Tuesday, December 22, 2009

Ukiran Helikopter di dinding kuil Abydos ?

Pada tahun 1848, sebuah ekspedisi arkeologi yang sedang melakukan penelitian di Mesir menemukan hierogliph aneh di langit-langit sebuah kuil kuno di Abydos, beberapa ratus mil selatan Kairo. Cetakan contoh hierogliph itu kemudian dibawa ke Eropa dan segera menimbulkan perdebatan yang luar biasa di kalangan Egyptologist. Tidak ada satupun yang dapat menjelaskan arti hierogliph tersebut. Akhirnya, hierogliph tersebut dianggap hanya sebagai ukiran objek-objek aneh tak dikenal. Puluhan tahun kemudian, hierogliph tersebut kembali muncul ke permukaan, kali ini beberapa orang mengenali ukiran Hierogliph tersebut sebagai helikopter, pesawat dan kapal selam, objek-objek yang tercipta pada abad ke-20.

Saya percaya sebagian besar dari kalian yang membaca tulisan ini sudah pernah melihat foto yang termashyur ini dan akan menganggap tulisan ini basi. Namun ternyata ada sebagian orang yang belum atau mungkin hanya sedikit mengetahui kisah ini dan meminta saya menulisnya. Jadi yang sudah tahu harus mengalah dengan mereka yang belum tahu.

Nah, saya akan memulai cerita saya. Pada tahun 1990an, para turis yang mengunjungi kuil di Abydos memotret kembali langit-langit kuil itu dan foto-foto yang diambil mulai muncul di internet, membangkitkan kembali perdebatan mengenai makna hierogliph tersebut..

Helikopter yang tergambar di langit-langit kuil tersebut memiliki baling-baling, kokpit dan ekor, persis seperti helikopter modern. Sedangkan dua ukiran lain sepertinya menunjukan gambar kapal selam dan pesawat.


Hierogliph tersebut ditemukan di sebuah kuil yang didirikan oleh Firaun Seti I sekitar 3.000 tahun yang lalu, bukan di Piramida seperti yang dikira sebagian orang. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana ukiran mesin-mesin transportasi modern bisa ada di kuil yang berusia 3.000 tahun ?

Tentu saja tidak semua orang dengan gampang menerima penjelasan adanya ufo masa purba yang dipercayai sebagian orang, termasuk saya. Walaupun saya menulis soal-soal misteri di blog ini, namun saya merasa bahwa penjelasan seperti itu adalah penjelasan yang sangat digampangkan. Seakan-akan kita enggan berusaha mencari penjelasan lain terlebih dahulu.

Jadi saya mencoba mencari penjelasan alternatif.

Pertama, saya menemukan penjelasan dari seorang arkeolog yang ternyata skeptisnya sangat luar biasa. Dengan cepat dan tanpa pikir panjang ia mengatakan bahwa foto tersebut adalah hasil rekayasa photoshop. Sepertinya arkeolog ini tidak pernah mengunjungi kuil Abydos di Mesir. Berbagai foto dan rekaman yang diambil di kuil tersebut oleh orang yang berbeda-beda jelas menunjukkan bahwa ukiran tersebut bukan hasil photoshop.

Lalu, datanglah para arkeolog yang lebih bijak dan tidak asal ngomong dan tentu saja punya cukup uang untuk melihat langsung ke Abydos (Tidak seperti arkeolog pertama tadi). Mereka memiliki penjelasan yang ilmiah dan sesuai dengan ilmu ke-arkeologiannya. Menurut mereka ukiran tersebut sama sekali bukan ukiran helikopter, pesawat dan kapal selam. Hierogliph tersebut bisa menyerupai gambar Helikopter, pesawat dan kapal selam karena sebuah proses yang disebut Palimpsest.

Apa itu Palimpsest ? Palimpsest adalah sebuah teknik membuat ukiran hierogliph yang baru di atas ukiran yang lama. Caranya adalah dengan memplester ukiran yang lama dan kemudian mengukir hierogliph yang baru di atasnya.

Nah, ukiran di langit-langit Abydos dipercaya oleh para arkeolog telah mengalami proses Palimpsest. Sejalan dengan beriringnya waktu, plester yang ditempel untuk menutupi ukiran yang lama terlepas. Ukiran lama yang tertimpa dengan ukiran baru menghasilkan ukiran-ukiran yang berbentuk aneh. Dan dari situlah muncul Helikopter kita.

Proses ini sama seperti ketika kita sedang menghadapi ujian di sekolah. Ketika kita merasa jawaban yang kita tulis salah, kita mengambil Tip-X dan menutupi kesalahan itu dengan cairannya. Namun karena kita terdesak oleh waktu, kita yang tidak sabaran segera menulis di atas olesan Tip-X yang belum kering. Akibatnya lapisan Tip-X menjadi rusak dan kertas ujian kita menjadi kotor dengan huruf yang campur aduk. (sekarang kalian mengerti arti Palimpsest kan ?).

Ternyata para seniman Mesir biasa menggunakan metode Palimpsest pada masa purba. Jika seorang Firaun naik tahta, ia menuntut tulisan-tulisan lama di dinding diganti dengan tulisan yang menceritakan tentang kemuliaan mereka. Jadi seniman Mesir memplester tulisan yang lama dan menggantinya dengan yang baru.

lalu, saya mempelajari penjelasan ini dan saya merasa bahwa penjelasan ini sepertinya tidak pas di hati. Coba bayangkan, berapa besar kemungkinannya proses Palimpsest yang gagal bisa membentuk gambar helikopter yang sedemikian sempurna ?

Yeah, saya sudah tahu apa yang mau saya tulis di blog enigma. Saya akan mengatakan kalau saya tidak menemukan penjelasan yang masuk akal sehingga saya memutuskan untuk percaya kalau ukiran itu adalah ukiran Helikopter. Bahkan saya sudah mempunyai teori yang menjelaskan bagaimana sebuah helikopter bisa terukir di dinding yang berusia 3.000 tahun itu.

Namun kemudian, ketika saya sedang iseng mencari data tambahan, Saya menemukan sebuah foto yang mengejutkan. Di dinding lain di kuil yang sama, ada susunan hierogliph yang sangat mirip dengan ukiran helikopter yang kita punyai. I am Amazed ! Lihatlah kemiripannya ! Melihat foto ini, sepertinya palimpsest menjadi masuk akal. Bisa jadi hierogliph ini menunjukkan hierogliph awal sebelum mengalami proses Palimpsest.


Melihat foto ini, Teori helikopter masa purba mulai terlihat kabur. Sekarang pikiran saya hanya dipenuhi oleh Plester dan Tip-X.

Ukiran yang mirip dengan kapal selam ternyata merupakan ukiran telapak tangan. Bekas-bekas ruas jarinya jelas terlihat di kedua ukiran tersebut. Lagipula, setelah dilihat-lihat kembali, saya merasa helikopter itu ternyata memang tidak mirip dengan helikopter. Apa yang kita sebut dengan baling-baling ternyata menempel di ekornya. Hidung helikopter itu ternyata menyatu dengan ukiran lain. Benar-benar tidak mirip helikopter.

