Thursday, November 19, 2009

Spontaneous Human Combustion - Pembakaran spontan manusia

Pada tanggal 2 November 2009 kemarin, mayat seorang wanita ditemukan di sebuah trailer di Brevard County, Florida. Mayat itu berada dalam kondisi habis terbakar. Tapi anehnya, benda-benda di dalam trailer di dekat mayat sama sekali tidak terlihat hangus. Setelah lama tidak terdengar, apakah ini kasus terbaru Spontaneous Human Combustion ? 

Saya tidak bisa menceritakan soal perkembangan kasus wanita ini karena saya tidak bisa menemukan berita mengenainya lagi. Tapi saya bisa menceritakan kepada anda mengenai Spontaneous Human Combustion.

Karena itu sebelum memulainya, saya ingin memberikan sedikit peringatan. Tulisan ini berisi deskripsi dan gambar yang tidak menyenangkan untuk dibaca dan dilihat. Jadi jika anda tidak ingin melihatnya, jangan melanjutkan membaca tulisan ini. Tapi saya percaya pasti rasa ingin tahu kalian akan membuat kalian terus membaca.

Baiklah, saya akan mulai bercerita.

Spontaneous Human Combustion (SHC) atau pembakaran spontan manusia adalah fenomena ketika seorang manusia terbakar menjadi abu tanpa sebab yang diketahui secara pasti. Peristiwa Ini dianggap sebagai salah satu misteri terbesar yang masih belum terjawab, bahkan setelah 350 tahun sejak kasus pertama dilaporkan.
 
Sejarah Spontaneous Human Combustion
Fenomena SHC pertama kali diketahui secara luas oleh publik dari seorang ahli anatomi Denmark bernama Thomas Bartholin. Pada tahun 1663, ia menceritakan bagaimana seorang wanita di Paris ditemukan telah menjadi abu dan asap di atas tempat tidurnya. Anehnya, matras jerami tempat ia berbaring sama sekali tidak gosong.

Pada tahun 1673, fenomena ini mulai mendapat perhatian cukup besar ketika seorang Perancis bernama Jonas Dupont mempublikasikan kasus-kasus SHC yang berhasil dikumpulkannya dalam sebuah buku yang berjudul "De Incendiis Corporis Humani Spontaneis".

Sejak cerita Thomas Bartholin pertama kali terdengar hingga kini, paling tidak terdapat 200 laporan mengenai peristiwa misterius ini.

Pola Korban Spontaneous Human Combustion
Dari 200 laporan yang masuk, terdapat pola yang hampir sama ditemukan pada semua tubuh korban atau lokasi kejadian.

Tubuh korban umumnya telah terbakar habis dan hampir seluruhnya menjadi abu. Ini menunjukkan api yang membakar lebih panas dibanding api biasa. Biasanya yang tersisa dari korban hanyalah potongan tangan atau kaki. Pada sebagian kasus, perut korban masih tersisa sedikit, sedangkan tulang sepenuhnya menjadi abu.


Dalam peristiwa ini, benda-benda di sekitar korban tidak pernah terbakar. Dalam beberapa kasus, bahkan seprai tempat korban tidur tidak terbakar sama sekali.

Di lokasi kejadian, umumnya juga ditemukan substansi seperti lemak menyelimuti langit-langit dan dinding. Biasanya lapisan lemak ini mencapai hingga satu meter di atas lantai. Objek-objek yang berada dalam area satu meter ini menunjukkan tanda-tanda kerusakan akibat panas, seperti cermin yang retak atau lilin yang meleleh.

Umumnya peristiwa ini terjadi ketika korban sedang berada di dalam rumahnya sendiri dan petugas koroner yang tiba di lokasi biasanya mencium bau asap dan bau manis di ruangan tempat insiden tersebut terjadi.


Korban-korban ternama
Dari 200 laporan yang masuk dalam jangka waktu 350 tahun, inilah beberapa korban yang paling sering disinggung dalam tulisan-tulisan mengenai SHC.

Pada 9 April 1744, Grace Pett yang berumur 60 tahun yang tinggal di Ipswich, Inggris, ditemukan oleh putrinya dalam kondisi seperti "sepotong kayu yang termakan habis oleh api tanpa terlihat adanya lidah api di tubuhnya." Pakaian yang tergantung di dekat mayat korban sama sekali tidak terlihat tanda-tanda hangus.

Pada tahun 1951, seorang janda berusia 67 tahun bernama Mary Reeser sedang berada di rumahnya di Florida. Pada saat itu seorang tetangganya yang hendak berkunjung merasakan pintu depan rumah Mary menjadi panas. Ketika ia dan beberapa tetangga lain menerobos masuk, mereka menemukan Mary sedang duduk di kursi dalam kondisi mengenaskan. Kepala dan tubuhnya telah terbakar habis dan hanya menyisakan sedikit tulang belakang dan kaki kirinya.

Pada 18 Mei 1957, Anna Martin, 68 tahun, yang berasal dari Pennsylvania ditemukan telah menjadi abu dengan hanya menyisakan sedikit bagian perut dan sepasang sepatu. Para petugas medis memperkirakan Anna Martin terbakar oleh api dengan suhu hingga 2.000 derajat fahrenheit, setara dengan suhu api yang digunakan dalam proses kremasi.


Pada 5 Desember 1966, seorang kakek berusia 92 tahun bernama Dr. J Irving Bentley juga dari Pennsylvania ditemukan telah tewas terbakar. Tubuh Dr Bentley habis terbakar di kamar mandinya dengan hanya menyisakan satu potong kakinya.

Saksi Peristiwa
Bayangkan, betapa mengerikannya ketika kita melihat seseorang yang kita kenal terbakar di depan mata kita. Ini pula yang terjadi pada beberapa peristiwa SHC di masa lalu.

Pada tahun 1938, seorang wanita berusia 22 tahun bernama Phyllis Newcombe baru saja selesai berdansa dan bersiap meninggalkan Shire Hall di Chelmsford, Inggris. Sementara ia berjalan menuruni tangga, tiba-tiba ia melihat pakaiannya terbakar tanpa sebab. Ia segera berlari masuk ke ballroom sambil berteriak meminta tolong. Sesaat kemudian ia jatuh tidak sadarkan diri. Beberapa orang yang panik segera bahu membahu memadamkan api yang menjilati Ms Newcombe. Namun sayang, nyawanya tidak tertolong lagi. Petugas koroner yang menyelidiki kasus ini tidak menemukan indikasi adanya rokok atau sumber api lain yang dapat memicu timbulnya api.

Pada tahun 1982, seorang wanita cacat bernama Jean Lucille Saffin sedang duduk dengan ayahnya yang berusia 82 tahun di Edmonton, London. Menurut cerita ayahnya, tiba-tiba lidah api muncul begitu saja dan menjilat tubuh anaknya. Ia melihat tubuh bagian atas Jean mulai terbakar. Ia dan menantunya berhasil memadamkan api, namun nyawa Jean tidak tertolong.

