Sunday, November 8, 2009

Large Hadron Collider disabotase oleh seekor burung

The Large Hadron Collider (LHC) yang juga sering disebut sebagai mesin yang mampu menciptakan kiamat mengalami peristiwa aneh yang tidak disangka. Mesin super rumit tersebut rusak setelah seekor burung yang lewat menjatuhkan sepotong kecil remah roti ke dalam mesin itu.

LHC adalah sebuah mesin raksasa yang dibuat oleh para ilmuwan jenius di CERN yang dirancang untuk memecahkan partikel yang diharapkan dapat menjawab beberapa pertanyaan dalam fisika kuantum. Mesin yang berbentuk lingkaran ini memiliki panjang 27 km dan terletak di kedalaman 175 meter di bawah tanah perbatasan Perancis-Swiss.

Subjek pemecahan partikel ini telah menarik perhatian para ilmuwan dan penggemar science fiction di seluruh dunia mengingat eksperimen ini juga dipercaya dapat menciptakan lubang hitam mini yang sering dianggap sebagai cikal bakal mesin waktu, walaupun dibantah oleh beberapa fisikawan ternama seperti Michio Kaku.LHC ini juga sempat diangkat dalam novel Dan Brown berjudul Angels and Demons.




Sedangkan CERN adalah organisasi penelitian nuklir Eropa yang bermarkas di Jenewa yang didirikan pada tahun 1954. Fasilitas yang mereka miliki merupakan laboratorium penelitian partikel terbesar di dunia. Saat ini organisasi ini mempekerjakan hampir 8.000 ilmuwan jenius yang mewakili 580 universitas yang berasal dari 80 negara. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui kalau cikal bakal internet pertama kali bermula dari CERN.


Pada awal November ini, LHC mengalami pemanasan yang berlebihan di beberapa bagian setelah sebuah potongan kecil Baguette (sejenis roti) mendarat di sebuah peralatan yang ada di permukaan tanah tepat di atas cincin akselerator.

Dr Mike Lamont, kordinator mesin LHC, mengatakan bahwa potongan kecil baguette itu yang dipercaya dijatuhkan oleh seekor burung yang lewat telah menyebabkan suhu magnet superkonduktor naik dari -271.1 C menjadi -265 C, yaitu titik dimana magnet itu berhenti berfungsi.

Dalam teori, jika LHC beroperasi secara penuh, peristiwa ini dapat menjadi bencana besar. Namun menurut para ilmuwan, mereka telah menyediakan sistem keselamatan yang memadai yang dapat mematikan mesin secara otomatis sebelum suhu naik lebih tinggi.

Pemecahan partikel penuh direncanakan akan dimulai lagi pada pertengahan bulan ini.

Apabila beroperasi, LHC akan menembakkan proton dan ion timah yang akan bergerak menyusuri rute berbentuk lingkaran dengan kecepatan yang hampir menyamai kecepatan cahaya. Proton dan Ion timah tersebut mengandung energi setara dengan kereta super cepat yang bergerak dengan kecepatan penuh.

Tahun lalu, mesin seharga 10 miliar dolar Amerika ini justru menjadi rusak setelah energi super besar ini menjadi tidak terkontrol dan menyebabkan kebocoran gas helium.

Kerusakan beruntun yang dialami oleh LHC telah menyebabkan sebagian ilmuwan berspekulasi bahwa mesin ini telah disabotase oleh partikel lintas waktu mereka sendiri yang datang dari masa depan. Pendapat ini mirip dengan film terminator dimana seorang robot diutus untuk membunuh cikal bakal pemimpin pemberontakan masa depan.

Namun eksperimen CERN ini ternyata tidak mendapat kata sepakat di kalangan ilmuwan. Menurut sebagian ilmuwan, jika lubang hitam mini tercipta, dan terjadi sesuatu yang diluar perhitungan, bisa saja lubang hitam tersebut menjadi membesar tanpa terkendali dan menelan apa saja yang berada di dekatnya. Dengan kata lain, Kiamat !

Seperti yang kita ketahui, lubang hitam memiliki gaya gravitasi super kuat sehingga bahkan cahayapun ditelan olehnya.