Jadi sekarang, sepertinya saya harus meminta maaf kepada para penganut teori ufo masa purba, karena saya condong kepada penjelasan Tip-X, maksud saya Palimpsests.

Tapi....

Kalian tahu, penggemar misteri tidak boleh menutup pikirannya rapat-rapat. Teori yang berhubungan dengan misteri itu biasanya bergerak dengan "fluid". Jika ada petunjuk baru yang mematahkan argumen sebelumnya, maka saya rasa tidak ada salahnya menerima kemungkinan baru.

Saya mendengar bahwa sebuah surat kabar Arab bernama "Al-Sharq Al-Awsat" pernah mempublikasikan foto-foto yang diambil di dinding kuil Amon Ra di Karnak. Konon foto itu menunjukkan adanya hierogliph yang persis dengan yang ada di kuil Abydos. Di dalamnya juga ada helikopter dengan baling-baling dan ekor. Yang pasti, katanya, identik dengan ukiran Abydos.

Tapi sayangnya, saya hanya membaca mengenai hal itu di sebuah media. Saya membolak-balik media tersebut (dengan mouse tentu saja) untuk mencari foto yang dimaksud. Saya tidak menemukannya. Lalu saya berpaling kepada google dan mencoba memasukkan kata kunci yang saya anggap paling relevan. Luar biasanya, saya menemukan artikel-artikel lain yang juga menyebut soal foto helikopter Karnak, tapi dengan kalimat yang sama persis dengan kalimat di artikel pertama. Ooh, ternyata artikelnya hasil kopi paste semua. Saya masih belum menemukan foto yang saya inginkan.

Jadi, para pembaca yang budiman, jika kalian bertanya mengenai pendapat saya, maka saya percaya dengan penjelasan Tip-X. Tapi seperti yang saya katakan di atas, pikiran saya "fluid". Karena itu saya akan mengubah pandangan saya jika saya bisa menemukan foto helikopter di dinding kuil Amon Ra di Karnak.

Jika kalian ingin membantu saya menemukan foto itu, dengan senang hati saya tunggu.

Salam

Notes :
Sebagian orang yang membaca tulisan ini bingung, bagaimana bisa ada foto hierogliph sebelum palimpsest ? Apakah foto itu hasil photoshop ? jawabannya tidak.

Pahami kalimat yang saya gunakan baik-baik. Saya menulis bahwa foto itu berasal dari DINDING lain di KUIL yang sama. Jadi foto itu bukan hierogliph helikopter yang berhasil terfoto sebelum palimpsest, melainkan foto dari hierogliph yang lain.

Di kuil itu, terdapat banyak hierogliph di dinding-dindingnya. Dan di dinding yang lain kita menemukan susunan hierogliph yang sangat mirip dengan hierogliph helikopter.
Jadi saya berhipotesis bahwa susunan ukiran/hierogliph yang berbentuk helikopter, mungkin pada awalnya (sebelum palimpsest) sama dengan hierogliph pada foto ke-2.

Lalu pertanyaan lagi, kok bisa ada hierogliph yang mirip di kuil yang sama ?

Bukankah hal yang biasa menemukan tulisan yang sama di dalam kuil yang sama ? Contoh, coba hitung, berapa kali kalimat "dilarang merokok" bisa anda temukan di dalam sebuah mall ? tentu saja lebih dari sekali.

Jika kalian masih tidak mengerti juga, maka saya angkat tangan :)

(hallofthegods.org)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

122 comments:

  1. penambahan atau pengurangan seperti ini juga terjadi pada relief di borobudur

    ReplyDelete
  2. waw..
    ak prcaya ma bang enigma deh,

    oh ya,kpn nih bahaz ttg org yg muncul d tmpat yg brbeda dlm waktu yg sama?

    ReplyDelete
  3. apa anda pemilik misteridunia.wordpress.com?

    ReplyDelete
  4. tumben, telat posting...
    :-)

    .-- .. .-. .-

    ReplyDelete
  5. @Anonymous said...apa anda pemilik misteridunia.wordpress.com?

    bukan.

    ReplyDelete
  6. gk ada gan gbr nya
    nanti kl ada di ksh tw deh linknya

    ReplyDelete
  7. teori yg sangat masuk akal..

    tp kalau ada 2 hierogliph yg sama di tempat yg berbeda.. tentu bukan krn kbetulan..
    pasti ada maknanya tuh,

    saya tunggu terus update gambarnya mas..

    ReplyDelete
  8. mas tiap hari posting dengan penjelasan yang setail...pertanyaan saya,ngabisin waktu berapa lama posting satu tulisan...????...

    apa gak ngabisin waktu thu..???...


    tapi tulisan ente ane kasi jempol 4...bner2 rinci mskipun subyektif tapi berdasarkan bukti2 yg ada...

    ReplyDelete
  9. Menulis tidak butuh waktu lama, sekitar setengah jam. yang lama adalah membaca dan memahami apa yang mau ditulis.

    Apakah menghabiskan waktu ? Tentu saja ! Tapi yang penting, waktu habis TIDAK DENGAN SIA-SIA.

    saya rasa semua tulisan bersifat subyektif karena seseorang harus memilih pandangan yang dia anggap paling tepat. Yang penting adalah tidak boleh memaksakan pilihannya kepada orang lain.

    ReplyDelete
  10. Mas.. sekalian request lampu bohlam dari egypt di you tube ada yang mencoba membuat rangkainnya dan bisa menyala.. apa bener ya?

    ReplyDelete
  11. wah itu yg gw suka sejak pertama kali gw baca ni blog. mas enigma boleh reques ttg dark matter ato anti matter ga?? n_n

    ReplyDelete
  12. hm... ttg teori yg anda bilang dpt menjelaskan ttg helikopter yg ad d ukiran tsb bsa anda jelaskan? EVILution :)

    ReplyDelete
  13. Haha.Sepertinya saya tidak perlu menceritakannya karena saya sudah condong ke Tip-X kan ? Jadi kalau saya ceritakan sudah tdk relevan lagi.

    ReplyDelete
  14. surat kabar arab itu nulis hoax bro...aku pernah baca kalau itu hoax,...tapi ini posting lama bukan....?
    saya juga tahu kalau itu bukan hierogliph...hehehe.....lumayan juga ilmu arkeologi anda kali ini bro...wakakaka

    ReplyDelete
  15. oh.. y saya juga lebih yakin pada teori tipe-x.. tapi saya y kecewa karena saya juga penganut teori ufo purba..
    tapi nice post..
    keep on..

    ReplyDelete
  16. mr.Enigma......kpn neh crita tntang bngsa annunaki/dewa orng Sumeria ?

