Sunday, January 10, 2010

Fenomena Doppelganger - Kembaran yang misterius

Apakah kita memiliki kembaran di dunia ini ? Apakah kita dapat berada di dua tempat pada saat yang sama ? Dalam sejarah, ada banyak catatan mengenai orang-orang yang mengaku berjumpa dengan bayangan dirinya sendiri. Fenomena ini sering disebut dengan istilah doppelganger.

Doppelganger berasal dari kata Jerman yang berarti "Double Walker". Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada bayangan diri yang dipercaya menyertai setiap manusia di bumi ini.

Fenomena ini berbeda dengan penampakan hantu. Jika penampakan hantu berarti seseorang melihat citra orang yang telah meninggal, maka fenomena doppelganger berarti melihat bayangan seseorang yang masih hidup. Dalam banyak kasus, Doppelganger dipercaya sebagai tanda-tanda kematian. Konon Ratu Elizabeth I berjumpa dengan bayangan dirinya sendiri sebelum meninggal.

Entah kapan fenomena ini pertama kali muncul. Namun pada tahun 1691, ditemukan catatan mengenai Doppelganger yang ditulis oleh Robert Kirk yang menulis bahwa fenomena ini telah muncul dalam kisah-kisah rakyat Skotlandia dan Irlandia.

Kasus Dr.Wynn Wescott
Pada tanggal 12 April 1888, di British Museum of London, sebuah laporan doppelganger menciptakan kehebohan diantara karyawan museum. Dr. Wynn Wescott dan Pendeta W.T Lemon dijadwalkan untuk bertemu di ruang baca museum. Pendeta Lemon tiba beberapa menit lebih awal dan melihat Dr. Wescott sedang terlibat pembicaraan dengan seorang rekannya yang bernama Mrs. Salmon.

Tak berapa lama kemudian, Mrs Salmon dengan sopan mengucapkan salam kepada Dr.Wescott dan meninggalkan pembicaraan. Ia berjalan melewati pendeta Lemon dan juga memberi salam. Lalu, Mrs Salmon menoleh ke Dr.Wescott untuk memberitahu bahwa Pendeta Lemon telah tiba. Namun ia terkejut karena menyadari bahwa Dr. Wescott yang tadi berdiri telah hilang.

Pendeta Lemon dan Mrs. Salmon lalu bertanya kepada resepsionis dan petugas museum lainnya. Mereka mendapatkan jawaban yang sama. Semua memang melihat Dr. Wescott masuk ke ruangan itu, namun tidak ada yang melihat ia meninggalkan ruang tersebut. Kaget dan kuatir, mereka mengecek ke rumah Dr. Wescott dan tidak disangka mereka menemukan Dr. Wescott sedang terbaring di ranjang, sakit dan tidak meninggalkan tempat tidurnya sejak pagi.

Kasus Abraham Lincoln
Kasus doppelganger lainnya yang juga termahsyur adalah kasus yang dialami oleh Abraham Lincoln. Kisah ini diceritakan oleh Noah Brooks yang mengaku mendengarnya langsung dari Lincoln. Diceritakan bahwa saat Lincoln terpilih menjadi presiden, ia menjumpai "dirinya" dengan dua wajah di ruang tamunya. Satu wajah lebih pucat dibanding yang lainnya. Ketika ia mendekatinya, bayangan itu menghilang.

Lalu ia menghempaskan tubuhnya ke sofa untuk beristirahat dan bayangan itu muncul kembali. Beberapa hari kemudian, bayangan dirinya dengan dua wajah itu kembali muncul. Namun penampakan itu adalah penampakan yang terakhir kalinya. Ketika ia menceritakannya kepada istrinya, istrinya berkata bahwa dua wajah itu berarti Lincoln akan terpilih sebagai presiden untuk dua kali masa jabatan, sedangkan wajah kedua yang lebih pucat menunjukkan kalau ia tidak akan hidup melewati masa jabatan keduanya.

Entah darimana istrinya mengetahui hal itu, namun prediksinya terbukti benar karena pada tahun 1865 Lincoln terbunuh pada saat memegang masa jabatan keduanya.

Kasus Emilie Sagee
Dari antara semua kasus doppelganger yang ternama, mungkin kasus ini adalah kasus yang paling membingungkan. Kisah ini diceritakan oleh Robert Dale Owen yang mendengarnya dari Julie Von Guldenstubbe, anak kedua Baron Von Guldenstubbe.

Pada tahun 1845, ketika Julie berusia 13 tahun, ia menghadiri sekolah von Neuwlcke, sebuah sekolah khusus perempuan di dekat Latvia. Salah satu gurunya adalah seorang perempuan 32 tahun bernama Emilie Sagee. Walaupun Ms.Sagee dikenal sebagai guru yang baik, beredar rumor di sekolah tersebut bahwa "kembaran" Ms.Sagee sering terlihat muncul dan menghilang di hadapan para murid.

Pernah suatu kali diceritakan bahwa sementara Ms.Sagee sedang menulis di papan tulis, kembarannya yang sama persis muncul di sampingnya. Doppelganger itu meniru persis semua gerakan Ms.Sagee, bedanya ia tidak memegang kapur tulis. Peristiwa ini disaksikan oleh 13 murid di kelas tersebut.

Yang lebih luar biasa lagi adalah kejadian yang terjadi pada hari berikutnya. Pada saat itu, 42 murid sedang berkumpul di aula untuk pelajaran menjahit. Ms.Sagee sedang ada di kebun dan jelas terlihat dari jendela oleh para murid. Tiba-tiba, doppelganger Ms.Sagee muncul dan duduk di kursi di depan ruangan. Seorang murid yang pemberani berjalan maju dan berusaha menyentuh makhluk itu, namun ia merasakan ada sebuah hambatan yang tidak terlihat menghalanginya. Lalu doppelganger tersebut menghilang secara perlahan.

Ms.Sagee sendiri mengetahui hal ini, namun ia juga tidak mengerti fenomena apa yang sedang berlangsung. Menurutnya, ketika doppelgangernya muncul, ia bisa merasakan kelelahan yang amat sangat. Bahkan wajahnya berubah menjadi pucat pasi.

Doppelganger dan Budaya
Fenomena doppelganger memiliki banyak penjelasan beragam di berbagai bagian dunia. Di Denmark, ada sebuah kisah yang menyebutkan seekor Troll (makhluk mitos) menculik seorang wanita hamil dan kemudian menggantinya dengan doppelgangernya untuk menutupi kejahatannya.

Di dalam tradisi Yahudi, setiap orang dipercaya memiliki malaikat yang berwajah mirip sepertinya yang kadang-kadang muncul dan menampakkan diri.

Di dalam tradisi dan kepercayaan beberapa negara lainnya, doppelganger secara sederhana diartikan sebagai roh jahat yang mengambil rupa seorang manusia.

Teori Dr.Peter Brugger
Dalam konteks sains, Dr.Peter Brugger dari Zurich University Hospital, mengajukan teori adanya Doppelganger Syndrom. Sindrom ini, menurut Dr.Brugger, adalah sebuah perasaan dimana seorang pasien amputasi bisa merasakan kembali adanya anggota badan yang telah hilang. Dalam kasus Doppelganger, bukan hanya sebagian anggota badan yang dirasakan, melainkan seluruh tubuh "tambahan" dirasakan ada di luar tubuh dan berada diluar kendalinya.

Menurut Dr.Brugger, sindrom ini bisa terjadi ketika syaraf kita mengalami goncangan sehingga kita akan membawa representasi internal diri yang kemudian ditransfer ke dunia luar. Ini biasa terjadi ketika kita sedang mengalami stres, kesepian atau ketika otak kita mengalami luka atau tumor.

Bagi Brugger, fenomena syaraf ini dapat menjelaskan adanya "teman imajiner" yang dialami oleh banyak anak kecil.

Eksperimen Shahar Arzy
Selain Dr.Brugger, penjelasan ilmiah lainnya juga muncul pada September 2006 di Majalah Nature. Majalah itu merilis hasil eksperimen yang dilakukan oleh Shahar Arzy dan rekannya di University Hospital, Jenewa, Swiss. Mereka tanpa diduga berhasil menciptakan fenomena Doppelganger dengan menggunakan stimulasi elektromagnetik yang diberikan pada otak pasien.

Sang pasien disuruh berbaring diam di atas tempat tidur, lalu, mereka memberikan stimulasi elektrik pada Temporoparietal Junction (TPJ) di otak kirinya. Ketika stimulasi itu diberikan, dengan segera sang pasien bisa merasakan adanya kehadiran orang lain di tempat itu. Dengan demikian, eksperimen ini membuktikan bahwa fenomena ini mungkin berhubungan dengan terganggunya aktifitas otak.

Menurut Arzy, eksperimen ini mungkin dapat menjelaskan mengenai halusinasi yang sering dialami oleh penderita Schizoprenia atau paranoia.

Penjelasan Dr.Brugger ataupun Shahar Arzy memang dapat menjelaskan pengalaman Lincoln, namun tidak dapat menjelaskan pengalaman Dr.Wescott dan Ms.Sagee.

Misalnya dalam pengalaman Ms.Sagee, mungkinkah 42 orang murid tersebut mengalami gangguan Temporoparietal otak kiri secara bersamaan ?

Can you explain that ?

(wikipedia, unsolvedmysteries.com, forteantimes.com, altereddimension.net)


Komentar Pilihan

Idiotevil said...


Gara-gara baca cerita ini, gw teringat pengalaman gw waktu kecil, waktu itu gw cuma berdua sm pembantu gw, terus kita maen petak umpet dirumah, nah pas giliran gw jaga, gw liat mbak gw, gw kejar smp ke ruang tamu, tp koq tiba2 hilang, ternyata mbak gw ada di lantai 2 dan gak pernah ke lt 1 waktu itu, merinding gw pas tulis cerita ulang ini...

January 10, 2010 10:59 PM



Anonymous said...

True Story

Aku juga pernah ketemu dopelganger..Begini ceritanya:


Waktu itu aku lagi di kapal penumpang sehabis pulang dari Kalimantan. Pas banyak penumpang lagi pada tidur (aku baru mau tidur), aku ngeliat orang yang sama persis dengan aku (bajunya juga sama!) ngeliatin aku sambil jalan ke dek, dia senyum-senyum trus ngajakin aku. trus kayak ga bisa apa2 aku nurut dia sampe keluar kapal. aku baru nyadar dia ngilang pas di deket pintu keluar. kepala rasanya pusing trus capek banget kayak abis lari-lari. balik ke tempat semula rasanya bingung n sempet nginjek orang tidur berkali-kali. Itu dopelganger bukan ya, ato hipnotis, ato malah syndrom mabuk laut (tapi aku ga pernah mabok laut). berusaha mencari tahu secara logis!

January 11, 2010 12:26 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

200 comments:

  1. pertamaxx kah..??

    ReplyDelete
  2. keren bang enigma
    doppleganger,,,
    btw,,yang percobaan yang dianggap penyebabnya gangguan otak kiri itu apa bener2 "gangguan" atau malah ngebuka semacam indra keenam gitu y?
    ap mgkn stimulasi elektrik bisa buka sixth sense gt??

    ReplyDelete
  3. kadang dengan meditasi kita bisa juga melihat bayangan diri kita sendiri atau orang lain...dalam kepercayaan jawa disebut"kakang kawah adi ari-ari atau sedulur papat lima pancer/badan"...ehmm mungkin nanti saya bagi sedikit tentang hal itu di postingan saya...

    ReplyDelete
  4. ketigaxx
    bagus banget nih!!!
    mas, ada berita baru tentang crop circle ngga?

    ReplyDelete
  5. kirain kembaran manusia yg sama, ga taunya serem gan

    ReplyDelete
  6. Crop circle belum ada, maklum, gandum belum menguning. Tapi sebenarnya ada snow circle di belanda. sayang fotonya kurang bagus.

    ReplyDelete
  7. ini mah sama seremnya kayak cerita hantu...
    hiiii...

    ReplyDelete
  8. wah, baru sekali ini comment saya dibales, makasih bang enigma...
    saya memang "terjebak" di blog ini saat saya lagi nyari2 info tentang crop circle (maklum, saya fanatik crop circle)...
    keep posting, bang enigma. makasih banyak atas semua infonya...

    ReplyDelete
  9. Maaf kalau agak menyentuh hantu. soalnya ini request. saya sdh berusaha menulis spy tdk seram, karena itu saya masukkan teori sainsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru mengalaminya beberapa hari lalu dan nyari2 berita tentang bayangan yang mirip dengan diri sendiri, sampailah ke bloq ini. Saat kejadian memang terasa kelelahan. Kelelahan mendadak seperti ini sering saya rasakan, tapi melihat bayangan diri sendiri baru sekali ini. Kali lain akan saya perhatikan baik2.

      Delete
  10. The OdieC WaulbekersJanuary 10, 2010 at 9:05 PM

    bagus prof.enigma, tp tidak seram kok, ceritanya bagus!
    oiya mr.enigma, boleh minta website2 misteri dunia yg terkenal gitu ga selain unexplained-mysteries?
    thx alot, adios!

