh anget.trs..curhat deh...
    :)

    ReplyDelete
  39. menurut saya itu adalah pantulan cahaya dari cahaya dalam rumah yang dipantulkan oleh air yang ada di atas daun.. itu menurut saya.. karena katanya mendung?? jadi mungkin sehabis hujan???

    ReplyDelete
  40. Itu cuma lilin jatuh dari meja pas mati lampu




    ReplyDelete