Monday, November 9, 2009

Kalender Maya dan 2012 - perdebatan dan kontroversi

Sudah beberapa tahun ini kita disuguhkan dengan sebuah wacana baru, yaitu kalender Maya dan kiamat 2012. Setiap kali kita membaca mengenai hal ini di media, kita selalu dibuat untuk percaya bahwa suku Maya meramalkan dunia akan berakhir tahun 2012. Benarkah mereka meramalkan hal itu ? 

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya mengenai kalender Maya. Jika anda belum membacanya, saya merekomendasikan anda untuk membacanya terlebih dahulu untuk mengerti isi tulisan kedua ini, jadi klik Kalender Maya dan 2012 - penjelasan.

Mulai dari film Holywood, buku-buku, website, surat kabar hingga iklan ramalan di televisi menggunakan nama Suku Maya untuk menyebut ramalan kiamat 2012. Namun mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui bahwa Suku Maya sesungguhnya tidak pernah mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012.

Ya, anda tidak salah mendengar. Kiamat 2012 adalah sebuah penafsiran yang dikeluarkan oleh beberapa peneliti asing yang mempelajari suku Maya. Dengan kombinasi marketing yang efisien, penafsiran ini menyebar ke seluruh dunia. Efeknya, selain aliran uang, adalah ketakutan di kalangan masyarakat awam.

Sebenarnya penafsiran ini telah sejak awal ditentang oleh peneliti lainnya. Namun, kita maklum, media hanya akan memberitakan teori yang paling kontroversial. Jadi saya ingin membahas topik ini dengan melihatnya dari sudut pandang yang berlawanan.

Walaupun kelihatannya heboh, selama ini saya memandang kiamat 2012 hanya sebagai wacana dan interpretasi arkeologi. Bukan sebagai penafsiran agama. Jadi, jika anda membaca tulisan ini, pandanglah dari segi itu juga. Anggap saja kita sedang membaca salah satu diantara puluhan teori arekeologi yang terselip di buku pelajaran sekolah kita.

Supaya adil, mengingat bahwa penafsiran kiamat 2012 datang dari "ahli suku maya", maka saya akan mengajak anda untuk melihat penolakan yang juga datang dari "ahli suku maya" lainnya. Mereka meneliti inskripsi yang sama, mereka meneliti suku dan kelender yang sama. Jadi saya rasa, fair enough.

Argumen yang menentang penafsiran kiamat 2012 datang dari interpretasi yang berbeda terhadap peninggalan-peninggalan suku Maya. Untuk mencegah tulisan ini menjadi panjang, saya hanya akan menyinggung tiga diantaranya yang saya anggap argumen terbaik, yaitu :

1. Inskripsi Monumen Tortuguero
2. Penerapan Long Count yang berbeda-beda
3. Unsur-unsur kalender yang lebih tinggi

Inskripsi Monumen Tortuguero

Seperti yang sudah saya singgung di tulisan sebelumnya mengenai penjelasan kalender Maya bahwa tanggal 21 Desember 2012 muncul dari berakhirnya periode penciptaan ke-4 kalender long count, yaitu setelah 13 baktun. Saya juga menyinggung bahwa salah satu sumber yang menyebut mengenai 13 baktun ini adalah buku vox popul.

Namun, ternyata ada sumber lain yang lebih sering digunakan oleh peneliti untuk mengindikasikan adanya kiamat dunia setelah 13 baktun, yaitu monumen Tortuguero yang berasal dari abad ke-7 Masehi. Pada monumen ini terukir sejumlah tulisan yang isinya memuliakan penguasa Maya pada waktu itu.


Seorang ahli suku Maya bernama Mark Van Stone berhasil menerjemahkan sebagian tulisan pada monumen tersebut dan salah satu kalimatnya adalah :

"The Thirteenth [b'ak'tun] will end. Black ... will occur. (It will be) the descent of Bolon Yookte' K'uh to the great (or red)..."

"13 baktun akan berakhir. Kegelapan (hitam)..akan muncul. (itu menandakan) turunnya Bolon Yookte K'uh"

Sebagian peneliti mengatakan bahwa ini adalah ramalan berakhirnya dunia pada tahun 2012. Namun peneliti lain punya pendapat berbeda.

Kuncinya, menurut mereka ada pada nama asing "Bolon Yookte K'uh". tiga kata aneh ini ternyata nama seorang dewa yang dalam beberapa referensi kuno sering disebut sebagai dewa perang atau dewa konflik.

Karena itu, sangat rancu untuk menafsirkan akhir baktun ke-13 sebagai kiamat dunia. Bisa saja yang dimaksud oleh monumen tersebut hanyalah sebuah peristiwa perang, itupun kalau terjemahan yang dilakukan Mark Van Stone akurat. Soalnya monumen Tortuguero telah mengalami kerusakan yang cukup berat. Kalimat-kalimat yang terbaca sangat minim dan kabur.

David Stuart, seorang spesialis tulisan Maya dari Universitas Texas bahkan sama sekali tidak setuju dengan penafsiran bencana atau perang dari monumen ini.

"Tahun 2012 yang dimaksud monumen itu adalah ulang tahun penciptaan. Suku Maya tidak pernah mengatakan bahwa dunia akan berakhir, mereka juga tidak pernah mengatakan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Mereka hanya mencatat masa ulang tahun monumen yang akan datang" Demikian kata David.

Menarik kan ?

Penerapan kalender Long Count yang berbeda-beda
Menurut para penganut teori kiamat 2012, siklus ke-4 long count akan berakhir setelah baktun ke-13. Namun disinilah muncul masalah baru.


Suku Maya ternyata memiliki inskripsi-inskripsi kuno lain yang menyatakan bahwa siklus ke-4 tersebut akan berakhir pada baktun ke-20, bukan baktun ke-13. Dan sepertinya ini diabaikan oleh para penganut kiamat 2012.

Jika siklus ke-4 berakhir pada baktun ke-20, maka siklus ini akan berakhir pada tahun 4772, bukan 2012. Hal ini dikonfirmasi oleh adanya penerapan kalender long count yang berbeda-beda di berbagai kota Maya.

Di Palenque, bukti-bukti menunjukkan bahwa siklus penciptaan ke-4 akan berakhir setelah 20 baktun, bukan 13 baktun. Di tempat lain, sebuah monumen yang didirikan untuk memperingati penobatan raja Pakal menghubungkan penobatan tersebut dengan peristiwa-peristiwa hingga 4.000 tahun setelah penobatan. Artinya, monumen ini tidak menunjukkan berakhirnya dunia pada tahun 2012.