    ReplyDelete
  17. he5..mksh y email nya cpt tanggap nech salut! buktinya lngsung dbhs z nechh! he5 wlpun mu di tipe-x kek, apa kek bg cha2 mah ttp z rada2 mirip ahh! he5 ber-imajinasi blh kann..xixixixi

    ReplyDelete
  18. jadi penasaran banget nih, Mas Enigma ini sebetulnya siapa ya.. profesinya apa, usia brapa, dst...habis postingannya kereeennn & mantap
    I like it

    ReplyDelete
  19. minkin ramalan di masa depan kk,dimasa depan nanti ada helikopter kacamata yang ada di situh lah

    ReplyDelete
  20. wah gan...awalnya aku juga bingung kalo ga di kasih penjelasan ma enigma...
    udah nyangka ajha tu simbol2 bener2 berasal dari tekhnologi jaman jadul ,,,busseettt
    ternyata ada juga tekhnik yang kaya gitu ya..
    luar biasa...
    di tunggu ni postingan tengtang kuil amon Ra nya...seepph Gan...like this posting..!!

    ReplyDelete
  21. Photo pembanding itu terlihat lebih jelas..dan kelihatan ukiran yg masih muda umurnya... munkin sengaja dibuat ukirannya unk mendukung teori tip-x itu kali ya :-)....

    --rgdsdy--

    ReplyDelete
  22. Kalo saya pendukung teori karet penghapus!!

    ReplyDelete
  23. mengesankan sekali bila teori tipe-x memang benar, sebab kemungkinan pengukiran ulang yang menghasilkan tampilan seperti 4 wahana transportasi sekaligus adalah sebuah fenomena kebetulan yang sangat kecil kemungkinannya.

    Meski berat hati, tapi saya setuju dengan teori palimpsets(tipe-x) ini, karena di situ terlihat tambalan yang mengelupas berbentuk burung dan penggalan tangan yang memegang tuas.Meskipun untuk gambar tangan(kapal selam) jarinya terlalu panjang.

    Meski ada pertanyaan, kalau tipe-x kan dimungkinkan karena kita menuliskan dengan cepat sehingga terjadi kesalahan. Kalau hieroglyph bukankah diukir? jadi menuntut waktu yang lebih lama, sehingga kesalahan tulis menjadi lebih kecil kemungkinannya.Seharusnya disebutkan juga kemungkinan arti dari hieroglyph yang asli dan setelah di tipe-x. bila tulisan setelah di tipe-x menjadi tidak mempunyai arti, maka teori tipe-x gugur.
    lagi pula ya, kenapa wahana yang diartikan selalu pesawat terbang? tidak pernah diketemukan teknologi purba yang berbentuk sepeda/sepeda motor atau mobil. bukankah evolusi teknologi harusnya dari transportasi darat dulu yang lebih mudah? kenapa harus meloncat langsung ke pesawat terbang?

    ReplyDelete
  24. kalau tentang relief lampu dendera di kuil hathor gimana tuh bang enigma?

    ReplyDelete
  25. kalau itu bekas tip-X,kenapa picture sebelum di tip-X bisa di ambil? padahal kan zaman sbelum di tip-X sudah beribu2 tahun yang lalu?

    ReplyDelete
  26. Mungkin bung Enigma juga harus mengecek gambar yang kedua, yang menunjukkan gambaran sebelum " ditip-X", apakah memang benar ada/asli, dan kalau ada di bangunan mana, dan berisi tentang apa? Saya justru heran dengan keidentikkan kedua hierogliph tersebut. Bukankah Hierogliph biasanya menceritakan sesuatu pada suatu zaman, kok bisa menceritakan hal yang sama persis bahkan dengan huruf yang sama kecuali jika dibuat pada zaman dan orang yang sama(karena kalau cerita sama masih mungkin, tetapi biasanya bahasa yang digunakan berbeda).

    ReplyDelete
  27. menurut saya itu memang benar Palimpsests.

    sebenarnya saya tidak terlalu tertarik dengan gambar helikopternya, saya lebih tertarik dengan gambar yang mirip pesawat itu. Berikut penjelasan saya :

    untuk gambar helikopter, itu sebenarnya bukan helikopter. Kalau diperhatikan lagi pada moncong Heli itu terdapat sebuah pecahan, jika seandainya pecahan itu tidak hilang maka gambar antara moncong dan ekor dari gambar heli itu akan sama, dan hasilnya menjadi bukan gambar helikopter, tapi hasilnya akan sama seperti gambar yang mirip dengan lukisan abydos itu..

    perhatikan gambar ini http://lh6.ggpht.com/_k18RBW-I4rc/SzGqy8gtIXI/AAAAAAAABc8/e6xGXgcjwEo/abydos11.JPG


    lalu kapal selamnya juga kalau diperhatikan lagi ada garis-garis tipis, yang seakan-akan terlihat kalau itu memang sebuah tangan.

    Lalu untuk gambar pesawat terbang, inilah sebuah kebetulah yang sangat mengagumkan.

    seperti yang dikatakan om enigma

    "Coba bayangkan, berapa besar kemungkinannya proses Palimpsests yang gagal bisa membentuk gambar helikopter yang sedemikian sempurna ?"

    dan gambar pesawat itu memang sebuah kemungkinan yang membentuk gambar pesawat dengan sempurna. disana ada jutaan objek gambar ukiran, tapi hanya 1 kan yang mirip dengan pesawat, jadi itu memang sebuah kebetulan Palimpsests yang sempurna.



    ~Aries~

    ReplyDelete
  28. Bro...mana postingan manusia umur 446th n perkumpulan rahasia bilderberg yg lebih rinci...tx bro...postingan "kamu enak di baca n perlu"...heheheeheeee...... ( comot motto iklan majalah mingguan ).

    ReplyDelete
  29. atau jgn2 di bawa bagunan tersebut ada sebuah laboraturim..????
    hehehe !!!
    peace!

    ReplyDelete
  30. artikel ini pernh di bahas kan bang?berarti ini updatenya ya?

    ReplyDelete
  31. Kalian atu, tulisan di blog ini bener2 bagus, jangan2 om enigma ini keturunan alien atau mungkin posting dari masa depan ya hehe....

    untuk yang kali ini sepertinya memang lebih condong ke teori tipe-x ini, secara sederhana mungkin saat pemerintah megawati membuat satu relief yang sama di tempat yang berbeda kemudian saat SBY naik, memerintahkan untuk meratakan reliaf yang pertama dan membuat yang baru di atasnya tapi tidak di semua tempat yang sama seperti Megawati buat.

    ReplyDelete
  32. to : mr enigma
    salut buat mr.enigma gue adalah org yg haus akan misteri...gue dolo sering dtng ke web nya dunia misteri tp ga prnh di update lagi jadi males,,trus liat web ni dr temen gue .bushhhhhet keren banget di update tiap hari lagi...gue dah baca smua artikel loe cuma dalam waktu 2hari aja...gue mw loe update trus ni web loe...karna gue suka dengan misteri...

    thanks for artikel
    from : N.O

    ReplyDelete
  33. @Inoshi : You are smart !

