Friday, February 26, 2010

Misteri SS Ourang Medan - Horor di atas Lautan

Dear readers,
Sudah weekend lagi. Namun sebelum berakhir pekan, saya ingin menceritakan sebuah kisah yang misterius. Kisah ini mengenai sebuah peristiwa aneh yang menimpa sebuah kapal kargo milik Belanda yang berlayar tidak jauh dari tempat tinggal kita, selat Malaka. Yang saya maksud adalah Kapal SS Ourang Medan.


Ingatan akan kapal ini begitu melekat di kepala para pelaut yang menemukannya sehingga ketika mereka mengingatnya, mereka akan segera bergidik karena peristiwa aneh yang tidak terjelaskan yang menimpa kapal itu.

Kisahnya terjadi pada suatu hari yang cerah di bulan Februari 1948.

Di selat Malaka, cuaca sempurna, tidak ada gangguan alam yang berarti, ombak cukup tenang. Namun kesempurnaan itu segera dipecahkan oleh sebuah sinyal SOS yang datang tiba-tiba dan terdengar oleh sekitar selusin kapal yang sedang berlayar di sekitar situ.

Sinyal itu ternyata berasal dari seorang awak kapal SS Ourang Medan.

Kapal City of Baltimore dan Kapal Silver Star adalah dua diantara selusin kapal yang menangkap teriakan itu di radio mereka. Di ujung radio terdengar suara panik yang membuat orang yang mendengarkannya terdiam.

"Para perwira sudah tewas, kapten terbaring di ruang kendali. Sepertinya semua awak telah tewas."

Dari selusin kapal yang sama-sama mendengar teriakan itu, hanya Silver Star yang bisa menentukan arah koordinatnya dengan tepat.

Jadi, kapten Silver Star segera memerintahkan awaknya untuk bergerak menuju lokasi SS Ourang Medan. Belum lagi tiba di tempat tujuan, terdengar bunyi yang sepertinya sebuah pesan morse yang diikuti oleh sebuah teriakan lirih di ujung radio.

"Aku hampir mati"

Lalu, semuanya hening, yang ada hanya suara gemerisik radio yang tidak beraturan.

Dalam beberapa jam, Silver Star sampai di lokasi SS Ourang Medan. Mereka bisa melihat kapal itu dari kejauhan. Lalu sinyal komunikasi dikirimkan. Karena tidak ada tanggapan terhadap sinyal bendera maupun radio, sebuah tim dikirim menuju kapal itu.

Perlahan-lahan, kapal kecil yang membawa tim penyelidik bergerak menuju kapal itu. Tidak terlihat adanya gerakan di atas kapal. Namun, mereka melihat sesuatu yang ganjil di sekitar kapal.

Hiu-hiu bermunculan di sekitar lambung dan tampaknya setiap hiu di Teluk Benggala datang ke sana karena tahu ada orang-orang mati di atas kapal.

Setibanya di atas kapal, tim itu menyaksikan sebuah pemandangan yang tidak akan mereka lupakan seumur hidup.

Mereka melihat mayat-mayat bergelimpangan di atas dek !

Bergegas mereka memeriksa ruang peta untuk mencari sang kapten.

Ketika mereka masuk ke ruang peta, mereka melihat mayat-mayat perwira bersama sang kapten bergeletakan di tempat itu. Seakan-akan, sang kapten telah mengumpulkan mereka di situ untuk merundingkan sesuatu yang mendesak sebelum mereka mati.

Tapi, horor yang mereka jumpai bukan cuma itu. Bagian yang mengerikan dari mayat itu adalah, teror yang terlihat di wajah mereka.

Di setiap mayat, terdapat wajah pucat penuh ketakutan. Mata mereka menatap ngeri dan tubuh mereka kaku, beberapa orang dengan tangan teracung ke atas.

Mayat para pelaut yang meninggal di atas dek juga mengalami kondisi yang sama.

"Gigi mereka mengatup rapat, wajah mereka menengadah ke arah matahari, dan teror terlihat di wajah mereka"

Bahkan seekor anjing yang ditemukan di bawah dek juga telah menjadi mayat dengan kondisi serupa. Kakinya mengarah ke udara, giginya menyeringai dengan geraman tanpa suara, seakan-akan nyawanya putus ketika ia sedang melihat bahaya di depan matanya.

Di ruang radio, petugas telegraf terkulai di atas peralatannya yang diam.

Sesuatu telah terjadi ! Tapi apa ?

Tim dari Silver Star segera memeriksa seisi kapal. Mereka tidak menemukan kerusakan apapun yang mengindikasikan tindak kekerasan. Pada mayat-mayat yang bergelimpangan, mereka tidak menemukan luka atau tanda-tanda kekerasan lainnya.

Apa yang telah menyebabkan mereka meninggal ?

Apakah hantu laut tiba-tiba muncul dari samudera dan membunuh semua awak kapal itu ?

Belum lagi tim itu selesai memeriksa, sebuah kejadian aneh kembali terjadi. Entah apa sebabnya, kargo yang ada di atas kapal itu mengeluarkan nyala api. Api segera menjalar ke bagian lain dari kapal.

Dalam hitungan menit, tim itu segera menyelamatkan diri ke kapal kecil mereka dan segera mengayuh. Lalu, SS Ourang Medan meledak dengan suara keras. Ledakan itu terdengar hingga seperempat mil dan membunuh beberapa hiu yang kelaparan.

Tim itu berhasil menyelamatkan diri.

Dari kejauhan, mereka bisa melihat SS Ourang Medan terbakar dan tenggelam perlahan-lahan ke dasar lautan, ikut menenggelamkan misteri yang baru saja mereka saksikan.

Kisah SS Ourang Medan dan peristiwa misterius yang menimpanya pertama kali diceritakan kepada publik lewat publikasi Proceedings of the Merchant Marine Council yang diterbitkan oleh US National Coast Guard pada tahun 1953. Namun anehnya, selain publikasi itu, tidak ada seorangpun yang dapat menemukan data mengenai kapal ini. Siapa yang membuatnya atau dokumen-dokumen resmi pendukung lainnya.

Asal-usul dan keberadaan kapal ini akhirnya menjadi misteri yang sama anehnya dengan peristiwa tenggelamnya.


Spekulasi berkembang. Sebagian percaya bahwa US National Coast Guard telah menciptakan kisah khayalan.

Sebagian yang mempercayai kisah ini menduga kapal ini mengangkut kargo berupa bahan kimia yang mungkin juga telah membunuh mereka. Sebagian lagi mengatakan bahwa para awak kapal dibunuh dan diracun oleh bajak laut.

Yang tidak berspekulasi hanya mengatakan bahwa para awak kapal "meninggal karena nasib buruk".

Mengenai kebenarannya, kita mungkin tidak akan pernah tahu.

(associatedcontent.com)

Komentar Pilihan

Myheart2105 berkata....

Xhiuh... horor banggetz,,

Tapi kayaknya data2nya kurang yach...memang dah kurang dr sononya.


Di wikipedia jg dah ada beberapa kemungkinan penyebab kematian seluruh awak kpal SS Ourang Medan:


1. Kapal itu mengandung zat kimia yg berbahaya kayak potassium sianida dan nitrogliserin. Keduanya diklaim oleh wikipedia menimbulkan asfiksia alias sesak napas dan... mati deh..