Lain lagi kisah yang satu ini. Pada September 1985, seorang perempuan muda bernama Debbie Clark sedang berjalan kaki pulang ke rumahnya ketika tiba-tiba ia melihat lidah api berwarna biru yang sesekali terlihat muncul di tubuhnya. Debbie yang tidak menyadari situasi berbahaya ini segera memberitahu ibunya yang panik yang segera memadamkannya dengan air.

Hal yang serupa juga pernah terjadi pada tahun 1980 ketika Susan Motteshead yang sedang berada di dapurnya melihat dirinya tiba-tiba diselubungi oleh api. Namun api tersebut tiba-tiba lenyap sebelum sempat membakar tubuhnya lebih lanjut.

Anehnya, menurut para saksi yang selamat, mereka tidak merasakan adanya rasa panas atau sakit. Kesaksian ini menambah kadar misteri fenomena ini. Apakah ini berarti para korban tewas tanpa merasakan rasa sakit ?

Teori-teori

Ada banyak teori yang berusaha menjelaskan penyebab peristiwa aneh ini. Teori-teori ini pada awalnya diajukan dengan melihat pola yang ada pada para korban.

Memang, dari 200 laporan SHC yang masuk, tidak semua, tapi pada umumnya korban SHC memiliki beberapa kesamaan :
  1. Mereka umumnya adalah para manula.
  2. Memiliki cacat atau keterbatasan gerak tubuh. Wanita yang ditemukan di Brevard County, Florida, yang saya ceritakan di paragraf pertama juga memiliki kesulitan gerak walaupun ia bisa berjalan.
  3. Perokok dan peminum
  4. Orang-orang yang kesepian atau hidup sendiri untuk waktu yang lama.
Jadi dengan melihat pola-pola ini, beberapa peneliti mencoba untuk memberikan penjelasan ilmiah mengenai penyebab fenomena ini.

Teori-teori tersebut adalah :

Alkohol
Kebanyakan korban SHC adalah alkoholik. Ada beberapa klaim yang mengatakan bahwa seorang peminum alkohol dapat mencapai level dimana alkohol di dalam darahnya dapat membuatnya terbakar. Namun teori ini dianggap tidak berdasar karena ethanol hanya dapat terbakar apabila konsentrasinya lebih besar dari 23%.

Teori ini menjadi tidak masuk akal karena jika manusia memiliki konsentrasi 1% saja di dalam darahnya, maka bisa dipastikan orang itu akan mengalami kematian.

Wick Effect atau efek sumbu

Teori ini menyebutkan bahwa tubuh manusia ketika tersentuh dengan api rokok dapat menyebabkan timbulnya api yang membakar tubuh. Menurut para peneliti juga, lemak di dalam tubuh manusia berfungsi sebagai substansi pembakar. Sedangkan pakaian atau rambut korban berfungsi sebagai sumbu. Sementara lemak tubuh mencair karena panas, ia membasahi pakaian dan membuat "sumbu" terbakar secara perlahan-lahan. Ini sebabnya mengapa tubuh mereka terbakar sedangkan benda-benda sekitarnya tidak.

Ketika teori ini diajukan, orang-orang bertanya, bagaimana menjelaskan potongan kaki atau tangan yang tersisa dari tubuh korban ? Jawabannya adalah level temperatur pada tubuh korban, Masih menurut para peneliti, ketika dalam posisi duduk, tubuh bagian atas korban menjadi lebih panas dibanding kakinya. Analoginya adalah seperti ketika kita menyalakan korek api. Api akan membakar kepala dan perlahan-lahan turun ke bawah. Tapi biasanya api akan mati sebelum membakar habis seluruh batang korek sehingga menyisakan sedikit batang korek bagian bawah.

Teori ini cukup masuk akal, namun permasalahannya adalah kapan tubuh manusia dapat menciptakan wick effect ini ?

Pertanyaan ini tidak dapat dijawab hingga hari ini.

Listrik Statis
Teori lain mengatakan bahwa mungkin jenis pakaian korban telah memicu timbulnya listrik statis. Seseorang yang berjalan di atas karpet dapat menciptakan aliran listrik dan voltase yang cukup untuk menciptakan percikan-percikan api.

Namun teori ini juga dibantah, karena walaupun voltase listrik yang dihasilkan cukup tinggi, energi yang tersimpan sangat rendah, biasanya kurang dari 1 joule. Ini tidak cukup untuk menciptakan api.

Psikosomatik

Sebagian korban yang ditemukan meninggal adalah mereka yang hidup sendiri atau kesepian. Jadi menurut sebagian peneliti, proses psikosomatik yang terjadi mungkin telah menimbulkan reaksi berantai dengan memproses nitrogen di dalam tubuh mereka dan menimbulkan reaksi berantai ledakan mitokondria. Teori ini juga dianggap terlalu mengada-ngada.

Gas dan listrik di dalam tubuh manusia
Dari antara semua teori yang diajukan, mungkin ini adalah teori yang paling masuk akal. Kita tahu bahwa tubuh manusia mengandung listrik dan di dalam tubuh manusia juga terdapat gas yang dapat menyalakan api. Contohnya adalah gas metana di dalam usus. Teori ini mengatakan SHC dapat terjadi ketika gas metan ini bercampur dengan listrik di dalam tubuh.

Sekali lagi, teori yang masuk akal. Namun pertanyaannya adalah, kapan listrik dan metan di dalam tubuh dapat menciptakan api. Pertanyaan ini lagi-lagi belum terjawab.

Hangus karena tertidur

Dan sekarang, inilah teori yang paling sederhana. Menurut sebagian orang, penyebab terbakarnya tubuh korban dapat disimpulkan dari ciri-ciri korban seperti yang sudah saya singgung di atas. Para korban yang ditemukan umumnya sedang merokok atau mabuk dan sendirian. Korban juga pada umumnya berusia lanjut atau memiliki kendala pada tubuh seperti cacat.

Jadi ketika mereka tertidur, rokok yang dipegang oleh mereka jatuh, membakar karpet dan akhirnya menjalar ke tubuhnya. Karena mereka memiliki kendala gerak pada tubuhnya, maka mereka tidak mampu menyelematkan diri hingga tewas di tempat. Sederhana sekali kan ?

Tapi teori ini dianggap mengabaikan fakta bahwa di tempat penemuan mayat korban, benda-benda sekitar bahkan tempat tidur atau kursi tidak ditemukan hangus sama sekali. Ini menunjukkan bahwa sumber api sepertinya berasal dari dalam tubuh korban, bukan dari luar.

