Wednesday, November 18, 2009

Urin astronot dan cahaya misterius di langit

Alam semesta memiliki kemampuan untuk mengubah sesuatu yang kotor menjadi indah. Ini salah satu contohnya. 

Lihat foto di bawah ini. Foto ini diambil oleh seorang penduduk Wisconsin bernama Abe Megahed :



Sekarang, coba tebak, objek apakah yang terlihat di foto itu ?

Kalian para penggemar UFO mungkin akan menebak : "Itu pasti pesawat induk para alien yang sedang memantau planet bumi !"

Lalu, kalian para rasionalis mungkin akan berkata : "Bukan, itu pasti karena lensa kamera yang terpercik oleh tetesan air hujan. Cahaya dari blitz kamera akan membuat air terlihat seperti cahaya putih !"

Lalu sebagian dari kalian yang merupakan penggemar sejati Sherlock Holmes dan detektif Conan akan berkata : "Sotoshop ! Ini foto palsu. Lihat, foto ini menunjukkan keanehan. Kalau diambil pada malam hari, seharusnya ada bintang yang tampak di langit. Di foto ini, bintang malam tidak terlihat sama sekali ! Sederhana sekali sahabatku, Ini foto palsu."

Hmm. menarik, tapi sayang, tebakan kalian semua salah !

Foto di atas bukan UFO, lensa kamera yang terkena tetesan air atau hasil photoshop.

Percaya atau tidak, objek misterius yang terpotret di atas adalah cahaya putih yang terbentuk dari air limbah buangan pesawat ruang angkasa, termasuk urin para astronot.

Ini foto objek yang sama, namun diambil di Prince Edward Island, Kanada.

Foto-foto di atas diambil pada tanggal 9 September 2009. Cahaya misterius tersebut terbentuk ketika para astronot yang berada di pesawat antariksa Discovery membuang limbah kotoran ke angkasa.

Proses pembuangan itu dilakukan oleh pilot STS-128, Kevin Ford, sebagai bagian dari persiapan pendaratan yang akan dilakukan pada tanggal 10 September 2009.

Juru bicara NASA, Kylie Clem, mengatakan bahwa cahaya putih itu diakibatkan oleh sejumlah besar air, sekitar 68 kg, yang dibuang secara bersamaan.

Pesawat Discovery baru saja melepaskan diri dari stasiun antariksa internasional satu hari sebelumnya dan belum sempat membuang limbah kotorannya selama 10 hari.

"Jumlah air itu sangat banyak mengingat bahwa kami tidak pernah membuang limbah sementara kami berlabuh di stasiun antariksa." Kata Clem kepada Space.com.

Sebuah aturan baru yang dibuat oleh NASA melarang pembuangan limbah dilakukan pada saat berlabuh di stasiun antariksa karena dikuatirkan dapat merusak Kibo Module, sebuah lab penelitian yang dibangun di atas stasiun.

Jadi, apa yang menyebabkan air kotor dan urin dapat terlihat seperti cahaya yang indah itu ?

Air limbah akan segera membeku sesaat setelah dibuang dan berubah menjadi tetesan-tetesan es beku. Ketika es beku ini terkena sinar matahari, maka ia akan segera menguap dan tersebar di angkasa. Sebaran uap air inilah yang terlihat di angkasa sebagai cahaya putih yang indah.

See, kadang-kadang fenomena anehpun bisa dijelaskan dengan rasional. :p

(space.com, spaceweather.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

26 comments:

  1. Maha Suci Allah...
    Benar benar menakjubkan semua yang ada di alam semesta ini...

    ReplyDelete
  2. whoa.nice bang!*bngong2 udik norak* (krn fenomena ini dn krn cara mnjelaskannya)
    tp itu akan ttp d angkasa kn? ndak msk k bumi trus jd ujan kan?hujan urin.hahah
    kliatan bgt begonya gitu sayah

    ReplyDelete
  3. nice...saya sudah baca semua tulsan di blognya mas....ow y saya juga udah ngunjungin blog" yg di rekomendasikan saya suka dan saya minta tolon buat di perbanyak blog" yg direkomendasiin...coz saya ank muda yang HAUS akan ilmu pengetahuan....-_-

    ReplyDelete
  4. nah kalo di indo udah dibilang wah kekuatan gaib neh alamnya ngamuk huahahhahaha. atau film 2012 telah menjadi kenyataan huahahaha or dilarang pemberitaan bisa menyesatkan banyak orang. wah mestinya itu orang2 berpikiran rasional dan mendapatkan penjelasan rasional kaya bung ini

    ReplyDelete
  5. wkwkwkw,..gmn air seni gw ya..wkwkw,,saya penggemar blonya enigma udah 2 thn selama saya kuliah mengikuti blog ini..dan saya sgt menyukai ttg ufology..