    @doctor : foto hierogliph yang mungkin menunjukkan hierogliph awal diambil di dinding lain di kuil yang sama.

    @aditya : ini postingan pertama kali.

    ReplyDelete
  34. asli manteb postingnya,boss kalo lain kali misteri yg berasal dr indonesia gimana bos??kan buanyak tuh...tengkyu chao

    ReplyDelete
  35. Fenomena Tip X, ternyata orang jaman dulu ceroboh juga ya ^^

    Oh ya Om Enigma kalo gambar helikopternya kok agak berbeda sih sama postingan yang http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/ufo-dan-alien-dalam-sejarah-dunia.html yang dimana moncong helikopter gak menyatu sama ukiran lain

    tolong diteliti deh , emang bener beda atau cuman mata saya yang abal hehehe ^^

    ReplyDelete
  36. @Fadhlil : Bagus bro. mata kamu tajam. memang ada beberapa foto ukiran ini yang diphotshop untuk mendukung teori ufo purba. Saya sdh mengganti foto di postingan ufo dan alien dalam sejarah dunia. thanks ya.

    ReplyDelete
  37. saya agak bingung dengan postingan ini
    pertama :mungkin jika kita berbicara mengenai teori tip x,memang sangat masuk akal.dan mungkin semua hampir setuju dengan pendapat enigma dan arkeolog yg skeptis itu,
    Namun saya bingung,mengapa hierogliph awal bisa anda dapatkan,menurut saya hierogliph itu hanyalah sebuah hoax atau hanyalah sebuah hipotesa belaka
    coba deh anda pikir dengan logika,hierogliph ditemukan pada tahun 1848 saja sudah berbentuk helikopter,kapal selam dll
    bingung kan,kok bisa kita mengetahui hierogliph sebelum mengalami palimpsets,seharusnya hierogliph itu kan sudah hilang,
    menurut saya hierogliph awal yg anda temukan itu hanyalah sebuah hipotesa atau bahkan hoax
    terima kasih

    ReplyDelete
  38. Saya menulis bahwa foto itu berasal dari DINDING lain di KUIL yang sama. Jadi bukan foto hierogliph yang sama sebelum palimpsest.

    Di kuil itu, terdapat susunan hirogliph yang mirip-mirip di dinding-dindingnya. Dan di dinding yang lain kita menemukan susunan hierogliph yang sangat mirip dengan hierogliph helikopter.

    Lalu pertanyaan lagi, kok bisa ada hierogliph yang mirip di kuil yang sama ?

    Bukankah hal yang biasa menemukan tulisan yang sama di dalam kuil yang sama ? Contoh, coba hitung, berapa kali kalimat "dilarang merokok" bisa anda temukan di dalam sebuah mall ? tentu saja lebih dari sekali.

    ReplyDelete
  39. Sebenarnya saya juga tidak yakin betul dengan interpretasi bahwa hierogliph itu menggambarkan helikopter, pesawat atau kapal selam, tapi selalu ada kemungkinan bahwa gambar itu memang menunjukkan gambaran alat transportasi tersebut, apalagi di dunia "misteri" kita. Kenyataan "atau kemungkinan" bahwa hierogliph itu hasil palimpsest, tidak membuktikan bahwa gambaran tersebut muncul karena plester yang ditempel untuk menutupi ukiran yang lama terlepas, sehingga secara "kebetulan" menghasilkan gambar "mirip" helikopter tsb. Bagaimana kalau memang proses palimpsest tersebut memang sengaja untuk membuat gambaran yang "mirip" helikopter, dll, jadi gambaran yang sekarang ini muncul memang gambar yang sengaja dibuat seperti itu, bukan karena plesternya terlepas. BTW, kok mlesternya setengah2 ya, ada yang diedit ada yang gak, bukannya kalo ada tulisan yang gak diharapkan (atau salah), kita bakal menghapus semua tulisan yang salah yang ada pada bangunan tersebut dan diganti semuanya.

    ReplyDelete
  40. Kalau kamu salah tulis, misal : Docror Zeus. Yang kamu tip_x yang mana ? percaya sama saya, pasti ada yang cuma tip-x huruf "r" di kata doctor. Tidak semua kata di tip-x.

    ReplyDelete
  41. Tentu, saya akan menghapus semua huruf r di tiap kata docror yang saya tulis dengan salah,dan saya "palimpsest" jadi doctor (huruf r saya tip-x dan diganti t), tanpa menyisakan 1 pun kata docror di dalam keseluruhan teks saya. Jadi tidak ada yang tahu kalau kata awal yang saya buat adalah docror. Kalo saya melakukan kesalahan dalam mengukir atau mau merubah hierogliph yg sudah saya buat dalam 1 bangunan, sedangkan saya membuat 10 hierogliph yang sama di bangunan tsb, saya akan rubah 10 hierogliph yang saya buat, misalnya saya ganti gambar tangan dengan cangkul,berarti saya yakinkan tidak ada gambar tangan lagi di 10 hierogliph tersebut. Tidak ada yang tahu kalau gambar awalnya adalah gambar tangan, karena sudah saya ubah semua (saya tdk mau orang tahu kalo saya pernah salah nulis). Atau dalam kasus ini nggak sempet ngubah semuanya?

    ReplyDelete
  42. BTW, komentar saya ttg menghapus sebagian hierogliph dan menyisakan yang lain dalam keadaan salah/belum diubah, hanya catatan kecil saja. Kalo ditanya ya bisa saja terjadi (namanya juga kemungkinan). Yang mau saya tekankan adalah mungkin proses palimpsest tsb memang ditujukan untuk membuat gambar "mirip" helikopter , jadi bukan karena plesternya copot, terus membentuk gambar heli, pesawat, kapal, dll. Terlalu banyak kemungkinan, dan ini mengapa dunia misteri selalu menarik. Thanks bung enigma, atas postingan yang menarik dan diskusinya.

    ReplyDelete
  43. permisalannya tipe x y?
    tapi kalo diamati . gambarnya cenderung ga terlihat "diplester kemudian diganti" tapi terlihat "diperjelas" , CMIIW

    ReplyDelete
  44. Andre said...

    Kenapa orang abad 19 tahu bahwa itu gambar helikopter????

    ReplyDelete
  45. @andre : sebenarnya bukan orang abad ke-19 mengenalinya sebagai helikopter. Tapi karena kalimat yang saya gunakan memang bersayap, maka saya sudah memperbaiki paragraf pertama. Maksud saya sebenarnya adalah arkeolog abad ke-19 tdk bisa mengenalinya.

