Thursday, January 7, 2010

Ukiran alien di Mastaba Ptah Hotep ?

Jika kita tidak mendapat gambaran yang jelas mengenai sebuah persoalan, maka kita akan dituntun menuju kesimpulan yang salah. Contohnya adalah kasus ukiran alien bermata besar di Mastaba Ptah Hotep, Saqqara, Mesir.


Sejak lama, sebagian orang percaya bahwa bangsa Mesir purba adalah keturunan alien. Piramida adalah buktinya. Karena menurut mereka mustahil manusia tanpa teknologi canggih dapat membangun struktur semegah itu.

Beberapa hari setelah saya menulis soal ukiran helikopter di Abydos, seseorang mengirim email ke saya dan bertanya mengenai ukiran ini. Apakah ukiran ini benar-benar ukiran alien ?

Sebenarnya, wahai para pembaca, saya merasa tidak enak hati. Karena saya dianggap punya kebiasaan menyangkal bukti-bukti teori alien masa purba. Tapi percayalah, saya tidak bermaksud menyangkal teori alien masa purba. Yang selalu saya pertanyakan adalah bukti-bukti yang diajukan.

Bukankah bagus jika kita bisa memisahkan antara bukti yang hoax dengan yang sejati sehingga kita bisa berfokus hanya pada bukti yang sejati ? Saya rasa kalian pasti setuju.

Ini foto yang dimaksud. Ukiran ini terdapat pada mastaba (kuburan) Ptah Hotep di kompleks Necropolis Saqqara di Mesir.


Jika kalian melihat foto ini, pasti kalian akan mengambil kesimpulan bahwa foto ini benar-benar menyerupai alien dan bahwa bangsa Mesir purba memang dikunjungi oleh alien. Tapi. seperti yang saya katakan di paragraf pertama, jika kita tidak mendapat gambaran yang lebih jelas, maka kesimpulan yang diambil bisa salah.

Sekarang, saya akan menunjukkan foto dengan warna yang lebih jelas. Lihat perbedaannya.


Dengan melihat gambar yang lebih jelas, maka ukiran itu semakin tidak mirip dengan alien. Beberapa web yang saya temukan menyebut gambar itu adalah gambar persembahan kepada para dewa.

Tapi saya juga menyadari bahwa untuk meyakinkan kalian, saya tidak bisa hanya menunjukkan gambar yang lebih jelas itu. Harus ada bukti yang lebih konkret. Lagipula, saya percaya, bagi sebagian pembaca, ukiran itu masih terlihat seperti alien bermata besar.

Jadi saya kembali menyusuri ukiran-ukiran lain yang ada di dinding Saqqara untuk mencari petunjuk. Kebetulan saya pernah dihadiahi sebuah buku mengenai Mesir oleh seorang teman yang baru kembali dari Mesir. Buku itu berjudul All of Egypt karangan EB Bonechi. Di dalamnya saya bisa melihat ukiran-ukiran lain di dinding mastaba Ptah Hotep di Saqqara dengan lebih jelas.

Sambil menyusuri gambar-gambar ukiran lainnya, saya menemukan satu petunjuk yang saya rasa bisa menjadi bukti kuat bahwa ukiran itu bukan alien.

Lihat foto dibawah ini. Ukiran ini berada persis di atas ukiran "alien" tersebut (lihat gambar pertama).

Bisakah kalian melihat petunjuk itu ?


Petunjuk yang saya maksud adalah tanaman berwarna hijau di kiri atas foto yang menghadap ke bawah. Bisakah kalian mengenalinya ? Ini saya perbesar.


Belum bisa mengenalinya ? Oh ya, saya putar dahulu. Ini jadinya.


Nah, sekarang kalian bisa mengenalinya. Ya, tanaman itu mirip dengan kepala "alien" yang kita punya.


Menurut saya, bukti ini sudah cukup. Tapi jika kalian merasa tidak cukup, saya akan memberikan sedikit sentuhan terakhir.