Jika suku Maya memang merujuk kepada akhir dunia, bukankah harusnya mereka sepakat dengan masa berakhirnya siklus ke-4 ?

Unsur-unsur Kalender yang lebih tinggi

Pada tulisan saya sebelumnya, saya telah menyinggung mengenai lima unsur kalender long count. Untuk mengingatnya kembali, ini unsur-unsurnya :

1 kin = 1 hari
1 uinal = 20 kin
1 tun = 18 uinal
1 katun = 20 tun
1 baktun = 20 katun

Tapi tahukah anda bahwa selain lima unsur di atas, suku Maya juga memiliki empat unsur yang lebih tinggi yaitu piktun, kalabtun, kinchiltun dan alautun. Walaupun Keempat unsur ini jarang digunakan, namun keberadaannya tidak bisa diabaikan begitu saja.

Jadi jika kita menulisnya secara lengkap, maka unsur kalender Maya akan terlihat seperti ini :

1 kin = 1 hari
1 uinal = 20 kin
1 tun = 18 uinal
1 katun = 20 tun
1 baktun = 20 katun
1 piktun = 20 baktun
1 kalabtun = 20 piktun
1 kinchiltun = 20 kalabtun
1 alautun = 20 kinchiltuns

Memang para ilmuwan masih terpecah dalam soal apakah piktun (unsur di atas baktun) akan dimulai pada baktun ke-13 atau ke-20, namun paling tidak mereka sepakat mengenai adanya unsur-unsur yang lebih tinggi.

Coba hitung, jika alautun adalah unsur yang terakhir dan kiamat akan terjadi setelah 1 alautun saja, pada tahun berapakah dunia akan berakhir ?

Saya akan memberikan petunjuk bantuan kepada anda, yaitu 1 baktun = 144.000 hari. Cobalah hitung pelan-pelan, hasilnya tidak perlu di-email ke saya.

Bagaimana kita memandangnya
Susan Milbraith, kurator di Latin American Art and Archeology di Museum Natural History di Florida mengatakan,"Kami sebagai bagian dari komunitas arkeologi tidak memiliki catatan bahwa suku Maya menganggap dunia akan berakhir pada tahun 2012."

Ahli suku Maya lainnya, Sandra Noble, direktur eksekutif Foundation for the Advancement of Mesoamerican Studies di Florida mengatakan :"Bagi suku Maya, akhir dari sebuah siklus kalender adalah sesuatu yang akan dirayakan besar-besaran."

"Menganggap bahwa tanggal 21 Desember 2012 sebagai hari kiamat adalah sebuah pemalsuan dan kesempatan bagi sebagian orang untuk mencari uang." Lanjutnya lagi.

Ucapan Milbraith dan Noble sepertinya juga diteguhkan oleh beberapa kelompok masyarakat Maya di dataran tinggi Guetamala.

Dalam tulisan saya sebelumnya mengenai penyebab kehancuran kebudayaan Maya, saya mengatakan bahwa keturunan suku Maya sejumlah 7 juta orang masih tersebar di wilayah Amerika tengah saat ini. Dari sekian banyak kelompok yang tersebar, ternyata masih ada beberapa kelompok yang masih mengikuti tata cara kebudayaan nenek moyang mereka, termasuk penggunaan kalender kuno long count.

Anehnya, kelompok masyarakat Maya ini tidak melakukan persiapan apapun untuk menyambut kiamat 2012.

Apakah mereka TIDAK TAHU bahwa dunia AKAN berakhir pada tahun 2012 ?

Atau justru mereka SANGAT TAHU bahwa dunia TIDAK AKAN berakhir tahun 2012 ?

Atau mereka tidak peduli sama sekali ?

Fenomena kiamat 2012 bagi saya persis seperti sebuah adegan di televisi :

Dua politisi sedang berdebat dengan seru, yang satu berkata,"rakyat menginginkan ini", yang satu lagi berkata,"Tidak, rakyat menginginkan yang ini.".

Di rumah, rakyat yang sedang menonton berkata dalam hatinya,"Tidak, mereka berdua salah, bukan itu yang saya inginkan, Lagipula mereka tidak pernah bertanya kepada saya apa yang saya inginkan !"

Mengenai kalender Maya, sepertinya beberapa orang asing yang mengaku telah meneliti inskripsi-inskripsi Maya kuno telah menyebarkan penafsiran mereka sendiri tanpa bertanya kepada suku Mayanya sendiri.

Apolinario Chile Pixtun, seorang sesepuh suku Maya di Guetamala mengeluhkan hal ini. Ia mengaku lelah karena terus ditanya soal 21 Desember 2012. Menurutnya, ide kiamat 2012 datang dari orang-orang barat, bukan dari suku Maya.


Jose Huchim, seorang arkeolog Maya berkata,"Jika kita pergi ke komunitas Maya dan bertanya mengenai apakah yang akan terjadi pada tahun 2012, mereka pasti tidak mengetahuinya. Dan jika engkau berkata kepada mereka bahwa dunia akan berakhir pada tahun 2012, pasti mereka tidak akan mempercayaimu."

Pada November tahun ini, film yang berjudul "2012" akan segera menyerbu bioskop-bioskop di Indonesia dan hampir dipastikan akan segera menjadi box office dunia. Dan jika anda pergi ke toko buku, anda akan menemukan buku-buku dengan topik kiamat 2012 mulai dari yang original hingga yang sekedar mencontek dipajang di rak-rak utama.


Sepertinya memang Ini adalah sebuah wacana yang dihembuskan dengan teknik marketing yang brilian !

Jika ini semua adalah marketing, apakah kita akan membiarkan hidup kita dipengaruhi olehnya ? tentu saja tidak !

Tapi, jika kita mau membiarkan diri kita dipengaruhi olehnya, maka saya berharap, pengaruh itu menjadikan kita manusia yang lebih baik, paling tidak hingga Desember 2012.

Pada tulisan berikutnya saya akan membahas mengenai pandangan scientific mengenai badai matahari, perputaran kutub dan galactic alignment yang konon akan terjadi pada tahun 2012. So keep following this blog !

(foxnews.com, skepdic.com, mayan-calendar.com, wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

124 comments:

  1. Pertamaxxx??
    Ya nih, di tv indonesia juga udah ada yang mulai mbahas kiamat 2012...

    ReplyDelete
  2. Menurut gw 2012 hanya propaganda aja, mungkin bertujuan untuk mengacaukan bumi, ekonomi dunia etc
    btw, di gramed byk buku ttg 2012 dari yg abal2 ampe mahal amit2, enigma niat beli? Atau malah mau bikin juga buku 2012?