    ReplyDelete
  11. mungkinnnn tidakkk bersamaan....
    tapiii,,,,mgkinnn pngaruhhh dariiii yg pertama melihat,,,,dannnn muncul mndorong imajinasi yg lain nya,,,hhaa

    ReplyDelete
  12. @the odiec waulbekers :
    forteantimes.com, cryptomundo.com, abovetopsecret.com, theunexplainedmysteries.com, world-mysteries.com, ufocasebook.com, ufodigest.com, anomalist.com. dll

    ReplyDelete
  13. wah.. menarik sekali. .. saya teringat mengenai sebuah kemampuan yang disebut "out of body experience" atau ada yang menyebutkan "perjalanan diluar tubuh fisik". mmmhhh.... menurut saya banyak kemiripan antara doppelganger dengan Out of body experience. namun menariknya, pada kasus emilie sagee doppelganger sering sekali terjadi dan orang yang bersangkutan (emilie)dalam keadaan sibuk beraktifitas..

    Out of body experience sangat jarang terjadi bila seseeorang dalam keadaan sibuk beraktifitas, biasanya astral body itu keluar bila seseorang dalam keadaan yang sangat lelah, sekarat atau bisa juga dengan sengaja memproyeksikan astral body keluar dari tubuh fisik. namun hal ini memerlukan kemampuan khusus dan latihan.

    namun dari bebagai fenomena diatas, rasanya tidak ada yang sengaja untuk melakukan out of body experience. saya menduga pada kasus Dr. Wynn Wescot, out of body experience ini berhasil dilakukan oleh Dr. Wescott..

    gimana menurut mas enigma

    by Emir...

    ReplyDelete
  14. Pengalaman out of body experience memang sering dihubungkan dengan kerusakan atau gangguan pada Temporoparietal otak kiri. tapi soal kasus di atas, saya tidak memiliki penjelasan ilmiah.

    ReplyDelete
  15. yg dibilangin sama simbah ware tu maksudnya astral projection bukan sih? itu gmn y bang enig? snow circle boleh juga tu bang...

    ms.terry

    ReplyDelete
  16. tambah lagi ilmu q,,,
    makasih bung enigma..

    ReplyDelete
  17. @ms Tery : yang dimaksud mbah ware bukan astral projection. Yang diceritain emir itu yang astral projection.

    Maksud mbah Ware, dalam kebudayaan jawa ada kepercayaan bahwa kita terlahir itu memiliki empat saudara. Jadi mungkin yang dimaksud mbah ware yang terlihat itu adalah salah satu dari saudara itu.

    Iya nggak Mbah ?

    ReplyDelete
  18. keren mas critanya..

    gw baru x ini mampir n langsung d suguhin crita doppel...
    ok lah...

    menurut gw sih, tentang eksperimen shahar arzy, agak melenceng dari doppel. kenapa?? karena yang merasa ada org laen di tempat itu hanya si pasien... jd sudut pandangnya hanya di pasien. bukan di orang laen yg liat doppel.

    hehe...
    ini cuma pendapat gw aja kok..
    hehe...

    keep n always posting.. i'll waiting some new n unique...

    ReplyDelete
  19. Klo misalny Fenomena Doppelganger terjadi d bumi..berarti ga tertutup kmungkinan diri kita bs ad lebih dr 1 d tempat lain (belahan bumi laen ntah itw dmn,ato mungkin d planet2 laen yg mungkin ad kehidupanny).
    dan ga tertutup kemungkinan jg d planet2 yg ad kehidupanny itw bs ad diri kita jg yg sama persis tp mungkin kelakuan z yg berbeda..cz saya pribadi percaya sx klo bukan hanya kita sendiri manusia yg hidup d alam semesta yg luas ini,kaya Film Jet Li (The One)..Klo Om Enigma Pnh ntn Filmny,pasti Tw ap yg saya Maksudkan..
    So Bagaimana menurut Om Enigma atas PEndapat saya ne??
    Tq..Hehe ^^

    ReplyDelete
  20. kurang lebih begitu brader Enigma....untuk menjelaskannya sekarang kayaknya kurang tepat waktunya....entar aja saya tulis di sela artikel edisi ekspedisi saya...

    ReplyDelete
  21. Gara-gara baca cerita ini, gw teringat pengalaman gw waktu kecil, waktu itu gw cuma berdua sm pembantu gw, terus kita maen petak umpet dirumah, nah pas giliran gw jaga, gw liat mbak gw, gw kejar smp ke ruang tamu, tp koq tiba2 hilang, ternyata mbak gw ada di lantai 2 dan gak pernah ke lt 1 waktu itu, merinding gw pas tulis cerita ulang ini...

    ReplyDelete
  22. The Waulbekers B.O.C.January 10, 2010 at 11:01 PM

    TERIMA KASIH BANYAK MR.ENIGMA! U ROCK!

    ReplyDelete
  23. saya penakut.....saya putuskan membaca besok pagi/siang...hehehe..., bung enigma, gimana kalo bahas tentang lucid dream? pernah baca, tapi penjelasannya tidak memuaskan, tapi yang yang paling saya tunggu tentang sebuah artikel adalh pendapat/pandangan pribadi bung enigma...moga dikabulkan ya....

    ReplyDelete
  24. Mantap bro!!
    Ini yg saya tnggu dari dulu..
    Tapi kalau bs dikupas lebih lanjut mas..keknya masi penasaran ne..thx hehe..

    ReplyDelete
  25. Mantap... Om, skrg ko dah jrg bhs artikel makhluk atw hewan misterius lg. Kngn nich...

    Regards
    Tama

    ReplyDelete
  26. Saya pernah melihat kejadian seperti yang mas enigma jelaskan, saat itu saya main ketempat temen kos, begitu saya masuk kamarnya kaget sekali melihat dia ada 2 yang satu sedang tidur dan yang satu nya berdiri dangan wajah pucat, kemudian saya langsung kabur karena takut.., tetapi sesudahnya tidak ada kejadian aneh sama temen saya tu,
    owh ya temen saya juga tidak punya saudara kembar, apabila yang saya liat itu saudara kembarnya, apa itu doppelgangernya mas enigma?

    ReplyDelete
  27. wah...bagus donk jadi ngaperlu bawa2 kaca muka lagi kan bisa lihat langsung yang nyata...XP

    tapi saya mempunyai pendapat lain setelah saya baca dua teori yang di kemukan oleh Dr.peter dan Dr.arzy, menurut saya penjelasan dari Dr.shahar arzy mungkin adalah yang paling tepat. begini, kita sering mengalami hal itu namun yang kita alami tidak lah seperti ke 40 murid itu atw abraham. karena mungkin efek otak mereka bekerja lebih dari biasanya. sering kita mengalami yang namanya halusinasi. pada saat kita melihat sesuatu di dalam kegelapan otak kita akan bekerja untuk menafsirkan benda2 itu menjadi nyata namun dengan kondisi yang kurang jelas.

    nah sebenarnya halusinasi dalam bayangan yang kita lihat itu adalah suatu wujud yang memang kita pernah melihatnya dalam kehidupan nyata. namun dalam kondisi seperti itu kita susah untuk menafsirkannya.

    dalam kasus di atas ke 40 murid itu sedang menatapi Gurunya, so pada waktu itu yang ada dalam benak mereka hanyalah wajah dan wujud ibu itu. sehingga bisa saja kan kalo doppelganger dari si ibu itu masuk namun itu hanya sebuah halusinasi. bisa juga halusinasi itu di perkuat karena otak kita yang telah lelah dan capek bekerja. hal itu juga yang yang di alami abraham lincoln munkin setelah dia selesai bercermin.

    hehehehe...itu sih kalo menurut saya. nga apa2 kan om kalo saya berikan sedikit tanggapan.
    setelah di baca pastinya om bakal ketawa. hihihihi XD
    tapi nga apa2 om gw tetap
    PEACE om..!!!!!!

    ReplyDelete
  28. tambahan om...saya bakalan cantumin sumber dan linkback nya. ^_^
    jadi langgar janji saya.

    PEACE om!!!!!!

    ReplyDelete
  29. -antonnyKID-

    Mayan bkin mrinding sndri baca artikel ni malem2. Hee. .
    Kasus dopelganger yg penah sya dgar tntang Abrham Lincoln. Bgtu populer karna beliau adalah s'orang presiden.
    Baca dblog bung Enigma jd lebih jelas, krna wqtu itu sy cuman tw skilas, bkn baca bku yg benar2 mmbahas'y.
    Yg ingin saya tanyakan, publik mgetahui ramalan istri beliau tntang masa depan'y itu kapan?
    Sblum atau ssudah kematian'y?

    Kalo stelah beliau wafat, istri'y bru membeberkn d0pelganger n ramalan'y kpublik.
    Pasti'y aneh. Jgn2 sgaja mciptakn alibi tsb utk mentupi kasus pnembakan beliau. .
    Jd da k0nspirasi d0nk.

    Shingga sya hrap bung Enigma mjawab, "Abrham mceritakn pmandangn d0pelganger kmedia massa beberapa wqtu stlah ia mgalaminya, bgtu juga dgn rmalan sang istri."

    Bagaiman bung?

    ReplyDelete
  30. wow mantep bro, bikin penasaran aja nih :D

    oh ia ini ada aplikasi bagus, coba deh
    http://www.clubcooee.com/signup/s/a15d4e038bc2

    ReplyDelete
  31. land lord lawie said :
    " kereeen....., tapi kemungkinan besar itu cuma jin pendamping manusia aja...,
    itu terbukti dari kasus anak2 sekolahan itu,
    keeerreeeen bung enigma....,
    post tentang dunia paralel dunks....or mesin anti-materinya cern .... kayanya menarik tuh
    kamsia pisan.

    ReplyDelete
  32. leelee said

    bro , mungkin gak doppel ada hubungannya sama deja vu ??

    ReplyDelete
  33. Ada beberapa kemungkinan..
    1. Hantu
    2. Jin
    3. Alien
    Atau ada yg mau nambahin lagi??

    ReplyDelete
  34. itu khodam bos,, kyak jin pendamping gtu....

    ReplyDelete
  35. kalo Doppelgangernya Spiderman tangannya ada 6, bergigi taring, ga bisa ngomong dan jahat...

    ReplyDelete
  36. wow..mantaff...tapi bang kok kejadiannya jadul ya, emang yg jaman sekarang ga ada ya?ato jarang di ekspos?

    Oia bang, tolong angkat fenomena irep2 (bhs jawa mode : on) dong, dimana orang yang sedang tidur bermimpi buruk, saat pgn bangun, bergerak dan minta tolong ga bisa krn seperti dibungkam, apakah itu ada penjelasan ilmiahnya atau lebih k arah mistis?

    Lanjut bang, Im Enigma Lovers...

    ReplyDelete
  37. wah saya pernah baca kisah ini di sebuah majalah lama, intinya sama, hanya ini di Indonesia

    coba saya ceritakan sesuai daya ingat saya

    kisah ini diceritakan oleh teman orang yang mengalami kejadian ini, seorang pejuang kemerdekaan yang mendengar langsung dari pelaku yang mengalami dua kali penglihatan kembaran ini

    kisahnya

    seorang pejuang gerakan bawah tanah Indonesia di jaman jepang, disergap di rumahnya ...
    intinya dia melihat "kembaran" dirinya yang menyuruhnya keluar dan sembunyi di sebuah lubang sampah di rumah tetangga ... dia menurut, dan tak lama kemudian dia melihat truk Jepang berhenti di depan rumahnya, dan "kembarannya" diseret sambil dipukuli dengan popor senapan keatas truk ...

    keluarganya yang menangis histeris makin terkejut karena melihat dia segar-bugar kembali masuk ke rumah, padahal mereka melihat "dia" diseret dan dipukuli ... sudah pasti akan dieksekusi menurut situasi waktu itu

    beliau kemudian menyembunyikan diri, dan karena takut tentara Jepang akan kembali ke rumahnya, memisahkan diri dari keluarga sambil ikut terus dalam gerakan kemerdekaan

    penampakan kedua setelah beliau berumur diatas 70 tahun, sekitar tahun 2000 an
    ceritanya beliau sedang sholat ied di masjid agung jakarta, bersama ribuan jemaat disana

    tiba-tiba dia merasakan sesuatu dan menoleh
    disana dia melihat kembarannya tersenyum balik padanya ...

    tak percaya, dia menggosok matanya dan ... kembaran itu sudah hilang

    tak lama kemudian, beliau meninggal ...
    mungkin penampakan itu pertanda kali ya ???

    ReplyDelete
  38. Request...
    1. Bung, bahas mengenai Astral Projection (Out of body experience) donk.. Khan banyak orang2 yg blm tau mengenai itu, takutnya ada orang yg coba2, eh taunya merusak otak atau bahaya lainnya (jika memang ada bahayanya), kan malah gawat..
    2. Bahas mengenai Double Personality, menurut saya itu sangat menarik untuk dijelaskan, mungkin ada penjelasan ilmiahnya.