Karena itu di sejumlah negara di Amerika dan Eropa, beberapa ilmuwan telah mengajukan gugatan hukum agar CERN menghentikan usahanya untuk memecahkan partikel.


Apakah mungkin seekor burung dikirim dari masa depan untuk menggagalkan usaha CERN ?? Hmm..paling tidak ia tahu sekali dimana harus menjatuhkan rotinya supaya mesin tersebut rusak.

Notes :
Saya suka dengan ide bahwa seekor burung yang lugu dan remah rotinya dapat menggagalkan kejeniusan 8.000 ilmuwan dengan mesin super rumit dan super mahalnya :)


(telegraph.co.uk, wikpedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

90 comments:

  1. saya juga suka bang...

    ReplyDelete
  2. hehehe...burung yg lebih pintar dari 8000 ilmuwan....mantap...munkin burung nya gak setuju dgn alat tsb...karena bisa membahayakan alam

    ReplyDelete
  3. Benar Enigma, ini luar biasa ironisnya.
    Saya jd tergelitik membayangkan apa yang mereka rasakan (para ilmuwan CERN) saat mengetahui penyebab rusaknya alat kebanggaan mereka.
    Joke Enigma di pertanyaaan terakhir mengundang senyum saya, sekaligus memancing dua jawaban terlintas di kepala saya.
    Yang pertama adalah, ini merupakan peristiwa kebetulan yg sangat menakjubkan.

    Salam kenal, Enigma.

    ReplyDelete
  4. kok bisa ada burung di tempat penelitian cern ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini berita cuma hoax....mana ada buruung dikedalaman 100 m dbwh tnh...pd ktipu

      Delete
    2. Mn ad burung di bwh tanah? Pd ktipu smua

      Delete
    3. Makanya baca artikelnya baik-baik, teliti

      Delete
  5. wah.. hbat juga yah, seekor burung bisa saja menghancurkan mesin hebat dan besar karya ciptaan teman teman saya...
    hahahaha... L.A

    ReplyDelete
  6. Pertamaxxx??
    Wah.. Agak bingung...
    Btk, keep update...

    ReplyDelete
  7. Huahahahhahahahhaha!! LOL LOL!!! Mesin sehebat itu bisa K.O sama remah roti dari seekor burung??! sumpah deh hahhahahahahah LOL LOL LOL!

    ReplyDelete
  8. Flicker's OwnerNovember 8, 2009 at 6:02 PM

    Mas...mas...menurut saya burung itu dikirim Tuhan. Dia mencoba berkata bahwa manusia ga boleh macam-macam sama alam. Lalu Dia mempermalukan orang-orang pintar itu hanya dengan kecelakaan kecil dari burung. Make sense khan?

    Btw, saya selalu buntutin updatenya. Blog anda keren!

    ReplyDelete
  9. jiah... udah ga ada yg pertama... udah keduluan sama anonymous!

    ReplyDelete
  10. kenapa burung itu bawa remah roti?
    kenapa gk skalian aj bawa batu gtu?
    hhe

    ReplyDelete
  11. hehehe......
    aneh......seperti cerita dongeng aja.....

    ReplyDelete
  12. kenapa burung itu juga ga ngejatuhin remah-remahnya di HAARP...wakakakakaka.....

    ReplyDelete
  13. apa ada hubungannya ama jhon titor ya kan dia bilang mesin waktu yang dia pakai buatan cern

    ReplyDelete
  14. Katanya dikedalaman 175 meter dibawah tanah mas. Tp kok ada burung. Masukx dr mana?

    ReplyDelete
  15. ya, saya sudah memperbaiki kalimatnya setelah membaca ulang sumbernya.
    di gambar di atas kalian bisa melihat ada delapan lingkaran kecil di lingkaran besar. lingkaran itu adalah peralatan yang terdapat di permukaan tanah, tepat diatas cincin akselerator.
    Jadi burung bisa lewat disitu.

    ReplyDelete
  16. wkwkwk LOl masa ratusan ilmuwan super pinter kalah ma seekor burung yg lugu wkwkwk mungkin itu juga tanda kalo yg nentuin nasib di dunia ini adalah tuhan,mungkin manusia belum saatnya mencoba tuk menciptakan mesin waktu

    ReplyDelete
  17. Apa ada hubungannya dengan John Titor ya?????

    jadi penasaran!!!!!