Setelah aq tanya om Google, ternyata Potassium sianida memang bisa menyebabkan asfiksia karena sianida berikatan dgn hemoglobin, and kemudian O2 gak bs berikatan dgn hemoglobin en akhirx kadar O2 dlm darah berkurang drastis yg menyebabkan otak kekurangan oksigen hebat, en kemudian mati deh batang otaknya alias... apa ya? Me..medusa.. apaaa gt..oh yes, medula oblongata. Knapa bs metong? Karna medula oblongata adlah pusat pngatur jantung ma paru2. So jantungx n paru2x bs brhnti berfungsi,,metong..deh,,


Tapi yg utk nitrogliserin q gak nemu da asfixia'nya, karena yg q temukan nitrogliserin mempunyai efek menurunkan tkanan darah. Tp menurutq sih, matinya bkan krna asfixia tp karena tekanan darah yg kelewat rendah...pusing2 gt.. en lama2 mati jg deh,,


Tp q pikir2, jika ini bukan rekayasa alias hoax atau bs ja konspirasi, maka menurutq kapal itu memuat hasil alam kayak ubi kayu or ubi jala dari India dan skitarx sono. Knapa? Sebab, jika lama2 dbiarkan, maka ubi2 dr India itu akan membusuk dan mengeluarkan gas yg mengandung sianida (silakan tanyakan k om Google :p). Para awak kapal tdk menyadarix dan akhirx mati keracunan...kesian T_T


Kemungkinan brikutx menurut wikipedia adlah keracunan akibat karbon monoxida alias CO dr mesin kapal. Dan itu jugalah sbabx kapal terbakar, ya karena kebakaran mesin. Stlh q google, trnyata CO jg menyebabkan asfixia dan berakhir pd kmatian.


Hmm..kayaknx teori keracunan CO lbh meyakinkan krn bs menerangkan why kapal terbakar..

Tapi, teori ubi kayu-ubi jala jg gak menutup kmungkinan, tp alangkah lbh yahudnya..kalau penyebab kmatian awak kpal adlah kombinasi keduanya. Hehehe..maksa banggetz,, :p
Soal knapa bnyak hiu2 yg berkeliaran, mgkn aja kan ada awak kpal yg jatuh kelaut, trus mengundang hiu2 mendekat.

Teori slanjutx adalah: hoax, cerita ini adlah fiktif belaka :p

Why? Krna dr cttn pihak rgistrasi kpal belanda, ndk da tuch yg namanya SS Ourang Medan. So, menurut wikipedia, ni merupakan hoax sj dgn tujuan cr sensasinya Amerika aja.

Pertanyaan aq: buat apa angkatan laut amerika bikin brita bohong? Kalau cuma mau bkin sensasi apa untungnya?


Atau mgkn ja ini sebuah konspirasi??


What? Gak mungkiiin.., kapalnya aja gak ada bukti trdaftr di belanda. Eits, tunggu dulu. Bisa aja kan, kapal Ourang Medan itu ada, tp sengaja dirahasiakan ma pmerintah belanda?
Utk apa? Jawab: untuk melaksanakan misi rahasia,,,misalnya, ini misal lho, misi menyelundupkan emas2 dari India yang pd itu baru lepas dari penjajahan Inggris (India merdeka tgl 15 Agustus 1947).

Mgkn aja amerika dalang dibalik ini semua. Amerika membajak kapal SS Ourang Medan dgn alasan tertentu (mgkn berupa benda, spt emas, atau bs juga dokumen2 penting) dan membunuh semua awak kapal untuk menghilangkan jejak. Untuk menghilangkan kecurigaan Belanda, maka Amerika mengarang cerita itu. Knapa? Soalnya gak ada bukti yg bs membenarkan kisah aneh itu. Dlm laporannya ada 11 kapal yg sdg berada dsiktar itu, 2 diantaranya punya Amrik, tp 9 yg lain tdk ada info ttg mereka. Bisa saja cerita ini sengaja direkayasa utk menyembunyikan kisah yg sebenarnya. Kecurigaan belanda jg dpt diredam oleh amerika melalui klaimnya bahwa pd saat itu tdp 10 kapal lain disana yg mendengar sinyal SOS SS ourang Medan.


Hmm..licik juga amerika. Walaupun belanda tau apa yg terjadi sbenarx, tp sepertix belanda gak mgkn deh mengungkap kejadian itu ke dunia internasional, kan dia bs malu, statusx sbg pencuri jg akan terbongkar.


Kalau tentang teori ufo, jd kurang menarik krn gak da clue-nya sdktpun. Teori keracunan atau konspirasi lbh sreg aja menurutq :)
Sekian dulu dech,,,

Met liburan akhir pekan yach.., :)


February 27, 2010 12:44 PM




Haryadi said...


Gw pelaut,..dan tahu kisah ini awalnya dari mulut kemulut , sekedar sinkronisasi aja


Dikisahkan bahwa anjing penjaga diatas kapal juga mati dengan mata terbelalak menatap langit...dan ekpresi wajah mayat2 perwira dan crew kapal sama halnya seperti itu: ketakutan yang amat sangat....!


SS Ourang Medan berlayar NIL Cargo alias tanpa muatan..
Mereka ditemukan tewas berkumpul di anjungan..ya benar berkumpul dimaksudkan adalah Muster Station..Saat situasi Darurat terjadi diatas kapal..maka Kapten memerintahkan Chief Officer membunyikan Suling pendek 7 kali dan 1 kali panjang( seven short and one long blast)..lalu semua crew Harus berkumpul di Muster Station untuk selanjutnya menerima perintah Kapten..

Perintahnya ada 2:

-Pertama Penanggulangan: jika ada Insiden misal kebocoran gas/pencemaran/kebakaran/orang jatuh kelaut/Medical

-kedua: Meninggalkan Kapal/Abandon Ship..


saat itu perintahnya adalah
'semua crew kumpul di anjungan, saya akan membahas Pengamanan Bahan Peledak yang saya temukan di ruang kargo dan indikasi penyusup diatas kapal''
Nah mereka sudah berkumpul tapi tidak sempat bergerak meninggalkan kapal, justeru mati bareng di anjungan.....(???)ini sabotase! dikumpulkan lalu dibunuh dengan racun untuk menutupi Misteri Muatan Illegal yang seharusnya tidak mereka bawa.

Petugas Telegraf adalah Markonis alias Perwira Radio...seharusnya jika benar situasi sudah tidak aman..mereka bisa mengirim distress signal dari radio sekoci!..tapi ini sebaliknya..sekoci tidak turun ke laut, berarti situasi tidak begitu darurat awalnya saat mereka berkumpul di anjungan.


Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi....kalian sudah menyebutkan banyak spekulasi...tapi satu hal kalian salah! gas beracun yang bersumber dari dalam kapal tidak serta merta hilang pada saat tim penolong/MV Silver Star naik ke atas kapal....mereka seharusnya tewas juga, sebab salah seorang tim sempat turun ke ruang boiler untuk memeriksa keadaan mesin..tapi dia tetap hidup untuk melaporkan bahwa suhu di engine room adalah 110'F.Ruang Mesin itu dibatasi oleh Pintu Kedap Air,..kalian pasti paham.


Tapi jika gas beracunnya portabel dan disebar hanya dianjungan tentu lain ceritanya...(menggunakan penyemprot back packed)waktu 2 jam saya rasa cukup untuk menghilangkan efek gas beracun di anjunan hanya dengan membuka 2 pintu saja..


jika kami berada dilaut dan terancam bahaya..paling tidak kami mengabarkan S.O.S ke Radio Pantai terdekat dan memanfaatkan waktu yang sangat singkat untuk Abandon Ship...tapi mereka TIDAK sempat meninggalkan kapal...disitulah letak pertanyaan awalnya..

"kenapa mereka tetap diatas kapal?"..jawabnya:"mungkin tidak sempat, atau tidak tahu jika anjuungan sedang disabotase!" sebagian crew sudah melompat duluan kelaut?dibuang kelaut tepatnya karena melawan lalu dimangsa hiu..sebab hiu sangat suka bau darah..itu pula yang mengundang kawanan hiu datang berkumpul disekitar kapal,..bukti??tidak ada ...2jam waktu yang lama untuk melihat ceceran darah hanyut dibawa arus.cukup masuk akal lah

Kapal tsb rencananya akan ditarik(towing)ke pelabuhan terdekat, namun saat mereka mempersiapkan tali untuk towing..tiba2 api muncul dari ruang kargo, mereka pun memotong tali towing dan menjauh dari SS Ourang Medan yang meledak dan tenggelam..


