Tuesday, December 15, 2009

Misteri kerajaan Shambhala

Selama ribuan tahun, ada sebuah rumor yang beredar, bahwa di suatu tempat di Tibet, diantara puncak-puncak bersalju Himalaya dan lembah-lembah yang terpencil, ada sebuah surga yang tidak tersentuh, sebuah kerajaan dimana kebijakan universal dan damai yang tidak terlukiskan berada. Sebuah kerajaan yang disebut Shambhala. 

James Hilton menulis mengenai kota mistik ini pada tahun 1933 di dalam bukunya yang berjudul "Lost Horizon". Hollywood lalu mengangkatnya dalam film produksi tahun 1960, "Shangri-la". Bahkan penulis terkenal James Redfield yang menulis The Celestine Prophecy juga menulis satu buku yang berjudul "The Secret of Shambhala : In Search of the Eleven Insight." Shambhala yang misterius ini juga dianggap sebagai sumber bagi Kalachakra, yaitu cabang paling tinggi dan esoterik dalam mistik Tibet. 

Legenda mengenai Shambhala sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Kita bisa menemukan catatan tentang kerajaan ini di dalam teks-teks kuno seperti Kalachakra dan Zhang Zhung yang bahkan sudah ada sebelum agama Budha masuk ke Tibet.

Kata Shambhala berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "Tempat kedamaian" atau "Tempat keheningan". Kerajaan ini memiliki ibukota bernama Kalapa dan diperintah oleh raja-raja dinasti Kulika atau Kalki. Di tempat inilah makhluk hidup yang sempurna dan semi sempurna bertemu dan bersama-sama memandu evolusi kemanusiaan. Hanya mereka yang murni hatinya yang dapat tinggal di tempat ini. Disana mereka akan menikmati kebahagiaan dan kedamaian dan tidak akan sekalipun mengenal penderitaan.

Konon di kerajaan itu, cinta kasih dan kebijakanlah yang memerintah. Tidak pernah terjadi ketidakadilan. Penduduknya memiliki pengetahuan spiritual yang sangat mendalam dan kebudayaan mereka didasari oleh hukum, seni dan pengetahuan yang jauh lebih tinggi dibanding dengan pencapaian yang pernah diraih dunia luar.
 


Banyak petualang dan penjelajah telah berusaha mencari kerajaan mistik ini. Menurut mereka, mungkin Shambhala terletak di wilayah pegunungan Eurasia, tersembunyi dari dunia luar. Sebagian lagi yang tidak menemukannya percaya bahwa Shambhala hanyalah sebuah simbol, penghubung antara dunia nyata dengan dunia yang ada di seberang sana. Tapi, sebagian orang lagi percaya bahwa Shambhala adalah sebuah dunia yang nyata.

Menurut Teks kuno Zhang Zhung, Shambhala identik dengan Lembah Sutlej di Himachal Pradesh. Sedangkan bangsa Mongolia mengidentikkannya dengan lembah-lembah tertentu di Siberia selatan.

Informasi mengenai kerajaan ini sampai ke peradaban barat pertama kali lewat seorang misionaris katolik Portugis bernama Estevao Cacella yang mendengar kisah ini dari penduduk setempat. Lalu pada tahun 1833, seorang cendikiawan Hungaria bernama Sandor Korosi Csoma bahkan menyediakan kordinat Shambhala yang dipercaya berada diantara 45' dan 50' lintang utara.

Menarik, menurut catatan Alexandra David Neel yang telah menghabiskan sebagian hidupnya di Tibet, Shambala ternyata tidak hanya dikenal di Tibet. Jauh di utara Afghanistan, ada sebuah kota kecil yang bernama Balkh, sebuah kota kuno yang juga dikenal sebagai "ibu dari kota-kota". Legenda masyarakat Afghanistan modern menyatakan bahwa setelah penaklukan oleh kaum Muslim, kota Balkh sering disebut sebagai "Lilin yang terangkat" atau dalam bahasa Persia dikenal dengan sebutan "Sham-I-Bala". Entahlah, kita tidak tahu pasti apakah kota ini berhubungan dengan Shambhala yang misterius atau tidak.