    ReplyDelete
  39. mas Enigma yang guaanteng sejagat alam semesta postingan yang "Apakah NASA memalsukan pendaratan Di Bulan?" kok dah ga bolehin nge-post comment lagi, padahal masihseru lho...meskipun ngaluntur kanan kiri...HAHhahahahah ^^v

    ReplyDelete
  40. True Story
    aku juga pernah ketemu dopelganger..Begini ceritanya:
    waktu itu aku lagi di kapal penumpang sehabis pulang dari Kalimantan. Pas banyak penumpang lagi pada tidur (aku baru mau tidur), aku ngeliat orang yang sama persis dengan aku (bajunya juga sama!) ngeliatin aku sambil jalan ke dek, dia senyum-senyum trus ngajakin aku. trus kayak ga bisa apa2 aku nurut dia sampe keluar kapal. aku baru nyadar dia ngilang pas di deket pintu keluar. kepala rasanya pusing trus capek banget kayak abis lari-lari. balik ke tempat semula rasanya bingung n sempet nginjek orang tidur berkali-kali.
    Itu dopelganger bukan ya, ato hipnotis, ato malah syndrom mabuk laut (tapi aku ga pernah mabok laut). berusaha mencari tahu secara logis!

    ReplyDelete
  41. @octorio : memang ada teori2 seperti itu.

    @AntonnyKID : saya belum bisa jawab itu sekarang. Tapi nanti saya cek dulu faktanya.

    @lelee : Doppelganger berbeda dengan dejavu

    @diarynisa : saya sering ngalaminya, tapi saya baru tahu kalo namanya irep2. haha

    @diah grace sandra : itu memang brad pitt. Foto itu diambil dari film fight club.

    @yazied : postingan itu jadi sarana perang mulut. jadi komentarnya ditutup.

    ReplyDelete
  42. Bagi anonymous yang bertanya soal hari yang panjang, saya setuju dengan kamu. Tapi tidak bisa dibahas disini. maaf ya.

    ReplyDelete
  43. buat yang nanya irep2, kalo gak salah nama kerennya lucid dream, atw Sleep Paralysis menarik juga ky nya dibahas, enigma sering ngalamin??? sama dong hehehe.., ktanya sih krena kurang tidur...

    ReplyDelete
  44. Request bang..Wanita misterius wktu penembakan kennedy

    ReplyDelete
  45. tumben nih bung enigma ngejawab hampir semua komen, biasany hanya beberapa aj.. hhe

    kalau peristiwa doppleganger ini berhubungan dengan frekuensi gelombang elektrik di otak kiri, apakah mungkin deja vu, six sense, dll juga berhubungan dengan gelombang elektrik di otak kita?? ada penjelasannya ga bro..

    thanks

    ReplyDelete
  46. Wah,..parah ne ad makhluk spt ini,..bearti terorist dunia jg ad kmbaran jg dnx seperti noordin m top
    Jgn2 ntar ad kmbaran ny dr luar negri n dtg ke indo,tar di kira noordin msh hdp pl,h999
    Bang enigma,,..tolong dong posting soal makhluk yg hidup pd masa jurassic dnx,...
    G yakin pst byk yg sk dgn pnjelasan makhluk tersebut,...
    Btw,..thx bro,..postingn bang enigma emang ok2 smua,,..n jg blog yg paling rame pengunjung yg pernah g lht,...
    Trus berjuang bro dgn postingan menarik,h9999....

    ReplyDelete
  47. fenomena-doppelganger.....nama sebuah peristiwa yang unik, mungkin hal inilah yang di alami kakek ku dulu. Banyak saksi mata mengatakan kalau kakek ku itu termasuk orang yang kuat tidak tidur, buktinya setiap malam selalu mengawasi keadaan rumah serta lingkungan sekitar sepanjang malam....sampai2 para peronda hapal sekali akan hal tersebut, padahal nyata2nya kakek ku itu sudah tidur sedari sore ( saksi hidupnya emak ku sendiri - alhamdulillah emak ku masih ada umur )....yang lalu jadi pertanyaan adalah, bagaimana mungkin kakek ku bisa di 2 tempat dalam waktu yang bersamaan ? jadi bingung aku...untung ada mas enigma yang memberikan sajian khas, sajian yang kali ini tetap saja sulit di terima akal....

    ReplyDelete
  48. Di dalam Islam juga dipercayai kalau setiap manusia itu memiliki "adik" yaitu seorang yang mirip dengan kita hanya saja tidak berwujud,,

    Jika kita selalu berpuasa pada hari di mana kita dilahirkan,, setelah beberapa puasa dan rajin beribadah,, saat malam kelahiran kita, kita bercermin sambil membaca doa (saya lupa doanya) nanti di dalam cermin kita akan melihat bayangan kita ada 2 orang, yang 1 bayangan kita asli dan 1 lagi itu bayangan "adik" kita yang mirip dengan kita, walaupun hanya terlihat pada cermin tapi kita akan merasakan kehadiran "adik" kita itu,

    saya berkata seperti itu karena guru agama yang saya percayai pernah melakukan hal itu,, dan saya juga mencoba hal itu,, walaupun saya lupa doanya tapi saya tetap melakukan sunah nabi untuk puasa pada hari kelahiran kita,,

    ReplyDelete
  49. sepertinya aku pernah mengalaminya sendiri.....
    jadi takut.....

    ReplyDelete
  50. mantabbb baru tahu aku kalo ada hal seperti itu,tapi gimana yah kok bisa???wakakaka jadi bingung tapi asli bung enigma jossss.thx

    ReplyDelete
  51. bossss ttg "DEJAVU" dong kan dah banyak requestnya hi..hi..hii.thx

    ReplyDelete
  52. waah,ternyata banyak yg udah prnah ngliat doppelganger ya.. :)

    tpi sbenernya doppelganger itu hanya halusinasi ato 'sesuatu' yg lain sih? msih bingung nih,kak...

    ReplyDelete
  53. Apakah 42 murid bisa halusinasi dalam waktu yang bersamaan ?

    ReplyDelete
  54. kyk na... emg bener deh yg Eksperimen Shahar Arzy...
    emg gara2 aktifitas otak....

    ------

    klo menurut saya neh...
    andkain u orang
    nah di dirimu itu Roh KAMU menjadi bola roh tapi tidak keluar dari tubuh kita diam... gak bisa melihat.... seperti otak dah atur semua untuk kerja seperti biasa...

    nah selagi otak berkerja di bawah kesadran... otak bekejra terlalu cepat.. sampai2 bisa ngeluarin imajinasi... yg udah pernah kita lakukan misalnya siram bunga di kebun, menulis di buku DLL... ( menyebakan kecapean )

    roh tubuh ( Bkan ROH kita nya )
    menyala sehingga... tercipta lah Dopplegenger
    dia akan muncul persis seperti kloning Visual yg bener2 nyata...
    jadi kurang lebih kyk kekuatan Tubuh tapi kita gak bisa make aja... kita gak tau badan manusia ada kekuatan magis...

    ReplyDelete
  55. hmm kalo fenomena muncul dalam beragam budaya, ane percaya sains bisa menjelaskannya.

    ReplyDelete
  56. d jawa jug ad ilmu magic yg bisa bwt 1 org membelah diri jdi 9,nmny ap ak lup.hehehe ^^v

    ReplyDelete
  57. hmmm..mungkin itu goddamNya manusia. kan dah diceritain klo stiap manusia itu mmpunyai goddam nya masing2. klo qta mninggal. goddam ini yg biasanya akan muncul sbg rupa kita yg kdang disalah artikan sbg "hantu" seseorg..

    ReplyDelete
  58. bung enigma tolong diliatin video ufo ini hoax ato bukan sie? kalo gak hoax tolong bisa dibahas. http://www.youtube.com/watch?v=rrrx9izp0Lc&feature=related
    tmksh sblmnya.

    ReplyDelete
  59. -chena-

    menurut saya, kalau astral projection tidak memungkinkan bagi semuanya, termasuk dr. wynn. karena yg saya ketahui, astral projection itu tubuh kita sedang dalam alam bawah sadar, sehingga sebagian arwah kita dapat keluar dari tubuh.

    menurut saya itu adalah jin
    menurut ilmu pelajaran yang saya dapatkan, ketika kita lahir, di dunia jin terdapat anak jin yang lahir juga yang menyerupai kita.
    karena jin tidak bisa mati, maka ketika kita mati, dan jin itu menampakan diri, orang-orang menganggap itu jiwa kita yg tidak tenang. padahal itu jin yang lahir berbarengan dengan kita tadi.

    kemungkinan doppelganger juga seperti itu.
    jin yg bersamaan lahir dengan mereka dan mirip dengan mereka menampakan wujudnya.
    mungkin saja hanya 13 murid yg kebetulan melihat wujud jin tsb.
    Lalu jin tsb menampakan dirinya di hadapan 42 murid, ketika sang pemberani hendak menyentuh jin tsb, jin tsb tak ingin disentuh dan menghilang dengan sebelumnya mengacaukan pandangan si pemberani tsb.

    -maaf kepanjangan, share doang-

    ReplyDelete
  60. jangan2 itu alien yg mo menculik manusia utk experimennya dan mayat org yg gagal experimen d kembalikan k bumi, kecuali lincon.

    ReplyDelete
  61. bang enigma...

    gw punya request nih...

    bahas tentang black hole yu...

    hehe...

    kayanya menarik n mngkin bnyk org yg blum tau jelas tntang s'item ini... hehe...

    how??

    ReplyDelete
  62. hmm, hmm, ane liat yang kasus ms. sagee mirip dengan jurus menggandakan diri-nya ninja ya? i mean, setiap setelah doppelganger-nya keluar, ms. sage yang asli selalu merasa kelelahan. mungkinkah...?
    argh, ayo dong sains, jelaskan ini (dan banyak banyak lainnya)!
    kemampuan dan potensi otak manusia emang banyak yang masih misterius dan belum terbuka...
    *extremely curious*

    ReplyDelete
  63. halo bang enigma,, lama ga mampir nehh,, kangen euy,,
    wihh mantap pisan ini artikel, saya sampe merinding bacanya,, mmmmm setelah membaca 3 kasus di atas, saya menemukan satu kesamaan yaitu pelaku mengalami 'kelelahan' (kayanya sih ehehee). pertama Dr. Wescott, dia memang sakit jadi mungkin ga ngerasain lelah itu,, kemudian lincoln, setelah melihat bayangan dirinya dia beristirahat di sofa, mungkin dia 'kelelahan' setelah melakukan astral projection tanpa sadar. kemudian kasus ms. Sagee yang terang terangan mengatakan dia kelelahan.
    Jadi kesimpulan nya, ada semacam energi yang keluar dari tubuh dan membentuk tubuh itu sendiri secara visual, energi tersebut bergerak sesuai hal hal yang pernah dilakukan oleh 'tubuh' nya. contohnya kasus ms. Sagee, energi itu menulis di papan tulis karna sebelum nya tubuh ms. Sagee juga menulis di papan tulis. Saat energi tersebut duduk di kursi depan ruangan pun itu disebabkan karna memang ms. Sagee duduk di situ setiap hari.

    Gimana analisa saya? masuk akal kan ehehee -ngarang boo-
    tapi analisa ini mungkin ga berlaku untuk kasus pembicaraan mrs. Salmon dengan Dr. Wescott
    T_.T

    oya bang enigma, saya sempet baca postingan blog rekomendasi enigma (tapi ga sempet komen),, mending paten in aja blog ini bang ntar dia duluan yang maten in., grrrrrrrrr
    pokok nya keep posting aja ya bro,,
    i lop yu pullll ha ha ha ha

    ReplyDelete
  64. -antonnyKID-

    Tq berat c0men q dtanggepn bung.
    Dtunggu updaten'y yha,,
    Iyha tuh, syg bget da postingn yg hrus dtu2p tuk c0men.
    Sy suka dgn anlisa bung, dan pkiran kritis para pmbaca. Tp ni qan f0rum bradu argumen misteri, dont bring em0ti0ns n anythng else beside mysetries plis.

    0w yh, q dha daftr g00gle acount, tp krn gq bwa hpe jd gq isa lewatn step k0de.
    Bs0ky q cob dftar ge, tnyta pndftran qmrin brhasil jd gq isa dftr dgn nama yg sama.
    Q cob login, tp malah tdk bisa.
    Jd tuk smentra q pake "anonymous".
    Maap yh bung.

    ReplyDelete
  65. keren,gan.. baru tahu ttg kmbar2an gitu..

    kalo boleh kritik nih gan enigma, friend link dari yg non misteri udah melorot tuh dari template.. hehehehe...

    keep posting gan!!!

    ReplyDelete
  66. fenomena itu setahu saya banyak di Jawa. nama pastinya saya kurang begitu paham tapi banyak yg dikaitkan dg sedulur 4 5 pancer DLL. bahkan saya punya teman di sby yg memiliki pengalaman Doppelganger yg kemungkinan besar ulah dikerjain guru ngajinya. ceritanya begini :

    Teman saya itu namanya samsul tp panggilannya casper soalnya gundulnya seperti casper. Pas hari minggu dia punya janji dg temennya yg kebetulan namanya jg Samsul, tapi panggilannya jerabang soalnya rambutnya kemerah2an.