Ya..detonator menyala dan menimbulkan rentetan ledakan kecil lalu bom yang besar meledak!

Kalau CUMA terbakar selalunya tim penolong bisa mengatasi dengan pemadam yang ada di kedua kapal,..tidak sulit kok

Kapal kargo itu tidak membawa Gas!berbeda dengan Kapal Chemical/ Tanker(MT=Motor Tanker)


Kalau Kapal Tanker meledak,.ntu wajar..

Kapal Kargo selalunya Terbakar saja..

: -)(angelsghosts.com & google.com)


February 27, 2010 9:16 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

102 comments:

  1. gmn kabarnya bang enigma?masih sibuk kah?

    ReplyDelete
  2. pertamaxxx.. :D
    baca dulu ah

    ReplyDelete
  3. pertamax gan!!bang enigma, tolong post tentang lucid dream dong..

    ReplyDelete
  4. Akhirnya diposting thx bung enigma

    ReplyDelete
  5. @aditya : masih sibuk. tapi sudah lebih longgar dibanding kemaren2. hehe

    ReplyDelete
  6. cuma bisa melongo.... bro enigma tumben gak ada anlisanya apakah karena memang tidak ada informasi pendukung?

    ReplyDelete
  7. seperti dalam Ghost ship

    ReplyDelete
  8. @arlow : saya malah tidak suka menganalisa semua kisah. Kadang cuma pengen mendengar dan menikmati misterinya. haha. Lagipula kisah di atas tidak terlalu spektakuler kok.

    ReplyDelete
  9. Bro en,kok tampilanny beda y,hrs scroll kiri kanan?ak pk hp,browserny pk opera mini.biasany tampilan tlsnny fit to screen,tp skrg kok hrs scroll ksamping?ak jd mls bcny,cape scrolling >.< bacany bsk aj deh dkompie kntr :D

    ReplyDelete
  10. Wow.... posting keren lg nih...
    Tumben sumber dan buktinya gak sebanyak yang lalu2 ... tapi tetap menambah ke-misteriusan nya ^^ nice post

    ReplyDelete
  11. @DeeLaBelle : Nah, itu baru misteri. soalnya saya tidak mengubah apapun, cuma posting seperti biasa. hehe.

    ReplyDelete
  12. wow keren banget, sangat menarik apa yang dipaparkan oleh bung enigma.

    tapi menurut analisa saya tidak mungkin dia mati karena bahan kimia, jika dia mengangkut bahan kimia pasti mereka tidak akan menampakkan wajah yang horor seakan melihat mahkluk aneh, atau mereka bisa kabur dengan cara melompat kelaut, atau menggunakan perahu darurat bukannya malah berkumpul

    dan jika mereka di racuni oleh bajak laut, mereka akan melawan dan akan terjadi kerusakan besar, tapi dikatakan tak ada kerusakan yang serius.....

    sangat misterius, dan bagaimana para hiu bisa tau jika ada banyak makanan disana, sangat menarik

    By Aldy...

    ReplyDelete
  13. teluk malaka atauteluk benggala?

    ReplyDelete
  14. Jadi nd'ad yg tahu pasti pnybb para awak kapal itu meninggal y....?

    Apkah mungkin di dlm kapal itu mngangkut smcam tabung gas yg berisi zat brbahaya shingga mngalami kebocoran yg mnybbkn slrh awk kplx tewas scr misterius...?

    Yg mngherankan sampai anjingx jg kaku n tewas....

    Keep posting k'enigma....

    ReplyDelete
  15. akhirnya, requestku di wujudkan. Makasih bang!

    Kayaknya ga mungkin mati diracun, soalna klo diracun ga mungkin tangan menunjuk keatas. Klo kimia, keknya ga juga karena mukanya ga bakal ketakutan karena langsung mati. Mati karena nasib buruk? Orang yang ngomong itu kehabisan spekulasi kali.

    Memang aneh. Oh iya itu korbannya orang mana? Kapal pas berlabuh terakhir menaikkan apa?

    Nambah project buat bung enigma boleh kan? Nih ad beberapa. Ga dikerjain gpp kok:
    -Monster monterey
    -lucid dream
    -mahluk ningen
    -jimmy hoffa
    -klo ad ya fenomena aneh

    Oh, siapa tau ketemu. Yang pernah nanya gw ini dari acara jelajah ato bukan. Jawabannya bukan. Ini cuman nama panggilan doang (comentnya bisa diliat di catatan bung enigma tentang draco sumatranus klo ga agatha cristie)

    ReplyDelete
  16. Bro Enigma,,emank sampe skrng gak ada ilmuwan yang meneliti bangkai kapalnya,ya?? BTw,,request Davy Jones donk..

    ReplyDelete
  17. Iiiih serem banget T__T

    Tak mungkin ada yang tak terungkap..

    Suatu saat pasti misteri ini terungkap >.< Yang jadi masalah, pas misteri ini terungkap, saya masih ada ga ya? Hehehe

    Btw bang enigma, saya ngirimin email loh..Tolong di baca dan di jawab ya. Terima kasih~

    -Yukichan-

    ReplyDelete
  18. @yuki : saya sdh bales email kamu dr kmrn. Coba dicek. Kalau tdk ada, cek di spam.

    ReplyDelete
  19. Brrr... ini baru mengerikan, tapi dari ceritanya seru, seperti pertama kali sy baca cerita tentang Flying Dutchman (kalo ga salah) menyeramkan tapi tetep seru :D

    @DeeLaBelle :
    mungkin ada settingan Operamininya yang berubah, coba liat mobile view-nya dicentang ga? kalo dicentang harusnya fit to screen, ga scroll kiri kanan.

    pencet angka 1 nanti muncul pilihan mobile viewnya. Semoga membantu

    ReplyDelete
  20. Wau cerita terseram tahun ini

    ReplyDelete
  21. @deeLabelle, Q jg pke opmin, cba aj pncet 1, mobile view nya centangY diilangin,

    ReplyDelete
  22. 'Inspiration bears Motivation' ....
    s'buah Misteri tetaplah akan sllu mnjadi teka-teki dn mnyisakan bnyk prtanyaan...
    Sehingga Misteri akan menjadi Inspirasi bagi para manusia untuk termotivasi mencari&memecahkan jawaban dari misteri2 yang ada....

    ReplyDelete
  23. Dikimon,

    hmm.. Menakutkan bgt. Apa lagi kl ada saksi hidupnya. Btw, bnr jg d ponsel sy jg skrg bacanya musti geser kanan, geser kiri nih.jd aneh. dpt 2 misteri hari ini.

    ReplyDelete
  24. hiiiii saya jadi ketakutan sendiri membaca kisah ini bang enigma

    ReplyDelete
  25. mas enigma tolong ulas tentang President's Book dong.

    ReplyDelete
  26. Oh iyaaa! Masuk sepam >.< *jitak Yahoomail*

    Oke deh..makasih ya udah di jawaaab :D

    -Yukichan-

    ReplyDelete
  27. @deelabelle: ternyata di opera mini, saya jg hrs geser kanan kiri. Tp saran anonym di atas tepat. Mobile view diuncheck. Hehe. Saya salah dimana ya?

    ReplyDelete
  28. lUMAYAN SERAM OM...saya sampe merinding waktu membacanya !!


    PEACE!!!!!!