    ReplyDelete
  46. Terima kasih atas postingan yg menarik enigma.
    mungkin hierogliph ini bisa dijelaskan dgn teori palimpsest,namun teori palimpsest tidak bisa menjelaskan ttg Lempeng Lolladoff,yg ditemukan di Nepal, Lukisan purba di gua Val Camonica, Petrogliph berusia 7.000 tahun, ditemukan di Queretaro(Mexico),lukisan Summer's Triumph.
    dan figuran2 berbentuk astronot yg telah dibuat ribuan tahun yg lalu,sepertinya teori UFO MASA PURBA tidak akan hilang dgn teori palimpsest
    hohoh :)
    sains dan masa depan akan menjawabnya
    keep posting enigma

    ReplyDelete
  47. Seperti yg telah d jelas kan dalam surat Al Kahfi di Al Qur'an bahwa fenomena permainan waktu / kembali ke masa lalu atau masa depan bukan lah hal yg ajaib, arti nya bahwa hal tersebut bukan hal yg aneh lg atau sudah biasa.Mungkin saja penemuan ttg mesin waktu...

    ReplyDelete
  48. tetep aja ada yang aneh, senpai...
    misalnya orang mau merevisi satu dokumen, padahal satu section ada salinannya, apa mungkin yang dikoreksi cuma salah satunya? padahal data master maupun salinannya akan dipublikasikan.

    menurut senpai enigma gimana?????

    ReplyDelete
  49. itu karena kuil itu punya firaun seti I, setelah dia mati, firaun ramses naik tahta. nah dia kepingin punya kuil jg. jadi kuil itu diambil alih sama dia dan tulisannya diganti. itu praktek yang biasa kok di masa mesir purba. soal kenapa cuma satu section saja, saya tidak tahu soal itu.

    ReplyDelete
  50. mungkin sewaktu ingin ngebuat section lain Artistnya mati kali, terus ga ada yg bisa ngegantiin dia,

    atau mungkin waktu itu peradabannya Ramses hancur atau rajanya mati

    ReplyDelete
  51. Kalo saya lihatnya itu bukan gambar helikopter, tapi peti mummi yang dilihat dari samping.

    ReplyDelete
  52. keren. both artikel dan komen2nya

    ReplyDelete
  53. Tulisan anda bagus bung enigma. Satu pertanyaan terkait dengan palympsest:
    Jika ada kebiasaan firaun untuk mengganti dokumentasi yg ada saat dia naik takhta, lalu kenapa ada dinding lain di kuil itu yang belum di tipe-x??
    Jika dinding tsb di tipe-x berarti kandungan informasinya merugikan firaun yg sedang berkuasa. Apakah sekretarisnya firaun sedemikian ceroboh sehingga lupa menipe-x satu dinding?? Karena jika gambarnya sama mestinya informasi yang dikandungnya juga sama, apa mungkin sekretarisnya firaun sudah ngantuk karena nipex in se piramid??
    Kalau ada gambar yg sama di lokasi yg lain, mengapa yg di tipe-x pada point yg sama?? Padahal asumsinya penguasanya berbeda.

    Apa sebenarnya arti dari gambar-gambar tersebut, sebelum dan setelah di tipe-x??

    Regards,
    comrade_dav

    ReplyDelete
  54. Jawabannya adalah karena Firaun berikutnya tidak memplester semua hierogliph yang ada. Ia hanya mengubah seperlunya, tidak berarti merugikan firaun yang berkuasa. Tapi ia butuh space untuk menulis kata-kata pujian baginya.

    Lalu, huruf hieroliph itu ada beberapa jenis, ada yang satu ukiran = satu kata. ada juga yang satu ukiran = 1 huruf.

    Fakta adanya huruf yang mirip susunannya tidak berarti kalimatnya sama.

    Soal artinya, saya tidak tahu karena memang belum ada yang menerjemahkan. Tapi saya sudah membaca kembali mengenai hierogliph mesir dan ternyata memang ada hierogliph yang mirip2.

    Saya percaya bahwa helikopter itu adalah gabungan huruf yang seperti "kacamata" dengan huruf yang bergambar lengan manusia.

    ReplyDelete
  55. Tapi mas enigma, apakah sudah dibuktikan kalau itu memang hasil dari palimpsest? tentu ada perbedaan antara ukiran yang dipalimpsest dengan ukiran originalnya... BTW thanks a lot atas postingnya..

    ReplyDelete
  56. Tentu saja belum dibuktikan. Menurut saya, apabila mau dibuktikan, maka dinding itu harus dicek, apakah ada sisa-sisa plester atau tidak. Karena para arkeolog sudah yakin bahwa palimpsest adalah jawabannya, mereka tidak merasa perlu untuk mencek dindingnya langsung.

    Tapi menurut saya, palimpsest cukup masuk akal. Coba kamu cek di internet mengenai hierogliph-hierogliph di dinding kuil mesir lainnya. Maka kamu akan menemukan palimpsest memang masuk akal.

    ReplyDelete
  57. I like the smart guy... trnyata msh buanyak org2 yg kritis n cerdas. penulis n komentatornya sama cerewetnya. hahaha..

    ReplyDelete
  58. di film 10.000 BC bangsa mesir sudah buat piramid 10.000 BC, apa mereka memang sudah sehebat itu saat bangsa2 lain masih jadi pemburu? btw emang ada piramid yg umurnya segitu? thnks bwt infonya.

    ReplyDelete
  59. maaf sebelumnya, bila posting saya terlambat. Langsung aja yah ini opini saya :
    bila kita berpikir ke masa depan tidak ada kata yang tidak mungkin. Tapi bila masa depan kita masukan ke dalam masa kita, itu pasti tidak mungkin. Agar jelas saya kasih contoh, pada jaman dulu orang ingin bisa terbang dan itu menjadi kenyataan, orang berpikir ingin bisa ke bulan dan itupun jadi kenyataan. Lantas apa hubungannya dengan gambar diatas. Begini, jaman sekarang (abad 21) orang² sudah berpikir akan bisa berpindah dari dimensi 1 ke dimensi yg lain ( salah satu keinginan manusia abad sekarang ). lantas secara praktek mungkin itu baru bisa terlaksana 2-10 abad berikutnya, who knows ? Dan apabila logika saya betul, bisa jadi pada jaman kedepan nanti orang² benar² bisa berpindah ke dimensi yg lain, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan berpindah dimensi ke jaman nenek moyang kita ( who knows ). Dan tidak tertutup kemungkinan mereka bisa bertemu orang² jaman dahulu yang pada akhir cerita bisa seperti gambar diatas. Untuk jaman sekarang mungkin kita bisa berasumsi gambar diatas hanyalah masalah palimpsest sesuai dengan logika kita abad 21. Tapi hal itu bisa jadi diluar palimpsest. Jadi kesimpulan saya segala sesuatu yang terjadi jaman dahulu akan dianalisa sesuai dengan logika kita di jaman kita dimana kita masih hidup didunia ini. Tapi bila kita mau berlogika untuk jaman sebelum kita kenapa bisa segala sesuatu yang tidak masuk akal sekarang bisa masuk akal, maka seharusnya kita bisa lebih berpikir kemasa yang akan datang, bahwa segala sesuatu itu bisa terjadi dan tidak menutup kemungkinan memang itu terjadi. Ini opini saya bukan berarti saya suka berkhayal yang tidak² tetapi saya berlogika dengan melihat kejadian yang sudah terjadi di negara maju pada jaman dahulu ( jamannya Neil Amstrong dan Jamannya Wright bersaudara ). Jadi apabila saya sekarang berpikir kedepan dijaman yang mana saya tidak hidup lagi, tidak ada yang tidak mungkin, segala sesuatu itu bisa terjadi. SEMAKIN BERTAMBAH USIA JAMAN SEMAKIN BERTAMBAH PULA ILMU MANUSIA.