    Nah si Samsul Casper dari sabtu malem main kerumah Ust Salman Alm sampai pagi hari. Kira2 pukul 7 pagi dia pamitan pulang krn sudah terlajur janji dg Samsul Jerabang di rumahnya krn ada suatu urusan. Tapi sepertinya Ust Salman melarang pulang krn masih minta ditemani, bahkan dia mengajak Samsul Casper main Catur di rumahnya. yah namanya yg ngajak gurunya ga mungkin dia bisa nolak lah. Tp menurut Casper dia merasakan keanehan pd saat bermain catur. Dia merasa tdk dpt kosentrasi penuh dan istilah kasarnya menjadi Goblok Mendadak. Bahkan dia di godain Ust Salman kalo tambah O'on dan dinasehatin utk ga usah mikirin janji ama si Jerabang. Setelah jam 12 siang, Casper pamitan pulang dan langsung menuju kerumah Jerabang.

    Sesampai di rumah Jerabang, istri Jerabang langsung marah2 ke Casper. Dia bilang ngapain jam 9 langsung pulang ga pamitan??? Si Samsul Casper jadi tambah bingun trus dia balik nanya ke istri Jerabang. Istrinya menjelaskan kalau jam 9 pagi tadi Samsul Casper datang ke rumahnya, bahkan sempet di temuin oleh Jerabang sendiri dan dirinya. Namun Jerabang masuk ke dlm rumah krn mau ganti baju sedangkan istri Jerabang masuk utk membuatkan teh, dan stlh keluar ternyata si Samsul Casper sudah tidak ada. Bahkan waktu itu gelas teh yg sedianya utk disuguhkan Samsul Casper masih ada di teras utk jaga2 kalo dia keluarnya cuman bentar bwt beli Rokok ato lainnya. tapi ternyata baru balik setelah Jam 12 siang.
    Dia semakin bingung krn dari Jam 8 pagi sampai dg jam 12 siang blm bisa beranjak dari permainan catur sambil ngerasa goblok.. tapi kalau dikatakan Doppelganger itu sebuah pertanda dekat kematian, saya rasa bukan, krn teman saya si Casper, Jerabang dan istrinya msh hidup dan msh ingat betul peristiwa itu. pdhl kejadian itu antara th 98 s/d 99.

    ok thx buat postingan bung enigma, ternyata saya sudah tahu nama ilmiahnya utk kasus spt ini... salam

    ReplyDelete
  67. temen saya juga pernah bos enigma, katanya waktu sore2, ada temennya temen saya yang maen kerumah temen saya, waktu itu magrib2, temennya temen saya tuh cuman dateng duduk terus pulang, ga ngomong sepatah kata pun, orang rumahnya pada bingung, begitu dah pulang n dah menghilang di belokan jalan, langsung ada telpon masuk, yang memberitahu kalo temen yang barusan berkunjung tuh baru aja meninggal.. Hiiiii.... seremmm.... (sori ga mua nyebut nama, takut di datengin ke rumah) huhuhuhu....

    ReplyDelete
  68. melihat kasus ini,sepertinya ada gangguan jin yg memang menyerupai bentuk asli kita.karna memang allah swt menciptakan jin dgn bergolong-golong,ada yg ahli terbang,ada yg ahli merubah wujud...

    ReplyDelete
  69. klu aq lebih percaya itu jin yang suka menyerupai manusia deh. Soalnya banyak siswa yg ngliat jd bukan sekedar halusinasi.

    ReplyDelete
  70. uwaaah... asik, asik, asik.
    my first comment dan d bales ma kak enigma :D
    bangganyaa... thanks ya.. :)

    iya juga ya...
    ehm, trus kesimpulannya apakah doppelganger itu? hhe,,

    kak,sebenernya blog yg isinya mirip blog kk ini punya siapa sih?
    mksudnya, kok bisa isinya buanyak bgt yg mirip.
    apa itu kenalan deket kakak.
    jelasin dong, biar gak byk salah sangka sampe pada emosi gitu... :)

    ReplyDelete
  71. wah nice info kk enigma, makin laris aja nih blog nya hehe...

    ReplyDelete
  72. keren bang... ini yg ditunggu2..

    btw. saya suka tulisan di bagian bawah blog ini.. keren. hehehehe

    ReplyDelete
  73. hmmm .. menarik ...

    ReplyDelete
  74. pada kasus Emilie Sagee, dikatakan bahwa Julie Von Guldenstubbe memberikan kesaksian mengenai peristiwa doppelganger. Anehnya Julie masih umur 3 tahun ketika mengalami peristiwa tersebut.

    apakah mungkin kesaksian seorang anak 3 tahun dapat menjadi pegangan? saya rasa nonsense

    ReplyDelete
  75. bagus sekali Mr. Inoshi. Kamu memang jeli. Yang benar saat itu Julie berusia 13 tahu. saya salah ketik. Sudah saya perbaiki.

    ReplyDelete
  76. TRUE STORY !!!
    gw dari kecil sering mengalami pusing di bagian o kiri apa ada hubungannya gk yah ? jadi gini setiap kali kepala saya sakit sya selalu merasa ada seseorang di dekat saya, sangat dekat setelah itu sya pun lemas yh gk segitunya juga sih tapi anehnya persaan ini sering sekali terjadi walaupun gw di tempat yg sangat sepi sprti di wc atau sbgainya menurut mas gmn ? tapi si doppel gw gk pernah mau muncul jadi sebell

    ReplyDelete
  77. mungkinkah itu yang disebut ninjutsu... yang biasa dipelajari ninja2 dari jepang sono... itu tuh... seperti jurus andalan naruto : kagebunshin no jutsu... membagi diri menjadi banyak...

    ReplyDelete
  78. ...nambahin dikit bro...
    setau ane, kakang kawah sm adhi ari-2 tuh awalnya dari proses kelahiran. kakang kawah tu "banyu kawah" alias air ketuban ; smtr adhi ari-2 tu ya ari-2 kita...urutannya kan air, bayi baru ari-2 (thx mbah ware, jd inget embah ane) ...hehehee...

    btw, dulu tmn ane sdr prnah ngalamin hal yg unik.
    dia (cewek) lg ul-tah, dan cowoknya dateng kasih kado cincin perak. si cowok cuma sekitar 5 menit. cewek ini (sori, nama-2 nya ane hidden yah) jelas bingung kan ; nah, pas belom abis bingungnya, tau-2 telppon bunyi, ternyata dari UGD salah satu RS, yang ngasih tau klo si cowok meninggal kecelakaan. perntanyaan ane, kok bisa? sementara cincin masih tetep dia pake smp skr, udah merit (sm org lain) dan punya anak 2. ada penjelasannya g bro ? thx b4...sukses yak...

    ReplyDelete
  79. @chikitanindya : saya tidak kenal. mungkin dia fans fanatik. Lalu doppelganger itu apa ? haha. kamu pasti tahu apa.

    @Anonymous TRUE STORY : Mungkin kamu migrain. haha. becanda. apa yang kamu alami bisa apa saja. susah ditarik kesimpulan dari cerita kamu.

    @Anoymous : saya suka dengan wacana ninjitsu itu.

    @aw3ng : OMG, cerita kamu membuat merinding.Tapi doppelganger bukan melihat kembaran orang yang sudah mati lho. Jadi kesimpulannya kamu tahu kan ?

    ReplyDelete
  80. Mas Enigma ko ngak ada profilenya?facebook fans page gituh. Penasaran aja pengen liat siapa mas Enigma, kan hebat bisa masuk google search 1,750 juta klik

    ReplyDelete
  81. profile ada di bawah header. facebook fans tidak ada.

    ReplyDelete
  82. efan said:

    wah bang keren bang...
    duh sori nih baru buka lagi blogspot bang enig..
    hehe..
    baru buka lagi dah di suguhin dopel ma deja vu..
    wuih.. padahal di pikiran saya bau aja mo minta req posting deja vu.. makasih yah bang enig. ilmu saya jadi bertambah..
    ini ttg dopel keren banget.. jadi emanknya itu nyata yah halusinasinya??
    ttg out of body experience yang di kasih tahu ama yang di atas itu emanknya beneran yah?? kalo emank bener brarti keren kalo gitu bisa munculin halusinasi diri kita dan bisa dilihat orang lain..
    huwaa...

    ReplyDelete
  83. wah asik tuh infonya....
    ni lg gue baca nich...

    makin top aj ea...

    ReplyDelete
  84. bang enigma, tolong cr info soal black dahlia..ato soal penumpang titanic yang ditemukan dalam keadaan hidup thun 1990..

    ReplyDelete
  85. aduhhh.. kok rasanya baru baca dkit doank.. rasanya ada sesuatu yg mengikuti.. wiw..

    ReplyDelete
  86. Katanya Sri Sultan HB IX, bisa memperbanyak diri menjadi 9.. itu bener gak yah..???

    ReplyDelete
  87. serem banget, ini mah mirip hantu diri kita ya bro. merinding aku bacanya malem2 gini ,,hiiii

    tp emang ak percaya kyk gini bisa ada, seperti cerita orang-orang yg sekarat yg bisa ngeliat diri mereka sendiri yg sedang terbaring lemah ,dll.atau kl agak klenik sedikit, bisa aja itu semacam mahkluk halus yg menyaru menjadi diri kita,
    ada cerita di kos-kosan pernah ada Bapak kos yang masuk ke kamar kos salah satu anak kos, malem2 dan mereka ngobrol..ngga taunya setelah itu si Bapak kos pergi, setelah ditanya ke Bapak kos esoknya, ngga taunya si Bapak kos sama sekali malam itu ngga ada di rumah, apalagi mampir ngobrol di dalam kamar kosan anak tersebut.fenomena yg sama juga?atauakh mahkluk halus yang menyaru menjadi manusia ?

    ReplyDelete
  88. wah pernah denger juga nih, keren2...

    ReplyDelete
  89. oh gitu ya...manusia 446 th sedikit infonya..kalo gitu bilderberg aja yg detil...gitu bro, tx ya.

    ReplyDelete
  90. Ehh... mr enigma , aku pnya cerita yg mirip2 ceritanya si E. sagee itu ,tp beda , yg ini muridnya... aku tak ada disana pada saat itu , tp kawanku blang , satu kelas melihat salah satu kawanku itu ada di kelas , hilang , muncul lagi , hilang lagi , padahal nyatanya hari itu si siswa tsb sakit dn tidak masuk skolah ... Sampe gurunya tuh merinding n dia tanya "Kamu jgn bohongg... saya liat kamu di sekolah!" tapi di Absensinya masih tdak ditulis dan kata mamanya dia emang skit , jd g masuk, skarang masi fine2 aja tuh dia ^^ wah kurang ngerti juga , saksinya satu kelas sih....

    ReplyDelete
  91. baca artikel ini jd inget artikel yg prnh gue bc dl,yaitu ttg org yg pnya kepribadian ganda. mas enigma tlg kupas ya.ok

    ReplyDelete
  92. oyayaya... :) maksudnya itu, emir...hehehe.
    waduh kalo sesuai kata si mbah berarti seenggaknya ada quartetganger...hehehe. tapi denger2 katanya di dunia ini ada 7 org yg wajahnya mirip kita. nanti ku baca postingan simbah deh kalo dia dah siap. mbaaaaah....dah siap belooom?!?!? :)

    ms.terry

    ReplyDelete
  93. menurut saya yg di jumpai mereka hanayalah jin korin mereka sendiri............

    ReplyDelete
  94. kata kakekku aku mirip banget sama ayahnya dulu...katanya mulai dari postur tubuh,gaya penampilan,sampai gaya bicaraku mirip banget ma ayah kakekku itu...
    gimana Mas Enigma,apakah itu termasuk doppleganger juga....?

    ReplyDelete
  95. -AntonnyKID-

    Ngmg2 tentang kmungknan org yg kembar ma qta, seperti'y bisa d'itung.
    Mula2 qta kumpulkn data, ada brapa jenis bentuk mata, bntuk mulut, dagu, pipi, dll yg ada dwajah qta.
    Stlah smua indikasi umum itu dkali, qta dptkn jumlah total n0minal pluang wajah yg mungkn tejadi.
    Setlah itu, qta htung indkasi khusus, dmana adlh ciri khas dr tiap ras yg tdk mungkn muncul pada ras lain.
    Seperti wrna mata biru, wrna rmbut pirang, wrna kulit, dll.
    Stlah dkali, qta dptkan total peluang wajah yg brbeda2.
    Namun jgn lupa dgn persentase indikasi yg tdk umum, seperti cacat wajah bawaan lahir/karna kclekaan, albino, penyakit yg mpgaruhi wajah, dll.
    Setelah mpertimbgkn indikasi tdk umum tsb, qta dptkn ge jumlah peluang.
    Lalu, bandingkn total hitung2n peluang kasar kita, dgn jumlah pnduduk saat ini.
    Jika jumlah pnduduk lebi byk dri total htung pluang qta, maka mungkn da ses'org atw lebh dr 1 org yg memliki wjah persis dgn wjah qta. .
    Bgaimana, menrut bung n pmbaca? Pa mungkn yha? Hehe,
    Slamat mcoba:-)

    0wh y, itu blum trmasuk style yg da dwajah sperti gaya rmbut, tato, phiasaan, dll. .