    ReplyDelete
  18. Bisa jadi burung kiriman yang sudah dilatih, dari internal mungkin?

    ReplyDelete
  19. Mungkin untuk meredam kesombongan manusia.

    ReplyDelete
  20. namrud saja bisa mati karena serangga... Allah Maha Berkehendak

    ReplyDelete
  21. mungkin bener juga tuh tu burung kiriman si jhon,jadi gini si abang jhon kan ke masa depan and ngeliat tu bumi krisis gara gara lHc jadi tu burung di kirim dari masa depan tuk menciptakan paradox waktu yg dapat mengubah masa depan. Maybe just maybe :)

    ReplyDelete
  22. 100 % agree wth ya mr.flicker's owner.melalui tangan siapapun itu.dr masa dpan kek,orang iseng kek,tokek kek.whtever.cukup potongan or rmah kcil aja.jd mau sombong spt apa lagi kita?wow.

    COOL BANG ENIGMA!awesome info.keren abeisss!

    ReplyDelete
  23. dnger2 ada kabut yang nutupin kota Dubai bbrp wktu lalu.secara kota dubai panas ya, banyak yg bilang pmunculannya misterius.tp apa iya? kl brkenan, maukah kau, bang, memberi alasan ilmiahnya? tngs bfore :)

    ReplyDelete
  24. ada teori ke 2 burungnya cuma numpang lewat n gk sengaja jatuin tu remah

    ReplyDelete
  25. burungnya jelmaan malaikat kale gan...

    ReplyDelete
  26. kalo yang lewat rudal gimana jadinya ya...?? bener-bener bisa jadi kiamat kali ya....??

    ReplyDelete
  27. kayaknya gambar pipa besar yg di lorong itu prnah jadi tempat syuting salah satu skuel terminator deh. ato saya salah mungkin. ada ilmuwan dari indonesia gak?

    ReplyDelete
  28. saya pikir itu mesin sejenis nuklir.
    besar sekali.
    nice posting ^^

    ReplyDelete
  29. jd tersangkanya udah dapet nih..kekekek

    ReplyDelete
  30. sekedar informasi.

    LHC dibuat memang untuk meneliti materi yang menyebabkan terbentuknya massa pada semua partikel yang dinamakan Higgs Boson.

    Energi pembentukan Higgs Boson ini memang sangat besar (karena mempercepat partikel setara dengan kecepatan cahaya), namun untuk dapat membuat 'lubang hitam' mini sangat mustahil karena 'lubang hitam' memiliki sifat mampu membelokkan cahaya dimana akan membutuhkan energi yang mustahil diperoleh dengan teknologi yang dimiliki manusia sekarang.

    Maka dari itu, teori 'lubang hitam' yang terbentuk dalam LHC itu hanya isu/konspirasi.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  31. Teori bahwa LHC bisa menyebabkan lubang hitam BUKAN sebuah isu/konspirasi.

    Pada Maret 2009, CERN mengakui teori ini, seorang juru bicara CERN mengatakan :

    "I can confirm that, yes, the first stages of the experiment resulted in the appearance of a miniscule black hole," said the spokesperson to gathered reporters on Monday. "The black hole is being kept under quarantine and our scientists have been monitoring its progression," he explained.

    ini linknya :klik disini

    Jadi kalau CERN sendiri mengakuinya, apakah itu sebuah isu/konspirasi ?

    ReplyDelete
  32. sekedar konfirmasi.

    setelah membaca dari beberapa buku fisika modern, saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan info.

    Memang benar LHC ditujukan untuk meneliti Higgas Boson, materi yang menyebabkan terbentuknya massa pada semua partikel.

    Untuk itulah, para peneliti mencoba mengetahuinya dengan mengondisikan keadaan saat dimana partikel kehilangan massanya. Kondisi ini terjadi saat terbentuknya 'lubang hitam'.

    Kondisi ini juga dapat terjadi saat sebuah bintang mengalami proses kematian / kehilangan massa akibat seluruh massanya habis digunakan untuk bereaksi.

