Wednesday, February 24, 2010

Q & A: Apakah film Fourth Kind berdasarkan pada kisah nyata?

Evan said...

Bang enigma, sudah pernah nonton fourth kind ? atau tahu tentang film semi dokumenter tsb? Apa komentar anda? kalau bisa nanti tolong dibahas ya..thx.

 
February 19, 2010 6:54 PM


Film Fourth Kind adalah sebuah film yang ditulis dan disutradarai oleh Olatunde Osunsanmi yang mulai tayang perdana pada tanggal 6 November 2009. Film ini mengklaim bahwa apa yang diceritakannya berdasarkan pada kisah nyata mengenai misteri hilangnya sekelompok orang di sebuah desa bernama Nome di Alaska.

Pada awal-awal film ini, penonton disuguhi dengan pemandangan berupa gunung dengan pohon-pohon yang indah. Namun, sebenarnya Nome tidak memiliki pemandangan seperti itu. Wajar, karena film ini sebenarnya diambil di Bulgaria.

Lalu, dimulailah kisah film ini yang belakangan menceritakan bahwa sekelompok orang yang hilang secara misterius tersebut sebenarnya diculik oleh para alien.

Namun sebelum melihat kasus ini lebih jauh, saya akan bercerita sedikit mengenai judul film ini.

Close Encounter
Kata "Fourth Kind" mungkin sedikit asing bagi beberapa dari kalian. Istilah ini sebenarnya merupakan sebuah terminologi dalam dunia ufo.

Dalam bukunya yang berjudul "The UFO experience : A scientific Inquiry" yang terbit tahun 1972, seorang peneliti UFO bernama J. Allen Hynek pertama kali mulai mengemukakan istilah Close Encounter of the First Kind hingga Third Kind. Lalu Fourth kind dan seterusnya ditambahkan oleh peneliti lainnya.

Untuk sekedar menambah pengetahuan, saya akan jelaskan secara singkat mengenai istilah-istilah ini :

Close Encounter of the First kind adalah pengalaman penampakan satu atau lebih objek terbang tidak dikenal yang bisa berupa piring terbang atau cahaya-cahaya aneh.

Close Encounter of the Second Kind adalah pengalaman dengan UFO yang disertai dengan efek fisik seperti panas, radiasi, kerusakan pada daratan, efek pada manusia, hewan yang ketakutan, sinyal yang terganggu atau waktu yang hilang (Lost Time).

Close Encounter of the Third Kind adalah perjumpaan dengan makhluk alien. Hynek tidak mendefinisikan makhluk ini dengan jelas atau menyebut asal-usulnya. Ia hanya mengatakannya sebagai "animate beings". Istilah ini juga pernah digunakan oleh Stephen Spielberg untuk salah satu judul filmnya.

Sedangkan istilah Close Encounter of the Fourth Kind merujuk kepada peristiwa penculikan oleh alien.


Selain empat Close Encounter tersebut, masih ada Close Encounter tambahan lainnya, yaitu :

Fifth Kind, yang merujuk kepada kontak atau hubungan dengan alien yang terjadi secara sadar dan proaktif.

Lalu Sixth Kind yang merujuk kepada insiden yang melibatkan UFO yang membawa dampak berupa luka atau kematian.

Sedangkan Seventh Kind merujuk kepada hibridisasi alien dengan manusia, sebuah konsep yang diterima luas oleh para penganut teori UFO masa purba.

Memisahkan Fiksi dengan Realita
Jadi, dari judulnya saja, film ini sudah mengindikasikan mengenai penculikan oleh alien. Namun, pertanyaannya apakah film ini benar-benar berdasarkan pada peristiwa nyata ?

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah : Ya !

Memang, di Nome, Alaska, selama kurun waktu 40 tahun, puluhan orang yang kebanyakan adalah suku asli lokal menghilang atau tewas tanpa sebab yang jelas. Dalam hitungan statistik, Nome memang termasuk desa dengan persentase kehilangan orang terbesar di Amerika.

Tapi, benarkah para alien menculik para penduduk Nome yang hilang tersebut ?

Jawabannya adalah : Tidak ! Paling tidak itulah jawaban dari FBI dan para penduduk lokal Nome.

Teknik Penyutradaraan dan Marketing

Film ini sebenarnya hanyalah sebuah interpretasi liar dari seorang pembuat film, sama seperti interpretasi Stephen Spielberg yang percaya bahwa Crystal Skull adalah tengkorak alien di film Indiana Jones and the kingdom of Crystal Skull.

Yang membuat para penonton terkecoh adalah keahlian sang sutradara membuat narasi dan metode pengambilan gambar yang menciptakan atmosfer semi dokumenter pada film ini. Metode ini bukan hal yang baru karena sebelumnya film "Blair Witch Project" dan "Paranormal Activity" juga menggunakan metode yang serupa.

Selain metode pengambilan gambar yang cerdas, hal lain yang membuat banyak orang terkecoh adalah metode marketing yang dilancarkan untuk mempromosikan film ini.

Dalam facts sheet yang diberikan oleh Universal Studio mengenai film ini, disebutkan bahwa Olatunde Osunsami pertama kali terinspirasi untuk membuat film ini setelah mendengar mengenai Dr. Abigail Tyler dari seorang temannya.

Lalu, dalam Facts sheet itu juga disebutkan bahwa :

"Pada musim gugur tahun 2000, pasien sang terapis (Dr. Abigail Tyler), di bawah pengaruh hipnotis, menunjukkan sikap yang menunjukkan adanya perjumpaan dengan makhluk yang bukan manusia."

Disebutkan juga bahwa sementara sang psikolog menyelidiki fenomena ini, ia menemukan adanya sejarah kasus orang hilang di wilayah itu yang dimulai sejak tahun 1960an. Semakin ia menggali lebih dalam, semakin ia percaya bahwa cerita-cerita yang disampaikan pasiennya bukanlah False Memory, melainkan sebuah bukti komprehensif yang mengkonfirmasi adanya peristiwa penculikan oleh alien.

Lalu, di bagian lain statement itu juga mengatakan bahwa sebagian adegan yang ditampilkan di film itu adalah adegan-adegan nyata yang diciptakan ulang.

Untuk menambah kuat pengaruh pencitraan itu, pada awal film, Milla Jovovich tampil dengan mengatakan bahwa ia memerankan Dr. Abigail Tyler dan adegan yang akan disaksikan sangat mengganggu.

Kombinasi dari semua teknik ini akhirnya menciptakan kepercayaan bahwa peristiwa yang diceritakan dalam film ini sungguh-sungguh nyata.

Apa yang sebenarnya terjadi di Nome ?

Nome, adalah sebuah desa kecil di Alaska yang berpenduduk hanya sekitar 4.000 jiwa. Dalam rentang waktu sekitar 40 tahun, puluhan penduduk desa itu menghilang atau tewas karena sebab yang tidak bisa dijelaskan, kebanyakan adalah para penduduk asli Alaska.

Walaupun telah terjadi sejak tahun 1960an, baru pada tahun 2005 FBI dipanggil untuk menyelidiki kasus ini karena kecurigaan adanya pembunuh berantai yang bergentayangan di Alaska. Departemen analisa perilaku FBI dari Quantico setuju untuk memprofile setiap kasus dengan tujuan untuk menemukan mata rantai yang menghubungkannya.

