Wednesday, December 23, 2009

Edward Leedskalnin dan rahasia Coral Castle

"Saya telah menemukan rahasia-rahasia piramida dan bagaimana cara orang Mesir purba, Peru, Yucatan dan Asia mengangkat batu yang beratnya berton-ton hanya dengan peralatan yang primitif." 

Kalimat terkenal di atas diucapkan oleh Edward Leedskalnin, seorang misterius yang membangun monumen yang juga sama misteriusnya, Coral Castle.

Ia lahir di Latvia, sebuah negara kecil di Eropa. Suatu hari ketika usianya 25 tahun, ia dikejutkan oleh keputusan tunangannya, Agnes, yang berusia 16 tahun yang memutuskan untuk membatalkan pernikahan mereka hanya satu hari menjelang hari pernikahan akan dilangsungkan.

Edward yang patah hati lalu meninggalkan Latvia dan menetap di Amerika. Setelah itu, ia menghabiskan sekitar 30 tahun berikutnya untuk membangun Coral Castle yang termashyur.

Coral Castle sendiri adalah sebuah struktur bebatuan yang terletak di Homestead, Florida. Struktur ini terdiri dari batu-batu megalitik yang masing-masing memiliki berat beberapa ton. Kebanyakan batu yang digunakan adalah jenis batu oolite yang mengandung fosil cangkang dan coral.

Pada awalnya, Coral castle dibangun di sebuah kota kecil bernama Florida City. Namun pada tahun 1936, lokasi Coral Castle dipindahkan ke Homestead dimana bangunan itu kemudian memperoleh kemashyurannya. Butuh waktu selama tiga tahun untuk memindahkan semua bebatuan yang ada di tempat itu ke rumah barunya.

Di Homestead, Edward melanjutkan pekerjaannya membangun Coral Castle hingga kematiannya di tahun 1951.

Coral Castle yang dibangun oleh Edward sejak lama dianggap sebagai salah satu struktur bebatuan paling menakjubkan yang pernah dibangun pada abad ke-20. Bahkan sebagian orang menyamakannya dengan Stonehenge. Apa yang membuat orang takjub adalah kenyataan bahwa Edward membangunnya sendirian.


Coral Castle memiliki luas sekitar 4 hektar dan terdiri dari 1.000 ton bebatuan yang bersama-sama membentuk dinding, ukiran, perabot dan menara kastil. Hebatnya, batu-batu besar ini disatukan tidak dengan menggunakan sarana perekat apapun. Mereka hanya ditumpuk dengan memanfaatkan beratnya untuk menjaganya tetap menyatu. Dan sama seperti piramida, tumpukan bebatuan ini begitu rapat dan sempurna sehingga celah antara dua batu tidak dapat ditembus oleh cahaya.


Kehebatan yang lain dari pekerjaan tangan Edward adalah sejumlah batu-batu vertikal yang masing-masing memiliki tinggi 2,4 meter dan membentuk perimeter di dalam kompleks Coral Castle. Masing-masing batu vertikal ini dipotong dengan presisi yang luar biasa sehingga masing-masing batu memiliki tinggi yang sama persis. Bukan itu saja, ketika badai Andrew berkategori 5 (paling mematikan) menyerang dan memporakporandakan Florida, tidak ada satupun batu itu yang bergeser dari posisinya.

Di dalam area Coral castle juga ada menara dua lantai yang masing-masing terdiri dari batu-batu setinggi 2,4 meter yang disusun menjadi menjadi tempat tinggal Edward. Total berat menara ini adalah 243 ton.


Menara ini dihiasi dengan teleskop buatan, obelisk, air mancur, kolam, perabot dan patung-patung objek-objek astronomi. Perabot yang ada di dalamnya termasuk meja berbentuk hati, 25 kursi goyang, kursi yang berbentuk bulan sabit, bathtube, tempat tidur dan sebuah singgasana kerajaan.


Selain menara tersebut, ada satu karya yang menunjukkan kehebatan Edward, yaitu sebuah pintu gerbang batu seberat 8,2 ton. Gerbang itu dibuat dengan keseimbangan yang sedemikian sempurnanya sehingga seorang anak kecil bisa membuka gerbang itu hanya dengan mendorongnya dengan ujung jari. Misteri gerbang ini telah membingungkan banyak orang hingga suatu hari gerbang itu tiba-tiba berhenti bekerja pada tahun 1986.


Sekelompok insinyur lalu dipanggil untuk memperbaikinya. Dibutuhkan 6 pria dan derek seberat 50 ton untuk memindahkan dan memperbaikinya. Yang mereka temukan mengenai gerbang ini sungguh menakjubkan. Mereka menemukan batu gerbang tersebut memiliki lubang yang sempurna dan Edward ternyata telah menyeimbangkannya hanya dengan menggunakan batang besi dan bearing truk.