    Sekali lagi saya mohon maaf atas kekeliruan ini. Saya hanya mencoba berbagi pengetahuan.

    ReplyDelete
  33. sebenarnya, saya malah sangat menghargainya. Itu artinya perhatian terhadap tulisan diatas. setiap informasi yang masuk pasti akan saya cross cek. kalau ternyata memang saya yang salah, artikel di atas pasti akan segera saya koreksi. Thanks Ya.

    ReplyDelete
  34. sadis tuh burungnya,,,
    pdahal cman seekor burung tp bsa mengalahkan 8.000 ilmuwan jeniuz,,,
    ckckckkckckck,,,

    :D

    ReplyDelete
  35. keren. saya juga suka dengan hal ini. seekor burung! beuh, benar2 menakjubkan

    ReplyDelete
  36. Mesin jutaan dollar yang didesain 8000 ilmuwan rusak karena sebuah remah roti?
    Saya rasa tidaklah mungkin jika itu terjadi akibat campur tangan dunia masa depan..
    Kenapa yah mereka sama sekali gak memikirkan campur tangan tuhan? Sungguh, Allah Maha Kuasa...

    ReplyDelete
  37. mungkin d tahun 2012 tuh msin bisa jd bncana...
    mungkin ntar jatuhnya eek burung yg slanjutnya mmbuat tuh msin jd bikin lubang hitam. . .

    ReplyDelete
  38. jadi teringat cerita menara babel, saat manusia berusaha ingin mengetahui yang bukan bagiannya...Tuhan menggagalkannya ^^

    mungkin ada hubungannya dgn ini..."merpati dan remah roti" jadi teringat sesuatu :D
    tinggal anggurnnya yg kurang hhe...

    ReplyDelete
  39. sudahlah, hentikan saja percobaan yang menghabiskan uang itu.mending uangnya buat pembangunan atau pengentasan kelaparan/kemiskinan, kan lebih berfaedah...
    Just my opinion

    ReplyDelete
  40. Bos...Pinjam izin copas buat blog baru saya...trims..

    sekedar info...LHC sudah siap dihidupkan kembali....

    ReplyDelete
  41. thanks infonya.. and copasx...

    ReplyDelete
  42. waah... bener2 aneh.. bung enigma saya baru tau blog ini dan saya selalu menanti update2 anda.. salute buat bung...

    ReplyDelete
  43. persis seperti Allah mengirim burung ababil dengan melempari batu ke tentara abrahah yang berniat menghancurkan kabah

    ReplyDelete
  44. ada yang error aja, mengkambing hitamkan burung, mungkin emang dah mentog tuh otak manusia mau buat alat gitu, belum punya teknologi cukup. padahal dana sudah besar dan belum ada kemajuan....hehehe

    ReplyDelete
  45. ktnya tu burung menjatuhkan remah roti jadi suhu magnet superkonduktor naik dari -271.1 C menjadi -265 C. nah si burung ngejatohin dmn? trus kok bs si brung gk lsg mati beku? burungnya kok gk sopan sih ampe jln2 kmana2?bandel deh, trus klo bisa burung masuk tempat 8 lingkaran kecil tuh bahaya bgt donk buat di masukin makluk2 laen, bs tambah ancur??? knp yg masuk cuma burung? gk kadal, tokek, iguana, dsb?

    -mrcostello-

    ReplyDelete
  46. burung menghancurkan fasilitas besar seperti itu dah biasa,bro smwa pasti tau burung jg bisa nyiptain manusia alias nambah nyawa..,wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  47. Tuhan bekerja dengan cara yang misterius.....

    Om enigma, req kapal MARY CELESTE dunk...penasaran pada ngeluyur kmna awaknya,yg ane heran kapal kosong koq tetep bsa ikut jalur pelayaran dengan bener.tlg diulas ya om..

    ReplyDelete
  48. manusia-manusia sombong yang dengan gampang mengatakan sebuah mesin sebagai mesin yang mampu menciptakan kiamat akhirnya terkalahkan oleh seekor burung yang bahkan tidak bisa berpikir seperti manusia.

