Wednesday, November 25, 2009

Seorang hacker berhasil mendapatkan bukti adanya manipulasi pada data pemanasan global

Sesuatu yang luar biasa terjadi dalam dunia perdebatan pemanasan global. Pada hari kamis, tanggal 19 November 2009, diumumkan bahwa seorang hacker telah berhasil mendapatkan 160 megabytes data dan kumpulan email dari server Climate Research unit (CRU) di University of East Anglia (UAE) di Inggris. Email-email itu berisi percakapan yang terjadi antara para peneliti utama di tempat itu sejak tahun 1997 hingga sekarang, dan sepertinya, email itu menunjukkan adanya manipulasi pada data pemanasan global.


Sangat menarik. Sebelumnya kita memiliki seorang hacker bernama Gary McKinnon yang membobol jaringan komputer milik NASA, Departemen Pertahanan dan Militer Amerika hanya untuk mencari informasi rahasia mengenai ufo. Sekarang kita memiliki Hacker Anonymous yang terjun langsung ke dalam perdebatan pemanasan global dengan cara membobol jaringan komputer organisasi peneliti pemanasan global terkemuka di dunia.

Seperti yang kita ketahui, kemajuan sains sangat tergantung pada data yang lengkap dan akurat, tidak terkecuali sains pemanasan global. Namun dalam beberapa hari ini, dunia dikejutkan oleh pengungkapan adanya praktek ngawur yang dilakukan oleh para peneliti pemanasan global, tentu saja yang saya maksud adalah peneliti pro Al Gore.

Andrew Bolt, seorang penulis bahkan mengatakan bahwa skandal ini bisa menjadi skandal terbesar dalam sejarah sains modern.

Belum lama ini kita disodorkan berita menakutkan bahwa es di kutub akan mencair total dalam 20 tahun. Lalu tidak lama setelah itu, IPCC (Badan PBB mengenai perubahan iklim) melalui ketuanya, Dr RK Pachauri merilis pernyataan bahwa es di Himalaya akan mencair total pada tahun 2035. Bahkan menurutnya, mencairnya es tersebut bisa lebih cepat jika "kita tidak melakukan sesuatu".

Sepertinya menjelang konferensi iklim di Kopenhagen yang akan diadakan pada Desember nanti, para ilmuwan pro Al Gore menjadi lebih sering mengucapkan "ramalan" mengenai bencana masiv yang setara dengan adegan film "2012" yang baru saja anda tonton. Dengan kata lain, para ilmuwan ini telah menciptakan "ramalan kiamat 2012" yang baru.

Sedangkan para ilmuwan di bagian dunia lain, yang biasanya memiliki keterbatasan teknologi, hanya bisa menerima data mentah-mentah dari dunia barat. Ya, mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa data perubahan iklim yang kita ketahui (dan diberitakan oleh media-media) ternyata bukan berasal dari hasil penelitian yang kita lakukan sendiri. Sebagian besar data tersebut berasal dari sebuah tempat bernama Climate Research Unit (CRU) di University of East Anglia (UAE), Inggris. Organisasi ini juga menyuplai data untuk IPCC dan peneliti-peneliti pro Al Gore lainnya.

Nah, dalam perdebatan yang memanas antara ilmuwan pro dan kontra Al Gore inilah seorang hacker akhirnya memutuskan untuk masuk ke dalam arena. Email-email dari CRU yang dibobol tersebut dimuat di internet oleh seorang hacker yang menyebut dirinya "FOIA".

Dalam email tersebut, para peneliti yang memiliki ideologi sama ketahuan bersepakat untuk menutupi data pemanasan global yang tidak sesuai dengan klaim mereka. Email ini telah dikonfirmasi kepada CRU dan mereka mengakui kalau isi email yang muncul di media massa memang berasal dari server mereka.

Salah satu email yang berhasil diperoleh berasal dari percakapan antara Prof. Phil Jones, kepala dari CRU dan Prof. Michael E Mann dari pennsylvania State University. Kedua orang ini adalah pendukung utama Al Gore dalam soal pemanasan global.

Dalam salah satu percakapannya, Prof Jones mengusulkan kepada Prof. Mann untuk melakukan "trik" dengan mengubah data iklim di setiap seri untuk menyembunyikan adanya penurunan temperatur global.

