Thursday, December 10, 2009

Cahaya Spiral raksasa misterius terlihat di langit Norwegia

09 Desember 2009, penduduk Norwegia dikejutkan dengan munculnya sebuah fenomena aneh di langit. Sebuah cahaya biru naik ke langit, berhenti di tengah lalu meledak dan berubah menjadi spiral raksasa yang menyerupai efek gelombang kejut, seakan-akan sebuah portal menuju dimensi lain sedang terbuka lebar. 

Hari ini media dunia digoncangkan oleh sebuah fenomena misterius di Norwegia yang mungkin baru pertama kali terjadi di dunia. Para peneliti ruang angkasa mengakui bahwa mereka belum pernah melihat fenomena seperti ini sebelumnya.

Sebenarnya dari kemarin malam saya sudah membaca berita ini. Tapi melihat foto yang ditampilkan, saya menjadi ragu untuk mempostingnya karena spiral raksasa di foto itu sangat mirip dengan gambar yang dihasilkan oleh computer graphic. Namun ternyata berita ini bukan hoax dan diberitakan oleh media-media di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Jadi saya memutuskan untuk membahasnya. Saya tahu, jika saya memposting berita yang isinya sama dengan yang sudah kalian baca di detikcom atau vivanews, maka sebagian dari kalian akan marah kepada saya dan menganggapnya basi (biasanya begitu, haha). Jadi saya akan menambahkan teori penjelasannya yang saya anggap paling masuk akal.

Biasanya, saya tidak suka menambah video ke postingan di Blog ini karena saya tahu sebagian besar dari kalian menggunakan koneksi internet yang tidak cepat (sama seperti saya). Tapi kali ini saya akan menambahkan dua video supaya isi tulisan ini menjadi lebih gampang dipahami.

Fenomena ini telah membuat para saksi mata dari Trøndelag hingga Finnmark dibuat bingung. Kebanyakan menduga bahwa fenomena ini mungkin berhubungan gelombang kejut yang diakibatkan oleh meteor. Tapi tentu saja teori yang paling populer adalah ufo hingga time tunnel atau vortex.

Foto-foto di bawah ini diambil dari sebuah dermaga pelabuhan pada pukul 7:50 pagi.

 

 
 Ini rekamannya .



Awalnya, sebuah cahaya biru terlihat naik dari belakang gunung. Cahaya itu putus di langit lalu mulai bersirkulasi dan meledak di udara. Dalam beberapa detik, sebuah spiral raksasa telah terlihat memenuhi langit. Cahaya biru panjang itu terlihat selama sekitar 10 menit sebelum menghilang.

Institut meteorologi Norwegia segera dibanjiri oleh telepon dari masyarakat yang melaporkan fenomena ini. Para astronom mengatakan bahwa fenomena ini sepertinya tidak terkait dengan Aurora yang biasa terlihat di Norwegia.
"Aku sedang mengantar anakku ke sekolah dengan mobil, lalu aku melihat cahaya itu muncul dan seperti meledak di udara," Kata Totto Eriksen dari Tromsø kepada VG Nett.

"Ia terlihat seperti spiral raksasa yang kemudian melingkar dan terus melingkar," Tambah Axel Rose Berg dari Alta.

Bahkan astronom ternama Knut Jørgen Røed Ødegaard mengatakan kepada VG Nett bahwa ia belum pernah melihat fenomena yang seperti ini.

Pusat pengendali lalu lintas udara di Tromsø menyebut fenomena ini berlangsung selama dua menit. Menurut mereka lagi, fenomena ini berlangsung terlalu lama untuk disebut sebagai sebuah fenomena angkasa biasa.
Melihat bentuknya yang persis seperti sebuah portal menuju dimensi lain, maka beberapa orang telah menyebut fenomena ini dengan sebutan Star Gate.

Namun beberapa peneliti mencurigai fenomena itu diakibatkan oleh sebuah rudal Rusia yang salah arah. Dan sepertinya teori ini cukup masuk akal.

Dua hari sebelum spiral raksasa itu terlihat di angkasa, Sebuah media di Norwegia memperingatkan para penduduk untuk tidak terbang melintasi laut putih karena saat itu ada armada utara Rusia yang sedang melakukan uji coba rudal di laut itu.