Setelah melakukan penyelidikan intensif terhadap 24 kasus yang diserahkan oleh kepolisian setempat, FBI menemukan hanya 9 orang yang benar-benar menghilang tanpa jejak. Sisanya tewas oleh sebab yang tidak terlalu jelas. Namun FBI berkesimpulan bahwa tewasnya sejumlah orang ini sangat erat kaitannya dengan konsumsi alkohol dan cuaca musim dingin yang sangat tidak bersahabat. Nome memang terkenal dengan bar dan minuman kerasnya.

Mungkin sebagian dari kalian tidak percaya dengan kesimpulan FBI, tapi apapun kesimpulan mereka, tidak pernah sekalipun dalam kasus ini pernah muncul teori mengenai alien, baik dari FBI, kepolisian, penduduk ataupun keluarga korban.

Namun, bagi Olatunde Osunsanmi, kasus orang yang hilang ini dieksploitasi dengan menyebutnya sebagai kasus penculikan alien.

Kawerak Inc, sebuah organisasi nirlaba di Alaska yang turut mendorong pihak berwajib menyelidiki kasus ini lebih serius bahkan menganggap film Fourth Kind sebagai film yang mengada-ada.

"Film itu terlihat menggelikan," Kata presiden Kawerak Inc, Melanie Edwards. "Film ini tidak sensitif terhadap anggota keluarga dari orang-orang yang menghilang di Nome."

Walikota Nome, Denise Michels, memberikan komentar senada,"Film horor yang berusaha mengatakan bahwa penduduk-penduduk Nome yang hilang adalah akibat penculikan alien hanyalah sebuah fantasi Holywood."

"Orang-orang harus sadar bahwa film ini cuma sebuah thriller science fiction."

Michels juga mengatakan bahwa akibat film ini, para penduduk Nome banyak menerima telepon dari orang-orang yang menanyakan soal kebenaran kisah film ini, dan mereka cukup lelah menanggapinya.

Lalu, jika teori penculikan alien dianggap mengada-ada, bagaimana dengan Dr. Abigail Tyler ?

Apakah psikolog ini benar-benar ada ?

Dr. Abigail Tyler - Psikolog Misterius
Inipun sebuah teknik marketing yang lain. Sang sutradara mengaku bahwa ia mendengar mengenai Dr. Abigail Tyler dan mendapatkan banyak informasi darinya mengenai peristiwa penculikan alien di Nome. Namun sebenarnya tidak ada orang yang pernah mendengar mengenai Dr. Abigail Tyler, termasuk badan pemberi lisensi psikolog negara bagian dan presiden Asosiasi Psikolog Negara Bagian.

Satu-satunya sumber website yang berhubungan dengan psikologi yang menyebutkan nama Dr.Abigail Tyler adalah alaskapsychiatryhournal.org. Dalam halaman web itu kita bisa menemukan nama dan biografi singkat Dr. Abigail Tyler.

Jika memang namanya ada di halaman web itu, mengapa namanya tidak dikenal sama sekali di kalangan psikolog ?

Jawabannya adalah : alaskapsychiatryhournal.org adalah bagian dari strategi pemasaran film tersebut.

Domain tersebut ternyata didaftarkan pada Agustus 2009, hanya 3 bulan sebelum peluncuran film tersebut. Setelah film tersebut beredar luas, web tersebut ternyata sudah tidak bisa diakses.

Terlalu kebetulan !

Tentu saja, web ini merupakan bagian dari strategi viral marketing yang dilancarkan pembuat film Fourth Kind.

Selain web itu, beberapa orang yang mencoba mencari keberadaan Dr Tyler selalu menemui jalan buntu dan sepertinya satu-satunya orang yang mengkonfirmasi keberadaan Dr.Tyler hanya sang sutradara film, Olatunde Osunsami.

Jika Dr. Abigail Tyler benar-benar ada, dimanakah dia berada sekarang ?

Catatan tambahanTulisan ini saya ambil dari beberapa media asing yang pernah menulis mengenai kisah Nome yang sesungguhnya. Link-linknya, bisa kalian lihat dengan mengklik sumber-sumber di bawah tulisan. Kesimpulannya, tentu saja, film ini hanyalah sebuah film science fiction, bukan dokumenter atau semi dokumenter.

Karena tulisan ini berfokus pada film Fourth Kind, maka saya tidak bercerita panjang lebar soal misteri lenyapnya penduduk Nome. Lagipula, informasi mengenai peristiwa Nome sangat sedikit sehingga saya tidak bisa membuatnya menjadi tulisan yang informatif. Jadi kalian harus puas dengan pembahasan ini.

(cnn.com, examiner.com, adn.com)


Komentar Pilihan

Chris said...

Sudah banyak yg comment ya...

Berbicara ttg alien memang tidak pernah ada matinya. Kecenderungan manusia utk menyukai misteri, membuat fantasi 'liar'nya diharapkan sebagai kenyataan. Tapi 'biasanya' manusia berharap agar 'fantasi liar'nya itu tetap ada celah utk exist, walaupun fakta bertubi2 mengantamnya...


Saya rasa sang sutradara 4th kind ini memang Brilliant. Setuju dgn Mr.Enigma. Sang sutradara hampir berhasil memanipulasi opini penonton dgn teknik dokumenternya.Tapi pengerjaannya agak 'terburu-buru' saya rasa. Ada beberapa alasan yang mengungkapkan kelemahannya:


1. Media propagandanya, alaskapsychiatristjournal.com, berusia terlalu muda jika dihitung dari peluncuran film. Yaitu spt yg Mr.Enigma bilang. Informasi seperti ini hanya dapat diperoleh melalui usaha EXTRA. Seharusnya, jurnal propaganda itu diluncurkan bertahun-tahun sebelum peluncuran 4th kind. Biar terkesan lbh meyakinkan.


2. Penonton seolah 'disihir' bahwa film itu memuat rekaman dokumentasi Dr. Abigail Tyler yg asli yg digambarkan sbg seorang wanita berwajah pucat, bermata cekung dan terkesan depresi. Penonton akan merasa demikian, karena di awal film, muncul Milla Jovovich yg mengatakan dirinya berperan sbg Dr. Abigail Tyler dan menambahkan beberapa 'info' pelengkap spt rentang waktu kejadian antara tgl 1 - 9 oktober 2000, tempatnya di Nome, Alaska. Dan yg paling mengesankan, KLAIM yg dikatakan oleh Milla bahwa dlm film 4th Kind ditambahkan rekaman dokumentasi film Dr. Abigail Tyler yg asli dari sesi hypnotherapy olehnya. Milla juga mengatakan bahwa film ini dibuat berdasarkan arsip nyata material video, audio dan interview Dr. Abigail Tyler dgn sang Sutradara. Milla juga mengatakan nama2 tokoh dlm film ini sudah diubah dgn alasan perlindungan privasi. Ditambahkan pula bahwa beberapa cuplikan dlm film ini diklaim sbg 'extremely disturbing'.


Kemudian dgn sentuhan gaya dokumenter, yg pd saat tertentu mengalihkan cuplikan film ke rekaman dokumenter kemudian balik lg ke cuplikan film atau ditayangkan secara bersamaan, dan sensor terhadap penyebutan nama orang2 yg terlibat, merupakan teknik yg cukup efektif. Semua hal itu sudah cukup utk membangun opini umum pd penonton bahwa film ini berdasarkan adalah benar dan mengungkapkan kejadiannya sebenarnya, alias non-fiksi.


Nah, sekarang apakah psychiatrist Dr. Abigail Tyler benar2 ada?


Jika dia nyata, seharusnya namanya terdaftar di organisasi keprofesiannya, spt yg dijelaskan Mr.Enigma.


Tapi, jika ditanya: ''Apakah film The Fourth Kind adalah true story?''.