    ReplyDelete
  60. Yup, saya setuju dengan postingan di atas saya mengenai kemungkinan Perjalanan Waktu (Time Travell). Terlalu banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi, dan terlalu sempit daya pemikiran kita untuk terlalu dini menyimpulkan sesuatu. Jadi saran saya......jangan terlalu cepat menyimpulkan sesuatu yang dapat mengubah cara pandang orang lain bahkan terkesan mementahkan persepsi2 yang sudah pernah ada. Belum ada yang bisa membutktikan nilai2 kebenaran sejarah selain bukti mati dari peninggalan prasejarah itu sendiri, so....kalo cuma perkiraan boleh2 saja, tapi ingat :) cuma PERKIRAAN :) btw nice post :D

    ReplyDelete
  61. Ternyata para seniman Mesir biasa menggunakan metode Palimpsest pada masa purba. Jika seorang Firaun naik tahta, ia menuntut tulisan-tulisan lama di dinding diganti dengan tulisan yang menceritakan tentang kemuliaan mereka. Jadi seniman Mesir memplester tulisan yang lama dan menggantinya dengan yang baru.

    kalau begitu pertanyaan saya, kenapa bisa ditemumukan hierogliph yang berbeda Di dinding lain di kuil yang sama, padahal Firaum menuntut tulisan-tulisan lama diganti. Apa ini berarti semua tulisan atau sebagian tulisan?

    ReplyDelete
  62. Tentu sj tdk semua tulisan diplester. Kdg sebuah ukiran diplester karena dia bth space baru utk menulis, bkn krn ingin menghapus tulisan yg lama.

    ReplyDelete
  63. ody said

    misteridunia.wordpress.com = blog kekacauan (bukan isi artikelnya lho, tapi komentar2nya.. klo ga percaya liat aja sendiri)

    ReplyDelete
  64. keren.. tapi klo dilihat sekilas mirip helikopter betulan..

    ReplyDelete
  65. bacaan yang cerdas, terima kasih.
    tapi maaf, telat banget kehadiran saya....

    kalau boleh komentar, sepertinya gambar pertama itu cetakan hierogliph, lalu gambar keduanya adalah hasil cetakan. karena kalau saya perthatikan, bagian yang menonjol di hierogliph pertama tampak tenggelem di hierogliph kedua, begitu pula dengan yang tenggelam di hierogliph pertama menjadi yang menonjol di hierogliph kedua.
    jadi ingat saat pelajaran memasak kue saat SMP dulu, terkadang detail-detail kecil pada cetakan kue bisa jadi tidak muncul pada hasil cetakan di kue. entah kenapa, mungkin karena pengaruh kerapatan partikel atau kekentalan bahan dasar adonan, dan sebagainya, yang menyebabkan detail halus seperti garis-garis atau bahkan mungkin titik-titik kecil tidak bisa muncul sempurna, sesempurna cetakannya.

    apakah analisa saya masih masuk akal?


    mysecretpower@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  66. Sebenarnya foto kedua bukan cetakan. Tapi hierogliph lain di dinding lain kuil. Lagipula bangsa mesir membuat hierogligh dgn dipahat atau diukir, bkn dgn dicetak.

    ReplyDelete
  67. keren mas
    mistery emang mistery hhe
    mungkin ntar salah satu bukunya d turunin ke aku wwkwkwkkwwkk (kayal)

    ReplyDelete
  68. wah, ini artikel ketiga yg saya baca. dan saya makin kagum. bravo! bravo! cara anda menguraikan penjelasan benar2 luar biasa!

    ReplyDelete
  69. masa seh zaman firaun disebut zaman purba? zaman prasejarah, zaman manusia belum tau baca tulis, zaman manusia belum mengenal peradaban? but anyway... saya suka isi dan bahasa dalam blog anda!

    ReplyDelete
  70. Wah kok Mr.Enigma hebat bngt yah.... Arkeolog yag berpengalaman aja ga bisa menemukan misterinya....

    ReplyDelete
  71. Itu lah sejarah,penuh misteri.Mukn beberapa ribu thun nanti ukiran2 dibangunan zaman kita skarang akan jadi perdebatan orang stlah kita.Mukn aja tulisan "no smoking" dperdebatkan, ko ada di mall, di kantor dll hehe.. Thanks enigma,artikl bgus2 n udh cpek bacanya.Mau mkan dlu ya

    ReplyDelete
  72. artikel yang sangat bagus sekali. Saya baru berkunjung ke blog ini. Kejadian2 di dunia ini kerap kali mengandung banyak misteri, dan misteri memang banyak menarik perhatian karena keingintahuan.

    Buat owner.. salam kenal dari saya.

    ReplyDelete
  73. Tulisan Mr.enigma sebenarnya tll subyektif,n sekedar hipotesis aja siy,lg2 smua dr googling. translate sini sana,hehe. lumayan jg bwt dongeng sblm tidur.

    ReplyDelete
  74. Tentu saja semua tulisan saya subyektif, hasil googling dan terjemahin sana sini. Makanya saya tidak pernah memaksa orang untuk menerima pendapat saya.

    Sebenarnya kalau kamu punya pendapat berbeda yg lain dan bukan hasil googling dan terjemahin sana-sini, maka saya akan dengan senang mendengarnya. sayangnya kamu tidak memberikan pendapat itu. :)

    ReplyDelete
  75. Abirama Vindra , Jogja .
    saya percaya kita bukanlah peradaban maju pertama di bumi .
    satu pertanyaan dari saya , adakah ilmuan atau penerjemah bahasa kode yang mengartikan gambar" di kuil itu ?? karena arti dari tulisan itu bisa menjelaskan jika kita bukan peradaban ter-modern yang perbah ada di bumi .

    ReplyDelete
  76. Tapi kok bisa2nya ya semuanya menjadi berbentuk seperti kendraan?

    ReplyDelete
  77. sory nh bro tp tlg dijawab!!!
    gini knp bsa ada gambar yg berubah krn palimpsest dan da gambar yg msh utuh smpe skrg?? apa itu sngja agar kita yg sekarang taw bahwa itu gambar yg asli??
    dan mnurut saya klo untuk dibilang akibat palimpsest??
    apa ga trlalu perfect kemiripan dgn kapal seam jaman sekarng??