    ReplyDelete
  29. ada sdikit "misteri" di posting yg ini bro...kayanya anda sdikit "brubah" heheheheeee....
    btw, selat malaka? teluk benggala?
    jd inget legenda Harimau Malaka, tp yg ane dgr, legenda itu sebelum '48...
    satu hal yg buat ane menarik, bro En nulis "mereka tidak menemukan luka atau tanda-tanda kekerasan lainnya.." hiu nya berarti tertarik sama hal lain, bukan mayatnya...bukannya hiu tertarik sama bau darah/daging???
    lagi juga, mayatnya ngumpul diatas kapal, bukan "berserakan" di sekitar kapal...
    so, gimana dong nih...???

    ReplyDelete
  30. Brother,ini kisah kapal Indonesia bkn?

    ReplyDelete
  31. semakin misterius... dan penasaran...

    ReplyDelete
  32. @Bang tio : tidak ada informasi lanjutan mengenai kisah ini. Jadi detailnya saya tidak tahu.

    ReplyDelete
  33. @Aw3ng : "mayatnya ngumpul diatas kapal, bukan "berserakan" di sekitar kapal...
    so, gimana dong nih...???"

    Saya tidak bisa menemukan kata mayat berserakan di tulisan di atas, jadi maksud kamu adalah ??

    Soal Teluk Benggala, saya tidak salah kok. Teluk benggala itu adalah sebuah teluk yang letaknya di peta di atas selat malaka. Itu cuma kalimat hiperbola yang saya kutip dari sebuah sumber.

    lalu soal hiu yang mengelilingi kapal walaupun tidak ada darah bukankah disitu letak misterinya ? hehe

    ReplyDelete
  34. @Anonymous said Brother,ini kisah kapal Indonesia bkn?

    Bukan. ini kapal barang Belanda.

    ReplyDelete
  35. wuaaahhh, saya ketinggalan banyak info bagus....

    sudah lama ndak baca blog bung enigma, ternyata tetap bagus.... apalagi yang ini.... siiiip

    saya suka misteri, karena misteri ada untuk dinikmati......


    -JV-

    ReplyDelete
  36. Owh jd awak kapal nya jg b'kbangsaan Belanda?

    ReplyDelete
  37. Kemungkinan besar. Tidak ada informasinya.

    ReplyDelete
  38. klo ini direkayasa, katanya disana ada selusin kapal yg mendegar, memangnya sekitar situ tidak ada yg dijadikan saksi mata untuk meyakinkan cerita ini? apa lagi terjadi ledakan.

    ReplyDelete
  39. oiya tambahan mr enigma, kalo misalkan kisah itu benar knp kapal nya tidak dicari saja didalem laut nya, sip cerita yg lumayan membinggungkan ^^

    ReplyDelete
  40. klo mnrt saya' kmngkinan kematian ini adlh pmbunuhan! n mgkn pmbnuhan ini dilakukan beberapa org! krn dpt membuat sjmlh korban smp tak brkutik! n aplgi dgn mdh si pelaku mmbnh korbn( ga ad luka pada bgian korban) klo bnr2 pr krban tdk ad
    luka? bs jd dibnh dgn asap beracun kah? dan yg plng janggal adlh hiu2 yg brmunculan? bs brkaitan kuat dgn pmbunuhan jg! mngkin ada bbrapa korban tlh dibnh n dlmprkan kelaut..
    bang enigma.. smp dsni dulu cm3ntny

    ReplyDelete
  41. serem bener gan...

    itu emang kenyataan yah??

    bener2 mengerikan gan

    ReplyDelete
  42. Yang saya curigai adalah Flying Dutchman dan Alien, linknya udah dipasang dgn nama The Misteryous Enigma. thank you

    ReplyDelete
  43. Wahhh.. makin rame aja nih comment nya.. haha..
    tetep ciayooo!

    ReplyDelete
  44. Thanks ya sunda-online, anonymous & bro en. Hayo lho bro en, mostingny gmn itu sampe bs brubah tampilanny? hehe

    ReplyDelete
  45. jangan dengerin mister,, keep posting aja...
    semua postinganmu bagus..!!

    ReplyDelete
  46. Myheart2105 berkata....
    Xhiuh... horor banggetz,,
    Tapi kayaknya data2nya kurang yach...memang dah kurang dr sononya.

    Di wikipedia jg dah ada beberapa kemungkinan penyebab kematian seluruh awak kpal SS Ourang Medan:

    1. Kapal itu mengandung zat kimia yg berbahaya kayak potassium sianida dan nitrogliserin. Keduanya diklaim oleh wikipedia menimbulkan asfiksia alias sesak napas dan... mati deh..
    Setelah aq tanya om Google, ternyata Potassium sianida memang bisa menyebabkan asfiksia karena sianida berikatan dgn hemoglobin, and kemudian O2 gak bs berikatan dgn hemoglobin en akhirx kadar O2 dlm darah berkurang drastis yg menyebabkan otak kekurangan oksigen hebat, en kemudian mati deh batang otaknya alias... apa ya? Me..medusa.. apaaa gt..oh yes, medula oblongata. Knapa bs metong? Karna medula oblongata adlah pusat pngatur jantung ma paru2. So jantungx n paru2x bs brhnti berfungsi,,metong..deh,,

    Tapi yg utk nitrogliserin q gak nemu da asfixia'nya, karena yg q temukan nitrogliserin mempunyai efek menurunkan tkanan darah. Tp menurutq sih, matinya bkan krna asfixia tp karena tekanan darah yg kelewat rendah...pusing2 gt.. en lama2 mati jg deh,,

    Tp q pikir2, jika ini bukan rekayasa alias hoax atau bs ja konspirasi, maka menurutq kapal itu memuat hasil alam kayak ubi kayu or ubi jala dari India dan skitarx sono. Knapa? Sebab, jika lama2 dbiarkan, maka ubi2 dr India itu akan membusuk dan mengeluarkan gas yg mengandung sianida (silakan tanyakan k om Google :p). Para awak kapal tdk menyadarix dan akhirx mati keracunan...kesian T_T

    Kemungkinan brikutx menurut wikipedia adlah keracunan akibat karbon monoxida alias CO dr mesin kapal. Dan itu jugalah sbabx kapal terbakar, ya karena kebakaran mesin. Stlh q google, trnyata CO jg menyebabkan asfixia dan berakhir pd kmatian.
    Hmm..kayaknx teori keracunan CO lbh meyakinkan krn bs menerangkan why kapal terbakar..
    Tapi, teori ubi kayu-ubi jala jg gak menutup kmungkinan, tp alangkah lbh yahudnya..kalau penyebab kmatian awak kpal adlah kombinasi keduanya. Hehehe..maksa banggetz,, :p
    Soal knapa bnyak hiu2 yg berkeliaran, mgkn aja kan ada awak kpal yg jatuh kelaut, trus mengundang hiu2 mendekat.
    Teori slanjutx adalah: hoax, cerita ini adlah fiktif belaka :p
    Why? Krna dr cttn pihak rgistrasi kpal belanda, ndk da tuch yg namanya SS Ourang Medan. So, menurut wikipedia, ni merupakan hoax sj dgn tujuan cr sensasinya Amerika aja.

    Pertanyaan aq: buat apa angkatan laut amerika bikin brita bohong? Kalau cuma mau bkin sensasi apa untungnya?

