Wednesday, December 9, 2009

Misteri fenomena ufo Viborg

Pada 11 April 1975, seorang polisi mengunjungi sebuah toko cuci cetak foto langganannya di Viborg, Denmark. Sesampai disitu, penjaga toko kenalannya memperlihatkan kepadanya sebuah foto yang misterius. Foto itu menunjukkan adanya objek seperti awan yang berbentuk ufo. 

Tidak semua fenomena bisa dijelaskan secara ilmiah, namun kebanyakan ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Seperti fenomena ini contohnya.

Para peneliti ufo menyebut objek di dalam foto itu sebagai ufo Viborg. Ketika pertama kali diperlihatkan ke publik tahun 1979, foto itu segera menjadi objek penelitian intensif para ufolog, peneliti independen dan bahkan militer Denmark.

Polisi yang melihat foto tersebut, lalu meminta nama dan alamat pemilik foto yang ternyata seorang pengusaha lokal bernama Mr. Laursen. Ia kemudian mendatanginya dan mulai mengadakan wawancara. Transkrip wawancara itu dibuat dalam bentuk laporan dan diserahkan ke kepala penerbangan skuadron pesawat tempur Denmark dan salinannya diserahkan ke dinas rahasia polisi Denmark untuk diteliti lebih lanjut.

Menurut Mr. Laursen, foto itu diambil pada tanggal 17 November 1974 sekitar pukul 9 pagi. Ia sedang berjalan bersama anjingnya di tepi danau Norre So di Viborg untuk memotret burung-burung yang beterbangan di situ. Temperatur saat itu diperkirakan sekitar 5 derajat celcius dan langit terlihat cerah dengan sedikit kabut di atas permukaan danau.

Kemudian ia segera menyadari adanya awan berbentuk aneh menggantung di langit. Ia meraih kameranya dan memotretnya. Lalu Ia melihat ke sekelilingnya, berharap ada orang lain yang juga melihatnya. Namun ternyata ia sendirian disitu. Beberapa waktu kemudian, awan aneh itu menghilang.


Mr. Laursen lalu menyerahkan negatif film foto itu kepada petugas polisi tersebut dan memintanya untuk menyelidikinya.

Dari foto tersebut, terlihat sebuah objek seperti awan berbentuk ubur-ubur dengan diameter sekitar 20 meter. bentuknya yang aerodinamis segera mengingatkan kita pada bentuk-bentuk ufo klasik.

Ketika kita melihat bentuknya yang indah, mungkin sebagian dari kalian akan segera menyebutnya sebagai rekayasa. Namun, perlu diingat, foto ini diambil pada tahun 1974 dan diperlihatkan ke publik pada tahun 1979. Saat itu belum ada teknologi photoshop. Lagipula foto ini telah diteliti dan dinyatakan asli.

Teori-teori yang diajukan mengenai objek dalam foto ini menjadi sangat beragam tergantung dari latar belakang keilmuan pihak yang menelitinya.

Misalnya, bagi sebagian besar ufolog, objek tersebut adalah sebuah pesawat alien yang sedang berkamuflase dalam rupa awan.

Menurut Colman Vonkeviczky, seorang mantan militer dan peneliti ufo, objek tersebut adalah sebuah pesawat tanpa mesin pendorong. Sebagai tambahan ia mengatakan bahwa bayangan dari pesawat tersebut menunjukkan adanya objek metalik dengan struktur berupa "dome" dengan sebuah cincin yang menyebabkan adanya awan kabut disekelilingnya.

Michael Hasemann, seorang penulis masalah-masalah ufo dari jerman juga memberikan pendapatnya mengenai objek tersebut :

"Efek penguapan yang ada pada objek tersebut menunjukkan bahwa permukaan ufo tersebut memiliki suhu yang lebih rendah dari minus 180 derajat celcius. Karena karakterisitik inilah maka udara yang mengelilinginya mulai mencair dan mengalir ke bawah yang membuat objek tersebut terlihat seperti memiliki ekor ubur-ubur."

Walaupun begitu, tidak semua organisasi peneliti ufo setuju dengan pendapat itu.