Kejahatan Terencana
Dan akhirnya, inilah teori yang paling sederhana diantara yang paling sederhana. Teori ini mungkin diajukan oleh peneliti yang malas berpikir. Menurut mereka, kematian korban adalah akibat kejahatan. Tubuh mereka yang hangus adalah usaha dari sang penjahat untuk menghilangkan jejak. So Lame....teori ini mengabaikan begitu banyak fakta sehingga tidak pernah dilirik oleh para peneliti yang kredibel.

Kesimpulan
Ini akhir dari cerita saya. Bagi kalian yang mengharapkan jawaban, sayang sekali, tidak ada jawaban. Karena itu di dalam hall of fame misteri dunia, Spontaneous Human Combustion masuk kedalam ke dalam kategori SMdBT. Maksud saya adalah Sangat Misterius dan Belum Terpecahkan.

hehe..

Apakah tubuh kita adalah sebuah bom waktu ?

(wikipedia, science.howstuffworks.com, crystalinks.com, wftv.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

125 comments:

  1. Aq pernah liat tentang SHC waktu kecil d tv luar negri bung enigma....
    Mantap bung enigma postingx....

    ReplyDelete
  2. Menurut teori saya, mungkin itu adalah gejala awal dari mutasi, dan kalau sudah sempurna mungkin mereka akan menjadi mutan yang bisa mengeluarkan api seperti di film X-MEN...
    atau seperti the torch di fantastic 4...
    Atau seperti Portgaz D. Ace di anime onepiece...

    Just kidding.. HeHe..2012x

    ReplyDelete
  3. Kalo korban ngga mati, bisa jadi super saiya

    ReplyDelete
  4. Itu bukan api, tapi energy manusia!! Kayak di film2 dragon ball gitu!! tapi berhubung manusia tersebut nggak kuat nahan energy yg tiba2 keluar itu, akhirnya hanguslah terbakar!!

    ReplyDelete
  5. tapi anehnya kok kakinya tetep utuh?padahal untuk membakar tubuh anusia sampe seperti abu gitu di butuhkan panas yang besar dan api yang besar.....mana mungkin kaki bisa kelewatan?ya ga?

    ReplyDelete
  6. saya sudah lama mendengar tentang manusia yang terbakar secara tiba2..
    tapi baru ini ada pembahasan yang cukup baik..

    jadi heran...
    aneh....
    ajaib...
    kok bisa terbakar secara tiba2 gitu..
    dengan suhu yang teramat panas lagi..
    kok gitu sih..?
    aneh...?
    (masih terbengong-bengong....)

    ReplyDelete
  7. Hmm.. Belum cukup bukti.. Dan menjadi tidak msk akal..

    ReplyDelete
  8. The great info mas. Salut3x. Aq sampai baca berkali2. Jd takut menyendiri,merokok dan alkohol nich aq. Mas Enigma emang hebat dari yg terhebat dlm memberikan info. I love you full.

    ReplyDelete
  9. wah bru denger tentang nie crita..
    aneh tp amazin..
    thanks bt posting ny love this blog

    ReplyDelete
  10. Wow, Kok bisa gitu yah ? Terbakar sendiri !

    ReplyDelete
  11. mungkin ga sih lebih ke spiritual?? pernah denger ga manusia yang bisa ngeluarin listrik?? mungkin ini juga semacam itu, bisa memercik api karena faktor psikologi (aura/energi tubuh), kemudian seperti yg diatas, rambut dan lemak jd sumbu, dan bla..bla..bla.. akhirnya jadi SHC deh...

    Ulasan yang menarik mas..

    saya request donk mas (boleh kan, hhe^^).. pernah dger manusia yang hilang tiba2 ga?? itu karena apa ya?? blackhole, ke dimensi lain, timehole, atau yg lainny??

    ReplyDelete
  12. Wah.. aku udah lama penasaran dengan fenomena ini. Akhirnya Mas Enigma membahasnya juga!
    Seneng deh.

    Serem ya..
    Seperti dibunuh oleh malaikat dari neraka..

    Atau sihir..?

    :-(

    Di Indonesia pernah ada kasusnya, gak?

    ReplyDelete
  13. "lawie" land lord said :
    ....hhhhmmmmmmm, menarik atau menakutkan.....,

    sepertinya di Banjarmasin pernah terjadi di sebuah hotel, yang akhirnya membakar sebagian hotel itu, soalnya hotel itu terbuat dari kayu yg sudah agak tua...., itu baru mungkin lo...., soalnya yang tersisa hanya kaki saja yg lainnya hangus terbakar,

    ternyata ilmu kedokteran kita masih bisa menjawab...

    thanks mr. enigma,

    posting tentang keanehan lokal dunks...., misalnya penemuan pancang2 besi di bawah underpass stasiun senen yg samapi sekarang belum ada bisa menebaknya...

    kamsia pisan.

    ReplyDelete
  14. mas enigma,untuk kasus yang selamat gimana?
    apakah mereka pernah di teliti asal muasalnya?
    apa seperti sebuah mutasi sel tubuh mas?

    mas, bisa bahas tentang haunebu g?

    ReplyDelete
  15. Voodoo kali ya? kl di Indonesia dibilang santet hahaha.
    @ Ransen: manusia yg hilang tiba2 kl di Indonesia disebutny diculik kalongwewe hehehe. boleh jg tuh dibahas, sekalian bahas ttg bayi yg hilang dari kandungan mas (ga elit bgt ya? :P)

    ReplyDelete
  16. aku belum sempat baca isinya bro...baru baca judulnya saja teringat serial X-Files...

    Mulder : Dear diary, today my heart leapt when agent Scully suggested Spontaneous Human Combustion...(S-7 Ep.Trevor)...

    hahahah....nostalgia jadinya :)

    ReplyDelete
  17. ih serem....kata akumah...
    tubuh kita memang seperti bom waktu
    tp kalo kita mknanan yg sehat so kita akan trhindar dr bom wktu tsb
    tp klo pola hdp ga sehat dgn ngrokok&ngdrugs&minum alkohol
    bom wktu cpt/lambat akan meledak...
    pnah dgr kan..ttg alkoholik yg perutnya ke bakar..
    trus klo kdg2 mkn nasi gorg/goreng2n prut kita krsa panas...
    jd intinya mulai lah pola hidup shat agr kita trhindar dr hal2 yg demikian..piss heueheu

    ReplyDelete
  18. jadi inget film Blade. vampir yg mati jadi abu yg rontok2 gtu. ato mereka emang vampir ya? hehe

    ReplyDelete
  19. wah saya pernah baca cerita ini di komik nube,hehe
    lalu saya cari2 ga ada,eh akhirnya saya bisa baca artikel tentang ini juga,
    nice post bro!