    Atau mgkn ja ini sebuah konspirasi??
    What? Gak mungkiiin.., kapalnya aja gak ada bukti trdaftr di belanda.
    Eits, tunggu dulu. Bisa aja kan, kapal Ourang Medan itu ada, tp sengaja dirahasiakan ma pmerintah belanda?
    Utk apa? Jawab: untuk melaksanakan misi rahasia,,,misalnya, ini misal lho, misi menyelundupkan emas2 dari India yang pd itu baru lepas dari penjajahan Inggris (India merdeka tgl 15 Agustus 1947).
    Mgkn aja amerika dalang dibalik ini semua. Amerika membajak kapal SS Ourang Medan dgn alasan tertentu (mgkn berupa benda, spt emas, atau bs juga dokumen2 penting) dan membunuh semua awak kapal untuk menghilangkan jejak. Untuk menghilangkan kecurigaan Belanda, maka Amerika mengarang cerita itu. Knapa? Soalnya gak ada bukti yg bs membenarkan kisah aneh itu. Dlm laporannya ada 11 kapal yg sdg berada dsiktar itu, 2 diantaranya punya Amrik, tp 9 yg lain tdk ada info ttg mereka. Bisa saja cerita ini sengaj
    a direkayasa utk menyembunyikan kisah yg sebenarnya. Kecurigaan belanda jg dpt diredam oleh amerika melalui klaimnya bahwa pd saat itu tdp 10 kapal lain disana yg mendengar sinyal SOS SS ourang Medan.
    Hmm..licik juga amerika. Walaupun belanda tau apa yg terjadi sbenarx, tp sepertix belanda gak mgkn deh mengungkap kejadian itu ke dunia internasional, kan dia bs malu, statusx sbg pencuri jg akan terbongkar.
    Kalau tentang teori ufo, jd kurang menarik krn gak da clue-nya sdktpun. Teori keracunan atau konspirasi lbh sreg aja menurutq :)
    Sekian dulu dech,,,
    Met liburan akhir pekan yach.., :)

    ReplyDelete
  47. Bravo myheart2105, kamu telah bersusah payah mencari data tambahan. Layak jadi komentar pilihan. Lagipula, kamu sudah terdengar seperti inoshi. hehe.

    ReplyDelete
  48. Awal bacanya q tertarik bgt,smpe akhrnya..yah..cm sbuah ksah ta?pdhal menarik skali.btw mas enigma,the flying dutchman tu trmasuk ksah ato emg dlu ada kpalnya?q prnah bc kptenya brnama sp gt,tp yg trknal kq si davy jones yah?sori oot,hbs lgenda yg mnarik bt q.kpan2 bhas y mas enigma?

    ReplyDelete
  49. @myheart2015
    Oiya,kyaknya ada yg kurang deh..pnjelasan ttg ekspresi myat2 yg sprti kget n menunjuk k arah lngit gmana?

    ReplyDelete
  50. Hikz...air mataku mengalir....T_T
    Thx...mr.Enigma, q senaaaanggg banggetz!

    Tapi, trus t'rang sj, q belum ada apa2nya...

    Keep spirit! Keep spirit! *_*v

    ReplyDelete
  51. kamu lupa nyebut nama kamu myheart2105. but i know it is you.

    ReplyDelete
  52. Myheart2105 berkata...
    @Vahn Saryu
    Kalo brdsrkn teori kracunan sianida, nitrogliserin en CO, Q rasa tu karena efek sesak napas hebat yg dialami ma awak kapal, q rasa mereka bukanx menunjuk k langit, tp karena ktika mrka sesak napas mreka memegangi leherx atau dadanya , ya kyk org yg sesak napas gt lah,,
    Trus, xpresi wajah. Kalau orang mati sesak napas q rasa dia akan mengalami kepanikan dan ketakutan luarr biasa. Makanya xpresi wajahnya jd kyk gt..
    Cb tanya om google, ketika ssak napas, otot mengejang krna panik, tp tiba2 kmatian menjelang.. (Cielah.,bahasaku,,'menjelang...' :p), so jd kaku deh badanx, aliar rigor mortis...
    Tp bs ja pendapatq salah..maav ya kalo salah.. ^_*v

    @Mr Enigma: yup, saking gregetnya, jd lupa nulis nick sendiri :p

    ReplyDelete
  53. hebat Myheart2105, saya tidak mampu membuat hipotesa seperti itu

    ReplyDelete
  54. TT^TT
    Se..Seram!! *akhirnya balik k blog ini lg! :)
    Seram bgt... aduh.. kalo gitu sih yg ada di pikiranku cuma supranatural..

    ReplyDelete
  55. mas enigma dan mas myheart2015 yang jago analisis...
    apakah racun tersebut bisa datang, bunuh, dan pergi dengan sangat cepat (dalam hitungan jam) ?
    karena tidak ada kabar bahwa awak kapal yang berusaha menolong mengalami keracunan juga saat berada di atas kapal...

    ReplyDelete
  56. seru seru analisisnya masuk akal mua jadi tambah penasaran...

    ReplyDelete
  57. @keehl : Sepertinya sibuk sekali, hehe.

    @Ojir : bisa saja. Karena kapal silver star baru nyampe setelah beberapa jam (beberapa sumber bilang 3 jam).

    ReplyDelete
  58. postingnya menyeramkan, apa lagi kalau ada foto - foto mayat yang berda di kapal itu makin menyeramkan saja. menurut saya mereka mati karena keracunan gas.

    ReplyDelete
  59. Myheart2105 berkata...
    @Ojir...wah knapa ya? Q rasa karena mgkn gas beracunx dah ilang~tapi q gak bs pastikan knapa gas bracunx ilang. Mgkn potassium sianidanya kena air shg bereaksi jd zat lain yg tdk beracun lg. Atw kalau itu gas CO berarti pembakaranx dah selesai, so gak trbntuk CO baru,
    Mgkn aja kan tim penyelidiknya datang berjam2 setelah mendengar SOS SS ourang Medan.

    Tapi kalau itu cuma hoax atau konspirasi, knapa tim penyelidik kok gak ikut2an mati, gak ngaruh q rasa, karna kisahx kan cm rkyasa :p

    Kalau kurang puas hrp maklum ya :)

    ReplyDelete
  60. Baru sempat buka blog Enigma hari ini...
    Saya menikmati kisahnya..kemisteriuasannya....dan memang berencana 'just enjoy the story'...dan sampai pd komen Myheart2105, wah, mantap juga analisisnya..
    Saya mengucapkan selamat kpd Myheart2105..good work bro ^_^
    Motivasi kamu luar biasa...harus dicontoh nih.

    Bro Myheart2105 numpang jawab ya, aku turut tergelitik:
    @ojir: kalau teori keracunan, hmm..saya rasa kenapa regu penolong tidak ikut teracuni atau tidak meninggal adalah: jika gas beracunnya msh ada, itu karena kadar/dosis racun belum sampai dosis lethal/mematikan, mgkn bisa disebabkan singkatnya waktu mereka berada di atas kapal, saya asumsikan kurang dari 30 menit, shg dosis lethal belum tercapai. Oya, saya rasa gas ini membunuh secara diam2, sebagai contoh gas karbon monoksida (CO) akibat pembakaran tdk sempurna, misalnya spt yg dikemukakan Myheart2105, gas CO ini tidak berasa dan tidak berbau, tp jika terhirup, dia akan menjenuhkan hemoglobin, shg tak ada/sangat sedikit O2 yg diikat. Ini menimbulkan rasa lemas, kemudian sesak napas, dan seperti yg Myheart2105 bilang, orang bersangkutan akan panik,ketakutan dan akhirnya bisa mati dalam keadaan otot kontraksi: rigor mortis.

    Saya perkirakan lamanya waktu papar di kapal itu dari kalimat ini:

    ''Belum lagi tim itu selesai
    memeriksa, sebuah kejadian
    aneh kembali terjadi. Entah
    apa sebabnya, kargo yang ada
    di atas kapal itu
    mengeluarkan nyala api. Api
    segera menjalar ke bagian
    lain dari kapal.
    Dalam hitungan menit, tim itu
    segera menyelamatkan diri ke
    kapal kecil mereka dan
    segera mengayuh. Lalu, SS
    Ourang Medan meledak
    dengan suara keras. Ledakan
    itu terdengar hingga
    seperempat mil dan
    membunuh beberapa hiu yang
    kelaparan.''