Pertama, sebuah pikiran masuk ke dalam otak saya. Bangsa Mesir adalah bangsa yang sangat teliti. Mereka membangun piramida dan kuil dengan presisi yang sangat tinggi. Jika Tanaman hijau itu sama dengan kepala "alien" yang kita punyai, maka saya rasa jumlah kelopak bunga yang ada pada kedua ukiran seharusnya juga sama banyak.

Jadi saya berusaha mencari tahu apakah pemikiran saya benar atau salah. Saya menghitung jumlah kelopak bunga pada kedua ukiran. Ya, masing-masing ada sembilan helai. Keduanya ternyata merupakan objek yang sama.

Jadi kepala "alien" kita ternyata adalah sekuntum tanaman yang ditaruh di sebuah pot. Lihat lehernya, bukankah mirip dengan leher sebuah pot.

Sekarang, walaupun buktinya sudah cukup kuat bahwa ukiran itu bukan alien, saya masih penasaran. Tanaman apa sih yang sampai bisa menyebabkan salah paham seperti itu ?

Saya menjelajahi google dan menemukan jawabannya. Tanaman itu ternyata adalah tanaman teratai. Ini adalah cuplikan gambar dari answers.com. Tanaman kita ada di kiri bawah. Bahkan kalian bisa melihat kelopaknya juga berjumlah sembilan.



Lalu, di web cgi.ebay, saya menemukan sebuah lukisan yang menunjukkan ratu Nefertari mempersembahkan bunga teratai yang sama kepada dewi Isis.


Jadi, website pertama yang saya temukan yang mengatakan bahwa ukiran itu adalah ukiran persembahan ternyata benar adanya.

Saya tidak tahu, apakah foto ukiran ini sengaja dikaburkan untuk membuat kita percaya ? ataukah ini hanya semata faktor ketidaksengajaan dan ketidaktahuan ?

Kalian pasti tahu bahwa saya selalu menerima teori apapun yang diajukan oleh orang lain asalkan bukan didasarkan pada bukti hoax. Jika bukti itu adalah sebuah hoax, maka tidak layak untuk dipikirkan.

Seperti yang saya katakan pada awalnya, Jika kita tidak mendapat gambaran yang jelas mengenai sebuah persoalan, maka kita akan dituntun menuju kesimpulan yang salah.

(crystalinks.com, answers.com, cgi.ebay.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

123 comments:

  1. MAKIN MANTAP AJA NE BANG ENIGMA,,,
    GAK NYESEL DEH TIAP HARI AKU MAMPIR KSINI,,,

    MAS,,SEKALI2 TENTANG PEMBUNUHAN2 GTU DUNK,,YANG MASIH JADI KONSPIRASI,,,YANG BELUM2 KITA TAHU JANGAN YANG UDAH TKENAL KYAK JHON F KENNEDY,,,

    ReplyDelete
  2. liat komen msh 0.. pertamax ga ya? hore bang enigma kembali... merdeka!

    ReplyDelete
  3. Wah . . .
    Udah lama nih gak liat ke sini...

    Makin mantep aja mas kata2 mutiaranya,,,

    Oia,, mengenai blog rekomendasinya,,, sabar aja Mas... :)

    ReplyDelete
  4. Nah ini loh bang yang tak maksud dulu...inget komen q tentang ukiran alien di reruntuhan kuno itukan?waktu bang enigma bahas jellystar?

    ReplyDelete
  5. hari ini baru liat postingan bang enigma yang ttg blog rekomendasi, menyebalkan sekali ya orgnya, saya ga mau komen di potingan itu karena udah banyak banget hehe.

    nah kita liat apakah setelah postingan ini si misteryaja masih berani copas :p

    anyway bang tolong tulisin ttg konspirasi dong, saya suka banget. makasih ya :)

    ReplyDelete
  6. Bang aq dah ninggal komen di mistery aja.wordpress.com

    ReplyDelete
  7. wuuuuahhhh, muuuuannntab bung....

    anda memang analis yang jago!

    saya terinspirasi oleh anda, meski tidak bertemu secara langsung. hahahaha.....