Dari sini diketahui bahwa Edward membuat lubang berdiameter 8 kaki di sisi batu bagian atas menembus sisi bawah batu. Lalu ia memasukkan batangan besi ke dalam lubang itu dan menyangga bagian bawah gerbang dengan bearing truk. Yang luar biasa adalah, ia membuat lubang tersebut hanya dengan menggunakan peralatan tangan. Menurut para ahli, pada masa ini, untuk membuat lubang dengan kesempurnaan seperti itu, dibutuhkan peralatan dengan teknologi laser.

Pada tahun 2005, gerbang itu kembali mengalami kerusakan dan diperbaiki. Namun perbaikan yang dilakukan tidak bisa membuat gerbang itu berotasi sebaik dan selancar awalnya.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, apa yang paling menakjubkan dari Coral castle adalah kenyataan bahwa semua struktur di tempat itu dibangun oleh satu orang hanya dengan menggunakan teknologi dan peralatan seadanya.

Bayangkan, masing-masing batu di dalam Coral Castle memiliki berat rata-rata 14 ton. Batu terbesar memiliki berat 27 ton dan batu tertinggi adalah dua monolitik yang memiliki tinggi 7,6 meter masing-masingnya.

Bagaimana caranya Edward membuat dan mengangkat bebatuan berat itu sendirian ?

Ada yang mengatakan bahwa ia mungkin telah berhasil menemukan rahasia para arsitek masa purba yang membangun monumen seperti piramida dan Stonehenge. Yang lain mengatakan mungkin Edward menggunakan semacam peralatan anti gravitasi untuk membangun Coral Castle.

Pernyataan Edward yang mengatakan bahwa ia telah menemukan rahasia piramida telah membuat rahasia Coral Castle menjadi semakin misterius. Karena Edward sendiri adalah seorang yang misterius, banyak yang menafsirkan pernyataan ini dalam kerangka esoterik atau mistik.

David Hatcher Childress, penulis buku Anty Gravity and The World Grid, memiliki teori yang menarik. Menurutnya wilayah Florida Selatan yang menjadi lokasi Coral Castle memiliki diamagnetik kuat yang bisa membuat sebuah objek melayang. Apalagi wilayah Florida selatan masih dianggap sebagai bagian dari segitiga bermuda. David percaya bahwa Edward Leedskalnin menggunakan prinsip diamagnetik jaring bumi yang memampukannya mengangkat batu besar dengan menggunakan pusat massa. David juga merujuk pada buku catatan Edward yang ditemukan yang memang menunjukkan adanya skema-skema magnetik dan eksperimen listrik di dalamnya. Walaupun pernyataan David berbau sains, namun prinsip-prinsip esoterik masih terlihat jelas di dalamnya.

Penulis lain bernama Ray Stoner juga mendukung teori ini. Ia bahkan percaya kalau Edward memindahkan Coral Castle ke Homestead karena ia menyadari adanya kesalahan perhitungan matematika dalam penentuan lokasi Coral Castle. Jadi ia memindahkannya ke wilayah yang memiliki keuntungan dalam segi kekuatan magnetik.

Hingga kematiannya, Edward tidak pernah menceritakan rahasianya kepada orang lain. Jika ditanya, ia hanya menjawab,"Sebenarnya tidaklah sulit jika kamu tahu caranya." Sepertinya ia memang sangat menjaga kerahasiaan pekerjaannya. Ia kebanyakan bekerja pada malam hari dimana tidak ada satu orang pun yang bisa melihatnya. Seringkali, walaupun tidak selalu, ketika ia merasa ada yang mengamatinya bekerja, ia akan segera menghentikan pekerjaannya.

Apakah Edward Leedskalnin memang telah menemukan rahasia masa purba ? Apakah ia menemukan kunci menaklukkan gravitasi ? Jawabannya, mungkin tidak.

Karena foto yang berhasil diambil pada waktu Edward mengerjakan Coral Castle menunjukkan bahwa ia menggunakan cara yang sama yang digunakan oleh para pekerja modern, yaitu menggunakan prinsip yang disebut block and tackle. Jika kalian melihat foto di bawah ini, kalian mungkin akan mengerti maksud Block and Tackle.


Memang, walaupun ia menggunakan metode yang umum, tidak dapat dipungkiri bahwa Edward memiliki kelebihan dibanding pekerja biasa. Ia memiliki pengetahuan mengenai keseimbangan dan gravitasi dengan baik.