    Jika berdasarkan teori konspirasinya Myheart2105, saya kira jika ada kejanggalan2 dlm kisah yg diceritakan angkatan laut Amerika, tdk menjadi masalah, karena toh ceritanya adalah rekayasa utk menutupi kejadian yg sesungguhnya.

    ReplyDelete
  61. Gw pelaut,..dan tahu kisah ini awalnya dari mulut kemulut , sekedar sinkronisasi aja

    Dikisahkan bahwa anjing penjaga diatas kapal juga mati dengan mata terbelalak menatap langit...dan ekpresi wajah mayat2 perwira dan crew kapal sama halnya seperti itu: ketakutan yang amat sangat....!
    SS Ourang Medan berlayar NIL Cargo alias tanpa muatan..

    Mereka ditemukan tewas berkumpul di anjungan..
    ya benar berkumpul dimaksudkan adalah Muster Station..Saat situasi Darurat terjadi diatas kapal..maka Kapten memerintahkan Chief Officer membunyikan Suling pendek 7 kali dan 1 kali panjang( seven short and one long blast)..lalu semua crew Harus berkumpul di Muster Station untuk selanjutnya menerima perintah Kapten..
    Perintahnya ada 2:
    -Pertama Penanggulangan: jika ada Insiden misal kebocoran gas/pencemaran/kebakaran/orang jatuh kelaut/Medical
    -kedua: Meninggalkan Kapal/Abandon Ship..
    saat itu perintahnya adalah
    '' semua crew kumpul di anjungan, saya akan membahas Pengamanan Bahan Peledak yang saya temukan di ruang kargo dan indikasi penyusup diatas kapal''
    Nah mereka sudah berkumpul tapi tidak sempat bergerak meninggalkan kapal,
    justeru mati bareng di anjungan.....(???)ini sabotase! dikumpulkan lalu dibunuh dengan racun untuk menutupi Misteri Muatan Illegal yang seharusnya tidak mereka bawa.

    Petugas Telegraf adalah Markonis alias Perwira Radio...seharusnya jika benar situasi sudah tidak aman..mereka bisa mengirim distress signal dari radio sekoci!..tapi ini sebaliknya..sekoci tidak turun ke laut, berarti situasi tidak begitu darurat awalnya saat mereka berkumpul di anjungan.

    Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi....kalian sudah menyebutkan banyak spekulasi...tapi satu hal kalian salah! gas beracun yang bersumber dari dalam kapal tidak serta merta hilang pada saat tim penolong/MV Silver Star naik ke atas kapal....mereka seharusnya tewas juga, sebab salah seorang tim sempat turun ke ruang boiler untuk memeriksa keadaan mesin..tapi dia tetap hidup untuk melaporkan bahwa suhu di engine room adalah 110'F.Ruang Mesin itu dibatasi oleh Pintu Kedap Air,..kalian pasti paham.
    Tapi jika gas beracunnya portabel dan disebar hanya dianjungan tentu lain ceritanya...(menggunakan penyemprot back packed)waktu 2 jam saya rasa cukup untuk menghilangkan efek gas beracun di anjunan hanya dengan membuka 2 pintu saja..

    jika kami berada dilaut dan terancam bahaya..paling tidak kami mengabarkan S.O.S ke Radio Pantai terdekat dan memanfaatkan waktu yang sangat singkat untuk Abandon Ship...tapi mereka TIDAK sempat meninggalkan kapal...disitulah letak pertanyaan awalnya..
    "kenapa mereka tetap diatas kapal?"..jawabnya:"mungkin tidak sempat, atau tidak tahu jika anjuungan sedang disabotase!" sebagian crew sudah melompat duluan kelaut?dibuang kelaut tepatnya karena melawan lalu dimangsa hiu..sebab hiu sangat suka bau darah..itu pula yang mengundang kawanan hiu datang berkumpul disekitar kapal,..bukti??tidak ada ...2jam waktu yang lama untuk melihat ceceran darah hanyut dibawa arus.cukup masuk akal lah

    Kapal tsb rencananya akan ditarik(towing)ke pelabuhan terdekat, namun saat mereka mempersiapkan tali untuk towing..tiba2 api muncul dari ruang kargo, mereka pun memotong tali towing dan menjauh dari SS Ourang Medan yang meledak dan tenggelam..

    Ya..detonator menyala dan menimbulkan rentetan ledakan kecil lalu bom yang besar meledak!
    Kalau CUMA terbakar selalunya tim penolong bisa mengatasi dengan pemadam yang ada di kedua kapal,..tidak sulit kok

    Kapal kargo itu tidak membawa Gas!berbeda dengan Kapal Chemical/ Tanker(MT=Motor Tanker)

    Kalau Kapal Tanker meledak,.ntu wajar..
    Kapal Kargo selalunya Terbakar saja..


    :-)(angelsghosts.com & google.com)

    ReplyDelete
  62. Bravo brother Haryadi. Ini jawaban yang sangat melengkapi dan mencerahkan. Saya taruh di komentar pilihan. thanks ya.

    ReplyDelete
  63. kok postingan mas heriadi ada yg diremove mr.Enigma?

    ReplyDelete
  64. oh iya, nggak sengaja kedelete kayaknya. haha. Mas heriyadi bilang thanks, dia sdh buka postingan dari sore tapi baru bisa komentar sekarang karena offline 5 jam.

    Maaf mas haryadi

    ReplyDelete
  65. ehm, kayaknya mereka kena genjutsu. itu lho jurusnya ninja jepang sono....

    ReplyDelete
  66. kutukan setan laut...

    ReplyDelete
  67. Ariel 10 said...
    Waduh om, kali ini Ariel tidak bisa berkata apa-apa.Cuma bisa berkata WoW kasus yang rumit.Tapi @Om Haryadi "Nice AnSwer" kok bisa segitu taunya ,Om Haryadi lihat waktu terjadinya?

    ReplyDelete
  68. komen saya setelah baca halaman ini??

    HIKS...HIKS.....HIKSSSS....

    kenapa?
    karena saya ketinggalan... saya rasa saya juga belum mampu menganalisa secerdas temen2 "enigma brotherhood" yg lain....

    tapi ini peluang bagus buat belajar :)
    mas enigma, akhir2 ini sepertinya mas lebih beremosi waktu membalas komen2 :) halaman2 awal, mas enigma masih serius menjawab komen2
    i like it!! i like it!!! :D

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  69. ueh...waw..waw...nambah lagi deh pengetahuan (sekian kalinya!) thx bang enigma... :eager:

    ReplyDelete
  70. saya setuju dengan pendapat mas Haryadi. kebetulan saya jg pelaut......tapi yang pasti kisah misterius ni memang belum terpecahkan secara pasti.....

    ReplyDelete
  71. oh iya bener,..gw salah pencet kmaren..jadi kehapus postingannya...hahhhaahaa..thx gan..thx hendra,..
    and buat ariel...
    ruang lingkup kapal itu kecil namun rumit, jika kami berlayar ke suatu pelabuhan.yang jaraknya memakan waktu 1bulan, maka pensil kami sdh sampai ditujuan.....mudahnya:andaikan anda seorang pelaut seperti saya..tentunya analisa kita tidak jauh berbeda..tapi jika anda bertanya tentang cabin pilot di pesawat terbang...sepuluh jari saya angkat tangan....jadi komen saya diatas hanya analisa rutinitas saya sebagai pelaut..itu saja

    ReplyDelete
  72. sepakat sama bung hariyadi..
    Right answer by the right person. :)

    Bng Enigma, kalo ada misteri tentang keruntuhan bangunan, saya diajak yak. :D Kebetulan itu makanan sehari-hari saya di sini.

    Udah bahas misteri keruntuhan tower WTC blum, bung? Kalo belum, ditunggu yak.