    ReplyDelete
  96. sy merasakan kehadiran bung enigma saat sy membaca postingan ini (sy jd tahu kalo anda punya kebiasaan ngucekngucek idung... kalo salah brarti sy merasakan kehadiran sesuatu yg lain haha)..

    sy sering melihat "kembaran" (doppelganger) org2 yg sy kenal dan biasanya "mereka" hanya tersenyum atau cuek melakukan aktivitasnya saat itu lalu menghilang tibatiba atau tdk berada di TKP (prnh kejadian sy melihat tetangga sy pagi2 menyapu halaman.. sy sapa dan tersenyum.. pada sore harinya ternyata tetangga sy baru pulang dr menginap di tempat kerabatnya)...

    kalo bisa mengendalikan alur dlm mimpi ada kasusnya gak?? sy sering bisa mengatur alur kejadian dlm mimpi dan pada saat itu sy tahu kalau sy lg bermimpi... mungkin mbah ware bs sdkt menjelaskan krn sepertinya sudah sering mendengar "suara cicit anak ayam"..

    ReplyDelete
  97. ya saya percaya ini adalah sesuatu yang sulit dijelaskan oleh akal manusia. sebab waktu saya SMP seorang teman pernah mengalaminya saat sedang berada di depan kelas dia melihat seorang guru berjalan menuju belokan lorong ketika guru tsb berbelok ke lorong tiba2 dia melihat guru yang sama baru saja keluar dari ruangan kelas lain..fenomena yang sulit dijelaskan bukan?

    ReplyDelete
  98. Kalau Dihubungkan dengan JIN gmn?katanya setiap manusia itu mempunyai kembarannya sendiri ketika dilahirkan..

    ReplyDelete
  99. wah teman guru ku pernah tuh ngeliat begituan

    ReplyDelete
  100. Doppelganger bukan berarti kalo orang itu akan meninggal kan? mungkinkah ada hubungannya dengan parallel (twin) universe? saya pernah baca tentang hal ini dan disitu dikatakan bahwa setiap manusia punya kembaran di dunia paralel.
    Dalam artian mungkin gak timeline seseorang bersinggungan dengan timeline kembarannya di parallel universe?

    Parallel Universe

    ReplyDelete
  101. 2 kakaku pernah ngalamin ini ! aku ceritain ya (mungkn bacanya agak bingung):
    -kakakku namanya bagus tinggal di jogja(kuliah) waktu itu temennya main ke rumahnya abis itu belajar di ruang tamu. Kakakku bilang dy pengen ke kamar. Bbrpa saat kemudian temennya ngeliat kakakku ganti baju di ruang tamu. Tapi dia(kakakku) gak ngajak ngobrol temennya. PAs temen kakakku ke kamar kakakku buat nanya jawaban, dia ngeliat kakakku pake baju sebelum dia ganti baju. Temen kakakku nanya : kok ganti baju lagi ? Trus pas kakakku jawab gak ke ruang tamu. mereka berdua langsung ketakutan sama berdoa.

    ReplyDelete
  102. MAsih kakakku bagus, pacarnya mas bagus, waktu dia lagi di rumahnya(pacar kakakku sebut aja A) di ajak tetangganya (b) buat jalan2 di taman ,waktu itu malem2. Waktu lagi jalan2 sambil ngobrol si A ngeliat bayangan tetanganya makin pudar. Trus dia beraniin diri buat naro tangannya di hidung si B dan gak ada napasnya ! Si A langsung ke rumah si B dan nanyain : dari tadi lo kemana ? Jawabnya : di rumah aja kok.....

    ReplyDelete
  103. Bro Enigma....saya salut atas blog ini, awalnya saya iseng2 cari di google ngenai misteri2 yang tidak bisa dipecahkan dan akhirnya ketemu blog yang mantap serta ilmiah.
    Ngenai peristiwa doppelganger ini saya punya pengalaman juga nih ;
    "Suatu hari saya telat masuk kantor karena ada keperluan dan telpon ke kantor untuk mengabarkan hal itu, tapi rekan kantor bersikeras bahwa saya dari tadi sudah ada di meja 'saya' dan malah teman sempat menyapa 'saya' dan ketika dia balik liat 'saya' sudah tidak ada (kondisinya dia terima telpon dari saya), pas saya sudah tiba dikantor, teman itu tetap bersikeras bahwa saya datang kemudian pergi dan telpon ke kantor, padahal saya benar2 baru sampai" apakah termasuk fenomena inikah??

    ReplyDelete
  104. Hmm, doppleganger atau bisa disebut bilocation, memang aneh. Seandainya doppleganger benar" terjadi karena gangguan pada otak, apakah mungkin ini tercipta dari otak orang yang memiliki doppleganger? kalau benar, berarti manusia memiliki kekuatan yang luar biasa

    ReplyDelete
  105. saya juga pernah.
    jadi ceritanya lagi malam tahun baru di rumah om saya. saya sedang berada di lantai 2 sendiri sedang menonton televisi. saat itu kakak sepupu perempuan saya naik , dan berbicara pada saya " kamu sedang apa?" katanya. saya jawab " sedang nonton , kak" . lalu dia masuk ke kamar nya yang tepat di sebelah sofa. saat saya turun ke bawah, tiba2 kakak sepupu saya sedang main komputer dengan sepupu laki2 saya. saya heran dan bertanya " bukankah tadi kakak ada di kamar kakak?" . lalu ia menjawab " adek, dari tadi itu kakak di sini tidak kemana-mana. iya kan mas?" katanya. sepupu laki2 saya menjawab " iya"...
    itu spontan membuat saya langsung lemas.

    ReplyDelete
  106. saya cerita tentang fenomena ini ke tante saya.... dan jawaban dari misteri ini (menurutnya) sederhana saja, karena setiap manusia yang lahir akan selalu didampingi qorin-yaitu jin yang menyerupai kita sedari lahir. Mungkin itu sebabnya di belahan bumi mana pun akan terus ada fenomena-fenomena seperti ini.

    Dan tidak mengherankan juga dengan yang terjadi pada Abe Lincoln.... ketika "kembarannya" didekati, maka kembarannya menghilang.... karena memang "kembaran" itu bukan manusia...

    ReplyDelete
  107. Kayanya ini pernah trjadi dgn nenek sy.
    dulu ceritanya ada tetangganya yg ngeliat nenek saya lewat depan rmh nya,trus dia menyapa sperti biasa tdk ada yg janggal,tp stelah tetangganya tsb mampir k rmh nenek sy,dia kaget,kok nenek sy lg asik nyapu halaman rumah,dan waktu dtanya nenek sy dr td trnyata mmg drmh saja,blm ada kluar atau jalan2 ke lingkungan sekitar,,
    trnyata kasus tsb ada pnjelasanx d blog ini,,trims ya akhirnya aq jd tau..maju terus berkarya terus...

    ReplyDelete
  108. Mgkin ini ulah jin......atw tanpa sadar kt mengeluarkan bayangan kt sndiri kaya d film naruto ''KAGE BUNSHIN NO JUTSU''.....!

    ReplyDelete
  109. gw juga pernah ngalamin yg kek gini, waktu itu gw lagi main di tongkrongan gw. trus salah satu temen gw nlfn tmn gw yg lain buat dateng ke tongkrongan, waktu temen gw dateng dia ngmong ke gw " bukanya loe tadi makan mie pangsit"...!!!
    gw jawab kapan perasaan gw dari pagi gak kemana2
    sumpah gw liat loe, kemeja yg sama n' celana yg sama, waktu itu gw pke kemeja ijo ama jeans item..!! fiuh... baru tau gw klo nama fenomena ini doppleganger, btw thanks ya gw jadi tau neh..

    ReplyDelete
  110. mohon copas utk fb n blog trtyb.blogspot.com

    ReplyDelete
  111. yup, same with me , gw juga udah 2x ky gt...om dan tmn gw sm2 pnh ktmu gw yg lain, but gw pcya itu jin koq

    ReplyDelete
  112. kalo dalam ilmu kejawen, ada yang namanya kakang kawah adi ari, menurut hal tersebut, sebenarnya kita ini dilahirkan tidak sendiri, tetapi memiliki kembaran

    ReplyDelete
  113. hmmm.... lebih menyeramkan 'wajah-wajah misterius di Belmez' dibanding ini.... klo ini mah, kereeenn!! >.<
    klo yg di Belmez itu, baru sereemmm!! >.<
    kapan2, ngepost yg kaya gini lagi mr.enigma (tp jgn yg kaya di Belmez itu ya!) hohoho ^^v

    ReplyDelete
  114. Ellesmere Vivian Carnot LengyelMay 4, 2010 at 9:52 AM

    Dalam ajaran Islam, mungkin doppelganger adalah Qorin. Qorin adalah jin yang merupakan kembaran dari setiap manusia. setiap manusia memiliki qorin. aku rasa, itu bukan tanda kematian. tapi ya Wallahu 'alam. Aku pernah ngeliat doppelgangerku sendiri waktu masih kecil. aku juga pernah ngeliat doppelganger ibuku. kurasa itu bisa dijelaskan secara teori agama. Jadi mungkin aku kurang setuju dengan teorio ttg schizophrenia.

    ReplyDelete
  115. Jadi inget waktu kecil pernah saya sekilas ngliat ibu saya berjalan ke arah dapur. Waktu saya cari ke dapur, ternyata ibu saya ga ada. Yang bikin mrinding ternyata dari tadi ibu saya ada di ruang tamu dan ga pernah jalan ke dapur.

    Waktu saya critain ke ibuk saya, dulu beliau bilang "Itu mungkin jin yang nyamar jadi ibu" hi...jadi serem ingetnya.

    ReplyDelete
  116. Kurasa masalahnya emang diotaknya, sinyal penyimpan data otaknya bocor kemana2 masuk kebagian pemproses mata, pas pula data rekaman muka sendiri jadi seakan melihat diri sendiri. exactly aku tak tahu gmana format data disimpan diotak, entah binerkah ato gmana cuma Tuhan yang tahu, tapi setahuku otak memancarkan sinyal sinyal elektromagnetis yang unik dari tiap bagiannya, jadi coba aja tes ambil radio, trus antenenya tempelin di kepala trus searching deh, mana tahu dapat sinyal otaknya, baru bisa diteliti. simple aja kan? o ya kalo ada yang berhasil rekan aku minta dong datanya. mana tahu bisa didecoding ;) tx, benkbenk

    ReplyDelete
  117. kalo aku sih lain-lain
    1. Waktu minggu pagi aku dapat sms dari temenku
    katanya aku mau kemana terus aku sms balik si
    temenku tadi bahwa aku sedang nonton tv di
    rumah.
    2. Guruku dan anaknya katanya ngelihat aku di
    lalu tanya ke aku, habis dari mana jam 6 pagi
    lalu aku jawab masih tidur baru bangun jam 8
    pagi.
    Nah lo terus siapa yang mereka lihat apakah doppelganger ato apa wajahku yang pasaran. Kejadian ini sering terjadi pada aku, kan jadi bingung sampai sekarang.

    ReplyDelete
  118. jadi inget..

    pengen nulis pengalaman gw,tapi merinding banget

    ReplyDelete
  119. pengalaman pribadi.. kadang saya berpindah tanpa sadar dari satu tempat ke tempat lainnya. contoh: rumah saya di palembang, saya dinas di martapura. pada saat saya di palembang (dirumah), tiba2 saya sudah berada di martapura dengan menggunakan baju dinas (dan saya pada saat di lihat oleh salah satu anak buah saya di kantor). sedangkan saya sedang menonton tv bersama istri di rumah (dan menurut istri, saya masih menonton tv). hal ini mungkin hanya berlangsung sekitar 5 menit atau kurang, saya tidak tahu pasti, karena setelah itu saya merasakan kelelahan yang amat sangat. hal ini telah terjadi beberapa kali. bisakah anda menolong saya menjelaskan hal tersebut? terima kasih.

    ReplyDelete
  120. di istilah orang toraja (istri gw orang toraja om) namanya BOMBO... dimana ceritanya, bayangan orang yang akan meninggal akan menyamperi sanak-saudaranya.