Website resmi Coral Castle menulis "Jika ada yang bertanya kepada Ed bagaimana caranya ia memindahkan batu-batu Coral itu, maka Ed akan menjawab bahwa ia mengerti hukum berat dan daya ungkit (leverage)."

Pada Desember 1951, Edward yang saat itu sudah berusia 64 tahun menaruh sebuah papan bertuliskan "Pergi ke rumah sakit" di gerbang Coral Castle. Setelah itu ia naik bus sendirian ke rumah sakit Jackson Memorial di Miami. Tiga hari kemudian, Edward meninggal karena penyakit kanker perut.

Ya, Edward Leedskalnin memang misterius.

Seringkali orang-orang menanyakan alasan mengapa ia mau menghabiskan hidupnya hanya untuk membangun monumen ini. Biasanya Ed hanya tersenyum dan menjawab "Sweet Sixteen", merujuk ke Agnes, tunangannya yang telah menghancurkan hatinya.

Jika kita melihat kepada Coral Castle, mungkin kita melihat kesempurnaan sebuah karya arsitektur atau mungkin kita hanya melihat kehebatan pekerjaan tangan seorang seniman. Tapi, jika saya melihat Coral Castle, saya melihat manifestasi dari kekuatan cinta, kekuatan yang sama yang telah menciptakan Taj Mahal dan enam ribu anak tangga di sebuah gunung di Cina. Dan kekuatan cinta yang dimiliki oleh Ed, tidak seperti yang kita kenal. Karena ketika kita memberi dan menerima, Ed hanya memberi dan memberi. Itulah yang membuatnya menjadi manusia yang luar biasa.

(coralcastle.com, wikipedia, crystalinks.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

118 comments:

  1. pertamax huahuahuahuahuahua, mantap infonya bang enigma

    ReplyDelete
  2. saya sangat kagum dengan Edward, yang seorang diri bisa membuat ista yang megah.
    :D
    peace all!!
    salam kenal ya om enigma..penggemarnya bertambah satu lagi..hehehe :D
    peace!!

    ReplyDelete
  3. wah sial aku tdk bs jd pertamax lagi

    ReplyDelete
  4. 'Dan kekuatan cinta yang dimiliki oleh Ed, tidak seperti yang kita kenal. Karena ketika kita memberi dan menerima, Ed hanya memberi dan memberi. Itulah yang membuatnya menjadi manusia yang luar biasa.'

    indah sekali kata penutupnya, kawan..
    salam kenal ya.. info2nya sangat menarik dan menakjubkan.. :)

    ReplyDelete
  5. wew....mantep artikelnya. kalo gak salah dah pernah dibahas si metro tv. oia selamat natal n tahun baru bagi yang merayakan...

    ReplyDelete
  6. wow, saya baru patah hati jg nih, aku mau bikin apa ya?? hmm...

    ReplyDelete
  7. "memberi dan memberi" ehmmm quotes yang patut kita tiru...benar gak bro enigma...?

    ReplyDelete
  8. i love the last paragraph, NICE BRO!

    ReplyDelete
  9. Berarti di area bangunan Piramid & Stonehenge memiliki Diamagnetik kuat seperti di Florida. Terus kalau stonehenge kan batu-batunya diambil dari jauh (kl gag salah), gaya Diamagnetiknya tidak jadi masalah dooooooonk . . . Khan lokasi batu semula gaya diamagnetiknya tidak pasti . . . Uhm . . . Misteri . . .

    Mr. Enigma hebat !

    ReplyDelete
  10. keren..keren...tulisannya informatif, padat, menarik untuk diikuti dari awal ampe akhir. Tapi yg paling menyentuh adalah paragraf penutupnya dramatis banget..ampe terharu sy dengan "power of love" ny Edward. Om enigma minta saran donk, spy bisa menulis artikel sebagus Om gmn crany?dmn belajar? soalny slama ini aku nda bisa tulis artikel dengan baik...:-(

    ReplyDelete
  11. kalau mau menulis dengan lancar, caranya adalah dengan banyak membaca dan banyak2 menulis. kebiasaan akan membuat kita menjadi semakin mahir kan ?

    ReplyDelete
  12. Mungkin pake bantuan jin kaya bangun candi prambanan... Hehe..

    ReplyDelete
  13. kerennnnnnn ditunggu posting selanjutnya bossss dah gaak sabar ada apa lagi yah?????Met NATAL and TAOUN BARU.GBU all

    ReplyDelete
  14. buseeetttttttt dalem banget ceritanya n keren gan...

    ReplyDelete
  15. Wah Keren . . .
    Btw, Alam vs sains modern udah berapa nih skornya Mas . . . ?