    ReplyDelete
  78. hebat giler blog ni. thanks

    ReplyDelete
  79. bagaimana dengan ukiran disebelah kanan tengah dari ukiran pesawat helikopter itu? sepertinya saya lihat ukiran tersebut mirip dengan piring terbang atau apalah? mohon dikaji lebih lanjut

    ReplyDelete
  80. saya nemu pembahasannya di youtube. tp ane nggak ngerti bahasa Inggris. coba liat:

    http://www.youtube.com/watch?v=6lBnO8oa5tQ

    ReplyDelete
  81. saya mau ngasih info sedikit: mengenai kondisi peradaban dan kebudayaan masa lalu. Bhwa kondisi teknologi pd peradaban tertentu ada yg sudah maju.namun oleh Allah dihancurkan (azab)krn bangsa/kaum tsb tdk mau diperbaiki kehidupannya.Bukti Ilmiahnya Alquran S.Saba (apa bukan pesawat?)di Peradaban bangsa saba.Banyak sekali di Alquran mengungkap bangsa2 yg sudah berteknologi canggih.Bahkan teknologi sekarang itu NYONTEK dari peradaban masa lalu.

    ReplyDelete
  82. wowhhh dijaman purba udah ada ukiran tentang teknologi.
    bisa jadi ukiran itu menggambarkan kehidupan masa depan

    ReplyDelete
  83. Dear Mas Enigma

    saya termasuk salah satu orng yg percaya akan ada nya teknologi super pada zaman purba (teknologi yg mungkin dibawa oleh Ras yg lebih unggul di "langit" sana) tp setelah saya baca artikel ini..saya jadi agak ragu akan ada nya teknologi tsb,

    yg mau saya tanyakan jika memang ada 2 hierogliph yg sama pada satu kuil,knp hany satu yg di rubah (palimpsest)? mengapa tidak semua hierogliph yg sama, di rubah seperti ini (hierogliph yg ada helikopternya)? a[akah ini perbuatan manusia di zaman sekrng atau memang orng mesir purba yg merubahnya? selain itu jika hierogliph ini dirubah oleh org mesir purba, berarti ada yg ingin mereka sampaikan..

    td mas enigma bilang, jika ada raja baru yg memerintah, maka hierogliph akan di ganti sesuai keahlian/kekuasaan nya pd saat itu...apakah krn Raja baru yg memerintah pd saat itu bisa membuat suatu "teknologi' (helikopter) maka hierogliph itu di rubah?

    maaf jika komen sy agak panjang, keep posting ya mas ;)

    ReplyDelete
  84. Hanya ada satu yang rubah (palimpsest) karena tujuan mereka bukan untuk menghilangkan hierogliph, tapi mencari space baru untuk ditulisi. Tentu saja orang mesir yang melakukannya karena orang mesir purba biasa melakukannya. Soal apakah yang ingin disampaikan, bisa iya bisa tidak. Saya rasa perbuatan mereka menghapus salah satu bagian dinding benar-benar cuma ingin mendapatkan space baru untuk ditulisi.

    Tidak selalu seorang raja menghapus hieorgliph sebelumnya. Kecuali tidak ada space lagi untuk ditulisi.

    ReplyDelete
  85. tp ntu terlalu kebetulan bisa mirip ma transportasi modern ??

    ReplyDelete
  86. saya pikir karena ada seseorang yang mampu melihat, membayangkan atau bermimpi tentang masa depan, mirip sebuah ramalan. mereka menerawang dan menuliskan sketsa tentang benda2 masa depan nantinya bahkan hal2 yang terjadi dimasa depan, seperti seseorang peramal yang bisa meramalkan bencana2 besar atau seperti orang sekarang yang telah meramalkan dan membentuk bayangan benda2 untuk teknologi masa depan baik bentuk rancangannya, toh imajinasi telpon akhirnya benar terjadi seperti ponsel sekarang atau nanti mungkin seperti ponsel da;am film star trek. disimpan ditangan, atau komputer yang dapat berpikir sendiri dan diajak ngomong untuk melakukan/membangun aplikasi seperti permintaan dari yang ngomong, karena arah teknologinya udah kesana kan hehehehe

    ReplyDelete
  87. tulisan yang bagus bgt,,
    aq bru gabung jdi baru baca artikel yang udah lama ini,,
    hehehe

    aq mw tny,,
    mungkin gak sich gambar yg awal sebelum di tipex itu gambar helicopter trus di tipex jadi bentuk telapak tangan dan lain sebagainya buat menutupi sesuatu,,
    jdix sekarang tipex ilang dan memunculkan gambar yang baru.

    ReplyDelete
  88. Berpikir dari sisi lain..saya suka itu. hehe. sebenarnya gambar telapak tangan itu adalah salah satu dari huruf hierogliph. jadi wajar saja kalau teori yang masuk akal adalah telapak tangan dulu, baru ditip x.

    ReplyDelete
  89. Pernah dibahas di discovery/ngc,katanya emang hasil dari penambalan ulang berkali2 gt,jd hasil nya kyk helikopter dll,padahal bukan

    ReplyDelete
  90. Jujur ada dua kemungkinan

    1. Palimpsest memang benar terjadi
    2. Atau .. itu adalah sebuah imajinasi dari orang pada masa itu mengenai masa yang akan datang, seperti dalam film2 nya James Bond

    Tapi saya lebih cenderung dengan yang pertama .. sulit untuk mempercayai kalo orang pada masa Feodal bisa berimajinasi mengenai teknologi maju apalagi seperti helikopter, dll

    Buat Bung Enigma : Mantaf !! ^^

    ReplyDelete
  91. Keren Analisisnya,...
    Gak sekedar gak percaya soal ufo, tapi dijelaskan dngan analisis yg logis,....

    ReplyDelete
  92. Bung enigma keren penjelasannya . lengkap dan mudah dicerna ! menambah wawasan banged

    ReplyDelete
  93. ne orang nglebihin ahli" yg uda ada..
    keren sekali anda itu Mr.Enigma..

    ReplyDelete
  94. oh,, tpi klo saya bilang kyknya hierogliph atau apalah itu>>>yg mirip helikopter, kapal selam dll, menurut saya itu kyknya rekayasa doang deh, masalahnya dilihat dari gambarnya>>>yg menurut saya kyknya dipaksakan,, hehe,, tpi untuk yg tangan, ukurannya agak berbeda dgn ukuran helikopternya,, saya agak curiga disitu, apakah masyarakat mesir kuno sudah tahu tentang helikopter dan sebagainya sejak dulu? klo iya, knapa nggk mereka buat itu sejak dulu yak? paling nggak replikanya gitu? biar nandain klo itu model asli mesir punya?

    ReplyDelete
  95. penjelasan yang masuk akal,. teori tip X itu logis,. kalau ada foto penimpa(tulisan penggantinya) pasti bisa lebih masuk akal,.
    keren,.!