    -JV-

    ReplyDelete
  8. seep2...

    terbongkar sudah..

    d tnggu crita2 mnrik lainnya... hehe..

    ReplyDelete
  9. @aditya : It's ok bro. jangan diganggu lagi. haha.

    ReplyDelete
  10. Kayaknya kata2 mutiaranya nyindir para komentator deh, yg udah salah ambil kesimpulan kalau bang enigma ngambek.. Hehehe.. Peace.. Just komen..

    ReplyDelete
  11. banG eniGma, rhasia bpkir jrnih kyak abAnG tuh gMna siCh,?

    ReplyDelete
  12. Mas, kok yang tulisan blog rekomendasi enigma blum dimasukin ke tulisan paling populer?? Just kidding...

    ReplyDelete
  13. Jujur..ane ngefans berat ini sama blog enigma..setiap kali ane buka internet pasti blog enigma yang pertama ane kunjungi..

    trus berkarya bang..!!!

    ReplyDelete
  14. betul juga om. kalo di lihat gambar itu mirip bunga teratai. tapi yang menjadi penasaran apa ada bunga teratai di mesir? kita semua tahu kalo mesir itu daerah yang kering nga ada tumbuhan. kalo ada juga itu cmn kaktus gurun. kalo boleh pembaca yang penasaran ini bertanya, dari mana asal bunga teratai itu? maaf kalo pertanyaan-nya agak tolol ^_^.
    PEACE!!!!!

    ReplyDelete
  15. om enig.... bisa jago anilisis gmn caranya?
    keren2 bgt cara analisa masalahnya...

    Sodaranya Conan ya? hehe

    ReplyDelete
  16. bunga teratai atau lotus memang sering di gunakan dalam ukiran relief atau lukisan yang populer bagi bangsa-bangsa di dunia, bahkan di Indonesia relief tentang teratai atau lotus ini juga banyak bertebaran di candi-candi yang ada, bahkan saat sekolah sejarah dulu saya harus bisa membedakan relief tentang teratai ini,yang dibagi menjadi tiga.. teratai putih,merah dan biru dari bentuk lekuk,arah serta kedalaman reliefnya....

    ReplyDelete
  17. bung enigma cocokna jdi detektif dech....!!misteri demi misteri dipecahkan dengan penjelasan yang bener2 masuk akalll..!Btw, Nma asliny sp nich??huehueheu..

    ReplyDelete
  18. @abzalom : teratai hanya berhubungan erat dengan simbol-simbol dan kisah-kisah kuno di Mesir. Soal tumbuh dimana, para ahli menduga "mungkin" pernah tumbuh di sepanjang sungai Nil.

    Mbah Ware benar soal jenis-jenisnya.

    ReplyDelete
  19. "Sejak lama, sebagian orang percaya bahwa bangsa Mesir purba adalah keturunan alien"

    hmmm... saya jadi inget cerita jhon titor, dia mengatakan, alien adalah MANUSIA CERDAS YANG TERKENA SINAR RADIASI NUKLIR sehingga bentuknya bisa dianggap seperti MANUSIA MUTAN,
    Menurut mas enigma gmn?

    Lalu, saya kayanya pernah baca artikel mengenai Bom Atom Kuno yang KATANYA Bom Atom/nuklir sudah di temukan oleh MANUSIA KUNO
    http://anakx2.multiply.com/journal/item/285/Bom_Atom_Kuno

    Mungkinkah peradaban kuno LEBIH MAJU dari pada peradaban sekarang?
    bingung gue..

    ReplyDelete
  20. saya sudah pernah memposting soal nuklir purba. klik disini

    ReplyDelete
  21. Mas Enigma ganteng aku mo share blog luar yang isinya bisa dipertanggung jawabkan www.cryptomundo.com, mugkin bisa dijadikan reverensi buat bahan tulisan.