    ReplyDelete
  20. Haaaa....
    Kereeen, menurut teman saya (mngkin agak gila) ini terjadi karena manusia sendiri memiliki energi jiwa dan raga yang tersembunyi di dalam diri mereka. sebagian orang mungkin telah menyadarinya. biasanya ini disebut energi chi. nah orang awam yang masih hijau akan mengendalikan energi ini, mungkin memiliki kemungkinan untuk mengeluarkannya secara tidak sengaja. nah chi sendiri bisa menghasilkan bermacam macam energi, mulai dari energi dalam tubuh, listrik hingga api sekalipun. dengan energi yang tak terkontrol tersebut mungkin api dalam skala yang besar bisa menjalar dari tubuh..
    HOLY MACKARELL.....

    ReplyDelete
  21. jgn jgn ini sama kayak di pilem "DRAG ME TO HELL"
    kena kutukan kali, tpi klo gw prcaya ama teori nomor 2 (baca:2, tu, two, loro, de el el)

    ReplyDelete
  22. @dwiq_betrayal : ya, saya jg prnah ngedenger yg nmanya "chi" di pilem apatar botak ... jdi chi itu sama kayak cakra, kekuatan tnaga dalem gituu ... tpi klo org tsb tw dy pnya "chi", mngapa mreka tak bsa mengontrol energi tsb?

    ReplyDelete
  23. klo menurut wa neh yah bang2...

    di atas itu ada katanya yg kebakar hanya alkoholic kan

    nah gene alkohol yg cuma 23% kan katanya gak bisa... mungkin aja emg gak bisa...
    nah

    biasa di atas klo orang yg habis beraktivitas seperti itu bukanya sangat cape + keringat + panas badan yg melebhi...

    nah mungkin aja saat mereka sudah meminum alkohol itu + panas bada = 1 badan terbakar...
    tpi jenis api na itu cuma bisa menyerang benda2 cair padat.. seperti lilin, sabun dll

    nah mungkin aja mereka kebakar karena panas badan mereka sendiri atau meminum kebaynakn alkohol yg terlalu bnyk... ini bisa nimbulin pansa dalam yg luar biasa...
    jadi hasilnya begitulah... mereka terbakar karena ulah mereka sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mereka terbakar akibat aktivitas setelah olahraga, ingat, rata2 orang yv terkena SHC itu cacat, susah untuk menggerakan tubuhnya, so, mereka ga bakalan olahraga yg berat2 yg bisa menyebabkan seperti itu

      Delete
  24. Knapa gak ada yg menyangka bahwa itu api neraka?
    Mungkin gak? Itu api neraka yg kecil?

    ReplyDelete
  25. mantap infonya, tukeran link yuk om..

    link punya om sudah saya pasang lho..

    Thank's

    ReplyDelete
  26. ko ada popup dengan bacaan "subversion repositories at yahoo! open hack day" di blognya senpai enigma????

    ReplyDelete
  27. iyah sama tadi juga ada popup itu. langsung klik cancel sih.

    ReplyDelete
  28. infernus : iya gw jga binun ntu apaan yach ???

    enigma : apakah ini ada kemungkinan para korban memiliki kekuatan pyrokinesis tpi mereka gag sadar trus malah ngebakar diri sendiri ...

    kyk ace di onepiece hahahahhaah

    ReplyDelete
  29. Untuk teori yang mitokondria sama seperti Game di PS. Klo ga keliru nama gamenya PARASIT EVE. Game ini dilatarbelakngi kejadian di sebuah theatre dimana seluruh penontonya tiba-tiba terbakar dari dalam tubuhnya sendiri.
    Menurut game tersebut, mitokondria adalah bagian dari sel yang menghasilkan energi bagi sel tersebut. Karena adanya alien atau setan (entah saya jg bingung, wajahnya mirip kuntil anak) yang menjadi boss enemy dalam game ini, mitokondria manusia termutasi dan mampu menciptakan kalor yang sangat tinggi melebihi daya tahan tubuh manusia.
    Just info....

    ReplyDelete
  30. @infernus

    iya tuh sama... nongol dri "kumpulglogger.com" ni lgi baca komen2 page ini nemu empunya blog yg namanya rada2 'mencurigakan' hehe :P disitu ad info ttg pop up yg nongol itu... nih link nyah...

    www.secretoftrifle.co.cc

    judulnye ada apa dengan "kumpulglogger" ? sorry promosiin blog org hehe :P

    haha pertama baca ini jdi ngebayangin klo org2 itu dibakar sama dewa kematian wkwkwk. EVILution

    ReplyDelete
  31. memang popup itu datang dari kumpulblogger. tapi sekarang sdh normal.

    @anonymous : enigma : apakah ini ada kemungkinan para korban memiliki kekuatan pyrokinesis tpi mereka gag sadar trus malah ngebakar diri sendiri ...

    Hmm. i don't think so. hehe

    ReplyDelete
  32. post lgi dong om enigma... mumpung OL... sehari post lbih dri sekali jg kita gak nolak kok... asal jgn mpe 10 post sehari aj klo 2-3 mah bole hehe. EVILution

    ReplyDelete
  33. posting itu gampang. yang susah menulisnya. hehe. soalnya saya banyak dikomplain kalo tulisan atau temanya tidak menarik. jadi harus pelan-pelan, dipikirin. seminggu posting cukup 5-6 tulisan saja. ini saja saya belum kepikiran mau posting apaan. :p

    ReplyDelete
  34. ini kayak yang ada di komik NUBE deh mungkin kk pernh baca komiknya q pnya d rmh pernah membahas ttg pembakaran spontan ini,.q req LAPUTA(dunia yang melayang di udara) donk kk,..thx..popupnya donk jgn...susah baca nih kk,.

    ReplyDelete
  35. tenang saja bro. i hate all popup window. i will kill all popup window. hehe

    ReplyDelete
  36. Wuihh...serem...
    Diet ah biar gak bnyk lemaknya.

    ReplyDelete
  37. jaman dulu pnah liat ftnya tp lupa dmjlh apa.
    d situ kl ngg slh infonya krn asam lambung yg tll tngg. gas metana=asam lambung kah?
    di the xfiles dl jg pnh diangkat y?lp2 inget.
    ayooooo jgn lp bdoa sblm tdr

    ReplyDelete
  38. Wah satu lagi misteri di dunia ini yang belum terungkap jawabannya secara ilmiah.

    ReplyDelete
  39. ini lah yg namanya api ameterasu.

    ReplyDelete
  40. wah....ini bs jd bahan pembicaraan di dlm mata pelajaran......thanks enigma......

    ReplyDelete
  41. klo bs dikendaliin ajh ..
    kita bisa bkn bom waktu tuh ..
    he3x

    ReplyDelete
  42. popup apaan sih?
    kasih tau ya,,
    maklum gaptek..
    he..