Seorang peneliti bernama Erik Tandberg mengatakan :

"Jika fenomena itu diakibatkan oleh misil Rusia, maka kemungkinan misil itu diluncurkan dari pangkalan Rusia di Pletsevsk atau dari salah satu kapal selam Rusia, atau bahkan mungkin dari badan angkasa luar Eropa di Kiruna. Spiral yang terjadi menunjukkan bahwa objek yang meluncur telah keluar dari sasaran dan membuat gerakan berbentuk spiral. Sedangkan cahaya biru itu bisa terbentuk akibat bahan bakar roket yang bocor."
Seorang juru bicara departemen pertahanan Norwegia, John Espen Lien, mengatakan bahwa militer Norwegia memang tidak bisa memastikan penyebab fenomena ini, namun mereka juga menduga bahwa fenomena ini berasal dari uji coba rudal Rusia. Rusia memang biasa menggunakan wilayah Laut Putih dan Laut Barent untuk uji coba rudal.

Teori ini juga diteguhkan oleh seorang pejabat militer Rusia yang menolak disebutkan namanya. Ia menyebutkan bahwa fenomena itu disebabkan oleh peluncuran rudal Bulava yang gagal dari sebuah kapal selam di laut putih.

Uji coba rudal Bulava yang dilakukan pada tanggal 9 Desember pagi itu telah mengalami penjadwalan ulang beberapa kali. Uji coba itu pertama kali dilakukan pada tanggal 15 Juli 2009. Saat itu rudal itu gagal meluncur dan memicu penghancuran otomatis hanya beberapa saat setelah meluncur. Jika benar yang disaksikan adalah misi peluncuran rudal Bulava yang gagal, berarti Rusia telah 7 kali gagal meluncurkan rudal itu dari 13 kali percobaan.

Tapi tentu saja, pihak militer Rusia belum memberikan konfirmasi secara resmi.

Dan tahukah kalian, apa yang saya suka dari para peneliti di Luar negeri ? Jawabannya adalah mereka bekerja dengan sangat cepat. Jika kita melihat foto dan membayangkan teori rudal yang salah arah, maka kita mungkin akan segera menolak teori tersebut. Tapi seorang peneliti bernama Doug Ellison dari UnmannedSpaceflight.com segera membuat sebuah simulasi yang menunjukkan roket yang gagal dengan bahan bakar yang bocor.

Ketika saya membandingkan rekaman video fenomena itu dengan simulasi yang dibuat oleh Doug, maka sepertinya fenomena star gate Norwegia menjadi sangat masuk akal.


Jadi mungkin misteri ini telah hampir terpecahkan dengan sempurna. Kita hanya tinggal menunggu penjelasan resmi dari pihak Rusia, apakah mereka benar-benar mengadakan uji coba rudal pada saat itu.

Oh ya, jika ada perkembangan terbaru, pasti saya akan segera mengupdate berita ini.

(Dailymail.co.uk, thesun.co.uk, universetoday.com, barentobserver.com)


UPDATE : 11 Desember 2009
Pada hari ini, Departemen pertahanan Rusia membenarkan bahwa fenomena cahaya spiral di Norwegia ini memang diakibatkan oleh uji coba rudal Bulava yang gagal.

"Dua tahap pertama dari peluncuran rudal itu berjalan dengan normal, namun tiba-tiba terjadi kegagalan teknis pada tahap lanjutannya, yaitu tahap trajectory." Kata juru bicara departemen pertahan Rusia yang dikutip oleh Reuters. Peluncuran itu dilakukan dari kapal selam nuklir Dmitry Donskoi di laut putih.

Kegagalan ini merupakan kegagalan yang ke-7 dan telah menyebabkan militer Rusia mendapat banyak kritikan karena besarnya anggaran yang dialokasikan.

Well, Great Job by Doug Ellison !

Jadi saya rasa sekarang kita bisa tidur dengan tenang.

(reuters.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

56 comments:

  1. pertamax hua hahaha...

    ReplyDelete
  2. semoga saja pihak rusia tidak benar-benar meluncurkan rudal yang gagal.biar kami para misteri maniac sedikit puas dengan fenomena yang sama sekali tidak terpecahkan.tul khan gan?!!