"Saya baru saja menggunakan trik dari Mike untuk menambahkan data baru di data yang sebenarnya dari setiap seri dalam 20 tahun terakhir dan dari tahun 1961 untuk menyembunyikan penurunan (temperatur)."

Setelah skandal ini terbongkar, Prof Mann menjelaskan kepada New York Times bahwa para ilmuwan biasa menggunakan kata "trik" untuk merujuk kepada cara terbaik menyelesaikan sebuah masalah dan tidak berarti sesuatu yang rahasia (???).

Dalam email yang lain, Prof Jones juga mengatakan bahwa ia lebih baik menghapus data-data yang tidak sesuai dengan klaim mereka daripada mengirim data tersebut ke peneliti lain. Prof Jones juga mendorong Prof Mann untuk melakukan hal yang sama.

Pada tahun 2009 ini, CRU mendapat banyak kritikan karena menolak untuk merilis data yang digunakan untuk membuat laporan sejarah temperatur permukaan bumi. Permintaan dari peneliti dan ilmuwan lainnya selalu ditolak dan dalam beberapa kasus, pembuat laporan itu mengakui kalau data original yang digunakan sudah hilang.

Email di atas sepertinya mengkonfirmasi semuanya.

Selain percakapan yang terjadi antara dua profesor tersebut, email lain yang berhasil dibobol adalah email yang berasal dari Tim Osborn, salah seorang profesor lainnya di CRU. Dalam emailnya, Prof Osborn mendiskusikan dengan rekannya mengenai cara memotong data untuk menyembunyikan tren penurunan suhu iklim global.

Lalu dalam email lainnya, Prof Mann meminta Prof Osborn agar tidak memforward data yang dikirimnya ke orang lain karena data itu mengkonfirmasi teori para peneliti global warming anti Al Gore.

Bukan itu saja, salah satu email juga berisi komentar mengenai kematian John L Daly, seorang peneliti penentang Al Gore. Komentar itu berbunyi,"Dalam cara yang aneh, sebenarnya berita ini adalah berita yang menggembirakan."

Dengan adanya perkembangan terbaru ini, Senator James Inhofe yang terkenal anti pemanasan global versi Al Gore juga telah menuntut kongres Amerika untuk menyelidiki Pennsylvania State University dan beberapa universitas lain yang diketahui terlibat dalam pemalsuan data ini.

Sebelumnya, tidak lama setelah ramalan mengenai mencairnya es di Himalaya dirilis oleh IPCC, pemerintah India lewat kementerian lingkungan hidup telah merilis sebuah pernyataan yang menginginkan penelitian yang independen atas kondisi salju di Himalaya. Data yang digunakan pemerintah India saat ini adalah data yang berasal dari para peneliti barat.

Mengingat besarnya jumlah email yang berhasil dibobol, maka isi email tersebut akan diperiksa lebih lanjut oleh para peneliti lainnya untuk menemukan bukti kebohongan lainnya. Jika ditemukan bukti adanya konspirasi tingkat tinggi, maka kasus ini tentu saja benar-benar akan menjadi skandal sains terbesar di dunia.

Apakah salju Himalaya akan mencair total pada tahun 2035 ? Jawaban atas pertanyaan ini akan sangat tergantung kepada objektivitas penelitian terhadap salju Himalaya.

Mereka yang tidak berpengetahuan akan sangat gampang ditipu. Jadi pertanyaannya adalah kapan kita bisa memiliki pengetahuan dan teknologi sekaliber dunia sehingga kita bisa memutuskan untuk diri kita sendiri apakah dunia ini sedang memanas atau mendingin.

Knowledge is power, right ?

Notes :
Jika kalian sangat ingin tahu mengenai isi email-email tersebut, maka kalian bisa mendownloadnya disini (61,9 mb). Selamat meneliti.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

74 comments:

  1. dr judulnya aj ud bkn ngiler (beuh ngiler).
    kita ngga ngrti, wajar.
    yg sy ndak hbs pikir. kok iso ya sglintir prof.mboongin skian buanyak prof dunia.wuih.
    butuh bantuan org2 brpngaruh utk itu kn bang?
    kaccau. mnarikkkk. ijin muat jdl dn link d fb y bang.tengs

    ReplyDelete
  2. Waw, post yg keren. GW demen ma 1 ni. Ni urutan yg k berapa y? hackerny mang sip, top bgt. Kira2 kbohongan pa lg yg bakl trungkap?