Maaf, saya harus menjawabnya 'TIDAK'.

Karena apapun yang disodorkan dalam film ini sbg bukti/fakta dari rekaman video , audio dan interview dgn 'Dr. Abigail Tyler' akan SIA-SIA karena yang diwawancarai oleh sutradara film ini pada awal film (Olatunnde Osunsanmi) adalah BUKAN Dr. Abigail Tyler, tapi adalah seorang aktris Inggris bernama CHARLOTTE MILCHARD (Google it!) . Jadi, wawancara yang ditayangkan pd awal film antara sang sutradara dgn Dr. Abigail Tyler adalah PALSU. Wawancara adalah rekayasa.


Sehingga klaim film ini berdasarkan material dokumentasi jadi KEHILANGAN VALIDITASnya dan memang tak salah ini merupakan FILM PEMBOHONGAN, karena memaksakan fiksi menjadi seolah2 nyata untuk MERAUP KEUNTUNGAN. Tapi, apapun yg terjadi dgn film ini, sepertinya tidak bisa mengubur teori Alien Abduction utk selamanya. Karena misteri yang lain tentangnya is still out there.


Selalu ada tempat buat spekulasi..selalu ada kemungkinan2...SELALU ADA SISI YANG LAIN... ^_^


February 26, 2010 9:05 AM

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

103 comments:

  1. pertamax kah!!!!!!!!!! oh ya mas saya baca dulu ya

    ReplyDelete
  2. wah wah wah sekarang manusia mau jadi alien deh
    jadinya mau terus buat film alien yang banyak

    ReplyDelete
  3. bahas tentang ''Ningen'' dong

    ReplyDelete
  4. wah gagal yanmg pertama niy..................

    lumayanlah.....

    By Aldy

    ReplyDelete
  5. Wah, saya sebagai penggemar alien kecewa berat...

    Soal orang yang hilang kebanyakan penduduk asli itu penjelasannya gimana?!

    ReplyDelete
  6. Mabuk dan cuaca buruk. Sudah saya jelaskan di atas.

    ReplyDelete
  7. mantap bro....keep updating...bahas tentang fenomena poltergeist juga..apakah fiksi ato nyata..
    kalau nyata contoh kasusny apa aja...
    thx...

    ReplyDelete
  8. hahaha...pantas saja saya coba untuk googling dengan type in google: "Dr.abigail tyler". yang saya temukan cmn artikel2 tetang FILM ini. ternyata Dr.Abigail tyler itu hanya rekayasa.

    HUh...ada2 saja.

    PEACE!!!!!!

    ReplyDelete
  9. Bang bisa bahas mengenai konspirasi dibalik penyerangan 11 september 2001 ???

    ReplyDelete
  10. heeemmm....mirip cattle mutilation atau pulung gantung gak ya...? hehehe
    mabuk...? hanya 35 orang penduduk Nome yang ditangkap karena mabuk berat di tahun 2009...hehehe...penghuni RS jiwa hanya 15 orang....yang menarik adalah kota Nome ini dekat dengan Fairbanks...kota dengan berbagai proyek rahasianya...mulai concentration camp (rex 84), NOAA Fairbanks Satellite Operations Facility milik USA army....bahkan dekat juga dengan HAARP...well...hehehehe....siapa tahu mungkin orang hilang ini menjadi korban eksperimen...

    ReplyDelete
  11. Thx Enigma udh bahas fourth kind nya.Saya cukup puas dengan pembahasan nya,mereka memang benar2 punya strategi marketing yang baik.Jadi saya kira daripada disebut film semi dokumenter,lebih cocok disebut film semi kebohongan publik ya.Tp saya ttap salut untuk strategi pemasaran dan penyampaian dalam film ini. Thx Enigma,keep posting.

    ReplyDelete
  12. ...kok gak ada yang mempermasalahkan sebagai "pembohongan" yah? kan meng-klaim sbg real-story...jadi sedikit miris, ap sedemikian bebasnya trik marketing di "sana" ?
    btw, kalo adam bridge (bener g nulisnya???) gimana bro En...???

    ReplyDelete
  13. Tambahan lagi:
    saya pernah baca, kalo suami dari Dr.Abigail Tyler juga mati dengan cara yang sama dengan para korban yang lain. itulah yang membuat dia menjadi Psikolog yang mencoba meneliti pasiennya untuk menyelidiki kasus kematian suaminya yang menurt dia merupakan kasus pembunuhan murni karena dalam kasus yang di alami pasiennya kebanyakan dari mereka mengalami semacam ganguan kejiwaan. namun dalam pernyataannya dia tidak pernah menyinggung tetang "ALIEN". sayang sekali Olatunde Osunsami sdh terlalumengada2.

    saya baca dari salah satu Media asing. tapi lupa namanya :P


    PEACE!!!

    ReplyDelete
  14. @mbah ware : saya baru tahu kalau mbah ware penganut teori konspirasi. hehe

    ReplyDelete
  15. kayaknya ga ada di bioskop ya? Ato saya yang kuper?
    Circle corp lagi jarang yang bentuknya keren ya? Kok jarang ngepost tentang itu
    Bang, klo bisa tentang monterey monster ya? Nambahin project aja buat bung enigma

    From: bang tio

    ReplyDelete
  16. @aw3ng : adam bridge masih dalam daftar antrian. haha, saya masih bingung mau nulis yang mana duluan.

    @abzalom : memang ada kisah mengenai suami abigail yang seperti itu. Tapi itu juga bagian dari strategi marketing.

    @Bang Tio : Ladang gandum belum tumbuh subur, biasanya sekitar April baru subur dan crop circle pun bermunculan. Jadi, bukan saya yang tidak posting soal itu lagi. Memang crop circlenya belum ada yang baru.

    ReplyDelete
  17. O ya...? wah kena tipu deh :(

    Pantas saja mereka tidak pernah menyebutkan nama suaminya. HHMMM..kecewa saya.

    PEACE!!!!!

    ReplyDelete
  18. om enigma tolong ini dibahas d bagian Q & A.
    "apa film Paranormal Activity juga t'rmasuk film yg b'rdasarkan kisah nyata ataw film horor biasa. klo b'rdasarkan kisah nyata ap yg s'benar'a t'rjadi d disana ??"

    ReplyDelete
  19. lebih baik membaca aja dh.....lalu cari referensi lain,..kalau gak ketemu ..baru deh usul diulas disini...

    ReplyDelete
  20. bang enigma saya masih bingung mengenai orang yg hilang ini. apa bener banyak orang hilang karena mabuk dan cuaca buruk. kalau memang benar aneh sekali mengapa tidak ada mayat yg ditemukan dan hilang begitu saja apa mereka mabuk sndirian dan mati tiba2 shngga tdk ada yg menemukan. ada yg janggal mungkn para mayat itu diambil atau di mutilasi dan di buang kelaut atau di kubur,.

    ReplyDelete
  21. paranormal activity,BAHAS!

    ReplyDelete
  22. Referensinya masih perlu digali lebih dalam...
    kalau perlu ada saksi matanya... selama saksi mata juga tidak berada di bawah tekanan...

    ReplyDelete
  23. bang enigma,bahas tentang misteri Lizzie Borden dunk..misteri taun 1845 tentang Lizzie yg membunuh 2 orang tuanya sendiri pake kampak...
    rumahnya di Massachusett sekitar 50 mil selatan Boston.
    Transylvania juga bole dah....