Sebuah organisasi bernama Ground Saucer Watch (GSW) yang merupakan spesialis peneliti foto misterius menyimpulkan bahwa objek tersebut adalah sebuah awan kumulus.

Dan kesimpulan GSW ini terbukti menjadi awal pemecahan misteri ufo Viborg.

Kesimpulan GSW ini kemudian dikuatkan oleh Skuadron pesawat tempur Denmark. Menurut mereka, objek tersebut adalah sebuah fenomena awan aneh yang terbentuk akibat adanya pelepasan uap panas air. Untuk membuktikannya, kepala skuadron segera menghubungi Viborg Heating Instalation (VHI) untuk mengadakan pengujian lanjutan.

Menurut VHI, ketika uap panas air terlepas ke udara, memang kadang dapat tercipta fenomena seperti yang terlihat pada foto ufo Viborg. Apalagi pada saat mesin "boiler" sedang dibersihkan.

Ketika lokasi pemotretan diperiksa, para peneliti menemukan ada sebuah cerobong pemanasan yang mungkin bertanggung jawab atas fenomena itu.


Jarak antara Mr Laursen yang mengambil foto dengan cerobong tersebut sekitar 350 meter. Saat itu ada angin kencang dengan kecepatan sekitar 20 knots yang bertiup dari barat daya. Angin inilah yang dianggap telah membawa uap dari cerobong dan menyebabkan terbentuknya ufo Viborg.

Misteri ini terpecahkan !

Namun, baru 19 tahun kemudian, orang-orang bisa melihat teori ini menjadi kenyataan.

Pada tahun 1993, Ned Kahn, seorang seniman yang terinspirasi oleh fenomena-fenomena alam seperti api, angin dan air berniat mencipta ulang fenomena ufo Viborg dengan menciptakan sebuah alat yang dapat menyemburkan uap.

Ketika ia menjalankan mesin buatannya, maka seperti sebuah deja vu, ufo Viborg kembali muncul, namun kali ini di sebuah studio.


Manifestasi awan yang dibuat Kahn dikenal dengan sebutan toroidal vortex atau cincin awan. Luar biasanya, ia berhasil menciptakan awan yang sangat menyerupai ufo Viborg. Perbedaannya hanyalah pada ukuran awan yang tercipta.

Menariknya, tenyata bukan hanya pelepasan uap panas yang bisa menciptakan awan aneh seperti itu. Sebuah penyembur api berukuran besar ternyata juga bisa menciptakan awan ubur-ubur seperti yang terlihat pada foto di bawah ini. Awan ini terlihat pada festival Burning Man di Nevada.


Apakah uap air ataukah penyembur api raksasa. Fenomena ufo Viborg telah berhasil dipecahkan dengan sempurna.

(caelistia.com, forgetomori.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

43 comments:

  1. woiy nice post nich !!

    ReplyDelete
  2. Blog ini sangat berbeda dibandingkan kebanyakan blog Indonesia yg menulis tentang misteri. Bahasanya mudah dimengerti, begitu cerdas, dan tidak mendramatisir berita. Sangat obyektif. Boleh request nggak, tolong bahas tentang John Titor, atau misteri dalam negeri, jenglot. Thanks.

    ReplyDelete
  3. Thanks Doc.
    Soal John Titor, saya sedang mengerjakannya. Tapi ternyata link2 sumber yang dulu pernah saya baca mengenai John Titor hilang dari dunia maya, entah kemana. Jadi saya sedang memikirkan alternatifnya supaya informasinya bisa lebih akurat.

    Soal jenglot, terlalu mistis kayaknya. Jadi mungkin tidak. Maaf ya :)

    ReplyDelete
  4. heem...seperti bentuk awan fallstreak holes atau virga....jadi ingat postingan saya dulu tentang awan aneh...btw....sekali2 anda ikut saya bertualang seperti indiana jones...siapa tahu kita menemukan sesuatu yang menarik....wakakaka

    ReplyDelete
  5. hmmm....bagus tuh bro....good work ! :)
    keep posting yoo....