    ReplyDelete
  3. Pembahasan yang fantastis....!!!!

    4jempol buat bro enigma...

    ReplyDelete
  4. nice bang enigma keep posting,

    ReplyDelete
  5. ya.....sepertinya skenario wacana kiamat 2012 adalah untuk kepentingan ekonomi. Bukankah filmnya muncul bulan ini ? Memang boleh juga tuh.....Salam kenal dan salam sukses selalu.
    Enigma memang informatif untuk yang satu ini. Salut mas enigma...

    ReplyDelete
  6. klo logika gw sih, 2012 itu :
    1. nyari duit
    2. nakut2in org biar dpt duit
    3. blm psti klnder yg berakir di 2012 itu artinya kiamat
    4. cma Tuhan yg tw kpn kiamat terjadi (lama2 kyk lancang manusia mau tw aja rahasia Tuhan)

    lgian 2012 kiamat itu akal2an org barat aja ... pada nyambung gk nih?

    fb : uncerberus@gmail.com (promosi dkit ya om enigma, haha, soriii ...)

    ReplyDelete
  7. saya ndak terlalu fokus baca berita dr awal ampe nyaris akhir.otak ngga nyampe.tp pas baca psen moral d bawahnya fokus bgt.soale apapun faktanya klo itu ndak buat kita lbh baik emng jd miningles

    ReplyDelete
  8. Org bisa berkata dan berencana sperti itu kan jg dr Tuhan. Kalo Tuhan tdk menghendaki, ya tdk mungkin dong org barat berkata sperti itu. Krn yg menggerakkan semua mahluk ciptaanNya hanya Tuhan. Gampangx, lihat dr sisi Arkeologi aja kata Enigma jgn dr sisi Agama. Oh ya, Bkn cuma film yg ada sekuelx. Blog enigma ada jg. Jd g sabar nich nunggu sekuel ke 3. Kpn di post nich? Uda g sabar.

    ReplyDelete
  9. good article , like it !!!
    bukan cuman sekedar nyari duit . . . tp ada tujuan dibalik itu . . .
    kalo menurut saya pribadi . . . semua ini ada hubungannya dgn new world order . . .
    mudah2an mas enigma setuju sama saya . . .

    saya tertarik sama misteri di article di blog ini , sehingga mencari tau hubungan2nya dengan new world order . . .
    bisa di cek disini ama temen2 yang tertarik . . .
    http://nwolibrary.com/

    tarima kasih mas enigma , saya suka gaya tulisan anda :)

    ReplyDelete
  10. Mas Enigmaaaa~ ada salam cinta dari sayaaaa~~ saya suka banget sama artikel mas enigma yang ini (saya suka semua sih, cuma suka banget sama yang ini)..dedicated untuk orang2 bodoh yang emosian dan menghina2 tanpa bisa bersikap netral..nyahahaha

    saya emang ga percaya kiamat bakal dateng taun 2012, tapi saya percaya kalau sesuatu MUNGKIN akan terjadi pada taun itu. Entah apa, karena tak bisa dipungkiri, manusia dan keadaan sekarang tuh udah parah.. jadi bisa aja taun 2012 itu adalah taun dimana teguran akan datang..well who knows :D

    Apolinario Chile Pixtun, seorang sesepuh suku Maya di Guetamala mengeluhkan hal ini. Ia mengaku lelah karena terus ditanya soal 21 Desember 2012. Menurutnya, ide kiamat 2012 datang dari orang-orang barat, bukan dari suku Maya. >> sumpah saya ketawa baca ini. ada2 aja gitu..udah tau sesepuh suku maya sendiri yang bilang kalo ide kiamat itu dari barat, tapi teteeeeep aja dibahas mulu..haduh haduh

    eh betewe, mas enigma tinggal dimana ya? saya kok punya ide untuk kumpul2 sama mas enigma (untuk fans ni blog) pada saat pilem 2012 itu muncul..hehehe sekalian gath dan bincang2 :D pasti enak deh kalo diskusi live sama mas enigma :D

    ReplyDelete
  11. haha. syukurlah smart yukichan suka dgn ini tulisan. saya tinggal di jakarta dan tersanjung dengan ajakannya. Tapi Nanti film 2012 pasti saya tonton juga, jangan-jangan ada ide untuk tulisan. hehe

    ReplyDelete
  12. nice bang !!
    data2'y keren.
    lanjut bang !!

    ReplyDelete
  13. Iya nih.. penasaran pengen tau yang mana sih, penulis blog keren ini..

    Kalau Mas Enigma ga mau ketahuan, pake kostum ninja aja. Kan cuma matanya aja tuh yang keliatan..
    :P

    Ga sabar pengen nonton 2012. Trailernya keren!

    Soal kiamat sih, aku ga percaya.
    Tapi malah kepikiran..
    mending kalau aku ketemu 21 Desember 2012.
    Kalau umurku ga nyampe?

    Meskipun aku yakin kiamat masih lama, tapi dari sekarang harus rajin beribadah, kan umur ga ada yang tau.. betul?

    ReplyDelete
  14. hmm. kostum ninjanya sepertinya boleh saya pertimbangkan. :P

    ReplyDelete
  15. manusia sudah mulai lancang..... Tuhan Jangan Marah yah... ! Yang awal mulanya ngebuat isu 2012 akan nkiamat, semoga kiamat sendiri. heheh.. gak ding becanda. semoga Tuhan memafkan. Amin.


    sahabat_gie@yahoo.co.id FB, ( om sedikit promosi, mw cari teman aja. )

    ReplyDelete
  16. bravo my friend.....ini baru riset.....!!!!wakakakaka.........btw..sorry...janji postingan saya molor...lagi sibuk betulin kompie di kantor temen...gitu dong jangan sibuk ngitung duit orang melulu...posting dulu yang bermutu....wakakaka....you're still the best pal...!!!

    ReplyDelete
  17. wah..banyak yang bicarain ini ...mpe gw sendiri pernah stress di buatnya...
    gila iia..
    tapi yang nentuin smua itu Tuhan...
    manusia hanya bisa usaha

    ReplyDelete
  18. hmmm...ribet baca nya bro hehehe...
    yahhh...sptnya kita hanya bisa menunggu waktunya tiba daripada menebak2 apa yg akan terjadi :)

    ReplyDelete
  19. Jelas hanya kerjaan marketing aja hehehe...
    Wong umur bumi ini sudah milyaran tahun dan bakal milyaran tahun lagi.
    Lagi pula berakhirnya satu siklus bukanlah berarti kiamat melainkan masuk siklus selanjutnya dst.