    - don quixote doflamingo -

    ReplyDelete
  24. Kisah mengenai alien abduction tidak hanya terjadi di film ini.sdah bnyk org yg mengaku diculik oleh alien,hanya sja sy lupa nama2 mereka.mereka mengatakan sewaktu mereka diculik,memori mereka dihpus smntara,shngga mrka tidak bisa mngingat smwnya.tp mrka ykin klo tlah dclik.mnrut mas enigma,prcy ga klo alien abduction bner2 ada?request werewolf yah?thanx

    ReplyDelete
  25. Wah trnyata memang slah satu karya holywood yg bsar,menggabungkan antara istilah2 di buku dan mencarinya di khidupan nyata,.
    Mungkin sang sutradara sedang membaCa buku the ufo experiece lalu pda saat tulisan fourth kind dia ingat kejadian menghilang dan terbunuhnya penduduk desa scara misterius,nah dri situ ad kecocokan antara fourth kind dan desa nome dengan sentuhan tmbahan situs dr abigail dan pengambilan kamera dengan cara sperti film dokumenter,,nah jd dah film yg bertemakan kisahnyata.
    Ohya kta mbah were bner jg tuw pdahal kehilangan penduduk dibukukan scara statistik tp knpa bru2 ini fBI menyelidiki kasus yg sudah dri 40 yg lalu,?
    SungGuh aneh.
    Req mahluk ningen d0nk mr enigma,udh bnyak yg minta tuw , haha.

    _alvin17_

    ReplyDelete
  26. Bagaimana dgn rekaman2 yg terlihat spt dokumenter,
    seperti orang yg mengambang di udara dari tempat tidurnya stlh dihipnotis psikiater Abigail Tyler ? Rekayasa jg?
    Kalau cuplikan polisi yg jaga di dpn rumah Abigail yg memperlihatkan objek hitam besar melayang di atas rumah Abigail dan tiba2 kameranya jadi rusak seketika, itu gmana bang? Cuplikanx diambil seolah2 dari rekaman kamera mobil polisi. Apa rekayasa jg y?

    Trus, gmana status temanx Abigail yg jg psikiater dan ahli bahasa dan kebudayaan sumeria itu ? Apakah mereka jg tokoh fiksi?

    Tapi, afterall aku cukup puas baca tulisan bg Enigma.

    -Satria Kuchink- miaaaw....

    ReplyDelete
  27. Ya. Itu semua cuma bikinan sang sutradara. Haha. Memang brilian dia.

    ReplyDelete
  28. bro enigma ini post saya yang pertama setelah sekian lama ngikutin dan gak pernah absen baca artikel di blog ini...

    tertarik dengan film fourth kind ini tapi setelah diberi penjelasan gitu jadi agak kecewa juga... ternyata hanya film scifi saja..

    nah kalau menerut bro enigma film full / semi dokumenter atau apalah mengenai misteri-misteri / fenomene dunia yang bagus apaan ya?

    terima kasih

    ReplyDelete
  29. Saya tdk kepikiran. Tp mothman prophecy mungkin blh ditonton. Kalau dokumenter, hrs nonton di discovery channel. Ada bbrp yg menyangkut misteri.

    ReplyDelete
  30. waduhhh kok ndeso banget aku lum liat film ini,coba aku ke movie center dolo aja.tapi ulasan filmnya bagus juga bang......

    ReplyDelete
  31. klo... film "keramat" dari kisah nyata atau bukan?

    ReplyDelete
  32. SALAM OM ENIGMA,,GW ANTOSIAS SEKALI MA BLOG ANDA, GW NGIKUTIN POSTINGAN BLOG ANDA,,BISA POSTINGIN TENTANG MANUSIA KLONING GAK?? APAKAH ADA MANUSIA KLONING DI NEGARA INI?? APAKAH AMERIKA MENGGUNAKAN MANUSIA KLONING UNTUK SEBUAH PROYEK MEREKA DI ANTARIKSA??? MAKASIH SEBELUMNYA ^^

    ReplyDelete
  33. Ouu ternya cm science fiction tho.. Bang enig bahas tentang butterfly effect dong... nunggu antrian ya? :(

    ReplyDelete
  34. bro enigma, request tentang Ningen’ Makhluk Antartika Yang Menyerupai Manusia dong? berita tsb hoax apa bukan. thanks.. keep posting bro..

    ReplyDelete
  35. mantepp mister. . request ttg NINGEN dunk.katanya berbentuk paus,tapi bagian atasnya kayak manusia(punya tangan,dan kepala seperti manusia) dan berwarna putih.
    beberapa pelaut ktanya pernah liad,ftonya jga jelas.
    tlg ya mister,kalo mister enigma yang posting baru aku puas. .
    peace!!!

    ReplyDelete
  36. bang,,bahas ningen donk...yg katanya mkhlk mirip manusia...tapi ukurannya lbh gede dan tinggal d antartika..tq bang!!!

    ufo believer

    ReplyDelete
  37. ehh saya sudah pernah baca ini tapi entah dimana lupa..

    oya bang kebetulan nih,, saya minta artikel seputar teleportasi donk,, kan banyak tuh kasus orang hilang misterius...
    saya pernah baca di komik doraemon, dan saya mencoba menelusurinya lewat google,
    nanti deh saya kirim email ke bang enigma..

    ReplyDelete
  38. Wah fiksi toh. Tp Briliant jg sy pikir.

    ReplyDelete
  39. terakhirx..

    lanjut gan...

    ReplyDelete
  40. paling pailing diculik yeti

    ReplyDelete
  41. krena alkohol dan cuaca buruk ? great -___-

    "tapi apapun kesimpulan mereka, tidak pernah sekalipun dalam kasus ini pernah muncul teori mengenai alien, baik dari FBI, kepolisian, penduduk ataupun keluarga korban".

    yiyalah masa FBI mau menyimpulkan itu karena UFO -__-, lagian kan Alien pinter mereka pake sinar yg bikin lupa ingatan kaya yg dipake Men In Black, jd org ga ada yg tau ^_^V, hahaha becanda, nice posting enigma!!!!

    ReplyDelete
  42. akhirnya keluar juga ni artikel nya, saya mintanya udh lama sekali lho hehehe :), oo jd film itu fiksi toh, keterangan FBI itu sudah resmi brother enigma?
    Oiya brother enigma kalo boleh kapan2 postingin tentang Alien Hand Syndrome (AHS) dong, sepertinya itu menarik brother enigma? ok deh keep posting ya! jgn lama2 postingnya brother enigma whuahahahahaha

    ReplyDelete
  43. saluut k'enigma...
    salam knl yah...
    sbnrx aq slh 1 pembaca setia blog misteri enigma..hehe
    oiy,bang enigma...aq bru bikin blog nih..yaa,termotivasi dri k'enigma sih...hehe
    tpi aq m nx k'....gmn crx spy blog qt bs dikenali oleh mesin pencari otomatis,(google dll)...??
    mhn blsnnx ya k'enigma....?

    ReplyDelete
  44. Butterfly effect ok, teleportasi ok, ningen ok, ahs juga ok.

    @Blog misteri hawkson :
    masukkan alamat blog kamu ke link ini :

    http://www.google.co.id/addurl/

    supaya google bisa mengindeksnya.

    ReplyDelete
  45. akhirnya d bahas juga... thanks bang

    ReplyDelete
  46. makasih y k'enigma....
    udh mau bls prtxaanq...
    tpi prosesx lama y...?
    soalx,aq udh masukin alamat blog aq, tapi msih blm bs dilacak di google....

    oiya k'enigma....
    bs tukeran link g' sm blog misteri hawkson....??
    hehe...

    mohon arahanx y k'...?