    ReplyDelete
  16. gan , minta izin buat dishare dipesbuk yak , nice post ^^v

    ReplyDelete
  17. Dulu saya pernah baca disebuah situs katanya si edward ngebangun coral castle ini tanpa peralatan apapun, jadi tangan kosong doang, kirain berbau2 mistis atau pakai teknologi "the nine unknown man", ternyata menggunakan peralatan berat juga toh... (saya tertipu, untung om enigma meluruskan)

    ohh y, akhir2 ini saya perhatikan posting2 om enigma ujung2nya dikasih kalimat penutup yang puitis y? inovasi baru y om? patut ditiru nih.. hahaa

    Selamat natal..!!!!

    ReplyDelete
  18. mantaaaap n kereeen..lanjutkan bang..

    -indah-

    ReplyDelete
  19. gw suka bgt 2 kalimat terakhir

    ReplyDelete
  20. Bung enigma yg terganteng sejagat,

    di antara semua tulisan bung enigma yg telah saya baca... ini adalah yg paling LUAR BIASA ... di dalamnya terdapat: keindahan, misteri dan CINTA yg tak berkesudahan.

    Bravo utk bung enigma dan pesan terakhirnya benar2 membuat saya merinding dlm keharuan, kiranya semua yg dikerjakan bung enigma selalu diberkati dan bisa memberkati lbh banyak org lagi, merry xmas!!!

    ReplyDelete
  21. amazing, sangat inspiratif. inilah salah satu bukti tentang bagaimana hebatnya ilmu pengetahuan dan kekuatan alam jika kita dapat menyelaraskannya dan mengerti cara kerjanya.

    saya suka sekali dengan aritkel2 di enigma, untuk yang satu ini saya izin copas ya mas?

    ReplyDelete
  22. SUSAH AMAT SIH tinggal ukir batu karang besar ampe segitu..

    ReplyDelete
  23. orang yang luar biasa . inspirasi bgt . nice posting bang Enigma

    ReplyDelete
  24. lagi...lagi.....lagi....lagi.....lagi.........
    from : N.O

    ReplyDelete
  25. mas, katanya di skotlandia ada kota yg cuma muncul 100 tahun sekali?klo gag salah namanya kota briggadon, diulas donk mas,, >.<

    ReplyDelete
  26. bahas juga mengenai magnetic currentnya juga donk, hhe

    ReplyDelete
  27. "Atau bisa jadi si pemilik blog misteri ini juga membuat blognya karena manifestasi kekuatan cintanya kepada seseorang? Hmmm..

    Oh ya, merry christmas for u, Enigma, may the LORD blessing u always.."

    ReplyDelete
  28. herannya kok coral castle ga gitu terkenal ya. apa aku aja yg kuper ya?
    kasian amat si edward..diputusin pacarnya, hahaha
    di Indonesia kisah begituan pasti udah jadi sinetron

    ReplyDelete
  29. kalo di sini, patah hati paling bikin lagu ama puisi..

    ReplyDelete
  30. Ni joedhon:
    Walah di perusahaan tempat saya kerja, udah biasa tuh pake tackle seperti itu, cuma modelnya box, bukan 3-kaki spt pada foto. Tapi yang melakukan biasanya 2-3 orang agar pekerjaan cepat selesai, jadi kalo Edward melakukan sendirian, cukup hebatlah.

    ReplyDelete
  31. cukup hebat? hmmmmmm ..... baca lagi deh! apanya yg cukup???? itu luar biasa .....

    ReplyDelete
  32. hmmmm, artikel yg bagus, apalagi kata2 d paragraf terakhir, "hanya memberi dan memberi", dalem bgt.
    so sweet.........

    ReplyDelete
  33. to :mr.enigma
    bos sudah prnh dengar kitab visar lom ? oh iya bos bikin ulasan taman gantung BABILONIA yg terkenal itu donk...klo ga ngerepotin sekalian harta solomon...hehehehe.....
    tq mr. enigma
    from : N.O

    ReplyDelete
  34. Satu kata untuk ed ...
    Mengharukan....

    ReplyDelete
  35. wow MANTAPS saya maw ucapin Merry Christmas ya Om Enigma, n Happy New Year..2010

    duLu beberapa bulan lalu saya sudah pernah membaca di sebuah blog yg membahas tentang ini.

    Di blog itu tertulis,"pada suatu malam ada seorang anak kecil sedang bermain di dekat Coral Castle, iya diam2 mengintip apa yang dikerjakan oLeh Edward, dan anak itu mengaku bahwa Edward menggunakan sesuatu yang pada akhirnya, batu2 tersebut mengambang bagaikan balon gas. sungguh menabjukan.

    saya hanya memberikan pendapat, apakah mungkin iya tidak ingin memberi tahu tentang rahasia gravitasi itu? tentu saja!