    ReplyDelete
  20. @Info reksadana: siapa bilang bumi milyaran tahun...?? cuman ratusan juta tahun kok....

    ReplyDelete
  21. ditunggu artikel baru nya yang 2012, film nya yaknya seruh nih

    ReplyDelete
  22. Mantab!! Keren banget!! ni baru penjelasan yang bagus dan tidak asal ceplas ceplos jadi masyarakat tidak perlu panik. .pernah ada infoteinment yang bahas ini tapi kata2nya terlalu dibesar besarkan dan bikin panik pdahal ga jelas tuh apa yang dibicarakan. ditunggu update selanjutnya ^___^

    ReplyDelete
  23. Bos, lalu gimana dgn crop circle yg dibuat makhluk super cerdas yg menguasai ilmu astronomi jagad raya ini, yg menggambarkan simbol2 dari suku maya yg merujuk ke 2012? crop circle tsb termasuk kategori yang mana ?

    ReplyDelete
  24. Wow ! Benar2 dikupas habis-habisan !

    ReplyDelete
  25. waaah, saya jadi ngefans neh baca blog ente, kalo sehari aja ga ada tulisan baru...saya jadi meriang deh hehehe,

    ada beberapa pertanyaan neh, dalam sejarah suku maya kan terdapat buku tafsir yg disebut CODEX, yg beberapa bukunya di bakar hitler, katanya ada sebagian yg terselamatkan, ada info ga neh mr. enigma?

    land lord, mr.lawie

    ReplyDelete
  26. hmmm...., bang enigma bisa bahas tentang nicholas flamel ga boss...???

    biar bisa masuk nama gimana ya boss

    land lord, mr. lawie

    ReplyDelete
  27. Wow, great posting!! hebat sekali risetnya, sejak ngikutin blog Enigma sampe saat ini, baru kali ini saya terkagum-kagum dengan dedikasi Enigma dalam mencari dan membagi informasi. Thanx buat postingannya.^_^
    Menanggapi 2012, kalo mnrtku kurasa kita tunggu saja tahun 2012 datang, tinggal 2 tahun lagi.. jika kita masih beruntung mencapai 2012. Bencana alam atau kiamat tidak dapat dihitung ataupun diukur manusia, bila saatnya tiba ya pasrah sajalah.

    ReplyDelete
  28. Ada tuh tmn aq yg krjny nktin tmn2 cewexp pdhl orngny mang sotoy

    ReplyDelete
  29. tul, orang2 barat mank kurang kerjaan, just keep prayin' because we;ll never know whenit happens,dan bukan kiamat yang harus kita takuti tapi hari penghakiman setelah kiamat, apakah kita sudah cukup bekal menghadap-Nya....Oke bro and sis...
    I like this blog...thanx bro...

    ReplyDelete
  30. wahh,,, keRen Nice Posting.
    belakangan ini uda jarang buka blog Om Enigma, soalnya komputer kena virus.(T_T)
    padahal hampir semua blognya aku bacain.hehe
    untuk koment tentang yang ini, saya hanya bisa kasih senyum.^^

    jujur,temanku punya six sent, dan pertama kali aku baca tentang blog 2012, aku tanya dia tentang ini, dia cuma bilang banyaq berdoa, tapi tenang Tuhan beserta kita!

    kalo memang tetang suku maya yang ramalin gini2an, apa kabar sama mama Lauren yang juga ramalin tentang ini?
    mungkin gak KIAMAT, but suatu peristiwa pasti ada.! YANG JELAS JANGAN TERLALU PERCAYA, sebagian besar cuma iseng2 ajah kali ye, buat heboh.. haha ^^

    I Luv blog ini. ^^


    "jngan lupa nonton New Moon and 2012"
    is so good box office.!

    ReplyDelete
  31. kyaaaaaa, mas enigma kereeeeeeennn, mas enigma seharusnya ikut debat dunia mengenai 2012 *wish* . .

    ReplyDelete
  32. ayo mas enigma~ saya juga tinggal dijakartaa..
    *terak: bagi yang tinggal jakarta sekitarnya gath sama mas enigma yuk...wakakakka

    *lirik yang punya blog*

    ReplyDelete
  33. ya semua kita serahkan pada Allah SWT saja..sisi baiknya kita harus lebih peduli sama bumi ini..menjaga dan merawat, jangan sampai "kiamat" terjadi karena ulah dan tindakan serakah manusia sendiri...nice info mas, kunjungi blog aku juga ya

    ReplyDelete
  34. cool article mas. kl org yg bener sih bakal ada dampak posotifny ,mrk bakal jd lebih rajin beribadah, nah kl buat org yg ga bener malah jd tmbh ga bnr krn mrk bakal nyoba hal2 buruk krn mikir kpn lg bs nyoba krn bentar lg kiamat :P
    Nobar 2012 ide bagus ^_^
    setuju sm anonymous, bahas ttg Nicholas flamel dong mas.

    ReplyDelete
  35. menurutq se..ketepatan yang tau kiamat datangnya kapan, ya hanya yang menciptakan kiamat itu sendiri deh...
    oya enigma, ntar q pasang link u d tempat q j dehw..q g menemukan banner u..yohohoho..

    ReplyDelete
  36. nobar, satu lagi nih pendukung nya..

    ReplyDelete
  37. mantap bang infonya, saya suka banget bacanya. an eye opening. bahasanya juga enak, gampang dimengerti u/ orang awam kayak saya hehehe

    ReplyDelete
  38. wow !! kren iia . saya udah bca lho dri postingan sebelumnya . smpe tdur mlem pdhal bsok uts , hihiii .
    abisnya menarik buat d baca sih .
    sukses trus iia mas . info.a bnerbner brguna buat pengetahuan saya .

    ReplyDelete
  39. Ceritanya menarik..tp tetep.. ini CUMAA HOAX..
    yang penting nikmatin aja..
    malah ada muvee nya segala,,,
    dasar manusia..
    :D

    ReplyDelete
  40. yg penanggalan Maya emng nda percaya saya..
    kesan nya terlalu dipaksakan..
    tp masih pnasaran ma yg pandangan scientific.. terutama photon belt..
    ditunggu lanjutannya bro enigma!!