Legenda Shambhala kemudian menarik perhatian seorang penganut esoterik dan teosofi bernama Nicholas Roerich (1874-1947). Dalam keingintahuannya, ia menjelajahi gurun Gobi menuju pegunungan Altai dari tahun 1923 hingga tahun 1928. Perjalanan ini menempuh 15.500 mil dan melintasi 35 puncak-puncak gunung tertinggi di dunia. Namun usaha yang luar biasa ini tetap tidak dapat menemukan kerajaan itu.

Bahkan Nazi yang juga sangat berkaitan dengan dunia esoterik pernah mengirim ekspedisi pencarian Shambhala pada tahun 1930, 1934 dan 1938.

Tapi, tidak satupun dari antara mereka yang berhasil menemukannya.

Edwin Bernbaum menulis dalam "The Way of Shambhala" :

"Sementara penjelajah mendekati kerajaan itu, perjalanan mereka menjadi semakin sulit dilihat. Salah satu pendeta Tibet menulis bahwa peristiwa ini memang dimaksudkan untuk menjauhkan Shambhala dari para barbar yang berniat untuk menguasainya."

Apa yang ditulis oleh Bernbaum sangat berkaitan dengan ramalan Shambhala. Menurut ramalan itu, umat manusia akan mengalami degradasi ideologi dan kemanusiaan. Materialisme akan menyebar ke seluruh bumi. Ketika para "barbar" ini bersatu dibawah komando seorang raja yang jahat, maka barulah kabut yang menyelubungi pegunungan Shambhala akan terangkat dan pasukan raja ini dengan persenjataan yang mengerikan akan menyerang kota itu.

Lalu raja Shambhala ke-25 yang bernama Rudra Cakrin akan memimpin pasukannya untuk melawan pasukan Barbar itu. Dalam pertempuran itu, raja yang jahat dan pasukannya berhasil dihancurkan dan umat manusia akan dikembalikan ke dalam kedamaian.

Beberapa cendikiawan seperti Alex Berzin, dengan menggunakan perhitungan dari Tantra Kalachakra, percaya bahwa peristiwa ini akan terjadi pada tahun 2424 Masehi.

Ketika kebudayaan timur bergerak ke barat, mitos Shambhala bangkit dari dalam kabut waktu. Saya rasa, kerinduan akan kedamaianlah yang telah menyebabkan umat manusia berusaha menemukan kerajaan utopia ini. Mungkin kita tidak akan pernah menemukan Shambhala, namun mungkin juga kita tidak perlu mencari terlalu jauh.

Sebuah kisah kuno dari Tibet menceritakan bahwa suatu hari ada seorang anak muda yang bersiap untuk mencari Shambhala. Setelah menjelajahi banyak gunung, ia menemukan sebuah gua. Di dalamnya ada seorang pertapa tua yang kemudian bertanya kepada anak muda itu : "Kemanakah tujuanmu sehingga engkau rela menjelajahi salju yang tebal ini ?"

"Untuk menemukan Shambhala,
" Jawab anak muda itu.

"Ah, engkau tidak perlu pergi jauh." Kata pertapa itu. "Sesungguhnya Kerajaan Shambhala ada di dalam hatimu sendiri."

Benarkah ada Shambhala di hati kita ?

(wikipedia, bibliotecapleyades.net, thewildrose.net)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

91 comments:

  1. Thanks atas infonya, keep posting....

    ReplyDelete
  2. Anonymous said...

    Dikutip lagi ya mas,,

    "Ah, engkau tidak perlu pergi jauh." Kata pertapa itu. "Sesungguhnya Kerajaan Shambhala ada di dalam hatimu sendiri."

    Itula yang perlu kita renungkan,, hanya hati orang-orang baik yang merasakan kedamaian . .