    ReplyDelete
  43. mas enigma....kemarin malem saya baca artikel ini sampe kebawa mimpi!!!! xixixi...dimimpi saya lihat seorang nenek2 terbakar api yg warnanya putih n lebih terang dari neon cahayanya....gilaaa...syerem!!!! gara2 pict nya seh!!! dimimpi saya jd tau apa sebabnya manusia bisa terbakar (menurut versi mimpi saya).wkwkwkwk

    ReplyDelete
  44. mungkin itu aura atau semacamnya yang berreaksi dgn zat yang terkandung dalam minuman keras (bukan es), terus aura yang telah berreaksi itu menjadi bahan yang mudah terbakar, lalu percikan api rokok menimbulkan api dan mulai terbaakar.
    soal kaki yang masih utuh, pusat energi di bawah perut di atas kemaluan kita, karena rokok panas dalam paru-paru dan minuman keras berreaksi di lambung dan hati. itu semua terjadi di atas kaki.
    lagian kaki lebih padat loh.

    ReplyDelete
  45. kalo ada yang baca buku cerita CHILDREN OF THE LAMP : COBRA KING OF KATHMANDU karangan P.B.KERR yg baru (ada di gramed dan togamas hahaha) ada tuh penjelasan soal ini,tapi sama sekali ga ilmiah..tapi kalo saya sih suka sama yang ga ilmiah dan ga bisa dibuktiin jadi setuju2 aja dengan pendapat si pengarang..hhohoho

    (gamau nulis disini apa penjelasan di buku cerita itu,biar pada baca aja soalnya bagus bukunya..eheheheh,peace)

    ReplyDelete
  46. Hiiii... ngeriii.... kok ada ada aja ya..?

    ReplyDelete
  47. pernah ditayangin di NGC
    hehe lanjut posting ya

    ReplyDelete
  48. wah, pernah dibahas di drama detektif jepang nih pak, judulnya Galileo, yang dipecahin sama detektifnya ini SHC karena kejahatan terencana, korbannya dibakar dengan laser CO2 yang dikontrol dengan remote...nice posting :D

    ReplyDelete
  49. ngeri bgt kebakar tiba-tiba begitu, kedengarannya seperti diazab langsung di dunia sama Tuhan..
    well, request lebih banyakm lagi ya om fenomena anehnya, kayak orang hilang, seprti si Amelia Earhart (yang dah ada filmnya dibintangi sama Hillary Swank) karena tragis sekaligus menyeramkan!

    ReplyDelete
  50. hmmm jadi belum terjawab secara ilmiah ya ?
    ya udah.. coba di jawab secara non ilmiah.
    ini gw gabung sama jawaban2 non ilmiah diatas.

    kemungkinannya adalah :
    1. itu dari chi / tenaga panas dari dalam tubuh yang tidak terkendali.

    2. itu santet. Api datangnya dari jin. jin bisa disuruh orang lain (santet / voodoo) atau jin iseng (hehe).

    3. azab dari Tuhan yg ditunjukkan ke dunia.


    wallahualam...

    ReplyDelete
  51. Kok yang tertinggal hanya kaki ?

    ReplyDelete
  52. listrik dalam tubuh manusia? jadi mungkin itu sebabnya saya sering tau2 kesetrum begitu turun dari mobil terus nyentuh pagar besi rumah saya.

    ReplyDelete
  53. SHC bukannya geng motor ya? Semarang Honda Club

    hehe..^^

    ReplyDelete
  54. bukankah kulit kita juga bisa mengalami pelepuhan (seperti terbakar) tanpa adanya api? pada penyakit herpes misalnya. bisa aja terjadi pada jaringan tubuh lainnya seperti efek terbakar atau pada keadaan demam tinggi. hehehe...

    ReplyDelete
  55. wah keren artikelnya
    serem juga tuh shc

    ehh, bs mnta tolong diulasin homunculus gak?
    thx

    ReplyDelete
  56. sepakat!! HOMUNCULUS!!!

    please please pretty pleaassee!!

    ReplyDelete
  57. wah aku baru tau tentang SHC ini, so mysterious

    ReplyDelete
  58. keren gan. fenomena yang sangat menarik. banyak misteri masih menunggu..

    ReplyDelete
  59. keren bgt tuh...
    kebakar kaya singkong dibakar...
    kok bisa ya....
    aneh...
    itu setan lagi marah...
    wa...wa...wa..
    itu wedus gembel...keluar pas dia lg kentut!!

    ReplyDelete
  60. ughh.. baru tau ada kjadian seperti itu.. jd saya tdk kepikiran teori apapun yg masuk akal.

    ReplyDelete
  61. Pasti yg mati itu lagi baca "naruto". Pas lagi lihat bagian yang ada itachinya, langsung matanya itachi berubah jadi sharingan, terus korbannya kena jurus "amaterasu". Wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  62. aneh,,,
    jawabanq cuma 1 takdir,,hehehe
    bagus artikel`e...
    ditambahi yang lebih horor lagi dong....

    ReplyDelete
  63. nice post bro..love ur blog...by the way..i think it is kinda paranormal activity...teluh, tenung, magic, tp kenapa polanya bs sama?well, as we know...contohnya di indo,santet dll kan biasanya pny pola kerja yg sama bukan? apalagi jika ilmu itu cm sedikit org yg bs,

    ReplyDelete
  64. mungkin ntu vampire yg kebakar setelah ditusuk dengan logam seperti d film blade....

    ReplyDelete
  65. walaupun mengerikan, tp tetap aja keren..

    hehehehe, to anonymous yg mengatakan adanya bakat pyrokinesis kok sama kaya pikiran saya yah? huahuahauhua..
    saya berpikir, jangan2 mereka adalah firestarter, hanya tidak menyadari bakatnya.. well, soalnya biasanya firestarter itu adalah org2 yg kesepian dan rapuh, dan bakatnya secara tiba2 keluar begitu saja tanpa bisa dikendalikan..

    ...
    ..
    .

    maaf bro enigma, itu hanya fanfiction saya..hehehehe.. ^^v

    tetapi, bukankah dari hasil penelitian selama ini, kemampuan otak manusia penggunaannya hanya baru 10% saja? dan itu pun sudah dikatakan super jenius, karena rata2 manusia biasa ternyata hanya memanfaatkan 3 kemampuan otaknya kurang dari 1 persen. Kemampuan itu adalah mengingat, belajar dan berkreativitas..
    kita tidak tau apa yg bisa kita lakukan dengan kemampuan otak 20%, 30% atau 100%..siapa tau, karena kondisi mental mereka yg rapuh sehingga mengalami gangguan (disorder) dan akhirnya tanpa sadar menggunakan kemampuan otak melebihi normal untuk menghasilkan api..
    siapa tau dgn menggunakan kemampuan otak 100% bisa teleportasi, telekinesis, perjalanan waktu..who knows..soalnya manusia itu jg masi merupakan misteri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat setuju ma yg di atas ini. Kemampuan manusia sepintar apapun dia hanga menggunakan kemampuan otaknya sebesar 10% albert einstrein pun juga mungkin.