    ReplyDelete
  47. Ariel 10 said...
    Nah gitu dong Om Enigma saya suka yang ini walaupun hanya dari film itu UFO akhirnya Saya melihat kata UFo setelah sekian lamanya diblog ini Thank you Om enigma.^_*

    ReplyDelete
  48. Sudah banyak yg comment ya...
    Berbicara ttg alien memang tidak pernah ada matinya. Kecenderungan manusia utk menyukai misteri, membuat fantasi 'liar'nya diharapkan sebagai kenyataan. Tapi 'biasanya' manusia berharap agar 'fantasi liar'nya itu tetap ada celah utk exist, walaupun fakta bertubi2 mengantamnya...

    Saya rasa sang sutradara 4th kind ini memang Brilliant. Setuju dgn Mr.Enigma. Sang sutradara hampir berhasil memanipulasi opini penonton dgn teknik dokumenternya.Tapi pengerjaannya agak 'terburu-buru' saya rasa. Ada beberapa alasan yang mengungkapkan kelemahannya:
    1. Media propagandanya, alaskapsychiatristjournal.com, berusia terlalu muda jika dihitung dari peluncuran film. Yaitu spt yg Mr.Enigma bilang. Informasi seperti ini hanya dapat diperoleh melalui usaha EXTRA.
    Seharusnya, jurnal propaganda itu diluncurkan bertahun-tahun sebelum peluncuran 4th kind. Biar terkesan lbh meyakinkan.

    2. Penonton seolah 'disihir' bahwa film itu memuat rekaman dokumentasi Dr. Abigail Tyler yg asli yg digambarkan sbg seorang wanita berwajah pucat, bermata cekung dan terkesan depresi. Penonton akan merasa demikian, karena di awal film, muncul Milla Jovovich yg mengatakan dirinya berperan sbg Dr. Abigail Tyler dan menambahkan beberapa 'info' pelengkap spt rentang waktu kejadian antara tgl 1 - 9 oktober 2000, tempatnya di Nome, Alaska. Dan yg paling mengesankan, KLAIM yg dikatakan oleh Milla bahwa dlm film 4th Kind ditambahkan rekaman dokumentasi film Dr. Abigail Tyler yg asli dari sesi hypnotherapy olehnya. Milla juga mengatakan bahwa film ini dibuat berdasarkan arsip nyata material video, audio dan interview Dr. Abigail Tyler dgn sang Sutradara. Milla juga mengatakan nama2 tokoh dlm film ini sudah diubah dgn alasan perlindungan privasi. Ditambahkan pula bahwa beberapa cuplikan dlm film ini diklaim sbg 'extremely disturbing'.
    Kemudian dgn sentuhan gaya dokumenter, yg pd saat tertentu mengalihkan cuplikan film ke rekaman dokumenter kemudian balik lg ke cuplikan film atau ditayangkan secara bersamaan, dan sensor terhadap penyebutan nama orang2 yg terlibat, merupakan teknik yg cukup efektif.
    Semua hal itu sudah cukup utk membangun opini umum pd penonton bahwa film ini berdasarkan adalah benar dan mengungkapkan kejadiannya sebenarnya, alias non-fiksi.

    Nah, sekarang apakah psychiatrist Dr. Abigail Tyler benar2 ada?

    Jika dia nyata, seharusnya namanya terdaftar di organisasi keprofesiannya, spt yg dijelaskan Mr.Enigma.

    Tapi, jika ditanya: ''Apakah film The Fourth Kind adalah true story?''.
    Maaf, saya harus menjawabnya 'TIDAK'.
    Karena apapun yang disodorkan dalam film ini sbg bukti/fakta dari rekaman video , audio dan interview dgn 'Dr. Abigail Tyler' akan SIA-SIA karena yang diwawancarai oleh sutradara film ini pada awal film (Olatunnde Osunsanmi) adalah BUKAN Dr. Abigail Tyler, tapi adalah seorang aktris Inggris bernama CHARLOTTE MILCHARD (Google it!) . Jadi, wawancara yang ditayangkan pd awal film antara sang sutradara dgn Dr. Abigail Tyler adalah PALSU. Wawancara adalah rekayasa.

    Sehingga klaim film ini berdasarkan material dokumentasi jadi KEHILANGAN VALIDITASnya dan memang tak salah ini merupakan FILM PEMBOHONGAN, karena memaksakan fiksi menjadi seolah2 nyata untuk MERAUP KEUNTUNGAN.


    Tapi, apapun yg terjadi dgn film ini, sepertinya tidak bisa mengubur teori Alien Abduction utk selamanya. Karena misteri yang lain tentangnya is still out there.
    Selalu ada tempat buat spekulasi..selalu ada kemungkinan2...SELALU ADA SISI YANG LAIN... ^_^

    ReplyDelete
  49. @Hawkson : saya sudah mampir ke blog kamu untuk kasih komentar. dibaca ya.

    ReplyDelete
  50. @Chris : ya benar. yang jadi abigail yang disebut nyata adalah Charlote Milchard, sebuah info penting yang lupa saya tulis. haha. thanks. Saya tambahkan info itu ke atas.

    ReplyDelete
  51. bos, tolong cek info ini dong, pada siapa lagi kami harus bertanya jika tdk ke bung enigma yg smart..

    "Fuhrer adolf hitler meninggal di Surabaya?"

    http://www.infogue.com/viewstory/2010/02/23/benarkah_adolf_hitler_meninggal_di_surabaya_/?url=http://ot-indo.blogspot.com/2010/02/adolf-hitler-ternyata-meninggal-di.html

    ReplyDelete
  52. Myheart2105 berkata...

    Ee..tape de,, telat komen lg. Gak bs jd yg pertamax T_T!

    Akhirx diulas jg Fourth Kind ma om Enigma.
    Huaha..ternyata cuma bohongan,,!
    Yach,, komen pilihan dah ditempati ma chris...hikz,,
    Om, ni Komen analisisq (wiw wiw :p):

    1. Dari awal dah keliatan aneh: kalau memang benar itu kasus alien abduction,, so knapa gak pernah menghebohkan thn 2000??
    Knapa baru skrng terkenalnya? Kan aneh banggetz? Bukankah ini kasus menghebohkan??
    2. Kalau mang benar Dr Abigail tyler tu nyata, pas difilm-kan pastilah banyak reaksi dari banyak pihak, kayak keluarganya, pasien2nya, tetangga2nya, dan orang2 yg pernah kenal dgnnya. Kok ini malah adem-ayem gt? Kan aneh banggetz??

    3. Trus diakhir film, dibilang Dr Abigail msh buka praktek di Alaska. Nah seharusnya kan bs dselidiki tuch, gak kan susah kalee...
    Nah, ini kok malah gak ada?? Kan ini berita menghebohkan, kemana aja para wartawan n wartawan gossip?? Hehehe..

    4. Truz kayaknya foto2 si Ashley Tyler yg ditayangkan diakhir film, q rasanya pernah liad deh,, familiar bangetz tp siapa yach? Ntar deh q teliti.. :p

    Sgtu aja dech,,
    Om, kasih komen dunk :)
    Two thumbs up bwt mr Enigma.
    Selanjutx Ningen ya,,

    ReplyDelete
  53. rekuest soal kasus death note di belgia dong......
    katanya masih misterius tuh, sampe sekarang ga ketauan pelakunya......

    ReplyDelete
  54. mantab sekali mas ulasannya.kalau dibahas detail ginikan pembaca jadi puas.sekali-sekali bahas donk masalah anak-anak atau orang2 yang disesatkan jin bunian dihutan...ok saya tunggu

    ReplyDelete
  55. @Myheart2105 : seperti biasa. alasan yang kamu berikan masuk akal. hehe.