    ReplyDelete
  3. Nice Post semoga aja es di kutub gak cepet" cair.
    -Hendrik-

    ReplyDelete
  4. bro enigma.. tolong posting tentang Gary McKinnon dong..yg bobol NASA buat cari tahu tentang ufo...

    ReplyDelete
  5. mudah2an es di kutub kaga cair, wong sekarang aja rumah gw kadang banjir kalo ujan, gimana kalo.....

    ReplyDelete
  6. Nice Inpo...ijin kopas... btw ane gagal pertamax...

    ReplyDelete
  7. tp walaupun begitu g ada salahnya kan kalo kita mjaga lingkungan. toh yg ngerasa nyaman kita juga

    ReplyDelete
  8. hacker yang pantes jadi inspirasi......saya sebenere pengen banyak belajar...tapi entah mengapa ga bisa2.....seorang temen di forum pernah mengatakan bahwa ia bisa membuka admin.asp dari KPU,dan wal hasil...data2 KPU yang sifatnya rahasia juga ketauan....seandainya kemampuan itu bisa di gunakan untuk kepentingan negara seperti membingkar rencana amerika atas indonesia mungkin kita semua bisa lebih cerdik menentukan sikap,oh ya....jangan lupa tentang atlantis indonesia nya.....klo udah ada....tolong di kasih tau ya bang...si post yang mana....:)

    ReplyDelete
  9. biar cepet terungkap , ayo kita bikin penyebaran kebohongan ini semua guys . . . biar pemimpin negeri ini juga ga terjebak ama pertemuan di kopenhagen nanti . . .

    ReplyDelete
  10. Wahhh keren banget nih mas enigma...keep writing...secara setiap hari saya selalu ngecek blog mas enigma...top lah..

    ReplyDelete
  11. wah.. sayah senang sekali atas berita ini.. saya anti al gore.. dan gimana cara nya untuk menyebarkan berita tentang kebohongan ini kepada publik di indonesia? ada ide?

    ReplyDelete
  12. wuihhhh.... dari sekian banyak materi, saya sangat suka tentang misteri. tapi saya lebih suka lagi ketika membaca ini.... ada satu kata untuk mengungkapkan hal ini.......MANTAB

    ReplyDelete
  13. ijin copas bos...biar temen2 pada tau...

    ReplyDelete
  14. yg aku mau tanya ialah: jadi tidak benar bahwa bumi memanas? atau .... waktu dari pemanasan itu yg dimaipulasi. lalu ... klo dikatakan adanya suhu yg menurun di bagian bumi yg lain, ini karena apa? bukankah kita lbh banyak merusak drpd memperbaiki? apakah itu recovery alam? TOLONG DIJAWAB YA MAS ENIGMA YG GANTENG SEJAGAT RAYA, hehe .... tq

    ReplyDelete
  15. keliatannya bang Enigma cenderung anti pemanasan global...
    entah terjadi pemanasan atau pendinginan, yang jelas menjaga kelestarian lingkungan memang tetap harus dilakukan

    ReplyDelete
  16. Tulisan yang bagus....mas,bisa request tentang ramalan newton tentang umur bumi sampe thn 2060..mungkin saat ini blm populer,tapi saya penasaran juga ...trims..

    ReplyDelete
  17. @myheart1978 : untuk mas yang terganteng di dunia, yang dimanipulasi adalah data suhunya. para peneliti anti teori al gore mengatakan bahwa penyebab pemanasan global adalah alam, bukan manusia. jadi kalau ada suhu di bagian lain yang turun, itu karena alam. tidak ada hubungan dengan manusia.

    @Ojir : Saya tidak anti pemanasan global. cuma anti manipulasi.

    ReplyDelete
  18. ya intinya mah ujung-ujungnya juga bakal binasa. iya kan? mati mah maot moal bisa ditolak (LOL)

    ReplyDelete
  19. ruarrrrbiasa..........
    jd slama ini kita di kibuli ya?
    ijin share di fb ya boz?

    ReplyDelete
  20. What Diboongin hehe. c

    tapi walau ada sedikit kesalahan ya . .jaga terus lah alam ini .