    ReplyDelete
  22. Tentu saja cryptomundo sangat bisa dipertanggungjawabkan. pemiliknya adalah Loren Coleman, cryptozoologyst ternama.

    ReplyDelete
  23. keren mas enigma, detail bgt ceritanya sampai membuat pembaca menjadi puas!! cerita yg saya minta ttg film The Fourth Kind sudah ktemu blm mas enigma?

    ReplyDelete
  24. Foto bertama ngigatin saya sama tokoh pahlawan favorit saya waktu kecil, kesatria baja hitam..
    heheheeh :)

    ReplyDelete
  25. hoorrayyyyyyy.....
    enigma is BACK...!!!

    ReplyDelete
  26. kalo gambar itu memang bukan gambar alien , apa orang barat sana yang biasanya lebih kritis jika berhubungan dgn alien udh pernah mempertegas kalo gambar itu bkn alien?

    oya bang, skali2 posting ttg bom hiroshima nagasaki doong. thx

    ReplyDelete
  27. ditunggu misteri selanjutnya bung enigma

    ReplyDelete
  28. Gan ini analisis keren.. ampe cari ke web2 dan buku2 yg udah agan baca...!!!kereennn...!!!
    sya rasa kalo ikut kepolisian udah bisa mecahin kasus century nich..wkwkaakaka
    peace...ayo gan teru posting... i like ur stlye when u analyze in one case....

    ReplyDelete
  29. aku suka kredibilitas bung enigma ini...

    blognya berbeda dari yg lain...

    menunjukan fakta... dan bukan tanda tanya....

    ReplyDelete
  30. baca blog ini di pagi hari rasanya lebih nikmat daripada membaca koran dan segelas kopi.. :D
    Btw, saya yakin adik kita mysterijaya masih rajin berkunjung ke sini.. Cuman, dia malu-malu nongol.. hihihi.

    ReplyDelete
  31. sy setuju bnget dgn komen teman2 diatas, sy jg uda kecanduan ama blog ini, setiap x sy OL pasti blog ini duluan yg sy kunjungi, mengenai blog rekomendasi enigma hiraukan saja nnti jg dia akan malu sendiri, ibarat sebuah pohon yg tumbuh semakin tinggi, pastilah smakin banyak angin yg menerpanya, jd mr. enigma tenang aja, tu hal yg biasa, kita selalu mendukung blog ini, salut buat mr. enigma, blog ini hebat

    ReplyDelete
  32. akhirnya si penulis kebaikan telah kembali..........

    ReplyDelete
  33. akhirnya si penulis kematian malu sendiri.....

    ReplyDelete
  34. hahaha..the truth is out there..

    ReplyDelete
  35. saya emang ga percya klo orang mesir prnh d kujunin alien..klo indonesia purba d kunjungin alien mlh lbh msuk akal..kan dlm dongeng2 indo bnyk kan mahluk2 legenda yg bntknya aneh aneh..itu pasti alien..

    ngaco MODE ON...
    keep posting pak dhe..

    ReplyDelete
  36. keep posting om..

    ReplyDelete
  37. Benar2 Jagoan ilmu pengetahuan..Sip 412 jempol buas mas enigma yang aduhai...seperti dalam film National treasure...I Wanna Marry Your Brain!!!

    ReplyDelete
  38. Tulisan yang bagus... Terus posting tentang alien ya...

    ReplyDelete
  39. wah luar biasa nih mas enigma, jelas banget dan analisis yang mudah dicerna, saya ngefans banget dah, kemaren2 sempet linglung waktu tiap buka enigma ko ga ada postingan baru, tapi sekarang udah ada lagi, keep blogging mas, keep ispired us !!!

    eniwey tu misteryaja.wordpress.com kayanya copas semua dari sini, tapi gpp lah ...

    sekalian mas mo request tolong misteri2 di indonesia porsinya lebihin mas ... hehehe

    ReplyDelete
  40. analisis yang tepat dan mudah di cerna , thax berat ni mas enigma semua tulisanmu disini (saya udah baca hampir semua ^^) benar2 menambah keilmuan dan memberikan inspirasi, jarang bisa nemu blog yang gaya bahasanya mudah dicerna dan komunikatif, terus tulisannya juga rapih jadi walaupun banyak ga pusing bacanya...

    keep blogging mas, keep inspired us !!