    ReplyDelete
  121. om enigma,saya pernah baca kalo kita bisa memerintahkan "kembaran" kita utk pergi ke suatu tempat ato ngelakuin sesuatu scr nggak langsung/tnp sadar.. gmn pndapat om tentang ini? soalnya saya pernah ngalamin hal ky gt,yg ngeliat sih bkn saya,tp orangtua tmn saya,,
    jd gini om,
    hr itu sharusnya saya pergi ke vihara (saya seorang buddhist)bareng tmn, tp sy batalin soalnya bsk ada ujian.
    sy sempet liat jam dan mikir "kl gw jadi pergi,harusnya skrg udah sampe k rmh si A"
    wkt itu saya gak mikir apa2 lagi,trs saya ngabisin wktu dirumah,gk kmn2,sy mlah sempet tidur hbs mkir gt.
    malemnya tmn sy sms,nanya "td lo krmh gw?"
    sy langsung tlp dy karena sy langsung takut jg.
    mnurut tmn sy, mama nya yg liat sy manggil2 nama tmn sy ddpn rumahnya. mama nya yakin banget itu sy,dy liat wajah dan suaranya sama persis. bahkan papa tmn sy juga dengar suara sy. kbetulan tmn sy udah pergi,mndengar itu,orang yg katanya sama persis dgn sy kliatan kaget dan langsung pergi tnp ngomong apa2.
    mama tmn sy heran jg om,soalnya biasanya sy selalu pamit kalo mau pergi,tp kali itu langsung nyelonong pergi.
    sy juga nanya,wkt itu "kembaran" sy pake baju apa,kt mama tmn sy wkt itu dy liat sy pake kemeja dan rok yg biasa sy pakai buat ke vihara..

    apa mungkin sy yg tnp sadar memberi instruksi ke kembaran saya itu,om?
    maaf kepanjangan,sy suka banget sama tulisan2 om dan saya mau tau pendapat om tentang kejadian ini makanya saya ceritain se detai2lnya,hehe.. makasih ya om

    ReplyDelete
  122. tmn saya jga prnh mengalami hal doppelganger 2x ttpi saya tdk ykin hal itu bnr atau tdk krna hnya 1 saksi dan tmn sya yg mnglami jga tdk ykn mnglami hal ini. btw saya ska postingan kk enigma

    ReplyDelete
  123. Angulus Ludovici:
    Saya baru tahu kalo ini namanya Doppelganger. Ingat email yang pernah saya kirimkan tentang rumah saya di Bogor ke Bro Enigma?
    Dulu keluarga paman saya juga tinggal disana, dan beberapa kali mereka mengalami Doppelganger, seperti paman saya yg melihat isterinya pergi kerja, tapi ternyata masih tidur.
    Sampai saat ini, keluarga saya masih percaya bahwa yang sosok yang suka meniru tsb adalah "hantu".

    ReplyDelete
  124. Alhamdulillah..berkat artikel-artikel dari blog ini sepertinya misteri-misteri yang pernah saya alami mulai terjawab..hee

    saya pernah dua kali mengalami hal seperti ini,melihat bayanagan diri saya berdiri di dekat saya dengan senyuman sinis,namun setiap saya hendak mengejarnya,tubuh saya langsung capek,dan lemas,tau-tau saya udah telungkup di pintu..

    ReplyDelete
  125. Aku juga pernah ngalamin kejadian sama si doppel-doppel ini!
    Waktu itu pulang sekolah. Aku sama temenku Syifa lagi jajan di pinggir jalan depan sekolah. Terus temen kita (namanya Latif) lewat. Kita nyapa dia, terus ngobrol bentar. Abis itu si Latif lanjut jalan lagi, pulang ke rumahnya.
    Setelah Latif jalan pulang, aku dan Syifa naik ke kelas kami di lantai 3 (lupa waktu itu ada urusan apa). Eh, tiba-tiba kita ngeliat Latif!
    Syifa nanya, ''Lo cepet banget Tif jalannya? Kok udah nyampe sini aja?''
    Latif menjawab, ''Jalan apaan? Orang gue dari tadi belom pulang''
    GASPS!
    Emang sih, gak mungkin Latif balik lagi, karena pintu masuk sekolah cuma ada satu. Kalau dia balik lagi, aku dan Syifa pasti udah ngeliat dia.
    Btw, postingannya keren bang Enigma! Aku pembaca setiamu lho, hehehe. (' ',)v

    ReplyDelete
  126. Gw juga pernah mengalami kejadian kyk gitu. bedanya itu bkn gw yg mengalami tp teman gw yg melihat gw.

    Waktu itu gw masih sekolah, dan temen gw ini dateng duluan. Katanya dia, dia melihat gw dengan tatapan gw yang super sadis di lantai 3 (gw sekelas sama dy dan waktu itu katanya gw sedang ada di beranda lt. 3 ngelihatin bawah dan temen gw itu sedang di bawah menuju tangga untuk naik). Begitu sampai ke atas, ternyata saat itu belum ada orang sama sekali. Dan agak lama kemudian gw baru sampai ke sekolah dan berjumpa dengannya.

    Merinding juga klo inget kejadian itu. hahaha.. Yang pasti gw lupa apakah saat itu gw capek teramat sangat (berbeda dari biasanya) atau gak, krn gw pikir saat itu dia cuma berilusi atau ada yang 'iseng' yang coba menirukan gw :)


    ini ym temen gw pas gw kembali menanyakan kejadian itu :

    EpRinn: kan pas gue dtg..g jalan lewat lorong..terus di depan ruang guru..gue liat keatas..(emg kebiasaan gue selalu liat keatas)
    EpRinn: nah..di lantai kelas 3,,gue ngeliat ELU BGTT..gak mungkin salah guee..
    EpRinn: pas g liat ke elu,,elu liat gue..natap gue dengan tatapan siniss..terus kyk org marah gituu..
    EpRinn: nah,,gue kan berhenti btr tuh..gue liatin elu terus..(gk tau knp gue berhenti),,tiba2 elu buang muka dan lgsg pergi gitu aje..
    EpRinn: nah,,gue penasaran kann..gue kejar lgsg dunk..
    EpRinn: gue naek ke kelas kita..eh,,pas gue liat tpt u..(msh duduk sama cha2) kosong
    EpRinn: gak ada orang sama sekalii
    EpRinn: itu yang baru msuk guee..
    EpRinn: gue emg dtg kepagian wktu ntu..jam6 kurang uda sampeeee
    EpRinn: gue lgsg merinding pas taro tas gue di tpt gue (secara gue dibelakang u, duduk ma shervi)
    EpRinn: g lgsg turun


    -Hoseki-

    ReplyDelete
  127. wah..... gue jga pernah kayak si idiotevil... waktu gw lagi duduk nonton gw liat kakak gw lewat di samping gw trus ke arah dapur.... trus gue liat lagi kaka gue lewat dari kamar belakang.... hiiiy.....

    ReplyDelete
  128. Itu kan kembaran kita...
    sejak lahir kita sebenernya punya kembaran...
    Di jawa ada cerita untuk dapat memanggil kembaran kita...
    caranya ambil 7 potongan kuku kita...
    ambil 7 helai rambut kita...
    bungkus dengan kain putih lalu beri perasan jeruk nipis...
    setelah itu kubur di bagian halaman rumah kita..
    setelah 7 hari, jika berhasil mungkin kita akan menemui kembaran kita,
    siap2 jika ingin bertemu mgkin dia akan muncul dimana saja dan kapan saja.. tanpa pemberitahuan terlebih dahulu..
    dari beberapa cerita mungkin munculnya cuma beberapa menit... tapi mgkin jg ad yg sampai beberapa hari... tidak mengganggu koq..
    mgkin kita hanya melihat kembaran kita hanya menjalankan aktivitas sprti kita sehari2, sperti jalan dari ruang ke ruang, tidur, berdiri, melihat kita, membelakangi kita... tapi tidak menggangu.. setelah itu lenyap...

    Kembaran kita ada 5 semua'nya bisa dipanggil untuk membantu kita....
    gak percaya? silahkan search google...

    Semua kekuasaan ada dikehendak Allah SWT Sang Maha Pencipta...
    jangan jadikan musryik ya...

    coba2 boleh tapi tanggung sendiri...

    ReplyDelete
  129. dulu pernah ngalamin mas tapi gak tau namanya, barusan baca ternyata sindrom doppelganger

    ReplyDelete
  130. Wch.. Articel yang bagus ya..
    Ijin buat saya Posting ke Blog saya ya ..

    ^_^

    ReplyDelete
  131. Mantepp daa Om Enigma ne..
    Lanjut postingnya ya om...
    tadinya baca yang de javu, tapi ada kata" doppel.. langsuuuung ajj aku go kesini
    makasii om, nambah ilmu :D

    ReplyDelete
  132. barusan ajj aku baca,, eh papaku dah ngalamin tuh
    xixiixi

    ReplyDelete
  133. Doppelganger ? hmm..fenomena ini benernya fenomena yang selalu di hadapin sama anak pesantren kalo di pesantren nama nya Qorin (soul from self) jiwa dari diri sendiri,si qorin inilah yang membaca apa yang terjadi 10-20 menit kemudian,dan saat 20 menit itu kita baru melakukan,dan para dukun yang bisa mengetahui apa yang kita pikirkan karena dia berhasil mengajak bicara qorin kita ... nah jadi ga aneh kalo para wali dan kiai bisa mengendalikan qorin,mereka bisa mengetahui masa 20 menit kemudian..jangan kaget kalo kita ketemu qorin temen kita yang lewat karena sebentar lagi temen kita akan datang,so keep posting bang enigma i'm your fans....

    ReplyDelete
  134. Postingannya oke banget, seenggaknya rasa penasaran saya jadi terobati. Katanya, hal seperti itu bisa juga terjadi pada saat seseorang baru saja meninggal. Soalnya di daerah saya pernah tersiar cerita tentang anak SMP yang muncul pukul dua belas siang saat jam istirahat di sekolahnya, hanya untuk meminta maaf kepada guru2nya atas kelakuannya yang sangat nakal. Setelah diketahui, anak itu sudah meninggal lima jam sebelumnya karena kecelakaan lalu lintas. Beberapa teman kampus saya mempercayai hal ini bukan sekedar mitos.

    ReplyDelete
  135. Saya juga pernah ngalamin. Tapi yang lihat itu tetangga saya sendiri. Dia bilang dalam bahasa Sunda, katanya "Aya Nu Ngaleos Di imah kamu. Rupanya jiga kamu." Artinya itu kurang lebih, ada yang ngelewat di dalam rumah saya dan dia mirip sama saya, padahal saya sedang di sekolah. Setelah dia bercerita begitu, siang harinya saya kecelakaan di rumah sendiri, lutut saya bengkak dan gak bisa jalan. Minggu berikutnya, saya demam selama sembilan hari dan kena penyakit gondok. Apa itu tanda kesialan ya? Tapi, pacar saya (Alhamdulillah) tidak mengalami kejadian apa pun setelah temannya melihat doppelganger pacar saya itu.

    ReplyDelete
  136. mas enigma tolong dong dibahas juga fenomena tentang :
    1. stigmata
    siapa saja yang pernah mengalami stigmata? dan bagaimana kisah2 + penjelasannya?

    2. near death experience (NDE) atau mati suri... banyak cerita seputar NDE, namun pengungkapannya tidak detail...

    ReplyDelete
  137. om.E..ini beneran terjadi.yg ngalamin oom saya.wktu dy lagi dkamarnya dia liat dirinya sendiri sambil ngerokok,pdhal om saya bukan perokok.dy nglamin ini sampe 2 kali.satunya lagi pas dy lagi duduk2 dibelakang rumah,dy ngeliat dirinya yang lagi ngerokok jga.
    wktu kjadian,om saya g' da reaksi apa2(mau nyentuh atw ngejar gitu)cm bisa ngeliatin aja.wktu oom saya cerita,saya bilang mngkin ntar oom saya bkal kcanduan rkok,tapi smpe skrang oom saya ttep g' ngerokok.
    apa yg dliat itu doppelgangernya.kalo ya,oom saya bukan perokok,tapi doppelgangernya ngerokok.
    om.E bisa jlasin g'.
    -HeruE

    ReplyDelete
  138. waduh, fenomena yang sangat misterius...
    saya ga pernah ngalamin fenomena langka seperti ini

    ReplyDelete
  139. aku pernah ngerasain itu.
    udah beberapa kali sih tp itu pas ak msih kecil.
    dan yg plg ak ingat.wkt itu aku cuman sndiri di rmh trus aku mikirin sesuatu yg aku nggak tahu cman kyk ksambet gitu.
    trus aku jlas2 ngeliat diri aku yg lain d dpan aku dan senyum tp aku nggak bisa apa2 aku nggak ngerasa kaget wktu itu tp setelah dia menghilang.
    aku br nyadar. jd aku selalu nanya ke mama ku "apa aku punya saudara kmbar ?" krna aku udah sering nglamin hal itu.

    ReplyDelete
  140. kagebushin no jutsu? jurus legenda ninja jepang yang bisa mngeluarkan dan mngendalikan dopplewalk-nya???

    mengenai kondisi seseorang yang di"copy", mungkin itu terjadi karena kehilangan banyak cakra.

    ini terjadi karena subject tidak menyadari bahwa salah satu aliran chi-nya terbuka. tidak jauh beda dengan orang-orang yang mempunyai kmampuan specific. precognitive, brain teleport, etc (sudah banyak yang dibahas di blog ini). hal-hal tersebut dinamakan 6th thing, fenomena yang tidak banyak diketahui manusia.