    ReplyDelete
  49. pinter banget tuh burung bang
    kasian ilmuanya

    ReplyDelete
  50. w klo bca berita ini rasanya takut bgt. soalnya w ngebayangin terjadi hal2x yg ga diinginkan truzz klo gagal gimana, nnti mlh terbentuk lubang hitam mini truzz bisa terjadi hal2x yg ga diinginkan yg terjadi gara2x manusia itu sendiri. tpi wktu itu w jg prnh bca ni berita. ada video kartunnya jga, tentang LHC itu. jdi video yg klo ga slah berdurasi 18 detik (klo ga slah) jdi video itu adalah gambar kartun bumi truzz bumi lama2x masuk kedalam lubang hitam mini dan terus3x sampe klo ga slah jdi inti bumi kembali. jdi video kartun itu menggambarkan tentang bagaimana terjadinya klo LHC gagal dan terjadi sesuatu yg ga diinginkan. liat videonya aja serem bgt. astagfirullah alazim. tpi..., untung ada siburung yg ckp itu. jdi CERN kalah n 8000 ilmuwan itu berhasil ditaklukan ma si burung yg ckp itu. makasih ya... =) =) =)

    ReplyDelete
  51. ihh.... burungnya imut sekali.... mukanya kaya ngga ada dosa gitu.... hahaha! ^0^

    ReplyDelete
  52. hebat tu burung bisa mengacaukan mesin LHC yang begitu canggih hanya dengan menjatuhkan potongan kecil roti yang bisa dibilang tidak memiliki arti sama sekali malahan jadi bumerang buat LHC...

    ReplyDelete
  53. memang belum waktunya kiamat kali....

    ReplyDelete
  54. lala said,,
    bravo birdy!!!

    ReplyDelete
  55. Bravo God juga donk.

    ReplyDelete
  56. haha,
    ada2 saja ya ...

    oya gan,
    ngomong2 anda udh nonton film angels and demons ?
    punya subtitle indonesianya ga gan ?
    subtitle yg saya punya kacau semua gan, ga sesuai dgn ucapan2 di filmnya
    thnx before ...

    ReplyDelete
  57. Saya yakin kalau kamu beli sekarang, film itu sdh pnya teks yg benar.

    ReplyDelete
  58. Mas Enigma, masalah LHC digagalkan burung ini sumbernya dari mana? Terpercaya gak?

    ReplyDelete
  59. burungnya iseng banget..
    pasti ngomong kek gini tu burung sambil makan roti lagi
    'haha,ilmuwan bego,ama makhluk berbulu aja kalah'

    ReplyDelete
  60. good job birdie!!
    what is the machine for actually..? i dont get it.

    ReplyDelete
  61. rotinya mau dibawa kemana ya?

    ato mungkin tu merpati pos yang bawa roti pesenan ilmuwannya. hihihihi

    ReplyDelete
  62. beberapa minggu lalu saya punya kesempatan ke cern, dan bertemu fisikawan indonesia yang bekerja di sana namanya mas haryo.. dia cerita soal launching LHC yang sukses bulan maret lalu, dan kekhawatiran soal black hole ga terbukti.. saya ga ngerti teknis fisika si, tapi kata dia yang ahli fisika partikel semua faktor sudah diperhitungkan termasuk chance soal black hole yang sangat kecil..

    btw saya baru liat blog anda, dan menurut saya menarik sekali sebab dibahas dengan rapi..

    ibnu_daraini@yahoo.com

    ReplyDelete
  63. Berart kesimpulannya adalah, remah roti adalah senjata terkuat yang pernah diciptakan

    ReplyDelete
  64. sekadar info. bukan CERN yg menciptakan internet. hacker lah yang menciptakan internet. CERN hanya melahirkan HTTP (protokol transfer hiperteks) dan WWW (world wide web, aplikasi klien untuk http) melalui Tim Berners Lee. HTTP dan WWW hanyalah bagian kecil dari internet. hargailah sejarah dan jerih payah para hacker pendahulu yang menciptakan dan mengembangkan USENET menjadi internet yg Anda-anda kenal sekarang ini. Thx.

    ReplyDelete
  65. hny oleh seekor burung wah kisah yg mengingatkan klu diatas langit msh ada langit

    ReplyDelete
  66. anaktataumalu:
    kayak ceritanya raja abrahah dan pasukan bergajah waktu mau menghancurkan Ka'bah lalu dilempari baatu sama burung2 ababil...bedanya ini burung dara dan ngelemparnya pake roti...wahahahahahaha...
    i like it so much...