    ReplyDelete
  21. well... menjaga alam emang kewajiban manusia kan?
    diboongin ataupun engga...^^ hehehe.. tapi tetep.. post na bner2 berisi..

    seravina

    ReplyDelete
  22. Boss Enigma, untuk meyakinkan semuanya, mungkin kita juga perlu menyajikan data2 dari BMKG, untuk melihat di Indonesia, cocokkan dengan data2 kerusakan hutan dengan tren pemanasan global... Kalau memang gak selaras, berarti memang ada MANIPULASI...
    Tapi kalau memang ada keselarasan yang signifikan, teori konspirasi ini bisa RUNTUH loh...

    sayang, data2 di Indonesia susaaah banget dapatnya hehehehe

    ReplyDelete
  23. Yah emang bener2 aneh itu.. film 2012 memang kayanya terlalu dramatis!
    @Seravina:setuju.. memang bener kita harus menjaga alam walaupun kiamat ga jelas yg di film 2012 itu belum tentu terjadi.

    ReplyDelete
  24. bro, coba post pentagon yang kelabakan gara-gara data-data rahasia pesawatnya dibobol hacker. diduga hackernya berasal dari Indonesia (kalau ga salah sih)

    pemanasan global rasany ga terlalu dirasakan, di kalimantan masih aja panas kok! Suatu keajaiban jika di kalimantan turun hujan es kek di bandung atau bersalju kek peg.jaya wijaya wekekekek

    ReplyDelete
  25. "Indonesia bisa maju setelah tahun 3012.. Kwokwokwokwok.."

    v(^0^)v

    ReplyDelete
  26. Enigma,dari dulu saya ikutin artikelnya makin mantap. Thumbsup. ______ http://nutsiesfashion.blogspot.com


    N

    ReplyDelete
  27. sial.......isu yang membuat manusia menjadi takut..........mengapa dan apa sich tujuan sebenarnya....sampai harus memalsukan info tentanf pemanasan global. . . .aq salut kepada hecker tersebut. . . .

    ReplyDelete
  28. mantap kak enigma..

    yg sy kurang paham, apa tujuan konspirasi ini, apa ada hubunganny sama freemansory & organisasi2 rhasia lainnya??
    Masalahny sekarang orang trlanjur percaya adanya pemanasan global, krn mereka jg merasakan suhu yg brtambah panas.
    Jd orang2 agak susah prcaya kalo yg sebenarnya trjadi itu pendinginan, bukan pemanasan krn mereka mrasakan yg sebaliknya..
    Yg penting tetep pelihara alam, jgn mentang2 pendinginan kita balik ke habit lama yg merusak :)

    Kak Enigma, ditunggu postingan selanjutnya..! :thumbup

    ReplyDelete
  29. aku setuju sama yang di atas

    ReplyDelete
  30. sip... brarti gak ada pemanasan global ya ???

    ReplyDelete
  31. check kompas hari ini (30Nov09) bagian dari artikel "SECARA SAINS, ISU KIAMAT 2012 HANYA ISUPAN JEMPOL"...pendinginan global juga mungkin...gara2 penurunan aktivitas matahari...artinya apapun isunya..ga usah percaya langsung kedua2nya..tapi rasakan aja apa yg terjadi disekitar kita..

    ReplyDelete
  32. gile..serem bner dunia sekarang ini. bkin gemes aje.

    ReplyDelete
  33. aku rasa aku ga akan trlalu pduli wlau data2nya dipalsuin ...
    aku yg dsni sbagai "orang yang tidak berpengetahuan yang sangat gampang ditipu", tentu juga tidak akan trlalu mngerti dgnn data2 itu (meskipun itu asli) . ..

    yang jelas kuyakini saat ini memang sedang terjadi ketidakstabilan dalam iklim di bumi ini .entah itu dibilang pemanasan global kek, pendinginan global, kek, penurunan aktifitas matahari kek, atau apalah . ..

    bumi tidak seperti dulu lagi ..
    yang kita tahu Oktober-Maret adalah musim hujan ,, tapi sekarang yg bulan desember aj,, hujan paling banter turun sebulan sekali . :?

    jangan jadikan alam sebagai kambing hitam dari perubahan iklim bumi ini ,,,.
    aku rasa manusia sperti kita yang smakin memperparah ...
    liat aj di Jakarta, Surabaya, n kota2 besar lainnya ,, apa kita rasa gaya hidup sodara2 dsna (termasuk kita) sudah bersahabat dgn alam ???