    Nb:
    jika ada yang membaca comment ini, jangan percaya karena ini tidak lebih dari sekedar intermezo...

    ReplyDelete
  141. Kayanya saya pernah ngalamin ini.

    waktu masih kecil saya pernah pergi makan sama keluarga, terus disitu aku ikut ayah ngantri buat milih makanan, terus pas ngantri, salah satu yang ngantri ada yang mirip banget sama saya. semuanya dari ujung rambut sampai kaki. bedanya, kita menggunakan pakaian yang berbeda. dan orang yang mirip percis sama saya terlihat mengantri dengan kedua orang tuanya juga.

    apakah itu bisa disebut doppleganger?

    ReplyDelete
  142. serem juga,, tpi aku g pernah sih ya ngalamin yang kyk gitu,, klo pernah aduh! serem bener! oh iya, tpi aku pernah mimpi klo keluargaku itu jadi 2, maksudnya ada kembarannya, apa itu mungkin?? dimimpiku mereka akrab banget, except me. yah soalnya saya g tau apa2.. thx infonya,, hoho

    ReplyDelete
  143. wanjrit serem gan :(
    ane pikir cuma fenomena biasa aja :D

    ReplyDelete
  144. gue jadi ingrt pengalaman waktu kecil. waktu itu gue sekeluarga masih tinggal di rumah nenek gue yang dari bokap. suatu hari, gue nginep di rumah nenek gue yang dari nyokap. gue nginep sekitar 2 hari. nah, pas hari kedua gue pulang orang rumah sama nenek gue yang dari bokap mencak-mencak sama gue. katanya gue pergi ga bilang-bilang lah, pulang sendirian lah. jelas gue kaget dong, padahal gue aja baru pulang pada saat itu. setelah nyokap gue nanya nanya, ternyata orang rumah, tamu, dan tetangga tetangga gue ngeliat gue pulang sendirian beberapa jam sebelum kepulangan gue. bahkan, menurut nenek gue, gue sempet minta duit jajan dan minta izin main, dan itu juga disaksikan loleh tamunya nenek gue. padahal gue aja baru pulang setelah tiga jam kejadian itu...

    ReplyDelete
  145. ternyata artinya seserem ini --______--

    ReplyDelete
  146. Aku juga pernah ngalami hal yang seperti doppelganger ini. Malam itu aku lagi nonton tv saat tiba-tiba listrik mati. Karena takut, aku cuma diem aja di depan tv. Terus aku liat ke belakang. Ternyata bapakku sedang menyalakan lilin. Aku pun berjalan ke sana, ke tempat bapakku berdiri. Tapi waktu aku sudah benar-benar berada di sampingnya, sosok bapakku itu tiba-tiba menghilang. Semakin takut, aku terus lari ke dapur. Ternyata bapak dan ibuku lagi mencari teflon di dapur.
    Suer, takut banget.

    ReplyDelete
  147. om enigma sya jadi ktakutn liat ceritanya jadi ingat waktu masih kecil klo g salah wktu umur 7thn wktu itu aku pulang dari les bimbel ku sngat lelah lalu aku kedapur untuk ngemil tiba2 hl yg membuatku hampi pingsan dan berteriak adalah aku melihat diriku sendiri melihat ku sedang makan aku pun berteriak aaaaaaaaa!!! setelah berteriak aku tak melihat apa apa lagi aku sendirian dirumh bersama ibuku, ibuku sedang tidur kk aku sedng berpergin aku pun mulai ketakutan bahkan aku mengangap rumah itu angker karena penjelasn om enigma jadi ngerti

    the true story
    MeLvInZ ^,^

    ReplyDelete
  148. kakaku juga pernah ngalamin hal yang sama
    kejadiannya waktu kakaku smp kelas 2
    kakaku dan teman-temannya#apa itu disebut dengan gangguan otak pada 40 murid diruangan itu? :D atau itu jelmaan jin yang ada dikelas itu ya?
    ngeliat temannya yang sebenarnya teman kakaku itu ga masuk sekolah, tapi anehnya dia ngeliat bahkan ngobrol dengan orang tersebut, dan saat ditanya ternyata teman kakaku ga masuk sekolah pada saat itu, lalu itu siapa dong?

    ReplyDelete
  149. mantap thu kyk di Dvil May Cry 3 cman gak sa brubah jadi Devil Trigger...

    ReplyDelete
  150. aku ade rahmadan, aku juga pernah liat doppelganger di rumah.ku, pada waktu itu aku liat kakak perempuanku ke ruang tamu membawa cd film pinjaman dari ruang keluarga, pada saat akan mengembalikan cd film itu, kakakku mencari di ruang keluarga tidak ada, dan aku pun bilang "kak, bukannya kakak naruh cd itu di ruang keluarga tadi pagi?" kakakku berkata "jam berapa?" aku menjawab "jam 9an" kakakku menjawab "lho? aku kan ke kampus jam 7 pagi tadi?" sejak itulah aku merinding, dan, doppelganger kakakku itu tidak menjawab saat aku menanyakan mau di kemanakan cd itu.......

    ReplyDelete
  151. Konon katanya..
    stiap manusia yg ada di bumi ini memiliki "teman" sejak dari rahim.. "teman" ini sangat menyerupai diri kita dan "teman" ini akan menemani sampe akhir hayat"..

    bnyak yg mengatakan kalo kita meninggal "teman" kita ini lah yg sering memperlihatkan diri saat kita tak ada di dunia ini...

    ReplyDelete
  152. wah kalo hal ini saya sendiri lom pernah alami,, cm beberapa x temen saya mengaku melihat saya (bahkan sangat jelas n sama persis) di suatu tmpat tp setiap x teman saya menyapa ga pernah ada respon n menghilang bgt saja (sampai dikira sombong),, tp padahal saya sm sx belum pernah ketempat tersebut walopun pernah ketempat tersebut, saya pada hari itu tidak sedang di tempat tersebut dan setiap x kejadian itu terjadi saya dalam kondisi sakit.

    ReplyDelete
  153. err.. ada dr adik kelas gw.
    waktu ikut acara kemah gitu, dia kesasar.
    trus tiba2 katanya ada cowok gw gitu. tanya ke dia kenapa? pas dia bilang nyasar, cowok gw lgsng ngasih tau arah yg bener n dia bisa balik ke tenda.

    g cuma itu. pas lagi ada acara perkenalan ekskul, adik kelas gw yang lain juga ngeliat cowok gw.
    tp katanya cuma diem aja n g ngomong apa2.

    pulang dr kemah mereka cerita sama gw.. yg bikin bingung adalah, pas acara kemah itu (yang berlangsung 3 hari 2 malam), cowok gw ikut jadi panitia dan jelas2 ada di skolah sama gw. jadi yang ada disana sapa yah???

    ReplyDelete
  154. gw pernah dengar bahwa seseorang di dunia ini lahir punya kembaran (kembaran secara gaib). dmn kembaran ini sangat persis dgn diri kira, hanya saja kata orang2, mukanya lbh mengerikan drpd diri kita.

    cara adat jawa (kejawen), kembaran kita bisa kita cari (jika ingin ketemu), yg pernah gw dengar dgn cara: pada waktu jam 12 malam, kita cmn memakai CD(celana dalam) dan mengapit sapu lidi di ketiak kanan (sapu lidi diapit lengan kanan di bawah ketiak). kmdn mengitari (mengelilingi) rumah kita sebanyak 7x (searah jarum jam), jika krg beruntung, maka kita harus trs mengitari rumah kita. dipercaya kita pasti menemukannya, dan kembaran kita pasti menyapa terlebih dl kpd kita, "knp kamu mencariku?"

    mungkin ini cmn cerita org tua atau hanya mitos, tp bagi yg bernyali, bs mencobanya.

    ReplyDelete
  155. Holla Mr. Enigma... ni prtama kalinya saya comment stelah skian lama membaca artikel2 yg ad d blog ini... saya tertarik dg doppleganger...

    Singkat cerita...
    Saat itu saya ad janji mo nganter Pakdhenya tmn wat hunting barang2 antik... dan jelas itu sharian brsama saya... anehnya, setelah beberapa hari saya cerita k temen saya itu, pd hari yg sama dan jam yg sama, t'nyata Pakdhe ad d rumah... dan yg semakin anehnya lg seorang tetangga temen saya bilang, pd saat itu juga Pakdhe pergi mancing dgn tetangga tmn saya itu... saat saya tanya k Pakdhe, dia slalu menjawab dg gurauan dan langsung mengganti topik pembicaraan... hingga akhirnya, beberapa bulan kemudian Beliau meninggal... rasa penasaran saya pun tak terjawab...

    Yg saya ingin tanyakan apakah kejadian yg saya alami termasuk doppelganger..?? coz bsa terbagi menjadi 3 d waktu yg sama... ato ilmu gaib..??
    Mohon penjelasan nya...!!

    ReplyDelete
  156. hehe...menurut saya ntu tuh...Jin Qarinnya manusia,,^_^,,

    saya percaya koQ...^_^,,

    hehe..

    ReplyDelete
  157. saya juga pernah tuh mengalaminya..
    saya sama temen sebut saja si A mau ngajak main si B
    saya dan si A kemudian berkunjung ke rumah si B manggil-manggil dia buat ngajak main
    eh tiba-tiba saya dan temen A liat si B muncul tapi tiba-tiba bersembunyi dibalik pagar. Akhirnya saya dan teman A sepakat buat mengagetkannya dengan mengendap-endap. Setalah sampai di balik pagar ternyata ga ada siapa- siapa.. akhirnya saya dan temen pun langsung kabuuur :D

    ReplyDelete
  158. Dalam Keluargaku hal ini seringkali terjadi,

    Pernah suatu kali Temanku Ali yang sedang mencariku, masuk keruang tengah rumahku, dan Menyapa adiku (Cewek), menurut Ali, Adiku juga sempat menyapanya sambil tersenyum. lalu Ali menemui ibuku, dan Ibuku menceritakan bahwa aku dan adiku sejak 3 jam lalu sedang dirumah sakit menunggui nenek.., Ali pun bingung..padahal, beberapa detik sebelumnya ia menyapa adiku.diruang tengah.

    Suatu hari dari ruang tengah ,aku bermaksud ke halaman belakang, di dapur aku ketemu adiku (cewek) sedang membereskan perkakas dapur, akupun sempat meledeknya..sambil nyelonong kepintu belakang.
    Tapi betapa kagetnya aku..saat aku lihat adiku itu ada dihalaman belakang bersama ibuku, aku menoleh kedapur...ternyata tak ada siapapun. anehnya baju yang dipakai adiku sama persis dengan yang kulihat didapur.

    Lain lagi dengan adiku yang cowok, dia menemui ibuku didapur dan sempat menanyakan makanan untuk makan siang, tapi ibuku tak sempat menjawabnya malah masuk keruangan sebelah disamping dapur. Entah bagaimana caranya..selang beberapa detik kemudian, tiba-tiba ibuku datang dari pintu ruang tengah, ketika adiku tanya..ibu menjawab kalau sedari tadi ibu diruang tamu dan baru saja masuk kedapur..

    lalu adiku ketemu siapa tadi?

    ketika hal ini kutanyakan kebeberapa tetangga, menurut sebagian mereka mengatakan itu adalah Qorin, yakni kembaran manusia di dimensi yang lain...
    Benarkah?

    ReplyDelete
  159. kereen, baru pertama kali mampir. tapi rada nyeremin juga sih

    ReplyDelete
  160. Kalau saya, mungkin seumur hidup saya doppelgang terus kali ya.

    ReplyDelete
  161. dulu pas gw SMK, kalo gak salah pas MOS hari kedua gw gak masih karena gw ngalamin gejala tipus dan pada hari Senin-nya gw masuk, lalu temen gw crita klo MOS kemarin seru, gw blang kalo gw gak masuk, tpi dia yakin gw ada pake baju putih-abu juga padahal gw lagi terbaring sakit. gw pun pernah mengalami sendiri kejadian ini, waktu itu gw liat temen gw lewat dan minjem sepatu temen gw dan itu jelas banget!! tapi pas jam istirahat selesai dan masuk kelas guru absen pas nama temen gw disebut dia gak ada dan pas cek di absen emg dia gak masuk emg sakit, dan yg mengalami ini adalah gw dan 2 orang temen gw secara langsung, cukup ngeri sih..ckck

    ReplyDelete
  162. aq mau lihat postingan terbaru bro E,,

    ReplyDelete
  163. ijin repost mr.enigma, supaya bermanfaat,.

    ReplyDelete
  164. gue dari kecil juga punya doppelganger, tapi udah lama ga ketemu. terakhir gue denger dia jadi pemain utama di film Titanic.

    ReplyDelete
  165. kalo saya liat kembaran orang tua saya bukan saya tuh gimana tuh om E

    ReplyDelete
  166. bang, tapi kalau di kepercayaan Islam (maaf ga nyinggung agama sama sekali) kan dipercaya setiap manusia didampingi jin yang sama persis dengan dirinya, baik wajah dan tubuh.
    Apa mungkin yang dianggap sebagai doppleganger itu adalah sesuatu yang berhubungan dengan hal yang gaib atau pertanda? Secara seperti peristiwa yang di atas, doppleganger tidak bisa disentuh (alias bersifat halus).