    -Hendrik-

    ReplyDelete
  36. A PERFECT JOB !!!
    A GOOD BLOG !!!

    ReplyDelete
  37. kata-kata terakhirnya membuat enigma menjadi lebih romantis hehe..
    mungkin memang betul kalu kita tahu ilmunya maka segala sesuatu akan menjadi lebih mudah

    ReplyDelete
  38. HEBATTTTTT! Salut buat bung enigma...

    Keep posting brur.....

    ReplyDelete
  39. 'Selalu ada di sisi yang lain'
    Motto baru, semangat baru.
    w.a. - BDJ

    ReplyDelete
  40. keren bang tulisannya, tapi tetep aja kesel. menurut saya Om Edward super pelit!! super penasaran sama caranya. bikin pengen make Ouija Board buat manggil arwah si Om trus nanya2 rahasianya..heuheu

    ReplyDelete
  41. mas, nulis tenang de javu dong, soalnya saya sering mengalaminya..

    ReplyDelete
  42. Baca paragraf terakhir langsung bulu kudukku berdiri. Tandanya bukan karena ada makhluk halus, tp sangat terharu dengan kata2nya. Hehe,,, Nice.. Two Thumbs Up!!

    ReplyDelete
  43. wow mantap.. yg jelas Edward n pembangun piramid Mesir sangat2 teliti n precise dalam konstruksinya. pake block n tackle bisa membangun yg spt itu :O

    Great article, keep posting! :D

    ReplyDelete
  44. MR enigma...tulisan2 anda benar2 mengagumkan...karya2 tulis anda selalu saya tunggu...thx bnyk......tapi, beneran nh edward bangun castle nya sendirian??????tanpa bantuan siapapun????

    ReplyDelete
  45. Memeng benar,, tekhnologi skarang semakin maju maka akan semakin ketinggalan dari jaman dulu,, benar2 misteri

    ReplyDelete
  46. Wahyu haryanto
    last paragraph ny inspiring bgt..
    Btw gw pnh bc artkel ttg coral castel yg lain n disitu dsbutkan bahwa teknik block n tacke yg dpke edward hanyalah trik yg dpkai edward untuk mengelabui para penguntit yg sering memata2i edward saat ia bkerja, dan hal itu terbukti karena alat yg dgunakan untuk teknik tsb tdk pnh bpindah tmpat..

    ReplyDelete
  47. @Wahyu H :
    "Btw gw pnh bc artkel ttg coral castel yg lain n disitu dsbutkan bahwa teknik block n tacke yg dpke edward hanyalah trik yg dpkai edward untuk mengelabui para penguntit yg sering memata2i edward saat ia bkerja, dan hal itu terbukti karena alat yg dgunakan untuk teknik tsb tdk pnh bpindah tmpat.."

    Siapa yang bilang kalau alat itu tidak berpindah tempat?

    ReplyDelete
  48. GREAT MAN..
    GREAT MISERY..
    GREAT ARTICLE ENIGMA....

    ReplyDelete
  49. Wahyu H:
    mohon dikoreksi jk salah..
    National geographic pnh ngbhas tuntas (tp ga bnr2 tuntas) ttg coral castel n d akhr dkmnter nya dsbutkn bhwa ada 4 smpai 5 segitiga block n tackle tsb,namun hingga bbulan2 alat2 tsb tdk bgeser sedkt pun..
    Mohon ptunjuk nya Mr. Enigma..

    ReplyDelete
  50. Sekarang kamu tahu mengapa Ed membutuhkan hingga 30 tahun untuk membuat Coral Castle.

    ReplyDelete
  51. Wahyu H:
    HmM..berarti ksbaran dan kteguhan hatinya yg mmbuat coral castel luar biasa, dan bkn ttg cara mmbuat dan misterinya..
    Btul bgt?
    Wah,1 lg pljrn br..
    Dan nampaknya fans Anda akan bertambah 1 lagi..

    ReplyDelete
  52. banG edward so sweet bnGtz daCh,

    ReplyDelete
  53. Kalau para ilmuwan bisa memecahkan misteri Coral Castle, maka itu akan jadi starting point yang sangat bagus untuk mengungkap rahasia pembangunan struktur bangunan raksasa yang lain.

    ReplyDelete
  54. tadinya ngarep bahas rahasia piramida abis2an, trnyata.. artikel lain yang sangat ngga kalah mnarik.sdih2 romantis misterius.smacem edward scissorhand yg ahirnya hdp sndiri dan bikin taman diatas gunung. nice bang

    ReplyDelete
  55. selain infonya yang mantabz, kelebihan artikel ini adalah gaya bahasa bang enigma yang sedikit menyentil. i like it!