    Mantep Mas,,
    Lanjutkan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi kemunculan tentara Shambala iitu dikaitkan dg kemunculan Imam Mahdi ya ?

      Delete
  3. point yg bagus :)

    ReplyDelete
  4. kalo liat pict pertama...itu bentuknya kayak mandala...katanya borobudur pun dibangun dengan konsep mandala jika diliat dari atas (wikipedia, cek deh). mungkin ada kesamaan dasar/asas peradabannya ya?

    ReplyDelete
  5. eh ralat....pict yg kedua tuh....yg persegi bertumpuk d dalam lingkaran...hehehe

    ReplyDelete
  6. wew.. bagus infonya..
    mungkin yang dimaksud itu shambhala adalah hati nurani manusia atau sifat2 kebaikan manusia.

    -Hendrik-

    ReplyDelete
  7. "Kalau orang Melayu cakap, tuh kerajaannya orang Bunian, toh di Indonesia jg bnyk kan hal2 sprti ini?"

    ReplyDelete
  8. saya juga pernah belajar REIKI SHAMBALA yang juga berasal dari TIBET...sungguh luar biasa healing powernya

    ReplyDelete
  9. menurutku legenda ini memang benar adanya hanya kita saja yang belum menemukan jalan untuk membuka tabirnya.....:)

    ReplyDelete
  10. refleksi terakhir telah menjawab semuanya. Gak perlu mencari di luar ... shambala ada di dalam dirimu ... ITU DIA!!!! cari di dalam!!!!

    ReplyDelete
  11. uwhaa.. makin hari makin jatuh tjinta ma nie blog.
    keep posting mysterius case,bro. .

    ReplyDelete
  12. mungkin yang dimaksud ada dihatikita itu

    karena om enigma bilang kalo Shambala adalah kerajaan yang penuh kedamaian/ketenangan,.

    kita sendiri mempunyai cara untuk membuat kedamaian itu sendiri,yang berada dihati kita
    ya
    saya susah juga menjelaskan,tetapi saya mengerti apa yang dimaksud
    thanks juga deh udah posting tentang shambala,.

    kebetulan lagi mau cari tau tetang tempat shambala ini

    btw
    ceritain tentang Van Hohenheim dong yang katanya bisa buat manusia yang bernama homunculus

    ReplyDelete
  13. apa g bisa di search lewat google map nih tempat?

    ReplyDelete
  14. Land Lord mr. lawie saig :
    "nice posting kawan,
    temen2 penggemar enigma, gimana kalo kita kopi darat,tapi bung enigma juga harus hadir, dengan menyaru jadi salah satu penggmar blog ini,
    trus kita semua ketemu dengan nama samaran masing2
    diakhir acara kita tulis tebakan kita sebenernya bung enigma itu "siapa" diantara kita, tapi hasilnya jangan di kasih tau disana
    yg berhak ngasih tau ya si bung enigma dengan cara diposting di blog ini, kira2 tebakan siapa yg bener, atau biar misterius lagi, tebakan kita kita post di blog ini, tapi ga usah ditampilkan sama bung enigma, bung enigma akan beri info jawaban siapa yg bener....

    gimana .... seru kan??

    ReplyDelete
  15. aku suka crita yang terakhir :)

    ReplyDelete
  16. wah kata2 tetua yang dalem gua bener2 dalem banget tuh gan
    kereeennn,,!!!

    ReplyDelete
  17. di indonesia banyak tuh di gunung², tapi kerajaan jin, maybe itu jg kerajaan jin disana yg kadang terlihat oleh seseorang

    ReplyDelete
  18. postingan yang nice banget lam knl yah buat yg punya blognya...

    ReplyDelete
  19. kata-kata terakhir sangat menyentuh :D

    ReplyDelete
  20. Mas enigma...
    ayo kita pergi mencari shambala...

    ReplyDelete
  21. Mau pergi kemana mencarinya ? Bukankah Shambhala ada di hatimu ? :)

    ReplyDelete
  22. klo dipikir2, semua kerajaan ada dalam hati kita... dari dalam hati juga kita mau jadi "raja shambala" yang baik dan juga jadi "raja shambala" yang jahat..... eh mungkin begitu kaleeee ya....