    ReplyDelete
  41. bung enigma sang penulis kebaikan.....
    bisa ngak di bahas mengenai kura-kura raksasa sebesar truk yang di temukan di irak.benar ngak ya??????.kalau ngak salah videonya ada di youtube.

    ReplyDelete
  42. bung enigma (penulis kebaikan) anda orangnya seperti apa ya...jadi penasaran,dari tata bahasa sepertinya puitis sekali..saya sudah lama membaca tulisan anda,hanya baru kali ini berani kasih komentar(sejak ada si penulis kematian).hmmm....

    ReplyDelete
  43. Semakin lama artikel yang bang Enigma semakin kuat artikelnya, singkat padat, namun tajam menyerang otak pembaca. Hehe...

    Enigma Lovers

    ReplyDelete
  44. bos... buatin yang kura-kura di irak pa betul gak ya...?

    ReplyDelete
  45. -antonnyKID-

    gw demen banget dagh analisis bung enigma...
    gx isa coment pa2, cuman isa bilang terus bekarya..
    hehehehe...

    ReplyDelete
  46. Kata sederhana dari saya untuk menyimpulkan tulisan-tulisan Anda "luar biasa".

    ReplyDelete
  47. jago banget bikin kata2 nya boooos! mantap dah..

    ReplyDelete
  48. Mantabs bg Enigma Jaya trus....

    ReplyDelete
  49. Wahhhh,,keren2,,mantaps banget enigma. Dah lama Aq nantikan posting yang baru, Akhirnya muncul..n_n.. O ya, Aq pernah baca blogs yang isi tulisannya sama sekali ga bisa di block dan di copy, saranq cb bang enigma cari cara tersebut buat diterapkan di blog bang enigma, jadi ga ada lagi yang copas abis. Yang mau minta isi blog hub bang enigma ja..n_n..

    ReplyDelete
  50. MANTABBBBBBBB....ada "ENIGMA"funs club nda ya??kalo ada gue daftar dehhh.two tumbs up boss

    ReplyDelete
  51. bung enigma, tolong kupas tentang kasus indigo dong.....?

    ReplyDelete
  52. jangan2 bung enigma indigo juga ya.....:)

    ReplyDelete
  53. pa kabar bang enigma?kemaren makasih udah sempet mampir ke blog q ya....lama ga nongol di sana loh hehe

    ReplyDelete
  54. mas tukeran link yuk?..
    saya tunggu ya persetujuannya

    terima kasih atas perhatiannya

    http://esa-info.blogspot.com

    ReplyDelete
  55. salutee to mr.enigma..

    ReplyDelete
  56. wow ... hmm gw ud lama bca blog ini .. tp bru kali ini ninggalin komen ^^ .. hahaha .. (biasanya cuma bca komen2 org .. ^^)
    mantap bro ... ^^
    keep posting ..

    ReplyDelete
  57. hebat bro! continue the good work!! :)

    ReplyDelete
  58. ka' enigma! ngmong2 blog postingan blog rekomendasinya koq dihapus c??? tkut dicopas jg y??? hahhahaa....^^

    ReplyDelete
  59. @en la vida : dua postingan itu sudah saya pindahkan ke arsip bulan feb 09. Haha. sdh jadi masa lalu.

    ReplyDelete
  60. bang,Enigma keren banget!!!!
    (akhirnya aku bisa posting coment jg stlh skian lama)


    "P"

    ReplyDelete
  61. wkwkwkwkwk...jauh bgt mindahinnya!!

    tp emg klo nggak dpindah gwt lho!
    mlah ada org yg ngira bener2 direkomendasiin ntu blog,,

    dlu pertama kuliat blog hits.na cuma 5000.an,, tp skrg dah nyampe 7000.an.... gara2 ka' enigma tu!! ^.^
    hhe...