    ReplyDelete
  56. keren bang... ini artikel yang saya tunggu lama banget eh dibahas jg. Ada jg batu yang dibuat dengan ada lubang "kykny c dari satu,lupa..hehe" ditengah2ny.. dan klw kita liat kedalam lubang itu pada malam hari akan merujuk kebeberapa bintang. dan hebatnya titik lubangny benar2 presisi..

    Salut buat Enigma.. :)

    ReplyDelete
  57. sy hya kagum sma argumen "SWEET SEXTEN",......

    ReplyDelete
  58. Dear Enigma,

    Saya membaca semua tulisanmu, dan saya mengunjungi blog ini tiap saya punya waktu. Terus menulis ya, karena ini membukakan mataku.

    Ohya, favoritku adalah tulisan mengenai piramid yang sejajar dengan bintang. Keren banget.

    GBU.
    Rachel Marx

    ReplyDelete
  59. semua kenal sweet seventeen...tapi Bagi Edward cman ada sweet Sixteen..Sip GAn!!mantabsz.!!

    ReplyDelete
  60. -antonnyKID-

    satu misteri lagi, entah perasaan saya atau, memang tulisan bung enigma kali ini benar2 menyentuh nurani...
    apa mungkin anda(bung enigma) juga tersentuh seperti kita??
    namun, apa mungkin anda merasakan 'sesuatu' yg mungkin erat kaitannya dgn perasaan bung enigma ketika mendapati kisah ini???

    mungkin bung enigma juga pernah mengalami hal serupa..:)

    Ya, bung Enigma memang misterius.

    ReplyDelete
  61. manifestasi dr kekuatan cinta...?? hmm... saya baru tau ternyata penulis bs sentimentil jg..

    ReplyDelete
  62. om, maksudnya prinsip block n tackle itu gimana sih, diliat berapa kali juga potonya , tetep engga ngerti nih om x.x

    ReplyDelete
  63. kapan ya gue punya duit, pingin deh gue kesana! oh iya suer blog ini keren!
    terus nulis ya sang penulis!

    d

    ReplyDelete
  64. Wah! Mantep banget tuh! :matabelo:

    ReplyDelete
  65. Ni john doe,
    Prinsip tackle itu adalah memindahkan gaya berat benda yang diangkat ke lantai atau ketitik lain. Seperti timba sumur. Berat air ditimba misal 10 kg, tapi beban yang kita tarik gak sampai 10 kg. Kenapa? karena sebagian beban ditahan oleh puli yang digantung. Kalo di foto itu, tipe puli rantai yang dikombinasikan dengan roda gigi yang bahkan bisa membuat benda 5 ton bisa diangkat oleh satu orang.
    Yang susah adalah mendirikan tiang (kaki) tackle tsb, sptnya susah kalo 3 tiang yang berat bisa diberdirikan oleh satu orang saja.

    ReplyDelete
  66. klo baca neh post jadi pengen nangis...
    Kasihan si bang edward.... mesti mati di umur 64 tanpa rasa cinta di kehidpuannya.....

    ampe2 di akhir itu na dia habisin idup na cuma bwt abisin untuk love memorial na... T_T

    semoga kehipudan selajutnya bang edward lebih indah lagi... AMin..

    regard
    Regan

    ReplyDelete
  67. kisah yg keren, menakjubkan, dan yg paling utama, ROMANTIS!
    kata2 mas enigma di paragraf terakhir juga romantis....
    wahh! jd pengen buat love story kaya gini! berkat postingan ini, saya dapat ilham cerita baru.

    thx mr. enigma! ;)

    ReplyDelete
  68. sumpah... romantis bgt,,
    klo aku mantan tunangannya, pasti aku mau balik lg..

    ReplyDelete
  69. kekuatan cinta ya...

    SATU KATA DOANK...
    WOW...

    terutama pada akhir tulisan...
    menyentuh banget...

    ReplyDelete
  70. so sweet banget ya ceritanya....
    mantap!
    gabungan antara sains dengan kisah perjalanan hidup seseorang yang di tolak cintanya...
    mantap! terharu saya baca ini....
    tambah lagi ya artikel mengenai coral castlenya.... :D

    ReplyDelete
  71. setia banget yah kakek Edward Leedskalnin...jadi terharu. kenapa nenek Agnes tolak kakek Edward ya...aneh...