    @anonymous : soal hitler mati di indonesia, menurut saya argumennya pak sosro lemah. Tapi kalau mau tahu kepastiannya, saya butuh foto Dr.Poch (yang katanya pernah dimuat di koran) dan buklet yang ditulis pak Sosro. Karena saya tidak menemukannya, maka saya tidak menulis soal itu. Nanti jadi sama saja dengan yang kamu baca di koran2.

    ReplyDelete
  56. om ,,,
    tolongg banyakkinn nge post eangg tentang uFo donkk ,,,
    ehehehe
    :D

    nee blogg isi.a kerennn smuaa ,,,

    ReplyDelete
  57. protes lagi nih . ko view nya jadi overwidth banget sih . dibaca di HP jadi ribet , harus geser kiri kanan . terus yang format mobile ga selengkap tampilan standard isinya .

    request Mossad dong . ada hubungannya sama Freemason kan .

    xoxo: delonge lagi hectic ke metal

    ReplyDelete
  58. Mas tolong diangkat kisah kematian beberapa hewan ternak secara misterius di Dampit Kabupaten Malang, apakah ini ada hubungannya dengan anjing penghisap darah karena ini pernah diangkat di harian KOMPAS sabtu minggu kemarin. Agustinus Muji Hermawanto fans berat ENIGMA

    ReplyDelete
  59. Ya, memang banyak yang minta. tapi saya harus riset dulu karena informasinya sangat sedikit.

    ReplyDelete
  60. WOW!!!!

    saya ga mampir ke blog ini beberapa hari aja, ternyata komen2 "enigma brotherhood" sudah bisa sekritis ini (dari komen artikel lain jg)!!!

    sayang saya blm lihat film nya...

    Ms. Terry

    ReplyDelete
  61. saya belum liat filmnya sih, haha..
    jadi pengen nonton, adayang tau dimana bisa dapat dvdnya??

    ReplyDelete
  62. kayaknya filmnya bagus,pengen nonton. Tapi biar gimanapun, film ini kan nggak nyata

    ReplyDelete
  63. posting yg bgus sperti biasa bung enigma..
    req dunkz ceritain ttg black hole,,
    hehe,,

    ReplyDelete
  64. Berbicara mslh alien dan UFO sll mnrik....kbanyakan org sll mnghbungkan fnomena UFO dg pnjlasan ilmiah yg bs dtrma akal.hal tsb tdklah mngherankan krn mmg fnmena UFO smpai skrg msh mnjd misteri.mmg kbanyakan org mmbantahnya,spt yg sdkit djlaskan oleh sdr Chris ttg pnampakan UFO dg fakta2 yg membantahnya atau hal tsb mrupkan fantasi liar manusia....tdk salah mmg.

    Spt yg kita ktahui terdapat ratusan atau bahkan ribuan laporan ttg pnampakan UFO, baik yg ada bukti ataupun yg tdk.walaupun kbanyakan bukti pnmpakan adalah HOAX atau manipulasi data tetapi mnrut sy ada bbrapa FAKTA yg smpai skrg blm bs djlaskan.

    Sy sndr sbnarnya jg trmasuk org yg tdk mmpercayai kberadaan UFO...ttpi mlhat slh stu fnmena aneh yg trjd dhdpan kita.sy mnjadi bngung sndiri...yg sy mksud fnomena aneh atau fkta yg blm bs djlskan adalah ttg fnomena CROP CIRCLE.

    Mmg fnomena crop circle blm tntu terkait dg UFO/alien (ada bbrapa komen yg mnghbungkan dg time traveller he2)...ttp mlhat ktrangan bahwa blm ada tknologi mnusia yg mampu mmbuat crop circle hanya dg smalam atau dlm htungan mnit, dtmbah dg pola2 rumit yg bhkan mayoritas mrupakan pola aneh yg blm prnah dtmui dBumi...sy jd brpkir ulang mngkinkah alien/UFO mmg ada.Krn kalau mnusia bkn pmbuatnya lalu siapa lg?

    Cb kt brandai2, taruhlah mmg bnr alien/UFO pmbuat crop circle...brarti sdh puluhan kali (atau bhkan ratusan) UFO mngunjungi Bumi, krn mlhat bnyaknya crop circle...atau....mmg UFO pny mrkas dBumi? (hii jd tkut sndr)
    Jk mmg bgt jd sngt mgkn dlm knjungannya kBumi UFO tsb sesekali trlhat oleh manusia atau bhkan trfoto.....

    bgmn mnrut brother Enigma........

    ReplyDelete
  65. Apakah alien yang membuat cop circle ? atau setan, seperti kepercayaan orang Inggris kuno ?

    ReplyDelete
  66. bro enig, membaca artikel ini saya teringat sama boriska, bocah yang mengaku dulunya berasal dari mars dan menceritakan tentang kebudayaan lemuria yang hilang.
    tapi saya penasaran tentang kisah bocah ini, karena tidak ada kelanjutan lagi beritanya sampai sekarang, bisakah bro enig mengulasnya? apakah bocah ini ngomong ngawur ataukah mengatakan yang sebenarnya?
    ini sebagai referensi
    http://english.pravda.ru/science/19/94/378/16387_Boriska.html

    ReplyDelete
  67. yg cw nya,, yg men resident evil y??

    ReplyDelete
  68. jadi keinget lagi waktu nonton film ini kan dijelasin juga kalo ada profesor yg meneliti tentang kebudayaan sumeria, salah satunya yg memperlihatkan bukti nyata bahwa di ukiran batu bangsa sumeria sering sekali terlihat bentuk menyerupai roket, kalo ini memang benar tentunya ilmu mereka sudah jauh lebih berkembang, dan bukan tidak mungkin bila dihitung dari jaman dulu sampai saat ini tentu perkembangan teknologi mereka sudah mampu membuat semacam piring terbang..
    jadi film ini isinya udah kaya misteri dalam misteri, sumpah bagus banget emang tuh film sampe bisa bikin penontonnya percaya kalo itu kisah beneran.. :)

    ReplyDelete
  69. anjrit..
    gw hampir percaya tadinya sama ne film,saking penasaran makanya gw coba2 search di mr.google...
    akhirnya nemu artikel ini,baca,baca,baca,baca,
    eh...ternyata???

    ReplyDelete
  70. brother, saya jga baru bikin blog, tolong visit ya: http://499-mitologi.blogspot.com/ n tolong kasih masukan-masukan yang kurang buat saya thx

    ReplyDelete
  71. ya..kalaupun dicari nama pemainnya pun tidak bakalan ketemu,,,kan sudah dibilang di awal...

    semua nama dan profesi mereka orang2 yang asli telah disamarkan demi menjaga privasi mereka....

    mana mau orang yang asli terancam keselamatannya karena membuka mulut sembarangan...

    sampai botak pun ya ndak ketemu...

    ReplyDelete
  72. om, tolong jelaskan fenomena badai agatha yg membuat lubang besar di tengah kota guatemala?

    ReplyDelete
  73. Halo Om Enigma...saya orang baru di dunia Blog..hehehe...saya adalah orang yang tergila2 dengan misteri, khususnya adalah pembunuhan yang tidak terpecahkan..saya suka sekali...saya penikmat film2 thriller, makanya blog saya (masih baru) berisi review ttg film thriller/horror/slasher.

    Saya adalah penonton yang tertipu oleh embel2 kisah nyata dari film The Fourth Kind, makanya saya kaget banget dan merasa bergairah mengetahui 'misteri' ttg fourth Kind terpecahkan..hehe..makasih banyak atas analisisnya yang akurat ya Om Enigma..