    Marah Bumi akan semakin menggila jika "kita tidak melakukan sesuatu ...

    ReplyDelete
  34. ada hubungannya nggak kebohongan mantan Wapres jaman bill clinton ini dengan senjata pemusnah massal yg diciptakan AS , tentang pengendalian cuaca, ngaku2nya salah alam, tahunya ada orang lain yg sedang membuat senjata pemusnah massal, biar bisa cuci tangan gitu Amerika

    ReplyDelete
  35. saya percaya tidak ada hubungannya.

    ReplyDelete
  36. Wow, akhirnya ada juga bukti konkret pemalsuan informasi. Sayangnya ada sebagian orang yang sekalipun sudah disodori fakta masih menolak untuk mengakui kebenaran, udah berhasil dicuci otak media massa dan film 2012.

    Salah satu contohnya teman saya yang menolak mentah-mentah untuk membaca artikel enigma mengenai pro dan kontra pemanasan global.
    Belum baca sudah blg tdk percaya. Kayanya hanya bisa percaya kalo dgr lsg dr media massa.

    Saya setuju dgn Enigma, anti manipulasi tapi tetap menjaga kelestarian bumi sekalipun tdk ada isu pemanasan global.

    Btw, bole saya share di FB?

    ReplyDelete
  37. @Anne Freya : Boleh.

    Kebanyakan orang beranggapan sains pemanasan global sudah settle. padahal jauh dari belum. Sayangnya banyak org menolak mengakui fakta ini karena sudah terbuai dengan ephoria gw.

    ReplyDelete
  38. toh ada gunanya juga kebohongan itu, manusia jadi lebih memperhatikan lingkungan , , , ,
    selama masih sempat lestarikan dunia kita buat kehidupan yg aka datang, , , ,

    ReplyDelete
  39. berita yang keren....
    mau ikutan nambahin nih mas..
    ternyata benar sedang terjadi global cooling tapi bersamaan dengan global warming, penyebab terjadinya global cooling itu karena kinerja matahari ternyata menunjukkan penurunan sehingga panas yg dipancarkan juga semakin menurun, tapi kita juga sedang mengalami global warming karena banyaknya polusi dari industri dan kendaraan bermotor seperti yang kita ketahui telah menyebabkan efek rumah kaca pada lapisan atmofir bumi, jadi 2 hal tersebut sama2 sedang terjadi pada bumi kita ini....
    so, dari pada mencari2 orang untuk disalahkan lebih baik kita juga membantu mencari solusi untuk menanggulangi global warming yang sedang terjadi karena ulah manusia, sedangkan global cooling biarkanlah alam yang akan memberikan kita jawaban.........

    ReplyDelete
  40. info yang menarik....
    mantap bro...

    ReplyDelete
  41. bohongkah Pemanasan Global itu?
    nice. .saya suka mendengar bahwa itu adalah bohong. ! ! !
    2013 im comming. . ! ! ! !

    ReplyDelete
  42. pembodohan massal ...

    ReplyDelete
  43. saya sangat tertarik dengan artikel ini. ini akan menjadi bahan acuan saya dalam berbagai pertimbangan.

    ReplyDelete
  44. hmm, mungkin jadinya kayak the day after tomorrow, suhu mendingin karena mau ada new ice age, tetep nyeremin kan.
    tapi yaa, hikmahnya dr isu pemanasan global ini kan bisa banyak juga, beberapanya ada action untuk nanem pohon, ngurangin gas emisi, hemat listrik, dll.
    cuma kadang manusia cenderung ngeliat hal2 yang negatifnya doang, trus heboh sendiri, jadi bikin kepanikan yang ga penting..

    btw, gambarnya gak keliatan bos

    ReplyDelete
  45. keren...

    Saya suka blog Anda. Jujur, ini satu-satunya blog yang isi n komen2nya saya baca tuntas, bahkan beberapa saya baca ulang. Tapi dari BUANYAK artikel, saya paling suka artikel2 Anda tentang konspirasi pemanasan global. Sampai sebelum saya baca artikel2 ini, saya adalah salah satu yang pro pemanasan global (lebih tepat kalau dibilang saya percaya mentah2, karena masalah pemanasan global sudah diajarkan sejak saya SMP). Terima kasih karena sudah mengingatkan kembali untuk tidak langsung percaya pada apa yang didoktrinkan pada kita.