    ReplyDelete
  62. salut deh sama mas yg bikin blog ini, btw fakta2 yg di dapet tu dari mn sih?? dari blog orang juga apa cari sendiri ni, btw mas kesimpulannya dari web apa terjun langsung kelokasi...

    ReplyDelete
  63. mantap banget postingannya mas :D
    numpang link ya mas www.ircdansmkstrada1.blogspot.com
    buat lomba itu, moga2 bisa mas pajang di blog nya (ngarep)

    ReplyDelete
  64. thanks mas atas pemasangan link nya, moga2 bisa ane bales :D

    req tentang book of urantia mas :D

    ane ikut lomba ngeblog gan, bantu follow ya gan :D
    [url]www.ircdansmkstrada1.blogspot.com[/url]

    ReplyDelete
  65. nice info!!

    Albert

    ReplyDelete
  66. Hahaha....adit kan anti kopas bang hahaha.....dont wrry.....javascript n mystery tuh jauh deh ahahaha.....so.....klo aq ngopas artikelnya abang q ini masa nyambung dengan tema blog q kwkwkwkw...(bcnda loh bang gpp to buat refreshing hehe)....btw aq dah ninggal komen di mystery aja...tp di hapus ma owner blognya kwkwkwkw ga tau knapa bang....sukses n cepet update lg yoooooo....

    ReplyDelete
  67. hmm.. persepsi memang sangat berbahaya ya gan..

    ReplyDelete
  68. Maz, tukeran link yuk, cek in my site: http://duniafaiz.blogspot.com/
    Blog non-misteri nich.. XD

    ReplyDelete
  69. Oke mas, trims, link sdah saya pasang...

    ReplyDelete
  70. wah mas enigma.. selalu menyuguhkan fakta yang jelas dari berita yang kadang kabur.. keren mas enigma.. oh iya.. bahas tentang batu batu misterius di easter island dong.. saya penasaran nihh tentang cerita itu.. thanks mas enigma.

    ReplyDelete
  71. itu bneran nefertari?? bkn nefertiti?? ehh enigma bahas black hole lbh lanjut donk! mkin pnsrn neh stlah kmrn liat news dr discovery channel ttg foto pembentukan bintang baru. apa sbntnya black hole itu? lubang wktukah (hehee..), pembentukan planet barukah?? trus tembusnya kmn yaw? jgn2 k dimensi lain..mav mas tp yg td serius kok pgn tau bgt!! mkchhh...

    ReplyDelete
  72. "Sebenarnya, wahai para pembaca" -----> wah, bang enigma mulai jd penyair nih....awas d bajak jg...wkwkwk

    ms.terry

    ReplyDelete
  73. Kadang-kadang kalo lagi puitis, pake kata yang puitis.

    ReplyDelete
  74. @icha : Itu nefertari. Nefertiti beda lagi. Black hole ??? hmm..sepertinya menyentuh fisika, bukan misteri. ntar saya coba.

    ReplyDelete
  75. @ka' enigma d atas:
    Sbenarnya,,black hole i2 sndiri msh merupakan misteri bg fisika,, sbuah substansi yg trcipta dr manifestasi hukum relativitas,, ketakhinggaan atau "singularitas" yg mmbuat smua hukum fisika tak brlaku d dlmnya,,

    tak lebih dari sebuah teori,, tapi lebih dari sekedar khayalan..

    He..he...

    ReplyDelete
  76. om enigma, ulas tentang wormhole dunkk~

    ReplyDelete
  77. ganbatte enigma-san, ane suka semua postingan abang ^-^

    ReplyDelete
  78. lama" bang enigma jdi mirip detektif nih. apalagi kata" awal'a, udh kyk conan ngungkapin kasus. Lancar tanpa ad hambatan ..
    dpt informasi'a dari mana ajh sie bang ??