    ReplyDelete
  23. di paragraf 4 ditulis "kata shambala (atau shambala)..." maksudny apaan mas, bukanny sama aj?

    ReplyDelete
  24. hmm...seperti cerita kerajaan khayangan deh :)

    ReplyDelete
  25. persis banget ama ceritanya di game uncharted 2 among thieves, coba mainin deh kakak enigma klo gak punya ps3 bisa main ke rental di jam makan siang asli mirip banget di game seru bangett awalnya kita ke kalimantan untuk cari kunci trus ke tibet truk ke nepal trus ke himalaya, saya udah di level himalaya seru disana ada kuil kuil nya, ada misteri cintamani stone juga seruuu!!!

    ReplyDelete
  26. @DeeLaBelle : you are right. maksudnya ShambHala (atau Shambala). Tapi saya salah tulis. Tapi kata di dalam kurung sdh saya hapus supaya tidak ada salah paham. haha

    ReplyDelete
  27. keep posting
    lain kali ttg "Laputa Island" ya,
    Laputa sma Shambhala ini seperti nya ada kemiripan y,bner ga bang enigma?

    ReplyDelete
  28. tidak juga. tidak ada orang yang pernah menganggap laputa benar2 ada. Jadi totally fiction.

    ReplyDelete
  29. esoterik? wah apa ya artinya?

    ReplyDelete
  30. Aku pernah denger tentang Shambala yang jadi pusat pemerintahan di hollow earth, gimana tu?

    ReplyDelete
  31. wuih, tumben postinganku dijawab, biasany tak dihiraukan :P, thanks ya mas ud ngeh sm postinganku ^_^. Bahas ttg orbs dong mas.

    ReplyDelete
  32. sebenarnya saya selalu menjawab pertanyaan pembaca di kotak komentar. Tapi, kalau kamu melihat jam saya menjawab, maka semuanya adalah sore hingga malam.

    Dee selalu memberikan komentar sekitar jam 8 pagi, yang berarti dee membaca enigma di kantor. Di kantor, saya tidak punya akses ke internet. Baru setelah pulang kantor saya bisa online. Jadi kalau bertanya pada jam kerja jadi tidak bisa balas.

    Tapi kalau saya ingat,pasti saya balas kok.

    ReplyDelete
  33. Esoterik artinya adalah pengetahuan tertentu yang hanya akan disingkapkan untuk sebagian orang. Kadang bisa juga berarti mistik.

    Soal hollow earth, hanya teori.

    ReplyDelete
  34. wah kakak pasti habis main uncharted yaa heheheeeee

    ReplyDelete
  35. kakak enigma di shambala kulit orang biru yaa,

    ReplyDelete
  36. Wuih,mas enigma perhatian bgt sm pembacany ya,smp hapal statistik kita baca blogny jam brp hehe

    ReplyDelete
  37. "Saya rasa kerinduan akan kedamaianlah yang telah menyebabkan umat manusia berusaha menemukan kerajaan utopia ini."

    bang, makin jatuh cinta deh..sepakat banget ama tulisan abang ini.. kalo dipikir2, emang udah cape sih ngejar2 sukses n dunia, jadi kalo bisa kabur ke tempat yg damai dan sempurna..kenapa ngga? nemuin kerajaan ini seperti nemuin jalan kebahagiaan dengan instan. nemu, trus bahagia dan damai.. siapa yang gamau??haha..

    cool post, love you muah2 bang..!!

    ReplyDelete
  38. hati kita damai...

    ReplyDelete
  39. eksotik! bahkan hanya sekedar membacanya saja terbayang sebuah tempat yang amazing!

    ReplyDelete
  40. Itu dia didalam hati kita semua, bukan dalam bentuk fisik yang kita bayangkan. Karena itu juga keindahannya sangat tergantung dari kualitas individu yang membayangkannya.