    Saya tertarik untuk menyebarkannya ke teman-teman saya, jadi saya minta izin untuk copas artikel2 tentang konspirasi pemanasan global dari blog Anda.

    Ini komen saya yang pertama di blog ini, jadi mohon maaf kalau kurang berkenan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  46. kool
    pemanasan global itu ada tapi tak deextrim pendapat PRO AL GORE>.......merekakan Politisi Suka pake isu Pemanasn Global untuk urusan ekonomi..seperti dalam kasu sawit indonesia malaysia........wtb ntb....ada kagak organisais rahasia di INDONESIA

    ReplyDelete
  47. Abirama Vindra , Jogja .
    gila tu orang , mpe "Indonesia Raya Tanah Air Tercinta Tak Akan Kulupakan Sepanjang Masa" dituding jadi pelaku utama Global Warmming .

    ReplyDelete
  48. terserah pemanasan global ada apa ga, beneran ato cuma konspirasi, yang pasti itu bukan alasan buat kita untuk tidak melindungi dan menyelamatkan bumi yang sudah tua ini kan... It's the only one our mother earth

    ReplyDelete
  49. what the hell?

    saling menipu maksutnya?


    apaan seh neh....
    sumpah deh
    kaga ngarti guwah


    bilang aja to the point klo kutub es mencairnya kapan

    udah kan?


    tetep yang bikin ni dunia kiamat cuma ALLAH SWT.
    sa bodo2nya ekye....tetep percaya ma ALLAH,bukan ramalan manusia.

    ReplyDelete
  50. om enigma..minta ijin buat copas ke KASKUS ya om
    nanti tetep saya cantumin sumber nya kok om..
    boleh gag?

    ReplyDelete
  51. hehe jadi kesimpulan akhirnya:
    1. mau apapun alasan terjadinya pemanasan global, yg nyata adalah bahwa kita sendiri udah ngeliat dan ngerasain akibatnya, jadi yg penting kita bertindak untuk menjaga bumi ini, bukan?
    2. kalaupun memang ada tren penurunan suhu global, bukan berarti kita bisa seenaknya sama bumi kan? kita ttp punya tanggung jawab besar untuk merawat dan melestarikan bumi sebagai rumah kita, betul?

    let's do a greener lifestyle :)

    ReplyDelete
  52. emangnya yang pada comment udah pada liat "uninconvinient truth" ya?
    sayang kalau comment belum lihat film nya al gore itu -> padahal penting banget loohh
    bukan masalah kalau tidak percaya dengan al gore, tapi tetap film itu mengajarkan kita bagaimana memperlakukan tempat tinggal kita dengan bijak.
    bukannya saya penentang teori jaman es yang secara periodik mengunjungi kita loohh..

    ReplyDelete
  53. hmmm....klo dari pengalaman saya pribadi
    saya tinggal di kota malang jawa timur
    waktu dulu saya msh kecil....sekitar awal tahun 80an...malang memang lebih dingin daripada sekarang lho....jadi kesimpulan saya pemanasan global itu memang ada

    gimana tanggapan bro enigma soal pernyataan saya ini ?

    ReplyDelete
  54. Pemanasan global memang ada, walaupun kpn dan penyebabnya bs diperdebatkan. Soal pengalaman pribadi km, sy kira tdk pas dijadikan indikator krn suhu di malang tdk bs mewakili dunia, krn itu sebutannya adl "global". Kalau kota malang sdh tdk dingin, itu krn skr lbh bnyk pemukiman dibanding dulu. Sm seperti kawasan puncak di bogor. Analoginya adl, jika km sendirian di ruangan ber AC, maka pasti lbh dingin dibanding 100 org di ruangan yg sama. Jd ini tdk ada hubungan dgn greenhouse gas.

    ReplyDelete
  55. kupas juga dong hoax man landing to the moon. saya 80% yakin kalau tidak ada manusia bisa mendarat di bulan.