    ReplyDelete
  67. Micro blackhole memang bisa tercipta di accelerator macam LHC, tapi kata hawking tidak perlu khawatir soalnya dalam waktu singkat blackhole yg berukuran kecil akan habis meluruh.

    Dan kalau memang micro blackhole ini cukup besar sehingga mampu menelan materi sekitar dibandingkan proses peluruhan, maka masih dibutuhkan waktu yg cukup lama bagi blackhole untuk menjadi berbahaya karena ukurannya yg sangat kecil, sedangkan sebuah atom itu 90% lebihnya adalah ruang hampa.

    Jadi ketika micro blackhole tercipta ia akan jatuh ke pusat bumi dengan menelan partikel2 yg dilalui (meskipun peluang kecil untuk menabrak partikel) tetapi ia akan berosilasi naik turun melalui pusat bumi sampai akhirnya berhenti di pusat bumi. Jika ukuran micro blackhole di pusat bumi mencapai ukuran atom maka bersiap-siaplah untuk kiamat. jika jauh lebih kecil dari ukuran atom maka blackhole hanya akan diam saja dipusat bumi (ingat blackhole hanya memiliki kemampuan menarik yg tak terbatas pada radiun blackhole saja). Jadi kemungkinan bisa saja di pusat bumi saat ini sedang ada blackhole yg menggerogoti isi pusat bumi.

    ReplyDelete
  68. Jadi penasaran ane gan... beneran ada gak nih mesin waktu LOL

    ReplyDelete
  69. Mungkin kalau mesin ini bekerja akan menimbulkan KIAMAT makanya brung ngerusak (Indra Hewan lebih tajam dari manusia)

    ReplyDelete
  70. wkwkwkwkk.., kasian banget capek" buat alat gede + mahalnya alat"nya eh malah di rusak ama burung kecil..

    hidup burung kecil.. kapan" klw lewat di daerah itu lagi yang di bawa jngan cman roti klw perlu batu + kotoran kamu.. buang semua kesitu biar tu ilmuan pada ngacir ada serangan kotoran burung akakakakak..

    by : sahril CrN

    ReplyDelete
  71. keren abis tuh. seekor burung dapat ngalain 8000 ilmuwan!!!!

    ReplyDelete
  72. gw juga gk suka sama tuh LHC asal buat aje, bisa nyptaiin mesin waktu ato mau bunuh semua orang sieh?
    masag mesin waktu gitu gede, mending pake punyanya John Titor lah..

    ReplyDelete
  73. saya suka foto burungnya xD ... hahahaha
    makan itu CERN !!!!

    ReplyDelete
  74. kenapa burungnya ga e'ek sekalian,,,,

    ReplyDelete
  75. Ini namanya pemberontakan alam!
    Seekor burung kecil di kirim untuk menghentikan kehancuran dunia!
    hahaha,,,

    ReplyDelete
  76. mungkin LHC adalah prototype dari Time machine tapi melihat resikonya LHC ibarat Black hole maker seperti di Star Trek

    ReplyDelete
  77. itulah kuasa tuhan semesta alam, manusia hanya bisa berbuat kerusakan dimuka bumi, dan tuhan maha kuasa menghentikan semuanya walau untuk sementara waktu. hanya dengan perantara se'ekor burung semua terhenti.

    ReplyDelete
  78. wah kereeen! :D burung siapa ya ???

    ReplyDelete
  79. sebenarnya mungkin justru karena itu rumit, remah kecil roti dapat memberi kerusakan fatal. XD
    Karena semakin rumit sebuah mesin, semakin berpengaruh sebuah ketidak-cocokan formasi material terhadap peta biru pada kinerja mesin untuk alasan yang paling jelas~yaitu efek domino.

    ReplyDelete
  80. Kok mereka tau klo penyebab nya remah roti?
    remah roti kan kecil banget.. -_-

    ReplyDelete
  81. Postingan yg dulu ya bang E

    #haris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi sedang diperbaiki, tanggalnya keubah. Sudah dibalik.

      Delete