    ReplyDelete
  79. hmm ... saia tggu postingan anda selanjutnya tuan detektif ... ^^

    ReplyDelete
  80. wah brarti udah yakin bgt donk sampe2 udah brani posting fakta dan bukti2 walaupun cuma dapet dari web.. btw byasanya buku apa sih yg d baca mas enigma qo bisa nyangkut2 hal2 yg bginian, sp tw bisa ikut beli bukunya :p

    ReplyDelete
  81. mas, bahas ttg tengkorak crystal dong... saya dengar ini kisah nyata dan sudah ditemukan beberapa buah. kisah ini sama seperti yg di filmkan di indiana jones and the crystal skull. hanya saja di film itu tengkoraknya di plesetkan sbg kepala alien...

    ReplyDelete
  82. Tengkorak kristal sudah pernah saya tulis. Tapi tidak terlalu lengkap. ini linknya :
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/04/misteri-tengkorak-kristal.html

    ReplyDelete
  83. salut buat kk enigma anilisisnya selalu mantapp

    ReplyDelete
  84. Random here
    analisa deduksi mas enigma keren
    berbakat jadi detektif nih ngegantiin Conan :)

    ReplyDelete
  85. Mantap investigasinya... keren bgt bos I like it!

    ReplyDelete
  86. mksih ats cmua pnjlsnnya...tntng mstri2 yg da dnia nie...


    prthnin truz dech blog2 kya gni...

    skli lgi thanks...
    GBU...haha

    ReplyDelete
  87. bung enigma fantastic, tapi yang saya masih bingung alien itu sebenarnya ada ato gak n dari mana orang-orang di bumi ini dapat menyimpulkan bahwa alien tu berbentuk seperti manusia dengan mata besar, tubuh lebih kecil dari umumnya manusia, dan kepala yang lebih besar dari badan, sebab setiap ada foto yang menyebabutkan itu alien pasti bentuknya seperti itu.

    ReplyDelete
  88. Setelah baca2 blog ini..muncul pertanyaan: Pernahkan bang enigma untuk bikin script film tentang misteri seperti ini (non ghost) untuk dibikin filmnya...mungkin ambil dari budaya lokal...siapa tau bisa memperkaya film indonesia...soalnya analisisnya top banget...

    ReplyDelete
  89. Saya seneng banget bisa baca2 artikel di blog ini.. Salut buat om enigma (enaknya dipnggil om/mas/bang/pak bingung saya)
    Nambah banyak pengetahuan nih..!!
    Hehehe.. jarang ada blog yang kya gini..

    ^^LiZa^^

    ReplyDelete
  90. tolong dong tentang mistery KRI IRIAN

    ReplyDelete
  91. pendatang baru niy...

    1 kata aja...salut

    ReplyDelete
  92. baru hari ini tau ada blog spt ini. saya memang penggemar misteri. tapi cara anda menguraikan misteri spt ini lah yg benar2 luar biasa. salut deh....

    ReplyDelete
  93. Salut analisanya si abang... cakep... sukses . . .

    ReplyDelete
  94. yup, itu bkn gambar alien dr pertama liat.
    Emang kalo demen ame misteri2 cenderung berimajinasi. Gambar A diimajinasikan jd gambar lain (ane kadang gitu, hehe.. Doyan misteri jg).
    Si abang pernah bilang (dlm gravity hills) emang ni mate kadang2 nipu. Apalg tu peninggalan jaman dl, kita bawaannya pingin yg wuaaah, begonoo..

    ReplyDelete
  95. - harry pantja -

    haha mantap banget lo bro, kek sherlock holmes

    ReplyDelete
  96. kadang mas enigma bwt aq kecewa nih,,aq UFO hunter tp gk prnh bs fto UFO...kdng bung enigma mlh memberi bukti fenomena2 itu bkn UFO ato Alien...
    jangan2 orang suruhan NASA yg sllu nutupi kjadian ky gtu ya..hehe

    ReplyDelete
  97. jadi bangsa mesir buat piramida menggunakan teknologi buatan mereka sendiri tanpa bantuan alien ya? hebat banget brarti bangsa mesir dulu.