    ReplyDelete
  3. Itu pasti gerbang menuju dunia digimøn... Hehe..

    ReplyDelete
  4. Wah thanks atas infonya, terus terang saya terkesan dgn para peneliti luar neger tuh, berusaha dgn cepat mengemukakan pemecahannya secara logis. Mudah2an suatu saat bangsa kita dapat seperti mereka...

    ReplyDelete
  5. thanx udah posting ttg ini kk..
    well it makes sense kalo bener2 rudal, tp emang ga ada akibat dri bocornya bahan bakar ya? kayak ada sisa2 bahan bakar yg jatuh di suatu tempat? CMIIW

    Keep update yah :)

    ReplyDelete
  6. ada yang aneh
    masa bahan bakar bisa bertahan 10 menit di udara
    emang gravitasi 0?
    hhe

    ReplyDelete
  7. wah posisi satu dn dua teratas slalu di isi komen tanpa link,hehe,jd g ada spamernya,diem2 aq memperhatikan lho bang,krn tiap enigma update,slalu ngikutin

    ReplyDelete
  8. Udah rame lagi! telat gw

    ReplyDelete
  9. "Is that a vortex from The Outworld? Oh MG, the Mortal Kombat is begin!!!"

    v(^0^)v .. kwokwokwokwok..

    ReplyDelete
  10. hehehe . .
    mirip portal ato star gate yg ada di pelem2 . .
    nice post mas enigma

    ReplyDelete
  11. Boss Enigma... Ada laporan UFO lagi nih di kompas.com, katanya di Bantul.... Berminat ngebahas gak kira2 hehehe....

    http://sains.kompas.com/read/xml/2009/12/10/08514275%20/ufo.terlihat.di.langit.bantul.

    ReplyDelete
  12. Ufo kompas itu memang misterius. saya tidak bisa menjelaskannya.

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata ada juga hal misteruis yang tidak bs di jelaskan oleh mister enigma :p
    but i love this blog . , keep posting ya?

    ReplyDelete
  14. wah gambarnya keren abizzz...
    kok bisa ya...

    keep posting enigma...

    ReplyDelete
  15. kalo diliat dari fotony emang ky photoshop ya, spiralny sempurna banget, tp keren. thanks mas ^_^

    ReplyDelete
  16. wah masih panas britanya. langsung bayangin balon tiup yang dilepas tanpa diiket trus muter2 d udara.mngkn krn saking cpetnya bisa jadi simetris bgt gt y spiralnya? ck..ck.. mngkn lain kali warna bahan bakarnya bisa dibanyakin. merah kuning ijo.biar lbh meriah kl nyasar lg.hoho

    ReplyDelete
  17. from : L
    to : enigma

    it spreads out quickly the news of the credit carbon using to reduce global warming. if you have the accurable datas, why don't you share it to the public. At least to make them know there's something happens.

    ReplyDelete
  18. wow kk wow...itu MISTIC deh..scra gw orng indonesia asli..hal bgonoan gw anggap MISTIK..itu pasti ilmu santet yg ga nemu sasarannya..itu pndpt saia sbgai orng pribumi indonesia..

    ReplyDelete
  19. efan said:

    mantap bang enig...
    udah kaya pintu menuju dimensi lain aja...
    tau gitu gw kesana dah langsung luncat tuh ke tgh2 spiral.. tau tau dah ada di dunia digimon..
    ekkekekekekke...

    ReplyDelete
  20. pak Enigma, bisa tolong diulas tentang unknown life form in north carolina sewer? thx a lot Bro

    ReplyDelete
  21. sudah ada update na bang enimga...
    ternyata missil russia yang gagal aja katanya si bwt anti nuclear gtu....

    ReplyDelete
  22. itu portal menuju dunia prikitiew, dimana rakyatnya mukanya mirip sule smua, wkwkkwkw
    nice info om

    ReplyDelete
  23. kayak lampu laser.............
    hehe

    ReplyDelete
  24. @budi :life form di north carolina sewer itu adalah sekelompok cacing tubivex. jadi bukan makhluk aneh.