    ReplyDelete
  167. cerita nyata
    waktu it jam gw hilang setelah 3 bulan jam it kembali saat gw bangun tidur dan trnyata masih utuh misterius

    ReplyDelete
  168. nih... beneran baru terjadi 2 menit yg lalu.....
    saya dikamar lagi liat video2 mancing di youtube.....
    istri lagi diruang makan....
    tiba2 dia datangin saya depan pintu... sambil nanya....:
    tadi papah kluar kamar jalan keruang tamu...?
    saya jawab...: papah gk kemana-mana kok...
    emang ada apa...?
    terus istri saya cerita....:
    kalau saya kluar kamar terus berjalan keruang tamu.., terus duduk depan komputer....

    busyet... kaget juga saya....

    agak merinding juga sih.... tp Insya Allah iman saya kuat kok...
    saya ttp tawakal... minta perlindungan ALLAH S.W.T....

    mari agan-agan.... saya mau makan sahur dulu...

    ReplyDelete
  169. Bang Enigma, kalo menurut ane, ini yang dinamakan astral projection, dimana kita mampu memisahkan tubuh kita dengan "tubuh halus" kita. Saat ini saya sedang mempelajari mengenai astral projection ini, dan saya sudah pernah membuktikan sendiri kejadian2 di artikel ini.

    ReplyDelete
  170. ane juga pernah gan ketemu ini... merinding bgt pas baca ini D:

    dulu waktu SMA, pas di perpus ada guru yg lagi baca di pojokan, pas ane keluar perpus bareng temen ane, dari arah kamar mandi gw ngeliat guru itu lagi jalan dari arah toilet. sumfah itu bikin kita berdua histeris sendiri,, tapi ggak terlalu digembar gembor coz takut sendiri juga

    ReplyDelete
  171. Itu adalah Jin Qorin. Dalam Islam Dia adalah "kembaran" kita yang menyesatkan kita. Coba baca disini https://www.google.com/search?q=jin+qorin&oq=jin+qo&aqs=chrome.1.69i57j0l5.8396j0j8&sourceid=chrome&espvd=210&es_sm=93&ie=UTF-8

    dan disini http://w-afif-mufida-fk12.web.unair.ac.id/artikel_detail-74182-Islam%20is%20Wonderful-Siapa%20Itu%20Jin%20Qorin%20.html

    ReplyDelete
  172. temen saya juga sama, dia cerita sendiri ke saya.

    jadi ceritanya gini.
    dia pergi main sama temannya sampe pagi.
    tapi pas pulang ke rumah ibunya dia bilang "kok kamu masih make sarung ? bukannya tadi sudah tidur ?"

    kagak tau deh nih cerita bener apa kagak temen saya yang cerita.

    ReplyDelete
  173. Abangku cerita, kalo gurunya cerita lagi jalan di sekolah udah mau maghrib, dia ngelewatin ruangan kelas di lnt 3vyg pintunya kebuka dan ngeliat pak aji lagi main game, pak ajinya ngeliat dia abis itu ngajak main game, setelahbeberapa level dia pulang dan ngeliat pak aji lagi abis selesai ngeprint soal, pas ditanya pak aji bilangdia gak main game dan gak ada di lantai 3 dari jam 4

    ReplyDelete
  174. halo bro enigma, setelah bertahun2 jadi silent reader baru kali ini saya write comment.

    Fenomena doppelganger ini saya rasa mirip sekali dengan fenomena astral projection atau OOBE (Out Of Body Experience) atau dalam istilah mistik di negara kita ada yang menyebutnya "meraga sukma".

    Apakah itu mistik.? ternyata tidak. Astral Projection adalah murni ilmiah, bahkan saya pernah baca -lupa dimana- CIA punya divisi khusus yg mengembangkan astral projection.

    Secara ilmiah, astral Projection ini adalah suatu proses memaksimalkan kemampuan otak untuk dapat memecah pertikel dan kemudian membentuk wujud lain.

    Beberapa pengalaman nyata yang pernah saya sendiri alami terkait doppelganger dan astral projection:

    - Guru saya (Alm) di salah satu ponpes besar di Jombang seringkali berada di beberapa tempat untuk ceramah khotbah jumat dan disaksikan raatusan orang, pada satu waktu tetapi di beberapa tempat yang berlainan.

    - Guru saya di daerah Banten, suatu saat beliau sedang berdiskusi bersama saya dari pagi sampai siang. Keesokan harinya saya bertemu teman saya dan dia bercerita, kemarin dia pergi seharian menemani kyai (guru saya) seharian.

    - Saya pernah juga menyaksikan sendiri beliau menelpon menggunakan batang pohon bambu, dan saat deberikan kepada saya, saya dengarkan memang ada suara seperti benar2 menelpon menggunakan bambu itu.

    Saya mulai memahami bahwa teori relativitas yang dikemukakan Einstein itu benar. kita dapar menembus antar dimensi dan membelah partikel suatu benda.

    Lalu mengenai doppelganger atau di negara kita sering disebut meraga sukma, mengapa disertai berbagai ritual2 yang menjadi terkesan mistik? alasannya adalah : dengan berbagai bentuk ritual itu, membuat kesadaran kita lebih fokus dan lebih mudah masuk ke dalam "state" dimana otak berada di ambang sadar dan tidak. Karena pada "state" tersebut astral projection dapat dimulai. Kondisi ini pula yang digunakan untuk ilmu hipnotis.

    Maaf kalau tulisannya berantakan, karena saya tidak terlalu pintar menterjemahkan isi pikiran saya ke dalam tulisan... semoga berguna, dan kalau ada yang salah dalam komentar ini, saya minta maaf, niat saya sekedar berbagi saja.. :)


    salam

    ReplyDelete
  175. Kya.a gk kpke lg blog enigma nee

    ReplyDelete
  176. pernah jg saya mengalami Apa yg di alami oleh ms.sagee kejadian waktu di desa ketika saya hendak berwudlu di luar rumah di teras ada ayah saya yg mengatakan melihat bayangan saya yg sangat mirip dengan saya , perasan saya waktu itu juga terasa lelah dan badan terasa agak berat

    ReplyDelete
  177. artikel ini sukses buat aku merinding.. aku ambil sedikit isi artikel ini ya om.. aku kasih source koq ;)

    ReplyDelete
  178. ane juga pernah gan ketemu ini... merinding bgt pas baca ini :D
    jd horor :S

    ReplyDelete
  179. Pernah ngalamin juga sih, waktu itu gue sekeluarga lg liburan ke rumah kakek, rumah gue kosong. trus ada kerabat yang mau ajakin keluarga gue liburan juga mereka gatau kalo gue lagi dirumah kakek liat rumah gue kosong mereka telfn keluarga gue trus waktu mereka mau pergi anaknya yg paling kecil (kelas 4 sd) liat gue lg ditaman dpn rumah gue katanya gue lg mainan bunga padahal gue dirumah kakek lg sakit

    ReplyDelete
  180. Kemaren kejadian sama ibu saya,yang ngeliat saya ada di rumah,dan ngajak ngobrol ibu...padahal saya belum pulang kerja,dan pas saya pulang,ibu cerita.."kamu baru pulang?tadi ibu lihat kamu duduk d samping ibu dan mengobrol"....

    ReplyDelete
  181. mungkinkah doppelganger adalah diri kita sendiri dari semesta lain? karena saya percaya alam semesta ini tidak hanya satu (universe) saya percaya alam semesta ini lebih dari satu (multiverse)

    ReplyDelete
  182. Doppelganger di Jawa namanya Sedulur Papat Limo Pancer,
    Di Hindu ( Bali) namanya Kanda Pat, di Jepang namanya Jutsu.


    Sebelum orang Barat melakukan penelitian, orang Jawa sudah punya ilmunya.


    ReplyDelete
  183. Dan satu lagi, di AlQuran dijelaskan bahwa Allah mengirim malaikat2 penjaga kepada setiap manusia.

    ReplyDelete
  184. *** TOLONG DI TAMPILIN YA...

    Di dalam islam ( Hadist ), di sebutkan tentang ada nya JIN "QORIN" KEMBARAN DARI DIRI KITA. jin Qorin itu lahir bersamaan dengan lahir nya kita di dunia.
    di sepanjang perjalanan hidup, dia selalu mendapingi dan tau segala hal yg kita lakukan.

    Perlu di ketahui, biasanya ketika seseorang kerasukan dan mengaku dirinya adalah sosok orang yg telah meninggal, itu bukanlah setan, melainkan sosok Qorin dari orang yg telah meninggal.

    adapun kemunculan Qorin ketika shabatnya ( manusia nya ) masih hidup....

    Wallahu'alam

    AR*US

    ReplyDelete
  185. Jadi ingat mati baca artikel ini,..saya cari info ini gara2 teman saya bilang bahwa di melihat saya, pada hal saya di rumah. teman saya cerita bahwa dia melihat saya sampai dua kali, dan saya sudah pastikan bahwa saat itu saya di rumah. Saking penasaran saya bolak balik cari informasi tentang kejadian seperti ini, konon ada mitos kalau ada kejadian seperti ini, pertanda kitanya akan mati...hehe jadi serem...

    ReplyDelete
  186. ini nih artikel yang sya cari", sy pernah mengalami, suatu hari ada yang melihat saya pergi ke suatu tempat bersama seorang pria dgn spda motor dan menggunakan pakaian ngetat serta merangkulnya, padahal saya sama sekali tidak kesana. Dan suatu hari jg ada yg melihat sy pergi malam" ke suatu toko kaset dan katanya sy bertingkah genit kpd penjual kaset tersebut pdhl sy di rumah nontn tv.#orang yang menyerupai sy itu karakternya sangat beda dengan sy, karna saat itu sy tdk pernah pakai baju ngetat apalagi berboncengan dengan pria yg bkn makhrom sy, dan sy jg tdk pernah keluar malam" apalagi bersikap genit. Intinya dia yg menjelma jadi sy, mgkn ingin membuat nama sy buruk

    ReplyDelete
  187. Assalamualaikum...

    Waaah...Ini dia yg Aq cari" stlh sekian lama Aq penasaran & bertanya" akhirnya ketemu jg heheee...
    Td nya Aq takut krn dgr" ktnya kl udh bisa liat diri sendiri berarti udh mau mati, tp nyatanya amp skrg Aq msh hidup dan kejadian itu -+ sdh 3th lalu...

    Bgni ceritanya Aq lihat diri q sendiri itu saat Aq ketiduran stlh sholat subuh msh dlm k'adaan pakai mukena & di atas sajadah,
    Tiba" Aq yg tertidur merasa & melihat diri q kluar dari tubuh q lalu berdiri menatap tubuh q yg sedang tidur, Aq bingung gmn bisa Aq yg tertidur bs melihat diri q yg kluar dr tubuh q & yg berdiri itu bs melihat diri q yg sdg tertidur pula ? Apakah Aq sdg bermimpi & menjadi 3 ??? Karna Aq bs melihat 2 wujud diri q sendiri & 1 yg melihat yakni diri q jg hahaaa...aneh memang.
    Makanya Aq pikir ini psti mimpi, krn
    Mg sulit dijelaskan gmn kami bs saling melihat satu sm lain dlm posisi & penampilan berbeda tp rupa yg sama yaitu diri q smua hiks...😲
    Lalu q lihat Aq yg berdiri itu menarik tangan q yg tertidur hingga akhirnya Aq yg tertidur benar" terbangun karna merasakan tgn q di tarik & pegangan tangan nya bnr" terasa nyata menyentuh kulit tangan q,setelah Aq Bgn & terduduk q lihat ternyata diri q yg bangunkan Aq itu mg bnr" ada di samping q sndiri deg...
    sejenak Aq & Aq saling bertatapan sdg Aq yg 1 lg sdh gak ada.
    sesaat kemudian Aq yg membangunkan Aq itupun hilang...
    Aneh memang tp itu nyata bkn mimpi...
    Pertanyaan q adalah apa yg m'nyebabkan Aq mengalami hal sprti itu ?
    Benarkah kt bs melihat diri sendiri dlm 3 wujud & saling berinteraksi ?
    Tolong penjelasan nya apa yg terjadi pd diri q ? Knl Aq bs mengalami hal itu ??? Sblm & sesudahnya Aq ucapin makasih bnyk om enigma...
    Wassalam 😊

    ReplyDelete
  188. Ada yg pernah lihat kembaran nya dlm 3 wujud & saling berinteraksi gak ???
    Kl ada tolong ksh tau sy knp hal itu bs terjadi ???
    Krn sy prnh mengalami nya 3th lalu
    Makasih...

    ReplyDelete
  189. Msh aktif kah blog im enigma inih ???

    ReplyDelete
  190. Tunggu bukanya di kasus terakhir itu yang merasakan dan melihat murid2 sekolah itu bukan gurunya

    ReplyDelete