    ReplyDelete
  98. Salut buat bang enigma. Analisisnya mantab !!!
    Salam

    ReplyDelete
  99. salam kenal bro Enigma.Saya pembaca loyal blog anda.terutama saya suka info cryptid-nya.keren !

    ReplyDelete
  100. saya tertarik dan benar - benar tertarik dengan analisis anda,..

    ReplyDelete
  101. Hmmm... Kasusnya seperti penampakan face on Mars (Wajah yg nampak di Mars), bedanya kalo face on mars baru bisa dibuktikan setelah teknologi pengambilan gambarnya lebih baik, itu pun setelah penerbangan pesawat tanpa awak yg selanjutnya.

    ReplyDelete
  102. Wah, bagus. Semua pertanyaan Bang Enigma akhirnya dapat dibuktikan dengan sebuah data perbandingan gambar bukan? hal ini membuktikan bahwa interpretasi yang tidak berdasar pada suatu data dapat menimbulkan kesimpulan yang sesat. Oleh karena itu, analogi terhadao suatu data menjadi sesuatu yang penting. Saya suka tulisan populer bang Enigma.

    ReplyDelete
  103. wowowowowow. apa itu??? itu apa ya??
    apapun itu gw masih percaya adanya campur tangan makhluk asing (gak mesti alien) dalam kemajuan masa prasejarah.
    sistem tatasurya, galaksi bima sakti, galaksi lainnya mereka udah tau padahal jaman dulu belum ada terpong bintang, kaca pembesar aja belum ada, kaca mata juga belum ada, kaca...alah makin ngaco aja. itu saja yg saya sampaikan.
    oh iya lupa kaca anti peluru jg belum ada..-_-'

    ReplyDelete
  104. gak juga .......... cba cari lukisan2 ufo yg ada di zaman kuno ... :)

    ReplyDelete
  105. ITUMAH BUKAN GAMBAR ALIEN, TAPI GAMBAR BRA...
    BERARTI JAMAN DULU JUGA PAYUDARA PEREMPUAN UDAH DI TUTUP.. GAK KAYA SEKARANG, DI MALAH DI OBRAL....

    ReplyDelete
  106. seneng mampir kesini
    banyak bacaaan selagi senggang di kantor

    jadi intinya cuman kesalahan mata ya
    penjelasan dari anda jelas dan mudah dicerna
    thanks buat sharing ilmunya ^^

    ReplyDelete
  107. fantastico..! Bung E. ini cerdas, pintar, dan punya banyak sumber. Cocok jadi intel. :)

    ReplyDelete
  108. artikel nya bagus bagus...izin copas ya bang thx

    ReplyDelete
  109. wahhh artikel ter udate apa ni?aq selalu ketinggalan mask postingan ntahun 2010 baru baca 2012 hehehe

    hebet pokoknya sip

    ReplyDelete
  110. you're da man!

    ReplyDelete
  111. dulu para jin disebut dewa oleh bangsa mesir...sekarang jin disebut oleh manusia sekarang sebagai alien...

    ReplyDelete
  112. hebat bener menganalisis misteri nya,,,

    pasti detektip ya mas

    ReplyDelete
  113. hey sob...lihatlah lebih detail lagi..itu gambar orang lagi pegang ayam/bebek terus dikasih mium ke pancuran air/wajan air...lihat lebih teliti

    ReplyDelete
  114. iya sepertinya org itu pegang unggas. Mungkin untuk persembahan. bro, bisa request untuk bahas tentang borobudur kah? kan ada yang bilang kalau borobudur tu peninggalam sulaiman, sy ingin tahu ulasan bro enigma tentang itu. makasih sebelumnya.

    ReplyDelete