    ReplyDelete
  41. mervelous.... mirip shangrila...^^

    ReplyDelete
  42. jadi Shambala itu Shangri-la ya? ato keduanya memang berbeda? kenapa saya lebih sering mendengar Shangri-La dari pada Shambala?
    mohon petunjuk mbah

    ReplyDelete
  43. Shangrila itu adalah kerajaan serupa Shambhala. Tapi cuma ada di novel terbitan tahun 1933 yang berjudul Lost Horizon karangan James Hilton. Shangrila itu inspirasinya dari Shambhala.

    ReplyDelete
  44. teruslah berkarya untuk kedaiman

    ReplyDelete
  45. cerita romantis, i like it.
    romantis ga selalu berhubungan antara insan beda jenis (sama jenis juga... berhubung sekarang udah jaman edan).

    shangil-la itu fiksi modern ya? gw baru tau.

    ReplyDelete
  46. Jadi inget kerajaan Bhutan, yg dinobatkan sebagai the Happiest Country on Earth karena rajanya bukan mendasarkan kejayaan negara pada index pendapatan per kapita, tapi kebahagiaan per kapita. Mirip2 Shambala kan konsepnya? Letaknya juga di Himalaya dekat Tibet sana.

    ReplyDelete
  47. shambala gak ada. adanya negara kacau yg bnyk masalah dgn keruwetan tanpa akhir. that's the fact. huehehe..

    ReplyDelete
  48. Kang Enigma ... gimana kalo cerita tentang tembok yg di bangun Zulqornain dan Ya'juj Ma'juj? kayaknya itu juga berlokasi di asia tengah deh ...

    ReplyDelete
  49. Tuesday lobsang rampa dalam bukunya Third Eye mengaku sewaktu muda pernah diajak gurunya untuk mencari Tumbuhan untuk ramuan yang hanya ada di sebuah tempat. Begitu beratnya perjalanan ke tempat tersebut sehingga beberapa rekannya tewas dalam ekspedisi tersebut. Dia mengatakan tempat tersebut sangat indah, hangat dan kaya akan kandungan emas. Dia juga mengaku melihat Yeti. Dan satu-satunya manusia di dunia yang masih mengingat jalan kesana hanya dia. Apakah tempat tersebut yang bernama Shambala atau Shangrila?

    ReplyDelete
  50. Si kakek Bijak sekali kata2 nya... haha..

    ReplyDelete
  51. kueren...tapi klo bisa tlg dong abang cari apa ada korelasi sama kisah2 d/ hadits dan Al-qur'an.

    ReplyDelete
  52. bang gambar yang ke 2 kq tidak keliatan y? :(

    ReplyDelete
  53. ko gambarnya mirip kompleks borobudur dilihat dari atas ya?
    jangan2 itu borobudur.....

    ReplyDelete
  54. gambar no.1, kaya trademark yg ada di film2 walt disney.... cakeeep banget.... >.<
    pengen deh, tinggal disana. hehehehe :P

    yup, saya setuju sama pertapa itu. Shambala ada di hati kita. ya memang (kedamaian, cinta kasih) selalu ada di dalam hati setiap manusia. tergantung bagaimana kita menumbuhkan perasaan2 itu. semakin besar perasaan2 itu, semakin indah pula Shambala di hati kita. (halah! gaya bicaranya kaya yg bijak aja) hehehehe ^^v

    ReplyDelete
  55. @anonymous:

    Bukan tidak mungkin Borobudur dibangun dengan ideologi seperti itu.
    Borobudur, yang pernah diteliti oleh Casparis, berasal dari kata Bhūmisambhāra (prasasti Karang Tengah dan Kahulunan). Karena bangunan suci ini berlatar belakang Budha maka Casparis memperkirakan Borobudur ini berasal dari kata Bhūmi Sambhāra Bhudhāra (sansekerta)yang berarti "Bukit himpunan kebajikan sepuluh tingkatan boddhisattwa". Bhūmi Sam~bhāra Bhudhār~a. Borobudur.
    Sedangkan mengenai denah Borobudur, yang mirip dengan ilustrasi Kalachakra Sera yang dipakai bro Enigma, itu adalah bentuk mandala,yang merupakan lambang alam semesta dalam kosmologi Hindu dan Budha. Denah ini lazim digunakan pada candi2 walaupun terkadang tidak selalu sama persis dan yang terpenting dari mandala ini adalah intinya (pusatnya).