    ReplyDelete
  25. ulasannya mantapz

    ReplyDelete
  26. sudah terjawab..pihak dephan rusia sudah mengklarifikasi tentang kegagalan peluncuran rudalnya

    ReplyDelete
  27. rasa penasaran terasa menggantung setelah tau jawaban dan faktanya...but jempol banyak deh buat kang enigma...beritanya update always

    ReplyDelete
  28. ummmb,,,

    knapa yg dividio di ganti gambar....

    harus.a tetep gambar gerak tuh...

    coba di cariin eaa ???

    thx be4...

    ReplyDelete
  29. maksudnya ??? nggak diganti kok. coba aja rekamannya di play.

    ReplyDelete
  30. walau pun itu man made...tapi tetep aja mengaggumkan n keren banget...kayak sinyal buat manggil batman ya? heheheh

    ReplyDelete
  31. star gate????

    kayak gerbang bintang anunaki di cerita sumeria. . .kereeeen

    ReplyDelete
  32. dunia emang penuh misteri,misteri itu indah.....misteri mebuat pikiran kita menampilkan bermacam imajinasi! thanks bro....ngikut promo yau, lagi blajar nih

    ReplyDelete
  33. Gile macem Portal ke Dunia lain, but si Doug hebat ya...
    pake software apa buatnya mas?
    kasih tahu yoo9o!!!!!

    ReplyDelete
  34. saya tidak tahu dia pake software apa.

    ReplyDelete
  35. memang mirip sekali hasil komputer grafik. gambar pertama bahkan terlalu halus untuk dikatakan sebagai fenomena alam. tapi penjelasan yang ada memang cukup masuk akal.

    ReplyDelete
  36. belum ada crop circle lagi bro?

    ReplyDelete
  37. NIce info.........

    ReplyDelete
  38. kyanya itu bukan rudal rusia (ato apalah nmanya) yg gagal deh. klo itu rudal rusia (tau deh apa nmanya, pokonya gtu deh) pasti kegagalan itu gak kaya cahaya terang gitu. chyanya itu kaya chya aurora. lagi jga udah 7 kli gagal pasti warga norwegia itu hal yg biasa. menurutku mungkin yg bekerja di rudal rusia (apalah nmanya) itu pasti nyembunyiin sesuatu deh. tapi semua yang aku tulis menurutku loh. ok!!!.....

    ReplyDelete
  39. wah, koq saya nggak yakin sama gambarnya ya.. apa itu cuma gambar ilustrasi??


    ^^LiZa^^

    ReplyDelete
  40. mari kita tunggu dan liat kelanjutan pengakuan dari mereka..

    ReplyDelete
  41. Rekaman nya udah di hapus tu....!!!

    ReplyDelete
  42. Roket rusak bisa buat lingkaran yang benar2 sempurna, dan Russia menembakkan rudal rahasianya ke wilayah negara lain? Kenapa nggak sekalian dikirim lewat paket aja, biar rahasianya bisa dipelajari.
    Great work Doug Ellison...

    ReplyDelete
  43. bang enig, entah saya yang masih tidak percaya atau apa, tapi saya masih melihat ada yang janggal dengan gambar foto dan animasi oleh Doug Ellison...
    saya lihat dari animasi, bagian warna biru berbentuk kerucut yang di bagian yang dipercaya sebagai roket semakin mengecil dan bentuk lebar terdapat pada bekas terjauh....
    namun pada gambar foto, diperlihatkan bagian yang dicurigai sebagai roket bentuk kerucutnya membesar... kerucut terkecil malah berada di bagian terjauh...
    bang enig bisa menjelaskan pada saya???

    terima kasih...

    ReplyDelete
  44. Lubang time travel tertangkap kamera...

    ReplyDelete
  45. Waduch gini dah kalo banyak dicecokin pelm2 star trek, babylon five dan fiksi ilmiah laennya .. :(

    Padahal cuma karena rudal dianggap star gate .. :(

    Nice info, Gan .. thx

    ReplyDelete
  46. saya suka postingan2 anda...mencerahkan. keep post

    ReplyDelete
  47. saya pasti sangat terlambat sekali membaca blog ini.
    yg menjadi pertanyaan saya knapa video ini sudah di hapus dari youtube. apakah ada sesuatu yg di sembunyikan

    ReplyDelete
  48. Jadi inget film the last mimzy, sepertinya ada yang ditutup-tutupi.

    ReplyDelete