    ReplyDelete
  41. Seperti biasa, satu lagi pembahasan bermutu dengan sudut pandang open minded ala mas enigma...

    never bored with this blog.. (shifu!! hahaa)

    menurut saya kiamat 2012 tuh ga ad, tapi mungkin memang akan terjadi sesuatu. Bukan kiamat karena alam, tapi lebih cenderung ke perbuatan kalangan tertentu..

    Menurut mas enigma gmn???

    ReplyDelete
  42. mantap bro, saya seneng membaca artikel 2012......... thanks infonya brooooooooooooo

    ReplyDelete
  43. kalo menurut saya, kiamat/kehancuran itu pasti datang..tidak usah ditunggu...yang pasti kita siapkan diri kita saja..kiamat yg disebut oleh suku maya tidak jelas/rapuh..dikarenakan yg menerjemahkannya adalah orang pada masa sekarang ini..dan kiamat tidak bisa di kira2..salam kenal mas enigma...tks atas opininya..

    ReplyDelete
  44. saya baca di satu majalah (stasiun-game :D) disitu dikasih tau klo beberapa teori ttg kiamat 2012 itu ditertawakan oleh para ilmuwan... di majalah itu dijelaskan selain kalender maya dan badai matahari ada beberapa teori lainnya seperti ilmuwan yg bermimpi ttg alien yg memberitahukan akan terjadi hal besar pd 21 desember 2012 dan bbrp teori lainnya... mohon anda bahas bila mendapat info lainnya hehe. EVILution

    ReplyDelete
  45. I like this blog very much.
    sangat imbang antara informasi yg diberikan dengan pendapat dari penulis. penulis jg tidak memprovokatif dan tidak menghipnotis pembaca dengan doktrin2. sangat bagus menjelaskan sesuatu berdasarkan data dan fakta yg ada.
    thanks for the information. :)

    ReplyDelete
  46. filmnya bagus lho!!1!!!!!!

    ReplyDelete
  47. koreksi: sebelum bicara kiamat(bagi kalian yg bicara kiamat) apa kalian semua tahu apa arti kiamat?? kiamat itu berarti kebangkitan di mana kebangkitan itu datang dari sebuah keterpurukan.....jadi bedakan apa itu kiamat dengan akhir zaman....2012 itu berbicara soal akhir zaman yang seharusnya manusia tidak boleh membicarakannya....

    ReplyDelete
  48. tdk ada yang thu kpan kiamat terjadi,kita(mnusia)tdk dpt meramalkannya,jd ,"hiduplah didunia seakan kau hidup selamanya dan ingatlah kiamat seakan kau mati esok"jdi bertaubatlah,karena kita semua kepunyaan ALLAH S.W.T,jd renumgkanlah.!!!!!!

    ReplyDelete
  49. yeaa~ udah banyak nih yang minta nobar~ ayo ayoo mas enigma *summon yang punya blog*

    ReplyDelete
  50. haha.. dari kemaren saya bingung, "nobar" itu apaan ? setelah saya berpikir keras barusan, saya baru tahu kalo itu artinya nonton bareng ya ? ck..ck..istilah zaman skrg.haha..
    Tapi sayang sekali, saya masih sibuk di kantor. haha. very-very sorry dear.

    ReplyDelete
  51. nobar, saya mau tuh. tapi saya tinggal d Sby. hmmm......

    tapi nonton ttg kiamat?!?! apa serunya?

    Btw, ttg 2012 saya bisa meramalkan banyak terjadi kecelakaan, perceraian di antara para artis, dan bencana alam....????!!!!

    ReplyDelete
  52. kiamat adalah rahasia tuhan, jika manusia tahu akan terjadi kiamat maka orang-orang akan koropsi, merampok,memperkosa,dll. karena orang-orang itu mersa hidupnya tidak lama lagi.

    ReplyDelete
  53. mengapa meributkan kiamat. sekarang yang terpenting udah punya ppersiapan lom kearah sana.kiamat dan mati adalah sebuah kepastian. peramalan merupakan penyesatan pikiran

    ReplyDelete
  54. Mantap..setelah baca Postingan yg 1 ne..Bru x ne pengen Comment..Hohoho
    Saya Pembaca Setia Blog Enigma tiap 2 hari sx pasti saya cek Blogny bwt tw ad yg baru ato ga..coz menarik smw c..bikin deg2an n Penasaran..But Bikin Pinter jg..Terutama Postingan yg 1 ne..Saya awalny memank teriming - imingi sama Kiamat 2012..tp stelah baca Postingan ne..Wow..Smw Jempol bwt Mas Enigma d..Hahaha..klo d blog ne ad aplikasi Like ky d FB pasti saya Like..Hahha..Nice Postingan Mas Enigma..Saya tunggu Postingan Berikutny..^^

    ReplyDelete
  55. Gokill lah mas Enigma nih !! mantab bgt lw bro !!

    ReplyDelete
  56. sebenernya tuhan tuh blom kepikiran kapan mo kiamat, tapi karna bnyak manusia yg menduga terjadi di tahun 2012, maka skarang dia mulai mempertimbangkan...
    kan ada yg bilang bahwa semesta tuh beresonansi dan berrefleksi sperti apa yg kita pikirkan..
    hehe, sori gua emang sok tau...
    salut buat enigma!!!

    ReplyDelete
  57. aku dah nonton tuh film nya keren banget naik kapal kayak nabi nuh

    ReplyDelete
  58. Nice blog mr enigma.

    ReplyDelete
  59. ...yg jelas 2012 emang bikin "kiamat" ...
    mo nonton aja ngantri...
    ditambah lagi, skr bny tmen yg brlomba2 nyari 2012...buat plat motor/mobil...kiamat gak tuh...

    ReplyDelete
  60. menurut mimpi yang saya mimpikan...kiamat datang ketika suasana di dunia ini sudah modren dan lbh canggih dari dunia skrng...langit agak kemerahan tp merah padam...seperti panasnya matahari sudah redup..../ matiny bintang matahari..suasana terasa agak dingin dari sebelumnya...terasa lbh sepi dan hampa..walaupun aktivitas manusia msh ada...yg paling di inget di bumi tanahnya gersang,tetapi tidak panas..???mnrt anda2 yg baca...gmn??aku pun bingung di mimpiin keg gn..berulang2...

    ReplyDelete
  61. Kiamat ga kiamat yg pasti aku jual tanah luas nih di Bogor.. Infonya di www.johanestjia.blogspot.com hehehehe..

    ReplyDelete
  62. ma kacih, dah ngizinin ku copy paste
    menurutku ni, kiamat pasti datang tapi kapan? mana ku tuhu ! tanya aja sama rumput-rumput yang bergoyang! pasti deh kalau bisa menjawab, jawabanya: sekarang belum mungkin besok atau nanti hi.......!