      Delete
  66. Boleh percaya boleh tidak. Ini diluar kemampuan nalar manusia. Di pulau jawa, sering terjadi, namanya BANASPATI.

    ReplyDelete
  67. Ni John Doe,
    Kalo langsung terbakar sendiri rasanya susah dimengerti. Tapi mungkin saja?
    Karena ada juga penyakit yang saya juga tidak mengerti, misalnya kanker darah, dimana sel darah putih kok bisa2nya menyerang sel darah merah yang sehat?

    ReplyDelete
  68. Wihhh~~~ seremm... bayangin kita lg jalan2 ditaman,ga sadar tiba2 ud sampe sungai kematian >__<

    ReplyDelete
  69. mau makan ayam bakar atau ikan bakar aja nunggunya lama.... tpi itu sekejap udah tinggal abunya doank... ngeri kalau tiba tiba terjadi sama diri kita sendiri

    ReplyDelete
  70. Tau serial Jepang namanya GALILEO gak??
    Liat deh, episode pertama tentang SHC juga.
    Dan alasannya masuk akal banget!

    ReplyDelete
  71. mnurutQ itu diakibatkan oleh kadar metana yg berlebihan dlm usus. ketika mreka mrokok gas trsebut keluar melalui mulut karena jumlahnya berlebihan sehingga trbakar saat trkena api rokok.. kmudian api tersebut mmbakar bgian dlam tubuh yg mengandung metana karena tngan dan kaki tdak memeliki rongga sehingga gas mtana tidak dpat masuk jdi bgian itu tdk terbakar. soal bnda2 disekitarnya tidak terbakar itu disebabkan karena lemak tubuh yg berlebih. karena mrka krng olah rga jdi kndungan lemak ckup bnyak..

    ReplyDelete
  72. saya pengen baca.....tapi takut T-T gimana iniiii???!saya penesaran 1/4 mati...tapi takut bacanya....T-T

    apa gambarnya serem banget????

    ReplyDelete
  73. mungkinkah ada hubungannya dengan manusia yang punya kemampuan pyrokinesis? maksud saya, pelakunya. mereka kan bisa mengendalikan api gitu. sekalian request : bahas pyrokinesis dong bung enigma. thanks

    ReplyDelete
  74. menurut pendapat dari beberapa blog saya membaca bahwa hal tersebut di karenakan energi ti=ubuh yang tak trkontrol sehingga memicu lemak dalam tubuh untuk terbakar. mohon di pertimbangkan...

    ReplyDelete
  75. kenapa ORANG GILA TIDAK PERNAH KENA SHC? nah itulah jawabannya :D:D:D thanks bro ENIGMA

    ReplyDelete
  76. Dari sekian kasus yg saya baca di blog ini kebanyakan (setahu saya lho) kasusnya terjadi di negeri luar (terbanyak di USA... CMIIW).

    Apakah ada juga, kasus2 yg unik dan serem spt tersebut diatas?

    *Yang baru sempet terbaca, kasus mayat berjalan itu*

    ReplyDelete
  77. azab dr tuhan yg dinampakkan di dunia. Jelas para korban perokok minum alkohol, haram semua... Makanya jgn merokok n minum minuman beralkohol, kalo nekat mungkin giliran anda selanjutnya.. Waspadalah.... Waspadalah......

    ReplyDelete
  78. Kalo di film-film biasanya, para korban pernah membuat perjanjian dengan setan. Lalu ketika waktunya tiba, nyawa mereka pun dijemput lewat api nereka. hehe.

    Tapi kalo kata South Park sih, itu gara-gara mereka nahan kentut. :p

    ReplyDelete
  79. gila emang 100%gila

    ReplyDelete
  80. - harry pantja -

    gile, ada juga yang beginian.. lebih mirip kaya orang disantet.. santet kan aneh2, ada yg dari perut keluar kawatlah, bikin orang edan,.. hiiyy...

    ReplyDelete
  81. kok rata-rata korbannya cewek??

    ReplyDelete
  82. 1000% sulit diterima dengan akal sehat... Dunia memang penuh misteri yang masih belum bisa di pikirkan secara LOGIS..

    ReplyDelete
  83. klu bisa posting ulasan tiang semen yang misterius di pulau pasifik nama pulaunya sy lg lupa( mungkin namanya pulau catalonia) thks utk bang enigma

    ReplyDelete
  84. mungkin yang terbakar itu perbuatan alien

    ReplyDelete
  85. gan saya copy linknya di blog ku yah . . .
    makasih neh infonya . . .
    oia, sekali-sekali mampir di blog ku yah . . .
    www.clever.blog.com

    ReplyDelete
  86. Boleh percaya bole tidak, setiap manusia bisa menciptakan energi yang luar biasa hebat, tentunya energi ini dari izin Allah SWT.
    Bayak paranormal-paranomal di Indonesia bisa mengendalikan dan menggunakan energi panas ini. Untuk apa?
    Jawabannya untuk berbagai hal yang diluar logika, manusia, seperti kekebalan tubuh, mengendalikan listrik, dll.
    Saya pernah tangan saya dipegang paranormal dan saya disuruh untuk tidak berteriak. Kenapa? Teryata tangan saya dipegang dan rasanya seperti terbakar hebat. Setelahnya tangan saya gosong, dan membentuk cap tangan. Anehnya walaupun saat dibakar terasa amat sakit dan menimbulkan bekas gosong, tetapi tidak membuat luka yang serius. Setelah itu, badan saya juga mengandung listrik yang sangat kuat, dibuktikan dengan menempelkan obeng yang ada testernya dan dapat menyala, seperti saat menempelkan di kabel listrik 220v.
    Ini nyata dan dapat dibuktikan dengan mencari paranormal hebat, di daerah Jawa.
    Kesimpulannya mungkin orang-orang tersebut terbakar karena tubuhnya tiba-tiba memunculkan tegangan listrik yang amat tinggi, mungkin bisa ribuan volt tanpa disadari (beda dengan paranormal yang bisa mengendalikan energi ini).
    Listrik tidak merambat tanpa konduktor, tentu ini yang menjadi jawaban kenapa tubuh orang tersebut terbakar habis tetapi kain tetap utuh, karena yang membakar tubuh adalah listrik dari orang tersebut. Seperti orang terkena petir.
    Ini hanya teori saya, sekali lagi boleh percaya boleh tidak. Banyak hal di dunia ini yang tidak bisa dipercaya tetapi padahal nyata.

    ReplyDelete
  87. mantaaaaapppp ...