    Saya tertarik untuk mereview film The Fourth Kind di blog saya berdasarkan analisis yang Om buat..jadi saya minta izin untuk mengambil info2 dari sini..terimakasih perhatiannya ya Om..saya pasti follow terus blog ini..hehe karena saya memang pecinta misteri..dan saya pengagum analisis2 yg om buat..salam kenal om..^_^v

    ReplyDelete
  74. belom nonton euy..ikut nyimak aja yaa ^_^

    ReplyDelete
  75. Ya, Gw udah nonton neh film, awal-awalnya gw ngira nih asli based real story--

    ternyata cuma FAKE/palsu, Dr.Abigail Tayler ternyata diperankan artis CHARLOTTE MILCHARD

    tp mayan lah klu dari segi cerita, membuat kita seolah-olah percaya bahwa itu nyata :)

    ReplyDelete
  76. Bung Enigma saya mau tanya beberapa hal mengenai film 4th Kind, bung enigma pasti dah pernah tonton.....

    ini pendapat saya....
    di film tsb si dokter en pasiennya kyk orang kerasukan gitu, trus supranatural bgt filmnya, kyk film the exorcism of emily rose, mungkin itu film emily rose tp d buat jadi seperti alien biar d tangkap orang berbeda.

    bbrapa poin yang saya tangkap:
    *wujud burung hantu = kan bs aja shapeshifter, jadi di kesaksiannya mereka liat burung hantu yg memantau korban2nya terus, tapi mereka bilang lagi sebetulnya bukan burung hantu....
    *korban2nya terbang = mistis bgt mbah kek orang kerasukan gitu, en gk bs d jelasin oleh science... knp? masa d beri kekuatan oleh alien??
    *bahasa sumerian = bahasa jin/iblis jaman mesir (denger2)
    *serangan terjadi jam 3:33 = angkanya ...... 333 .... 666???
    *tanda d bahu = seperti tanda memar yg bnyk orang bilang, ketindih setan, atau dipegang setan/mahkluk halus....
    *muka asli dokternya pas di wawancara, dah kayak mayat, seperti orang yang melihat ......... susah d ungkapinnya....


    Menurut saya di nome kota( NOME = dibalik jd EMON, DEMON??) ada kayak persekutuan gitu yah gak jauh dari satanic church, jd mereka culik2 orang buat eksperimen berbagai ritual, knp? mereka bs menghilangkan pikiran orang(hipnotis), ketika korban melihat wujudnya, mereka sangat ketakutan, tatapan orang2 SC emg mengerikan...

    btw overall emg bagus filmnya, tp jadi ngebelah pikiran saya , coz itu keliatannya jadi lebih ke supranatural bukan ke alien, mungkin karena saya tidak percaya ada alien????hahahahhaha menurut saya tidak ada kehidupan selain di dunia yaitu manusia....

    yg aneh masih bingung tuh, rekaman polisi yg jagain rumah dokternya... kayak ada benda terbang d atas rumahnya.... serem bgt ane nontonnya...tp gk d ceritain tentang kesaksian polisinya liat apaan....
    klo menurut bung enigma gmn? percaya gk ada alien?

    bung Enigma tolong bales ya ke e-mail saya aja jo_edo@yahoo.com

    ane jadi super duper bingung antara bener 50% en hoax 50% coz kan bs aja film di buat biar orang2 percaya hal2 alien....
    maaf kepanjangan, ane cuma mengutrakan pendapat aja.... makaish juga klo dah mau bales en klo ada pendapat yang bung enigma kasih...

    thx

    -mrcostello-

    ReplyDelete
  77. mgkin qt yg terlalu kritis...
    org bkin film emang kek gt lg...tnpa dsrlidiki pun uda tau sebenarnya itu bukan kisah nyata, seperti alasan2 komen abang myheart d atas....

    by yoga

    ReplyDelete
  78. masyarakat yg hilang apakah mereka mabuk lalu menghilangkan diri didalam cuaca buruk? tertanam salju kali? film ini memang 100% fiksi, penculikan alien di Nome juga fiksi, mabuk dan cuaca buruk juga masih BUKTI fakta yang tidak masuk akal krn mayat merekapun tidak pernah ditemukan,,, apa bisa dijelaskan?

    ReplyDelete
  79. Bagaimana dengan 9 orang yang hilang itu??????

    ReplyDelete
  80. numpang comment...

    cuma buat nambahin commennya mas chris tentang Dr.Abigail Tyler. di imdb.com ternyata jelas disebutkan pemeran the 'real' Dr.Abigail
    Tyler adalah Carlotte Milchard...

    ReplyDelete
  81. Jadi ini bisa dibilang penipuan atau bukan ?
    Karena dapat mempengaruhi pikiran anak anak bahwa alien itu benar benar ada dan dapat melukai bahkan membunuh manusia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. filem ini bukan penipuan, tp lebih tepatnya adalah pembohongan. but it's ok. kan udah di bilang dari awal "What You Believe Is Yours To Decide"

      Delete
  82. Bagaimana dengan bukti2 rekaman saksi mata/warga sekitar yg tidak mampu mengingat kejadian dan bahkan mampu mengucapkan bahasa Sumeria??? saat dihipnotis, bahkan hingga melayang.

    Adakah tubuh2 dari ribuan warga lokal yang hilang dapat ditemukan??

    Ribuan kunjungan ke daerah Nome oleh FBI tapi tak ada anggota tubuh dari korban hilang yg hingga ribuan warga di Nome tidak ditemukan!! kejadian alam ataupun penculikan oleh manusia tak akan mampu benar2 melenyapkan ribuan tubuh yang terjadi berkali2 tersebut.

    Anda seharusnya tidak berprasangka terlebih dahulu terhadap fakta yang ada dalam membahas, memutuskan dan mempublikasikan kejadian di NOME berkait dengan alien atau tidak.

    Kalaupun film ini berbohong terkait identitas2 peneliti yg terkait dalam film tsb pasti akan ada ribuan tuntutan kepada pembuat film (mengingat pembuat film mengklaim keaslian tokoh yg gunakan beserta profesinya)

    Berfikir skeptis terlebih dauhulu berkait ttg sesuatu hal akan mempengaruhi Anda dalam melakukan proses penyelidikan pembahasan hingga kesimpulan.

    ReplyDelete
  83. Maaf sebelumnya untuk teman-teman pembaca yang berasal dari Gunung Kidul, atau yang merasa ikut jadi bagian dari daerah tersebut, saya mau request Bung E. masalah tingginya kasus bunuh diri di Gunung Kidul. Yang terkenalnya dengan istilah pulung gantung. Bagaimana bisa Gunung Kidul mendapat predikat daerah di Indonesia dengan jumlah kasus bunuh diri yang mencolok. Ini konspirasi, mistis, atau entah apa?

    Saya percaya dengan pulung, tapi tidak percaya setan bisa membunuh manusia directly.

    Ada lelucon: kalau setan bisa membunuh manusia, manusia sudah habis sedari dulu. :)

    Gimana bung? Cukup punya nilai untuk diangkatkah?