    ReplyDelete
  72. berkali-kali dibaca.... sampe2 saya ngebookmark nih artikel.... saya selalu pengen nangis, karna tulisan terakhirnya mr.enigma....
    saya juga, pengen belajar memberi & trus memberi dengan hati yg tulus. hiks.... T.T

    ReplyDelete
  73. jika diatas tertulis,"ia memang sangat menjaga kerahasiaan pekerjaannya. Ia kebanyakan bekerja pada malam hari dimana tidak ada satu orang pun yang bisa melihatnya."Mengapa foto menunjukkan Edward mengerjakanya pd siang hari?Dan mengapa edward bersedia untuk diambil gambarnya padahal ia sangat merahasiakan pekrjaanx,

    ReplyDelete
  74. bro, mengenai gerbang batu berdiameter 8 kaki mksdya apa yah ? emank 1 kaki brp cm ?

    ReplyDelete
  75. - Hari Pantja -

    gw tau perasaan lo om edward, mencintai tanpa dicintai, nangis gw bacanya..
    ternyata hati yang hancur juga bisa mendatangkan kekuatan yg luar biasa..
    semoga gw juga mendapat kekuatan yang luar biasa dari hati gw yang hancur ini..

    ReplyDelete
  76. kasian edward.a...dia MAY BE masih sayang ma si "sweet sixteen" yg pernah nolak cita.a

    klo qq ktemu ma si agnes ono..lagsung qq babok tuh org...trz qq bilank ke dy gini: eh, lu! kasian ntu si edward! lu punya hati ga seeh?? dasar lu org ga tau diri! skrg siapa ntu pacar lu yg baru? mau gw tuker biar edward hidup lg trz pacar lu yg bru jd diem di dlm tanah...

    ~eL_Bee~

    ReplyDelete
  77. Jika kita melihat kepada Coral Castle, mungkin kita melihat kesempurnaan sebuah karya arsitektur atau mungkin kita hanya melihat kehebatan pekerjaan tangan seorang seniman. --Tapi, jika saya melihat Coral Castle, saya melihat manifestasi dari kekuatan cinta, kekuatan yang sama yang telah menciptakan Taj Mahal dan enam ribu anak tangga di sebuah gunung di Cina. Dan kekuatan cinta yang dimiliki oleh Ed, tidak seperti yang kita kenal. Karena ketika kita memberi dan menerima, Ed hanya memberi dan memberi. Itulah yang membuatnya menjadi manusia yang luar biasa.--"

    ini yang saya suka bang hahaha =)
    bagus tulisannya!

    ReplyDelete
  78. keren...~
    mantappp

    ReplyDelete
  79. Nggak setuju kalau Taj mahal itu simbol cinta.
    Memang di buat untuk sang Permaisuri, tapi pembangunan Taj Mahal membikin ribuan pekerja sengsara, dan konon tangan para pekerja di potong setelah menyelesaikan Taj Mahal supaya tak ada lagi banguan yang sama di dunia.

    ReplyDelete
  80. masih kalah sama bandung bondowoso tu... demi cinta dia buat seribu candi cuma semalam suntuk....
    hehehe....

    ReplyDelete
  81. sungguh romantis wahai engkau Ed
    cintamu tak habis dimakan waktu :D

    ReplyDelete
  82. keren...!!
    edward punya ketulusan cinta yang besar.. :)

    ReplyDelete
  83. kalau bukan karena patah hati..gk mungkin muncul kekuatan misterius untuk membangun coral castle ini...jadi slalu ada blessing in disguise ya...

    ReplyDelete
  84. kemurahan hatinya bs mmbt coral cstl hebat

    yosua rizkie

    ReplyDelete
  85. mmmm...
    bukti bahwa cinta mampu membuat keajaiban...
    dan mencintai tidak mesti memiliki...

    :-)

    ReplyDelete
  86. sedih banget waktu dia bilang "sweet sixteen"...

    ReplyDelete
  87. Yg masih menjadi pertanyaan saya, si edward dapat penghasilan dari mana? Apa dia bekerja seperti biasa atau menghabiskan seluruh waktunya untuk membangun Coral Castle. Atau dia punya warisan jadi ga perlu kerja lagi.

    Wah kalo bekerja sambilan aja bisa bikin Coral Castle. Berarti Firaun diktator + Arsitek Canggih + ribuan budak kombinasi yg cukup bagus untuk buat Piramid :D...