    ReplyDelete
  88. Ikut komen yh.... hmmm... d indo ada org yg yg kena penyakit itu bung enig, tp ak lupa nama situsnya... seluruh badan dy terasa seperti terbakar.... tp tidak menimbulkan api... hanya saja itu gosong, trnyata itu adalah penyakit yg memang sudah ada..... dan klo ga salah itu dari afrika....

    gejalanya mirip... panas d dalam tubuh serasa terbakar.... memang rata2 penderita penyakit tersebut tidak ada yg hidup...

    tp baru kali ini ada yg bisa selamat dari penyakit tersebut... wlopun seluruh badannya sudah melepuh....

    salam dari victor

    ReplyDelete
  89. makasih infonya mas enigma,
    masih banyak fenomena-fenomena unik yang belum terungkap dalam kehidupan kita ternyata.

    ReplyDelete
  90. Kayaknya aq tau jwbnnya...

    Coba kamu diam sejenak .. Duduk atau baring... Jangan gerak... Pasti kamu merasa panas... Mungkin ini yang membuat tebakar

    ReplyDelete
  91. bro enigma mungkin saya punya sedikit info
    yang menurut saya berguna untuk post anda mengenai SHC ini,

    dalam tubuh manusia adanya suhu tubu,
    lalu listrik n gas metana yg berada dalam usus manusia yg telah anda singgung sebelumnya...

    saya rasa rokok/alkohol dapat memicu naiknya suhu tubuh diatas normal, seperti yg kita ketahui suhu tubuh normal manusia adalah 37 derajat Celcius.

    kalau tingkat suhu tubuh yg naik secara mendadak
    karena efek alkohol n rokok pada saat yg bersamaan, dapat memicu sebuah percikan api yg berasal dari dalam tubuh, tapi bukan percikan api, hanya reaksi dari api, mksdnya zat2 yg memicu api, yg akhirnya sampai pada gas metana yg berada didalam usus,

    lalu kenapa tidak terbakar barang2 yg disekitarnya, mungkin karena perbedaan suhu antara tubuh korban dengan suhu ruangan,
    yg pada akhirnya memisahlkan reaksi kimia api dengan bahan bahan bakarnya, yaitu oksigen.

    lalu kenapa korban tidak merasakan sakit pada saat terbakar?
    karena pada saat itu yg terbakar adalahnya syaraf impuls yg berfungsi merasakan sakit,

    mungkin teory saya ini terlihat mengada2 tapi
    kalau anda punya info ttng membuat api dari tubuh manusia saya rasa hal ini mungkin.

    salam,

    ReplyDelete
  92. fenomena yang luar biasa, tapi ini adalah hal yang tidak begitu ajaib bagi para biksu tantrayana tibet. bagi mereka yang sudah tinggi tingkatannya dan ingin meninggalkan dunia ini tanpa bekas biasanya melaksanakan apa yang disebut meditasi "tubuh pelangi" (search google : rainbow body), dimana mereka melakukan meditasi yang menyebabkan tubuh fisik mereka menyala, pelan2 terurai menjadi cahaya, berspektrum pelangi. karena itulah dinamakan tubuh pelangi. saat meditasi selesai, tubuh mereka telah habis terbakar/ menjadi cahaya, dan yang tersisa hanyalah sarira. orang2 yg mengalami pembakaran spontan itu, menurut saya adalah mereka yang pada masa hidup lampaunya telah belajar teknik ini, tapi belum sempurna menguasainya, sehingga ketika karma mereka habis pada hidup saat ini, kemampuan itu muncul dan aktif membekar tubuh mereka yg tak siap dan tak ingat masa lampau mereka

    ReplyDelete
  93. nice and interesting

    ReplyDelete
  94. hehe,,, mungkin tubuh kita bisa disebut bom waktu klo begitu yak? tapi jujur, saya tertarik sama Artikel anda ini! huah! sampe pegel mata gara2 penasaran, hehe,, afterall keep posting~!

    ReplyDelete
  95. mungkin sudah waktunya begitu
    hehehehe... :P

    ReplyDelete
  96. topik ini pernah diangkat dalam salah satu episode CSI-Vegas.. Dan pada serial itu, juga menemui jalan buntu.. tak terpecahkan..
    Mudah2an suatu saat nanti terpecahkan ya bang Enigma..
    Tapi kalo saya pribadi lebih setuju sama teori ke dua (wick effet)

    ReplyDelete
  97. tuh posting yg hebat kk,bru prtma kle tao sya!!!!
    wjib d sebarkan ne blog.... ^o~

    ReplyDelete
  98. itu akibat hantu indonesia yang jalan jalan ke luar negerri hehehe......
    pizzz

    ReplyDelete
  99. ini mungkin ulah org yg mempunyai kemampuan Phyrokinesis.... phyrokinesis adalah yg mempunyai kemampuan membakar suatu objek hanya dengan mengkonsentrasikan pikirannya... hampir sama dgn telekinesis yg bisa mengangkat/menggerakkan benda hanya dengan pikiran

    ReplyDelete
  100. Di Indonesia ada namanya banas pati. Dulu teman saya pernah maen-maen ke air terjun dan tidak sengaja terekam oleh handphone. Secara teori, sebenarnya tubuh manusia adalah energi yang terdiri dari 3 hal : proton, elektron, dan neutron. Pada kondisi tertentu, bisa saja menghasilkan sebuah reaksi oksidasi dan menciptakan api -- biasanya senyawa dan atom ini mungkin berubah dan menciptakan reaksi terbakar.

    Seperti banaspati kan adalah kasus karena pesugihan (tapi bang enigma kan ga suka mistik) yang disana ada rahasia merubah energi dan atom tubuh menjadi api dan bisa dikendalikan.

    memang menarik like this. Udah mau maret 2012, kangen kamu nulis lagi bung sejak Juli 2011. If I see in the darkness, it's because there is light....And it is the light which guides me now.... (merinding) XD sekarang kamu menuju cahaya itu ya bang?

    ReplyDelete
  101. berarti,, kita juga mungkin bisa ngalamin kayak gitu??? haaaa.... scaryyy!!!

    ReplyDelete
  102. MUNGKIN ada penyihir yang
    jail, heheheh.
    yg lg praktekin ilmu syihir'y
    hahaha, (lbh mengada2)

    bgs tlsan'y bro E.
    Lanjut.....

    ReplyDelete
  103. Kok bisa bgitiu yach??
    Aneh tapi nyata.Serem ah.

    Oleh: akulah arjuna: :)

    ReplyDelete
  104. engga tahu harus bilang apa selain kasihan

    ReplyDelete
  105. cuma bisa bilang kasihan korbannya.. pasti sakit bgt,,

    ReplyDelete
  106. Mungkin karena asam di lambung,, karena meminum alkohol,, asam lambung semakin kuat sehingga mengikis dinding2 lambung,, tapi ini gk mungkin karena korban matinya terbakar !!..

    cuma bisa bilang semoga segala dosanya diampunkan sama Yang Maha Kuasa !!..