    ReplyDelete
  56. Iya, saya setuju dengan yang diatas. Coba mas Enigma bahas tentang pendaratan di bulan itu hoax apa bukan, soalnya sampai guru fisika saya saja bilang itu hoax karena katanya menurut hukum...(apa yah, saya lupa hehe...) manusia tidak dapat mendarat di bulan.
    Trims yah mas Enigma kalau mau bahas itu.

    ReplyDelete
  57. Saya sdh pernah nulis soal pendaratan bulan. Tp saya percaya kalau pendaratan di bulan bnr2 terjadi. Ini penjelasannya: xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/apakah-nasa-memalsukan-pendaratan-di.html

    ReplyDelete
  58. Ini juga pemikiran anti global warming...
    http://geourban.wordpress.com/2010/01/09/gosip-global-warming/

    ReplyDelete
  59. mantap informasinya...
    tambah ilmu....
    terima kasih...
    izin minta buat tugas

    ReplyDelete
  60. http://geography-network.blogspot.com/2009/10/pemanasan-global-vs-zaman-es.html


    PEMANASAN GLOBAL VS ZAMAN ES

    SIAPA PEMENANGNYA?

    TETEP ... B.I.L.D.E.R.B.E.R.G ... he 3x

    ReplyDelete
  61. Dengan melihat kenyataan dunia, bahwa dunia telah menelan jeritan histeria gore mngenai (ilusi) global warming. maka, bukti-bukti yang didapat hacker tersebut tidak akan membuat perubahan besar dalam cara berpikir manusia. kalaupun ada perubahan, gore akan bisa menggeliat lepas dari prasangka menipu dunia dengan mempersiapkan ilusi yang lebih menggebrak ketidaktahuan/ketidakmengertian manusia untuk hasrat gore dipuja sebagai penguasa. mungkin!?

    ReplyDelete
  62. jadi ?? yang bener yang mana ?
    buminya panas atau beku ini ???
    aku masih bingung ?

    ReplyDelete
  63. baca buku-nya michael crichton - state of fear.....

    ReplyDelete
  64. mungkin itu usaha pemerintah agar masyarakatnya mau berhemat energi agar sumber daya kita tidak habis .

    ReplyDelete
  65. ak dah baca 3 tulisan bang E ttg pmanasan global. mkasih bang buat info yang membukakan mata. d ats ini smua, mmang tepat klo kta ttp memperthankan gaya hidup yg dpt mnjga bumi ini. konspirasi ada d atas, kta yg d bawah hrus bijak mnyikapi..salam sehat^^

    ReplyDelete
  66. semoga aja esnya cepet cair kan bisa buat bikin es camelo enak lagi n gratis '''''''''''' ayo dong cepet mencair ya biar kita dapet cepet2 makan es nya kan es cream hari gini mahallllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  67. hacker yang ginian yang gwe demen bonkar kebohongan

    ReplyDelete
  68. konspirasi orang amrik emang2 kelewatan.....
    peneliti di amrik memang tidak mementingkan buah2 kemanusiaaan dan KeTuhanan...
    semoga mereka di ampuni di akherat

    ReplyDelete
  69. bang enigma, saya udah baca post ini dan post lain yg terkait seperti konspirasi pemanasan global, populasi polar bear, dan yang lainnya.
    Manurut saya, posisi "global warming" sama dengan senjata pemusnah masal.. Alasan yang sengaja dibuat untuk mencapai sebuah tujuan. KAPITALISASI.. itu menurut saya, kalo salah mohon dibenerin ya bang..

    Bang, udah lama ni ga nulis lagi, kita kan nunggu2.. ayo bang, nulis lagi

    ReplyDelete
  70. @Ferdy_Hoshigaki yang koment di "Fakta sebenarnya mengenai
    status populasi beruang kutub
    dan Es Antartika - Arktik" coba anda sendiri yang membangun rumah kaca sekarang, aku yakin suhunya bukannya panas tapi malah dingin, malah musim dingin sekarang lebih dingin dari musim dingin yang kemarin-kemarin.

    ReplyDelete
  71. selama ini Global Warming udah gw gembar gemborkan ke setiap tmn tmn krn gue pecinta lingkunga. Ternyata apa yg gue sebarkan itu adalah.... Tidaaaaaaak..! Ini pasti hanya mimpi. Iya kan? Ini hanya mimpi kan?

    ReplyDelete