    ReplyDelete
  88. nah kalo misterinya candi roro jonggrang yang dibuat 1 malam kayaknya perlu diulas tuh..
    ga perlu ke luar negri jauh2 disini juga banyak misteri.Tolong yah.... request candi roro jonggrang perlu dimuat artikelnya

    ReplyDelete
  89. tetep aja biarpun 100taun gak bkln ada lagi yg bisa bikin tuh klo cuma oleh 1 orang.gw setuju klo alat yg di foto itu cuma pengalihan aja,lagian dia gak mau rahasianya ketahuan tp kok malah difhoto.orang gila ja mikir..!!inti nya dia punya rahasia yg dia simpan gmna cara nya bisa mindahin batu2 gede itu tp gak mau ada seorangpun yg tau coz gak mau ada saingan..

    ReplyDelete
  90. keeren ,kreatif,edukatif...
    salut ma org ug kyk gni..
    smua jmpul buat org ini...
    hhahahah.....

    ReplyDelete
  91. setiap baca ini, sy jd sedih + cemburu jadinya.. >.<

    "It hurts, when I see u with her.." :P

    -U-

    ReplyDelete
  92. cinta laura yang kuit bgituJanuary 21, 2011 at 12:34 PM

    wah cantik nya tapi si bisa ngak klu kita pergi situ

    ReplyDelete
  93. dari Tresna Asti

    artikel ini paling saya suka Kak...
    ;D

    ReplyDelete
  94. mungkin kah dia menggunakan cara PESAWAT SEDERHANA?? karna pesawat sederhana mempunyai keuntungan mekanik tergantung dari alatnya..sayang saja masih misterius.. #RYAN

    ReplyDelete
  95. saya rasa dia hanya menggunakan sedikit teknik levitation utk pengungkit, mksdnya daya ungkit dan hukum berat dan hukum gravitasi disatukan, trus tulisan ttg brp derajat harus kearah timur ke arah selatan itu hanya teorinya saja.

    ReplyDelete
  96. alyya slalu menungguSeptember 9, 2011 at 2:40 PM

    sip e pol om enigma ....
    two thumbs up !!!

    eh ,,, penggemarmu nambah satu dong ...

    ReplyDelete
  97. indaaaahhhh banget..!!!

    ReplyDelete
  98. salut banget sama edward... luar biasa...

    ReplyDelete
  99. "Mr.Edward Leedskalnin menjaga keperjakaannya tengah malam supaya rahasianya tidak di ketahui orang lain" nice story, love n mistery....hemmmm, cinta sendiri sudah misteri, jadinya misteri pangkat dua dunk.

    ReplyDelete
  100. Umm.. pengen tau rahasianya juga ya ya...

    ReplyDelete
  101. uh aku ampe nangis baca ini... kutipan terahir ngena banget

    ReplyDelete
  102. R.I.P,Ed..i hope you find your true love "out there".

    ReplyDelete
  103. saya nemu blog ini beberapa waktu yang lalu..
    dan terus membaca berbagai artikel didalamnya..
    keren banget tulisannya..
    meskipun dah ditulis lama tapi gak termakan waktu..
    dan baru ini saya membaca ada kata hati dari seorang bang enigma..
    merry Chrismast bang..
    keep posting..

    abds

    ReplyDelete
  104. Misteri kekuatan dan cintanya membuat hasil karya seni yang menakjubkan, salut ma "kakek" edward yang tetap berpikir positif dan malah menghasilkan sesuatu yang spektakuler. This is the power of Love

    ReplyDelete
  105. Kenapa saya jadi nangis baca artikel ini ya...karena saya tau arti kesepian dan ditinggalkan apalagi sampai tua begitu..Thankx Mr. Edward buat peninggalannya yg luar biasa.. Maybe life is not fair...but nobody have a perfect life

    ReplyDelete
  106. Salut buat Ed (almarhum),seorang yang kurang beruntung didalam hidupnya tetapi dalam kekecewaan hatinya malah dapat menciptakan karya yang sungguh luar biasa!!!

    ReplyDelete
  107. "Dan kekuatan cinta yang dimiliki oleh Ed, tidak seperti yang kita kenal. Karena ketika kita memberi dan menerima, Ed hanya memberi dan memberi. Itulah yang membuatnya menjadi manusia yang luar biasa."

    kereeen Mr. E
    saya ambil buat inspirasi kutipan ya :))

    ReplyDelete
  108. dah berkali2 baca ne artikel
    ga bosan2, malah sedih T_T

    pntu grbangnya misterius banget, macem mana dia ngelubanginya ya, smpe presisi sprti itu...
    hanya mnggunakan peralatan sderhana, sngat misteris.....

    ReplyDelete
  109. ijin share y mas bro, tlsn berisi ttg kontroversi hati yg d tls secara spesialisasi n patut dpt apresiasi, trmakasi.

    ReplyDelete
  110. Kalau udah membahas cinta air mata saya menjadi menetes karena begitu tulus dan luar biasa dari kekuatan cinta tersebut.

    ReplyDelete