    ReplyDelete
  6. si bolang ala mbah ware

    ReplyDelete
  7. om enigma, tpi klo itu ialah awan hasil cerobong, mengapa cma ditinggal bentar udah ilang/gk ad?
    tp sih bisa aj ilang gara2 faktor angin yg kenceng di daerah tsb ... emg wktu di potret angin disitu kenceng?

    ReplyDelete
  8. Angin bertiup 20 knot. Itu berarti sekitar 36 km/jam. Lumayan. Oh ya sebenarnya tidak begitu jelas, berapa lama awan itu menghilang sejak dipotret.

    ReplyDelete
  9. wah keren . .

    tapi kok bisa bertahan lama ya awanya padahal klo ditiup angin ppasti cepat hilang

    ReplyDelete
  10. Anonymous di atas bilang :
    mengapa cma ditinggal bentar udah ilang/gk ad?

    Fadhel bilang :
    tapi kok bisa bertahan lama ya awannya padahal klo ditiup angin ppasti cepat hilang.

    Jadi setiap manusia punya cara interpretasinya masing-masing terhadap sebuah kalimat :)

    ReplyDelete
  11. kk enigma menurut saya itu bukan lah sebuah ufo..karena manifes yg tercipta tidak terlihat sebagaimana mestinya sebuah ufo.dan lagi dgn pembuktian di atas saya yakin itu hanya gumpalan awan seperti pada percobaan di ats..namun yang menarik di sni bagaimana sebuah manifes yg di hasilkn di luar(bukan dalam studio) bisa sebesar itu..hmm..menarik memank..keep posting ya kk..req q kmrn masih blm nih jalan bumini ama star jelly dari jerman...hehehe..thx..

    ReplyDelete
  12. Memang bukan ufo. Cuma objek tersebut sudah terlanjur disebut ufo viborg. Star jelly dan bimini nyusul.

    ReplyDelete
  13. Mirip efek rudal napalm putih

    ReplyDelete
  14. kalo tentang flying stone d palestina gak di ulas juga...????..

    ReplyDelete
  15. flying stone di palestina adalah hoax. Sebenarnya batunya tidak melayang. Foto yang beredar sudah diphotoshop.

    ReplyDelete
  16. serupa seperti kita sedang bermain dengan asap rokok. mulut kita jadi cerobong. dalam kamar di mana tidak ada tiupan angin, kita bisa membuat vibirg kecil2an haha....menarik

    ReplyDelete
  17. Bung enigma,klo yg anda maksud foto flying stone yg dipinggir jalan saya stuju itu hoax tp flying stone yg didalam masjid itu asli

    ReplyDelete
  18. mana ada sih batu yang bisa melayang? aku kira itu semua hoax saja, ut buat sensasi.

    ReplyDelete
  19. mas enigma, tadi barusan baca kompas online hari ini, tentang ufo di bantul, yg kefoto di deket sayap lion air kl ga salah bulan oktober. udah pernah diulas blum ya?

    ReplyDelete
  20. Nice Info,^^
    sebenarnya saya sudah pernah melihat foto tersebut. Meski saya kurang sependapat dengan teori uap air, tetapi 1 pertanyaan saya. mengapa bterlihat begitu padat awan yang ada di foto pertama kali?


    -Hendrik-

    ReplyDelete
  21. uhh..lagi2 ufo..dan ujung2nya alien..knp ya segala fenomena aneh selalu dihubungkan dengan ufo dan alien..?

    -indah-

    ReplyDelete
  22. Bro...mana artikel manusia yg umur 446 th...bilderberg di tulis lagi yg lebih mendalam dunk spt freemason.tx Bro.

    ReplyDelete
  23. ngg tll smangat kl bc brita tnt ufo. tp yg ini bikin snyum. bner2 mirip ubur2. apalagi foto trahir. ada efek 3d nya gt. dan haha..lagi2 sll ad pnjlasan ilmiahnya. kren..kren..

    ReplyDelete
  24. mirip benar seperti ubur-ubur terbang diangkasa

    ReplyDelete
  25. Blue Jean said:

    Waw... saya kerajingan blog anda sudah seminggu ini .sudah baca semua artikelnya lengkap... nice Post .. saya suka misteri tapi nggak suka mistik ... hehe

    Oh ya... kalo nda keberatan , bole minta Request tentang Kapal Marie Celeste ndaa??