    Salam

    ReplyDelete
  73. yg bs bikin banyak awak mati d tempat yg sama, dgn ekspresi yg sama (bahkan anjing jg) uda pasti hal2 supranatural! terlalu menyeramkan kalo cm keracunan. hiu aja pada dateng. hiii...

    ReplyDelete
  74. om enigma cuma mau menambahkan info. Postingan diatas mengatakan kalo rigor mortis adalah kekakuan sebelum orang meninggal. Tapi sebenarnya, Rigor mortis adalah istilah yang digunakan dalam kedokteran. Jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah kaku mayat. Jadi, ketika orang meninggal, biasanya dalam waktu beberapa jam, otot2 (tubuh) mayat akan jadi kaku (kaku mayat). Hal ini dikarenakan ketidaktersediaan ATP (energi yg digunakan pada tingkat sel) pada tubuh jenazah. Tapi dalam 24 jam bisa lemas lagi karena protein2 dalam sel sudah terurai. Pada manusia yang hidup, otot berkontraksi dan memerlukan ATP (baik untuk kontraksi maupun untuk relaksasi otot).Namun pada orang meninggal, tubuhnya tidak mampu memproduksi ATP lagi. Jadinya tidak ada bahan bakar bagi otot untuk kembali relaks.

    ReplyDelete
  75. Amanda, kamu benar. Saya salah menggunakan istilah itu. Jd sdh saya hapus dr postingan di atas. Thks ya.

    ReplyDelete
  76. @mas enigma:
    Drmana mendapatkan info bahwa mayat2nya mengalami rigor mortis? Jika memang benar terbaca seperti itu dari sumber, maka mas enigma bisa jadi memang benar. Rigor mortis dapat berlangsung beberapa jam, atau bahkan 24 jam. Sedangkan jarak waktu datangnya tim penyelamat dgn menerima s.o.s dr SS Ourang Medan, sepertinya tdk terlalu lama. Mgkn kira2 dlm 1 atau 2 jam. Kata mas Enigma 3 jam menurut beberapa sumber lainnya. Nah ini kan tetap tdk bs menolak rigor mortis. Dalam rentang waktu sekian itu, rigor mortis msh ada. So, gak perlu dihapus.

    Tapi stlh aku bc2 di intrnet aku memang tdk/belum mnemukan ttg keadaan mayat2nya yg rigor mortis.

    Oiya, saat browsing2 aku ketemu tulisan ini di-linkback oleh Lintasberita.com .
    Ini linknya, cekidot.
    www.lintasberita.com/Entertainment/Mistis/misteri-kapal-ss-ourang-medan-horor-di-atas-lautan_1

    Mmg kalo utk urusan misteri, blog ini jagonya!

    -grimj-

    ReplyDelete
  77. Kondisi mayat yg rigor mortis saya ketahui dr buku yg dulu pernah saya baca. Jd memang bkn dr smbr internet. Tp mungkin lbh baik dihapus utk tdk menimbulkan kesalahpahaman. Lgpula konsisten dgn smbr internet.

    ReplyDelete
  78. kapal belanda ya... kok namanya ourang medan (orang medan)? saya melihat seperti ada sebuah konspirasi disini

    trus kalo rigor mortis, munculnya 12 jam setelah kematian... kalo yang langsung muncul begitu meninggal itu cadaveric spasm. dan itu mungkin aja terjadi

    ReplyDelete
  79. menarik postingannya mas enigma, tapi sayang saya baru ketemu n baca blog ini sekarang, hehehehe....

    saya mau sedikit meluruskan tentang teori yang dah dikemukakan, yaitu teori tentang gas beracun (mohon maaf sebelumnya, karena saya ngerasa ini sedikit bertentangan sama ilmu yang saya pelajari)

    kemungkinan keracunan gas seperti sianida dan CO memang bisa saja terjadi, tapi dari kasus2 yang saya dapat dan saya pelajari, keracunan gas2 tersebut hanya mungkin tejadi pada ruangan tertutup (mungkin bisa menjelaskan peristiwa pada ruang peta/ruang rapat), lalu bagaimana dengan kejadian di dek/anjungan, padahal kita tau tempat itu daerah terbuka (sebagai ilustrasi, kita sering disarankan untuk sedikit membuka jendela mobil bila mobil diparkir dan AC mobil dibiarkan hidup untuk mencegah terjadinya keracunan CO)?? jika memang ini terjadi, berapa banyak dibutuhkan dosis gas sianida atau CO untuk menyebabkan kematian di ruang terbuka?? pastinya dibutuhkan gas dalam dosis yang sangat besar secara dalam jumlah banyak secara bersamaan untuk memungkinkan hal itu terjadi kan?
    lalu yang harus diingat, pada kematian akibat gas2 tersebut, kulit pada mayat akan berwarna merah terang (cherry red appearence), bukan pucat seperti yang dikabarkan, hal ini terjadi karena meningkatnya kadar cyanmethaemoglobine di dalam darah, kemudian yang terakhir, yang ini berdasarkan teori dan sedikit pengalaman (hehehe...), gas2 beracun biasanya akan mengakibatkan mati lemas, yang berarti mayat2 tersebut tidak akan mati dengan posisi tangan yang mengacung dan wajah yang menatap ngeri.

    lalu untuk cadaveric spasm dan rigor mortis, rigor mortis adalah kaku mayat yang dapat timbul dalam beberapa jam (biasanya dalam 2 jam udah ada tapi baru pada bagian akral aja, kaya jari tangan dan jari kaki) sampai 12 jam dan akan kembali lemas setelah mayat melewati 24 jam.
    lalu cadaveric spasm adalah kekakuan yang timbul sesaat setelah seseorang meninggal dan hanya terjadi pada mayat2 yang sebelumnya melakukan aktivitas berat seperti olah raga berat (tinju, berenang, dll)
    jadi menurut saya kedua hal diatas bisa saja terjadi pada kasus ini.

    yah...itu cuma penjabaran aja sih dari apa yang saya tau, bukannya berlagak pinter, tapi cuma mau ngeluarin sedikit pendapat aja, lagian walaupun ada beberapa hal yang dapat dijelaskan secara ilmiah, tapi justru hal2 yang gak bisa dijelaskanlah yang membuat suatu misteri itu semakin menarik, ya gak mas??

    from Qi di Pekanbaru

    ReplyDelete
  80. btw, setelah membaca komen2 balasan untuk myheart2105 saya baru tau klo dy cwo.... saya pikir cwe.... hahahaha! :D

    ps : maaf, yah bro myheart2015.... peace!

    ReplyDelete
  81. Ada bagian yang sepertinya di dramitisir:

    Jika ada orang yang menyadari dirinya hampir mati dan akan mengirimkan kode morse, maka beliau akan mengirimkan pesan yang berguna seperti tolong, atau koordinat kapal mereka karena sirene SOS sudah dibunyikan, atau menjelaskan keadaan berbahaya yang mereka alami seperti apa (secara singkat tentunya), atau petunjuk agar orang lain dapat mengerti apa yang terjadi, daripada mengirimkan sesuatu yang dramatis "Aku hampir mati" yang tidak akan berguna apa2 bagi dirinya atau awak lain

    Sangat sulit membayangkan penyebab tragedi ini, bahkan dengan teori gas beracun. Gas sianida atau karbon monoksiada ini tentu saja tidak membunuh secara spontan kan? Logisnya mereka memilki waktu untuk berbegas menuju sekoci setelah sadar menghirup gas beracun

    Tim penyelamat Silver Star harusnya mencium bau CO jika penyebab kebakaran adalah CO

    Jika ada yang menghidupkan detonator, detonator apa yang dapat dipacu dari jarak jauh pada masa itu, sangat jauh sehingga kapal Silver Star tidak melihat ada objek lain di sekitar mereka?