    ReplyDelete
  6. kok gak pernah posting fenoma-fenomena yang aneh di indonesia sih...ya contoh kayak diatas kok selalu terjadi di luar negeri aja ya...

    ReplyDelete
  7. Maaf sebelumnya buat mas enigma.. Saya cuma mau ngasih pendapat aja.. Soal posting2 mas enigma setelah freemasonry kok agak kurang misterius ya.. Jadi kurang excited..

    ReplyDelete
  8. Hahaha... Kok jorok banget sih... :-D

    ReplyDelete
  9. seandainya kita pny dana besar,alangkah indahnya kl kita membuang limbah pabrik ke luar angkasa,biar g trjadi pncemaran tp justru jd vestifal...kn seru tuh..asal g ngotorin atmosfer aja,hehe

    ReplyDelete
  10. oh iya,angkat misteri d indonesia y bang...

    ReplyDelete
  11. jangan-jangan, ujian itu sisa-sisa urin astronot atau apapun itu dari luar angkasa! wakakakakakaka *komen super ga penting*

    ReplyDelete
  12. Orang Malaysia kalo bilang komet itu Tahi Bintang, kalo ini berarti Kencing Bintang.............wkakakakaka

    ReplyDelete
  13. Ya elaaa... astronotnya kurang kerjaan... limbah gitu aja masih dibuang ke arah bumi.. emang gak bisa ya dibuang ke tempat lain? *humph!!* hahaha... :)

    ReplyDelete
  14. wkwkwk, nice post!

    ReplyDelete
  15. Sesuatu yang sangat sederhana bisa berubah menjadi sangat indah.. hahaa

    Setahu saya penjelasan fenomena ini bukannya udah lama banget ya mas enigma?? koq baru diposting sekarang?!?!

    btw, kabar makhluk2 cryptid akhir2 ini emang ga ada y? saya nyari updatenya setengah mati ga dapet2. Om enigma dapet ga?? kangen cryptid soalnya.. hehee

    ReplyDelete
  16. wah...
    udah lama nih soal ini, jadi gak seru >,<

    ReplyDelete
  17. euwH! really?! euwH!! antara mo blg jorok... atau indah... ati jorok... atau indah... well.. slama ga kcium baunya... indah...

    Seravina

    ReplyDelete
  18. wah gimana klo urinnya membeku trus jatuh sampai ke bumi jadi hujan, waaaaah....bs bau pesing nanti rumahku hahaha :-D

    ReplyDelete
  19. ...68 kg...???
    baunya kaya apa yak...???
    (super duper g sopan...hehehee...)

    ReplyDelete
  20. coba beneran iya jatoh sampe bumi, trus kebetulan yg liat org yg prcy UFO gt, "wtf!!" giliran ditelusurin lokasi jatohnya ga kebayang deh gmn ekspresi wajahnya pas nemu barangnya.

    ReplyDelete
  21. blognya keren abis mas....

    ReplyDelete
  22. blog paling unik dan menarik yg pernah saya baca

    ReplyDelete
  23. wah.... pembuangan "sampah" di sembarang tempat kan ga bagus.... apalagi di luar angkasa....

    padahal, kita sering diingatkan tentang pentingnya melindungi bumi.... ini mereka malah mengotori bumi, dari luar angkasa lagi! ga tambah berlubang tuh lapisan ozon?? (huahahaha!) :D

    tapi, cantik sih gambarnya.... aneh juga yg di bumi dilihat sebagai kotoran, tp di luar angkasa jadi terlihat cantik begini.... hahahaha!

    keep posting k enigma! ^^

    ReplyDelete