    ReplyDelete
  96. keliatannya itu kerjaan orang2 illuminati :D
    http://www.youtube.com/watch?v=v32YW19pC6E

    ReplyDelete
  97. halo, ikut sumbang opini ya
    kalo ada hieroglyph berukir wahana modern berarti pembuatx bisa melihat secara langsung ya hahaha .
    Tp benar sy sangat kagum dengan anda mengenai penelitian sejauh ini tentang hal2 yg buat anda interest.
    Jika pendapat yg lain mengutarakan dukunganx pada teori Tip-x, pembuatan scr tidak sengaja, atau semacamnya. Namun disini saya punya pendapat bhw hieroglyph itu mungkin adlh penggambaran dari pencapaian dari peradaban masa lampau. Bisa jadi di masa lampau, entah satu masa dengan para pembuat ukiran pyramid, ataupun jauh waktu sebelumnya, manusia mencapai peradaban dengan teknologi yg tinggi, seperti kita sekarang ini. Namun dimana mereka sekarang ? mana peninggalannya ?
    Merujuk pada riwayat2 yg pernah saya baca mengenai Peradaban Manusia (entah itu benar atau tidak), kemudian saya pun pernah menemukan kata2 semacam itu dalam Al-Qur'an, bahwasannya pernah ada suatu bangsa / peradaban di masa lampau dimana mereka punya kekuatan, kekayaan, kemajuan, kemegahan, perabotan yg luar biasa yg tidak dimiliki bangsa2 setelahnya. Namun Allah menghancurkan mereka / memusnahkan segala apa yg mereka miliki, karena mereka lalai dan kafir. Yg terakhir ini saya meyakininya.
    Yah, karena minimnya pengetahuan saya, saya tidak bisa mengaitkan gambaran helikopter dg peradaban yg hilang yg saya ceritakan barusan, namun sy habya memberikan saran : agar anda bisa mencari petunjuk dimana saja, bahkan dalam manuskrip2 kuno yg mungkin tidak berhubungan dg Mesir atau Pyramid, silakan cari juga dalam Al-Qur'an, kamus ensiklopedi terlengkap di alam semesta yg difirmankan Tuhan, atau yg berhubungan denganx. Tentu anda akan tertuntun untuk menunjukkan jawaban sebenarnya atas misteri itu. Selamat Berjuang, dan tetap semangat.

    By

    ReplyDelete
  98. itu tipuan photoshop, masih anda tutup2i, ckckck

    ReplyDelete
  99. kurang masuk akal juga sob...

    ReplyDelete
  100. kurang juga penjelasannya sob

    ReplyDelete
  101. yah, gw sih percaya kalau zaman teknologi kemungkinan teknologi juga semazu zaman sekarang. Karena analisa yg diberikan relatif, gw moderat aja deh.

    ReplyDelete
  102. Saya memilih pihak yg berlawanan dengan pendapat anda. Terima kasih

    ReplyDelete
  103. hm. . .
    tpi byar gmna jga ttap ja aneh. . .
    3 alat transport tsbt bsa d ukir brdktan scra kbtlan. . .
    gmna klo jman dlu da org yg bsa mlhat msa dpn !? hehehe
    mungkin ja kan. gkgkgk

    btw, postingan yg sngat2 bgus. . . !!
    jove it. . . ^^
    by : Aby

    ReplyDelete
  104. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  105. Update: saya barusan cari2 lagi, ternyata bahwa hieroglyph kedua itu bukan di komplek kuil Amun di Karnak seperti disebutkan oleh komentator di http://www.quora.com/History/What-are-the-mysterious-hieroglyphs-in-Temple-of-Seti-I,
    melainkan memang benar ada di kuil Abydos juga: http://www.belovedegypt.com/WallsofAbydosAlbum2/index.html

    Anda sudah benar, masbro.

    ReplyDelete
  106. Pendapat sy ini BUKAN Teknik tipeX.. Alasannya sederhana, Jng lupakan 1 Hal, Jika TipeX yang telah diplester terlepas,, apakah yang AKAN TERLIHAT?????? Yaaaaa.. Anda benarr... HARUSnya terlihat Tulisan yang Lama. Dalam Hal ini adalah Ukiran lama harusnya Terlihat. Coba perhatikan ukiran yg dianggap ukiran pertama, ukiran itu adalah ukiran timbul, jadi harusnya pasti terlihat jelas, jika tipeXnya terkelupas.. Bagaimana Pendapat sy????? Endang Karyadi

    ReplyDelete
  107. menarik sekali.. sudah lama saya bertanya-tanya tentang hal ini, termasuk crystal skull dan juga baghdad battery. lagipula, raja salomo pernah berkata "tidak ada sesuatupun yang baru di bawah kolong langit ini" jadi saya berpikir, wisdom dan knowledge seperti apa yang sudah dia miliki. mungkinkah dia tau tentang peradaban sebelum kita sekarang ini??

    tapi ternyata terjawab sudah yaitu hanya tip-X gagal :D

    ReplyDelete
  108. Infonya menarik.. Karena banyak kemungkinan..

    1. Kalo gak salah ada kisah Nabi Sulaiman itu bisa keliling dunia dengan kendaraannya hanya sehari semalam, yg berdasar itungan perjalanan unta bisa 1 tahun. Beliau juga bisa berbicara dengan makhluk jenis apapun. Konon, pada masa itu yg mengetahui kendaraan Nabi Sulaiman itu hanya Jin. katanya beberapa orang yang percaya, kendaraan yg beliau punya saat ini dilestarikan oleh Jin, dan dinyatakan sebagai wujud UFO.

    2. Tentang ukiran di dinding kuil itu, mungkin juga terjadi karena impian tentang masa depan.. Karena pada masa Kenabian, banyak orang bisa meramal masa depan.

    3. Time Travel itu gak perlu nunggu nanti.. Kitab Al-Qur'an sudah merupakan penjelajah waktu yang tersurat, walaupun banyak isinya dijelaskan secara tersirat.. Harus dipahami lebih lanjut..

    Kalau menurut saya sih gitu.. *saya orang awam. Tapi ingin tahu lebih..

    ReplyDelete
  109. kombinasi yang sempurna..... semua penjelasan dalam blog diatas bisa didapat di sini....

    ReplyDelete
  110. tapi masih ada kemungkinan lain, kalo gambar tangan yg ada di dinding yg lain mungkin aja itu yg hasil dari pelimpsest

    ReplyDelete
  111. bahasa ny yg mudah d pahami, ga kya blog lain yg suka copy paste, smangat gan

    ReplyDelete
  112. tapi kok ada tiga alat transport ya? benar2 kebetulan yang sempurna. hebatan.

    ReplyDelete
  113. Itu adalah hieroglyph dari Seti I dan Ramses II yang tertumpuk menjadi satu,,

    ReplyDelete
  114. HOAX, ini sanggahannya
    http://www.artgomperz.com/belgium/answers.html

    ReplyDelete
  115. Ini menurut saya mungkin itu zaman kuno sudah canggih ada pesawat kapal dll..karena di zaman kuno ada banjir besar di zaman nabi nuh..kemungkinan orang zaman kuno itu menggambarkan di zamannya dulu ada helikopter kapal dll untuk menunjukkan ke generasi yg akan datang..itu menurut pemikiran saya sih hahahaha

    ReplyDelete