    ReplyDelete
  84. @widhi: kalau kita ingin memeriksa keaslian film tersebut, kita harus memeriksa fakta DARI LUAR FILM TERSEBUT. Apa yang kamu kutip adalah "fakta" yang disajikan film tersebut.
    Yang sesungguhnya, tidak ada ribuan korban, hanya puluhan. Tidak ada rekaman saksi yang berbahasa sumeria, tidak ada saksi yang melayang. FBI yang menyelidiki sudah menemukan banyak petunjuk, bukan nggak dapat apa-apa. Fakta kalau tidak ada tuntutan hukum adalah bukti kalau film tersebut adalah fiksi.
    Nah, bisakah kamu memberikan kepada saya sumber dr luar film itu yang menyatakan kalau memang ada ribuan korban, ada bahasa sumeria, ada yang melayang atau pernah melihat alien menculik warga? Bisakah kamu membuktikan kalau dr.abigail adalah tokoh nyata?
    Jika kamu bisa memberikannya, saya akan merevisi tulisan ini.

    ReplyDelete
  85. hmm..apa kabar bang enigma?
    oke..ini bukan sebagai pembenaran ato penyanggahan ttg berbagai fakta yg ada,,dan saya seorang muslim.
    jauuh sebelum saya nonton film 4th kind, saya pernah membaca dan bahkan masih memiliki buku yg berjudul DAJJAL AKAN DATANG DARI SEGITIGA BERMUDA.
    saya melihat banyak sekali kesamaan antara fakta yg dotampilkan do film trsebut dgn buku tersebut.
    kesimpulan memang berbeda2,ini menurut saya ya bang.
    di buku tersebut disebutkan ufo itu adalah armada dajjal, mereka hidup dan brkembang luas di bawah permukaan bumi,mereka mengetahui hampir seluruh rahasia alam bahkan AlQuran, mereka dapat berbicara dgn bahasa apapun bahkan bahasa yg sudah punah sekalipun,,dajjal selalu menginginkan manusia menganggapnya sbg tuhan,,maka dgn cara apapun akan memanipulasi manusia agar berpendapat dia adalah tuhan,sama dgn apa yg ditampilkan dlm film tersebut.
    ini hanya pendapat saja..hehe,,utk lbih mengetahui hub nya maka bang enig, serta temen2 dapat mncoba membaca buku tersebut, apabila masih dijual ya,,he krna saya membaca buku itu sekitar tahun 2000 atau 2001.
    thanks all.
    semua ada sisi yg lain.
    dan jangan pernah menempatkan sisi fakta mengalahkan agama.
    sometimes the truth is beyond our mind n ability.
    :)

    ReplyDelete
  86. diaz said ..
    ternyata film lama ya, telat banget saya baru nonton kemarin ..
    tp emang bagus film nya, keren teknik dokumenter nya,
    tp blog ini jg lebih keren bngt, krn dpt mereview dngan fakta2 yang ada
    nice
    Saya penggemar baru Enigma !!
    hehe

    ReplyDelete
  87. semakin banyak membaca tulisan bang enigma, semakin saya terkagum-kagum..

    ReplyDelete
  88. Saya baru sempat nonton film ini beberapa hari yang lalu..memang saya akui film ini sempat membuat saya berfikir, apakah film ini benar-benar nyata ? tapi saya kembali kepada pemikiran awal saya yang mengataan bahwa "ALIEN DAN MAKHLUK SEMACAMNYA ITU TIDAK ADA." Tidak ada planet lain yang dihuni oleh makhluk hidup selain bumi.

    Meskipun beberapa teman saya agak sedikit mempercayainya, namun sudah saya duga bahwa film ini hanyalah fiksi belaka.. Terima kasih atas postingannya, saya akan mensharenya ;)

    ReplyDelete
  89. entahlah...tapi saya yakin pasti ada suatu mahluk yg diciptakan Tuhan ( tp bkn manusia ),sebelum Tuhan menciptakan manusia dan jelas tdk tercatat di kitab suci mana-pun atau di referensi apapun

    ReplyDelete
  90. mas...pa...bu....Kalo seandainya itu cerita begitu nampak dipermukaan,berarti tehknoloy mahluk idup diluar sana lebih lemah dibandingkan kita....anggap mrk memang jauh dari langit tak berujung datang ke planet kita,tentunya punya peralatan yg benar2 luar biasa....ku ambil contoh,pesawat tempur buatan manusia dibumi ini yg tercanggih hanya 2 kali kecepatan suara..itupu pilotnya udh ngap2an nah'bila mrk datang dari jutaan kilometer bahkan lebih...tentunya kecepatan transfortasi mrk melebihi malah jauh bgt dari ciptan mns dibumi ini..."jika itu yg mendasar...jgn tanya lagi masalah web...mns aja bisa nge-crak serial aplikasi ato menyabotasi web...apalagi yg namanya Alien....jujur klo masalah FBI,CIA ato apalah yg ada diamerika,hampir gak kupercaya....ku ambil contoh menyakut pengakuan msyrkt Nome.....apakah benar itu manusia?contoh...Micheal Jackson aja bisa mancung idung ma putih badan apalagi alien nan pinter itu....Bro,di al'Quran aja ada bilang maslah alien...cuman bukan alien ato Ufo yg tertulis melainkan "Dabbah...."nah itu aja pesan aku...ku bilang kyk gini krn pernah melihat tu pesawat aneh...yg disaksikan bkn hanya aku tapi,5 org manusia bumi....

    ReplyDelete
  91. hehehe lumayan Nih buat dibaca dan dishare saya sudah mencatumkan linkback ke blog ini lho!

    ReplyDelete
  92. PERTAMAX n'das mu!...kenapa sih ada pertamax2an...semua article bukan pulau baru yang ditemukan pada zaman penjajahan dan katakan land hooo!!!......aneh!..freaks!....btw,mistery and conspiracy is worth topic to sell... :)

    ReplyDelete
  93. kejadian orang hilang pernah juga loh di deli serdang,,kejadiannya udah lama banget,,menurut cerita orang tua dulu,,,beberapa karyawan dan mandor perkebunan ptpn 2,,pernah hilang tanpa jejak,,dan sampai skarang belum di temukan,,,dan daerah tempat mereka hilang tersebut di namai "sukma ilang",,,cerita ini terkenal banget di daerah deli serdang dan sekitarnya,,,

    ReplyDelete
  94. Wah, ternyata palsu ya. Saya kira beneran asli kayak Anneliese Exorcism, habis meyakinkan banget. Tadi juga habis browsing dan nemu web luar yg mencantumkan konfirmasi dari seseorang yg merupakan bagian dari film itu. Dia mengkonfirmasi kalau film ini memang asli. Adegan wawancara diambil di sebuah sekolah, dan efek gangguan sinyal di videonya itu adalah bagian editing video .__.
    ini link-nya:

    http://io9.com/5399895/fourth-kind-insider-yes-it-was-totally-fake

    http://io9.com/5397359/the-fourth-kind-is-a-hoax

    Makasih ya bua penjelasan Mas Enigma yg bisa saya lebih mengerti (daripada dari web2 luar ini)

    ReplyDelete
  95. sebenarnya aku pertamanya ketipu juga wkwkwkwk tapi setelah baca artikel ini sama jadi sangant mengerti

    ReplyDelete
  96. klu juga bener np d filmnya gk di liatin mukax dr.abbey nya

    ReplyDelete
  97. Kunci kepalsuan di film ini terletak di satu nama : "Chalotte Milchard" Ia merupakan pemeran Dr. Tyler.

    ReplyDelete
  98. Saat 15 menit menonton film ini saya penasaran apakah dokumenternya asli atau tidak. Jadi saya cek film tersebut di Imdb movie. Ternyata saya melihat satu nama artis pemain yang ternyata sipemeran dr tyler. Jadi film ini hanya fiksi. Charlotte Milchard merupakan artis pemeran dr abigail tyler

    ReplyDelete