    http://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur
    http://id.wikipedia.org/wiki/Mandala

    ReplyDelete
  56. mungkin yang dimaksud kerajaan Shambhala adalah kebaikan dan hati nurani dalam hati kita, bukankah kita harus memahami maksud dari kata2 petapa tadi? terkadang petapa itu memang membuat kata2 yang harus kita pikirkan dalam waktu yg lama baru kita bisa mengerti bukan?

    499

    ReplyDelete
  57. Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka (tibanya hari pemusnahan manusia), Kami keluarkan sejenis binatang melata (dabbattan artinya semua mahluk yanga ada di bumu, terkadang manusia juga disebut dabbatan) dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami. (QS An Naml 82)

    Ayat ini mengisyaratkan pada kita bahwa ada mahluk yang lebih baik (lebih berahlak dan beriman dari manusia) yang hidup terpisah dari manusia sekarang

    ReplyDelete
  58. banyak mitos sperti ini saya dpt di indonesia, salah satunya didaerah sumatra (lupa tepatnya)
    satu lagi di kalimantan dikalbar,
    coment sony byk dibenarkan oleh penduduk melayu.
    info yg saya denger terakhir dari warga sekitar penduduk mereka dinyatakan MENGHILANG & MENIKAH dgn mahluk bunian. sesekali org tersebut menampakan diri dalam mimpi ibunya terkadang beliau dtg tanpa wujud hanya desiran angin yg meniup tirai didalam rumah keluarga mereka sampai sekarang kluarga tersebut masih ada, dan masih banyak hal lain yg bisa menjelaskan mahluk bunian seperti shambhala

    ReplyDelete
  59. bisa jadi ditempat pertapa itulah shambala secara fisik itu ada, dimana tuh ?

    ReplyDelete
  60. sebagai referensi bacalah buku
    "MATA KETIGA"
    dari TUESDAY LOBSANG RAMPA
    OTOBIOGRAFY dari LAMA TIBET =)
    (tuesday lobsang rampa, adalah nama saat dia masih muda/sebelum menjadi lama)

    ==========
    kalo melihat kalimat terakhir

    '"Untuk menemukan Shambhala," Jawab anak muda itu.

    "Ah, engkau tidak perlu pergi jauh." Kata pertapa itu.
    "Sesungguhnya Kerajaan Shambhala ada di dalam hatimu sendiri."'

    jadi mengingat pelajaran agama di sekolah =p
    (NO SARA!)

    Surga itu adalah kedamaian hati,
    surga didunia adalah hati yang damai saat kita masih bisa menghembuskan nafas kan?

    tapi...
    coba kita baca mata ketiga
    =)

    ReplyDelete
  61. lukisannya mirip Borobudur hehehhe :)

    ReplyDelete
  62. Ending cerita yang bagus banget

    Sepertinya kerajaan itu hanyalah sebuah filosofi belaka yang telah di ciptakan oleh para filosof

    ReplyDelete
  63. wah baru denger nih sembalah.. thanks informasinya

    ReplyDelete
  64. aq yakin shambhala sebenarnya ada, tp kemampuan manusia bhkan google earth pastinya terbatas. dan sesungguhnya di dunia ini bukan cm ada manusia seperti qt kan..
    tp bangunlah shambhala di hatimu :)

    -debby

    ReplyDelete
  65. om.E,psting ttg krajaan sriwijaya dong...
    kan g' ketemu2 juga smpe skarang...
    wong palembang ni om...
    fans barunya enigma,hhe..
    -HeruE

    ReplyDelete
  66. wah shangrila itu bukannya hotel ya? kekekeke....