    ReplyDelete
  107. pendapat saya lagi !!.. Menurut saya yg paling mendekati adalh "Wick Effect",, ada pertanyaan yg bilang kapan wick effect terjadi,, saya rasa itu terjadi ketika korban berada di tempat pengap dan panas,, seperti pada gambar no.3 dia berada di dekat cerobong asap,, dan gambar no.4 ditempat gelap dan pengap,, dia bisa saja menyalakan rokok,, yang menyebabkan temperatur badannya naik secara drastis,, tapi ini tak membuktikan cerita "Debbie Clark".

    ReplyDelete
  108. ya.. Kita hanya bisa berdoa dan tidak ada kejadian seperti itu lagi,, Amiinn. Dan ini merupakan contoh dari Kebesaran-Nya. Bagaimana bisa semua badannya hangus terbakar tetapi benda2 di sekitarnya tidak huga ikut terbakar????

    ReplyDelete
  109. begooo !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  110. bisa jadi itu Oogami Rei di kehidupan nyata, dari serial Anime, Code Breaker,
    dia mampu membakar manusia hanya menyentuhnya dengan tangan kiri saja, monggo silahkan cari di mbah gugel kalo mau jelas nya

    ReplyDelete
  111. saya adalah orang yang sangat tidak suka membaca,dari sekolah dasar sampai selesai kuliah saya tergolong orang yang susah berkonsentrasi jadi sulit untuk memahami sebuah bacaan. Tapi saat saya menemukan blog misteri enigma,saya yang sama sekali tidak suka membaca mencoba untuk membaca sedikit demi sedikit,tanpa terasa satu demi satu tulisan di blog ini saya baca,dan saya benar-benar menikmati setiap tulisan bung E. tapi sejak bung E menghilang saya jadi kehilangan sumber bacaan yang menurut saya sangat menarik,saat bung E kembali saya senang sekali karena merasa akan bisa menikmati lagi tulisan dan analisis cerdas dari bung E , tapi pada kenyataanya entah hanya perasaan saya atau mungkin teman-teman ynag lain juga merasakan bahwa ada yang berubah dari tulisan-tulisan bung E sebelum dan sesudah menghilang. apa ini hanya perasaan saya saja??atau mungkin teman-teman juga merasakan hal yang sama?

    ReplyDelete
  112. Mr.G(uardian)
    jangan-jangan mereka musuhnya Tony Stark di Iron Man 3!!? :v xD
    *mabok mode on

    ReplyDelete
  113. Di Gorontalo Pernah Terjadi Hal Sprti Ini, Tepatnya Di Desa Ayula Selatan Kec. Bolango Selatan Kab. Bone Bolango, Tepatnya Di Kompleks SD Impers Ayula Selatan. Waktu Kejadiannya Beberapa Tahun Lalu, Maaf Udah Lupa Tepatnya Kapan. Tapi Kejadian Tersebut Di Kaitkan Dengan Kutukan Karna Si Korban Memang Tergolong Anak Yang Bandel. Kejadian Tersebut Terjadi Di Depan Orngtuanya Sendiri, Maaf juga Klo Namanya Sy Tdk Ingat Lagi. Kalo Bang Admin Penasaran Cek Langsung Aja. Ohh,,Iya,,,Kejadian Ini Tidak Pernah DI Muat Di Media Masa Karena Permintaan Keluarga.

    ReplyDelete
  114. Kasus SHC terbaru http://nasional.news.viva.co.id/news/read/525960-alumnus-unpar-tewas-terbakar-di-kamar-indekos

    ReplyDelete
  115. jika kita fokus ke efek sumbu atau fenomena lilin, disitu menjelaskan ttg kaki yg tidak ikut hangus terbakar karena suhu diatas lebih panas dibanding yang dibawah oleh karena itu kaki tidak terbakar. itu hanya berlaku di mayat yg rata2 ditemukan di kursi bukan? bagaimana dengan mayat yang ditemukan dalam keadaan terlentang atau tidur di kasur maupun alas yang lain? dan tentang ket saksi yg menemukan mayat Mary, dia merasakan panas dari pintu bukan? padahal mungkin posisi ditemukannya mayat dengan pintu cukup jauh. itu mengartikan bahwa mayat terbakar dengan suhu yang sangat tinggi. tetapi tidak ada bekas hangus ataupun sejenisnya. mungkin bisa diartikan seperti oven? mungkin mayat saat terbakar seperti ada sesuatu yang melindungi atau melapisi dirinya dari lingkungan sekitarnya, jadi hanya badannya saja yang terbakar, mungkin karena itu panasnya bisa dirasakan hingga sampai ke pintu. karena yang bergerak hanya hawanya saja, bukan apinya. bisa jadi begitu kan? heehhheee...

    ReplyDelete
  116. Pernah terpikir dari sudut pandang "mistik" gak?! Bagaimana jika mereka -para korban- terbakar karena perjanjian mereka dg iblis?! Apakah mereka memilik "hal2" yg sangat "keren"? Misalnya kekayaan? Atau apapun yg utk mendapatkannya harus menukar jiwa mereka dg keinginan mereka dan kesendirian?
    Kemarin baru belajar teori kebenaran. Ada 4 macam teori kebenaran: teori kebenaran logic, objective, subjective, Consensus. Menurut ku kita tdk dpt menggunakan teori pertama ataupun kedua. Dan teori yg paling digunakan dari sejauh yg dibaca yaitu teori yg terakhir.
    Jadi, jangan lupakan juga kemungkinan yg ada diluar nalar manusia yg tdk bisa dijelaskan secara ilmiah.

    ReplyDelete
  117. Ngomongin yang teori Listrik Statis nih.

    Gue pernah ngalamin munculnya kilatan2 listrik kecil di kaos oblong gue. Biasanya muncul pas gue ngelepas kaos oblongnya. Dan terdengar suara "Ctat.. Ctat.." berkali2 tp hanya beberapa detik.

    Awalnya sih biasa aja. Mungkin ada muatan2 listrik kecil di kaos gue. Tapi pas gue kebetulan mandi waktu malem2. Pas ngelepas kaos, kilatan2 listrik itu muncul lagi. Kali ini terlihat jelas karna kalo malem lampu kamar gue gak dinyalain.

    Takjub juga sih ngeliat kilatan2 itu. Tapi yang lebih takjub adalah waktu selesai mandi, pas pake kaos oblong yang baru (bukan baru beli maksudnya) dari lemari. Pas udah dipake, kilatan2 itu muncul lagi. Sampe gue ngerasa geli2 gimana gitu di sekitar perut & punggung.

    Tapi cuma beberapa detik munculnya.

    Dulu sering tapi sekarang sih gak ngalamin gitu lagi. Dan gue juga biasa2 aja, gak "meng-aneh-kan", mengingat gue pernah sekolah di bidang kelistrikan dan nganggep ini sebagai fenomena listrik statis sederhana.

    Salam^^

    ReplyDelete
  118. alien mungkin yg lagi meneliti tubuh manusia ...

    ReplyDelete