    Jika ini cerita US untuk menutupi sesuatu, kenapa tidak memilih cerita masuk akal seperti kecelakaan, malah cerita yang dramatis seperti ini


    Jadi sangat sulit membayangkan cerita ini benar - benar terjadi (-_-)

    ReplyDelete
  82. Ni John Doe,
    Ada yang pernah melihat film King Kong yang terbaru itu? Di situ ada adegan dimana kapten kapal memarahi anak buahnya yang tidak mengunci lemari penyimpan obat bius dengan benar, sehingga ada satu yang menggelinding ke lantai, untung tidak pecah.
    Kapten kapal berkata,"Apa kamu ingin membius kita semua di kapal?!!"
    Dari adegan itu saya membayangkan, kalo kapal SS ourang medan menyimpan bahan kimia beracun, kemudian terjadi kecelakan (bahan kimia tersebut mencemari kapal).

    ReplyDelete
  83. Ni John Doe lagi,
    Sebagai tambahan, ada beberapa bahan kimia beracun yang efeknya mungkin susah kita bayangkan (membunuh seketika, atau membuat orang yang tercemar bertingkah aneh, dll).
    Beberapa tahun lalu saya membaca berita di koran, seorang polisi yang secara sembrono memeriksa di TKP juga ikut meninggal, karena sembarangan mencolek bahan kimia di TKP lalu secara spontan mencium baunya (yang ternyata sianida).
    Oh ya, bukannya gas CO tidak berbau? sehingga banyak korban orang yang keracunan gas CO di dalam mobil. Ada juga beberapa senjata kimia yang tidak berbau.

    ReplyDelete
  84. jujur aja meski baca artikelnya siang2, gw merinding, dan gw bukan seseorang mudah takut akan hal misterius... kayaknya misteri ini bakalan tetap jadi misteri.

    ReplyDelete
  85. tolong bahas tentang hilangnya seluruh awak kapal dagang bernama Marie Celeste donk.
    =D

    ReplyDelete
  86. benar2 merinding!! ceritanya seram. maju terus buat enigma.

    ReplyDelete
  87. Om Enigma asli blognya enak bangeet dibaca ampe mata saya pedih tapi penasaran ampe ga habis haha, topik fav saya adalah ghost ship dan coral castle..ampe googling siapa tau ada rahasia nya hehe. tolong bahas fenomena pocong yg sempet tertangkap camera HP yah,sampe ada liputan nya di Tv. Biar beritanya dah lewat tapi saya masih penasaran itu hoax apa bukan, apalagi yg muncul di bogor..bener bener mirip Smeagol Lord of the ring, berikut link nya :

    Pocong yg masuk liputan berita di Tv:

    http://www.youtube.com/watch?v=keyuTm5qNB8

    Pocong yg mengesankan yg mirip dgn Smeagol :
    http://www.youtube.com/watch?v=_mn8AE_R5os

    mudah mudah bisa di kupas disini..makasih yah Om Enigma..

    Ricky

    ReplyDelete
  88. hehe belum sempet di reply yah questions saya om yah hehe..? ditunggu yah Om..

    ReplyDelete
  89. Question km yang mana ya? Hehe. Sori bro kalo kelewat.

    ReplyDelete
  90. kena mantra avada kedavra-nya lord voldemort..
    wokakakak

    ReplyDelete
  91. gw pernah baca komik dengan cerita yg sama... hmm.... berasal dri sinikah ceritanya?

    ReplyDelete
  92. "Entah apa sebabnya, kargo yang ada di atas kapal itu mengeluarkan nyala api."

    MyHeart2105 mengutip dari wikipedia kalau kapal itu mengandung sat kimia yang berbahaya semisal potassium sianida dan nitrogliserin.

    Nitrogliserin (C3H5N3O9) adalah zat kimia yang banyak digunakan sebagai bahan peledak (Nobel mengembangkan jenis peledak ini kan) dan mudah terpicu. Inikah yang menyebabkan ledakan? Sulit membayangkan ini yang menimbulkan asfiksia terutama pada orang-orang yang berada di dek terbuka.

    Almarhum Om-ku yang pelaut kayaknya pernah cerita deh..

    -N-

    ReplyDelete
  93. Uhhh ngeri tpi keandaan mrka cndrung srprti menunjukkn sesuatu yng munkin tidk dipecayai merka wujud si hal ini kerana posisi mimik muka dan keadaan namun yang mmengelirukan bgaimne si anjing pn bisa bgitu anjing mna mngetahui apa apa dn musthil juga ank ank kpl yang tua aja yang menaiki kpl itu gua kata begitu kerana mustahil yang muda atau kuat semangt bisa mati seaakan akn terkena heart attack pasti sesuatu yang gila menakutkakn

    ReplyDelete
  94. atau itu dibom dari udara?(saya dapet teorinya dari Call of Duty:Black Ops dimana sebuah helikopter mengebom para protagonis yang didalam sebuah ranpur dengan gas)

    ReplyDelete
  95. @Viktor Reznov:
    suka main COD Black Ops juga ya? Udah tamat mode campaign? habis campaign tamat kok tau2 masuk mode zombie ya? apakah itu masih bagian dari campaign?

    Salam,
    Alex Mason

    ReplyDelete
  96. @Alex Mason
    Emang gitu bro,setelah campaign zombie.

    Salam,
    Viktor Reznov

    ReplyDelete
  97. Back to the topic #geplak
    Bisa saja itu diserang oleh pasukan komando khusus,yang sudah berpengalaman(mungkin SAS,USMC Raiders,sekelompok pejuang Indonesia,atau special forces belanda )yang dengan cepat membajak kapal tersebut(3 jam,lebih dari cukup untuk menyerbu dan menghilangkan bukti bagi pasukan khusus berpengalaman).Mungkin saja lalu itu dibom oleh mereka,dan menurut saya lebay banget kalo tidak ada bekas darah.
    Nah ini satu konspirasi lagi,apa yang dibawa Ourang Medan sehingga mereka(pembajak) menyerbu?
    -Penyelundupan senjata(mungkin untuk Indonesia,kan waktu itu Agresi Militer Belanda tengah berkobar,atau bisa saja sebaliknya menyuplai belanda karena kapal itu milik belanda)
    -Gas beracun/senjata biologis(mungkin milik Jepang karena ada Unit 731 di Manchuria)
    -Hal2 lain yang menarik perhatian

    ReplyDelete
  98. kalo bener meledak, mungkin gak ada sisa kapalnya ?
    kalo ada bisa aja kan tuh kapal di cari n diteliti, terus bisa ngejelasin tuh banyak misteri.

    ReplyDelete
  99. 1. Jika teori konspirasi, maka ini konspirasi terbaik yg pernah . Dimana daftar pelayaran setiap kapal di rahasiakan.
    2. Jika terbunuh dengan gas, kenapa semua kru termasuk satu anjing mati ketakutan???... Memang ada beberapa jenis gas yang dapat membuat halusinasi, namun tidak separah ini.
    3. Ditemukan bercak2 darah... NAMUN dikarenakan apa??? Apakah luka tembak, luka sayatan atau pun pendarahan yg diakibatkan oleh gas???
    4. Jika makhluk ET ataupun anomaly memang dapat di jelaskan dengan ketakutan para awak... Namun ini tergantung dari spekulasi para pembaca.
    5. Adanya peledak dalam kapal. Siapapun atau apapun yg dapat memasang peledak ini cukup cerdik untuk menyembunyikannya dari para kru penolong.
    6. Kenapa hanya ada 2 kapal Amerika yg menolong??? Bukannya itu aneh??? Mungkin seisi kapal itu adalah orang2 terlatih (semisal Divisi Marinir Raider)
    7. Tidak adanya bukti foto (Kemungkinan kesimpulan ini memang cukup aneh... Namun para kru punya cukup waktu untuk mengambil gambar)

    Sekian
    Rakai Dotkom

    ReplyDelete