    ReplyDelete
  67. Enigma, apa enigma slama ini hilang karena sudah ada di shambala? :) keep healt engm, o

    ReplyDelete
  68. saya penasaran sama shangrila atau shambhala ini. mungkin shambhala hanya bisa ditemukan oleh orang2 berhati bersih. kayak mau nunggangin awan kinton. XD

    ReplyDelete
  69. that is bodhi-citta.
    bodhi citta ada di dirimu, jika engkau dapat menemukannya, maka engkau dapat melihat Shambala.

    ----------------------------------------------------

    Balkh: merupakan sebuah kota kuno pada masa kerajaan Baktria. Kerajaan Baktria, merupakan sebuah kerajaan yang bercampur antara Kebudayaan Yunani dengan Kebudayaan India. Salah satu Raja yang terkenal bernama "Menander" yang dikenal dengan sebutan "Milinda", seorang raja yang bijak dan melepaskan kehidupan duniawi menjadi seorang Bhiksu dibawah bimbingan YA. Nagasena.

    Pada masa itu, Buddhisme merupakan sebuah agama yang menyebar ke pelosok penjuru dunia. Dan menjadi agama Negara di Baktria. Salah satu peninggalan Kerajaan Baktria adalah dibangunnya 3 Patung Buddha besar di Bamiyan.

    Salah satu tradisi Buddhisme besar bernama Dharma Gupta melakukan "dakwah" ke berbagai negara-negara di kawasan Asia Tengah, Timur Tengah, Yunani, Mesir, Palestina, dan China.

    Semua kebesaran dan kejayaan Baktria hancur akibat serangan Muslim Militan. Kini Baktria dikenal dengan nama Afghanistan. Sebuah negara yang konflik, yang disebabkan oleh orang-orang militan.

    ReplyDelete
  70. that is bodhi-citta.
    bodhi citta ada di dirimu, jika engkau dapat menemukannya, maka engkau dapat melihat Shambala.

    ----------------------------------------------------

    Balkh: merupakan sebuah kota kuno pada masa kerajaan Baktria. Kerajaan Baktria, merupakan sebuah kerajaan yang bercampur antara Kebudayaan Yunani dengan Kebudayaan India. Salah satu Raja yang terkenal bernama "Menander" yang dikenal dengan sebutan "Milinda", seorang raja yang bijak dan melepaskan kehidupan duniawi menjadi seorang Bhiksu dibawah bimbingan YA. Nagasena.

    Pada masa itu, Buddhisme merupakan sebuah agama yang menyebar ke pelosok penjuru dunia. Dan menjadi agama Negara di Baktria. Salah satu peninggalan Kerajaan Baktria adalah dibangunnya 3 Patung Buddha besar di Bamiyan.

    Salah satu tradisi Buddhisme besar bernama Dharma Gupta melakukan "dakwah" ke berbagai negara-negara di kawasan Asia Tengah, Timur Tengah, Yunani, Mesir, Palestina, dan China.

    Semua kebesaran dan kejayaan Baktria hancur akibat serangan Muslim Militan. Kini Baktria dikenal dengan nama Afghanistan. Sebuah negara yang konflik, yang disebabkan oleh orang-orang militan.

    ReplyDelete
  71. dear bung enigma. apakah negeri shambala berkaitan dengan keberadaan bangsa gog dan magog?
    selain itu dari beberapa sumber yang saya dapat bahwa keberadaan gog dan magog tidak jauh dari wilayah Tibet.