    ReplyDelete
  26. gw seh percy itu cman awan..soalna ad bukti dan percbaan yg cukup..nice posting pak dhe enigma..

    ReplyDelete
  27. mas, ada fenomena cahaya spiral aneh(stargate) di norway...sepertinya bagus buat diulas

    ReplyDelete
  28. Setuju sama Inoshi..
    Aneh banget cahayanya..
    bahas dounks..
    thx u..

    ReplyDelete
  29. Om enigma...bahas monster dari loch morar donk...jarang di web/blog lain yang membahas...tolong ya....keep posting dan jaya teruz!

    ReplyDelete
  30. mas enigma...bahas cahaya spiral aneh baru2 ini di norwegia dong.....

    ReplyDelete
  31. Blog yg amat sangat luar biasa...
    Saya kagum sekali dengan blog ini...
    Betapa beruntungnya saya bisa menemukan blog ini...
    Keep posting Mr.Enigma.
    Setiap hari saya selalu ingin berkunjung ke blog anda.
    :)
    Fans berat blog Enigma
    ttd.
    Fon_Weasley

    ReplyDelete
  32. Request: makhluk2 purba yg masih hidup di dasar samudra
    :)
    mohon infonya, Mr.Enigma
    thx

    ReplyDelete
  33. Hmmm... kadang2 orang selalu berusaha mencari jawaban atas pertanyaan yg tdk terjawab, dan selalu berusaha mencari jawaban secara ilmiah atau di-ilmiah-ilmiahkan, yang penting sebuah phenomena harus ada jawabannya.

    ReplyDelete
  34. Yg penting ngakak.... Wakakakak....

    ReplyDelete
  35. wah keren..mirip ubur2..

    ReplyDelete
  36. Ubur Ubur Udara!

    ReplyDelete
  37. bisa bikin ubur2 uap kaya gt sendiri g ya,,,,,,,,,,,^^

    ReplyDelete
  38. wahhh!! seru!!
    tapi pas saya baca ini, saya jadi inget pernah ngeliat awan yang bentuknya kayak piring terbang... (dan sempet saya foto pake kamera HP juga)
    emang sih bentuknya beda banget sama foto2 di atas.
    rasanya yang saya liat itu emang cuma awan yang berbentuk aneh sih.. ahahahahah. tapi kadang suka kepikiran "siapa tau itu betulan UFO yang nyamar jadi awan??"

    kadang mau ngasih liat ke orang2 yang suka sama hal2 berbau ufo..
    mau liat ga mas?? :-)

    ReplyDelete
  39. Boleh, kirim saja ke saya via email

    ReplyDelete
  40. menurut bang enigma jenglot itu terlalu mistis. tidakkah sebenarnyya jenglot itu makhluk criptozoologi yang dimumifikasi? atau mungkin mumi hasil modifikasi seperti di Jepang yang menyambungkan bagian-bagian hewan yang aneh-aneh?

    ReplyDelete
  41. apakah benar adanya ufoitu coba beri slektif yang

    masuk akal dong..........................?

    ReplyDelete
  42. om enigma...
    saya mendapat sebuah berita tentang UFO pada sebuah blog yang tak tertulis sumbernya. Diblog tersebut dikabarkan 62 siswa berumur 6-12 tahun melihat tiga buah objek bulat aneh berwarna perak terbang melintasi sekolah.Tidak lama kemudian, sesosok pria kecil dengan tinggi sekitar 1 meter, muncul di bagian atas objek tersebut. Lalu, ia turun dan berjalan dengan cara yang aneh.
    lihat pada TERSELUBUNG.BLOGSPOT.COM
    Misteri Pendaratan UFO dan Alien di Halaman Sebuah Sekolah di Zimbabwe
    Bagaimana menurut om enigma?????
    karena masalah ini masih belum terpecahkan.

    ReplyDelete
  43. bung enigma kalo tentang kasus flannan isle kayaknya belum terpecahkan?

    ReplyDelete