    ReplyDelete
  63. hanya tuhan yang tahu kapan berakhirnya kehidupan di dunia ini..

    oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

    ReplyDelete
  64. ibaratkan sebuah energi sebuah bola lampu ....2012 bukan akhir segalanya ... tapi hanyalah ending puncak titik balik energi menuju keredupan kembali gulita ... tapi fase menuju kegelapan didahului hentakan benderang (gemah ripah loh jinawi ) bahkan menurut kalender sunda bukan 12 12 2012 tapi april 2012 tapi kita tunggu bersama mana yang mumpuni budaya maya ataw budaya indonesia yang mendekati ..... thx

    ReplyDelete
  65. kak nice ni britanya tpi aku ga percya sama se x cz aku prcya ma keyakinan aku, bahwa kiamat tiada 1 orangpun yang tau

    ReplyDelete
  66. Hmmmm.... ga bisa ngomong apa2.... it's really nice blog, i like it!

    ReplyDelete
  67. really really like this blog...
    jujur gw salah satu orang yg khawatir dgn berita ttg kiamat 2012 atau ttg bencana yg sangat besar di tahun itu...tapi setelah baca artikel'' di blog ini ttg kiamat 2012 n suku maya,pikiran n perasaan gw jd terbuka n pastiny gw lega...
    semoga kita selalu menjadi manusia yg lebih baik setiap saatny sampai akhir hidup kita tiba,amiinnnn...
    ajung 2 jempol buat yg pny blog ini..

    ReplyDelete
  68. Bro....bener2 hebat sampeyan....pembahasannya bener2 enak di "baca n perlu"( kayak iklan majalah mingguan nech ).....Bro...itu dunk di tulis lagi yg umurnya 446 th....trus ada gak ada artikel yg membahas pencarian bukti pembangunan "BABEL" yg diruntuhkan oleh TUHAN...kalo ada di tulis juga dunk....salam 4 Jempol dech buat Enigma....(foto kamyu jgn matanya doank dunk )...hahahhahahaaa...

    ReplyDelete
  69. seep broo.......
    ane puas ama penjelasanannya....
    lebih menggunakan logika penjelasannya.....

    ReplyDelete
  70. mantep bgt penjelasannya.....
    logika itu yg berbicara....

    ReplyDelete
  71. Oke punya nih postingannya... kiamat 2012 propaganda orang bule biar bikin dunia jadi kacau nih. Denger2x katanya(sebagian orang) banyak yang bunuh diri di amerika sana setelah melihat film 2012. bener apa ga ya? bro... kalo ada infonya diposting juga tuh. BRAVO buat ENIGMA

    ReplyDelete
  72. kiamat 2012 cuma promo buat nglarisin film "2012" aq dah nonton, jelek banget, garing !! kalo ngga ada isu kiamat aq yakin film itu bakalan terjun bebas alias NGGA LAKU !!!

    ReplyDelete
  73. like this!! ijin copy paste ya...

    ReplyDelete
  74. tulisan yang amat menarik, mas enigma... terimakasih... semoga berkah...

    ReplyDelete
  75. positif thinking aja..
    :D
    and dont forget to pay a visit here

    ReplyDelete
  76. 21-12-2012, mirip permainan angka ya, tp kalo di jumlahkan begini 012+021+102+120+201+210=666
    wow angka setan
    tp menurutku ga kiamat koq, kalaupun terjadi mungkin hanya pemulihan Bumi, kan mirip software, istilahnya kayaq windows xp, teus kluar window vista, eh kluar lagi windows 7, nah mirip2 gitu sih

    ReplyDelete
  77. Dari semua ulasan yg gw baca mengenai 2012,dr yg pro & kontra,semuanya msh MISTERI alias ga ada yg tau,.. faktanya cuma 1,planet kita(bumi),matahari,bakal sejajar sama black hole di tgl 21-12-2012,(itu pasti),cuma itu, yg lainnya cuma kira2. klo yg dimaksud kiamat itu berarti manusia bakal punah,ga mungkin..,

    ReplyDelete
  78. Bagi saya kalender maya lebih mirip visual dari game ZUMA...........!!!!!!!!!! he he he wakakak

    ReplyDelete
  79. wah ..baca blog ini semakin menarik buat mengkaji 2012 yang terus beredar di Blog2..salut buat mas enigma 14 jempol deh!!..saya percaya bahwa ntar 2012 yang di maksud akan ada perubahan besar yang bakal mengubah wajah planet ini..banyak juga yang mengaitkan bakal ada perang besar antara kaum muslim dengan yahudi(maaf bukan pingin SARA lho!!)yang pernah di ucapkan nabi muhammad SAW, Perang nuklir besar, Juga ramalan Joyoboyo tentang bakal ada satria piningit seperti yang asya baca di Jawa pos hari ini,..Juga tentang bagaimana bumi ntar masuk dalam Zona photon, Zona dimana medan magnetik yang ditimbulkan sangat kuat akibat efek dari Perputaran Pusat tata Surya ALCION(katanya lho)..yup bumi mengitari matahari yng masuk dalam gugusan bima sakti..dan gugusan2 sejenis andromeda DKK masuk dalam sistem yng namanya Paleides, nah paleides ini yang mengitari Alcion
    biar lebih lengkap liat di nibiru.blogdetik.com

    ReplyDelete
  80. lagian kenapa juga tuh orang barat patokannya ama suku maya,kenapa ga dari suku jawa,batak,bugis,dayak,dll dsb...
    kan dari suku2 diindo jg punya kalender sendiri sendiri,gw yakin pasti lebih menarik..
    :D

    ReplyDelete
  81. yah namanya aja cari duit....
    kalo ga ada gembar gebor 2012-2012 kek gitu,g bakalan qita ribut di forum ini...g bakalan bang enigma posting tulisan ini...dan yg jelas,masyarakat kita dan dunia suka hal-hal yg 'surprise' n bisa diperbincangkan...mpe tante yukichan ngajakin gath bang enigma kan...hahahahaa
    peace n salam
    moose_lafette@yahoo.co.id
    kalo tante yukichan ngajakin aku,langsung berangkat dah.....hehehe ^^V