    ReplyDelete
  72. teks-teks kuno seperti Kalachakra dan Zhang Zhung ini sebenernya berasal dari tradisi mana ya?? kalau di tibet, sebelum masuk Budha, mereka menganut Bon. ada sedikit unsur Hindu plus shaman. Mungkinkah konsep Shambala ini berhubungan dengan mistisisme Hindu??? :))

    Nice article^^

    ReplyDelete
  73. Gerbang ley..saya adalah penggemar cerita karangan michael scot dan saya penasaran dengan gerbang ley....satu lagi apakah pulau tempat patung liberty berdiri mmg penuh dengn roh roh penasaran

    ReplyDelete
  74. Mr.G(uardian) said :

    Menurut saya kerajaan shambhala benar-benar ada di dalam hati kita. Bagi kita manusia yang tidak pernah menginginkan perang atau kekacauan dalam bentuk apapun adalah seorang prajurit Shambhala.

    *Mr.G ngaco lagi xD

    ReplyDelete
  75. waaaahhh , apa jangan" shambhala itu menggunakan genjutsu seperti di naruto buat menyembunyikan keberadaannya , khu khu khu

    ReplyDelete
  76. Sebuah kisah kuno dari Tibet menceritakan bahwa suatu hari ada seorang anak muda yang bersiap untuk mencari Shambhala. Setelah menjelajahi banyak gunung, ia menemukan sebuah gua. Di dalamnya ada seorang pertapa tua yang kemudian bertanya kepada anak muda itu : "Kemanakah tujuanmu sehingga engkau rela menjelajahi salju yang tebal ini ?"

    "Untuk menemukan Shambhala," Jawab anak muda itu.

    ==================================
    perihal 'anak muda' itu...jd teringat sepak-terjang tim Turangga Seta yg hendak mengembalikan kesadaran negeri besar nusantara. Dan pertapa tua itu..adalah kearifan lokal yg diturunkan dgn wujud mitos untuk diketahui maksud tersembunyinya

    Benarkah demikian?

    Entahlah...yg jelas temuan tim Turangga Seta perihal gunung Padang telah terbukti. Bab temuan mereka yg lain? Biarlah waktu yg membuka.

    -(Suradiura Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti)-

    ReplyDelete
  77. Masuk akal gan untuk text yg terkahir
    hihihih

    ReplyDelete
  78. owww.,.,,

    pernah ada yang inget ceritanya nabi adam diturunin dari langit.,,.????

    nah dari situ kan mustahil kalo manusia diturunin dari langit..,.??,., (kecuali karena izin tuhan{allah---Pen,}.,.,.)
    apalagi menurut dosen guru saya.,.,
    "menurut beberapa peneliti, bahwa cerita nabi adam diturunkan dari `surga` itu ada di _wilayah_ india mengingat waktu itu belum ada apa2 dan lebih tepatnya berada di wilayah himalaya, ditambah dengan kata diturunkan lebih tepat dipisahkan".

    dari informasi blog ini dikemukakan bahwa daerah shambala belum di sentuh dan still in search.,.,.,

    ReplyDelete
  79. sejarah tentang shambala di ceritakan dalam kitab shurti agama hindu.untuk pertama kalinya.shambala artinya.desa kedamaian.yg di pimpin oleh sang kalki awtar.yg artinya pembawa kedamaian.dia di panggil narashansha.yg artinya orng ygterpuji.nama bapaknya adlh wisnu yash.yg artinya hamba tuhan.nama ibunya. adlh sumiti.yg artinya kedamaian.dia terlahir dari desa shambala yg artinya desa kedamaian..dia akan terlahi dari keluarga kepala suku shambala.lahir pada bulan 12 madahv. dia akan mempunyai empat orng sahabat.dan menerima perintah pertama di sebuah goa.dia ahli memanah.dan lihai dalam memainkan pedang.yg akan menghancurkan tentara barbar.dia memakai kendaraan yg lebih cepat dari kilat.ini adalah tanda2 bahwa shambal itu ada.dan sejarahnya udh terungkap.ribuan tahun yg silam.hanya saja kita orang awam tidak mengetahuinya.dan mengagapnya sebagi mitos.padahal sejarah sudah membuktikanya.dngn real.sialahkan baca sejarah nabi mohammad.kemudai cocokan dengan cerita yg saya kutip.bila ada kesalahan mohon maaf.ygsebesar besarnya.

    ReplyDelete