    ReplyDelete
  82. Kalender maya sebenarnya buatan Alien, sama hal nya perang di khurusethra - baratayudha yang ada campur tangan Alien nya.. sebenarnya alien mirip manusia juga kok, info ini saya ketahui langsung dari pengalaman diluar nalar manusia secara gaib(kalo saya jelaskan tentu akan panjang) saya tidak mau manusia di bodohi tentang kiamat yang akan terjadi 2012. alien sangat mirip manusia bentuk mereka pun sama seperti manusia bahkan kebanyakan nama mereka di ambil dari nama2 kota di bumi, hanya saja tiap mereka mengintai bumi mereka mengubah tampilan mereka, mereka tidak percaya tuhan karena tuhan mereka adalah teknologi, dan mereka tinggal di suatu pelanet terbesar di susunan tata surya kita, yang menurut kita tidak ada kehidupan. karena mereka melapisi planet tersebut dengan teknologi mereka agar planet itu nampak mati, bahkan mereka dapat menciptakan gempa rekayasa, tujuan alien meresahkan agar manusia di bumi binasa.. oleh karena itu 1 hari sebelum gempa dan tsunami akan muncul ufo dan sebenarnya ufo bukan pesawat atau alat terbang berkemudi 1 atau 2 seperti jet ukuran ufo terbesar yang pernah saya ketahui adalah 3% ukuran planet bumi, karena di dalam nya banyak terdapat alien dan robot2 aktivitas hidup seperti halnya di darat, dan bencana2 yang terjadi adalah perbuatan alien. bahkan teknologi yang manusia dapatkan sekarang adalah warisan mereka, semenjak jaman atlantis, sampai skarang teknologi kita adalah sumbangsih para alien yang menyamar jadi ilmuan dan membuat jaringan, tujuan nya agar manusia mencintai teknologi, dan jadi malas mengingat tuhan sehingga tuhan murka dan mempercepat kiamat, oleh karena itu kiamat tidak dapat di tentukan waktunya, sebenarnya alien bisa saja menghancurkan bumi dalam hitungan singkat dengan alat2 canggih yang mereka miliki akan tetapi hal itu melanggar hukum alam dan tuhan.. mereka ingin menghancurkan bumi dan mengganti nya dengan dunia baru yaitu planet mereka serta menjadikan ras mereka yang sedikit itu menjadi ras no.1 di jagat smesta, karena di sistem alam smesta Planet bumi lah yang dianggap paling kuat versi para alien, karena jumlah penduduk bumi banyak, manusia memiliki budaya, dan pasukan yang bersatu. dari semua planet memang planet bumi yang di huni banyak mahluk hidup, di banding planet mars yang hanya di huni 24 mahluk saja tapi ingat mereka bukan jin bukan pula manusia, karena memang stiap planet sebenarnya di huni dan di rawat oleh mahluk nya. sebenarnya saya tidak boleh menceritakan ini karena saya membocorkan rahasia smesta alam tapi saya tidak mau manusia bodoh dan percaya kiamat 2012. jujur saya tidak dapat membuktikan secara empiris karena ini merupakan pengalaman gaib hanya saya dan beberapa orang utusan saja.

    ReplyDelete
  83. @atas
    Astagfirullah ... !!!

    ReplyDelete
  84. baca blog ini..jadi lupa blogwalking :p top!!!!

    ReplyDelete
  85. O iya bung Enigma, sory mo nambah comment lagi nih :D
    di postingan atas oleh Anonymous ada hal yang menarik, tentang penalaran Alien melalui alam gaib. Om Anonymous mengatakan bahwa alien tidak mengenal Tuhan. tapi saya melihat beberapa baris dibawahnya berbunyi seperti ini "sebenarnya alien bisa saja menghancurkan bumi dalam hitungan singkat dengan alat2 canggih yang mereka miliki akan tetapi hal itu melanggar hukum alam dan tuhan.. ". Nah lho ??? apa mungkin waktu penalaran secara gaib om Anonymous lagi ngantuk ? hihihihihi :D

    ReplyDelete
  86. hahahaha.. iya nih mungkin ngantuk beneran kali y?? ato si om anonymous itu pas lagi ngetik di comment itu pasti sambil ketawa2 y^^(cuman lagi khayal tingkat tinggi), penjelasannya ngak mendasar.. kesannya kyk film2 fiksi ilmiah^^ ato jangan2 Om anonymous sutradara film fiksi ilmiah betulan^^, emank sih aku nggak menyangkal alam gaib itu ada, karena aq sndiri pernah punya pengalaman real.. tapi disini tempat kita berpikir secara logis dengan bukti yang bisa diterima nalar manusia yang sehat lahir dan batin^^.

    ReplyDelete
  87. marketing brarti smua yg nanggapi kiamat 2012 melariskan film 2012

    ReplyDelete
  88. yoa,,it's nothing!!
    i am trusting with the GOD.

    ReplyDelete
  89. pasti ada kalender maya yang hilang....!

    ReplyDelete
  90. Kalo menurut gw sih... Kiamat g 2012 just issue... tpi kalo percaya buat loe jadi banyak berbuat kebaikan dan amal sholeh... ya bagus, berarti itu mengingatkan kita akan kematian, walaupun setiap manusia pastinya akan mati hanya tinggal menunggu waktu saja... tpi menurut gw sih.. dah jalani saja kehidupan loe tanpa mikirin kiamat, yg dipikirin tuh gimana caranya muda senang2, tua kaya raya, mati masuk surga...hehehe... just kidding.. yach jalani saja hidup dengan benar , perbanyak amal sholeh... rajin ibadah dsb. toh kalo kita udah deket sama sang pencipta g ada kata takut tuh.. mau kiamat kapan aja...

    ReplyDelete
  91. masih pengen baca artikel ini meski udah kesekian kalinya aku mbaca disini

    ReplyDelete
  92. yg bilang kalo 2012 kiamat adalah orang GOBLOK yang gak beragama. Tentunya kita udah tahu kalo manusia pertama adalah Adam kemudian Hawa.
    Yg duluan ada sebelum MANUSIA adalah IBLIS. Jadi ya IBLIS itu yg menerapkan pola pikir manusia yg SANGAT TERBATAS...
    Siapa IBLIS yg menjadikan manusia sebagai budak Konspirasi berita Kiamat??? Adalah org2 bodoh yg tidak beragama & tidak mengakui adanya TUHAN.
    Mereka biasanya tidak punya panutan & pegangan hidup.

    ReplyDelete
  93. sbaik.a kita buaaaaaaat film 2012 sbagai teguran spaya kita bisa lbih baik lagi menjalani hidup....

    GOB BLESS you....!!!!!

    ReplyDelete
  94. Bwahahahaha..... ane suka banget sama comment no 87. lucu banget.... tapi bisa bikin merinding kaya baca buku "Ratu Adil".

    ReplyDelete
  95. blogmu sangat menarik banget enigma
    bisa request artikel g?
    katanya alien itu bukan alien melainkan jelmaan jin
    tolong kalau bisa dibahas ya!

    ReplyDelete
  96. kiamat 2012...bukan hal yang perlu ditakuti !

    kapan pun jika Tuhan ijinkn trjdi
    bzok pun bsa mnjadi akhir bag kita semua...
    so, bersikaplah realistis

    ReplyDelete
  97. nice blog!

    saya tunggu artikel menarik lainnya.

    ReplyDelete
  98. eh pertanyaan saya dr post sblmnya uda terjawab di sini.. kl menurut saya baktun sampai 20, stlh itu bisa jadi lanjut ke piktun, atau reset kalender (mungkin kiamat). soalnya kl dipikir menggunakan logika, suku maya kan pinter dalam hal astrologi dan matematika, knp mereka bikin kalender yg perhitungannya tidak jelas (baktun sampai 13. 13 ini angka dpt dr mana?). saya pribadi jika membuat kalender, pasti menggunakan pola yg masuk akal dan perhitungannya jelas.

    ReplyDelete
  99. Hello meski aq masih kls 1 smp aq mau tanya kalo dihubungkan dgn 2012 ( film ) itu bkn kiamat mungkin hanya bencana tapi klo dipikir 2
    Jika mungkin kiamat pasti semuanya hancur

    ReplyDelete
  100. 1 kin = 1 hr
    1 uinal = 20 hr
    1 tun = 360 hr
    1 katun = 2.200 hr
    1 baktun = 144.000 hr
    1 piktun = 2.880.000 hr
    1 kalabtun = 57.600.000 hr
    1 kinchiltun = 1.152.000.000 hr
    1 alautun = 23.040.000.000 hr
    betul 'gak
    Ngomong2 tentang pilm 2012 masih ada yg hidup tuh 'gak det semua.
    -HaBe

    ReplyDelete
  101. Tuh kan ternyata hanya propaganda saja isu kiamat 2012 itu. Hanya untuk mencari keuntungan semata mereka berani-beraninya meneriakkan kiamat akan terjadi di tahun 2012. sungguh terlalu.

    ReplyDelete
  102. Memang banyak orang sangat takut akan datang nya kiamat tetapi menurut AL-QUR'AN tuh kiamat tidak ada seorangpun yang tahu akan datangnya kiamat.


    .kata para ulama mengatakan begitu

    ReplyDelete
  103. perputaran kutub dan galactic alignment kapan dibahas om ?

    ReplyDelete
  104. http://at*moon.multiply.com/tag/kiamat%202012
    cek itu coba bro, perhitungan nya lebih detail.
    Apakah 1 hari itu bulat 24 jam? ternyata tidak.
    apakah 1 minggu itu bulat 7 x 24 jam ? tidak.
    Error makin besar. Ukuran tahun 2012 itu nampaknya berhubungan dengan suatu bugs atau cacat dalam tatacara kita menghitung tahun. Dan hal ini erat kaitannya dengan putaran atau periode Bumi mengelilingi Matahari, aktivitas dinamis matahari sebagai suatu siklus.
    Skeptical, just go to sea.

    ReplyDelete
  105. q g prcaya blas sam suku maya!!!....q hanya prcaya sam ALLAH SWT....suku maya bulsittttttttttt

    ReplyDelete
  106. min coba posting mengenai kontroversi di kalangan ilmuan mengenai galaksi bima sakti yg akan bertabrakan dengan galaksi andromeda bermiliar-miliar tahun kemudian

    ReplyDelete
  107. Thax banget buat artikelnya.... bagus banget...

    ReplyDelete
  108. hanya Tuhan yg tau kpn dtg nya kiamat besar

    ReplyDelete
  109. intinya cuma satu : RUWET.. hahaha
    nice info gan biarpun agak mumet sendiri haha
    http://adizsalsabila.blogspot.com

    ReplyDelete
  110. gitu aja kok repot...lha udah ada yang ngatur kok

    ReplyDelete
  111. Hmm.. Pendapat saya sih begini:: Menurut dr tugu yg ditemukan dan tulisan yg di terjemahkan itu di blg akan turunnya dewa konflik.. Mgkn saja bencana yg terjadi di 21 desember 2012 adalah konflik dr manusia sendiri.. Seperti yg kita lihat sekarang.. Munculnya perang di beberapa negara, munculnya penggulingan pemimpin dan terberat adalah mslh sensi sensian diantara negara negara yg memiliki senjata nuklir.. Takutnya sih bisa terjadi perang nuklir..

    From:: Prince

    ReplyDelete
  112. info menarik penambah pengetahuan..thks

    ReplyDelete
  113. Klo menurut gw tulisan:
    'The thirteenth [baktun] will end. Black.... Will occur'
    Di kata black....nya yg rancu itu klo mnrt gw bukan berarti kegelapan tapi blackberry(yg ..... Itu berry)
    Jd artinya 'saat menjelang baktun ke 13. Blackberry lahir! Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  114. kunjungan malem gan.. :)
    Ditunggu silatur rohmi.a.. :D

    ReplyDelete
  115. pertama terus terang aja ya bro, saya ini sangat senang sekali dengan ilmu astronomi dan arkeolog, dengan baca blog ini, makin menggila saya unutk mendalaminya.. terimakasih banyak..

    ReplyDelete
  116. mis komunikasi adalah sesuatu yg dapat menimbulkan masalah..seharusnya kiamat jgn dijadikan sebuah "permainan"..

    ReplyDelete
  117. dan setelah 7 tahun diposting, saya iseng-iseng mencoba untuk menghitung tahun "kiamat".
    1 baktun : 144.000 hari
    1 piktun : 20 baktun x 144.000 = 2.880.000
    1 kalabtun : 20 piktun x 2.880.000 = 57.600.000
    1 kinchiltun : 20 kalabtun x 57.600.000 = 1.152.000
    1 alautun: 20 kinchiltun x 1.152.000= 23.040.000.000

    jadi 1 alautun, 23.040.000.000 hari atau (23.040.000.000 : 365) 63.123.288 tahun.

    lalu dikurangi dengan usia saat ini. dimulai dari 3114 sm (dari artikel sebelumnya) 2016 = 5.130 tahun.

    lalu terakhir tinggal 63.123.288 tahun dikurang 5.130 tahun = 23.118.158 tahun.

    gak tau bener apa nggak... penasaran aja sih...huhu

    ReplyDelete